Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Fakultas Hukum UBH Tempati Gedung Baru Kampus II Aia Pacah

Dekan Fakultas Hukum UBH Dwi Tuti Palupi, SH.,MH bersyukur dan lega, gedung Blok B2 Kampus II UBH Aia Pacah sudah bisa di tempati. Terhitung Senin, 25/8 seluruh mahasiswa Fakultas Hukum sudah bisa kuliah di gedung baru tersebut. “Meski belum 100% selesai, kita pastikan untuk pelaksanaan perkuli....

PKKMB Universitas Bung Hatta 2014

Selama tiga hari lamanya dari 21-23 Agustus 2014 Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2014/2015 yang diikuti 2452 mahasiswa baru ini secara resmi ditutup oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA....

Awal Perkuliahan, Teknik Kimia UBH Gelar Kuliah Umum

Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum pada awal perkuliahan mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang bertempat di Aula Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Senin (25/08/2014). Kuliah umum ini menghadirkan pema....

Pesona Senja di Kampus Prokalamator II Universitas Bung Hatta

Suasana senja di Kampus Prokalamator II Universitas Bung Hatta yang dipotret usai pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) angkatan 2014 pada 21 Agustus 2014. (**Ubay-Humas UBH)....

PKKMB 2014 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Sebanyak 485 Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Bung Hatta (UBH) Tahun Akademik 2014/2015 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahap kedua yang digelar di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatt,. Jumat (2....

Hari Kemerdekaan, Mahasiswa Teknik Mesin UBH Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Kerinci

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, sebanyak 4 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bnug Hatta melakukan Ekpedisi Merah Putih dengan mendaki Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh pada 16-19 Agustus 2014 lalu. Maha....

Selasa 10 September 2013 - 16:12:31

Tingkatkan Kualitas Bahasa Inggris, FTSP UBH Lakukan MoU Dengan ETC Padang
Tingkatkan Kualitas Bahasa Inggris, FTSP UBH Lakukan MoU Dengan ETC Padang
bunghatta.ac.id - Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik memang tidaklah mudah sebab tanpa persiapan dan pelatihan yang intensif akan dirasa begitu menyulitakan terutama bagi mahasiswa yang akan di wisuda harus lulus Toefel dengan nilai 400.

Demikianlah dikatakan Ir. Hendri Warman, MSCE ketika memberikan sambutan dalam kegiatan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas bung hatta dengan Lembaga Pendididan English Tutorial Center (ETC) Padang di Ruang Sidang FTSP Gedung F Kampus Prokalamtor I Universitas bung hatta, Selasa (10/09/2013).

Menurut Hendri, dengan dilaksanakannya kerjasama ini akan sejalan dengan visi Rektor Universitas Bung Hatta menuju perguruan tinggi berkelas dunia sekaligus membantu para mahasiswa dan dosen yang memiliki masalah dalam berbahasa Inggris.
“FTSP menjadi pelopor di Universitas Bung Hatta dalam mengadakan kerjasama dengan lembaga pendidikan profesional untuk mencariakn solusi dan menjawab permasalahan yang berhubungan dengan bahasa Inggris,” jelasnya.

FTSP pun harus mempersiapkan tenaga pengajar yang mampu berbahasa dan berkomunikasi asing terutama bahasa Inggris. Bulan November mendatang saja akan ada 15 mahasiswa dari Jerman beserta dosen pendampingnya yang akan datang ke FTSP Universitas Bung Hatta. “Tidak ada kata untuk terlambat belajar yang terpenting kita memiliki,” ujarnya.

Sementara itu, Managing Diroctor ETC Padang, Debby Susiyanti, S.Pd mengatakan kita sangat senang dengan dilaksanakannya kerjasama ini mengingat betapa pentingnya bahasa inggris ini bagi dosen dan mahasiswa yang ingin melajutkan studi keluar negeri.

“Lembaga kita akan memberikan pelatihan bahasa Inggris untuk dosen, Tofel Preparation, Test Toefel Prediction maupun Toefel ITP yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas para dosen dan mahasiswa,” ungkap Debby.

Kerjasama yang akan dilaksanakan dalam 2 tahun kedepan ini juga akan memberikan beasiswa kursus bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik tapi kurang mampu serta permasalahan dalam penulisan abrstak tugas akhir.

Penandatangan kerjasama ini dilaksanakan oleh Dekan FTSP Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE dan Managing Diroctor ETC Padang, Debby Susiyanti, S.Pd yang disaksikan langsung oleh ketua-ketua jurusan se-lingkungan FTSP. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 10 September 2013 - 12:16:27

bunghatta.ac.id - Fakutlas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta tengah mempersiapkan program kegiatan untuk melaksanakan kerjasama dengan Universitiy Teknologi Malaysia (UTM) pada tanggal 12 September 2013 mendatang di Johor Baru Malaysia.

Ir. Hendri Warman, MSCE Dekan FTSP UBH mengatakan sebelum melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan UTM kita melakukan persiapan dan pertemuan terlebih dahulu dengan para ketua jurusan yang ada di FTSP yaitu jurusan Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) dan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveyor).

"Dalam petemuan ini kita akan mempresentasikan program detai kerjasama tiap jurusan yang akan dibawa ke Malaysia sebab kegiatan ini menjadi moment yang sangat berharga untuk menunjukan keberadaan FTSP UBH di luar negeri sesuai dengan visi Rektor Universitas Bung Hatta menuju kampus berkelas dunia," jelas Hendri di Ruang Sidang FTSP Gedung F Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (10/09/2013).

Menurut Hendri, kegiatan kerjasama ini merupakan hasil tindak lanjut MoU UTM dengan UBH agar tiap fakultas melakukan hal serupa dan lebih terperinci hingga ke tingkat jurusan. Dari 7 fakultas yang ada hanya FTSP yang bersedia untuk melakukan MoU dengan UTM hingga 4 tahun kedepan.

"Kita telah berkomunikasi dengan pihak UTM dan mereka sangat terbuka dengan rencana kerjasama ini. Untuk itu kita akan melakukan pertemuaan secara resmi hari Kamis esok," terang Hendri.

Secara garis besar program kerjasama yang akan ditawarkan berupa kunjungan studi banding, kerja praktek bagi mahasiswa, pengiriman dosen dan mahasiswa untuk belajar di UTM, penelitian dan publikasi ilmiah secara bersama, perukaran karya dan informasi ilmiah hingga melakukan kegiatan seminar internasionalbersama.

"Tidak perlu banyak program yang terpenting kegiatan yang akan diusulkan dapat terlaksana dengan segera. Misalnya saja untuk jurusan Teknik Arsitektur untuk melakukan kegiatan seminar internasional tahun 2014 serupa juga dengan jurusan QS untuk melakukan International Conference on Construction Industry (ICCI) tahun 2015," ujarnya. (**Bayu-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 09 September 2013 - 13:05:10

Pelataran Parkir Kampus I
Pelataran Parkir Kampus I
bunghatta.ac.id - .
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 09 September 2013 - 10:14:54

Pelatihan Pekerti dan AA Periode ke-2 UBH
Pelatihan Pekerti dan AA Periode ke-2 UBH
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali mengadakanmengadakan kegiatan Pelatihan Program Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan Applied Approach (AA) untuk periode ke-2 yang dilaksanakan pada 02-07 September 2013 di Gedung D Kampus Proklamatro I Universitas Bung Hatta.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 tenaga pendidik Universitas Bung Hatta termasuk didalamnya 6 dosen luar Universitas Bung Hatta. Pelatihan ini juga berguna untuk peningkatan kompetensi dan pengembangan pembelajaran dosen saat menyampaikan materi kepada mahasiswa ketika melakukan perkuliahan. (**Bayu-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 07 September 2013 - 10:29:40

bunghatta.ac.id - Ada yang berbeda saat pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Bung Hatta. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun akademik 2013/2014 pelaksanaannya dilaksanakan dua tahap.

Setelah sebelumnya telah dilakanakan pada 22-24 Agustus 2013 di Gelanggang Olahraga (Gor) Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta dan tahap keduanya pada 07-08 September 2013 di Gedung L Kampus Prokalamtor I Universitas Bung Hatta.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana PKKMB, Ir.Mas Eriza MP mengatakan PKKMB merupakan rangkaian program pembekalan dan pemberian informasi akademik dan kehidupan kampus bagi mahasiswa dalam rangka memperkenalkan, mempersiapkan sikap dan mental akademik, intelektual serta wawasan mahasiswa terhadap Universitas Bung Hatta.

"Pelaksanaan PKKMB tahap II ini merupakan kegiatan yang sama dengan PKKMB yang telah dilaksanakan sebelumnya namun waktu pelakasanaan dan materinya lebih dipadatkan," ujar Mas Eriza, Sabtu (07/09/2013).

"Kegiatan ini juga tetap mengedepankan adanya monitoring dan evaluasi untuk pelaksanaan di massa yang akan datang dan bagi yang tidak lulus akan mendapatkan sanksi, tidak akan mendapatkan beasiswa serta tidak bisa mengikuti organisasi kemahasiswaan," tambahnya.

Pada PKKMB tahap II ini diikuti 293 mahasiswa dari 7 fakultas dengan rincian Fakultas Ekonomi 63, Fakultas Hukum 30, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan 58, Fakultas Ilmu Budaya 13, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan 42, Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan 31 dan Fakutas Teknologi Industri. Peserta tersebut termasuk 114 mahasiswa yang diterima melalui jalur beasiswa Bidik Misi.

Materi yang diberikan dalam PKKMB ini meliputi pembentukan karakter mahasiswa baru, pengenalan kehidupan kampus sebagai wadah pengembangan diri, materi yang berkaitan dengan proses pembelajaran serta fasilitas yang ada di Universitas Bung Hatta.

Pengenalan struktur dan organisasi universitas, fakultas serta organisasi kemahasiswaan. Kemudian mitigasi bencana sebagai kampus yang peduli terhadap kebencanaan serta kiat sukses belajar di perguruan tinggi.

Sementara itu Drs. Suparman Khan, M.Hum, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta yang juga membuka acara PKKMB tahap II ini mengungkapkan selamat datang di Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta. Seperti kita ketahui kampus kita menggunakan nama proklamator bangsa ini yaitu Bung Hatta.

“Sebagai kampus proklamator kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai kebunghattan yaitu jujur, santun, sederhana dan disiplin. Dengan PKKMB ini sebagai langkah awal dalam pembentukan jiwa kebunghattan sejak dini,” jelas Suparman. (*Bayu/Indrawadi Humas UBH/Mira WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 04 September 2013 - 11:53:04

Eddy Soesilo Ketuai Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta
Eddy Soesilo Ketuai Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta memiliki koperasi yang unik, berbeda dengan koperasi pada umumnya. Biasanya di suatu perguruan tinggi, dosen dan mahasiswanya memiliki koperasi yang terpisah. Namun dengan nama Koperasi Keluarga Besar (KKB) Universitas Bung Hatta seluruh komponen di kampus tergabung menjadi satu kesatuan sehingga bisa menjadi daya saing yang luar biasa dengan koperasi lainnya.

Demikianlah dikatakan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA saat memberikan sambutannya dalam acara pelantikan pengurus dan pengawas KKB Universitas Bung Hatta periode 2013-2016 di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung hatta, Rabu (04/09/2013).

Niki menjelaskan keunikan koperasi kita ini menjadi tantangan tersendiri untuk pengurus yang baru apalagi institusi kita menyandang nama Bung Hatta yang merupakan bapak koperasi bangsa ini.

"Meskipun dengan rendahnya peran serta dan keterlibatan dosen maupun mahasiswa rendah. Pengurus baru harus melakukan kreatifitas dan inovasi terbaru agar lebih aktif lagi di KKB Universitas Bung Hatta. Koperasi bukan saja sebagai lembaga sosial tapi bisa kita optimalkan perannya untuk berbisinis demi kesejahteraan para anggotanya," terang Niki.

"Kampus menginginkan koperasi kita ini bisa menyediakan semua kebutuhan keluarga besar Universitas Bung Hatta seperti foto kopi buku dan jilid skripsi bagi mahasiswa, cafe yang repersentatif hingga barang-barang sembako. Bahkan untuk rusunawa dan trasportasi bus harus dikelola juga oleh koprasi," jelas Niki.

Rencanannya kampus akan membangun cafe moderen dua lantai di Kampus II, kemudian untuk dikampus I akan di bangun cafe ekslusif untuk pascasarjana dan gedung J nantinya akan menjadi pusat bisnis dari KKB Universitas Bung Hatta.

Sementara itu, Ir. Eddy Soesilo M.Eng Ketua Umum KKB Universitas Bung Hatta mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak yang telah memilihnya untuk menjalankan amanat mejadi ketua selama 4 tahun kedepan. Koperasi kita ini terdiri dari dosen, karyawan dan mahasiswa yang terlibat menjadi kepengurusan.

"Pada masa kepengurusan saya ini akan mengembangkan kegiatan-kegiatan yang ada seperti kebutuhan alat tulis, foto kopi, cafe dan terobosan baru kita akan membuat toko spuvenir khas Unversitas Bung Hatta dan mengaktifkan kembali percetakan Universitas Bung Hatta untuk keperluan jilid skirpsi bagi mahasiswa maupun buku bagi dosen," imbuh Eddy.

"Koperasi juga akan melayani kebutuhan rumah tangga dengan diantar langsung ke rumah masing-masing serta memberikan pinjaman dana bagi mahasiswa yang membutuhkan saat pembayaran uang kuliah," tambahnya.

Koperasi ini milik kita bersama jadi mari kita bersama-sama untuk melakukan perubahan dengan perluas jariangan dan pengingkatan kompetensi pengurus agar kedepannya koperasi kita ini benar-benar dirasakan oleh seluruh keluarga besar Universitas Bung Hatta.

Turut hadir dalam acara pelantikan wakil rektor, dekan, kepala biro dan kelembagaan mahasiswa se-lingkungan Universitas Bung Hatta. (**Bayu-Humas UBH)

Berikut susunan kepengurusan KKB Universitas Bung Hatta periode 2013-2016:

Dewan Pengawas :
1.Dr. Syafrizal Chan SE, M.Si
2.Drs. Suparman Khn, M.Hum
3.Popi Fauziati, SE, M.Si, Akt, CA
4.Riki Minarsah

Ketua Umum: Ir. Eddy Soesilo M.Eng

Ketua I : Drs. Anwar Nasihin, M.Hu

Ketua II: Marnawati Saleh, B.Ac

Sekretaris: Hendra Kusuma S.Pi, M.Si

Bendahara: Ethika, SE,, M.Si

Anggota:
1. Adriyah (FKIP)
2. Novita Sari (FTI)
3. Tri Putra Yandi (FH)
4. Shindu (FTSP)
5. Yutra Nedi (FPIK)
6. Bustanol (FIB)


model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 September 2013 - 08:35:36

Jokowi Di Hadiahi Mahasiswa Karikatur
Jokowi Di Hadiahi Mahasiswa Karikatur
bunghatta.ac.id - Siapa yang tak kenal dengan Joko Widodo alis Jokowi yang terkenal dengan aksi blusukan dan kesederhanannya ini berkesempatan hadir di hadapan lebih dari 2000 mahasiswa baru angkatan 2013 Universitas Bung Hatta untuk memberikan kuliah umum perda di awal tahun ajaran 2013/2014 di Gelanggang Olahraga (Gor) Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (31/07/2013).

Jokowi menyampaikan materi mengenai ekonomi kerakyatan yang merupakan buah pokok pikiran dari Bung Hatta itu sendiri. Masalah ekonomi kerakyatan, ia tidak membahasnya secara teoritis tapi langsung dijelaskannya melalui beberapa aplikasi yang teleh diterapkan pada masyarakat seperti relokasi pedagang kaki lima di Pasar Tanah Abang ketempat yang lebih layak.

Permasalahan semua kota itu terletak pada masyarakatnya. Intinya, berbicara ekonomi kerakyatan itu berada di masyarakat sendiri, berada di nelayan, pedagang kaki lima, petani, pasar tradisional.

“Untuk itu, pejabat akan lebih bisa memahami permasalahan warganya apabila langsung terjun ke lapangan bukan duduk diam di kantor saja. Saya tidak suka duduk-duduk di dalam kantor lebih baik saya pergi ke tengah-tengah masyarakat,” ujar Gubernur DKI Jakarta ini.

Usai memberikan materi perkuliahan, Jokowi pun mendapatkan penghargaan dari Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta sebagai tokoh masyarakat peduli ekonomi kerakyatan serta mendapatkan jaket kehormatan pengabdian Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta yang dipasangkan langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta.

Lebih mengejutkannya lagi sebagai bentuk apresiasi dan kekaguman terhadap sosok Jokowi salah seorang perwakilan dari mahasiswa jurusan Teknik Aristektur angkatan 2013 membuatkan karikatur lukisan wajah dirinya sebelum kedatangannya ke UBH. (*Indrawadi/Bayu-Humas UBH)




model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 September 2013 - 08:34:14

bunghatta.ac.id - Sastra Day, ajang untuk unjuk minat dan bakat kembali digelar untuk ketiga kalinya oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta di pelataran parkir Gedung H FIB Kampus Proklamator I, Minggu (01/09/2013).

Rizky Ideal Fitra Gubernur BEMM FIB menjelaskan sebenarnya kegiatan sastra day itu awal mulanya pada tahun 2012 yang dibuat untuk menyemarakan aktivitas para mahasiswa di fakultas oleh kepengurusan BEMM sebelumnya. Namun karena tingginya aspirasi dan permintaan para mahasiswa sehingga kami dari kepengurusan yang baru ini akan mengadakannya secara berkelanjutan.

“Di periode kami melakukan improvisasi nama menjadi humaniora day tapi teman-teman lebih akrab dengan panggilan sastra day. Ini kegiatan perdana setelah libur semester. Selain itu juga sebagai sarana silaturahmi setelah lebaran dan untuk saling mengakrabkan antara mahasiswa baru FIB dengan senior-seniornya,” ujarnya.

Dikatakan Rizki, bentuk kegiatannya setiap mahasiswa boleh menampilkan bakatnya masing-masing baik itu nyanyi, baca puisi, menari, akustikan, pantomim, drama dan lainnya. Di akhir acara akan diumumkan 3 pemenang terbaik yang telah menampilkan kreasinya.

“Intinya menampilkan kemampuan para mahasiswa yang berbau kesenian. Minimal per angkatan dari tiga jurusan yang ada di FIB yaitu Sastra Indonesia, Sastra Inggris dan Sastra Jepang untuk dapat menampilakan bakatnya masing-masing,” jelasnya.

“Ini juga kesempatan bagus untuk mahasiswa FIB dalam menampilkan bakat-bakat mereka yang terpendam. Karena masing-masing fakultas harus menampilkan bakat minat yang dimilikinya,” tambahnya.
Meski hujan sempat mengguyur lokasi, tidak menyurutkan panitia untuk tetap melanjutkan acara yang dipindahkan ke Gedung H FIB.

Dipandu Cornelia Napitupulu, satu persatu dari rangkaian acara berlangusng dengan lancar hingga terpilihnya pemenang dengan penampilan terbaik pertama Yana yang membacakan puisi, perwakilan Sastra Indonesia 2013.

Juara kedua dari Senja dan Yana perwakilan Sastra Jepang angkatan 2013 yang menampilakan dance moderen. Juara terakhir dari perwakilan Sastra Jepang angkatan 2011 dengan akustikannya.

Rencananya kegiatan ini akan masuk kedalam rentetan kegiatan yang bernama humaniora weeks yang terdiri dari humaniora sport, humaniora day (sastra day) dan humaniora discus. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 September 2013 - 08:34:14

bunghatta.ac.id - Sastra Day, ajang untuk unjuk minat dan bakat kembali digelar untuk ketiga kalinya oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta di pelataran parkir Gedung H FIB Kampus Proklamator I, Minggu (01/09/2013).

Rizky Ideal Fitra Gubernur BEMM FIB menjelaskan sebenarnya kegiatan sastra day itu awal mulanya pada tahun 2012 yang dibuat untuk menyemarakan aktivitas para mahasiswa di fakultas oleh kepengurusan BEMM sebelumnya. Namun karena tingginya aspirasi dan permintaan para mahasiswa sehingga kami dari kepengurusan yang baru ini akan mengadakannya secara berkelanjutan.

“Di periode kami melakukan improvisasi nama menjadi humaniora day tapi teman-teman lebih akrab dengan panggilan sastra day. Ini kegiatan perdana setelah libur semester. Selain itu juga sebagai sarana silaturahmi setelah lebaran dan untuk saling mengakrabkan antara mahasiswa baru FIB dengan senior-seniornya,” ujarnya.

Dikatakan Rizki, bentuk kegiatannya setiap mahasiswa boleh menampilkan bakatnya masing-masing baik itu nyanyi, baca puisi, menari, akustikan, pantomim, drama dan lainnya. Di akhir acara akan diumumkan 3 pemenang terbaik yang telah menampilkan kreasinya.

“Intinya menampilkan kemampuan para mahasiswa yang berbau kesenian. Minimal per angkatan dari tiga jurusan yang ada di FIB yaitu Sastra Indonesia, Sastra Inggris dan Sastra Jepang untuk dapat menampilakan bakatnya masing-masing,” jelasnya.

“Ini juga kesempatan bagus untuk mahasiswa FIB dalam menampilkan bakat-bakat mereka yang terpendam. Karena masing-masing fakultas harus menampilkan bakat minat yang dimilikinya,” tambahnya.
Meski hujan sempat mengguyur lokasi, tidak menyurutkan panitia untuk tetap melanjutkan acara yang dipindahkan ke Gedung H FIB.

Dipandu Cornelia Napitupulu, satu persatu dari rangkaian acara berlangusng dengan lancar hingga terpilihnya pemenang dengan penampilan terbaik pertama Yana yang membacakan puisi, perwakilan Sastra Indonesia 2013.

Juara kedua dari Senja dan Yana perwakilan Sastra Jepang angkatan 2013 yang menampilakan dance moderen. Juara terakhir dari perwakilan Sastra Jepang angkatan 2011 dengan akustikannya.

Rencananya kegiatan ini akan masuk kedalam rentetan kegiatan yang bernama humaniora weeks yang terdiri dari humaniora sport, humaniora day (sastra day) dan humaniora discus. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 September 2013 - 07:59:36

REKTOR UBH 'Ajo Kowi, Pulang Kampung'
REKTOR UBH 'Ajo Kowi, Pulang Kampung'
bunghatta.ac.id - Kedatangan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo memberikan kuliah umum Sabtu (31/8) ke kampus gelanggang Olah Raga dan Seni Universitas Bung Hatta (UBH) Air Pacah begitu fenomenal. Ratusan mahasiswa dan masyarakat sekitarnya menyambut Jokowi begitu sapaan akrabnya dengan gembira. Nyanyian Indonesia Raya sebagai pembuka perkuliahan selama satu jam itu.

"Kami berterimakasih dan bangga atas kedatangan Jokowi, tokoh bangsa. Ajo Kowi pulang kampung," begitu seloroh Rektor UBH, Nikki Lukman yang mengundang tepuk riuh dari seisi Hall UBH itu.

Rektor memanggil Jokowi dengan Ajo Kowi, karena panggilan orang minang terhadap saudara lelaki yang lebih tua.

"Kami menobatkan Ajokowi sebagai warga kehormatan di UBH," kata Rektor UBH mempersilahkan Jokowi untuk tampil memberikan perkuliahan agar mampu memotivasi para mahasiswa.

Dengan gelak tawa khasnya Jokowi yang tampil mengenakan kemeja putih. Langsung memberikan kuliah umum.

"Jokowi wajahnya ndeso, tapi mirip Dude Herlino," candaan pembuka Jokowi yang mengundang decak kagum para mahasiswa.

Sosok seorang yang fenomenal ini pun mengisahkan tentang perjuangannya sebagai Walikota Solo, hingga membenah ibukota Indonesia, Jakarta.

"Saya betah di kantor cuma dua jam. Selebihnya turun ke masyarakat. Sebab semua persoalan ada ditengah masyarakat," jelasnya.

Selanjutnya Jokowi menceritakan tentang persoalan pentingnya mempertahankan pasar tradisional di tengah serbuan mall. Dan dia mengharapkan mahasiswa bisa memilih belanja di pasar tradisional ketimbang

belanja di mall. Sebab, pasar tradisional itu ekonomi yang rill, yang dipasok ribuan petani dan nelayan. Pedagangnyapun berjumlah banyak, berbanding terbalik dengan mall, pemiliknya cuma satu orang.

"Saat ini Jakarta merupakan kota terbanyak mall di dunia, yakni 173 unit. Jadi main ke Mall sebaiknya nenggok-nenggok saja. Kalau membeli baru ke pasar tradisional," katanya.

Ceramah dilanjutkan dengan solusinya dalam menghadapi PKL di Tanah Abang hingga masalah banjir yang menjadi momok menakutkan setiap tahun.

Hal itu mendapatkan antusias dari para mahasiswa. Sosok Jokowi memang fenomenal, hal itu yang menjadi pertanyaan bagi para mahasiswa, apakah Jokowi maju dalam pencalonan Presiden tahun mendatang?

"Nyapres? Saya sekarang Gubernur DKI Jakarta. Bukan wilayah saya menjawab itu," ucap Jokowi mengalihkan jawaban mahasiswa lainnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa UBH, Lira Febrianti menyebutkan. "Jowoki merupakan sosok yang memberikan motivasi terhadap anak muda," ucap Lira.

Harus diakui juga, sosok Jokowi memang fenomenal. Banyak mahasiswa hingga para dosen ingin berfoto dengan lelaki yang terkenal dengan baju kotak-kotaknya.

Hadir juga pada kesempatan itu Gubenur Sumbar, Irwan Prayitno . "Kehadiran saya disini memenuhi undangan dari Pak Jokowi," ucap Irwan.

"Dia sederhana dan merakyat, itu yang dibutuhkan masyarakat," kata Irwan Prayitno sambil melayani mahasiswa yang ingin berfoto dan meminta tanda tangan sang Gubernur Sumbar itu. (lenggogeni/indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.80.10.18