Kopertis Wilayah X Sosialisasikan Pengisian BKD/LKD di Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Sosialisasi Pengisian Beban Kinerja Dosen dan Laporan Kinerja Dosen (BKD/ LKD) yang langsung disampaikan oleh Koordintor Kopertis Wilayah X Prof. Drs. Ganefri, M.T., Ph.D bersama tim yang betempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universit....

Mahasiswa Universitas Muhammadyah Riau Kunjungi Teknik Industri Universitas Bung Hatta

Mahasiswa Universitas Muhammadyah Riau melakukan kunjungan ke Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang berlangsung di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 04 Februari 2016 lalu. Dalam kunjungan tersebut sebanyak 70 mahasiswa da....

Pentas Harmoni Dua Budaya Pukau Masyarakat Kota Padang

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Pentas Harmoni Dua Budaya yang berlangsung di Pelataran Gor H. Agus Salim, Kota Padang, Minggu (07/02/2016). Pementasan ini mendatangkan seniman tradisional asal Jepang Tomoo Nakashima....

Dr. Hendra Suherman, ST, MT Jadi Pembicara International Conference on Nano and Materials Engineering

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Hendra Suherman, ST, MT menjadi salah satu pembicara dalam 4th International Conference on Nano and Materials Engineering (ICNME 2016) yang berlangsung di Bali pada 07-08 April 2016 mendatang. Ia menyampaikan dalam kegiatan ini akan menyajikan hasil pene....

UKM KSR-PMI Proklamator Berhasil Kumpulkan 233 Kantong Darah

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta menyelenggarakan aksi donor darah yang bertajuk berika darahmu bersihkan ragamu sucikan jiwamu dengan donor darah. Kegiatan ini bertempat di tiga kampus Universitas Bung Hatta dari 01 hingga 03 Februari 2016. Komandan KSR P....

Bantuan Pemerintah Jepang, Universitas Bung Hatta Miliki Laboratorium Bahasa dan Studio Sulih Suara

Universitas Bung Hatta memperoleh bantuan Hibah Grassroots Kebudayaan dari Pemerintah Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan yang tertuang dalam penandatangan kontrak kerja sama “The Project for the Improvment of Japanese Language Learning Equitment of Bung Hatta University” yang berla....

Senin 23 Maret 2015 - 13:47:01

Jajaki Kerjasama, Universiti Kebangsaan Malaysia Kunjungi UBH
Jajaki Kerjasama, Universiti Kebangsaan Malaysia Kunjungi UBH
bunghatta.ac.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Universiti Kebangsaan Malaysia mengadakan kunjungan ke Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang Rekotrat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (23/02/2014).

Tim Universiti Kebangsaan Malaysia yang mengikuti yaitu Prof. Dr. Abu Bakar Mohammad (Director of Fuel Cell Institute), Prof. Dr. Andanastuti Muchtar (Director of Graduate Center), Assoc. Prof. Dr. Siti Masrinda Tasirin (Head of Post Graduate Affair) dan Assoc. Prof. Dr. Edy Herianto Majlan (Senior Research Fellow, Fuel Cell Institute).

Pertemuan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt. MBA, Wakil Rektor I Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA, Wakil Rektor III Drs. Suparman Khan, M.Hum Dekan dilingkungan Universitas Bung Hatta, Ketua Jurusan Teknik Kimia dan Dosen Universitas Bung Hatta yang menjadi alumni Universiti Kebangsaan Malaysia.

Dalam kunjungan ini, delegasi Universiti Kebangsaan Malaysia akan menayangkan presentasi multimedia mengenai program-program yang terdapat di Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai rujukan dalam perbincangan kerjasama untuk kedua institusi ini.

Ketua Rombongan Prof. Dr. Abu Bakar Mohammad mengatakan kunjungan ini dalam rangka menjalin perbincangan kerjasama antara Universitas Bung Hatta dengan Universiti Kebangsaan Malaysia di bidang penelitan, publikasi bersama jurnal internasional, pertukaran pelajar hingga melanjutkan studi ke S2 dan S3 di Universiti Kebangsaan Malaysia.

“Penjajakan kerjasama antar perguruan tinggi luar negeri ini sebagai upaya untuk membantu meningkatkan kualitas dan promosi ke dua perguruan tinggi yang melakukan kerjasama inI. Hasil pertemuan ini, untuk kedepannya kedua perguruan tinggi ini dapat melakukan komunikasi lebih lanjut untuk pelaksanaan tandatangan MoU,” sebutnya.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan rasa bangganya atas kunjungan yang dilakukan delegasi dari Universiti Kebangsaan Malaysia ke Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta.

“Dengan kunjungan ini Universitas Bung Hatta akan meningkatakan hubungan kerjasama ini sehnigga dapat memberikan manfat yang besar bagi kedua perguruan tinggi ini,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 23 Maret 2015 - 08:33:54

Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta Rayakan HUT ke-31
Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta Rayakan HUT ke-31
bunghatta.ac.id - Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta menggelar Perayaan Hari Ulang Tahun yang ke-31 dengan mengangkat tema Wanita sebagai Inspirasi Penanaman Nilai Karakter Bagi Generasi Penerus yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (20/03/2015).

Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta selalu berupaya meningkatkan kualitas wanita lewat kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan tujuan berdirinya organisasi ini pada tanggal 10 Maret 1984 lalu, yakni menjadikan Ikanita sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan antara seluruh civitas akademika dan keluarga Yayasan Pendidikan Bung Hatta yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945.

Ketua Pelaksana, Nyonya Armaida Suparman Khan mengatakan untuk Perayaan Ulang Tahun Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta kali ini diselenggarakan secara sederhana dan dalam hangatnya kebersamaan di antara anggota. Sekaligus sebagai saranan untuk melakukan intropeksi dalam menjalankan oranisasis ini dikemudian hari.

“Pada perayaan ulang tahun Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta yang ke-31 tahun ini banyak bertabur hadiah doorprice dan pemberian santunan kepada anak anggota Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta yang berprestasi ,” ujarnya.

Nyonya Mechy Niki Lukviarman, Ketua Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi dan dukungan para anggota karena hingga saat ini organisasi ini telah memasuki usia ke-31 tahun. Dimana bila dikaitkan dalam umur manusia maka organisasi sosial ini sudah cukup dewasa dalam melaksanakan kegiatannya dalam menjadi partner demi memajukan Universitas Bung Hatta.

“Semoga para wanita yang tergabung dalam organisasi ini dapat mendukung seluruh kegiatan Universitas Bung Hatta sebagai inspirasi penanaman nilai karakter bagi generasi penerus,” ungkapnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA mengatakan keberadaan Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta dapat menjadi penyemangat dalam memajukan universitas untuk menggapai cita-citanya dan demi kejayaan Universitas Bung Hatta kedepannya.

“Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta semoga semakin dewasa dan semaikn mendukung kegiatan kampus,” ucapnya.

Perayaan ulang tahun Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta ini juga terdapat penyampaian ceramah agama oleh M. Lubis yang membahas mengenai peranan wanita dalam pembentuka karakater anak bangsa.

Ia menjelaskan ibu itu merupakan starta awal atau madrasah awal dalam kehidupan awal dari seorang anak. Sejak kecil ibu sudah memberikan pembelajaran bahkan dibalik pemimpin yang hebat itu terdapat wanita yang menyokong dibelakangnya.

“Bila berbicara mengenai ibu makan ibu itu tidak sebatas diorasika saja akantetap harus juga dimaknai dari dalam hati kita,” ujanrnya.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 20 Maret 2015 - 12:00:29

UBH Gelar MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas Tahun 2015
UBH Gelar MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas Tahun 2015
bunghatta.ac.id - Dalam rangka memeriahkan kegiatan kerohanian Islam di Universitas Bung Hatta, Bagian Kemahasiswaan Universitas bersama UKM FSI Nurul Jannah mengadakan MTQ Tingkat Universitas Bung Hatta, sekaligus dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ Nasional pada bulan Agustus 2015 mendatang

Cabang Musabaqah yang diperlombakan adalah

1. Musabaqah Tilawatil Quran atau Lomba Membaca Al-Quran dengan irama.
2. Musabaqah Tartilil Quran atau Lomba Tadarrus Al-Quran, dengan tanpa irama.
3. Musabaqah Hafzhil Quran atau Lamba Hafal Al- Quran 1 juz.
4. Musabaqah Fahmil Quran atau Lomba Pemahaman Al-Quran (Cerdas Cermat Islam)
5. Musabaqah Syarhil Quran atau Lomba Analisis Al-Quran dengan menampilkan 3 orang yang terdiri dari satu orang pembaca Al-Quran, satu orang penterjemah dan satu orang membacakan kandungannya.
6. Musabaqah Khaththil Quran atau Momba Menulis Indah Al-Quran/ Kaligrafi.
7. Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Quran atau Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran.

Persyaratan:
1. Menyerahkan KRS Semester Genap 2014/2015 (Bukti terdaftar pada semester genap).
2. Menyerahkan satu lembar foto kopi KTM dan KTP.
3. Mengisi formulir pendaftaran.
4. Mahasiswa hanya dapat mengikuti 1 bidang Musabaqah.

Kegiatan MTQ Ini akan dilaksanakan pada 03-04 April 2015 bertempat di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hattav pukul 08.00 WIB.

Kunjungi stan Pendafatan UKM FSI Nurul Jannah di Kampus Proklamator I, II dan III pada 18-22 Maret 2015.

Informasi dapat dilihat <a href='http://bunghatta.ac.id/files/public/avatars/mtq.pdf'>disini</a>

(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 20 Maret 2015 - 11:52:20

Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta Gelar RAT ke-28
Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta Gelar RAT ke-28
bunghatta.ac.id - Koperasi Keluarga Besar (KKB) Universitas Bung Hatta kembali mengadakan Rapat Anggota Tahunan yang ke-28 dengan tema Koperasi Sehat Membangun Kemandirian Bangsa yang bertempat di Ruang Teater Gedung H Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (20/03/2015).

Ketua Pelaksana, Rahmat Hidayat mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta guna melaporkan kegiatan pengurus dan pengawas selama satu tahun ini.

“Rapat anggota tahunan ini diikuti perwakilan dari mahasiswa, dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Bung Hatta. Kita berharap Rapat Anggota Tahunan ini dapat selasai dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk kemajuan koperasi di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Ketua Umum Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta Ir. Eddy Soesilo, M.Eng menyampaikan sebagaimana diatur dalam undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasiaan pada pasal 22 menjelaskan Rapat Anggota Merupakan pemegang keuasaan tertinggi dalam koperasi.

“Pada kesempatan ini juga, pengurus akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas kegiatan dan usaha koperasi dalam tahun buku 2014 serta ususlan-usulan rencana strategis KKB Universitas Bung Hatta rencana program kerja jangka panjang dan jangka pendek,” sebutnya.

Eddy berharap semoga Rapat Anggota Tahunan ini dapat dijadikan dasar sebagai alat evaluasi atau penilaian atas kinerja pengurus dalam tahun buku 2014 dan juga sebagai pedoman kerja untuk pengurus pada periode tahun anggaran 2015 ini.

“Selamat mengikuti Rapat Anggota Tahunan dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang terbaik bagi kejayaan KKB Universitas Bung Hatta bagi seluruh anggota serta karyayawannya, pengurus dan pengawas yang pada akhirnya bagi kejayaan Universitas Bung Hatta,” imbuhnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt MBA mengatakan Rapat Anggota Tahunan ini merupakan salah satu mandat dari organisasi. KKB Universitas Bung Hatta berbeda dengan koperasi pada umumnya sebab semua unsur dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan bergabung dalam satu koperasi.

“Hal ini memiliki nuansa yang berbeda sehingga dapat bersinergi dan kinerja pengusur dalam dilakukan secara bersama-sama. Kedepan KKB Universitas bung Hatta dapat meningkatkan kinerjanya baik dari segi organisasi dan program yang pelaksanaannya sesuai dengan prinsip-prinsip perkoperasiaan,” ucap Niki.

Pada kesempatan ini, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang yang diwakili oleh Harry. P, S.H dalam sambutan pembukaannya menyampikan kedepan dalam pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan Kopersai dalam dilakukan tepat waktu dan disarankan agar tiap kopersai memilik visi mis dlaam menjalankan organisasinya demi kesejahteraan anggota.

“Anggota juga selain sebagi pemilik tapi juga sebagi penguna jasa koperasi harus dapat menyapaikan pandangan-pandangannya saat kegiatan Rapat Anggota Tahunan dan memberikan kontribusi bagi keberlangsungan koperasinya. Melalui Rapat Anggota Tahunan ini dapat menumbuhkan semangat dan jiwa kopersai dan hasil keputusannya dapat memberi manfaat bagi semua anggota,” tambahnya.

Pada kegiatan pembukaan Rapat Anggota Tahunan ini juga KKB Universitas Bung Hatta memperoleh piagam penghargaan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang yang diserahkan kepada Ketua Umum dan didampingi oleh Rektor dan Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 19 Maret 2015 - 14:19:31

Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Adakan Workshop Penulisan Proposal Hibah KKN-PPM
Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Adakan Workshop Penulisan Proposal Hibah KKN-PPM
bunghatta.ac.id - Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengadakan Workshop Pembuatan Proposal Hibah KKN PPM 2016 dengan tema Memberdayakan Masyarakat Melalui KKN-PPM yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (19/03/2015).

Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015 Ir. Indra Khaidir, M.Sc menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan diskusi dalam penulisan proposal Hibah KKN-PPM yang didanai oleh Dikti pada tahun anggaran 2016 mendatang bagi Dosen Pendamping Lapangan dan Koordinator Kabupaten.

“Tiap tahun Universitas Bung Hatta selalu mendapatkan dana hibah KKN-PPM dan kita berharap dari semua proposal yang dibuat untuk tahun2016 ini dapat lolos minimal 30 proposal,”ucapnya.

Ia juga menambahkan untuk itu pengelola mengadakan wokshop ini sebagai upaya untuk mengetahui kiat dan trik dalam penulisan proposal yang tidak ada dalam panduan agar dapat lolos saat diajukan menghadirkan reviewers nasional.

Workshop ini menghadirkan 3 narsumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Dr. Elfiondri, SS, M.Hum Direktur LPPM Universitas Bung Hatta mengenai mekanisme penusualn hibah KKN-PPM, Dr. Ir Feri Arlius, MSc dari Universitas Andalas yang juga reviers nasional tentang kiat-kita memenangkan hibah KKN-PPM dan Ir Nasril Sikumbang, MT membahas seputar langkah-langkah teknik penyiapan proposal KKN-PPM. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 19 Maret 2015 - 12:25:16

bunghatta.ac.id - Dalam rangka memeriahkan kegiatan kerohanian Islam di Universitas Bung Hatta, Bagian Kemahasiswaan Universitas bersama UKM FSI Nurul Jannah mengadakan MTQ Tingkat Universitas Bung Hatta, sekaligus dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ Nasional pada bulan Agustus 2015 mendatang

Cabang Musabaqah yang diperlombakan adalah

1. Musabaqah Tilawatil Quran atau Lomba Membaca Al-Quran dengan irama.
2. Musabaqah Tartilil Quran atau Lomba Tadarrus Al-Quran, dengan tanpa irama.
3. Musabaqah Hafzhil Quran atau Lamba Hafal Al- Quran 1 juz.
4. Musabaqah Fahmil Quran atau Lomba Pemahaman Al-Quran (Cerdas Cermat Islam)
5. Musabaqah Syarhil Quran atau Lomba Analisis Al-Quran dengan menampilkan 3 orang yang terdiri dari satu orang pembaca Al-Quran, satu orang penterjemah dan satu orang membacakan kandungannya.
6. Musabaqah Khaththil Quran atau Momba Menulis Indah Al-Quran/ Kaligrafi.
7. Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Quran atau Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran.

Persyaratan:
1. Menyerahkan KRS Semester Genap 2014/2015 (Bukti terdaftar pada semester genap).
2. Menyerahkan satu lembar foto kopi KTM dan KTP.
3. Mengisi formulir pendaftaran.
4. Mahasiswa hanya dapat mengikuti 1 bidang Musabaqah.

Kegiatan MTQ Ini akan dilaksanakan pada 03-04 April 2015 bertempat di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hattav pukul 08.00 WIB.

Kunjungi stan Pendafatan UKM FSI Nurul Jannah di Kampus Proklamator I, II dan III pada 18-22 Maret 2015.

Informasi dapat dilihat <a href='http://bunghatta.ac.id/files/public/avatars/mtq.pdf'>disini</a>

(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 18 Maret 2015 - 14:26:12

HMMJ Teknik Mesin Adakan Kuliah Umum Offshore Drilling
HMMJ Teknik Mesin Adakan Kuliah Umum Offshore Drilling
bunghatta.ac.id - Himpunanan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Tekologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Offshore Drilling dengan mendatangkan narasumber Djoko Ari Wibowo Consultan Drilling Supervisor yang bertempat di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Rabu (18/03/2015).

Ketua Pelaksana, Hersan Fernanda menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu bagian untuk menambah pengayaan ilmu dan membuka wawasan bagi mahasiswa terutama di bidang drilling atau pengeboran. “Kuliah umum ini untuk memberi motivasi kepada para mahasiswa akan peluang kerja dari lulusan Teknik Mesin,” ucap Nanda sapaannya.

Senanda dengan Nanda, Ketua Himpunanan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Ilham Kurniawan menambahkan kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman mengenai peluang kerja dari jurusan Teknik Mesin yang cukup beragam seperti di bidang drilling ini. “Nantinya para mahasiswa dapat menggali lebih dalam bagaimana prospek kerja hingga tips memperoleh pekerjaan di dunia perminyakan dan drilling,” imbuhnya.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri, Ir. Yanni Ridal, MT menyampaikan dalam menghadapi era globalisasis saat ini terutama menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN para mahasiswa tidaknya tuntun untuk memperoleh nilai akademik yang baik namun harus juga memilik kemampuan softskill yang khusus sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing.

“Dalam kuliah umum ini para mahasiswa harus aktif bertanya terutama dalam mencari kiat-kiat mendapatkan pekrejaan di perusahaan asing,” ucapnya.

Djoko Ari Wibowo menyampaikan materi mengenai pengalaman kerjannya saat menggeluti dunia drilling, pengantar tentang offshore drilling hingga trik memperoleh pekerjaan di bidang driling dan perminyakan.

Proses pengeboran merupakan pross mekaikal yang bertujuan untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan tanah dan untuk melakukan eksplorasi maupun eksplitasi dalam mendapatkan hidrokarbon eperti minyak bumi, gas hingga geotermal serta sumber energi lainnya. Biasany berlokasi di lautan lepas atau perairan lainnya.

“Bekerja di bidang drilling ini termasuk bidang pekerjaan yang elit dan memperoleh penghasilan yang cukup besar namun tidak mudah untuk bisa bergabung bila tidak memiliki kemampuan khusus terutama berbahasa asing karena dalam satu proses pengeboran itu terdiri dari puluhan perusahaan yang pekerjanya berasal dari berbagai negara,” jelasnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 18 Maret 2015 - 10:48:26

Rektor UBH Lantik Dr. Elfiondri Sebagai Dekan FIB
Rektor UBH Lantik Dr. Elfiondri Sebagai Dekan FIB
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, Rabu (18/3) di ruangan sidang rektor Kampus 1 Ulak Karang melantik Dr. Elfiondri, SS.,M.Hum dan Dra.Irma.M.Hum sebagai Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta masa bakti 2015-2019.

Disaat bersamaan juga dilantik Bukhari,S.Pi.,Ms.Si sebagai Ketua Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perairan dan Dra.Elfrida,M.Si Apt sebagai Ketua Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta masa bakti 2015-2019.

Pelantikan dilakukan secara sederhana namun nikmat, usai mengucapkan sumpah jabatan diiringi dengan lagu "Padamu Negri". Hadir saat pelantikan tersebut Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof.Dr. Fachri Ahmad,MSc dan jajaran strukturala lainnya di lingkungan Universitas Bung Hatta. (**Indrawadi-humas)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Maret 2015 - 15:53:58

Tim Diving Proklamator, Explore Bawah Laut Taman Laut Mandeh Bersama Fotografer Underwater Indonesia
Tim Diving Proklamator, Explore Bawah Laut Taman Laut Mandeh Bersama Fotografer Underwater Indonesia
bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Kemahasiswaan Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, ikut berpartisipasi dan memanfaatkan kesempatan langka dapat kesempatan bersama dengan photografer underwater Indonesia dalam mengeksplore Taman Laut Mandeh Kab.Pesisir Selatan yang rencananya akan di resmikan oleh Presiden RI Joko Widodo akhir April 2015.

Kegiatan yang bertajuk “Expedition Underwater Mandeh” tersebut merupakan kegiatan pra-even Mandeh Joy Sailing 2015, dimotori oleh Pendiri Forum Masyarakat Peduli Pariwisata Sumbar (Mappas) Yulnofrins Napilus dengan mengajak beberapa fotografer underwater Indonesia untuk mengabadikan bawah laut kawasan Taman Laut Mandeh, 14-18 Maret di Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Disela-sela persiapan tim di dermaga Carocok Tarusan, (17/3), Nofrin menyebutkan, beberapa fotografer bawah laut tersebut antara lain Makarios Soekojo, penulis buku “Teknik Memotret dalam Air”, ia fotografer underwater Indonesia yang cukup terkenal juga lingkungan Asia Tenggara, yang bersangkutan juga akan menjadi salah satu dewan juri Lomba Foto Underwater yang diadakan KKP bersama Pemkab Pessel pada April nanti.

Arief Yudo Wibowo, pengelola Majalah SCUBA DIVER Australia edisi Indonesia dan istrinya Jilmi Astina juga ikut ambil bagian dalam kegiatan yang bertajuk “Mandeh Expedition Underwater” tersebut. Selama ini Arief YW dikenal sangat getol mempromosikan keindahan bawah air Indonesia. Sementara Jilmi Astina saat ini tengah mempersiapkan buku barunya tentang Pengalamannya Menyelam Dibeberapa Lokasi Penyelaman di Indonesia, setelah beberapa waktu yang lalu baru saja melounching buku “Parigi Moutong” dan “Manado Underwater”.

Berpartisipasi juga Sofi Aida Sugiharto, penyelam perempuan dengan segudang prestasi, foto-foto underwaternya banyak menghiasi majalah scuba internasional, memenangkan Lomba Foto Bawah Air yang diadakan Kementerian Pariwisata.

“Sofi ini menawarkan diri untuk ikut berpartisipasi meramaikan ekspedisi Taman Laut Mandeh, dan membatalkan undangan untuk menyelam di Bali, setelah mendengar beberapa senior-senior ikut berpartisipasi:, imbuh Nofrin.

Ditambahkan Nofrin, Noldi Rumengan asal Manado, seorang pemandu diving di Manado dan ahli biota laut yang sengaja terbang ke Padang untuk ke Mandeh membantu ekspedisi tersebut. Dia salah satu penyelam yang sangat aktif mengangkat wisata Bunaken hingga terkenal ke seluruh dunia seperti saat ini.

“Sementara, Tim Diving Proklamator Universitas Bung Hatta menurunkan 6 penyelam dengan 2 seniornya Indrawadi dan Mabruri Tanjung, 3 penyelam dari tim Basarnas Sumbar, POSSI Sumbar melalui Lantamal Teluk Bayur juga sediakan 10 tabung scuba untuk mendukung kegiatan ini”, jelas Nofrin.

Pemkab Pesisir Selatan melalui SKPD terkait menyediakan 2 unit kapal, 2 unit mobil dan penginapan di Langkisau Resort serta konsumsi. “Marco, pengelola Cubadak Paradiso Village pun memberikan dukungan berupa pengisian ulang tabung scuba, Marco ikut menyelam dan menunjukkan spot-spot penyelaman terbaik",ucap Nofrin.

Tentunya kedatangan fotografer underwater profesional tersebut akan sangat membantu promosi dan pengembangan pariwisata Pesisir Selatan dan khususnya Taman Laut Mandeh yang kini sudah mulai dikenal luas hingga mancanegara, tak terkecuali menunjukkan eksistensi Diving Proklamator Universitas Bung Hatta yang telah aktif dalam berbagai kegiatan bawah laut. (**).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Maret 2015 - 11:02:05

UBH Seleksi Mahasiswa ON MIPA-PT tingkat Universitas
UBH Seleksi Mahasiswa ON MIPA-PT tingkat Universitas
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan seleksi peserta Olimiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) untuk bidang Matematika dan Biologi yang bertempat di Ruang Sidan Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (17/03/2015).

Olimpiade yang diselnggarakan oleh Direktorat Jendral Pembelajran dan Kemahasiswa Kementerian Riset, teknologi dan pendidikan tinggi dilakukan dari mulai dari seleksi dari jurusan atau program studi kemudian di tingkat peguruan tinggi yang akan dipilih untuk 4 peserta dan sebelum masuk ke tingkat nasional akan diseleksi di tingkat wilayah Kopertis X pada 8-9 April 2015 di Pekanbaru, Riau.

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan,M. Hum menyampaikan kampus akan selalu memberi perhatian khusus terkait kegiatan kemahasiswaan dan memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengikuti berbagai macam perlombaan atau kompetisi baik bidang penalaran maupun minat bakat.

“Kegiatan seperti olimpiade ini sangat penting diikuti oleh mahasiswa sebagai upaya untuk peningkatan mutu akademik dalam kegiatan kemahasiswaan dan untuk mengembangkan softskill mahasiswa,” ucapnya.

Ia berharap dengan seleksi ini selain untuk mencari peserta yang akan mengikuti olimpiade tapi sebagai sarana untuk peningkatan penguasaan dan pengetahuaan mahasiswa di bidang studi masing-masing.

“Untuk ditingkat program studi kedepannya terus melakukan pengkaderan dan pembinaan peserta olimpiade ini sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat mengharumkan nama Universitas Bung Hatta,” imbuh Suparman.

Pada seleksi ini diikuti oleh 30 peserta dari mahasiswa Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi serta dihadiri oleh Kepala Bagian Kemahasiswa Universitas Bung Hatta Marleni, SE, M.Si, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Dra. Rita Desfitri, M.Sc dan Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Dra. Gusmaweti, M.Si. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2016 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.82.99.24