Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

FPIK UBH Selenggarakan Ujian Kompetensi Perikanan dan Kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengelenggarakan Ujian Kompetensi Kelautan dan Perikanan untuk Bidang Pembenihan Ikan dan Bidang Penangkapan Ikan yang diadakan di Ruang Sidang FPIK Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Rabu (22/10/2014). Ir. Yempita Ef....

Mari Ikuti Seminar Mengenai TOEFL

Unit Pelaksana Teknis (UPT)- Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Asing dan Laboratorium Bahasa Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Penerbit Erlangga mengadakan Seminar TOFEL yang bertajuk mengenai How To Be Successful in TOEFL Test. Seminar diperuntukan untuk mahasiswa Universitas Bung Hatta....

Wisuda ke-62, Alumni UBH Harus Siap Hadapi MEA 2015

Sebanyak 657 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Bung Hatta telah melaksanakan pelantikan untuk periode wisuda ke-62 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/10/2014). Lulusan Universitas Bung Hatta pada wisuda ke-62 ini terdiri dari lulusan pr....

Sabtu Esok, 657 Mahasiswa UBH akan Diwisuda, IPK Diatas 3.0 Mencapai 82,2%

Sebanyak 657 mahasiswa Universitas Bung Hatta akan diwisuda pada Sabtu, (18/10/2014) nanti di Gelanggang Olahraga dan Seni Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta. Di ruang kerjanya, Dr. Ir Eko Alvares. Z, MSA, Ketua Pelaksana yang juga Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta menyebutkan, pad....

Sastra Jepang UBH, Kirim 3 Mahasiswa ke Negeri Sakura

Tiga mahasiswa Universitas Bung Hatta segera terbang ke Negri Sakura, yakni Musyrifa Isra, Nikmatul Hikmah dan Ade Eka Surya. Mereka menjadi perwakilan Sumatera Barat diantara 100 mahasiswa se Asia yang mengikuti program yang sama. Ketua Jurusan Sastra Jepang Dr. Diana Kartika, M.Hum menyebutkan,....

DPP Alumni UBH Berikan Pembekalan Calon Wisudawan ke-62

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Alumni Universitas Bung Hatta kembali memberikan pembekalan atau stadium general kepada para calon wisudawan ke-62 Universitas Bung Hatta dengan mengangkat tema menghadapi Tantangan Menghadapi Dunia Kerja Global AFTA 2015. Kegiatan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Ge....

Kamis 21 November 2013 - 07:22:33

Mahasiswa Teknik Mesin UBH Juara II Lomba Desain Cepat dengan Auto CAD
Mahasiswa Teknik Mesin UBH Juara II Lomba Desain Cepat dengan Auto CAD
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta telah berpartisipasi dan berhasil meraih juara dalam Lomba Auto CAD Tingkat Perguruan Tinggi se-Kota Padang yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Politeknik Negeri Padang (PNP) yang bertempat di Labor Komputer Teknik Mesin PNP pada 12 November 2013 lalu.

Murdianto mahasiswa jurusan Teknik Mesin angkatan 2011 tersebut mendapatkan juara II setelah Politeknik Negeri Padang mendapatkan juara I dan diposisi ketiga oleh Universitas Andalas setelah mengalahkan 15 peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi se-Kota Padang.

Deco Agustavio, Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta menjelaskan sistem dalam perlombaan ini para peserta akan diberi satu buah gambar yang dipecah menjadi 10 komponen. Kemudian peserta mendesain ulang dari 10 komponen gambar tersebut hingga menjadi satu bentuk 3D gambar produk atau bangunan sdengan aplikasi Auto CAD.

“Bila menggambar biasa tentunya tidak ada kesulitannya tapi dalam perlombaan ini peserta dituntut lebih sigap dan cepat sebab saat menggambarnya diberi waktu. Siapa yang cepat menyelesaikan 10 komponen gambar tersebut maka akan menjadi juaranya,” ujar Deco.

Ia mengatakan Auto CAD merupakan perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar bentuk baik 2 maupun 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk, keluaran produk Auto CAD. Secara keseluruhan adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. Aplikasi ini banyak digunakan oleh insinyur Teknik Sipil, Teknik Arsistek, Teknik Mesin, Desainer Interior dan bidang lainnya.

“Tidak mudah menggunakan aplikasi ini, kita harus serius dan gigih bila menggunakannya. Deni saja memantapkan ilmu Auto CAD–nya setelah ia berlatih dengan salah satu senior dijurusannya dalam kurun waktu 2 hari,” ujarnya.

“Kita senang salah satu mahasiswa universitas Bung hatta berhasil dalam menang dalam perlombaan ini, kedepannya kita juga akan mengirim dua orang utusan untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional di Bandung,” harap Deko. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 20 November 2013 - 15:20:05

bunghatta.ac.id - Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta mengadakan launching penyediaan beras untuk karyawan dan dosen yang selama ini berasal dari luar kampus. Lounching tersebut dihadiri oleh pimpinan universitas dan kepala biro yang bertempat di Toserba Syariah Mart Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (20/11/2013).

Ir. Eddy Soesilo M.Eng Ketua Umum KKB Universitas Bung Hatta mengatakan koperasi kita tengah berbenah, baik secara fisik maupun rencana kegiatan dalam wakut dekat ini. pengurus sedang merancang kegiatan koperasi yang nantinya dapat dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan di Universitas Bung Hatta tak hanya dosen, karyawan dan mahasiswa bahkan masyarakat sekitar sekalipun.

“Pengurus menyadari masih banyak pembenahan-pembenahan yang harus segera diperbaiki di koprasi kita. Untuk itu sebagai langkah awal dari program koperasi, kita melakukan penyediaan beras bagi karyawan dan dosen Universitas Bung Hatta,” ucap Eddy.

Ia mengatakan launching ini menjadi sejarah baru bagi koperasi. Kedepannya kepengurusan baru koperasi akan berkomitmen untuk menyedikan berbagai kebutuhan rumah tangga, souvenir dan baju-baju berciri khas Universitas Bung Hatta disamping penyediaan foto kopi dan cafe.

“Kita semua harus bersama-sama membangun dan menjaga koperasi ini agar terus berkembang disamping itu juga karyawan koperasi akan terus juga meningkatkan pelayanan kepada konsumen agar terciptanya suasana yang lebih kekeluargaan,” ungakapnya.

Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta, Dra. Susi Herawati, M.Pd dalam kesempatan yang sama menyampaikan pengaliahan penyediaan beras ke koperasi ini menjadi langkah awal untuk mengembangkan kembali koperasi kita.

“Rektor pernah berpesan untuk membangkitkan lagi Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta yang belakangan mengalami kemunduran, dengan adanya pengurus baru ini diharapkan mampu kebutuhan anggota koperasi semuaanya,” ujar Susi.

Nantinya pengurus koperasi akan mengantarkan langsung beras tersebut ke fakultas-fakultas sesuai jadwal yang akan ditentukan. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 19 November 2013 - 10:41:23

bunghatta.ac.id - Melaksanakan tugas kemanusiaan melalui keanggotaan Korps Suka rela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) merupakan ujung tombak dalam menjalankan tujuh prinsip palang merah dan bulang sabit merah internasional yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

Sebagai oraganisasi yang memiliki tanggung jawab dengan dasar kemanusiaan sudah sepatutnya para relawan lebih mawas diri, terutama dalam menyikapi potensi bencana dengan siap-siaga, tanggap dan profesional di lapangan.

Untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman relawan tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa KSR-PMI Proklamator Universitras Bung Hatta mengirim dua utusan anggotanya yaitu Hendra Rukmana dan Riki Hardianto untuk mengikuti kegiatan Gladian Relawan V KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang dilaksnakan di Kampus Universitas Malikkussaleh, Aceh pada 18-24 Novembar 2013.

Kegiatan yang bertemakan mewujudkan relawan mud yang tanggap, pengalaman dan profesional dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip dasr gerakan palang merah ini menitik beratkan pada materi yang berkenaan dengan manajemen bencana serta SAR Darat (rimba) dengan lokasi simulasi di Hutan Desa Krueng Tuan, Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara.

Eggi Putra murdi, Komandan KSR-PMI Proklamator mengatakan kegiatan ini penting untuk diikuti oleh anggota KSR-PMI Proklamator karena dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam penanggulangan bencana dan tanggap darurat bencana serta upaya pengurangan resiko yang bersinkronisasi dengan SAR Darat.

"Acara ini bagus diikuti bagi relawan KSR-PMI agar kader-kader relawan ini mampu menggerakan masyarakat biar lebih siap dan siaga menghadapi kemungkinan bencana. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membentuk rasa persatuan kesatuan serta untuk menjalin silaturahmi KSR Se-Indonesia," ucapnya.

Kegiatan Gladian relawan ini terdiri dari materi seminar mengenai mewujudkan kader muda kemanusiaan yang memahami esensi kepluraran NKRI dari Ketua Palang Merah Pusat, Jusuf Kalla dan materi manajemn konflik sebagai bentuk prefentif konflik horisontal dan vertikal daerah dalam lingkup NKRI yang disampaikan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Farhan Hamid.

Selain itu para relawan yang berasal dari 101 perguaruan tinggi di Indonesia ini tidak hanya belajar teori kepalangmerahan dan SAR darat saja, tapi akan ada simulasi juga. Kemudian terjun dalam kegiatan kemanusiaan seperti donor darah, bakti sosial hingga kunjungan ke tempat-tempat wisata di akhir kegiatan ini. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 16 November 2013 - 18:15:28

Wisuda ke-60 UBH Lulusan 512 Wisudawan
Wisuda ke-60 UBH Lulusan 512 Wisudawan
bunghatta.ac.id - Berbeda dengan wisuda tahun sebelumnya yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, pada tahun 2013 ini, Unversitas Bung Hatta menggelar Wisuda ke-60 yang merupakan pelaksanaan yang ketiga dengan meluluskan 512 orang wisudawan yang terdiri dari 57 Program Pascasarjana dan 445 Program Sarjana dan 10 Program Diploma III di Gor Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (16/11/2013).

Pada wisuda ke-60 ini, Leni Oktavia menjadi wisudawan terbaik dari program Magister Manajemen dengan IPK 3,89 yudisium dengan pujian dan dari program Sarjana (S1) adalah Fitri Pratami dari Fakultas Hukum dengan Ipk 3,78 yudisium dengan pujian.

Dalam sambutannya Rektor Unversitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, S.E., Akt. MBA menyampaikanada atas nama seluruh sivitas akademika Universitas Bung Hatta mengucapkan selamat kepada para wisudwan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Universitas Bung Hatta.

“Wisudawan hari ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Universitas Bung Hatta kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama Universitas Bung Hatta,” ujar Niki.

Niki mengatakan Universitas Bung Hatta saat ini menggagas Forum Akademis Samudera Hindia. Dalam waktu dekat ini, dalam menyambut 33 tahun ulang tahun Universitas Bung Hatta, program Pascasarjana akan mengadakan seminar penanggulangan bencana sekaligus simulasinya.

Kemudian Fakutas Teknik Sipil dan Perencanaan akan melaksanakan conference internasional yang melibatkan beberapa negara. Untuk Fakultas Teknologi Indutri ditunjuk untuk pengembangan energi alternatif. Sedangkan Fakultas Ekonomi akan dikembangkan menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Fakultas Hukum bulan ini akan mengadakan Forum Diskusi Dekan Se-Indonesia.

Sementara, Dr. Hasnul Fikri, M.Pd, Sekertaris Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta mengungkapkan hari ini merupakan hari yang membahagiakan dan membanggakan, Saudara-saudara sudah berhasil menyelesaikan satu tahapan lagi dalam pendidikan formal.

“Jika saudara dapat menerapkan ilmu dan keterampilan yang diwarnai dengan karakter positif di tenagh-tengah masyarakat, akan menjadi alasan bagi masyarakat untuk mempercayakan Universitas Bung Hatta sebagai wadah pembentukan generasi mudanya,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan alumni Universitas Bung Hatta hendaknya memberi warna dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. “Kita amat beruntung karena mempunya role-model dalam aspek karakter, yaitu Bung Hatta yang berdisiplin, jujur, santun, dan hemat, dilandasi ketakwaan kepada Allah SWT,” tambahnya.

Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Dr. Damsar mengucapkan selamat kepada wisudawan. Selain itu juga Universitas Bung Hatta hampir sebagian besar memiliki Akreditasi B, yang menandakan Kampus Proklamator ini masih yang terbaik se-Kopertis X.

“Suatu univesitas dilihat dari dua hal, yang pertama pesona fisik bangunan, seperti yang kita ketahui Universitas Bung Hatta sedang mengembangkan kampus barunya di Air Pacah dengan bangunan yang megah. Kedua, harmonisasi antara pihak kampus dengan yayasan. Hal ini terbukti di Universitas Bung Hatta,” ujarnya.

Damsar berpesan untuk para wisudawan Universitas Bung Hatta jangan pernah lupa bahwa kita bisa seperti ini berkat dorongan orangtua baik secara emosional, finansial, dan dukungan yag tidak bisa diungkapkan lagi. “Selain itu juga, para wisudawan harus memilik karakter seperti Bung Hatta yang jujur sederhana, kemudian memiliki peranan di masyarakat sesuai kompetensi lulusan,” ucapnya.

Setiap pelaksanaan wisuda di UBH selalu ada pembacaan mahasisawa berprestasi tingkat universitas dan fakultas. Kemudaian penerimaan piagam aktivis. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 16 November 2013 - 16:48:32

Miske, Satpam UBH Sukses Jadi Sarjana Dengan IPK 3.86
Miske, Satpam UBH Sukses Jadi Sarjana Dengan IPK 3.86
bunghatta.ac.id - Tekat bulatnya untuk bisa menjadi sarjana di Universitas Bung Hatta, membuatnya rela menjadi satpam kampus. Akhirnya, Sabtu, 16/11 di Gelanggang Seni dan Olah Raga Kampus II Proklamator, Jl.ByPass Aia Pacah, Miske Merita, di lantik menjadi Sarjana Fakultas Hukum oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE,AKt,MBA pada wisuda UBH periode ke-60. Tidak hanya itu, ia di wisuda dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 3.86 dengan skor TOEFL 616. Sebuah skor Toefl yang luar biasa.

Miske, sejak SMA memendam impian untuk menjadi seorang Polwan, bahkan sudah sampai tiga kali mengikuti tes masuk polwan, namun impiannya belum tercapai dan terobati dengan di terimanya sebagai anggota Satuan Pengaman Kampus di Universitas Bung Hatta.

Namun, perjalanan yang ditempuh Miske untuk menjadi mahasiswa di kampus cukup unik, yaitu diawali dengan menjadi petugas keamanan.

Begitu lulus dan di terima sebagai anggota Satpam di UBH, 3 bulan pertama Miske di tempatkan di TK/SD Alzhar Yayasan Pendidikan Bung Hatta, kemudian di rotasi ke kampus I Ulak Karang.

Namun, perjalanan yang ditempuh Miske untuk menjadi mahasiswa di kampus cukup unik, yaitu diawali dengan menjadi petugas keamanan.

"Saat itu saya berpikir, jika saya gagal menjadi Polwan, mungkin bisa melanjutkan pendidikan sarjana hukum, saya ingin meraih kesempatan untuk melangkah menjadi sarjana pada suatu hari, setiap hari saya berkeliling kampus dan melihat betapa senangnya menjadi seorang mahasiswa di kampus yang indah”, ucap Miske.

Impian gadis kelahiran 1982 itupun terwujud, ia mencoba membicarakannya keinginannya untuk kuliah pada pimpinan kampus, namun tahap pertama belum di izinkan karena ia masih dalam masa percobaan sebagai Satuan Pengaman di Kampus, dan disarankan untuk menundanya tahun depan.

Sebagai anggota Satpam kampus, kesempatan untuk kuliah terbuka, seiring dibukanya kelas mandiri di Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, sejak itu Miske terdaftar sebagai salah satu mahasiswa di Fakultas Hukum UBH setelah melewati ujian dan memenuhi segala persyaratan untuk menjadi seorang mahasiswa.

Ketika kebanyakan orang meninggalkan universitas dengan gelar, gadis lulusan SMA Kartika Padang itu melakukan lebih dari itu. Dia membiayai kuliahnya sendiri, karena ia telah lama di tinggalkan orang tua laki-lakinya, dan ibunya pun hanya seorang ibu rumah tangga. Ia pun bertekat untuk bisa kuliah dengan biaya sendiri.

Dibawah bimbingan Zarfinal SH,M.Hum dan Suamperi,SH.M.Hum, Miske berhasil menyelesaikan skripsinya tentang Hak Intelektual Merek Dagang Pelaku Usaha di Kota Padang.

Skripsinya berisi tentang ketidak tahuan pelaku-pelaku usaha di Kota Padang dengan Hak Intelektual sebuah merek dagang, ia mengambil sampel tentang “keripik balado”. Dalam mengejar kesuksesan dan menyelesaikan skripsinya, dia pantang menyerah dan berhasil meyakinkan pembimbing serta tim penguji saat sidang kompre.

Dikalangan mahasiswa yang mengenalnya maupun di lingkungan UBH, Miske yang sehari hari berjilbab itu di kenal sebagai anggota Satpam cantik, dan murah senyum.

"Pekerjaan sebagai satpam mungkin sebagian orang menganggap sebuah pekerjaan yang rendah. Tetapi untuk mengejar mimpi saya, saya melakukan sesuatu yang tidak akan dilakukan orang lain dengan mengambil jalan tersebut. Saya mengambil kesempatan dan akhirnya berhasil," ujarnya.

Dia berterima kasih kepada segenap pimpinan Universitas dan teman-temannya sesama anggota Satpam maupun teman kuliahnya atas dorongan dan dukungan mereka. Menurut Miske, tanpa mereka, dia tidak akan dapat menyelesaikan kuliahnya.

"Teman-teman sesame anggota pengaman kampus, memberikan kesempatan pada saya untuk kuliah, jika saat kuliah sedang giliran piket, mereka bersedia untuk ganti jadwal, saya menghargai mereka” papar Miske yang mengaku semakin menjadi percaya diri selama selama mengikuti perkuliahan sambil bekerja di Universitas Bung Hatta.

Dia sekarang sudah berhak menyandang gelar seorang Sarjana Hukum, begitu jambul toga telah di pindahkan Rektor dan Ijazah Sarjana Hukum telah di kantonginya usai diserahkan oleh Dekan Fakultas Hukum, dalam prosesi wisuda Universitas Bung Hatta periode ke-60.(**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 15 November 2013 - 11:54:46

UBH Berduka, Hj. Hasranita, SH. M.Hum, Dosen Fak.Hukum UBH Meninggal Dunia
UBH Berduka, Hj. Hasranita, SH. M.Hum, Dosen Fak.Hukum UBH Meninggal Dunia
bunghatta.ac.id - Kabar duka kembali menyelimuti Keluarga Besar Universitas Bung Hatta dengan telah berpulangnya kerahmatuallah Hj. Hasranita, SH. M.Hum dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta yang menghembuskan nafas terakhirnya Kamis tanggal 14 November 2013 kemarin di RS Gatot Soebroto Jakarta.

Sebelum dimakamkan ke kampung halamannya di Petok Pasaman, jenazah dilepas secara resmi di depan Gedung Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (15/11/2013).

Pelepasan jenasah ini dihadiri oleh ratusan pelayat yang terdiri dari Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta beserta jajarannya, pimpinan universitas dan Fakultas, dosen, karyawan hingga mahasiswa.

Atas nama Keluarga Besar Universitas Bung Hatta, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya, semoga segala pengabdiannya selama di kampus dapat memberikan manfaat banyak bagi institusi ditempat ia mengabdi maupun bagi masyarakat sekitar.

“Semoga segala amal ibadah beliau di terima di sisi-Nya dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran,” ucap Niki.

Selama mengabdi di Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta banyak karya dan sumbangsihnya yang telah diberikan seperti penggagas Laboratorium Hukum dan kelas mandiri Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Penyelenggara Pendidikan Khusus Profesi Advoka (PKPA).

Ia menamatkan pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta pada tahun 1991 dan program pascasarjana di Universitas Gajah Mada Yogyakarta tahun 1996. Menjadi dosen tetap Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta sejak 1996, pernah menjabat sebagai sekretaris laobratorium hukum Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta tahun 2000-2003.

Kemudian pernah menjadi sekretaris bagian Hukum Keperdataan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta tahun 2003-2006, anggota senat Fakultas Hukum (ex officio) tahun 2007. Selain sebagai dosen, almarhumah juga menjabat sebagai anggota DPRD Sumatra Barat tahun 2009-2014.

Almarhumah wafat di usia ke 47 tahun, dua hari setelah ia merayakan ulang tahunnya pada tanggal 12 November 2013 dan meninggalkan tiga orang putra yaitu Kevin Aditya da Lopez, Irvan Fernando da Lovez, Ragil Yudhistira da Lopez. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 15 November 2013 - 08:49:59

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali akan mewisuda sebanyak 512 lulusan yang merupakan wisudawan dan wisudawati pada gelombang II Tahun 2013 di Gelanggang Seni dan Olah Raga, Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jl.ByPass Aia Pacah, Sabtu (16/11).

Para lulusan Universitas Bung Hatta yang di wisuda tersebut terdiri dari lulusan program Pascasarjana 57 Orang, Sarjana 445 orang dan diploma III Teknik Ekonomi Konstruksi 10 orang yang berasal dari 7 fakultas yang ada di Universitas Bung Hatta.

Rektor UBH Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE,AKt,MBA menyebutkan, semua lulusan yang akan di wisuda tersebut dibekali dengan sertifikat toefl, dengan skor TOEFL miminal 400.

“Skor TOEFL minimal 400 tersebut, adalah peraturan akademik, dan merupakan salah syarat untuk bisa di wisuda” tegas Niki.

Disebutkan Niki, bahwa untuk mencapai skor TOEFL sesuai dengan yang disyaratkan tersebut, terlebih dahulu diadakan preparation TOEFL di Unit Pendidikan Bahasa Asing Universitas Bung Hatta dan ujian yang dilaksanakan bulan Oktober lulus semuanya dan berhak untuk di wisuda pada periode ke-60.

“Kita menyadari bahwa memperoleh lapangan kerja dewasa ini tidaklah mudah. Tak terkecuali bagi tenaga kerja terdidik lulusan perguruan tinggi,” ujarnya.

Niki berpesan para lulusan Universitas Bung Hatta harus juga memiliki keterampilan tambahan seperti bidang Teknologi Informasi, Bahasa Inggris, jiwa kewirausahaan, maka hal ini bukan merupakan suatu kendala dalam berkompetisi di dunia kerja.

“Jika jeli, pasti ada peluang kerja di tengah masyarakat yang bisa diraih, baik dalam lingkungan regional, nasional, maupun internasional,” imbuhnya.(*Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 14 November 2013 - 19:20:21

Kabar Duka, Innalillahi wainna ilaihi rojiun
Kabar Duka, Innalillahi wainna ilaihi rojiun
bunghatta.ac.id - Innalillahi wainna ilaihi rojiun, telah wafat , Ibu dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta yaitu HASRANITA yang juga Alumni Universitas Bung Hatta angkatan 84, Kamis (14/11/2013) sore ini pukul 16.30 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Almarhum akan dibawa ke Padang untuk dimakamkan besok di Pasaman, seluruh alumni Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta turut berduka cita. Semoga amal ibadah beliau di terima di sisi yang maha kuasa dan mohon maaf segala kesalahan yang tak di sengaja.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 14 November 2013 - 07:32:48

bunghatta.ac.id - Empat orang dosen tetap program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta, yaitu Dra. Rita Desfitri, M.Sc., Dra. Susi Herawati, M.Pd., Drs. Khairudin, M.Si., dan Drs. Fazri Zuzano, M.Si mengikuti konferensi internasional CoSMEd (Conference on Science and Mathematics Education) yang diselenggarakan di SEAMEO RECSAM (Southeast Asian Ministers of Education Organisation - Regional Centre for Education in Science and Mathematics), di Penang, Malaysia.

Konferensi yang bertemakan Empowering the Future Generation through Science and Mathematics Education, bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi mendatang melalui pendidikan Sains dan Matematika.

Para pendidik sains dan matematika perlu untuk terus meningkatkan kualitas diri dan pembelajarannya, serta memanfaatkan forum-forum ilmiah untuk saling berbagi informasi dan mendiskusikan inovasi-inovasi baru untuk perbaikan pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan setiap dua tahun sekali, difasilitasi oleh SEAMEO - RECSAM, dan dilaksanakan dari tanggal 11 - 14 November 2013. Berbagai kegiatan seperti paper presentation, poster, workshop, dan education tour melengkapi acara CoSMEd ke lima ini.

Dalam konferensi ini, tim dosen PMAT Universitas Bung Hatta mempresentasikan dua buah paper hasil penelitian. Paper pertama bertema 'assessment' yang berjudul "Students' difficulties and Cognitive Development Level of Differentiation through Graphs Activities at First Year Calculus", sedangkan paper yang kedua bertema 'Professional Learning Communities' yang berjudul "In Service Teachers' Performance in Introducing Elementary Algebra on Peer Teaching".

Acara ini diikuti oleh lebih dari 350 peserta lebih 20 negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, Afrika Selatan, Jepang, dan lain-lain. Ada 215 makalah yang dipresentasikan dengan 5 sub tema: Assessment, informal learning, technology, professional learning community, dan curriculum. dan 8 jenis workshop yang diberikan.**(Rita-s)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 13 November 2013 - 07:55:54

bunghatta.ac.id - Matematika adalah sumber dari segala ilmu pengetahuan, matematika sangat berperan dalam kemajuan ilmu pengetahuna dan teknologi. Matematika memeberikan kemampuan untuk berfikti logis dan pemecahan masalah. Jika semua ilmu pengetahuan itu diibaratkan sebagai pohon maka ilmu matematika adalah akarnya.

Untuk meningkatkan dan menciptakan teknologi di massa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Sehingga mata pelajaran matematika perlu diberikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Namun di zaman yang semakin canggih ini justru banyak siswa yang kurang menyukai matematika karena merasa kesulit dan tidambah lagi dengan banyakanya rumus yang digunakan dalam mata pelajaran tersebut.

Untuk menguji pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika maka Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Kegurusan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Lomba Matematika Tingkat SMP/MTs se-Kota Padang.

Kegitan lomba matematika ini mengangkat tema The Special One of Math yang akan dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada tanggal 23 November 2013.

Menurut Ketua Pelaksana Rika Sri Wahyuni, perlombaan ini kita gelar untuk menguji pemahamaan dan kemampuan siswa tingkat SMP/MTs se-Kota Padang dan mencari satu orang peserta terbaik yang akan menyandang gelar The Special One of Math dalam perlombaan ini.

“Padahal bila kita mempelajari dan memahami mata pelajaran matematika dengan serius maka akan terlihat kemudahaan dan keasikan didalam setiap materinya. Karena dalam pelajaran matematika yang diperlukan bukan hafalan rumus melainkan pemahaman dari setiap rumus yang ada.," ujarnya.

Ia mengatakan dengan mempelajari dan memahami mata pelajaran matematika maka akan banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Terutama pada zaman yang samakin canggih dan bersaing saat ini. Setelah mempelajari dan memahami mata pelajaran matematika tentunya kita bisa saja mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.

“Para peserta yang mengikuti perlombaan ini dapat menambah wawasannya di bidang matematika selain itu juga dapat menambah pengetahuan mengenai perguruan tinggi terutama Universitas Bung Hatta melalui acara ini,” jelasnya.

Nantinya dalam perlombaan ini terdiri dari 3 babak. Untuk babak pertama yaitu penyisisan para peserta mengikuti tes tertulis dan akan dipilih 5 terbaik tiap kelasnya. Kemudian babak kedua yaitu semi final, peserta akan di kumpulkan dalam satu tempat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Peserta yang salah menjawab pertanyaan maka dinyatakan gugur hingga menyisakan 3 peserta yang mampu bertahan.

Di babak terakhir, peserta akan bertarung di babak final untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara berpacu menjawab pertanyaan yang diberikan juri. Peserta yang mengumpulkan poin tertinggi akan meraih juara 1 sekaligus menyandang gelar The Special One of Math.

Pemenang dalam perlombaan matematika ini akan mendapatkan piagam uang tunai, tropi dan mendali untuk juara I, II dan III. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.198.42.105