Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Rektor ITM dan ITP Kunjungi Universitas Bung Hatta

Institut Teknologi Medan dan Institut Teknologi Padang mengadakan kunjungan sekaligus silaturahmi ke Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I universitas Bung Hatta, Kamis (05/03/2015). Rektor Universisitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, ....

Tarian Bhangra India Goyang Universitas Bung Hatta

Sebanyak 11 penari asal India menampilkan tarian Bhangra Festival of India di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (05/03/2015). Kegiatan yang prakarsai oleh Kedutaan Besar India melalui Konsulat Jenderal India untuk Sumatera di Medan ini akan diadakan ....

Dubes India Gurjit Singh: Indonesia Adalah Sahabat Terbaik India

Indonesia dan India memiliki perjalan sejarah yang panjang dan kebudayaan yang hampir sama, terutama saat memperoleh kemerdekaan. Begitu juga dengan sosok Bung Hatta memiliki tempat tersendiri bagi negara India. Demikian disampaikan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Tuan Gurjit Si....

Esok, Penari Asal India Akan Tampil di Universitas Bung Hatta

Puluhan penari asal India akan datang ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan pertujukan seni dan kebudayaan dalam rangkaian acara yang bertajuk Festival of India di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 05 Maret 2015 pukul 09.00 WIB esok. Kegiatan yang ....

Seminar Kampus Siaga Bencana Awali Kegiatan Pelatihan SAR Nasional KSR-PMI Proklamator UBH

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan M.Hum membuka secara resmi mengadakan kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama dan Penyelamatan di Air Nasional I KSR PMI Unit Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universita....

Alumni Teknik Industri UBH Akan Gelar Reunian dan Mubes

Ikatan alumni bukanlah sesuatu yang baru untuk dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Keberadaannya telah mewarnai dan menorehkan jejak dalam penyelenggaraan pendidikan. Bagi sebuah perguruan tinggi, ikatan alumni menjadi bagian penting dalam pengelolaan pendidikan dan harus memperoleh perhati....

Selasa 16 September 2014 - 14:15:24

Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
bunghatta.ac.id - Kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 20 September 2014 nanti di Universitas Bung Hatta, rencananya akan akan dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan DAMANDIRI Prof. Dr. Haryono Suyono.

Hal itu disampaikan ketua Pelaksana Indra Khaidir, ST, MT saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota Padang dalam hal ini bersama Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si di rumah dinasnya, Senin (15/9/14) perihal pelaksanaan rakor tersebut di UBH.

"Pertemuan tersebut juga diikuti oleh Rektor Universitas Taman Siswa dan Korwil Posdaya Sumbar dan beberapa orang staf," ungkapnya.

Dengan seksama Indra Khaidir menjelaskan tentang Posdaya yang mungkin selama ini belum banyak yang memahami apa itu Posdaya termasuk Wawako dan jajarannya.

"Jika kegiatan ini terlaksana dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan akan tercatat salah satu rekor terbesar Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya, karena akan mengundang sekitar 108 Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dan Pimpinan daerah se-Sumatera Barat” imbuh Indra".

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Universitas Bung Hatta dan Korwil Posdaya Sumbar yang telah menggagas kegiatan ini. Kami sendiri belum tentu bisa bertemu dan berbincang bahkan menghadirkan Bapak Haryono Suyono ke Padang ini.

"Seharusnya kami dari pemerintah kota yang datang ke Universitas Bung Hatta, tetapi malah kami yang dikunjungi. Tentunya dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk mendukung program pemerintah Kota Padang, imbuhnya. (*Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 3 Agustus 2014
Daftar Ulang: 4 - 16 Agustus 2014


Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 05 Maret 2015 - 15:41:59

Rektor ITM dan ITP Kunjungi Universitas Bung Hatta
Rektor ITM dan ITP Kunjungi Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Institut Teknologi Medan dan Institut Teknologi Padang mengadakan kunjungan sekaligus silaturahmi ke Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I universitas Bung Hatta, Kamis (05/03/2015).

Rektor Universisitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA bersama Wakil Rektor I Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA, Wakil Rektor III Drs. Suparman Khan, M.Hum serta Dekan Fakultas Teknologi Industri Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc menyambut tamu yang merupakan pimpinan perguruan tinggi tersebut.

Dari Institut Teknologi Padang yang hadir yaitu Rektor Ir. Hendri Nofrianto, MT, Wakil Rektor I Ir. Drs. H. Anrinal, S.E.,M.T, Wakil Rektor II Ade Indra, ST, MT, Wakil Rektor III Agus, M.Sc dan salah satu dosen Dr. Ir. M. Yahya M.Sc.Eng .

Sedangkan dari Institut Teknologi Medan yang hadir yaitu Rektor Prof.Dr. Ilmi Abdullah. M.Sc, Wakil Rektor I Dr. Supriyatno, ST,MT, salah satu dosen Dr. Hamzah dan turut hadir juga Dewan Pembina Yayasan Dwi Warna Drs.Cemerlang.


Dalam pertemuan tersebut mendiskusikan mengenai proses pengembangan akademik dalam suatu perguruan tinggi terutama menyangkut bidang teknologi dan sebagai langkah untuk penjajakan kerjasama antar ketiga perguruan tinggi ini. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 05 Maret 2015 - 15:07:53

Tarian Bhangra India Goyang Universitas Bung Hatta
Tarian Bhangra India Goyang Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Sebanyak 11 penari asal India menampilkan tarian Bhangra Festival of India di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (05/03/2015).

Kegiatan yang prakarsai oleh Kedutaan Besar India melalui Konsulat Jenderal India untuk Sumatera di Medan ini akan diadakan juga tour di beberapa kota besar lainnya di Indonesia pada bulan Januari hingga Mei 2015. Salah satunya di Kota Padang tepatnya di Universitas Bung Hatta dan Universitas Andalas.

Bhangra merupakan beberapa jenis tarian yang berasal dari daerah Punjab dari daerah bagian India. Tarian rakyat Bhangra dibangun dari terlahirnya kembali perpaduan musik dari dhol, chimta, algoza, dan nyanyian tradisional. Iringan lagu berasal dari beberapa bait dalam bahasa Punjabi yang disebut bolis.

Para lelaki tradisional mengenakan chaadra dalam tarian Bhangra. Chaadra adalah sebuah kain yang dipakai melingkar di sekitar pinggang. Mereka juga mengenakan kurtas, celana kain panjang. Sebagai tambahan, lelaki juga menggunakan pagris (turbans) untuk menutupi kepala mereka. Syair Boli biasanya mengacu kepada isu sosial atau budaya. Para penari menyanyi bersama sambil menari di sekitar drum atau dhol, yang membuat irama yang unik.

Lagu rakyat Punjabi dihubungkan dengan kehidupan dan budaya tradisional. Bertemakan sesuai dengan lagunya, menampilkan romansa seperti Jugni, Mahia, Tappe, Jindua, Dhola. Banyak pula diantaranya lagu-lagu kepahlawanan dan religi juga dinyanyikan.

Sivitas akademika Universitas Bung Hatta begitu antusias dan memadati ruangan yang ditampilkan oleh 11 pria yang menari dan menyanyi sembari memainkan alat musik layaknya pertunjukan di sinetron dan film. Bahkan empat orang mahasiswa begitu semangatnya naik ke atas pentas ikut bernari.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Konsulat Jendral India untuk Sumatra, Pimpinan universitas, dekanat dan mahasiswa Universitas Bung Hatta serta pelajar dan masyarakat lainnya. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 05 Maret 2015 - 14:59:20

Dubes India Gurjit Singh: Indonesia Adalah Sahabat Terbaik India
Dubes India Gurjit Singh: Indonesia Adalah Sahabat Terbaik India
bunghatta.ac.id - Indonesia dan India memiliki perjalan sejarah yang panjang dan kebudayaan yang hampir sama, terutama saat memperoleh kemerdekaan. Begitu juga dengan sosok Bung Hatta memiliki tempat tersendiri bagi negara India.

Demikian disampaikan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Tuan Gurjit Singh saat datang ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan pertujukan seni dan kebudayaan yang bertajuk Festival of India di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (05/03/2015).

Tuan Gurjit Singh mengungkapkan rasa bangga dapat mengunjungi Kampus Universitas Bung Hatta dalam rangka memperkenalkan kebudayaan India pada masyarakat. Saat ini untuk mendapatkan informasi sangat mudah, dengan akses internet kita dapat mengetahui India.

“Kami sengaja datang langsung ke Indonseia untuk mempererat hubungan harmosnis Indonesia dan India yang telah terjalin selama berabad-abad yang kami sebut dengan Sahabat India. Dimana India merupakan sahabat terbaik India,” jelasnya

Ia menambahkan dengan pertunjukan yang ditampilkan ini dapat memberikan hiburan kepada segenap sivitas akademika Universitas Bung Hatta dan masyarakat Kota Padang secara umumnya.

“Kami mengundang sivitas akademika Universitas Bung Hatta untuk dapat datang ke India dan melalui akun Facebook Kedutaan Besar India dapat dilihat berbagai peluang informasi beasiswa dari negara India,” ujarnya.

Kegiatan yang prakarsai oleh Kedutaan Besar India melalui Konsulat Jenderal India untuk Sumatera di Medan ini akan diadakan juga tour di beberapa kota besar lainnya di Indonesia pada bulan Januari hingga Mei 2015.

Sementara itu Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA menyampaikan terima kasih atas kedatangan Kedutaan Besar India dan Konsulat Jendral India untuk Sumatra yang telah datang untuk berbagi kebersamaan ke Universitas Bung Hatta melalui pertunjukan seni dan kebudayaan.

“Semoga pertunjukan ini dapat memberikan menginsiprasi dan memberi motivasi bagi generasi muda dalam menjalin persahabatan antar negara,” sebutnya.

Dalam acara Festival of India “Sahabat India” tersebut menampilkan pertunjukan seni tari Bhangra yang merupakan bentuk lagu dan tari yang berasal dari daerah Punjab, India dan ada juga pertunjukan tarian Pasambahan dan tarian Rantak dari Minangkabau.

Sivitas akademika Universitas Bung Hatta begitu antusias dan memadati ruangan yang ditampilkan oleh 11 pria yang menari dan menyanyi sembari memainkan alat musik layaknya pertunjukan di sinetron dan film. Bahkan empat orang mahasiswa begitu semangatnya naik ke atas pentas ikut bernari.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Konsulat Jendral India untuk Sumatra, Pimpinan universitas, dekanat dan mahasiswa Universitas Bung Hatta serta pelajar dan masyarakat lainnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 04 Maret 2015 - 11:28:59

Esok, Penari Asal India Akan Tampil di Universitas Bung Hatta
Esok, Penari Asal India Akan Tampil di Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Puluhan penari asal India akan datang ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan pertujukan seni dan kebudayaan dalam rangkaian acara yang bertajuk Festival of India di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 05 Maret 2015 pukul 09.00 WIB esok.

Kegiatan yang prakarsai oleh Kedutaan Besar India melalui Konsulat Jenderal India untuk Sumatera di Medan ini akan diadakan juga tour di beberapa kota besar lainnya di Indonesia pada bulan Januari hingga Mei 2015.

Dra. Puspawati, MS. Ketua Pelaksana menyampikan kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkenalkan kebudayaan India pada masyarakat dan untuk meningkatkan hubungan sosial kebudayaan antara india dan Indonesia.

“Selain itu, pertunjukan tari ini sekaligus untuk memberikan hiburan kepada segenap sivitas akademika Universitas Bung Hatta dan masyarakat Kota Padang secara umumnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan sehubungan dengan adanya kerjasama Universitas Bung Hatta dengan Konsulat Jenderal India untuk Sumatera pada tanggal 14 Maret 2013 lalu, Konsulat Jenderal India berkeinginan untuk melaksanakannya di Universitas Bung Hatta dengan harapan acara ini dapat dinikmati oleh segenap sivitas akademika Universitas Bung Hatta dan masyarakat Padang secara umum.

“Dalam acara Festival of India tersebut, salah satu acara yang diagendakan adalah pertunjukan seni tari Bhangra yang merupakan bentuk lagu dan tari yang berasal dari daerah Punjab, India dan ada juga pertunjukan tarian dari Minangkabau,” imbuhnya.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dengan mengundang beberapa Perguruan Tinggi serta Instansi Pemerintah terkait di kota Padang. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 03 Maret 2015 - 15:31:39

Seminar Kampus Siaga Bencana Awali Kegiatan Pelatihan SAR Nasional KSR-PMI Proklamator UBH
Seminar Kampus Siaga Bencana Awali Kegiatan Pelatihan SAR Nasional KSR-PMI Proklamator UBH
bunghatta.ac.id - Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan M.Hum membuka secara resmi mengadakan kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama dan Penyelamatan di Air Nasional I KSR PMI Unit Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta di Aula Balirung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (03/03/2015).

Kegiatan yang mengangkat tema Mahirkan Diri Untuk Kemanusiaan ini berlangsung yang dibuka dari 03-10 Maret 2015 mendatang yang diikuti oleh 20 peserta dari Unit KSR Perguruan tinggi se-Indonesia.

Ketua Pelaksana Riki Hardianto mengatakan kegatan pelatihan ini dibuka dengan acara seminar nasional yang bertema kampus siaga bencana, sebab sebagai seorang relawan sangat dibutuhkan usaha, upaya, serta keterampilan yang memadai untuk menjadi pedoman bagi masyarakat apabila suatu saat di daerah sekitar dilanda bencana.

“Kegiatan ini akan mengundang seluruh KSR PMI Unit Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dan rangkaian dari kegiatan ini berupa Seminar Nasional Kampus Siaga Bencana, Pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana, Radio Komunikasi, Pertolongan Pertama Dan Materi Water Recue, bakti sosial hingga field strip ke beberapa daerah di Sumatra Barat,” jelasnya.

Komandan KSR PMI Proklamator Niko Kasinda menyampaikan melalui ini kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi peserta serta dapat mengaplikasikannya di daerahnya masing-masing.

“Para sukarelawan dapat membantu PMI dan pemerintah dalam usaha untuk memberikan keterampilan dalam bidang manajemen penanggulangan bencana di air serta dalam bidang penyelamatan dan pertolongan pertamanya pada korban,” ungkapnya.

“Selain itu kegiatan ini juga untuk membantu mewujudkan insan kampus yang cerdas, kompetitif, dan inovatif dalam penanganan bencana di air,” tambahnya

Sementara itu, H. Hain Zain, SH, salah satu pengurus PMI Sumbar menyampaikan rasa bangganya kepada KSR-PMI Proklamator Universitas bung Hatta sebab mempunyai gagasan dan niat untuk melaksanakan kegiatan pelatihan yang sangat penting ini.

“Tak hanya itu Kampus Universitas Bnug Hatta juga sebagai kampus percontohan untuk kampus siaga bencana sehingga perlu dilakukan kegiatan dan langkah lanjutan terkait itu. Kedepannya juga perlu ada banyak lagi perguruan tinggi yang dijadikan kampus siaga bencana terutama yang didaerahnya yang rawan bencana,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan M.Hum menyampaikan perlu ada format contoh-contoh kegiatan penanggulangan bencana bila terjadi bencana. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi peserta serutama dalam proses penanggulangan bencana yang terjadi di lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi seminar kampus siaga bencan yang menghadirkan 3 pemateri yaitu Drs. H. Dedi Henidal, MM dari BPBD dan DAMKAR Kota Padang mengenai peranaan pemerintah Kota Padang dalam menanggapi bencana serta persiapan yang telah dilakukan pemerintah Kota Padang dalam menghadapi bencana.

Kemudian Hidayatul Irwan dari PMI Sumbar mengenai peranan Palang Merah Indonesia dalam menanggapi bencana serta serta persiapan yang telah dilakukan Palang Merah Indonesia dalam menghadapi bencana. Serta Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA, Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta mengenai mitigasi dan pengurangan resiko bencana di Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta.

Kegiatan ini dihadir oleh Kepala BPBD Sumbar, Perwakilan BPBD Kota Padang, Pengurus PMI Sumbar, Pengurus PMI Kota Padang dan kelembagaan mahasiswa di lingkungan Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 03 Maret 2015 - 14:12:14

Alumni Teknik Industri UBH Akan Gelar Reunian dan Mubes
Alumni Teknik Industri UBH Akan Gelar Reunian dan Mubes
bunghatta.ac.id - Ikatan alumni bukanlah sesuatu yang baru untuk dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Keberadaannya telah mewarnai dan menorehkan jejak dalam penyelenggaraan pendidikan. Bagi sebuah perguruan tinggi, ikatan alumni menjadi bagian penting dalam pengelolaan pendidikan dan harus memperoleh perhatian yang serius.

Melihat hal tersebut alumni jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Musyawarah Besar (MUBES) dan Reuni Akbar Alumni Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ball Room Nike Mercure Hotel Padang pada 07 Maret 2015 medatang.

Kegiatan yang mengangkat tema Wujudkan Komitmen dan Kontribusi Alumni untuk Menciptakan Nilai Tambah Membangun Almamater melalui 1 Kata, 1 Hati dan 1 Semangat ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi revitalisasi dan reformasi peran organisasi alumni.

Ketua Pelaksana, Yusrizal Bakar, S.T, M.T., mengatakan kegiatan yang pertama kali diadakan ini dengan harapan dapat terbentuknya organisiasi Ikatan Alumni Teknik Industri yang dilengkapi dengan seluruh perangkat dan atribut pengelolaannya serta dapat terbentuknya satu badan usaha dari ikatan alumni ini yang berorientasi pada kebutuhan calon pengguna.

"Nama ikatan alumni tersebut bernama Wahana Integrasi Alumni Teknik Industri (WIALTI) Universitas Bung Hatta dan diadakan pemilihan ketua umum baru melalui MUBES nantinya," ungkapnya

Keberadaan ikatan alumni ini, dikatakan Yusrizal harus mampu menjadi media fasilitator untuk membangun kekuatan silaturahmi sesama almamater dan dapat membangun semangat kebersamaan sebagai wadah untuk mengumpulkan potensi sumber daya yang ada untuk kemudian memanfaatkan sumber daya tersebut menjadi sesuatu yang bernilai pada keadaan yang lebih baik.

“Diharapkan dengan pembentukan ikatan alumni ini mampu menjawab beberapa sasaran dalam rangka perbaikan pelaksanaan proses belajar mengajar yang berorientasi untuk menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan pengguna,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Maret 2015 - 09:17:50

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Belajar Aplikasi Software Jurusannya
Mahasiswa Teknik Kimia UBH Belajar Aplikasi Software Jurusannya
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Software Teknik Kima yang dilaksanakan di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 28 Februari – 1 Maret 2015.

Ketua Pelaksana Ary Susanto mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja himpunan yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam menggunakan aplikasi program software yang berkaitan dengan jurusan Teknik Kimia yang dapat memudahkan mahasiswa dalam penguasaan materi perkuliahan dan membantu dalam penyusunan tugas akhir berupa pra rancangan pabrik.

“Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan 3 tahap dengan 3 materi yang berbeda. Semoga kegiatan pelatihan ini dapat membantu pelaksanaan tugas akhir dan dapat memberi manfaat yang besar untuk memambah kemampuan mahasiswa terutama dalam pengusaan aplikasi software,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT menyampaikan jurusan akan terus melakukan pelatihan-pelatihan keahlian untuk mahasiswa yang nantinya terintegrasi dengan pelaksanaan pra rancangan akhir dan matakuliah yang terkait. Kemampuana pengguanaan aplikasi software teknik kimia itu sangat penting bagi mahasiswa sebab dapat menjadi nilai tambah bagi lulusan saat akan melamar pekerjaan dan di era pasar bebas ini.

“Saat ini jumlah mahasiswa jurusan Teknik Kimia tiap tahunnya terus mengalami peningkatan dan untuk menjaga kualitas mahasiswa. Jurusan bersama himpunan akan terus memfasilitasi mahasiswa dalam menambah wawasan, pengetahuan dan kompetensinya agar memiliki daya saing ketika telah tamat,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan pelatihan software ini diperuntukan bagi mahasiswa yang tengah melaksanakan tugas akhir dan mahasiswa yang ingin belajar lebih dalam mengenai aplikasi Teknik Kimia.

Pelatihan tahap pertama ini diikuti oleh 35 peserta dengan menghadirkan pemateri Rafdi Hamid, ST, Staf Engineering dan Project PT Incasi Raya Grup yang merupakan Alumni Jurusan Teknik Kimia.

Rafdi Hamid menjelaskan kegunaan proses simulator itu sangat mendukung kemampuan seorang engineer Teknik Kimia yang harus mempunyai kemampuan merancang proses, menjalankan proses dan mengontrolnya.

Dalam penggunaan software teknik kimia mahasiswa harus memahami pelajaran mengenai termodimanamik, perpindahan panas. Neraca masa dan energi, operasi teknik kimia, mekanika fluida, teknik reaksi kimia, ekonomi teknik kimia dan materi lainnya yang berkaitan dalam pra rancangan pabrik kimia.

“Dengan pelatihan ini para mahasiswa dapat terbantu dalam merancang tugas akhirnya dan dari apllikasi ini juga kita dapat membuat simulasi-simulasi terkait proses yang akan dirancang,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.205.127.52