Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

UBH Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2014

Universitas Bung Hatta kembali menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2014 untuk tingkat universitas yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung E Rekotrat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (14/04/2014). Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum men....

20 Tahun Teknik Kimia UBH, Semakin Berprestasi

Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah genap berusia 20 tahun sejak berdiri pada 14 April 1994 lalu dan berkeinginan menjadi lembaga pendidikan Teknik Kimia tingkat sarjana yang berkualifikasi unggul di tingkat nasional, berkontribusi pada Industri khususnya ka....

Pindo UBH Gelar Acara Perisahan Bagi 67 Wisudawannya

Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan Unveristas Bung Hatta mengadakan acara perpisahan bagi 67 wisudawannya yang bertajuk “Pesta Malapeh Uda Uni Kami” di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung hatta, Minggu (13/03/201....

Mahasiswa Teknil Sipil UBH: Kuliah Lapangan Dukung Kompetensi Mahasiswa

Pemahaman terhadap praktik lapangan sangat diperlukan bagi mahasiswa teknik sipil, karena memperkaya serta memperdalam teori di bangku kuliah dan praktik di laboratorium. Selain itu juga berguna bagi mahasiswa atau lulusan dalam menghadapi dunia kerja. Pemahaman yang baik terhadap kondisi lapanga....

Mahasiswa Teknik Sipil UBH, Kuliah di Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Jurusan Teknik Sipil mendapat penjelasan tentang proses Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai ( River Improvement Of Lower Reaches Of Anai River), saat mengikuti kuliah lapangan di Batang Anai Kab.Padang Pariaman, Minggu (13/4/14). Kegiatan ini ditujukan untuk memp....

Wisuda ke-61, Rektor UBH Lantik 859 Wisudawan

Universitas Bung Hatta kembali melepas 859 alumninya dalam kegiatan pelantikan wisuda magister, sarjana dan ahli madya yang ke- 61 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (12/04/2014). Wisudawan terbaik program sarjana tingkat Universitas adalah Fitria Elvita dari P....

Senin 14 April 2014 - 16:21:56

UBH Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2014
UBH Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2014
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2014 untuk tingkat universitas yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung E Rekotrat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (14/04/2014).

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mencari bibit-bibit mahasiswa yang berprestasi yang akan diuji kemampuannya dari segi akademik dan soft skillsnya.

Tim penilai dari selesai mahasiswa berprestasi ini dikoordinatori oleh Drs. Suparman Khan, M.Hum, dan anggota Dr. Ir. Eko Alfares Z, MSA, Dra. Susi Herawati,M.Pd, Dr. Hendra Suherman, ST, MT dan Dr. Elfiondri, S.S, M.Hum.

Sedangkan peserta selaksi berasala dari pemenang pertama dari hasil penyaringan tingkat fakultas yaitu Wetri Handayani dari Fakultas Ekonomi, Yudhi Rahman dari Fakultas Hukum, Hasanatul Fitri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Nikmatul Hikmah dari Fakultas Ilmu Budaya, Andre Gusti Mulya dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Lolitha Uthary Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Wahyuni Amalia Fakultas Teknologi Industri.

Pemenang seleksi mahasiswa berprestasi tingkat universitas ini akan diikutsertakan dalam pemilihan di tingkat Kopertis Wilayah X. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 April 2014 - 11:52:25

20 Tahun Teknik Kimia UBH, Semakin Berprestasi
20 Tahun Teknik Kimia UBH, Semakin Berprestasi
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah genap berusia 20 tahun sejak berdiri pada 14 April 1994 lalu dan berkeinginan menjadi lembaga pendidikan Teknik Kimia tingkat sarjana yang berkualifikasi unggul di tingkat nasional, berkontribusi pada Industri khususnya kawasan Sumatera dan berkonsentrasi di bidang teknologi pengolahan sumber daya alam nabati.

Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Ketua Jurusan Teknik Kimia menyampaikan dalam usia yang beranjak dewasa ini, jurusan Teknik Kimia akan mengembangkan sumber daya manusia, sarana prasarana dan sistem informasi yang lebih baik dalam melaksanakan pendidikan yang menghasilkan sarjana Teknik Kimia yang berkualitas.

“Jurusan Teknik Kimia merupakan disiplin ilmu yang fokus pada pemrosesan suatu bahan, yang mengubah bahan mentah menjadi produk jadi maupun setengah jadi secara ekonomis. Ilmu ini diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun skala pabrik dan lulusan teknik kimia pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia,” ungkap Reni.

Sebagai Satu-satunya Jurusan Teknik Kimia di Wilayah Kopertis X (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau), saat ini jurusan Teknik Kimia sudah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan terus menjalankan tri dharma perguruan tinggi dengan melaksanakan penelitian, pengabdian masyarakat, membangun kemitraan dan jaringan kerjasama sehingga menciptakan jurusan yang berprestasi dan lulusan yang berkualitas.

Ia mengatakan dengan didukung 11 dosen tetap yang 50 persen berkualifikasi doktor ini, para mahasiwa di Jurusan Teknik Kimia dapat mencapai gelar sarjana dengan menyelesaikan 144 SKS sesuai dengan kurikulum baru berbasis kompetensi yang terdiri dari materi teori, praktikum, Kuliah Kerja Nyata (KKN), kerja praktik, penelitian dan tugas akhir pra rancangan pabrik.

“Banyak prestasi dan pencapaian yang telah diraih oleh jurusan dimulai dari menerima hibah penelitian dosen dan hibah Program Kreativitas Mahasiswa dari Dikiti, dosen berperstasi Kopertis X, mahasiswa berprestasi,” jelasnya.

“Tak hanya itu, kerjasama juga dilakukan dengan ITB, Gifu University Jepang, Bappedalda, Bapeda, Baristan Padang, Teknik Elektro Unand, inas Koperas UMKM Perindag Kabupaten Agam, PT. First Resource Riau, PT. Incasi Raya, PT. Semen Padang dan lainnya, dalam menunjang kegiatan pembelajaran untuk kuliah umum, kerja praktik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Untuk meningkatkan mutu dan mendukung kompetensi lulusan, jurusan menyediakan sarana dan prasarana seperti beasiswa. Penasihat Akademik (PA), free hotspot, ruangan kelas yang representatif, studio tugas akhir, laboratorium, perpustakaan.

Kemudian mahasiswa juga diberikan kebebasan untuk aktif mengembangkan soft skillsnya dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan seperti di himpunan, BEM hingga Unit Kegiatan Mahasiswa dan juga memberi kesempatan untuk berkarya dengan mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa, berbagai perlombaan serta seminar nasional dan internasional.

“Hingga April 2014 ini jumlah lulusan Jurusan Teknik Kimia berjumlah 777 orang dengan IPK rata-rata dalam 3 tahun terakhir 3,21 yang telah bekerja di berbagai intansi baik dalam maupun luar negeri serta sebagian alumni melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Sebanyak 5 alumni juga mendapatkan beasiswa melanjutkan studi S2 di Gifu University Jepang,” ujarnya.

Dengan demikian, membuat Jurusan Teknik Kimia menjadi lebih maju dan selalu menghasilkan sarjana yang unggul dan memiliki keahlian di bidang proses kimia serta mampu merancang teknologi sumber daya alam di bidang Teknik Kimia.

“Perlu kerja keras semua pihak baik dari mahasiswa, dosen, alumni, pimpinan jurusan, fakultas dan universitas untuk mencapai cita-cita ini, seperti sekeras usaha pendiri Jurusan Teknik Kimia yang sampai detik ini selalu memberikan kontribusi untuk membangun kemajuan Jurusan Teknik Kimia dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya,” tutupnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 April 2014 - 08:55:50

Pindo UBH Gelar Acara Perisahan Bagi 67 Wisudawannya
Pindo UBH Gelar Acara Perisahan Bagi 67 Wisudawannya
bunghatta.ac.id - Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan Unveristas Bung Hatta mengadakan acara perpisahan bagi 67 wisudawannya yang bertajuk “Pesta Malapeh Uda Uni Kami” di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung hatta, Minggu (13/03/2014).

Ketua Jurusan Pindo Dra. Hj Sofyani, M.Pd mengatakan sudah lama juruan tidak mengadakan perpisahan bagi para widusawan terakhir tahun 1995 lalu dan dilaksanakan kembali pada tahun 2014 ini tepat pada Wisuda ke-61 Universitas Bung Hatta.

“Kegiatan ini juga kita harapkan dapat menjadi acuan untuk pelaksanan perpisahan wisudawan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Ia mengatakan dengan telah dilantiknya para wisudawan pada Sabtu (12/04/2014) kemarin maka seluruh wisudawan telah resmi menjadi seorang sarjana pendidikan. Tentunya setelah menempuh pendidikan di Universitas Bung Hatta dapat mengaplikasikan ilmunya di kehidupan sehari-hari.

“sebagai seorang sarjana sekaligus alumni baru, kita berharap seluruh wisudawan dapat menjaga nama baik almamater dan terus mengharumkan Universitas Bung Hatta di tengah-tengah masyarakat serta dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan,” imbuhnya.

Salah seorang perwakilan wisudawan, Novelina Putri, S.Pd mengatakan kegiatan kita sebagai rasa syukur dan terimakasih para wisudawan yang telah lulus dan menamatkan studi di Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Univeristas Bung Hatta.

“Kita berterimakasih kepada dosen-dosen Pindo yang telah membimbing dan mengarahkan kami selama menuntut ilmu di Univeristas Bung Hatta. Begitu juga dengan adek-adek kami di Pindo yang selalu memberikan semangat kepada kami,” ujar Novel.

Pada kegiatan perpisahan ini juga diadakan pengalungan mendali secara simbolis dari jurusan ke wisudawan dan pemberian kenang-kenangan dari wisudawan kepada jurusan, penutaran video, penampilan sulap dan menyanyi bersama.

Hadir dalam pelepasan wisudawan ini dosen-dosen dan mahasiswa Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Unveristas Bung Hatta serta tamu undangan laninnya. (*Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 13 April 2014 - 21:23:37

Mahasiswa Teknil Sipil UBH: Kuliah Lapangan Dukung Kompetensi Mahasiswa
Mahasiswa Teknil Sipil UBH: Kuliah Lapangan Dukung Kompetensi Mahasiswa
bunghatta.ac.id - Pemahaman terhadap praktik lapangan sangat diperlukan bagi mahasiswa teknik sipil, karena memperkaya serta memperdalam teori di bangku kuliah dan praktik di laboratorium. Selain itu juga berguna bagi mahasiswa atau lulusan dalam menghadapi dunia kerja.

Pemahaman yang baik terhadap kondisi lapangan, akan sangat membantu mahasiswa agar tidak gagap ketika bekerja, kata Mawardi Samah, Dosen Senior Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Bung Hatta.

Hal itu disampaikan Mawardi di lokasi proyek Pengendalian Banjir Batang Anai ( River Improvement Of Lower Reaches Of Anai River), Padang Pariaman, Minggu (13/4/14), saat membimbing kuliah 100 mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta.

Dilapangan mahasiwa mendapat penjelasan dan bimbingan langsung dari pihak Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera Barat V, Kontraktor Pelaksana Proyek PT. SAC Nusantara-PT.Nindya Karya-PT Nusa Konstruksi Enginering,Tbk-Jo dan Konsultan Supervisi Yachiyo Engineering CO.LTD, serta dosen-dosen Jurusan Teknik Sipil UBH.

Dijelaskan Mawardi, dipilihnya proyek Pengendalian Banjir Batang Anai yang sedang dalam tahap pengerjaan itu menjadi menarik karena para mahasiswa dihadapkan pada analisis kasus yang sedang berjalan dan memerlukan ketajaman analisis yang berhubungan langsung dengan dunia teknik sipil. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 13 April 2014 - 20:18:39

Mahasiswa Teknik Sipil UBH, Kuliah di Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai
Mahasiswa Teknik Sipil UBH, Kuliah di Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta Jurusan Teknik Sipil mendapat penjelasan tentang proses Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai ( River Improvement Of Lower Reaches Of Anai River), saat mengikuti kuliah lapangan di Batang Anai Kab.Padang Pariaman, Minggu (13/4/14). Kegiatan ini ditujukan untuk memperluas wawasan tentang penerapan ilmu yang mereka peroleh selama menimba ilmu di kampus. (**Indrawadi/Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 12 April 2014 - 09:29:02

Wisuda ke-61, Rektor UBH Lantik 859 Wisudawan
Wisuda ke-61, Rektor UBH Lantik 859 Wisudawan
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali melepas 859 alumninya dalam kegiatan pelantikan wisuda magister, sarjana dan ahli madya yang ke- 61 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (12/04/2014).

Wisudawan terbaik program sarjana tingkat Universitas adalah Fitria Elvita dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,92 Predikat lulus Dengan Pujian. Sementara lulusan terbaik Program Magister adalah Widya Yoseva dari Program Studi Ilmu Hukum, dengan IPK 3,93 predikat lulus Dengan Pujian.

Wisudawan ke-61 ini terdiri dari 58 orang lulusan program pascasarjana (S-2), 796 orang lulusan program sarjana (S-1) dan 5 orang lulusan Diploma III (D-3). Secara keseluruhan Universitas Bung Hatta telah meluluskan alumni sebanyak 34.636 orang.

Rektor Univerisitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan hari ini merupakan hari penting dan bersejarah, karena dengan dilantiknya para wisudawan ini maka secara resmi telah menjadi seorang magister, sarjana dan ahli madya.

“Sebagai alumni kita juga harus menjaga nama baik almamater ini dan kita juga harus paham bukan dinilai dari gelar yang disandang, akan tetapi lebih dari itu, kita akan dinilai oleh masyarakat dari cara berfikir dan bertindak yang cermat dan teliti,” ujarnya.

Niki pada 20 April 2014 nanti Universitas Bung Hatta akan genap berusia 33 tahun dan akan diperingati melalui acara Dies Natalis pada 22 April 2014. Seiring dengan bertambahnya usia, jumlah dan kualifikasi dosen tetap Universitas Bung Hatta juga mengalami perkembangan berjumlah 286 orang dengan kualifikasi S2 sebanyak 228 orang, S3 sebanyak 51 orang dan hanya 7 orang yang memiliki kualifikasi S1,” ungkapnya.

“Disamping itu hampir 80% dosen telah memperoleh pengakuan negara karena telah memiliki sertifikasi dosen. Begitu juga dengan peningkatan jumlah program studi baik seorang magister, sarjana dan ahli madya sebanyak 31 program studi dan umumnya memiliki akreditasi B dari BAN-PT,” ujarnya.

Kini kampus sedang berupaya untuk mengajukan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi yang telah rampung oleh tim penyusun pada bulan April ini dan berharap agar tahun 2014 ini juga BAN-PT dapat dilakukan visitasi. Minimal untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi ini B.

“Saat ini tidak ada lagi masalah mengenai TOFEL , Hal ini menunjukkan komitmen yang semakin tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan demi menuju kejayaan di Universitas Bung Hatta,”ungkapnya.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendididkan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.S mengatakan hari ini menjadi hari yang berbahaia bagi kita semua karena dapat menyaksikan proses pelantikan gelar sarjana.

“Yayasan Pendidikan Bung Hatta akan terus membangun kampus Universitas Bung Hatta dengan konsep Green Campus sebagai kampus yang ramah dan peduli terhadap lingkungan. Hendaknya setelah lulus dan mendapat gelar sarjana dapa memberikan masukan dan kontribusi kepada pemeriatah dan masyarakat,” ucapnya.

Koordinator Kopertis wilayah X, Prof. Dr Damsar, MS menyampaikan sistem dan manajemen dari kampus Universitas Bung Hatta dan Yayasan Pendidikan Bung Hatta telah menunjukan bahwa Universitas Bung Hatta sebagai kampus yang unggul dan jaya di Indonesia yang dibuktikan dengan berbagai macam prestasi yang telah dicapai.

“Lebih 200 perguruan tinggi di Kopertis Wilayah X hanya Universitas Bung Hatta sebagai PTS yang mengapatkan banyak hibah penelitian. Ini membuktikan Universitas Bung Hatta telah kembali kejayaannya dan semakin besar di massa yang akan datang,” imbuhnya.

Ia menyampaikan untuk menjadi perguruan tinggi yang sehat, Universitas Bung Hatta bisa. Tentunya dengan berbagi indikator. Pada dasarnya Universitas Bung Hatta bisa dikatakan perguruan tinggi sehat namun perlu dipertimbangkan lagi mengenai rasio dosen per program studi untuk bisa benar-benar disebut perguruan tinggi yang sehat.

“Pembangungan yang berkelanjutan di Kampus II sebagai usaha untuk menarik calon maahsiswa bbaru agar melanjutkan studi ke Universitas Bung Hatta dan akreditas program studi di Universitas Bung Hatta telah baik. Bila ada kemenakan saudara tetangga yang ingin melanjutkan studi jangan lupa memilih kuliah di Universitas Bung Hatta dan untuk wisudawan ini adalah buah kerja keras dan disiplin. Semoga menjadi bung hatta muda yang sederhana, jujur dan berintregitas. Sukses selalu,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 12 April 2014 - 09:06:15

Wisuda ke-61 UBH, Wisuda Bergelimang Prestasi
Wisuda ke-61 UBH, Wisuda Bergelimang Prestasi
bunghatta.ac.id - Setiap momen pelaksanaan wisuda, selalu saja ada hal-hal yang unik dan menarik untuk disampaikan, seperti dalam upacara wisuda ke-61 yang bertempat di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II, Sabtu (12/04/2014), Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengungkapkan wisuda kali ini wisuda yang penuh dengan prestasi.

Betapa tidak, Niki mengatakan banyak prestasi-prestasi yang dicapai oleh mahasiswa maupun kampus yang sangat membanggakan bagi Universitas Bung Hatta, dimana telah ada 4 fakultas yang dipindahkan di Kampus Proklamator II. Bahkan nantinya akan di bangun Rusunawa dan Pujasera.

“Universitas Bung Hatta telah banyak pencapaian di bidang penelitian seperti 36 proposal lolos hibah penelitian Dikti, 5 proposal hibah pengabdian masyaraka dan 3 tim mahasiswa lolos hibah PKM Dikit,” ujarnya.

Ia mengatakan pada wisuda ke-61 ini, Yenni Trianda alumni jurusan Teknik Kimia Fakutas Teknologi Industri yang mendapatkan IPK 3,7 ini akan melanjutkan S2 ke Gifu University.

“Untuk pertama kalinya jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan melalukan wisuda pada angkatan pertamanya sebanyak 12 orang, begitu juga dengan Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak satu orang,” tambahnya.

Baru-baru ini juga tim dari mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanan Universitas Bung Hatta berhasil menyabet dua juara yaitu Juara Pertama dan Harapan I, dalam Lomba Beton Mutu Tinggi tahun 2014 antar Mahasiswa Teknik Sipil se-Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Bengkulu yang diselenggarakan oleh PT.Semen Padang.

“Masih dari FTSP juga, Renggo Pernanda mahasiswa angkatan 2009 jurusan Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta berhasil mendapatkan Juara II dalam Sayembara Renovasi Gedung PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Makassar setelah mendapat penurian pada 06 Januari 2014 lalu,” ujar Niki.

Kemudian tiga pesulap muda Proklamator Universitas Bung Hatta yaitu Farel Illusion, Sanadi Equtos Fazea dan Dede Mawan, unjuk kebolehan di hadapan ribuan masyarakat Kota Padang Panjang yang menyaksikan malam penutupan Panggung Publik Sumatera III di Padang Panjang.

Dari Fakutas Ilmu Budaya, Niki menyebutkan mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta, Anita Anggraini menorehkan prestasi di kancah internasional yang berhasil mendapatkan juara I lomba pidato berbahasa Jepang internasional ke-7 yang dilaksanakan pada 08 Februari 2014 lalu di Kota Amagasaki Hyogo Jepang.

“Putri mahasiwa angkatan 2009 jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta akan berangkat menggantikan Anita Anggraini untuk mengikuti pertukaran mahsiswa tahun 2014 untuk belajar di Sonoda Women's University selama satu tahun,” ucapnya.

Untuk Fakutlas Hukum, tahun lalu Yudhi Rahman mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2011 Universitas Bung Hatta berhasil menjadi juara pertama dalam perlombaan penuliasan esai kegiatan Indonesian Youth Leaders Summit 2013 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro pada 23-24 November 2013 lalu.

Tak hanya itu, Universitas bung hatta juga mengatangkan tokoh-tokoh nasional dalam seperti Jokowi, Dino Patti Jalal, Mahmud MD dan lainnya. Bahkan Universitas Bung Hatta telah menggagas Forum Akademis Samudera Hindia.

“Ini bukti Universitas Bung Hatta sebagai perguruan tinggi yang terus menjaga kualitas dan mutu hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi baik akademik maupaun non akademi. Wajar saja bila pada wisuda ke-61 ini sebagai wisuda bergelimang dan penuh prestasi,” imbuh Niki. (**Ubay-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 April 2014 - 09:09:42

Esok, UBH Akan Lantik 859 Wisudawan
Esok, UBH Akan Lantik 859 Wisudawan
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta akan melaksanakan mewisuda sebanyak 859 lulusan magister, sarjana dan ahli madya untuk periode wisuda ke-61 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (12/04/2014) esok.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan lulusan Universitas Bung Hatta pada wisuda ke-61 terdiri dari lulusan program Pascasarjana 58 Orang, Sarjana 796 orang dan diploma III Teknik Ekonomi Konstruksi 5 orang yang berasal dari 7 fakultas yang ada di Universitas Bung Hatta.

“Untuk Fakultas Ekonomi sebanyak 158 orang, Fakultas Hukum 70 orang, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan 390, Fakultas Ilmu Budaya 54 orang, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan 53 orang, Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan 33 orang dan Fakultas Teknolgi Industri 43 orang,” jelasnya.

Niki menyampaikan pada 20 April 2014 nanti juga Universitas Bung Hatta akan genap berusia 33 tahun dan akan diperingati melalui acara Dies Natalis pada 22 April 2014. “Seiring dengan bertambahnya usia, Program studi di Universitas Bung Hatta telah banyak terakreditasi yang umumnya B dan kampus sedang berupaya untuk menyusun Akreditasi Intitusi Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

Ia menambahkan jumlah dan kualifikasi dosen tetap Universitas Bung Hatta mengalami perkembangan berjumlah 286 orang dan hampir 80% telah tersertifikasi dosen oleh negara,” ungkapnya.

“Untuk meningkatkan mutu dengan menghasilkan lulusan yang memiliki ketangguhan daya saing, Universitas Bung Hatta perlu dikelola secara profesional dengan cara mengaplikasikan manajemen yang modern,” tutupnya. (**Ubay-Humas UBH)

Informasi Seputar Universitas Bung Hatta, yuk follow @beritabunghatta
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 10 April 2014 - 08:42:22

Mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia Studi Banding Ke UBH
Mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia Studi Banding Ke UBH
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, akt, MBA menyambut langsung kedatangan mahasiswa dan staf pengajar dari Universiti Kebangsaan Malaysia yang melakukan kunjungan dan studi banding ke Universitas Bung Hatta di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (08/04/2014).

Dalam sambutannya, Niki mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besaranya atas kunjungan mahasiswa dan dosen Universiti Kebangsaan Malaysia ke Universitas Bung Hatta yang sekaligus juga menjelaskan sekilas mengenai Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta.

“Kampus kita ini disebut dengan Kampus Proklamator yang berasal dari salah satu pendiri negara Inodnesia yaitu Muhammad Hatta. Kedepannya hubungan Universitas Bung Hatta dan Universiti Kebangsaan Malaysia dapat semakin erat dan saling bersilaturahmi,” ujanrnya.

Prof. Dr. Wan Syah Razad, Ketua Rombongan Khikmat Bakti Belajar mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar kedua peruguruan tinggi ini, melakukan khidmat bakti, dan bertukar ide bersama mahasiswa Universitas Bung Hatta.

"Rombongan ini berisi pelajar tahun akhir dari Fakulti Sains dan Kemanusiaan yang berasal dari pusat kajian Psikologi dan Kerja Sosial, kita akan berada di Sumatra Barat selama satu minggu, untuk mempelajari sosial dan budaya sehingga dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan baru untuk mahasiswa kita," ucapnya.

Dalam lawatannya, sebayak 55 mahasiswa dan didampingi 4 dosen pendamping ini disambut dengan suguhan penampilan tari Pasambahan dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguauran dan Ilmu Pendididkan.

Selain itu juga ada penampilan pertukaran budaya yaitu mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia menampilakan tarian Zapin Arab dan mahasiswa Universitas Bung Hatta menyuguhkan Tari Piring dan Tari Rancak.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Wakil Rektor II dan III Universitas Bung Hatta, Dekan dan dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan sertai mahasiswa Universitas Bung Hatta lainnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 10 April 2014 - 08:01:43

Mantan Menteri Perikanan Dan Kelautan RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana UBH
Mantan Menteri Perikanan Dan Kelautan RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana UBH
bunghatta.ac.id - Indonesia merupakan negara maritim, tetapi sampai saat ini kita masih tertinggal dengan beberapa negara ASEAN yang memiliki sumberdaya laut yang sangat kecil dibandingkan dengan kita. Samudera Hindia adalah jalur perlintasan perdagangan dari negara-negera di kawasan Samudera Pasifik ke kawasan negara-negara di lautan Samudera Hindia termasuk Indonesia, atau sebaliknya namun potensi yang dimilikinya belum begitu dimanfaatkan secara optimal.

Hal tersebut dikatakan Prof. Dr.Ir. Rokhmin Dahuri, MS mantan Menteri Perikanan Dan Kelautan Republik Indonesia 2001-2004 saat memberikan kuliah umum mengenai pakar dengan “Prospek Perikanan dan Kelautan di Samudera Hindia dan Peran Strategis Indonesia 25 Tahun ke Depan” bagi mahasiswa Pascasarjana dan dosen Universitas Bung Hatta serta pemerhati perikanan di Sumatra Barat di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (06/04/2014).

selama 2 jam Rokhmin mengatakan dulu negara Tiongkok sangat jauh tertinggal bidang kelautan dan perikanan, tetapi sekarang Tiongkok mulai melirik sumberdaya laut yang belum banyak digarap oleh negara yang sangat dekat dengan sumberdaya tersebut.

“Untuk itu Tiongkok tidak segan-segan mengembangan beberapa universitas yang berbasis kelautan misalnya Shanghai Maritime University, Shanghai Fishery University, Guangdong Ocean University, dengan pola pokok ilmiahnya dibidang kelautan, walaupun China hanya memiliki luas lautannya 25 %, sedangkan kita memiliki sumber daya kelautan yang luas 75 % dari luas negara, “ jelasnya,

Rokmin menyampaikan inilah tantangan terberat bagi kita bangsa Indonesia, termasuk juga para mahasiswa pascasarjana, akedemisi Universitas Bung Hatta dan para praktisi yang hadir dalam kuliah tersebut.

“Sebagai sebuah lembaga perguruan tinggi Universitas Bung Hatta yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia harus berperan menjadi salah satu perguruan tinggi yang terdepan mengembangkan kelautan dan perikanan di wilayah barat Indonesia bahkan didukung dengan terbentuknya Forum Akademik Samudera Hindia,” ujarnya.

Disamping kuliah pakar beliau juga diminta sebagai dewan pengarah dalam Forum Akdemik Samudera Hindia yang digagas oleh Uiversitas Bung Hatta, dengan senang hati beliau sangat setuju sekali. Setelah selesai memberikan kuliah pakar, Rokmin juga memberikan cenderamata sebuah buku yang ke 27 dari karya beliau yang berjudul “Untukmu Indonesia”

“Begitu banyak hal-hal yang sebenarnya harus kita kerjakan di wilayah Samudera Hindia yang merupakan halaman depan kampus Universitas Bung Hatta Padang. Apa yang telah di capai Universitas Bung Hatta sudah baik, namun tidak ada sukses yang bisa terwujud dengan hanya lekas puas, sebab itu terus tingkatkan prestasi Universitas Bung Hatta di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” pesannya.(**Harfiandri/Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.196.198.213