Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

UBH Perpanjang Waktu Pendaftaran Maba

Univeristas Bung Hatta (UBH) memperpanjang masa pendaftaran mahasiwa baru tahun akademik 2014/2015 hingga 3 Agustus 2014, dan hasil seleksinya akan di umumkan tanggal 4 Agustus. Sebelumnya pendaftaran mahasiswa baru UBH dibuka sejak April hingga 30 Juli 2014. Ka.Biro Akademik Hendra Kusuma,S.Pi.,....

Teknik Kimia UBH Teliti Inulin dari Umbi Bunga Dahlia

Beberapa daerah di Provinsi Sumatra Barat berpeluang mengembangkan bunga dahlia seperti di daerah Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah datar serta Kabupaten Solok Selatan karena memiliki iklim dan potensi cukup mendukung sehingga dapat berkontribusi dalam meningkat....

UKM Pramuka dan UKM KSR-PMI Prokamator Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Menyambut bulan suci ramadan 1435 H, dua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Bung Hatta yaitu Pramuka dan KSR-PMI Proklamator mengadakan kegiatan buka puasa bersama anak Panti Asuhan Aisyah Nanggalo Padang yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Unver....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Rintis Sekolah PAUD

Minimnya sarana pembelajaran pendididkan anak usia dini (PAUD) membuat mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Jorong Sungai Nibuang, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam berinisiatif untuk membuat....

Rektor UBH Tinjau Mahasiswa KKN-PPM 2014

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA beberapa waktu yang lalu mengunjungi mahasiswa Universitas Bung Hatta yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Solok.....

Tebarkan Ilmu, Mahasiswa KKN-PPM UBH Terjun Ke Sekolah

Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) banyak yang terjun ke sekolah-sekolah untuk melakukan program pokoknya. Seperti di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten P....

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014
Daftar Ulang: 1 - 15 Agustus 2014

Pengumuman Lulus Gelombang I dan II Jalur Reguler dan Jalur Undangan tanggal 19 Juni 2014, Pendaftaran Ulang 20 Juni - 16 Juli 2014.

Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 23 Juli 2014 - 14:45:11

UBH Perpanjang Waktu Pendaftaran Maba
UBH Perpanjang Waktu Pendaftaran Maba
bunghatta.ac.id - Univeristas Bung Hatta (UBH) memperpanjang masa pendaftaran mahasiwa baru tahun akademik 2014/2015 hingga 3 Agustus 2014, dan hasil seleksinya akan di umumkan tanggal 4 Agustus. Sebelumnya pendaftaran mahasiswa baru UBH dibuka sejak April hingga 30 Juli 2014.

Ka.Biro Akademik Hendra Kusuma,S.Pi.,MSi, di ruangan kerjanya (Rabu,23/7) menyebutkan perpanjangan jadwal tersebut sebagai respon dan memberikan peluang bagi calon mahasiswa untuk mendaftaran berkenaan dengan libur Idul Fitri.

Ditambahkan Hendra, UBH menerima mahasiswa baru berdasarkan nilai rata-rata rapor dari semester 1 sampai semester 6 dan berdasarkan nilai Ujian Nasional. “Kebijakan ini kita teruskan berdasarkan evaluasi dari penerimaan mahasiswa tahun lalu” ujar Hendra.

Sementara itu, Rektor UBH Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, AKt,MBA mengatakan tahun ini UBH hanya menerima sebanyak 2600 mahasiswa baru.

Menurutnya pembatasan jumlah mahasiswa yang diterima itu tersebut, untuk memberikan pelayanan akademik yang lebih baik kepada mahasiswa serta agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif. (**HUmas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 22 Juli 2014 - 12:13:09

Teknik Kimia UBH Teliti Inulin dari Umbi Bunga Dahlia
Teknik Kimia UBH Teliti Inulin dari Umbi Bunga Dahlia
bunghatta.ac.id - Beberapa daerah di Provinsi Sumatra Barat berpeluang mengembangkan bunga dahlia seperti di daerah Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah datar serta Kabupaten Solok Selatan karena memiliki iklim dan potensi cukup mendukung sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sejauh ini masyarakat Sumatera Barat belum banyak mengetahui bahwa umbi bunga dahlia mengandung Inulin yang berguna bagi kesehatan dan bernilai ekonomis, melihat potensi tersebut dosen-dosen dari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta melakukan penelitian mengenai pengambilan zat inulin dari umbi bunga dahlia yang berada wilayah Sumatra Barat.

Penelitian tersebut kolaborasi antara mahasiswa dan dosen di Jurusan Teknik Kimia yang diketuai Ir. Elmi Sundari, MT dan anggota Dra. Munas Martinis, M.Si, Dra. Erti Prapurti, M.Si dengan melibatkan beberapa mahasiswa angkatan 2010 dalam penelitannya tersebut yang dilakukan di Laobratorium Teknik Kimia Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta.

Elmi Sundari mengatakan sejak dicanangkan Kota Bukittinggi sebagai The City Of Dahlia ditambah lagi, kota ini dan Kabupaten Agam akan memproduksi untuk inulin dari umbi bunga dahlia membuat dosen Jurusan Teknik Kimia mengembangkan potensi sumber daya hayati ini untuk diolah lebih lanjut sehingga memperoleh manfaat dan nilai ekonomis yang lebih tinggi lagi.

“Penelitian inulin dari umbi tanaman sudah ada yang melakukannya sejak tahun 2006, namun untuk di Sumatra Barat belum ada yang konsen menelitinya. Kebutuhan Inulin di Indonesia cukup besar sekitar 85 persen dan saat ini masih di impor dari luar negeri. Padahal Inulin banyak digunakan pada berbagai produk pangan misalnya susu instan untuk anak-anak ,” jelasnya.

Inulin merupakan serbuk berwarna putih yangmerupakan salah satu jenis karbohidrat yang mengandung serat dan tergolong food ingredient yang diklasifikasikan sebagai prebiotik dan dapat digunakan sebagai bahan penstabil pada makanan kadar lemak rendah.

Ia mengatakan Inulin dapat diperoleh dengan menggunakan metode ekstraksi. Proses pengambilan Inulin dari umbi bunga dahlia terdiri dari ekstraksi pemisahan Inulin, proses pengendapan Inulin dengan menggunakan pelarut (baik air maupun etanol) dan pemutihan Inulin.

“Di Indonesia terutama di Sumatra Barat bunga dahlia sudah banyak disemai, namun teknologi pengambilan Inulin dari umbi dahlia belum dipahami oleh masyarakat hanya mengenal proses budidayanya dan diolah menjadi bahan pangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Elmi mengatakan penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kadar inulin dari berbagai jenis umbi dahlia yang terdapat di Sumatera Barat dengan menggunakan dua metode ekstraksi yaitu metode ekstraksi satu tahap dan ekstraksi bertahap banyak aliran silang. Kemudian waktu ekstraksi dan temperatur optimum saat mendapatkan inulin.

“Penelitian ini masih dilakukan dalam skala laboratorium dan akan dikembangkan jadi pilot plant. Tak hanya itu, penelitian inulin ini menjadi sangat penting dilakukan karena berdampak pada penyediaan teknologi yang tepat untuk pengambilan Inulin umbi dahlia,” ucapnya.

“Jika inulin dapat diproduksi di Sumatra Barat maka dapat membantu pemerintah Indonesia untuk mengurangi impor dapat dikurangi sekaligus dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Sumatra Barat,” tambahnya (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 22 Juli 2014 - 11:24:57

bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksnakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan penyuluhan mengenai penggunaan bahan tambahan makanan.

Penyuluhan ini dilakukan oleh Febrina Rahmat Diningsih mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Universitas Bung Hatta kepada kepada masyarakat khususnya para ibu-ibu di Nagari Gadur pada 19 Juli 2014 lalu. Kegiatan ini bertempat di Kantor Wali Nagari Gadur penyuluhan ini diikuti sekitar 26 orang.

Febrina mengatakan materi yang disampaikannya tidaklah sulit untuk dipahami oleh masyarakat sebab materi ini berhubungan langsung dengan aktivitas memasak para ibu-ibu seperti penggunaan penyedap rasa yang diperbolehkan beserta jumlah takarannya.

“Selain itu penggunaan aroma makanan yang baik hingga bagaimana penggunaan pengawetan pada makanan yang baik dan yang tidak sesuai dengan Permenkes RI No. 772/Menkes/Per/IX/88 dan No. 1168/Menkes/PER/X/1999,” jelasnya. (**Ubay-Humas UBH)

Ia mengungkapkan masyarakat sangat berantusias mendengarkan materi ini apalagi dalam penyampaiannya menggunakan media bantu agar mudah dipahami. “kita juga membagikan materi penyuluhan kepada masyarakat agar dapat dipedomani karena bila salah atau melebihi batas menggunakan bahan tambahan makanan akan berdampak pada kesehatan,” ucapnya.

Salah satu warga Nagari Gadur, Yettini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mahasiswi KKN-PPM Universitas Bung Hatta karena telah memberikan pengetahuan baru di bidang yang berbeda–beda. “Saya berharap kepada mahasiswi KKN-PPM Universitas Bung Hatta ini selalu memanfaatkan waktu yang ada dengan mendekatkan diri kepada masyarakat,” imbuhnya.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 Juli 2014 - 13:51:09

Musyrifa Isra, Mahasiswa Sastra Jepang UBH Belajar ke Kansai Jepang
Musyrifa Isra, Mahasiswa Sastra Jepang UBH Belajar ke Kansai Jepang
bunghatta.ac.id - Musyrifa Isra, mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta mendapat kesempatan untuk belajar ke Jepang dalam rangka mengikuti Japanese-Language Education Capacity Building Southeast Asian Teacher's Training College Course in Japan selama 45 hari yang berlangsung dari 28 Oktober hingga 11 Desember 2014 di The Japan Foundation Japanese-Language Institute, Kansai, Jepang

Menurut Sekretaris Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta,Oslan Amril, SS, M.Si, program ini merupakan program baru The Japan Foundation yang memberikan kesempatan untuk mahasiswa memperdalam pemahaman mereka tentang bahasa dan budaya Jepang, serta memperluas pengetahuan mahasiswa tentang pengajaran bahasa Jepang.

"Musyrifa Isra merupakan mahasiswa angkatan 2011 yang telah lulus mengikuti serangkaian seleksi program ini. Ia juga merupakan mahasiswa berprestasi Jurusan Sastra Jepang terutama penguasaan huruf Kanji serta telah lulus Ujian Kemampuan Bahasa Jepang Interansional (UKBJ) level 3," jelasnya, Senin (21/07/2014).

Oslan juga mengatakan Musyrifa Isra punya kebiasaan unik untuk belajar bahasa Jepang, ia belajarnya saat dini hari ketika orang lain sudah tidur. Ia tidur lebih awal dan bangun kembali tengah malam untuk belajar hingga dini hari. Tak jarang Musyrifa Isra terlambat untuk masuk kuliah pagi, dan para dosen sudah maklum kenapa dia telat.

"Karena ini program baru Japan Foundation , kita berharap program yang sama juga masih diadakan tahun depan. Program ini dapat dapat merupakan motivasi untuk mahasiswa lain untuk berprestasi, terutama mahasiswa pria untuk mendapatkan kesempatan ke belajar ke Jepang," imbuhnya.

"Untuk yang wanita, setiap tahunnya kita masih dapat kesempatan mengirim satu orang mahasiswa yang berprestasi ke Sonoda Womens College (SWU)," tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 20 Juli 2014 - 22:05:17

UKM Pramuka dan UKM KSR-PMI Prokamator Gelar Buka Bersama Anak Yatim
UKM Pramuka dan UKM KSR-PMI Prokamator Gelar Buka Bersama Anak Yatim
bunghatta.ac.id - Menyambut bulan suci ramadan 1435 H, dua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Bung Hatta yaitu Pramuka dan KSR-PMI Proklamator mengadakan kegiatan buka puasa bersama anak Panti Asuhan Aisyah Nanggalo Padang yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Unversitas Bung Hatta.

Kegiatan buka puasa UKM Pramuka Universitas Bung Hatta dilaksanakan , Sabtu (19/07/2014) yang mendatangkan 20 anak dan 2 pengurus Panti Asuhan Aisyah Nanggalo Padang.

Kegiatan ini bertujuan untuk untuk menjalin tali silaturahmi agar terus erat di antara kita terutama saat ini bulan Ramadan yang merupakan bulan yang penuh dengan rahmat. Di bulan ini umat muslim berlomba-lomba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan saling membantu dengan sesama.

Kemudian, Minggu (20/07/2014) UKM KSR-PMI Proklamator menggelar kegiatan buka puasa dengan mendatangkan 30 anak dan 1 pengurus Panti Asuhan Aisyah Nanggalo Padang.

Eggi Putra Murdi, Komandan KSR-PMI Proklamator mengatakan kegiatan ini menjadi agenda rutin kita saat bulan ramadan untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita dari anak panti asuhan. “semoga apa yang diberikan oleh kita dapat bermanfaat dan berkah,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum, mengutarakan kemarin UKM Pramuka telah mengadakan kegiatan buka puasa sekarang dari UKM KSR-PMI Proklamator. Kedua UKM ini merupakan suatu organisasi yang memperhatikan masalah sekitar dan melakukan pengabdian terhadap masyarakat.

"Contohnya melalui kegiatan ini menunjukan perhatian kita kepada lingkungan terutama terhadap anak yatim. Kita juga berharap untuk organsiasi kemahasiswan lainnya dapat membuat kegiatan yang serupa agar tali silaturahmi terus terjalin dan sangat bermanfaat sekali,” ungkapnya.

Setelah berbuka bersama, kegiatan pun diakhiri dengan pemberian tabanas kepada masing-masing yatim dan piatu serta foto bersama.

Kegiatan dari kedua Unit Kegiatan Mahasiswa ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Pembina, UKM Pramuka se-Kota Padang, KSR-PMI se-Kota Padang dan kelembagaan mahasiswa di lingkungan Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 20 Juli 2014 - 12:32:18

Mahasiswa KKN-PPM UBH Rintis Sekolah PAUD
Mahasiswa KKN-PPM UBH Rintis Sekolah PAUD
bunghatta.ac.id - Minimnya sarana pembelajaran pendididkan anak usia dini (PAUD) membuat mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Jorong Sungai Nibuang, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam berinisiatif untuk membuat sekolah PAUD.

Sebanyak 7 orang mahasiswa yang melaksanakan KKN dilokasi ini merintis pembuatan sekolah PAUD yakni Denni Hamzah (Ilmu Ekonomi Pembangunan), Febri Mai Yulis Sandra (Teknik Kimia), Reni Natria Sari (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan), Makdinil Inami (Akuntansi), Yudio Putra Utama (PTIK), Lisnawati (Pendidikan Matematika) dan Meris Fauzi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Salah satu mahasiswa KKN-PPM Nagari Tiku Selatan, Febri Mai Yulis Sandra mengatakan kami buat sekolah ini atas permintaan jorong mengingat tingkat penddikan usia dini yang sangat rendah. Maka kami diminta untuk mendarikan PAUD ini dengan tujuan untuk mengenalkan anak-anak membaca dan menulis agar mereka tidak mengalami kesulitan saat memasuki jenjang sekolah dasar..

“Di PAUD ini anak-anak yang berusia 4 hingga 7 tahun dilatih menulis dan kita juga memberikan pengasuhan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini terebut untuk tumbuh dan berkembang, sesuai dengan potensinya. Sebelum membentuk PAUD ini kita juga telah melakukan survei terlebih dahulu, malah disini banyak anak SD juga yang belum pandai mambaca dan menulis,” ujarnya,

Mahasiswa jurusan Teknik Kimia ini juga menambahkan kita memberikan pelajaran sesuai level umur dan tingkat sekolahnya, yang sudah sekolah dan belum. Fokus pembelajaran berhitung, menulis dan mengenalkan angka serta huruf sebari bermain dan bernyanyi.

Pembelajaran PAUD yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM ini dimulai pada 15 juli 2014 lalu yang diikuti lebih dari 20 anak-anak yang bertempat di Musalla Nurul Yaqin Jorong Sungai Nibuang. “Awalnya mulanya yang ikut hanya 13 anak, kemudian di hari kedua menjadi 20 orang hingga dihari-hari berikutnya bisa mencapai 30 anak,” sebutnya.

Febri mengungkapkan langkah awal pembentukan PAUD ini sebagai tempat bimbingan belajar saja namun ketua jorong berharap kedepannya akan dibentuk sekolahnya. Saat ini terkendala oleh tempat dan guru pembimbingnya.

“Alhamdulillah semua kalangan dari ketua jorong hingga masyarakat sangat mengapresiasi dengan pembentukan PAUD yang dirintis mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta ini. Masyarakat sendri sangat mendukung dengan kegiatan ini, buktinya tiap hari anak-anak yang kita asuh bertambah dan tingkat kesadaran untuk mendapatkan pendidikan juga tinggi disini,” ujarnya.

Kedepannya, menurut Febri, ketua jorong berencana akan mencarikan lokasi yang baik buat kegiatan blajar mengajar ini. Kita juga sudah berdiskudi dengan guru-guru di jorong ini dan setelah selasai mahasiswa KKN disini mereka akan membuat sekolah PAUD dan mencari pembimbing.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga anak-anak yang kita bimbing bisa menjadi lebih baik lagi dan semua anak bisa senang dan bersemangat dalam belajar dan mengembangkan potensi mereka masing-masing,” tutupnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 20 Juli 2014 - 12:30:05

Rektor UBH Tinjau Mahasiswa KKN-PPM 2014
Rektor UBH Tinjau Mahasiswa KKN-PPM 2014
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA beberapa waktu yang lalu mengunjungi mahasiswa Universitas Bung Hatta yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Solok.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 19 Juli 2014 - 20:08:08

Mahasiswa KKN-PPM UBH Di Bungus Ikuti Napak Tilas Bagindo Aziz Chan
Mahasiswa KKN-PPM UBH Di Bungus Ikuti Napak Tilas Bagindo Aziz Chan
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kelurahan Bungus Kecamatan Teluk Kabung, Kota Padang turus serta menjadi peserta Napak Tilas ke-10 Gugurnya Pahlawan bangsa Bagindo Aziz Chan pada 18 Juli 2014 pukul 21.30 hingga 19 Juli 2014 pukul 08.00 WIB di Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari gugurnya leluhur pahlawan kita Bagindo Aziz Chan yang jatuh pada hari ini 19 Juli 2014 dengan tujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme ini babak diikuti unsur SKPD, kelurahan serta para pelajar.

Napak tilas ini telah menjadi kegiatan tahunan Pemerintah Kota Padang bekerjasama dengan generasi muda Kota Padang yang diikutisebanyak 1600 peserta yang tergabung menjadi beberapa regu.

Mutya Azshari Ardi, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Bungus mngatakan betapa beruntung dan bangganya kami bisa menjadi satu-satunya perwakilan warga dari kelurahan tempat dimana lokasi KKN kami.

"Kita senang ikut kegiatan napak tilas ini sebab mahasisswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta diutus langsung ibu Misnawarti, Lurah Teluk Kabung untuk mewakili kelurahan dalam mengikuti kegiatan napak tilas ini," ungkapnya.

"Kegiatan ini dapat menjadi program tambahan atau program bantu untuk mahasiswa KKN. Selain itu kami juga difasilitasi makanan untuk sahur setelah menempuh beberapa titik rute yang ditentukan panitia," tambah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Adapun rute kegiatan ini dimulai di halaman Kantor Gubernur Jalan Sudirman-Rasuna Said-Jam Ria-Alai-Jalan Gajah Mada -Simpang Tinju-Lapai-Simpang Presiden-Ulak Karang-S. Parman-Taman Makam Pahlwan Lolong-Juanda-Pantai Muaro Lasak-Hang Tuah-Samudera-Taman Budaya-Jalan Pancasila-Tugu Gempa-Simpang Karya-Jalan Thamrin-Mesjid Raya Ganting-Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo.

Sedangkan untuk di Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo Tarandam para peserta akan makan sahur, setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Tarandam-Simpang Pos Giro-Jalan Sudirman-GOR Agus Salim.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.198.9.77