Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

FPIK UBH Gelar Workshop Teaching Factory KBK KKNI

Pentingnya penyusunan kurikulum dalam menciptakan lulusan yang memiliki kompentesi dibidangnya dan juga sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan, Untuk itu Fakutlas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengadakan Workshop Metode Pembelajaran Teaching Factory KBK KKNI ya....

Penyusunan Kurikulum KBK KKNI Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta mengadakan rapat penyusunan Kurikulum KBK KKNI untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dillaksanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Haat, Selasa (27/01/2015). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Ketua dan Sekretaris Jur....

Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Tinjau Pembangunan Blok B III

Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. Hasan Basri Durin dan Jajaran Pengurus Yayasan, Senin,26/1/15 Tinjau Pembangunan Gedung Blok B III Kampus Proklmator II. Blok B III tersebut pada Semester Genap TA 2014/2015 akan segera di fungsikan untuk Poliklinik Kesehatan Rahmi Hatta yang ak....

Sosialisasi Posdaya Proklamator, Kenalkan Tas Laptop Dari Sampah

Limbah plastik adalah bahan yang sulit diuraikan mikroorganisme jika hanya ditimbun di dalam tanah. Butuh waktu hingga ratusan tahun lamanya untuk membuat plastik dapat terurai. Butuh banyak cara untuk dapat mereduksi limbah plastik tersebut. Salah satunya, yaitu dengan memanfaatkannya menjadi baran....

240 Mahasiswa FKIP UBH Ikuti Praktik Lapangan Kependidikan

Sebanyak 240 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (23/01/2015). Dalam sambutan pembukaannya Wakil Rektor I Universitas....

Mahasiswa Hukum UBH Penelitian di International Committee of the Red Cross Indonesia

Yudhi Rahman mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta melakukan melakukan penelitian tugas ke International Comminte Of The Red Cross (ICRC) Delegasi Indonesia di Jakarta pada 12-15 Januari 2015 lalu. Menurut Yudhi penelitian yang dia lakukannya seputar kasus-kasus yang terjadi kepada pet....

Selasa 16 September 2014 - 14:15:24

Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
bunghatta.ac.id - Kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 20 September 2014 nanti di Universitas Bung Hatta, rencananya akan akan dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan DAMANDIRI Prof. Dr. Haryono Suyono.

Hal itu disampaikan ketua Pelaksana Indra Khaidir, ST, MT saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota Padang dalam hal ini bersama Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si di rumah dinasnya, Senin (15/9/14) perihal pelaksanaan rakor tersebut di UBH.

"Pertemuan tersebut juga diikuti oleh Rektor Universitas Taman Siswa dan Korwil Posdaya Sumbar dan beberapa orang staf," ungkapnya.

Dengan seksama Indra Khaidir menjelaskan tentang Posdaya yang mungkin selama ini belum banyak yang memahami apa itu Posdaya termasuk Wawako dan jajarannya.

"Jika kegiatan ini terlaksana dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan akan tercatat salah satu rekor terbesar Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya, karena akan mengundang sekitar 108 Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dan Pimpinan daerah se-Sumatera Barat” imbuh Indra".

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Universitas Bung Hatta dan Korwil Posdaya Sumbar yang telah menggagas kegiatan ini. Kami sendiri belum tentu bisa bertemu dan berbincang bahkan menghadirkan Bapak Haryono Suyono ke Padang ini.

"Seharusnya kami dari pemerintah kota yang datang ke Universitas Bung Hatta, tetapi malah kami yang dikunjungi. Tentunya dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk mendukung program pemerintah Kota Padang, imbuhnya. (*Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 3 Agustus 2014
Daftar Ulang: 4 - 16 Agustus 2014


Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 27 Januari 2015 - 14:25:42

Forum Rektor 2015 Dukung Gagasan Forum Akademik Samudera Hindia.
Forum Rektor 2015 Dukung Gagasan Forum Akademik Samudera Hindia.
bunghatta.ac.id - Rektor UBH Prof. Niki Lukviarman, selaku Dewan Pertimbangan Forum Rektor Indonesia pada Konvensi FRI 2015, diruangan kerjanya Selasa,27/1 menyebutkan bahwa Rektor UBH mempersentasikan Forum Akademik Samudera Hindia yang di gagas Universitas Bung Hatta bersama dengan 14 Perguruan Tinggi lainnya yang di gelar di USU Medan, 23-25/1 lalu.

Disebutkan Niki, sebagai anggota Dewan Pertimbangan FRI 2014, pada FRI 2015 Rektor UBH juga ditunjuk sebagai panitia pengarah acara resmi tahunan FRI dengan tiga rangkaian sidang komisi. Acara tersebut dihadiri itu Menko Maritim Dr. Ir. Dwisuryo Soesilo, M.Sc, mewakili Menristek Dikti, Direktur Pembelajaraan Kemahasiswaan Dikti, Dr. Ila Sahila, Menteri PPN/Kepala Bappenas Dr. Drs. Andrianof Achir Chaniago, dan diikuti sekitar 700-an rektor dan direktur dari berbagai universitas dan sekolah tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta.

“Pada sidang komisi hukum, Rektor UBH selaian sebagai pembicara juga mempresentasikan topik Indian Ocean Akademik Forum (IOAF) sesuai dengan tema FRI 2015 yakni Menegakkan kedaulatan negara dalam pendekatan ekonomi, hukum dan lingkungan untuk mendukung Indonesia sebagai proros Maritim dunia”, jelas Niki.

Menurutnya lagi, kegiatan Forum Akademis Samudera Hindia direncanakan akan grand lauching pada bulan Maret 2015 mendatang di Universitas Bung Hatta , sementara kegiatan pre-launching akan dilaksanakan pada akhir bulan Januari di Universitas Bengkulu (UNIB) Bengkulu.

Ditambahkan Niki, sebagai Anggota Forum Rektor Indonesia (FRI) Rektor UBH ditunjuk menjadi Dewan Pertimbangan FRI tahun 2014 ditetapkan melalui Forum Konvensi Kampus X dan Temu Tahunan XVI yang berlangsung di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan ketuanya Rektor UNS Prof.Ravik Karsidi, pada tanggal 29 Januari 2014 di Solo.

“Forum Rektor Indonesia merupakan gerakan moral dan gerakan intelektual yang sejak reformasi tahun 1998 selalu hadir dan mengawal proses perubahan Bangsa ke arah yang lebih baik. Struktur Dewan Pertimbangan FRI terdiri dari 5 Rektor PTS dan Rektor PTN, dan dalam komposisi tersebut Universitas Bung Hatta merupakan satu-satunya PTS yang berada di luar pulau Jawa dan pada FRI 2015 Rektor UBH ditunjuk untuk yang kedua kalinya sebagai dewan pertimbangan FRI”, imbuh Niki.

Pada kesempatan tersebut disepakati, bahwa Forum Akademis Samudera Hindia yang di gagas Universitas Bung Hatta mendapat dukungan dari berbagai Universitas di dalam maupun luar negeri serta instansi pemerintah, telah ditetapkan menjadi bagian dari program kerja FRI 2015. Dalam program kerja yang ditetapkan tersebut beberapa bagian disesuaikan dengan prioritas program mengacu kepada program IORA (Indian Ocean Rim Association).

“Kita tahu 2/3 Indonesia adalah lautan, hanya 1/3 daratan, perlunya dipercepat budaya maritim dan perlu segera dirumuskan kurikulum kemaritiman tingkat dasar dan menengah serta tingkatkan cinta tanah air mahasiswa yang berbasis kemaritiman," jelas Niki mengakhiri. (**Indrawadi).

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 27 Januari 2015 - 14:14:27

FPIK UBH Gelar Workshop Teaching Factory KBK KKNI
FPIK UBH Gelar Workshop Teaching Factory KBK KKNI
bunghatta.ac.id - Pentingnya penyusunan kurikulum dalam menciptakan lulusan yang memiliki kompentesi dibidangnya dan juga sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan, Untuk itu Fakutlas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengadakan Workshop Metode Pembelajaran Teaching Factory KBK KKNI yang diselenggarakan di Ruang Sidang FPIK Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 27-28 Januari 2015.

Workshop ini diikuti oleh seluruh dosen dari Fakutlas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta dan menghadirkan dua pemateri yaitu pertama Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA Rektor I Universitas Bung Hatta yang menjelaskan mengenai Penerapan KBK di Universitas Bung Hatta.

Kemudian pemateri kedua Sinung Rahardjo, A.Pi,M.Si dari Sekolah Tinggi Perikana Serang Banten yang akan membahas mengenai Metode Pembelajaran Teaching Factory, Teknik Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Kerja Mandiri Penyusunan RPS, Teknik Penyusunan Modul Praktikum hingga Kerja Mandiri Penyusunan Modul Praktikum.


Dekan Fakultas Perikananan dan Ilmu Kelautan Ir. Yempita Efendi, MS menympaikan kegiatan workshop ini untuk melanjutkan penyusunan kurikulum KBK-KKNI yang telah digunakan sejak juli 2014 pada dua jurusan di Fakultas Perikananan dan Ilmu Kelautan yaitu Budidaya Perairan dan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

“Dengan workshop ini diharapkan nantinya akan melahirkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan modul praktikum sehingga kurikulum yang sudah disusun benar-benar siap digunakan,” ujarnya saat pembukaan acara, Selasa (27/01/2015).

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA menyampaikan apresiasi kepada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan karena telah sampai pada langkah ke 7 dari 8 langkah dalam penyusuanan kurikulum KBK KKNI.

“Saat ini semua program studi di Universitas Bung Hatta tengah menyusun kurikulum KBK KKNI, dengan kurikulum ini beban pembelajaran pada dunia pendidikan semakin mudah sebab jumlah mata kuliah akan sedikit tidak banyak lagi dan berbasis kompetensinya,” ungkap Eko. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 27 Januari 2015 - 14:14:12

Penyusunan Kurikulum KBK KKNI Universitas Bung Hatta
Penyusunan Kurikulum KBK KKNI Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan rapat penyusunan Kurikulum KBK KKNI untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dillaksanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Haat, Selasa (27/01/2015).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Ketua dan Sekretaris Jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kepala BAAK dan BP3M Universitas Bung Hatta serta dihadiri oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 26 Januari 2015 - 13:38:36

Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Tinjau Pembangunan Blok B III
Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Tinjau Pembangunan Blok B III
bunghatta.ac.id - Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. Hasan Basri Durin dan Jajaran Pengurus Yayasan, Senin,26/1/15 Tinjau Pembangunan Gedung Blok B III Kampus Proklmator II. Blok B III tersebut pada Semester Genap TA 2014/2015 akan segera di fungsikan untuk Poliklinik Kesehatan Rahmi Hatta yang akan melayani seluruh mahasiswa dan masyarakat sekitar, ruang baca/perpustakaan, ruangan rapat dan ruang.

Lantai II di peruntukan untuk labor-labor dan sebagian untuk ruang kuliah. Lantai III untuk ruang kuliah dan Lantai IV sebagai Aula
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 26 Januari 2015 - 10:43:40

11 Mahasiswa Sastra Jepang UBH Akan Magang Perhotelan di Jepang
11 Mahasiswa Sastra Jepang UBH Akan Magang Perhotelan di Jepang
bunghatta.ac.id - Sebanyak 11 dari 38 orang mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta lulus wawancara calon peserta magang perhotelan di Jepang tahun 2015 yang dilaksnakan di Gedung Fakultas Ilmu Budaya Blok B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (22/01/2015).

Dr. Diana Kartika, M.Hum Ketua Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta menyampaikan seleksi wawancara langsung dilakukan oleh Hiroshi Nakamura (President & CEO) FET SYSTEM Inc. sebuah perusahaan Jepang yang membawahi 38 hotel yang tersebar di berbagai wilayah Jepang. Sebelum melakukan wawancara, Nakamura memperkenalkan perusahaannya kepada seluruh peserta.

"Selaksi ini hanya untuk mahasiswa dari jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta," ungkapnya.

ia juga mengatakan rombongan tersebut dari FET SYSTEM Inc yang terdiri dari Hiroshi Nakamura (CEO), Satoru Sugiyama (Ass General Manager), Tomoyuki Meguro (Dept. Security Chief), Uda Naoshi (Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang), dan bapak Syamsul Bachri (Dekan Fakultas Sastra UNSADA-Jakrta)

"Kegiatan ini adalah hasil kunjungan prodi Sastra Jepang ke Universitas Darma Persada bulan September 2014 yang lalu. Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang yang kebetulan berpusat di Unsada melalui bapak Syamsul Bachri menawarkan kerjasama dengan prodi Sastra Jepang Universitas Bung Hatta untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mendapatkan pengalaman bekerja dan belajar di Jepang," jelasnya.

Didampingi Ketua dan Sekretaris Prodi, rombongan FET SYSTEM Inc. juga mengadakan pertemuan dengan Wakil Rektor I Dr. Ir. Eko Alvares. Z. MSA di Ruang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (22/01/2015).

Eko berharap ke depan bukan hanya mahasiswa prodi Sastra Jepang saja yang akan berangkat untuk magang ke Jepang. "Semua mahasiswa dari prodi lain juga akan berkesempatan untuk magang ke Jepang, tentunya harus membekali diri dengan kemampuan bahasa Jepang," ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 24 Januari 2015 - 23:55:57

Sosialisasi Posdaya Proklamator, Kenalkan Tas Laptop Dari Sampah
Sosialisasi Posdaya Proklamator, Kenalkan Tas Laptop Dari Sampah
bunghatta.ac.id - Limbah plastik adalah bahan yang sulit diuraikan mikroorganisme jika hanya ditimbun di dalam tanah. Butuh waktu hingga ratusan tahun lamanya untuk membuat plastik dapat terurai. Butuh banyak cara untuk dapat mereduksi limbah plastik tersebut. Salah satunya, yaitu dengan memanfaatkannya menjadi barang lain yang berharga dan bermanfaat. Hanya perlu sedikit sentuhan kreasi yang unik agar limbah plastik itu dapat menjadi lebih bernilai secara ekonomi. Banyak sekali kreasi yang bisa dibikin dari plastik bekas ini, mulai dari tas, dompet, tempat minum plastik, payung, lampion,dll.

Hal itu disebutkan Ir. Eddy Soesillo,M.Eng saat sosialisasi pembentukan Posdaya Proklamator Damandiri di Kantor Kelurahan Ulak Karang Selatan, Jumat,23/1.

“Tas laptop ini saya beli Rp.350 ribu, menyulap sampah plastik menjadi benda berguna di rumah, ternyata tidak sulit. Asal punya niat kuat, tekun, dan sedikit bumbu kreatif, kemasan mi instan, kopi instan, atau kantong keresek bisa dianyam menjadi dompet, tempat pensil, dan tas” kata Eddy sambil menunjukkan tas laptop.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Lurah dan perangkat kelurahan Ulak Karang Selatan serta ibu-ibu PKK Ulak Karang Selatan serta beberapa Ka.RT/RW, mendengaran pemaparan materi secara ringkas dari Tim Lembaga Penelitian Pengabdian Pada Masyarakat yang terdiri dari Dr. Elfiondri, Ir. Indra Khaidir,ST,.MT dan Dr.Hendra Suherman. (**Indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 23 Januari 2015 - 10:32:38

240 Mahasiswa FKIP UBH Ikuti Praktik Lapangan Kependidikan
240 Mahasiswa FKIP UBH Ikuti Praktik Lapangan Kependidikan
bunghatta.ac.id - Sebanyak 240 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (23/01/2015).

Dalam sambutan pembukaannya Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta, Dr. Ir. Eko Alvares, Z MSA mengatakan mahasiswa yang mengikuti praktik lapangan kependidikan ini dapat juga disebut sebagai duta-duta dari Universitas Bung Hatta. Untuk itu, harus memiliki kemampuan dalam beradapatasi yang baik dan bersikap seperti layaknya sosok Bung Hatta.

“Mahasiswa yang mengikuti praktik lapangan ini juga meningkatkan kompetensi lulusan sebagai bakal menjadi tenaga pendidik di masa datang yang dapat bersaing dengan lulusan baik dalam maupun luar negeri, terutama di era pasar bebas ini,” jelasnya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Drs. Khairul, M.Sc menyampaikan praktik lapangan kependidikan merupakan mata kuliah yang berada di semester akhir dan sangat penting bagi mahasiswa kependidikan sebab dari seluruh pembelajaran di bangku perkuliahan muaranya disini.

“Selama mengikut praktik lapangan ini mahasiswa dituntut untuk memahami dan mempraktikan ilmunya terkait merancang dan strategi proses pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran. Dengan praktik lapangan ini akan dilihat kualitas mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon seorang guru,” ucapnya.

Khairul juga mengatakan terkait dengan kurikulum berbasis kompetensi maka kedepannya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta akan memperluas area praktik lapangan kependidikan yang selama ini hanya di Kota Padang.

“semoga para mahasiswa dapat memperoleh banyak pengalaman selama mengikuti praktik lapangan ini dan dapat memahami bagaimana pengelolaan sebuah sekolah itu,” tambahnya.

Sementara itu, Yulfia Nora, S.Pd, M.Pd, Ketua Penyelenggara Praktik Lapangan Kependidikan FKIP Universitas Bung Hatta menyampaikan pembekalan ini bertujuan untuk menyiapkan diri mahasiswa sebelum terjun ke lapangan sebagai tenaga pendidik di sekolah-sekolah sehingga kita juga turut dalam menyiapkan dan meningkatkan profesionalisme calon guru.

"Sebagai calon guru nantinya para mahasiswa Praktik Lapangan Kependidikan harus diberi pembekalan dan pemahaman bagaimana menerapkan teori selama di bangku perkuliahan untuk dipraktikkan langsung kepada siswa dan bagaimana menghadapi siswa saat mengajar," ujarnya.

ia mengatakan materi yang berikan kepada peserta Praktik Lapangan Kependidikan ini berasal dari Dinas Pendidikan Kota Padang Drs. Muzwarto, M.Pd, Kepala Sekolah SMPN 3 Padang Drs.H. Asrizal, Ketua Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komuter Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Drs. Khairudin, M.Si.

"Nantinya Mahasiswa peserta Praktik Lapangan Kependidikan ini untuk periode Januari hingga Maret 2014 dan akan disebar ke seluruh sekolah di Kota Padang yang terdiri dari 3 Sekolah Dasar, 18 Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, 2 Sekolah Menengah Atas dan 3 Sekolah Menengah Kejuruan," imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.145.183.128