Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Arif Havas Oegroseno Deputi Kedaulatan Maritim RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa FPIK UBH

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang dibalut dalam rangkaian Bung Hatta Memorial Lecture Series Tahun 2015 dengan mendatangkan Arif Havas Oegroseno, SH, LLM Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia yang....

Teknik Ekonomi Konstruksi Gelar Kuliah Umum Profesi Quantitiy Surveyor

Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantity Surveying Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum dengan bertemakan profesi quantitiy surveyor pada bidang industri konstruksi dalam menghadapi persaingan masayarakat ekonomi ASEAN yang diselenggarakan di Aul....

Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika

Matematika bukan hal yang asing lagi karena sudah dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun, pada kenyataannya ilmu matematika terkesan kaku dan sedikit orang yang ingin mempelajarinya. Hal ini terjadi karena kurangnya variasi dalam pembelajaran matematika. Untuk itu, berbagai gaya belajar yang ....

Rapat Kerja dan Anggaran Tahun 2015 Pleno Satu

Rapat Kerja dan Anggaran Tahun 2015 Universitas Bung Hatta untuk pleno satu yang membahas Penyampaian Evaluasi Program Kerja 2014/2015 dan rencana programa kerja 2015/2016 masing-masing fakultas, Pascasarjana dan UPT yang dilaksanakan di Balairung Anai, Malibo Anai Resort pada 03-04 Mei 2015. K....

Universitas Bung Hatta Mengadakan RKAT 2015

Memasuki tahun anggaran baru Universitas Bung Hatta mengadakan Rapat Kerja Anggaran Tahunan untuk tahun anggaran 2015/2016 yang bertempat di Balairung Anai, Malibo Anai Resort pada 03-04 Mei 2015. Kegiatan yang diikuti 125 peserta ini yang terdiri dari pimpinan universitas, pimpinan fakultas, ket....

Mari Ramaikan Festival Kebudayaan Jepang (Bungkasai) ke-15 Sastra Jepang UBH

Ada suasana yang berbeda bila mengunjungi Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta tepatnya di Gedung Blok B, ornamen-ornamen negeri sakura begitu meriahnya dengan berbagai macam kuliner khas jepang dan bunga sakura yang menghiasi kegiatan Festival Kebudayaan Jepang atau dikenal dengan Bungkasai....

Selasa 16 September 2014 - 14:15:24

Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
bunghatta.ac.id - Kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 20 September 2014 nanti di Universitas Bung Hatta, rencananya akan akan dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan DAMANDIRI Prof. Dr. Haryono Suyono.

Hal itu disampaikan ketua Pelaksana Indra Khaidir, ST, MT saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota Padang dalam hal ini bersama Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si di rumah dinasnya, Senin (15/9/14) perihal pelaksanaan rakor tersebut di UBH.

"Pertemuan tersebut juga diikuti oleh Rektor Universitas Taman Siswa dan Korwil Posdaya Sumbar dan beberapa orang staf," ungkapnya.

Dengan seksama Indra Khaidir menjelaskan tentang Posdaya yang mungkin selama ini belum banyak yang memahami apa itu Posdaya termasuk Wawako dan jajarannya.

"Jika kegiatan ini terlaksana dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan akan tercatat salah satu rekor terbesar Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya, karena akan mengundang sekitar 108 Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dan Pimpinan daerah se-Sumatera Barat” imbuh Indra".

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Universitas Bung Hatta dan Korwil Posdaya Sumbar yang telah menggagas kegiatan ini. Kami sendiri belum tentu bisa bertemu dan berbincang bahkan menghadirkan Bapak Haryono Suyono ke Padang ini.

"Seharusnya kami dari pemerintah kota yang datang ke Universitas Bung Hatta, tetapi malah kami yang dikunjungi. Tentunya dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk mendukung program pemerintah Kota Padang, imbuhnya. (*Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 3 Agustus 2014
Daftar Ulang: 4 - 16 Agustus 2014


Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 06 Mei 2015 - 12:13:48

Arif Havas Oegroseno Deputi Kedaulatan Maritim RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa FPIK UBH
Arif Havas Oegroseno Deputi Kedaulatan Maritim RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa FPIK UBH
bunghatta.ac.id - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang dibalut dalam rangkaian Bung Hatta Memorial Lecture Series Tahun 2015 dengan mendatangkan Arif Havas Oegroseno, SH, LLM Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator, Rabu (06/05/2015).

Kuliah umum ini diikuti lebi dari 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan fakultas lainnya di Universitas Bung Hatta, pimpinan dan dosen Universitas Bung Hatta, Kepala Sekolah dan pelajar SMK Kelautan di Sumatera Barat termasuk SUPM Pariaman, SMK Pelayaran dan Akademi Maritim. Turut hadir juga Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc.

Dekan Fakultas Perikan dan Ilmu Kelautan Ir. Mas Eriza, M.Si menyampaikan kuliah umum ini merupakan kerjasama antara fakultas dengan Menteri Koodinator Bidang Maritim Republik Indonesia dengan mengangkat topik kepemimpinan indonesia sebagai strategi diplomasi maritim menuju poros maritim dunia.

“Dengan kegiatan ini semoga dapat memberikan pemahaman dan menambah wawasan kepada mahasiswa khususnya dan peserta tamu undangan lainnya mengenai peranan Indonesia dalam dunia maritim,” ungkapnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA menyampaikan kuliah umum ini merupakan kegiatan kedua dari rangkaian kegiatan Bung Hatta Memorial Lecture Series untuk tahun 2015 yang sebelumnya dibuka dengan kedatangan Ketua BPK RI Dr. H. Harry Azhar Azis, MA. Kedatangan tokoh besar nasional yang hadir ke kampus proklamator ini menjadi agenda penting dalam memberikan pengalaman, pemahaman dan pandangan mereka kepada para mahasiswa.

“Universitas Bung Hatta sebagai kampus yang menginisiasi terbentukanya Forum Akademik Samudera Hindia dalam upaya untuk memanfaatkan potensi sumber daya dari Samudera Hindia yang berhadapan langsung dengan Indonesia terutama dengan kampus proklamator ini,” jelasnya.

Ia juga mengatakan selain dengan telah terbentuknya Forum Akademik Samudera Hindia yang melibatkan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri ini, Universitas Bung Hatta juga ikut ambil bagian dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) untuk mendukung Indonesia keketuaan Indonesian IORA pada periode 2015-2017.

“Dengan kuliah umum ini kita dapat menggali lagi dan manambah pemahaman dalam mendukung program pemerintah dimana Indonesia menuju poros maritim dunia,” ujanrnya.

Pada kesempatan ini Arif Havas Oegroseno yang juga menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa memaparkan materi mengenai Leadership Indonesia di
Indian Ocean Rim Association (IORA) Peran dan Kontribusi Sumatera Barat.

Ia menyampaikan kebijakan kelautan Indonesia sudah ada lama seperti dalam Deklarasi Djuanda, Perundingan UNCLOS III, Diplomasi Perbatasan, Pengelolaan Selat Malaka dan Singapura dan lain halnya. Sementra itu dalam pemerintahan Jokowi-JK kebijakan kelautan Indonesia untuk menjadi proros maritim dunia dan dibentuknya Lembaga Kemenko Maritim

“Terdapat 5 pilar Kebijakan Kelautan pemerintahan Jokowi-JK yaitu budaya kemaritiman, ekonomi kemaritiman, infrastruktur kemaritiman, diplomasi kemaritiman dan kemananan kemaritiman. Sementara itu dalam kaitannya IORA terdapat 6 program prioritas kerjasama yaitu keselamatan dan keamanan maritim, perdagangan dan investasi, manajemen perikanan, manajemen risiko bencana, kerjasama akademik dan IPTEK serta pariwisata dan pertukaran budaya,” uangkapnya.

Dalam keketuaan Indonesia pada IORA 2015-2017 tentunya tidak hanya sekedar untuk menjadi ketua namun juga menjadi pemimpin. Terdapat beberapa peran penting dan kontribusi Sumatra Barat baik dari akademisi dan pemerintah daerah dalam mendukung program kerjasama IORA.

“Misalnya dalam dunia pendidikan melalui kerjasmaan perguruan tinggi di sekitar samudera hindia untuk melakukan penelitan-penelitian yang strategis, kelautan/hidrografi, lingkungan, keanekaragaman hayati laut dan perikanan. Kemudian membangun Sister City/Sister Province, membangun jaringan kerjasama tsunami early warning dan pariwisata,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 05 Mei 2015 - 12:02:35

Teknik Ekonomi Konstruksi Gelar Kuliah Umum Profesi Quantitiy Surveyor
Teknik Ekonomi Konstruksi Gelar Kuliah Umum Profesi Quantitiy Surveyor
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantity Surveying Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum dengan bertemakan profesi quantitiy surveyor pada bidang industri konstruksi dalam menghadapi persaingan masayarakat ekonomi ASEAN yang diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Unuversitas Bung Hatta, Selasa (05/05/2015).

Ketua Pelaksana, Vivi Ariani, S.Pd, MT mengatakan kegiatan ini dilaksanakan jurusan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai peranan dan prospek kerja serta peluangnya di bidang quantity surveying setelah lulus kuliah. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa agar lebih melek dengan pengunaan teknologi terutama di bidang konstruksi.
“Semoga dengan kuliah umum ini mahasiswa Quantity Surveying Universitas Bung Hatta dapat menambah pemahaman dan wawasannya,” imbuhnya.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir Hendri Warman, MSCE dalam sambutan pembukaaannya menyampaikan jurusan quantity surveying universitas bung hatta ini merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Indonesia dan menjadi peluang yang sangat besar bagi lulusanya dalam mencari pekerjaan sebab profesi dari jurusan ini banyak dibutuhkan.

“Dalam menyambut pesaingan pasar bebas ASEAN tentunya mahasiswa harus mempersiapkan diri dan harus memilik kompetensi seusai bidangnya masing-masing. Kita harus menjadi tuan rumah dinegeri sendiri,” sebutnya.

Ia juga menambahkan para mahasiswa harus memiliki tiga hal berikut ini yaitu knowledge, skills dan atitude sebelum terjun ke dunia kerja sebagai nilai jual dan daya saing terhadap yang lainnya. “Sudah banyak alumni kita yang berkiprah dan memperoleh jabatan yang strategis dalam pekerjaannya tentunya hal ini dapat juga memberikan motivasi dan kiat suksesnya,” katanya.

Kuliah umum ini menghadirkan Ir. Insanul Kamil, Ph.D, IPM dari LPJK Sumatra Barat dan Alumni Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 05 Mei 2015 - 10:25:56

Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika
Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika
bunghatta.ac.id - Matematika bukan hal yang asing lagi karena sudah dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun, pada kenyataannya ilmu matematika terkesan kaku dan sedikit orang yang ingin mempelajarinya. Hal ini terjadi karena kurangnya variasi dalam pembelajaran matematika.

Untuk itu, berbagai gaya belajar yang menarik dan menyenangkan harus diciptakan dalam pembelajaran matematika agar para pelajar dapat merasa senang dan nyaman selama mengikuti proses pembelajaran.

Melihat hal tersebut Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengangkat Seminar Pendidikan Matematika dan Workshop dengan tema Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika yang diselenggarakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 9 Mei 2015 pukul 07.30 WIB.

Ketua Peleksana Fitria Oulina Ali menyampaikan peserta mengikuti seminar dan workshop ini adalah dapat menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman tentang nilai budaya yang terdapat dalam pembelajaran metematika.

“Acara ini berupa Seminar Pendidikan Matematika yang diselenggarakan secara pleno dengan tema Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika serta workshop mengenai teknik menciptakan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif serta menyenangkan bagi siswa.,” sebutnya.

Seminar ini akan menghadirkan tiga pemateri yaitu Dr. Yansen Marpaung Pakar Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Drs. Syamsulrizal, M.M. Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat dan Niniwati, M.Pd. Dosen Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta Padang.

Peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan inset untuk mahasiswa Rp.60.000 dan umum Rp. 120.000 bila ingin mengikuti workshop maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 30.000.

Informasi lengkapnya dapat menghubungi Rahmi 08566279079, Refi 085365621621 dan Nanan 083182825956 serta dapat mengunjungi stand pendaftaran di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 05 Mei 2015 - 08:31:23

Rapat Kerja dan Anggaran Tahun 2015 Pleno Satu
Rapat Kerja dan Anggaran Tahun 2015 Pleno Satu
bunghatta.ac.id - Rapat Kerja dan Anggaran Tahun 2015 Universitas Bung Hatta untuk pleno satu yang membahas Penyampaian Evaluasi Program Kerja 2014/2015 dan rencana programa kerja 2015/2016 masing-masing fakultas, Pascasarjana dan UPT yang dilaksanakan di Balairung Anai, Malibo Anai Resort pada 03-04 Mei 2015.

Kegiatan yang diikuti 125 peserta ini yang terdiri dari pimpinan universitas, pimpinan fakultas, ketua dan sekeretaris jurusan, kepala tata usaha fakultas,kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), serta perwakilan kepala laboratorium tiap jurusan.

Dalam rapat ini membahas mengenai penyampaian evaluasi program kerja 2014/2015 masing-masing fakultas, Pascasarjana dan UPT, Pendampingan Pengisian Borang Program Masing-masing Fakultas, Pascasarjana, UPT, Arahan Program Kerja 2015-2016 Universitas hingga Ice breaking dalam penyampaian permasalahan yang terjadi di tiap program studi. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 05 Mei 2015 - 08:09:53

Universitas Bung Hatta Mengadakan RKAT 2015
Universitas Bung Hatta Mengadakan RKAT 2015
bunghatta.ac.id - Memasuki tahun anggaran baru Universitas Bung Hatta mengadakan Rapat Kerja Anggaran Tahunan untuk tahun anggaran 2015/2016 yang bertempat di Balairung Anai, Malibo Anai Resort pada 03-04 Mei 2015.

Kegiatan yang diikuti 125 peserta ini yang terdiri dari pimpinan universitas, pimpinan fakultas, ketua dan sekeretaris jurusan, kepala tata usaha fakultas,kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), serta perwakilan kepala laboratorium tiap jurusan. Turut hadir juga Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc.

Ketua Pelaksana Dr. Hendra Suherman, ST, MT menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk penyusunan program kerja tahun 2015/2016 yang dihimpun dari fakultas, pascasarjana dan Unit Pelaksana Teknis.

“Dalam rapat kerja anggaran ini tim perumus akan menghimpun semua usulan program kerja tahun berikutnya begitu juga setelah tim perumus selesai maka tim anggaran akan membuat rencana anggaran untuk pelaksnaan program kerja tahun 2015/2016,” ungkapnya.

Sementara itu Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA mengatakan apresiasinya dan mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam kegiatan ini. kegiatan yang diadakan tahunan ini untuk penyusunan program kerja tahun 2015/2016 yang pada kesempatan pleno pertama ini fokus untuk rapat kerja yang bersifat umum.

“Selain untuk kegiatan penyusunan program kerja dan anggaran kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mempererat dan mengokohkan tali silaturahmi. Semoga dengan kegiatan ini kita dapat mengopimalkan kinerja demi kepentingan institusi ini,” ucapnya.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 30 April 2015 - 14:01:55

Mari Ramaikan Festival Kebudayaan Jepang (Bungkasai) ke-15 Sastra Jepang UBH
Mari Ramaikan Festival Kebudayaan Jepang (Bungkasai) ke-15 Sastra Jepang UBH
bunghatta.ac.id - Ada suasana yang berbeda bila mengunjungi Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta tepatnya di Gedung Blok B, ornamen-ornamen negeri sakura begitu meriahnya dengan berbagai macam kuliner khas jepang dan bunga sakura yang menghiasi kegiatan Festival Kebudayaan Jepang atau dikenal dengan Bungkasai yang ke-15 yang diselenggarkaan oleh Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta pada 30 April hingga 2 Mei 2015.

Ketua Pelaksana Wendy Seprinaldi menyampaikan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta ini bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat serta untuk menguji kemampuan para peserta yang mengikuti lomba mengenai bahasa dan kebudayaan Jepang.

“Banyak kegiatan yang akan diperlombakan dalam Bungkasai ke-15 ini seperti lomba pidato berbahasa Jepang, cerdas cermat kejepangan, karikatur jepang dan lainnya dengan total peserta lebih dari 250 peserta yang tidak hanya dari Sumatra Barat saja tapi ada dari Medan dan Riau. Selain itu juga ada seminar, bazar dan rumah hantu (obake house),” ujanrnya.

Festival Bungkasai ke-15 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UBH, Drs. Suparman Khan, M.Hum, ditandai dengan pemasakangan pakaian happi dan ikat kepala hachimaki dari panitia.

Ia mengatakan Bungkasai yang diadakan oleh jurusan sastra Jepang Universitas Bung Hatta menjadi kegiatan yang monumental yang selalu ditunggu-tunggu pelaksnaannya. Kegiatan kebudayaan ini harus mendapat perhatian yang serius oleh berbagai kalangan karena dengan kebudayaan yang dimilik oleh suatu bangsa dapat menunjukan jati diri bangsa tersebut.

“Bungkasai ini terus diadakan tiap tahunnya untuk memberikan pengayaan serta menjadi sarana kreativitas. Hal ini perlu kita dukung dalam mengapresiasiskan dan mengkreasikan seni dan budaya. Kedepan kegiata bungkasai dalam juga melibatkan berbagai jurusan dan fakultas dalam kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan,”ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga terdapat suguhan kaligarafi jepang, tarian khas Jepang persembahan Sukura Dance Sastra Jepang Universitas Bung Hatta, penampilan drama Ichinensei yang pemainnya berasal dari mahasiswa Sastra Jepang angkatan 2015 bercerita tentang kisah beauty and the beast yang dibawakan dengan menggunakan bahasa Jepang dan ditutup dengan paduan suara dari panitia.

Selama festival berlangsung, pengunjung dapat melihat bazar yang telah disedikan oleh panitia seperti pakaian, asesoris, makanan khas Jepang bahkan ada taman bunga sakura, rumah hantu (obake house), parade band dan berbagai hiburan lainnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 29 April 2015 - 14:23:58

Bung Hatta Accounting Fair (BAF) Part VI
Bung Hatta Accounting Fair (BAF) Part VI
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Bung Hatta kembali mengadakan Bung Hatta Accounting Fair (BAF) part VI yang dirangkum dalam beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Bazar, Seminar Nasional, Pelatihan Partial Least Square, Accounting Competition tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera dan Field Trip pada 04 - 14 Mei 2015 mendatang.

Ketua Pelaksna Juli Hariyanto menyampaikan kegiatan ini bertujana untuk Meningkatkan silaturahim Mahasiswa Jurusan Akuntansi Se-Sumatera, meningkatkan wawasan Mahasiswa tentang Akuntansi, meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha (entrepreneurship) dan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa di bidang Akuntansi.

“Kegiatan Bung Hatta Accounting Fair (BAF) part VI ini yang diharapkan mampu menunjang dan menambah wawasan mahasiswa akuntansi dalam bidang akademik seiring dengan perkembangan dunia akuntansi saat ini, untuk mampu manandingi perubahan zaman yang berubah cepat maka kita harus terus menerus tampil prima,” jelasnya.

Ia menjelaskan bazar merupakan acara pertama, dimana bazar merupakan wadah kegiatan bagi masyarakat akuntansi untuk menyalurkan kreativitas dan bakat dalam berwirausaha (entrepreneurship).

“Kegiatan ini diangkat dengan tema Balai Rakyat Akuntansi yang bertempat di Halaman Gedung III Blok A Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 04 - 08 Mei 2015. Rencananya kegiatan ini akan diikuti oleh beberapa stand seperti stand kantor akuntan publik yang ada di Sumatera Barat, Perbankan, UKM dan usaha-usaha lainnya yang bersedia mengikuti bazar ini,” sebutnya.

Acara kedua, Seminar Nasional dengan tema Integrated Reporting: Implementation and Long-Term Benefit for Indonesia yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 11 Mei 2015.

“Kegiatan ini diharapkan akan mampu mengasah kemampuan dalam berfikir secara kreatif, kritis, dan intelektual, dalam mengikuti perkembangan terbaru dari dunia Akuntansi itu sendiri. Dengan terlaksananya seminar ini diharapkan menambah pengetahuan bagi mahasiswa mengenai Integrated Reporting,” ujarnya.

Acara ketiga Pelatihan bertemakan Pengolahan Data Menggunakan Partial Least Square (PLS) yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 12 Mei 2015.

“Peserta dari pelatihan ini adalah mahasiswa. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan dampak positif yang berguna bagi peserta itu sendiri,” imbuhnya.

Kemudian kegiatan keempat Accounting Competition dengan mengangkat tema Show Accounting Ability With Your Skill yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 10 Mei 2015 dan 13 Mei 2015 .

“Peserta dalam Cerdas Cermat ini adalah dengan mengundang mahasiswa akuntansi dari Perguruan Tinggi se- Sumatera. Cerdas Cermat ini dilakukan sebagai ajang kompetisi di bidang akuntansi dan memperkenalkan Universitas Bung Hatta sebagai salah satu Universitas Swasta terkemuka di Sumatera Bara,” jelasnya.

Acara ke-lima Field Trip, acara ini bertemakan “Field Trip dan Kunjungan Kerajinan Minangkabau” pada 14 Mei 2015. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa melakukan perjalanan wisata di Sumatera Barat dan melakukan kunjungan secara langsung ke tempat kerajinan Minangkabau dengan mengunjungi beberapa home industri yang terkemuka di Sumatera Barat.

“Tujuannya untuk memberikan gambaran dan informasi tentang bagaimana kondisi nyata dari sebuah home industri. Selain itu, kegiatan ini juga mengajak mahasiswa untuk lebih dekat dengan kondisi lapangan,” katanya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.167.175.218