Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Bupati Kabupaten Solok Terima Mahasiswa KKN-PPM Dari 8 Perguruan Tinggi

Bupati Solok, H. Syamsu Rahim, hari Senin (29/06/2015), menerima mahasiswa KKN dari 8 Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, secara simbolis, bertempat di Ruang Pelangi, Kantor Bupati Solok. Selain Bupati Solok, hadir pada acara penyambutan tersebut antara lain Kepala BPM, H. Khairi Yusri, Sekretar....

Saat KKN-PPM, Mahasiswa Universitas Bung Hatta Berikan Tausyiah

Bulan Ramadan tidak menjadi halangan bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta untuk membuat kegiatan dan pendekatan kepada masyarakat bahkan berbagi ilmu dengan memberikan ceramah di masjid. Seperti yang dilakukan oleh Tomi Chandra ma....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Kenalkan Metode Belajar Yang Asik Untuk Anak-Anak

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mulai melaksanakan program pokoknya dengan memperkenalkan metode pembelajaran melalui media permainan. Seperti program pokok yang dilaksanakan oe....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Manfaat Kartu Remi dan Koa Bekas Jadi Kerajinan Tangan

Tidak banyak masyarakat yang memanfaatkan barang-barang bekas yang terbilang tidak berharga padahal bila diolah sedemikian rupa akan memiliki nilai jual yang tinggi sehingga dapat menambah pemasukan bagi masyarakat dan juga dapat mengurangi limbah. Melihat peluang tersebut mahasiswa Universitas B....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Lakukan Sosialisasi Program

Untuk lebih mendekatkan diri dan menyukseskan program kerja selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) ditiap nagarinya, mahasiswa Universitas Bung Hatta mengadakan sosialisasi dan melakukan diskusi dengan perangkat kenagariaan dan masyarakat setempat. Wi....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Berdayakan Masyarakat Lewat Budidaya Pepaya Madu

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta di Nagari Batu Hampar, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluhkota melakukan pemberdayaan masyarakat dengan melakukan budidaya pepaya madu. Ghina Okthawilanda salah satu mahassiwa KKN-PPM Universit....

Selasa 16 September 2014 - 14:15:24

Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
bunghatta.ac.id - Kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 20 September 2014 nanti di Universitas Bung Hatta, rencananya akan akan dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan DAMANDIRI Prof. Dr. Haryono Suyono.

Hal itu disampaikan ketua Pelaksana Indra Khaidir, ST, MT saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota Padang dalam hal ini bersama Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si di rumah dinasnya, Senin (15/9/14) perihal pelaksanaan rakor tersebut di UBH.

"Pertemuan tersebut juga diikuti oleh Rektor Universitas Taman Siswa dan Korwil Posdaya Sumbar dan beberapa orang staf," ungkapnya.

Dengan seksama Indra Khaidir menjelaskan tentang Posdaya yang mungkin selama ini belum banyak yang memahami apa itu Posdaya termasuk Wawako dan jajarannya.

"Jika kegiatan ini terlaksana dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan akan tercatat salah satu rekor terbesar Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya, karena akan mengundang sekitar 108 Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dan Pimpinan daerah se-Sumatera Barat” imbuh Indra".

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Universitas Bung Hatta dan Korwil Posdaya Sumbar yang telah menggagas kegiatan ini. Kami sendiri belum tentu bisa bertemu dan berbincang bahkan menghadirkan Bapak Haryono Suyono ke Padang ini.

"Seharusnya kami dari pemerintah kota yang datang ke Universitas Bung Hatta, tetapi malah kami yang dikunjungi. Tentunya dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk mendukung program pemerintah Kota Padang, imbuhnya. (*Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 3 Agustus 2014
Daftar Ulang: 4 - 16 Agustus 2014


Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 01 Juli 2015 - 09:07:56

Bupati Kabupaten Solok Terima Mahasiswa KKN-PPM Dari 8 Perguruan Tinggi
Bupati Kabupaten Solok Terima Mahasiswa KKN-PPM Dari 8 Perguruan Tinggi
bunghatta.ac.id - Bupati Solok, H. Syamsu Rahim, hari Senin (29/06/2015), menerima mahasiswa KKN dari 8 Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, secara simbolis, bertempat di Ruang Pelangi, Kantor Bupati Solok.

Selain Bupati Solok, hadir pada acara penyambutan tersebut antara lain Kepala BPM, H. Khairi Yusri, Sekretaris BPM, Syamsul Bahri, Camat Kubung, Fery Hendria, Camat Tigo Lurah, Romi Hendrawan, Camat Lembang Jaya, Syahrial, Camat Junjung Sirih, Herman dan Camat IX Koto Sungai Lasi, HN. Efiardi serta seluruh SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Solok. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Perwakilan Rektor dan Ketua Sekolah Tinggi, serta para mahasiswa dan mahasiswi peserta KKN PPM di Kabupaten Solok yang jumlahnya sekitar 1406 orang.

Sekretaris BPM, Syamsul Bahri, dalam laporannya menyampaikan bahwa berdasarkan kesepakatan antara pemerintah Kabupaten Solok, dengan Perguruan Tinggi, bahwa tahun ini Kabupaten Slok menerima mahasiswa KKN sebanyak 34 nagari yang tersebar di tujuh kecamatan sebagai sasaran atau lokasi penempatan mahasiswa. Perguruan tinggi pelaksanan KKN yang dilaksanakan pada tahun 2015 ini diikuti oleh 1406 orang mahasiswa, yang terdiri dari 8 perguruan tinggi di Sumbar, terang Syamsul Bahri. Adapun rincian mahasiswa KKN yang ada di Kabupaten Solok, terdiri dari Universitas Andalas sebanyak 386 Orang, Jadwal 29 Juni S/D 13 Agustus yang tersebar pada 8 Nagari Dalam Kec. Kubung, Lembah Gumanti, IX Koto Sungai Lasi, Tigo Lurah, Dan Junjung Sirih.

Sementara Universitas Ekasakti sebanyak 80 Orang, dengan jadwal 3 Aguatus sampai 6 September 2015 Pada 2 Nagari Dalam Kec. Lembah Gumanti. Sedangkan Universitas Bung Hatta menempatkan mahasiswa KKN-nya sebanyak 300 Orang, dengan jadwal 22 Juni sampai 14 Agustus 2015 yang tersebar dalam Kec. Gunung Talang Dan Lembang Jaya. Untuk Perguruan Tinggi STIE EL-HAKIM mahasiswa KKNnya sebanyak 43 Orang, dengan jadwal 6 Feb sampai 20 Maret 2015 Dalam Kec. Kubung.


Selain itu, Perguruan Tinggi STIKES Perintis menempatkan Mahasiswa KKNnya sebanyak 333 Orang, dengan jadwal 11 Mei sampai 13 Juni 2015 yang tersebar dalam 4 Nagari Dalam Kec. Lembah Gumanti. Perguruan Tinggi Universitas Taman Siswa sebanyak 100 Orang, denganm jadwal 30 Juli sampai 30 Agustus 2015 Pada 1 Nagari Dalam Kecamatan Gunung Talang.

Sementara STAI Solok Nan Indah menempatkan KKNnya sebanyak 100 Orang, dengan jadwal 11 Juni sampai 31 Juli 2015 Pada 5 Nagari Di Kec. IX Koto Sungai Lasi dan Perguruan Tinggi STAIN Batu Sangkar menempatkan mahasiswa KKNnya sebanyak 50 Orang, dengan jadwal 23 Juni ampai 11 Agustus 2015 Pada nagari Tanjung Alai Kec. X Koto Diatas.

Bupati Solok, Syamsu Rahim dalam sambutannya,menyampaikan bahwa kerjasama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Perguruan Tinggi yang ada di Sumbar adalah dalam rangkja bertujuan untuk menignkatkan produktifitas masyarakat melalui pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Tujuan dari Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan masyarakat atau KKN PPM ini merupakan pengabdian terhadap masyarakat. Dan ni juga merupakan bentuk kegiatan akademis dengan cara memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam hidup ditengah-tengah masyrakat di luar kampus serta dapat ikut memecahkan permasalahan yang dihadapai dalam lingkungan masyarakat tersebut, jelas Syamsu Rahim.

Selain itu, tuuan KKN itu adalah memperkenalkan kepada mahasiswa tentang fungsi dan perannya dalam pembangunan nasional, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran tentang hak dan tanggung jawab sebagai calon pemimpin bangsa ini di masa mendatang serta memberikan motivasi dan bimbingan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan penghayatan terhadap nilai-nilai dan prinsip dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sumber: www.tabloidbijak.com
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 01 Juli 2015 - 09:03:11

Saat KKN-PPM, Mahasiswa Universitas Bung Hatta Berikan Tausyiah
Saat KKN-PPM, Mahasiswa Universitas Bung Hatta Berikan Tausyiah
bunghatta.ac.id - Bulan Ramadan tidak menjadi halangan bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta untuk membuat kegiatan dan pendekatan kepada masyarakat bahkan berbagi ilmu dengan memberikan ceramah di masjid.

Seperti yang dilakukan oleh Tomi Chandra mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Sabu, Kabupaten Tanah Datar yang mendapat kesempatan untuk menjadi penceramah sebelum salat Tarawih di Masjid Al- Azhar Sei. Ungkang, Jumat (26/06/20/2015).

Ia menyampaikan materi penceramah mengenai kejujuran saat di bulan Ramadan. Sebagai umat muslim seharusnya memiliki sifat yang jujur yang mencerminkan sifat nabi Muhammad Saw. Dengan berkata jujur maka hidup ini akan selamat.

“Kita juga akan mendapatkan berkah dari kejujuran kita apalagi saat di bulan Ramadan ini agar kita juga menjauhi dari sifat munafik. Semoga dengan tausyiah yang disampaikan ini dapat meningkatkan akhlak kita tentang kejujuran dalam bertutur dan bertindak,” imbuhnya mahasisa jurusan Sastra Inggris ini.

Hal serupa juga dilakukan oleh Mahyuddin, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Kelurahan Koto Katiak, Kota Padang Panjang memberikan Tausyiah kepada masyarakat mengenai seputar pendidikan Remaja dan pemuda di masa yang akan datang serta pengaruh dibalik kemajuan teknologi.

“Masyarakat sangat antusias dan bersemangat untuk berkonsultasi setelah memberikan tausyiah ini. Semoga materi tausyiah yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga lebih bisa memperhatikan pendidikan anaknya,” ujar ketua kelompok mahasiswa KKN-PPM di Kelurahan Koto Katiak ini.

Sementara itu, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Batipuah Ateh melakukan pendekatan dan sharing kepada masyarakat dengan mengunjungi setiap musalla dan masjid yang ada di jorong Balai Mato Aie, Nagari Batipuh Ateh.

Muhammad Rafi, Ketua Kelompok KKN-PPM di Nagari Batipuah Ateh menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekaligus melakukan berbagi pengetahuan yang dilakukan sebelum salat Tarawih di masjid dan bila di musalla dilaksanakan sesuadah salat Tarawih.

“Masyarakat disini sangat membutuhkan bantuan dari mahasiswa untuk membantu permasalahan yang ada pada masyarakat dan mereka berharap program kerja yang dilakukan mahasiswa KKN-PPM ini dapat berkelanjutan,” ucapnya mahasiswa Teknik Sipil ini. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 30 Juni 2015 - 10:49:01

Mahasiswa KKN-PPM UBH Kenalkan Metode Belajar Yang Asik Untuk Anak-Anak
Mahasiswa KKN-PPM UBH Kenalkan Metode Belajar Yang Asik Untuk Anak-Anak
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mulai melaksanakan program pokoknya dengan memperkenalkan metode pembelajaran melalui media permainan.

Seperti program pokok yang dilaksanakan oelh Fitria Oulina Ali, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kabupaten Solok yang membuat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan permainan Ular tangga Aljabar yang dilaksanakan di Jorong Pakan Jum'at dan Jorong Balai Oli.

“Kegiatan ini diperkenalkan bagi anak-anak di nagari tersebut. Selain itu juga Metode ini akan dikenalkan nanti kepada guru-guru di sekolah setelah liburan berakhir, agar para guru-guru tersebut bisa membuat alat peraga ini dengan soal-soal matematika lainnya,” sebutnya mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika ini.

Ia juga mengatakan pembelajaran dengan media bantu itu sangat mudah dibuat dan cukup menarik bagi anak-anak dalam memahami pelajaran matematika sambil belajar dan bermain.

“Metode ular tangga aljabar ini, awalnya pengenalan alat peraganya. alat peraga ini berupa papan ular tangga yang berisi soal-soal matematika (aljabar) hampir di setiap kotaknya. Permainan ular tangga aljabar ini hampir serupa dengan permainan ular tangga biasa. Mata dadu yang keluar pengganti variabel pada soal,” jelasnya.

Selain itu juga, Fifi Syahrustani mahasiswa KKN-PPM Univeristas Bung Hatta di Nagari Cupak Kabupaten Solok sudah melaksanakan program pokok pertamanya pada hari kedua dengan memberikan kegiatan pembelajaran membaca dengan metode menyusun kata-kata bagi anak-anak yang belum bisa membaca.

“Anak-anak disini sangat antusias sekali bahkan mereka juga meminta kami untuk datang lagi untuk mengajari mereka. Kegiatan ini tidak hanya sekali saja namun akan ada keberlanjutannya. Anak-anak ini akan diberi tugas dan tugas tersebtu akan dibahas lagi pada hari berikutnya,” sebut mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kemudian, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Talang, Kabupaten Solok mengadakan kegiatan Ceria Ramadhan (cerdas,riang,belajar di bulan Ramadan). Kegiatan ini merupakan kegiatan seperti memberi motivasi untuk meningkatkan semangat belajar buat pelajar sekolah dasar di Nagari Talang khususnya Jorong Koto Gaek yang menjadi program pokok bagi mahasiswa Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ekonomi, kemudian menjadi program bantu bagi lainnya yang berada di nagari tersebut.

Terdapat beberapa program pokok yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPM seperti metode pembelajaran bermain sambil berhitung menggunakan ular tangga dan berhitung cepat dengan jarimatika.oleh mahasiswa dari Pendidikan Matematika, pengenalan cara membuat Herbarium dan insectarium oleh mahasiswa Pendidikan Biologi, pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode movie english oleh mahasiswa Sastra Inggris , kegiatan mengasah otak anak berfikir aktif oleh mahasiswa PGSD dan pengenalan menabung diusia dini dari mahasiswa Akuntansi.

Widya Arnitha, salah satu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Talang menyebutkan disini para pelajar sekolah dasar tersebut mulai memudarnya motivasi untuk belajar sebab kegiatan bermain banyak dilakukan oleh pelajar tersebut.

“Kegiatan Ceria Ramadan ini mendapat dukungan dan perhatian yang serius dari para orang tua dari anak-anak SD yang berpatisipasi dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi daerah Jorong Koto Gaek Nagari Talang Kabupaten Solok terutama bagi pelajar SD karena minimnya kegiatan ramadan untuk anak-anak. Semoga kegiatan ini tetap berjalan dengan baik yang akan diadakan kembali setiap Rabu dan Jum'at,” sebut mahasiswa jurusan Penddikan Matematika ini. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 Juni 2015 - 09:37:57

Mahasiswa KKN-PPM UBH Manfaat Kartu Remi dan Koa Bekas Jadi Kerajinan Tangan
Mahasiswa KKN-PPM UBH Manfaat Kartu Remi dan Koa Bekas Jadi Kerajinan Tangan
bunghatta.ac.id - Tidak banyak masyarakat yang memanfaatkan barang-barang bekas yang terbilang tidak berharga padahal bila diolah sedemikian rupa akan memiliki nilai jual yang tinggi sehingga dapat menambah pemasukan bagi masyarakat dan juga dapat mengurangi limbah.

Melihat peluang tersebut mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Koto Tinggi , Kabupaten Padang Pariaman mengadakan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat dengan memanfaatkan sampah menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Radhi Mualim Putra mahasiswa KKN-PPM di Nagari Koto Tinggi yang melaksanakan kegiatan pemberdayaan dengan memanfaatkan kartu remi dan kartu koa yang terbuat dari kertas untuk diubahnya menjadi kerajianan tangan yang diperuntukan bagi ibu-ibu rumah tangga di Koto Tinggi yang dilaksanakan pada 24 Juni 2015 lalu. Kegiatan ini juga menjadi salah satu program pokok dari 5 program yang akan dijalankannya.

“Karena di sini banyak kedai yang menjadi tempat untuk bermain kartu remi dan koa sehingga banyak juga kartu-kartu bekas yang tidak digunakan dan berserakan padahal bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan dengan dibentuk menjadi vas bunga, tempat buah-buahan, guci, dan lainnya,” sebutnya.

Dikatakan mahasiswa dari jurusan Manajemen angkatan 2012 ini, dengan memanfaakan kartu-kartu yang sudah menjadi limbah tersebut dapat menambah pemasukan bagi masyarakat dan menjadikan limbah tersebut lebih bernilai ekonomi.

“Tentunya dengan kegiatan pemberdayaan ini dapat membangun home industri baru bagi masyarakat di Nagari Koto Tinggi. Karena produk rumahan jadi bagi peminat karya seni dapat memesannya terlebih dahulu. Kedepannya kerajianan tangan ini perlu diperhatikan dan dikembangkan lagi,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 26 Juni 2015 - 11:38:06

Mahasiswa KKN-PPM UBH Lakukan Sosialisasi Program
Mahasiswa KKN-PPM UBH Lakukan Sosialisasi Program
bunghatta.ac.id - Untuk lebih mendekatkan diri dan menyukseskan program kerja selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) ditiap nagarinya, mahasiswa Universitas Bung Hatta mengadakan sosialisasi dan melakukan diskusi dengan perangkat kenagariaan dan masyarakat setempat.

Widya Arnitha mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Talang, Kabupaten Solok mengadakan sosialisasi dengan masyarakat untuk mengikuti kegiatan Ceria Ramadan yang merupakan singkatan dari cerdas, riang ,belajar di bulan Ramadan yang akan dilaksanakan pada 26 Juni 2015.

“Ceria ramadan ini merupakan kegiatan seperti memberi motivasi untuk meningkatkan semangat belajar buat pelajar sekolah dasar di Nagari Talang khususnya Jorong Koto Gaek. Disini para pelajar seolah dasar tersebut mulai memudarnya motivasi untuk belajar sebab kegiatan bermain banyak dilakukan oleh pelajar tersebut,” ujanrnya mahasiswa Pendidikan Matematika ini.

Ia juga menambahkan nantinya bentuk kegiatan ceria ramadan ini berupa perkenalan diri, salat Ashar berjamaah, penyegaran otak, bisa berupa game yang terkait dengan mata palejaran sekolah dan juga untuk mengasah otak kanan dan kiri.

“Begitu juga kegiatan lainnya seperti sosialisasi dan penyuluhan untuk membantu meningkatkan semangat belajar dan mengaji bersama. Rencanannya kegiatan ini akan diadakan dua kali seminggu pada hari Rabu dan Jumat,” imbunya.

Sementara itu, Andri Saputra mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Sabu, Kabupaten Tanah Datar yang melakukan rapat koordinasi dengan perangkat nagari dan Ketua KAN (Kerapatan Adat Nagari) di daerah KKN-PPM.

“Dalam rapat tersebut, kami membahas jadwal pelaksanaan program kerja tiap mahasiswa dan hal-hal teknis terkait program kerja. Dengan koordinasi seperti ini diharapkan program mahasiswa dan program nagari bisa sejalan sehingga segala permasalahan yang ada dapat dipecahkan secara bersama-sama,” imbuh mahasiswa jurusan Akuntansi ini, Jumat (26/06/2015).

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Nagari Sabu Boy Yendra Tamin, SH, MH mengungkapkan semoga program kerja mahasiswa yang menjadi anak bimbingannya di Nagari Sabu dapat berjalan dengan baik dan mendapat dukungan masyarakat dan pemerintah nagari. “Dengan rapat seperti ini merupakan suatu cara yang baik untuk menyatu dengan mayarakat dan pemerintah nagari,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 26 Juni 2015 - 08:30:38

Mahasiswa KKN-PPM UBH Berdayakan Masyarakat Lewat Budidaya Pepaya Madu
Mahasiswa KKN-PPM UBH Berdayakan Masyarakat Lewat Budidaya Pepaya Madu
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta di Nagari Batu Hampar, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluhkota melakukan pemberdayaan masyarakat dengan melakukan budidaya pepaya madu.

Ghina Okthawilanda salah satu mahassiwa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Batu Hampar menyebutkan kegiatan budidaya ini merupakan program kelompok yang dilakukan oleh mahasiswa yang mulai dilakukan pada ketiga mahasiswa Universitas Bung Hatta di lokasi KKN-PPM.

“Kegiatan budidaya ini dimulai dengan penanaman bibit papaya madu pada plastik polybag. Setelah ditanam dengan bibit tersebut tiap rumah akan diberikan dua buah bibit dimana nantinya ketika sudah berbuah pepaya tersebut dapat dijual dan dikembangkan lagi oleh masyarakat,” ungkapanya.

Disebutkan Ghina, Jumat (26/06/2015), kegiatan ini dilaksanakan untuk merealisasikan program nagari yang belum terlaksana, sehingga mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta yang memulainya untuk menjalankan program tersebut.

“Penanaman sudah dilaksanakan sebanyak 200 bibit papaya madu, dan akan dilanjutkan penyelasaian penanaman dengan target 500 bibit papaya madu. Jika bibit tersebut sudah ditanam rencannya akan segera dibagikan kepada masyarakat setempat dan masyarakat pula yang akan merawat serta menjaganya hingga dapat dipanen,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan kegiatan ini bertujuan agar menjadikan Nagari Batu Hampar sebagai icon dalam budidaya papaya madu. Karna harga papaya madu perkilonya sangat menjanjikan untuk ekonomi masyarakat kedepannya dan pemasukan untuk Nagari. Dengan demikian dapat juga membantu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Ketika program ini berjalan dengan baik maka mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 akan selalu dikenang dalam setiap kesuksesan yang dicapai masyarakat melalui budidaya papaya madu ini,” tambahnya.

Sementara itu Wali Nagari Batu Hampar Asra Arafat, S.Si mengaku sangat senang dan menyambut baik program yang sedang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta dalam menjadikan nagari ini kedepannya sebagai pusat budidaya papaya madu.

“Besar harapannya program ini dapat menjadi program unggulan untuk Nagari Batu Hampar dalam jangka panjang dan memberi manfaat yang sangat besar bagi masyarakat. Selain itu juga dengan program ini, nanatinya masyarakat akan selalu mengenang mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 25 Juni 2015 - 10:07:28

Monitoring Pertama Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta
Monitoring Pertama Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta melakukan monitoring kepada mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang telah diterjunkan ke 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat, Rabu (24/06/2015).

Tim monitoring terdiri dari pimpinan universitas, pimpinan fakultas, pengelola KKN-PPM, koordinator kabupaten dan kota serta Humas Universitas Bung Hatta.

Untuk monitoring di Kabupaten Padang Pariaman ini untuk 13 nagari yang menjadi lokasi pelaksanaannya dan diikuti oleh Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 Ir. Indra Khaidir, MSc, Koordinator Kabupaten Padang Pariaman Dahnil Aswad, S.Pi, M.Si, Dekan Fakultas Hukum Dwi Astuti Palupi, SH, M.Hum dan Humas Universitas Bung Hatta.

Dahnil Aswad, S.Pi, M.Si, Ketua Rombongan Monitoring Kabupaten Padang Pariaman yang juga merupakan koordinator kabupaten ini mengatakan kegiatan monitoring ini dilakukan untuk melihat sejauhmana Dosen Pendamping Lapangan (DPL) menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya terhadap mahasiswa KKN-PPM yang dibimbingnya.

“Ini merupakan monitoring pertama yang fokus untuk melihat kinerja DPL saat mendampingi mahasiswa menuju lokasi KKN-PPM hingga sampai menuju rumahnya mahasiswa masing-masing. Selain itu juga untuk memastikan juga DPL telah melakukan serah terima mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta kepda pemerintah nagari ataupun jorong,” sebutnya (**Ubay-Humas UBH)

Sementara itu, Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 Ir. Indra Khaidir, M.Sc menyampaikan monitoring tidak hanya dilakukan sekali saja nantinya dalam dua minggu sekali akan terus dilakukan monitoring kepada mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta yang telah terjun di masyarakat sehingga dapat memantau program kerja dan memastikan kondisi mahasiswa dalam keadaan baik-baik saja.

“Pelaksanaan KKN-PPM saat ini jauh berbeda konsepnya dengan KKN yang dulu sebab mahasiswa akan membuat program untuk melakukan pemberdayaan masyarakat bukan untuk memberdayakan mahasiswa saat di lapangan. Dari kegitan tersebut maka akan tercipta proses pembelajaran dari mahasiswa ke masyarakat, masyarakat ke mahasiswa hingga ke pemerintah setempat,” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan agar mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta mampu melakukan pendekatan dengan masyarakat sebab tanpa partisipasi masyarakat program KKN-PPM yang telah disusun tidak dapat berjalan dengan semestinya.

“Dalam membuat kegiatan mahasiswa harus membuat programyang dapat menyelesaikan masalah dan dapat dilakukan berkelanjutan bila mahasiswa KKN-PPM telah kembali ke kampus,” tambahnya.

Dekan Fakultas Hukum Dwi Astuti Palupi, SH, M.Hum mengatakan dalam melaksanakan program kegiatannya, diharapkan mahasiswa dapat membuat program yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat dan mempertimbangkan juga waktu pelaksanannya yang cukup singkat.

“Dengan KKN-PPM ini mahasiswa dapat saling mengenal satu sama lainnya sehingga dapat membangun rasa kekeluargaan dan keakraban tiap anggota KKN,” ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.166.152.121