Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta sebagai lembaga pendidikan pelopor bahasa Jepang di Sumatera Barat kembali diberi kepercayaan oleh The Japan Foundation sebagai tempat pelaksanaan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang 2017.

Ujian kemampuan ini dalam bahasa Inggris disebut Japanese Language Proficiency Test (JLPT) dan dalam bahasa Jepang disebut Nihongo Nooryoku Shiken. Panitia JLPT 2017 Padang membawahi wilayah Sumatera bagian Tengah, meliputi Provinsi Sumatera Barat, Riau, Riau Kepulauan, Jambi, dan Bengkulu.

Eduardus Agusli, salah seorang panitia UKBJ 2017 Padang mengatakan berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya yang pendaftaran dilakukan secara manual, pihak The Japan Foundation mulai tahun 2017 ini memulai pendaftaran secara online. Pendaftaran sistem baru ini akan membuat peserta lebih mudah dan fleksibel untuk mendaftarkan diri.

Peserta dapat mendaftarkan diri secara oline melalui gawai kemudian membayar biaya ujian dengan cara transfer bank ataupun loket bank tanpa harus mendatangi lokasi pendaftaran di Prodi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta.

Waktu untuk mengunggah foto dan bukti pembayaran diberikan waktu selama 2x24 jam (48 jam) bagi peserta yang telah mendaftar. Peserta yang mendaftar diharapkan memiliki akun pribadi dalam @gmail.com untuk menerima user ID dan password setelah melakukan pendaftaran. Diharapkan tanda pengenal (kartu identitas) yang diisi dalam pendaftaran online adalah kartu pengenal lengkap dengan pasfoto sehingga dapat diperiksa pada saat pelaksanaan ujian.

Ia menyebutkan bahwa kuota untuk peserta wilayah Sumatera Barat sebanyak 800 formulir. Peserta harus mendaftarkan diri secara online, jika kuota telah terpenuhi maka sistem pendaftaran secara otomatis akan tertutup meskipun masa pendaftaran masih berlaku.

“Sebagai infomasi tambahan, pada JLPT 2017 gelombang I, wilayah Jakarta yang mendapat kuota sebanyak 5000 formulir terjual habis dalam waktu 2 hari saja. Jadi, sangat penting bagi peserta tidak lalai dalam mendaftarkan diri,” sebutnya.

Pendaftaran JLPT online 2017 dimulai secara serentak di seluruh Indonesia pada pukul 09.00 WIB tanggal 21 Agustus 2017 hingga berakhir tanggal 06 September 2017 di ???????https://jlptonline.or.id/

JLPT 2017 gelombang II akan diselenggarakan serempak di seluruh dunia pada hari Minggu tanggal 03 Desember 2017. Khusus peserta yang mendaftar di bawah panitia JLPT Padang, ujian berlokasi di Universitas Bung Hatta Kampus Proklamator II Aia Pacah.

Tahun ini 9 kota tempat penyelenggaraan JLPT 2017 gelombang II adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Padang, Denpasar, dan Manado.

Informasi lebih lanjut untuk JLPTonline2017 Padang dapat menghubungi narahubung (contact person) Oslan Amril – 0813 7448 9411 , Tienn Immerry – 0853 7645 3325 atau kontak panitia : jlptpadang17@gmail.com.
?>

Navigation

Social Media