Kamis 01 September 2005 - 06:04:12

bunghatta.ac.id - Departemen Luar Negeri Republik Indonesia membuka kesempatan kepada lulusan D3 dan Sarjana Warga Negara Indonesia pria dan wanita, sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan Golongan III, masing masing untuk dididik menjadi Bendaharawan dan Penata Kerumahtanggaan Perwakilan RI di luar negeri (BPKRT) dan Pejabat Diplomatik Konsuler (Diplomat/PDK).

Sebagian calon pegawai yang akan direkrut diambil dari lulusan terbaik beberapa universitas negeri di luar Jawa melalui program seleksi khusus.

I. PERSYARATAN UMUM PELAMAR

  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
  5. Tidak bersuami/beristri seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa kewarganegaraan.
  6. Sehat jasmani dan rohani.
II. PERSYARATAN KHUSUS UNTUK GOLONGAN II (BPKRT)

  1. Berijazah D3:
    - Jurusan Akuntansi
    - Jurusan Manajemen Keuangan
  2. Berasal dari lulusan Akademi/Perguruan Tinggi Negeri, Swasta terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, atau lulusan luar negeri, dengan persyaratan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima)
  3. Menguasai Bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau bahasa asing lainnya (Arab, Perancis, Spanyol, Rusia, China, Jepang, Korea).
  4. Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2005.
III. PERSYARATAN KHUSUS UNTUK GOLONGAN III (Diplomat/PDK)

  1. Berijazah Sarjana (S1), Magister (S2) atau Doktor (S3):
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Jurusan Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Negara).
    • Ilmu Hukum.
    • Ilmu Ekonomi.
    • Sastra/Ilmu Pengetahuan Budaya (Arab, China, Inggris Jepang, Korea, Perancis, Rusia, Spanyol)
  2. Berasal dari lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Swasta terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, atau lulusan luar negeri, dengan persyaratan IPK: S1 minimal 2,75 (dua koma tujuh lima); S2 dan S3 minimal 3,00 (tiga koma nol nol).
  3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau bahasa PBB/asing lainnya (Arab, Perancis, Spanyol, Rusia, China, Jepang, Korea).
  4. Berusia maksimum:
    • 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2005 untuk tingkat Sarjana (S1).
    • 32 tahun pada tanggal 1 Desember 2005 untuk tingkat Magister (S2).
    • 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2005 untuk tingkat Doktor (S3).
IV. PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 September 2005 s/d 20 September 2005 (cap pos) dan lamaran sudah diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 23 September 2005.
  2. Mengisi Formulir Lamaran yang tersedia dalam website ini (rangkap dua).
    - Download Formulir Lamaran PDK (PDF)
    - Download Formulir Lamaran BPKRT (PDF)
  3. Lamaran disampaikan melalui Pos Tercatat, ditujukan kepada:
    Ketua Panitia Penerimaan CPNS Deplu 2005
    PO BOX 3174 JKP 10031
  4. Panitia hanya menerima lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas.
  5. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran untuk seleksi PDK atau BPKRT.
  6. Lamaran harus dilengkapi dengan lampiran:
    1. Fotokopi KTP yang masih berlaku/Fotokopi Paspor bagi pelamar dari luar negeri.
    2. Daftar Riwayat Hidup.
    3. Satu lembar fotokopi ijazah (D3, S1, S2, dan/atau S3) berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir oleh Dekan/Direktur Program atau Ditjen Dikti Depdiknas bagi lulusan Perguruan Tinggi/Akademi Luar Negeri (Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara tidak dapat diterima).
    4. Fotokopi Akte Kelahiran.
    5. Surat keterangan kesehatan dan bebas narkoba dari dokter (terbaru).
    6. Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Depnaker) yang masih berlaku.
    7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
    8. Pas foto terakhir ukuran 3x4 (berwarna), 3 lembar, dengan ditulisi nama pelamar di bagian belakang foto, dan 2 foto ditempel di formulir lamaran.
  7. Lamaran beserta lampiran disusun rapi sesuai urutan di atas dalam map kertas jepit berlubang (warna Hijau untuk D3, Biru untuk S1, Kuning untuk S2, dan Merah untuk S3) dan dimasukkan ke dalam amplop warna coklat yang diberi kode PDK atau BPKRT di sudut kiri atas.
  8. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas dinyatakan tidak lulus.
V. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI

Seleksi penerimaan BPKRT maupun PDK dilakukan secara bersamaan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Seleksi Administratif.
  2. Ujian tulis substansi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (meliputi masalah nasional, internasional dan pengetahuan umum, serta masalah manajemen/keuangan khusus BPKRT) pada tanggal 1 Oktober 2005.
  3. Ujian kemampuan/penguasaan Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya (Arab, China, Jepang, Korea, Perancis, Rusia, Spanyol) berdasarkan pilihan peserta pada akhir Oktober 2005.
  4. Tes Psikologi dan Wawancara pada minggu ketiga Nopember 2005.
    Seleksi dilakukan dengan sistem gugur.
VI. LOKASI / PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

  1. Hanya peserta yang memenuhi seluruh persyaratan untuk melamar dan persyaratan pendaftaran akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis substansi.
  2. Nama pelamar yang berhak mengikuti ujian tulis substansi akan diumumkan melalui website Deplu www.deplu.go.id atau website Biro Kepegawaian Deplu www.commercec.cbn.net.id/kepegdeplu.
  3. Kartu tanda ujian harus diambil sendiri oleh peserta ujian di Pusdiklat Deplu, Jalan Sisingamangaraja No. 73, Jakarta Selatan, dengan menunjukkan kartu identitas diri.
  4. Jadwal pengambilan kartu tanda ujian akan diumumkan kemudian melalui website Deplu www.deplu.go.id atau website Biro Kepegawaian Deplu www.commercec.cbn.net.id/kepegdeplu.
  5. Ujian Tulis Substansi akan dilaksanakan di Hall A1, A2, A3 Gedung PRJ-Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 1 Oktober 2005.
  6. Peserta yang lulus pada setiap tahapan ujian akan diumumkan melalui website Deplu www.deplu.go.id atau website Biro Kepegawaian Deplu www.commercec.cbn.net.id/kepegdeplu.
VII. LAIN-LAIN

  1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Deplu sama sekali tidak dipungut biaya. Deplu tidak bertanggung jawab atas pungutan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Deplu atau Panitia.
  2. Lamaran yang pernah dikirim kepada Deplu sebelum pengumuman ini dianggap tidak berlaku (lihat butir IV. b.)
  3. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan panitia sebesar Rp 10.000.000,- (Sepuluh juta rupiah).
  4. Hal-hal yang berkaitan dengan seleksi CPNS Deplu 2005 dapat dilihat dalam website Deplu www.deplu.go.id atau website Biro Kepegawaian Deplu www.commercec.cbn.net.id/kepegdeplu. Para pelamar disarankan untuk terus memantaunya.
Jakarta, 1 September 2005
A.n. MENTERI LUAR NEGERI
SEKRETARIS JENDERAL
ttd
SUDJADNAN PARNOHADININGRAT




Dibaca: 1269 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Berita Lain
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2024 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 13.58.82.79