Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Inilah Pengurus Harian Yayasan Pendidikan Bung Hatta Masa Bakti 2014-2018

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. Hasan Basri Durin, melantik pengurus Harian Yayasan Pendididikan Bung Hatta masa bakti 2014-2018, Rabu,23/4-14 di Ruang Teater Fakultas Ilmu Budaya Kampus 1 Ulak Karang. Pengurus yang dilantik tersebut adalah Ketua : Prof. Dr. Fachri Ahmad,MS....

Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta di Lantik

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Hasan Basri Durin, Melantik Pengurus Harian Yayasan, Rabu,23/4-14 di Ruangan Teater FIB, Kampus I Ulak Karang....

Campus Expo 2014: Pengunjung Tertarik Masuk UBH

Mesik hanya satu-satunya perguruan tinggi dari luar Provinsi Jambi, banyak pengunjung Campus Expo 2014 tertarik masuk ke Universitas Bung Hatta baik untuk program Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2). Kegitan ini yang dilaksanakan oleh Jambi Expres ini bertempat di WTC Batanghari Kota Jambi dari 21-23....

Prof. Emil Salim : Samudera Hindia Pilihan Masa Depan.

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Era Presiden Soeharto, Prof. Emil Salim memberikan orasi ilmiah pada perayaan Dies Natalis ke 33 Universitas Bung Hatta, di Aula Balairung Caraka Kampus 1 Ulak Karang, Selasa, 22/4. Makalah yang dibawakan berjudul "Mendayung di Antara Dua Karang, Ketidak Pedulia....

Hasan Basri Agus, Gubernur Jambi Kunjungi Stan UBH

Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM mengunjungi stand stand promosi Universitas Bung Hattaseusai pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 yang bertempat di WTC Batanghari Kota Jambi, Senin (21/04/2014).....

Gubernur Jambi Tinjau Stan Campus Expo UBH

Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM usai kegiatan pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 mengunjungi dan berfoto bersama di stand promosi Universitas Bung Hatta, Senin (21/04/2014). Dalam kunjungannya Hasan mengatakan banyak juga pelajar Jambi yang melanjutkan kuliah ke Univers....

Kamis 10 April 2014 - 08:01:43

Mantan Menteri Perikanan Dan Kelautan RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana UBH
Mantan Menteri Perikanan Dan Kelautan RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana UBH
bunghatta.ac.id - Indonesia merupakan negara maritim, tetapi sampai saat ini kita masih tertinggal dengan beberapa negara ASEAN yang memiliki sumberdaya laut yang sangat kecil dibandingkan dengan kita. Samudera Hindia adalah jalur perlintasan perdagangan dari negara-negera di kawasan Samudera Pasifik ke kawasan negara-negara di lautan Samudera Hindia termasuk Indonesia, atau sebaliknya namun potensi yang dimilikinya belum begitu dimanfaatkan secara optimal.

Hal tersebut dikatakan Prof. Dr.Ir. Rokhmin Dahuri, MS mantan Menteri Perikanan Dan Kelautan Republik Indonesia 2001-2004 saat memberikan kuliah umum mengenai pakar dengan “Prospek Perikanan dan Kelautan di Samudera Hindia dan Peran Strategis Indonesia 25 Tahun ke Depan” bagi mahasiswa Pascasarjana dan dosen Universitas Bung Hatta serta pemerhati perikanan di Sumatra Barat di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (06/04/2014).

selama 2 jam Rokhmin mengatakan dulu negara Tiongkok sangat jauh tertinggal bidang kelautan dan perikanan, tetapi sekarang Tiongkok mulai melirik sumberdaya laut yang belum banyak digarap oleh negara yang sangat dekat dengan sumberdaya tersebut.

“Untuk itu Tiongkok tidak segan-segan mengembangan beberapa universitas yang berbasis kelautan misalnya Shanghai Maritime University, Shanghai Fishery University, Guangdong Ocean University, dengan pola pokok ilmiahnya dibidang kelautan, walaupun China hanya memiliki luas lautannya 25 %, sedangkan kita memiliki sumber daya kelautan yang luas 75 % dari luas negara, “ jelasnya,

Rokmin menyampaikan inilah tantangan terberat bagi kita bangsa Indonesia, termasuk juga para mahasiswa pascasarjana, akedemisi Universitas Bung Hatta dan para praktisi yang hadir dalam kuliah tersebut.

“Sebagai sebuah lembaga perguruan tinggi Universitas Bung Hatta yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia harus berperan menjadi salah satu perguruan tinggi yang terdepan mengembangkan kelautan dan perikanan di wilayah barat Indonesia bahkan didukung dengan terbentuknya Forum Akademik Samudera Hindia,” ujarnya.

Disamping kuliah pakar beliau juga diminta sebagai dewan pengarah dalam Forum Akdemik Samudera Hindia yang digagas oleh Uiversitas Bung Hatta, dengan senang hati beliau sangat setuju sekali. Setelah selesai memberikan kuliah pakar, Rokmin juga memberikan cenderamata sebuah buku yang ke 27 dari karya beliau yang berjudul “Untukmu Indonesia”

“Begitu banyak hal-hal yang sebenarnya harus kita kerjakan di wilayah Samudera Hindia yang merupakan halaman depan kampus Universitas Bung Hatta Padang. Apa yang telah di capai Universitas Bung Hatta sudah baik, namun tidak ada sukses yang bisa terwujud dengan hanya lekas puas, sebab itu terus tingkatkan prestasi Universitas Bung Hatta di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” pesannya.(**Harfiandri/Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 08 April 2014 - 11:09:36

Tim DFAT Australian Goverment Lakukan Diskusi Manajemen Keuangan di UBH
Tim DFAT Australian Goverment Lakukan Diskusi Manajemen Keuangan di UBH
bunghatta.ac.id - Tim Departemne of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australian Goverment mengadakan kunjungan dan diskusi mengenai studi kapasitas dan sistem manajemen keuangan perguruan tinggi ke Universitas Bung Hatta. Kunjugan tersebut diadakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung hatta, Selasa (08/04/2014).

Dalam kunjungan yang hanya satu jam tersebut, tim DRAT melakukan diskusi secara langsung untuk mempelajari lebih lanjut mengenai proses dan sistuasi spesisfik yang menyangkut studi kapasitas dan sistem manajemen keuangan perguruan tinggi.

Kennet Gannicott, Ph.D menyampaikan tim DRAT Australian Goverment sebelumnya telah melakukan serangkaian konsultasi dengan lebih dari 35 perguruan tinggi di Indonesia. Konsultasi ini digunakan sebagai dasar masukan bagi perancangan program DFAT Australian Goverment untuk mendukung sektor pendididkan tinggi di Indonesia.

“Tim kita akan berdiskusi dan menjajukan beberapa pertanyaan seputar tata kelola keuangan di Universitas Bung Hatta dan sebagai bukti laporannya pada pertemuan ini kita akan memberikan kuisioner untuk penilaian kesehatan keuangan di Universitas Bung Hatta sesuai dengan standar Internaional,” ucapnya.

Semenetara itu, Teguh Murdjianto menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengelolaan keuangan, pendapatan, tunggakan dan lainnya. Pertanyaan yang kita ajukan ini hal yang umum saja dan tidak menyakut hal yang rahasia di Universitas Bung Hatta.

“Dari kegiatan ini untuk mengukur sejauh mana tingkat pelaporan keuangan seuatu perguruan tinggi sebagai pertimbangan nantinya untuk penerimaan dana hibah yang akan dikucurkan secara langsung oleh Australian Goverment kepada penerima dana yang telah mengirimkan proposal hibah,” ujarnya.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt MBA menyampaikan pelaporan keuangan Universitas Bung Hatta langsung ditunjukan ke Yayasan Pendidikan Bung Hatta dan diaudit langsung oleh lembaga akuntan eksternal. “Kita telah melakukan prosedur pelaporan keuangan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan,” imbuhnya.

Pertemuan ini juga diikuti oleh Wakil Rektor I dan III Universitas bung Hatta, Dirut Pascasarjana, Dirut LPPM dan seluruh dekan selingkungan Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 07 April 2014 - 14:55:57

50 Tahun FTSP UBH, Semarak dengan Berbagai Kegiatan
50 Tahun FTSP UBH, Semarak dengan Berbagai Kegiatan
bunghatta.ac.id - Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta akan menghelat acara Perayaan 50 Tahun FTSP, The Journey of West Sumatera Engineering dengan mengangkat tema “Build More Creativity and Innovation of The Golden Age” yang manghadirkan berbagai macam kegiatan yang diadakan dari 18 Mei-31 Mei 2014 mendatang.

Rahmat Jordi Triawan, Ketua Pelaksana mengatakan kegiatan ini sebagai peringatan berdirinya Sekolah Tinggi Teknik Sumatera Barat (STTSB) hingga saat ini menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan di Universitas Bung Hatta. Seiring dengan bertambahnya usia yang memasuki tahun ke-50, Sekolah Teknik di Sumatera Barat telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan yang membawa pengaruh terhadap civitas akademika, yayasan, maupun masyarakat.

“Berdirinya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta, berawal dari pengintegrasian Sekolah Tinggi Teknik Sumatera Barat (STTSB) yang didirikan pada 28 Oktober 1964, kemudian menjadi Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta pada 01 Desember 1981 dan Selanjutnya tahun 1986 Fakultas Teknik dikembangkan menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) serta Fakultas Teknologi Industri (FTI),” jelas Jordi, sapaanya.

Jordi menjelaskan melalui kegiatan ini hendaknya dapat dihasilkan suatu hal yang baik yang bernilai positif sehingga dapat memotivasi seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan untuk lebih giat lagi dalam bekerja, mengajar, dan menimba ilmu sehingga manfaatnya benar-benar bisa dirasakan nantinya oleh masyarakat,

“Perayaan 50 Tahun FTSP ini merupakan momentum yang perlu diperingati sebagai inspirasi dan motivasi dalam menjalankan visi dan misi fakultas dengan penuh semangat dan selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dari masa ke masa melalui prestasi dalam bentuk kreativitas dan inovasi, serta pemberdayaan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Rioni Rizki Aldiansyah Gubernur BEMM FTSP menyampaikan kegiatan ini bermaksud untuk merayakan ulang tahun Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan yang ke-50 serta menjadi ajang silaturahmi dalam lingkungan Universitas pada umumnya dan fakultas pada khususnya ini agar dapat lebih terjalin.

“Selain itu untuk merealisasikan salah satu program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta untuk menumbuhkan semangat dan motivasi serta menciptakan kembali suasana kooperatif dan kreatif di lingkungan mahasiswa Universitas Bung Hatta,” tambahnya mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ini.

Terdapat 7 macam kegiatan yaitu
1. Golden Sport Competition merupakan kegiatan olahraga antar mahasiswa/pelajar Se-kota Padang pada 19 s/d 28 Mei 2014 di Kampus Proklamator I, II dan III Universitas Bung Hatta.
2. Golden Fest, merupakan kegiatan parade musik untuk kalangan mahasiswa pada 30-31 Mei 2014 di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.
3.Golden Fair merupakan kegiatan yang menampilkan acara pameran/bazaar pada 26 - 31 Mei 2014 di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.
4. Golden Traininng merupakan kegiatan pelatihan untuk masyarakat Jasa Konstruksi yang merupakan bentuk kerjasama antara Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta dengan Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Bidang Jasa Konstruksi, Provinsi Sumatera Barat pada 19 - 22 Mei 2014 di Hotel Mercure (Tahap Konfirmasi).
5. Golden Raduatin merupakan kegiatan seminar untuk mahasiswa dan umum pada 30 Mei 2014 di Aula Balirung Caraka Gedung B di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.
6. Golden Healthy Walk merupakan kegiatan jalan santai bagi seluruh civitas Akademika Universitas Bung Hatta 31 Mei 2014 di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta (star dan finish).
7. Golden Reunion Alumni FTSP Universitas Bung Hatta pada 31 Mei 2014 di Hotel Mercure (Tahap Konfirmasi).

Informasi lengkapnya kunjungi Sekertariat BEMM FTSP di Gedung F Lantai 1 Kampus Poklamator I Universitas Bung Hatta, Email: 50thftsp.bunghatta@gmail.com Blog: 50thftsp-bunghatta.blogspot.com follow @50TahunFtsp atau hubungi Jordi 081313136818 Pin 279A2DFF, Nia 082173048894 Pin 2606E5E0, Ica 085365294110 Pin 27BFD003. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 04 April 2014 - 14:21:05

bunghatta.ac.id - Fakultas Teknik Sipil dan Perencanan Universitas Bung Hatta berhasil menyabet dua juara yaitu Juara Pertama dan Harapan I, dalam Lomba Beton Mutu Tinggi tahun 2014 antar Mahasiswa Teknik Sipil se-Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Bengkulu menggunakan Semen PCC produksi PT Semen Padang.

Universitas Bung Hatta mengirim dua tim dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh PT. Semen Padang pada 10 Februari 2014 lalu ini yaitu Tim A beranggotakan Asri Yuda Trinanda (angkatan 2011), M. Alvie Prigawinata (angkatan 2011) dan Rahamat Jordi Triawan (angkatan 2012), sedangkan Tim B beranggotakan M. Ihsan (angkatan 2012), Havis (angkatan 2012) dan Juneri (angkatan 2012).

Asri Yuda Trinanda, salah satu yang mendapatkan juara pertama mengatakan perlombaan ini dapat meningkatkan kemampuan kita dalam bidang teknologi beton dan peningkatan mutu konstruksi agar mampu memahami dan menerapkan bagaimana cara membuat beton yang bermutu tinggi.

“Penilaian lomba dilakukan dengan menguji slump, kekuatan tekan beton umur 7 hari dan umur 28 hari yang dihitung rata-rata dalam kg/cm2. Pemenang ditentukan dari hasil nilai kuat tekan beton tertinggi dan informasi pemenangnya kami dapat pada hari Rabu (02/04/2014) lalu,” ujarnya.

Perlombaan ini diikuti oleh 11 peguruan tinggi seperti Universitas Batanghari, Universitas Muaro Bungo, Universitas Bengkulu, Universitas Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Unverstas Ekasakti, Politeknik Negeri Padang, Insitut Teknologi Padang, STT Payakumbuh dan juga Universitas Bung Hatta. Bahkan ada juga dari perusahaan seperti PT. Igasar Padang, PT. Igasar Bukittinggi, Labor Beton PT. Semen Padang dan PT. Statika Mitra Sarana.

Sementara itu, M. Alvie Prigawinata, anggota Tim A juga menambahkan untuk menghasilkan beton dengan kualitas tinggi perlu komposisi seperti semen, air, pasir, batu pecahan dan addictive yang sesuai dengan standar. Tak hanya itu, dalam proses pengerjaannya juga harus sesuai dengan prosedurnya agar daapt menghasilkan beton yang berkualitas.

“Semoga ditahun-tahun berikutnya dapat menjuarai pelombaan yang sama dan dapat juga memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus giat belajar dalam mengembangkan kemampuannya serta memiliki rasa percaya diri untuk mengikuti setiap perlombaan yang ada,” imbuhnya.

Pengumuman pemenang tersebut, berdasarkan hasil uji, evaluasi dan pleno dewan juri dengan Juara I dari Tim A Universitas Bung Hatta, Juara II dari Tim B Universitas Negeri Padang, Juara III dari Tim A Universitas Negeri Padang, Harapan I dari Tim B Universitas Bung Hatta, Harapan II dari Tim A Universitas Andalas dan Harapan III dari Tim B Universitas Eka Sakti dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai dan piagam penghargaan.

Dewan juri dalam perlombaan ini yaitu Ahmad Subekti,ST Staff Civil Engineering and Construction Indarung VI Project PT. Semen Padang, Azmu Devinus, ST Kepala UPTD Balai Pengujian Prasarana Jalan dan Pemukiman PU Provinsi Sumatra Barat dan Syabarnur Ketua Lembaga Pembinaan Jasa Konstruksi Provinsi Sumatra Barat. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 04 April 2014 - 11:02:56

Klinik Rahmi Hatta Sediakan Ambulans Untuk Keluarga Besar UBH
Klinik Rahmi Hatta Sediakan Ambulans Untuk Keluarga Besar UBH
bunghatta.ac.id - Yayasan Pendidikan Bung Hatta yang menaungi Universitas Bung Hatta melakukan serah terima dan launching mobil ambulans ke Klinik Kesehatan Rahmi Hatta di Pelataran Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (04/04/2014).

dr. Syafruddin Kepala Klinik Kesehatan Rahmi Hatta mengatakan keberadaan mobil ambulans ini sebagai penunjang kegiatan dan pelayanan kesehatan di lingkungan yayasan, kampus maupun masyarakat sekitar sehingga bila ada kejadian yang mendesak dan membutuhkan kendaraan tidak perlu meminjam ke dinas kesehatan lagi.

“Kendaran tersebut selanjutnya dapat dioperasionalkan bagi kepentingan keluarga besar Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Universitas Bung Hatta dan masyarakat sesuai dengan prosedur atau SOP yang telah disepakati bersama,” ujar dokter Alun, sapaannya.

Ia menyampaikan mobil ambulans tersebut bermerek Nissan dengan tipe Evalina (Automatic Transmission) dengan plat polisi B 1943 KZG dengan fasilitas yang lengkap dan berstandar internasional yang digunakan untuk membawa peralatan medis kepada pasien di luar rumah sakit atau memindahkan pasien ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

“Bahkan untuk kejadian yang tidak kita inginkan seperti bencana alam, kita juga dapat juga menggunakannya dan langsung terjun membantu masyarakat. Klinik Kesehatan Rahmi Hatta sendiri memiliki 5 oran dokter, perawat, bidan, apoteker serta tenaga administrasi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc mengutarakan keberadaan Klinik Kesehatan Rahmi Hatta ini sangat dirasakan sekali peranannya dalam melayani kesehatan pasien yang bukan saja dari lingkungan Universitas Bung Hatta tetapi mayarakat juga banyak yang berobat ke klinik kita ini.

“Besar harapannya dengan adanya mobil ambulans ini dapat menambah fasilitas dalam melayani kesehatan pada keluarga besar Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Universitas Bung Hatta dan lingkungan sekitar,” ucapnya.

launching mobil ambulans Klinik Kesehatan Rahmi Hatta ini ditandai dengan penekanan tombol sirine ambulans oleh Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Hasan Basri Durin dan dihadiri oleh Badan Pengurus, Pembina dan Pengawas Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Rektor Universitas Bung Hatta, Wakil Rektor dan Dekan se-lingkungan Universitas Bung Hatta serta tenaga kesehatan Klinik Kesehatan Rahmi Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 02 April 2014 - 08:51:31

bunghatta.ac.id - Bank Indonesia membuka kesempatan kepada tenaga ahli terbaik bangsa untuk menempati posisi Manajer (M) atau Asisten Manajer (AM) dalam mendukung Bank Indonesia untuk menjadi lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di regional.

Persyaratan:
1. Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Pendidikan S1/S2 dengan IPK minimal 3.00 (dari skala 4.00).
3. Usia maksimal per tanggal 07 April 2014, 30 tahun untuk Asisten Manajer dan 40 tahun untuk Manajer.
4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif yang ditunjukkan dengan sertifikat TOEFL IBT (skor minimal 74) / IELTS (skor minimal 5.5) / TOEFL institusional (skor minimal 500) yang masih berlaku hingga 07 April 2014.
5. Bersedia menjalani ikatan dinas dan melepas ikatan dinas dari institusi lain.
6. Tidak memiliki saudara kandung/suami/istri yg bekerja di Bank Indonesia
7. Bersedia ditempatkan di seluruh kantor Bank Indonesia
8. Periode pendaftaran : 29 Maret - 07 April 2014

Keputusan untuk memanggil pelamar dan penentuan hasil seleksi sepenuhnya merupakan kewenangan Bank Indonesia serta tidak dapat diganggu gugat.

Selama proses seleksi, Bank Indonesia tidak melayani surat menyurat, email, dan sarana komunikasi lainnya.
Kepada peserta tidak akan dipungut biaya apapun

Undangan formal hanya akan dikirimkan melalui:
1. Melalui email akan dikirimkan oleh BI - EXPERD dengan alamat email : bi@experd.com.
2. Melalui SMS melalui nomor telepon: 08111660253 dan 08111040060.
3. Selalu periksa kembali status aplikasi Anda di https://bi.experd.com

(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 01 April 2014 - 15:19:54

Renggo Pernanda, Mahasiswa Teknik Arsitektur UBH Juara II Sayembara Renovasi Gedung Pelabuhan
Renggo Pernanda, Mahasiswa Teknik Arsitektur UBH Juara II Sayembara Renovasi Gedung Pelabuhan
bunghatta.ac.id - Renggo Pernanda mahasiswa angkatan 2009 jurusan Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta berhasil mendapatkan Juara II dalam Sayembara Renovasi Gedung PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Makassar yang bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan setelah mendapat penurian pada 06 Januari 2014 lalu.

Juri sayembara ini adalah Mulyono Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Wasis Subiyanto (Direktur Operasi dan Teknik PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Prof. Dr. Ir. Ananto Yudono, M.Eng, IAI, Ir. Sanusi Anwar, M.T, IAI, dan Ir. Muaz Yahya, IAI

Renggo mengatakan pada seyembara ini ia bersama tim Bombaru masuk dalam nominasi tiga besar setelah hasil seleksi tahap pertama dari 50 peserta se-Indonesia dan dipanggil ke Makassar untuk mengikuti penjurian tahap kedua dalam presentasi Big 3 Beauty Contest. Presentasi berlangsung di Gedung Eksisting PT. Pelabuhan Indonesia IV yang sedang disayembarakan.

“Saya saat itu sedang magang Hepta Desain dan Baskoro Tedjo & Associate. Bersama mahasiswa magang lainya dan arsitek-arsitek disana kita membentuk tim dengan nama Bombaru,” ungkapnya.

“Perlombaan ini Arsitektur sebagai ruang untuk belajar berkarya dan mendorong mahasiswa magang atau kerja praktek untuk berinovasi dalam menetapkan konsep perancangan. Oleh Karena itu praktikan dipercaya sebagai project manager pada sayembara desain renovasi Gedung PT Pelindo IV,” tambahnya.

Penanggung Jawab tim tersebut, T. Fahmi Ferdiansyah, ST Arsitek Hepta Desain dan Projec Manager, Renggo Pernanda mahasiswa Universitas Bung Hatta dengan eksekutornya Aris Munandar, ST (Arsitek Hepta Desain), Nurhizam Fahmi, ST (Arsitek Baskoro Tedjo & Associate), Surya Farant Sds. (Desainer magang dan Alumni Desainer Interior ITB) dan Fadhila Utami (mahasiswa Arsitektur Universitas Parahyangan).

Ia menjelaskan konsep dalam pembuatan rancangan ini yaitu Sulapa Epa. Dalam filosofi Bugis, Makassar adalah lambang kesempurnaan dalam kehidupan yang menjadi acuan bagi masyarakat bugis-makassar untuk selalu berbenah diri atau menyempurnakan diri, Sulappa Epa di kenal dengan simbol segi empat belah ketupat yang merupakan lambang kesempurnaan.

“Penerapan analogi rumah terapung sebagai konsep makro pada bangunan Pelindo IV adalah bangunan utama merupakan representasi dari Rumah Panggung masyarakat Bugis- Makassar yang ada di kawasan pesisir pantai Makassar, Bangunan pendukung merupakan analogi bentuk dari kapal/Perahu yang tertambat, Desain pergola dan landsecap merepresentasikan gelombang Laut,” ucapnya.

Ia juga berharap agar para mahasiswa lainya dapat juga aktif dalam mengikuti berbagai perlombaan desain dan sayembara. “Saat ini, banyak event-event sayembara yang diadakan oleh berbagai kalangan yang berguna juga untuk mengasah dan melatih kemampuan kita,” tutupnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 31 Maret 2014 - 10:05:42

Asah Matematika, HMPS PMat UBH Gelar Permainan Domino Edukatif
Asah Matematika, HMPS PMat UBH Gelar Permainan Domino Edukatif
bunghatta.ac.id - Permainan Domino menjadi salah satu media pembelajaran untuk mengasah ilmu matematika. Melihat manfaatnya tersebut Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengelar lomba Domino Edukatif Matematika 2014 tingkat SMA/MA se-Kota Padang.

Bertemakan play your logic with mathematic education domino, kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta yang dilaksanakan di di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (29/03/2014).

Ketua Pelaksana, Angga Yuni Putra mengatakan perlombaan ini merupakan program kerja dari himpunan yang bertujuan untuk memacu dan memotivasi para peserta dengan permainan domino. “Dengan perlombaan ini dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika dan mengenalkan bahwa matematika itu menyenangkan,” ujarnya.

Drs. Khairul Harha, M.Sc Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengutarakan matematika adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari terutama perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi . Matematika juga dapat menjadikan kita sebagai manusia yang dapat berfikir secara logis,kritis,rasional dan percaya diri.

“Matematika sering dikatakan sebagai pelajaran yang sulit dipahami dan sangat menakutkan. Dengan perlombaan ini dapat menarik minta para pelajar untuk dapat memahami pelajaran matematika melalui media permainan salah satunya seperti dalam perlombaan domino edukatif ini,” ujarnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Drs. Suparman Khan, M.Hum menyampaikan kampus sangat mengapresiasi kegiatan yang mengasah kemampuan softskills ini dan penunjang akademik. “Perlombaan domino edukatif ini dapat menjadi sarana untuk mengasah kemampuan berpikir logika,” jelasnya.

Pada akhir perlombaan didapatkan empat pemenang, juara I diraih oleh Gustia Anugrahwati dari SMAN 9 Padang dengan jumlah nilai 18, juara II oleh Yudha Prawira dari SMAN 4 Padang dengan jumlah nilai 60, juara III oleh Putri Syahrani dari SMA Pertiwi l dengan jumlah nilai 68 dan terakhir juara harapan diraih oleh Suriza Putri dari SMA Pertiwi dengan dengan nilai 99. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 30 Maret 2014 - 03:59:10

Pesulap Proklamator UBH Pukau Penonton Panggung Publik Sumatera III
Pesulap Proklamator UBH Pukau Penonton Panggung Publik Sumatera III
bunghatta.ac.id - Tiga pesulap muda Proklamator Universitas Bung Hatta yang terdiri dari Farel Illusion, Sanadi Equtos Fazea dan Dede Mawan, unjuk kebolehan di hadapan ribuan masyarakat Padang Panjang yang menyaksikan malam penutupan Panggung Publik Sumatera III di Padang Panjang, Sabtu,29/3.

Begitu MC acara mempersilahkan tim sulap Proklamator Universitas Bung Hatta untuk tampil, semua lampu di panggung utama di matikan, seiring dengan musik yang menggelegar, Dede Marwan langsung memegang mic dan berjalan ke tengah lapangan, dengan memainkan pemikiran penonton, Dede sambil membelakangi penonton melemparkan gulungan kertas, dan penonton yang menangkap gulungan tersebut di ajak bermain ke tengah lapangan, selanjutnya Dede menuju kearah penonton lain yang kebetulan adalah Walikota Padang Panjang Hendri Anis, sambil memberikan amplop yang masih di lem berisi tebakan kartu remi yang ada di pikiran penonton kepada Walikota, dengan sedikit permainan kata-kata ala pesulap, Dede meminta penonton untuk berkonsentrasi dan menatap matanya, kemudian di saat yang sama, Dede pun meminta Walikota untuk menarik nafas dan berkonsentrasi.

Dede pun menebak yang ada dalam pemikiran penonton adalah kartu 5 Skop, yang di benarkan oleh penonton, kemudian ia pun meminta Walikota membuka amplop dan menyebutkan tebakan nya yang tertulis di dalam amplop serta memperlihatkan pada semua penonton, bahwa apa yang dipikirkan penoton persis seperti isi amplop. Tidak puas dengan permainan tersebut Dede pun kembali memainkannya dengan angka-angka matematika, kali ini ada 3 penonton yang dilibatkan dengan cara yang sama.

Kurang dari 1 menit usai penampilan Dede, dengan music yang lebih clasik dan menghentak, Farel Illusion membuka sulapnya dengan keluarnya api dari sebuah buku kitab, yang di iringi tepukan meriah penonton, dilanjutkannya dengan memaikan sebuah tongkat yang berubah menjadi enam buah paying, secara kontinyu sebuah gelas yang di isi dengan minuman fanta, di sulap Farel menjadi 2 buah scraf panjang bewarna warni, selanjutnya Farel menuju penonton untuk memperlihatkan dan memeriksa 6 buah gelang besi yang mustahil bisa di rangkai sata sama lain. Namun dengan ke ahliannya ke enam gelang besi tersebut bisa di rangkainya jadi beberapa bagian dan melepasnya kembali satu persatu. Ada sekitar 15 permainan sulap yang di mainkan Farel sehingga menimbulkan decak kagum dari ribuan penonton yang menyaksikan malam itu.

Usai penampilan Farel, Sanadi Equtos usai Farel melanjutkan permainan dengan meminta 3 orang penonton untuk menuliskan angka-angka pada secarik kertas, kemudian salah seorang dari penonton yang bersedia jadi relawan dimintanya untuk menjumlahkan sejumlah angka-angka yang ditulis 2 penonton lainnya, selanjutnya dalam sebuah amplop tertutup secara acak Sanadi memberikannya ke penonton, yang kebetulan adalah Ny Maria Hendri Arnis istri Walikota Padang Panjang. Dengan konsentrasi dan kekuatan pikiran, satu persatu Sanadi mengeja angka-angka yang di pegang oleh penonton yang jadi relawan, setiap angka yang disebut di benarkan oleh penonton dan di benarkan juga oleh Ibu Walikota, setelah semua angka yang disebutkan benar, Sanadi meminta ibu Walikota untuk menyebutkannya dengan pengeras suara sambil memperlihatkannya pada penonton.

Panggung Publik Sumatera III, yang di helat Pemko Panjang mengusung tema "Padang Panjang Panggung Seni Sumatera." Iven tersebut dilaksanakan sejak tanggal, 26 - 27 Maret 2014. Rngkaian kegiatan ini diantaranya Pertunjukan Seni: Teater Modern dan Randai, Monolog, Musik Keroncong, Tari, Karawitan, Pantomime dan Perkusi. Kemudia juga digelar Sarasehan Budaya, dan Workshop Untuk Pelajar SMU/sederajat, serta pementasan mulai dari seni tradisi seperti: randai, teater tutur dan tari tradisi, silat hingga seni modern. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 28 Maret 2014 - 09:52:15

Kanwil Pajak  Lakukan Sosialiasai SPT Dengan E-Filling
Kanwil Pajak Lakukan Sosialiasai SPT Dengan E-Filling
bunghatta.ac.id - E-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui koneksi jaringan internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Apikasi (ASP). Dengan e-filing ini, Wajib Pajak dapat menyampaikan SPT Tahunan PPhnya dengan lebih cepat, mudah dan murah.

Untuk menyebarkan informasinya, Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumatera Barat dan Jambi melakukan sosialaiasai mengadakan Sosialisasi pengisian SPT Tahunan, pemberian e-FIN dan pelaporan e-Filing kepada 25 dosen dan karyawan Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (27/03/2014).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarmana, SE, Akt, MBA mengatakan kegiatan ini menjadi kembaggaan bagi kita, karena Kanwil DPJ Sumbar dan Jambi terus memberikan kepercayaan kepada Universitas Bung Hatta untuk tetap melakukan berbagai kegiatan seperti sosialisasi pelaporan SPT dengan e-Filing ini.

“Dengan sosialialiasi ini kita dapat belajar banyak mengenai cara pelaporan SPT Tahunan dengan e-Filing karena sistem ini sangat mudah untuk dilakukan ketimbang langsung datang ke kantor pajak,” ujarnya.

Kabag Umum Kanwil DPJ Sumbar dan Jambi Zaini Latif menyampaikan kegiatan ini salah satu upaya untuk menyebarluaskan sistem e-Filing ke kantong-kantong intansi yang memiliki orang-orang wajib pajak banyak seperti di peruguruan tinggi tentunya Universitas Bung Hatta.

“Membayar pajak itu menjadi suatu kewajiban bagi kita diharapkan dengan sosialisasi ini dapat menularkan kepada yang lainnya,” jelasnya.

Sosialisasi ini disampaikan oleh Gusfami, Kepala Humas Kanwil DPJ Sumbar dan Jambi.

Gusfami memaparkan secara umum, e-Filing melalui situs www.pajak.go.id, adalah sistem pelaporan SPT menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun, yang dibuat oleh DJP untuk memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada DJP secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.

“Dengan e-Filing, WP tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di lokasi Dropbox maupun Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Hal ini merupakan salah satu terobosan baru pelaporan SPT yang digulirkan DJP untuk membuat WP semakin mudah dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk saat ini, e-Filing melayani penyampaian dua jenis SPT, yaitu SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Formulir 1770S. Digunakan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Formulir 1770SS.

Untuk dapat melakukan e-Filing, melalui tiga tahapan utama. Dua tahapan yang pertama hanya dilakukan sekali saja. Sedangkan tahapan ketiga dilakukan setiap menyampaikan SPT.

Tahap Pertama mengajukan permohonan e-FIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat yang merupakan nomor identitas WP bagi pengguna e-Filing. Karena hanya sekali digunakan, Anda hanya perlu sekali saja mengajukan permohonan mendapatkan e-FINtersebut.

Tahap kedua, mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak e-Filing di situs DJP paling lama 30 hari kalender sejak diterbitkannya e-FIN.

Menyampaikan SPT Tahunan PPh WP Orang Pribadi secara e-Filing melalui situs DJP melalui empat langkah prosedural saja, yaitu mengisi e-SPT pada aplikasi e-Filing di situs DJP, meminta kode verifikasi untuk pengiriman e-SPT, yang akan dikirimkan melalui email atau SMS, mengirim SPT secara online dengan mengisikan kode verifikasi dan notifikasi status e-SPT dan Bukti Penerimaan Elektronik akan diberikan kepada Wajib Pajak melalui email. (*Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.243.13.30