Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Kuliah Umum Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Industri Batam

Banyak peluang bagi lulusan dari jurusan Teknik Kimia untuk dapat bekerja di Kota Batam yang merupakan pusat industri terbesar di kawasan pulau Sumatra. Untuk itu jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Prospek Kerja Teknik Kimia di Industri Bat....

Basket Universitas Bung Hatta Peroleh Juara di Justicia BasketBall Challenge

Tim Bola Basket Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh peringkat dalam pertandiangan Justicia BasketBall Challenge (JBBC) ke-14 yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 11-19 Mei 2015. Universitas Bung Hatta sendiri menurunkan 2 tim masing-masing untuk tim putra dan tim putr....

Teknik Kimia UBH Libatkan Dunia Industri Dalam Proses Pembelajaran.

Peran dunia industri dalam proses pembelajaran di bangku perkuliahan sangatlah penting terutama dalam melahirkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan siap digunakan user. Melihat hal tersebut Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegi....

Aksi Diving Proklamator, Sailing Joy Mandeh 2015

Penyelam Diving Proklamator, ikut berpartisipasi memeriahkan Sailing Joy Mandeh 2015, dalam rangka peresmian Taman Wisata Bahari Terpadu Kawasan Mandeh Pesisir Selatan, 16-17/15. Saat penyelaman tim diving sekaligus melakukan monitoring transplantasi karang yang sudah dilakukan sejak tahun 2011 di P....

BEMM FKIP UBH Mengadakan LKMM-TD

Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (BEMM-FKIP) Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dengan mengangkat tema tingkatkan semangat jiwa sang proklamator untuk lahirkan pemimpin muda yang berkual....

Mahasiswa Pendidikan Biologi UBH Melakukan Bakti Sosial

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dna Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Bakti Sosisal (Baksos) dengan mengangkat tema satu langkah menuju seribu kebaikan yang bertempat di Panti Asuhan Nurul Hikmah, Sungai Sapih, Padang, Kamis (14/05/201....

Minggu 10 Mei 2015 - 21:08:14

Teknik Ekonomi Konstruski UBH Mendapatkan Akreditasi B dari BAN-PT
Teknik Ekonomi Konstruski UBH Mendapatkan Akreditasi B dari BAN-PT
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta yang telah melakukan proses reakreditasi berberapa waktu yang lalu berhasil memperoleh akreditasi baru dengan peringkat akreditasi masing-masing B.

Penilaian akreditasi jurusan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 116/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/III/2015 dimana Nilai dan peringkat akreditasi jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi tersebut berlaku selama 5 tahun hingga 23 Maret 2020.

Keputusan peringkat akreditasi ini telah memenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan penelusuran di dalam situs ban-pt.kemdiknas.go.id.

Akreditasi sendiri adalah salah satu bentuk penilaian terhadap sistrm penjaminan mutu eksternal dan kelayakan sebuah institusi perguruan tinggi atau program studi, yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi seperti Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi merupakan satu-satunya jurusan yang terdapat di Indonesia dan hanya ada di Universitas Bung Hatta.

Saat ini Universitas Bung Hatta terdapat 1 program studi untuk program diploma (D III) dan 24 program studi sarjana (S 1) serta untuk program pascasarjana (S 2) terdapat 6 program studi. Masing-masing program studi di Universitas Bung Hatta umumnya telah terakreditasi dari BAN-PT dengan peringkat B. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 10 Mei 2015 - 20:58:21

Dosen Teknik Kimia UBH Latih Masyarakat Purus Mengolah Bahan Pangan
Dosen Teknik Kimia UBH Latih Masyarakat Purus Mengolah Bahan Pangan
bunghatta.ac.id - Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebanyak tujuh dosen dari Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan pengabdian kepada masyarakan berupa pelatihan pengolahan bahan pangan kepada Kelompok Nelayan Ombak Purus yang bertempat di Balai Pertemuan Purus I RT 003 RW 002 Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat, Padang, Sabtu (09/05/2015).

Ketujuh dosen tersebut yaitu Dra. Erti Prapurti, M.Si, Dra. Munas Martynis, M.Si, Ir. Elmi Sundari, MT, Dr. Maria Ulfah, ST. MT, Ir, Ellyta Sari, ST, Dra. Elly Desni Rahman. M. Si, dan Dr. Silvi Octavia, ST. MT.

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Kimia, Dra. Erti Prapurti, M.Si menyampaikan kegiatan ini sebagai wujud dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi para dosen yang juga melaibatkan beberapa orang mahasiswa. Pengabdian kepada masyarakat ini juga bekerjasama dengan Himpunan Peneliti Indonesia (HPI) Kementerian Perindustrian yang diwakili oleh Dra. Firdausni. MP.

"Dipilihnya lokasi pengabdian di tepi pantai karena program yang akan disampaikan menggunakan bahan dasar ikan. "Pada pengabdian ini Kelompok Nelayan Ombak Purus diberikan pelatihan mengenai pembuatan bakso ikan, pembuatan dendeng dari daun singkong bercampur ikan dan pembuatan pisang bakar aneka kreasi," jelasnya.

Dikatakannya, biasanya ikan hanya dijual dan dimakan saja, semoga dengan adanya inovasi baru dalam mengolah ikan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat disini untuk menambah pendapatannya sehingga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kedepan kami berencana untuk memantau masyarakat disini, apakah ilmu yang tlelah diberikan saat ini dapat diaplikasikan atau tidak," sebutnya.

Erti juga berharap dengan program pemerintah kota saat ini yang sedang mengembangkan kawasan wisata Pantai Padang, salah satunya dengan membangun ruko-ruko di tepi pantai dapat menjadi tempat untuk masyarakat menjual produknya.

"Mana tau nanti kita mendapatkan salah satu ruko yang sedang dibangun sehingga masyarakat bisa juga mempromosikan dan menjual produk yang telah mereka buat di sana," imbuhnyai.

Sementara itu, Dra. Firdausni. MP mengungkapkan kita juga memberikan pengarahan mengenai pemakaian bahan tambahan pangan yang baik dan sistem mutu pangan yang harus diterapkan di industri kecil menengah karena saat ini mereka banyak yang tidak mengerti mengenai hal itu.

"Ini adalah salah satu inovasi yang kita berikan kepada masyarakat agar masyarakat tertarik dalam mengkonsumsi ikan," ujarnya.

Ia juga berharap nantinya setelah dilakukan pelatihan ini, masyarakat mampu membuat produk dengan kreasi baru selain mendapatkan ilmu baru dalam pengolahan pangan dan dapat juga muncul industri baru di daerah ini ni yang dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan bisa menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat itu sendiri.

"Selama ini pemerintah melalui perindustrian telah melakukan pembinaan kepada masyarakat, namun tidak semuanya terjangkau oleh perindustrian. Nantinya bagi perwakilan dari daerah setempat dapat memberikan laporan kepada perindustrian agar dapat dirancang program lanjutan untuk pembinaan sehingga produk bisa dipasarkan mulai dari izin industri, izin merk, izin kesehatan dan sampai ke pasar," jelasnya.

Salah satu peserta pelatihan Maida Yanti mengucapkan terimakasih kepada Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang telah memberikan ilmu alternatif dalam pengolahan ikan. "Semoga ilmu yang kami dapat bisa diterapkan dan dapat meningkatkan pendapatan kami sebagai nelayan," ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH/Doni WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 09 Mei 2015 - 14:25:26

HMPS PMat UBH Gelar Seminar dan Workshop Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika
HMPS PMat UBH Gelar Seminar dan Workshop Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Seminar Pendidikan Matematika dan Workshop dengan topik Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika yang diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (09/05/2015).

Ketua Peleksana, Fitria Oulina Ali menyampaikan seminar ini diikuti lebih dari 180 peserta yang berasal mahasiswa, guru dan kepala sekolah di Kota Padang. Selain seminar dalam kegiatan ini a juga terdapat workshop mengenai teknik menciptakan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif serta menyenangkan untuk pelajar.

“Peserta mengikuti seminar dan workshop ini adalah dapat menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman serta dapat menerapkan nilai budaya yang terdapat dalam pembelajaran metematika,” ungkapnya.

Dewita Sari, Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja dari himpunan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut hari pendidikan nasional serta untuk memberikan pemahaman mengenai pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai budaya.

“Setelah diadakan kegiatan ini diharapkan mampu menerapakan dan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam pembelajaran matematika sehingga dapat menjadikan proses belajar mengajar matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta, Drs. Khairul, M.Sc menyampaikan topik yang diangkat dalam kegiatan ini cukup menarik dimana perlunya integrasi nilai budaya dalam pendidikan karena pada dasarnya pendidikan matematika tidak lepas dari budaya.

“Matematika merupakan ilmu yang digunakan setiap hari dan hidup sepanjang massa. Seluruh kegiatan dalam kehidupan ini tidak terlepas dari matematika sehingga dalam tema seminar ini menjadi suatu tantangan juga bagi mahasiswa dan guru dalam mengintegrasikan nilai budaya dalam pembelajaran matematika,” ujarnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh himpunan ini yang selalu aktif dalam membuat berbagai kegiatan yang kreatif serta jurusan dan fakultas yang aktif mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa.

"Tentunya kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa ini dapat memberikan masukan dan nilai tambah sebagai brain feeling," ungkapnya.

Dipandu oleh Ketua Jurusan Pendidikan Matematia Dra. Rita Desfitri, M.Sc, seminar ini menghadirkan tiga pemateri yaitu Dr. Yansen Marpaung Pakar Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Drs. Wandra llyas, M.M. Kepala Baltekkomdik Dinas Pendidikan Sumatera Barat dan Niniwati, M.Pd. Dosen Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta.

Materi yang dijelaskan pada seminar ini meliputi integrasi nilai budaya pada pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari, penerapan integrasi nilai budaya pada kurikulum dan penguatan peran pendidik terhadap nilai budaya dalam pembelajaran metematika serta pada materi workshop membahas teknik menciptakan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif serta menyenangkan bagi siswa. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 09 Mei 2015 - 13:25:06

Pascasarjana UBH Gelar Lokakarya Penyusunan Kurikulum
Pascasarjana UBH Gelar Lokakarya Penyusunan Kurikulum
bunghatta.ac.id - Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta melaksanakan Lokakarya Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi bersama Dr. Megawati Santosa yang bertempat di Gedung Pascasarjana Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 27 April 2015 lalu.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA ini diikuti oleh pimpinan program studi dan dosen di lingkungan Pascasarjana Universitas Bung Hatta.

Usai dari kegiatan ini peserta akan melakukan penyusunan dan perbaikan kurikulum yang terbaru disesuaikan dengan kompetensi dari program studi masing-masing yaitu program studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Pesisir dan Kelautan (PSP2K), Manajemen, Teknik Sipil, Ilmu Hukum, Arsitektur dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 08 Mei 2015 - 14:15:01

Masih Praktik Kerja Lapangan, Mahasiswa Teknik Ekonomi Konstruksi UBH Sudah Diminta Bekerja
Masih Praktik Kerja Lapangan, Mahasiswa Teknik Ekonomi Konstruksi UBH Sudah Diminta Bekerja
bunghatta.ac.id - Sebanyak 26 mahasiswa urusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta melakukan Praktik Kerja Lapangan diberbagai perusahaan jasa konstruksi di daerah Jabodetabek.

Ketua Jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta Dr. Zulherman, ST, M.Sc mengatakan mahasiswa yang mengikuti praktik kerja lapangan pada semester ini tidak hanya di kawasan Jabodetabek seperti di PT. Reynolds Partnership saja namun ada juga yang di perusahaan oil dan gas PT. Wasco Engineering Indonesia, Batam.

“Hampir semua mahasiswa praktik kerja lapangan mendapat fasilitas seperti gaji dan tiket pesawat. Bahkan mahasiswa ini juga sudah dipesan oleh perusahaan untuk dapat langsung bekerja setelah selesai laporan tugas akhirnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta telah banyak melakukan berbagai macam kerjasama dengan perusahan sehingga dapat mempermudah mahasiswa untuk melakukan kerja prakitik lapangan hingga penerimaan karyawan baru. Saat ini jurusan juga sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan PT. Agung Podomoro Group dan PT. JAYA CM di Jakarta.

“Jumlah lulusan Quantity Surveying di Indonesia sangat sedikit dan program studinya pun hanya ada satu di Universitas Bung Hatta. Hal ini menjadi peluang besar bagi bagi mahasiswa dan calon mahasiswa yang ingin terjun di dunia jasa konstruksi,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 08 Mei 2015 - 13:35:01

Menjadikan Mahasiswa "Viking" Lewat Latihan Kepemimpinan
Menjadikan Mahasiswa "Viking" Lewat Latihan Kepemimpinan
bunghatta.ac.id - Saat ini mahasiswa dituntut untuk bisa ikut dalam sebuah organisasi dan belajar untuk menjadi seorang pemimpin dalam berorganisasi dan syarat untuk mengikuti organisasi adalah dengan mengikuti latihan kepemimpian mahasiswa.

Melihat hal tersebut Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM-TD) yang diadakan di Ruang Teater Gedung H Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 08-09 Mei 2015.

Ketua Pelaksana Riyan Rizky Ananda menyampaikan dalam pelatihan ini dikuti oleh 48 peserta yang berasal dari berbagai kelembagaan di Universitas Bung Hatta dengan mengangkat tema menjadi mahasiswa VIKING yaitu visioner, kritis, berintegritas, dan menjadi generasi penerus cita-cita Bung Hatta.

“Dengan latiahn kepemimpinan ini dapat melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa, membina mahasiwa dalam manajemen berorganisasi, melatih mahasiswa dalam membuat sebuah kegiatan, membantu mahasiswa cara berbicara untuk khalayak umum hingga melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah dalam berorganisasi,” sebutnya.

Sementara itu Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Rahmat Jordi Triawan menyampaikan latihan dasar kepemimpinan ini merupakan kegiatan perdana dan menjadi programa kerja BEMM yang dipimpinannya.

“Dalam pelatihan ini, mahasiswa diharapkan bisa memberikan manfaat dan sebagai sarana untuk silaturahmi antar lembaga kemahasiswa yang menjadi peserta dalam kegiatan ini. Selain itu juga peserta nantinya dapat mengerti dan memperdalam manajemen berorganisasi dan melatih jiwa kepemimpinan serta mahasiswa dapat menerapkan di dalam dunia kerja nantinya,” ujanrnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE mengapresisai kepada mahasiswa yang mengikuti acara ini sebab kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai wadah regenerasi kepemimpinan kelembagaan mahasiswa.

“Sesuai dengan tema dalam kegiatan ini diharapkan tujuan dari kegiatan ini dalam menciptakan mahasiswa yang dapat menjadi pemimpin yang visioner, kritis, berintegritas, dan sebagai generasi penerus cita-cita Bung Hatta dapat tercapai,” imbuhnya.

Latihan kepemimpinan ini diisi oleh pemateri-pemateri yang berkompeten dibidangnya seperti penyampaian materi Pengenalan Organisasi Internal Kampus dari Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta Adnan S, Kepemimpinan oleh Ir. Hendri Warman, MSCE, Manajemen Kegiatan dengan Yurizky Fikri, Administrasi dan Teknik Pembuatan Proposal bersama Marleni, SE, M.Si serta

Kemudian materi mengenai Teknik Lobi dan Komunikasi oleh Indra Khaidir ST, MSc, Manajemen Organisasi oleh Mabruri Tanjung, SH, Manajemen Advokasi dan Penyelesaian Konflik oleh Roni S, Teknik Persidangan Fajar Wahyudi, Teknik Orasi dan Pidato dengan Putra Tanhar serta Manajemen Aksi bersama Yoni Chandra, SE. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 07 Mei 2015 - 13:25:59

PTIK Universitas Bung Hatta Gelar Dialog Interaktif
PTIK Universitas Bung Hatta Gelar Dialog Interaktif
bunghatta.ac.id - Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Dialog Interaktif dengan mengangkat tema PTIK Generation To Be Glowing People yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (07/05/2015).

Ketua Pelaksana Asep Prasetyo menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan ini bertujuan untuk memberikan informasi-informasi terbaru mengenai perkembangan jurusan dan dosen serta sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya terkait jurusan dan dosen.

“Dengan berdialog ini dapat memunculkan ide-ide dan saran dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta sehingga dapat memunculkan generasi yang bersinar,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Masyarakan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Muhammad Farhan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja himpuanan yang nantinya dapat terjalin tali silaturhami antara mahasiswa junior dan senior, mahasiswa dan dosen.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini mahasiswa dan dosen di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta semakin kompak lagi,” ujarnya.

Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta Drs. Khairudin, M.Si dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan apresisasi dan rasa bangganya kepada mahasiswa yang telah hadir mengikuti dialog interaktif ini sebab dengan kegiatan ini dapat mencurahkan pendapat untuk memajukan jurusan.

“Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh mahasiswa dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi di tingkat universitas maka jurusan akan melakukan penyesuaian seperti visi misi, kurikulum yang berdasarkan kompetensi lulusan hingga nomenklatur perubahan nama jurusan,” ungkapnya

Ia menyampikan tanpa dukungan mahasiswa jurusan tidak dapat melakukan berbagai perkembangan agar dapat dikenal luas tidak hanya di Sumatra Barat tapi hingga luar Sumatra Barat. Begitu juga dengan dengan keberadaan alumni perlu dibuat suatu ikatan alumni yang nantinya akan memberikan kontribusi bagi jurusan.

“Dengan berdialogi seperti ini kita dapat saling memperbaiki kualitas jurusan baik sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan akademik. Semoga Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta ini dapat menjadi lebih baik lagi dan lebih bersinar,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 06 Mei 2015 - 12:13:48

Arif Havas Oegroseno Deputi Kedaulatan Maritim RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa FPIK UBH
Arif Havas Oegroseno Deputi Kedaulatan Maritim RI Berikan Kuliah Umum Mahasiswa FPIK UBH
bunghatta.ac.id - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang dibalut dalam rangkaian Bung Hatta Memorial Lecture Series Tahun 2015 dengan mendatangkan Arif Havas Oegroseno, SH, LLM Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator, Rabu (06/05/2015).

Kuliah umum ini diikuti lebi dari 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan fakultas lainnya di Universitas Bung Hatta, pimpinan dan dosen Universitas Bung Hatta, Kepala Sekolah dan pelajar SMK Kelautan di Sumatera Barat termasuk SUPM Pariaman, SMK Pelayaran dan Akademi Maritim. Turut hadir juga Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc.

Dekan Fakultas Perikan dan Ilmu Kelautan Ir. Mas Eriza, M.Si menyampaikan kuliah umum ini merupakan kerjasama antara fakultas dengan Menteri Koodinator Bidang Maritim Republik Indonesia dengan mengangkat topik kepemimpinan indonesia sebagai strategi diplomasi maritim menuju poros maritim dunia.

“Dengan kegiatan ini semoga dapat memberikan pemahaman dan menambah wawasan kepada mahasiswa khususnya dan peserta tamu undangan lainnya mengenai peranan Indonesia dalam dunia maritim,” ungkapnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA menyampaikan kuliah umum ini merupakan kegiatan kedua dari rangkaian kegiatan Bung Hatta Memorial Lecture Series untuk tahun 2015 yang sebelumnya dibuka dengan kedatangan Ketua BPK RI Dr. H. Harry Azhar Azis, MA. Kedatangan tokoh besar nasional yang hadir ke kampus proklamator ini menjadi agenda penting dalam memberikan pengalaman, pemahaman dan pandangan mereka kepada para mahasiswa.

“Universitas Bung Hatta sebagai kampus yang menginisiasi terbentukanya Forum Akademik Samudera Hindia dalam upaya untuk memanfaatkan potensi sumber daya dari Samudera Hindia yang berhadapan langsung dengan Indonesia terutama dengan kampus proklamator ini,” jelasnya.

Ia juga mengatakan selain dengan telah terbentuknya Forum Akademik Samudera Hindia yang melibatkan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri ini, Universitas Bung Hatta juga ikut ambil bagian dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) untuk mendukung Indonesia keketuaan Indonesian IORA pada periode 2015-2017.

“Dengan kuliah umum ini kita dapat menggali lagi dan manambah pemahaman dalam mendukung program pemerintah dimana Indonesia menuju poros maritim dunia,” ujanrnya.

Pada kesempatan ini Arif Havas Oegroseno yang juga menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa memaparkan materi mengenai Leadership Indonesia di
Indian Ocean Rim Association (IORA) Peran dan Kontribusi Sumatera Barat.

Ia menyampaikan kebijakan kelautan Indonesia sudah ada lama seperti dalam Deklarasi Djuanda, Perundingan UNCLOS III, Diplomasi Perbatasan, Pengelolaan Selat Malaka dan Singapura dan lain halnya. Sementra itu dalam pemerintahan Jokowi-JK kebijakan kelautan Indonesia untuk menjadi proros maritim dunia dan dibentuknya Lembaga Kemenko Maritim

“Terdapat 5 pilar Kebijakan Kelautan pemerintahan Jokowi-JK yaitu budaya kemaritiman, ekonomi kemaritiman, infrastruktur kemaritiman, diplomasi kemaritiman dan kemananan kemaritiman. Sementara itu dalam kaitannya IORA terdapat 6 program prioritas kerjasama yaitu keselamatan dan keamanan maritim, perdagangan dan investasi, manajemen perikanan, manajemen risiko bencana, kerjasama akademik dan IPTEK serta pariwisata dan pertukaran budaya,” uangkapnya.

Dalam keketuaan Indonesia pada IORA 2015-2017 tentunya tidak hanya sekedar untuk menjadi ketua namun juga menjadi pemimpin. Terdapat beberapa peran penting dan kontribusi Sumatra Barat baik dari akademisi dan pemerintah daerah dalam mendukung program kerjasama IORA.

“Misalnya dalam dunia pendidikan melalui kerjasmaan perguruan tinggi di sekitar samudera hindia untuk melakukan penelitan-penelitian yang strategis, kelautan/hidrografi, lingkungan, keanekaragaman hayati laut dan perikanan. Kemudian membangun Sister City/Sister Province, membangun jaringan kerjasama tsunami early warning dan pariwisata,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 05 Mei 2015 - 12:02:35

Teknik Ekonomi Konstruksi Gelar Kuliah Umum Profesi Quantitiy Surveyor
Teknik Ekonomi Konstruksi Gelar Kuliah Umum Profesi Quantitiy Surveyor
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantity Surveying Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum dengan bertemakan profesi quantitiy surveyor pada bidang industri konstruksi dalam menghadapi persaingan masayarakat ekonomi ASEAN yang diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Unuversitas Bung Hatta, Selasa (05/05/2015).

Ketua Pelaksana, Vivi Ariani, S.Pd, MT mengatakan kegiatan ini dilaksanakan jurusan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai peranan dan prospek kerja serta peluangnya di bidang quantity surveying setelah lulus kuliah. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa agar lebih melek dengan pengunaan teknologi terutama di bidang konstruksi.
“Semoga dengan kuliah umum ini mahasiswa Quantity Surveying Universitas Bung Hatta dapat menambah pemahaman dan wawasannya,” imbuhnya.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir Hendri Warman, MSCE dalam sambutan pembukaaannya menyampaikan jurusan quantity surveying universitas bung hatta ini merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Indonesia dan menjadi peluang yang sangat besar bagi lulusanya dalam mencari pekerjaan sebab profesi dari jurusan ini banyak dibutuhkan.

“Dalam menyambut pesaingan pasar bebas ASEAN tentunya mahasiswa harus mempersiapkan diri dan harus memilik kompetensi seusai bidangnya masing-masing. Kita harus menjadi tuan rumah dinegeri sendiri,” sebutnya.

Ia juga menambahkan para mahasiswa harus memiliki tiga hal berikut ini yaitu knowledge, skills dan atitude sebelum terjun ke dunia kerja sebagai nilai jual dan daya saing terhadap yang lainnya. “Sudah banyak alumni kita yang berkiprah dan memperoleh jabatan yang strategis dalam pekerjaannya tentunya hal ini dapat juga memberikan motivasi dan kiat suksesnya,” katanya.

Kuliah umum ini menghadirkan Ir. Insanul Kamil, Ph.D, IPM dari LPJK Sumatra Barat dan Alumni Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 05 Mei 2015 - 10:25:56

Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika
Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika
bunghatta.ac.id - Matematika bukan hal yang asing lagi karena sudah dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun, pada kenyataannya ilmu matematika terkesan kaku dan sedikit orang yang ingin mempelajarinya. Hal ini terjadi karena kurangnya variasi dalam pembelajaran matematika.

Untuk itu, berbagai gaya belajar yang menarik dan menyenangkan harus diciptakan dalam pembelajaran matematika agar para pelajar dapat merasa senang dan nyaman selama mengikuti proses pembelajaran.

Melihat hal tersebut Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengangkat Seminar Pendidikan Matematika dan Workshop dengan tema Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika yang diselenggarakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 9 Mei 2015 pukul 07.30 WIB.

Ketua Peleksana Fitria Oulina Ali menyampaikan peserta mengikuti seminar dan workshop ini adalah dapat menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman tentang nilai budaya yang terdapat dalam pembelajaran metematika.

“Acara ini berupa Seminar Pendidikan Matematika yang diselenggarakan secara pleno dengan tema Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika serta workshop mengenai teknik menciptakan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif serta menyenangkan bagi siswa.,” sebutnya.

Seminar ini akan menghadirkan tiga pemateri yaitu Dr. Yansen Marpaung Pakar Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Drs. Syamsulrizal, M.M. Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat dan Niniwati, M.Pd. Dosen Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta Padang.

Peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan inset untuk mahasiswa Rp.60.000 dan umum Rp. 120.000 bila ingin mengikuti workshop maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 30.000.

Informasi lengkapnya dapat menghubungi Rahmi 08566279079, Refi 085365621621 dan Nanan 083182825956 serta dapat mengunjungi stand pendaftaran di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.166.55.74