Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Wakil Rektor III Lepas Calon Jemaah Haji UBH

Universitas Bung Hatta kembali melepas calon jemaah haji untuk tahun keberangkatan 2014 di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (28/08/2014). Pelepasan tersebut secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum yang ....

Fakultas Hukum UBH Tempati Gedung Baru Kampus II Aia Pacah

Dekan Fakultas Hukum UBH Dwi Tuti Palupi, SH.,MH bersyukur dan lega, gedung Blok B2 Kampus II UBH Aia Pacah sudah bisa di tempati. Terhitung Senin, 25/8 seluruh mahasiswa Fakultas Hukum sudah bisa kuliah di gedung baru tersebut. “Meski belum 100% selesai, kita pastikan untuk pelaksanaan perkuli....

PKKMB Universitas Bung Hatta 2014

Selama tiga hari lamanya dari 21-23 Agustus 2014 Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2014/2015 yang diikuti 2452 mahasiswa baru ini secara resmi ditutup oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA....

Awal Perkuliahan, Teknik Kimia UBH Gelar Kuliah Umum

Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum pada awal perkuliahan mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang bertempat di Aula Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Senin (25/08/2014). Kuliah umum ini menghadirkan pema....

Pesona Senja di Kampus Prokalamator II Universitas Bung Hatta

Suasana senja di Kampus Prokalamator II Universitas Bung Hatta yang dipotret usai pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) angkatan 2014 pada 21 Agustus 2014. (**Ubay-Humas UBH)....

PKKMB 2014 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Sebanyak 485 Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Bung Hatta (UBH) Tahun Akademik 2014/2015 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahap kedua yang digelar di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatt,. Jumat (2....

Minggu 17 Agustus 2014 - 09:34:50

Bupati Padang Pariaman Ikut Tanam Pohon Bersama Mahasiswa KKN-PPM UBH
Bupati Padang Pariaman Ikut Tanam Pohon Bersama Mahasiswa KKN-PPM UBH
bunghatta.ac.id - Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni meresmikan kegiatan penghijauan dengan menamam 1000 bibit pohon yang dilakasnakan oleh mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta yang melakukan program Kuliah kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di bukit dan tepian Sungai Lubuk Ikan Larangan Jorong Sipisang Sipinang Kanagarian Anduriang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (16/08/2014) sore. (**Ubay- Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 15 Agustus 2014 - 18:41:47

bunghatta.ac.id - PEMBAYARAN UANG KULIAH & PENDAFTARAN ULANG SAMPAI DENGAN TANGGAL 19 AGUSTUS 2014

MOHON DI INFORMASIKAN

Terima kasih.
Humas UBH
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 14 Agustus 2014 - 08:53:46

 Dr. Rildo Ananda Anwar Melakukan Peletakan Batu Pertama Rusunawa UBH
Dr. Rildo Ananda Anwar Melakukan Peletakan Batu Pertama Rusunawa UBH
bunghatta.ac.id - Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat Republik Indonesia Dr. Rildo Ananda Anwar melakukan peletakan batu pertama Rumah Susun Sewa Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang bertempat di Areal Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Rabu (13/08/2014) sore.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perumahan Rakyat setelah satu tahun lamanya menanti akhirnya Kementerian memberikan kepercayaannya kepada Universitas Bung Hatta untuk dibangunkan rumah susun sewa mahasiswa ini.

“Kebutuhan rusunawa di Kampus Proklamator II tersebut sangat mendesak dan sangat dibutuhkan sekali, karena sekarang ini, tempat-tempat kos yang disediakan masyarakat masih sangat terbatas, kalau pun itu ada sewanya pun sangat mahal,” jelasnya.

“Akibatnya banyak mahasiswa Universitas Bung Hatta yang akhirnya memilih kos jauh dari kampus seperti di Siteba, Ulak Karang ataupun Balai Baru, imbasnya mahasiswa harus mengeluarkan biaya tambahan,” tambahnya Niki.

ia mengatakan lebih dari 7000 mahasiswa yang melaksanakan perkuliahan di Kampus Proklamator II ini yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Budaya,.

“Sementara Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta Fakultas Perikanan masih tetap di Kampus Proklamator I Ulak Karang, sedangkan Fakultas Teknologi Industri di Kampus Proklamator III Gunung Pangilun”, ujar Niki.

“Universitas Bung Hatta juga meminta kepada kementrian agar kedepannya ditambah juga satu unit bangunan rusunawa ini,” imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat Republik Indonesia Dr. Rildo Ananda Anwar menyampaikan salam dan permohonan maaf dari menteri karena tidak bisa hadir peletakan batu pertama Rumah Susun Sewa Mahasiswa Universitas Bung Hatta.

“Keberadaan pemondokan di perguruan tinggi itu sangat penting, mahasiswa akan lebih giat dan tekun untuk menuntut ilmu mengingat dengan mobilitas dan aktivitas mahasiswa yang dekat dengan kampus. Kemeterian sangat memeperhatikan sekali soal rumah susun ini terutama untuk kalangan perguruan tinggi sebab mahasiswa itu adalah tulang punggung banggsa generasi penerus.

Ia menambahkan Bung Hatta merupakan bapak proklamator negeri ini dan bapak perumahan juga. Jadi tidak salah kita menunjuk Universitas Bung Hatta untuk dibangunkan rumah susus ini. “Kita juga akan berupa untuk memberikan satu bangunan rumah susun lagi,” ujarnya.

Hadir dalam peletakan batu pertama ini Pembina dan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Walikota Padang, seluruh Wakil Rekto dan Dekan se-lingkungan Universitas Bung Hatta dan Wakil Rektor IAIN Imam Bonjol Padang serta para tamu undangan lainnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 13 Agustus 2014 - 08:58:42

Sambut Kemerdekaan RI, Mahasiswa KKN-PPM UBH Gelar Turnamen Olahraga
Sambut Kemerdekaan RI, Mahasiswa KKN-PPM UBH Gelar Turnamen Olahraga
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman pada mengadakan perlombaan bola volli dan tarik tambang pada 9 Agustus 2014 lalu.

Febrina Rahmat Diningsih, salah satu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Gadur menyampaikan perlombaan ini bertujuan untuk mendekatkan para masyarakat setempat dengan mahasiswa KKN PPM Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini juga sebenarnya diselenggarakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-69 tahun.

“Mahasiswa KKN PPM Universitas Bung Hatta sengaja dalam acara pembukaan turnamen volly ball cup ini mengundang para petinggi nagari seperti Camat Enam Lingkung Irsyaf Bujang.S. Pd, Wali Nagari Gadur Irkhaswandi dan Ketua Pengelola KKN PPM Universitas Bung Hatta Ir. Indra Khaidir, MT serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Nagari Gadur Rahmat ST, MT," jelasnya.

Ketua Pengelola KKN PPM Universitas Bung Hatta Ir. Indra Khaidir, MT mengungkapkan rasa bangga dan senangnya kepada mahasiswa mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Gadur yang telah mengadakan kegiatan yang cukup besar ini untuk tingkat nagari.

“Saya sangat bangga sekali karena bisa membuat acara yang sebesar ini dan yang paling penting dapat mengumpulkan warga yang sebanyak ini. Acara ini sangat bermanfaat sekali karana ini adalah salah satu dari tujuan KKN-PPM sendiri yaitu mendekatkan masyarakat dengan,”ujarnya.

Turnamen ini dibuka secara langsung oleh Camat Enam Lingkung dan dihadiri oleh ratusan masyarakat yang melihat pertandingan yang pertama kali diadakan ini.

Kegiatan serupa juga dilakukan oleh mahasiswa KKN- PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Geragahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam yang melaksanakan kegiatan Turnamen Volley Ball antar jorong, Selasa (12/08/2014).

Dengan mengangkat tema bersama tingkatkan solidaritas keratifitas dan sprotifitas masyarakat Nagari Geragahan kegiatan ini dihadiri oleh Wali Nagari, Ibu Jorong dan Wali Dusun.

Semnetara itu di Nagari Kapalo Ilalang Kecamatan Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman mahasiswa KKN- PPM Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Turnamen Sepka Bola antar SD. Beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Pengelola KKN PPM Universitas Bung Hatta Ir. Indra Khaidir, MT, DPL Nagari Kapalo Ilalang Burmawi, ST, M.Si serta pejabat setempat seperti Sekretaris Camat dan Wali Nagari setempat. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 12 Agustus 2014 - 13:03:12

Mahasiswa KKN-PPM UBH Lakukan Pengembangan Home Industry
Mahasiswa KKN-PPM UBH Lakukan Pengembangan Home Industry
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta yang melaksnakan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) di Jorong Sawah Ampang, Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukik, Kabupaten Solok melakukan pengembangan dan inovasi Home Industry (Industri Rumah Tangga) turut mendukung kebangkitan perekonomian Nagari.

Fadilla Quratul Akyun adalah mahasiswa yang melaksankan program pokok ini mengatakan jenis usaha yang terdapat di nagari ini sangat beragam diantaranya Serundeng dan Putu Ayu. Sejauh ini pengelolaannya masih secara tradisional disebabkan masih rendahnya kualitas manajemen SDM dan mesin produksinya.

Industri Rumah Tangga dipilih dalam melaksanakan program pokok adalah Usaha Kue Laris Manis dan Serundeng milik Yusmalini. Industri rumah tangga ini berdiri sejak tahun 2005, modalnya berasal dari PMPN daerah bahkan Yusmalini yang terpilih sebagai home industry percontohan didaerahnya.

Hasil produksi terdiri dari Kue Putu Ayu, Serundeng, Kue Bolu, Kue Bawang, dan Pesanan Kue Ulang Tahun. Pemasarannya sampai di luar daerah solok seperti Dhamasraya, Solok Selatan, Padang, dan Alahan Panjang.

Ia mengatakan keunggulan Usaha Laris Manis dan Serundeng ini menggunakan bumbu racikkan dari turun menurun dalam keluarga dan kandungan bumbunya pun alami dan tidak menggunakan bahan pengawet yang merusak kesehatan, dan sehat dikonsumsi oleh konsumen.

“Dalam menjalankan program pokok lebih kurang sembilan hari, hari pertama melakukan pendataan seluruh home industry yang mendapat perhatiaan dari organisasi mandiri yang biasa terkenal dengan nama PMPN di daerah,” ujarnya.

Dari hasil pendataan dilapangan terdapatlah masalah mengenai alat pengeringan minyak serundeng masih menggunakan cara tradisional, karena alat pengeringan tersebut relatif mahal. Hal ini belum terealisasi dengan baik karena masih terkendala modal yang besar.

Kegiatan selanjutnnya, Fadilla melakukan pendampingan dan pembauran di Home Industry milik Ibuk Yusmalini yang sedang memproduksi Serundeng, pendampingan dan pembauran ini merupakan kerja nyata sebagai bakti mahasiswa dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dalam kegiatan ini lebih kurang dilaksanakan selama lima hari, banyak manfaat dan nilai tambah yang didapat saat melakukan pendampingan dan pembauran di home industry milik Ibuk Yusmalini ini. Tidak hanya melakukan program pokok saja, melainkan banyak ilmu yang dapat diperoleh dalam usaha home industry ini, dan tujuannya pun baik meningkatkan Enterpeniur (jiwa wirausaha) untuk mahasiswa muda yang siap mandiri dan memiliki semangat tinggi dalam usaha,” jelasnya.

Pada hari keenam sampai kesembilan, Fadilla melakukan tahapan pengembangan serta penginovasian terhadap Usaha Kue Putu Ayu baik dari segi pemasaran dan label terhadap produk yang akan dipasarkan.

Dalam hal ini label sangat penting seperti halnya pemberian label yang sederhana namun memiliki manfaat untuk produksi Putu Ayu. Lebel nama adalah identitas usaha Industri Rumah Tangga Laris Manisdan Serundeng mempermudah konsumen dalam mencari dan membeli Kue.

“Kegiatan dalam program pokok ini tidak hanya sebagai program pokok mahasiswa juga untuk meningkatkan Share and Care dengan pelaku home industri tersebut,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 11 Agustus 2014 - 12:13:53

bunghatta.ac.id - Kementrian Perumahana Rakyat (Kemenpera-RI) segera akan membangun rumah susun mahasiswa (rusunawa) Universitas Bung Hatta di Kampus II Jl.ByPass Aie Pacah. Bangunan berlantai 2 tersebut, peletakan batu pertamanya oleh Sekretaris Kementrian Perumahan Rakyat pada Rabu, 13 Agustus nanti.
Untuk tahap awal rusunawa tersebut seluas 1200 meterpersegi terdiri 17 kamar di lantai 1 dan 17 kamar lagi di lantai 2 yang akan mampu menampung 136 mahasiswa.

Eko Alfarez, Wakil Rektor 1 Universitas Bung Hatta menyebutkan, Kemenpera baru bisa memenuhi prosal dari Tim Universitas untuk pembanguan rusunawa tahap awal. “Untuk tahun 2014/2015 tim kembali memasukkan prosal baru untuk memenuhi rusunawa tahap II dengan daya tampung lebih banyak, tetapi kan perlu proses” ujar Eko.

Di sela-sela pendaftaran mahasiswa baru UBH, Senin,11/8, Rektor UBH Prof.Niki Lukviarman didampingi Khadavi salah seorang tim, menyebutkan Kemenpera telah menyetujui dan membantu pembangunan perumahan untuk mahasiswa UBH di Kampus II, semua itu tidak terlepas dari berbagai usaha yang dilakukan tim untuk pembangunan tersebut ke berbagai pihak.

Ditambahkan Niki, kebutuhan rusunawa di kampus II UBH tersebut sangat mendesak dan sangat dibutuhkan sekali, karena di kawasan kampus II sekarang ini, tempat-tempat kos yang disediakan warga masih sangat terbatas, kalau pun itu ada sewanya pun sangat mahal, akibatnya banyak mahasiswa UBH yang akhirnya memilih kos jauh dari kampus seperti di Siteba, Ulak Karang ataupun Balai Baru, imbasnya mahasiswa harus mengeluarkan biaya tambahan.

“Saat ini di kampus II, ada 7000-an mahasiswa yang melaksanakan perkuliahan yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, FKIP, Hukum dan Fakultas Ilmu Budaya, sementara Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta Fakultas Perikanan masih tetap di Kampus 1 Ulak Karang, sedangkan Fakultas Teknologi Industri di Gunung Pangilun”, ujar Niki lagi.

Menurutnya lagi, pihak Yayasan Pendidikan Bung Hatta tetap berkomitmen melanjutkan pembangunan di Kampus II, sekarang ini telah selesai pembangunan gedung Blok B2 berlantai 4 dan dalam waktu dekat juga akan selesai pembangunan BlokB3 yang saat ini telah mulai pembangunan konstruksinya. (**Indrawadi)



model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 08 Agustus 2014 - 14:50:49

Mahasiswa KKN-PPM UBH Bungus Meriahkan HUT Kota Padang ke-345
Mahasiswa KKN-PPM UBH Bungus Meriahkan HUT Kota Padang ke-345
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kelurahan Bungus Kecamatan Teluk Kabung, Kota Padang turut memeriahkan acara hari ulang tahunnya Kota Padang yang ke-345 di Danau Cimpago, Pantai Purus Padang, Rabu (06/08/2014).

Kegiatan ini dilaksanakan pukul 17.00- 21.30 WIB yang diikuti oleh seluruh instansi yang ada di Kota Padang, seluruh Kecamatan dan Kelurahan, serta seluruh masyarakat kota Padang.

Mutya Azshari Ardi, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Bungus manyampaikan kegiatan ini merupakan suatu bentuk apresiasi masyarakat Bungus, Teluk Kabung Utara kepada mahasiswa KKN PPM Universitas Bung Hatta karena mereka diutus langsung oleh lurah setempat menjadi peserta untuk mewakilkan daerah tersebut.

"Sehari sebelumnya di kantor lurah Bungus, Teluk Kabung Utara, mahasiswa KKN PPM UBH 2014 ini juga ikut membantu dan bekerjasama dengan pegawai kelurahan untuk menghiasi beberapa atribut seperti hiasan ikan dan semangka yang terbuat dari kertas karton," ujarnya mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Ia juga mengatakan hiasan ini adalah merupakan ciri khas dari Kel. Bungus Teluk Kabung Utara dan dipamerkan dijalanana saat berpawai bersama dengan peserta lainnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 08 Agustus 2014 - 13:54:02

Melalui KKN Tematik, UBH Lakukan Pendampingan Desa Tangguh Bencana
Melalui KKN Tematik, UBH Lakukan Pendampingan Desa Tangguh Bencana
bunghatta.ac.id - Aturan dalam membangun rumah di daerah rawan gempa tergadang luput jadi perhatian masyarakat, padalah ketika guncangan tiba dan banyak bangunan yang rusak, barulah kita menyadari betapa pentingnya membangun rumah yang tahan gempa sesuai dengan karakteristik wilayahnya.

Menyikapi hal tersebut Dosen Fakultas Teknik Sipi dan Perencanaan Universitas Bung Hatta melakukan sosialisasi dan penerapan langsung membangun Rumah Tahan Gempa di Korong Kota Bangko, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (07/08/2014).

Kabupaten Padang Pariaman dipilih menjadi lokasi untuk melakukan kegiatan Hibah KKN Tematik Dikti 2014 melalui pendampingan desa tangguh bencana dalam rangka pemberdayaan pelatihan kader masyarakat yang diketuai oleh Ketua Tim, Ir. Hendri Warman MSC yang juga menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu.

Tim ini juga beranggota Ir. Nasril S, MT, IAI dan Ir. Yaddi Sumitra, MT yang berasal dari jurusan Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur. Hibah Dikti tersebut melibatkan mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) yang berada di Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan oleh Ir. Nasrul S, MT mengenai pedoman pelaksanaan teknis dalam pembuatan rumah sederhana tahan gempa dan memperbaiki rumah pasca gempa untuk para masyarakat dan tukang bangunan di daerah tersebut.

Nasrul mengatakan gempa bumi dapat datang kapan saja tanpa kita bisa prediksi dan sadari. Sumatra Barat merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang sangat rawan terhadap guncangan gempa terutama daerah Kabupaten Padang Pariaman, untuk itu perlu dilakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi acaman dan dampak yang akan terjadi salah satunya dengan mempersiapkan rumah tahan gempa.

“Selama ini masyarakat banyak yang membangun rumah tanpa kontruski balok pondasi, kolom praktirs dan balok ring sehingga kekuatan bangunan masih minim,” sebutnya.

Ia menjelaskan ingin membangun dan bangunannya ingin diperkuat dapat dilakukan dengan menempel dinding dengan kawat anayam dan memasang bingkai beton tulang, memperkuat dan memperbaiki tulang serta sambungan bingkai yang tidak memenuhi syarat.

“Syarat minimum bangunan tahan gempa itu harus dibangun di tanah yang berpasir, mutu bahan dan cara pengerjaan harus benar sesuai dengan ketentunannya serta semua bangunan baik pondasi, kolom balok, dinding, rangka atap dan atap harus disambung dengan baik agar menjadi satu kesatuan,” ulasnya.

Sementara itu, Mahyuni Dt. Kamuli, Wali nagari Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, menyampaikan terimakasih atas kepercayaannya Universitas Bung Hatta untuk menempaktkan para mahasisiwanya melaksankan KKN di daerahnya sekaligus dipilih menjadi tempat untuk melakukan pemberdayaan memlalui program yang diberikan pemerintah melalui KKN Tematik.

“Nagari kita ini cukup luas dan baru mengalami pemekaran, jadi sangat diperlukan sekali pemberdayaan baik oleh pemerintah maupun perguruan tinggi dan saat ini tengah dilakukan oleh Universitas Bung Hatta melalui mahasiswa yang KKN disini,” sebutnya.

“Kita berharap untuk tahun berikutnya, daerah kita ini menjadi lokasi untuk dilaksanakan pemberdayaan lagi dan selama mahasiswa KKN Universitas Bung Hatta melaksanakan programnya sejauh semuanya aman,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 50 masyarakat dan tukang bangunan serta mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta. Usai sosialisasi, tim juga melakukan survei kepada salah satu rumah terpilih untuk dilakukan penguatan bangunannya pasca terkena dampak gempa 30 September lalu. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 08 Agustus 2014 - 13:21:23

Peringati HUT RI, Mahasiswa KKN-PPM Nagari Gadur Beri Bantuan Alat Olahraga
Peringati HUT RI, Mahasiswa KKN-PPM Nagari Gadur Beri Bantuan Alat Olahraga
bunghatta.ac.id - Memperingati hari kemerdekaan republik indonesia yang ke-69, mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melakukan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan peralatan olahraga kepada masyarakat setempat, Kamis (07/08/2014).

Febrina Rahmat Diningsih, salah satu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Gadur mengatakan bantuan yang diberikan ini merupakan kenang-kenangan dari para mahasiswa kepada pemuda setemat yang berupa penyerahan bola kaki, bola voli dan net.

“Pada tanggal 9 Agustus 2014 mendatang peralatan olah raga tersebut untuk melengkapi acara yang akan kami adakan dalam menyambut hari kemerdekaan dan bertujuan untuk mempererat hubungan tali persaudaraan antara mahasiswa dan pemuda yang telah terjalin hampir satu bulan ini,” sebutnya.

Ia menambahkan acara yang akan diadakan adalah perlombaan bola voli dan lomba tarik tambang yang akan di ikuti para pemuda dan mahasiswa mahasiswi KKN PPM Universitas Bung Hatta Bagari Gadur.

“Selain itu untuk pelaksanaan kegiatan MTQ, kita juga turut membantu baik secara finansial dan ide pikiran demi menyukseskan acara ini,” imbunya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 06 Agustus 2014 - 12:48:52

Mahasiswa KKN-PPM UBH Bungus Diskusi Dengan Nelayan
Mahasiswa KKN-PPM UBH Bungus Diskusi Dengan Nelayan
bunghatta.ac.id - Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kelurahan Bungus Kecamatan Teluk Kabung, Kota Padang mengadakan diskusi dengan masyarakat mengenai penanganan hasil tangkapan Ikan beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan ini dilaksnakan oleh mahasiswa dari Fakultas Perikanaan dan Ilmu Kelautan yaitu Lolitha Uthary, Sherly Yesika Afrina, Guscania, Reffi Aryzegovina, Yudi Pratama dan Novia Vanda yang menjalakan program pokoknya di KAN Adat Nagari yang terletak di Batuang, Teluk Kabung Utara.

Mutya Azshari Ardi, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Bungus mangatakan kita disini memperkenalkan kepada masyarakat yang umumnya bekerja sebagai nelayan mengenai cara penanganan ikan dan diskusi tentang pemasalahan apa saja yang dihadapi oleh nelayan.

“Kehidupan ekonomi masyarakat pesisir disini cukup rendah, sementara di lingkungannya berdiri perusahaan penangkapan ikan yang besar. Saat diskusi para nelayan berbicara secara praktek dilapangannya dan bagaimana penanganan hasil tangkapan ikan setelah melaut,” ungkapnya.

Ia mengatakan berdasarkan hasil survey kita dengan membagikan kuisinoer kepada beberapa klompok nelayan di daerah Teluk Kabung Utara maka kita mengadakan diskusi bersama dengan masyarakat pesisir khususnya nelayan.

"Dengan diskusi ini para mahasiswa dapat mengkaji apa peranan serta apa dampak yang diberikan oleh perusahaan ini. Tentunya dengan kegiatan ini semoga dapat membantu masyarakat agar dapat meningkatkan taraf hidupnya,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Ir. Yempita Efendi, MS, anggota kelompok nelayan, tokoh masyarakat baik dari Ketua RT, RW,Kelurahan, Kecamatan hingga Ibu-Ibu PKK dengan peserta lebih dari 50 orang. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.166.61.100