Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Seminar Motivasi Sang Pemenang Pembelajar

Wirausaha Muda Proklamator (WMP) Bung Hatta bersama DPD Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (Iluni FE) Jabodetabek Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Seminar Motivasi Sang Pemenang Pembelajar dengan tajuk menembus batas menjadi orang di atas rata-rata dalam meraih sukses yang akan dilaksanakan di....

Makanan Ringan "Kacang Genit" Karya Mahasiswa Manajemen UBH

Sebanyak 7 mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universtias Bung Hatta membuat makanan ringan dengan nama Kacang Genit. Kegiatan yang dilakukan secara berkelompok ini merupakan bagian dari tugas matakuliah Kewirausahaan yang diperuntukan bagi mahassiwa semester 5. Ketujuh mahasiswa yang....

Fak.Hukum UBH dan OJK Padang Sosialisasikan Pasar Modal Syariah

Belum semua sektor jasa keuangan dikenal dengan baik oleh masyarakat, termasuk pasar modal, masyarakat menganggap pasar modal masih sesuatu yang baru, namun sebenarnya pasar modal telah hadir di Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka, hal itu ditandai dengan pembentukan bursa efek pertama di Bata....

Mari Ikuti dan Semarakan FTSP SILeNT EFFECT

Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakutlas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan FTSP SILeNT EFFECT dengan tema Build More Surprised Creativity and Innovation with The SILeNT EFFECT yang terdiri dari kegiatan seminar nasional, pelatihan, olahraga, musik dan latih....

UBH Turut Berduka Atas Berpulangnya Dirut PT. Semen Padang

Keluarga Besar Universitas Bung Hatta mengucapkan turut berbelasungkawa atas berpulangnya ke Ramatullah Ir. H. Munadi Arifin, SE, MM, Ak Direktur Utama PT. Semen Padang dalam usia yang ke-60 tahun. Semoga amal dan ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan....

Pertemuan Pimpinan Universitas Dengan Yayasan

Universitas Bung Hatta mengadakan pertemuan dengan Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta yang bertempat di Ruang Teater Gedung H Kampus Proklamator I Universtas Bung Hatta, Senin (15/09/2014). Pertemuan ini dihadiri oleh pendiri dari Yayasan Pendidikan Bung Hatta yaitu Drs. Hasan Basri Duri....

Senin 08 September 2014 - 08:48:19

Turnamen Futsal Teknik Elektro Cup II Championship 2014
Turnamen Futsal Teknik Elektro Cup II Championship 2014
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Turnamen Futsal Elektro Cup II Championship Untuk Mahasiswa se-Kota Padang yang akan dilaksanakan di Lapangan Futsal Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 26-28 September 2014 mendatang.

Ketua Pelaksana Turnamen ini, Ikhsan Irdas mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud untuk menjalin semangat persaudaraan antar mahasiswa se-Kota Padang, menyalurkan juga potensi dan bakat para mahasiswa dalam bidang keolahragaan dan untuk menanamkan dan menciptakan rasa sportifitas yang tinggi sebagai pembinaan mental mahasiswa.

“Tak hanya itu kegiatan turnamen futsal ini sebagai upaya untuk menjalin silaturahmi antara masing-masing mahasiswa se-Kota Padang dan sebagai program kerja dari himpunan,” ujarnya.

Dengan mengangkat tema menciptakan hubungan silaturahmi antar mahasiswa se-Kota Padang, diharapkan turnamen ini mampu menjadi wadah untuk pengembangan minat bakat para mahasiswa pencinta olahraga futsal.

Untuk pendaftaran dimulai dari tanggal 8 hingga 24 September 2014 dengan insert Rp.200.000 per tim dan pemenang akan mendapatkan tropi dan tabanas untuk juara 1, 2 dan 3.

Lokasi pendaftaran bertempat Depan Ruang Diorama FM dan Gedung A Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta atau dapat mengubungi Ikhsan Irdas 081277688692, Desrika Sari 082378553700 dan Junaidi Rachmi 081365407488. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 05 September 2014 - 09:30:58

UBH Jadi Lokasi Test Ujian Kemampuan Bahasa Jepang
UBH Jadi Lokasi Test Ujian Kemampuan Bahasa Jepang
bunghatta.ac.id - Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta kembali membuka kesempatan bagi pembelajar bahasa Jepang di wilayah Sumatera Barat untuk mengikuti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (UKBJ) 2014 (Nihongo Noryoku Shiken) atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah The Japanese Language Proficiency Test (JLPT).

Pelaksanaan ujian ini akan berlangsung pada hari Minggu, 07 Desember 2014 di kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta-Aie Pacah, Padang. Pelaksanaan ujian ini mengikuti jadwal Internasional yang dilakukan secara serentak di negara-negara lain yang diberi kewenangan oleh The Japan Foundation, Jepang.

Ketua Panitia UKBJ 2014, Tienn Immerry, S.S., M. Hum mengatakan ujian ini bisa diikuti oleh berbagai kalangan seperti siswa SMA/SMK dan yang sederajat, mahasiswa, dosen, dan kalangan umum yang ingin mengukur kemampuan bahasa Jepang mereka maupun untuk keperluan lainnya.

“Karena sertifikatnya berlaku Internasional, ,maka ujian ini harus diikuti oleh mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta,” ujarnya Tieen yang juga menjabat Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya.

Sementara itu Eduardus Agusli, salah seorang panitia UKBJ 2014 menyebutkan secara garis besar materi terbagi atas tiga bagian, yakni Moji-Goi (tulisan), Chookai (pendengaran), serta Bunpo-Dokkai (tata bahasa-bacaan). Materi ujian ini dibagi atas sejumlah level/tingkatan sesuai dengan kemampuan peserta, yakni N-5 (tingkat pemula) hingga N-1 (tingkat mahir).

“Universitas Bung Hatta merupakan 1 dari 7 perguruan tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan ujian ini setelah Universitas Sumatera Utara Medan, Universitas Dharma Persada Jakarta, Universitas Padjadjaran Bandung, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Udayana Denpasar,” ungkapnya.

Dr. Diana Kartika, Ketua Jurusan Sastra Jepang juga menegaskan gencarnya pembangunan infrastruktur di Indonesia belakangan ini juga dinilai menarik oleh para pebisnis/inverstor dari Jepang.

“Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menunjukkan Jepang merupakan investor terbesar di Indonesia dengan nilai penanaman modal mencapai 17% dari keseluruhan Penanaman Modal Asing (PMA),” ungkapnya.

Hal ini juga menggambarkan bahwa lapangan kerja yang membutuhkan penguasaan bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar semakin terbuka lebar. Maka demi karir masa depan dan kebutuhan akan pekerja berbahasa Jepang tersebut, para calon lulusan wajib memiliki sertifikat UKBJ.


Hasil survei yang dilaksanakan oleh the Japan Foundation , pada 2012 mengungkapkan peningkatan jumlah pebelajar Bahasa Jepang mencapai 18% menjadi 872.411 orang. Dengan demikian Indonesia menduduki peringkat ke-2 yang memiliki pebelajar terbanyak di seluruh dunia setelah Tiongkok.

Berdasarkan data yang sama juga, Sumatera Barat menduduki posisi ke-6 pebelajar terbanyak dari seluruh provinsi Indonesia. Jumlah ini tampaknya akan terus bertambah seiring peningkatan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Jepang.

Calon peserta ujian dapat mendaftarkan diri di kantor Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta Kampus Proklamator II Aie Pacah dan tempat lainnya di wilayah Sumatera Barat yang ditetapkan panitia UKBJ setiap hari kerja seperti Universitas Andalas , Universitas Negeri Padang, STBA H. Agus Salim, Kyoshin La Sumbar, Universitas Riau dan akan ditutup pada 10 September 2014. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Oslan Amril dengan telepon. 081374489411. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 04 September 2014 - 14:38:17

Balai Pelatihan Kementerian PU dan FTSP UBH Gelar Forum Diskusi Keahlian Konstrusksi
Balai Pelatihan Kementerian PU dan FTSP UBH Gelar Forum Diskusi Keahlian Konstrusksi
bunghatta.ac.id - Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan Forum Komunikasi Peningkatan Keahlian Konstruksi yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Gedung F Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (04/09/2014) dengan menghadirkan pembicara Dr. Ir. Doedoeng Z. Arifin dari Kepala Balai Peningkatan Keahlian Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta, Ir. Hendri Warman, MSC menyampaikan dunia jasa konstrusksi di Sumbar cukup banyak namun sayangnya jumlah tenaga ahli yang bersertifikasi sangat terbatas. Padahal sangat penting sekali, terutama saat ini dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 maka perlu sumber daya manusia yang berkompeten.

“Perlu dukungan perguruan tinggi, pemerintah dan asosiasi profesi dalam menyikapi tenaga konstruksi yang berkompeten. Sebagai tuan rumah yang ditunjuk untuk kegiatan ini kita sangat mengucapkan terima kasih dan kehadirannya dalam kegiatan ini,” sebutnya.

“Kita berharap dengan diskusi yang dilaksanakan ini dapat menghasilkan masukan dan saran dalam perkembangan dunia jasa konstruski kedepannya,” tambahnya.

Forum grup diskusi ini hanya diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Pekerjaan Umum Sumatra Barat, Kepala Balai Pelatihan Konstruksi, Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Bung Hatta, Institut Teknologi Padang, dan Politeknik Negeri Padang, perwakilan asosiasi profesi dan dimoderatori oleh Suyono, SE, M.Si dengan pembahasan mengenai profesi insinyur dalam mewujudkan industri konstruski yang berkelanjuta.

Dalam penyampaian materinya, Doedoeng mengatakan industri konstruksi merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari dan menjadi urutan ke enam dari sektor utama penyumbang pendapatan besar nasional. Namun yang menjadi permasalahan saat ini tenaga kerja konstruksi sarjana masih rendah.

“Data Dirjen Dikti 2013 menyebutkan lulusan sarjana teknik yang diserap disektor kontrusksi hanya 10 persen. Penambahan insinyur kontruksi selama 4 tahun terakhir lebih dari 36ribu orang dengan rata-rata jumlah tenaga konstruksi 9ribu orang per tahun. Namun tenaga konstruksi yang bersertifikasi masih tidak berimbang,” ujarnya.

Sebagai tantangan kebutuhan sumber daya manusia yang berkompeten, maka kementerian pekerjaan umum berupa untuk mengadakan berbagai pelatihan dan uji kompetensi agar memperoleh tenaga konstrusksi yang bersertifikasi.

“Bahkan pendidikan teknik sipil pun masih belum terintegrasi dan berkesinambungan antara proses pendidikan dan penjaminan kemampuan profesional. Untuk itu, kurikulum pendidikan teknik dibut konsorsium antara industri konstruski, BAN dan perguruang tinggi,” ulasnya.

Ia juga menyebutkan pelatihan atau pendidikan profesi bagi mahasiswa tingkat akhir atau alumni muda yang bekerjasama dengan lembaga pelatihan konstruksi dan sertifikasi tenaga kerja sebagai percepatan pengakuan kompetensi kerja.

“Perlu juga pemagangan bagi mahasiswa tingkat akhir dan mekanisme rekognisi pembelajaran lampau dan pengalaman kerja melalui program profesi,” imbuhnya.

Kegiatan ini diadakan juga dalam rangka persiapan pelaksanaan pelatihan dengan metode Distance Learning (DL) dan kegiatan Continuing Profesioal Development (CPD) dalam bentuk seminar serta penandatanganan kerjasama pembinaan pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Balai Peningkatan Keahlian Konstruski Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruski Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 04 September 2014 - 10:52:53

Sastra Jepang Gelar Seminar Nasional : Tantangan Lulusan Sastra Jepang Hadapi AFTA 2015
Sastra Jepang Gelar Seminar Nasional : Tantangan Lulusan Sastra Jepang Hadapi AFTA 2015
bunghatta.ac.id - Seluruh mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta menghadiri seminar nasional Tantangan dan Peluang Lulusan Bahasa Jepang Dalam Menghadapi AFTA 2015, di Auala Balairung Caraka Kampus I UBH Ulak Karang, Kamis,4/914.

Seminar Nasional yang di gelar Prodi Sastra dan Bahasa Jepang itu di buka oleh Rektor UBH Prof.Dr. Niki Lukviarman,SE,Akt,.MBA menghadirkan pembicara Tomoya Mitsumoto dari The Japan Pondation-Jakarta, Ketua DPP ASITA Indonesia Asnawi Bahar,SE.,MS.i, Ka.Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar yang diwakili Drs. Zudarmi,MSi Kabid Pelatihan dan Produktivitas serta Osvian Putra Alumni Prodi Sastra Jepang angkatan 92.

Ketua Pelaksana Dwi Kania Izmayanti menyebutkan, seminar tersebut digelar karena Prodi Sastra Jepang menyadari bahwa mau tidak mau Indonesia sebagai peserta dalam Organisasi Asean, mau tidak mau dan siap tidak siap harus mengikutinya harus siap menghadapinya.

Salah satu tantangan kesiapan masyarakat Indonesia Menghadapi AFTA 2015 adalah sejauh mana masyarakat Indonesia sudah cukup menguasai Bahasa Jepang, yang nantinya akan menjadi salah satu bahasa pengantar utama dalam relasi yang kian terbuka dengan sesama masyarakat Asia yang akan bebas hilir-mudik ke Indonesia.

Zudarmi dalam makalahnya menyebutkan bahwa tantangan utama yang akan di hadapi adalah peningkatan daya saing dan keunggulan kompetitif disemua sektor. Jepang salah satu negara di asia timur yang masuk kedalam wilayah AFTA sangat menguasai produk-produk dunia mulai dari otomotif sampai dengan budaya massa seperti komik dan lainnya.

“Untuk dapat mengetahui rahasia keberhasilan Jepang, banyak orang mempelajari Bahasa Jepang, di Indonesia institusi pembelajaran bahasa Jepang berada pada urutan ketiga, sehingga banyak lulusan setiap tahunnya harus bersaing untuk mendapatkan peluang kerja”, jelas Zudarmi.

Senada dengan itu, dalam pemaparan makalahnya Asnawi Bahar menyampaikan salah satu contoh dari UU No.10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan adalah para mahasiswa yang telah memiliki ketrampilan dalam berbahasa asing dapat mengikuti sertifikasi untuk mendapatkan kompetensi dalam pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati serta di kuasai untuk mengembangkan profesionalitas kerjanya.

“Berdasarkan hal tersebut, maka sudah tidak menjadi kekhawatiran bagi lulusan ketrampilan berbahasa, khususnya Bahasa Jepang untuk terjun dalam menghadapi AFTA 2015, terbuka peluang kebutuhan akan tenaga ahli di bidang bahasa yang dimiliki dan sangat memegang peran penting” ungkap Asnawi.

Tak jauh berbeda dengan Asnawi, Osvian Putra Alumni Sastra Jepang 92 yang kini dibidang pariwasata Pekanbaru-Riau menambahkan bahwa lapangan kerja di bidang pariwisata antara lain di perhotelan,restaurant,travel biro, kepemanduan, travel writer, overseas business representative dan lainnya.

“Dengan demikian, menguasai Bahasa Jepang adalah salah satu kunci untuk menguasai ilmu, menguasai teknologi, dan menguasai dunia. AFTA yang berarti keterbukaan dalam pergaulan antarbangsa di Asia sudah di depan mata”, ungkap Osvian

Disebutkan juga, salah satu hal yang perlu dipersiapkan dan dikuasai adalah kemampuan berkomunikasi minimal dengan menggunakan Bahasa Inggris dan syukur-syukur bisa juga menguasai beberapa bahasa dari negara-negara Asia lainnya misalnya Mandarin. Sebab dengan menguasai bahasa asing, bisa berelesi dengan sesama dari bangsa lain secara lebih baik termasuk dalam urusan pendidikan, pekerjaan, ekonomi/bisnis, sosial, budaya, dari berbagai sektor. (**Indrawadi-humas ubh)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 03 September 2014 - 11:07:07

Duta Sepeda Kampus Proklamator
Duta Sepeda Kampus Proklamator
bunghatta.ac.id - Salah satu upaya mewujudkan lingkungan kampus educopolis dan menggalakkan budaya bersepeda di kalangan civitas akademika Universitas Bung Hatta, beberapa teman-teman mahasiswa telah memulainya dan berencana akan membentuk sebuah komunitas (Bung Hatta Bikers -red) yang diharapkan dapat dukungan dan kebijakan Universitas terkait sepeda kampus.

Diharapkan, rintisan duta sepeda kampus ini mampu membawa efek positif bagi Universitas Bung Hatta, diantaranya adalah meningkatnya jumlah mahasiswa yang bersepeda, memperbaiki lingkungan sekitar serta melatih diri untuk menggunakan sepeda motor secara rasional.(**Indrawadi-Humas UBH).

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 02 September 2014 - 15:27:38

Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta
Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 02 September 2014 - 09:34:26

Teknik Mesin UBH Buat Workshop Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah
Teknik Mesin UBH Buat Workshop Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah
bunghatta.ac.id - Pentingnya pembuatan proposal dan artikel ilmiah, sebanyak 12 dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengikuti Workshop Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknik Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Sabtu (30/08/2014) lalu.

Ketua Pelaksana Workshop Dr. Hendra Suherman, ST, MT mengatakan kegiatan ini diadakan oleh jurusan dengan tujuan agar setiap proposal-proposal penelitian dari Universitas Bung Hatta khususnya dari Jurusan Teknik Mesin dapat bersaing dikancah internasional.

"Melihat potensi penelitan yang banyak, namun dari segi publikasinya sedikit, maka diadakan workshop ini. Nantinya dari hasil proposal atau penelitian bisa menuju ke tingkat nasional maupun Internasional lewat publish convert agar dunia bisa melihat potensi dan penelitian dari Indonesia," ungkapnya.

Ia juga mengatakan output dari kegiatan ini semoga akan didapatkannya proposal-proposal dari dosen Jurusan Teknik Mesin yang siap dikompetensikan di lingkungan internas tersendiri melalui LPPM dan untuk tingkat eksternal melalui Dikti

Dekan Fakultas Teknologi Industri Drs.Ir.Mulyanef M.Sc yang membuka secara langsung kegiatan ini mengatakan kegiatan ini dapat memotivasi dosen-dosen agar lebih semangat untuk membuat proposal lebih banyak. Agar kedepannya dapat membuat laporan yang bisa bersaing ditaraf internasional dan dapat membimbing memotivasi mahasiswa

"Jika sebuah proposal penelitian dari dosen lulus, dosen akan mengajak beberapa mahasiswa tingkat akhir sebagai anggotannya yang nantinya mahasiswa tersebut dapat menjadikan sebuah masalah penelitian itu menjadi tugas akhirnya, itu mempermudah mahasiswa juga," ujarnya.

Workshop ini terbagi dua sesi, pertama disampaikan oleh tiga pemateri yaitu Dr. Elfiondri M.hum, Dr. Ir Feri Arlius Dt. Sipado, M.Sc. dan juga Dr. Hendra Suherman. Pada sesi kedua menghadirkan pemateri Ir. Indra Khaidir M.Sc, Ir. Edi Septe M.T dan Ir. Burmawi M.Si yang membahas Pembuatan Proposal Fundanmental, Proposal Hibah Pesaing, Program Kreatif Mahasiswa (PKM) dan Publikasi Jurnal Internasional. (**Ubay-Humas UBH/Uci)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 01 September 2014 - 15:13:25

Kemenlu RI dan UBH Gelar Seminar Nasional Hukum Laut
Kemenlu RI dan UBH Gelar Seminar Nasional Hukum Laut
bunghatta.ac.id - Direktorat Jendral Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bersama Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Hukum Laut dengan tajuk pengaturan dan tantangan dalam penganganan tindak pencarian dan penyelamatan di laut (maritime search and rescue). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Balairung Carakan Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (01/09/2014).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan kampus memberikan penghargaan sebesar-sebarnya dan sangat berterima kasih sekali kepada Kemenlu yang masih mempercayai Universitas Bung Hatta menjadi salah satu tempat dalam menyelenggarakan kegiatannya.

“Selama ini hubungan antara Kemenlu dan Universitas Bung Hatta sangatlah baik. Semoga jalinan kerjasama ini terus terjalin dengan berbagai kegiatan lain yang dilakukan di Kampus Proklamator ini,” imbuh Niki.

Wiwiek S. Firman, dari Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Kemenlu menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut hari nusantara sekaligus wujud nyata membangun jalinan erat antara Kemenlu dengan akademisi dan berbagai intansi lainnya.

“Dengan seminar ini kita dapat memahami kebijakan dan impelemntasi hukum laut di Indonesia dalam hal penanganan SAR di wilayah laut yang perlu kita dukung secara bersama-sama,” ujarnya.
Seminar nasional ini menghadirkan empat pemateri yang berkompeten dibidangnya yaitu pertama Marsda Sunarbowo Sandi, M.Sc dari Deputi Bidang Ptensi SAR Badan SAR Nasional (Basarnas) yang menyajikan materi mengenai pengaturan internasional dan regional tentang penyelamatan di laut serta implementasi di tingkat nasional.
“Basarnas mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintah dibidang pencarian dan pertolongan atau search and rescue (SAR) sesuai dnegan ketentuan perundang-undangan. Dalam menjalankan tugasnya, Basarnas juga menjali kerjasama dengan berbagai pihak terkait baik dalam maupun luar negeri terutama diwilayah perairan. Kita tahu, Indonesia merupakan negara maritim yang didominasi oleh perairan,” ucapnya.

Sementara itu, untuk materi kedua disampaikan oleh Kol Kresno Buntoro, SH, LLM, Phd dari Kasubdiskumlater TNI AL Republik Indonesia mengenai tantangan dalam penanganan tidakan pencarian dan penyelamatan di laut.

“Wilayah Indonesia yang yang dikelilingi oleh lautan menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan penanggan SAR terutama saat terjadi insiden yang jaraknya berada di luar jangkauan dan dekat dengan teritorial negara tetangga hingga dukungan bahan bakar yang tidak mencukupi saat melakukan operasi SAR,” katanya.

Untuk materi ketiga dari Dr. Wahyu. W. Pandoe dari Balai Teknologi Survei Kelautan Kedeputi Bidang TSPA-BPPT yang membahas mengenai dukungan teknologi dalam tindakan pencarian dan penyelamatan di laut.

“Dukungan ilmu pengetahuna dan tekologi yang memadai sangat membantu dalam beberapa misi SAR laut atau pantai di Indonesia. Perlu impelemntasi IOOS (Integrated Ocean Observing System) di Indonesia khususnya informasi mengenai gelombang, arus dan lainnya secara real time guna memudahkan olerasi SAR,” ungkapnya.

Sedangkan pemateri terakhir dari Badan SAR Kota Padang yang membahas pengaturan dan penangganan disaster relief di Sumatra Barat oleh Ir. Juanda Sodo MM.

Seminar Nasional ini diikuti lebih dari 200 peserta yang berasal dari mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta, mahsiswa dan dosen program studi hukum di Kota Padang serta intansi pemerintahan yang terkait dengan operasi SAR. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 29 Agustus 2014 - 11:32:50

QS UBH Berikan Pemahaman Profesi Lulusan Lewat Kuliah Umum
QS UBH Berikan Pemahaman Profesi Lulusan Lewat Kuliah Umum
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Kontruksi atau dikenal denganQuantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/08/2014).

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara Prof. Dr. Sr. Abdul Ghani Khadir dari dosen jurusan Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia.

Ketua Jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta, Dr. Zulherman, ST, M.Sc mengatakan kegiatan kuliah umum ini menjadi agenda rutin jurusan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para dosen dan terutama mahasiswa seputaran perkembangan Quantity Surveying di Indonesia bahkan di dunia.

“Pembicara kali ini merupakan guru besar dari jurusan Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia yang turut membantu dalam pendirian jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. Hubungan kita dengan Universiti Teknologi Malaysia bukan saja sebagai mitra tapi sudah seperti saudara sendiri,” ungkapnya.

Zulherman juga menyampaikan dengan kuliah umum ini para mahasiswa dapat menambah pemahamannya mengenai Quantity Surveying. Saat ini saja banyak perusahaan konstruksi yang mengirim surat untuk melakukan tes penerimaan karyawan baru langsung datang ke kampus namun sayangnya ketersediaan lulusan kita sudah banyak yang bekerja.

“Perkembangan profesi Quantity Surveying sangat menanjikan sekali, pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2014 ini saja peminatnya banyak namun karena keterbatasan daya tampung jadi tak banyak yang diterima. Tentunya hal tersebut juga demi menjaga kualitas lulusan kita agar semakin baik,” sebutnya.

Dalam penyampaian materinya, Prof. Dr. Sr. Abdul Ghani Khadir memberikan motivasi kepada para mahasiswa mengenai peran dan prospek kerja dari lulusan Quantity Surveying terutama dalam menyambut masyarakat ASEAN tahun 2015 mendatang.

“Saya bangga sekali peminat jurusan Quantity Surveying cukup banyak menunjukan perkembangan profesi Quantity Surveying sangatlah tinggi. Dulu profesi Quantity Surveying belum ada namun melihat perkembangan dunia konstruksi saat ini profesi Quantity Surveying sangat dibutuhkan terutama dalam bidang estimasi biaya dan aspek hukum dalam pekerjaan konstruksi,” ungkapnya.

Ia mengatakan peluang lulusan Quantity Surveying sangatlah banyak, terutama bila kita ingin bekerja di luar negeri akan lebih besar lagi penghasilannya. Profesi Quantity Surveying dapat bekerja sebagai konsultan hukum khusus bidang konstruksi, asuransi, bank hingga minyak dan gas.

“Inilah kelebihan dari profesi Quantity Surveying dapat mengerti soal pembiayaan, hukum, proses, desain. Tentunya dalam dunia konstruksi,” ungkapnya.

Kuliah umum ini diikuti lebih 100 mahasiswa dari semua angkatan di jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 29 Agustus 2014 - 08:38:19

Teknik Kimia UBH Adakan Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia
Teknik Kimia UBH Adakan Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia
bunghatta.ac.id - Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan daya saing lulusan, Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Softwere Aplikasi Teknik Kimia yang dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 26-27 Agustus 2014 .

Pelatihan ini menghadirkan pemateri Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati dari dosen Institut Teknologi Bandung yang menjelaskan penggunaan software untuk membantu perancangan pabrik kimia yang diikuti oleh lebih dari 30 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Kresnowati menjelaskan pentingnya dalam melakukan pemodelan dalam perancangan pabrik kimia sebab dari pemodelan itu kita dapat mengetahui pengembangan proses time to market, evaluasi proses produksi secara keseluruhan, potensi proses, estimasi biaya hingga evaluasi ekonomi dan aspek lingkungan.

“Tak hanya itu dengan pemodelan ini juga kita dapat mengetahui proses Manufaktur dalam memfasilitasi transfer teknologi, proses fitting, retrofit hingga perbedaan ukuran ideal alat.

Ia juga mengatakan dalam pembuatan pemodelan dengan menggunakan aplikasi software teknik kimia harus paham langkah-langkanya yang dimulai dari mendefinisikan problem, analisa proses, hingga skema proses.

Tahap perancangan pabrik kimia dapat dimulai dengan perancangan Konseptual dengan evaluasi alternatif jalur-jalur produksi, pra-perancangan dengan melakukan studi kelayakan dan perancangan terperinci berupa Basic Engineering Design, Front End Engineering Design dan Detailed Engineerign Design.

“Dalam simulasi proses itu tujuan akhirnya adalah analisa atau evaluasi proses bukan model itu sendiri,” ucapnya.

Menurutnya simulator dalam proses kimia yang digunakan merupakan aplikasi komputer untuk menghitung neraca massa dan neraca energi suatu unit proses atau rangkaian unit proses dan Engineering Tool yang dapat digunakan memperkirakan sifat fisik dan termodinamika serta perhitungan aliran proses baik dalam kondisi tunak (steady state) dan dinamik .

“Salah satu software yang digunakan dalam merancang pabrik kimia yaitu SuperPro Designer. Simulasi dengan software ini dapat menghitung neraca massa, menghitung kebutuhan utilitas, menghitung kebutuhan dan dimensi alat, schedulling dan analisa ekonomi,” imbuhnya.

SuperPro Designer dapat memfasilitasi pemodelan, evaluasi dan optimalisasi proses yang terintegrasi dalam berbagai industri seperti farmasi, makanan, pemurnian air, pengolahan air limbah, pengendalian polusi udara dan industri lainnya.

“Menggunakan proses simulator hanyalah alat bantu hitung teknik kimia sebagai kalkulator modern. Pemahaman mendalam atas prinsip dasar termodinamika dan unit operasi (sistem pemroses) sangatlah penting untuk menghindari pengoperasian simulator proses secara serampangan,” pesannya.

Terpisah, Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan pelatihan aplikasi teknik kimia ini akan rutin dilakukan oleh jurusan terutama bagi mahasiswa tingkat akhir dan mahasiswa yang mengikuti matakuliah perancangan alat proses, perancangan pabrik kimia dan matakuliah yang terkait.

“Penggunaan software ini juga telah mendapat lisensi dari perusahaan terkait sehingga dapat mendukung kompetensi lulusan dan jurusan juga akan memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan software aplikasi Teknik Kimia hingga memiliki kemampuan merancang teknologi pengolahan sumber daya alam nabati,” ungkapnya.

Salah peserta pelatihan Mega Ratna mengungkapkan pelatihan ini sangat membantu sekali terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun tugas akhir. Dengan bantuan software ini dapat melihat sejauh mana perhitungan dalam merancang pabrik kimia.

“Tentunya dengan pelatihan ini dapat membantu dalam proses penyusunan tugas akhir pra rancangan pabrik kimai,” harapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.82.186.169