Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Penyerahkan SK Calon Dosen Tetap dan Dosen Kontrak Universitas Bung Hatta

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA didampingi Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati, M.Pd bersama Wakil Rektor III Drs. Suparman Khan, M.Hum memberikan Surat Keputusan Pengangkatan Calon Dosen Tetap 80% dan Dosen Kontrak kepada 5 orang dosen yang berlangsung di Ruang ....

UKM Kesenian Proklamator Akan Gelar 5 Macam Perlombaan

Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan acara Festival dan Parade Seni dengan mengangkat tema Bebas, tak terbatas, Bersahabat yang akan berlangsung di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 04 hingga 05 April 2015 mendatang. Ketua....

58 Koorkab/kota dan DPL Laksanakan Pembekalan Untuk KKN-PPM Tahun 2015

Sebanyak 58 Koordinator Kabupaten/Kota dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta tahun 2015 dengan tema memberdayakan masyarakat tahun 2015 yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus ....

Bupati Solok Selatan Libatkan UBH Dalam Manfaatkan Potensi Daerah

Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, M.Eng mengajak perguruan tinggi untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan potensi baik sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimilik oleh Kabupaten Solok Selatan. Hal tersebut diungkapkannya saat penandatangan kerjasama dengan 12 perguran tinggi, i....

Menyiapakan Calon Tenaga Kerja, SPACE UBH Lakukan MoU dengan PT. Andalan Mitra Prestasi

Universitas Bung Hatta melalui SPACE atau School of Profesional and Continous Education (Sekolah Profesional dan Pendidikan Berkelanutan (SP2B) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT. Andalan Mitra Prestasi mengenai penyiapan calon tenaga kerja dan peningkatan SDM tenaga kerja melalui pelatih....

Jajaki Kerjasama, Universiti Kebangsaan Malaysia Kunjungi UBH

Untuk mempererat tali silaturahmi Universiti Kebangsaan Malaysia mengadakan kunjungan ke Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang Rekotrat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (23/02/2014). Tim Universiti Kebangsaan Malaysia yang mengikuti yaitu Prof. Dr. Abu B....

Senin 16 Maret 2015 - 08:26:38

Broadcast BBM Pembegalan dan Tidakan Asusila di Universitas Bung Hatta Merupakan Berita Hoax
Broadcast BBM Pembegalan dan Tidakan Asusila di Universitas Bung Hatta Merupakan Berita Hoax
bunghatta.ac.id - Sivitas Akdemika Universitas Bung Hatta diresahkan dengan beredarnya broadcast Blackberry Massenger (BBM) mengenai pembegalan dan tindakan asusila yang terjadi di Kawasan Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 13 Maret 2015 lalu.

Broadcast yang mengenai tidakan pembegalan yang menimpa pengendara motor yang terjadi di jalan pintu masuk kampus Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta tepatnya depan Kantor Walikota Padang pada 13 Maret 2015 siang.

Kemudian broadcast kedua mengenai tidakan asusila pemerkosaan yang terjadi pada salah seorang mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2014 yang terjadi di Gedung 5 Kampus Proklamator Ii Universitas Bung Hatta pada 13 Maret 2015 sore lalu.

Pimpinan Kampus Universitas Bung Hatta menyampaikan pesan berantai dalam broadcast BBM yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab ini merupakan kabar burung atau berita hoax.


Himbauan kepada mahasiswa Universitas Bung Hatta diharapkan agar jangan mudah percaya dan lebih bijak lagi dalam menanggapinya bila terdapat berita yang belum tentu kebenarannya.

Bila ada informasi yang simpang siur terkait Kampus Universitas Bung Hatta dapat mengubungi petugas keamanan dan pimpinan fakultas atau dapat mengubungi contak person Kampus Universitas Bung Hatta Indrawadi (08126732774), Riswandi (081363416227) dan Ubay (081947555359).

(Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 13 Maret 2015 - 16:43:25

Sosialisasi Matakuliah Kebunghattaan
Sosialisasi Matakuliah Kebunghattaan
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan Sosialisasi Matakuliah Umum Dasar (MKDU) Kebunghattaan kepada kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Abdull Munzir, M.Si yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (13/03/2015).

Menurut Abdull Munzin, kronologi dari munculnya matakuliah Kebunghattaan ini tidak lepasa dari master plan Rencan Induk Pengembangan Universitas Bung Hatta 1987-1997, filosofi Yayasan Pendidikan Bung Hatta pada tahun 2003 dan MKDU Kebunghattaan pada tahun 2003.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 13 Maret 2015 - 16:33:22

Rektor Sosialisaikan Visi Misi Baru Universitas Bung Hatta
Rektor Sosialisaikan Visi Misi Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan Sosialisaikan Visi Misi terbaru Universitas Bung Hatta kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (13/03/2015).

Niki menyampaiakan dalam penyususnan visi misi untiversitas bnug hatta yang baru ini mempertimbangkan berbagai aspek seperti filosofis sebagai gambaran seberapa profesional dan seriusnya pengelolaan suatu institusi atau organisasi, kemudian sosiologis sebagai bentuk pertanggungjawaban institutsi kepada stakeholders atas penyelenggaraan dan pengelolaan kegiatan akademik dan nonakademik hingga aspek Yuridis dari perundang undangan sistem pendidikan nasional hingga status Universitas Bung Hatta.

“Dalam membuat Visi Universitas Bung Hatta itu harus bersifat realistis, kredibel, menginpirasi, unik yang membedakannya dengan perguruan tinggi sejenis, serta mengungkapkan kawasan operasi mengenai produknya (lulusannya), dan memiliki dimensi waktu sehingga merupakan masa depan yang menarik untuk sivitas akademik Universitas Bung Hatta dan pemangku kepentingan,” jelasnya.

Di tambahkan Niki, dalam merancang Misi harus mendeskripsikan tentang apa yang harus dilakukan Universitas Bung Hatta untuk mewujudkan visinya sehingga jelas menunjukkan jalan yang tepat dalam mewujudkan bagaimana fungsi tersebut dilaksanakan.

“Sehingga muncul visi Universitas Bung Hatta baru yang tertuang dalam Statuta Universitas Bung Hatta Tahun 2014 pasal 3, Nomor 003/SK/YPBH/XI-2014 yaitu Menjadi perguruan tinggi unggul dan bermartabat menuju universitas berkelas dunia,”ucapnya

Dengan artian unggul dalam kondisi excellent teaching university pada tahun 2033 dengan standar internasional dan bermartabat dalam artian upaya meneladani kepribadian dan meneruskan cita-cita Bung Hatta.

Kemudian dengan misi Universitas Bung Hatta yaitu melaksanakan pendidikan dan penelitian yang berkualitas dalam iklim yang demokratis dengan menjunjung tinggi kebebasan akademik dalam upaya mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Niki menyampaikan konsekuensi utama dengan perubahan visi misi tentunya berpengaruh pada penyususnan rencana induk pengembangan dan rencana strategis universitas dan penyesuaian penyesuaian visi misi dan rencana strategis di fakultas, prodi, bagian dan unit di Universitas Bung Hatta.

“Sosialisasi visi misi universitas bung hatta ini sangat penting sekali dalam memberikan pemahaman dan gambaran kepada dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Bung Hatta,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga Wakil Rektro I Universitas Bung Hatta, Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA menyampikan arahan mengenai pentingnya penelitian yang dilakukan oeh dosen dalam suatu perguruan tinggi. Untuk pelaksanaan aktivitasnya, dosen harus melakukan tridharma Perguruan Tinggi, dalam hal ini penelitian.

“Dosen dapat mengajukan proposal penelitian kepada LPPM Unibersitas Bung Hatta atau Dikti tiap tahunnya. Selain itu juga kedepannya Universitas Bung Hatta tidak hanya sebagai kampus pembelajaran saja tapi harus berbasis riset dan tekologi,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)

Materi Sosialisasi Visi Misi Universitas Bung Hatta dilihat <a href='http://bunghatta.ac.id/files/public/avatars/sosialisasi_visi_misi_13032015_b.pdf'>disini</a>
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 13 Maret 2015 - 11:44:46

Quantitiy Surveying UBH Siap Lahirkan Lulusan Profesional dan Diakui se-Asia Pasifik
Quantitiy Surveying UBH Siap Lahirkan Lulusan Profesional dan Diakui se-Asia Pasifik
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta bersiap-siap untuk melakukan terobosan dan program-program terbaru dalam menciptakan sumber daya manusia dari lulusan di bidang jasa konstruski yang berkualitas, profesional dan diakui tidak hanya secara nasional tapi hingga asia pasifik.

Demikian dikatakan Dr. Zulherman, ST, MSc Ketua Jurusan Quatity Surveying Universitas Bung Hatta saat mengadakan temu ramah dengan Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA bersama dosen tamu dari Quantitity Surveying Universiti Teknologi Malaysia di Ruang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (13/03/2015).

Zulherman menyampaikan saat ini jurusan Quatity Surveying Universitas Bung Hatta tengah menyiapkan 3 program pengembangan jurusan yang bekerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia, SPACE Universiti Teknologi Malaysia dan SPACE Universitas Bung Hatta.

“Rencana program tersebut pertama akan membuka jurusan Quatity Surveying untuk program S1 saat ini masih program D3. Kedua untuk program D3 reguler saat ini, langsung dapat melanjutkan studi S1 ke Quatity Surveying Universiti Teknologi Malaysia dan yang ketiga membuka program D3 untuk kelas profesional,” ucapnya.

Ia mengatakan pengembangan jurusan Quatity Surveying Universitas Bung Hatta ini melihat minat calon mahasiswa yang ingin daftar sangat tinggi ditambah lagi banyak juga pekerja profesional yang ingin melanjutkan studi di jurusan yang hanya ada satu-satunya di Indonesia ini. Bahkan sebelum wisuda, banyak mahasiswa Jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta yang telah dipinang untuk bekerja.

“Hal ini juga berkat kerjasama antara Universitas Bung Hatta dengan Universiti Teknologi Malaysia dalam mengembangkan jurusan Quantity Surveying. Tiap semesternya tenaga pengajar setingkat Profesor dan Doktor didatangkan setiap semesternya dari Universiti Teknologi Malaysia. Begitu juga dalam proses peningkatan mutu akademik untuk proses penyempurnaan kurikulum yang terus diupdate mengikut perkembangannya,” ujarnya.

Dikatannya, saat ini jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta sedang menyiapkan proses akreditasi dari Board of Quantity Surveyors Malaysia dan kedepannya juga akan mengurus proses akareditasi dari Royal Institution of Chartered Surveyors untuk tingkat asia pasifik. “Dengan demikian diharapkan lulusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta ini benar-benar mempunyai kualitas yang dibanggakan dan diperhitungkan oleh dunia kerja,” ucpanya.



Sementara itu, Prof. Sr. Abdul Ghani b. Khalid Guru Besar Quantitity Surveying Universiti Teknologi Malaysia menyampaikan rencana pengembangan jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta akan segera dilaksanakan dan dapat memberi manfaat untuk kedua institusi ini.

“Mahasiswa jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta yang baru lulus nantinya dapat melanjutkan S1 di Universiti Teknologi Malaysia dan bagi mahasiswa D3 dari kelas profesional nantinya setelah lulus tidak hanya mendapat ijazah dari Universitas Bung Hatta tapi dari Universiti Teknologi Malaysia juga,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyambut baik rencana pengembangan jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. “Diharapkan jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta melahirkan lulusan yang nantinya dapat setara dengan Quantitity Surveying Universiti Teknologi Malaysia,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 12 Maret 2015 - 14:55:45

Ditjen Perikanan Tangkap KKP, Lantik Pengurus ISPIKANI Sumbar
Ditjen Perikanan Tangkap KKP, Lantik Pengurus ISPIKANI Sumbar
bunghatta.ac.id - Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr Gellwynn Jusuf melantik pengurus Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Sumbar periode 2015-2019 di damping oleh Ka.Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbar Ir, Yosmeri di Gedung Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Bung Hatta, Kamis, 12/3-15.

“ISPIKANI Sumatera Barat adalah yang pertama kali di kukuhkan di Indonesia, saya sangat mengapresiasi keberadaan ISPIKANI sebagai organisasi yang aktif dalam memberikan masukan kebijakan kepada pemerintah dengan berbasis keilmuan, khususnya di bidang perikanan,” ujar Gelwyn

Dia mengajak semua sarjana perikanan seluruh Indonesia sebagai mitra dalam mencari solusi atas beragam persoalan pembangunan perikanan, seperti mengkaji persoalan penggunaan alat tangkap ,UU Fishing, maupun pakan alternatif dalam meningkatkan produksi budidaya.

“Ke depan, ISPIKANI melalui para pakarnya akan semakin dilibatkan Kemenko Maritim dan Kementrian Kelautan Perikanan dalam merumuskan beragam kebijakan pembangunan perikanan yang bersifat lintas sektoral”, imbuhnya.

Sejalan dengan tawaran Ditjen tersebut, ketua ISPIKANI Sumbar Dr. Alfian Zein,MS di damping Sekretaris Dr. Eyviet Nazmar,MS menyebutkan, tawaran tersebut sejalan dengan dengan fungsi dan tujuan ISPIKANI sebagai organisasi profesi yang bersifat keilmuan dan kekeluargaan serta tidak terikat pada organisasi politik.

Sedangkan tujuannya sendiri adalah (1) meningkatkan kerjasama profesional para Sarjana Perikanan dalam rangka mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuannya bagi pembangunan perikanan; (2) meningkatkan profesionalisme bagi para anggota; (3) membantu Pemerintah, pengusaha dan masyarakat dalam pembangunan perikanan; dan (4) menciptakan peluang guna mendukung pembangunan perikanan.

Dijelaskan Alfian, sebagai organisasi yang didirikan sejak tahun 1984, dengan tujuan untuk memajukan, mengembangkan dan mengamalkan ilmu perikanan untuk kepentingan pembangunan nasional, ISPIKANI meminta agar Kementrian Kelautan serta Kemenko Kemaritiman dapat menjadi ‘jambatan’ dalam mencari solusi penyelesaian persoalan pembangunan perikanan dengan melibatkan sektor lain.

Di akhir kesempatan, Ditjen Perikanan Tangkap KKP menyebutkan, dalam waktu agar pengurus ISPIKANI Sumbar bersiap untuk memenuhi undangan ISPIKANI dalam pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ISPIKANI sekitar bulan April nanti. (**Indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 12 Maret 2015 - 12:55:46

Samudera Hindia Dapat Menjadi Bagian Halaman Depan NKRI
Samudera Hindia Dapat Menjadi Bagian Halaman Depan NKRI
bunghatta.ac.id - Indonesia masih memunggungi Samudera Hindia dan belum memanfaatkan potensinya secara optimal. Kebijakan pembangunan masih umumnya ke pantai Timur Sumatera dan pantai Utara Jawa.
Padahal potensi Samudera Hindia itu sangat besar.

Demikian dikatakan Dr. Ir. Safri Burhanuddin, D.E.A Deputi Koordinasi Bidang SDM Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia saat memberikan keynote speach dalam Kegiatan Deklarasi dan Seminar Forum Akademis Samudera Atau Indian Ocean Academic Forum yang bertemakan Menoleh Ke Samudera Hindia, Menuju Poros Maritim Dunia di Aula Balirung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (12/03/2015).

Safri Burhanuddin mengatakan tidak kurang dari 65% minyak mentah dunia, 53% gas alam, 80,7% emas, 55% timah, dan 77,3% karet alam terdapat di Samudera Hindia dan negara-negara yang berbatasan dengannya. Dari segi populasi, 1/3 dari total penduduk dunia, atau sekitar 2 miliar jiwa terdapat di negara-negara Samudera Hindia.

“Samudera Hindia merupakan salah satu samudera penting yang memberikan banyak harapan dan keanekaragaman potensi yang belum termanfaatkan bagi Pemerintah Indonesia kaya akan potensi sumber ikan terutama ikan tuna, sumber daya gas metan yang dapat digunakan sebagai energi alternatrif pengganti BBM dan sumber daya lainnya seperti mineral dan minyak bumi,” paparnya.

Ia juga mengatakan Samudera Hindia dapat sebagai bagian dari halaman depan NKRI dan memperkuat dan meningkatkan kebijakan Pemerintah Indonesia terhadap Samudera Hindia. Selain itu juga perlu meningkatkan partisipasi aktif kalangan akademisi dan kalangan bisnis (business summit) dalam meningkatkan survei, penelitian dan pengkajian terhadap samudera Hindia, khususnya pengumpulan data untuk penetapan batas wilayah laut, potensi sumber daya hayati dan non hayati, serta jasa kemaritiman.

“Tak hanya itu perlu juga memperkuat dan mempererat kerjasama internasional di wilayah Samudera Hindia dalam rangka mempercepat pembangunan kemaritiman Indonesia dalam rangka menuju poros maritim dunia,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 12 Maret 2015 - 11:40:28

17 Perguruan Tinggi Indonesia dan Malaysia, Deklarasikan Forum Akademis Samudera Hindia
17 Perguruan Tinggi Indonesia dan Malaysia, Deklarasikan Forum Akademis Samudera Hindia
bunghatta.ac.id - Para akademisi dari perguruan tinggi dari terkemuka di Indonesia dan Malaysia akhirnya resmi mendeklarasikan Forum Akademis Samudera Hindia Atau Indian Ocean Academic Forum sekaligus pelaksanaan Seminar yang bertajuk Menoleh Ke Samudera Hindia, Menuju Poros Maritim Dunia yang bertempat di Aula Balirung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (12/03/2015).

Deklarasi forum ini dibakcakan oleh Direktur Eksekutif Forum Akademis Samudera Hindia Atau Indian Ocean Academic Forum Prof. Dr. Indra Jaya yang berisikan sebagai wadah pertukaran informasi, kerjasama penelitia dan pengembangan bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat di sekitar Samudera Hindia.

Forum ini melibatkan 17 perguruan tinggi di Indonesia dan Malasysia, 7 intansi pemerintahan baik pusat dan daerah serta lembaga swasta lainnya dan didukung oleh tokoh-tokoh nasional yang menjadi dewan pengarah Prof. Dr. Hasyim Djalal, Prof. Dr. Emil Salim, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, Prof. Dr. Rohmin Dahuri, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, Sp.GK dan lainnya.

Turut hadir dalam dekalrasi ini Deputi Koordinasi Bidang SDM Kementerian Koordinator Kemaritiman Dr. Ir. Safri Burhanuddin, D.E.A., Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dr. Gellwyn Yusuf, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Drs. Yuri Octavian Thamrin, M.A.

Ketua Pelaksana Dr. Ir. John Nurifdin Syach, M.S menyampaikan kegiatan ini merupakan momen bersejarah dalam kaitannya upaya pemerintah dan bangsa ini yang sedang membangun dirinya sendiri dalam merebut kembali jati diri bangsa sebagai negara bahari atau maritim, sesuai dengan cita-cita besar pemerinata menuju poros maritim dunia.

“Tapi sebelum menuju poros maritim dunia, mari kita menoleh terlebih dahulu ke samudra hindia yang potensinya begitu besar dari nilai urgensi dan strategisnya. Forum ini bertolak hal tersebut agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan demi kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Sementara itu Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengungkapkan rasa bangga dengan kegiatan launching Forum Akademis Samudera Hindia atau Indian Ocean Academic Forum yang digagas oleh Universitas Bung Hatta dalam memanfaatkan potensi Samudera Hindia yang belum dikelola dengan baik.

"Universitas Bung Hatta melihat potensi besar samudera di depan kampus kita serta banyak kapal-kapal yang tidak dimanfaatkan secara maksimal, serta belum adanya perguruan tinggi yang fokus mengkaji Samudera Hindia. Untuk itu perlu adanya suatu konsep berdasarkan kajian yang ilmiah untuk membangun dan mengembangkan samudera ini,” paparnya.

Niki juga menyebutkan forum ini telah dirancang sejak tahun 2013 dan melalui kajian serta dukungan berbagai pihak akhirnya pada 12 Maret 2015 ini dapat terselenggara deklarasi Forum Akademis Samudera Hindia atau Indian Ocean Academic Forum yang mendapat dukungan dari berbagai kalangan.

“Kegiatan ini akan menjadi sangat penting artinya bagi kita semua, karena seiring dengan program Pemerintah kita yang baru Kabinet Kerja Jokowi - JK, dimana prioritas pembangunan negeri ini mengarah ke laut dan Maritim ditambah lagi Indonesia menjadi Ketua IORA periode 2015-2017 ini. Bahkan program dari Forum Akademis Samudera Hindia Atau Indian Ocean Academic Forum masuk juga kedalam Program kerja Forum Rektor Indonesia,” ucapnya.

“Lembaga ini diharapkan dapat menghasilkan kajian-kajian yang bernas dan bermutu yang dapat disumbangkan kepada pemerintah maupun bagi dunia usaha, baik itu bagi Indonesia maupun Malaysia serta negara-negara lainnya disekitar Samudera Hindia,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga Gubernur Sumatra barat yang diwakili oleh Asisten Adminstrasi Sekda Pemprov sumbar H. Surdiman Gani, M.M menyampaikan Keberadaan Samudera Hindia mempunyai posisi strategis baik bagi Indonesia, maupun negara-negara yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tidak hanya potensi sumberdaya alam saja yang dimilliki, akan tetapi Samudera Hindia dimasa depan juga akan mempunyai peran strategis dalam kancah pergaulan Internasional antara lain dalam peran geo-politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan.

“Diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pengkajian dan merumuskan kebijakan dan strategi pembangunan, yang berkaitan dengan penelitian, pemanfaatan, pemprosesan, pemasaran dan pengembangan potensi sumberdaya Samudera Hindia,” ujarnya.

Usai dilaksanakan deklarasi kemudian dilanjutkan dengan seminar Seminar yang bertajuk Menoleh Ke Samudera Hindia, Menuju Poros Maritim Dunia dengan menghadirkan 8 pembicara yang dibagi kedalam dua sesi.

Pada sesi pertama dari Deputi Koordinasi Bidang SDM Kementerian Koordinator Kemaritiman Dr. Ir. Safri Burhanuddin, D.E.A., Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dr. Gellwyn Yusuf, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Drs. Yuri Octavian Thamrin, M.A yang dimoderatori oleh Dr. Ir. John Nurifdin Syach, M.S.

Sedangkan sesi kedua dari Direktur Eksekutif IOAF Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, MSc, Dewan Pengarah IOAF Prof. Dr. Emil Salim, Dewan Pengarah IOAF Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D., Sp. GK., Dewan Pengarah IOAF Prof. Dr. Rokhmin Dahuri dan Public Officer IOAF I Made Andi Arsana, Ph.D. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 10 Maret 2015 - 13:58:50

Bedan Visi Misi Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta Periode 2015/2016
Bedan Visi Misi Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta Periode 2015/2016
bunghatta.ac.id - Setelah sekian lama menunggu Pimpinan Lembaga Mahasiswa Universitas Bung Hatta, akhirnya Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa memutuskan pasangan presiden dan wakil presiden baru untuk masa bakti 2015/2016 yang akan menjalankan roda kelembagaan Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta.

Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta tersebut yaitu Adnan. S mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika angkatan 2012 dan Hanifa Turrahmi mahasiswa ilmu hukum angkatan 2012 Dalam kegiatan bedah visi misi Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta periode 2015/2016 yang bertempat di Gedung L Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (10/03/2015).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Faisal Yusril menyampaikan setelah proses yang cukup panjang akhirnya mahasiswa Universitas Bung Hatta memiliki pemimpin yang baru. Pada kesempatan ini presiden dan wakil presiden mahasiswa yang terpilih akan menyampikan bedah visi-misinya di tiga kampus Universitas Bung Hatta.

“Kami mohon maaf atas keterlambatan dalam proses pemilihan presiden dan wakil presiden mahasiswa Universitas Bung Hatta. Semoga kedepannya dapat berjalan dengan baik lagi,” ucapnya

Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum yang didampingi Kepala Bagian Kemahasiswaan Marleni, SE, M.Si menyampaikan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih agar dapat menjalankan amanahnya dan dapat membenahi serta membangung lembaga kemahasiswaan secara bersama-sama dengan gebrakan-gebrakan terbaru.

“Presiden Mahasiswa harus memiliki mental yang kuat, program kerja yang dapat menyuarakan kebutuhan mahasiswa dari segi penalaran, minat bakat dan kesejahteraan serta mampu melakukan koordinasi serta membangun komunikasi yang baik dengan semua lembaga kemahasiswaan baik ditingkat jurusan hingga universitas,” paparnya.

Ia juga mengingatkan agar Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa membuat program kerja yang seimbang antar kegiatan penalaran, minat bakat dan kesejahteraan sehingga semua kebutuhan mahasiswa dapat diwadahi dari ketiga komponen tersebut.

“Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa yang baru ini harus mampu membuat kegiatan-kegiatan dan berpartisipasi dalam kegiatan yang skala nasional bahkan internasional untuk menunjukan eksistensi mahasiswa Universitas Bung Hatta di hadapan berbagai kalangan,” pesannya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 09 Maret 2015 - 09:54:26

KSR-PMI Proklamator UBH Bersama Polisi Air Polda Sumbar Cetak Relawan Tangguh
KSR-PMI Proklamator UBH Bersama Polisi Air Polda Sumbar Cetak Relawan Tangguh
bunghatta.ac.id - KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta bersama dengan Pol Air Polda Sumbar menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama dan Penyelamatan di Air di Pantai Carolina Bungus Kota Padang, yang diikuti 20 orang peserta dari unit-unit KSR-PMI utusan perguruan tinggi se Indonesia, Jumat-Sabtu (6-7/3-15).

Instruktur dari Kanit SAR Pol Air Polda Sumbar Aipda Tusiyat, menyebutkan kegiatan pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Sesi malama hari peserta mendapatkan materi dan simulasi dalam grup-grup kecil dengan tujuan membangun persaudaraan dan kekompakan antar peserta.

“Pada sesi siang hari, peserta mendapatkan pelatihan kerelawanan. Seperti temanya Water Rescue, pelatihan relawan ini fokus pada pelatihan penyelamatan dalam air. Didukung dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) para peserta diajarkan teknik-teknik penyelamatan dalam air seperti cara menggunakan pelampung, cara mendayung perahu karet, cara melempar tali serta teknik dasar pertolongan”, jelas Tusiyat.

Di tempat terpisah Ketua Pelaksana Riki Hardianto mengatakan, rangkaian pelatihan terlebih dahulu digelar seminar Nasional Kampus Siaga Bencana di Kampus 1 UBH Ulak Karang. Seminar tersebut menghadirkan 3 pemateri yaitu Drs. H. Dedi Henidal, MM dari BPBD dan DAMKAR Kota Padang mengenai peranaan pemerintah Kota Padang dalam menanggapi bencana serta persiapan yang telah dilakukan pemerintah Kota Padang dalam menghadapi bencana.

“Kemudian Hidayatul Irwan dari PMI Sumbar mengenai peranan Palang Merah Indonesia dalam menanggapi bencana serta serta persiapan yang telah dilakukan Palang Merah Indonesia dalam menghadapi bencana. Serta Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA, Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta mengenai mitigasi dan pengurangan resiko bencana di Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta” jelas Riki.

Ditambahkan Riki, kegiatan tersebut kegiatan tersebut digelar dengan tujuan agar tercipta relawan-relawan tangguh yang dapat membantu PMI dan pemerintah dalam usaha untuk memberikan keterampilan dalam bidang manajemen penanggulangan bencana di air serta dalam bidang penyelamatan dan pertolongan pertamanya pada korban.

“Selama pelatihan peserta akan diberikan materi dari instruktur antara lain Pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana, Radio Komunikasi, Pertolongan Pertama Dan Materi Water Recue, bakti sosial hingga field strip ke beberapa daerah di Sumatra Barat,” imbuhnya. (**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 09 Maret 2015 - 08:55:56

Trio Mona Purnama Terpilih Jadi Ketua Ikatan Alumni Teknik Industri UBH periode 2015/2019
Trio Mona Purnama Terpilih Jadi Ketua Ikatan Alumni Teknik Industri UBH periode 2015/2019
bunghatta.ac.id - Hasil musyawarah besar Wahana Integrasi Alumni Teknik Industri (Wialti) Universitas Bung Hatta memutuskan Trio Mona Purnama. ST menjadi Ketua Umum yang akan menggerakan roda organisasi alumni Teknik Industri ini selama 4 tahun kedepan.

Wialti merupakan organsiasi ikatan alumni dari jurusan Teknik Industri yang pertama berdiri tahun 2006 lalu dan ketua umum sebelumnya Serkanta Armiul, ST.

Kegiatan ini juga sekaligus reuni akbar, perayaan ulang tahun ke- 23 jurusan Teknik Industri, syukuran telah memperoleh akreditasi baru serta serah terima dan pelantikan kepengurusan himpunan masyarakat mahasiswa jurusan Teknik Industri periode 2015/2016 yang bertempat di Hotel Mercue, Padang, Sabtu (07/03/2015).

Yesmizarti Muchtiar, S.T., M.T, Ketua Jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta menyampaikan selamat kepada ketua alumni yang telah terpilih dan berterimakasih kepada ketua alumni sebelumnya yang telah berkontribusi banyak bagi jurusan.

“Semoga kedepannya para mahasiswa, dosen dan alumni dapat saling bersinergi dalam memajukan jurusan untuk menjadi lebih baik lagi,” ujanrnya.

Sementara itu, Ketua Wialti terpilih, Trio Mona Purmana, ST mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Kedepan melalui Wialti ini dapat merangkul semua alumni baik yang telah senior maupun yang baru tamat dalam memajukan jurusan secara bersama-sama.

“Kita memerlukan dukungan dari semuanya untuk apa yang akan dicita-citakan dan yang akan dicapai untuk kedepannya. Mari berpartisipasi dalam memajukan alamamatertercinta,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.163.89.150