Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Syarat Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UBH, Pendaftaran hingga 26 November 2014

Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Universitas Bung Hatta telah membuka pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk masa bakti 2014-2015 yang dimulai sejak 19 hingga 26 November 2014 dengan persyaratan sebagai berikut: 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2....

Dalami Teori, Mahasiswa Teknik Kimia UBH Kunjungi Industri CPO

Memperkaya pengetahuan tidak hanya belajar teoritis di ruang perkuliahan saja tetapi dapat juga didalami melalui kunjungan lapangan ke industri, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang mengunjungi PT. Bina Pratama Sakato Jaya....

Temu Ramah Mahasiswa Manajemen Universitas Bung Hatta

Untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar mahasiswa, dosen dan alumninya, jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Temu Ramah Masyarakat Manajemen dengan tajuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar masyarakat jurusan Manajemen yang berlangsung di A....

LIMA Campus Corner Kunjungi UBH

Tim dari Liga Mahasiswa (LIMA) Campus Corner melakukan kunjungan ke Universitas Bung Hattta dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan LIMA sekaligus mengajak para mahasiswa untuk mendukung tim dari perguruan tingginya yang mengikuti pertandingan Bola Basket katagori Sumatera Conference yang diad....

UPT PPBA UBH Menjadi Tempat Penyelenggara Tes TOEFEL ITP Resmi

Kabar gembira bagi civitas akademika Universitas Bung Hatta, pasalnya UPT Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Asing (PPBA) dan Laboratorium Bahasa Universitas Bung Hatta telah ditujuk menjadi tempat penyelenggaraan tes TOEFEL ITP yang berlisensi resmi. Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT PPBA dan ....

UBH dan 10 Perguruan Tinggi Lainnya Kerjasama dengan Bank Indonesia

Bertempat di Gedung Pusat Bank Indonesia Jakarta, Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE.,Akt.,MBA beserta 10 Rektor Perguruan Tinggi lainnya se-Indonesia menandatangani naskah kerjasama dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, di Kantor Pusat Bank Indonesia Jakarta, Sen....

Kamis 13 November 2014 - 08:08:53

Kuliah Umum Kewirausahaan Kinciakincia.com Bersama Lukman Edy
Kuliah Umum Kewirausahaan Kinciakincia.com Bersama Lukman Edy
bunghatta.ac.id - Media online ekonomi pertama asal Sumatera Barat kinciakincia.com mengadakan Kuliah Umum Kewirausahaan Tingkat Nasional Padang, kinciakincia.com--Media online ekonomi pertama asal Sumatera Barat kinciakincia.com mengadakan Kuliah Umum Kewirausahaan Tingkat Nasional di Universitas Bung Hatta Padang. Acara ini digelar dalam rangka ulang tahun pertama website berkonten ekonomi dan bisnis tersebut.

Ketua Panitia sekaligus Owner kinciakincia.com Yulviadi mengatakan, kuliah umum ini merupakan salah satu misi dari kinciakincia.com untuk turut mendukung lahirnya Entrepreneur di Ranah Minang. Acara tersebut diadakan pada Jumat 14 November 2014, pukul 09.00 WIB di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta Padang.

"Dari awal berdirinya kinciakincia.com memang sudah dipersiapkan menjadi media acuan untuk para pebisnis. Tidak hanya untuk Sumbar saja namun juga untuk nasional, karena ruang lingkupnya media online yang tanpa batas dan bisa diakses dimana dan kapan saja," ujarnya.

Dengan tema menciptakan Entrepreneur Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan Mentalitas Kebangsaan, Yulviadi berharap kuliah umum ini tidak hanya menciptakan entrepreneur yang handal, namun juga yang mempunyai mentalitas cinta tanah air.

"Cinta produk indonesia, itu kuncinya, karena yang bisa membawa produk indonesia ketingkat internasional dimulai dari masyarakatnya," paparnya.

Diacara ini hadir sebagi pembicara utama Muhammad Lukman Edy Ketua Fraksi PKB MPR RI. "Selain sebagi politikus yang handal, Lukman Edy juga dikenal sebagai entrepreneur asal provinsi tetangga Riau. Dengan pengalaman beliau, yang menggeluti dua bidang sekaligus dan suskses, ini akan menjadi nilai tambahnya sebagai pembicara," ungkap Yulviadi yang juga Owner abangadek advetising ini.

Acaranya selain umtuk mahasiswa juga terbuka untuk umum. Selain itu acara ini gratis dan disediakan sertifikat bagi para pesertanya.

"Saya berharap acara seperti ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan siapa saja yang ingin menjadi Entrepreneur sukses. Karena dengan kuliah umum seperti ini, menjadi ajang berbagi pengalaman yang tidak ada di teori matakuliah," ujarnya

Sebagai media informasi publik, kinciakincia.com tidak hanya memberikan informasi dalam bentuk berita online semata, kedeannya berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perkembangan wawasan dan pengembangan kulitas kewirausahaan akan menjadi perhatiannya.

Dengan menggandeng Smartpreneur Padang, kinciakinca.com siap menjadi media informasi bagi masyarakat Indonesia, khususnya Sumbar berita ekonomi dan bisnis serta UMKM yang patut menjadi acuan.

Lebih jauh Yulviadi mengatakan, sebagai media online kinciakincia.com tergolong sangat baru. Namun konsisten menyajikan konten khas ekonomi, bisnis dan promosi menjadikan kinciakincia.com punya komunitas sendiri bagi pembacanya.

"Media begitu banyak, namun yang konsisten dengan konten mencerdaskan dan mampu merubah pola pikir tidak banyak, melalui kinciakincia.com inilah kita wujudkan," pungkasnya. (Ubay-Humas UBH/kinciakincia.com)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 12 November 2014 - 13:28:21

Kabar Duka, Mardison, ST  Tenaga Kependidikan UBH Meninggal Dunia
Kabar Duka, Mardison, ST Tenaga Kependidikan UBH Meninggal Dunia
bunghatta.ac.id - Kabar duka kembali menyelimuti Keluarga Besar Universitas Bung Hatta dengan telah berpulangnya kerahmatuallah Mardison, ST Tenaga Kependidikan Universitas Bung Hatta yang menghembuskan nafas terakhirnya Selasa tanggal 11 november 2014 petang di Kota Padang.

Sebelum dimakamkan di Aie Dingin, Lubuk Minturun Kota Padang jenazah dilepas secara resmi di depan Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (12/11/2014) siang.

Pelepasan jenasah ini dihadiri oleh ratusan pelayat yang terdiri dari Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta beserta jajarannya, pimpinan universitas dan Fakultas, dosen, karyawan hingga mahasiswa.

Atas nama Keluarga Besar Universitas Bung Hatta, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya, semoga segala pengabdiannya selama di kampus dapat memberikan manfaat banyak bagi institusi ditempat ia mengabdi maupun bagi masyarakat sekitar.

“Semoga segala amal ibadah beliau diterima disisi Nya dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran,” ujar Niki.

Selama mengabdi di Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta almarhum bekerja sebagai tenaga teknisi Laboratorium Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dan pada tahun 2012 mendapatkan penghargaan sebagi karyawan teladan ke-3 Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 11 November 2014 - 12:34:59

14 Profesor dari 4 Negara Bahas Manajemen Aset Dalam International Conference
14 Profesor dari 4 Negara Bahas Manajemen Aset Dalam International Conference
bunghatta.ac.id - Tidak banyak intansi pemerintahan dan professional memahami betapa pentingnya dalam pengelolaan aset dan fasilitas. Untuk memperkenalkannya Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Bung Hatta menggelar International Conference On Asset and Facility Management (ICASFAM) yang ke-3 dengan tajuk Resilience and Sustainability Organizations yang diselenggarakan di Grand Inna Muara Hotel, Kota Padang, Selasa (11/11/2014).

Ketua Pelaksana, Ir. Wardi, M.Si menyampaikan konferensi ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 11-12 November 2014 dengan menghadirkan 6 pembicara utama dan 8 pembicara undangan yang berasal dari India, Inggris, Malaysia dan Indonesia. Kegiatan ini rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya yang dimulai sejak tahun 2010, 2012 dan pada tahun 2014 ini diikuti lebih dari 250 peserta dari berbagai kalangan.

“Ditengah-tengah persaiangan global yang semakin ketat, pengelolaan asset perlu secara efektif, guna menjamin peningkatan nilai yang akan memberikan konstribusi dalam upaya menjaga keberlanjutan kegiatan operasi maupun bisnis organisasi,” jelasnya.

“Untuk mencapai semua sasaran tersebut, diperlukan beberapa langkah strategis antara lain denga mendorong terciptanya sinergitas seluruh pemangku kepentingan dalm menyusun konsep pengelolaan asset dan manajemen fasilitas”, sebut Wardi.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA menyampaikan dengan adanya konferensi ini diharapkan intansi pemerintah maupun perusahaan swasta yang mengikuti kegiatan ini dapat memberikan masukan seputar manajemen asset dan facility ini karena Universitas Bung Hatta juga berencana membuka konsentrasi ini pada Program Studi Magister Tekinik Sipil.

“Kegiatan ini juga untuk mendorong melakukan peningkatan, ketahanan dan efektifitas asset serta fasilitas manajemen di area publik,” jelasnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Gubernur Provinsi Sumatra Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc menyampaikan banya permasalahan mengenai pemanfaatan aset dan fasilitas terutama di intansi pemerintahan. Untuk itu diperlukan suatu strategi dan manajemen dalam pengelolaannya.

“Manajemen aset itu penting sekali, perlu perencanaan penggunaan aset secara akuntabel dan transparan. Apalagi dengan wilayah Sumatra Barat yang rawan bencana maka aset-aset pemerintah itu perlu dijaga sehingga manajemen aset sangat perlu diterapkan,” imbuhnya.

Pada konferensi ini dibahas 13 topik lain yang akan dipresentasikan pemakalah-pemakalah dari universitas dan lembaga dari luar negeri dan dalam negeri seperti risk management, maintenance management, sustainable energy planning and management, project management, operation management,construction management, strategic management, disaster and crisis management serta legal aspect asset and facility management. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 11 November 2014 - 12:32:06

Gubernur Sumbar Buka Internasional Conference Asset and Facility Management 2014
Gubernur Sumbar Buka Internasional Conference Asset and Facility Management 2014
bunghatta.ac.id - Gubernur Provinsi Sumatra Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc membuka secara resmi kegiatan International Conference On Asset and Facility Management (ICASFAM) yang ke-3 yang diselenggarakan di Grand Inna Muara Hotel, Kota Padang, Selasa (11/11/2014).

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Bung Hatta yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 11-12 November 2014 dengan menghadirkan 6 pembicara utama dan 8 pembicara undangan yang berasal dari empat negara yaitu India, Inggris, Malaysia dan Indonesia. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 10 November 2014 - 14:07:56

Rektor UBH Lantik 2 Ketua Prodi Pascasarjana
Rektor UBH Lantik 2 Ketua Prodi Pascasarjana
bunghatta.ac.id - Dua Program Studi Pascasarjana Universitas Bung Hatta yaitu Ilmu Hukum dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah resmi memiliki ketua jurusan baru untuk periode 2014-2018 yang dilantik secara resmi oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA yang bertempat di di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (10/11/2014).

Pejabat struktural Pascasarjana yang dilantik yaitu Dr. Uning Pratimaratri, SH, MH sebagai Ketua Program Studi Ilmu Hukum serta Dr. Yetty Morelent, M.Hum yang menggantikan Dr. Yusrita Yanti, M.Hum sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pejabat baru yang dilantik dan mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang telah menjalankan tugasnya. Diharapkan pejabat baru ini dapat saling bekerjasama dan mampu melahirkan program-program baru untuk kemajuan Universitas Bung Hatta ke depan.

"Banyak pekerjaan berat yang harus diselesaikan terutama menyangkut akreditasi dan mutu akademik. Bahkan menjadi tantangan berat dengan keluarnya berbagai peraturan undang-undang terkait pendidikan tinggi dan pelaksanaan kurikulum KBK-KKNI. Hal ini juga sebagai upaya untuk melahirkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja," ungkap Niki.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MS, Pimpinan Dekanat dan Pascasarjana di Lingkungan Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 10 November 2014 - 13:34:55

Mahasiswa UBH Lepas Puluhan Penyu di Pantai Kampus Proklamator
Mahasiswa UBH Lepas Puluhan Penyu di Pantai Kampus Proklamator
bunghatta.ac.id - Puluhan mahasiswa Universitas Bung Hatta melepaskan puluhan tukik (anak penyu) yang berasal dari rumah penangkaran penyu Air Manis, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang di Pantai Kampus Universitas Bung Hatta Ulak Karang, Senin (10/11/2014).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh UKM Diving Proklamator Universitas Bung Hattadalam rangka memperingati Hari Pahlawan, 10 November. Uniknya tukik-tukik penyu itu diberi nama pahlawan-pahlawan nasional seperti nama Muhammad Hatta, Cut Nyak Dien dan lainnya, bahkan pada tukik-tukik itu juga terdapat nama mantan Presiden Soeharto dan Gusdur. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 10 November 2014 - 12:57:38

Pelantikan Struktural Pascasarjana Universitas Bung Hatta
Pelantikan Struktural Pascasarjana Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA melantik secara resmi Pimpinan Struktural Pascasarjana Universitas Bung Hatta untuk dua program studi yaitu Ilmu Hukum serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (10/11/2014).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MS, Pimpinan Dekanat dan Pascasarjana di Lingkungan Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 10 November 2014 - 11:48:17

Hari Pahlawan: Mahasiswa UBH Lepas Tukik Penyu Berlabel Soeharto dan Gusdur
Hari Pahlawan: Mahasiswa UBH Lepas Tukik Penyu Berlabel Soeharto dan Gusdur
bunghatta.ac.id - Tepat pada peringatan hari Pahlawan, 10 November 2014, puluhan mahasiswa Universitas Bung Hatta melepaskan puluhan tukik (anak penyu) hasil rumah penangkaran penyu Air Manis, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang di pantai kampus Universitas Bung Hatta Ulak Karang.

Uniknya tukik-tukik penyu itu diberi nama pahlawan-pahlawan nasional, bahkan pada tukik-tukik itu juga terdapat nama mantan Presiden Soeharto dan Gusdur. Acara tersebut di gelar Unit Kegiatan Mahasiswa Diving Proklamator bersama dengan puluhan mahasiswa lainnya sebagai bentuk pelestarian penyu yang habitatnya mulai terancam akibat ulah manusia.

Menurut Febrian dari Diving Proklamator, pelepasan tukik yang diberi nama-nama pahlawan tersebut sebagai simbol dari perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain itu kata dia, pelepasan tukik juga symbol perjuangan generasi muda penerus perjuangan di era kemerdekaan yang harus bersemangat membangun bangsa dan daerah.

“Para tukik-tukik itu kan harus berjuang dan bertahan hidup di laut, mereka juga ingin hidup merdeka”, kata Febrian.

Sementara itu, Riska Kabid P3K Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang yang dihubungi via ponselnya menyebutkan, melalui momen-momen tersebut pihaknya terus mendorong kepedulian masyarakat untuk melestarikan habita penyu dengan tidak memperjualbelikan telur-telur penyu.

“Karena itu, pihak dinas kelautan berusaha memutus rantai perdagangan telur penyu dengan membeli telur-telur penyu tersebut dari nelayan, untuk selanjutnya di tangkarkan di ruamh penangkaran penyu Pantai Air Manis” ujar Riska.

Ditambahkan Riska, telur-telur penyu hasil penangkaran tersebut, diharapkan bisa hidup selamat sampai dewasa, kelak akan kembali ke pantai untuk bertelur.

Suci Pujiani, salah seorang mahasiswa yang ikut melepaskan tukik berlabel pahlawan itu menyebutkan, bahwa banyak cara yang bisa di lakukan untuk memperingati hari pahlawan.

"Kami dari mahasiswa Universitas Bung Hatta memperingatinya dengan cara melepaskan tukik penyu, setiap tukik penyu tersebut diberi bendera-bendera dengan nama-nama pahlawan nasional” imbuh Suci. (**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 10 November 2014 - 08:25:04

Pengarahan Rakerpim Kelembagaan Mahasiswa Universitas Bung Hatta
Pengarahan Rakerpim Kelembagaan Mahasiswa Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) bagi Lembaga Kemahasiswaan Universtas Bung Hatta periode 2014-2015 yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokalamtor I Universitas Bung Hatta, Jumat (07/11/2014).

Ketua Pelaksana Marleni, SE, M.Si mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan dua hari pada tanggal 7 November dan 12 November 2014. Pada kegiatan ini pimpinan kelembagaan akan mendapatkan arahan dan penyampaian materi mengenai rancangan program kerja yang disampaikan oleh Dr. Dr. Erni F. Harahap, SE, M.Si.

“Pertemuan hari ini akan membahas cara merancang program kerja sesuai dengan format yang ditentukan oleh bidang Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta yang harus diikuti oleh semua kelembagaan mahasiswa,” jelasnya.

Ia mengatakan nantinya dalam program tersebut harus mengakomodasi empat jenis kegiatan yaitu penelaran, minat bakat, sosial kemasyarakatan dan khusus. “Untuk tanggal 12 November 2014 mendatang pimpinan kelembagaan akan mempresentasikan semua program kerjanya baik dari kelembagaan tingkat himpunan hingga universitas,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum menyampaikan Rakerpim ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di organisasi mahasiswa sehingga roda kepemimpinan dapat berjalan sebagaimestinya. Selain itu juga pada kegiatan ini dapat juga menjadi langkah untuk membentuk karakter mahasiswa yang dapat mensingkronkan antara organsiasi dan perkuliahan.
“Jika bukan kita yang menghargai organisasi ini, lantas siapa lagi. Para pimpinan kelembagaan dapat menggunakan kemampuannya dalam berorganisasi secara optimal karena dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan itu sebagai kegiatan penunjang akademik,” ucapnya.

Pada kesempatan ini juga, Rektor Univversitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA memberikan arahan kepada para pimpinan kelembagaan mahasiswa ini mengenai perubahan peraturan undang-undang mengenai perguran tinggi.

“Dengan keluarnya peraturan baru, peraturan akademik dan peraturan lainnya akan disesuaikan. Terpenting lagi yang perlu diketahui bagi mahasisswa adalah untuk sarajana perkuliahan maksismal yang dapat ditempuh maksismal 5 tahun lebih dari itu, sistem pada data portal Dikti akan menghapus nama kita,” jelasnya. (**Ubay-Humas UBH)

Ia juga menyampaikan dengan kata lain kita sudah di DO dengan sendirinya dan yang mengeluarkan itu sistem dari Dikiti bukan Rektor karena ini sesuai dengan peraturan undang-undang. Tak hanya itu, kedepan lulusan dari Universitas Bung Hatta juga akan dilengkapi dengan sertifikat kompetensi.

“Untuk itu, segala kegiatan kemahasiswaan harus sesuai dengan bidang-bidangnya yang terdiri dari minta kelilmuan, minat bakat dan kemaslahatan/kemakmuran mahasiswa. Kegiatan mahasiswa juga harus sejalan, terencana dan terprogram agar tidak ada kegiatan yang tumpang tindih antar organsiasi satu dengan lainnya,” tambah Niki.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 07 November 2014 - 15:10:43

Bapedalda Sumatra Barat Berikan Kuliah Mahasiswa Teknik Kimia UBH
Bapedalda Sumatra Barat Berikan Kuliah Mahasiswa Teknik Kimia UBH
bunghatta.ac.id - Lulusan Teknik Kimia juga memiliki peluang kerja di lingkungan hidup, seperti bekerja di bidang pengawasan karena dalam kurikulum belajar proses kimia dan juga belajar neraca massa yang bisa dipakai pada pengolahan limbah.

Hal itu disampaikan Desrizal, S.T dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Sumatra Barat saat menyampaikan materi Kuliah Umum Pengelolaan Lingkungan Hidup yang diadakan oleh Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III, Kamis (06/11/2014).

Desrizal mengatakan aturan hukum yang mengatur Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) tertuang dalam Undang-Undang (UU) No. 32 tahun 2009 tentang perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup. Sementara itu untuk semua tata cara pengolahan sampah atau limbah sudah ada dalam aturan teknis yang dibuat oleh pemerintah. Aturan tersebut terdapat dalam UU No. 18 Tahun 2008 yaitu tentang pengolahan sampah.

"Limbah cair di wilayah Sumatera Barat didominasi oleh limbah domestik sebanyak 75% yang disebabkan oleh pengelolaan limbah cair yang kurang baik. Kemudian salah satu yang akan merusak lingkungan hidup adalah efek rumah kaca. Penyumbang gas rumah kaca dari tahun ke tahun semakin meningkat, untuk mengurangi kontribusi gas rumah kaca kita perlu membuat banyak bank sampah," ungkap Desrizal yang juga alumni Teknik Kimia angkatan 1994.

Desrizal juga berpesan jika skill kita bagus sebagai lulusan sarjana Teknik Kimia, kita bisa dipakai di mana saja seperti menguasai pengawasan dan menguasai materi-materi baru seperti efek rumah kaca.

Maihendra Jaya, mahasiswa angkatan 2013 mengatakan sekurang-kurangnya ia tahu kita bisa mengisi dunia kerja lingkungan hidup seperti karyawan Bapedalda dan ia bisa mengenal peraturan pemerintah tentang pengelolaan lingkungan hidup. "Semoga mahasiswa Teknik Kimia bisa memahami apa yang disampaikan Bapak Desrizal dalam materinya dan dapat diaplikasikan langsung ke lingkungan sekitarnya," harapnya.

Sementara itu, Annisa Rahmatan Illahi Putri mengatakan ia lebih mengetahui tentang peranan lulusan Teknik Kimia dalam lingkungan hidup seperti berkerja di Bapedalda. "Supaya lingkungan masyarakat lebih baik lagi dengan cara menjaga lingkungan sekitar kita, di situlah peranan kita sebagai mahasiswa untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan sekitarnya," ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH/ Doni WP/Unay WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.161.191.154