UKM KSR-PMI Proklamator Berhasil Kumpulkan 233 Kantong Darah

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta menyelenggarakan aksi donor darah yang bertajuk berika darahmu bersihkan ragamu sucikan jiwamu dengan donor darah. Kegiatan ini bertempat di tiga kampus Universitas Bung Hatta dari 01 hingga 03 Februari 2016. Komandan KSR P....

Bantuan Pemerintah Jepang, Universitas Bung Hatta Miliki Laboraotrium Bahasa dan Studio Sulih Suara

Universitas Bung Hatta memperoleh bantuan Hibah Grassroots Kebudayaan dari Pemerintah Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan yang tertuang dalam penandatangan kontrak kerja sama “The Project for the Improvment of Japanese Language Learning Equitment of Bung Hatta University” yang berla....

Penari Tradisional Jepang Kunjungi Universitas Bung Hatta

Penari tradisional asal Jepang Tomoo Nakashima melakukan kunjungan ke Universitas Bung hatta yang bertempat di Ruang Kerja Wakil Rektor III Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/01/2015). Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menyampaikan perte....

Mahasiswa USU Belajar Konservasi Penyu dan Terumbu Karang di Universitas Bung Hatta

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan kunjungan sekaligus mengikuti praktikum bersama matakuliah konservasi penyu dan konservasi terumbu karang di Universitas Bung Hatta yang berlangsung dari 25 hingga 29 Januari 2016. Sebanyak 78 mahasiswa program studi Manajemen Sumber Daya Perik....

Koor. Kopertis Wilayah X Temui Mahasiswa Universitas Bung Hatta Penerima Beasiswa Bidik Misi 2015

Koordinator Kopertis Wilayah X (Sumatra Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) Prof. Drs. Ganefri, M.T., Ph.D. bersama tim mengadakan kunjungan ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan memonitoring dan mengevaluasi penerima bantuan program beasiswa Bidik Misi tahun 2015 yang bertempat di Ruang Sid....

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bung Hatta Lakukan Ekspedisi ke Gunung Talang

Sebanyak enam mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta melakukan ekspedisi ke Gunung Talang, Kabupaten Solok pada 22 hingga 24 Januari 2016 lalu. Keenam mahasiswa tersebut ialah Meigy Fernando, Fuji Kurniawan Jafri, Slamet Riadi, Irvandy Saputra dari an....

Jumat 08 Januari 2016 - 13:49:03

Rektor Universitas Bung Hatta Lantik Wakil Rektor Baru Periode 2016-2020
Rektor Universitas Bung Hatta Lantik Wakil Rektor Baru Periode 2016-2020
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA, CA melantik secara resmi wakil-wakil yang berada di lingkungan Universitas Bung Hatta yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Univerisitas Bung Hatta, Jumat (08/01/2016).

Wakil Rektor yang dilantik yaitu Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Penjaminan Mutu Dr. Hendra Suherman, ST, MT menggantikan Dr. Eko Alvares Z, MSA, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dra. Susi Herawati, M.Pd, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama Dr. Diana Kartika menggantikan Drs Suparman Khan, M.Hum. Pelantikan wakil rektor ini untuk masa bakti 2016-2020.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA, CA mengucapkan terima kasih kepada pejabat struktural wakil rektor periode sebelumnya yang telah mengabdi dan bekerja keras secara bersama-sama dalam memajukan institusi tercinta ini.

“Banyak tantangan dan pekerjaan yang telah menanti wakil rektor baru ini seperti persiapan perkuliahan semester genap tahun akademik 2015/2016 yang akan dimulai pada 18 Januari 2016, pelaksanaan wisuda ke-65 pada 20 Februari 2016 mendatang, persiapan promosi dan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017,”sebutnya.

Kemudian, pelaksanaan kegiatan dies natalis bertepatan juga dengan lustrum ke-7 pada 20 April 2016, perubahan peraturan-peraturan pemerintah terhadap implikasinya pada peraturan akademik Universitas Bung Hatta dan SOP, penjaminan mutu dengan melaksanakan gugus mutu fakultas hingga kurikulum KBK-KKNI.

“Dengan tim baru ini dapat juga memuculkan semangat dan perubahan baru melalui proses yang dilaksanakan secara sistematis dan bekerja secara bersama-sama. Penyusunan AIPT (Aktreditasi Insitusi Perguruan Tinggi) menjadi tugas berat bersama, begitu juga dengan pengembangan SDM dan peraturan-peraturan yang baru hingga memperkuat kerjasama antar institusi. Dengan semangat baru, mari majukan Universitas Bung Hatta ini dan mohon doanya untuk terus jaya dan menjadi yang terbaik,” ujanrnya.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc mengatakan tuntutan zaman tidak sampai pada satu titik saja namun akan terus berkembang dan itu menjadi tantangan kedepannya, begitu juga dengan Universitas Bung Hatta yang telah banyak mengalami perkembangan yang jauh lebih baik.

“Pergantian wakil rektor dalam suatu perguruan tinggi adalah hal yang biasa terjadi. Mari bergerak dan bekerja cepat secara bersama-sama dalam penyusunan AIPT yang sangat penting untuk saat ini, terus perbaiki dan tingkatkan mutu serta kerja sama institusi yang telah terjalin harus ada implementasinya. Mudah-mudahan amanah yang telah diemban ini dapat dijalankan dengan baik untuk kemajuan Universitas Bung Hatta,” imbuhnya.

Pelantikan ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa di lingkungan Universitas Bung Hatta, Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta hingga tamu undangan lainnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 07 Januari 2016 - 10:57:11

LPPM Universitas Bung Hatta Kembali Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional
LPPM Universitas Bung Hatta Kembali Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional
bunghatta.ac.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta kembail melaksanakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional yang bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (07/01/2016).

Pjs. Direktur LPPM Universitas Bung Hatta, Ir. Haryani, MT mengatakan workshop ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang diadakan pada 17 Desember 2015 lalu yang bertujauan untuk berbagai informasi dan pengalaman dari pemateri mengenai penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional bagi dosen peneliti yang telah menerima berbagai hibah dari Kemenristek Dikti.

“Dengan workshop ini diharapkan akan lebih banyak lagi dosen peneliti Universitas Bung Hatta yang membuat artikel ilmiah dan dapat tembus di jurnal internasional yang bereputasi,” terangnya.

Workshop ini menghadirkan pemateri Dr. Hendra Suherman, ST, MT dosen jurusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta memuali memberikan materi mengenai bangaiman melihat jurnal yang memang telah terindeks Scorpus atau Thomson Reuter, memilih jurnal yang berputasi dan tidak masuk daftar blacklist Kemenristek Dikti hingga informasi mengenai plagiasi.

Hendra mengatakan ada hal yang penting ketika ingin mengirim artikel ilmiah kepada publiser, lihat terlebih dahulu jurnal yang akan dipilih apakah termasuk daftar yang dibacklist oleh Kemenristek Dikti. Bila ada salah satu jurnalnya lebih baik dihindari dan memilih jurnal lainnya yang lebih aman.

“Kemenristek Dikti sekarang telah serius memperhatikan para peneliti dan akan memberikan penghargaan bila dosen peneliti bisa memasukan artikel ilmiahnya ke jurnal inrrnasional yang bereputasi dengan ketentuan yang berlaku di Kemenristek Dikti,” (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 05 Januari 2016 - 08:52:32

Sambut Tahun Baru 2016, Tenaga Kependidikan Universitas Bung Hatta Gelar Promosi Sambil Keliling Sumbar
Sambut Tahun Baru 2016, Tenaga Kependidikan Universitas Bung Hatta Gelar Promosi Sambil Keliling Sumbar
bunghatta.ac.id - Beragam cara untuk menikmati liburan pergantian tahun, ada yang berkumpul bersama keluarga, berwisata hingga berkumpul bersama teman-teman, namun lain halnya dengan tenaga kependidikan Universitas Bung Hatta yang mengadakan Touring Sumatra Barat yang diselenggarakan pada 31 Desember 2015 – 01 Januari 2016.

Touring ini diikuti 20 peserta dan dengan menggunakan 17 kendaraan motor. Rutenya dimulai dari pelepasan secara resmi oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Luviarman, SE, Akt, MBA, CA bersama Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati, M.Pd di depan Gedung Rektorat Kampus Prokalamator I Universitas Bung Hatta kemudian meluncur ke Kabupaten Solok (Danau Singkarak), Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam (Danau Maninjau), Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan kembali ke Kota Padang.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Luviarman, SE, Akt, MBA, CA sangat mendukung dengan kegiatan yang positif ini dalam menajukan universitas tercinta ini. “Hati-hati selama perjalanan, jaga kesehatan dan terus kompak,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Zul Apri. B.Sc mengatakan kegiatan ini secara sepontan dicetuskan ketika berkumpul saat istirahat siang dalam rangka mengisi waktu libur akhir tahun yang cukup panjang sekaligus untuk mengadakan promosi kampus saat singga dirute yang telah direncankan.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan tali silaturahmi antar sesama tenaga kependidikan Universitas Bung Hatta. Tiap rute kami akan singgah ke tempat –tempat yang ramai seperti di pasar tumpah. Di sana kami membagikan kalender dan memberikan gambaran seputar Universitas Bung Hatta,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan selama perjalanan banyak cerita unik dan menarik yang kami dapatkan. Misalnya saja saat promosi di pasar tumpah sekitar ombilin, saat kami bercerita kepada salah satu penjual ternyata anaknya sudah berkuliah di Universitas Bung Hatta dan kemudian ia membantu kami mempromosikan Universitas Bung Hatta kepada masyarakat lainya di pasar tersebut.

“Tujuannya tidak ke pelajar namun memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama orang tua mengenai Universitas Bung Hatta, mulai dari akreditasi, program studi dan lainya. Semoga saja kegiatan dapat terus dilaksanakan tiap tahunnya,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 04 Januari 2016 - 14:34:02

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Bung Hatta 2016
Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Bung Hatta 2016
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali menyelenggarakan pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2016. Bagi mahasiswa yang berminat dan memenuhi persyaratan, agar dapat mendaftar di program studi/jurusan masing-masing untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi Universitas Bung Hatta dengan jadwal dan persyaratan sebagai berikut :

I. Jadwal Kegiatan
a. Seleksi tingkat Jurusan pada minggu Ke I bulan Maret 2016 (tanggal ditetapkan oleh Jurusan/Dekanat)
b. Seleksi tingkat Fakultas pada minggu ke II bulan Maret 2016 (tanggal ditetapkan oleh Dekanat).
C. Seleksi tingkat Universitas pada tanggal 5 April 2016.


II. Syarat pendaftaran calon mahasiswa berprestasi
1. Mahasiswa S1 maksimal semester VIII (angkatan 2014, 2013,dan 2012) usia maksimal 23 tahun pada tanggal 1 Januari 2016.
2. Warga Negara RI.
3. Memiliki Kondite yang baik dan menunjukkan loyalitas terhadap almamater (surat keterangan dari Ka.Jur/ Dekan).
4. Membuat karya tulis (sesuai dengan Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2015 yang di terbitkan oleh DIKTI).
5. Aktif dalam kegiatan intra, dan ekstrakurikuler, serta mempunyai prestasi/kemampuan yang diunggulkan (10 terbaik) dibuktikan dengan fotocopy dokumen pendukung.
6. Mempunyai kemampuan berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
7. IPK minimal 3,00 untuk semua jurusan (lulus semua mata kuliah).
8. Mengisi Formulir Pendaftaran, blanko disediakan.
9. Tidak terdaftar pada wisuda bulan Pebruari 2016.
10. Belum pernah menjadi finalis Mawapres ditingkat Universitas.

(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 30 Desember 2015 - 09:56:12

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Perkenalkan Minangkabau lewat Tari di Jepang
Mahasiswa Universitas Bung Hatta Perkenalkan Minangkabau lewat Tari di Jepang
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta angkatan 2011 yaitu Nikmatul Hikmah yang kini sedang mengikuti program student exchange selama satu tahun di Sonoda Women’s University Jepang memperkenalkan budaya Indonesia terutama Minangkabu kepada masyarakat Jepang di lingkungan kampus.

Nikmatul menceritakan tidak terasa telah berada delapan bulan sejak kedatangan pada Mei 2015 lalu di Negeri Sakura ini dan sebentar lagi masa pun akan berakhir pada Maret 2016. Selama di sini, di samping mempelajari budaya baru tentang kejepangan juga berusaha memperkenalkan budaya Indonesia dengna mengikuti beberapa kali iven yang diselenggarakan di kampus Sonoda

“Misalnya saja dalam acara Wakare Party yang telah diselenggarakan oleh kampus pada 16 Desember 2015 lalu dalam rangka perpisahan dengan empat orang mahasiswi asing dari New Zaeland. Pada kesempatan tersebut menampilkan sebuah tari tradisional Minangkabau yaitu Tari Pasambahan kreasi Tari Piring,” ujarnya.

Pada acara tersebut yang hadir sangat ramai, selain dari mahasiswa-mahasiswa, dosen dan staff kampus Sonoda serta mahasiswi asing dari New Zeland juga datang para keluarga homestay. Awalnya, merasa sangat gugup dan takut kalau penampilannya gagal apalagi persiapan untuk latihan sangat tidak memungkinkan karena dikabari mendadak diminta tampil pada acara tersebut. Mengingat orang Indonesia yang berada di kampus ini hanya dia sendiri, segalanya pun harus dipersiapkan sendiri juga.

“Saya berfikir akan menampilkan Tari Panen yang pernah ditampilkan pada acara sebelumnya, jadi bisa latihan hanya sekedar mengulang untuk mengingat gerakannya saja. Namun, saya mencoba tarian yang lain saja supaya ada pembaharuan yaitu Tari Pasambahan dan ini adalah untuk pertama kalinya mencoba menarikan tari tersebut,” sebutnya.

Seketika itu, Nikmatul teringat akan saranan dari senior terdahulu agar tariannya semakin berkesan bagi orang Jepang sebaiknya ditampilkan dengan alat peraga sehingga mengkreasikan Tari Pasambahan, Tari Piring dan sedikit gerakan silat dengan bermodalkan latihan sambil melihat kumpulan video-video tari di Youtube.

“Sambil melihat video tersebut saya berusaha meniru dan mengkreasikan gerakannya sendiri demi penampilan yang berharga untuk acara esok hari. Terdapat kendala dengan tempat latihan yang hanya memanfaatkan kamar dengan ruang gerak yang terbatas, ditambah lagi Jepang saat ini telah masuk musim dingin dan dinginnya pun sangat tidak tanggung-tanggung,” ceritanya.

Walaupun demikian, ia bersyukur berkat sedikit basic tari yang dimiliki dan yakin dengan latihan singkat, akhirnya berhasil juga menampilkan Tari Pasambahan di acara tersebut. Penampilannya saat itu memang seadanya dengan kostum yang dibawa saat keberangkatan dan musik pengiring pun diputar dengan menggunakan Handphone.

“Selama penampilan berlangsung banyak orang yang terus mengabadikan dengan kamera dari awal hingga tarian selesai. Penampilannya mendapat respon yang sangat positif dan kekaguman serta riuhnya tepuk tangan dari penonton mengiringi Penulis turun dari panggung. Terutama staff penanggungjawab Penulis di kampus karena telah membawakan tarian yang baru dan berbeda dengan tari sebelumnya,” ungkapnya.

Disebutkan Nikmatul, bagi mereka belum pernah menyaksikan tarian yang dibawakan sambil memainkan piring dan sedikit dengan gerakan silat bersama dengan kostumnya, dan itu sangat unik. Setelah penampilan itu selesai banyak sekali yang menghampiri dan meminta foto bersama Penulis. Hikmah-san, Jouzu desune!(Hikmah, hebat ya!) begitu juga selalu kata-kata pujian yang diterimanya.

"Saya sangat bersyukur dapat belajar di luar negeri karena ini adalah kesempatan yang sangat langka. Di samping mempelajari budaya baru ternyata mampu meningkatkan rasa nasionalisme yang sangat tinggi dan berkali-kali lipat. Meski modernnya kehidupan dan budaya Jepang yang digemari dunia yang saya pelajari langsung di sini ini, saya semakin bangga dengan Indonesia yang mempunyai banyak suku bangsa dan kaya akan keberagaman budayanya," imbuhnya.

Dia merasakan kepuasantersendiri walaupun bukan penari profesional dan selama ini di negeri sendiri terbilang tidak pernah tampil menari di acara apapun tetapi mampu mempersembahkan budaya dan tari Minangkabau dengan segala keterbatasan yang dimiliki saat ini di luar negeri.

"Setelah kembali ke Tanah Air, saya akan giat mendekatkan diri dan belajar lagi serta bertekad ingin memperkenalkan lebih banyak lagi tentang budaya dan seni Minangkabau kepada orang asing," harapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 28 Desember 2015 - 16:07:40

Universitas Bakrie Kunjungi Universitas Bung Hatta
Universitas Bakrie Kunjungi Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kedatangan kunjungan dari Universitas Bakrie yang diwakili oleh Irwan Sjarkawi sekaligus Presiden Komisaris PT Bakrie and Brothers Tbk yang berlangsung di Ruang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (28/12/2015).

Pertemuan ini langsung dihadiri oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA dan Pjs Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum.

Drs. Suparman Khan, M.Hum menyampaikan pertemuan ini sebagai langka awal dalam penjajakan kerja sama antara Universitas Bung Hatta dengan Universitas Bakri dan perusahaan Bakri sekaligus untuk bersilaturahami.

“Nantinya akan dilakukan pengembangan di berbagai bidang seperti untu pengingkatan SDM, kegiatan akademik, pemberian beasiswa, kerja praktik mahasiswa hingga perhatian khsusus untuk keluarga para pahlawan di Minangkabau,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 28 Desember 2015 - 14:27:26

Dekan FTSP Universitas Bung Hatta Buka Kejuaran Pencak Silat Pelajar se-Sumbar
Dekan FTSP Universitas Bung Hatta Buka Kejuaran Pencak Silat Pelajar se-Sumbar
bunghatta.ac.id - Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE membuka secara resmi kegiatan Kejuaraan Pencak Silat antar Pelajar se-Sumatra Barat dengan tema “se-Sumbar Berbudaya dan Beprestasi (Semangat Silahturahmi Bermental Berani Dalam Berbudaya dan Beprestasi) yang bertempat di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Senin (28/12/2015).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakutas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta yang bekerjasama dengan Dispora Sumbar dan Ikatan Pencak Silat Indonesia ini berlangsung selama tiga hari dari 28 hingga 30 Desember 2015.

Ir. Hendri Warman, MSCE menyampaikan apresiasinya kepada pantia pelaksana yang telah menyelenggarakan kegiatan yang bergengsi ini dalam rangka membantu untuk melahirkan atit-atlit olahraga Pencak Silat muda yang berprestasi.

“Dengan mengikuti kegiatan ini terciptanya generasi yang sehat, berbudaya dan berprestasi yang berkarakter. Jaga terus sprotifitas saat bertanding dan selamat berjuang untuk meraih juara dalam kejuaraan ini,” sebutnya.

Ketua Pelaksana, Salman menyampaikan kejuaran pencak silat ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta dengan officialnya dari berbagai sekola se-Sumatra Barat. Dalam pertandingan ini terdiri dari 9 kelas untuk putra dan putri.

“Semoga Kejuaraan ini dapat terlaksana sebagaimana harapan kita bersama dalam koridor pembinaan prestasi, dengan tetap mengedepankan nilai–nilai sportivitas sebagai olahragawan sejati dan menjauhkan siswa dari masalah kenakalan remaja,” ungkapnya.

Terpisah, Rahmat Jordi Triawan Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakutas Teknik Sipil dan Perencanaan menyampaikan pertandingan pencak silat ini merupakan wujud kepedulian kita dalam melestarikan kebudayaan milik Indonesia yang telah diwariskan secara turun temurun yang dikenal di Minangkabu dengan nama silek.

“Pencak silat ialah seni bela diri yang telah dikenal secara luas di mancanegara bahkan telah ada filmnya. Untuk itu sebagai generasi muda harus terus melestarikannya. Kami berterimakasih dan berharap dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir acara,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 23 Desember 2015 - 12:22:27

Universitas Bung Hatta Raih Peringkat 4 Penghargaan Badan Publik Sumatra Barat 2015
Universitas Bung Hatta Raih Peringkat 4 Penghargaan Badan Publik Sumatra Barat 2015
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta masuk nominasi dalam acara Penganugerahan Penghargaan Badan Publik Provinsi Sumatra Barat Tahun 2015 yang diselenggarakan Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatra Barat untuk katagori Perguruan Tinggi di Hotel Bumi Minang, Selasa (22/12/2015).

Universitas Bung Hatta masuk peringkat 4 dalam 5 nominasi untuk katagori Perguruan Tinggi Penganugerahan Penghargaan Badan Publik Provinsi Sumatra Barat untuk peringkat petama diperoleh oleh Universitas Negeri Andalas, kedua IAIN Imam Bonjol Padang, ketiga Polotekni Negeri Padang, keempat Universitas Bung Hatta dan kelima Diniyah Puteri Padang Panjang.

Ketua Komisi Informasi Publik Sumatra Barat Syamsul Rizal saat memberikan sambutannya menyampaikan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Badan Publik Provinsi Sumatra Barat 2015 ini merupakan pertama kali diadakan dan terdapat 5 katagori kelompok yaitu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pemerintah kabupaten/ kota, perguruan tinggi, BUMD dan partai politik.

“Sebelumnya tim telah melakukan visitasi kepada badan publik dan masih ada yang mengalokasikan Dana Pengelolaan Informasi dan Dokumntasi (PPID) yang minim. Badan publik harus berkomitmen untuk terbuka kepada masyarakat. Padahal keterbukaan informasi ini merupakan amanah dari undang-undang yang tidak bisa ditutup-tutupi namun ada batasannya,” ungkapnya.

Terpisah Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Publik Sumatra Barat dan berbagai pihak yang telah mendukung sehingga dapat masuk peringkat keempat dalam acara Penganugerahan Penghargaan Badan Publik Provinsi Sumatra Barat Tahun 2015 untuk katagori perguruan tinggi.

“Universitas Bung Hatta terus mendukung dan berkomitmen dalam hal keterbukaan informasi seperti yang diamanahkan oleh undang-undang yang menjadi hak bagi masyarakat untuk dapat memperoleh informasi terutama bagi orang tua mahasiswa,” ujanrnya.

“Universitas Bung Hatta telah menerapkan informasi berbasis web sejak tahun 2013. Semua informasi tentang Universitas Bung Hatta bisa di akses secara online melalui website bunghatta.ac.id. Bahkan setiap orang tua mahasiswa dapat me-akses dan mengecek anaknya selama menjadi mahasiswa Universitas Bung Hatta, misalnya nilai, kehadiran dan lainnya secara online,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 23 Desember 2015 - 11:27:43

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bung Hatta Adakan WIMTI ke-XI
Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bung Hatta Adakan WIMTI ke-XI
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Wahana Integrasi Mahasiswa Teknik Industri (WIMTI) Ke-XI yang berlokasi di Korong Patamuan, Nagari Sikucuar Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman 18 hingga 20 Desember 2015.

Mengangkat tema kami malu. malu tidak kreatif, malu tidak bersama dan malu tidak punya daya juang, melalui WIMTI 2015 kami hilang 3 malu ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015.

Ketua Pelaksana WIMTI ke-XI, Riska Hamirta Putra mengungkapkan kegiatan ini merupakan sebuah ajang untuk saling mendekatkan diri kepada seluruh mahasiswa baru, mahasiswa senior, dosen hingga alumni di Jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk meningkatkan kreatifitas, kebersamaan dan daya juang mahasiswa Teknik Industri Universitas Bung Hatta agar lebih maju dan bisa berdaya saing baik dikancah regional maupun nasional.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif bukan ajang perpeloncoan. WIMTI merupakan ajang untuk membentuk karakter dan membentuk mental yang tangguh. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang tlelah membantu menyukseskan acara ini walaupun banyak rintangan tapi tetap semangat dan kompak, terimakasih untuk ide-ide kreatifnya sertadukungan semuanya,” sebut mahasiswa angkatan 2013 ini.

Yogi Pratomo, Ketua HMMJ Teknik Industri mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berjuang dan bertanggung jawab penuh terhadap kegiatan ini dan kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dengan serius. “Kedepannya adik-adik yang telah mengikuti kegiatan ini bisa mengembangkan ide-ide kreatifnya, meningkatkan rasa kebersamaan dan memiliki daya saing serta jurusan teknik industri menjadi jurusan yang sangat diperhitungkan secara nasional ,” ujarnya.

Dessi Mufti, ST,MT , Sekretaris Jurusan Teknik Industri Universitas Bung menyampaikanKegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya dan juga disampaikan kepada panitia untuk bertanggung jawab penuh terhadap peserta dan menjaga keselamatan serta peserta diharapkan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan serius karena kegiatan ini sangat bermanfaat.

“Selain untuk melatih kekompakan juga untuk melatih mental dan karakter mahasiswa baru angkatan 2015 dan juga nantinya kegiatan ini akan diawali dengan acara kunjungan industri ke PT. Jaya Sentriokon Indonesia dan PT. Kunango Jantan untuk melihat penerapan keilmuan Teknik Industri di lapangan secara nyata terutama bagi mahasiswa baru angkatan 2015,” jelasnya.

Intania Cahaya Hendrike peserta dalam kegiatan ini MENGATAKAN Kegiatan ini membuat kami menjadi kompak, susah senang bersama dan juga ini membuat mental dan fisik kami terlatih dam kedepannya untuk ditingkatkan serta kegiatan ini wajib dilakukan untuk setiap tahunnya.

Berbeda dengan Intan, Maulana Pujiyanto juga peserta mengatakan kami bisa lebih dekat sama alumni, senior dan dosen dan bisa saling kenal. “Untuk kedepannya setelah kegiatan ini supaya kami dapat jadi lebih kreatif, lebih kompak dan menjunjung tinggi motto semangat kebersamaan serta Jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta bisa go Internasional,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 23 Desember 2015 - 10:54:20

Pertemuan Forum Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi Universitas Bung Hatta
Pertemuan Forum Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan pertemuan Forum Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi Universitas Bung Hatta yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 19 Desember 2015.

Beasiswa Bidikmisi adalah program bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka yang memiliki potensi akademik baik, namun tidak memiliki finansial yang cukup untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sekitar 250 mahasiswa Universitas Bung Hatta dari angkatan 2012 hingga 2015 berstatus mahasiswa bidikmisi yang tersebar ke tujuh fakultas di Universitas Bung Hatta dan sampai saat ini Universitas Bung Hatta menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menerima mahasiswa bidik misi terbanyak.

Harmiansyah, ketua panitia pertemuan ini menuturkan biasanya pertemuan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi hanya diadakan oleh Bagian Kemahasiswaan saja, sekarang mahasiswa sendiri yang berinisiatif mengadakan pertemuan agar sesama mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dapat saling mengenal dan menjaga tali silaturahmi.

"Sudah empat periode kampus kita menerima mahasiswa untuk beasiswa bidikmisi. Namun belum ada pertemuan yang digelar oleh mahasiswa sendiri, sehingga kita berinisiatif untuk mengadakannya berdasarkan kesepakatan bersama di pertemuan sebelumnya," tutur Harmiansyah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin angkatan 2012 ini.

Menurutnya, pertemuan semacam ini dapat membentuk ikatan kekeluargaan yang erat dan membentuk kesatuan yang kuat sehingga mahasiswa bidikmisi kembali ke fungsinya yakni sebagai penggerak di kampus ini.

"Kami dari panitia berharap, agar kawan-kawan mengerti dengan fungsi kita tersebut, bukan hanya sebagai mahasiswa baru yang kebanyakan hanya kuliah pulang, selain itu kita dapat memberikan dampak baik bagi mahasiswa lain sehingga bisa memotivasi mereka," ungkapnya.

Pengelola Beasiswa Bidikmisi Universitas Bung Hatta Marleni, SE. M.Si, mengatakan sangat menghargai dan mendukung inisiatif mahasiswa untuk mengadakan pertemuan ini.

"Dengan berkumpulnya mahasiswa dalam satu wadah layaknya yang telah dilakukan saat ini, saya harap mereka dapat saling bertukar pikiran, dan bisa memunculkan ide kreatif. Salah satunya dalam membuat proposal PKM yang menjadi kewajiban mahasiswa bidikmisi di setiap semesternya," tuturnya.

Drs. Suparman Khan, M.Hum, Pjs. Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta mengatakan rasa bangganya atas pertemuan ini. "Semoga mahasiswa bidikmisi kita sama-sama mencapai kesuksesan dengan mahasiswa yang lainnya," sebutnya.

Dalam pertemuan ini juga membentuk organisasi Bidikmisi Universitas Bung Hatta dengan keanggotan mahasiswa bidikmisi angkatan 2013 hingga 2015 dengan membentuk empat divisi utama, yaitu Divisi Kesejahteraan Mahasiswa, Divisi Animo Minat dan Bakat, Divisi Ilmu Pendidikan dan Penalaran, dan Divisi Pengabdian Masyarakat. Serta membahas rancangan dan gambaran untuk setiap divisi. (**Humas UBH/Eji WP/Annisa WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2016 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.196.239.28