Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Universitas Bung Hatta Selenggarakan Sosialisasi dan Workshop PKM Dikti 2015

Universitas Bung Hatta mengadakan Sosialisasi dan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikit 2015 untuk Tahun Anggaran 2016 yang dilaksanakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (04/09/2015). Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) setiap tahunn....

Perluas Akses Perlindungan Saksi dan Korban, LPSK Bermitra dengan Universitas Bung Hatta

Untuk memperluas jaringan dengan berbagai instansi, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Universitas Bung Hatta yang berlangsung di Grand Inna Muara Hotel, Rabu (02/09/2015). Kegiatan penandatangan MoU ini dilakukan langsung oleh Ketua LSPK Abdu....

FTSP Universitas Bung Hatta Adakan Pelatihan Pelaksana Lapangan Pekerja Gedung

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta bersama Balai Pembinaan Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia menyelenggrakan Pelatihan Pelaksana Lapangan Pekerja Gedung. Kegiatan ini dilaks....

TUK Fakultas Perikanan UBH Sertifikasi 64 Penyuluh Perikanan

Salah satu program prioritas Pusat penyuluhan Kelautan dan Perikanan adalah menghasilkan penyuluh perikanan yang memiliki sertifikat. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kelautan dan Perikanan akan memberikan subsidi biaya uji kompetisi untuk 20 ribu orang. Hal itu disampaikan Direktur LSP-KP pusat I....

SEBAYA 1: Kompetensi Interkultural Penting dalam Pembelajaran Bahasa Asing

Bahasa dan budaya tidak dapat dipisahkan sebab keduanya bagaikan dua sisi mata uang yang memiliki keterkaitan. Hal tersebut disampaikan Katharina Endriati Sukamto, Ph.D dari Ketua Masyarakat Linguistik Indonesia saat menjadi narsumber Seminar Nasional Bahasa dan Budaya (SEBAYA-1) yang diselenggaraka....

Universitas Bung Hatta Selenggarakan Kegiatan "SEBAYA"

Bahasa dan budaya tidak bisa dipisahkan dalam interaksi sosial. Penggunaan bahasa dipengaruhi oleh budaya sehingga jika tidak dipahami dapat terjadi kesalahpahaman terutama dalam pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris. Untuk melihat sejauhmana proses pembelajaran dalam bahasa asing, ma....

Jumat 26 September 2014 - 10:21:43

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Tampil di International Young Scientists Conference
Mahasiswa Teknik Kimia UBH Tampil di International Young Scientists Conference
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta kembali lagi tampil mempresentasikan hasil penelitianya dalam The 3rd International Young Scientists Conference on Analytical Sciences yang diselenggarakan oleh FMIPA Universitas Andalas pada 23-24 September 2014 di Convention Hall Universitas Andalas Padang.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, mengatakan kegiatan seminar skala internasional ini selalu diikuti tiap tahunnya oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia. Untuk tahun 2014 ini mahasiswa yang tampil yaiitu Zulki Muhadi dan Erda Rahmilaila Desfitri.

“Dengan kegiatan ini diharapakan dapat menjadi sarana bagi para peneliti muda baik mahasiswa S1, S2, S3 maupun para dosen muda untuk diberi kesempatan dalam memaparkan karya atau hasil penelitiannya dihadapan pada peneliti lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan seminar ini juga akan menyediakan sebuah forum diskusi untuk para peneliti muda dalam membahas perkembangan terbaru, untuk bertukar ide dan pengalaman sesuai bidang ilmu yang digelutinya dan dengan aktifnya mahasiswa tampil di forum-forum ilmiah dapat melatih kemampuan softskill dan membiasakan diri mereka berinteraksi dengan negara lagi terutama dalam penguasaan bahasa asing.

Pada tahun ini dua makalah yang dipaparkan yaitu pertama berjudul Death Kinetics of Microorganisms by Non-Thermal Plasma System dengan peneliti Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Dr.Eng Ariadi Hazmi, St, MT, Ellyta Sari ST, MT, Yenni Trianda ST, Zulki Muhadi.

Kemudian makalah kedua berjudul Identification of Inulin on Four Levels of Dahlia Flower Tuber dengan peneliti Ir Elmi Sundari, MT, , Dra. Munas Martynis, M.Si, Dra. Erti Praputri, M.Si dan Erda Rahmilaila Desfitri.

Pada seminar ini menghadirkan plenary lecture dan keynote speaker dari negara Indonesia dan Jepang dan diikuti oleh perguruan tinggi terkemuka dan intansi peneliti di Indonesia, Jerman dan Jepang seperti dari Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta, Universitas Udayana, Universitas Riau, UIN Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor, Akademi Teknologi Industri Padang, Baristand, Gifu University, Nagoya University, Okayama University, Shinshu University, German Cancer Research Centre (DKFZ), Jerman dan lainnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 25 September 2014 - 14:33:28

Berkertivitas Dengan Lomba Desain Grais
Berkertivitas Dengan Lomba Desain Grais
bunghatta.ac.id - Sebanyak 28 pelajar SMA/SMK se-Kota Padang menggasah kemampuannya menggunakan aplikasi desain dalam kegiatan perlombaan desain yang diselenggarakan oelh Himpunan Masyarakat Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Kegiatan ini dilakasankan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta dengan mengangkat tema improve skill and creativities students in graphic design competition dan dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Drs. Khairudin, M.Si.

Ketua Pelaksana, Evans Rizal Fahlevi mengatakan dengan kegiatan ini para pelajar dapat menuangkan gagasan, ide, dan kreativitasnya sebagai suatu sarana untuk menyalurkan bakatnya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Himpunan Masyarakat Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dengan tujuan untuk mengasah kemampuan para pelajar di bidang desain grafis dan dapat mengembangkan program-program yang digunakan dalam mendesain grafis,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan, Olgi Gerieska menyampaikan desain grafis itu merupakan suatu seni yang bernilai ekonomis dan dengan kegiatan ini para peserta dapat melatih dan mengembangkan kemampuannya di bidang desain.

“Diharapkan dengan perlombaan ini para peserta dapat berkompetisi secara cerdas dan profesional. Jangan menganggap lawan itu sebagai musuh tapi sebagai sahabat dalam mengasah cara berpikir kita untuk mengetahui kemampuan kita,” sebutnya.

Drs. Khairudin, M.Si, Ketua Jurusan menyampaikan kegiatan ini perdana diadakan dan akan menjadi kegiatan rutin di program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yang bertujuan untuk menciptakan dan menumbuhkan kretivitas. Saat ini desain grafis sudah menjadi sebuah profesi yang banyak digeluti orang.

“Dengan perlombaan ini dapat menjadi ajang untuk berkenalan dan calon perancang desain dimassa yang akan datang. Terutama dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 mendatang yang menjadi tantangan kita semua,” ungkapnya.

Dalam perlombaan ini para peserta diberikan tiga buah gambar yang bertema pendidikan kemudian gambar tersebut diolah selama 4 jam dengan menggunakan software aplikasi seperti Coreldraw, Photoshop, Adobe Indeesign atau Adobe Ilustrator dan hasil karya tersebut akan dinilai tiga orang juri yaitu Ashabul Khairi, ST, M.Kom, Handoko, S.Hum, M.Hum dan Ricky Gusriadi, S.Pd.

Pemenang dalam perlombaan ini akan mendapatkan tropi, uang tabanas dan sertifikat. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 24 September 2014 - 08:39:59

UBH Ikuti Kejuaraan Catur Nasional
UBH Ikuti Kejuaraan Catur Nasional
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengirim 3 mahasiswanya untuk mengikuti Kejuaraan Catur Nasional Antar Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Indonesia yang diadakan oleh Unit Kegiatan Olahraga Universitas Andalas bekerja sama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia Sumatera Barat dan yang diikuti hampir 78 peserta yang berasal 21 perguruan tinggi.

Ketiga mahasiswa tersebut Ikhsan Hamit mahasiswa jurusan Teknik Sipil angkatan 2009, Febri Mai Yulis Sandra mahasiswa jurusan Teknik Kimia angkatan 2012 dan Maknunatun mahasiswa jurusan Ilmu Hukum angkatan 2013 bertanding pada 22-24 September 2014 di Auditorium Universitas Andalas.

Pertandingan ini menggunakan sistem swiss yang terbagi menjadi dua katagori yaitu katagori catur cepat putra dan katagori catur cepat putri dengan memperebutkan total hadiah sebanyak Rp20 juta, ditambah medali, tabungan nasional, dan sertifikat.

Melky Hadi Irawan, Ketua UKM Olahraga Proklamator Universitas Bung Hatta yang mendampingi para atlit tersebut mengatakan kegiatan ini kita ikuti sebagai salah satu sarana untuk melatih dan mengembangkan kemampuan para atlit catur yang di miliki kampus Universitas Bung Hatta.

“Sebenarnya banyak dari mahasiswa Universitas Bung Hatta yang berpotensi dalam permainan catur ini namun kita juga masih memiliki keterbatasan untuk mendatanya,” ujarnya, Selasa (23/09/2014).

"Saya mengingatkan untuk para atilit kita agar selalu menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran selama pertandingan. Selain itu juga kita berharap dapat masuk sepuluh besar dalam kejuaraan ini,” tambah Melky mahasiswa jurusan Teknik Sipil ini. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 23 September 2014 - 08:59:07

PTIK UBH Laksanakan Lomba Desain Grafis Pelajar Se-Kota Padang
PTIK UBH Laksanakan Lomba Desain Grafis Pelajar Se-Kota Padang
bunghatta.ac.id - Keberadaan era teknologi komunikasi tidak dapat dibendung lagi sehingga masyarakat dibanjiri dengan berbagai macam informasi dan perlalatan canggih. Dalam waktu serba cepat semua terasa cepat dan mudah didapat sehingga berdampak pada masyarakat terutama generasi muda.

Perlu adanya wadah untuk menampung gagasan, ide, dan kreativitas para pelajar dalam keinginan memeperoleh informasi dan penerapan teknologi. Untuk itu Himpunan Masyarakat Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan perlombaan desain grafis bagi pelajar SMA/SMK se-Kota Padang.

Ketua Pelaksana, Evans Rizal Fahlevi mengatakan lomba desain grafis ini akan dilaskanakan pada 25 September 2014 di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini mengangkat tema improve skill and creativities students in graphic design competition.

“Dengan kegiatan ini para pelajar dapat menuangkan gagasan, ide, dan kreativitasnya sebagai suatu sarana untuk menyalurkan bakatnya. Dalam perlombaan ini para peserta harus membawa Laptop, mouse, dan memiliki software aplikasi seperti Coreldraw, Photoshop, Adobe Indeesign atau Adobe Ilustrator ,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan, Olgi Gerieska menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Himpunan Masyarakat Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dengan tujuan untuk mengasah kemampuan para pelajar di bidang desain grafis dan dapat mengembangkan program-program yang digunakan dalam mendesain grafis.

“Diharapkan dari kegiatan ini para peserta dapat memahami manfaat Teknologi Inforarmsi dan Komputer (TIK) sebagai media pendidikan dalam proses belajar mengajar. Terutama dalam memahami hasil desain yang mereka rancang,” sebutnya.

Berikut Sistematika Perlombaan:
1. Peserta tidak dibenarkan mengambil gambar dari Internet
2. Peserta wajib menggunakan atau memakai gambar yang disediakan oleh panitia
3. Peserta hanya dibenarkan memakai aplikasi Coreldraw, Photoshop, Adobe Indesign, Adobe Ilustrator
4. Peserta menyediakan dan menggunakan peralatan sendiri seperti laptop dan peralatan lainnya
5. Peserta diberikan waktu maksimal 4 jam untuk menyelesaikan karyanya
6. Peserta bertanggung jawab atas perlengkapannya masing-masing. Jika terjadi sesuatu kesalahan yang tidak diinginkan, panitia tidak akan mempertanggung jawabkannya
7. Peserta tidak dibenarkan bertanya kepada pendamping dan peserta lainnya ataupun mengganggu peserta lainnya
8. Peserta harus membuat deskripsi dari karya yang dibuat
9. Hasil karya yang dibuat menjadi Hak Paten panitia
10. Antar peserta tidak dibenarkan membuat karya yang sama
11. Selama perlombaan berlangsung peserta tidak dibenarkan keluar masuk ruangan
12. Peserta wajib mematuhi peraturan yang dibuat oleh panitia
13. Bagi peserta yang melanggar aturan dari panitia, maka akan didiskualifikasi

Pendaftaran pelatihan ini dapat mengunjungi stand di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta atau untuk informasi lengkapnya dapat mengubungi kontak personya Fikri 085375428231 dan Dini 085375053602, 081993405832. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 23 September 2014 - 07:20:59

BEMM FTSP Gelar LKMM-TD se-Kota Padang
BEMM FTSP Gelar LKMM-TD se-Kota Padang
bunghatta.ac.id - Pentingnya membekali mahasiswa mengenai kepemimpinan dan manajerial kemahasiswaan terutama bagi mahasiswa yang ingin dan aktif dalam berorganisasi. Untuk itu, para mahasiswa perlu memahami konsep kepemimpinan, gaya kerja organisasi, klasifikasi masalah dalam organisasi serta penyelesaiannya sehingga menciptakan kemampuan teknis dalam pengelolaan lembaga yang handal.

Melihat hal tersebut, Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta akan mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah Dasar se-Kota Padang yang akan dilaksankan pada 26-28 September 2014 di Ruang Sidang Gedung F Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.

Rioni Rizki Aldiansyah, Gubernur Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian acara FTSP SILeNT EFFECT atau kepanjangan dari Skill Intellectual Leader Natural Technology dengan nama SILeNT Leading LKMM-TD.

“Melalui latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan organisasi kemahasiswaan dan melatih dirinya dalam manajemen organisasi mahasiswa yang terarah dan terkonsep apik sehingga dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan dinamika organisasi,” ungkapnya.

Dengan mengangkat topik menjadikan organisasi yang baik, mengubah bangsa menjadi lebih baik, pelatihan ini diharapakan dapat menggali potensi diri dan organisasi sehingga tercipta insan organisasi yang memiliki sikap kritis dan profesional.

Selain itu, menurut Rion pelatihan ini juga dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan jiwa keorganisasian mahasiswa yang dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan dinamika organisasi, baik di kalangan internal kampus, maupun eksternal kampus.

“Agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan apa yang diharapkan, latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa ini diformulasikan dengan materi-materi yang akan disampaikan oleh orang yang ahli dan berkompeten di bidangnya. Kemudin simulasi-simulasi yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan materi dan juga diskusi guna meningkatkan interaksi antar peserta sehingga dapat menumbuhkan peer education,” ucapnya.

Pendaftaran pelatihan ini dapat mengunjungi stand di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta dengan membawa insert sebesar Rp.100 ribu per peserta. Informasi lengkapnya dapat hubungi Yoyo 087791901155 dan Rizky 085274590199. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 22 September 2014 - 15:34:11

Tingkatkan Kualitas Lulusan, FTSP UBH Lakukan MoU dengan Kementerian PU
Tingkatkan Kualitas Lulusan, FTSP UBH Lakukan MoU dengan Kementerian PU
bunghatta.ac.id - Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) bersama Balai Peningkatan Keahlian Konstruksi, Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi, Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (22/09/2014).

Kerjasama ini mengenai pelatihan tenaga ahli konstruksi yang ditandatangani langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE dan Dr. Ir. Doedoeng Z. Arifin Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Penandatanganan kerjasama ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan FTSP SILeNT EFFECT yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta sekaligus sebagai pembukaan kegiatan SILeNT Construction Training.

Rioni Rizki Aldiansyah Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyampaikan pelatihan konstrusksi ini merupakan hasil kerjasama Pembina Jasa Konstruksi Provinsi Sumatra Barat dan Balai Pelatihan Konstruski Wilayah I Banda Aceh serta Balai Pengingkatan Keahlian Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum RI.

“Materi dalam pelatihan konstruksi ini merupakan pelatihan ahli muda manajemen konstruski bangunan serta pembekalan dan fasilitas uji sertifikasi bidang konstruksi dengan tujuan untuk menginingkatkan pengetahuan dan kompetensi tenaga terampil di bidang majeral konstruski bagunan gedung sehingga menjadi tenaga terampil bersertifikasi,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE mengatakan dengan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir dan alumni di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

“Pelatihan ini dapat menjawab secara langsung tenaga teknik di Sumatra Barat yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya,” ujarnya.

Sementara Itu, Dr. Ir. Doedoeng Z. Arifin Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara terus menerus sehingga kementerian pekerjaan umum dapat mengalokasikan dana secara khusus untuk peningkatan kualitas sumber daya manuasia yang terampil di bidang konstrusksi ini.

Selain Universitas Bung Hatta penandatanganan kerjasama ini juga bersama dengan Politeknik Negeri Padang dan Institut Teknologi Padang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pimpinan Universitas ,Dekan FTSP, Dinas Prasarana Jalan, Tata ruang dan Perusahaan Provinsi Sumatra Barat, Asosisasi Profesi dan Asosiasi Perusahaan Daerah Provinsi Sumatra Barat. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 22 September 2014 - 14:28:57

Seminar BEMM FTSP:  Mahasiswa Harus Miliki Jiwa Enterpreneur
Seminar BEMM FTSP: Mahasiswa Harus Miliki Jiwa Enterpreneur
bunghatta.ac.id - Sebanyak 279 perserta yang terdiri dari 217 mahasiswa dan 62 asosisasi profesi mengikuti Seminar Nasional Continuing Profesional Develpment (CPD) dengan topik mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui pemanfaatan teknologi dan rekayasa bidang konstruksi menyongsong AFTA 2015 yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (22/09/2014).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA ini menghadirkan empat pembicara yaitu Dr. Ir. Doedoeng Z. Arifin Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Ir. Martelius Peli M.Sc, IAI Ahli Quantity Surveying Universitas Bung Zulheri Rani, SE, MPA General Manager PT. Karya Suka Abadi dan Hamzah Izzulhaq CEO Hamasa Corp.

Ketua Pelaksana, Disti Mayang Sari mengatakan seminar ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan edukasi serta mengembangkan kemampuan berwirausaha bagi generasi muda sebagai jawaban atas tantangan dengan adanya pasar bebas di kawasan ASEAN pada tahun 2015 mendatang, khususnya pada disiplin ilmu dalam dunia konstrusksi.

“Dengan mengikuti seminar nasional ini para peserta dapat menumbuhkan jiwa Enterpreneur khususnya bagi mahasiswa dengan dengan harapan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan di atas yaitu untuk kemandirian perekonomian bangsa Indonesia,” tambahnya.

Terpisah, Rioni Rizki Aldiansyah Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyampaikan seminar ini merupakan rangkaian dari kegiatan FTSP SILeNT EFFECT yang menjadi program kerja BEMM tahun ini. Kegiatan ini juga merupakan kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, dalam hal ini Badan Pembinaan Konstruksi.

“Dengan kegiatan ini, para mahasiswa dapat menghidupkan suasana kompetitif yang kooperatif di lingkungannya, memberikan motivasi kepada mahasiwa untuk berani memilih dunia usaha sebagai pilihan utama di dunia kerja dalam menyongsong AFTA 2015,” ungkapnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA dalam sambutnya menyampaikan dalam menyambut pasar bebas ini para mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan menambah kemampuan dan keahliannya karena setelah lulus nanti para lulusan itu tidak hanya bermodalkan ijazah saja tapi harus memiliki sertifikat keahlian di bidang keilmuannya masing masing.

Dalam seminar nasional ini juga terdapat hiburan penampilan Sulap Bung Hatta Muda dari Farel D’ilusio salah satu mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 22 September 2014 - 11:37:27

Pelepasan 50 Balon, Buka FTSP SILeNT EFFECT 2014
Pelepasan 50 Balon, Buka FTSP SILeNT EFFECT 2014
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA bersama Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia,Dr.Ir. Doedoeng Z. Arifin melakukan pelepasan 50 balon ke udara sebagai tanda pembukaan kegiatan FTSP SILeNT EFFECT dengan tema Build More Surprised Creativity and Innovation with The SILeNT EFFEC di Halaman Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (22/09/2014).

Ketua Pelaksana, Daniel Risman mengatakan pelepasan balon tersebut menandakan kegiatan FTSP SILeNT EFFECT ini secara resmi dibuka. FTSP SILeNT EFFECT atau kepanjangan dari Skill Intellectual Leader Natural Technology yang mempunyai arti bahwa kegiatan tersebut dilakukan atau dibuat di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta yang dirancang khusus untuk kegiatan yang bersifat ilmiah dan kreatifitas mahasiswa yang pada intinya kegiatan tersebut mengajak mahasiswa untuk berkreasi dan mengasah potensi diri dibidang minat bakat serta penalaran.

“Terdapat 5 rangkaian kegiatan dalam FTSP SILeNT EFFECT yaitu SILeNT National Seminar yang bertujaun untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui pemanfaatan teknolohi dan rekayasa bidang konstrusksi dalam mengongsong AFTA 2014, kemudian SILeNT Sport Competition yang terdiri dari Pertandingan Futsal dan Pertandingan Sepak Bola,” ungkapnya.

Selanjutnya SILeNT Construction Training merupakan pelatihan untuk masyarakat Jasa Konstruksi, SILeNT Leading LKMM-TD yang merupakan latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa tingkat dasar se-Kota Padang dan SILeNT Fest berupa Festival Band yang ditutup dengan pelepasan lampion-lampion ke udara.

Rioni Rizki Aldiansyah, Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyampaikan Kegiatan FTSP SILeNT EFFECT yang merupakan bagian dari program kerja BEMM dan diharapkan menjadi agenda rutin tiap tahunnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta ini karena dengan kegitan semacam ini dapat membantu dalam meningkatkan akreditasi dan menambah jariangan kerjasama dengan berbagai intansi baik dalam maupun luar negeri.

“Sebagai mahasiswa Universitas Bung Hatta, tentunya harus memiliki semangat Bung Hatta yang pantang menyerah, bila gagal terus coba lagi. Selain itu juga Bung Hatta selalu mengajarkan pada kita untuk berpolitik yang santun, jujur dan bijaksana,” imbuh Niki.

Pembukaan FTSP SILeNT EFFECT ini juga dihadiri oleh Pimpinan Universitas ,Dekan FTSP, Dinas Prasarana Jalan, Tata ruang dan Perusahaan Provinsi Sumatra Barat, Asosisasi Profesi dan Asosiasi Perusahaan Daerah Provinsi Sumatra Barat. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 22 September 2014 - 07:48:11

HMMJ Teknik Kimia Motivasi Mahasiswa Baru Untuk Aktif Berorgansiasi
HMMJ Teknik Kimia Motivasi Mahasiswa Baru Untuk Aktif Berorgansiasi
bunghatta.ac.id - Setiap mahasiswa tidak hanya dituntut untuk aktif selama diperkuliahan namua harus aktif juga dalam mengikuti organisasi kemahasiswaan. Melihat pentingnya mengembangkan kemampuan softskills tiap mahasiswa dalam berlembaga.

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universtias Bung Hatta berinisiatif untuk melakukan pengenalan organisasi mahasiswa di tingkat jurusan bagi mahasiswa baru angkatan 2014 dalam bentuk kuliah umum yang diadakan di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Sabtu (20/09/2014).

Kuliah umum ini menjelaskan dua materi yang bertajuk pengenal organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia yang disampaikan langsung oleh ketua himpuan, Zulhendra dan materi mengenai dan motivasi berorgansiasi yang dijelaskan oleh Bayu Haryanto, ST.

Ketua Himpunan, Zulhendra mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru mengenai kelembagaan mahasiswa di tingkat jurusannnya sekaligus memberikan motivasi untuk aktif berorganisasi selama kuliah terutama bagi mahasiswa baru. Pengenalan organisasi ini juga selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Hendra memaparkan menngenai sejarah Teknik Kimia Universitas Bung Hatta, visi misi jurusan, apa itu himpunan mahasiswa, fungsi, tugas dan wewenangnya, syarat menjadi pengurus hingga kegiatan apa saja yang dilakukan oleh himpunan.

“Himpunan mahasiswa merupakan lembaga organsasi mahasiswa yang berada ditingkat jurusan yang memilik fungsi sebagai penunjang kegiatan akademik. Jadi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh himpunan akan berbau akademik seperti kuliah umum, seminar, pelatihan dan lainnya,” jelasnya.

“Tak hanya itu, himpunan juga akan memfasilitasi dan mengarahkan mahasiswa yang ingin mengembangkan minat bakatnya baik dibidang olahraga, seni maupun teknologi,” tambah mahasiswa angkatan 2011 ini.
Sementara itu, Bayu Haryanto, ST menjelaskan materi mengenai motivasi berorgansiasi dalam membengun mahasiswa yang balance.
Bayu menyampikan motivasi sangat penting bagi tiap individu agar sukses dalam menjalani kehidupannya, misalnya saja sebuah kesuksesan saat kuliah. Motivasi perlu dilakukan sebagai penentuan tujuan dari awal. Sebagai mahasiswa baru, tentu perlu pemahaman akan paradigma baru karena dulu mereka berstatus sebagai siswa sekarang telah menjadi mahasiswa. Selain kuliah, mahasiswa juga harus aktif dalam berorganisasi. Berorganisasi dimulai dari tingkat jurusan kemudian fakultas hingga universitas atau pun organisasi eksternal kampus.

“Dalam kesehariannya mahasiswa harus dapat menjalakan namanya Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pendididkan dan penelitian akan didapatkan selama perkuliahan namun untuk mengabdi dapat dilakukan dengan aktif berorganisasi,” ujar alumni jurusan Teknik Kimia ini.

Permasalahnnya, saat ini banyak mahasiswa yang tidak mau aktif berorganisasi dikarenakan memang tidak peduli, malas, tuntutan orang tua untuk fokus kuliah atau sibuk dengan aktivitas yang tidak membawa manfaat. Padahal dengan berorgansiasi kita dapat melatih soft skills dan life skills kita.

“Banyak mahasiswa yang pintar secara akademik tapi tidak banyak juga mahasiswa yang pintar dalam akademik dan berorganisasi. Rugi rasanya bila kita jadi mahasiswa tapi tidak aktif brorganisasi karena manfaat yang akan diperoleh itu sangat banyak sekali,” ulasnya.

Untuk bisa sukses keduanya, Bayu membagi tips-nya kepada mahasiswa baru. Ia mengatakan tiap mahasiswa itu harus berpandai-pandai, layaknya sebuah neraca, harus balance (seimbang). Pandai mengatur waktu, pandai bersosialisasi dengan teman seangkatan, senior, dosen hingga dengan di lingkungan masyarakat.

“Karena telah menjadi predikat sebagai mahasiswa, diharapkan kita dapat aktif berorgansisasi dengan niat dalam diri, tentukan visi misi selama kuliah, untuk memotivasi diri tentukan raw model misalnya sosok Bung Hatta. Banyak belajar, bertanya, berdiskusi dan berusaha dalam mencapai tujuan,” sebutnya.

“Kemudian minta restu dari orang tua dan Berdoa kepada sang pencipta. Bila sudah sukses jangan sombong, angkuh dan harus tahu diri. Bila sudah sukses jangan lupa selalu berbagi, bersyukur dan berterimakasih,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 22 September 2014 - 07:34:30

Ketua YPBH, Fachri Ahmad Terima Penghargaan Wredatama Nugraha Utama
Ketua YPBH, Fachri Ahmad Terima Penghargaan Wredatama Nugraha Utama
bunghatta.ac.id - Mantan Wakil Gubernur Sumbar sekaligus Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof.Dr. Fachri Ahmad,MSc menerima tanda kehormatan Wredatama Nugraha Utama yang diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum PWRI Haryono Suyono di Aula Balairung Caraka Kampus 1 Universitas Bung Hatta, Sabtu,20/9.

Dalam kesempatan itu, Fachri Ahmad menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian pengurus besar PWRI Pusat yang telah memberikan penghargaan dan Tanda Kehormatan Wredatama Nugraha Utama atas karya kepedulian trehadap kesinambungan PWRI dalam memberikan kontribusi positif memajukan pembangunan secara nasional.

"Jangan berpikir setelah pensiun, kita tidak bisa melakukan apa-apa terhadap kemajuan pembangunan bangsa dan Negara, selagi masih sehat dan kuat tentu kontribusi pemikiran dan pengabdian ini memberi dampak kuat ketangguhan dan katahan bangsa dalam menghadapi tantangan globalisasi kemajuan bangsa-bangsa lain”,himbau Fachri.

Penyerahan tanda kehormatan tersebut juga di hadiri oleh Rusdi Lubis, Ketua PWRI Provinsi Sumatera Barat dan pengurus lainnya.

Menurutnya pemberian Pengahargaan dan Tanda Kehormatan Wredatama Nugraha Utama tersebut merupakan bentuk apresiasi atas segala pengabdian dan perhatian beliau selama ini yang mendukung dan membina komunitas pensiunan serta pengembangan persatuan wredatama RI.

"Kita juga melihat, bagaimana dedikadi pengabdian yang telah diperbuat seorang Fachri Ahmad, walaupun setelah pensiun sebagai PNS. Kita juga mengetahui beliau selama ini sebagai salah seorang akademisi di peguruan tinggi, beliau juga sebagai ketua yayasan Pendidikan Bung Hatta yang terus mengembangkan karya diri memajukan bidang pendidikan di Sumatera Barat”, ungkap Rusdi. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 50.19.135.67