Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Kemenlu RI dan UBH Gelar Seminar Nasional Hukum Laut

Direktorat Jendral Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bersama Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Hukum Laut dengan tajuk pengaturan dan tantangan dalam penganganan tindak pencarian dan penyelamatan di laut (mari....

QS UBH Berikan Pemahaman Profesi Lulusan Lewat Kuliah Umum

Jurusan Teknik Ekonomi Kontruksi atau dikenal denganQuantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/08/2014). Kuliah umum ini menghadirka....

Teknik Kimia UBH Adakan Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan daya saing lulusan, Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Softwere Aplikasi Teknik Kimia yang dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 26-27 Agustus 2014 . Pela....

LPPM-UBH Nilai 41 Posdaya Korwil Sumbar Untuk Maju ke Kompetisi Nasional

Sebanyak 41 Posdaya Korwil Sumbar ( Pos Pemberdayaan Keluarga) gagasan Yayasan Damandiri yang di ketuai Haryono Suyuno di nilai oleh tim gabungan embaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi dari Universitas Bung Hatta, Universitas Taman Siswa, STAIN Batusangkar, ISI Padang Panjang,....

Wakil Rektor III Lepas Calon Jemaah Haji UBH

Universitas Bung Hatta kembali melepas calon jemaah haji untuk tahun keberangkatan 2014 di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (28/08/2014). Pelepasan tersebut secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum yang ....

Fakultas Hukum UBH Tempati Gedung Baru Kampus II Aia Pacah

Dekan Fakultas Hukum UBH Dwi Tuti Palupi, SH.,MH bersyukur dan lega, gedung Blok B2 Kampus II UBH Aia Pacah sudah bisa di tempati. Terhitung Senin, 25/8 seluruh mahasiswa Fakultas Hukum sudah bisa kuliah di gedung baru tersebut. “Meski belum 100% selesai, kita pastikan untuk pelaksanaan perkuli....

Selasa 04 Juni 2013 - 09:10:58

Romeo + Juliet
Romeo + Juliet
bunghatta.ac.id - Pementasan Parodi Romeo + Juliet, Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya, Senin,3/6.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 01 Juni 2013 - 16:14:47

bunghatta.ac.id - Sebanyak 18 orang wartawan dari berbagai media yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengikuti uji kompetensi jurnalis (UKJ) di Gedung H Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta, (1-2/6).

Ketua AJI Padang Hendra Makmur menyebutkan UKJ yang di gelar di Padang merupakan ujian ke-14 yang di gelar AJI.

Hendra menambahkan, AJI Indonesia menurunkan lima penguji untuk menguji jurnalis-jurnalis tersebut yakni Willy Pramudya, Agus¬tinus Eko Rahardjo (Produser Kompas TV/Kordiv Serikat Pekerja AJI Indonesia), Syo¬fiardi Bachyul (jurnalis The Jakarta Post/Majelis Etik AJI Padang), Hendra Makmur (jurnalis Media Indonesia, Ketua AJI Padang) dan Nash¬rian Bahzein (Wapemred Pa¬dang Ekspres).

“Peserta ujian kali ini baru 18 angggota AJI Padang yang ikut sebagian besar anggota belum bisa karena berbagai kendala dan target kami dalam tahun ini juga bisa menggelar UKJ untuk seluruh anggota AJI Padang segera terdaftar di Dewan Pers,” ujar Hendra mengakhiri (**indrawadi-humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 01 Juni 2013 - 13:21:39

Rektor UBH Hadir Sebagai Keynote Speaker di  Asian Academy of Applied Business
Rektor UBH Hadir Sebagai Keynote Speaker di Asian Academy of Applied Business
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, MBA diundang sebagai pembicara kunci dalam konferensi Internasional dua tahunan “The Asian Academy of Applied Business”(AAAB), kerjasama Universiti Malaysia Sabah (UMS) dengan Universitas Pajajaran (Unpad) di Bandung, 30/5-1/6.

Konferensi tersebut berlangsung secara parallel yang membahas beberapa topic anatara lain tiga pokok utama seperti manajemen ICT, manajemen strategis, manajemen dan pengembangan UKM serta isu-isu yang relevan.

Dikutib dari situs www.ums.edu.my disebutkan kegiatan “The Asian Academy of Applied Business”(AAAB) tersebut merupakan yang ke 6 kalinya, sebelumnya di adakan di Bangkok-Thailand, Manila-Filipina, dan di Pnom Penh, Kamboja. Sedangkan yang berlangsung di Bandung mengangkat tema “Navigating the Asian Market through the Global Economic Crisis”.

Rektor UBH Prof. Dr. Niki Lukviarman, MBA, guru besar dalam bidang corporate governance mempresentasikan makalah berjudul “Riding the Waves of Crisis: Reinforcing Corporate Governance Reform in the Global Economy”.

Dalam pemaparan makalahnya Niki menyebutkan, perlunya penguatan Corporate Governance berbagai perusahaan di setiap Negara secarasubstantif, terutama pada berbagai Negara Asia dengan peringkat penerapan governance rendah seperti Indonesia, agar dapat bertahan dalam krisis.

Sependapat dengan Niki, Prof. Noor Azlan dari University Kebangsaan Malaysia juga menyebutkan bahwa, krisis sesuatu yang harus dihadapi dengan keadaan normal yang baru (the new normal).

Hal itu menurutnya harus dilakukan dengan penegakkan aturan main yang telah di tentukan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga kepentingan berbagai pihak yang terkait deng an perusahaan terutama pemilik mayoritas dapat terjaga. Kondisi tersebut pada akhirnya akan menumbuhkan kepercayaan dari stakeholder yang akan mendukung berjalannya perekonomian secara sehat dan dapat berjalan dalam masa krisis.

Niki via e-mailnya yang diterima Humas UBH menyebutkan selama konferensi berlangsung, hari pertama menghadirkan 3 panelis yakni Prof. Datuk. Dr. Noor Azlan Ghazali, Wakil Rektor bidang Akademik dan Internalisasi UKM yang membahas konsep ekonomi global yang didorong oleh gelombang perubahan sehingga memunculkan creative economy, kemudian Prof. Dr. Ilya Avianti, MSi, anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, menjelaskan tentang peranan dan platform OJK masa depan di Indonesia.


Niki menambahkan, setelalah pemaparan ketiga panelis utama, konferensi dilanjutkan dengan presentasi 60 paper terpilih yang berasal dari akademisi berbagai Negara di Asia.

Konferensi di tutup dengan penyerahan piagam penghargaan “the Captain Industry 2013” kepada ChairulTanjung (Chaiman CT Corp), yang merupakan tradisi AAAB , memberikan penghargaan kepada pebisnis yang dianggap memberikan kontribusi positifd alam perekonomian Negara. (**indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 31 Mei 2013 - 12:21:05

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TA 2013/2014
PENERIMAAN MAHASISWA BARU TA 2013/2014
bunghatta.ac.id - Kunjungi www.spmb.bunghatta.ac.id
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 29 Mei 2013 - 14:27:17

Ajarkan Sastra Kepada Anak-Anak agar Karakternya Tetap Terjaga.
Ajarkan Sastra Kepada Anak-Anak agar Karakternya Tetap Terjaga.
bunghatta.ac.id - Ajarkan sastra kepada anak-anakmu agar mereka mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Ajarkan sastra kepada anak-anakmu agar berani melawan ketidakadilan. Ajarkan sastra kepada anak-anakmu agar mereka menegakan kebenaran. Ajarkan sastra kepada anak-anakmu agar karakternya tetap terjaga.

Itulah petikan kalimat yang disampaikan Dr. Prima Gusti Yanti, M.Hum dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta saat menyampaikan materi dalam Seminar Nasional Pendidikan bahasa dan Sastra yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS Pindo) Universitas Bung Hatta di Aula Balairung Caraka Kampus Gedung B Kampus I UBH, Rabu (29/05/2013).

Prima menjelaskan saat ini pendidikan karakter menjadi persoalan serius di kalangan generasi muda di dunia. Karakter bangsa kita memang sudah semakin terkikis, mulai dari karakter masyarakat hingga para pejabatnya.

“Pendidikan menjadi garda depan untuk membangun karakter peserta didik. Dari sinilah pembelajaran sastra berperan sangat penting dalam membangun karakter yang jujur, cerdas, tangguh dan peduli,” jelasnya Prima.

Ia mengatakan karya sastra dapat berperan menjadi pembimbing manusia dalam memahami dan menghayati berbagai persoalan dalam kehidupan manusia sebab karya sastra mengandung nilai-nilai, norma, dan ajaran keagamaan. Kekuatan sastra mampu mengubah moralitas dan karakter manusia.

“Hasil penelitian menunjukan pelajaran sastra lebih optimal digunakan dalam membentuk karakter peserta didik ketimbang pelajaran kewarganegaraan. Peserta didik dituntut untuk menyerap dan menghayati setiap nilai yang terkandung dalam karya sastra berbeda dengan pelajaran kewarganegaraan yang hanya mengatur dan men-judge,” terangnya.

Seminar yang mengangkat tema pengajaran sastra dalam upaya pembentukan karakter ini selain menghadirkan pemateri dari perguruan tinggi juga mendatangkan praktisi sastra nasional asal Kota Padang yaitu Darman Moenir.

Darman mengatakan masalah pembelajaran dan pembentuk karakter melalui karya sastra, kita harus belajar juga kepada Bung Hatta karena proklamator bangsa yang satu ini dikenal dengan seseorang yang tepat waktu salah satu karakternya yang perlu kita panuti.

“Bung Hatta juga seorang yang menyukai dunia sastra seperti menulis puisi, rajin membaca dan menulis baik artikel, opini maupun buku,” terang Darman yang pernah juga mengeyam pendidikan di UBH ini.

Menurut Darman, para pendidik harus rajin membaca dan menulis untuk lebih menambah wawasan dan pengetahuan. Minimal membaca dalam sehari 100 halaman. Melalui karya sastra kita bisa mengeksplorasi budaya dan karakter bangsa. Kuncinya bagi pendidik harus menulis, menulis dan menulis.

“Banyak sastrawan angkatan balai pustaka yang mengeksplorasi budaya dan karakter bangsa seperti Marah Roesli, Abbas Soetan Pamoentjak dan lainnya. Dengan eksplorasi itu bahkan novel-novel mereka menandai kelahiran nover modern Indonesia seperti karya terkenal dari Marah Roesli dengan Siti Nurbanya,” terangnya.

Wakil Rektor III UBH, Drs. Suparman Khan, M.Hum saat membuka acara menyebutkan pembentukan karakter itu memang sangat penting. Bahasa merupakan sentuhan pertama kali ketika manusia lahir.
“Para pengajar tentunya tidak hanya menyampaikan materi secara teoritis saja tetapi harus juga mengajarkan kepada muridnya secara praktis dan pragmatis,” ucapnya.

Seminar yang diadakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional ini diikuti lebih dari 200 peserta dan dihadir oleh dekan dan wakil dekan FKIP, ketua jurusan Pindo dan selingkungan FKIP dan mahasisiwa FKIP UBH. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 28 Mei 2013 - 08:29:13

Biaya Kuliah di Universitas Bung Hatta
Biaya Kuliah di Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta (UBH) pada tahun akademik 2013/2014 menawarkan biaya perkuliahan bagi calon mahasiswa baru sebesar mulai dari Rp 4.202.000 s/d Rp.4.900.000,- tergantung pada program studi yang ada di lingkungan Universitas Bung Hatta. Hal ini disampaikan Wakil Rektor II UBH Dra.Susi Herawati,MPd diruangan kerjanya (Selasa,28/5)

Susi menambahkan, biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangunan bagi calon mahasiswa baru sebesar Rp 2 juta per mahasiswa yang dapat dicicil selama dua semester, yakni Rp. 1.000.000,- pada semester I serta dilunasi pada semester II Rp.1.000.000,-.

Dijelaskan Susi, komponen biaya lain dalam biaya tersebut sudah meliputi biaya Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Asuransi Kesehatan (Askes), informasi teknologi (IT), simpanan pokok koperasi Bung Hatta, dan materai.

Kemudian, biaya operasional pendidikan (BOP) sebesar Rp 130.000 per satuan kredit studi (SKS) per semester untuk program studi kelompok non-eksakta dan eksakta. “Untuk yang memiliki mata kuliah praktikum dikenakan biaya tambahan dengan rentang Rp 84.000 s/d Rp. 212.000,- per-SKS.

Dengan demikian, total keseluruhan biaya pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa baru UBH tahun akademik 2013/2014 berkisar Rp 4.202.000,- s/d Rp.4.900.000,-. “Artinya calon mahasiswa tinggal kuliah, tidak ada biaya lain-lain lagi,” tegas Susi.

Rincian lengkapnya klik di : http://bunghatta.ac.id/jalur/rincian-pembayaran-maru-2013-2014.pdf

(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 27 Mei 2013 - 14:03:28

Gubernur Serahkan Ribuan Mahasiswa KKN-PPM ke Pemkab dan Pemkot
Gubernur Serahkan Ribuan Mahasiswa KKN-PPM ke Pemkab dan Pemkot
bunghatta.ac.id - Bertempat di Gelanggang Olah Raga dan Seni Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Aia Pacah, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Senin, 27/5 menyerahkan daftar nama sebanyak 7.853 Mahasiswa kepada Bupati dan Walikota Se-Sumatera Barat yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) yang akan di tempatkan di beberapa kenagarian.

Dalam sambutannya dihadapan perwakilian mahasiswa dari 8 Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat, Irwan menyebutkan bahwa masyarakat saat ini sedang menghadapi berbagai kesulitan seperti ekonomi dan pengangguran karena meningkatnya biaya hidup, inflasi dan daya saing produk sehingga melemahkan daya beli masyarakat.

Untuk meningkatkan efektifitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja,pemerintah telah meluncurkan beberapa program diantaranya program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) yang telah di mulai sejak tahun 2007.

Karena itu menurutnya, mahasiswa harus bijak dalam mengotimalkan potensi yang ada di nagari/kelurahan seperti lahan tidur serta tenaga produktif yang dapat di gerakkan, dan terdapat juga sejumlah ketrampilan yang diwarisi pendahulu sebelumnya perlu di modifikasi sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Irwan menitipan pesan pada mahasiswa agar semuanya menjadi pemikiran dan dapat di implementasikan dalam program aksi lapangan antara lain seperti merumuskan perencanaan nagari/kelurahan bersama masyarakat setempat dibawah naungan lembaga pemberdayaan masyarakat, dan rumusan tersebut merupakan pencerminan dari pemecahan permasalahan yang di hadapi, kemudia dalam permasalahan sosial ekonomi dapat dimodifikasi dengan meningkatkan ketrampilan yang di punyai masyarakat serta mengenalkan IPTEK.

Kepala BPM Propinsi Sumbar, Dr. Suhermato Raza,SH dalam laporannya menyebutkan, mahasiswa yang akan mengikut KKN-PPM dari ke delapan pergururuan tinggi tersebut adalah dari Universitas Andalas sebanyak 3.615 orang, IAIN Imam Bonjol 1.198 orang, STAIN Batusangkar sebanyak 712 orang, ISI Padang Panjang 50 orang, UNES 514 orang, UNITAS 200 orang, Univ.Muhammadiyah 300 orang dan Universitas Bung Hatta sebanyak 1.264 orang.

Ia menyebutkan, penyelenggaraan dan penugasan mahasiswa KKN-PPM se Kabupaten/Kota dan lokasinya berdasarkan keputusan bersama Mendagri dan Mendikbud tentang pendayagunaan teknologi dan tepat guna dan KKN dalam menunjang pembangunan masyarakat nagari dan desa serta keputusan Gubernur Sumbar tentang penetapan lokasi pelaksanaan KKN-PPM mahasiswa perguruan tinggi se Sumatera Barat, dengan sasaran utama adalah terciptanya silaturahmi antara mahasiswa, masyarakat dan birokrat serta termanfaatkannya pengembanan potensi SDA yang tersedia guna mewujudkan penurunan kemiskinan.

Sementara Rektor UBH Prof.Dr. Niki Lukviarman,SE,AKt,MBA yang mewakili ke delapan rektor, mengatakan orientasi dan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat adalah menangani masalah kehidupan sosial, pendidikan, ekonomi, bantuan tekhnologi yang dibutuhkan masyarakat dan memetakan potensi masyarakat dan sumberdaya alam.

“Saat ini di beberapa nagari mungkin profil nagarinya. Kami harap dengan pelaksanaan KKN-PPM ke depan seluruh nagari di Sumbar sudah memilikinya”, imbuh Niki.

Hadir dalam penyerahan mahasiswa peserta KKN-PPM 2013 tersebut, Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe dengan Sekdanya, Walikota Padang. Dr. Fauzi Bahar, MS, Wakil Bupati Pesisir Selatan Drs. Editiawarman,MSi, dan perwakilan dari pemda Kab. Agam, Padang Pariaman, Pasaman dan Payakumbuh/ Lima Puluh Kota. (** Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 25 Mei 2013 - 12:46:43

Kurikulum 2013, Tidak Akan Mematikan Kreativitas Guru
Kurikulum 2013, Tidak Akan Mematikan Kreativitas Guru
bunghatta.ac.id - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud), Prof. Dr. Musliar Kasim, MS, hadir sebagai pembicara Seminar Nasional Pendidkan Matematika, dengan tema Menyongsong kurikulum 2013 untuk mencapai Indonesia cerdas 2020 yang di gelar Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta, di Auala Baliarung Caraka Kampus I UBH Ulak Karang, Sabtu 25/5.

Seminar yang dihadiri Rektor Unand Dr. Werry Darta Taifur, undangan lainnya serta mahasiswa, dosen, guru-guru dan pemerhati pendidikan tersebut di moderatori langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE,Akt,MBA., didampingi Dekan FKIP-UBH Dr. Marsis,MPd.

Selain memberikan materi Pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013, berkesempatan juga mensosialisasikan kurikulum 2013 yan akan mulai di terapkan Juli mendatang.

Musliar Kasim menyebutkan pihaknya telah mensosialisasikan kurikulum 2013 kepada beberapa propinsi, bahkan kota Batam, audiensnya antara 600-800-an orang guru dan memberikan respons terhadap Kurikulum 2013.

Ia menambahkan, selama ini di media cetak maupun elektronik, memberitakan para guru menolak kurikulum ini karena akan mematikan kretivitas guru. Hal itu tidak benar dan bertolak belakang dengan esensi yang berada di dalam Kurikulum baru ini.

“Karena itu saya hadir disini (UBH-red) untuk menyampaikan persepsi yang benar, sehingga para guru di Sumatera Barat yang berkesempatan hadir hari ini bisa menyampaikan informasi yang benar kepada guru-guru yang lain yang tidak sempat hadir”, ujar Musliar

Lebih lanjut ia menegaskan, Kurikulum 2013 hadir untuk mengantisipasi perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan di abad 21, telah terjadi pergeseran paradigma belajar, baik ciri-ciri maupun model pembelajaran yang lebih mengedepankan peserta didik melalui proses mengamati, menanya, menalar dan mencoba untuk meningkatkan kreativitasnya. Selain itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk bekerja dalam jejaring melalui collaborative learning.

“Jadi saya tegaskan kembali, Kurikulum 2013 telah melewati uji publik pengembangan, dan kini telah memasuki tahap terakhir yaitu tahap penyempurnaan untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Kurikulum 2013 pada Juli mendatang”, tegasnya.

Menurutnya lagi, orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), ketrampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Orientasi Kurikulum baru ini sejalan dengan amanat UU Sisdiknas tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal (35), kompetensi lulusan merupakan kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati dan sejalan dengan pengembangan KBK yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara terpadu.

Inti dari pengembangan Kurikulum 2013 adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa mampu lebih baik dalam melakukan konservasi, bertanya, bernalar dan mengkomunikasikan atau mempresentasikan apa yang diperoleh atau diketahui setelah siswa menerima materi pembelajaran.

“Melalui pendekatan seperti itu, siswa diharapkan memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Peserta didik akan jauh lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan zaman, memasuki masa depan yang lebih baik”, imbuhnya (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 24 Mei 2013 - 14:40:09

Lulusan Jurusan Teknik Kimia Bergaji Ratusan Juta.
Lulusan Jurusan Teknik Kimia Bergaji Ratusan Juta.
bunghatta.ac.id - Baru-baru ini sebuah lembaga survei National Association of Colleges and Employes (NACE) merilis hasil penelitiaannya yang menunjukkan bahwa lulusan Perguruan Tinggi dari Jurusan Teknik Kimia memiliki penghasilan paling tinggi di dunia dengan gaji rata-rata ratusan juta rupiah per tahunnya.

Dijelaskan, terdapat 5 jurusan dengan penghasilan tertinggi di dunia versi NACE yaitu Teknik komputer dengan gaji Rp.673 juta, Teknik kimia dengan gaji Rp.635 juta, Ilmu komputer dengan Rp.616 juta, Rekayasa/penerbangan dengan gaji Rp.612 juta dan Teknik Mesin dengan gaji Rp.601 juta.

Sementara dalam buku Tujuh Jurusan Bergaji Besar karya Ina Liem menyebutkan juga jurusan Teknik Kimia termasuk urutan ke-3 dari jurusan yang memiliki penghasilan yang tinggi setelah jurusan Manajemen, Geologi, Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan.

Saat dimintai pendapat Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta di ruang kerjanya Kampus III UBH, Jumat 24/5 menyebutkan bahwa bahwa prospek kerja lulusan Teknik Kimia cukup luas,beragam dan banyak dibutukkan pasar sehingga wajar saja bisa berpenghasilan ratusan juta per tahunnya. Bahkan banyak perusahaan dalam dan luar negeri yang membutuhkan tapi ketersediaan lulusan Teknik Kimia cukup terbatas.

“Seorang sarjana Teknik Kimia, umumnya bekerja di bidang industri yang berkaitan dengan Teknik Kimia, lingkungan, PNS atau tenaga pendidik tapi pada dasarnya bisa juga bekerja di bidang mana pun seperti di perbankan, kepolisian, konsultan, jasa dan lainnya,”ungkap Reni

Menurutnya lagi, jurusan Teknik Kimia merupakan disiplin ilmu yang fokus pada pemprosesan suatu bahan, dimana untuk mengubah bahan mentah menjadi produk jadi maupun setengah jadi secara ekonomis.

“Ilmu Teknik Kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia baik dalam skala kecil atau skala pabrik. Lulusan Teknik Kimia pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia,” terang Reni.

Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 60 perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdapat jurusan Teknik Kimia dan untuk wilayah Kopertis X (Sumbar, Riau, kepulauan Riau dan Jambi) hanya ada satu, itu pun di Universitas Bung Hatta yang memiliki jurusan tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, jurusan Teknik Kimia UBH berdiri sejak tahun 1994 telah memilik lebih dari 750 lulusan dan sudah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hampir 50% tenaga pengajarnya berkualifikasi S3 dan S2 lulusan dalam dan luar negeri seperti ITB, UI, UTM (Malaysia) dan Gifu University (Jepang).

Reni menambahkan, Fasilitas perkuliahan di Teknik Kimia UBH cukup repersentatif, memiliki gedung perkuliahan ber-AC, laboratorium keahlian, ruang seminar, studio tugas akhir lengkap dengan buku-buku dan internet, kelembagaan mahasiswa jurusan dan masih banyak yang lainnya,” imbuh Reni, dosen berprerstasi 2013 se-Kopertis X ini .

Mulai TA 2012/2013, segala bentuk aktivitas jurusan telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja guna meningkatkan mutu dan mendukung kompetensi lulusan yang memiliki keahlian di bidang poses kimia, mengaplikasikan software Teknik Kimia dan kemampuan merancang teknologi sumber daya alam.

“Mengingat sekarang ini sedang dilakukannya penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi. Untuk itu, bagi pelajar SMA/SMK sederajat bisa mendaftar di jurasan Teknik Kimia UBH sebagai referensi pemilihan jurusan favorit. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan mengklik spmb.bunghatta.ac.id,” ujar Reni mengakhiri. (**Bayu Haryanto/Indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 22 Mei 2013 - 08:19:42

WaMendikbud Musliar Kasim, Akan Bahas Kurikulum 2013 di UBH
WaMendikbud Musliar Kasim, Akan Bahas Kurikulum 2013 di UBH
bunghatta.ac.id - Wakil Menteri Pedidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S. dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra barat, Drs. Syamsulrizal, M.M, Sabtu (25/5) di Aula Balairung Caraka Kampus I Ulak Karang, akan hadir sebagai pembicara utama dalam seminar Nasional Pendidikan Matematika, yang akan di gelar Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HMPS PMat) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta .

Hal itu di ungkapkan Ketua Prodi Pendidikan Matematika FKIP UBH diruangan kerjanya, Rabu,22/5. Rita menyebutkan kurikulum 2013 yang akan diberlakukan saat ini menuai pro kontra dari masyarakat.

Menurutnya lagi, pemerintah telah berkali-kali melakukan perubahan kurikulum sejak tahun 1994, kemudian tahun 1999 berubah lagi menjadi kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan tahun 2013 ini akan berubah lagi.

“Melihat perkembangan tersebut dan kondisi, FKIP UBH akan melaksanakan Seminar Nasional Pendidkan Matematika, dengan tema Menyongsong kurikulum 2013 untuk mencapai Indonesia cerdas 2020, diharapkan akan hadir 300 peserta yang berasal dari mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan,guru dan masyarakat umum” imbuh Rita.

Dijelaskan bahwa, banyak masyarakat kurang memahami latar belakang perubahan kurikulum, teori dan pelaksanaan kurikulum itu sendiri dan apakah kurikulum 2013 tersebut mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonsesia sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Pelaksanaan seminar akan di plenokan, agar peserta lebih memahami dan menambah wawasan tentang kurikulum 2013 sehingga dapat diaplikasikan dengan tepat,” ujar Rita mengakhiri.
(**Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.167.241.4