Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Dialog Kematematikaan Pendidikan Matematika UBH

Dialog merupakan salah satu bentuk dari komunikasi yang bertujuan untuk mencari dan menggali informasi. Dengan berdialog dapat memunculkan permasalahan-permasalahan dan juga mencari solusinya dalam pembelajaran. Hal itu disampaikan Drs. Khairul. M.Sc saat membuka acara Dialog Kematematikaan yang ....

Pertemuan Kelembagaan Mahasiswa Dengan Bidang Kemahasiswaan

Bidang Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta mengatakan pertemuan dengan kelembagaan mahasiswa dari tingkat fakultas hingga universitas yang berlangsung di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (28/11/2014) sore. Pertemuan ini diikuti oleh Dewan P....

Syarat Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UBH, Pendaftaran hingga 28 November 2014

Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Universitas Bung Hatta telah membuka pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk masa bakti 2014-2015 yang dimulai sejak 19 hingga 28 November 2014 dengan persyaratan sebagai berikut: 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2....

Dalami Teori, Mahasiswa Teknik Kimia UBH Kunjungi Industri CPO

Memperkaya pengetahuan tidak hanya belajar teoritis di ruang perkuliahan saja tetapi dapat juga didalami melalui kunjungan lapangan ke industri, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang mengunjungi PT. Bina Pratama Sakato Jaya....

Temu Ramah Mahasiswa Manajemen Universitas Bung Hatta

Untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar mahasiswa, dosen dan alumninya, jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Temu Ramah Masyarakat Manajemen dengan tajuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar masyarakat jurusan Manajemen yang berlangsung di A....

LIMA Campus Corner Kunjungi UBH

Tim dari Liga Mahasiswa (LIMA) Campus Corner melakukan kunjungan ke Universitas Bung Hattta dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan LIMA sekaligus mengajak para mahasiswa untuk mendukung tim dari perguruan tingginya yang mengikuti pertandingan Bola Basket katagori Sumatera Conference yang diad....

Senin 28 Oktober 2013 - 13:54:22

bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta akan menyerahkan bantuan kemanusiaaan untuk masyarakat yang menjadi korban banjir bandang yang telah merendam pemukiman warga dan tempat ibadah di Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang pada tanggal 19 Oktober 2013 lalu.

Komandan KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta Egi Putra Mardi mengatakan kita melakukan penggalangan dana secara spontan saja inisiatif dari teman-teman KSR untuk menalankan tugas kemanusiaannya.

“Kita melakukan penggalangan dana langsung ke masyarakat sekitar Ulakkarang dengan memanfaatkan pengeras suara di masjid dan mushala dengan dibantu masyarakat setempat,” ujarnya mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

Sementara itu Hendra Rukmana Kordinator Lapangan penggalangan bantuan ini mengatakan sebagai anggota KSR yang bergerak di bidang kemanuasisan dan sosial ini kita harus saling membantu dan menolong masyarakat yang terkena musibah.

“UKM KSR-PMI Proklamator akan menyerahkan bantuan berupa pakaian layak pakai untuk anak-anak dan mie instan ke Posko Sibat di lokasi bencana sebelum dibagiakan ke masyarakat yang menjadi korban banjir bandang tersebut,” ucapnya, Minggu (27/10/2013).

Menurut Hendra kita telah melakukan penijauan sebelumnya oleh tim assesment ternyata masih terdapat masyarakat yang belum mendapatkan bantuan pasca bencana yang telah terjadi.

“Ada sekitar 200 kepala keluarga yang belum mendapatkan bantuan dan kita berharap bantuan yang kita berikan ini dapat meringgankan beban masyarakat yang telah tertimpa musibah dan mampu bangkit kembali,” ujarnya.

UKM KSR-PMI Proklamator mengirim tim yang terdiri dari 6 orang yaitu Nofirman, Hendra Rukmana, Riki Hardianto, Gema Wahyudi, Zusa Riduna dan Rahma Laila Putri. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 25 Oktober 2013 - 14:39:35

Workshop HMMJ-TM: Banyak Peluang Karir Engineer di Industri Minyak dan Gas
Workshop HMMJ-TM: Banyak Peluang Karir Engineer di Industri Minyak dan Gas
bunghatta.ac.id - Himpunan Mahasiswa Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Workshop mengenai peluang engineer pada industri minyak dan gas di Indonesia yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas bung Hatta pada 25-26 Oktober 2013.

Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc. saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini sangat bagus sebab para mahasiswa dapat membuka wawasannya mengenai peluang kerja itu tidak hanya menjadi PNS saja tapi dimana saja bisa salah satunya untuk engineer di industri minyak dan gas.

“Kampus sangat senang dengan kegiatan-kegiatan seperti ini apalagi melibatkan peranan alumni di dalam kegiatan tersebut. Setidaknya setiap mengadakan kegiatan terus melakukan terobosan-terobosan terbaru,” ungkap.

Sementara itu Ketua Jurusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta, Dr. Hendri Budiman, ST, MT menyebutkan industri minyak dan gas sangat akrab sekali dengan jurusan Teknik Mesin dan peluang karirnya juga cukup banyak.

“Kita berharap para mahasiswa dapat aktif berinteraksi dengan pemateri dalam workshop ini untuk menggali ilmu dan dapat berbagi pengalaman di dalam dunia industri minyak dan gas,” jelasnya.

Kemudian menurut Deco Agustavio, Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin mengatakan workshop ini kita laksanakan guna memberikan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa Teknik Mesin akan peluang karir dan aplikasinya di industri minyak dan gas.

Lebih dari 100 peserta mengikuti workshop yang dilaksanakan dua hari ini didikuti oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, STIND, Politeknik Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta sendiri.

Workshop ini menghadirkan 4 narasumber yang telah lama berkecimpung di industri minyak dan gas yaitu untuk hari pertama dari Bambang Hertanto dari PT Murrt Indonesia menyampaikan materi mengenai dunia Engineering Procurement and Contruction (EPC) dan Kun Basuki Adi dari Konsultan Teknik MIGAS dan Direktur Reka Penta Engineeringmembahas creative problem salving yang merupakan.

Sedangkan hari kedua diisi oleh Pandoe Santoso sebagai praktisi dan birokrat SKK MIGAS RI dan Sonny D Murry dari Dunia Engineering Procurement Com serta Praktisi Qualiti Control Oil and Gas Contruction/Fabricatio.

Dari materi yang disampaikan oleh pembicara ini memberikan dapat pemahaman dan pengetahuan baru untuk mahasiswa dan peluang kerja apa saja hingga gambaran serta tantangan bekerja di industri minyak dan gas. Apalagi di era sekarang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju menuntut kita untuk lebih mengembangkan diri dengan kemampuan lebih (spesisalisai) di bidang tertentu. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 24 Oktober 2013 - 08:37:47

Teknik Mesin UBH Angkat Workshop Peluang dan Aplikasi Engineer
Teknik Mesin UBH Angkat Workshop Peluang dan Aplikasi Engineer
bunghatta.ac.id - Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan proses ahli teknologi. Industri-industri kita yang telah mulai masuk ke era teknologi tinggi membutuhkan komponen-komponen penggerak yang memadai.

Ditambah algi dengan semakin menigkatnya tingkat penganguran lulusan sarjana Teknik Mesin di Indonesia khususnya di Sumatra Barat, dikarenkan kurangnya pemahaman bagi mahasiswa Teknk Mesin tentang profesi dan aplikasi teknik mesin di dunia Industri

Melihat kondisi tersebut menjadi penggerak untuk Himpunan Mahasiswa Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta untuk mengadakan Workshop mengenai peluang dan aplikasi engineer pada industri minyak dan gas yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas bung Hatta pada 25-26 Oktober 2013 pukul 08-00 WIB.

Menurut Deco Agustavio, Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin mengatakan workshop tersebut sebagai salah satu realisasi untuk melakukan kerjasama dengan pihak-pihak industri yang lebih kongkrit dan berkompeten.

“Kita memiliki sumber daya manusia yang memadai yang dapat mengatasi masalah ini sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi ( pendidikan , penelitian, dan pengabdian ) dan tri karya (Institusional, Profesional, transpolitasi) yang nantinya diharapkan mendidik mahasiswa sebagai sumberdaya manusia yang potensial, strategi dan berdaya guna serta memiliki wawasan yang luas,” ujar Deko.

Ia menambahkan workshop ini juga diselenggarakan untuk menambah pemahaman dan memperluas wawasan keilmuan yang meliputi pemahaman propesi dan aplikasi ilmu Teknik Mesin di dunia industri yang nantinya dapat menghantar mahasiswa Teknik Mesin menuju profesionalitas seiring dengan pesatnya persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Tak hanya itu kegiatan ini juga nantinya dapat memberikan Kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan motivasi pola fikir dan kreativitas demi terbentuknya mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Apalagi merespon alumni Teknik Mesin Universitas Bung Hatta yang memegang peranan penting di Instansi-instansi maupun di dunia Industri,” ucapnya.

Dengan tema yang diangkat propesi dan aplikasi peluang engineer di dunia industri, workshop ini akan menyajikan dua narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Pandoe Santoso sebagai Overview Prospectif Oil and Gas yang merupakan praktisi dan birokrat SKK MIGAS RI dan Kun Basuki Adi sebagai creative problem salving yang merupakan konsultan teknik MIGAS dan Direktur Reka Penta Engineering.

Nantinya, workshop yang dilaksanakan dua hari ini dengan fasilitator Bambang Hertanto dan
Sonny D Murry dari Dunia Engineering Procurement Com serta Praktisi Qualiti Control Oil and Gas Contruction/Fabricatio.

Peserta yang akan diikutkan dalam workshop, engineer pada industri minyak dan gas merupakan mahasiswa jurusan Teknik Mesin dari seluruh Perguruan Tinggi di Kota Padang.

Workshop ini gratis dan peserta terbatas lengkapnya hubungi Ilham 082172125592 dan Deco 085263411641.(**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 22 Oktober 2013 - 14:51:49

Mahasiswa UBH Ikuti KKN Kebangsaan Di Makasar
Mahasiswa UBH Ikuti KKN Kebangsaan Di Makasar
bunghatta.ac.id - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan merupakan kegiatan kuliah kerja nyata yang dilaksanakan di tingkat nasional oleh perguruan tinggi di indonesia dengan mengkolaborasikan pendekatan lintas kelilmuan pada suatu waktu dan daerah tertentu dengan mengangkat tema yang bersifat strategis.

Dalam menyukseskan kegiatan tersebut Universitas Bung Hatta mengirim dua mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan untuk mengikutinya yang akan dilaksanakan di Makasiar, Sulawesi Selatan dengan tuan rumah penyelenggaranya Universitas Hassanudin.

Dua mahasiswa tersebut yaitu Misriandi mahasiswa jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan angkatan 2011 dan Gusti Ayu Wulandari mahasiswa jurusan Budidaya Perikanan angkatan 2011.

KKN Kebangsaan ini dilaksanakan selama 40 hari dari tanggal 23 Oktober-30 November 2013 yang bertempat di Makasar untuk pembekalan dan lokasinya di Kecamatan Ermerasa, Kecamatan Ulu ere dan Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA melepas mahasiswa yang melaksanakan KKN bersamaan juga dengan kegiatan pelantikan Wakil Dekan Fakultas Kegurusan dan Ilmu Pendididkan secara resmi di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamtor I Universitas Bung Hatta, Selasa (22/10/2013).

Niki mengatakan kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh peguruan tinggi se-Indonesia dan sangat penting sekali diikuti untuk dapat berbagi ilmu dan pengetahuan baik sesama mahasiswa maupun dengan masyarakat.
“Ini merupakan kesempatan langka. Dengan mengikuti kegiatan ini berarti kita telah menambah jaringan pertemanan dan kerjasama. Masa depan kita bisa ditentukan dengan sejauh mana kita memiliki teman dan mau berteman dengan siapa saja,” ujarnya

Ia berharap nantinya para mahasiswa yang akan pergi KKN tersebut tetap menjaga nama baik almamater sebab di Makasar kampus kita cukup dikenal . “selain itu jaga kesehatan dan selalu berkomunikasi dengan kampus bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya Niki.

Secara bersamaan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas bung Hatta Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum mengatakan KKN Kebangsaan ini pelaksanaannya sudah menajdi kegiatan nasional yang merupakan bagian dari kegiatan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menajdi salah satu model pembelajaran pendididkan karakter bagi mahasiswa dengan melibatkan berbagai stakeholder dan mampu meningkatkan peran serta kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.,” ujarnya.

Salah satu peserta KKN Kebangsaan Universitas Bung Hatta, Gusti Ayu Wulandari mengungkapkan KKN Kebangsaan ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan rasa persaudaraan mahasiswa se-Indonesia yang berbeda latarbelakang baik bahasa, budaya dan adat istiadat.

“Saya senang menjadi perwakilan Universitas Bung Hatta untuk kegiatan nasional ini karena ini kesempatan yang langka dan disana juga saya akan dapat mendapatkan serta mengembangkan wawasan, ilmu dan soft skill,” ucap Gusti. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 22 Oktober 2013 - 11:34:07

Rektor lantik WaDek FKIP, Mahasiswa Ikuti KKN Nusantara
Rektor lantik WaDek FKIP, Mahasiswa Ikuti KKN Nusantara
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA secara resmi lantik pejabat struktural baru untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu Drs. Yusrizal, M.Si sebagai Wakil Dekan menggantikan Drs. Khariudin, M.Si yang menjadi pejabat sementara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektro Gedung E Kampus Prokalamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (22/10/2013).

Dalam sambutannya Rektor Universitas Bung Hatta mengucapkan selamat kepada pejabat struktural yang baru saja dilantik dan terimakasih kepada pejabat lama yang telah mengabdi selama masa jabatanya. Menjadi tantanganberat bagi wakil dekan FKIP sekarang sebab seperti yang kita ketahui hampir seluruh mahasiswa universitas bung hatta berasal dari FKIP.

“Wakil Dekan baru harus selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan dekan untuk meningkatkan pelayanan akademik dengan prima untuk mahasiswa dengan menyediakan dosen pembimbing akademik (PA) yang sangat diperlukan oleh mahasiswa,” ujar Niki.

Menurut Niki paling penting sekali itu kita harus tertib adminsitrasi dan tertib keuangan selama menjalankan aktivitas dan menjabat wakil dekan. Jika tidak tertib maka akan menjadi masalah bagi kita untuk itu selalu berpedoman pada Peraturan Akademik Universitas Bung Hatta tahun 2004.

“ Tak hanya itu untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat perlu ditingkatkan lagi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas di lingkungan FKIP sebab selama ini disibukan dengan mengajar akibat banyaknya jumlah mahasiswa FKIP,” imbuhnya.

Ia mengatakan kita semua harus bersama-sama dengan semua pihak baik dosen, ketua jurusan, wakil dekan dan dekan serta tim untuk mempersiapkan akreditasi institusi perguruan tinggi dalam waktu dekat ini.

Dalam pelantikan pejabat struktural ini juga sekaligus melepas 2 mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang diikuti oleh seluruh perguruam tinggi di Indonesia.

Turut hadir dalam pelantikan ini Wakil Rektor, I, II, dan III Universitas Bung Hatta, seluruh dekan selingkungan Universitas Bung Hatta, dosen selingkungan FKIP dan perwakilan dari kelembaggan mahasiswa FKIP Universitas Bung Hatta. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 Oktober 2013 - 13:55:25

Pelajar MAN Kase Rao-Rao Mandailing Kunjungi UBH
Pelajar MAN Kase Rao-Rao Mandailing Kunjungi UBH
bunghatta.ac.id - Sebanyak 24 pelajar berserta 3 guru pendamping Madrasah Aliah Negeri (MAN) Kase Rao-Rao Kabupaten Mandailing Natal Sumatra Utara mengadakan kunjungan ke Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta, Senin (21/10/2013).

Rombongan disambut langsung oleh Kepala Bidang Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta Marleni, SE, M.Si, Kepala Humas Universitas Bung Hatta, Indrawadi S.Pi , Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Universitas Bung Hatta, Wijanarko, ST, MT serta beberapa dosen jurusan Teknik Arsitektur di Ruang Likda 2 Gedung G Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.

Marleni, SE, M.Si berterimakasih kepada rombongan yang telah datang dan mau mengunjungi kampus proklamator ini dan kita meminta maaf pimpinan kampus tidak bisa ikut serta menyambut kedatangan rombongan, disebabkan pada waktu yang bersamaan ada rapat pimpinan.

Dalam kunjungan tersebut rombongan juga menyaksikan tayangan video profil Universitas Bung Hatta, fasilitas-fasilitas hingga beasiswa yang ada di Universitas Bung Hatta.

Humas Universitas Bung Hatta, Indrawadi, S.Pi menjelaskan saat ini tidak ada lagi pembeda antara perguruan tinggi negeri maupun swasta semua sama yang membedakan hanyalah akreditasi program studinya. Bahkan saat sekarang ini suatu kampus harus memiliki akreditasi perguruan tinggi.

“Itu menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hati-hati memilih program studi di perguruan tinggi, lihat akreditasinya. Saat ini. program studi baik S1 dan S2 di Universitas Bung Hatta hampir semuanya telah terakrditasi B oleh BAN-PT ,” jelas Indrawadi.

Sementara itu, Sofian Lubis, S.Pdi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN Kase Rao-Rao mengatakan kunjungan ini merupakan rangkaian dari studi lapangan para pelajar kita ke Kota Padang dan Univesitas Bung Hatta menjadi salah satu perguruan tinggi yang dikunjungi di Padang.

“Dengan kunjungan ini kita memotivasi siswa agar dapat menambah wawasan dan nalarnya lebih luas lagi serta memperkenalkan sisiwa juga dengan perguruan tinggi biar tidak canggung lagi dengan dunia kampus,” jelasnya Sofian. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 Oktober 2013 - 09:25:41

Mahasiswa Teknik Mesin UBH Dalami Ilmu Permesinan di Pertamina Teluk Kabung
Mahasiswa Teknik Mesin UBH Dalami Ilmu Permesinan di Pertamina Teluk Kabung
bunghatta.ac.id - Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kunjungan industri ke PT Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBM) Teluk Kabung, Kota Padang pada 10 Oktober 2013 lalu.

Menurut Sekertaris Jurusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta, Burnawi, ST, M.Si melalui kunjungan industri ini para mahasiswa dapat menambah wawasan berpikir dan pengetahuan lapangan tentang dunia kerja.

“Mahasiswa merasakan banyak manfaat dan ilmu yang diperoleh selama kunjungan di sini sebagai bekal pengembangan ilmu dan memasuki dunia kerja nantinya. Jurusan Teknik Mesin mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan bisa dikembangkan untuk kegiatan ilmiah lainnya seperti penelitian,” ujarnya.

Materi yang ingin diketahui dalam kunjungan ini adalah rumah pompa minyak dari kapal dermaga, tangki penimbunan, engine set, laboratorium uji, bengkel perbaikan mesin dan beberapa unit lainnya.

Sementara itu, Deco Agustavio Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin mengatakan kunjungan ini merupakan salah satu program kerja himpunan guna menambah wawasan mahasiswa dan untuk lebih mengenal dunia industri pada hal kenyataannya.

"Kami adakan kunjungan ini bagi mahasiswa agar lebih mengenal industri secara nyata yang mana selama ini hanya teorinya saja," ungkapnya.

Kunjungan ini diikuti oleh 20 mahasiswa yang berasal dari angkatan 2010 hingga 2012. (**Bayu-Humas UBH/Vita WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 Oktober 2013 - 08:52:09

41 Mahasiswa UBH Asal Mentawai Terima Beasiswa Pemda Mentawai
41 Mahasiswa UBH Asal Mentawai Terima Beasiswa Pemda Mentawai
bunghatta.ac.id - Sebanyak 41 Mahasiswa UBH asal Mentawai menerima bantuan pendidikan dari Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Pendidikan Kepulauan Mentawai. Bantuan pendidikan tersebut di serahkan langsung Kepala Dinas Pendidikan Kep.Mentawai disaksikan Wakil Rektor II UBH Dra. Susi Herawati,M.Pd dan Wakil Rektor III UBH Drs. Suparman Khan,M.Hum serta tim dari Dinas Pendidikan Mentawai, di ruang siding Rektor UBH, Jumat,17/10.

Ka.Dinas Pendidikan Mentawai Drs. Syaiful Jannah menyebutkan Pemda Mentawai sangat serius untuk membangun Kepulauan Mentawai dengan menyediakan anggaran yang cukup besar untuk membangun sumberdaya manusia.

“Dengan membangun SDM yang handal, tentu pemuda-pemuda asal Mentawai bisa bersaing dengan yang lain, dan mahasiswa-mahasiswa asal Mentawai ini adalah orang-orang yang terpilih dan kembali untuk membangun Mentawai di segala sektor”, ujar Syaiful.

Ditambahkan Syaiful, di UBH terdapat 41 orang mahasiswa asal Mentawai yang di biayai sepenuhnya oleh Pemda, mulai dari biaya kuliah dan biaya hidup masing-masingnya Rp.1 juta perbulan, sedangkan biaya kuliah, pemda langsung transfer ke rekening Yayasan Pendidikan Bung Hatta, sementara untuk bantuan biaya hidup, pihak Pemda menyalurkannya melalui kerjasama dengan bagian keuangan Universitas Bung Hatta untuk pengaturannya, dengan tujuan agar bantuan tersebut tepat pengelolaannya, karena anggaran dari Pemda paling cepat cairnya sekitar bulan April-Mei.

Disebutkan juga, saat ini ada sekitar 300-an mahasiswa asal Mentawai memperoleh beasiswa yang sama, yang tersebar kuliah di beberapa perguruan tinggi di Sumatera Barat dan Pulau Jawa.

Di tempat yang sama, WR III UBH Drs. Suparman Khan menyebutkan, saat ini ada sekitar 60-an mahasiswa UBH yang berasal dari Mentawai, sementara yang memperoleh beasiswa tersebar 4 orang di Pendidikan Bahasa Indonesia, 9 Pendidikan Matematika, 10 Pendidikan Biologi, 3 Pendidikan Teknologi Informasi Komputer dan 15 orang lagi di Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 Oktober 2013 - 08:42:02

bunghatta.ac.id - Sebanyak 22 mahasiswa Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta berangkat ke Jawa Tengah untuk mengikuti Forum Komunikasi Temu Karya Ilmiah Mahasiswa Arsitektur se-Indonesia (FK-TKI-MAI) XXIX di Solo dan Semarang yang berlangsung selama delapan hari pada 20-27 Oktober 2013.

Kegiatan rutinan ini diikuti untuk mengenalkan pendidikan dan dunia Arsitektur di Indonesia kepada masyarakat luas serta sebagai forum komunikasi ilmu pengetahuan pihak pemerintah, swasta, akademika dan umum dalam merencanakan pemecahan masalah di pendidikan Arsitektur, dan meningkatkan komunikasi dan bertukar pikiran dengan mahasiswa arsitektur se-Indonesia.

Sabto Mario, Ketua Pelaksana Badan Pekerja Rayon VIII mengatakan melalui delegasi forum komunikasi inilah diharapkan terciptanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara mahasiswa arsitektur se-Indonesia, adanya solusi bersama dalam menghadapi permasalahan dan juga peran aktif mahasiswa arsitektur dalam menghadapi perkembangan dunia pendidikan Arsitektur untuk meningkatkan mutu mahasiswa.

“Kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru dan pengalaman baru bagi mahasiswa Arsitektur Universitas Bung Hatta,” ucapnya Sabto saat acara pelepasan oleh Ir. Hendri Warman, MSCE., Dekan FTSP bertempat di Ruang Likda 2 Gedung G Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Jumat (18/10/2013).

Kegiatan selama delapan hari yang akan dijalankan yaitu berupa paket forum komunikasi yang dibagi menjadi tiga komisi (komisi organisasi, komisi pendidikan dan komisi pengabdian masyarakat), kemudian diskusi ilmiah dengan tema "Kampung Kota", serta seminar Arsitektur, pameran ilmiah, pengabdian masyarakat, study excursi, workshop dan tour Arsitektur.

Untuk kegiatan ini, mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta telah mempersiapkan diri dengan membawa maket bangunan kawasan Rumah Gadang dan bangunan mitigasi bencana.

"Semoga Jurusan Arsitektur Universitas Bung Hatta menjadi tuan rumah di tahun depan atau yang akan datang. Saya juga berharap agar acaranya sukses dan teman-teman semua dapat memberikan yang terbaik," ungkapnya. (**Bayu-Humas UBH/Icha WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 17 Oktober 2013 - 15:04:59

bunghatta.ac.id - Nilai TOEFL diatas 400 point adalah dambaan bagi setiap orang yang akan mengikuti ujian skripsi atau tesis, dan untuk melamar menjadi pegawai negeri ataupun lapangan pekerjaan lainnya.

Namun sebelum menempuh test TOEFL dibutuhkan sebuah persiapan untuk mendapatkan nilai diatas rata-rata sesuai dengan kualifikasi sebuah instansi. Dengan persiapan yang tepat dan terarah maka hasil yang akan diperoleh akan lebih maksimal dengan intensitas yang lebih padat dan kualitas pembelajaran yang lebih memfokuskan pada konteks TOEFL yaitu structure, grammatical, reading, listening, and writing.

Prof.Dr. Niki Lukviarman, Rektor UBH dalam sebuah kesempatan menyebutkan, bahasa Inggris adalah bahasa pengantar yang dipakai dalam komunikasi internasional, maka penguasaan bahasa Inggris menjadi suatu keharusan bagi individu yang ingin aktif di kancah global.

“Tak heran, makin banyak proses admisi perguruan tinggi atau rekruitmen karyawan mensyaratkan agar para kandidat menunjukkan bukti penguasaan bahasa Inggris yang antara lain berupa nilai TOEFL”, ujar Niki.

Ditambahkan Niki, sebetulnya TOEFL tidaklah terlalu sulit, namun karena standardnya beragam. Bahkan seseorang yang sangat fasih bercakap bahasa Inggrispun perlu banyak mengakrabi struktur test TOEFLterlebih dahulu untuk memperoleh hasil optimal, karena tidak banyak orang yang bisa menjalani test ini dengan hasil memuaskan pada kali yang pertama.

“Saya saja yang pernah 6 tahun lebih di luar negeri, di tes TOEFL hari ini, kurang yakin akan langsung lolos”, imbuhnya. Untuk itu kata Niki, orang perlu banyak berlatih, yakni berlatih mengerjakan soal TOEFL serta mengulang-ulang topik yang belum dikuasai.

Untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi test TOEFL, UPT PPBA Universitas Bung Hatta melaksanakan program Preparation Course for the TOEFL Test, untuk mahasiswa UBH yang akan mengikuti ujian skripsi/tesis.

Program ini memiliki dua pendekatan yakni pertama memusatkan perhatian pada peningkatan skill bahasa Inggris, peserta berlatih dengan vocabulary-building, critical-listening serta critical-reading. Fokus yang kedua adalah mempertajam test-taking skills yang akan membantu dalam pencapaian skor.

Sementara itu, Ka BAAK-UBH Hendra Kusuma,S.Pi,MSi di ruangan kerjanya, Kamis,17/10 menyebutkan,sebanyak 136 mahasiswa UBH yang akan mengikuti wisuda ke 60 nanti telah mengikuti Preparation Toefl sebelum tes Toefl.

“Semuanya sudah mengikuti tes toefl dengan skor di atas 400, sesuai dengan peraturan akademik UBH tahun 2004, dan mereka berhak untuk mengikuti wisuda”, jelas Hendra.

Ditambahkan Hendra, kedepan Preparation Toefl bagi mahasiswa UBH akan di laksanakan secara reguler dan biayanya akan di subsidi universitas.

“Sekarang pihak pimpinan Universitas juga merencanakan untuk mahasiswa baru, preparation toefl ini akan di masukkan ke bagian soft skill, dimana setiap mahasiswa sebelum wisuda harus mengumpulkan minimal 60 point kegiatan kemahasiswaan, penyelenggaraannya bisa saja di sesuaikan nanti dengan krida masing-masing Fakultas” imbuh Hendra. (**Indrawadi-Humas UBH)



model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 50.17.66.61