Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Temu Ramah Mahasiswa Manajemen Universitas Bung Hatta

Untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar mahasiswa, dosen dan alumninya, jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Temu Ramah Masyarakat Manajemen dengan tajuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar masyarakat jurusan Manajemen yang berlangsung di A....

LIMA Campus Corner Kunjungi UBH

Tim dari Liga Mahasiswa (LIMA) Campus Corner melakukan kunjungan ke Universitas Bung Hattta dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan LIMA sekaligus mengajak para mahasiswa untuk mendukung tim dari perguruan tingginya yang mengikuti pertandingan Bola Basket katagori Sumatera Conference yang diad....

UPT PPBA UBH Menjadi Tempat Penyelenggara Tes TOEFEL ITP Resmi

Kabar gembira bagi civitas akademika Universitas Bung Hatta, pasalnya UPT Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Asing (PPBA) dan Laboratorium Bahasa Universitas Bung Hatta telah ditujuk menjadi tempat penyelenggaraan tes TOEFEL ITP yang berlisensi resmi. Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT PPBA dan ....

UBH dan 10 Perguruan Tinggi Lainnya Kerjasama dengan Bank Indonesia

Bertempat di Gedung Pusat Bank Indonesia Jakarta, Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE.,Akt.,MBA beserta 10 Rektor Perguruan Tinggi lainnya se-Indonesia menandatangani naskah kerjasama dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, di Kantor Pusat Bank Indonesia Jakarta, Sen....

Seminar Pendidikan Bahasa Inggris: "Creative Teaching and Learning"

Memiliki kemampuan berbahasa asing sangatlah penting. Saat ini, banyak fenomena yang terjadi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang belum mampu berbahasa asing dengan baik dari segi lisan maupun tulisan, terutama dalam bahasa Inggris. Untuk menumbuhkan minta dalam berbahasa Inggris, Himpunan Mah....

Mahasiswa dan Dosen PMat UBH Tampil Dalam Forum Ilmiah Nasional di Pekanbaru

Sebanyak tujuh dosen tetap Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti Seminar Nasional Matematika dan Kongres Himpunan Matematika Indonesia atau Indonesia Mathematical Society (IndoMS) wilayah Sumatera Bagian Tengah yang bertempat di Un....

Senin 21 Oktober 2013 - 09:25:41

Mahasiswa Teknik Mesin UBH Dalami Ilmu Permesinan di Pertamina Teluk Kabung
Mahasiswa Teknik Mesin UBH Dalami Ilmu Permesinan di Pertamina Teluk Kabung
bunghatta.ac.id - Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kunjungan industri ke PT Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBM) Teluk Kabung, Kota Padang pada 10 Oktober 2013 lalu.

Menurut Sekertaris Jurusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta, Burnawi, ST, M.Si melalui kunjungan industri ini para mahasiswa dapat menambah wawasan berpikir dan pengetahuan lapangan tentang dunia kerja.

“Mahasiswa merasakan banyak manfaat dan ilmu yang diperoleh selama kunjungan di sini sebagai bekal pengembangan ilmu dan memasuki dunia kerja nantinya. Jurusan Teknik Mesin mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan bisa dikembangkan untuk kegiatan ilmiah lainnya seperti penelitian,” ujarnya.

Materi yang ingin diketahui dalam kunjungan ini adalah rumah pompa minyak dari kapal dermaga, tangki penimbunan, engine set, laboratorium uji, bengkel perbaikan mesin dan beberapa unit lainnya.

Sementara itu, Deco Agustavio Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin mengatakan kunjungan ini merupakan salah satu program kerja himpunan guna menambah wawasan mahasiswa dan untuk lebih mengenal dunia industri pada hal kenyataannya.

"Kami adakan kunjungan ini bagi mahasiswa agar lebih mengenal industri secara nyata yang mana selama ini hanya teorinya saja," ungkapnya.

Kunjungan ini diikuti oleh 20 mahasiswa yang berasal dari angkatan 2010 hingga 2012. (**Bayu-Humas UBH/Vita WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 Oktober 2013 - 08:52:09

41 Mahasiswa UBH Asal Mentawai Terima Beasiswa Pemda Mentawai
41 Mahasiswa UBH Asal Mentawai Terima Beasiswa Pemda Mentawai
bunghatta.ac.id - Sebanyak 41 Mahasiswa UBH asal Mentawai menerima bantuan pendidikan dari Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Pendidikan Kepulauan Mentawai. Bantuan pendidikan tersebut di serahkan langsung Kepala Dinas Pendidikan Kep.Mentawai disaksikan Wakil Rektor II UBH Dra. Susi Herawati,M.Pd dan Wakil Rektor III UBH Drs. Suparman Khan,M.Hum serta tim dari Dinas Pendidikan Mentawai, di ruang siding Rektor UBH, Jumat,17/10.

Ka.Dinas Pendidikan Mentawai Drs. Syaiful Jannah menyebutkan Pemda Mentawai sangat serius untuk membangun Kepulauan Mentawai dengan menyediakan anggaran yang cukup besar untuk membangun sumberdaya manusia.

“Dengan membangun SDM yang handal, tentu pemuda-pemuda asal Mentawai bisa bersaing dengan yang lain, dan mahasiswa-mahasiswa asal Mentawai ini adalah orang-orang yang terpilih dan kembali untuk membangun Mentawai di segala sektor”, ujar Syaiful.

Ditambahkan Syaiful, di UBH terdapat 41 orang mahasiswa asal Mentawai yang di biayai sepenuhnya oleh Pemda, mulai dari biaya kuliah dan biaya hidup masing-masingnya Rp.1 juta perbulan, sedangkan biaya kuliah, pemda langsung transfer ke rekening Yayasan Pendidikan Bung Hatta, sementara untuk bantuan biaya hidup, pihak Pemda menyalurkannya melalui kerjasama dengan bagian keuangan Universitas Bung Hatta untuk pengaturannya, dengan tujuan agar bantuan tersebut tepat pengelolaannya, karena anggaran dari Pemda paling cepat cairnya sekitar bulan April-Mei.

Disebutkan juga, saat ini ada sekitar 300-an mahasiswa asal Mentawai memperoleh beasiswa yang sama, yang tersebar kuliah di beberapa perguruan tinggi di Sumatera Barat dan Pulau Jawa.

Di tempat yang sama, WR III UBH Drs. Suparman Khan menyebutkan, saat ini ada sekitar 60-an mahasiswa UBH yang berasal dari Mentawai, sementara yang memperoleh beasiswa tersebar 4 orang di Pendidikan Bahasa Indonesia, 9 Pendidikan Matematika, 10 Pendidikan Biologi, 3 Pendidikan Teknologi Informasi Komputer dan 15 orang lagi di Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 Oktober 2013 - 08:42:02

bunghatta.ac.id - Sebanyak 22 mahasiswa Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta berangkat ke Jawa Tengah untuk mengikuti Forum Komunikasi Temu Karya Ilmiah Mahasiswa Arsitektur se-Indonesia (FK-TKI-MAI) XXIX di Solo dan Semarang yang berlangsung selama delapan hari pada 20-27 Oktober 2013.

Kegiatan rutinan ini diikuti untuk mengenalkan pendidikan dan dunia Arsitektur di Indonesia kepada masyarakat luas serta sebagai forum komunikasi ilmu pengetahuan pihak pemerintah, swasta, akademika dan umum dalam merencanakan pemecahan masalah di pendidikan Arsitektur, dan meningkatkan komunikasi dan bertukar pikiran dengan mahasiswa arsitektur se-Indonesia.

Sabto Mario, Ketua Pelaksana Badan Pekerja Rayon VIII mengatakan melalui delegasi forum komunikasi inilah diharapkan terciptanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara mahasiswa arsitektur se-Indonesia, adanya solusi bersama dalam menghadapi permasalahan dan juga peran aktif mahasiswa arsitektur dalam menghadapi perkembangan dunia pendidikan Arsitektur untuk meningkatkan mutu mahasiswa.

“Kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru dan pengalaman baru bagi mahasiswa Arsitektur Universitas Bung Hatta,” ucapnya Sabto saat acara pelepasan oleh Ir. Hendri Warman, MSCE., Dekan FTSP bertempat di Ruang Likda 2 Gedung G Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Jumat (18/10/2013).

Kegiatan selama delapan hari yang akan dijalankan yaitu berupa paket forum komunikasi yang dibagi menjadi tiga komisi (komisi organisasi, komisi pendidikan dan komisi pengabdian masyarakat), kemudian diskusi ilmiah dengan tema "Kampung Kota", serta seminar Arsitektur, pameran ilmiah, pengabdian masyarakat, study excursi, workshop dan tour Arsitektur.

Untuk kegiatan ini, mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta telah mempersiapkan diri dengan membawa maket bangunan kawasan Rumah Gadang dan bangunan mitigasi bencana.

"Semoga Jurusan Arsitektur Universitas Bung Hatta menjadi tuan rumah di tahun depan atau yang akan datang. Saya juga berharap agar acaranya sukses dan teman-teman semua dapat memberikan yang terbaik," ungkapnya. (**Bayu-Humas UBH/Icha WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 17 Oktober 2013 - 15:04:59

bunghatta.ac.id - Nilai TOEFL diatas 400 point adalah dambaan bagi setiap orang yang akan mengikuti ujian skripsi atau tesis, dan untuk melamar menjadi pegawai negeri ataupun lapangan pekerjaan lainnya.

Namun sebelum menempuh test TOEFL dibutuhkan sebuah persiapan untuk mendapatkan nilai diatas rata-rata sesuai dengan kualifikasi sebuah instansi. Dengan persiapan yang tepat dan terarah maka hasil yang akan diperoleh akan lebih maksimal dengan intensitas yang lebih padat dan kualitas pembelajaran yang lebih memfokuskan pada konteks TOEFL yaitu structure, grammatical, reading, listening, and writing.

Prof.Dr. Niki Lukviarman, Rektor UBH dalam sebuah kesempatan menyebutkan, bahasa Inggris adalah bahasa pengantar yang dipakai dalam komunikasi internasional, maka penguasaan bahasa Inggris menjadi suatu keharusan bagi individu yang ingin aktif di kancah global.

“Tak heran, makin banyak proses admisi perguruan tinggi atau rekruitmen karyawan mensyaratkan agar para kandidat menunjukkan bukti penguasaan bahasa Inggris yang antara lain berupa nilai TOEFL”, ujar Niki.

Ditambahkan Niki, sebetulnya TOEFL tidaklah terlalu sulit, namun karena standardnya beragam. Bahkan seseorang yang sangat fasih bercakap bahasa Inggrispun perlu banyak mengakrabi struktur test TOEFLterlebih dahulu untuk memperoleh hasil optimal, karena tidak banyak orang yang bisa menjalani test ini dengan hasil memuaskan pada kali yang pertama.

“Saya saja yang pernah 6 tahun lebih di luar negeri, di tes TOEFL hari ini, kurang yakin akan langsung lolos”, imbuhnya. Untuk itu kata Niki, orang perlu banyak berlatih, yakni berlatih mengerjakan soal TOEFL serta mengulang-ulang topik yang belum dikuasai.

Untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi test TOEFL, UPT PPBA Universitas Bung Hatta melaksanakan program Preparation Course for the TOEFL Test, untuk mahasiswa UBH yang akan mengikuti ujian skripsi/tesis.

Program ini memiliki dua pendekatan yakni pertama memusatkan perhatian pada peningkatan skill bahasa Inggris, peserta berlatih dengan vocabulary-building, critical-listening serta critical-reading. Fokus yang kedua adalah mempertajam test-taking skills yang akan membantu dalam pencapaian skor.

Sementara itu, Ka BAAK-UBH Hendra Kusuma,S.Pi,MSi di ruangan kerjanya, Kamis,17/10 menyebutkan,sebanyak 136 mahasiswa UBH yang akan mengikuti wisuda ke 60 nanti telah mengikuti Preparation Toefl sebelum tes Toefl.

“Semuanya sudah mengikuti tes toefl dengan skor di atas 400, sesuai dengan peraturan akademik UBH tahun 2004, dan mereka berhak untuk mengikuti wisuda”, jelas Hendra.

Ditambahkan Hendra, kedepan Preparation Toefl bagi mahasiswa UBH akan di laksanakan secara reguler dan biayanya akan di subsidi universitas.

“Sekarang pihak pimpinan Universitas juga merencanakan untuk mahasiswa baru, preparation toefl ini akan di masukkan ke bagian soft skill, dimana setiap mahasiswa sebelum wisuda harus mengumpulkan minimal 60 point kegiatan kemahasiswaan, penyelenggaraannya bisa saja di sesuaikan nanti dengan krida masing-masing Fakultas” imbuh Hendra. (**Indrawadi-Humas UBH)



model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 16 Oktober 2013 - 09:41:31

Air Mata Wisudawan ke-59
Air Mata Wisudawan ke-59
bunghatta.ac.id - Paduan Suara Bung Hatta Voice, di iringi dengan puisi yang dipesrsembahkan buat para wisudawan ke-59 UBH kembali membuat ribuan hadirin yang menghadiri prosesi wisuda di Gelanggang Olah Raga dan Kesenian kampus II Air Pacah, menjadi terharu dan bahkan ada yang merinding dan sampai mengeluarkan air mata.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Oktober 2013 - 10:49:48

Jemaah Mesjid Nurjannah UBH Potong 11 Sapi Hewan  Qurban
Jemaah Mesjid Nurjannah UBH Potong 11 Sapi Hewan Qurban
bunghatta.ac.id - Jemaah Mesjid Nurjannah Universitas Bung Hatta menyembelih 11 ekor sapi hewan qurban di Kampus I UBH Ulak Karang, selepas pelaksanaan sholat Idul Adha 1434 H, Selasa, 15/10.

Ketua pelaksana qurban Ir. Nasril Sikumbang ST,MT menyebutkan, hewan qurban tersebut berasal dari 77 orang yang ikut sebagai peserta qurban dari kalangan dosen, karyawan maupun dari jemaah mesjid lainnya.

“Usai pemotongan dagingnya akan dibagikan ke masyarkat sekitar Kampus I, Kampus II Air Pacah, serta seluruh anggota cleaning service maupun karyawan golongan I dilingkungan UBH, sebagai wujud kepedulian civitas akademika”, ujar Nasril.

Sementara itu Rektor UBH Prof.Dr. Niki Lukviarman,SE,Akt,MBA salah satu peserta Qurban menyebutkan bahwa hakikat berqurban itu mengandung dua dimensi ibadah dalam Islam yakni “Hamblum Minallah” dan “Hablum Minannas” dalam arti berqurban merupakan simbol kepatuhan kepada perintah Allah SWT dan juga merupakan kepedulian atau sikap berbagi dengan sesama manusia.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang para civitas akademika UBH khususnya mereka yang berpenghasilan tinggi lebih meningkat lagi motivasinya dalam berqurban sehingga menjadi tauladan bagi umat Muslim lainnya” ujar Niki mengakhiri. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 13 Oktober 2013 - 11:02:52

Wisuda ke-59
Wisuda ke-59
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr.Niki Lukviarman, SE,AKt,MBA melantik 288 lulusan pada wisuda ke-59, Sabtu,12/10.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 13 Oktober 2013 - 10:49:23

Wisuda ke-59 UBH: 90 Persen Lulusan UBH Miliki IPK Diatas 3
Wisuda ke-59 UBH: 90 Persen Lulusan UBH Miliki IPK Diatas 3
bunghatta.ac.id - “90 persen lulusan Universitas yang di wisuda periode ke-59 ini memperoleh Indek Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3 dan untuk lulusan terbaik program sarjana tingkat Universitas yaitu Ayu Andira dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sedangkan untuk program Pascasarjana Desy Damayanti dari program studi Manajemen”

Demikian di katakana Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA dalam sambutannya saat melantik 288 lulusan UBH, di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu,12/10.

Disebutkan Niki, bahwa Unversitas Bung Hatta telah melewati usia ke-32 tahun, bukan usia yang muda untuk sebuah perguruan tinggi. Tentunya dalam usia tersebut telah banyak hasil yang dicapai seperti pemusataan sistem adminstrasi dan akademik yang berbasis universitas, penikatan mutu proses belajar mengajar, kualitas dosen,kerjasama hingga kegiatan kemahasiswaan.

“Kampus telah melakukan berbagai macam kerjasama dengan perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri seperti dengan HAWK Jerman, UTM dll. dalam tahap awal menuju universitas berkelas, universitas bung hatta juga harus menyiapkan lulusan yang diperlukan untuk mencapai visi tersebut seperti dengan komitmen dengan masalah sertifikat TOFEL,” ungkapnya.

Ditambahkan Niki, betapa pentingnya akreditasi institusi di perguruan tinggi karena bila akreditasi kampus kita B maka semua program studi akan terakrediasi B.

“Karena masalah akreditasi ini penting dan tidak bisa kita tunda-tunda lagi.” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof.Dr. Ir. Fachri ahmad, M.Sc mengatakan mari kita mulai bersiap menapak dan menghadirkan diri untuk masa depan. Seperti dikatakan orang bijak, pencapaian keberhasialan di masa depan di dapat dari pemanfaatan setiap detik dalam kehidupan kita.

“Kita diajak untuk membunghattakan diri di universitas ini hakekatnya ialah untuk menjadi a quality personal yaitu sosok yang hebat dan menjadi role model dlaam masyarakat dan dapat memeberi makna bagi kehidupan masyarakat nantinya,” kata Fachri.

Wisuda berarti melahikan kader-kader bangsa untuk kembali ke tengah-tengah masyarakat. Setelah di wisuda, perjuangan dan proses pendidikan bagi alumni belum berakhir. Para alumni diharapkan agar dapat tumbuh berkembang dan mengabdi guna membangun hari depan bangsa yang lebih baik dan sebagai Sarjana janganlah berhenti belajar serta selalu gigih menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Patut diingat, Bung Hatta selalu menekankan "Harta mungkin hilang, tetapi ilmu dan amal akan abadi.(**Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 Oktober 2013 - 10:54:52

Mahasiswa UBH Tanam “Sake” di Jalan Raya
Mahasiswa UBH Tanam “Sake” di Jalan Raya
bunghatta.ac.id - Puluhan mahasiswa Universitas Bung Hatta bersama pemerintah Kota Padang melalui Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunannya melakukan kegiatan goro dan Jumat bersih dengan melakukan penghijauan tanaman di seputaran jalan S. Paraman Ulakkarang Padang, Jumat (11/10/2013).

Drs. Suparman Khan , M.Hum Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan ini merupakan undangan pemko Padang untuk perguruan tinggi, agar dapat berpartisipasi dalam rangka penghijauan di jalanan dengan menanam pohon “Sake” dalam bahasa Minangnya atau Paku Sarang Burung (Asplenium Nidus).

“Pohon dan media tanammnya berupa serabut kelapa disediakan oleh dinas. Sedangkan kita dari perguruan tinggi mengajak mahasiswa kita untuk berpartisipasi menanam pohon sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan dan untuk memperindah taman-taman yang ada di pinggir jalan,” ujarnya.

Paku sarang burung merupakan jenis tumbuhan paku-pakuan yang biasa digunakan sebagai tanaman hias halaman. Paku ini kebanyakan epifit, namun dapat tumbuh di mana saja asalkan terdapat bahan organik yang menyediakan hara.

Penanaman pohon ini hanya lakukan bersama perguran tinggi yang lokasinya dekat jalan raya seperti di kawasan Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Ikut menanam juga Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Kepala BAAK Hendra Kusuma, S.Pi, M.Si dan Kepala Bagian Kemahasiswaan Marleni, SE, M.Si. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 Oktober 2013 - 09:19:54

Diving Proklamator : Anggota Baru Harus Lahirkan Penyelam Berkualitas
Diving Proklamator : Anggota Baru Harus Lahirkan Penyelam Berkualitas
bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Diving Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan pelantikan bagi 4 anggota barunya yaitu Ade Nirwansyah, Nofri Hayadi, Zulhadi Sitorus dan Febrian yang merupakan mahasiswa jurusan Pemanfaat Sumberdaya Perikanan (PSP). Pelatikan tersebut dilaksanakan di Kolam Renang Dalam Teratai Kawasan Gor H Agus Salim Padang, (10/10/2013).

Menurut David Hidayat Ketua UKM Diving Proklamator, kegiatan pelantikan ini sebagai upaya kita untuk melakukan regenerasi keanggotaan dan organisasi. Dari sekian banyak yang daftar dan telah melakukan berbagai macam diklat baik di kampus maupun di lapangan hanya tertinggal 4 anggota yang bertahan.

“Namanya sebuah organisasi pasti seleksi alam itu akan ada. Dari awal, anggotanya banyak lambat laun tersisa lah yang memang benar-benar mau mengabdi dan menunjukan prestasinya untuk organisasinya,” ujarnya.

Umumnya pelantikan sebuah organsiasi dilakukan secara resmi diruangan. Lain halnya dengan UKM Diving Proklamator, prosesi pelantikannya dilakukan di dalam air. Para anggota yang akan dilantik ini harus menyelam di dalam kolam yang kedalamannya 5 meter untuk mengambil baju keanggotaan yang telah terpasang nama dan nomor register. Baju tersebut dibenamkan hingga dasar kolam.

“Prosesi ini sangat sakral bagi kami. Sebab disinilah semangat perjuangan, kerjasama, kekompakan dan kemampuan para anggota di bisa ditunjukan,” ujar David.

Selama berjam-jam para anggota ini berusaha untuk mengambil bajunya hingga akhirnya satu persatu dari mereka berhasil mendapatkan baju dan langsung dikenakan pakaian tersebut di dalam air. Ketika muncul kepermukaan mereka telah mengenakan baju kebesaran UKM Diving Proklamator.

Sementara itu, Mabruri Tanjung, senior UKM Diving Proklamator mengatakan kita sebagai satu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang penyelaman harus terus konsisten melakukan kegiatan konservasi di bawah air dan juga melibatkan pelajar dan masyarakat untuk lebih peduli lagi dengan lingkungan di bawah air.

“Dunia bawah air memiliki keindahan dan pesona tersendiri yang terkadang terlupakan oleh masyarakat. Padahal sebagia besar dari masyarakat kita tinggal di kawasan pesisir yang berhubungan langsung dengan pantai, hutan bakau, karang dan lautan,” jelas Tanjung.

Sebagai club penyelam tertua di Sumatra Barat, tentunya UKM Diving Proklamator tidak hanya melakukan penyelaman untuk olahraga dan rekreasi tapi akan fokus juga untuk penyelaman riset dan konservasi.

“Kita telah mengarah ke penyelaman riset dan konserpasi di bawah laut seperti kegiatan trasnplantasi terumbu karang hingga rehabilitasi hutan bakau di beberapa kawasan di Sumatra Barat,” imbuhnya.

Tentunya dengan dilantiknya anggota penuh ini UKM Diving Proklamator ini bisa meningkatkan lagi jumlah penyelam yang berkualitas baik dari segi kemampuan maupun riset yang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan.

Dari awal hingga saat ini UKM Diving Proklamator telah memiliki anggota beregistrasi lebih dari 50 dan pelantikan untuk angkatan ke-13 ini juga dihadiri oleh senior dan simpatisan UKM Diving Proklamator. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 23.23.57.182