Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

FPIK UBH Menjadi Tempat Uji Kompetensi Kelautan dan Perikanan

Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta melaksanakan Pembukaan Pelatihan Asesor Kompetensi dan Kuliah Umum Sosialisasi Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan yang bertempat di Aula Balirung Caraka ....

UBH Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2014

Universitas Bung Hatta kembali menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2014 untuk tingkat universitas yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung E Rekotrat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (14/04/2014). Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum men....

20 Tahun Teknik Kimia UBH, Semakin Berprestasi

Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah genap berusia 20 tahun sejak berdiri pada 14 April 1994 lalu dan berkeinginan menjadi lembaga pendidikan Teknik Kimia tingkat sarjana yang berkualifikasi unggul di tingkat nasional, berkontribusi pada Industri khususnya ka....

Pindo UBH Gelar Acara Perisahan Bagi 67 Wisudawannya

Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan Unveristas Bung Hatta mengadakan acara perpisahan bagi 67 wisudawannya yang bertajuk “Pesta Malapeh Uda Uni Kami” di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung hatta, Minggu (13/03/201....

Mahasiswa Teknil Sipil UBH: Kuliah Lapangan Dukung Kompetensi Mahasiswa

Pemahaman terhadap praktik lapangan sangat diperlukan bagi mahasiswa teknik sipil, karena memperkaya serta memperdalam teori di bangku kuliah dan praktik di laboratorium. Selain itu juga berguna bagi mahasiswa atau lulusan dalam menghadapi dunia kerja. Pemahaman yang baik terhadap kondisi lapanga....

Mahasiswa Teknik Sipil UBH, Kuliah di Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Jurusan Teknik Sipil mendapat penjelasan tentang proses Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai ( River Improvement Of Lower Reaches Of Anai River), saat mengikuti kuliah lapangan di Batang Anai Kab.Padang Pariaman, Minggu (13/4/14). Kegiatan ini ditujukan untuk memp....

Sabtu 26 Mei 2012 - 10:37:14

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta sebagai perguruan tinggi berkomitmen untuk memenuhi tuntutan dan dinamika kebutuhan masyarakat yakni bahwa ilmu, sikap dan keterampilan sivitas akademikanya harus dapat diamalkan secara nyata di masyarakat. Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) merupakan wujud komitmen tersebut sebagai program akademik terpadu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang kegiatannya dilaksanakan di tengah masyarakat secara nyata.

Menurut Prof.Dr. Ir. Fachri Ahmad,M.Sc dalam pemaparan materinya saat pembekalan bagi 1.676 calon peserta KKN-PPM UBH di Aula Balairung Caraka Kampus I UBH, Sabtu (26/5). Konstribusi yang diharapkan adalah berupa gagasan/pemikiran, kegiatan jasa, advokasi, rancang bangun,pelatihan, pembangunan fisik, seni budaya dan berbagai kegiatan lain yang erat hubungannya dengan kegiatan kehidupan masyarakat.

Ia menambahkan, untuk dapat berkonstribusi dengan baik, peserta KKN-PPM harus mengenali daerah sasaran dengan baik, menghimpun data statistik daerah, kenali goografi daerah,kependudukan,ekonomi,kesehatan,kependidikan,kelembagaan-kelembagaan yang ada, keaadan sarana/prasarana daerah, adat isitiadat, sumberdaya alam atau pun hal-hal yang unik di daerah tersebut.
“Pra-survey awal dalam mengenal daerah tersebut perlu dilakukan, untuk mempersiapkan rancangan kegiatan, baik kelompok atau pun perorangan”, tambah Fachri.

Fachri menyebutkan, sebaiknya rancangan pelaksanaan program KKN-PPM mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, yang spesifik bagi derah, sesuai dengan potensi lainnya yang belum tergarap dengan baik.

“Perlu dimaklumi, bahwa sebagai akademisi ada keinginan untuk membuat perubahan-perubahan, terutama dalam menggerakkan partisipasi masyarakat, pengayaan gagasan, perubahan pada pola pikir, pola sikap dan pola tindak dari masyarakat” imbuhnya

Menurutnya lagi, rekan jejak kegiatan KKN-PPM, harus terdokumentasi dengan baik, dalam bentuk “monografi daerah” yang membuat gambaran potensi, gagasan, ragam kegiatan dan hasil dari gerak gerik dari kegiatan tersebut.

“Dalam monografi daerah, juga dapat diungkapkan masalah-masalah penting yang harus dicarikan pemecahannya, hal itu akan memberikan konstribusi yang sangat berharga bagi pembangunan daerah, dan itu akan lebih berharga lagi bila disajikan secarai sistimatik, lengkap dengan penggambaran statistik daerah sasaran”, tambah Fachri mengakhiri.(**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 26 Mei 2012 - 09:19:37

1.676 Mahasiswa UBH, Akan di Terjunkan ke 55 Kenagarian di Sumbar
1.676 Mahasiswa UBH, Akan di Terjunkan ke 55 Kenagarian di Sumbar
bunghatta.ac.id - Sebanyak 1.676 mahasiswa UBH akan di terjunkan ke 55 kenagarian yang tersebar di tujuh Kabupaten , yakni Kab.Tanah Datar, Kab.Agam, Kab.Pesisir Selatan, Kab.Pasaman, Kab.Pasaman Barat , Padang Pariaman dan Sijunjung, untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sebagai salah syarat untuk menyelesaikan proses akademik.

Hal itu di sampaikan Dr. Elfiondri,M.Hum, Koordinator pelaksana KKN-PPM 2012 , saat pembekalan peserta KKN-PPM di Aula Balirung Caraka Gedung B, Sabtu (26/5). Menurutnya, program KKN-PPM 2012 tersebut merupakan untuk yang kedua kalinya dilaksanakan, setelah 31 tahun keberadaan Universitas Bung Hatta di dalam dunia pendidikan tinggi.

“Selama kegiatan KKN-PPM berlangsung, mahasiswa akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen Koordinator Kabupaten, serta semua peserta akan dilindungi asuransi dan jaminan kesehatan” tambah Elfiondri.

Ditempat yang sama, Rektor UBH Prof.Dr.Hafrijal Syandri,MS mengatakan, bahwa adanya Program KuKN-PPM merupakan jawaban atas kebutuhan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini telah memberi warna baru bagi kehidupan kampus dan penciptaan atmosfer akademik di UBH. Kegiatan KKN-PPM menjadi bentuk nyata kontribusi UBH bagi masyarakat, dan kelompok masyarakat yang ingin mandiri secara politik, ekonomi maupun sosial.

Dengan selalu belajar bersama dan bersinergi secara harmonis seluruh elemen masyarakat tentu akan banyak hal baru yang ditemukan. Masyarakat akan belajar dari civitas perguruan tinggi dan sebaliknya civitas perguruan tinggi akan banyak memperoleh dan terdorong untuk mengembangkan pengetahuan kearifan dan teknologi yang ada di tengah masyarakat

Pembekalan peserta KKN-PPM akan berlangsung selama 4 hari yang di laksanakan tanggal 25-26 Juni dan tanggal 2-3 Juli yang dibagi 4 kelompok di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus I Universitas Bung Hatta.
Materi pembekalan akan diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad dengan materi Kontribusi KKN-PPM Terhadap Pembangunan Nagari , Dra. Susi Herawati, M.Pd. dengan materi Filosofi KKN-PPM.

Sedangkan materi Budaya Masyarakat dan Kebung Hatta-an akan di sampaikan oleh Prof.Dr.Mestika Zed.MA, Program Pembangunan Daerah akan di sampaikan oleh Drs. Rusdi Lubis, Mitigasi Bencana dan Pemberdayaan Masyarakat akan disampaikan oleh Ir. Haryani,MT. Sedangkan Pembuatan Rencana Program Kerja KKN-PPM, Pelaporan akan disampaikan oleh Ir.Edi Septe.(**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 23 Mei 2012 - 12:28:06

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta (UBH) pada tahun akademik 2012/2013 menawarkan biaya perkuliahan bagi calon mahasiswa baru sebesar Rp 4.524.000.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor II UBH Dra.Susi Herawati,MPd sekaligus membantah bahwa kuliah di UBH itu mahal, diruangan kerjanya (Rabu,23/5)

Susi menambahkan, biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangunan bagi calon mahasiswa baru sebesar Rp 2 juta per mahasiswa yang dapat dicicil selama tiga semester. Yakni Rp 750.000 pada semester I dan II, serta dilunasi Rp 500.000 lagi pada semester III.

Komponen biaya lain dalam biaya Rp 4.524.000 itu adalah Rp 991.000 sebagai dana Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Asuransi Kesehatan (Askes), informasi teknologi (IT), simpanan pokok koperasi Bung Hatta, dan materai.

Kemudian, biaya operasional pendidikan (BOP) sebesar Rp 121.000 per satuan kredit studi (SKS) per semester untuk program studi kelompok non-eksakta dan eksakta. “Untuk studi non-eksakta yang memiliki mata kuliah praktikum dikenakan biaya tambahan Rp 80.000 per mahasiswa, dan untuk eksakta dikenakan biaya pratikum Rp 125.000 hingga Rp 200.000 per mahasiswa,” tambahnya.

Dengan demikian, total keseluruhan biaya pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa baru UBH tahun akademik 2012/2013 berkisar Rp 4.040.000 dan Rp 4.524.000. “Artinya calon mahasiswa tinggal kuliah, tidak ada biaya lain-lain lagi,” tegas Susi. (**Indrawadi-Humas UBH)

----------
Untuk melihat rincian pembayaran mahasiswa baru Universitas Bung Hatta Semester Ganjil Tahun Akademik 2012/2013, silahkan download dokumennya di Rincian Pembayaran Mahasiswa Baru Univ. Bung Hatta TA 2012/2013
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Mei 2012 - 13:29:30

Pantai Kampus I Ulak Karang
Pantai Kampus I Ulak Karang
bunghatta.ac.id - Pantai Kampus I Ulak Karang, di jepret dari Gedung L lt.4 (*indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Mei 2012 - 11:55:33

Pakar Kewirausahaan Berikan Kuliah Umum
Pakar Kewirausahaan Berikan Kuliah Umum
bunghatta.ac.id - Komunitas Wirausaha Muda Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan “Orasi dan Talkshow Kewirausahaan Nasional” yang mendapat sambutan luar biasa dari mahasiswa Universitas Bung Hatta.

Dengan menghadirkan 4 pembicara yakni Dr. Romoe Panji Alam (Pakar kewirausahaan), Buchari Bachtar (Ketua DPD Himpmi Sumbar), Andre Rosiade (Ketua Gerakan Ayo jadi Pengusaha) dan Peni Hirjanto (Ka.Kantor DJP Wilayah Sumbar-Jambi, di Auala Balairung Caraka Gedung B Kampus I UBH, Selasa (15/5.

Ketua WMP, Patriot R. Perdana mengatakan pembentukan komunitas ini bertujuan untuk membantu mengembangkan keahlian mahasiswa dalam berwirausaha yang dilatar belakangi untuk mewadahi potensi wirausaha yang dimiliki oleh mahasiswaUniversitas Bung Hatta

Ia menambahkan, komunitas WMP tersebut mengusung motto "Berpikir Cerdas, Bekerja Bebas, Berpenghasilan Tanpa Batas" ini memiliki lima orang pembina, yaitu Poppi Fauziati, S.E, M.Si, Akt , Dr. Henry Nasution , Dr. Romeo Rissal Pandjialam, Ike Agung, S.E dan Muhamad Yunus, S.E.

"Disamping itu komunitas ini juga bertujuan untuk menjadikan sarjana sebagai pencipta lapangan kerja, bukan pencari kerja," imbuh Patriot.

Sementara itu Dr. Romeo Rissal Pandjialam, mengatakan melalui kuliah umum wirausaha kami ingin memberikan motivasi sekaligus inspirasi kepada mahasiswa untuk berwirausaha. Sehingga ketika lulus bangku perkuliahan tidak hanya menjadi pegawai, melainkan mampu mencetak wirausaha yang berbekal ketrampilan dan menciptakan pengusaha-pengusaha Indonesia yang kreatif.

Fenomena ‘ingin menjadi pegawai’ masih mendominasi keinginan generasi muda. “Fenomena tersebut harus digeser dan ketika jumlah lulusan lebih besar daripada jumlah lapangan kerja lalu sisanya akan dikemanakan? Oleh karena itu kewirausahaan harus kita dorong terus,” tambah Romeo. (**Indrawadi-Humas UBH.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 Mei 2012 - 12:41:35

Pengembangan ICT dalam Dunia Pendidikan Perlu Strategi
Pengembangan ICT dalam Dunia Pendidikan Perlu Strategi
bunghatta.ac.id - Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan perlu strategi komprehensif terlebih dahulu, agar tidak terjadi pemborosan dana hanya untuk pemenuhan kebutuhan perangkat keras saja.

Demikian di sampaikan praktisi teknologi informasi Onno W Purbo, dihadapan ratusan peserta seminar nasional “Era Digital Untuk Pengembangan Pendidikan Dan Aplikasinya” yang digelar Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UBH, di Aula Balairung Caraka Kampus I UBH, Senin,14/5.

Menurutnya, agar berhasil mengembangkan ICT di dunia pendidikan, harus ada kebijakan sebagai payung yang antara lain mencakup sistem pembiayaan dan arah pengembangan. Misalnyakurikulum harus berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan demikian, nantinya yang dikembangkan tak sebatas operasional atau latihan penggunaan komputer. Disamping itu, persiapan tenaga pengajar, dan terakhir, penyediaan perangkat kerasnya.

Dekan FKIP-UBH, Dr. Marsis,MPd menambahkan, pihaknya berharap dari seminar tersebut akan didapatkan banyak masukan dan praktik- praktik terbaik untuk penyempurnaan kurikulum di PTIK-FKIP Universitas Bung Hatta. (*Indrawadi-humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 Mei 2012 - 01:43:54

In Memorial Desriani, S.S., M.Hum : Bungkasai XII UBH Tanpa Pembina, Pengunjung Bercucuran Air Mata.
In Memorial Desriani, S.S., M.Hum : Bungkasai XII UBH Tanpa Pembina, Pengunjung Bercucuran Air Mata.
bunghatta.ac.id - Sebelum berpulang, Desriani,S.S.,M.Hum Dosen Sastra Jepang yang juga pembina dan pengarah Bungkasai XII Fakultas Ilmu Budaya UBH, masih sempat bertanya pada panitia pelaksana: “anak-anak, bagaimana persiapan acara kalian ??, kalian harus kompak dan bekerjasama, tunjukkan pada semuanya, bahwa kalian mampu melaksanakan kegiatan Bungkasai yang sudah menjadi agenda rutin di Fakultas kita”

Demikian sebaik kata-kata yang disampaikan salah seorang panitia Bungkasai XII, di sela-sela pemutaran slide foto-foto ibu Desriani selama mengabdikan dirinya di FIB-UBH di iringi lagu Jepang “3 GATSU 9 KA”.
Secara bergantian mahasiswa Sastra Jepang UBH serta alumni bercucuran air mata membacakan puisi,kenangan,profil maupun kesan mereka terhadap ibu Desriani dosen yang mereka cintai.

Sontak, ratusan pengunjung yang menghadiri acara itupun ikut terharu dan bercucuran air mata, apalagi kisah-kisah yang dibacakan tersebut membawa larut dalam kedukaan.

Ibu Desriani, berpulang satu hari sebelum festival Bungkasai XII dilaksanakan, yakni Rabu, 9 Mei 2012 di Rumah Sakit Aisyiah Padang, dan hari itu juga jenazah almarhummah disemayamkan di Kampus UBH sebelum dimakamkan kampung halamannya di daerah Kapau Bukittinggi. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 Mei 2012 - 00:00:12

Kostum Dari Bungkus Mie Instan Hipnotis Pengunjung Bungkasai XII UBH
Kostum Dari Bungkus Mie Instan Hipnotis Pengunjung Bungkasai XII UBH
bunghatta.ac.id - Salah satu perlombaan pada festival Bungkasai XII yang di gelar Sastra Jepang Fakultas Ilmi Budaya Universitas Bung Hatta yang menarik pengunjung adalah perlombaan costum (cosplay), di aula Balairung Caraka Gdg B Kampus I Ulak Karang, Sabtu (12/5).

Kali ini cosplay dibagi menjadi 2 bagian yakni Anime yaitu costum yang menyerupai tokoh anime Jepang dan go green cosplay yaitu costum karya disain sendiri yang dibuat dari bahan daur ulang.

Salah satu yang menarik perhatian adalah penampilan cosplay dari Popy,seorang wirausaha muda dengan usahanya menjual cinderamata asal Belimbing yang menampilkan costum dari bungkus indomie instan dengan berbagai asesoris dari cakram-cakaram VCD bekas.

Popy mengaku, untuk mempersiapkan costumnya tersebut menghabiskan waktu 1 minggu mulai dari merancang dan menjahitnya untuk di tampilkan. Tasnya terbuat dari koran bekas, sepatu pun dibuatnya dari kardus yang dilapisi dengan kantong kresek hitam bekas yang dikreasikan dengan kantong kresek bekas bewarna putih.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 Mei 2012 - 13:21:26

Site Plan Kampus II Jl.By Pass Aia Pacah
Site Plan Kampus II Jl.By Pass Aia Pacah
bunghatta.ac.id - Rencana Pengembangan Kampus II di Jl.By Pass Aia Pacah. Saat ini sudah berdiri 2 gedung kuliah dan telah digunakan oleh mahasiswa angkatan 2011. Bulan Agustus 2012 akan selesai gedung ke-5. Sementara Gelanggang Seni & Olah Raga telah digunakan sebagai tempat pelaksanaan wisuda ke 55 dan 56, dihari biasa GOR tersebut dimanfaatkan sebagai lapangan futsal.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 Mei 2012 - 11:59:25

UBH Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online
UBH Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta (UBH) untuk tahun akademik 2012/ 2013 melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui sistem online di alamat http://spmb.bunghatta.ac.id. Program pendaftaran online tersebut, metodenya mengacu pada sistem pendafaran SNMPTN guna memudahkan calon mahasiswa yang tinggal di luar kota Padang.

Wakil Rektor II UBH, Dra. Susi Herawati,MPd, mengatakan, UBH melalui program pendaftaran online ingin menghadirkan kemudahan bagi calon mahasiswa. Terutama ditujukan bagi mereka yang berada di luar Kota Padang.

“Jadi, calon mahasiswa dapat langsung mendaftarkan diri dan melakukan pendaftaran dari kota asalnya tanpa harus datang ke Padang. Calon cukup tiga kali saja ke UBH, yakni saat ujian masuk, mendaftar ulang dan mengikuti perkuliahan,” ujarnya. [selengkapnya...]
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 50.17.162.174