Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Wisudawan Fakultas Perikanan UBH Dibekali Sertifikat Pendamping Ijazah

Perhelatan Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 Universitas Bung Hatta di Gelanggang Olah Raga Kampus II, Aia Pacah, Sabtu (18/4), Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta Ir. Yempita Effendi,MS, usai pelaksanaan prosesi wisuda menyerahkan Sertifikat Pendamping Ijazah kepada 7....

Lulusan UBH Tidak Boleh Lengah

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr.Niki Lukviarman SE, Akt, MBA melantik 742 lulusan Universitas Bung Hatta pada acara Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/4/15). Ke 742 lulusan tersebut terdiri dari Fakutas Ekonomi 73 or....

Ikuti Pameran, Universitas Bung Hatta Perkenalkan Pentingnya Akreditasi Program Studi

Saat ini sudah tidak ada lagi dikotomi antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, namun yang perlu diperhatikan lagi bagi calon mahasiswa yang ingin memilih perguruan tinggi dalam melanjutkan pendidikannya yaitu akreditasi. Hal demikian dikatakan Wakil Rektor II Universitas Bung ....

Universitas Bung Hatta Ikuti Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo 2015

Universitas Bung Hatta menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam pada 16-18 April 2015 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Batam H. Rudi SE, MM. Dalam sambuta....

Sebelum Wisuda, Lulusan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Dibekali Kesiapan Menghadapi MEA

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta terus menunjukkan komitmennya dalam mengantarkan lulusan ke dunia kesuksesan. Bahkan sampai detik akhir menjelang wisuda ke -63 yang akan dilaksanakan Sabtu,18/4 nanti, Fakultas Teknik Sipil masih menambahkan bekal untuk memenangkan pers....

Irwan Prayitno Bekali Calon Wisudawan UBH

Gubernur Sumbar Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc hadir di Kampus I Universitas Bung Hatta, Rabu,15/4 sebagai narasumber pembekalan bagi 764 calon wisudawan Universitas Bung Hatta ke-63 yang akan dilaksanakan Sabtu,18/4 depan di GOR Kampus II UBH Aia Pacah. Irwan memberikan motivasi kehidupa....

Rabu 22 Oktober 2014 - 10:16:48

FPIK UBH Selenggarakan Ujian Kompetensi Perikanan dan Kelautan
FPIK UBH Selenggarakan Ujian Kompetensi Perikanan dan Kelautan
bunghatta.ac.id - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengelenggarakan Ujian Kompetensi Kelautan dan Perikanan untuk Bidang Pembenihan Ikan dan Bidang Penangkapan Ikan yang diadakan di Ruang Sidang FPIK Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Rabu (22/10/2014).

Ir. Yempita Efendi, MS, Tim Penilai UKT yang juga Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta menyampaikan Universitas Bung Hatta melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah ditunjuk sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Kelautan dan Perikanan untuk wilayah Sumatra. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

"Bidang uji kompetensi sertifikasi profesi perikanan dan kelautan yang dilakasanakan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta yakni bidang budidaya perikanan, bidang penangkapan ikan, bidang pengolahan hasil perikanan dan bidang penyuluhan perikanan," ujarnya.

"Sertifikat hasil uji kompetensi tersebut langsung dikeluarkan oleh BNSP dan berlaku secara Internasional. Hal ini menjadi nilai lebih bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta karena setelah wisuda tidak hanya memperoleh ijazah dan transkip nilai namun akan langsung memiliki sertifikat profesi yang berguna saat melamar pekerjaan dan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015," tambah Yempita

Pada ujian kompetensi ini diikuti oleh 23 peserta untuk Bidang Penangkapan Ikan dan 25 peserta untuk Bidang Pembenihan Ikan yang diikuti mahasiswa tingkat akhir dan alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, Guru-guru dan pelaku usaha di bidang Kelautan dan Perikanan untuk wilayah Sumatra Barat.

Pada tanggal 3 hingga 7 November akan dilaksanakan juga ujian kompetensi untuk Bidang Penyuluhan Perikanan yang diikuti oleh peserta dari seluruh Sumatra. (**Ubay-Humas UBH)


model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 20 Oktober 2014 - 14:01:00

Mari Ikuti Seminar Mengenai TOEFL
Mari Ikuti Seminar Mengenai TOEFL
bunghatta.ac.id - Unit Pelaksana Teknis (UPT)- Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Asing dan Laboratorium Bahasa Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Penerbit Erlangga mengadakan Seminar TOFEL yang bertajuk mengenai How To Be Successful in TOEFL Test.

Seminar diperuntukan untuk mahasiswa Universitas Bung Hatta ini akan dilaksanakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Univerasitas Bung Hatta pada 31 Oktober 2014 pukul 08.00 WIB.

Seminar yang membahas tuntas mengenai TOEFL mendatangkan pemateri Wiati Rahayu, Manager TOEFL ITP IIEF (Indonesian International Education Foundation) Jakarta yang merupakan institusi resmi penyelenggara TOEFL di Indonesia.

Peserta dapat berpartisipasi untuk mengikuti seminar ini dengan membayar insert sebesar Rp. 60.000,- per orangnya dan akan mendapatkan seminar kit, snack, buku TOEFL, dan sertifikat.

Informasi lengkapnya dapat mengunjungi stand pendaftaran di Lantai 1 Gedung III Blok A Kampus Proklamator II Univerasitas Bung Hatta atau dapat menghubungi Ega Annisa 083181760412, 085374237341 dan Fitrina Harmaini S.S, M.A 085274668988. Batas pendaftaran sampai tanggal 29 Oktober 2014. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 18 Oktober 2014 - 15:55:15

Wisuda ke-62, Alumni UBH Harus Siap Hadapi MEA 2015
Wisuda ke-62, Alumni UBH Harus Siap Hadapi MEA 2015
bunghatta.ac.id - Sebanyak 657 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Bung Hatta telah melaksanakan pelantikan untuk periode wisuda ke-62 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/10/2014).

Lulusan Universitas Bung Hatta pada wisuda ke-62 ini terdiri dari lulusan program Pascasarjana 43 Orang, Sarjana 608 orang dan diploma III Teknik Ekonomi Konstruksi 6 orang yang berasal dari 7 fakultas yang ada di Universitas Bung Hatta. Untuk Fakultas Ekonomi sebanyak 69 orang, Fakultas Hukum 64 orang, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan 352, Fakultas Ilmu Budaya 5 orang, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan 44 orang, Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan 33 orang dan Fakultas Teknologi Industri 59 orang.

Wisudawan terbaik program sarjana (S1) tingkat Universitas adalah Aulia Rahmi dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,dan pada Program Magister (S2) Saudari Nova Mustika dari Program Bahasa dan Sastra Indonesia, dengan IPK 3,85

Rektor Universits Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan sejak diberlakukan UU No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, membawa perubahan yang sangat besar bagi pengelolaan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, dengan terbitnya Permendikbud tentang Penjaminan Mutu maka peningkatan status organisasi penjaminan mutu menjadi sebuah lembaga menjadi sebuah keharusan, serta harus segera ditingkatkan peran penjamiman mutu di tingkat fakultas dan prodi.

“Penyusunan Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi Universitas Bung Hatta juga sudah mendekati tahap akhir, diharapkan pada tahun ini sudah dapat kita kirim ke BAN-PT, dengan demikian semakin kukuhlah keberadaan Universitas Bung Hatta sebagai universitas yang unggul dan bermartabat.

Pada kesempatan ini juga Niki mengatakan untuk pertama kalinya pada Wisuda ke-62 ini dengan format wisuda yang baru dan juga menampilkan visi Universitas Bung Hatta yaitu Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Bermartabat Menuju Universitas Berkelas Dunia. Hal ini sesuai dengan keputusan Yayasan Pendidikan Bung Hatta.

“Walaupun upacara wisuda ini merupakan seremonial, namun bagi Universitas Bung Hatta, saat wisuda berarti saat menunjukan pada dunia bahwa alumni Universitas Bung Hatta disamping cerdas dan berilmu, juga memiliki tujuh budi utama yang berkualitas baik yaitu jujur, bertanggung jawab, adil, peduli, disiplin, visioner, senang menolong dan mampu bekerjasama,” sebutnya.

Sebagai lulusan Universitas Bung Hatta, Niki mengingatkan akan tantangan dengan adanya pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Tahun 2015 yang merupakan peluang untuk berprestasi serta turut menjadi faktor penentu kesuksesan kita semua.

“Namun demikian, dengan segala kerendahan hati disadari sepenuhnya bahwa masih banyak lagi upaya dan usaha yang perlu dilakukan untuk menuju visi menjadi universitas berkelas dunia (word class university). Untuk itu pada kesempatan ini izinkan saya kembali menegaskan perlunya kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang baik antara berbagai elemen universitas dalam mencapai hal tersebut,” imbuh Niki.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri ahmad, M.Sc menyampaikan yayasan terus berupaya dan mendorong untuk menunjukan kampus Universtias Bung Hatta sebagai mercusuar dalam penyelenggaraan perguruan tinggi.

“Kita patut bersyukur dengan berbagai macam pencapaian yang telah diperoleh Universtias Bung Hatta serta dengan bertambahnya jumlah alumni sehingga dapat memberikan peran dan kontibusi juga dalam perkembangan kampus kedepannya,” ujarnya.

Pada Wisuda ke-62 Universitas Bung Hatta diikuti juga oleh perwakilan dari Koordinator Kopertis Wilayah X, perwakilan Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Pengurus Ikantan Alumni Universitas Bung Hatta, Pengurus Ikanita, Mitra Kerja Universitas Bung Hatta hingga kelembagaan mahasiswa Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 17 Oktober 2014 - 08:55:19

Sabtu Esok, 657 Mahasiswa UBH akan Diwisuda, IPK Diatas 3.0 Mencapai 82,2%
Sabtu Esok, 657 Mahasiswa UBH akan Diwisuda, IPK Diatas 3.0 Mencapai 82,2%
bunghatta.ac.id - Sebanyak 657 mahasiswa Universitas Bung Hatta akan diwisuda pada Sabtu, (18/10/2014) nanti di Gelanggang Olahraga dan Seni Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta.

Di ruang kerjanya, Dr. Ir Eko Alvares. Z, MSA, Ketua Pelaksana yang juga Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta menyebutkan, pada hari itu akan dilantik 657 wisudawan oleh Rektor Universitas Bung Hatta dari Fakultas Ekonomi 69 orang, Fakultas Hukum 64 orang, dari Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 352 orang, Fakultas Ilmu Budaya 5 orang, dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan 44 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 21 orang, Fakultas Teknologi Industri 59 orang serta dari Program Pascasarjana sebanyak 43 orang.

Hingga kini kata Eko, persiapan pelaksanaan wisuda tengah dilakukan dan sudah hampir rampung. Pada acara tersebut tersebut melibatkan partisipasi semua mahasiswa yang sudah eksis di lingkungan kampus. "Untuk acara formal, paduan suara kita tunjuk Bung Hatta Voice (BHV), sedangkan untuk konsep acara tetap mengacu pada konsep sebelumnya dan di sesuaikan aturan-aturan yang telah ditetapkan Dikti maupun Kopertis”, imbuh Eko.

Disebutkan Eko, perkembangan UBH dalam melahirkan lulusan unggul dan berkopentensi semakin menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan. Dilihat dari Indek Prestasi Kumulatif lulusan, IPK rata-rata di atas 3.0 mencapai 82,8 % dan sisanya dengan IPK rata-rata antara 2,5 sampai dengan 3.0.

“Banyak lulusan yang telah berkiprah di tengah masyarakat mewarnai dunia profesi masing-masing baik di pemerintahan, penguasaha di sektor swasta, birokrat, anggota legislatif, TNI/Polri dan lainnya”, ujar Eko lagi.

Ditegaskan Eko, walaupun upacara wisuda tersebut merupakan seremonial rutin dalam kehidupan suatu perguruan tinggi, namun bagi Universitas Bung Hatta, saat wisuda berarti saat melepaskan kader-kader bangsa, untuk kembali ke tengah-tengah masyarakat, untuk tumbuh, berkembang dan mengabdi guna membangun hari depan bangsa yang lebih baik.

Diingatkan Eko, bahwa usai di wisuda, bukan berarti perjuangan dan proses pendidikan bagi wisudawan telah berakhir, akan tetapi akan dinilai oleh masyarakat dari cara berfikir dan dan dalam bertindak yang cermat dan teliti.

“IPK tinggi bukan bukan jaminan memenangkan persaingan. Justru soft skill seperti kemampuan beriteraksi sosial, komunikasi, interaksi, kejujuran, dan kemampuan lisan maupun tulisan bahasa asing sangat menentukan dalam persaingan meraih pekerjaan”, tegasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE Akt, MBA menyampaikan pelasakanaan wisuda kelulusan merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Universitas Bung Hatta kepada bangsa dan negara Indonesia sebagai bagian dari amanat yang diterima untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi, serta sekaligus merupakan wujud karya utama Universitas Bung Hatta menjelang usia yang ke-34 pada tahun 2015 yang akan datang.

“Dalam usia tersebut telah banyak hasil yang dicapai, baik berupa pengembangan fisik, peningkatan kualitas dan kualifikasi dosen, pengembangan dan penguatan kerjasama institusi di dalam dan luar negeri, serta mendorong kegiatan kemahasiswaan yang lebih berorientasi pada peningkatan soft skill terutama dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015,” tutupnya. (**Ubay/Indrawadi-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 17 Oktober 2014 - 08:31:14

Sastra Jepang UBH, Kirim 3 Mahasiswa ke Negeri Sakura
Sastra Jepang UBH, Kirim 3 Mahasiswa ke Negeri Sakura
bunghatta.ac.id - Tiga mahasiswa Universitas Bung Hatta segera terbang ke Negri Sakura, yakni Musyrifa Isra, Nikmatul Hikmah dan Ade Eka Surya. Mereka menjadi perwakilan Sumatera Barat diantara 100 mahasiswa se Asia yang mengikuti program yang sama.

Ketua Jurusan Sastra Jepang Dr. Diana Kartika, M.Hum menyebutkan, ketiga mahasiswa tersebut akan mengikuti dua program yang berbeda di Jepang, dan hal itu sekaligus mengambarkan kepercayaan dunia pendidikan internasional kepada UBH, khususnya Sastra Jepang.

Dijelaskan Diana, Musyrifa Isra, mahasiswa semester 7 berhasil terpilihnya mengikuti program "Jepanese Language Education Capicity Building Southeast Asian Techers' Traning College Coursenya ini Japan 2014".

“Ia mengikuti pendalaman bahasa dan budaya Jepang, serta memperluas pengetahuan tentang pengajaran bahasa Jepang selama 45 hari, dan akan berangkat tanggal 28 Oktober ini sampai dengan 11 Desember”, sebut Diana.

Sementara itu Nikmatul Hikmah dan Ade Eka Surya, mengikuti program "Japan Language Program" atau yang lebih dikenal dengan JENESYS. Program ini dilaksanakan pada bukan Januari 2015 di Jepang. Program ini berlangsung dari 12 Januari 2015 sampai 20 Januari 2015.

Program ini hanya akan berlangsung selama 9 hari, akan tetapi padat dengan kegiatan-kegiatan seperti kunjungan ke perusahaan dan industri, instansi pemerintah, sekolah, wisata ke objek wisata terkenal, merasakan sensasi naik shinkansen home stay, workshop dan persentasi kegiatan sebelum pulang kembali ke tanah air. Kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta dari 30 PTN/PTS se-Indonesia.

Sama seperti Rifa, Hikmah dan Ade juga mulai menyiapkan diri jelang keberangkatannya ke negri Sajura tersebut. "Persiapan, paling memperlancar bahasa Jepang untuk komunikasi disana. Kemudian cari informasi tentang Jepang di Google dan orang-orang yang sudah pernah kesana. Tapi yang pasti bangga bisa menjadi perwakilan yang terpilih," ujar Hikmah.

Sebelum mengikuti program tersebut, calon peseta harus lulus seleksi terlebih dahulu. Mulai dari seleksi kesehatan seperti Medical Check Up, hingga tes wawancara juga menuliskan esai dalam bahasa Jepang sebanyak satu halaman. (**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 Oktober 2014 - 14:48:25

DPP Alumni UBH Berikan Pembekalan Calon Wisudawan ke-62
DPP Alumni UBH Berikan Pembekalan Calon Wisudawan ke-62
bunghatta.ac.id - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Alumni Universitas Bung Hatta kembali memberikan pembekalan atau stadium general kepada para calon wisudawan ke-62 Universitas Bung Hatta dengan mengangkat tema menghadapi Tantangan Menghadapi Dunia Kerja Global AFTA 2015. Kegiatan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (16/10/2014).

Stadium general yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Drs. Yusri, M.Pd Konsultan Konseling Dunia Kerja Universitas Negeri Padang dan Dedi Vitra Johor The Great Motivator and Trainer In Indonesia.

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum mengatakan peran serta alumni sangat penting dalam perkembangan dan pembangunan universitas terutama dalam kepentingan akreditasi dan perbaikan kurikulum yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

“Mengingat persaingan pasar bebas dalam waktu dekat ini menuntut para alumni yang baru ini untuk dapat berkompetisi dengan alumni dari perguruan tinggi lainnya baik dalam maupun luar negeri. Untuk itu pembekalan kepada alumni baru ini sangat penting,” sebutnya.

Semntara itu, Ketua Umum DPP Alumni Universitas Bung Hatta, Amriyono, SH menyampaikan kegiatan ini merupakan program dari pengurus ikatan alumni yang bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pemahaaman ketika akan memasuki dunia kerja terutama dalam menyambut AFTA pada 2015 mendatang.

“Para alumni yang akan diwisuda 18 Oktober 2014 mendatang ini sangat perlu dilakukan pembinaan dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu, mereka harus mengingkatkan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing dan komunikasi,” ucapnya.

Stadium general ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jendral DPP Alumni Universitas Bung Hatta dan pengurus yang diikuti lebih dari 400 alumni dari 657 alumni yang akan diwisuda pada Wisuda ke-62 Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 Oktober 2014 - 09:18:11

Universitas Bung Hatta Bawa Pulang 2 Mendali Kejuaraan Karate Se-Sumatra
Universitas Bung Hatta Bawa Pulang 2 Mendali Kejuaraan Karate Se-Sumatra
bunghatta.ac.id - Tim Karate Universtias Bung Hatta berhasil mengukir prestasi dengan membawa dua mendali dalam Kejuaran Karate SMA dan Perguaruan Tinggi Politeknik Negeri Padang Cup I se-Sumatra yang bertempat di PKM Politeknik Negeri Padang pada 13-15 Oktober 2014.

Pada pada pertandingan ini, Universitas Bung Hatta menerjunkan dua atlit karatenya yaitu Daud mahasiswa PPKN angkatan 2009 untuk katagori putra dan Yani Dewi Nopita Sari mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2013 untuk katagori putri.

Kedua mendali tersebut berhasil diperoleh Daud dari tim putra Universitas Bung Hatta pada dua cabang yaitu kelas -60 memperloleh mendali emas atau juara pertama dan kelas bebas mendapatkan mendali perunggu atau juara kedua.

Bahkan Tim Karate Universitas Bung Hatta menjadi juara umum ke-3 dalam Kejuaran Karate SMA dan Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Padang Cup I se- Sumatra ini.

Daud mengucapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berhasil memdapatkan juara pada pertandingan karate ini. “Senang dan luar biasa sekali mendapatkan dua mendali dalam kejuaraan tingkat Sumatra ini dan dapat mengharumkan nama kampus,” ungkapnya gembira usai pengalungan mendali, Rabu (15/10/2014).

Sementara itu, Melky Hadi Irawan, Official Tim Universtias Bung Hatta menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya kepada civitas akademika Universitas Bung Hatta yang telah memberikan dukungan dan doanya kepada atlit kita sehingga memperoleh juara.

“Meskipun pada tim putri tidak memperoleh juara masih ada kesempatan pada kejuaraan-kejuaraan berikutnya. Kita berharap kampus juga terus melakukan pembinaan dan memfasilitasi bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta lainnya yang memiliki potensi di bidang olahraga maupun bidang lainnya,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 Oktober 2014 - 09:15:03

Universitas Bung Hatta Juara Umum ke-3 dalam Kejuaraan Karate se-Sumatra
Universitas Bung Hatta Juara Umum ke-3 dalam Kejuaraan Karate se-Sumatra
bunghatta.ac.id - Tim Karate Universitas Bung Hatta (terdiri dari dua orang atlit yaituDaud mahasiswa PPKN angkatan 2009 dan Yani Dewi Nopita Sari mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2013 serta satu official Melky Hadi Irawan mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2009), berhasil mengukir prestasi dalam Kejuaran Karate SMA dan Perguaruan Tinggi Politeknik Negeri Padang Cup I se-Sumatra yang bertempat di PKM Politeknik Negeri Padang pada 13-15 Oktober 2014. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 Oktober 2014 - 08:40:35

DR Suparno : Kabut Asap Berdampak Serius Bagi Terumbu Karang
DR Suparno : Kabut Asap Berdampak Serius Bagi Terumbu Karang
bunghatta.ac.id - Bencana kabut asap yang kembali menyelimuti Kota Padang sejak beberapa bulan terakhir akan berdampak serius bagi ekosistim terumbu karang, walaupun keberadaannya di dasar laut. Akibat kabut asap tersebut ekosistem laut menjadi terganggu, dikarenakan dapat mengurangi masuknya cahaya matahari untuk aktivitas fotosintesis terumbu karang, juga mangrove dan padang lamun maupun ekosistim pesisir lainnya.

“Kami masih ingat, akhir tahun 2000, pernah terjadi kematian masal terumbu karang di perairan Sumatera Barat, penyebabnya kabut asap yang menutupi sinar matahari masuk kelaut, sehingga memicu berkembangnya fitoplanton alga merah, blooming fitoplankton tersebut menyebabkan kematian masal bagi terumbu karang”, terang DR. Suparno,MSi., staf pengajar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH.

“Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pertumbuhan terumbu karang itu kembali, sampai saat ini pertumbuhan kembali (recovery) nya baru diperkirakan sekitar 30-40%, jika blooming terjadi lagi, kondisinya akan kembali Nol” terang Suparno.

Dijelaskan Suparno, proses pertumbuhannya kembali bisa secara alamiah dan bantuan manusia, salah satu usaha untuk mempercepatnya adalah dengan metode transplantasi, tetapi itu hanya bisa di lakukan pada jenis dan species tertentu.

“Selain metode itu, peran masyarakat untuk mempercepatnya bisa juga dengan menindak pelaku penangkapan ikan yang merusak, seperti penggunaan bahan peledak, racun, membuat rumah-rumah ikan buatan (rumpon), penetapan daerah konservasi laut, dan lainnya” tambah Suparno.

Jika kabut asap sampai hari ini masih berlangsung hingga tiga bulan kedepan, blooming fitoplanton dikhawatirkan dapat terjadi lagi. Suparno juga sangat mengkhawatirkan pertumbuhan sekitar 10 ribuan transplantasi karang yang di lakukan UKM Diving Proklamator sejak tahun lalu yang tersebar di Pulau Sironjong Gadang Kawsan Mandeh, Taman Nirwana dan Pulau Pasumpahan akan terganggu dan mati.

“Di Pulau Sironjong Gadang Kawasan Mandeh, ada 5000-an transplantasi karang, yang di laksanakan pemuda-pemuda dan masyarakat setempat yang di damping tim selam Diving Proklamator, pertumbuhannya sangat bagus dan berkembang dengan baik” terang Suparno.

Kendati masalah pembakaran lahan dan kabut asap ini masih terus terjadi sampai saat ini. Sejumlah dampak terhadap kesehatan, keragaman hayati dan perekonomian ramai diberitakan oleh media massa, namun tak satupun yang membahas dampak kabut asap dan kebakaran hutan ini terhadap ekosistem laut.(**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 Oktober 2014 - 08:35:26

Visitasi BAN-PT Jurusan Sastra Inggris UBH
Visitasi BAN-PT Jurusan Sastra Inggris UBH
bunghatta.ac.id - Perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melakukan visitasi saat proses reakreditasi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta pada 15-17 Oktober 2014. Tim yang melakukan visitasi adalah Dr. Ni Luh Nyoman Seri Malini, S.S., M.Hum dari Universitas Udayana Bali dan Dr. H. Atiq, Susilo, M.A. dari Universitas Islam Negeri Jakarta.

Pagi ini tim melakukan pertemuan dengan pimpinan struktural baik tingkat universitas maupun fakultas di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta dan dilanjutkan dengan presentasi IT oleh Kepala Pustikom dan diikuti dengan presentasi oleh tim akreditasi Fakultas Ilmu Budaya di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.87.180.131