Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

2452 Mahasiswa Baru UBH Ikuti Pengenal Kehidupan Kampus

Sebanyak 2452 Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta (UBH) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2014/2015 yang bertempat di Gelanggang Olahraga (Gor) dan Gedung Kesenian Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 21-23 Agustus 2014. Ketu....

458 Mahasiswa FKIP UBH Ikuti Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan

Sebanyak 458 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Eko Alvares, Z MSA di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Se....

6 Kabupaten/Kota Pulangkan 1520 Mahasiswa KKN-PPM UBH

Setelah sebulan penuh berkegiatan di tengah masyarakat dari, sebanyak 1520 mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun 2014 pulang kembali ke kampus, Kamis (10/07/2014). Lebih dari seratus mini bus mengantar mahasiswa ....

Melalui KKN, UBH Lakukan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Produktif Pascagempa di Nagari Batu Gadang

Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan bangunan akibat gempa 30 September lalu seperti kerusakan struktural maupun non-struktural. Namun yang menjadi persoalan adalah sulitnya mencari tenaga teknis untuk melaksanakan pekerjaan perbaikan baik rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan yang rusak ringa....

30 Penyelam Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-69 di Bawah Laut Kota Padang

30 Penyelam Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-69 di Bawah Laut Kota Padang Sebanyak 30 penyelam gabungan dari Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, Marine Diving Universitas Riau, Kurau Diving UNRI, Korps Brimob Padang Panjang, Badan Pelestarian Cagar Budaya Batusangkar, Andalas Diving, BPSPL sert....

Semangat Proklamasi, Mari Tingkatkan Pelaksanaan Tugas Berbasis Kinerja

Universitas Bung Hatta menggelar upacara kemerdekaan dalam rangka memperingati hari ulang tahun republik indonesia yang ke-69 tahun di Lapangan Parkir Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (17/08/2014). Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA m....

Selasa 21 Januari 2014 - 08:50:38

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta terus mengalami penaikan peringkat menjadi posisi ke-85 di Indonesia, setelah tahun 2013 lalu di posisi ke-99 berdasarkan penilaian rangking peringkat website resmi perguruan tinggi yang dirilis oleh 4ICU (4International College and Universities) pada 20 Januari 2014.

4ICU adalah sebuah mesin pencari dan direktori (search engine and directory) yang me-review 11.160 Universitas dan Sekolah Tinggi yang terakreditasi skala internasional. Penilaian yang dilakukan 4ICU ini dilaksanakan dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli.dan diurutkan berdasarkan tingkat popularitas web di lebih 200 negara dunia melalui situs resmi 4ICU http://www.4icu.org.

Peringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia internet yang dilakukan oleh menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda dari tiga search engines yang independen dan saling terpisah yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank,Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow.

Perguruan tinggi yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negaranya masing-masing, memiliki program sarjana dan atau pascasarjana, serta masih menggunakan metode tatap muka dalam proses pembelajaran.

Sementara posisi peringkat 5 besar Perguruan Tinggi di Indonesia versi 4ICU tahun 2013 ditempati Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya dan Universitas Sebelas Maret.

Peringkat tertinggi 5 besar universitas di Sumatera Barat ditempati Universitas Andalas (Unand) yang berada di posisi 24 secara nasional, disusul Universitas Negeri Padang, Universitas Bung Hatta, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 20 Januari 2014 - 09:05:30

Mahasiswa Teknik Elektro UBH Bangun Sistem E-Library dengan Barkode
Mahasiswa Teknik Elektro UBH Bangun Sistem E-Library dengan Barkode
bunghatta.ac.id - Perpustakaan sebagai salah satu sarana yang sangat penting bagi dunia pendidikan dalam memperoleh informasi maupun pengetahuan. Saat ini, masih banyak perpustakaan yang masih menggunakan sistem katalog manual yang berbentuk buku dan kartu-kartu yang berisi data dari anggota dan buku perpustakaan.

Sistem ini dianggap tidak efisien lagi mengingat perkembangan arus informasi yang serba cepat terutama dengan berkembangnya sistem informasi berbasis website.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Romi Dwi Saputra mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta merancang sistem informasi perpustakaan dengan barcode berbasis website dan pemanfaatan kartu cerdas untuk anggota perpustakaan.

Romi mengatakan perpustakaan memerlukan suatu program database yang terhubung ke website kampus sendiri sehingga dapat diakses oleh anggota perpustakaan maupun yang akan mencari informasi ataupun pengetahuan melalui jaringan internet.Untuk menghasilkan pelayanan yang maksimal dengan membangun sebuah sistem informasi e-library.

“Sistem perpustakaan yang dirancang meliputi jenis pengelolaan perpustakaan bagi petugas yang berisi pengelolaan buku, data anggota, peminjaman serta pengembalian, dan upload e-book.,” ujar mahasiswa angkatan 2009 ini.

Sedangkan untuk anggota perpustakaan dapat mengakses informasi buku, pencarian buku, pemesanan buku, download buku dan kotak saran.sedangkan yang lainnya hanya disediakan untuk monitoring perpustakaannya saja.

Dibawah bimbingan Ir. Eddy Soesilo, M.Eng dan Ir. Arnita, M.T, Romi memanfaatkan sistem barcode dalam pengidentifikasi anggota dan buku perpustakaan yang semakin mempercepat transaksi peminjaman dan pengembalian buku. Teknologi barcode merupakan salah satu teknologi yang dapat secara cepat dan akurat dalam penyediaan informasi.

“Sistem ini terkoneksi dengan internet dan ada sensor khusus yang dipasang pada pintu agar dapat menandai bila buku tidak terdata atau kemungkinan dicuri,” ungkapnya.

Sementara itu, Ir. Eddy Soesilo, M.Eng dosen pembimbing mengatakan pada buku yang sudah dipasangi sensor sehingga buku yang dipinjam tapi belum terdata oleh petugas maka alarm yang dipasangkan di pintu masuk akan berbunyi.

“Sehingga tidak akan ada buku yang keluar dari gedung perpustakaan tanpa terdata dan juga untuk mengurangi resiko kehilangan buku. Rancangan ini nantinya diharapkan dapat meminimalisir kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh sistem perpustakaan Kampus III Universitas Bung Hatta dan perpustakanan pusat di Kampus I Universitas Bung Hatta,” imbuhnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 Januari 2014 - 14:24:12

Rizal Ramli: Perekonomian Indonesia Berlampu Kuning
Rizal Ramli: Perekonomian Indonesia Berlampu Kuning
bunghatta.ac.id - Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta bersama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menghelat Seminar Nasional Repsosisi Ekonomi Indonesia Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang di gelas Fakultas Ekonomi UBH di Aula Balairung Caraka, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (16/01/2014).

Seminar nasional ini menghadirkan pembicara utama Mantan Menteri Keuangan dan Perekonomian Republik Indonesia Dr. Rizal Ramli dan 36 makalah yang akan dipresentasikan secara panel.

Ketua Pelaksana Dr. Alvis Rozani mengatakan sebagai anak bangsa cukup prihatin dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia yang tidak sepenuhnya dikelola oleh bangsa sendiri dan menjadi tantangan besar untuk kedepannya melihat tekad negara-negara kawasan ASEAN untuk memperkokoh kerjasama ekonomi di bawah ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

“Tentunya dari seminar nasional tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi konkrit berupa hasil riset yang dilakukan sehingga bisa dijadikan pedoman bagi pengambil kebijakan untuk memetakan posisi Indonesia di antara negara-negara ASEAN dan sebagai forum bertukar pikiran guna bersama-sama berkontribusi dalam menyongsong MEA 2015,” ungkapnya.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA yang membuka seminar ini menyebutkan kegiatan ini bisa menjadi salah satu langkah Universitas Bung Hatta dengan Universitas Islam Indonesia Yogyakart untuk menjadikan sister university dalam jangka panjangnya dan dengan hadirnya pembicara utama ini dapat memberikan gambaran dan pemikiran-pemikiran yang berkontribusi bagi keilmuan.

Selain memberikan sambutan, Niki juga menyampaikan materi mengenai Corporate Governance Reform in the global economy. Pada dasarnya governance itu esensinya amanah atau dipercayakan. Selama ada konfik interes dalam suatu perusahaan maka disana perlu adanya governance karena perusahaan merupakan kontributor bagi pertumbuhan ekonomi.

“Governance itu harus memiliki regulasi, untuk itu selama menjalankan Universitas Bung Hatta ini berpatokan pada 3 komponen yaitu konstitusional, institusional dan prosedural,” ujarnya.

Dr. Alvis Rozani menyampaiakn materi mengenai pandangannya untuk memakmurkan Indonsesia. Perekonomian makro indonesia bisa berkembang pesat akibat harga komoditi di dunia yang naik terus dan masalah perekonomian negara-negara Eropa yang bisa membuat harga saham di Indonesia naik.

“Namun belum tentu dapat mensejahterkan kehidupan masyarakat. Padahal perekonomian Indonesia intu berada di lampu kuning yang harus berhati-hati suatu saat bisa berubah tanda menjadi merah” ungkapnya dihadapan lebih 300 peserta seminar ini.

Ia menilai tahun 2014 ini, tahun yang sangat genting sebab bersamaan dengan pelaksanaan pemilihan presiden. Tentunya masyarakat harus mampu memilih pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah dan bukan malah membawa masalah dalam kepemimpinannya.

“Negara kita bisa maju bila kebijakan perekonomiannya tidaklah neoliberalisme yang sangat tidak menguntungkan bagi masyarakat kecil dan tidak sepaham sengan pokok-pokok pemikiran ekonomi Bung Hatta yang berujung untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat,” jelasnya.

“Mayoritas masyarakat Indonesia itu cuma numpang untuk makan saja tapi kesejahteraannya tidak tercukupi. Wajar saja 80% masyarakat Indonesia belum bisa dikatakan merdeka secara perekonomiananya. Maka untuk melihat pertumbuhan perekonomian itu bukan saja dari pembangunaan tapi dari kesejahteraan masyarakat terutama dalam menyongsong MEA 2013,” tambahnya.

Seminar naisonal yang dipandu Dr. Zaitul, SE, MBA ini diikuti oleh berbagai praktisi, akademisi, mahasiswa dan tamu undangan lainnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 15 Januari 2014 - 15:49:25

Mahasiswa UBH Rancang Kartu Cerdas Untuk Pasien di Rumah Sakit
Mahasiswa UBH Rancang Kartu Cerdas Untuk Pasien di Rumah Sakit
bunghatta.ac.id - Kemajuan sistem informasi dan teknologi membuat banyak kalangan menggunakan sistem dari komputer sebagai salah satu sarana penunjang agar dapat memberikan hasil dan pelayanan yang lebih baik. Rumah sakit merupakan salah satu institusi pelayanan umum yang membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan cukup memadai untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait.

Terkait dengan akan dibukannya Fakultas Kedokteran Universitas Bung Hatta bersamaan dengan rumah sakit tempat pendidikannya melatarbelakangi Harpan Febriansyah mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta untuk membuat kartu cerdas berbasis sistem informasi untuk pelayanan di rumah sakit.

Rancangan kartu cerdas ini merupakan tugas akhir mahasiswa dalam menamatkan studi S1 Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang dibimbing oleh Ir. Arnita, M.T dan Ir. Eddy Soesilo, M.Eng.

Harpan merancang sistem ini untuk membuat sistem informasi pasien rawat jalan secara komputerisasi, membuat program mengenai sistem informasi terpadu agar memudahkan pasien untuk mendapatkan pelayanan dan membuat software sehingga memudahkan tenaga pekerja dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

“Selama ini di rumah sakit banyak mengolah data secara manual. Hal ini mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar,” ungkapnya.

Untuk mengefektifkannya maka perlu dirancang suatu sistem basis data pasien yang lebih komprehensif sehingga akan memudahkan dalam mengolah data yang dibutuhkan dengan memanfaatkan sebuah sarana sebuah sistem basis data dan informasi pasien dengan menggunakan kartu ID pasien berbasis radio frequency identification (RFID).

“Dengan menggunakan kartu ID pasien sebagai akses penunjuk identitas yang berisi kode tertentu. Dalam kode ini akan berisi data-data para pasien, seperti data nama, tanggal lahir, jenis pasien, jenis kelamin, umur, agama, alamat, dan lainya,” jelasanya.

Sementara Itu, Ir. Arnita, M.T dosen pembimbing mengatakan rancangan yang dibuat mahasiswa ini juga dapat digunakan untuk pencarian data pasien dengan cepat, dapat digunakan untuk membuka pintu ruangan muat inap yang telah dikontrol dan dapat digunakan untuk mengetahui biaya perawatan dan pengobatan.

“Jadi semua urusan adminstrasi tidak lagi menggunakan kertas tapi beralih menjadi data digital dengan inovasi-inovasinya sehingga pelayanan pada rumah saktit lebih baik dan efisien,” ujarnya saat melihat hasil pengujian kartu cerdas ini. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 15 Januari 2014 - 14:53:56

Dr. Rizal Ramli, Akan Bahas Reposisi Ekonomi Indonesia Menyonsong MEA 2015 di UBH
Dr. Rizal Ramli, Akan Bahas Reposisi Ekonomi Indonesia Menyonsong MEA 2015 di UBH
bunghatta.ac.id - Mantan Menko Perekonomian Republik Indonesia Dr. Rizal Ramli, esok, Kamis (16/1) akan hadir sebagai pembicara utama pada seminar Nasional Repsosisi Ekonomi Indonesia Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean 2015 yang di gelas Fakultas Ekonomi UBH di Aula Balairung Caraka, Kampus 1 UBH Ulak Karang.

Panitia Pelaksana Dr. Alvis Rozani menyebutkan, di samping Keynote Speech dalam seminar nasional tersebut, peserta seminar juga terdiri dari dosen tetap Fakultas Ekonomi, praktisi dan pemerhati ekonomi juga di undang sebagai pemakalah untuk mempresentasikan hasil riset tentang kesiapan ekonomi nasional menyongsong MEA 2015.

Ditambahkan Alvis, dinamika perekonomian global dalam satu dekade terakhir memperkuat tekad negara-negara kawasan ASEAN untuk memperkokoh kerja sama ekonomi di bawah ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bagi Indonesia, pembentukan MEA 2015 mendatangkan harapan sekaligus tantangan.

“Dengan latar belakang itulah Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta bekerja sama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakrta menggelar Seminar Nasional yang bertemakan Reposisi Ekonomi Nasional Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015”, imbuh Alvis.

Dari seminar nasional tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi konkrit berupa hasil riset yang dilakukan oleh para expert dibidangya masing-masing sebagai pedoman bagi pengambil kebijakan untuk memetakan posisi Indonesia di antara negara-negara ASEAN dan sebagai forum bertukar pikiran bagi para akademisi, praktisi, birokrat guna bersama-sama berkontribusi dalam menyongsong MEA 2015.

“Materi seminar mengacu kepada tema sentral seminar yang bersumber dari beberapa disiplin ilmu seperti seluruh bidang ekonomi yang berkaitan dengan isu negara berkembang, seluruh bidang kajian bisnis dan manajemen, seluruh bidang kajian akuntansi dan keuangan serta governance”, ujar Alvis mengakhiri. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 15 Januari 2014 - 08:45:08

bunghatta.ac.id - Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) merupakan yayasan swasta dari Belanda yang didirikan pada tahun 1947 dan memberikan penawaran beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), Diploma III/IV (D3/D4), Starta Satu (S1) hingga Strata Dua (S2).

Untuk tahun 2014, teknis pendaftaran beasiswa VDMS memberikan kemudahan untuk para mahasiswa dengan mengembangkan sistem pra-registrasi online dengan beberapa tahap sebagai berikut:
1.Pendaftaran online
Pendaftar beasiswa dapat memulai registrasi awal dari tanggal 10 Februari 2014 hingga 10 Maret 2014 melalui website www.vdmsdata.org/ers.
2. Proses seleksi 1
Bila pendaftar beasiswa memenuhi syarat dari tim admin VDMS maka akan menunggu proses selanjutnya dan mengundang mahasiswa yang masuk untuk mengisi form tahap ke-2 (PAF 2) / INVITE. Caranya dengan klik tombol Invite di profil mahasiswa.
3.Proses Mengundang (Invited)
Setelah tim Admin VDMS menekan tombol invite di profil mahaiswa, mahasiswa tersebut akan mendapatkan email otomatis untuk mengisi Form Tahap 2 (PAF 2).
4. Proses Pengisian Form Tahap 2 (PAF 2) dan Dokumen Persyaratan
Setelah mendapatkan email dari tim Admin VDMS maka mahasiswa dapat mengisi form tahap 2 dan menyiapkan dokumen persyaratan ke Bagian Kemahasiswan Universitas Bung Hatta.
5.Pemilihan Penerima Baesiswa
Setelah Bagian Kemahasiswan Universitas Bung Hatta mengirimkan dokumen kepada tim Admin VDMS di Yogyakarta dan tim akan melakukan seleksi dokumen yang diterima. Bila mahasiswa yang terpilih akan di berikan centang di ERS kolom SELECTED pada akun profil mahasiswa pendaftar beasiswa dan email otomatis akan dikirimkan oleh sistem untuk menginformasikan bahwa mahaasiwa tersebut diteria sebagai salah satu penerima beasiswa VDMS.

Syarat kelengkapan pendaftar beasiswa VDMS 2014:
1. Pra registrasi online tanggal 10 Februari 2014 hingga 10 Maret 2014 melalui website www.vdmsdata.org/ers.
2. Umur maksimum 27 tahun melampirkan foto kopi KTP.
3. Angkatan 2011 dan 2012 dengan melampirkan foto kopi KTM.
4. IPK minimum 3,00 dengan melampirkan LHS semester ganjil dan transkrip sementara.
5. Berasal dari Fakultas Ekonomi, FKIP, FTSP, FPIK, FTI dan jurusan Sastra Inggris.
6. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja/lurah bagi yang orang tuanya wiraswasta.
7. Surat keterangan tidak mampu dari lurah dan foto kopi Kartu Keluarga.
8. Surat rekomendasi dari Dekan.
9. Membuat motovation letter dalam Bahasa Inggris sebanyak 1 halaman ukuran A4 tulisan Times New Rowman size 12, spasi 1.
10. Foto kopi 1 lembar buku tabungan bank.
11.Pas foto 3x4 1 lembar ditambah digital foto dalam CD (untuk application form).
12.Lulus PKKMB Universitas Bung Hatta melampirkan fotokopi sertifikat PKKMB.

Informasi Lengkapnya hubungi Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta , Marleni, SE, M.Si, email marleni_kms@yahoo.com dan handphone 081363415950.


(**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 10 Januari 2014 - 08:37:13

FTI UBH dan Dinas Kopersi UMKM Perindag Agam Jalin Kerjasama
FTI UBH dan Dinas Kopersi UMKM Perindag Agam Jalin Kerjasama
bunghatta.ac.id - Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta menjalin kerjasama dengan Dinas Koperas UMKM Perindag Kabupaten Agam yang tertuang melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) yang berlangsung di Ruang Dekan Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Kamis (09/01/2013).

MoU tersebut ditandatangani oleh Dekan FTI Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc dan Kepala Dinas Koperas UMKM Perindag Kabupaten Agam H. Hadi Suryadi, SH yang bertujuan untuk peningkatan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pengelolaan di sektor Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan secara optimal guna menunjang proses pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dekan FTI Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc mengatakan ruang lingkup kerkasama ini meliputi kegiatan pelatihan pada Koperasi dan UMKM seperti pengolahan kotoran ternak menjadi biogas, perancangan mesin dan failitas untuk pengolahan hasil pertanian dan pertenakan, pembuatana kemasan untuk hasil produksi.

“Kemudian untuk pengembagnan SDM, penelitian, pertukaran informasi ilmu pengetahuan serta rekayasa dalam lingkup Koperasi,UMKM, Perindustrian dan Perdagangan serta pendukung lainnya,” imbuhnya.

Mulyanef menyebutkan kegiatan kerjasama tersebut merupakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang akan melibatkan empat jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta seperti jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Kimia.

“kita berharap dengan kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat terutama di Kabupate Agam sesuai dengan pokok Tri Darma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, H. Hadi Suryadi, SH Kepala Dinas Koperas UMKM Perindag Kabupaten Agam sangat senang dapat bekerjasama dengan lembaga pendidikan terutama dengan Universitas Bung Hatta dalam peningkatan kemampuan dan penambahan wawasan bagi masyarakat nantinya.

“Kita juga berharap Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dapat berperan banyak dapat membantu perkembangan nagari dan masyarakat di Kabupaten Agam,” ungkapnya.

Kerjasama ini juga dihadiri oleh ketua-ketua jurusan dan tim kerjasama Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta seperti Dr. Hendri Budiman, ST, MT, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Yesmizarti Muchtiar, ST, MT, Ir. Arnita, MT, Dessi Mufti, ST, MT dan Iqbal, ST, MT. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 09 Januari 2014 - 10:33:07

FE UBH dan FE UII Yogya Angkat Seminar Nasional Reposisi Ekonomi
FE UBH dan FE UII Yogya Angkat Seminar Nasional Reposisi Ekonomi
bunghatta.ac.id - Dinamika perekonomian global dalam satu dekade terakhir memperkuat tekad negara-negara kawasan ASEAN untuk memperkokoh kerjasama ekonomi di bawah ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bagi Indonesia, pembentukan MEA 2015 mendatangkan harapan sekaligus tantangan.

Namun di sisi lain, dengan tingkat daya saing ekonomi Indonesia yang secara umum belum mampu bersaing dengan negara-negara tetangga, muncul kekhawatiran yang meluas dengan makin dekatnya tenggat waktu 2015.

Melihat kondisi tersebut membuat Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta bekerjasama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakrta untuk menggelar Seminar Nasional yang bertemakan Reposisi Ekonomi Nasional Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 16-17 Januari 2014.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta, Yuhelmi. SE, MM mengatakan pasar Indonesia yang notabene merupakan pasar terbesar di ASEAN dikhawatirkan akan lebih banyak dirambah oleh pelaku-pelaku usaha negara tetangga.

“Dalam konteks seminar nasional ini, salah satu langkah nyata menghadapi MEA 2015 diharapkan akan dihasilkan analisis/hasil riset yang bermanfaat bagaimana menata posisi dan strategi Indonesia untuk menyongsong MEA 2015,” ujarnya.

Menurutnya, seminar nasional ini dapat memberi kontribusi konkrit berupa hasil riset yang dilakukan oleh para expert dibidangya masing-masing sebagai pedoman bagi pengambil
kebijakan untuk memetakan posisi Indonesia diantara negara-negara ASEAN dan sebagai forum bertukar pikiran bagi para akademisi, praktisi, birokrat guna bersama-sama berkontribusi dalam menyongsong MEA 2015.

“Bagi perguruan tinggi tujuan yang hendak dicapai adalah mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki kompetensi tinggi yang disyaratkan oleh terbentuknya suatu pasar tunggal (MEA) 2015,” jelasnya.

Dikatakan Yuhelmi, materi dalam seminar ini mengacu kepada tema sentral seminar yang bersumber dari beberapa disiplin ilmu seperti seluruh bidang ekonomi yang berkaitan dengan isu negara berkembang, seluruh bidang kajian bisnis dan manajemen, seluruh bidang kajian akuntansi dan keuangan serta governance.

“Selain itu juga seminar nasional ini akan menghadirkan keynote speech Dr. Rizal Ramli, Mantan Menko Perekonomian Republik Indonesia, Direktur Econit,” tambahnya.

Disamping Keynote Speech dalam seminar nasional ini terdapat juga peserta seminar terdiri dari dosen tetap Fakultas Ekonomi, praktisi dan pemerhati ekonomi sebagai pemakalah yang diundang secara terbuka dan mempresentasikan hasil riset tentang kesiapan ekonomi nasional menyongsong MEA 2015.

Bagi makalah/artikel terbaik akan dipublish pada Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia (JAAI), Jurnal Siasat Bisnis dan Economic Journal of Emerging Markets, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia - Yogyakrta. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 31 Desember 2013 - 13:56:10

Yazid: Peranan Jurusan Teknik Kimia itu Banyak
Yazid: Peranan Jurusan Teknik Kimia itu Banyak
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum mengenai peranan Teknik Kimia bersama Ir. Yazid Bindar. MSc, PhD yang merupakan staf pengajar Institut Teknologi Bandung yang bertempat di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Selasa (31/12/2013).

Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan meskipun sedang susan Ujian Akhir Semester jurusan tetap juga melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Teknik Kimia, seperti kuliah umum ini.

“Kita telah lama memiliki hubungan baik dengan ITB baik dari kegiatan penelitian, menjadi dosen tamu hingga dosen-dosen kita yang melakukan studi lanjut disana. Kuliah umum ini juga diadakan untuk memotivasi mahasiswa dan untuk merubah paradigma belajar agar kedepannya setelah lulus mau jadi apa,” ujar Reni.

Dimoderatori langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta, Ir. Yazid Bindar. MSc, PhD mulai memaparkan materinya dengan gambaran dan kondisi kekayaan alam yang ada di Indonesia khususnya Sumatra.

Menurut Yazid, Sumatra memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah contohnya saja di Riau yang kaya akan minyak bumi tapi sayangnya masyarakat pribumi belum mendapatkan manfaatnya. Barulah beberapa tahun belakangan ini masyarakat sudah lebih maju daripada sebelumnya dengan memanfaatkan minyak di atas perut bumi yaitu minyak dari kelapa sawit.

“Dari gambaran tersebut bisa menjelaskan peran Teknik Kimia ada didalamnya, terutama yang berhubungan dengan proses. Saat ini kelapa sawit banyak di jumpai karena menjadi peluang usaha dan lebih mengguntungkan lagi bila hasil panennya diolah menjadi produk karena dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai jual,” jelasnya dihadapan lebih dari 50 peserta yang sebagian besar mahasiswa angkatan 2013 ini.

“Sebagai mahasiswa Teknik Kimia tentunya untuk bisa memanfaatkan dan mengolahnya perlu ilmu. Maka dari itu, kita tidak hanya belajar rumus saja tetapi belajar logika berpikir kita. Lihatlah potensi yang ada di sekeliling yang bisa dimanfaatkan,” tambahnya.

Ia mengatakan peran Teknik Kimia itu ada banyak, memang untuk mahasiswa baru belum begitu paham apa peranan Teknik Kimia tapi lambat laun dari semseter satu hingga nanti menyusun tugas akhir pasti akan mengerti bahwa Teknik Kimia itu seperti ini.

“Dengan ilmu kita bisa melihat peluang usaha dan membantu menyelesaikan masalah dari hasil analisis kita. Di jurusan manapun kita berada saat ini, kita harus menekuninya. Pelajaran Kimia, Matematika atau Fisika merupakan dasarnya ilmu Teknik Kimia tapi kita jangan takut malah harus berteman,” pesannya.

Teknik Kimia itu seperti dokternya pabrik karena kita tahu segala proses yang ada didalamnya dimulai dari bahan baku, proses pengolahan hingga menghasilkan produk yang bernilai jual, ekonomis dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Selain mahasiswa baru angkatan 2013, Kuliah umum ini juga diikuti oleh mahasiswa dari angkata 2009 hingga 2012 berserta para dosen di lingkungan jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 20 Desember 2013 - 13:59:29

Seminar BEMM FTSP:  Sambut AFTA 2015, Mahasiswa Harus Siapkan Skills Khusus
Seminar BEMM FTSP: Sambut AFTA 2015, Mahasiswa Harus Siapkan Skills Khusus
bunghatta.ac.id - Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan seminar jasa konstruksi yang menghadirkan pembicara Ir. Fatriarman Noer, M.Eng.Sc Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumatra Barat.

Kegiatan yang mengangkat tema kesiapan sumber daya manusia Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta dalam menyambut Asian Free Trade Area (AFTA) 2015 ini bertempat di Aula Baliarung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universtias Bung Hatta, Jumat (20/12/2013).

Ketua pelaksana Rahmat Jordi Triawan mengatakan seminar ini untuk memberikan gambaran serta pengetahuan mengenai persiapan kita sebagai mahasiswa dalam emnghadapi persaigan AFTA 2015. “Semoga dengan kegiatan ini ,para peserta mampu mengimlementaikannya tidaknya sebatas teori saja dalam kehidupan sehari-hari terutama saat kita akan memasuki dunia pekerjaan,” ucapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Gubernur BEMM FTSP Universitas Bung Hatta Rioni Rizki Aldiyansah, mahasiswa Universitas Bung Hatta khususnya FTSP harus mempersiapkan diri untuk persaiangan AFTA 2015. “Kita akan terus membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam menambah ilmu pengethuan yang tidak sempat diajarkan di bangku kuliah,” ucapnya.

Dekan FTSP Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE mengungkapkan kegiatan ini berkat kerjasama FTSP dengan Dinas PU Sumbar khususnya Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumbar untuk menyiapkan tenaga pekerja yang handal, kompetitip dan siap bersaing.

“Kita harus mempersiapkan diri sejak dini jelang AFTA 2015 ini agar nantinya kita tidak menjadi penonton saja tapi harus menjadi leader di bidang jasa konstruksi dan mampu menguasai bahasa asing,” ujanya.

Seminar yang ikuti 300 peserta ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum. “ mahasiswa Universitas Bung Hatta harus memiliki kompetensi disegala bidang yang digelutinya agar nantinya tidak kalah saing dengan yang lainnya,” pesannya.

Mahasiswa Harus Siapkan Skills

Fatriarman mengatakan Konstruksi Indonesia berdasarkan Visi Badan Pembinaan Konstruksi
2010 – 2014 harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, mampu melayani kebutuhan masyarakat secara mandiri dan yang terpenting konstruksi Indonesia mampu menghadapi perubahan dan tuntutan global.

“Konsekuensi dari kesepakatan tersebut adalah ASEAN menjamin kebebasan mobilitas tenaga kerja terampil, modal, jasa investasi dan barang/jasa (perdagangan) antarnegara ASEAN dalam kerangka liberalisasi,” ungkapnya.

Jasa konstruksi memilik gambaran umum yaitu sebagai layanan jasa yang mentransformasikan sumber daya dalam proses produksi hingga menghasilkan produk akhir yang menyatu dengan lahan kedudukannya. Jasa konstruksi berfungsi sebagi Backward Linkage untuk menarik sektor pendukung dan sebagai Forward Linkage untuk mendorong pertumbuhan sektor yang memanfaatkan produk konstruksi.

Menurutnya kita harus menyiapkan mahasiswa yang nantinya ketika lulus bisa bersaing, tidak masalah kita kuliah diperguruan tinggi manapun yang terpenting kita mampu menunjukan kemampuannya.

Saat sekarang ini untuk mahasiswa yang menggeluti jurusan di bidang jasa konstruksi perlu memilik sertifikat keahlian atau keterampilan, karena UU telah mengatur dan mewajibkannya.

“Dunia kerja sangat membutuhkan sekali orang-orang yang kompetitif dan suka tantangan jadi sebagai mahasiswa harus energik. Tidak cukup hanya bermodal ijazah saja saat melamar pekerjaan tetapi kita harus memiliki skills yang perlu ditonjolkan,”imbuhnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 23.22.224.181