Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta

Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta.....

Teknik Mesin UBH Buat Workshop Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah

Pentingnya pembuatan proposal dan artikel ilmiah, sebanyak 12 dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengikuti Workshop Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknik Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, S....

Kemenlu RI dan UBH Gelar Seminar Nasional Hukum Laut

Direktorat Jendral Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bersama Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Hukum Laut dengan tajuk pengaturan dan tantangan dalam penganganan tindak pencarian dan penyelamatan di laut (mari....

QS UBH Berikan Pemahaman Profesi Lulusan Lewat Kuliah Umum

Jurusan Teknik Ekonomi Kontruksi atau dikenal denganQuantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/08/2014). Kuliah umum ini menghadirka....

Teknik Kimia UBH Adakan Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan daya saing lulusan, Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Softwere Aplikasi Teknik Kimia yang dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 26-27 Agustus 2014 . Pela....

LPPM-UBH Nilai 41 Posdaya Korwil Sumbar Untuk Maju ke Kompetisi Nasional

Sebanyak 41 Posdaya Korwil Sumbar ( Pos Pemberdayaan Keluarga) gagasan Yayasan Damandiri yang di ketuai Haryono Suyuno di nilai oleh tim gabungan embaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi dari Universitas Bung Hatta, Universitas Taman Siswa, STAIN Batusangkar, ISI Padang Panjang,....

Selasa 18 Februari 2014 - 10:48:25

LPPM UBH Bahas Proposal Desentralisasi Lewat Workshop
LPPM UBH Bahas Proposal Desentralisasi Lewat Workshop
bunghatta.ac.id - Dalam rangka penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, setiap tahunnya Dikti mengucurkan dana hibah untuk penelitian dan pengabdian masyakarat kepada dosen-dosen di seluruh perguruan tinggi dengan membuat proposal yang dikirimkan ke Dikti.

Untuk dapat dana hibah tersebut, maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bung Hatta mengadakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian Desentralisasi dan PPM yang bertempat di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (18/02/2014).

Direktur LPPM Universitas Bung Hatta Dr. Elfiondri, SS, M.Hum mengatakan kampus sangat mendukung kegiatan ini dengan output para peserta. Kegiatan ini berujung dengan terbitnya sebuah proposal desentralisasi yang telah dibahas bersama narasumber, untuk yang nantinya akan dikirimkan ke Dikti pada bulan Maret mendatang untuk tahu anggaran 2015. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memotivasi dosen-dosen di Universitas Bung Hatta agar membuatan proposal penelitian desentralisasi.

“Dikit memberikan otoritas untuk mengolah dana penelitian desentralisasi. Untuk itu kita membuat workshop ini dengan diharapkan untuk menjamin mutu proposal menjaga mutu proposal. Kegiatan ini terdiri dari dua sesi untuk sesi pertama penyegaran materi dan sesi kedua pemaparan usulan proposal,” terangnya.

Workshop ini dihadiri juga oleh dekan- dekan di lingkungan Universitas Bung Hatta dan diikuti oleh untuk dosen-dosen se-lingkungan Universitas Bung Hatta yang telah terbiasa menulis proposal dengan menghadirkan narasumber yang merupakan reviewers nasional dari Dikti.

Dengan dimoderatori Ir. Haryani MT, pelatihan penulisan proposal ini membahas Kiat-kita penulisan prospsal penelitian desentralisasi oleh Prof. Dr. Novesar. Jamarun, MS dan Dr. Khasrad, M.Si untuk membahas Kiat-kita penulisan prospsal pengabdiian masyarakat (program IbM), Prof Dr. Ir. Hafrijal Syandri, MS untuk penelitian rekayasa, Dr.Sawirman, M.Hum untuk bidang penelitian sosisal dan humaniora serta Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si untuk bidang pendididkan.

Novesar mengatakan dalam penulisan proposal penelitian desentralisasi itu harus bersifat akademik dan berdampak kepada masyarakat (social impact) karena itu merupakan paradigma baru penelitaian saat ini. Reviewers biasanya akan melihat judul, lembar pengesahan, pengajuan dana yang harus sesuai range yang ada jangan kurang dan jangan lebih.

“Dari sekian banyak jenis penelitian desentralisasi untuk jenis penelitian fundamental banyak diajaukan kepada Dikti mesipun pada prinsispnya jenis proposal ini cukup sulit karena sesuai dengan bidang kelilmuan. Hal yang penting dari pengajuan proposal itu yaitu persyaratan permintaan, kenali pendanaan, kenali tema dan format,” ungkapnya.

Ia mengatakan beberapa alasan penolakan proposal penelitan karena rumusan maslah lemah, kurang mengarah dan tujuan tidak jelas. Kontribusi hasil penelitian tidak jelas dan kurang spesisfik. Pustaka kurang menunjang, isi tidak relevan, data kurang mutakhir, umumnya bukan artikel jurnal ilmiah, penyusunan daftar pustaka kurang baik.

“Kemudian metode kurang tepat dan terperinci, kualifikasi tim peneliti kurang, anggaran biaya tida terperinci atau nilai terlalu tinggi, ketidaksesuaian jadwal pelaksanaan bahkanadanya format salah hingga topik sudah banyak yang diteliti,” ujarnya.(**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 17 Februari 2014 - 08:38:18

Mahasiswa FIB, Ukir Nama UBH di Amagasaki Hyogo Jepang
Mahasiswa FIB, Ukir Nama UBH di Amagasaki Hyogo Jepang
bunghatta.ac.id - Mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta, kembali menorehkan prestasi di kancah internasional dalam kegiatan perlombaan pidato berbahasa Jepang. Kali ini, Anita Anggraini berhasil mendapatkan juara I lomba pidato internasional ke-7 yang dilaksanakan pada 08 Februari 2014 lalu di Kota Amagasaki Hyogo Jepang.

Mahasiswa angkatan 2009 ini membawakan pidato yang berjudul magokoro komete egano no sabisu atau pelayanan dengan senyuman yang tulus. Ia mengalahkan peserta pesainnya dari Cina yang mendapatkan juara kedua disusul Taiwan diposisi ketiga. Peserta lomba pidato ini berasal Jepang,Indonesia, Cina, Taiwan, Vietnam, Korea selatan, dan Amerika.

Oslan Amril, SS, M.Si, Sekretaris Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta menyampaikan Anita Anggraini merupakan mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta yang tengah menjadi peserta beasiswa pertukaran mahsiswa tahun 2012 untuk belajar di Sonoda Women's University.

“Sampai tahun 2013 ini mahasiswi yang dikirim adalah peserta yang ke 11 sejak program ini dimulai tahun 2003. Selama mengikuti program ini mereka akan mempelajari budaya dan bahasa Jepang dengan program-program yang sudah disusun sedemikian rupa. Selain mendapatkan pengetahuan tentang bahasa dan budaya Jepang, Anita juga akan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia sesuai dengan tujuan program ini yaitu pertukaran budaya antar dua negara,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menjelaskan Universitas Bung Hatta telah menjalin kerjasama dengan Sonoda Women's University Hyogo Jepang sejak tahun 2002 sampai tahun ini masih berlanjut.

“Hal ini terbukti dengan masih dipercayanya Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta untuk mengirim satu orang mahasiswi terbaik jurusan untuk belajar selama satu tahun di Sonoda Women's University bersama dengan peserta lain dari perguruan tinggi dari 4 negara, Indonesia, Cina, Korea, Taiwan,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan seluruh biaya hidup, biaya sekolah dan perjalanan pulang-pergi ke Jepang termasuk buku-buku semuanya dibiayai oleh pihak SWU bekerja sama dengan HUMAP (Hyugo University Mobility in Asia and the Fasific).

“Kita berharap dengan banyaknya prestasi yang diraih dapat motivasi adik-adik kelasnya di jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta dan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga serta promosi yang sangat baik bagi UBH di mancanegara,” imbuhnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 15 Februari 2014 - 10:15:52

bunghatta.ac.id - Sebanyak 36 kelompok mahasiswa Universitas Bung Hatta mengikuti Sosisalisasi dan Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Aritkel Ilmian (AI) dan Gagasan Tertulis (GT) yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (15/02/2014).

Marleni, SE, M.Si Kepala Bidang Kemahasiswa Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan mahasiswa dari 7 fakultas dan kelembagan mahasiswa dengan total lebih dari 130 peserta.

“Kita berharap para peserta yang menghadiri workshop ini dapat mengikutinya dari awal hingga akhir sehingga dapat melahirkan artikel dan gagasan-gagasan yang dapat dikirimkan ke Dikti. Kemudian banyak juga juga yang lolos untuk PKM AI dan GT untuk tahun 2014 ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs Suparman Khan, M.Hum yang membuka kegiatan ini mengatakan kampus berharap dapat meningkatkan kualitas mahasiswa Universitas Bung Hatta dalam mengikuit kegiatan PKM Dikti ini setiap tahunnya.

“Kegiatan workshop ini merupakan kolaborasi antara bidang kemahasiswaan dengan melibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabadian Masyarakat Universitas Bung Hatta dengan tujuan untuk menjaring mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan di bidang penalaran,” ungkapnya.

Sosialiasi dan workshop PKM-AI dan PKM-GT ini menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dalam penuliasan PKM yaitu Dr. Elfiondri, SS, M.Hum, Dra. Rita Desfitri, MSC, Dr. Hendra Suherman, ST, MT, dan Ir Haryani, MT.

Tujuan PKM AI untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan hasil-hasil kegitan ilmiah yang telah dilakukan ke dalam sebuah artikel ilmiah sesuai kriteria standar penulisan jurnal ilmiah. Sumbar tulisan arikel merupakan hasil karya mahasisa pada bidang akademik seperti Praktik Lapangan, KKN, magang, penelitian, riset kolompok mahasiswa ataupun studi kasus.

Sedangkan PKM GT merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide-ide kreatif sebagai respon intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadap masyarakat.

Sosialisasi dan workshop ini dilaksanakan juga pada 21 Februari 2014 untuk melihat hasil tulisan artikel dan gagasan yang telah dibuat per kelompoknya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 14 Februari 2014 - 10:53:47

Universiti Malaysia Perlis Kunjungi UBH
Universiti Malaysia Perlis Kunjungi UBH
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menerima secara langsung Prof. Dr.Abd Wahab Bin Jusoh dan Prof.Dr. Amran Ahmed serta Prof. Dr. Abd Aziz rombongan dari Institut Matematik Kejuruteraan Universiti Malaysia Perlis (Unimap) dalam kunjungannya serta ramah tamah ke Universitas Bung Hatta di Ruang Kerja Rektor Gedung E Kampus Proklamator I, Jumat (14/02/2014). Kunjungan ini merupakan langkah awal dalam rangka upaya menjalin kerja sama antara Universitas Bung Hatta dengan Unimap.

Rektor Universitas Bung Hatta mengatakan kita sengan dengan kedatangan rombongan dari Universiti Malaysia Perlis. Kunjungan ini bisa menjadi sarana untuk sharing pengetahuan dari keilmuan yang dimiliki antara Universitas Bung Hatta dan Universiti Malaysia Perlis.

“Pertemuan ini juga sebagai langkah untuk melakukan kerjasama di antara kedua institusi ini dan kita juga sudah mempersiapkan draf Memorandum of Understanding (MoU) yang dapat ditindaklanjuti pada kegiatan di pertemuan selanjutnya,” ungkap Niki.

Pada pertemuan itu juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum, Dekan Fakultas Teknoogi Industri, Drs. Ir. Mulyanef, M.Si dan Kepala BP3M Khadavi, ST, MT.

Drs. Suparman Khan, M.Hum juga menyampaikan nantinya bila kedua intitusi telah menjalin kerjasama secara tertulis bisa melakukan berbagai kegiatan seperti joint riset, melanjutkan studi S2 dan S3.

Sementara Rektor Unimap mengatakan Universiti Malaysia Perlis berlokasi di wilayah paling utara semenanjung Malaysia. Di universitas ini juga memiliki berbagai program sarjana dan pascasarjana yang ditawarkan seperti Komputer dan Teknik Komunikasi, Teknik Mikroelektronik, Sistem Elektrik, Mekatronik, Material, Manufaktur, Bioproses, Teknik Lingkungan hingga Nano Elektrik.

“Kita berharap bisa melakukan kerjasama dan tidak hanya sebatas tertulis dalam MoU saja tapi harus terlaksana dalam bentuk kegiatan baik pertukaran mahasiswa dan dosen, seminar-seminar dan lainya,” ujarnya.

Usai berbincang-bincang, rombongan dari Unimap kemudian berkeliling Kampus Proklamator I dan Proklamator II untuk melihat kampus Universitas Bung Hatta lebih dekat. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 13 Februari 2014 - 08:24:31

Tim Basket UBH Kalahkan UNTAN
Tim Basket UBH Kalahkan UNTAN
bunghatta.ac.id - Hari kedua penyelenggaraan kompetisi Liga Mahasiswa Basketball season 203-14 Nusantara Conference berlangsung seru, juara bertahan Universitas Bung Hatta yang sehari sebelumnya (11/02) menelan kekalahan dari universitas Negeri Makassar 61-70, berhasil bangkit dan mengenggam kemenangan pertamanya musim ini. Irfan Oktavianus cs mampu megatasi perlawanan tim pendatang baru di musim ini Universitas Tanjung Pura dengan skor tipis 72-67.

Sejak awal laga, UBH sudah dikejutkan oleh permainan anak-anak Tanjung Pura yang mampu mengimbangi permainan mereka, terlebih kedua tim belum pernah bertemu sebelumnya, kedudukan masih sama kuat 9-9 hingga menit ke lima pertandingan.

Kedua tim terus bergantian memasukkan bola ke jaring lawan, pemain UNTAN, Nuristya Amaliandi menjadi momok bagi pertahanan UBH, kecepatan dan pergerakannya di bawah ring banyak memberikan poin bagi timnya untuk terus menajaga jarak dengan UBH. UBH baru bisa unggul cukup jauh pada pertengahan kuarter akhir 64-57.

UNTAN berusaha mengejar di sisa lima menit akhir pertandingan, namun mereka hanya bisa menipiskan jarak menjadi lima poin, hingga akhir pertandingan keunggulan tersebut mampu dipertahankan oleh tim asuhan Coach Madri dengan 72-67.

“Alhamdulillah hari ini anak-anak bisa menebus kesalahan kemaren dengan kemenangan hari ini, pertandingan yang berat tapi alhamdulillah kami bisa menang,” ujar Coach Madri usai pertandingan.

Sementara Pelatih UNTAN menilai timnya sudah bermain bagus, ia berujar timnya masih membutuhkan waktu untuk menemukan bentuk permainan terbaiknya. Tim UNTAN tambah Coah Aridoni memang baru terbentuk tahun lalu sehingga kematangan teknik dan mentalnya masih harus terus diuji dengan bertanding.

Dengan kemenangan ini UBH naik ke puncak klasemen sementara dengan catatan 2M-1M-1L, unggul satu poin atas UNM yang baru akan memainkan pertandingan keduanya (13/02) melawan UNTAN yang saat ini berada di dasar klasemen.(Sumber: ligamahasiwa.co.id)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 12 Februari 2014 - 15:17:59

Tingkatkan Kualitas Penelitian dan PKM Dosen, Fakultas Ekonomi UBH Gelar Workshop
Tingkatkan Kualitas Penelitian dan PKM Dosen, Fakultas Ekonomi UBH Gelar Workshop
bunghatta.ac.id - Untuk mewujudkan tri dharma pergurusan tinggi maka peranan dosen dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM) harus mampu meningkatkan kualitas dibidang tersebut, baik sisi penelitian internal atau mandiri maupun eksternal dari Dikti, dinas dan institusi lainnya yang menjadi kewajiban dosen dalam penyelenggaraan proses pembelajaran setiap semesternya.

Atas dasar itu, Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan Workshop Penelitian dan PKM dengan mengangkat tema penikatan kualitas penelitian dan PKM dosen Fakultas Ekonomi dalam rangka Implementasi tri dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan di Lantai 1 Gedung 3 Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Rabu (12/02/2014).

Ketua Pelaksana, Nurul Huda, SE, M.Si mengatakan kegiatan ini diadakan untuk memberikan fasilitas kepada dosen Fakultas Ekonomi dengan mengundang narasumber yang berkompeten dalam bidang masing-masing sesuai jurusannya.

“Tujuannya untuk memberikan fasilitras dalam bentuk pemaparan dan diskusi serta review dari narasumber yang berkompeten dibidang ekonomi pembangunan, manjamen dan akuntansi, sehingga diperoleh inforemasi dari narasumber dalam rangka pengingkatan kualitas penelitian /PKM dosen Fakultas Ekonomi untuk pembuatan proposal penelitian dan PKM, baik penelitan internal maupaun eksternal,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Yuhelmi, SE, MM yang membuka kegiatan workshop ini berharap informasi dan pemaparan dari pemateri dapat memperkaya dan memberikan masukan terhadap proposal yang diajukan oleh dosen.

“Dalam workshop ini, peserta dapat berinteraksi langsung dengan pemateri , bisa dengan cara berdiskusi atau mereview penelitian yang sudah dirancang baik dalam bentuk gagasan atau ide yang akan dibuat dalam bentuk proposal,” ungkapnya.

Wokshop yang diikuti oleh dosen Fakultas Ekonomi ini, menghadirkan narasumber yang mengulas kiat-kiat dan teknik dalam penulisan dan pembuatan proposal penelitian dan PKM bersama Dr. Harif Amali Rival, SE, M.Si dan dipandu oleh Yeasy Darmayanti, SE, M.Si, Akt sebagai moderator.

Harif menjelaskan dalam penulisan proposal itu harus mengikut panduan yang telah ditentukan ibarat playing game dan jangan lupa pada rulesnya, apalagi saat ini pengajuan proposal penelitian melalui sistem online.
“Kesuksesan menulis proposal itu dapat dipengaruhi bila kita menghindari penggunaan jorangan dan akromin, justifikasi penggunaan anggaran yang logis, berhati-hati terhadap cut and paste, hingga penggunaan peers untuk editorial assistance, “ terangnya.

Ia menambahkan dalam penulisan proposal tersebut ditulis seolah-olah menjual dokumen tertulis, harus dapat mempengaruhi pengambil kebijakan dan reviewers. Kemudian ditunjukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting yang idenya inovatif, uraiannya jelas, luaran proposal jelas, metode dan evaluasinya memiliki kesesuaian.

“Tentunya kita harus membuat proposal saat kondisi luang jangan dipenghujung waktu penerimaan pengajuan proposal. Semoga dengan kegiatan ini dapat memperbanyak jumlah penerima hibah penelitian dari Dikti untuk penerimaan di tahun anggaran 2015 mendatang sebab bila dilihat tahun 2014 ini jumlah penerima hibah di Universitas Bung Hatta cukup meningkat,” imbuhnya. (Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 11 Februari 2014 - 11:50:52

PT.Semen Padang Hijaukan Kampus Proklamator II UBH
PT.Semen Padang Hijaukan Kampus Proklamator II UBH
bunghatta.ac.id - Menyambut Bulan Mutu dan K3 Nasional Tahun 2014 sekaligus kepedulian PT Semen Padang dan Universitas Bung Hatta dalam membangun generasi muda yang berwawasan lingkungan dillakukanlah kegiatan penanaman 1033 pohon yang berlokasi di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Selasa (11/02/2014).

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan penanaman pohon ini bentuk kepeduliah kampus terhadap lingkungan dan juga dalam rangka menghijaukan kampus karena kedepannya Kampus Proklamator II yang terletak di kawasan Aie Pacah ini akan dikembangkan menjadi kampus terpadu Universitas Bung Hatta dan green campus dengan luas lebih dari 27 hektar.

“Kampus juga terima kasih dan memberikan penghargaan atas kepedulian PT.Semen Padang yang telah membantu untuk menghijaukan Universitas Bung Hatta dan dalam penamaan pohon ini akan dilakukan secara simbolis sebanyak 33 bibit pohon biola cantk. Angka 33 tersebut merupakan bentuk simbol dari perayaan Dies Natalis Universitas Bung Hatta yang pada 20 April 2014 mendatang berusia 33 tahun,” ujar Niki.

Ia mengatakan Universitas Bung Hatta juga telah lama memiliki hubungan baik dengan PT.Semen Padang, yang lebih berkesan lagi adalah gerbang Kampus Proklamator I yang sejak awal berdiri hingga saat ini masih kokoh berdiri dan tidak akan dirubah bentuknya.

“Bahkan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dipercaya oleh PT. Semen Padang untuk melakukan riset teradapa pengelolaan sampah menjadi energi alternatif sehingga hubungan diantara kedua instiusi ini tetap terjalin secara baik dan harmonis,” ungkapnya.

Sebelum penanaman bibit pohon diadakan juga penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) antara universitas Bung hatta dan PT. Semen Padang untuk melakukan pengembangan kolaborasi kelimuan dan penelitian.

Sementara itu, Direktur Utama PT.Semen Padang Ir. Munadi Arifin, SE, MM, Ak menyampaikan kegiatan penanaman pohon merupakan rangkaian Peringatan Bulan Mutu dan K3 Nasional di PT Semen Padang yang rutin dilaksanakan setiap tahun pada bulan Januari-Februari.

“Kegiatan salah satu aksi nyata PT.Semen Padang dalam bentuk program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk mewujudkan visi peduli pada lingkungan dan mendukung pencapaian target penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan pemerintah,” ungkapnya

Lebih lanjut ia mengatakan, PT. Semen Padang menginginkan lebih akrab dengan perguruan tinggi terutama dengen perguruan tinggi besar di Sumatra Barat, tentunya salah satunya Universitas Bung Hatta.

“Menanam pohon ini sebagai kegiatan silaturahmi diantara Universitas Bung Hatta dan PT.Semen Padang tapi untuk selanjutnya kita akan melakukan kegiatan-kegiatan dalam kerjasama yang telah dibangun,” imbuh Munardi.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Direktur Utama Semen Padang dan jajaran, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta dan jajaran, Rektor dan Wakil Rektor Universitas Bung Hatta, Dirut Pascasarjana, Dekan dan Kepala Biro se-lingkungan Universitas Bung Hatta dengan melibatkann perwakilan mahasiswa.(**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 07 Februari 2014 - 20:52:31

bunghatta.ac.id - Telah berpulang ke rahmatullah ibunda Rektor Universitas Bung hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA yang bernama Hj. Hakimah dalam usia 77 tahun yang meninggal dunia pada hari Jumat (07/02/2014) pukul 17.15 WIB di Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Semoga amal dan ibadahnya diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 06 Februari 2014 - 09:07:57

 Inna Kholidasari, ST, MT, PhD, Doktor Baru Teknik Industri UBH
Inna Kholidasari, ST, MT, PhD, Doktor Baru Teknik Industri UBH
bunghatta.ac.id - Inna Kholidasari, ST, MT, PhD dosen doktor pertama jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta yang telah menamatkan studinya pada September 2013 dibawah bimbingan Prof. Aris A. Syntetos dengan disertasi yang dibahasnya implikasi dari intervensi keputusan manusia terhadap inventori sistim di University of Salford, Inggris.

Menurut Inna, manajemen persediaan atau inventori mempunyai peranan yang sangat penting dalam persaingan antar perusahaan dewasa ini. Dalam prakteknya, permasalahan yang berkenaan dengan trade-off antara customer service levels dan inventory investments hampir selalu diselesaikan ke dalam bentuk quantitative inventory management.

“Karena banyaknya item atau Stock Keeping Units (SKUs) yang dimanage oleh suatu perusahaan, solusi-solusi untuk permasalahan inventori tersebut membutuhkan sistem komputerisasi. Namun, para manajer sering mengubah keluaran dari software yang biasanya berupa hasil perhitungan statistik seperti demand forecasts dan/atau replenishment decisions,” ujar perempuan kelahiran Yogyakarta, 12 November 1974.

Ia menjelaskan penelitian yang dilakukannya ini membahas ada/tidaknya nilai tambah yang dihasilkan bila keluaran software mengenai solusi inventori diubah oleh manajer dengan tujuan untuk mengevaluasi efek-efek yang ditimbulkan oleh intervensi keputusan manusia (human judgement) pada hasil keluaran software mengenai keputusan-keputusan inventori, sebagai contoh, seberapa banyak dan kapan barang akan dipesan.

“Hasil simulasi komputer menunjukkan keputusan akhir yang berupa keluaran software yang mendapat intervensi dari manajer dapat meningkatkan performansi dari sistim inventori, terutama untuk mengurangi biaya inventori.

Dikatakannya, penelitian ini merupakan penelitian pertama yang dilakukan secara empiris di area manajemen inventori atau Supply Chain Management sehingga dapat memberikan kontribusi yang cukup besar di area ini, khususnya di bidang Business Forecasting and Inventory Management.

“Dari perspektif praktisi, hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi manajer dalam mengintervensi keluaran software mengenai keputusan inventori. Lebih jauh lagi, hasil penelitian ini juga dapat berkontribusi dalam pembuatan Inventory Support System (ISS),” imbuhnya.

Ia menceritakan selama lima tahun di UK, banyak pengalaman dan pembelajaran yang didapat. Terutama tentang sistem yang sudah berjalan dengan sangat baik sehingga apapun menjadi mudah dan jelas. Dukungan dari keluarga, dosen pembimbing dan fasilitas kampus sangat membantu.

“Saat memulai studi pada September 2009 hingga selesai September 2013, saya beberapa kali mengikuti konferen seperti Operational Research Conference yang ke 53 (OR53) di Nottingham dan OR54 Conference di Edinburgh,” uangkapnya.

“Saya juga ikut menghadiri Doctoral Training seperti Simulation Doctoral Training yang diadakan oleh NATCOR di University of Warwick dan Decision Analysis Doctoral Course di University of Manchester,” tambahnya.

Secara Terpisah, Ketua Jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta, Yesmizarti Muchtiar, ST, MT menyampaikan jurusan berharap dengan adanya lulusan S3 di Jurusan Teknik Industri akan memberikan nilai tambah pada saat visitasi BAN.

“Selain Inna Kholidasari, dosen Teknik Industri yang sedang menempuh pendidikan S3
ada 2 lagi, yaitu Ir. M. Nursyaifi Yulius, M.Tect. Mgt di UTM Malaysia dan Ir. Muhibbullah Azfa Manik, MT di Unand,” ujarnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 04 Februari 2014 - 13:13:48

Dosen UBH Terima Hibah Penelitian Dikti 2014
Dosen UBH Terima Hibah Penelitian Dikti 2014
bunghatta.ac.id - Sebanyak 36 proposal penelitian dosen Universitas Bung Hatta yang diajukan ke Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi berhasil lolos untuk mendapatkan Hibah Penelitian Perguruan Tinggi Tahun 2014.

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta, Dr. Elfiondri, SS, M.Hum mengatakan pengajuan proposal tersebut dikirimnya pada tahun lalu dan untuk dianggarkan dan dilaksanakan pada tahun 2014 ini. Hal tersebut berdasarkan surat keputusan nomor 0263/E5/2014 tertanggal 24 Januari 2014

“Proposal yang lolos seleksi tersebut sesuai dengan hasil pembahasan dan kelayakan proposal yang dinilai oleh tim reviewer Dikti, baik untuk usulan baru maupun lanjutan untuk dijadikan dasar pelaksanaan kegiatan selanjutnya di masing‐masing perguruan tinggi,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk tahun 2014 ini Universitas Bung Hatta mengalami peningkatan jumlah penerimaan proposal dan dana hingga 2 milyar. Jenis hibah penelitian yang diterima berupa Ipteks Bagi Masyarakat (IbM), Penelitian Disertasi Doktor, PenelitianFundamental, Penelitian Hibah Bersaing baik usulan baru maupun lanjutan dan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi baik usulan baru maupun lanjutan.

“Hal-hal lain Yang menyangkut Mekanisme pelaksanaan akan disampaikan melalui website dikti.go.id atau laman Simlitabmas. dikti.go.id,” ujarnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.90.138.104