Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Sosialisasi Posdaya Proklamator, Kenalkan Tas Laptop Dari Sampah

Limbah plastik adalah bahan yang sulit diuraikan mikroorganisme jika hanya ditimbun di dalam tanah. Butuh waktu hingga ratusan tahun lamanya untuk membuat plastik dapat terurai. Butuh banyak cara untuk dapat mereduksi limbah plastik tersebut. Salah satunya, yaitu dengan memanfaatkannya menjadi baran....

240 Mahasiswa FKIP UBH Ikuti Praktik Lapangan Kependidikan

Sebanyak 240 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (23/01/2015). Dalam sambutan pembukaannya Wakil Rektor I Universitas....

Mahasiswa Hukum UBH Penelitian di International Committee of the Red Cross Indonesia

Yudhi Rahman mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta melakukan melakukan penelitian tugas ke International Comminte Of The Red Cross (ICRC) Delegasi Indonesia di Jakarta pada 12-15 Januari 2015 lalu. Menurut Yudhi penelitian yang dia lakukannya seputar kasus-kasus yang terjadi kepada pet....

Gubernur Sumbar Dukung Forum Akademis Samudra Hindia

Beberapa bulan kedepan Forum Akademis Samudra Hindia akan segera dideklarasikan. Forum ini dibentuk oleh 14 perguruan tinggi ternama dari Indonesia dan Malaysia. Untuk mempersiapkannya Tim Forum Akademis Samudra Hindia Universitas Bung Hatta mengadakan audiensi dengan Gubernur Sumatra Barat di Ruma....

Sry Melvy, Mahasiswa Sastra Jepang UBH Dikirim ke Jepang

Satu lagi mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta yaitu Sry Melvy mahasiswa angkatan 2012 akan berangkat ke Jepang mengikuti program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS) 2.0 atau Jaringan Pertukaran untuk Mahasiswa dan Pemuda Jepa....

Dosen UBH Peroleh 44 Proposal Penelitian dan PKM Dikti

Sebanyak 44 proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Bung Hatta yang diajukan ke Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi berhasil lolos untuk mendapatkan Hibah Penelitian Perguruan Tinggi Tahun 2015. Direktur Lembaga Penelitian d....

Minggu 20 Juli 2014 - 12:32:18

Mahasiswa KKN-PPM UBH Rintis Sekolah PAUD
Mahasiswa KKN-PPM UBH Rintis Sekolah PAUD
bunghatta.ac.id - Minimnya sarana pembelajaran pendididkan anak usia dini (PAUD) membuat mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Jorong Sungai Nibuang, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam berinisiatif untuk membuat sekolah PAUD.

Sebanyak 7 orang mahasiswa yang melaksanakan KKN dilokasi ini merintis pembuatan sekolah PAUD yakni Denni Hamzah (Ilmu Ekonomi Pembangunan), Febri Mai Yulis Sandra (Teknik Kimia), Reni Natria Sari (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan), Makdinil Inami (Akuntansi), Yudio Putra Utama (PTIK), Lisnawati (Pendidikan Matematika) dan Meris Fauzi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Salah satu mahasiswa KKN-PPM Nagari Tiku Selatan, Febri Mai Yulis Sandra mengatakan kami buat sekolah ini atas permintaan jorong mengingat tingkat penddikan usia dini yang sangat rendah. Maka kami diminta untuk mendarikan PAUD ini dengan tujuan untuk mengenalkan anak-anak membaca dan menulis agar mereka tidak mengalami kesulitan saat memasuki jenjang sekolah dasar..

“Di PAUD ini anak-anak yang berusia 4 hingga 7 tahun dilatih menulis dan kita juga memberikan pengasuhan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini terebut untuk tumbuh dan berkembang, sesuai dengan potensinya. Sebelum membentuk PAUD ini kita juga telah melakukan survei terlebih dahulu, malah disini banyak anak SD juga yang belum pandai mambaca dan menulis,” ujarnya,

Mahasiswa jurusan Teknik Kimia ini juga menambahkan kita memberikan pelajaran sesuai level umur dan tingkat sekolahnya, yang sudah sekolah dan belum. Fokus pembelajaran berhitung, menulis dan mengenalkan angka serta huruf sebari bermain dan bernyanyi.

Pembelajaran PAUD yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM ini dimulai pada 15 juli 2014 lalu yang diikuti lebih dari 20 anak-anak yang bertempat di Musalla Nurul Yaqin Jorong Sungai Nibuang. “Awalnya mulanya yang ikut hanya 13 anak, kemudian di hari kedua menjadi 20 orang hingga dihari-hari berikutnya bisa mencapai 30 anak,” sebutnya.

Febri mengungkapkan langkah awal pembentukan PAUD ini sebagai tempat bimbingan belajar saja namun ketua jorong berharap kedepannya akan dibentuk sekolahnya. Saat ini terkendala oleh tempat dan guru pembimbingnya.

“Alhamdulillah semua kalangan dari ketua jorong hingga masyarakat sangat mengapresiasi dengan pembentukan PAUD yang dirintis mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta ini. Masyarakat sendri sangat mendukung dengan kegiatan ini, buktinya tiap hari anak-anak yang kita asuh bertambah dan tingkat kesadaran untuk mendapatkan pendidikan juga tinggi disini,” ujarnya.

Kedepannya, menurut Febri, ketua jorong berencana akan mencarikan lokasi yang baik buat kegiatan blajar mengajar ini. Kita juga sudah berdiskudi dengan guru-guru di jorong ini dan setelah selasai mahasiswa KKN disini mereka akan membuat sekolah PAUD dan mencari pembimbing.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga anak-anak yang kita bimbing bisa menjadi lebih baik lagi dan semua anak bisa senang dan bersemangat dalam belajar dan mengembangkan potensi mereka masing-masing,” tutupnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 20 Juli 2014 - 12:30:05

Rektor UBH Tinjau Mahasiswa KKN-PPM 2014
Rektor UBH Tinjau Mahasiswa KKN-PPM 2014
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA beberapa waktu yang lalu mengunjungi mahasiswa Universitas Bung Hatta yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Solok.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 19 Juli 2014 - 20:08:08

Mahasiswa KKN-PPM UBH Di Bungus Ikuti Napak Tilas Bagindo Aziz Chan
Mahasiswa KKN-PPM UBH Di Bungus Ikuti Napak Tilas Bagindo Aziz Chan
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kelurahan Bungus Kecamatan Teluk Kabung, Kota Padang turus serta menjadi peserta Napak Tilas ke-10 Gugurnya Pahlawan bangsa Bagindo Aziz Chan pada 18 Juli 2014 pukul 21.30 hingga 19 Juli 2014 pukul 08.00 WIB di Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari gugurnya leluhur pahlawan kita Bagindo Aziz Chan yang jatuh pada hari ini 19 Juli 2014 dengan tujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme ini babak diikuti unsur SKPD, kelurahan serta para pelajar.

Napak tilas ini telah menjadi kegiatan tahunan Pemerintah Kota Padang bekerjasama dengan generasi muda Kota Padang yang diikutisebanyak 1600 peserta yang tergabung menjadi beberapa regu.

Mutya Azshari Ardi, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Bungus mngatakan betapa beruntung dan bangganya kami bisa menjadi satu-satunya perwakilan warga dari kelurahan tempat dimana lokasi KKN kami.

"Kita senang ikut kegiatan napak tilas ini sebab mahasisswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta diutus langsung ibu Misnawarti, Lurah Teluk Kabung untuk mewakili kelurahan dalam mengikuti kegiatan napak tilas ini," ungkapnya.

"Kegiatan ini dapat menjadi program tambahan atau program bantu untuk mahasiswa KKN. Selain itu kami juga difasilitasi makanan untuk sahur setelah menempuh beberapa titik rute yang ditentukan panitia," tambah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Adapun rute kegiatan ini dimulai di halaman Kantor Gubernur Jalan Sudirman-Rasuna Said-Jam Ria-Alai-Jalan Gajah Mada -Simpang Tinju-Lapai-Simpang Presiden-Ulak Karang-S. Parman-Taman Makam Pahlwan Lolong-Juanda-Pantai Muaro Lasak-Hang Tuah-Samudera-Taman Budaya-Jalan Pancasila-Tugu Gempa-Simpang Karya-Jalan Thamrin-Mesjid Raya Ganting-Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo.

Sedangkan untuk di Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo Tarandam para peserta akan makan sahur, setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Tarandam-Simpang Pos Giro-Jalan Sudirman-GOR Agus Salim.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 19 Juli 2014 - 18:21:41

Tebarkan Ilmu, Mahasiswa KKN-PPM UBH Terjun Ke Sekolah
Tebarkan Ilmu, Mahasiswa KKN-PPM UBH Terjun Ke Sekolah
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) banyak yang terjun ke sekolah-sekolah untuk melakukan program pokoknya.

Seperti di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, mahasiswa jurusan Ilmu Hukum, Yudha Prasetya Nanov dan Muhammad Iqbal melakukan penyuluhan mengenai bahaya dan pelanggaran hukum terkait penggunaan narkoba di kalangan generasi muda.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Muhamamad Rozi Arianto, mahasiswa jursan Pendidan Biologi yang membahas mengenai dampak dari penggunaan narkoba. Kegiatan ini diikuti oleh 26 pelajar SDN 06 Enam Lingkung yang merupakan gabungan antara kelas 5 dan kelas 6.

Usai memberika penyuluhan, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Galur memberikan bimbingan belajar Matematika dengan menggunakan metode Jarimatika oleh Elvi Shardi, mahasiswa jurusan pendidikan Matematika.

Febrina Rahmat Diningsih , mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Galur mengatakan para pelajar SD ini ini sangat senang dengan kedatangan mahasiswa KKN yang memberikan pembelajaran kepadanya.

"Selain penyampaian lisan pembelajarannya juga diselingi dengan pemutaran film kartun pendek dan games sehingga para murid sangat senang dan antusias dengan kegiatan ini," ujarnya.

Puja salah satu murid SD 06 Enam Lingkung mengungkapkan meski pulang sekolah kami menjadi lama dari pada jadwal biasanya tapi kami sangat senang karena belajar sambil bermain dan bergurau bersama kakak-kakak dari mahasiswa Universitas Bung Hatta.

Sementara itu, Nagari Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman memberikan bimbingan belajar di luar sekolah berupa pelajaran Matematika dengan metode Jaritmatika di SDN 16 Enam lingkuang.

Willy Putra, Ketua Kelompok KKN-PPM Unversitas Bung Hatta Nagari Pakandangan mengatakan mahasiswa KKN disini menjalankan program pokoknya sosialisasi pengenalan manfaat bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk usia dini di SDN 02 Enam Lingkung yang bertempat di Jorong Kampung Paneh pada 16 Juli 2014 lalu.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, dimana para pelajar antusias sekali dalam mendengar sosialisasi dari kami. Sebelum mulai kemateri kami mengajak para pelajar ini untuk mengenal sosok tokoh Proklamator Bung Hatta," ujarnya.

Ia mengatakan saat kegiatan pengenalan bahasa, semuanya pelajar sangat aktif dan mampu menjawab tantangan yang kita berikan. Kegiatan pertama mengenai materi pembuatan pantun yang berisikan moral dan nasihat sedang untuk kegiatan yang kedua penyampaian materi memperkenalkan diri dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar.

"Untuk menutup kegiatan para pelajar diajak untuk melakukan kegiatan senam otak, allhamdulillah kegiatannya sangat semarak meskipun di bulan puasa tidak menjadi hambatan," ujanrnya.

Serupa juga mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok memberikan pembelajaran menabung usia dini dan memberikan motivasi untuk belajar cerdas kepada pelajar SDN 10 Jorong Koto hingga memberikan bimbingan belajar tambahan. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 18 Juli 2014 - 12:13:27

Mahasiswa UBH di Puncak Gunung Merbabu
Mahasiswa UBH di Puncak Gunung Merbabu
bunghatta.ac.id - Dua anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta berhasil mencapai puncak tertinggi di Gunung Merbabu beberapa waktu yang lalu.

Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian 3.148 dpl.

Kedua anggota UKM KSR-PMI Proklamator tersebut merupakan Septiman Rudi dan Novrie yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta, (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 17 Juli 2014 - 14:49:53

Mahasiswa KKN-PPM UBH Terlibat Dalam Pesantren Ramadan
Mahasiswa KKN-PPM UBH Terlibat Dalam Pesantren Ramadan
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta di Nagari Toboh Ketek Kacamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman mendapat kepercayaan untuk melaksanakan pesantren ramadan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang bertempat di Mesjid Raya Toboh Ketek.

Sejak awal pembukaan pesantren tingkat SMP ini, mahasiswa KKN-PPM sudah diberi amanah untuk mengendalikan pesantren ramadan. Mahasiswa melakukan kegiatan tadarus setelah subuh setiap paginya, setelah itu mahasiswa mengendalikan siswa agar salat dhuha dan mahasiswa diminta untuk mengisi acara hiburan seperti mendongeng, games, bahkan mengisi materi hingga penutupan pesantren pada 15 Juli 2014 lalu

Kegiatan pesantren berlangsung dari tanggal 12-15 Juli 2014 pukul 05.00-13.00 WIB dan yang menjadi tanggungjawab dari kegiatan ini Yen dan Del, yang merangkap langsung sebagai pemateri.

Del mengatakan kepada mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta, untuk pelaksanaan pesantren ini kita sangat membutuhkan bantuan tenaga untuk jadi panitia, namun dengan kehadiran mahasiswa KKN dapat terbantu.

“Jumlah peserta disini lebih dari 100 orang, kami cukup agak sulit untuk menggawasi siswa yang sebanyak ini,” ungkapnya.

Memberikan Materi

Selain menjadi panitia, dalam acara tersebut mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta menjalankan program pokoknya dengan menjadi pemateri, seperti yang dilakukan Abul Kadir dan Aisyah Sefpratama Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menyampaikan materi tentang dampak penggunaan internet.

Aisyah dalam materinya mengatakan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari memiliki dampak positif dan negatif. “Internet adalah sebuah jaringan yang saling terhubung secara global dan sangat menguntungkan apabila kita dapat menggunakannya dengan baik,” jelasnya.

“Salah satunya kita bisa membuat tugas, belajar dengan internet, sosialisasi, dan banyak lagi lainnya, internet juga dapat merusak kita seperti membuka situs-situs terlarang bahkan membuat kita lalai dalam shalat, jadi pandai-pandailah memenfaatkan internet sebaik mungkin,” tambahnya.

Senada dengan itu, Abdul menyampaikan pada meterinya tentang cara aman penggunaan internet. “Sebaiknya bukalah internet ditempat yang terbuka dan pakailah antivirus pada komputer,” ungkapnya.

Setelah penyampaian materi Mahasiswa KKN-PPM melakukan evaluasi dengan pemberian kuis selanjutnya melaksanakan kegiatan muhasabah dan terakhir bersalam-salaman dengan seluruh siswa peserta pesantren.

Di Masjid Al-Muttaqin Nagari Kayu dan di MAsjid Al-Huda Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, mahasiswa KKN_PPM Universitas Bung Hatta juga aktif dan terlibat langsung dalam kegiatan pesantren ramadan.

Selain terlibat dalam kegiatan pesantren ramadan, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta aktif dalam kepanitian acara MTQ seperti mahasiswa yang berlokasi di Nagari Tiku Utara dan Nagari Geragahan Kabupaten Agam.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 17 Juli 2014 - 08:51:18

Posko KKN-PPM Universitas Bung Hatta
Posko KKN-PPM Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Aktifitas salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta 2014 saat di Posko KKN.

Tahun 2014 ini sebanyak 1.520 mahasiswa Universitas Bung Hatta dari berbagai jurusan siap untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang dimulai dari tanggal 10 Juli sampai dengan 16 Agustus 2014.

Lokasi pelaksnaaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta akan disebar ke 51 Kenagarian di enam Kabupaten dan Kota se-Sumatra Barat, yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa, Kabupaten Agam sebanyak 294 mahasiswa, Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa, Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa, Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 mahasiswa dan Bungus Teluk Kabung Kota Padang sebanyak 30 mahasiswa. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 16 Juli 2014 - 14:34:25

Mahasiswa KKN-PPM UBH Berikan Metode Belajar Matematika Yang Asik
Mahasiswa KKN-PPM UBH Berikan Metode Belajar Matematika Yang Asik
bunghatta.ac.id - Tidak banyak siswa yang menyukai pelajaran Matematika namun bila ada metode pembelajaran yang asik dan dapat dilakukan dengan bentuk permainan akan menjadi pelajaran yang menyenangkan bagi para sisiwa di sekolah.

Seperti yang dilakukan Nila Sari mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan program pokoknya mengenai metode pembelajaran matematika dengan media bantu.

Nila mengajarkan pelajaran Matematika mengenai perkalian sambil bermain dengan menggunakan media bantu karet gelang dan dadu untuk siswa SDN 06 Gadur Kecamatan Enam Lingkung. Programnya ini untuk pelajar kelas 4 yang berjumlah sekitar 20 orang dan dilaksanakan usai pulang sekolah.

“Media yang digunakan sangatlah mudah untuk ditiru karena tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Untuk melakukan metode ini cukup dengan kertas karton, karet gelang dan dadu saja,” sebutnya.

Ia mengatakan cara permainan gampang, siapkan kerta karton yang dibentuk lingkaran dan diberi tanda angka 1 hingga angka 12 kemudian letakan karton di atas lantai. Setelah itu, kita kocok dadu. Misalnya bila dadu yang keluar angka 6 maka kita siapkan karet gelang sebanyak 6 buah dan kemudian diikat menjadi satu.

“Selanjutnya karet yang telah diikat tersebut dilempar kembali ke atas karton yang terdapat tulisan angka-angkanya. Misalnya bila karet tersebut jatuh di karton yang terdapat tulisan angka dua maka pemain akan menghitung 6 karet gelang dikali 2 maka hasilnya 12,” jelasnya.

“Aturannya dalam permainan ini sangat mudah dan sederhana sehingga dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran Matematika dan juga dapat menjadi salah satu media untuk melakukan pembelajaran Matermatika ,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Juli 2014 - 13:17:56

Mahasiswa KKN-PPM UBH Berikan Materi dan Tambahan Belajar Untuk Siswa
Mahasiswa KKN-PPM UBH Berikan Materi dan Tambahan Belajar Untuk Siswa
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mulai melakukan program pokok dengan memberikan materi pelajaran saat pesantren ramadan maupun memberikan tambahan belajar (les) di luar sekolah.

Mutia Azshari Ardi mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus, Kota Padang sudah menyelesaikan program pokoknya berupa penyampaian pembelajaran Bahasa Inggris saat pesantren ramadan di Musholla Al Hanif.

“Ada kurang lebih 45 pelajar yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan target pelajar tingkat SMP dan isi materi berupa bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, berpidato yang baik dan benar dalam bahasa Inggris,” ungkap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2011 ini.

Selain itu, Mutia juga mengatakan ada penyampaian materi dari mahasiswa Teknik Sipil mengenai penanggulangan rumah tahan gempa. Kemudian penyampaian materi mengenai pergaulan bebas remaja dari mahasiswa limu Hukum serta Berbagi ilmu seputar teknologi informasi komunikasi dari mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

Sementara itu, di Posko Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar didatangi pelajar SDN 18 Baringin di daerah setempat, dalam rangka mendaftar les Matematika dan bahasa, terutama bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Nikmatul Hikmah, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Singgalang mengatakan materi yang diberikan oleh mahasiswa sesuai dengan bidangnya masing-masing seperti saya memberikan pengenalan mengenai budaya dan bahasa Jepang seperti mengajarkan menulis huruf-huruf dan kosa kata dasar, aisatsu (salam) dan cara memperkenalkan diri dalam berbahasa Jepang.

“Untuk pelajaran Matematika isampaikan oleh Yogi Refsyan Yani disesuaikan dengan materi para pelajar di sekolahnya masing-masing. Sementara untuk pelajaran bahasa Inggris diberikan oleh Rahmita Husna dan Khsairama mengenai pengajaran vocabulary,” ungkapnya.

Ia mengatakan Kegiatan les ini langsung dimulai Senin (14/07/2014) atas pemintaan dari pelajar tersebut. Untuk hari-hari berikutnya dijadwalkan estelah pulang sekolah dan lokasi betempat di Posko Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Singgalang yang bertempat di Kantor Wali Nagari.

“Ini les, belajar di luar jam sekolah. Dari pihak sekolah mendukung kegiatan karena akan membantu pelajaran anak didiknya dan bahasa Inggris merupakan pelajaran di luar mata pelajaran sehingga akan menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi mereka. Mereka antusias sekali, terutama bahasa Jepan, buktinya saja stelah mendaftar mereka pulang ke rumah ternyata balik kembali ke posko,” ujarnya.

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Singgalang terdiri dari 30 mahasiswa yang melaksanakan programnya dari 10 Juli hingga 16 Agustus 2014. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Juli 2014 - 11:45:58

Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan dan Akuntansi oleh PT. NCI
Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan dan Akuntansi oleh PT. NCI
bunghatta.ac.id - Perusahaan yang bergerak dibidang sofware development, sistem intergrator serta konsultan dan training IT, PT. Nuansa Cerah Informasi mengadakaan sosialisasi sistem informasi manajemn keuangan dan akuntansi di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (15/07/2014).

Sosialisasi ini disampaikan oleh M. Luly dan Ade Sandy yang diikuti oleh Pimpinan Universitas, Bidang Keuangan Universitas Bung Hatta dan Yayasan Pendidikan Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.237.247.172