Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun 2015 Jalur Beasiswa Bidikmisi

Memasuki Tahun Akademik 2015/2016 Universitas Bung Hatta kembali memberi kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat yang lulus tahun 2014 dan 2015 untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas Bung Hatta melalui jalur Beasiswa Bidikmisi. Mekanisme pendaftaran sebagai berikut: 1.P....

Mapala Proklamator UBH, Sukseskan Tropical Beach Party In Sungai Nyalo

Tanpa diduga dan direncanakan, Tim Mapala Proklamator Universitas Bung Hatta mendapat kejutan ketika kegiatan yang mereka gelar dengan tajuk “We Love Earth” di Sungai Nyalo Kawasan Mandeh pada tanggal 23 Mei minggu lalu di hadiri Menteri / Kepala Bappenas Andrianof Chaniago sekaligus ikut serta ....

BEMM FTSP Gelar Parade Band dan Diskusi Motivas Jelang Ujian Akhir Semester

Menyambut Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Genap 2014/2015, Badan Eksekutifi Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyelenggarakan kegiatan Creativity Of Confidence (COC) dengan tema Prevail Your Confidental Of Hearth and Mine to Face The Exam yang ber....

Mahasiswa Pendidikan Matematika UBH Ikuti Musyawarah Himpunan Mahasiswa Matematika

Universitas Bung Hatta melalui perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika mengirimkan dua delegasinya untuk mengikuti Musyawarah Tahunan Nasional (Mustanas) Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (Ikahimatika) Indonesia dengan mengusung tema Duduak Basamo di Palanta Minang,....

Mahasiswa Ilmu Hukum UBH Juara Penulisan Aritkel Ilmiah se-Sumbar

Dua mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta berhasil mendapatkan juara dalam Kompetisi Penulisan Artikel Ilmiah antar Mahasiswa se-Sumatra Barat yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis STIKES Alifah Padang pada 19-21 Mei 2015. Kedua mahasiswa tersebut yaitu Ahmad Iffan yang memper....

Ragam Kegiatan Minat Bakat Ditampilkan dalam Penutupan Krida FKIP UBH 2015

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA membuka secara resmi kegiatan Penampilan Minat Bakat Mahasiswa dalam Penutupan Krida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universias Bung Hatta Tahun 2015 yang bertempat di Auditorium RRI Padang, Kamis (28/05/2015). Krida ....

Kamis 22 Januari 2015 - 09:39:20

Sry Melvy, Mahasiswa Sastra Jepang UBH Dikirim ke Jepang
Sry Melvy, Mahasiswa Sastra Jepang UBH Dikirim ke Jepang
bunghatta.ac.id - Satu lagi mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta yaitu Sry Melvy mahasiswa angkatan 2012 akan berangkat ke Jepang mengikuti program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS) 2.0 atau Jaringan Pertukaran untuk Mahasiswa dan Pemuda Jepang-Asia Timur 26 Januari 2015 sampai 3 Februari 2015 mendatang di Chiba dan Yamanasi, Jepang.

Dr. Diana Kartika, M.Hum Ketua Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta menyampaikan keberangkatan Sry Melvy ke Jepang ibarat bertukar tempat dengan Nikmatul Hikmah dan Ade Eka Surya pada 20 Januari 2015 yang baru menginjakkan kaki di tanah air setelah mengikuti program yang sama sejak 12 Januari 2015 lalu yang berangkat melalui program kerjasama Kementerian Luar Negeri Jepang, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Dikti.

“Berbeda dengan kedua mahasiswa prodi Sastra Jepang Universitas Bung Hatta yang baru pulang, Sry Melvy berangkat melalui program Kementerian Luar negeri Jepang dan Konjen Jepang Medan,” jelasnya.

Ia mengatakan proses seleksi di program studi juga berbeda, kalau sebelumnya kedua mahasiswa yang baru pulang diseleksi melalui prestasi akademik tertinggi. Sry Melvy menjalani seleksi dokumen, prestasi akademik, dan yang terpenting adalah seleksi berdasarkan essay dalam bahasa Jepang oleh Konjen Jepang di Medan.

“Sry merupan satu dari sembilan mahasiswa terpilih dari wilayah kerja Konjen Jepang di Medan yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau,” paparnya.

Saat pertemuan dengan pimpinan struktural di Ruang Rektor Kampus Proklamator I, Kamis (22/01/2015), Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengucapkan selamat dan bangga kepada mahasiswa Sastra Jepang untuk kesekian kalinya lagi telah mengikuti program JENESYS ini.

“Dengan mengikuti kegiatan ini kedua mahasiswa Universitas Bung Hatta tersebut dapat membuka maid set dan menambah wawasan selama di Jepang, karena dari kehidupan masyarakat disana dapat belajar untuk disiplin dan komitmen terutama dalam menghargai waktu. Selama disana Sry jgua dapat menjaga nama baik institusi dan terus mencari peluang untuk dapat melanjutkan pendidikan S2 di negeri sakura itu,” tambahnya.

Dalam petemuan tersebut dihadiri juga dikuti oleh Ketua Dr. Diana Kartika, M.Hum Ketua Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta dan Kepala Bagian Kemahasiswaan Marleni, SE, M.Si.

Selama di Jepang Sry akan mengikuti berbagai kegiatan yang padat seperti kunjungan ke perusahaan dan industri, instansi pemerintah, sekolah, wisata ke objek wisata terkenal, home stay, workshop dan persentasi kegiatan sebelum pulang kembali ke tanah air. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 22 Januari 2015 - 08:13:42

Dosen UBH Peroleh 44 Proposal Penelitian dan PKM Dikti
Dosen UBH Peroleh 44 Proposal Penelitian dan PKM Dikti
bunghatta.ac.id - Sebanyak 44 proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Bung Hatta yang diajukan ke Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi berhasil lolos untuk mendapatkan Hibah Penelitian Perguruan Tinggi Tahun 2015.

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta, Dr. Elfiondri, SS, M.Hum mengatakan pengajuan proposal tersebut dikirimnya pada tahun lalu dan untuk dianggarkan dan dilaksanakan pada tahun 2015 ini. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 0094/E5.1/PE/2015 tertanggal 16 Januari 2015.

“Proposal yang lolos seleksi tersebut sesuai dengan hasil pembahasan dan kelayakan proposal yang dinilai oleh tim reviewer Dikti, baik untuk usulan baru maupun lanjutan untuk dijadikan dasar pelaksanaan kegiatan selanjutnya di masing-masing perguruan tinggi,,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk tahun 2015 ini Universitas Bung Hatta mengalami peningkatan jumlah penerimaan proposal dan jumlah dana yang cukup besae. Jenis hibah penelitian yang diterima berupa PenelitianFundamental baik usulan baru maupun lanjutan, Penelitian Hibah Bersaing baik usulan baru maupun lanjutan dan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi baik usulan baru maupunlanjutan, Ipteks Bagi Masyarakat (IbM) hingga KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat.

“Hal-hal lain Yang menyangkut mekanisme pelaksanaan akan disampaikan melalui website dikti.go.id atau laman Simlitabmas.dikti.go.id,”ujarnya.

Jenis penelitian yang berhasil didapatkan yaitu penelitian fundamental 9 judul untuk usulan baru dan 4 judul untuk lanjutan, penelitian hibah bersaing 6 judul untuk usulan baru dan 13 judul untuk lanjutan. Kemudian penelitian unggulan perguruan tinggi 2 judul dari pendanaan hibah usulan baru dan 1 judul dari lanjutan.

Untuk hibah pengabdian kepada masyarakat yang berhasil didapatkan yaitu Ipteks Bagi Masyarakat (IbM) 8 judul dan 1 judul untuk KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat.

Porsi penerima dana hibah penelitian Ditlitabmas Ditjen Dikti untuk tiap fakultas di Universitas Bung Hatta (UBH) yaitu Fakutas Ekonomi (FE) 9 judul, Fakultas Hukum (FH) 1 judul, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 8 judul.

Untuk Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 3 judul, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) 8 judul, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) 4 judul dan Fakultas teknologi Industri (FTI) 11 judul. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 22 Januari 2015 - 08:06:47

Posdaya Proklamator, Memperkuat Pemberdayaan Masyarakat
Posdaya Proklamator, Memperkuat Pemberdayaan Masyarakat
bunghatta.ac.id - "Posdaya (Pos Pemerdayaan Keluarga) Yayasan Damandiri merupakan terobosan dalam memperkuat pemberdayaan masyarakat yang mewadahi semua kegiatan yang ada di desa/kelurahan dengan mengoptimalkan potensi lokal yang ada," ujar Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Ir. Indra Khaidir, saat sosialiasi pembentukan Posdaya Proklamator di SDN 28, Kelurahan Air Tawar Timur, Selasa (20/1).

Disebutkan Indra, dengan terbentuknya lembaga sosial antar keluarga di desa atau kelurahan yang mejadi wadah atau sarana partisipasi sosial, dimana para keluarga dapat memberi dan menerima pembaruan kondisi kehidupan melalui forum atau kegiatan bersama, dengan fokus pada empat kegiatan utama yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan

“Posdaya adalah suatu wadah untuk layanan pemberdayaan keluarga oleh satuan tugas (Satgas) kepada masyarakat dalam rangka menuju kesejahteraan yang tercakup dalam delapan fungsi MDGs (Millennium Development Goals), dengan sasaran Posdaya meliputi lima tahap kehidupan mulai dari Balita (bayi di bawah usia lima tahun), anak-anak, remaja, dewasa dan Lansia (lanjut usia)”, imbuh Indra.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ir. Eddy Soesillo menyebutkan bahwa, Universitas Bung Hatta bersama dengan 8 Perguruan Tinggi di wilayah Sumatera Barat dan Muaro Bungo Jambi memperkuat kerjasama dengan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri), hal itu dituangkan dalam bentuk penandatangan nota kesepahaman pelaksanaan program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Universitas Bung Hatta beberapa waktu yang lalu.

Eddy menyebutkan, Universitas Bung Hatta akan mendorong potensi sumberdaya lokal yang ada, seperti mengembangkan industri rumahan dan juga akan memberikan pendampingan bagi tumbuh kembangnya Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

“Sedangkan bidang lingkungan, UBH akan mengarahkan pada upaya pengelolaan sampah menjadi kompos, ataupun menjadi pupuk cair dengan teknologi sederhana, dan untuk keberlanjutannya, baik pemerintah, masyarakat, universitas, LSM, dan berbagai perusahaan sudah seharusnyalah mendukung, bahkan memperluas posdaya di seluruh pelosok nusantara ini” harap Eddy yang juga dosen Fakultas Teknologi Industri UBH ini. (**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 21 Januari 2015 - 13:53:25

Pustikom UBH Berikan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akademik
Pustikom UBH Berikan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akademik
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akademik bagi seluruh Ketua Jurusan dan Sekertaris Jurusan/Program Studi yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (21/01/2015).

Pelatihan ini dijelaskan langsung oleh Drs. Riswandi, M.Si dan Arisal Yanuarafi, S. Kom dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustikom) Universitas Bung Hatta yang membahas mengenai wewenang dan akses portal untuk Ketua Jurusan dan Sekertaris Jurusan.

Selain itu juga ada penjelasan dari Kepala Biro administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Hendra Kusuma, S.Pi., M.Si mengenai sistem pelaporan akademik baru ke DPPT Dikti.

Dalam arahannya, Wakil Rektor I Universitas Bung hatta Dr. Ir. Eko Alvares. Z, MSA mengatakan Universitas Bung Hatta sedang terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk kegiatan akademik terutama dengan keluarnya berbagai peraturan kementerian pada tahun 2014 lalu yang menuntut perbaikan dan penyesuaian sistem akdemik.

“Dari sistem ini semua akan terintergrasi terutama dalam pelaporan kegiatan akademik tiap semsesternya. Untuk masalah akareditasi nantinya dapat diakses datanya dari PDPT Dikti yang dikirim melalu sistem ini,” ujarnya.

“Sejauh ini sistem yang telah dirancang oleh Pustikom telah mendukung untuk kegiatan akademik dan terus dikembangkan sehingga Universitas Bung Hatta dapat menyesuaikan dengan peraturan-peraturan akademik yang dikeluarkan oleh kementerian sekaligus menjalankan amanat undang-undang,” tambahnya.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 21 Januari 2015 - 12:20:39

Youngsan University Korea Tawarkan Program Double Degree ke UBH
Youngsan University Korea Tawarkan Program Double Degree ke UBH
bunghatta.ac.id - Youngsan University Korea Selatan mengirim Direktur Of Indonesia Institute, Prof. Je Dae Sik, berkunjung ke Universitas Bung Hatta, Rabu,21/1/15. Dalam pertemuan di ruangan sidang rektor Kampus I Ulak Karang l tersebut di hadiri seluruh pimpinan struktural dan beberapa mahasiswa di lingkungan UBH, Prf.Je Dae Sik menawarkan program Double Degree untuk beberapa fakultas yang ada di UBH, diantaranya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknik maupun Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Rektor UBH Prof.Dr. Niki Lukviarman, menyambut baik tawaran kerjasama tersebut, karena sejalan dengan visi dan misi Universitas Bung Hatta menuju Universitas Berkelas Dunia dan hal itu juga adalah salah bentuk pengakuan dunia internasional terhadap keberadaan Universitas Bung Hatta.

“Pada saat ini, UBH memang telah ada beberapa MoU dengan beberapa Universitas luar negeri, sperti Jerman, Malaysia, Jepang dan beberapa negara lainnya, dan pertemua dengan Youngsan University Korea ini adalah awal dari penjajakan kerjasama dengan Universitas yang ada di Korea Selatan” jelas Niki.

Sementara itu Prof. Je Dae Sik yang fasih berbahasa Indonesia ini mengaku, bahwa ia telah lebih 16 tahun berada di Indonesia dan menyelesaikan pendidikan S1 sampai S3 di Indonesia. Ia adalah orang Korea pertama yang menyelesaikan pendidikan Doktor di Indonesia.

Ia sangat senang sekali atas sambutan dan antusiasisme dari UBH dengan berbagai program yang di tawarkan Youngsan University bagi civitas akademika UBH.

“Program yang kami tawarkan ini dengan harapan para mahasiswa yang ketika lulus nanti mempunyai kompetensi diri yang baik hal itu semata-mata demi kemajuan pembangunan bangsa Indonesia dan Sumatera Barat pada khususnya” imbuh Je.Dae. (**Indrawadi-humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 21 Januari 2015 - 11:05:38

Empat Tim Mahasiswa UBH Peroleh Dana PKM Dikti
Empat Tim Mahasiswa UBH Peroleh Dana PKM Dikti
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta kembali berhasil mendapatkan bantuan dana dari proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti untuk dibiayai pada tahun anggaran 2015.

PKM itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akademis secara profesional dan dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta Dr. Elfiondri, SS, M.Hum mengatakan untuk tingkat mahasiswa, sebanyak tiga kelompok mahasiswa Universitas Bung Hatta yang lolos berdasarkan lampiran surat No. 0074/E5.3/KPM/2015 tertanggal 14 Januari 2015.

“Kempat proposal PKM dari mahasiswa Universitas Bung Hatta tersebut merupakan jenis PKM-Penelitian yang akan didanai Dikti pada tahun anggaran 2015 untuk dua jenis yaitu PKM Penelitian Eksakta dan PKM Pengabdian Kepada Masyarakat,” ujarnya.
Elfianri juga mengingat pelaksanan kegiatan PKM tahun 2015, dimulai setelah penandatanganan kontrak dan akan dilakukan monitoring dan evaluasi pada bulan Juni 2015.

Keempat orang tim tersebut yaitu tim Winda Novita Sari berasal dari jurusan Teknik Kimia dengan judul proposal Maksimalisasi Glukosa Dengan Hidrolisis Mengunakan Trichoderma Virde Dan Trichoderma Resei untuk jenis PKM Penelitian Eksakta.

Kemudian, tim Azwar Rahma yang berasal dari jurusan Perancangan Wilayah dan Kota (PWK) dengan judul Kajian Tentang Kesiapan Masyarakat Dan Pemerintah Kota Padang Dalam Menghadapi Gempa Dan Tsunami untuk jenis PKM Penelitian Sosial Humaniora

Selanutnya tim Donata Edsadova dari jurusan Perancangan Wilayah dan Kota (PWK) yang membuat proposal Kajian Potensi Pantai Sako Sebagai Alternatif Objek Wisata Baru Di Kota Padang untuk jenis PKM PenelitianSosial Humaniora.

Terakhir, tim Ahmad Ifan dari jurusan Ilmu Hukum yang membuat proposal "Pesta Cyber Dijaho" (Penerapan Solusi Terbaik Atas Pengunan Cyber Dikenagarian Jaho) untuk jenis PKM Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Semoga tiap tahunnya mahasiswa Universitas Bung Hatta lebih banyak lagi yang lolos proposalnya dan juga lebih giat lagi mengikuti PKM dari Dikti ini,” harapan Elfiondri. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 21 Januari 2015 - 10:25:13

Tim Robotic UBH loloskan 4 proposal Kontes Robot 2015
Tim Robotic UBH loloskan 4 proposal Kontes Robot 2015
bunghatta.ac.id - Tim robotic Universitas Bung Hatta yang di komandani Ir. Eddy Soesilo, staf pengajar Fakultas Teknologi Industri UBH, berhasil meloloskan 4 tim pada seleksi tahap pertama untuk mengikuti Kontes Robot Seni Indonesia tahun 2015 yang akan di selenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bulan Agustus nanti.

Disebutkan Eddy, informasi itu berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor 0109/E5.3/KP/2015, tanggal 20 Januari 2015, perihal hasil seleksi tahap I (Pertama) KRAI-KRPAI-KRSBI-KRSI.

Dalam surat itu dijelaskan, hasil seleksi tahap I atau seleksi administrasi proposal calon peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) yang terdiri dari Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI) sebanyak 63 tim, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) 89 tim, KRPAI berdoda sebanyak 130 tim, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KSRBI) sebanyak 33 tim dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) sebanyak 54 tim.

Eddy menambahkan, tim robotic UBH mengajukan robot “Current” untuk kategori KRAI (Kontes Robot ABU Robocon Indonesia), robot “Ambuih” untuk kategori KRPI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia), robot “Santiank” untuk kategori KSRBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) dan robot “Rank Mantiak Part 2.v1.0” untuk kategori KRSI ( Kontes Robot Seni Indonesia).

“Untuk lolos seleksi tahap II, semua tim harus segera membuat laporan dalam bentuk presentasi, foto-foto yang mencakup robot dan anggota tim dengan latar belakang kampus, tim juga harus mempersiapkan video berdurasi 5 menit yang bisa menjunjukkan kemampuan robot sesuai dengan kategorinya masing-masing” imbuh Eddy.(**Indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 20 Januari 2015 - 10:29:46

Posdaya Sebagai Model Pemberdayaan Masyarakat
Posdaya Sebagai Model Pemberdayaan Masyarakat
bunghatta.ac.id - Dalam rangka pelaksanaan Millenium Development Goals (MDGs), Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga mengembangkan fungsi keluarga yang diarahkan kepada lima prioritas sasaran utama, yaitu, (1) komitmen pada pimpinan dan sesepuh tingkat desa dan pedukuhan, kecamatan dan kabupaten, (2) pengembangan fungsi keagamaan, fungsi KB dan kesehatan, (3) fungsi pendidikan, (4) fungsi kewirausahaan dan (5) fungsi lingkungan hidup yang memberi makna terhadap kehidupan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Penguatan fungsi-fungsi utama tersebut diharapkan memungkinkan setiap keluarga makin mampu membangun dirinya menjadi keluarga sejahtera, keluarga yang mandiri dan keluarga yang sanggup menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik

Hal itu di ungkapkan Ir. Indra Khaidir,ST.,MT Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta saat sosialiasi pembentukan Posdaya Proklamator untuk 5 kelurahan di Kota Padang, di ruangan Sidang Rektor Kampus Proklamator I, Ulak Karang.

Disebutkan Indra, tujuan pembentukan posdaya adalah untuk menyegarkan modal sosial, seperti hidup bergotong-royong dalam masyarakat guna membantu pemberdayaan keluarga secara terpadu dan membangun keluarga bahagia dan sejahtera.

“Saat ini sudah ada 250-an Perguruan Tinggi dan 35.000-an posdaya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan Universitas Bung Hatta bersama dengan 8 Perguruan Tinggi lainnya di Sumatera Barat dan Muaro Bungo Jambi sudah memperkuat kerjasama dengan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri), hal itu dituangkan dalam bentuk penandatangan nota kesepahaman pelaksanaan program Pos Pemberdayaan Keluarga, yang di tanda tangani langsung oleh Prof. Haryono Suyono, Ketua Yayasan Damandiri” imbuh Indra.

Dijelaskan Indra, posdaya terbentuk dari upaya yang timbul dari kesadaran masyarakat sendiri yang secara cerdas untuk mengentaskan kemiskinannya. Bukan mengandalkan berbagai bantuan yang hanya bertujuan memanjakan. Dengan Posdaya, masyarakat juga terus dilatih untuk menumbuhkan semangat dalam berkreatifitas agar keterampilannya semakin tercipta.

“Untuk keberlanjutannya, baik pemerintah, masyarakat, universitas, LSM, dan berbagai perusahaan sudah seharusnyalah mendukung, bahkan memperluas posdaya di seluruh pelosok nusantara ini” harap Indra yang juga dosen Fakultas Teknik Sipil UBH ini. (**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 19 Januari 2015 - 14:20:30

LPPM-UBH Bentuk Posdaya Damandiri Untuk 5 Kelurahan di Kota Padang
LPPM-UBH Bentuk Posdaya Damandiri Untuk 5 Kelurahan di Kota Padang
bunghatta.ac.id - Guna memantapkan pelaksanaan program pembangunan sumberdaya manusia melalui pola kemitraan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Bung Hatta menggandeng 5 Kelurahan di Kota Padang, seperti dari Air Tawar Barat, Air Tawar Timur, Gunung Pangilun, Ulak Karang Selatan dan Kelurahan Alai Parak Kopi.

Pertemuan yang berlangsung di ruang Rektor, Kampus I Universitas Bung Hatta tersebut di hadiri oleh masing-masing utusan dari kelurahan, direncanakan posdaya bentukan bersama itu akan di beri nama Posdaya Proklamator I sampai dengan Proklamator V.

Indra Khaidir Koordinator pengelola KKKN-PPM Universitas Bung Hatta menyebutkan, sebelumnya Universitas Bung Hatta bersama dengan 8 Perguruan Tinggi di wilayah Sumatera Barat dan Muaro Bungo Jambi memperkuat kerjasama dengan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri), hal itu dituangkan dalam bentuk penandatangan nota kesepahaman pelaksanaan program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Universitas Bung Hatta beberapa waktu yang lalu.

Ditambahkan Indra, dengan ditandatanganinya nota kesepahaman tersebut, diharapkan para akademisi ikut berpartisipasi meningkatkan keberhasilan pelaksaan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Tujuan pembentukan Posdaya adalah menggalakkan kembali kegotongroyongan masyarakat dalam memecahkan permasalahan kehidupan yang makin komplek, melalui wadah atau forum yang memberi kesempatan para keluarga untuk sejahtera.

Kemudian, terpeliharanya infrastruktur sosial kemasyarakatan yang dapat menjadi perekat atau kohesi sosial, sehingga tercipta suatu kehidupan yang rukun dan damai, tetapi memiliki dinamika yang tinggi.

Selanjutnya, terbentuknya lembaga sosial antarkeluarga di desa atau kelurahan yang mejadi wadah atau sarana partisipasi sosial, dimana para keluarga dapat memberi dan menerima pembaruan kondisi kehidupan melalui forum atau kegiatan bersama.

“Posdaya adalah suatu wadah untuk layanan pemberdayaan keluarga oleh satuan tugas (Satgas) kepada masyarakat dalam rangka menuju kesejahteraan yang tercakup dalam delapan fungsi MDGs (Millennium Development Goals), dengan sasaran Posdaya meliputi lima tahap kehidupan mulai dari Balita (bayi di bawah usia lima tahun), anak-anak, remaja, dewasa dan Lansia (lanjut usia)”, imbuh Indra.

Sementara itu Rina dari Kelurahan Air Tawar Barat, menyambut baik rencana pembentukan posdaya proklamator tersebut. Menurutnya selama ini kegiatan serupa sudah ada di kelurahan masing-masing, namun dengan pembentukan posdaya yang didampingi langsung oleh Universitas Bung Hatta tentu akan lebih baik lagi, baik dari segi manajemen, menyusun dan menjalakan program-program maupun dalam penyusunan proposal kegiatan serta pelaporannya. (*Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 19 Januari 2015 - 12:36:33

Mahasiswa UBH Ikuti Pelatihan Nasional Bridge Youth 2015
Mahasiswa UBH Ikuti Pelatihan Nasional Bridge Youth 2015
bunghatta.ac.id - Sebanyak tiga orang mahasiswa Universitas bung Hatta diundang oleh Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia ( PB GABSI) untuk mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) Bridge Youth 2015 pada 25 januari – 7 februari 2015 di Telkom Universty, Bandung.

Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Agung Dwi Saputro, Wewen Yuhendri dan Yunita Fyty yang berasal dari program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Pelatihan nasional ini diselenggarakan dalam rangka untuk pembentukan tim Nasional Youth Indonesia Tahun 2015 yang dipersiapkan untuk mengikuti APBF Youth Championship yang akan dilaksanakan di Bangkok, Tahailan pada 1-7 April 2015.

PB GABSI mengundang 8 pasang untuk masing masing katagori yang akan dipertandingkan yaitu katagori pemain junior, katagori pemain youngster dan kataogri pemain girls. Pemain ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang diundang merupakan para atlit youth yang berprestasi pada berbagai kejuaraan Bridge selama tahun 2013 dan 2014 terutama kejuaraan nasional dan kerjuaraan nasional pelajar dan mahasiswa begitu juga denga PON Remaja 2014.

Saat pertemuan altit Bridge Universitas Bung Hatta dengan pimpinan struktural di Ruang Rektor Kampus Proklamator I, Jumat (09/01/2015), Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengucapkan selamat dan bangga kepada mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mendapat undangan langsung dari PB GABSI dengan membawa nama daerah dan perguruan tinggi.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi kampus karena hanya mahasiswa Universitas Bung Hatta saja yang menjadi perwakilan dari provinsi Sumatra Barat dalam mengikuti Pelatnas Bridge ini,” ujar Niki.

Niki menyampaikan agar para atlit Bridge Universitas bung Hatta ini serius dan sungguh-sungguh dalam mengembangkan kemampuannya, begitu juga dengan perkuliahannya jangan sampai tertinggal harus cepat wisuda.

“Kita berharap ketiga mahasiswa kita ini dapat menjaga nama baik institusi dan daerahnya serta dapat juga menambah jaringan dengan altit lainnya dan tokoh-tokoh di PG GABSI,” imbuhnya. tambahnya.

Selama ini Tim Bridge Universitas Bung Hatta sudah dikenal dengan memperoleh berbagi juara di wilayah Sumbar, Riau dan Jambi, namun saat ini berhasil masuk di nasional dengan mengalahkan tim bridge dari perguruan tinggi ternama yang biasa menjadi juara seperti pada pertandingan yang bar-baru ini diikuti di Surabaya pada 09 hingga 16 Desember 2014 lalu yang meraih 4 penghargaan, dalam Kejuraan Bridge Nasional yaitu untuk kategori beregu berhasil meraih juara IV, untuk kategori berpasangan berhasil mendapatkan juara III, sedangkan untuk Piala Pahlawan dan Piala HBN masing-masing memperoleh juara II.

Dalam petemuan tersebut dihadiri juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum, Kepala BAAK Hendra Kusuma, S.Pi., M.Si, Kepala Bagian Kemahasiswaan Marleni, SE, M.S dan Kepala Humas Indrawadi, S. Pi. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 174.129.135.89