Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Esok, Penari Asal India Akan Tampil di Universitas Bung Hatta

Puluhan penari asal India akan datang ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan pertujukan seni dan kebudayaan dalam rangkaian acara yang bertajuk Festival of India di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 05 Maret 2015 pukul 09.00 WIB esok. Kegiatan yang ....

Seminar Kampus Siaga Bencana Awali Kegiatan Pelatihan SAR Nasional KSR-PMI Proklamator UBH

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan M.Hum membuka secara resmi mengadakan kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama dan Penyelamatan di Air Nasional I KSR PMI Unit Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universita....

Alumni Teknik Industri UBH Akan Gelar Reunian dan Mubes

Ikatan alumni bukanlah sesuatu yang baru untuk dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Keberadaannya telah mewarnai dan menorehkan jejak dalam penyelenggaraan pendidikan. Bagi sebuah perguruan tinggi, ikatan alumni menjadi bagian penting dalam pengelolaan pendidikan dan harus memperoleh perhati....

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Belajar Aplikasi Software Jurusannya

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Software Teknik Kima yang dilaksanakan di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 28 Februari – 1 Maret 2015. Ketua Pelaksana Ary Susanto mengatakan keg....

Mahasiswa Teknik Industri UBH Pilih Ketua HMMJ Baru

mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung hatta mengadakan pesta demokrasi untuk melakukan pergantian kepengurusan lembaga mahasiswa ditingkat juruasan. Kegiatan tersebut dalam bentuk Musyawarah Masyarakat MAHASISWA Jurusan (MMMJ) dengan mengangkat tema “Menuj....

Rektor UBH Buka Krida FKIP 2015

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE , Akt, MBA membuka kegiatan Krida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang diperuntukan untuk mahasiswa angkatan 2014. Kegiatan pembukaan ini diladakan di Aula Pertemuan lantai 4 Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator ....

Selasa 30 September 2014 - 15:43:25

Kurangi Resiko Tsunami Dengan Penilaian Pembangunan Infrastruktur di Kota Padang
Kurangi Resiko Tsunami Dengan Penilaian Pembangunan Infrastruktur di Kota Padang
bunghatta.ac.id - Kota Padang sangat rentan terhadap ancaman bencana gempa dan tsunami, untuk itu perlu dilakukan penilaian resiko dampak tsunami dan implementasinya terhadap pembangunan infrastrukstur di Kota Padang.

Dalam pemaparannya, Dr. Rini Mulyani, M.Sc (Eng) Dosen Universitas Bung Hatta saat Seminar Nasional Kebencanaan dengan tajuk Aspek Kebencanaan dalam pembangunan infrastruktur di daerah rawan bencana yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (30/09/2014).

Ia menyampaikan sekilas mengenai Tsunami dan penyebab terjadinya. Tsunami merupakan serangkaian gelombang yang ditimbukan akibat adanya gangguan secara tiba-tiba (impulsive) yang mengebabkan pemindahan sejumlah besar air pada lautan. Tsunami telah dikaji terlebih dahulu oleh negara jepang sehingga wajar saja kata Trunami berasal dari bahasa Jepang.

“Banyak hal yang dapat menyebabkan tsunami seperti dari gempa bumi, eruspis gunung merapi, longsor pada dasar laut dan benturan metero. Namun yang menjadi pembahasan penting saat ini penyebab tsunami oleh adanya gempa besar,” ungkapnya lulusan magister dan doktoral University of Sheffield Inggris ini.

Tsunami memiliki karakteristik perpindahan volume air laut terjadi mulai dari dasar hingga kepermukaan air laut, memiliki panang gelombang yang besar bisa mencapai 500 km pada laut dalam dan memiliki periode gelombang yang besar bisa mencapai 2000 detik pada laut dalam.

“Kecepatan tsunami dapat berubah-ubah berdasarkan kedalaman laut dan kecepatan dan panjang gelombang trunami dapat berkurang saat mendekati pantai akan tetapi memiliki ketinggian yang semakin meningkat, kecepatan rata-rata tsunami bila sampai daratan bisa mencapai 36 km/jam jauh lebih lambat dibandingkan oleh pelari profesional dengan kecepatan rata-rata bisa mencapai 10 km/jam,” ungkapnya.

Untuk itu perlu dilakukan penilaian resiko terjadinya tsunami di Kota Padang dengan melakukan kajian dari konsisi tektonik di Sumatra, zona wilayah gempa dan kegempaan di sumatra hingga harus mengenal karakateristik tsunami yang diakibatkan gempa di Sumatera.

Dalam penilaian akan bahaya tsunami, Rini menyampaiakn terdapat beberapa metode seperti metode probabilistik vs metode deterministik. “Dalam penilaian tersebut dapat dilihat simulasi sejauhmana hubungan empiris ketinggian tsunami di sumatera, kemudian dikembangkan dan dilakukan perhitungan kecepatan tsunami berdasakan riwayat pernah terjadinya tsunami,” ujarnya.

Rini mengatakan perlu dilakukan perancangan bangunan dan gedung yang tahan terhadap tsunami. Gedung ini merupakan gedung ekseisting ataupun baru yang akan digunakan untuk shalter ketiak terjadi evakuasi vertikal. Gedung tahan tsunami harus memenuhi persyaratan ssebagai berikut bila terjadi tsunami dengan resiko rendah maka strukstur bangunan harus tetap kokoh berdiiri dan tidak terjadi kerusakan struktural dan nonstrukrtual.

‘Kemudian bila resiko sedang maka struktur bangunan harus kokoh berdiri tapi boleh terjadi nonstrukrtual sedangkan bila resiko tinggi maka struktur bangunan harus tetap kokoh berdiri, boleh terjadi nonstrukrtual dan struktural pada kolom dan balok tapi banguan tidak roboh,” sebutnya

“Dalam merancang banguan tahan tsunami akan beda dengan banguanan tahan gempa, bila tahan gempa bangunan harus menggunakan bahan yang ringan sedangkan untuk bangunan tsunami harus menggunakan material yang berat,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 30 September 2014 - 14:17:51

Kesiapan Universitas Bung Hatta dalam Pengurangan Risiko Bencana
Kesiapan Universitas Bung Hatta dalam Pengurangan Risiko Bencana
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta merupakan salah satu kampus yang termasuk kedalam kawasan rawan bencana yang berada di daerah rawan gempa dan berada di pesisir pantai dan menghadap langsung ke laut. Untuk mengurangi dampak resiko bencana Universitas Bung Hatta telah melakukan pemetaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc Dirut Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta saat menyampaikan materi kesiapan Universitas Bung Hatta dalam pengurangan risiko bencana dalam Seminar Nasional Kebencanaan ayng diadakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta dengan tajuk aspek Kebencanaan dalam pembangunan infrastruktur di daerah rawan bencana yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (30/09/2014).

Nasfryzal Carlo mengatakan pemetaan yang telah dilakukan berupa pengurangan resiko bencana, pendidikan dan sertifikasi, sosisalsisasi dan capasity building serta jejaring dan kerjasama. Setiap kegiatan terdiri dari beberapa sub kegiatan yang secara umum merupakan kefiatan yang berbasis akademik dan diikuti dengan pelatihan dan simulasi.

“Kegiatan ini tidak saja berhunungan pihak internal namun mengajak juga pihak-pihak lain untuk berkerjasama seperti dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional dan Daerah, pemerintah pusat dan daerah hingga lembaga internasioanal serta masyarakat umum,” ujarnya.

Ia menyampaikan sejak pasca gempa Singkarak tahun 2007 hingga sekarang ini, Universitas Bung Hatta telah turut aktif membantu dalam kegiatan mitigasi, rekonstrusi hingga soisialaisai seperti keigatan penilaian cepat kerusakan bangunan, pendampingan fasilitator pasca gempa 2009, pembuatan escepe building kampus, simulasi bencana gempa tsunami dan lainnya.

“Selain itu dalam kegiatan pengurangan resiko bencana melibatkan peran serta mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa dan Kelembagaan mahasiswa seperti Mapala Proklamato, Pramuka, KSR-PMI Proklamator dan lainny,” ungkapnya.

Untuk mendukung kampus yang siaga bencana, Universitas Bung Hatta juga telah memiliki program studi magister kekhususan manajemen risiko bencana dibawah program S2 Teknik Sipil dan memberikan materi kebencanaan kepada mahasiswa pada setiap program studi. Kemudian Universitas Bung Hatta juga memiliki Pusat Sudi Bencana dan Lingkungan Hidup, Klinik Konstruski. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 30 September 2014 - 13:48:27

Seminar Nasional Kebencanaan: Perlu Strategi Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Bencana
Seminar Nasional Kebencanaan: Perlu Strategi Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Bencana
bunghatta.ac.id - Memperingati 5 tahun gempa besar Sumatra Barat yang terjadi pada 30 September 2009 lalu, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Seminar Nasional Kebencanaan dengan tajuk Aspek Kebencanaan dalam pembangunan infrastruktur di daerah rawan bencana yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (30/09/2014).

Ketua Pelaksana, Dr. Zulherman, ST, M.Sc menyampaikan kegiatan seminar ini bertujuan untuk memperingati gempa besar yang melanda Sumatra Barat khususnya Kota Padang yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan rusaknya infastrukstur. Selain itu juga dengan kegiatan ini dapat menjadi bahan untuk mengevalusi sejauhmana infastrukstur fisik yang ada di Sumatra Barat tahan akan gonjangan gempa dan hantaman tsunami.

“Dalam seminar ini kita dapat berdiskusi dari hasil kajian-kajian dari para pemateri seputar kegempaan dan mengurangi risiko dampaknya serta bagaimana merancang bangunan di kawasan rawan gempa,” sebutnya Zulherman yang menjabat juga sebagai Ketua Jurusan Teknik Ekonomi Konstruski Universitas Bung Hatta.

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE menyampaikan perlunya dilakukan kajian yang mendalam mengenai dampak bencana terhadap infrastrukstur di Suamatra Barat karena termasuk wilayah rawan bencana.

“Sebagai institusi pendidikan, tentunya peran perguruan tinggi sangat penting dan menjadi garda terdepan dalam melakukan kajian-kajian kegempaan dan struktur bangunan untuk memberikan input kepada pemerintah dalam membuat kebijakan terhadap dunia konstruksi,” ujarnya.

Seminar nasional ini menghadirkan pembicara utama Ir. Hedrianto W. Husaini, MSCE, M.Si dari Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia dengan topik materi pembangunan infrastruktur di kawasan rawan bencana

Selain itu juga terdapat 3 pemateri laginnya yang dibahas secara panel yatu Prof. Ir. Mahsyur Irsyam, MSE, Ph.D, Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc dan Dr. Rini Mulyani, M.Sc (Eng) dengan moderator Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA dan diikuti lebih dari 250 peserta yang tersiri dari mahasiswa, pejabat pemerintahan di sumbar hingga praktisi dunia jasa konstruski.

Ir. Hedrianto W. Husaini, MSCE, M.Si menyampaikan aspek ekonomi dan aspek lingkungan selalu menjadi pertimbangan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Padahal sebagai supermarket bencana pembangunan infrastruktur di Indonesia harus mempertimbangkan aspek kebencanaan karena Indonesia memiliki berbagai macam variasi alam dengan karakteristik masing-masing.

“Berbicara masalah planning infrastruktur, Universtias Bung Hatta sudah tepat sebagai perguruan tinggi terkemuka di kawasan bencana mengadakan kegiatan ini dalam rangka sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan bila Indonesia tidak paham mengenai kebencanaan itu sangat konyol sekali. Kekayaan dan keindahan alam serta lokasi Indonesia yang strategis sehingga dalam pembangunan infrastruktur sangat rumit dan penting sebagai upaya mitigasi bencana dan pascabencana.

“Pembanguan infrastruktur diharapkan sesuai dengan kedaerahan sesuai dengan penerapan tata ruang microzoning. Mudah-mudahan Kota Padang segera memiliki peta kebencanaan secara detai disesuaikan dengan karakteristik tanah di daerah masing-masing,” ujanya.

Hedrianto mengatakan seharusnya tiap daerah yang berada di kawasan bencana harus memiliki bangunan di satu kawasan yang diandalkan untuk menjamin keselamatan masyarakat banyak sebagai upaya mitigasi bencana. Di Kota Padang, bisa dibuatkan satu tempat yang multifungsi misalnya saja jalan di by pass dapat menjadi lapangan terbang untuk dapat mendarat pesawat herkules bila sewaktu-waktu terjadi bencana.

"Untuk itu dalam membangun infrastruktur di daerah rawan gempa perlu teknologi yang mutakhir dan update sehingga diharapkan dalam melakukan pembangunan itu tidak hanya mementingkan aspek ekonomi dan lingkungan saja tetapi askpek kebencanaan yang berhubungannya dengan nyawa manusia," ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 September 2014 - 11:01:47

Employees Gathering Universitas Bung Hatta Tahun 2014
Employees Gathering Universitas Bung Hatta Tahun 2014
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan acara Employees Gathering Tahun 2014 bagi Tenaga Kependidikan Unit Rektorat, UPT Perpustakaan dan Laboratorium Dasar yang bertempat di Istana Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Bukittinggi, Sabtu (27/09/2014).

Kegiatan ini diisi dengan permainan dan perlombaan seperti lomba balap karung, lomba joget balon, lomba tarik tambang hingga lomba makan pisang.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta, Dra. Susi Herawati, M.Pda menyampaikan kegiatan Employees Gathering tahun 2014 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tidak melibatkan anggota keluarga masing-masing.

"Kedepan, tantangan akan lebih berat lagi karena unit-unit ini harus melakukan pelayanan yang laebih ekstra dan prima lagi. Dengan kegiatan ini diharpakan dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan serta untuk menjalin tali silaturahmi antar unit Rektorat, UPT Perpustakaan dan Laboratorium Dasar," ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 September 2014 - 09:49:06

Anniversary ke -27 KSR PMI Proklamator
Anniversary ke -27 KSR PMI Proklamator
bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Suka Relawan Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan acara Anniversary yang ke -27 di Gedung B Balairung Caraka Kampus I Ulak Karang Sabtu, (27/09/2014).

Anniversarry KSR PMI Proklamator kali ini bertemakan kita tingkatkan kecintaan terhadap KSR dan sesama . Acara ini di hadiri oleh Pembina KSR PMI Proklamator, PMI kota Padang, KSR PMI se-kota Padang, Kelembagaan mahasiswa selingkungan Universitas Bung Hatta hingga Anggota Luar Biasa (ALB) KSR PMI Proklamator.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Yogi Maiyolendra mengatakan dalam rangkan perayaan ulang tahun KSR PMI Proklamator ke-27, sebelumnya telah diadakan kegiatan Penyuluhan Anti Narkoba di SMA Bunda Padang.

“Penyuluhan ini diadakan bertujuan agar Siswa SMA yang sangat rawan sekali menjadi korban penyalahgunaan narkoba mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba serta dasar hukum dari penyalahgunaan narkoba,” sebutnya.

Ia juga mengatakan pemateri yang kami hadirkan juga adalah orang-orang terpilih yaitu dari Badan Narkotikan Nasional dan Dr. Uning Pratimaratri, SH, MH dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH/Dewita WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 September 2014 - 09:30:04

17 Wartawan Baru UKM Wawasan Proklamator Resmi Dilantik di Alam Terbuka
17 Wartawan Baru UKM Wawasan Proklamator Resmi Dilantik di Alam Terbuka
bunghatta.ac.id - Mengadakan kegiatan tidak hanya dilakukan di ruangan saja, tapi dapat dilaksanakan juga di alam terbuka seperti yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta yang mengadakan kegiatan Pelantikan 17 Calon Wartawan dan Anggota Baru Angkatan 2013 yang diadakan di Objek Wisata Gunung Padang, Minggu (28/08/2014).

Armalina Ketua Pelaksana Pelantikan menjelaskan setelah mendapatkan pendidikan dan magang hampir satu tahun lamanya, akhirnya para calon wartawan dan anggota baru UKM Wawasan Proklamator angkatan 2013 ini dapat juga resmi dilantik.

“Sebagai anggota baru, kita berharap komitmen dan keseriusannya di UKM Wawasan Proklamator, agar roda keorganisasian dapat berjalan dengan baik dan juga terus memberikan kontribusinya kepada organsiasi. Selain itu, para anggora baru ini juga harus mematuhi segala peraturan yang berlaku di dalam organsiasi dan Kode Etik Jurnalistik yang telah mereka bacakan ketika pelantikan,” ujar Armalina yang merupakan Pimpinan Redaksi UKM Wawasan Proklamator.

Sementara itu, Pimpinan Umum UKM Wawasan Proklamator, Suci Pujiani mengatakan acara pelantikan ini sebagai langkah regenerasi keanggotaan dan juga untuk meneruskan tongkat estafet kepenguruan di massa yang akan datang.

“Biasanya kegiatan pelantikan di dalam ruangan dan bersifat resmi dan kaku, tapi kita dari UKM Wawasan Proklamator berbeda, dengan melakukan pelantikan di alam terbuka agar lebih santai dan dapat meningkatkan lagi rasa kebersamaan antar sesama anggota sekaligus untuk refreshing,” ujarnya.

Pembina UKM Wawasan Proklamator, Indrawadi, S.Pi yang melantik secara resmi Wartawan dan Anggota Baru Angkatan 2013 ini bangga dengan para anggota baru ini, karena mampu bertahan calon anggota hingga anggota. Setelah mendapatkan pembekalan yang lebih matang, para anggota yang juga merupakan wartawan harus meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas dalam membuat sebuat tulisan.

“Sebagai unit kegiatan yang menjadi ujung tombak bagi organsiasi kemahasiswaan dalam hal pemberitaan tentunya para aggota harus lebih aktif lagi dalam mencari berita dan perkaya website kita,” imbuh Indrawadi yang juga Humas Universitas Bung Hatta ini.

Selain mendapat ID Card Wartawan, peserta pelantikan juga mendapatkan sertifikat pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang diadakan oleh UKM Wawasan Proklamator selama mereka menjalani masa pembekalan mengenai seluk beluk dunia jurnalistik dari narasumber yang didatangkan langsung dari media cetak, online dan televisi lokal maupun nasional. (**Ubay Humas UBH/Annisa WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 27 September 2014 - 01:35:18

36 Tim Ikuti Turnamen Futsal Elektro Cup II Championship se-Kota Padang
36 Tim Ikuti Turnamen Futsal Elektro Cup II Championship se-Kota Padang
bunghatta.ac.id - Sebanyak 36 tim mengikuti Turnamen Futsal Elektro Cup II Championship Untuk Mahasiswa se-Kota Padang yang diadakan oleh Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang berlangsung selama tiga hari 26-28 September 2014.

Pertandingan ini dilaksanakan di Lapangan Futsal Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta mengusung tema your love make me strong, your hate make me unstoppable ini dibuka secara resmi oleh Ketua jurusan Teknik Elektro, Ir. Arnita. MT.

Dalam sambutan pembukaannya, Jumat (26/09/2014), Arnita mengungkapkan rasa bangga kepada mahasiswanya telah mengadakan event yang bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan persahabat antar mahasiswa se-Kota Padang.

“Dengan petandingan ini, para peserta dapat melatih diri untuk profesional saat ikut dalam berbagai kegiatan dan dapat juga untuk menjunjung tinggi sprotifitas antar peserta lainnya sehingga dengan kegiatan ini dapat mengasah softskill kita dalam bidang olahraga,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Turnamen ini, Ikhsan Irdas mengatakan kegiatan ini menjadi program kerja himpunan pada tahun ini yang diselenggarakan dengan maksud untuk menjalin semangat persaudaraan antar mahasiswa se-Kota Padang.

"Alhamdulillah, pertandingan kita ini cukup antusias diikut oleh para mahasiswa karena dari target semula peserta hanya 16 tim ternyata yang daftar 36 tim melebihi target yang ditetapkan panitia," sebutnya.

Ia juga mengatakan pertandingan ini juga sebagai sarana untuk menyalurkan juga potensi dan bakat para mahasiswa dalam bidang keolahragaan. "Dengan turnamen futsal ini para mahasiswa juga dapat menanamkan dan menciptakan rasa sportifitas yang tinggi sebagai pembinaan mental mahasiswa,” ucapnya, Jumat (26/09/2014).

Nantinya para tim akan dibagi menjadi 3 pool dan akan memperebutkan tropi dan tabanas untuk juara 1, 2 dan 3.

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan FTSP SILeNT EFFECT, Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan acara SILeNT Sport Competition Pertandingan Futsal Tingkat Mahasiswa se-Kota Padang pada 24-30 September 2014 di GOR Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 26 September 2014 - 13:10:48

UBH Akan Perkuat Kerjasama Dengan Gifu University
UBH Akan Perkuat Kerjasama Dengan Gifu University
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta akan memperkuat kerjasama dengan Gifu University Jepang dengan Fakultas Teknik yang ada di Universitas Bung Hatta, setelah sebelumnya melakukan kerjasama dengan Jurusan Teknik Kimia melalui program Basin Water Environmental Leader (BWEL) untuk melanjutkan pendidikan Magister (S2) di Gifu University.

Hal tersebut dikatakan Prof. Mamoru Koketsu dari Gifu University saat melakukan kunjungan kerja dan pelepasan alumni Universitas Bung Hatta penerima beasiswa program Basin Water Environmental Leader (BWEL) yang Bertempat di Ruang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta beberapa waktu yang lalu.

Mamoru Koketsu melakukan pembicaraan mengenai Gifu University Global Environment & Energy Program (GU-GEEP) yang merupakan pengganti dari program Basin Water Environmental Leader (BWEL). Program ini akan disosialiasikan ke 10 perguruan tinggi di dunia, salah satunya Universitas Bung Hatta.

“Program ini merupakan bertujuan untuk mengembangkan program pendidikan S2 di Gifu University dan meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang berminat melanjutkan studi di Gifu University,” ujarnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyambut baik dengan adanya kerjasama ini. Tentunya dengan adanya kerjasama ini, nantinya akan menambah dan memperkuat hubungan Universitas Bung Hatta dengan perguruan tinggi di luar negeri sekaligus dapat meningkatkan akteditasi institusi kampus dan mengokohkan visi Universitas Bung Hatta menuju berkelas dunia.

“Diharapkan Universitas Bung Hatta mendapatkan kesempatan untuk melakukan kerjasama pada program University Global Environment & Energy Program (GU-GEEP) yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang dan bila Universitas Bung Hatta terpilih akan diundang langsung ke Gifu University untuk pertemuan program ini pada 17-19 Desember 2014,” ungkap Niki.

Dalam petemuan tersebut diikuti oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum, Dekan Fakultas Teknologi Industri Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc. Ketua Jursan Teknik Kimia, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT dan salah satu dosen Jurusan Teknik Kimia Dr. Mulyazmi ST, MT (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 26 September 2014 - 12:46:29

Yenni Trianda, Alumni ke-5 Teknik Kimia UBH Dapat Beasiswa Studi S2 di Gifu University
Yenni Trianda, Alumni ke-5 Teknik Kimia UBH Dapat Beasiswa Studi S2 di Gifu University
bunghatta.ac.id - Yenni Trianda alumni Jurusan Teknik Kimia Fakutas Teknologi Industri yang diwisuda bulan April 2014 lalu itu mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan Magister (S2) di Gifu University Jepang melalui beasiswa program Basin Water Environmental Leader (BWEL) yang diperolehnya.

Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengatakan Yenni merupakan alumni ke-5 dari Jurusan Teknik Kimia yang mendaptkan beasiswa Basin Water Environmental Leader dan beasiswa tersebut merupakan bagian dari hasil kerjasama River Basin Research Center Gifu University dengan Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta.

“Beasiswa tersebut bertujuan membina mahasiswa pascasarjana sebagai pemimpin lingkungan yang memahami masalah-masalah lingkungan hidup dengan pandangan yang luas, mampu merencanakan, melaksanakan dan mencari solusi strategis serta pencegahannya,” jelasnya.

Reni mengatakan sejak tahun 2010 hingga saat ini terdapat 5 orang alumni Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang sedang mengikuti program magister dan doktoral di Universitas Gifu Jepang, yakni Joni Aldilla Fajri, M.Eng, Edwina Zainal M.Eng, Weni Zuwirna, Farrah Fadhillah Hanum dan yang terbaru Yenni Trianda

“Untuk Joni dan Edwina telah menyelesaikan program masternya dan Joni lanjut mengambil program doktoral (S3) di tahun ke-3 dan tahun ke-2 untuk Edwina. Sementara itu untuk Weni sedang S2 di tahun ke-2 dan Farrah di tahun pertama,” ujarnya.

Saat pertemuan sekaligus perpisahan Yenni dengan pimpinan struktural di Ruang Rektor Kampus Proklamator I, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengungkapkan bangga dengan alumni jurusan Teknik Kimia yang berhasil melanjutkan studi di Jepang sebab untuk mendapatkan beasiswa ini tidaklah mudah harus bersaing dengan orang-orang dari seluruh dunia.

“Kita berharap setiap tahunnya tidak hanya satu yang dikirim untuk mengikuti program beasiswa ini dan dengan kerjasama yang telah dilakukan antara jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dan Gifu University ini dapat meningkatkan akteditasi institusi kampus dan mengokohkan visi Universitas Bung Hatta menuju berkelas dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, Yenni Trianda mengungkapkan bisa melanjutkan sekolah S2 ke Gifu University merupakan salah satu impian yang menjadi kenyataan baginya. Negara Jepang itu menjadi salah satu negara yang sejak dulu ingin kunjungi dan Alhamdulillah terwujud.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak untuk seluruh dosen Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang tidak pernah bosan untuk mendidik dan membimbing kami layaknya orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Apalagi untuk tahun ini hanya saya yang terpilih dari Indonesia untuk memperoleh beasiswa ini, tentunya tanggung jawab yen lebih besar dalam menjaga nama baik almamater dan juga nama baik Indonesia,” ungkapnya.

Ia juga berpesan jangan pernah menyerah dalam menggapai mimpi. Mimpi hanya akan menjadi mimpi jika tidak ada upaya untuk mewujudkannya. “Karena itu, jangan pernah berhenti untuk memperjuangkannya dan menjadikannya nyata. Insya Allah,” ucapnya.

Dalam petemuan tersebut dihadiri juga oleh Prof. Mamoru Koketsu dari Gifu University, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum, salah satu dosen Jurusan Teknik Kimia Dr. Mulyazmi ST, MT dan Dekan Fakultas Teknologi Industri Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 26 September 2014 - 10:21:43

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Tampil di International Young Scientists Conference
Mahasiswa Teknik Kimia UBH Tampil di International Young Scientists Conference
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta kembali lagi tampil mempresentasikan hasil penelitianya dalam The 3rd International Young Scientists Conference on Analytical Sciences yang diselenggarakan oleh FMIPA Universitas Andalas pada 23-24 September 2014 di Convention Hall Universitas Andalas Padang.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, mengatakan kegiatan seminar skala internasional ini selalu diikuti tiap tahunnya oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia. Untuk tahun 2014 ini mahasiswa yang tampil yaiitu Zulki Muhadi dan Erda Rahmilaila Desfitri.

“Dengan kegiatan ini diharapakan dapat menjadi sarana bagi para peneliti muda baik mahasiswa S1, S2, S3 maupun para dosen muda untuk diberi kesempatan dalam memaparkan karya atau hasil penelitiannya dihadapan pada peneliti lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan seminar ini juga akan menyediakan sebuah forum diskusi untuk para peneliti muda dalam membahas perkembangan terbaru, untuk bertukar ide dan pengalaman sesuai bidang ilmu yang digelutinya dan dengan aktifnya mahasiswa tampil di forum-forum ilmiah dapat melatih kemampuan softskill dan membiasakan diri mereka berinteraksi dengan negara lagi terutama dalam penguasaan bahasa asing.

Pada tahun ini dua makalah yang dipaparkan yaitu pertama berjudul Death Kinetics of Microorganisms by Non-Thermal Plasma System dengan peneliti Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Dr.Eng Ariadi Hazmi, St, MT, Ellyta Sari ST, MT, Yenni Trianda ST, Zulki Muhadi.

Kemudian makalah kedua berjudul Identification of Inulin on Four Levels of Dahlia Flower Tuber dengan peneliti Ir Elmi Sundari, MT, , Dra. Munas Martynis, M.Si, Dra. Erti Praputri, M.Si dan Erda Rahmilaila Desfitri.

Pada seminar ini menghadirkan plenary lecture dan keynote speaker dari negara Indonesia dan Jepang dan diikuti oleh perguruan tinggi terkemuka dan intansi peneliti di Indonesia, Jerman dan Jepang seperti dari Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta, Universitas Udayana, Universitas Riau, UIN Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor, Akademi Teknologi Industri Padang, Baristand, Gifu University, Nagoya University, Okayama University, Shinshu University, German Cancer Research Centre (DKFZ), Jerman dan lainnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.163.106.31