Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Batam Tread Expo 2054: Perkenalkan Program Studi Universitas Bung Hatta

Dalam memperkenalkan program studi yang dimilikinya, Universitas Bung Hatta turut mengambil bagian dalam Pameran Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam pada 16-18 April 2015. Ir. Nasril. S, MT, Ketua Tim Pameran Universitas Bung H....

Wisudawan Fakultas Perikanan UBH Dibekali Sertifikat Pendamping Ijazah

Perhelatan Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 Universitas Bung Hatta di Gelanggang Olah Raga Kampus II, Aia Pacah, Sabtu (18/4), Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta Ir. Yempita Effendi,MS, usai pelaksanaan prosesi wisuda menyerahkan Sertifikat Pendamping Ijazah kepada 7....

Lulusan UBH Tidak Boleh Lengah

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr.Niki Lukviarman SE, Akt, MBA melantik 742 lulusan Universitas Bung Hatta pada acara Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/4/15). Ke 742 lulusan tersebut terdiri dari Fakutas Ekonomi 73 or....

Ikuti Pameran, Universitas Bung Hatta Perkenalkan Pentingnya Akreditasi Program Studi

Saat ini sudah tidak ada lagi dikotomi antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, namun yang perlu diperhatikan lagi bagi calon mahasiswa yang ingin memilih perguruan tinggi dalam melanjutkan pendidikannya yaitu akreditasi. Hal demikian dikatakan Wakil Rektor II Universitas Bung ....

Universitas Bung Hatta Ikuti Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo 2015

Universitas Bung Hatta menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam pada 16-18 April 2015 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Batam H. Rudi SE, MM. Dalam sambuta....

Sebelum Wisuda, Lulusan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Dibekali Kesiapan Menghadapi MEA

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta terus menunjukkan komitmennya dalam mengantarkan lulusan ke dunia kesuksesan. Bahkan sampai detik akhir menjelang wisuda ke -63 yang akan dilaksanakan Sabtu,18/4 nanti, Fakultas Teknik Sipil masih menambahkan bekal untuk memenangkan pers....

Rabu 18 Februari 2015 - 14:11:45

Pohon Tumbang, Timpa 5 Sepeda Motor Mahasiswa
Pohon Tumbang, Timpa 5 Sepeda Motor Mahasiswa
bunghatta.ac.id - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Padang sejak pagi hari, Rabu,18/2/15 menumbang kan sebuah pohon pelindung di Kampus 1 Universitas Bung Hatta, mengakibatkan 5 sepeda motor mahasiswa mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tersebut. (**Indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Februari 2015 - 09:39:37

Bio Science Competition 2015 Tingkat SMA Sederajat se-Sumatera Barat
Bio Science Competition 2015 Tingkat SMA Sederajat se-Sumatera Barat
bunghatta.ac.id - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta akan melaksanakan Bio Science Competition Tingkat SMA/MA sederajat se-Sumatera Barat yang akan dilaksanakan di Aula Balirung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 22 Februari 2015.

Rhani Dwinta Irfan, Ketua Pelaksana menyampaikan kegiatan ini sebagai salah satu wadah dan ajang berkompetisi dalam bidang Biologi sehingga tujuan untuk membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

“Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan intelektualitas siswa dalam bidang ilmu biologi secara kompetitif dan sportif, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal di masa depan dalam bidang ilmu biologi untuk membentuk pribadi dengan pola pikir logis, kritis, sistematis, produktif, inovatif, dan kreatif,” jelasnya.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi bagi pelajar agar lebih meningkatkan pemahaman tentang ilmu biologi dan implementasinya serta mengenalkan Universitas Bung Hatta (UBH) pada umumnya dan jurusan Pendidikan Biologi pada khususnya kepada masyarakat luas,” tambahnya

Rhani juga mengatakan target utama kegiatan ini adalah sebagai ajang meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal di masa depan pada bidang biologi untuk membentuk pribadi dengan pola pikir logis, kritis, sistematis, produktif, inovatif, dan kreatif.

“Selain itu juga berfungsi sebagai ajang pengenalan Universitas Bung Hatta (UBH) pada umumnya dan jurusan Pendidikan Biologi pada khususnya kepada pelajar SMA dan sederajat Se-Sumatera Barat,” lengkapnya.

Pendaftaran perlombaan hingga tanggal 19 Februari 2015 dan masih bisa mendaftar ketika acara pada 22 februari 2015 dengan insert Rp. 50.000,- per peserta. Dapat kunjungi langsung stand di kampus Proklamator I dan di kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta.

Informasi lebih lanjut dapat hubungi contact person Nining 085263114533 dan pin 79AEAFB9, Intan 083181350861 dan pin 2890B39E, Nita 085375597857 dan pin 5124A680. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Februari 2015 - 09:18:56

UKM Wawasan Proklamator Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar
UKM Wawasan Proklamator Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar
bunghatta.ac.id - Untuk menciptakan jurnalis kampus yang berkulaitas dan profesional, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar untuk Calon Wartwan (Cawan) dan Calon Anggota (Caang) angkatan 2014 yang berlangsung pada 14-15 Februari 2015.

Ketua Pelaksnana, Pramudita Putri menyampaikan pelatihan wajib diikuti oleh semua calon anggota dan calon wartawan UKM Wawasan Proklamator. Pelatihan ini terdiri dari 5 pertemuan untuk pertemuan pertama dan kedua berisi mengenai profil UKM Wawasan Proklamator, dasar-dasar jurnalisitik, teknik menulis berita dan teknik wawancara yang disampaikan oleh Bayu Haryanto, ST Senior UKM Wawasan Proklamator.

“Untuk materi selanjutnya akan ada foto jurnalistik, penulisan feature, opini dan artikel,jurnalisme TV dan Publik Speaking atau Reportase. Semua materi tersebut harus diikuti dan nantinya diakhir pelatihan akan ada ujian tertulis dan praktiknya. Kemudian, akan magang selama 6 bulan dan resmi menjadi anggota setalah dilantik,” ucapnya.

Sementara itu, Pimpinan Umum UKM Wawasan Proklamator Doni Saputra menjelaskan Wawasan Proklamator merupakan satu-satunya unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di dunia jurnalistik dan UKM Wawasan Proklamator telah memiliki kurikulum untuk pelatihan jurnalistik tingkat dasar.

“Selama pelatihan para calon anggota harus serius dan berkomitmen agar tiap ilmu yang dipeoleh dari para pemateri dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dikemudian hari ketika telah menjadi wartawan,” ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 16 Februari 2015 - 10:01:09

Kuliah Umum Semester Genap Pascasarjana Universitas Bung Hatta
Kuliah Umum Semester Genap Pascasarjana Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum dalam menyambut Semester Genap Tahun Akademik 2014/2015 yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas bung Hatta, Sabtu (14/02/2015).

Kuliah umum ini mengangkat tema Phylosopy of the Science and Reseach: Succeeding in Post Graduate Study bersama Dr Allan Frank Lauder, MA dari Universitas Indonesia. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 16 Februari 2015 - 09:16:09

Diskusi Film Bung Hatta, Filmnya Masyarakat Minangkabau
Diskusi Film Bung Hatta, Filmnya Masyarakat Minangkabau
bunghatta.ac.id - Siapa yang tidak kenal dengan Bung Hatta, sosok yang sederhana, santun, jujur dan bersahaja ini dalam waktu dekat biografinya akan diangkat ke layar lebar sehigga dapat menginspirasi dan menjadi teladan bagi siapa pun penontonnya baik dalam maupun luar negeri.

Universitas Bung Hatta mendapat kepercayaan untuk menjadi tempat penyelenggra diskusi film Hatta The Movie dengan mendatangkan narasumber Christine Hakim Aktris Senior dan Sutradara Erwin Ernanda yang diadakan di Aula balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jumat (16/02/2015).

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum menyampaikan sebagai perguruan tinggi yang menyandang dan menggunakan nama Sang Prokalamor Bung Hatta, sangat bangga akan kesempatan menjadi lokasi diskusi film yan sangat penting ini.

“Di Universitas Bung Hatta terdapat matakuliah khusus yang wajib diikuti oleh mahasiswa yaitu Kebunghattaan. Dalam matakuliah ini diajarkan nilai-nilai dan pemikiran Bung Hatta. Tak hanya itu dalam Statuta Universitas Bung Hatta yang terbaru terkandung juga pokok pikiran Bung hatta seperti moral religius, rasional akademik dan kearifan lokal,” jelasnya.

Sementara itu, Christine Hakim dalam diskusinya mengatakan mempelajari sejarah itu sangat penting. Sejarah tidak cukup untuk dipelajari, sejarah tidak cukup untuk dikenal siapa pelakunya atau tokohnya. Dalam mempelajari sejarah itu harus menjiwainya terutama dalam sejarah bangsa seperti dalam film Bung Hatta yang akan diproduksi ini.

“Dengan film Bung Hatta ini para penonton nantinya dapat merasakan dan mamahami negerinya sendiri. Sekaligus sebagai sarana revolusi budaya bangsa yang selama ini sudah tidak berakar pada rumah sendiri,” ucapnya.

Kemudian, Erwin Ernanda menjelaskan kedatangannya ke Sumatra barat untuk melakukan diskusi dan mencari fakta-fakta baru yang tidak ditemukan untuk menyempurnakan skenario film. Tim telah melakukan riset baik dari literatur, orang-orang terdekat bung hatta bahkan tim juga pergi ke Belanda.

“Film Bung Hatta ini mengambil setting waktu pada tahun 1927 hingga 1949 dimana periode ini menjadi hal yang sangat penting dalam perjalanan hidup Bung Hatta. Dalam film ini juga mengambil sisi humanis,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan dalam pertengahn bulan Februari 2015 mendatang akan dilakukan casting pemain di Kota Padang dan terbuka untuk masyarakat Minangkabau. Film ini akan digarap pada Maret 2015 dan diluncurkan rencannya pada Agustus 2015.

“Film biopic Bung Hatta ini sangat penting bagi negeri ini terutama bagi masyarakat Minangkabau, karena Bung hatta pada dasarnya masih hidup di dalam hati masyarakat Minangkabau,” tambahnya.

Diskusi ini juga diputarkan secara esklusif teaser dan beberapa cuplikan video dalam adegan Film Bung Hatta.

Dalam diskusi ini diikuti oleh tokoh-tokoh yang dekat dengan Bung Hatta, jurnalis, dosen dan mahasiswa Universitas Bung Hatta hingga penggiat pokok pikiran Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 13 Februari 2015 - 20:24:19

Universitas Bung Hatta Peringkat 90 Versi 4ICU Tahun 2015, Peringkat 142 Versi Webometrics
Universitas Bung Hatta Peringkat 90 Versi 4ICU Tahun 2015, Peringkat 142 Versi Webometrics
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta naik 9 peringkat, dari posisi 9 ke posisi 90 dari 11.160 Universitas dan Sekolah Tinggi yang diurutkan berdasarkan tingkat popularitas web di lebih 200 negara dunia . Berdasarkan Informasi Peringkat Web Universitas yang diterbitkan Januari 2015 oleh 4ICU (4International College and Universities). Sedangkan versi Webometrics berada pada peringkat 142.

4ICU mengeluarkan laporan resmi tentang Rangking Web Universitas sedunia melalui website resmi 4ICU http://www.4icu.org/id/.

Pemeringkatan ini dilakukan oleh 4ICU menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda dari tiga search engines yang independen dan saling terpisah yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank,Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow.

4ICU adalah sebuah mesin pencari dan direktori (search engine and directory) yang me-review Universitas dan Sekolah Tinggi yang terakreditasi skala internasional. 4ICU meliputi 11.160 Universitas dan Sekolah Tinggi yang diurutkan berdasarkan tingkat popularitas web di lebih 200 negara dunia.

4ICU mengulas akreditasi perguruan tinggi di dunia. Pemeringkatan dilakukan dengan metode algoritma dan didasarkan pada tiga mesin pencari independen seperti Google Page Rank, Yahoo Inbound Links, dan Alexa Traffic Rank.

Sementara itu, penilaian versi Webometrics dilakukan terhadap 4 parameter utama, yaitu: Size, Visibility, Rich Files, dan Scholar, Universitas Bung Hatta berada pada peringkat 142, naik 11 peringkat dari posisi sebelumnya pada peringkat 153 dari 400 web universitas atau perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar pemeringkatan Webometrics edisi Januari 2015. Webometrics melakukan peringkatan lebih dari 21.000 web universitas atau perguruan tinggi di dunia.

Webometrics mengeluarkan laporan resmi tentang web rangking Universitas sedunia melalui web resmi dengan alamat : http://www.webometrics.info.

Sementara itu, Ibu Holy Chaniago, yang bekerja di Kopertis wilayah 12 melalui akun facebooknya mengenai Webometrics menyebutkan, Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut.

Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu Perguruan Tinggi diseluruh dunia. Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan edisi Januari 2015 berjumlah 401 Perguruan Tinggi.

Dijelaskan, Webometrics dimulai pada Juli 2012, parameter penilaian berubah. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%).

Untuk parameter Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2014) dan di Google Scholar (tahun 2007-2014).

Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 13 Februari 2015 - 09:00:42

Ilmu Hukum, Akuntansi dan Pend. Bahasa Inggris UBH Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT
Ilmu Hukum, Akuntansi dan Pend. Bahasa Inggris UBH Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT
bunghatta.ac.id - Tiga program studi/ jurusan di Universitas Bung Hatta yang telah melakukan proses reakreditasi berberapa waktu yang lalu berhasil memperoleh akreditasi baru yaitu jurusan Jurusan Ilmu Hukum, jurusan Akuntansi dan Pendidikan Bahasa Inggris dengan peringkat akreditasi masing-masing B.

Penilaian akreditasi jurusan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 untuk jursan Ilmu Hukum yang berlaku hingga 5 tahun kedepan hingga 07 Desember 2019. Sedangkan untuk jurusan Akuntansi dan Pendididkan Bahasa Inggris dengan No. 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 yang berlaku hingga 5 tahun kedepan hingga 28 Desember 2019.

Keputusan peringkat akreditasi ini telah memenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan penelusuran di dalam situs ban-pt.kemdiknas.go.id.

Akreditasi sendiri adalah salah satu bentuk penilaian terhadap sistrm penjaminan mutu eksternal dan kelayakan sebuah institusi perguruan tinggi atau program studi, yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi seperti Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Saat ini Universitas Bung Hatta terdapat 1 program studi untuk program diploma (D III) dan 24 program studi sarjana (S 1) serta untuk program pascasarjana (S 2) terdapat 6 program studi. Masing-masing program studi di Universitas Bung Hatta umumnya telah terakreditasi dari BAN-PT dengan peringkat B. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 12 Februari 2015 - 11:51:01

Mahasiswa Sastra Jepang UBH Juara II Lomba Pidato Bahasa Jepang Internasional
Mahasiswa Sastra Jepang UBH Juara II Lomba Pidato Bahasa Jepang Internasional
bunghatta.ac.id - Fitri Ramadhani mahasiswa angkatan 2010 jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta menorehkan prestasi di kancah internasional yang berhasil memperoleh Juara II Lomba Pidato Berbahasa Jepang Internasional Untuk Pelajar Asing ke-8 yang dilaksanakan pada 06 Februari 2014 lalu di Kota Amagasaki Hyogo Jepang.

Fitri berhasil mengalahkan peserta pesaingnya yang berasal dari Jepang,Indonesia, Tiongkok, Taiwan, Korea, Polandia, Ukraina, Jerman, dan Australia. Sedangkan untuk juara pertama dari Tiongkok dan diposisi ketiga Taiwan dengan dewan juri dari Amagasaki International Association, Sonoda Women’s University (SWU), Kansai Kokusai Daigaku, dan Sangyou Gijutsu Tanki Daigaku.

Oslan Amril, SS, M.Si, Sekretaris Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta menyampaikan Fitri Ramadhani ini merupakan mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta yang tengah menjadi peserta beasiswa pertukaran mahsiswa tahun 2014 untuk belajar di Sonoda Women's University.

“Fitri membawakan pidato yang berjudul sensei to ittara nani wo omoi ukabemasuka. Sebagai gambaran dalam pidatonya sensei (guru/dosen) itu bukan cuma yang mengajar di sekolah saja tetapi dari pengelaman yang kita rasakan juga merupakan guru yang baik. Belajar bukan hanya di dalam kelas, tetapi juga berusaha mengenal lingkungan sekitar dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita merupakan pelajaran yang baik selama kita tinggal di luar negeri,” jelasnya.

Dikatakannya, hampir tiap tahunnya mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta meraih juara dalam lomba pidato tersebut. Selama mengikuti program ini mereka akan mempelajari budaya dan bahasa Jepang dengan program-program yang sudah disusun sedemikian rupa.

“Selain mendapatkan pengetahuan tentang bahasa dan budaya Jepang, Anita juga akan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia sesuai dengan tujuan program ini yaitu pertukaran budaya antar dua negara," ujarnya.

Terpisah, Ketua Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menjelaskan Universitas Bung Hatta telah menjalin kerjasama dengan Sonoda Women's University Hyogo Jepang sejak tahun 2002 untuk mengirim mahasiswi Sastra Jepang Universitas Bung hatta belajar selama satu tahun disana. Sampai tahun 2015 ini mahasiswi yang dikirim adalah peserta yang ke 12 sejak program ini dimulai tahun 2003.

“Minggu ini Sastra Jepang akan mengadakan seleksi mahasiswi yang akan dikirim sebagai pengganti Fitri yang kan kembali bulan Maret 2015 mendatang. seluruh biaya hidup, biaya sekolah dan perjalanan pulang-pergi ke Jepang termasuk buku-buku semuanya dibiayai oleh pihak SWU bekerja sama dengan HUMAP (Hyugo University Mobility in Asia and the Fasific).

Ia juga berharap dengan banyaknya prestasi yang diraih dapat motivasi adik-adik kelasnya di jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta. “Hal ini merupakan kesempatan yang sangat berharga serta promosi yang sangat baik bagi Universitas Bung Hatta di mancanegara,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 12 Februari 2015 - 09:11:34

Laptop Si Unyil Trans7, Liput Penelitian Tentang Inulin Teknik Kimia UBH
Laptop Si Unyil Trans7, Liput Penelitian Tentang Inulin Teknik Kimia UBH
bunghatta.ac.id - Keberadaan kandungan inulin dalam umbi-umbian menjadi perhatian saat ini terutama bagi kesehatan, salah satu umbi yang memiliki kadar inulin tinggi yaitu umbi dari bunga dahlia. Inulin bukan saja merupakan komponen prebiotik yang dapat menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam sistem pencernaan tetapi juga merupakan serat pangan yang baik untuk kesehatan manusia.

Hal tersebut yang melatarbelakangi Leptop Si Unyil Trans7 untuk membuat liputan mengenai proses pembuatan inulin dari bunga dahlia yang sedang diteliti oleh jurusan Teknik Kimia Fakultas Tekonologi Industri Universitas Bung Hatta. Demikian disampaikan oleh Mutia Ginting, Ass Produser Leptop Si Unyil Trans7 disela-sela proses poduksi liputan, Rabu (11/02/2015).

Tim produksi tersebut terdiri dari 3 kru yaitu Mutia Ginting Ass Produser Leptop Si Unyil Trans7, Ibnu Shiyam Camera Person dan Reja Dalimanthe Reporter.

Mutia menyampaikan tim melakukan pengambilan gambar dimulai dari budidaya bunga dahlia di Bukittinggi kemudian proses pembuatan inulin yang dilakukan oleh peneliti dari jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta hingga aplikasi inulin dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui tayangan Leptop Si Unyil Trans7 ini kita akan mengedukasi masyarakat mengenai manfaat inulin bagi kesehatan manusia sebab inulin banyak dimanfaatkan oleh industri pangan yang memproduksi makanan ringan yang biasa dikonsumsi. Selain itu tayangan ini juga akan lebih menggali mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang segmen penontonnya untuk anak-anak,” ujarnya.

Penelitian inulin ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa dan dosen di Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang diketuai Ir. Elmi Sundari, MT dan anggota Dra. Munas Martinis, M.Si, Dra. Erti Prapurti, M.Si dengan melibatkan beberapa mahasiswa angkatan 2010 dan angkatan 2011 dalam penelitannya tersebut yang dilakukan di Laobratorium Teknik Kimia Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta.

Elmi Sundari menyampaikan sejauh ini di Indonesia terutama di Sumatra Barat bunga dahlia sudah banyak disemai, namun teknologi pengambilan Inulin dari umbi dahlia belum dipahami oleh masyarakat hanya mengenal pembudidayaannya dan diolah menjadi bahan pangan. Padahal umbi bunga dahlia mengandung Inulin yang berguna bagi kesehatan dan bernilai ekonomis.

“Inulin merupakan salah satu jenis karbohidrat yang mengandung serat berbentuk serbuk dan berwarna putih. Inulin juga tergolong food ingredient yang diklasifikasikan sebagai prebiotik dan dapat digunakan sebagai bahan penstabil pada makanan kadar lemak rendah,” jelasnya.

Ia mengatakan selain penelitian pengambilan kandungan inulin dari umbi bunga dahlia dilakukan juga proses pengolahan dari ampas umbi untuk pembuatan bioetanol dan pupuk sehingga dapat memperoleh manfaat dan nilai ekonomis yang lebih tinggi lagi.

“Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta tengah mengembangkan potensi sumber daya hayati untuk diproses lebih lanjut seperti untuk energi alternatif dalam pembuatan briket, bioetanol, biodisel, katalis, pupuk hingga pengolahan air,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 11 Februari 2015 - 08:56:36

Teknik Ekonomi Konstruksi UBH Pesiapkan Akreditasi dari Malaysia
Teknik Ekonomi Konstruksi UBH Pesiapkan Akreditasi dari Malaysia
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveying) Fakulktas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengikuti Pertemuan dan Seminar Profesi QS Indonesia dan Malaysia sekaligus menggelar Road Show Kerjasama dengan berbagai perusahaan konstruksi di Jakarta pada 29 – 31 Januari 2015.

Ketua Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Dr. Zulherman, ST, M.Sc menyampaikan dalam kegiatan ini membicarkaan mengenai peran serta profesi QS dalam mendukung kesiapan industri konstruksi Malaysia dan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Asia.

“Dalam dunia akademisi pertemuan ini dari Indonesia hanya Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta yang diwakili oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan Sesmiwati, MT, B.Qs dan salah satu dosen Ir. Martalius Peli, M.Sc,” ucapnya.

Ia menyampaikan dari pertemuan tersebut disimpulkan bila memperoleh hasil yang maksimal dalam kegiatan proyek-proyek besar di dunia konstruksi sangat diperlukan dukungan oleh para tenaga QS. Sayangnya kebutuhan sarjana dan perusahaan QS di Indonesia jumlahnya masih sangat kurang.

“Dalam menghadapi MEA, Indonesia sangat perlu memperbanyak jumlah profesi QS melalui formal pendidikan QS dan meningkatkan kualitas tenaga QS Indonesia dengan IQSI sebagai Ikatan Profesi QS di Indonesia, sebab kedepannya Indosnesia akan diserbu oleh perusahaan dan tenaga QS yang berasal dari luar negeri,” paparnya.

"Saat ini jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta sedang menyiapkan proses akreditasi dari Board of Quantity Surveyors Malaysia," tambahnya.

Seminar ini dihadiri oleh tim dari Board of Quantity Surveyors Malaysia (Juru Ukur Bahan Malaysia), Ketua dan Pengurus Ikatan Quantity Surveyor Indonesia (IQSI), berbagai perusahaan konstruksi seperti PT. Waskita karya, Agung Podomoro Group, PT. Branusa, PT. Davis Langdon, dan lain institusi dari konsultan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan konstruksi di Indonesia dan Malaysia.

Dalam kesempatan ini juga Prof. Sr Dr. Hjh Wan Maimun binti Wan Abdullah mengatakan Board of Quantity Surveyor Malaysia siap mengakreditasi dan akan melakukan kunjungan kerja ke jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta sesegera mungkin.

“Hal ini sangat penting karena jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta sebagai satu-satuya formal pendidikan QS di Indonesia, sehingga kualitas alumninya diakui dan dapat bersaing setara dengan alumni QS di kawasan Asia,” ungkapnya.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 184.73.90.167