Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

LIMA Campus Corner Kunjungi UBH

Tim dari Liga Mahasiswa (LIMA) Campus Corner melakukan kunjungan ke Universitas Bung Hattta dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan LIMA sekaligus mengajak para mahasiswa untuk mendukung tim dari perguruan tingginya yang mengikuti pertandingan Bola Basket katagori Sumatera Conference yang diad....

UPT PPBA UBH Menjadi Tempat Penyelenggara Tes TOEFEL ITP Resmi

Kabar gembira bagi civitas akademika Universitas Bung Hatta, pasalnya UPT Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Asing (PPBA) dan Laboratorium Bahasa Universitas Bung Hatta telah ditujuk menjadi tempat penyelenggaraan tes TOEFEL ITP yang berlisensi resmi. Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT PPBA dan ....

UBH dan 10 Perguruan Tinggi Lainnya Kerjasama dengan Bank Indonesia

Bertempat di Gedung Pusat Bank Indonesia Jakarta, Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE.,Akt.,MBA beserta 10 Rektor Perguruan Tinggi lainnya se-Indonesia menandatangani naskah kerjasama dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, di Kantor Pusat Bank Indonesia Jakarta, Sen....

Seminar Pendidikan Bahasa Inggris: "Creative Teaching and Learning"

Memiliki kemampuan berbahasa asing sangatlah penting. Saat ini, banyak fenomena yang terjadi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang belum mampu berbahasa asing dengan baik dari segi lisan maupun tulisan, terutama dalam bahasa Inggris. Untuk menumbuhkan minta dalam berbahasa Inggris, Himpunan Mah....

Mahasiswa dan Dosen PMat UBH Tampil Dalam Forum Ilmiah Nasional di Pekanbaru

Sebanyak tujuh dosen tetap Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti Seminar Nasional Matematika dan Kongres Himpunan Matematika Indonesia atau Indonesia Mathematical Society (IndoMS) wilayah Sumatera Bagian Tengah yang bertempat di Un....

Tiga Jurusan Teknik UBH Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT

Tiga program studi/jurusan di Universitas Bung Hatta yang telah melakukan proses reakreditasi berberapa waktu yang lalu berhasil memperoleh akreditasi baru yaitu jurusan Teknik Elektro, jurusan Teknik Sipil dan jurusan Teknik Kimia dengan peringkat akreditasi masing-masing B. Penilaian akreditasi....

Rabu 17 September 2014 - 11:04:42

Fak.Hukum UBH dan OJK Padang Sosialisasikan Pasar Modal Syariah
Fak.Hukum UBH dan OJK Padang Sosialisasikan Pasar Modal Syariah
bunghatta.ac.id - Belum semua sektor jasa keuangan dikenal dengan baik oleh masyarakat, termasuk pasar modal, masyarakat menganggap pasar modal masih sesuatu yang baru, namun sebenarnya pasar modal telah hadir di Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka, hal itu ditandai dengan pembentukan bursa efek pertama di Batavia pada bulan Desember 1912 oleh pemerintah Hindia Belanda, dan diresmikan kembali setelah Indonesia Merdeka 10 Agustus 1977 yang di kenal dengan Bursa Efek Jakarta.

Demikan hal itu disampaikan Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Padang Muhammad Ilham saat membuka Sosialisasi Pasar Modal Syariah yang di gelar Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta di Auala Balairung Caraka, Kampus I Ulak Karang, Selasa,16/9.

Menurutnya, dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa, dengan komposisi usia produktif hampir 50%, jumlah investor di pasar modal baru hanya sekitar 400ribu. Sementara di Sumatera Barat sampai akhir Agustus 2013 jumlah investor baru mencapai 3.179, atau hanya sekitar 0,06% dari jumlah penduduk Sumbar.

“Nilai transaksi anggota bursa di Sumbar juga masih sangat kecil, sampai dengan bulan Agustus 2014, total transaksi sebesar Rp.849 milyar, sementara transaksi nasional mencapai Rp.961 trilyun”, imbuhnya.

Ditambahkan Ilham, sosialisasi yang digelar bersama UBH tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor di pasar modal, dengan peningkatan jumlah tersebut akan membawa pengaruh positif bagi perekonomian Indonesia.

Ilham juga memberikan tips dalam memilih dan menggunakan produk keuangan antara lain harus mengenali kebutuhan dan produknya, mengenali manfaat dan resikonya serta memahami hak dan kewajiban.

Ketua pelaksana kegiatan Elyana Novira,SH.,MH menyebutkan sosialisasi tersebut digelar mengingat, masih rendahnya pengetahuan dan minat masyarakat terhadap investasi di pasar modal, menyebabkan investasi di pasar modal masih didominasi investor asing.

“Kondisi serupa berlangsung pada pasar modal syariah, pasar modal syariah telah dimulai sejak tahun 1997 dengan diterbitkannya Reksa Dana Syariah pada struktur organisasi Otoritas Jasa Keuangan”, jelas Elyana.

Sosialisasi tersebut di hadiri lebih dari 200 orang peserta yang berasal dari dosen-dosen di lingkungan, mahasiswa UBH dan dari berbagai perguruan tinggi di hantarkan oleh Rektor UBH Prof.Dr.Niki Lukviarman,SE,Akt,MBA dengan menghadirkan pembicara Agus Maiyo Kepala Bagian Pengembangan Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal Syariah OJK dengan topic “Otoritas Jasa Keuangan dan Strategi Pengembagan Pasar Modal Syariah di Indonesia, serta Zarfinal,SH,MH Dosen Fakultas Hukum UBH dengan makalah “Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan”. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 16 September 2014 - 12:40:14

Mari Ikuti dan Semarakan FTSP SILeNT EFFECT
Mari Ikuti dan Semarakan FTSP SILeNT EFFECT
bunghatta.ac.id - Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakutlas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan FTSP SILeNT EFFECT dengan tema Build More Surprised Creativity and Innovation with The SILeNT EFFECT yang terdiri dari kegiatan seminar nasional, pelatihan, olahraga, musik dan latihan kepemimpinan.

Rioni Rizki Aldiansyah, Gubernur Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyampaikan kegiatan ini bermuncul dari dinamika berfikir mahasiswa dalam memajukan kelembagaan mahasiswa yang ada di Universitas Bung Hatta yang selama ini dilihat semakin berkembang serta semakin melejitnya frekuensi kegiatan namun minim dari segi hasil.

“Dengan adanya ide untuk mengembalikan kreativitas mahasiswa, maka dirancanglah sebuah kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk melatih diri memanage sebuah kegiatan atau organisasi di dalam kelembagaan mahasiswa Universitas Bung Hatta,” ulasnya.

Menurut Rion, kegiatan tersebut adalah FTSP SILeNT EFFECT atau kepanjangan dari Skill Intellectual Leader Natural Technology yang mempunyai arti bahwa kegiatan tersebut dilakukan atau dibuat di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta yang dirancang khusus untuk kegiatan yang bersifat ilmiah dan kreatifitas mahasiswa yang pada intinya kegiatan tersebut mengajak mahasiswa untuk berkreasi dan mengasah potensi diri dibidang minat bakat serta penalaran.

“Kegiatan ini akan memberikan kontribusi yang baik kepada kalangan mahasiswa khususnya mahasiswa Universitas Bung Hatta. Kegiatan yang dilaksanakan ini akan mempunyai arti penting yang salah satunya mengarah kepada perbaikan kelembagaan dan komitmen dengan apa yang diinginkan dari oleh dan untuk mahasiswa,” ungkapanya

Melalui kegiatan ini hendaknya dapat dihasilkan suatu hal yang baik yang bernilai positif sehingga dapat memotivasi seluruh civitas akademika pada khususnya di lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan untuk lebih giat lagi dalam berkreatifitas, dan menimba ilmu sehingga manfaatnya benar-benar bisa dirasakan nantinya oleh masyarakat.

Rangkaian dari kegiatan FTSP SILeNT EFFECT yaitu pertama SILeNT National Seminar pada 22 September 2014 bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Kedua SILeNT Leading LKMM-TD pada 26 – 28 September 2014 di Ruang Sidang Gedung F Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.

Ketiga SILeNT Sport Competition yang terdiri dari Pertandingan Futsal pada 24-30 September 2014 di GOR Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta dan Pertandingan Sepak Bola pada 16-24 September2014 di Lapangan Sepak Bola Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.

Keempat SILeNT Construction Training Kegiatan ini merupakan pelatihan untuk masyarakat Jasa Konstruksi yang merupakan bentuk kerjasama antara Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta dengan Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Bidang Jasa Konstruksi, Provinsi Sumatera Barat pada 31September- 01 Oktober 2014 dan terakhir SILeNT Fest berupa Festival Band 2 Oktober 2014 di Parkiran Lapangan Tenis Kampus Prokalamator I Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 16 September 2014 - 09:44:22

UBH Turut Berduka Atas Berpulangnya Dirut PT. Semen Padang
UBH Turut Berduka Atas Berpulangnya Dirut PT. Semen Padang
bunghatta.ac.id - Keluarga Besar Universitas Bung Hatta mengucapkan turut berbelasungkawa atas berpulangnya ke Ramatullah Ir. H. Munadi Arifin, SE, MM, Ak Direktur Utama PT. Semen Padang dalam usia yang ke-60 tahun.

Semoga amal dan ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, amin. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 16 September 2014 - 09:39:38

Pertemuan Pimpinan Universitas Dengan Yayasan
Pertemuan Pimpinan Universitas Dengan Yayasan
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan pertemuan dengan Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta yang bertempat di Ruang Teater Gedung H Kampus Proklamator I Universtas Bung Hatta, Senin (15/09/2014).

Pertemuan ini dihadiri oleh pendiri dari Yayasan Pendidikan Bung Hatta yaitu Drs. Hasan Basri Durin dan Prof. Drs. Mawardi Yunus dan diikuti oleh seluruh pimpinan Universitas Bung Hatta dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Dirut Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris Jurusan hingga kepala biro. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 15 September 2014 - 13:53:47

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Gelar Bakti Sosial
Mahasiswa Teknik Kimia UBH Gelar Bakti Sosial
bunghatta.ac.id - Berbagi dengan sesama itu tidak hanya dengan pemberian materi tapi dapat juga dengan memberi kebahagiaan dan senyuman terutama bagi anak yatim. Melihat hal tersebut, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kegiatan Chem_Eng Peduli yang bertajuk Kunjungan dan Bakti Sosial ke Panti Asuhan Anak Mentawai H. Syafri Moesa yang bertempat di Ulu Gadut, Kota Padang. Minggu (13/09/2014).

Fadli Isa Ansari Ketua Panitia Bakti Sosial mengatakan dengan kegiatan ini kita dapat menjalin silaturahmi dan mempererat tali silaturahim dengan anak-anak yang hidupnya kurang beruntung terutama bagi anak yatim piatu.

“Dengan kedatangan mahasiwa ke panti ini diharapkan dapat membawa kegembiraan dan merasakan rasa keberasamaan. Selain itu juga kita dapat menjadi lebih mengerti arti hidup serta dapat meningkatkan rasa kepedulian dan kemanusiaan di antara kita,” ungkapnya.

“Karena bahagia itu bukan untuk sendiri kita saja tapi bahagia itu akan lebih berarti disaat kita bersama, tambah Fadli yang merupakan mahasiswa angkatan 2013 ini.

Pada kesempatan itu juga, Zulhendra Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu program kerja tahunan himpunan sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat terutama bagi mereka-mereka yang kurang beruntung seperti anak yatim piatu.

“Para mahasiswa ini tidak hanya untuk menjalin silaturahmi antar sesama mereka saja tapi perlu juga untuk bermasyarakat sekaligus juga mengenalkan Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. Kepanitiaan dari kegiatan ini berasal dari mahasiswa angkatan 2013,” ujarnya.

Sementara itu, Hj. Syafitri Syafri Pimpinan Panti menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dan kedatangannya ke panti ini yang ditunjuk sebagai tempat untuk melakukan kegiatannya. Panti ini berdiri sejak tahun 1968 dan saat ini terdapat 56 orang anak yang menjadi tanggungan panti ini. 45 anak diantaranya menetap di panti , selebihnya merupakan anak-anak kurang mampu yang tinggal di sekitar lingkungan panti. Panti yang dikelola oleh 8 orang yang juga merupakan saudara sediri.

“Saya sangat senang dan berharap para mahasiswa dapat mampir lagi kesini untuk berbagi dan mendorong anak-anak menjadi lebih semangat, walaupun mereka tinggal dipanti dengan kedatangan para mahasiswa ini bisa menimbulkan kegembiraan layaknya anak-anak di luaran sana,” ungkap Syafitri.

Kegiatan bakti sosial ini diisi dengan kegiatan perlombaan dimulai dari lomba makan kerupuk, balap karung, membawa kelereng dalam sendok hingga joged balon. Tak hanya itu, ada juga penampilan minat bakat dari anak-anak dari panti. Acara diakhiri dengan pemberian sembako, peralatan tulis menulis, baju bekai hingga uang tunai. (**Ubay-Humas UBH/eji WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 15 September 2014 - 08:24:23

BEMM FTSP UBH Angkat Seminar Nasional Kewirausahaan Bidang Konstruksi
BEMM FTSP UBH Angkat Seminar Nasional Kewirausahaan Bidang Konstruksi
bunghatta.ac.id - Pemanfaatan serta pengembangan rekayasa dan teknologi bidang konstruksi dewasa ini membuka peluang seluas-luasnya bagi lulusan mahasiswa perguruan tinggi, khususnya mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Namun, di tengah ketatnya persaingan menyongsong AFTA 2015, dituntut kemampuan mental dan inovasi yang kreatif sebagai modal utama menjadi seorang wirausaha.

Untuk memulainya, Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan Seminar Nasional Kewiraushaaan Bidang Konstruksi dengan topik mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui pemanfaatan teknologi dan rekayasa bidang konstruksi menyongsong AFTA 2015.

Kegiatan seminar ini akan dilaksanakan pada 22 Sepetember 2014 mendatang di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta yang terbuka juga untuk mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Pulau Sumatera dan Jawa.

Ketua Pelaksana Disti Mayang Sari, mengatakan pada dasarnya mahasiswa adalah agen penggerak perubahan yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang tentunya harus juga berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh.

“Hal ini tentunya harus diimbangi dengan edukasi agar tidak terjadi dominasi dan kapitalisasi usaha. Mengingat Indonesia yang menganut ekonomi kerakyatan sudah seyogyanya pengembangan kemampuan berwirausaha yang mampu mengayomi dan memberikan dampak positif bagi khalayak ramai,” sebutnya.

“Oleh karena itu kegiatan ini bermaksud untuk menumbuhkan jiwa Enterpreneur khususnya bagi mahasiswa dengan dengan harapan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan di atas yaitu untuk kemandirian perekonomian bangsa Indonesia,” tambahnya.

Terpisah, Rioni Rizki Aldiansyah Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyampaikan seminar ini merupakan rangkaian dari kegiatan “FTSP SILeNT EFFECT” yang menjadi program kerja BEMM tahun ini.

“dengan kegiatan ini, para mahasiswa dapat menghidupkan suasana kompetitif yang kooperatif di lingkungannya, memberikan motivasi kepada mahasiwa untuk berani memilih dunia usaha sebagai pilihan utama di dunia kerja dalam menyongsong AFTA 2015,” ungkapnya.

Seminar nasional ini akan menghadirkan emapt pembicara kunci yaitu Ir. Hediyanto W. Husaini Kepala BAPEKON PU RI, Bintang Perbowo, SE, MM Direktur Utama Wijaya Karya, Martelius Peli Ahli Quantity Surveying Universitas Bung Hatta, Zigo Rolanda Ketua Umum BPD HIPMI Sumbar dan Hamzah Izzulhaq CEO Hamasa Corp.

Pendaftaran seminar ini hingga 18 September 2014 dari pukul 09.00 – 16.00 WIB di Pelataran Mesjid Nurul Jannah, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta dengan insert untuk mahasiswa Rp. 50 ribu dan Umum Rp. 75 ribu atau hubungi M. Nofaldi Adra 083181253050, Pitri Mega Sari 082285450324, Lutfi Enuary 083181555715 (PIN :2633a2b8). (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 12 September 2014 - 09:44:18

Dua Mahasiswa Teknik Kimia UBH Tampil di Seminar Nasional Sains Dan Teknologi
Dua Mahasiswa Teknik Kimia UBH Tampil di Seminar Nasional Sains Dan Teknologi
bunghatta.ac.id - Dua mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yaitu Januerin dan Erda Rahmilaila Desfitri mendapat kesempatan untuk menampilkan hasil penelitiannya dalam kegiatan Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (SNSTL) I di Convention Hall Universitad Andalas Limau Manis, Kamis, (11/09/2014).

Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan seminar ini sebagai forum diskusi ilmiah yang efektif antar akademisi dan profesional dari institusi pendidikan, riset, industri, pemegang kebijakan maupun institusi lain yang terkait dalam membahas permasalahan lingkungan dan dapat menjadi sarana untuk bertukar informasi tentang inovasi-inovasi sains dan teknologi lingkungan sehingga akan tercipta suatu jalinan kolaborasi dari pihak-pihak terkait di masa mendatang.

“Biasanya untuk penyampaian hasil penelitian di seminar atau konferensi itu adalah dosen-dosen, namun di jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mahasiswa diberi kesempatan untuk memaparkan hasil penelitiannya di forum ilmiah. Hal ini sudah dilakukan sejak tahun 2010,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan dengan aktifnya mahasiswa tampil di forum-forum ilmiah dapat melatih kemampuan softskill mereka yang nantinya berguna ketika telah lulus kuliah.

Pada kesempatan seminar ini dua makalah dari Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dipresentasikan yaitu pertama makalah berjudul Pengurangan Kandungan Fenol Dalam Air Dengan Sistem Thermal Plasma dengan penelitinya Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Dr.Eng Ariadi Hazmi, St, MT, Ellyta Sari ST, MT, Yenni Trianda ST, Januerin dan Zalvi,. Penelitian ini kolaborasi antara jurusan Teknik Kimia Unuversitas Bung Hatta dan Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas.

Untuk makalah kedua berjudul Identifikasi Inulin Dari Umbi Dahlia di Sumatera Barat dengan penelitinya Ir Elmi Sundari, MT, Erda Rahmilaila Desfitri, Dra. Munas Martynis, M.Si dan Dra. Erti Praputri, M.Si. Penelitian Inulin ini sedang dikembangkan oleh Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 12 September 2014 - 09:02:17

Dosen UBH dan UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kerajinan Handicraft
Dosen UBH dan UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kerajinan Handicraft
bunghatta.ac.id - Untuk membantu masyarakat pesisir pantai dan sebagai kepedulian masyarakat dalam membangun konservasi pelestarian dan perlindungan penyu di Sumatera Barat, Unit Pelaksana Teknis Kawasan Konservasi Perairan Daerah (UPT-KKPD) Kota Pariaman bersama Harfiandri Damanhuri, S.Pi, M.Si salah seorang dosen Universitas Bung Hatta melakukan pendampingan dan melibatkan masyarakat dalam pembinaan pembuatan handicraft penyu.

Kegiatan ini pertama kalinya dilaksanakan untuk pendampingan dan pembinaan melalui wadah Komunitas Padusi Apar untuk menghasilkan nicke handicraft penyu yang telah dilatih, didampingi hingga proses pemasaran.

Harfiandri Damanhuri menceritakan awal mulanya ketika melakukan uji coba penetasan telur penyu dan sambil menunggu hasilnya, kami melakukan diskusi dengan rekan-rekan di lokasi pengakaran. Saat diskusi tersebut muncul ide untuk memcoba untuk melatih masyarakat sekitar kawasan penangkaran untuk membuat handicraft penyu.

“Mengingat, umumnya mata pencaharian kaum lelaki disini berprofesi sebagai nelayan dengan penghasilan yang terkadang tidak menetu sedangkan untuk kaum wanitanya mencoba membantu perekonomian keluarga dengan menjahit kain dan manik-manik benang emas untuk pakaian adat dan usaha lainnya," ucapnya.

"Dari hasil survai yang telah dilakukan maka waktu itu terbersit keinginan untuk melatih masyarakat sekitar membuat handicraft penyu sebagai tambahan penghasilan untuk membantu perekonomian keluarga,” tambah Harfiandri yang mengajar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta ini.

Dikatakannya, pendampingan tersebut dilakukan dengan serangkaian pelatihan yang diikuti 9 orang dan berlokasi di Kantor UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman. Bahan yang digunakan untuk pembuatan handicraft penyu berasal dari material bekas seperti kayu, gabus, plastik, styorofoam dan lainnya.

“Pada tahap pertama latihan kami lihatkan contoh, kami siapkan pola bentuk penyu kami sediakan kain planel, isinya, benang, jarum, mata, lem, gunting, spidol, dan pendamping, tahap kedua kami mulai menilai hasil kerja dan memberikan masukan, serta banyak keluhan dari peserta yang katanya sulit membuatnya, kami berusaha secara terus menurus dan menyakinkan bahwa ini bisa menjadi tambahan penghasilan,” ujarnya.

Melalui beberapa tahap latihan komunitas masyarakat pesisir ini sudah dapat menghasilkan produk gantungan kunci, gantungan mobil yang sangat imut, menarik, terjangkau dan dapat dipesan dengan harga bersaing dan ikut membantu ekonomi masyarakat pesisir Kota Pariaman, khususnya masyarakat di sekitar lokasi Penangkaran Penyu Desa Apar Kota Pariaman.

Harfiandri mengungkapkan peserta pelatihan sangat antusian dengan kegiatan ini meskipun perlu kerjakeras untuk meyakinkan para peserta ini dengan membuat handicraft penyu ini dapat menambah penghasilan dan sebagai ikon baru untuk sebuah cenderamata sebagai tanda sudah bertandang ke UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman.

Permaslahan pemasaran hasil industri kreatif ini, kami bekerjasama dan mengharapkan bantuan dari UPT Konservasi Penyu, apa bila tamu-tamu yang datang untuk dapat membeli handicraft sambil membantu masyarakat sekitar. Saat ini sudah tersedia sekitar 100 stok gantungan kunci yang siap dijual.

“Apabila terus kita bina dan kita dorong ini, nantinya handicraft penyu ini akan menjadi pusat kratif cenderamata penyu di Sumatera Barat. Kita berharap para pengunjung kawasan konservasi dapat berpartisapasi membeli handicraft penyu ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat kecil dan konservasi penyu,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 11 September 2014 - 14:09:17

Visitasi BAN-PT Jurusan Teknik Industri UBH
Visitasi BAN-PT Jurusan Teknik Industri UBH
bunghatta.ac.id - Perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melakukan visitasi saat proses reakreditasi Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universtias Bung Hatta, Kamis (11/09/2014). (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 11 September 2014 - 13:56:32

UBH Gelar Motivasi Sukses Mulia
UBH Gelar Motivasi Sukses Mulia
bunghatta.ac.id - Melakukan rutinitas keseharian terkadang membuat jenuh dan dapat menurunkan produktifitas dalam melakukan pekerjaan sehingga diperlukan penyegaran baik fisik maupun mental, salah satunya dapat dilakukan dengan pemberian motivasi.

Untuk itu sebanyak 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan karyawan Universitas Bung Hatta mengikuti Pelatihan Sukses Mulia bersama pembicara Drs. Syaiful Hamdi Naumin, MM Senior Trainer Kubik Leadership yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (11/09/2014).

Dalam sambutanya, Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati, M.Pd menyampaikan Universitas Bung Hatta yang sudah berumur 33 tahun tentunya diusia tersebut sudah matang sebagai perguruan tinggi yang besar dan memiliki daya saing yang diperhitungkan dengan peguruan tinggi lainnya, terutama dalam hal pelayanan.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingkatkan kinerja dan motivasi para dosen dan karyawan dalam melaksanakan pelayanan akademik maupun non akademik sehingga dapat langsung diaplikasikan di unit kerja masing-masing. Begitu juga untuk mahasiswa yang berasal dari oranganisasi kemahasiswaan agar dengan pelatihan ini dapat meningkatkan dan menularkan cara bersikap dalam lingkungan saat berorganisasi,” sebutnya.

Ia mengatakan dengan training ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan masukan-masukan melalui kiat-kat yang jitu untuk dapat bekerja dengan tenang dan berprestasi untuk institusi. Selain itu juga motivasi-motivasi yang diberikan dapat juga meningkatkan kinerja per individu, kelompok hingga institusi.

“Motivasi ini akan dirasakan manfaatnya bila kita semua dapat menerapkannya,” tambah Susi yang juga dosen jurusan Pendidikan Matematika ini.

Drs. Syaiful Hamdi Naumin, MM dalam penyampaiannya kegiatan ini bukan sekedar berbagi pengalaman atau memberikan materi tapi harus memberikan dampak langsung bagi peserta sehingga daapt menjadi orang-orang yang sukses mulia dan memberikan banyak manfaat bagi orang-orang disekitar kita.

“Ada empat tanda menjadi sukses yaitu memiliki harta, memilik tahta, memiliki cinta dan dengan kata. Kesemua itu akan lebih lengkap lagi bila ditambah mulia. Menjadi mulia itu tentunya dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat, layaknya bola lampu pijar selain menerangi dirinya maka akan menerangi daerah sekitarnya,” jelasnya.

Syaiful mengatakan siapa yang tidak mengenal sosok Bung Hatta, ia adalah tokoh yang memiliki senyum yang lembut, seorang akdemisi, sederhana, cerdas dan pemimpin yang berorientasi pada rakyat. Tentunya, kita juga mengharapkan Universitas Bung Hatta dapat melahirkan Bung Hatta muda lainnya dan pemimpin yang berkarakter seperti Bung Hatta.

“Sukses mulia itu sederhana sekali, rumunya hanya perkalian antara expert, aset dan epos. Expert merupakan keahlian atau kepakara sesuatu sehingga dapat membuat orang mengerti dengan apa yang kita jelaskan dan lakukan. Sedangkan aset merupakan bagian dari kondisi fisikdan emosional yaitu otot, otak dan hati serta epos adalah energi yang kita keluarkan dan hasilnya selalu positif,” jelasnya.

ia juga menambahkan orang yang memiliki expert itu ialah oranga yang mempunyai motivasi yang tinggi dalam dirinya. Motivasi tersebut akan ada bila terdapat unsur-unsur seperti tobe cita-cita, to have keinginan dan valensi ialah kemampuan diri dan fisik yang kuat, analisa yang tajam hingga memiliki kecerdasan yang cemerlang.

“Namun bila cita-cita tinggi, keinginan tinggi dan valensi tinggi juga tidak bagus begitu juga bila keinginan kita terlalu tinggi akan berbahaya dan dapat mencelakakan kita kedepannya seharusnya kita itu memiliki cita cita yang tinggi dan valensi yang tinggi sehingga keinginan kita akan seiring mengikutinya,” ulasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kita dan siapapun juga mampu mengerjakan beban dua kali lipat atau lebih dengan waktu yang smaa tanpa energi tambahan dan dengan hati yang gembira bila kita mampu mengoptimalkan tiga aset yang kita miliki yaitu aset fisik, kecerdasan dan hati sehingga produktifitas kita semakin tinggi mampu bekerja keras, bekerja cerdan dan bekerja ikhlas.

“Dalam bekerja untuk menjadi sukses mulia itu harus membuat energi negatif seperti marah, dengki, egois, buruk sangka dan lainnya, kemudian kita harus memasukan energi positif atau epos dalam keseharian kita sehingga kita dapat bekerja dengan ikhlas mampu melapangkan dada dan profesional ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.161.191.154