Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Prof. Emil Salim : Samudera Hindia Pilihan Masa Depan.

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Era Presiden Soeharto, Prof. Emil Salim memberikan orasi ilmiah pada perayaan Dies Natalis ke 33 Universitas Bung Hatta, di Aula Balairung Caraka Kampus 1 Ulak Karang, Selasa, 22/4. Makalah yang dibawakan berjudul "Mendayung di Antara Dua Karang, Ketidak Pedulia....

Hasan Basri Agus, Gubernur Jambi Kunjungi Stan UBH

Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM mengunjungi stand stand promosi Universitas Bung Hattaseusai pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 yang bertempat di WTC Batanghari Kota Jambi, Senin (21/04/2014).....

Gubernur Jambi Tinjau Stan Campus Expo UBH

Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM usai kegiatan pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 mengunjungi dan berfoto bersama di stand promosi Universitas Bung Hatta, Senin (21/04/2014). Dalam kunjungannya Hasan mengatakan banyak juga pelajar Jambi yang melanjutkan kuliah ke Univers....

Kenalkan Universitas Bung Hatta lewat Campus Expo 2014

Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta turut berpartisipasi dalam kegiatan Campus Expo 2014 yang gelar oleh Harian Jambi Ekspres. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari 21-23 April 2014 di Lantai Dasar WTC Batanghari Kota Jambi. Gubernur Provinsi Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM membuk....

Prof. Emil Salim Akan Berikan Orasi Ilmiah di UBH : Mendayung Di Antara Dua Karang

Pada ulang-tahun ke-33 Universitas Bung Hatta, Prof Emil Salim akan memberikan Orasi Ilmiah dengan judul ”Mendayung di Antara Dua Karang, Ketidak Pedulian dan Kealpaan”di Aula Balairung Caraka, Kampus I Universitas Bung Hatta Ulak Karang, Selasa (22/4). Dikutib dari makalah beliau disebutkan....

Teknik Arsitektur UBH: Restorasi Rumah Gadang di Nagari Sumpur

Mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta bersama Masyarakat dan perantau Nagari Sumpur yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Sumpur (IKES), Forum Kampuang Minang Nagari Sumpur (FKMNS), berkerja sama dengan Pusat Studi Restorasi Arsitektur (Pusaka) Universitas Bung Hatta (UBH), Tirto Utomo F....

Rabu 29 Januari 2014 - 14:18:32

Mahasiswa UBH Kembali Lolos PKM Dikti
Mahasiswa UBH Kembali Lolos PKM Dikti
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta kembali berhasil mendapatkan bantuan dana dari proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti untuk dibiayai pada tahun anggaran 2014.

PKM itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akademis secara profesional dan dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta
Dr. Elfiondri, SS, M.Hum mengatakan untuk tingkat mahasiswa, sebanyak tiga kelompok mahasiswa Universitas Bung Hatta yang lolos berdasarkan lampiran surat no 0263/E5/2014 tertanggal 24 Januari 2014.

“Ketiga proposal PKM dari mahasiswa Universitas Bung Hatta tersebut merupakan jenis PKM-Penelitian yang akan didanai Dikti pada tahun anggaran 2014,” ungkapnya ketika ditemui di Ruang LPPM Lantai 3 Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (29/01/2014)

Ketiga orang tim tersebut yaitu tim Asmak Un Najiyah berasal dari jurusan Teknik Kimia dengan judul proposal Pengolahan Awal Menggunakan Campuran NaOH dan NH3 Untuk Meningkatkan Konversi Jerami Padi Sebagai Bahan Mentah Bioetanol.

Kemudian, tim Eko Vanrizki yang berasal dari jurusan Perancangan Wilayah dan Kota (PWK) dengan judul Kajian Tingkat Resiko Bencana Gelombang Pasang Sebagai Alat Mitigasi Bencana dan tim Eddy Pranata Bastin dari jurusan Pendidikan Biologi yang membuat proposal Fermantasi "PUSIDASMAN" (Pupuk Sendimen Dasar Danau Maninjau) dengan Bantuan Nasi Basi Guna Menciptakan Pupuk "Muka Maling" (Murah, Berkualitasdan Ramah Lingkungan).

“Semoga tiap tahunnya mahasiswa Universitas Bung Hatta lebih banyak lagi yang lolos proposalnya dan juga lebih giat lagi mengikuti PKM dari Dikti ini,” harapan Elfiondri. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 27 Januari 2014 - 13:35:45

Fak.Hukum dan Fak.Ilmu Budaya UBH Akan Tempati Kampus Baru
Fak.Hukum dan Fak.Ilmu Budaya UBH Akan Tempati Kampus Baru
bunghatta.ac.id - Fakultas Hukum dan dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta, mulai pada semester genap TA 2013/2014 akan menempati kampus II Aia Pacah, Padang, setelah sebelumnya Fakutas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menempati blok A Kampus II. Hal itu dipastikan menyusul rampungnya pembangunan gedung Blok B1 akhir bulan ini.

Diungkapkan Rektor UBH Prof.Dr.Niki Lukviarman, SE,AKt,MBA, gedung itu nantinya akan digunakan untuk perkuliahan dan dekanat Fak.Hukum dan FIB, di ruangan kerjanya, Senin (27/1).

Ditambahkan Niki, Rencana induk pembangunan kampus II UBH Aia Pacah sedianya akan dibangun 5 blok. Masing-masing bloknya terdiri dari tiga gedung. Target penyelesaian dari pembangunan kampus II Aia Pacah ini secara keseluruhan selesai 2020 nanti.

“Pembangunan Kampus II UBH di kawasan Aia Pacah tersebut yang saat ini sudah digunakan sebagai gedung perkuliahan dan kantor administrasi kampus, ternyata telah memberi dampak yang sangat positif terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya,” imbuh Niki.

Menurutnya lagi, apabila kampus II itu selesai secara keseluruhan, maka UBH akan mampu menyerap mahasiswa sekitar 12 ribu-an orang pada tahun 2020 nanti. Sedangkan saat ini jumlah mahasiswa yang kuliah di Kampus II mencapai 6.700 orang lebih. (**Indrawadi-Humas)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 27 Januari 2014 - 11:30:35

LPPM UBH Gelar Workshop Proposal Penelitian
LPPM UBH Gelar Workshop Proposal Penelitian
bunghatta.ac.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta melaksanakan Workshop Bedah Proposal Penelitian dan PKM Internal yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin )27/01/2014).

Direktur LPPM Universitas Bung Hatta, Dr. Elfiondri, SS, M.Hum mengatakan workshop ini dilaksanakan bagian dari program kerja LPPM di tahun 2014 untuk pelaksanaan penelitian muda dan PKM dalam anggaran LPPM untuk pendanaan tahun 2014 dan penelitian desentralisasi anggaran Dikti pendanaan tahun 2015.

“Kegiatan ini diikuti bagi dosen yang akan mengusulkan penelitian muda dan PKM, IbM dengan persyaratan maksimal S2 dengan kepangkatan maksimal III/d,” ujarnya dalam sambutan acara pembukaan.

Ia mengatakan menulis proposal bukan barang asing lagi bagi dosen sehingga kegiatan ini upaya agar dosen-dosen muda giat membuat proposal penelitian. Selain itu juga agar tiap tahunnya jumlah penelitian di Universitas Bung Hatta terus meningkat sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kampus dan masyarakat.

“Banyak jenis penelitian yang bisa dikejar oleh dosen, baik untuk internal maupun dari Dikit atau penelitian yang di sponsori. Tentunya setelah mengikuti workshop ini, para dosen muda bisa juga diarahkan untuk mengikuti dan mangajukan proposal penelitian fundamental dan hibah bersaing,” ungkapnya.

Elfiondri menyampaikan kita patut bangga karena LPPM Universitas Bung Hatta setelah dinilai oleh Dikit mendapat kelas madya yang mempunyai LPPM yang baik dan kompetitif dapat membiayai penelitian dosen dengan jumlah dana yang cukup banyak.

Dalam pelatihan ini menghadirkan pemateri yang telah berpengalaman di bidang penyusunan proposal yaitu Dr. Hasrad, Dr. Zainal Arifin, dan Dr. Eng. Ariadi Hazmi. ST, MT yang berasal dari Universitas Andalas.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum yang membuka acara workshop ini mengungkapkan kampus telah menganggarkan tiap tahunnya untuk LPPM agar para dosen melakuklan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Karena penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan tugas utama dosen sesuai denga tri dharma perguruan tinggi. Semoga hasil dari workshop ini tidak hanya tinggal diam sampai disini tapi harus ada tindak lanjutnya,” pesannya (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 24 Januari 2014 - 14:24:53

UBH Jajaki Kerjasama dengan Bank Indonesia
UBH Jajaki Kerjasama dengan Bank Indonesia
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta melakukan kunjungan ke Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia VIII Padang, Selasa (22/01/2014), dalam rangka menjajaki kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, keuangan dan perbankan.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan kunjungan ini sebagai langkah awal untuk melakukan MoU (Memorandum of Understanding) antara Universitas bung hatta dengan Bank Indonesia agar nantinya seluruh sivitas akademika Universitas Bung Hatta dapat memanfaatkan segala fasilitas yang ada untuk kepentingan pendidikan.

“Nantinya, kita bisa mengakses perpustakaan Bank Indonesia termasuk meminjam buku-buku yang dimiliki Perpustakaan Bank Indonesia untuk dibawa pulang dan akses e-library. Penyelenggaraan Kuliah Umum terkait dengan perkembangan dan perluasan wawasan mahasiswa terhadap perkembangan perbankan,” ujarnya.

Niki menambahkan mahasiswa Universitas Bung Hatta juga dapat memperoleh kesempatan untuk melaksanakan magang di Bank Indonesia, mendapatkan beasiswa, melaksanakan Joint Research, memberikan kesempatan untuk memperoleh bimbingan karir (visit carreer) ke Bank Indonesia dan lainnya.

“Dalam waktu dekat bila Universitas Bung Hatta dan Bank Indonesia telah melakukan penandatanganan MoU maka untuk pelaksanaan penelitian, perencanaan dan pengembangan keuangan serta perbankan bisa dimulai kegiatannya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia VIII Padang Mahdi Mahmudy mengungkapkan Bank Indonesia sangat terbuka bagi perguruan tinggi yang ingin melakukan kerjasama di bidang apa pun.

“Univesitas Bung Hatta dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Bank Indonesia seperti ruangan untuk diskusi, perpustakaan, publikasi di website. Karena fasilitas itu terbuka untuk umum. Bank Indonesia juga memberi izin kepada Universitas Bung Hatta untuk memanfaatkan asset Bank Indonesia untuk mengembangkan Ilmu Keteknikan dan keilmuan lainnya seperti gedung Bank Indonesia di Muaro,” imbuhnya

Dalam pertemuan tersebut diikuti oleh Wakil Rektor I , II dan III, Kepala BP3M, Dekan FE, Dekan FH dan staf Bank Indonesia. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 23 Januari 2014 - 08:18:38

Mahasiswa UBH Terima Beasiswa BCA Finance 2013
Mahasiswa UBH Terima Beasiswa BCA Finance 2013
bunghatta.ac.id - Dua mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Bung Hatta yaitu Ummi Atiah dan Feni Rianti berhasil mendapatkan Beasiswa BCA Finance untuk tahun 2013. Program beasiswa ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial PT BCA Finance terhadap dunia pendidikan di Indonesia untuk membantu mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga sederhana.

Dikutip dari laman bcafinance.co.id, Beasiswa tahun 2013 ini diberikan kepada 60 mahasiswa dari 51 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan yang merupakan program CSR BCA Finance yang kelima yang telah berjalan sejak tahun 2009. BCA Finance memandang bahwa pendidikan merupakan hal yang utama untuk membentuk bangsa dan negara yang maju.

Program masih disambut antusias oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tercatat lebih dari 45.000 pendaftar permohonan beasiswa yang masuk melalui via online dalam situs bcafinance.co.id.

Program Beasiswa BCA Finance memberikan bantuan finansial tiap semester hingga semester VIII atau lulus kuliah (mana yang tercapai lebih dulu) dengan memberikan dana pendidikan sebesar Rp.3.000.000,- (tiga juta rupiah) setiap semesternya.

Bagi para penerima beasiswa yang telah menyelesaikan kuliahnya, diberikan prioritas oleh BCA Finance untuk mengikuti seleksi program penerimaan karyawan, tentu saja yang bidang studi selama kuliahnya sesuai dengan kebutuhan BCA Finance. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 21 Januari 2014 - 08:50:38

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta terus mengalami penaikan peringkat menjadi posisi ke-85 di Indonesia, setelah tahun 2013 lalu di posisi ke-99 berdasarkan penilaian rangking peringkat website resmi perguruan tinggi yang dirilis oleh 4ICU (4International College and Universities) pada 20 Januari 2014.

4ICU adalah sebuah mesin pencari dan direktori (search engine and directory) yang me-review 11.160 Universitas dan Sekolah Tinggi yang terakreditasi skala internasional. Penilaian yang dilakukan 4ICU ini dilaksanakan dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli.dan diurutkan berdasarkan tingkat popularitas web di lebih 200 negara dunia melalui situs resmi 4ICU http://www.4icu.org.

Peringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia internet yang dilakukan oleh menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda dari tiga search engines yang independen dan saling terpisah yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank,Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow.

Perguruan tinggi yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negaranya masing-masing, memiliki program sarjana dan atau pascasarjana, serta masih menggunakan metode tatap muka dalam proses pembelajaran.

Sementara posisi peringkat 5 besar Perguruan Tinggi di Indonesia versi 4ICU tahun 2013 ditempati Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya dan Universitas Sebelas Maret.

Peringkat tertinggi 5 besar universitas di Sumatera Barat ditempati Universitas Andalas (Unand) yang berada di posisi 24 secara nasional, disusul Universitas Negeri Padang, Universitas Bung Hatta, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 20 Januari 2014 - 09:05:30

Mahasiswa Teknik Elektro UBH Bangun Sistem E-Library dengan Barkode
Mahasiswa Teknik Elektro UBH Bangun Sistem E-Library dengan Barkode
bunghatta.ac.id - Perpustakaan sebagai salah satu sarana yang sangat penting bagi dunia pendidikan dalam memperoleh informasi maupun pengetahuan. Saat ini, masih banyak perpustakaan yang masih menggunakan sistem katalog manual yang berbentuk buku dan kartu-kartu yang berisi data dari anggota dan buku perpustakaan.

Sistem ini dianggap tidak efisien lagi mengingat perkembangan arus informasi yang serba cepat terutama dengan berkembangnya sistem informasi berbasis website.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Romi Dwi Saputra mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta merancang sistem informasi perpustakaan dengan barcode berbasis website dan pemanfaatan kartu cerdas untuk anggota perpustakaan.

Romi mengatakan perpustakaan memerlukan suatu program database yang terhubung ke website kampus sendiri sehingga dapat diakses oleh anggota perpustakaan maupun yang akan mencari informasi ataupun pengetahuan melalui jaringan internet.Untuk menghasilkan pelayanan yang maksimal dengan membangun sebuah sistem informasi e-library.

“Sistem perpustakaan yang dirancang meliputi jenis pengelolaan perpustakaan bagi petugas yang berisi pengelolaan buku, data anggota, peminjaman serta pengembalian, dan upload e-book.,” ujar mahasiswa angkatan 2009 ini.

Sedangkan untuk anggota perpustakaan dapat mengakses informasi buku, pencarian buku, pemesanan buku, download buku dan kotak saran.sedangkan yang lainnya hanya disediakan untuk monitoring perpustakaannya saja.

Dibawah bimbingan Ir. Eddy Soesilo, M.Eng dan Ir. Arnita, M.T, Romi memanfaatkan sistem barcode dalam pengidentifikasi anggota dan buku perpustakaan yang semakin mempercepat transaksi peminjaman dan pengembalian buku. Teknologi barcode merupakan salah satu teknologi yang dapat secara cepat dan akurat dalam penyediaan informasi.

“Sistem ini terkoneksi dengan internet dan ada sensor khusus yang dipasang pada pintu agar dapat menandai bila buku tidak terdata atau kemungkinan dicuri,” ungkapnya.

Sementara itu, Ir. Eddy Soesilo, M.Eng dosen pembimbing mengatakan pada buku yang sudah dipasangi sensor sehingga buku yang dipinjam tapi belum terdata oleh petugas maka alarm yang dipasangkan di pintu masuk akan berbunyi.

“Sehingga tidak akan ada buku yang keluar dari gedung perpustakaan tanpa terdata dan juga untuk mengurangi resiko kehilangan buku. Rancangan ini nantinya diharapkan dapat meminimalisir kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh sistem perpustakaan Kampus III Universitas Bung Hatta dan perpustakanan pusat di Kampus I Universitas Bung Hatta,” imbuhnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 Januari 2014 - 14:24:12

Rizal Ramli: Perekonomian Indonesia Berlampu Kuning
Rizal Ramli: Perekonomian Indonesia Berlampu Kuning
bunghatta.ac.id - Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta bersama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menghelat Seminar Nasional Repsosisi Ekonomi Indonesia Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang di gelas Fakultas Ekonomi UBH di Aula Balairung Caraka, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (16/01/2014).

Seminar nasional ini menghadirkan pembicara utama Mantan Menteri Keuangan dan Perekonomian Republik Indonesia Dr. Rizal Ramli dan 36 makalah yang akan dipresentasikan secara panel.

Ketua Pelaksana Dr. Alvis Rozani mengatakan sebagai anak bangsa cukup prihatin dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia yang tidak sepenuhnya dikelola oleh bangsa sendiri dan menjadi tantangan besar untuk kedepannya melihat tekad negara-negara kawasan ASEAN untuk memperkokoh kerjasama ekonomi di bawah ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

“Tentunya dari seminar nasional tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi konkrit berupa hasil riset yang dilakukan sehingga bisa dijadikan pedoman bagi pengambil kebijakan untuk memetakan posisi Indonesia di antara negara-negara ASEAN dan sebagai forum bertukar pikiran guna bersama-sama berkontribusi dalam menyongsong MEA 2015,” ungkapnya.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA yang membuka seminar ini menyebutkan kegiatan ini bisa menjadi salah satu langkah Universitas Bung Hatta dengan Universitas Islam Indonesia Yogyakart untuk menjadikan sister university dalam jangka panjangnya dan dengan hadirnya pembicara utama ini dapat memberikan gambaran dan pemikiran-pemikiran yang berkontribusi bagi keilmuan.

Selain memberikan sambutan, Niki juga menyampaikan materi mengenai Corporate Governance Reform in the global economy. Pada dasarnya governance itu esensinya amanah atau dipercayakan. Selama ada konfik interes dalam suatu perusahaan maka disana perlu adanya governance karena perusahaan merupakan kontributor bagi pertumbuhan ekonomi.

“Governance itu harus memiliki regulasi, untuk itu selama menjalankan Universitas Bung Hatta ini berpatokan pada 3 komponen yaitu konstitusional, institusional dan prosedural,” ujarnya.

Dr. Alvis Rozani menyampaiakn materi mengenai pandangannya untuk memakmurkan Indonsesia. Perekonomian makro indonesia bisa berkembang pesat akibat harga komoditi di dunia yang naik terus dan masalah perekonomian negara-negara Eropa yang bisa membuat harga saham di Indonesia naik.

“Namun belum tentu dapat mensejahterkan kehidupan masyarakat. Padahal perekonomian Indonesia intu berada di lampu kuning yang harus berhati-hati suatu saat bisa berubah tanda menjadi merah” ungkapnya dihadapan lebih 300 peserta seminar ini.

Ia menilai tahun 2014 ini, tahun yang sangat genting sebab bersamaan dengan pelaksanaan pemilihan presiden. Tentunya masyarakat harus mampu memilih pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah dan bukan malah membawa masalah dalam kepemimpinannya.

“Negara kita bisa maju bila kebijakan perekonomiannya tidaklah neoliberalisme yang sangat tidak menguntungkan bagi masyarakat kecil dan tidak sepaham sengan pokok-pokok pemikiran ekonomi Bung Hatta yang berujung untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat,” jelasnya.

“Mayoritas masyarakat Indonesia itu cuma numpang untuk makan saja tapi kesejahteraannya tidak tercukupi. Wajar saja 80% masyarakat Indonesia belum bisa dikatakan merdeka secara perekonomiananya. Maka untuk melihat pertumbuhan perekonomian itu bukan saja dari pembangunaan tapi dari kesejahteraan masyarakat terutama dalam menyongsong MEA 2013,” tambahnya.

Seminar naisonal yang dipandu Dr. Zaitul, SE, MBA ini diikuti oleh berbagai praktisi, akademisi, mahasiswa dan tamu undangan lainnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 15 Januari 2014 - 15:49:25

Mahasiswa UBH Rancang Kartu Cerdas Untuk Pasien di Rumah Sakit
Mahasiswa UBH Rancang Kartu Cerdas Untuk Pasien di Rumah Sakit
bunghatta.ac.id - Kemajuan sistem informasi dan teknologi membuat banyak kalangan menggunakan sistem dari komputer sebagai salah satu sarana penunjang agar dapat memberikan hasil dan pelayanan yang lebih baik. Rumah sakit merupakan salah satu institusi pelayanan umum yang membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan cukup memadai untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait.

Terkait dengan akan dibukannya Fakultas Kedokteran Universitas Bung Hatta bersamaan dengan rumah sakit tempat pendidikannya melatarbelakangi Harpan Febriansyah mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta untuk membuat kartu cerdas berbasis sistem informasi untuk pelayanan di rumah sakit.

Rancangan kartu cerdas ini merupakan tugas akhir mahasiswa dalam menamatkan studi S1 Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang dibimbing oleh Ir. Arnita, M.T dan Ir. Eddy Soesilo, M.Eng.

Harpan merancang sistem ini untuk membuat sistem informasi pasien rawat jalan secara komputerisasi, membuat program mengenai sistem informasi terpadu agar memudahkan pasien untuk mendapatkan pelayanan dan membuat software sehingga memudahkan tenaga pekerja dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

“Selama ini di rumah sakit banyak mengolah data secara manual. Hal ini mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar,” ungkapnya.

Untuk mengefektifkannya maka perlu dirancang suatu sistem basis data pasien yang lebih komprehensif sehingga akan memudahkan dalam mengolah data yang dibutuhkan dengan memanfaatkan sebuah sarana sebuah sistem basis data dan informasi pasien dengan menggunakan kartu ID pasien berbasis radio frequency identification (RFID).

“Dengan menggunakan kartu ID pasien sebagai akses penunjuk identitas yang berisi kode tertentu. Dalam kode ini akan berisi data-data para pasien, seperti data nama, tanggal lahir, jenis pasien, jenis kelamin, umur, agama, alamat, dan lainya,” jelasanya.

Sementara Itu, Ir. Arnita, M.T dosen pembimbing mengatakan rancangan yang dibuat mahasiswa ini juga dapat digunakan untuk pencarian data pasien dengan cepat, dapat digunakan untuk membuka pintu ruangan muat inap yang telah dikontrol dan dapat digunakan untuk mengetahui biaya perawatan dan pengobatan.

“Jadi semua urusan adminstrasi tidak lagi menggunakan kertas tapi beralih menjadi data digital dengan inovasi-inovasinya sehingga pelayanan pada rumah saktit lebih baik dan efisien,” ujarnya saat melihat hasil pengujian kartu cerdas ini. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 15 Januari 2014 - 14:53:56

Dr. Rizal Ramli, Akan Bahas Reposisi Ekonomi Indonesia Menyonsong MEA 2015 di UBH
Dr. Rizal Ramli, Akan Bahas Reposisi Ekonomi Indonesia Menyonsong MEA 2015 di UBH
bunghatta.ac.id - Mantan Menko Perekonomian Republik Indonesia Dr. Rizal Ramli, esok, Kamis (16/1) akan hadir sebagai pembicara utama pada seminar Nasional Repsosisi Ekonomi Indonesia Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean 2015 yang di gelas Fakultas Ekonomi UBH di Aula Balairung Caraka, Kampus 1 UBH Ulak Karang.

Panitia Pelaksana Dr. Alvis Rozani menyebutkan, di samping Keynote Speech dalam seminar nasional tersebut, peserta seminar juga terdiri dari dosen tetap Fakultas Ekonomi, praktisi dan pemerhati ekonomi juga di undang sebagai pemakalah untuk mempresentasikan hasil riset tentang kesiapan ekonomi nasional menyongsong MEA 2015.

Ditambahkan Alvis, dinamika perekonomian global dalam satu dekade terakhir memperkuat tekad negara-negara kawasan ASEAN untuk memperkokoh kerja sama ekonomi di bawah ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bagi Indonesia, pembentukan MEA 2015 mendatangkan harapan sekaligus tantangan.

“Dengan latar belakang itulah Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta bekerja sama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakrta menggelar Seminar Nasional yang bertemakan Reposisi Ekonomi Nasional Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015”, imbuh Alvis.

Dari seminar nasional tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi konkrit berupa hasil riset yang dilakukan oleh para expert dibidangya masing-masing sebagai pedoman bagi pengambil kebijakan untuk memetakan posisi Indonesia di antara negara-negara ASEAN dan sebagai forum bertukar pikiran bagi para akademisi, praktisi, birokrat guna bersama-sama berkontribusi dalam menyongsong MEA 2015.

“Materi seminar mengacu kepada tema sentral seminar yang bersumber dari beberapa disiplin ilmu seperti seluruh bidang ekonomi yang berkaitan dengan isu negara berkembang, seluruh bidang kajian bisnis dan manajemen, seluruh bidang kajian akuntansi dan keuangan serta governance”, ujar Alvis mengakhiri. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.81.80.46