Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Mahasiswa KKN-PPM UBH Perkenalakan Masyarakat Pembuatan Tempe Kacang Hijau

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta Di Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunuang Talang, Kabupaten Solok memperkenalkan masyarakat proses pembuatan tempe dari bahan kacang hijau. Kegiatan tersebut merupakan program pokok yang dilaks....

Desk Evaluasi dan Pemaparan Penelitian Desentralisasi Dosen Universitas Bung Hatta

Dosen Universitas Bung Hatta yang mengusulkan proposal Penelitian Desentralisasi Dikti untuk Tahun Anggaran 2016 melakukan presentasi pemaparan dihadapan reviewer nasional yang berlangsung di dua lokasi yaitu Ruang Sidang Rektor Gedung dan Ruang Sidang Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Kampus ....

Di Batu Hampar, Mahasiswa KKN-PPM Temui Penjahit Jaket Almamater Universitas Bung Hatta

Ada yang menarik bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta di Nagari Batu Hampar, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluhkota sebab bertemu dengan penjahit jaket almamater Universitas Bung Hatta. Muhammad Berkah Ketua Kelompok Mahassi....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Lakukan Penyuluhan di Pengilingan Padi

Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang mengadakan penyuluhan kepada pekerja pengilingan padi di daerah tersebut. mahasiswa yang melakukan kegiata....

Mahasiswa Hukum UBH Lakukan Sosilaisasi Pengunaan Internet Positif di Nagari Joho.

Pesatnya kemajuan teknologi yang diiringi dengan mudahnya mengakses informasi dengan menggunakan internet, dapat memberikan dampak yang tidak baik terutama bagi pelajar dalam penyalahgunaan internet untuk kegiatan-kegiatan negatif dan dapat terjerat oleh hukum. Melihat hal tersebut, lima mahasisw....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Motivasi Anak-Anak Agar Gemar Menabung

Beragam cara dapat dilakukan untuk mengiatkan masyarakat agar gemar menabung terutama bagi pelajar dan anak-anak sejak dininya. Untuk memperkenalkannya mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Batipuah Ateh, Kabup....

Rabu 29 April 2015 - 14:23:58

Bung Hatta Accounting Fair (BAF) Part VI
Bung Hatta Accounting Fair (BAF) Part VI
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Bung Hatta kembali mengadakan Bung Hatta Accounting Fair (BAF) part VI yang dirangkum dalam beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Bazar, Seminar Nasional, Pelatihan Partial Least Square, Accounting Competition tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera dan Field Trip pada 04 - 14 Mei 2015 mendatang.

Ketua Pelaksna Juli Hariyanto menyampaikan kegiatan ini bertujana untuk Meningkatkan silaturahim Mahasiswa Jurusan Akuntansi Se-Sumatera, meningkatkan wawasan Mahasiswa tentang Akuntansi, meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha (entrepreneurship) dan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa di bidang Akuntansi.

“Kegiatan Bung Hatta Accounting Fair (BAF) part VI ini yang diharapkan mampu menunjang dan menambah wawasan mahasiswa akuntansi dalam bidang akademik seiring dengan perkembangan dunia akuntansi saat ini, untuk mampu manandingi perubahan zaman yang berubah cepat maka kita harus terus menerus tampil prima,” jelasnya.

Ia menjelaskan bazar merupakan acara pertama, dimana bazar merupakan wadah kegiatan bagi masyarakat akuntansi untuk menyalurkan kreativitas dan bakat dalam berwirausaha (entrepreneurship).

“Kegiatan ini diangkat dengan tema Balai Rakyat Akuntansi yang bertempat di Halaman Gedung III Blok A Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 04 - 08 Mei 2015. Rencananya kegiatan ini akan diikuti oleh beberapa stand seperti stand kantor akuntan publik yang ada di Sumatera Barat, Perbankan, UKM dan usaha-usaha lainnya yang bersedia mengikuti bazar ini,” sebutnya.

Acara kedua, Seminar Nasional dengan tema Integrated Reporting: Implementation and Long-Term Benefit for Indonesia yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 11 Mei 2015.

“Kegiatan ini diharapkan akan mampu mengasah kemampuan dalam berfikir secara kreatif, kritis, dan intelektual, dalam mengikuti perkembangan terbaru dari dunia Akuntansi itu sendiri. Dengan terlaksananya seminar ini diharapkan menambah pengetahuan bagi mahasiswa mengenai Integrated Reporting,” ujarnya.

Acara ketiga Pelatihan bertemakan Pengolahan Data Menggunakan Partial Least Square (PLS) yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 12 Mei 2015.

“Peserta dari pelatihan ini adalah mahasiswa. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan dampak positif yang berguna bagi peserta itu sendiri,” imbuhnya.

Kemudian kegiatan keempat Accounting Competition dengan mengangkat tema Show Accounting Ability With Your Skill yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 10 Mei 2015 dan 13 Mei 2015 .

“Peserta dalam Cerdas Cermat ini adalah dengan mengundang mahasiswa akuntansi dari Perguruan Tinggi se- Sumatera. Cerdas Cermat ini dilakukan sebagai ajang kompetisi di bidang akuntansi dan memperkenalkan Universitas Bung Hatta sebagai salah satu Universitas Swasta terkemuka di Sumatera Bara,” jelasnya.

Acara ke-lima Field Trip, acara ini bertemakan “Field Trip dan Kunjungan Kerajinan Minangkabau” pada 14 Mei 2015. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa melakukan perjalanan wisata di Sumatera Barat dan melakukan kunjungan secara langsung ke tempat kerajinan Minangkabau dengan mengunjungi beberapa home industri yang terkemuka di Sumatera Barat.

“Tujuannya untuk memberikan gambaran dan informasi tentang bagaimana kondisi nyata dari sebuah home industri. Selain itu, kegiatan ini juga mengajak mahasiswa untuk lebih dekat dengan kondisi lapangan,” katanya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 29 April 2015 - 09:52:21

Rektor Lantik Pengurus BEMM dan DPMM Universitas Bung Hatta
Rektor Lantik Pengurus BEMM dan DPMM Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA secara resmi telah melantik kepengurusn Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk masa bakti 2015/2016 yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (28/04/2015) siang.

Prosesi pelantikan dimulai dengan pembacaan nama-nama satu persatu kepengurusan oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan Marleni, SE, M.Si, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan dan pelantikan oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA yang didampingi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum.

Presiden Mahasiswa Adnan S menyampaikan dengan telah dilantiknya pengurus BEMM Universitas Bung Hatta ini maka secara resmi motor penggerak organisasi sehingga semua pengurus dapat memahami dan menjiwai serta mengimplementasikan sumpah jabatan yang telah dibacakan. Hal itu untuk perlu untuk melakukan pembenahan-pembenahan kedepannya ibarat membangkitkan batang tarandam.

“Kami semua perlu bimbingan dan dukungan dari semua kalangan di Universitas Bung Hatta ini baik dari rektorat, senior, alumni dan kelembagan mahasiswa lainnya. Mari kita semua saling bekerja sama untuk membangun Universitas Bung Hatta lebih baik lagi,” ujanrnya.
Sementara itu, Pelaksana Tugas Harian DPMM Universitas Bung Hatta Yola Rahayu menyampaikan permintaan maaf dari Ketua DPMM Universitas Bung Hatta yang tidak dapat hadir saat pelantikan ini, disebabkan sedang melaksnakan kegiatan akademik yaitu kerja praktik.

“Dengan telah dilantikanya pengurus kelembagaan mahasiswa tertinggi di Univertias Bung Hatta ini dapat secara bersama-sama membenai dan saling merangkul antara satu sama lainnya,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA mengucapkan selamat kepada pengurus baru yang telah dilantik dan terima kasih kepada pengurus lama yang telah mengabdi.

“Organisasi kemahasiswaan ini sebagai tempat belajar mahasiswa untuk mengembangkan diri yang tidak ada dalam bangku perkuliahan. Dalam menjalankan organisasi, kelembagaan mahasiswa perlu juga memperhatikan tiga asas ini yaitu konstitusional yang patuh pada aturan, institusional untuk kepentingan institusi dan prosedural,” terangnya.

Niki juga menyampaikan agar pengurus lembaga yang baru dilantik ini harus mempunyai visi kedepan dan jangan terperangkap pada masa lalu. Benahi organisasis secara bersama-sama, saling berkomunikasi antar satu sama lainnya. Jika perlu dapat membuat rapat kooordinasi antar lembaga agar segala permasalahan dan hambatan yang telah dihimpun dapat dicarikan solusinya.

“Perlu diperhatikan juga bagi kelembagaaan mahasiswa dalam membuat program kerja harus mempertimbangkan tiga hal berikut yakni berbasis kegiatan penalaran, kesejahteraan mahasiswa dan minat bakat. Lakukan juga koordinasi dengan Wakil Rektor III terkait kegiatan kemahasiswaan, siapkan rancangan program kerja tiap tahunnya dengan terencana dan bertanggungjawab. Mari kita bersama-sama menjaga Universitas Bung Hatta ini dengan baik,” pesannya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 29 April 2015 - 08:58:01

Pengurus DPMM Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016
Pengurus DPMM Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016
bunghatta.ac.id - Berikut adalah susunan kepengurusan Pengurus Dewan PerwakilanMasyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016

Ketua: Apriadi M.A (Teknik Ekonomi Konstuksi/Quantity Surveying)
Sekretaris: Yola Rahayu (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan)

Komisi I (Legislasi dan Kemahasiswaan)
Ketua: Ulil Amri (Penjaskesrek)
Sektretaris: Eky Septiandi (Sastra Jepang)
Anggota Harmyansyah (Teknik Mesin)

Komisi II (Pengawasan)
Ketua: M. Syukrizal (Teknik Sipil)
Sektretaris: Yona Prastisia (Manajemen)
Anggota:
Kasmadi (Sastra Jepang)
Riki Putra (Teknik Kimia)

Komisi III (Keuangan)
Ketua: Julisman (Sastra Jepang)
Sektretaris: Rafika Yosania (PWK)
Anggota: Risandi Malta (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan)

(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 29 April 2015 - 08:42:54

Pengurus BEMM Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016
Pengurus BEMM Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016
bunghatta.ac.id - Berikut adalah susunan kepengurusan Pengurus Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016

Presiden: Adnan S. (Pendidikan Matatematika)
Wakil Presiden: Hanifah Turrahmi (Ilmu Hukum)
Sekretaris I: Astia Ningsih (PGSD)
Sekretaris II: Kurniati (PPKN)
Bendahara I: Siska Syafrieni (PGSD)
Bendahara II: Yunita Amri (Teknik Kimia)

Kementerian Sosial
Koordinator: Andri Saputra (Budidaya Perairan)
Anggota:
Anugerah Triardi (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan)
Khusnul Khulqi (PGSD)
Asri Megawati (Akuntansi)
Rizki Handika Putra (Ilmu Hukum)
Sri June Fitri (Ilmu Ekonomi Pembangunan)

Kementrian Pendidikan dan Penelitian
Koordinator Ahmad Iffan (Ilmu Hukum)
Anggota:
Indriati Hendartha (Ilmu Hukum)
Doni Seftriawan (Pendidikan Biologi)
Novalia Putri (Teknik Kimia)
Yuli Permata Sari (Akuntansi)

Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan
Koordinator: Fajar Aditya Amri (PWK)
Anggota:
Ilhamdi Putra (Ilmu Hukum)
Rino Zaifandi Pura (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan)
Rizky Muliana Muas (PGSD)
Nadilla Oktari Diningtias (Ilmu Hukum)

Kementerian Dalam Universitas
Koordinator: Bayu Setia Mahardika (Teknik Sipil)
Anggota:
Ghina Okhtawilanda (Ilmu Hukum)
Irfan Syofyan (Ilmu Hukum)
Ayu Meska Yopy (Budidaya Perairan)
Billy Budiawan (Budidaya Perairan)
Surya Wulandari (Akuntansi)

Kementerian Luar Universitas
Koordinator: Eko Helpiandi (PGSD)
Anggota:
Gustrina (Pendidikan Matematika)
Muhammad Iqbal (PTIK)
Nurul Khairat Asri (Akuntansi)

Kementerian Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa
Koordinator: Yudha Sunarta Suir (Ilmu Hukum)
Anggota:
Arif Rahmat (Ilmu Hukum)
Sarotun (Teknik Sipil)
Nur Dwi Lidiana (Ilmu Hukum)
Yulfitra Febriani (Pendidikan Biologi)

Kementerian Komunikasi dan Informasi
Koordinator: Bima Arianda (Ilmu Hukum)
Anggota:
Iklil Luqyana (Pendidikan Matematika)
Randy Putra (Ilmu Hukum)
Ayu Kurnia Sari (Pendidikan Matematika)
Rafi Afrimaiyulta (Sastra Jepang)

Kementerian Minat dan Bakat
Koordinator: Raden Saleh (Teknik Elektro)
Anggota:
Aulia Ramadheny (Ilmu Hukum)
Agusmansyah Putra (Ilmu Hukum)
Riska Kenedy (Pendidikan Matematika)
Putrisa Patni (Ilmu Hukum)
Yulhardi S. (Ilmu Hukum)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan
Koordinator: Miklayu Gustina (Pendidikan Matematika)
Anggota:
Lisnawati (Pend. Matematika)
Yuli Sri Handini (Budidaya Perairan)
Melly Permata Sari (Budidaya Perairan)
Deswil Zarni (Akuntansi)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 27 April 2015 - 10:24:25

Mahasiswa UBH Ikuti Pemilihan Uda Uni Duta Pariwisata Kota Padang
Mahasiswa UBH Ikuti Pemilihan Uda Uni Duta Pariwisata Kota Padang
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta turut mengikuti ajang pemilih Uda Uni Duta Pariwisata Kota Padang Tahun 2015 dan masuk kedalam 15 pasang finalis yang dilaksanakan pada malam puncak pemilihan di Hotel Bumi Minang, Sabtu (25/04/2015).

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang ini bertujuan untuk mencari duta wisata Kota Padang yang diharapakan turut andil dalam memajukan pariwisata dan menginformasikan budaya dan adat Minangkabau.

Dalam ajang ini sebanyak 3 orang mahassiwa Universitas Bung Hatta masuk kedalam 15 finalis tersebut yaitu Gusti Ayu Wulandari mahasiswa jurusan Budidaya Perairan angkatan 2011, Anissa Dinata mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2011 dan Hijri Amri mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2010 yang baru diwisuda pada 18 April 2015 lalu.

Pada kesempatan pemilihan uda uni duta pariwisata kota padang tahun 2015 ini Anissa Dinata terpilih menjadi Uni Intelegnesia. (**Ubay-Humas UBH)

Foto: Asosiasi Duta Wisata Indonesia Cabang Padang
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 25 April 2015 - 14:39:36

Sebelum Bermasyarakat, Mahasiswa Wajib Ikuti Pembekalan KKN-PPM
Sebelum Bermasyarakat, Mahasiswa Wajib Ikuti Pembekalan KKN-PPM
bunghatta.ac.id - Sebelum terjun ke lapangan mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tahun 2015 harus mengikuti pembekalan terlebih dahulu seperti pembekalan untuk mahasiswa berlokasi di Kabupaten Solok. Kegiatan ini diadakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (25/04/2015).

Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta 2015, Ir. Indra Khaidir, M.Sc menyampaikan mahasiswa yang mengikut pembekalan KKN-PPM harus serius menyimak materi-materi yang disampaikan narasumber karena KKN-PPM ini merupakan mata kuliah yang masuk kedalam kurikulum dengan memiliki bobot 4 SKS. Setelah penyampaian materi akan ada ujian tertulis dari pembekalan.

“Bagi mahasiswa yang tidak lulus atau gagal dalam ujian pembekalan maka tidak dapat diterjunkan di lapangan. Untuk itu, para mahasiswa yang mengikuti pembekalan ini harus serius karena ini sebagai prasyarat untuk terjun ke lapangan maka dari itu jangan main-main. Kegiatan KKN-PPM ini sebagai bentuk aktualisasi diri untuk mejadi pemimpin,” himbaunya.

Drs. Suparman Khan, M.Hum Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan KKN-PPM yang akan diikuti oleh mahasiswa ini sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam melakukan pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat. “Untuk itu tiap mahasiswa harus mempersiapkan diri dan dapat mengembangkan kemampuan softskillnya saat melaksanakan kegiatan di lapangan bersama masyarakat” ucapnya.

Dalam pembekalan ini diberikan materi-materi mengenai bertindak ilmiah dalam pemberdayaan oleh Dr. Ir. Eni Kamal, M.Sc, KKN-PPM merupakan matakuliah wajib oleh Drs. Suparman Khan, M.Hum dan materi mengenai KKN-PPM Sebagai wadah pengabdian masyarakat oleh Ir. Haryani, MT. Selanjutnya ada penyamaian materi dari wakil dekan di lingkungan Universitas Bung Hatta mengenai gambaran program kerja KKN-PPM tiap jurusan.

Pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015 ini akan ke 56 kenagarian di enam Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, Kabupaten Limpuluhkota, Kota Padang Panjang dan Kota Pariman yang akan dilaksankan pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan dilanjutkan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 25 April 2015 - 11:13:00

UBH Gelar Pertemuan Dengan Orang Tua Penerima Beasiswa Bidik Misi
UBH Gelar Pertemuan Dengan Orang Tua Penerima Beasiswa Bidik Misi
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan Pertemuan Pimpinan Universitas Bung Hatta dengan Orang Tua Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas bung Hatta, Sabtu (25/04/2015).

Sejak tahun 2012, Universitas Bung Hatta telah mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola beasiswa bidik misi. Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi cemerlang dibidang akademik namun memiliki keterbatasan secara finansial untuk melanjutkan pendidikan terutama tingkat perguruan tinggi.

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum melaporkan sebanyak 241 mahasiswa untiversitas bung hatta memperoleh beasiswa bidik misi dengan jumlah per tahunnya sebagai berikut untuk tahun 2012 sebanyak 102 mahasiswa, tahun 2013 sebanyak 109 mahasiswa, tahun 2014 sebanyak 30 mahasiswa dan untuk tahun 2015 ini Universitas Bung Hatta memperoleh 40 kuota untuk penerima beaisswa bidik misi.

“Pertemuan ini bertujuan untuk bersilaturahmi antara orang tua mahasiswa penerima beasiswa bidik misi dengan pimpinan universitas. Selain itu juga untuk menajak peran orang tua untuk membantu dalam menyukseskan studi mahasiswa penerima bidik misi,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Rektor UniversitasBung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan pertemuan ini memang telah diagendakan oleh universitas agar para orang tua mahasiswa dapat terus memonitor dan berkomunikasi mengenai kondisi perkuliahannya ataupun masalah-masalah selama kuliah karena keberhasilah seorang anak tidak terlepas dari peran dan doa orang tua.

“Universitas Bung Hatta memperoleh jumlah penerima beasiswa bidik misi terbesar di Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau). Saat ini tidak ada lagi perbedaan antara perguruan tinggi negeri atau swasta namun dilihat dari akreditasinya dan Universitas Bung Hatta juga masih menjadi perguruan tinggi terbaik di Kopertis Wilayah X,” ujarnya.

Ia mengatakan mahasiswa penerima beasiswa bidik misi sangat beruntung karena telah mendapatkan peluang untuk dapat melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan. Segala biaya pendidikan selama kuliah gratis ditanggung oleh pemerintah dan Yayasan Pendidikan Bung Hatta.

“Para mahasiswa penerima bidik misi harus belajar dengan sungguh-sungguh sehingga dapat lulus tepat waktu selama 4 tahun atau 8 semester, bila tidak maka beasiswanya akan diputus. Untuk itu perhatian orang tua sangat penting dan semua ini tanggung jawab kita bersama,” pesannya.

Pada kesempatan ini juga Sekretaris Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Dr. Hasnul Fikri, M.Pd menyampaikan tidak semua orang mendapatkan peluang untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi namun bagi mahasiswa yang telah memperloleh beasiswa bisik misi ini menjadi anugerah yang harus disyukuri.

“Program beasiswa pendidikan ini sebagai bentuk untuk mengingkatkan kualitas hidup. Dengan semakin cepat mahasiswa ini tamat maka akan membantu meningkatkan kualitas hidup keluarga,” terangnya.

Usai pengarahan dari Rektor Universitas Bung Hatta dan Sekretaris Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta dilanjutkan dengan diskusi bersama Wakil Rektor III Universitas Bnug Hatta serta Wakil Dekan. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 24 April 2015 - 11:26:15

BEMM FTI Gelar Latihan Kepemiminan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar
BEMM FTI Gelar Latihan Kepemiminan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar
bunghatta.ac.id - Melahirkan generasi muda yang berjiwa sang proklamator tidaklah mudah, sebagai perguruan tinggi yang menyandang nama proklamator Bung Hatta, Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universita Bung Hatta menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar yang dilaksanakan di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 24-26 April 2015.

Efrika Gubernur BEMM FTI mengatakan pelatihan kepemimpinan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan BEMM FTI untuk dapat mencipatkan calon pemimpin yang brjiwa sang proklamator sekalius sebagai bentuk regenerasi dalam mencari bibit-bibit baru pemimpin organisasi mahasiswa dimasa depan.

“Pelatihan ini diikuti 25 peserta yang tidak hanya dari Fakultas Teknologi Industri saja namun dari fakultas lain di lingkungan Universitas Bung Hatta. Dengan mengikuti pelatihan ini para mahasiswa dapatt menumbuhkan jiwa pemimpin dan berkarakter seperti Bung Hatta,” ungkap Efrika mahasiswa jurusan Teknik Kimia ini.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Jumat (24/04/2015), Dekan Fakultas Teknologi Industr Universitas Bung Hatta Ir. Drs.Mulyanef, M.Sc menjelaskan pelatihan kepemimpinan ini sangat perlu bagi mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya. Selama menempuh pendidikan dibangku kuliah mahasiswa tidaknya untuk mengembangkan kemampuan akademiknya saja tapi harus juga bisa mengasah kemampuan softskillsnya.

“Dengan berorganisasi para mahasiswa dapat belajar bagaimana untuk menghimpun dan meyakinkan orang lain hingga belajar untuk mempertangungjawabkan segala kegiatan yang telah dilakukan baik laporan kegiatannya maupun keuangannnya,” terangnya.

Ia menambahkan maafaat berorgansiasi itu tidak akan dirasakan saat ini namun ketika telah lulus dan telah bekerja. “Semoga ilmu yang diberikan pemateri nantinya dapat menambah wawasan, dipahami dan diaplikasikan dengan baik,” pesannya.

Usai pembukaan, para peserta akan mendapatkan pemaparan materi selama tiga hari, untuk hari pertama mengenai mengenal diri sendiri oelh Ir. Drs. Mulyanef. M.Sc, kesehatan mental dalam ranka membangun kepribadian dan kepercayaan diri oelh Suryadimal ST, MT, teknik lobi dan komunikasi oleh Fashly Eka Putra, S.Hum dan materi mengenai perumusan gagasan awal oelh Bayu Haryanto, ST.

Untuk hari kedua penyampaikan materi dari Imam Satria, ST, MT mengenai hakikat motivasi, kemudian mengenai pengambilan keputusan dan pengendalian konflik oleh Ir. Yusrizal Bakar, MT. Selanjutnya mengenai manajemen kepemimpian dan organsiasi oleh Aidil Ikhsan, ST, MT.

Pada hari ketiga ada materi mengenai perencanaan, penyusunan dan pelaksanaan program kerja oleh Ir. Edi Septe, MT, teknik pidato oleh Fajar Wahyudi, teknik persidangan oleh Oktafiandi, ST dan teknik orasi bersama Prasetia Sanjaya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 23 April 2015 - 15:00:39

Bersama Diving Proklamator  Nadine Chandrawinata Selami  Kapal Tenggelam MV Boelongan Nederland  di Kawasan Mandeh
Bersama Diving Proklamator Nadine Chandrawinata Selami Kapal Tenggelam MV Boelongan Nederland di Kawasan Mandeh
bunghatta.ac.id - Kawasan Mandeh Pesisir Selatan dengan spot penyelaman utamanya kapal tenggelam MV.Boelongan Nederland, kapal Belanda yang tenggelam di bom tentara Jepang tahun 1942 semakin jadi tujuan utama para penyelam-penyelam, tidak terkecuali bagi kalangan artis sebagai lokasi shooting di berbagai program acara petualangan di di TV Nasional. Sebelumnya Dayu Prastini Hatmanti, Miss Scuba International 2011 dari “Explore Indonesia” KompasTV juga telah menjelajahi kawasan ini.

Bersama tim Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, kali ini Nadine Chandrawinata Putri Indonesia 2005 yang datang untuk shooting “My Trip My Adventure” TransTV. Kedatangan Nadine berkaitan dengan kegiatan Joy Sailing Mandeh 2015. Nadine shooting dikawasan tersebut antara lain offroad dan mengayuh biduk di kawasan Mandeh, kemudian juga menyelam di spot kapal tenggelam serta snorkeling di beberapa pulau-pulau lainnya di kawasan tersebut.

Didampingi Mabruri Tanjung, penyelaman Diving Proklamator, didikung kecerahan perairan sampai 8 meter, beruntung Nadine dapat menjajal bangkai kapal Belanda yang tenggelam sejak tahun 1942 tersebut kondisinya boleh dikatakan utuh dan di penuhi berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Nadine sangat puas di spot penyelam tersebut, menurutnya selama ia menyelam di beberapa lokasi kapal tenggelam, spot penyelaman MV.Boelongan Nederland lah yang terbaik, didukung oleh perairan yang tenang dan jernih, kondisi kapalnya pun masih utuh walau sudah tenggelam sekian lama. Hal lain yang sangat mendukung adalah lokasinya yang sangat dekat dan mudah dijangkau.

Ditempat terpisah, Mabruri Tanjung menyebutkan, menyelam di lokasi tersebut memang harus diperhatikan betul keadaan cuaca dan kejernihan air, karena dekat dengan daratan dan muara sungai kadang-kadang kecerahan air hanya 1-2 meter dan perencanaan selam yang matang.

“Saat Underwater Photography Tournament kemarin, malah kecerahan perairan di kedalaman 20 meter hanya 1-3 meter, dan beruntung saat menyelam dengan Nadine kecerahan sampi 8 meter lebih, sehingga puas lah ngambil foto-foto dan videonya” ujar juara III lomba foto underwater tersebut.

Ditambahkan Tanjung, karena keterbatasan waktu dan cuaca, kegiatan snorkeling di lokasi transplantasi terumbu karang yang dilakukan UKM Diving Proklamator di Pulau Sironjong Gadang batal dilaksanakan. Namun diwaktu dan program lain, Nadine berjanji akan snorkeling dan menyelam lagi di spot-spot penyelaman di perairan Sumatera Barat. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 22 April 2015 - 13:35:14

Universitas Bung Hatta Sabet 4 Piala dalam Pemilihan Duta GenRe 2015
Universitas Bung Hatta Sabet 4 Piala dalam Pemilihan Duta GenRe 2015
bunghatta.ac.id - Untuk kesekian kalinya Universitas Bung Hatta berhasil mendapatkan juara dalam ajang Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe (Generasi Berencana) dan untuk tahun 2015 ini Universitas Bung Hatta berhasil membawa pulang empat piala. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatra Barat ini bertempat di SMKN 2 Padang pada 18 April 2015.

Universitas Bung Hatta melalau Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIKM) Proklamator mengutus empat mahasiswanya yang juga keempatnya memperoleh juara yaitu Hudanifaf Apsu dari jurusan Manajemen angkatan 2013 terpilih menjadi Duta GenRe Putra Sumbar 2015 atau Juara I, Rani Fadila dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2013 memperoleh juaran harapan 1 Putri, Tomi Chandra dari jurusan Sastra Inggris angkatan 2012 mendapatkan gelar Duta Fotogenik dan Aldini Claudia dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2013 menjadi Duta Kreator.

Pelatih seleksi Duta GenRe dari Universitas Bung Hatta, Veky Nanda Idral mengatakan kegiatan tahunan yang menjadi salah satu program dari BKKBN ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda mengenai berpilaku sehat, kesehatan reproduksi remaja, HIV/AIDS, free sex, Napza hingga pencegahan dalam pernikahan dini. Pemilihan pemilihan Duta Mahasiswa GenRe ini diikuti oleh perguruan tinggi yang memiliki Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa dan jalur umum.

“Alhamdulliah dari empat utusan yang membawa nama Universitas Bung Hatta, keempatnya berhasil mendapatkan juara dan satu orang dinobatkan sebagai duta yang akan mewakili Sumatra barat di tingkat nasional. Bila ada juaran umum mungkin piala tersebut akan disematkan kepada tim dari Universitas Bung Hatta,” ucap Duta Fotogenic 2014 ini.

Ia mengatakan sebelum bertanding di tingkat provinsis, para mahasiswa yang akan menjadi finalis dalam pemilihan duta ini diseleksi terlebih dahulu di tingkat universitas untuk mewakili perguruan tingginya dalam ajang serupa di tingkat provinsi.

“Semoga para pemenang yang telah menjadi wakil Universitas Bung Hatta dapat menggunakan gelar dutanya dengan baik dan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama karantina kepada mahasiswa lainnya. Untuk pemilihan tahun berikutnya mahasiswa yang akan mewakili Universitas Bung Hatta dalam ajang ini jauh lebih baik lagi dan memperoleh lebih banyak lagi juara,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA saat ditemui diruangannya, Rabu (22/04/2015) bersama Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum dan Kepala Bagian Kemahasiswaan Marleni, SE, M.Si menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah terpilih untuk lolos ke tingkat nasional dan menjadi juara pada pemilihan duta ini.

“Universitas Bung Hatta akan terus mendukung dan memfasilitasi mahasasiswa dalam mengembangkan kemampuannya baik bidang akademik dan minat bakatnya. Jangan lupa dengan kuliahnya dan terus menjaga nama baik Universitas Bung Hatta,” pesannya.

Semenjak pertama kalinya Universitas Bung Hatta mengikuti pemilihan Duta GenRe pada tahun 2011 telah menorehkan berbagai prestasi yang telah diraih yakni pada tahun 2011 mendapatkan juara II Putra Duta Mahasiswa (Maifitra Boni), juara III Putri Duta Mahasiswa (Refi Yuana) dan juara harapan I Duta Mahasiswa (Veny Ronela Asri). Pada tahun 2012 berhasil menyabet juara II putri Duta Mahasiswa (Yelna Oktaviana) dan juara III Putri Duta Mahasiswa (Irma Yanti Chandra).

Kemudian pada tahun 2013 berhasil menjadi juara 1 Putri Duta Mahasiswa (Anissa Dinata) sedangkan pada tahun 2014 mendapatkan juara harapan 1 putra (Ivandra Amor Ganelson), Fotogenic (Veky Nanda Idral) dan Persahabatan (Violin Aulia). (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.198.87.238