Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Penyerahkan SK Calon Dosen Tetap dan Dosen Kontrak Universitas Bung Hatta

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA didampingi Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati, M.Pd bersama Wakil Rektor III Drs. Suparman Khan, M.Hum memberikan Surat Keputusan Pengangkatan Calon Dosen Tetap 80% dan Dosen Kontrak kepada 5 orang dosen yang berlangsung di Ruang ....

UKM Kesenian Proklamator Akan Gelar 5 Macam Perlombaan

Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan acara Festival dan Parade Seni dengan mengangkat tema Bebas, tak terbatas, Bersahabat yang akan berlangsung di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 04 hingga 05 April 2015 mendatang. Ketua....

58 Koorkab/kota dan DPL Laksanakan Pembekalan Untuk KKN-PPM Tahun 2015

Sebanyak 58 Koordinator Kabupaten/Kota dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta tahun 2015 dengan tema memberdayakan masyarakat tahun 2015 yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus ....

Bupati Solok Selatan Libatkan UBH Dalam Manfaatkan Potensi Daerah

Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, M.Eng mengajak perguruan tinggi untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan potensi baik sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimilik oleh Kabupaten Solok Selatan. Hal tersebut diungkapkannya saat penandatangan kerjasama dengan 12 perguran tinggi, i....

Menyiapakan Calon Tenaga Kerja, SPACE UBH Lakukan MoU dengan PT. Andalan Mitra Prestasi

Universitas Bung Hatta melalui SPACE atau School of Profesional and Continous Education (Sekolah Profesional dan Pendidikan Berkelanutan (SP2B) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT. Andalan Mitra Prestasi mengenai penyiapan calon tenaga kerja dan peningkatan SDM tenaga kerja melalui pelatih....

Jajaki Kerjasama, Universiti Kebangsaan Malaysia Kunjungi UBH

Untuk mempererat tali silaturahmi Universiti Kebangsaan Malaysia mengadakan kunjungan ke Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang Rekotrat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (23/02/2014). Tim Universiti Kebangsaan Malaysia yang mengikuti yaitu Prof. Dr. Abu B....

Selasa 20 Januari 2015 - 10:29:46

Posdaya Sebagai Model Pemberdayaan Masyarakat
Posdaya Sebagai Model Pemberdayaan Masyarakat
bunghatta.ac.id - Dalam rangka pelaksanaan Millenium Development Goals (MDGs), Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga mengembangkan fungsi keluarga yang diarahkan kepada lima prioritas sasaran utama, yaitu, (1) komitmen pada pimpinan dan sesepuh tingkat desa dan pedukuhan, kecamatan dan kabupaten, (2) pengembangan fungsi keagamaan, fungsi KB dan kesehatan, (3) fungsi pendidikan, (4) fungsi kewirausahaan dan (5) fungsi lingkungan hidup yang memberi makna terhadap kehidupan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Penguatan fungsi-fungsi utama tersebut diharapkan memungkinkan setiap keluarga makin mampu membangun dirinya menjadi keluarga sejahtera, keluarga yang mandiri dan keluarga yang sanggup menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik

Hal itu di ungkapkan Ir. Indra Khaidir,ST.,MT Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta saat sosialiasi pembentukan Posdaya Proklamator untuk 5 kelurahan di Kota Padang, di ruangan Sidang Rektor Kampus Proklamator I, Ulak Karang.

Disebutkan Indra, tujuan pembentukan posdaya adalah untuk menyegarkan modal sosial, seperti hidup bergotong-royong dalam masyarakat guna membantu pemberdayaan keluarga secara terpadu dan membangun keluarga bahagia dan sejahtera.

“Saat ini sudah ada 250-an Perguruan Tinggi dan 35.000-an posdaya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan Universitas Bung Hatta bersama dengan 8 Perguruan Tinggi lainnya di Sumatera Barat dan Muaro Bungo Jambi sudah memperkuat kerjasama dengan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri), hal itu dituangkan dalam bentuk penandatangan nota kesepahaman pelaksanaan program Pos Pemberdayaan Keluarga, yang di tanda tangani langsung oleh Prof. Haryono Suyono, Ketua Yayasan Damandiri” imbuh Indra.

Dijelaskan Indra, posdaya terbentuk dari upaya yang timbul dari kesadaran masyarakat sendiri yang secara cerdas untuk mengentaskan kemiskinannya. Bukan mengandalkan berbagai bantuan yang hanya bertujuan memanjakan. Dengan Posdaya, masyarakat juga terus dilatih untuk menumbuhkan semangat dalam berkreatifitas agar keterampilannya semakin tercipta.

“Untuk keberlanjutannya, baik pemerintah, masyarakat, universitas, LSM, dan berbagai perusahaan sudah seharusnyalah mendukung, bahkan memperluas posdaya di seluruh pelosok nusantara ini” harap Indra yang juga dosen Fakultas Teknik Sipil UBH ini. (**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 19 Januari 2015 - 14:20:30

LPPM-UBH Bentuk Posdaya Damandiri Untuk 5 Kelurahan di Kota Padang
LPPM-UBH Bentuk Posdaya Damandiri Untuk 5 Kelurahan di Kota Padang
bunghatta.ac.id - Guna memantapkan pelaksanaan program pembangunan sumberdaya manusia melalui pola kemitraan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Bung Hatta menggandeng 5 Kelurahan di Kota Padang, seperti dari Air Tawar Barat, Air Tawar Timur, Gunung Pangilun, Ulak Karang Selatan dan Kelurahan Alai Parak Kopi.

Pertemuan yang berlangsung di ruang Rektor, Kampus I Universitas Bung Hatta tersebut di hadiri oleh masing-masing utusan dari kelurahan, direncanakan posdaya bentukan bersama itu akan di beri nama Posdaya Proklamator I sampai dengan Proklamator V.

Indra Khaidir Koordinator pengelola KKKN-PPM Universitas Bung Hatta menyebutkan, sebelumnya Universitas Bung Hatta bersama dengan 8 Perguruan Tinggi di wilayah Sumatera Barat dan Muaro Bungo Jambi memperkuat kerjasama dengan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri), hal itu dituangkan dalam bentuk penandatangan nota kesepahaman pelaksanaan program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Universitas Bung Hatta beberapa waktu yang lalu.

Ditambahkan Indra, dengan ditandatanganinya nota kesepahaman tersebut, diharapkan para akademisi ikut berpartisipasi meningkatkan keberhasilan pelaksaan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Tujuan pembentukan Posdaya adalah menggalakkan kembali kegotongroyongan masyarakat dalam memecahkan permasalahan kehidupan yang makin komplek, melalui wadah atau forum yang memberi kesempatan para keluarga untuk sejahtera.

Kemudian, terpeliharanya infrastruktur sosial kemasyarakatan yang dapat menjadi perekat atau kohesi sosial, sehingga tercipta suatu kehidupan yang rukun dan damai, tetapi memiliki dinamika yang tinggi.

Selanjutnya, terbentuknya lembaga sosial antarkeluarga di desa atau kelurahan yang mejadi wadah atau sarana partisipasi sosial, dimana para keluarga dapat memberi dan menerima pembaruan kondisi kehidupan melalui forum atau kegiatan bersama.

“Posdaya adalah suatu wadah untuk layanan pemberdayaan keluarga oleh satuan tugas (Satgas) kepada masyarakat dalam rangka menuju kesejahteraan yang tercakup dalam delapan fungsi MDGs (Millennium Development Goals), dengan sasaran Posdaya meliputi lima tahap kehidupan mulai dari Balita (bayi di bawah usia lima tahun), anak-anak, remaja, dewasa dan Lansia (lanjut usia)”, imbuh Indra.

Sementara itu Rina dari Kelurahan Air Tawar Barat, menyambut baik rencana pembentukan posdaya proklamator tersebut. Menurutnya selama ini kegiatan serupa sudah ada di kelurahan masing-masing, namun dengan pembentukan posdaya yang didampingi langsung oleh Universitas Bung Hatta tentu akan lebih baik lagi, baik dari segi manajemen, menyusun dan menjalakan program-program maupun dalam penyusunan proposal kegiatan serta pelaporannya. (*Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 19 Januari 2015 - 12:36:33

Mahasiswa UBH Ikuti Pelatihan Nasional Bridge Youth 2015
Mahasiswa UBH Ikuti Pelatihan Nasional Bridge Youth 2015
bunghatta.ac.id - Sebanyak tiga orang mahasiswa Universitas bung Hatta diundang oleh Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia ( PB GABSI) untuk mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) Bridge Youth 2015 pada 25 januari – 7 februari 2015 di Telkom Universty, Bandung.

Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Agung Dwi Saputro, Wewen Yuhendri dan Yunita Fyty yang berasal dari program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Pelatihan nasional ini diselenggarakan dalam rangka untuk pembentukan tim Nasional Youth Indonesia Tahun 2015 yang dipersiapkan untuk mengikuti APBF Youth Championship yang akan dilaksanakan di Bangkok, Tahailan pada 1-7 April 2015.

PB GABSI mengundang 8 pasang untuk masing masing katagori yang akan dipertandingkan yaitu katagori pemain junior, katagori pemain youngster dan kataogri pemain girls. Pemain ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang diundang merupakan para atlit youth yang berprestasi pada berbagai kejuaraan Bridge selama tahun 2013 dan 2014 terutama kejuaraan nasional dan kerjuaraan nasional pelajar dan mahasiswa begitu juga denga PON Remaja 2014.

Saat pertemuan altit Bridge Universitas Bung Hatta dengan pimpinan struktural di Ruang Rektor Kampus Proklamator I, Jumat (09/01/2015), Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengucapkan selamat dan bangga kepada mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mendapat undangan langsung dari PB GABSI dengan membawa nama daerah dan perguruan tinggi.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi kampus karena hanya mahasiswa Universitas Bung Hatta saja yang menjadi perwakilan dari provinsi Sumatra Barat dalam mengikuti Pelatnas Bridge ini,” ujar Niki.

Niki menyampaikan agar para atlit Bridge Universitas bung Hatta ini serius dan sungguh-sungguh dalam mengembangkan kemampuannya, begitu juga dengan perkuliahannya jangan sampai tertinggal harus cepat wisuda.

“Kita berharap ketiga mahasiswa kita ini dapat menjaga nama baik institusi dan daerahnya serta dapat juga menambah jaringan dengan altit lainnya dan tokoh-tokoh di PG GABSI,” imbuhnya. tambahnya.

Selama ini Tim Bridge Universitas Bung Hatta sudah dikenal dengan memperoleh berbagi juara di wilayah Sumbar, Riau dan Jambi, namun saat ini berhasil masuk di nasional dengan mengalahkan tim bridge dari perguruan tinggi ternama yang biasa menjadi juara seperti pada pertandingan yang bar-baru ini diikuti di Surabaya pada 09 hingga 16 Desember 2014 lalu yang meraih 4 penghargaan, dalam Kejuraan Bridge Nasional yaitu untuk kategori beregu berhasil meraih juara IV, untuk kategori berpasangan berhasil mendapatkan juara III, sedangkan untuk Piala Pahlawan dan Piala HBN masing-masing memperoleh juara II.

Dalam petemuan tersebut dihadiri juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum, Kepala BAAK Hendra Kusuma, S.Pi., M.Si, Kepala Bagian Kemahasiswaan Marleni, SE, M.S dan Kepala Humas Indrawadi, S. Pi. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 16 Januari 2015 - 15:06:00

Alumni Teknik Kimia UBH Batam Adakan Pertemuan dengan Mahasiswa dan Dosen
Alumni Teknik Kimia UBH Batam Adakan Pertemuan dengan Mahasiswa dan Dosen
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan pertemuan dengan Ikatan Alumni Kota Batam saat kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang bertempat di Biz Hotel, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (14/01/2015) malam.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 50 orang yang diikuti oleh Dekan Fakultas Teknolgi Industri Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc , beberapa alumni dari Fakultas Teknologi Industri dan dihadiri juga oleh Ketua Ikatan Alumni Universitas Bung Hatta DPD Kepulauan Riau beserta pengurus dan Ketua Ikatan Alumni Universitas Bung Hatta Kota Batam beserta pengurus.
Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT menyampaikan kegiatan ini diadakan disela-sela kegiatan kunjungan mahasiswa yang mengambil mata kuliah pilihan Kuliah Kerja Lapangan yang bertujuan untuk berbagi informasi antara mahasiswa, dosen dan alumni.

“Pertemuan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan temu kangen dengan dosen serta untuk saling mengakrabkan antara adik kelasnya yang masih kuliah dengan kakak/abangnya yang telah bekerja. Dengan ada acara silaturahim tersebut, para alumni dapat memberikan motivasi dan infomasi kepada mahasiswa, tentang dunia kerja dimasa merndatang,” ujarnya.

Reni juga menyampaikan kondisi terikin mengenai pencapaian jurusan Teknik Kimia Universitas bung Hatta dimulai dari kondisi jumlah mahasiswa, dosen yang lebih dari 60 pesen telah berkualifikasi doktor hingga memaparkan suasana laboratorium dengan wajah baru yang lebih segar dan nyaman.

“Alhamdullilah Saat ini Jurusan Teknik Kimia kembali mendapatkan akreditasi B tanpa visitasi oleh tim BAN-PT saat melakukan pengecekan borang, begitu juga dengan kurikulum telah berbasis kompetensi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan dan cepat diserap dunia kerja,” ucapnya.

Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang ikut dalam kegiatan ini juga mengatakan agar para alumni Universitas Bung Hatta khususnya Fakultas Teknologi Industri dapat terus memberikan informasi mengenai peluang kerja dan memberikan motivasi-motivasi berupa kuliah umum maupun pelatihan keahlian.

“Semoga kedepanya diadakan juga kegiatan pertemuan alumni serupa yang melibatkan semua jurusan di Fakultas Teknologi Industri agar terus terjalin rasa kekeluargaan dan meningkatkan kebersamaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumuni Universitas Bung Hatta DPD Kepulauan Riau Febrialin,SE mengungkapkan rasa senangnya dapat hadir dan bertemu saat moment yang penting ini karena dapat bertatap muka dengan sesama alumni dari jurusan lainnya dan dosen serta mahasiswa.

“Kedepannya Ikatan Alumni Kepri berencana membuat yayasan sertifikasi untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi pada alumni universitas bung hatta agar alumni kita mampu bersaing dengan lulusan lainnya baik dalam maupun luar negeri,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini juga, Ketua Ikatan Alumni Teknik Kimia Kota Batam Ferry Aguswan, ST menyampaikan sangat sengang dengan kedatangan adik-adiknya dan para dosen Jurusan Teknik Kimia.

“Pertemuan ini menjadi bagian yang sangat penting untuk menjalin tali silaturahmi semoga kedepannya jurusan Teknik kimia terus berjaya dan kami juga memberikan kue spesial sebagai perayaan dan syukuran Akreditasi B yang kembali diperoleh jurusan Teknik Kimia,” jelasnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 16 Januari 2015 - 10:49:52

LPPM UBH Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah
LPPM UBH Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah
bunghatta.ac.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta mengadakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah bagi seluruh dosen yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (16/01/2015).

Direktur LPPM Universitas Bung Hatta, Dr. Elfiondri, SS, M.Hum mengatakan workshop ini dilaksanakan untuk melakukan diskusi dalam penulisan artikel ilmiah yang merupakan hasil kerjasama antara Universitas Bung Hatta dengan Cardiff University Inggris.

“Artikel ilmiah ini sangat penting bagi dosen dalam mempublikasikan hasil penelitiannya dan untuk saat ini LPPM Universitas Bung Hatta sebagai Cluster Madya dengan harapaan kedepannya banyak dosen yang melakukan publikasi ilmiah ” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum yang membuka acara workshop ini menyampaikan kegiatan ini sangat penting diikuti oleh para dosen dalam meningkatkan kompetensinya dalam dunia penelitian. Tanpa arikel ilmiah seorang peneliti tidak akan dikenal dan mengenalkan hasil penelitiannya kepada masyarakat banyak.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memacu para dosen untuk melakukan penelitian dan mempublikasikannya tidak hanya untuk jurnal nasional tapi harus jurnal internasional. Selain itu juga dosen harus melilbatkan mahasiswa dalam melakukan penelitian seperti dalam kegiatan PKM atau lainnya,” ujarnya

Workshop penulisan artikel ilmiah ini membahas mengenai penulisan jurnal ilmiah rekomedasi Dikti oleh Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, MS, penulisan jurnal ilmiah internasional oleh Prof. Aris A. Syntetos dari Cardiff University Inggris serta bedah artikel ilmiah oleh Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, MS dan Dr. Hendra Suherman, St, MT(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 16 Januari 2015 - 09:25:01

FTI UBH Jajaki Kerjasama dengan Industri di Kepulauan Riau
FTI UBH Jajaki Kerjasama dengan Industri di Kepulauan Riau
bunghatta.ac.id - Bersinergi antar perguruan tinggi dengan dunia industri itu sangatlah penting terutama dalam menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya dan mampu bersaing terutama dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Hal tersebut diungkapkan Ir. Drs. Mulyanes, M.Sc Dekan Fakutas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta saat melakukan Kuliah Kerja Lapangan bersama mahasiswa dan dosen jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta di Kota Batam, Kepulauan Riau , Kamis (15/01/2015).

Penajakan kerjasama tersebut dengan 4 perusahaan yaitu PT. Synergy Oil Nusantara, PT. Ecogreen Oleochemical Batam Plant, PT. Samator Gas Industri, dan PT. Citra Tubindo Engineering.

Mulyanef menyampaikan dalam kunjungan industri ini sambil melakukan penjajakan untuk menjalin kerjasama dengan dunia industri. Selama ini banyak lulusan dari Fakutas Teknologi Industri yang terdiri dari 4 jurusan yaitu jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Kimia bekerja di Kepulauan Riau terutama di Kota Batam.

"Sehubung dengan dilaksanakannya kunjungan industri sekaligus juga menjajaki kerjasama dengan industri yang terdapat di Batam sebab hampir 20 persen alumni Fakutas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta memperoleh pekerjaan di Kota Batam. Selain itu juga pertumbuhan industri di Kota Batam begitu pesat sekali secara otomatis akan membutuhkan banyak karyawan dan menjadi peluang besar bagi lulusan kita," ungkapnya.

Ia mengatakan saat ini semua jurusan di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah terakreditasi B oleh BAN-PT. Saat ini Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah melakukan berbagai kerjasama dengan perusahaan untuk di wilayah Sumbar dan Riau seperti PT. Semen Padang, PT. Incasi Raya Group dan PT. First Resources Grup. Kini Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta akan memperluas jaringan kerjasama di Kepulauan Riau.

“Sajauh ini perusahaan-perusahaan yang telah dikunjungi menyambut baik akan kerjasama yang nantinya akan dilaksanakan oleh kedua belah pihak antara Universitas Bung Hatta khususnya Fakultas Teknologi Indusri dengan dunia industri,”ujarnya.


Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Kimia Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT menyampaikan dunia industri sangat memiliki peranan yang penting bagi perguruan tinggi sebab sebagai pencetak tenaga-tenaga yang berkompeten dan ahli dibidangnya harus disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja sehingga memiliki daya saing.

"Kerjasama dengan dunia industri ini sangat membantu dalam penyusunan akreditasi jurusan dan juga dalam penyusunan kurikulum terutama kururikulum yang berbasis kompetensi saat ini yang disesuaikan dengan keburuhan perusaahan selaku pengguna lulusan dari perguruan tinggi" sebutnya.


Reni juga mengatakan dari kunjungan ini dapat untuk menambah kerjasama dengan industri di Kota Batam pada bidang kerja praktik, penelitian serta dapat meningkatkan pengalaman visualisasi mahasiswa serta menelusuri kinerja alumni yang bekerja di industri tersebut.


Kemudian, Felix Effendy HR Assistant Manager PT. Ecogreen Oleochemical menyampaikan pada dasarnya perusahaan sangat terbuka bagi perguruan tinggi yang ingin menjalin kerjasama dan akan berkomunikasi lebih lanjut lagi untuk membahas penandatanganan MoU.

“Kita akan mengunggu proses penajakan kerjasama ini di bidang kerjasamanya seputar kerja praktik atau magang mahasiswa dan dosen, penelitian mahassiwa dan dosen hingga rekruitmen karyawan baru,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 15 Januari 2015 - 19:09:20

Dalami Ilmu, Teknik Kimia UBH Kunjungi Industri di Kepulauan Riau
Dalami Ilmu, Teknik Kimia UBH Kunjungi Industri di Kepulauan Riau
bunghatta.ac.id - Untuk memperdalam pemahaman mengenai proses industri kimia dan melihat peran lulusan sarjana Teknik Kimia di dunia industri, mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta melakukan Kuliah Kerja Lapangan ke Kawasan Industri Kota Batam Kepulauan Riau pada 11-14 Januari 2015.

Praktik lapangan ini diikuti oleh 35 orang yang terdiri dari mahasiswa dan seluruh dosen Jurusan Teknik Kimia serta diikuti juga oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc yang mengunjungi 4 perusahan besar yaitu PT. Synergy Oil Nusantara, PT. Ecogreen Oleochemical Batam Plant, PT. Samator Gas Industri, dan PT. Citra Tubindo Engineering dengan berbagai macam proses produksi industri kimia seperti minyak goreng, oleokimia, gas serta penyedia ulir pipa minyak dan gas.

Ketua Rombongan Dr. Mulyazmi, ST, MT menyampaikan kunjungan industri sangat penting dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dalam mengenalkan proses yang terjadi di industri kimia di mulai memahami materi aplikatif di lapangan, sebab akan terjadi perbedaan secara teoritis yang diajarkan selama perkulihan. Tentunya perlunya adanya kunjungan secara langsung untuk melihat keadaan yang sebenarnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membawa mahasiswa ke industri kimia, untuk mengenalkan proses yang terjadi di industri mulai dari bahan baku hingga produk sehingga, kebutuhan utilitas hingga mengetahui bagaimana bekerja di industri itu agar tidak terkejut saat memasuki dunia kerja sehingga perlu dikenalkan sejak dini. Selain itu juga dapat meningkatkan kapasitas wawasan dan pengetauan tambahan bagi mahasiswa dan dosen,” terangnya.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan Batam merupakan kota yang pertumbuhan industrinya yang sangat berkembang pesat dan banyak juga lulusan jurusan Teknik Kimia diserap oleh perusahaan di kota ini.

Kunjungan ini merupakan bagian mata kuliah pilihan yang bobotnya 2 SKS dan masuk kurikulum. Nantinya para mahasiswa yang mengikuti kunjungan ini akan membuat laporan dan presentasi. Kunjungan ini juga saling terkait dengan mata kuliah seperti Proses Industri Kimia, Teknologi Pengolahan Limbah Industri, Utilitas, Operasi Pemisahan dan mata kuliah lainnya.

“Dalam Kunjungan industri ini dapat menambah pengetahuan seputar alat-alat industri dan proses dalam industri kimia yang terbaru. Tak hanya itu dengan kunjungan ini juga sebagai sarana untuk sharing antara perusahaan dan dunia pendidikan serta untuk mengetahui kompetensi lulusan perguruan tinggi seperti apa yang kebutuhan industri sekaligus untuk penjajakan kerjasama dengan industri dan pertemuan alumni Teknik Kimia di Kota Batam," terangnya

Reni juga menambahkan sebagai satu-satunya jurusan yang berada di Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri) untuk perguruan tinggi swasta, Teknik Kimia Universitas Bung Hatta telah terakreditasi B oleh BAN-PT dan memiliki tenaga pengajar yang 60 pesen berkualifikasi doktor. Dengan kunjungan ini dapat juga meningkatkan kualitas jurusan kedepannya

“Kegiatan ini menjadi informasi yang sangat berharga bagi jurusan untuk mengetahui alumni yang bekerja di industri yang dikunjungi dan dapat menjadi tambahan referensi dalam merancang pabrik saat membuat tugas akhir sehingga dosen akan mengarahkan mahasiswa untuk merancang pabrik yang lebih aplikatif dan bisa disesuaikan dengan konsisi sebenarnya,” ucap Reni.

AA Noprianto Ass. HA and GA PT. Synergy Oil Nusantara mengatakan kunjungan ini sangat bagus dilakukan oleh mahasiswa dalam menambah wawasan mengenai dunia industri. Dewasa ini, tidak hanya pemahaman materi dari perkuliahan saja namun perlu juga ada kunjungan dan mengembangkan kemampuan softskill lainnya diluar bidang ilmu yang digeluti seperti bahasa asing, penggunaan aplikasi komputer dan kewirusahaaan.

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungannya, semoga dapat memberikan manfaat dan dapat dibagikan ilmu yang telah diperoleh kepada teman-teman yang lainnya. Kedepannya kita dapat melakukan kerjasama terkait mahasiswa kerja praktik, penelitian, tenaga ahli hingga rekuitmen karyawan yang dapat bermanfaat untuk kedua belah pihak,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 15 Januari 2015 - 12:38:05

Blok  B III Kampus Proklamator II, Segera Dimanfaatkan
Blok B III Kampus Proklamator II, Segera Dimanfaatkan
bunghatta.ac.id - Pengerjaan pembangunan gedung Blok B3 Kampus II Proklamator Jl.By Pass Aia Pacah 100% rampung dan pihak Yayasan akan segera melengkapi dengan mobiler.

Bangunan berlantai 4 tersebut, lantai 1 nya akan dimanfaatkan untuk Poliklinik Kesehatan Rahmi Hatta yang akan melayani seluruh mahasiswa dan masyarakat sekitar, ruang baca/perpustakaan, ruangan rapat dan ruang.
Lantai II di peruntukan untuk labor-labor dan sebagian untuk ruang kuliah. Lantai III untuk ruang kuliah dan Lantai IV sebagai Aula.**Indrawadi
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 12 Januari 2015 - 14:11:16

Diving Proklamator UBH, Bersihkan Sampah Bawah Laut Pulau Pasumpahan
Diving Proklamator UBH, Bersihkan Sampah Bawah Laut Pulau Pasumpahan
bunghatta.ac.id - Sedikitnya 25 penyelam dari Diving Proklamator Universitas Bung Hatta membersihkan sampah-sampah plastik di kawasan bawah laut Pulau Pasumpahan Kota Padang, Minggu,11/1-15.

“Selama ini sampah banyak yang terlihat di kawasan pesisir, tapi bawah laut juga sepertinya banyak sampah. Usai kami latihan dan ujian perairan terbuka bagi anggota muda Diving Proklamator, kami juga membersihkan sampah-sampah yang ada di bawah laut pulau”, ujar Zulkarnain, ketua pelaksana ujian LPT Diving Proklamator.

Dalam aksi bersih-bersih bawah laut itu, para penyelam dibagi dalam dua tim. Satu tim mengecek kondisi transplantasi terumbu karang yang ditanam beberapa tahun sebelumnya. Sementara tim lainnya membersihkan kawasan bawah laut dari sampah hingga di kedalaman sepuluh meter.

Sementara itu, Ade Ardiansyah Kordinator Diklat Diving Proklamator menyebutkan bahwa, latihan rutin perairan terbuka dan kegiatan pengecekan transplantasi terumbu karang tersebut rutin dilakukan tiap tiga bulan di Pulau Sironjong kawasan Mandeh Pesisir Selatan dan Pulau Pasumpahan Kota Padang.

Ditambahkan Ade, rangkaian selama di pulau Pasumpahan, selain latihan dan ujian perairan terbuka, juga melakukan aksi bersih pantai, monitoring transplantasi karang dan menanam beberapa pohon ketaping serta sosialisasi ke pengunjung pulau lainnya.

“Ini bukan acara tahunan, tapi kegiatan rutin yang kita gelar di beberapa pulau-pulau yang berbeda,” jelas Ade.

Dalam aksi bersih sampah di bawah laut tersebut, sampah plastic menjadi perhatian utama, karena sampah anorganik sangat menganggu lingkungan dan sulit terurai. Sampah plastik dilautan juga sangat membahayakan, selain merusak keindahan bawah laut dan mencemari lingkungan juga mengancam biota lainnya.

Tak kurang tiga kantong kresek berhasil di kumpulkan selama aksi berlansung yang terdiri dari bekas-bekas minuman air mineral, minuman kaleng, bungkus-bungkus makanan siap saji maupun sampah-sampah plastik dari berbagai makanan ringan.(**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 10 Januari 2015 - 15:06:34

2 Ahli Waris Karyawan UBH Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan.
2 Ahli Waris Karyawan UBH Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan.
bunghatta.ac.id - Ahli waris Marnis, karyawan sekretariat Kampus II dan ahli waris Mardison karyawan Laboratorium Kampus III Universitas Bung Hatta, menerima santunan dari BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Barat. Penyerahan santunan kepada ahli waris oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Barat Aland Lucy Patity,SE, di ruangan siding Rektor UBH kampus I Ulak Karang, Kamis, 8/1-15.

Marnis pemegang kartu BPJSTK 10017912386 meninggal dunia28 Desember 2014 dan Mardison pemegang kartu BPJSTK 10017912782 meninggal dunia pada tanggal 11 November 2014 .

Ddisebutkan Aland Lucy Patity,SE Kepala Cabang BPJSTK Sumatera Barat, kedua karyawan Universitas Bung Hatta tersebut telah di daftarkan Yayasan Pendidikan Bung Hatta sebagai peserta BPJSTK.
“Harapan kami, khususnya semua tenaga kependidikan Universitas Bung Hatta untuk mengikuti kepesertaan BPJSTK, sebab penting sekali untuk santunan hari tua maupun meninggal dunia”, ujar nya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, kebijakan Yayasan dan Universitas untuk mengikuti kepesertaan BPJSK, bukan hanya untuk perlindungan. Tetapi menjadi salah satu upaya agar para peserta BPJSTK bisa terlindungi. Baik itu jaminan kesehatan, kematian, kecelakaan kerja, dan sebagainya.

“Jadi dua tenaga kependidikan Universitas Bung Hatta ini meninggal beberapa waktu lalu. Karena tenaga kerja ini merupakan peserta BJSTK, maka pihak BPJSTK Sumatera Barat hari ini menyerahkan santunan kepada ahli warisnya,” imbuh Susi.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 50.16.103.159