Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun 2015 Jalur Beasiswa Bidikmisi

Memasuki Tahun Akademik 2015/2016 Universitas Bung Hatta kembali memberi kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat yang lulus tahun 2014 dan 2015 untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas Bung Hatta melalui jalur Beasiswa Bidikmisi. Mekanisme pendaftaran sebagai berikut: 1.P....

Mapala Proklamator UBH, Sukseskan Tropical Beach Party In Sungai Nyalo

Tanpa diduga dan direncanakan, Tim Mapala Proklamator Universitas Bung Hatta mendapat kejutan ketika kegiatan yang mereka gelar dengan tajuk “We Love Earth” di Sungai Nyalo Kawasan Mandeh pada tanggal 23 Mei minggu lalu di hadiri Menteri / Kepala Bappenas Andrianof Chaniago sekaligus ikut serta ....

BEMM FTSP Gelar Parade Band dan Diskusi Motivas Jelang Ujian Akhir Semester

Menyambut Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Genap 2014/2015, Badan Eksekutifi Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyelenggarakan kegiatan Creativity Of Confidence (COC) dengan tema Prevail Your Confidental Of Hearth and Mine to Face The Exam yang ber....

Mahasiswa Pendidikan Matematika UBH Ikuti Musyawarah Himpunan Mahasiswa Matematika

Universitas Bung Hatta melalui perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika mengirimkan dua delegasinya untuk mengikuti Musyawarah Tahunan Nasional (Mustanas) Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (Ikahimatika) Indonesia dengan mengusung tema Duduak Basamo di Palanta Minang,....

Mahasiswa Ilmu Hukum UBH Juara Penulisan Aritkel Ilmiah se-Sumbar

Dua mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta berhasil mendapatkan juara dalam Kompetisi Penulisan Artikel Ilmiah antar Mahasiswa se-Sumatra Barat yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis STIKES Alifah Padang pada 19-21 Mei 2015. Kedua mahasiswa tersebut yaitu Ahmad Iffan yang memper....

Ragam Kegiatan Minat Bakat Ditampilkan dalam Penutupan Krida FKIP UBH 2015

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA membuka secara resmi kegiatan Penampilan Minat Bakat Mahasiswa dalam Penutupan Krida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universias Bung Hatta Tahun 2015 yang bertempat di Auditorium RRI Padang, Kamis (28/05/2015). Krida ....

Minggu 05 April 2015 - 10:52:01

Membumi di hari nelayan
Membumi di hari nelayan
bunghatta.ac.id - Mapala Proklamator Universitas Bung Hatta “Membumi di hari nelayan” dengan aksi menyediakan 30 bibit pohon ketapang pada aksi Clean The Beach by Walking. Secara simbolis ke-30 pohon tersebut diterima oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di Pantai Purus, Minggu,5/4-15
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 05 April 2015 - 10:20:49

Mahasiswa KKN-PPM UBH Harus Berpikir Kreatif Saat Pemberdayaan Masyarakat
Mahasiswa KKN-PPM UBH Harus Berpikir Kreatif Saat Pemberdayaan Masyarakat
bunghatta.ac.id - Sebagai mahasiswa selain memiliki pola pikir ilmiah yang dibentuk selama pembelajaran diperkuliahan namun harus juga memiliki pola berpikir kreatif saat mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) di lapangan.

Demikian dikatakan Rektor Universitas Bung Hatta , Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA saat menyampaikan materi pembekalan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengenai mempertajam keahlian berpikir kreatif dan inovatif yang berlangsung di Aula Balirung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (05/04/2015).

Ia mengatakan saat di lapangan para mahasiswa harus mempertajam keahliannya dan berpikir kreatif serta inovatif sehingga dapat memicu kreativitas dan mampu mencari solusi dari permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

"Kreativitas itu pada dasarnya muncul dari dalam diri sendiri dan itu perlu dimilik oleh tiap mahasiswa. Selama melaksankan KKN-PPM di lapangan akan banyak menemukan berbagai macam permasalahan, maka peranan mahasiswa harus mampu membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan solusi yang tepat dan kreatif,” ucapnya.

Ia menambahkan para mahasiswa ini sebagai duta Universitas Bung hatta saat berada di lapangan saat pelaksanaan KKN, untuk itu para mahasiswa harus melaksankannya dengan sebaik-baiknya, dapat menjaga nama institusi serta dapat memotivasi hingga melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 04 April 2015 - 15:16:34

Festival dan Parade Seni UKM Kesenian Proklamator 2015
Festival dan Parade Seni UKM Kesenian Proklamator 2015
bunghatta.ac.id - Seni itu bebas berkarya dan bebas bagi siapa saja, serta dapat merangkul semua orang untuk berkarya dalam seni yang tak ada batasnya yang bentuk kegiatannya berupa penampilan seni dan perlombaan.

Dikatakan Rizzo Pascaraji Ketua Pelaksana Festival dan Parade Seni 2015 Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta saat sambutan pembukaan di Gedung Kesenian Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (04/04/2015).

Ia mengatakan kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada 04 April 2015 dan 05 April 2015. Untuk kegiatan hari ini berupa penampilan 5 macam perlombaan yaitu Lomba Baca Puisi, Lomba Solo Song, Lomba Akustik, Lomba Lukisan dan Lomba Fotografi.

“ Sedangkan untuk besok berupa parade band dan penampilan tugas akhir anggota muda UKM Kesenian Proklamator,” ucapnya.

Sementara itu Ketua UKM Kesenian Proklamator Marinus Raradodo Hia diharapkan dengan adanya tema tersebut, acara Festival dan Parade Seni ini dapat memberikan energi segar bagi para mahasiswa dari perguruan tinggi se-kota Padang. Dalam hal ini mahasiswa dapat menjalankan fungsi sebagai mahasiswa aktif dalam mengembangkan minat dan bakatnya.

“Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini untuk mempererat tali silaturahmi mahasiswa antar UKM Kesenian se-kota Padang, meningkatkan kreativitas mahasiswai dalam bidang seni dan sebagai sarana hiburan bagi mahasiwa se-kota Padang,” tambahnya

Pada kesempatan itu juga, Kepala Bagian Kemahasiswa Universitas Bung Hatta Marleni, SE, M.Si mengatakan seni itu dapat menjadi sarana untuk mengkritik tanpa menyakiti dan juga sebagai sarana untuk menghibur.

“Melalui seni kita dapat belajar menghargai, mengembangkan kreativitas. Untuk itu kedepannya UKM Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta terus aktif membuat kegiatan yang dapat mengmbangkan bakat dan kreativitas mahasiswa dan masyarakat pencinta seni lainnya,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 04 April 2015 - 15:03:22

Bupati Kab.Pariaman, Siap Menyambut Kehadiran  Mahasiswa KKN-PPM UBH
Bupati Kab.Pariaman, Siap Menyambut Kehadiran Mahasiswa KKN-PPM UBH
bunghatta.ac.id - Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni, siap menyambut dan memfasilitasi kehadiran mahasiswa Universitas Bung Hatta yang akan melaksanakan program Kuliah kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada bulan Juni nanti di beberapa kenagarian Kabupaten Padang Pariaman.

Hal itu diungkapkannya dalam kesempatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2015, sebelum di terjunkan ke masyarakat pada di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (4/4/15).

Disebutkan Ali Mukhni, pada tahun 2015 ini adalah untuk yang ke-5 kalinya Universitas Bung Hatta menempatkan mahasiswanya untuk melaksanakan program KKN-PPM. Dalam hantarannya Ali Mukhni juga meminta kepada seluruh mahasiswa KKN agar dapat membantu pihaknya dalam mensukseskan semua program pembangunan di kenagarian-kenagarian penempatan mahasiswa KKN.

“Melalui Camat dan Walinagari-waliganari, kami sudah minta agar bahu membahu dalam mensukseskan program-program mahasiswa selama melaksanakan KKN, karena kehadiran mahasiswa KKN dari berbagai disiplin ilmu akan sangat membantu program-program pemerintah daerah yang telah ditetapkan”, ujarnya.

Ditambahkan Ali Mukhni, selama mahasiswa melaksanakan KKN agar dapat menjalankan program-program yang telah direncanakan dan meminta agar dapat membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan semua program-program pemerintah yang tersebar di setiap kenagarian demi kemajuaan Kabupaten Padang Pariaman.

Oleh sebab itu, tambah Ali Mukhni kepada seluruh peserta KKN, kami nantikan kehadiran mahasiswa Universitas Bung Hatta. "Dan ingat jaga nama baik almamater, serta buatlah masyarakat Pariaman bangga dengan kehadiraan anda serta mari kita sama - sama sukseskan pembangunan di setiap kenagarian, apalagi ketua pelaksananya adalah Ir. Indra Khaidir putra daerah dan saya juga berharap Indra Khaidir mau mendampingi saya untuk maju pada pilkada Bupati Pariaman periode 2015-2020” pesannya yang disambut aplaus peserta pembekalan.

Sementara ditempat yang sama Ketua Pengelola KKN-PPM UBH Ir. Indra Khaidir menyebutkan tahun 2015, jumlah mahasiswa UBH yang akan melaksanakan KKN sebanyak 1680 yang akan disebar pada 54 kenagarian yang tersebar di 6 Kabupaten dan Kota, yakni Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

"Dan semua peserta tersebut sudah kita bagi , di setiap kenagarian nantinya akan ditempatkan sebanyak 30 orang mahasiswa dan 1 orang dosen pendamping lapangan, dan selama 40 hari mahasiswa tersebut akan menjalankan program-program yang telah direncanakan sebelumnya”, tambahnya singkat.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 04 April 2015 - 14:31:55

Mahasiswa KKN-PPM UBH Harus Bertindak Ilmiah Dalam  Pemberdayaan  Masyarakat
Mahasiswa KKN-PPM UBH Harus Bertindak Ilmiah Dalam Pemberdayaan Masyarakat
bunghatta.ac.id - Dapat dimaklumi bila pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ituberorientasi kepada misi memberdayakan masyarakat. Dimana proses pemberdayaan (empowering) dapat membuat orang dari tidak tahu, menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, atau dari tidak mampu, menjadi mampu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MSc saat menyampaikan materi bertindak ilmiah dalam pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2015 yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (040/4/2015).

Fachri menyampaikan banyak cara yang dapat dilakukan, dalam upaya pemberdayaan masyarakat, misalnya dengan memberikan informasi, memperlihatkan contoh-contoh, melatih, memperkenalkan cara dan lainnya.

“Untuk bertindak ilmiah (scientific action), maka perlu dilakukan upaya untuk melakukan tindak sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Kaidah-kaidah keilmuan dapat dijelaskan dengan struktur keilmuan, yaitu teori dan data, yang dapat menggambarkan objektivitas, validitas data, presisi dan akurasi,” paparnya.

Oleh sebab itu, Fachri menyamapaikan ketika bertindak ilmiah dalam upaya pemberdayaan masyarakat, maka kaidah-kaidah keilmuan itu harus menjadi acuan. Bertindak ilmiah ini dapat diwujudkan dalam sebuah program kerja yang dirancang sedimikan rupa agar dapat memberikan motivasi dan pemberdayaan masyaraakt.

"Bertindak ilmiah, dalam upaya pemberdayaan masyarakat dapat pula kita gambarkan seperti Untuk daerah kabupaten Padang Pariaman misalnya mengenai potensi sumberdaya laut dan pengelolaannya, pemanfaatan energi matahari, pengolahan coklat, dan sebagainya," sebutnya.

Kemudian misalnya juga untuk Kota Padang Panjang seperti mengenai pengolahan batu kapur, pertanian organik, pendidikan berasrama, hutan lindung dan lainnya. Untuk daerah Solok, misalnya mengenai pendidikan anak usia dini, air bersih, sampah, kearifan lokal, Peraturan Daerah dan lainnya.

“Tentunya semua yang contoh tersebut dapat dikemas, dalam Pemberdayaan Masyarakat yang didasarkan kepada ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 04 April 2015 - 13:50:04

bunghatta.ac.id - Sebelum diterjunkan di masyarakat sebanyak 1680 mahasiswa Universitas Bung Hatta mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2015. Pembekalan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (04/04/2015).

Ir. Indra Khaidir, MSc Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengatakan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-5 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksankan pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua yang akan disebar di 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya sebab tahun ini Universitas bung hatta melaksanakan 5 jenis KKN-PPM yaitu KKN-PPM Univeritas Bung Hatta Reguler, KKN-Tematik Posdaya (KKN-TP), KKN Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (KKN-GOP), KKN internasional dan Hibah KKN-PPM Dikit,” terangnya dihadapan mahasiswa pembekalan KKN-PPM Kabupaten Padang Pariaman.

Ia juga menyampaiakn selain mahasiswa, dosen pendamping lapang dan kordinator kabupaten/kota juga mengikuti pembekalan agar lebih terkoordinir dan dapat sejalan saat pelaksanaan KKN di lapangan. Pembekalan ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa sebelum diterjunkan ke lapangan. Tentunya pembekalan ini untuk mempersiapkan mahasiswa Universitas Bung Hatta agar dapat menjadi seorang pemimpin ditengah-tengah masyarakat.

"Pengelola menghimbau agar para mahasiswa serius untuk mengikuti pembekalan ini dan menghimbau untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanan KKN dan yang lainya mahasiswa dapat terus mengunjungi website kkn.bunghatta.ac.id, grup Facebook Posko KKN-PPM UBH 2015 dan Twitter @beritabunghatta," tambahnya.

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares, MSA saat menyampaikan pada pelaksanaan KKN-PPM tahun 2015 ini harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan jumlah pesertannya pun terus meningkat sehingga kualitas dari penyelenggaraannya pun harus ditingkatkan kembali.

“Berdasarkan nomenklatur kementerian saat ini yang menjadi Kementrian Ristek dan Perguruan Tinggi maka Perguruan tinggi sejatinya harus berbasi riset dengan demikian juga maka pembelajaran harus dapat dilakukan berbasis riset. Kaitannya dengan pelaksanaan KKN-PPM,mahasiswa dan dosen dapat bersama-sama melakukan berbagai macam kegiatan melalui proposal hibah KKN-PPM,” jelasnya.

Eko juga mengapresiasi pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 karena untuk pelaksanaan kegiatan ini perlu koordinasi berbagai kalangan baik dengan universitas hingga pemerintah kabupaten/kota. “Kemudian terus juga dilakukan peningkatan kualitas penyelenggaraan KKN-PPM Universitas Bung Hatta, metode pelaksanaan yang sudah beragam hingga memperbayak lagi kegiatan hibah dosen untuk KKn-PPM,” tambahnya.

Dalam pembekalan ini diberikan materi-materi mengenai bertindak ilmiah dalam pemberdayaan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MSC, KKN-PPM merupakan matakuliah wajib oleh Dr. Ir. Eko Alvares, MSA dan materi mengenai KKN-PPM Sebagai wadah pengabdian masyarakat oleh Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum. Selanjutnya ada penyamaian materi dari dekan-dekan di lingkungan Universitas Bung Hatta mengenai gambaran program kerja KKN-PPM tiap jurusan. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 04 April 2015 - 11:14:13

KKN-PPM  Harus Jadi Wadah Kreatif Mahasiwa
KKN-PPM Harus Jadi Wadah Kreatif Mahasiwa
bunghatta.ac.id - Sebanyak 1680 mahasiswa Universitas Bung Hatta mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2015, sebelum di terjunkan ke masyarakat pada bulan Juni mendatang di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (4/4/15).

Keseluruhan peserta KKN-PPM tersebut akan akan disebar di Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang,Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok yang tersebar di 54 kenagarian.

Peserta dibekali dengan materi-materi antara lain bertindak ilmiah dalam pemberdayaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MSc. Sementara Dr.Eko Alvares menyampaikan materi tentang KKN-PPM adalah salah satu mata kuliah wajib di lingkungan Universitas Bung Hatta. Sedangkan materi KKN-PPM Sebagai wadah pengabdian masyarakat disampaikan oleh Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum.

Sementara Dekan-Dekan Fakultas di lingkungan Universitas Bung Hatta menyampaikan tips-tips praktis selama di lapangan dan memberikan sekilas gambaran umum program kerja KKN-PPM sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

Dalam sambutannya saat pembukaan pembekalan, Wakil Rektor I UBH Dr. Eko Alvares mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan momentum KKN sebagai wadah kreativitas untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai visi misi yang diemban.

Disebutkan Eko, mahasiswa diharapkan dapat menjunjung tinggi kearifan lokal dalam merencanakan berbagai program, serta bersikap dan berperilaku baik dengan menjaga etika dan sopan santun ketika berinteraksi dengan masyarakat.

"Mahasiswa KKN merupakan duta Universitas Bung Hatta yang akan berada di tengah-tengah masyarakat selama 40 hari ke depan, diharapkan untuk selalu menjaga tim work yang solid dalam menyelesaikan berbagai kendala di lapangan," ujar Eko.

Sementara, Ir. Indra Khaidir, MSc Ketua Pengelola KKN-PPM mengatakan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-5 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksankan pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua yang akan disebar di 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya sebab tahun ini Universitas bung hatta melaksanakan 5 jenis KKN-PPM yaitu KKN-PPM Univeritas Bung Hatta Reguler, KKN-Tematik Posdaya (KKN-TP), KKN Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (KKN-GOP), KKN internasional dan Hibah KKN-PPM Dikti,” Imbuh Indra.

Ditambahkan Indra, selain mahasiswa, dosen pendamping lapang dan kordinator kabupaten/kota juga mengikuti pembekalan, agar lebih terkoordinir dan dapat sejalan saat pelaksanaan KKN di lapangan.

“Pembekalan ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa sebelum diterjunkan ke lapangan. Tentunya pembekalan ini untuk mempersiapkan mahasiswa Universitas Bung Hatta agar dapat menjadi seorang pemimpin ditengah-tengah masyarakat”, jelas Indra. (**Indrawadi-Humas)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 04 April 2015 - 09:08:54

Pembekalan KKN-PPM: 1680 Mahasiswa KKN-PPM UBH Disiapkan Jadi Pemimpin di Masyarakat
Pembekalan KKN-PPM: 1680 Mahasiswa KKN-PPM UBH Disiapkan Jadi Pemimpin di Masyarakat
bunghatta.ac.id - Sebanyak 1680 mahasiswa Universitas Bung Hatta mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2015, sebelum di terjunkan ke masyarakat pada bulan Juni mendatang, di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (4/4/15).

Ir. Indra Khaidir, MSc Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengatakan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-5 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksankan pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua yang akan disebar di 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya sebab tahun ini Universitas bung hatta melaksanakan 5 jenis KKN-PPM yaitu KKN-PPM Univeritas Bung Hatta Reguler, KKN-Tematik Posdaya (KKN-TP), KKN Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (KKN-GOP), KKN internasional dan Hibah KKN-PPM Dikti,” terangnya dihadapan mahasiswa pembekalan KKN-PPM Kabupaten Padang Pariaman.

Ia juga menyampaiakn selain mahasiswa, dosen pendamping lapang dan kordinator kabupaten/kota juga mengikuti pembekalan agar lebih terkoordinir dan dapat sejalan saat pelaksanaan KKN di lapangan. Pembekalan ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa sebelum diterjunkan ke lapangan. Tentunya pembekalan ini untuk mempersiapkan mahasiswa Universitas Bung Hatta agar dapat menjadi seorang pemimpin ditengah-tengah masyarakat.

"Pengelola menghimbau agar para mahasiswa serius untuk mengikuti pembekalan ini dan menghimbau untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanan KKN dan yang lainya mahasiswa dapat terus mengunjungi website kkn.bunghatta.ac.id, grup Facebook Posko KKN-PPM UBH 2015 dan Twitter @beritabunghatta," tambahnya.

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares, MSA saat menyampaikan pada pelaksanaan KKN-PPM tahun 2015 ini harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan jumlah pesertannya pun terus meningkat sehingga kualitas dari penyelenggaraannya pun harus ditingkatkan kembali.

“Berdasarkan nomenklatur kementerian saat ini yang menjadi Kementrian Ristek dan Perguruan Tinggi maka Perguruan tinggi sejatinya harus berbasi riset dengan demikian juga maka pembelajaran harus dapat dilakukan berbasis riset. Kaitannya dengan pelaksanaan KKN-PPM,mahasiswa dan dosen dapat bersama-sama melakukan berbagai macam kegiatan melalui proposal hibah KKN-PPM,” jelasnya.

Eko juga mengapresiasi pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 karena untuk pelaksanaan kegiatan ini perlu koordinasi berbagai kalangan baik dengan universitas hingga pemerintah kabupaten/kota. “Kemudian terus juga dilakukan peningkatan kualitas penyelenggaraan KKN-PPM Universitas Bung Hatta, metode pelaksanaan yang sudah beragam hingga memperbayak lagi kegiatan hibah dosen untuk KKN-PPM,” tambahnya.

Dalam pembekalan ini diberikan materi-materi mengenai bertindak ilmiah dalam pemberdayaan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MSC, KKN-PPM merupakan matakuliah wajib oleh Dr. Ir. Eko Alvares, MSA dan materi mengenai KKN-PPM Sebagai wadah pengabdian masyarakat oleh Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum. Selanjutnya ada penyamaian materi dari dekan-dekan di lingkungan Universitas Bung Hatta mengenai gambaran program kerja KKN-PPM tiap jurusan. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 03 April 2015 - 11:37:33

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Buka MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas 2015
Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Buka MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas 2015
bunghatta.ac.id - Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-II tingkat Universitas Tahun 2015. Kegiatan yang ikuti 90 peserta dari 7 cabang yang diperlombakan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (03/04/2015).

Drs. Suparman khan, M.Hum menyampaikan kegiatan ini sangat luar biasa dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dalam diri mahasiswa. Bung Hatta sebagai proklamator dan namanya yang disandang oleh kampus Universitas Bung Hatta memilik karakater yang agamis yang menjadi dasar juga bagi nilai-nilai dalam Statuta Universitas Bung Hatta yang baru yaitu religius, rasional akademik dan mempunyai kearifan lokal.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar untuk mencari pemenang saja namun berlomba-lomba dijalan kebaikan. Para mahasiswa harus mampu memahami dan menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga agar kedepannya semua kegiatan dapat saling memberikan nilai tambah” ucapnya.

Semnetara itu, Ketua Pelaksana Kabul Panejea menyampaikan kegiata diselenggarkan dalam rangka memeriahkan kegiatan kerohanian Islam di Universitas Bung Hatta yang diselenggarakan oleh Bagian Kemahasiswaan Universitas bersama UKM FSI Nurul Jannah mengadakan MTQ Tingkat Universitas Bung Hatta, sekaligus dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ Nasional pada bulan Agustus 2015 mendatang di Universitas Indonesia.

“Selain itu juga kegiatan ini sebagai sarana siar agama Islam untuk lebih mencintai, menyayangi dan mengamalkan Al-Quran dan mengembangkan kreativitas serta bakat yang dimiliki oleh mahasiswa,” tambahnya.

Terdapat tujuh cabang Musabaqah yang diperlombakan yaitu Musabaqah Tilawatil Quran atau Lomba Membaca Al-Quran dengan irama, Musabaqah Tartilil Quran atau Lomba Tadarrus Al-Quran, dengan tanpa irama, Musabaqah Hafzhil Quran atau Lamba Hafal Al- Quran 1 juz, Musabaqah Fahmil Quran atau Lomba Pemahaman Al-Quran (Cerdas Cermat Islam).

Kemudian Musabaqah Syarhil Quran atau Lomba Analisis Al-Quran dengan menampilkan 3 orang yang terdiri dari satu orang pembaca Al-Quran, satu orang penterjemah dan satu orang membacakan kandungannya, Musabaqah Khaththil Quran atau Momba Menulis Indah Al-Quran/ Kaligrafi dan yang terakhir Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Quran atau Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 01 April 2015 - 09:34:47

Sosialisasi Arahan Penelitian dan PKM Universitas Bung Hatta
Sosialisasi Arahan Penelitian dan PKM Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta berhasil meraih tanda bintang emas tingkat pertama dari 97 perguruan tinggi negeri dan swasta oleh Dirjen Dikit. Demikian dikatakan Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA saat memberikan arahan mengenai penelitian dan pengabdian kepadan masyarakat kepada seluruh dosen yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (31/03/2015).

Ia mangatakan informasi tersebut diperolehnya ketika mengikuti Sosialisasi Arah dan Kebijakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Akuntabilitas Keuangan di Perguruan Tinggi" dengan narasumber Prof. Dr. Haryono Umar dari Inspektur Jenderal Kemendikbud dan Prof. Dr. Agus Subekti Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjen Dikti beberapa waktu lalau di Universitas Andalas.

“Hal ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi Universitas Bung Hatta. Selain itu LPPM Universitas Bung Hatta juga sebagai cluster madya. Hal itu sebagai bentuk penilaian atas mutu tata kelola dan kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat suatu perguruan tinggi,” jelasnya.

Eko mengatakan meskipun telah mengalami peningkatan dana penelitian dan pengabsian kepada masyarakat tapi perlu juga diperhatikan untuk pencapaian dari skema tahunan dan luaran dari penelitian yang harus dicapai. Begitu juga dengan citation dan jumlah pengabdian kepada masyarakat.

“Melalui LPPM, kita mendorong agar para dosen yang mendapatkan dana penelitian baik internal maupun hibah dikit untuk memperhatikan luaran pencapaian penelitiannya supaya dapat mendorong pengingkatan peringkat LPPM dan mengingkatnya juga alokasi dana penelitian. Tidak hanya itu saja kita juga harus membuat roadmap penelitian dari tingkat fakultas dan jurnal fakultas,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur LPPM Universitas Bung Hatta, Dr. Elfiondri, SS, M.Hum dan Sekretaris Ir. Haryani, MT memberikan pemaparan mengenai teknis dari arah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Bung Hatta serta kebijakan pembiayaan penelitian.

“Untuk penelitian tingkat internal berbasis jurusan dan kompetitifnya juga per jurusan sehingga tiap jurusannya terdapat kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakatnya. Untuk publikasi, jurnal fakultas akan kembangkan kembali sehingga semua luaran yang dicapai dapat sesuai dengan proposal saat mengajukan dana penelitian,” ujar Elfiondri. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 23.22.79.235