Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

UBH-UniMap Malaysia Gagas “KKN ASEAN SPIRIT”

Gagasan untuk mewujudkan “KKN ASEAN SPIRIT” mulai menemui titik terang, hal itu tercapai setelah pertemuan Rektor UBH Prof.Dr.Niki Lukviarman dengan Prof. Dr. Amran Ahmed, Dean Institute of Engineering Mathematics Universiti Malaysia Perlis (UniMAP), dalam rangka kunjungan balasan Rektor UBH ke....

FPIK UBH Selenggarakan Ujian Kompetensi Perikanan dan Kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengelenggarakan Ujian Kompetensi Kelautan dan Perikanan untuk Bidang Pembenihan Ikan dan Bidang Penangkapan Ikan yang diadakan di Ruang Sidang FPIK Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Rabu (22/10/2014). Ir. Yempita Ef....

Mari Ikuti Seminar Mengenai TOEFL

Unit Pelaksana Teknis (UPT)- Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Asing dan Laboratorium Bahasa Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Penerbit Erlangga mengadakan Seminar TOFEL yang bertajuk mengenai How To Be Successful in TOEFL Test. Seminar diperuntukan untuk mahasiswa Universitas Bung Hatta....

Wisuda ke-62, Alumni UBH Harus Siap Hadapi MEA 2015

Sebanyak 657 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Bung Hatta telah melaksanakan pelantikan untuk periode wisuda ke-62 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/10/2014). Lulusan Universitas Bung Hatta pada wisuda ke-62 ini terdiri dari lulusan pr....

Sabtu Esok, 657 Mahasiswa UBH akan Diwisuda, IPK Diatas 3.0 Mencapai 82,2%

Sebanyak 657 mahasiswa Universitas Bung Hatta akan diwisuda pada Sabtu, (18/10/2014) nanti di Gelanggang Olahraga dan Seni Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta. Di ruang kerjanya, Dr. Ir Eko Alvares. Z, MSA, Ketua Pelaksana yang juga Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta menyebutkan, pad....

Sastra Jepang UBH, Kirim 3 Mahasiswa ke Negeri Sakura

Tiga mahasiswa Universitas Bung Hatta segera terbang ke Negri Sakura, yakni Musyrifa Isra, Nikmatul Hikmah dan Ade Eka Surya. Mereka menjadi perwakilan Sumatera Barat diantara 100 mahasiswa se Asia yang mengikuti program yang sama. Ketua Jurusan Sastra Jepang Dr. Diana Kartika, M.Hum menyebutkan,....

Sabtu 23 Agustus 2014 - 09:58:27

PKKMB 2014 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
PKKMB 2014 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
bunghatta.ac.id - Sebanyak 485 Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Bung Hatta (UBH) Tahun Akademik 2014/2015 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahap kedua yang digelar di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatt,. Jumat (22/08/2014).

Pengenalan kehidupan kampus di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ini terdiri dari 4 jurusan yakni jurusan Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota (Teknik Planologi) dan Teknik Ekonomi Konstruksi.

Di tahap kedua PKKMB ini di khusukan untuk pengenalan struktur kepengurusan yang ada di Fakultas dan lembaga mahasiswa, pengenalan sistem informasi manajemen, sosialisasi peraturan akademik dan tata tertib mahasiswa.

Dekan FTSP, Ir. Hendri Warman, MSC mengatakan tujuan dari PKKMB tahap kedua ini adalah untuk mengenalkan bagi mahasiswa baru mengenai Fakultas nya, dan lebih mengenal struktur dari Fakultas itu sendiri.

"Serta bisa lebih mengenal para dosen-dosen yang akan ditemui pada saat perkuliahan nantinya, dan juga lebih dekat dengan para seniornya masing-masing. Kita menginginkan para mahasiswa baru ini bersungguh-sungguh dalam perkuliahan, agar dapat menyelesaikan perkuliahan selama 4 tahun, atau bahkan 3.5 tahun," harap Hendri.

Sementara itu Wakil Dekan FTSP,Ir. Nasril S, M.T, IAI. Mengungkapkan bagi para mahasiswa untuk lebih mempersiapkan lagi untuk aktifitas perkuliahan yang pada tanggal 25 telah di mulai, karena disini bukan lagi berstatus siswa melainkan telah naik derajatnya menjadi mahasiswa, jadi dalam pola fikir harus dirubah dan porsi belajarnya ditingkatkan lagi.

BEM-FTSP, Rioni Rizky Aldiansyah mengatakan ketika berkuliah jangan hanya berada di aktifitas belajar di kelas saja, tetapi juga harus aktif ikut serta dengan lembaga-lembaga yang ada di Fakultas maupun Universitas.

"Dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan dengan begitu pengalaman kita akan semakin bertambah dan banyak mempunyai relasi," himbaunya. (**Humas PKKMB/Zul)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 23 Agustus 2014 - 09:55:37

Hari Kemerdekaan, Mahasiswa Teknik Mesin UBH Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Kerinci
Hari Kemerdekaan, Mahasiswa Teknik Mesin UBH Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Kerinci
bunghatta.ac.id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, sebanyak 4 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bnug Hatta melakukan Ekpedisi Merah Putih dengan mendaki Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh pada 16-19 Agustus 2014 lalu.

Mahasiswa yang tersebut adalah Fadli Yusa, Asrimal, Hidayatul Fajri dan A.M Randy Fauzi yang merupakan mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2012.

"Allahamdulillah expedisi merah putih berjalan lancar dan bisa membentangkan bendera merah putih, kampus, dan himpunan di puncak Gunung Kerinci," ujar Hidayatul Fajri. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 22 Agustus 2014 - 22:51:41

PKKMB 2014 Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta
PKKMB 2014 Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bung Hatta pada hari kedua diadakan di fakultas masing-masing, salah satunya Fakultas Teknologi Industri bertempat di kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta yang diikuti oleh 283 mahasiswa baru yang berasal dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Kimia, Jumat (22/08/2014).

Kegiatannya diawali dengan senam pagi yang diikuti mahasiswa baru, panitia, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Teknologi Industri.

Pada kegiatan PKKMB Fakultas Teknologi Industri ini Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt. MBA datang untuk aktivitas mahasiswa baru di Kampus Proklamator III ini dan memanfaatkan momen ini dengan berfoto bersama.

Materi kegiatan dalam PKKMB di hari kedua ini di antaranya, pengenalan struktur dan organisasi Fakultas, Jurusan, dan organisasi kemahasiswaan, tata cara pengisian Kartu Rencana Study (KRS) pada Portal Universitas Bung Hatta prospek kerja hingga topik aktual kehidupan kampus.

Pada kesempatan ini juga, Fakultas teknologi Industri mendatangkan salah satu alumninya untuk memberikan motivasi dan menjelaskan mengenai peluang dan prospek kerja bagi lulusan Fakultas Teknologi Industri yang disampaikan Ir. Asril Khalis Kepala PPILN (Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional) Sumatera Barat.

Di penghujung acara, para mahassiwa baru ini mendapatkan hadiah kejutan dari panitia dan senior Fakultas Teknologi Industri berupa drama. Hal ini merupakan sebuah ajang untuk menguji sampai dimana jiwa kebersamaan yang telah tertanam dalam diri para mahasiswa baru . Kegiatan ini merupakan tradisi dan ciri khas dari Fakultas Teknologi Industri yang sesuai dengan moto Fakultas Teknologi Industri One for All, All for One ( Satu untuk Semua, Semua untuk Satu ). (**Humas PKKMB/Ji/Nas)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 22 Agustus 2014 - 21:53:37

Penampilan Minat Bakat, Kegiatan Favorit PKKMB
Penampilan Minat Bakat, Kegiatan Favorit PKKMB
bunghatta.ac.id - Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Bung Hatta tidak hanya berisi penyampaian materi seputar kampus saja tapi juga menampilkan minat bakat para mahassiwa baru angkatan 2014 ini. Kegiatan ini diadakan di Gedung Olahraga (GOR) Kampus Prokalamator II Univesitas Bung Hatta, Kamis (22/08/2014).

Usai pengenalan struktur dan organisasi universitas baik dari pimpinan hingga organisasi mahasiswa, para mahasiswa berbondong-bondong menunjukkan bakat yang mereka miliki, bakat-bakat tersebut seperti Bix Box, dance, nyanyi, pidato dalam bahasa inggris dan puisi.

Ir. Eddy Soesilo, M.Eng Ketua Acara PKKMB 2014 mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melihat potensi-potensi yang dimiliki oleh para mahassiwa baru ini. Dalam kegiatan minat dan bakat ini para mahassiwa baru beraksi satu persatu untuk menampilkan bakat yang sudah mereka miliki dari sebelum masuk ke UBH.

“Mahassiwa baru tahun 2014 ini berbeda, sebab mereka berani tampil tanpa harus ditunjuk panitia, memiliki kemampuan yang tinggi dan juga mereka berani juga memantang pimpinan universitas untuk duet kemampuan dalam hal tarik suara. Hal ini yang menunjukkan bahwa Kampus Proklamator Univesitas Bung Hatta memang pilihian, dan menjadi pilihan pertama dari dalam hati mereka,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan Gelanggang Olahraga ini menjadi langkah awal untuk menggapai cia-cita mereka dan dalam kurun waktu 4 tahun yang akan datang, Saudaraa akan kembali ke tempat ini untuk diwisuda.

Berikut nama-nama para mahassiwa baru yang tampil saat PKKMB yaitu Haris Tito (FH) menampilkan Bix Box, Dwi Hry Pratama (FIB) menampilkan dance, Oca (FIB) juga menampilkan dance, Anggun (FE) menampilkan Stand Up Comedi, Roza (FIB) Haris dan Tito menampilkan suaranya yang merdu,

Kemudian, Yesa (FKIP) dan Dara Anisa (FE) duet indonesia, Ariska Prasetia (FH) dan Aznil Syatera (FKIP) duet indonesia, Dila Permata (FKIP) dan Richi Arianto (FH) pidato bahasa inggris, Yamanita Siluk (FE) puisi, Reta (FH) nyanyi, Aisyah Rahmi Nasution (FE) dan Anisa (FKIP).

Dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor II dan Wakil Rektor III ikut berpartisipasi dan sangat antusias menjalani kegiatan yang berlangsung sangat meriah serta itu ikut serta pada saat para mahasiswa baru, sedang menampilkan bakat yang mereka miliki.

Di akhir acara Eddi Soesilo menyanyikan lagu yang berjudul Ayah dan suasana sempat menjadi haru hingga ada mahasiswa baru, panitia dan fasilitator yang meneteskan air mata. Nantinya, penampilan mahasiswa baru itu dinilai oleh dewan juri dan di tanggal 23 Agustus 2014 akan diumumkan siapa pemenangnya dan akan mendapatkan penghargaan.

Banyak mahasiswa baru yang mengungkapkan kegiatan PKKMB Unversitas Bung Hatta memang beda, keren dan seru. seperti yang diungkapkan Edi Haryanto dalam akun Twitternya @edikidi .

"Semua acaranya seru dan bermanfaat semua. Ini baru namanya PKKMB. Beda dengan kampus lain yg acaranya banyak yang gak jelas," twitnya.

Serupa dengan itu pemilik @boby_charoth juga menuliskan tadi PKKMB nya keren. Apalagi penampilan bakatnya. Kalo nampil bawain lagu metal boleh gak.

Kicauan tersebut disampaikan melalui akun Twitter resmi Universitas Bung Hatta @beritabunghatta. (**Humas PKKMB)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 21 Agustus 2014 - 20:33:50

Rektor UBH Buka PKKMB 2014
Rektor UBH Buka PKKMB 2014
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA membuka secara resmi kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015 dengan nuansa yang berbeda.

Pembukaan kegiatan PKKMB dimulai dengan upacara serah terima nama-nama mahasiswa dari Rektor ke Dekan yang biasanya berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) dan Gedung Kesenian Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta. Namun Tahun 2014 ini dilaksanakan di Pelataran Parkir Gedung 1 Blok A Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta.

Mentari pagi yang cerah turut menambah semangat dan langkah baru bagi generasi penerus pemikiran Bung Hatta dalam menggapai cita-cita di masa yang akan datang.

Niki Lukviarman mengatakan sukses awal yang Saudara peroleh itu hendaknya Saudara gunakan sebagai pijakan untuk mencapai sukses lanjutan dengan meningkatnya ketekunan, kesungguhan, dan kerja keras dalam melakukan studi di Universitas Bung Hatta ini

"Sehingga pada akhirnya Saudara dapat menyelesaikan studi tepat waktu disertai prestasi akademik yang membanggakan, serta segera mendapatkan pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," ucapnya.

ia juga mengatakan jika Saudara semuanya itu merasa tersesat memilih ke Universitas Bung Hatta untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka sesungguhnya Saudara semuanya itu tersesat dijalan yg benar.

Pada upacara pembukaan PKKMB ini Rektor juga memberikan piagam penghargaan kepada Willy Putra mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Iinformatika dan Komputer Universitas Bung Hatta berhasil mendapatkan Juara III Lomba Desain Poster dalam rangka Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) ke XII di Politeknik Negeri Padang pada 03 Juni 2014 lalu.

Selain itu juga memberikan piagam penghargaan pada jurusan yang melebihi kuota penerimaan mahasiswa baru.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Wakil Rektor, Sekretariat Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Dirut Pascasarjana, Kepala Biro dan UPT hingga kelembagaan mahasiswa baik tingkat fakultas maupun universitas.

Usai pembukaan sebanyak 2452 mahasiswa baru ini akan mengikuti orientasi di Gelanggang Olahraga (GOR) dan Gedung Kesenian Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 21-23 Agustus 2014.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 21 Agustus 2014 - 14:36:07

2452 Mahasiswa Baru UBH Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus
2452 Mahasiswa Baru UBH Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus
bunghatta.ac.id - Sebanyak 2452 Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta (UBH) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2014/2015 yang bertempat di Gelanggang Olahraga (Gor) dan Gedung Kesenian Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 21-23 Agustus 2014.

Ketua Pelaksana Wakil Rektor III, Drs. Suparman Khan, M.Hum dalam laporan kegiatan menyampaikan tercatat sebanyak 2452 mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB hari ini tersebar di tujuh fakultas, dengan rincian Fakultas Ekonomi (FE) 670, Fakultas Hukum (FH) 412, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 448, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 81, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) 485, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) 73, dan Fakultas Teknik Industri (FTI) 283.

“PKKMB merupakan rangkaian program pembekalan dan pemberian informasi akademik dan kehidupan kampus bagi mahasiswa dalam rangka memperkenalkan, mempersiapkan sikap dan mental akademik, intelektualitas serta wawasan mahasiswa terhadap UBH sebagai sub sistem Pendidikan Nasional Indonesia yang menyelenggarakan program pendidikan tinggi,” ujar Suparman.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt. MBA dalam upacara penerimaan dan pembukaan PKKMB mengungkapkan mahasiswa baru ini telah mencapai sukses awal dalam memasuki UBH dengan seleksi ketat penerimaan mahasiswa baru, melalui Jalur Reguler (seleksi Nilai Rapor, Ujian Nasional), Jalur Undangan dan Jalur Bisik Misi.

“Saudara-saudara mahasiswa baru telah membuktikan diri memiliki kemampuan bersaing sebagai modal yang baik untuk menyelesaikan studi di kampus Universitas Bung Hatta sebagai “Inspiring Exellence Prestige”dalam upaya untuk menjadi perguruan tinggi unggul dan bermartabat menuju universitas berkelas dunia,” imbuh Niki.

“Sebagai anggota baru keluarga besar UBH, Saudara harus selalu menjunjung tinggi kualitas itu. Etos belajar keras dengan disiplin dan semangat juang tinggi, pantang menyerah menghadapi kesulitan dan kendala, memandang kesuksesan sebagai modal kesuksesan lebih lanjut, adalah watak insan yang peduli dengan kualitas,” harap Niki.

Selama PKKMB, mahasiswa baru dipecah menjadi beberapa kelompok yang berjumlah 50 orang per kelompok dengan satu orang fasilitator yang berasal dari mahasiswa.

Materi yang diberikan selama PKKMB ini di antaranya, pengenalan dan pembentukan karakter, struktur dan organisasi universitas, pengenalan pimpinan struktur organisasi fakultas dan jurusan atau bagian, mitigasi bencana dan prospek dan peluang kerja lulusan UBH.

Kemudian dilanjutkan dengan materi pengenalan sistem informasi manajemen, sosialisasi peraturan akademik dan tata tertib mahasiswa, pengenalan organisasi DPMMU (Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa Universitas), BEMMU (Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Universitas) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). (**Humas PKKMB)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 19 Agustus 2014 - 10:59:50

458 Mahasiswa FKIP UBH Ikuti Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan
458 Mahasiswa FKIP UBH Ikuti Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan
bunghatta.ac.id - Sebanyak 458 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Eko Alvares, Z MSA di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (19/08/2014).

Yulfia Nora, S.Pd, M.Pd, Ketua Praktik Lapangan Kependidikan FKIP Universitas Bung Hatta menyampaikan pembekalan ini bertujuan untuk menyiapkan diri mahasiswa sebelum terjun ke lapangan sebagai tenaga pendidik di sekolah-sekolah sehingga kita juga turut dalam menyiapkan dan meningkatkan profesionalisme calon guru. Tahun 2014 ini merupakan peserta terbanyak yang mengikuti Praktik Lapangan Kependidikan.

"Sebagai calon guru nantinya para mahasiswa Praktik Lapangan Kependidikan harus diberi pembekalan dan pemahaman bagaimana menerapkan teori selama di bangku perkuliahan untuk dipraktikkan langsung kepada siswa dan bagaimana menghadapi siswa saat mengajar," ujarnya.

ia mengatakan materi yang berikan kepada peserta Praktik Lapangan Kependidikan ini berasal dari Dinas Pendidikan Kota Padang, Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar 32 Padang, Ketua Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

"Nantinya Mahasiswa peserta Praktik Lapangan Kependidikan ini untuk periode Agustus hingga Oktober 2014 dan akan disebar ke seluruh sekolah di Kota Padang yang terdiri dari 26 Sekolah Dasar, 17 Sekolah Menengah Pertama, 2 Madrasah Tsanawiyah, 2 Sekolah Menengah Atas dan 6 Sekolah Menengah Kejuruan," imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 19 Agustus 2014 - 09:12:21

6 Kabupaten/Kota Pulangkan 1520 Mahasiswa KKN-PPM UBH
6 Kabupaten/Kota Pulangkan 1520 Mahasiswa KKN-PPM UBH
bunghatta.ac.id - Setelah sebulan penuh berkegiatan di tengah masyarakat dari, sebanyak 1520 mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun 2014 pulang kembali ke kampus, Kamis (10/07/2014).

Lebih dari seratus mini bus mengantar mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melakukan pemberdayaan dari berbagai jurusan diterjunkan ke 51 Kenagarian di enam Kabupaten dan Kota se-Sumatra Barat yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa, Kabupaten Agam sebanyak 294 mahasiswa, Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa, Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa, Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 mahasiswa dan Bungus Teluk Kabung Kota Padang sebanyak 30 mahasiswa yang dimulai dari tanggal 10 Juli sampai dengan 18 Agustus 2013.

Niki Lukviarman mengatakan program KKN-PPM ini merupakan bentuk nyata kontribusi Universitas Bung Hatta bagi masyarakat dalam praktik Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjadi jawaban atas kebutuhan pemberdayaan masyarakat serta mampu menangani masalah kehidupan sosial, pendidikan, ekonomi, pemanfaatan teknologi yang dibutuhkan masyarakat dan memetakan potensi masyarakat dan sumberdaya alam.

“Dengan KKN ini, mahasiswa dapat pengembangan dan melatih soft skillnya dapat belajar bersama dan bersinergi secara harmonis dengan seluruh elemen masyarakat sehingga akan menemukan banyak hal dan ide-ide baru serta mampu menularkan pemikiran-pemikiran Bung Hatta,” ujarnya.

“Universitas juga sangat berterimakasih kepada pemerintah enam Kabupaten dan Kota yang telah menerima mahasiswa Universitas Bung Hatta dan bersinergi selama melaksanakan KKN,” tambahnya.

Sementara itu, Ir. Indra Khaidir, MT, Ketua Pengelola KKN-PPM UBH 2014 disela-sela keberangkatan menyampaikan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-4 di Universitas Bung Hatta dengan mengangkat tema melalui KKN-PPM 2014 kita berdayakan masyarakat dalam revitalisasi koperasi dan penanggulangan bencana.

“Banyak respon positif pemerintah daerah selama kegiatan KKN-PPM Univesitas Bung Hatta berlangsung seperti di Kabupaten Tanah Datar, mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta melakukan pelatihan pemandu wisata yang sangat mengapresiasi Dinas Pariwisata nya. Lain halnya di Kabupaten Solok, masyarakat dan pemerintah Nagari Koto Anau menginginkan penambahan waktu bagi mahasiswa KKN-PPM Univesitas Bung Hatta ,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 18 Agustus 2014 - 08:16:37

Melalui KKN, UBH Lakukan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Produktif Pascagempa di Nagari Batu Gadang
Melalui KKN, UBH Lakukan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Produktif Pascagempa di Nagari Batu Gadang
bunghatta.ac.id - Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan bangunan akibat gempa 30 September lalu seperti kerusakan struktural maupun non-struktural. Namun yang menjadi persoalan adalah sulitnya mencari tenaga teknis untuk melaksanakan pekerjaan perbaikan baik rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan yang rusak ringan dan sedang.

Hal merupakan hasil identifikasi dan pendataan yang telah dilakukan dosen dan mahasiswa di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman menjadi alasan utama dikembangkannya program Kuliah Kerja Nyata-Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tematik Dikti Universitas Bung Hatta.

Tim tersebut diketuai oleh Ir. Nasril S, MT, IAI yang juga menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu. dan beranggotakan Adri, SH, MH dan Dra. Hj. Puspawati, MS.

Ir. Nasril S, MT, IAI mengatakan terdapat beberapa gagasan dari pelaksanaan program ini yaitu pertama Pokmas (Kelompok Masyarakat) produktif yang tidak punya pekerjaan tetap, mereka akan akan diberi pendampingan untuk pelatihan perbaikan dan perkuatan bangunan rusak akibat gempa. Kedua, masyarakat secara umum yang mau berpartisipasi. Ketiga, para tukang yang sudah ada akan diberikan penyuluhan tentang mitigasi bencana.

“Kemudian yang keempat, mengajak Ninik Mamak, Cerdik Pandai, Alim Ulama dan masyarakat untuk bekerjasama dalam kegiatan KKN-PPM. Kelima, mengajak kelompok masyarakat yang produktif untuk dapat bergabung dengan program KKN-PPM ini dengan memberikan sedikit pencerahan tentang perbaikan penghasilan mereka bila mereka mau bergabung untuk mengikuti pelatihan sekaligus menimba ilmu pengetahuan dari tim KKN-PPM,” jelasnya.

Untuk tercapainya program pemberdayaan pelatihan kader masyarakat ini untuk melakukan sosialisasi dan penerapan langsung memperbaiki rumah rusak ringan akibat gempa 2009 di Korong Balai Kamih, Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (13/08/2014) yang disampaikan Ir. Nasril S, MT, IAI.

Untuk tercapainya program pemberdayaan pelatihan kader masyarakat ini Ketua Tim menyampaikan yang diketuai oleh Ketua Tim, Ir. Nasril S, MT, IAI yang juga menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu.

Dalam penyampaiannya Nasril, melakukan penyuluhan tentang perbaikan dan perkuatan yang dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan-kerusakan yang terjadi. Perbaikan Ringan (Repairing), adalah suatu usaha untuk mengembalikan kinerja bangunan atau komponennya kepada keadaan awalnnya.
“Pedoman pelaksanaan teknis dalam pembuatan rumah sederhana ramah gempa dan memperbaiki rumah rusak ringan pascagempa untuk para tenaga produktif di daerah tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman dan dampak yang akan terjadi salah satunya dengan mempersiapkan rumah ramah gempa terutama di daerah Kabupaten Padang Pariaman dan umumnya Sumatra Barat.

.“Selama ini masyarakat banyak yang membangun rumah tanpa kontruski menurut standar seperti sloof, pondasi, kolom praktis dan balok ring sehingga kekuatan bangunan rawan terhadap guncangan gempa,” sebutnya.

Sementara itu, Ramli, Wali Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, didampingi oleh para Wali Korong dan perangkat nagari menyampaikan terimakasih atas kepercayaannya Universitas Bung Hatta untuk menempatkan para mahasisiwanya melaksanakan KKN di daerahnya sekaligus dipilih menjadi tempat untuk melakukan pemberdayaan memlalui program yang diberikan pemerintah melalui KKN-PPM Universitas Bung Hatta

“Kita berharap untuk tahun berikutnya, daerah kita ini menjadi lokasi untuk dilaksanakan pemberdayaan lagi dan selama mahasiswa KKN Universitas Bung Hatta melaksanakan kegiatan programnya berjalan dengan lancer dan semuanya aman,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 45 tenaga produktif, tukang bangunan serta mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta. Usai sosialisasi, tim juga melakukan survei kesalah satu rumah terpilih untuk dilakukan perbaikan Pasca Gempa 2009. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 17 Agustus 2014 - 23:38:48

30 Penyelam Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-69 di Bawah Laut Kota Padang
30 Penyelam Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-69 di Bawah Laut Kota Padang
bunghatta.ac.id - 30 Penyelam Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-69 di Bawah Laut Kota Padang
Sebanyak 30 penyelam gabungan dari Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, Marine Diving Universitas Riau, Kurau Diving UNRI, Korps Brimob Padang Panjang, Badan Pelestarian Cagar Budaya Batusangkar, Andalas Diving, BPSPL serta dari ASDP lakukan upacara detik-detik peringatan HUT RI ke-69 di dasar laut “Gosong Kapal” perairan Kota Padang, Minggu, 17/8.

Gelaran upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di bawah laut tersebut di bagi dua tim, tim 1 bertindak menaikkan bendera putih di ikuti peserta lainnya dengan peralatan selam lengkap, sementara tim lainnya mengikuti dengan bersnokling di permukaan, sementara tim 2 bertugas untuk menurunkan bendera pada sore harinya yang juga di ikuti peserta lainnya dengan cara yang sama pada pukul 16.00 WIB. *Indrawadi-humas UBH/foto: Mabruri Tanjung
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.163.72.86