Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

PENGUMUMAN PERPANJANGAN PEMBAYARAN UANG KULIAH

Perpanjangan Pembayaran Uang Kuliah Bagi mahasiswa yang telah mengisi KRS Semester Genap Tahun Akademik 2014/15 dan telah divalidasi oleh PA, pembayaran uang kuliah diperpanjang sampai dengan hari Rabu, 4 Februari 2015 hingga pukul 15.00 WIB di Bank Nagari Kampus Proklamator I. Demikian pengu....

Seminar Nasional Pembelajaran Sains Terkini Pendidikan Biologi UBH

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan universitas Bung Hatta mengadakan Seminar Nasional Pembelajaran Sains Terkini dengan mengangkat tema Untuk Meningkatkan Pengetahuan Para Calon Pendidik Dan Pendidik Tentang Kemajuan Sain Terkini ya....

KKN Posdaya Proklamator Tumbuhkan Sektor Perikanan dan Kelautan

Dengan adanya posdaya-posdaya di pesisir masyarakat akan mendapatkan banyak kegiatan yang bermanfaat, utamanya bagi kalangan ibu-ibu nelayan. Di samping itu pendidikan anak-anak pesisir serta kesehatannya pun akan bisa terpenuhi. Di posdaya tersebut diharapkan bisa tumbuh usaha-usaha dengan memanf....

FE-UBH Gelar Pelatihan SEM Dengan Lisrel bagi Dosen

Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta selenggarakan pelatihan statistic dengan menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM) dan Lisrel. Pelatihan tersebut di dibuka oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, ikuti oleh seluruh dosen tetap Fakultas Ekonomi, Kamis (29/1) ....

FPIK UBH Gelar Workshop Teaching Factory KBK KKNI

Pentingnya penyusunan kurikulum dalam menciptakan lulusan yang memiliki kompentesi dibidangnya dan juga sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan, Untuk itu Fakutlas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengadakan Workshop Metode Pembelajaran Teaching Factory KBK KKNI ya....

Penyusunan Kurikulum KBK KKNI Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta mengadakan rapat penyusunan Kurikulum KBK KKNI untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dillaksanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Haat, Selasa (27/01/2015). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Ketua dan Sekretaris Jur....

Selasa 25 November 2014 - 09:35:26

Pendidikan Matematika UBH Gelar Dialog Kematematikaan
Pendidikan Matematika UBH Gelar Dialog Kematematikaan
bunghatta.ac.id - Sebagai makhluk sosial, membangun hubungan kekerabatan antar sesama itu perlu, seperti di lingkungan kampus. Untuk itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan acara Dialog Kematematikaan yang akan dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 28 November 2014.

Ketua Pelaksana Raudhatul Rahmi mengatakan dengan dialog ini mahasiswa dapat Sebagai media atau tempat untuk menambah dan memperluas wawasan tentang kematematikaan untuk pendidikan matematika yang lebih maju.

“Banyak juga mahasiswa yang belum mengenal dosen program studinya sendiri dan antar sesama mahasiswa juga ada yang belum mengenal satu dengan yang lain dalam program studi yang sama. Selain itu, ada beberapa mahasiswa yang kebingungan untuk mengadu apabila mengalami kesulitan dalam proses perkuliahan, baik dari segi akademik maupun administrasi,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan dengan dialog ini sehingga dapat mempererat tali silaturrahmi antara dosen, mahasiswa, beserta alumni dan mengeratkan jalinan kebersamaan serta menguatkan persatuan program studi matematika.

“Dialog ini bertajuk melalui dialog kematematikaan ini mari kita eratkan jalinan kebersamaan dan kuatkan persatuan untuk pendidikan matematika yang lebih maju yang ini akan dihadiri oleh dosen tetap, alumni dan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 25 November 2014 - 09:15:42

 Syarat Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UBH, Pendaftaran hingga 28 November 2014
Syarat Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UBH, Pendaftaran hingga 28 November 2014
bunghatta.ac.id - Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Universitas Bung Hatta telah membuka pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk masa bakti 2014-2015 yang dimulai sejak 19 hingga 28 November 2014 dengan persyaratan sebagai berikut:
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mahasiswa Aktif dengan melampirkan surat aktif kuliah.
3. Minimal semsester V dan maksimal X dengan melampirkan Lembar Hasil Studi (LHS).
4. Memiiliki IPK minimal 2,75 dengan melampirkan Lembar Hasil Studi (LHS).
5. Pengalaman organisasi minimal selama 1 tahun. dengan menunjukan Surat Keterangan Kepengurusan.
6. tidak merangkap jabatan di organsiasi internal kampus.
7. Lulus tes kesehatan.
8. Minimal telah mengikuti Latihan Kepemimpinan (LK) Menengah bagi calon presiden dan telah mengikuti Latihan Kepemimpinan (LK) Dasar bagi calon wakil presiden.
9. Melampirkan surat rekomendasi dari fakultas yang ditandatanggani oleh Gubernur BEMM, DEMM, HMMJ/HMMPS, Dekan dan Wakilt Dekan dengan materai.
10. Membuat surat pernyataan bersedia menjadi presiden mahasiswa dengan bertandatangan diatas materai.
11. Melampirkan pas foto 4x6 berwarna sebanyak 5 lembar.
12. Mengisi formulir pendaftaran.
13. Menyiapkan dua buah materai untuk suratrekomedasi.

Calon Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta dapat mengunjungi stan pendaftaran di Kampus Proklamator I depan Masjid Nurjanah, Kampus Proklamator II di Lantai 1 Gedung 3 Blok A dan Kampus Proklamator III di Lantai 1 Gedung A. Dapat juga follow @KPU_BUNGHATTA. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 24 November 2014 - 09:28:54

Dalami Teori, Mahasiswa Teknik Kimia UBH Kunjungi Industri CPO
Dalami Teori, Mahasiswa Teknik Kimia UBH Kunjungi Industri CPO
bunghatta.ac.id - Memperkaya pengetahuan tidak hanya belajar teoritis di ruang perkuliahan saja tetapi dapat juga didalami melalui kunjungan lapangan ke industri, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang mengunjungi PT. Bina Pratama Sakato Jaya sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) yang berlokasi di Muaro Usau - Kiliran Jao, Kabupaten Dhamasraya, Sabtu (22/11/2014).

Kunjungan lapangan ini diikuti oleh 41 mahasiswa dari angkatan 2010-2013 dengan didampingi oleh 3 dosen pembimbing yaitu Dra. Elly Desni Rahman, M.Si, Ir. Elmi Sundari,MT dan Dra. Munas Martynis, M.Si. Kunjungan ini juga akan berlangsung dua kali yaitu pada 22 November dan 06 Desember 2014 mendatang.

Ketua Rombongan Kunjungan industri, Dra. Elly Desni Rahmi, M.Si mangatakan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Proses Industri Kimia, Teknologi Pengolahan Limbah Industri, dan Utilitas guna menambah pengetahuan dan pemahaman terhadap untuk pendalaman materi selama perkuliahan dengan melihat secara langsung aplikasinya di lapangan.

"Dengan kunjungan ini mahasiswa kita dapat melihat secara langsung dan mendalami salah satu proses di industri. Para mahasiswa bisa bertanya seputar proses pembuatan CPO dari mulai pengolahan bahan baku hingga menghasilkan produk, hasil limbah dan cara pengolahan limbah di industri CPO hingga bagaimana cara perusahaan memenuhi kebutuhan utilitasnya dalam menjalankan pabriknya seperti kebutuhan air, listrik, steam dan lainnya," ujar Elly.

Sementara itu, Muhammad Irvan S, Manajer PT. Bina Pratama Sakato Jaya mengatakan perusahaan ini merupakan bagian dari Incasi Raya Grup yang bergerak bidang agribisnis dalam perkebunan dan pengolahan kelapa sawit yang berdiri sejak tahun 1992 dengan luas area pabrik 8,25 Ha serta produksi Tandan Buah Segar (TBS) 60 ton/jam.

“Kunjungan ini industri ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, karena dalam aturan pemerintah dunia pendidikan dan dunia industri harus saling bersinergi dan memiliki keterkaitan dalam mencipatkan sumber daya manusia yang siap dalam menghadapi dunia kerja,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan dengan kunjungan ini juga para mahasiswa dan dosen dapat melihat langsung proses dalam suatu industri dan dapat menggali lebih dalam informasi mengenai industri CPO sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan. “Para mahasiswa Universitas Bung Hatta sangat antusias sekali saat berkeliling ke lokasi pabrik dan kita sangat mengapresiasi hal tersebut,” imbuhnya.

Sebelum berkeliling mahasiswa dan dosen pendamping diberikan pengarahan seputar keselamatan kesehatan kerja (K3) dan profil perusahaan. Setelah itu langsung berkeliling dimulai dari lokasi penimbangan Tandan Buah Segar, kemudian ke lokasi penyortiran dan tempat penimbunan sementara (Loding ramp) dan selanjutnya ke stasiun perebusan (sterilizer).

Setelah itu dilanjutkan ke lokasi stasiun thrashing dan stasiun press, stasiun pemurnian minyak dan stasiun kernel yang merupakan di unit proses produksi. Kemudian mahasiswa dan dosen pendamping juga berkeliling ke unit utilitas seperti stasiun boiler, stasiun power house, pengolahan air dan limbah, tidak lupa juga ke laboratorium.

Saat ini Universitas Bung Hatta melalui Fakultas Teknologi Industri telah melakukan kerjasama dengan Incasi Raya Group dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi dan melahirkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan melakukan kegiatan berupa kunjungan lapangan, penelitian, kerja praktik bahkan penerimaan pegawai baru. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 23 November 2014 - 08:07:37

Temu Ramah Mahasiswa Manajemen Universitas Bung Hatta
Temu Ramah Mahasiswa Manajemen Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar mahasiswa, dosen dan alumninya, jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Temu Ramah Masyarakat Manajemen dengan tajuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar masyarakat jurusan Manajemen yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (21/11/2014).

Pertemuan ini menghadirkan 3 pembicara yang merupakan mahasiswa dan alumni dari jurusan Manajemen yaitu Ike Agung, SE, Riki Minarsyah, SE dan Herman Danau yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2014.

Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Manajemen Ruqqyah menyampaikan acara ini merupakan salah satu program kerja dari himpunan yang bertujuan untuk membangun kebersamaan antar masyarakat mahasiswa jurusan Manajemen dan dapat juga sebagai salah satu kegiatan dalam menumbuhkan minta bakat mahasiswa dalam mengembangkan softskills yang dimilikinya.

“Dengan kegiatan ini himpunan menginginkan para mahasiswa angkatan 2014 dapat memperoleh ilmu dan dapat aktif mengikuti organsiasi kemahasiswaan selama kuliah sehingga kemampuan softskill para mahasiswa tersebut dapat diasah,” jelas mahasiswa angkatan 2012 ini.

Sementara itu, Ketua Jurusan Manajemen Universitas Bung Hatta Surya Dharma, SE, M.Si dalam sambutan pembukaannya mengatakan kegiatan ini dapat menjadi saran untuk menjalin hubungan kebersamaan, saling mengenal dan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama agar terus terjalin dan tidak pernah putus hingga nantinya menjadi alumni.

“Sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi satu dengan yang lainnya, tentunya para mahasiswa tidak hanya mengasah kemampuan dengan otak kiri saja tapi harus diseimbangakan juga dengan mengasah otak kanannya salah satunya dengan mengikuti aktif kelembagaan mahasiswa,” jelasnya.

Pada temu ramah ini para narasumber banyak bercerita mengenai kehidupan perkuliahan selama menempuh pendidikan, menceritakan perjalanan saat mengikuti organisasi mahasiswa, motivasi untuk bagaimana cara menyeimbangkan antara perkuliahan dan kegiatan organsiasi mahasiswa hingga pengenalan pemilihan konsentrasi di jurusan Manajemen.

Ike Agung, SE mengatakan menjadi mahasiswa itu harus berbeda, terutama dalam cara dan pola berpikir. Jangan sombong pada diri sendiri, terus santu dan harus dapat menerima setiap kritikan yang ditujukan kepada kita. Sering bersosialaisasi, dapat memanajemen waktu dan dapat memposisikan diri dengan sikap mental sebagai subjeknya bukan menjadi objeknya.

“Jadi mahasiswa tidak harus berkuliah saja tetapi aktif juga dalam berorganisasi agar nantinya setelah lulus kuliah kita memiliki kemampuan yang lain yang tidak dimiliki orang lain, maka itulah kita harus menjadi orang yang berbeda,” ungkapnya almuni jurusan manajemen ini.

Dalam penjelasannnya, Riki Minarsyah, SE mengungkapkan banyak nilai tambah yang dapat diperoleh dengan mengikuti organsiasi kemahasiswaan seperti dapat mengenal tokoh-tokokh yang dapat menginsprasi dalam kehidupan kita, melatih kemampuan soft skills dalam berkomunikasi dan menjadi pemimpin.

“Aktif berorganisasi akan ada konsekuensi yang harus kita dapat baik dari segi waktu, pikiran, materi dan pastinya juga akan berdampak pada perkuliahan, namun dari semua itu sebagai mahasiswa harus mampu mengatur semuanya dan menyeimbangkannya,” ucap Riki almuni jurusan manajemen angkatan 2008 ini.

Sementara Herman Danau lebih banyak berbicara motivasi dalam untuk mengikuti oranisasi mahasiswa. “Inget pergunakan waktu selama berkuliah di Universitas Bung Hatta untuk mengikuti organisasi mahasisa karena setelah tamat nanti tidak bisa lagi mengikutinya,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 19 November 2014 - 12:05:53

LIMA Campus Corner Kunjungi UBH
LIMA Campus Corner Kunjungi UBH
bunghatta.ac.id - Tim dari Liga Mahasiswa (LIMA) Campus Corner melakukan kunjungan ke Universitas Bung Hattta dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan LIMA sekaligus mengajak para mahasiswa untuk mendukung tim dari perguruan tingginya yang mengikuti pertandingan Bola Basket katagori Sumatera Conference yang diadakan di Kota Padang pada bulan Januari 2015.

Kunjungan tim tersebut berlangsung selama dua hari dari 17-18 November 2014 di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta dengan mendirikan stand informasi dan membagikan merchandise menarik dari LIMA.

Fiola Ariyani dari Markerting dan Promotin LIMA menyampaikan Liga Mahasiswa atau LIMA merupakan organsiasi independen yang berbentuk perusahaan yang dibentuk untuk menciptakan wadah bagi mahasiswa Indonesia dalam berkarya di bidang olahraga. Saat ini, terdapat lima cabang olahraga yang dipertandingkan oleh LIMA yaitu bola basket, futsal, bulutangkis, renang dan golf.

“Pada kesempatan ini tim LIMA Campus Corner pertama kalinya mengadakan kunjungan untuk wilayah Sumatera Conference ke perguruan tinggi di Kota Padang yaitu Universitas Bung Hatta dan Universitas Andalas,” ucapnya, Selasa (18/11/2014).

Dikatakannya, LIMA memiliki enam regional (conference) yaitu Jakarta Conference, West Java Conference, Central Java DIY Conference, East Java Conference, Nusantara Conference dan yang terbaru Sumatera Conference. Nantinya tiap pemenang regiaonal akan bertanding sebelum bertemu dengan peserta dari regional lain dalam kejuaraan nasional LIMA yang akan berlangsung di Surabaya pada 1-8 Februari 2015.

“Dengan adanya kunjungan ini, kita berharap para mahasiswa Universitas Bung Hatta dapat mendukung tim dari kampusnya saat berlaga nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua UKM Olahraga Universitas Bung Hatta Melky Hadi Irawan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari tim LIMA untuk menjadikan Universitas Bung Hatta sebagai lokasi kegiatan LIMA Campus Corner.

“Sudah dua kali Universitas Bung Hatta mengikuti pertandingan bola basket LIMA dan pernah meraih juara pertama Nusantara Conference pada tahun 2013 lalu. Semoga tahun 2015 mendatang Universitas Bung Hatta dapat meraih kembali juara,” imbuh mahasiswa jurusan Teknik Sipil ini, Selasa (18/11/2014).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai LIMA, Anda dapat mengakses situs resmi LIMA di www.ligamahasiswa.co.id atau akun Twitter resmi LIMA di @ligamahasiswa. LIMA juga dapat diakses di media komunikasi Facebook (facebook.com/ligamahasiswa) dan YouTube (youtube.com/ligamahasiswa). (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 19 November 2014 - 09:21:37

UPT PPBA UBH Menjadi Tempat Penyelenggara Tes TOEFEL ITP Resmi
UPT PPBA UBH Menjadi Tempat Penyelenggara Tes TOEFEL ITP Resmi
bunghatta.ac.id - Kabar gembira bagi civitas akademika Universitas Bung Hatta, pasalnya UPT Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Asing (PPBA) dan Laboratorium Bahasa Universitas Bung Hatta telah ditujuk menjadi tempat penyelenggaraan tes TOEFEL ITP yang berlisensi resmi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT PPBA dan Laboraotrium Bahasa Fitrina Harmaini S.S, M.A saat ditemui di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Selasa (18/11/2014).

Fitrina menceritakan Universitas Bung Hatta melalui UPT PPBA dan Laboratorium Bahasa telah melakukan penandatangan kerjasama antara Indonesian International Education Foundation (IIEF) pada 31 Oktober 2014 lalu saat kegiatan Seminar TOEFEL yang bertajuk mengenai How To Be Successful in TOEFL Test. Kerjasama ini akan berlangsung hingga 3 tahun kedepan.

“Indonesian International Education Foundation (IIEF) merupakan sebuah lembaga Pengujian dan Sertifikasi TOEFEL yang resmi dan hanya satu-satunya di Indonesia yang berpusat di Jakarta. Kita sedang proses dan mengunggu dokumen-dokumen resmi terkait penyelenggaraan tes TOEFEL tersebut dari lembaga ini,” ucapnya Rina, sapaannya.

Ia menyampaikan dengan adanya kerjasama ini mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta ataupun masyarakat umum lainnya yang berkeinginan untuk menguji kemampuan bahasa Inggrisnya dapat mengikuti ujian tes TOEFEL tidak perlu jauh-jauh cukup datang di Universitas Bung Hatta saja.

“Setidaknya dengan kerjasama ini para mahasiswa memiliki akses yang lebih mudah dan dapat juga mengumbuhkan awerness untuk mengikuti tes TOEFEL karena tes ini tidaklah mudah butuh keseriusan dan tes ini juga sebagai alat bukti untuk menguji sejauhmana kemempuan berbahasa Inggris seseorang. saat ini skor TOEFEL itu sangat penting sekali terutama untuk mahasiswa yang akan wisuda dan alumni yang sedang mencari pekerjaan,” ujar dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggis Univesitas Bung Hatta ini.

Dikatannnya, UPT PPBA dan Laboratorium Bahasa sebagai tempat pelaksanaan ujiannya saja dan untuk koreksi hasil ujian, penerbitan skor dan sertifikatnya akan dikirimkan langsung ke IIEF di Jakarta. Bagi peserta yang ingin mengikuti tes TOEFEL dapat mendaftar 2 minggu sebelum ujian dilaksanakan dan nantinya tes akan diadakan setiap satu bulan sekali.

“Pendaftaran dapat langsung ke Kantor UPT PPBA dan Laboratorium Bahasa Lantai 4 Gedung Perpustakaan Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 19 November 2014 - 08:16:54

UBH dan 10 Perguruan Tinggi Lainnya Kerjasama dengan Bank Indonesia
UBH dan 10 Perguruan Tinggi Lainnya Kerjasama dengan Bank Indonesia
bunghatta.ac.id - Bertempat di Gedung Pusat Bank Indonesia Jakarta, Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE.,Akt.,MBA beserta 10 Rektor Perguruan Tinggi lainnya se-Indonesia menandatangani naskah kerjasama dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, di Kantor Pusat Bank Indonesia Jakarta, Senin, (17/11/14). Kerjasama antarlembaga tersebut berfokus pada edukasi bank sentral.

Penandatangan MoU tersebut, sekaligus dibarengi dengan peresmia peluncuran Buku Pengantar Kebanksentralan : Teori dan Praktik di Indonesia. Dengan ditandatanganinya 10 MoU tersebut, tercatat sudah 72 Perguruan Tinggi se Indonesia yang bekerjasama denga Bank Indonesia, dengan ruang lingkup antara lain, kerjsama pelatihan, bantuan penelitian, edukasi kebanksentralan, kuliah umum, training of trainer (ToT) dan bidang pendidikan lainnya.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, MoU yang baru saja ditandatangani dengan 10 Perguruan Tinggi akan segera menyelenggarakan kuliah umum dan beberapa mata kuliah di Fakultas Ekonomi di masing-masing perguruan tinggi.

“Mata kuliah kebanksentralan, sangat penting di ajarkan di perguruan tinggi, dengan adanya mata kuliah tersebut diharapkan para lulusan Fakultas Ekonomi dapat berperan secara lebih berkualitas dalam menjaga makro ekonomi, apapun profesi lulusan nantinya”, ujar Agus

Ditambahkan Agus, pihaknya telah meminta semua kantor wilayah Bank Indonesia di daerah untuk meningkatkan kerjasama dengan semua perguruan tinggi di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu Rektor UBH, Prof.Niki Lukviarman menyebutkan, bahwa sebelum MoU tersebut di tandatangani, Fakultas Ekonomi UBH beberapa waktu yang lalu telah menggelar menggelar Focus Group Discusion (FGD) kurikulum pendidikan dengan tema "Menghasilkan Lulusan Yang Kompenten dan Berkarakter Dalam Memperkuat Daya Saing."

“Acara tersebut dihelat di aula serbaguna kantor Perwakilan Bank Indonesia Regional VIII Padang, dengan mengundang para ekonom untuk mendapatkan masukan profesional dalam penyusunan kurikulum terbaru Fakultas Ekonomi” jelas Niki.

Menurutnya lagi, para pakar dan praktisi tersebut diminta memberi masukan dan saran untuk menyusun dan merancang kembali kurikulum pendidikan tinggi berbasiskan kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional.

"Melalui FGD tersebut, kami mencoba menentukan profil lulusan, kompetensi yang harus dimiliki serta menetapkan struktur kurikulum yang mencerminkan kompetensi utama, pendukung lainnya yang terangkum dalam SKS yang ditawarkan tiap semesternya," imbuh Niki. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 18 November 2014 - 09:04:23

Seminar Pendidikan Bahasa Inggris: "Creative Teaching and Learning"
Seminar Pendidikan Bahasa Inggris: "Creative Teaching and Learning"
bunghatta.ac.id - Memiliki kemampuan berbahasa asing sangatlah penting. Saat ini, banyak fenomena yang terjadi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang belum mampu berbahasa asing dengan baik dari segi lisan maupun tulisan, terutama dalam bahasa Inggris.

Untuk menumbuhkan minta dalam berbahasa Inggris, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakutlas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta merancang kegiatan yang berbentuk Seminar Pendidikan dengan tajuk Creative Teaching and Learning Models in Implementation of 2013 Curriculum Toward Preparing Indonesian Golden 2045.

Seminar ini akan dilaksanakan pada 11 Desember 2014 di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta dengan menghadirkan pembicara utama Prof. H. Fuad Abdul Hamid, M.A., Ph.D.

Ketua Pelaksana Alnofrina menyampaikan kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bentuk seminar pleno dan seminar paralel berupa penyampaian makalah yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.

“Seminar ini merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa dan sederajat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Kegiatan ini sekaligus juga dapat berperan sebagai sarana pengembangan life skills pelajar dan mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Aulian Syaiful Acheen mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja himpunan sebagai langkah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa, guru, dosen, umum, dan pembicara tentang bagaimana supaya bisa kreatif dalam mengajar.

“Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan bagaimana cara untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 sehingga masyarakat Indonesia mampu bersaing dalam bidang pendidikan di masa depan,” tambahnya.

Untuk mengikuti seminar ini dapat membayar insert sebesar Rp.50 ribu untuk pleajar/mahasiswa dan Rp.75 ribu untuk umum, sedangkan menjadi pemakalah pada seminar paralel sebesar Rp. 300 ribu.

Informasi lebih lanjut mengenai seminar ini dapat datang ke stan pendaftaran di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta dari hari Senin-Jumat atau dapat juga menghubungi Yezza 082381414994 dan melalui akun twitter @PingersFKIP_UBH. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 18 November 2014 - 08:30:29

Mahasiswa dan Dosen PMat UBH Tampil Dalam Forum Ilmiah Nasional di Pekanbaru
Mahasiswa dan Dosen PMat UBH Tampil Dalam Forum Ilmiah Nasional di Pekanbaru
bunghatta.ac.id - Sebanyak tujuh dosen tetap Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti Seminar Nasional Matematika dan Kongres Himpunan Matematika Indonesia atau Indonesia Mathematical Society (IndoMS) wilayah Sumatera Bagian Tengah yang bertempat di Universitas Riau, Pekanbaru pada 15 November 2014 yang lalu.

Ke tujuh orang dosen PMAT yang juga merupakan pemakalah tersebut adalah Dra. Rita Desfitri, M.Sc, Dra. Niniwati, M.Pd, Drs. Fazri Zuzano, M.Si, Drs. Khairudin, M.Si, Drs. Edrizon, Yusri Wahyuni, S.Pd, M.Pd, dan Fauziah, S.Pd, M.Pd.

Menurut Dra. Rita Desfitri, M.Sc Ketua Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta Dra. Rita, kegiatan tersebut mengangkat tema Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pendidikan Matematika dan terdapat 5 makalah yang dipresentasikan dalam seminar tersebut.

“Dalam kesempatan ini, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta kembali mengirimkan 7 orang dosen tetapnya untuk mengikuti kegiatan Seminar dan Kongres ini,” ungkapnya, Selasa (18/11/2014).

Rita juga menyampaikan selain dosen yang mengikuti kegiatan ini, jurusan juga membuka kesempatan bagi dua orang mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas akhir untuk belajar mempresentasikan hasil sementara penelitianya.

“Kedua mahasiswa tersebut yang pertama Zaharatul Jannah dari angkatan 2010 yang sedang melaksanakan penelitian pengembangan tentang pembelajaran matematika berbasis film kartun. Kemudian yang kedua, Dian Fitriani dari angkatan 2010 yang sedang melaksanakan penelitian mengenai pengembangan media komik berbasis pendekatan saintifik,” sebutnya Rita.

Pada prinsipnya, Rita menyampaikan jurusan akan terus berusaha untuk memotivasi dan memfasilitasi, serta mendorong dosen muda dan para mahasiswanya di Program Studi Pendidikan Matematika agar ikut berpartisipasi dalam forum ilmiah.

“Dengan aktif mengikuti dan terlibat dalam forum-forum ilmiah kematematikaan kita semua dapat terus belajar dan berkembang menjadi orang-orang yang lebih profesional dalam bidang pendidikan matematika, dan terbiasa berbicara dalam forum ilmiah,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 17 November 2014 - 09:30:30

Tiga Jurusan Teknik UBH Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT
Tiga Jurusan Teknik UBH Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT
bunghatta.ac.id - Tiga program studi/jurusan di Universitas Bung Hatta yang telah melakukan proses reakreditasi berberapa waktu yang lalu berhasil memperoleh akreditasi baru yaitu jurusan Teknik Elektro, jurusan Teknik Sipil dan jurusan Teknik Kimia dengan peringkat akreditasi masing-masing B.

Penilaian akreditasi jurusan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 293/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014 untuk jurusan Teknik Elektro dan jurusan Teknik Sipil. Nilai dan peringkat akreditasi kedua program studi tersebut berlaku selama 5 tahun hingga 22 Agustus 2019.

Sedangkan untuk jurusan Teknik Kimia dengan No. 372/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014 yang berlaku selama 5 tahun hingga 19 September 2019. Keputusan peringkat akreditasi ini telah memenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan penelusuran di dalam situs ban-pt.kemdiknas.go.id.

Akreditasi sendiri adalah salah satu bentuk penilaian terhadap sistrm penjaminan mutu eksternal dan kelayakan sebuah institusi perguruan tinggi atau program studi, yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi seperti Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Saat ini Universitas Bung Hatta terdapat 1 program studi untuk program diploma (D III) dan 24 program studi sarjana (S 1) serta untuk program pascasarjana (S 2) terdapat 6 program studi. Masing-masing program studi di Universitas Bung Hatta umumnya telah terakreditasi dari BAN-PT dengan peringkat B. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.167.174.66