Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

QS UBH Berikan Pemahaman Profesi Lulusan Lewat Kuliah Umum

Jurusan Teknik Ekonomi Kontruksi atau dikenal denganQuantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/08/2014). Kuliah umum ini menghadirka....

Teknik Kimia UBH Adakan Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan daya saing lulusan, Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Softwere Aplikasi Teknik Kimia yang dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 26-27 Agustus 2014 . Pela....

LPPM-UBH Nilai 41 Posdaya Korwil Sumbar Untuk Maju ke Kompetisi Nasional

Sebanyak 41 Posdaya Korwil Sumbar ( Pos Pemberdayaan Keluarga) gagasan Yayasan Damandiri yang di ketuai Haryono Suyuno di nilai oleh tim gabungan embaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi dari Universitas Bung Hatta, Universitas Taman Siswa, STAIN Batusangkar, ISI Padang Panjang,....

Wakil Rektor III Lepas Calon Jemaah Haji UBH

Universitas Bung Hatta kembali melepas calon jemaah haji untuk tahun keberangkatan 2014 di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (28/08/2014). Pelepasan tersebut secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum yang ....

Fakultas Hukum UBH Tempati Gedung Baru Kampus II Aia Pacah

Dekan Fakultas Hukum UBH Dwi Tuti Palupi, SH.,MH bersyukur dan lega, gedung Blok B2 Kampus II UBH Aia Pacah sudah bisa di tempati. Terhitung Senin, 25/8 seluruh mahasiswa Fakultas Hukum sudah bisa kuliah di gedung baru tersebut. “Meski belum 100% selesai, kita pastikan untuk pelaksanaan perkuli....

PKKMB Universitas Bung Hatta 2014

Selama tiga hari lamanya dari 21-23 Agustus 2014 Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2014/2015 yang diikuti 2452 mahasiswa baru ini secara resmi ditutup oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA....

Senin 09 Juni 2014 - 14:49:06

Padang TV Liput Bank Sampah UBH
Padang TV Liput Bank Sampah UBH
bunghatta.ac.id - Bank Sampah Pusat Studi Lingkungan Universitas Bung Hatta yang bertempat di Kampus Proklamator III ini pada 04 Juni 2014 lalu, mendapat kesempatan untuk menjadi bahan liputan film dokumenter Bapeldada yang akan ditayangkan oleh Padang TV .

Adrian Aska Produser Dekat Sumbar Padang TV mengatakan liputan ini menjadi bahan untuk pembuatan film dokumenter Bapeldada. Salah satu potongan videonya yaitu tentang liputan Bank Sampah, Sebelumnya juga telah diliput dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat perguruan tinggi yang memiliki Bank Sampah dan direkomendasikan ke Universitas Bung Hatta.

"Menjadi hal yang langka, ketika segelintir orang memiliki keinginan untuk mengurusi yang namanya sampah padahal sampah tersendiri telah menjadi momok yang menakutkan dan menjijikan bagi masyarakat tapi dari sampah ini kita dapat menuangkan kreativitas hingga mamperoleh keuntungan dari sampah yang telah dimanfaatkan," ujarnya.


Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT Sekretaris Pusat Studi Lingkungan Universitas Bung Hatta mengatakan dengan didirikannya Bank Sampah UBH dapat membantu program pemerintah untuk mengurangi sampah yang semakin lama semakin menumpuk dan volume sampah kian mengingkat.

"Dengan adanya Bank Sampah dapat menjadi alternatif untuk mengurangi sampah yang ada saat ini. Pengelolan Bank Sampah ini melibatkan peranan mahasiswa dari jurusan Teknik Kimia," ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 08 Juni 2014 - 21:47:35

Mahasiswa Planologi UBH, Kirim Pesan Pada Pasangan Capres Dengan Tanam Pohon
Mahasiswa Planologi UBH, Kirim Pesan Pada Pasangan Capres Dengan Tanam Pohon
bunghatta.ac.id - Puluhan mahasiswa Planologi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta gelar acara “Planologi Care Coastal Area” di Pasia Nan Tigo Pasir Jambak Padang, Minggu 7/6.

Uniknya, dalam kegiatan tersebut mereka mempertanyakan komitmen pasangan capres-cawapres dalam program penyelamatan lingkungan hidup, menanam pohon dengan memakai topeng wajah kedua calon pasangan calon presiden.

Ketua Hima Planologi Eko di damping Ketua Pelakasana kegiatan menyebutkan, kegiatan itu digelar dalam rangka peringatan 20 tahun Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dengan tema “For a better future plan”.

“Harapan kami, kegiatan ini merupakan momentum kepedulian terhadap pentingnya perencanaan yang berkelanjutan, diantaranya pelestarian lingkungan hidup dan elemen sekitarnya dengan menanam sekitar 200 pohon” ujar Eko.

Ditambahkannya, sebelum kegiatan itu digelar, terlebih dahulu para peserta dibekali dengan materi tentang Desgn Survey dan materi Global Position System (GPS), yang berguna untuk melakukan survey sampai pada pembahasan serta aplikasinya di komputer.

Disinggung soal aksi menanam pohon dengan memakai topeng wajah dua pasangan Capres-Cawapres, di sebutkan Eko adalah aksi spontan saja, dan tidak memihak ke salah satu pasangan.

“Aksi itu kami gelar sebagai sebagai symbol dan pesan kami sebagai mahasiswa bagaimana komitmen para pasangan capres-cawapres dalam program penyelamatan lingkungan hidup, sekaligus ikut menyukseskan Pilpres dan dan menolak kampanye hitam”, imbuh Eko. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 08 Juni 2014 - 20:07:46

Tanam Pohon, Pesan Untuk pasangan capres-cawapres
Tanam Pohon, Pesan Untuk pasangan capres-cawapres
bunghatta.ac.id - Puluhan mahasiswa Planologi Universitas Bung Hatta melakukan aksi menanam pohon sebagai simbol bagaimana komitmen para pasangan capres-cawapres dalam program penyelamatan lingkungan hidup?di kawasan pasir Jambak, Kota Padang, Minggu,7/6.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 08 Juni 2014 - 07:10:57

Pameran Lingkungan, UBH Berikan Edukasi Pengolahan Sampah
Pameran Lingkungan, UBH Berikan Edukasi Pengolahan Sampah
bunghatta.ac.id - Peringati hari lingkungan hidup se-dunia, Pusat Studi Lingkungan Univertias Bung Hatta melakukan edukasi kepada masyarakat yang mengunjungi Pameran Lingkungan Hidup Tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Sumatera Kementrian Lingkungan Hidup di Mall SKA, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada 06-08 Juni 2014.

Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT Sekretaris Pusat Studi Lingkungan Univertias Bung Hatta mengatakan selama ini belum banyak masyarakat yang mengerti bagaimana untuk memilih memilah dan memanfaatkan sampah yang semula tidak bermanfaat dan bila diolah sedemikian rupa akan menghasilkan produk yang dapat memiliki nilai seni dan jual yang tinggi.

“Contonya saja plastik-plastik sisa-sisa pembungkus kopi, softener, deterjen dan lainnya, biasanya sampah tersebut akan dibuang begitu saja oleh masyarkaat, tapi bila kreatif dalam mengolahnya kita dapat membuatnya menjadi tas, sendal, dan produk lainnya,” jelas ketua jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta ini.

Ia mengatakan sejak tahun 2011, Universitas Bung Hatta telah memiliki Bank Sampah untuk daapt mengurangi sampah-sampahyang dihasilkan oleh kampus setiap harinya dan dalam perjalannya Bank Sampah ini mengarah pada edukasi dengan menjadi pusat industri kreatif untuk pemanfaatan sampah-sampah plastik.

“Sebagai institusi pendididkan yang menjalankan tri dharma perguruan tinggi, Universitas Bung Hatta terus memberikan pembelajaran dan pemahaman kepada masyaraka agar dapat memanfaatkan sampah yang tidak terpakai menjadi lebih bermanfaat lagi,” ungkapnya.

Reni mengatakan dengan pameran ini kita mengajak para pengunjung untuk dapat melakukan proses pemilahan sampah dimulai sejak dari rumah sendiri, sekolah hingga tempat kerja agar dapat mengurangi produksi sampah yang tiap harinya kiat meningkat.

“Banyak sampah yang dibuang begitu saja ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) padahal bila dimanfaatkan akan memiliki nilai jual dan guna yang lebih baik,” ungkapnya.

Edukasi yang diberikan ini selain dari pengurus Pusat Studi Lingkungan Univertias Bung Hatta tapi juga melibatkan perwakilan mahasiswa yaitu Febrina Rahmat Diningsih dan Doni Saputra mahasiswa dari jurusan Teknik Kimia.

“Sementara itu keberadaan bank sampah di suatu kota atau sekolah menjadi suatu hal yang penting sebab dalam penilaian Sekola Adiwiata,” ujarnya.

Bahkan saat ini, sebanyak 4 dosen Universitas Bung Hatta ditunjuk sebagai tim penilai Sekolah Adiwiata tingkat provinsi yaitu Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Ellyta Sari, ST, MT, Dra. Munas Martinyis, M.Si dari jurusan Teknik Kimia dan Yulcherlina, ST, MT dari jurusan Teknik Sipil. (**Ubay Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 08 Juni 2014 - 07:06:27

Pameran Lingkungan Hidup se-Dunia di Pekanbaru
Pameran Lingkungan Hidup se-Dunia di Pekanbaru
bunghatta.ac.id - Peringati hari lingkungan hidup se-dunia, Pusat Studi Lingkungan Univertias Bung Hatta mengikuti Pameran Lingkungan Hidup Tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Sumatera Kementrian Lingkungan Hidup di Mall SKA, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada 06-08 Juni 2014. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 07 Juni 2014 - 07:39:19

PSL UBH Wakili Sumbar Ikuti Pameran Lingkungan
PSL UBH Wakili Sumbar Ikuti Pameran Lingkungan
bunghatta.ac.id - Pusat Sudi Lingkungan Universitas Bung Hatta berpartisipasi mengikuti kegiatan pameran dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2014 yang diadakan oleh Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Sumatera Kementrian Lingkungan Hidup di Mall SKA, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada 06-08 Juni 2014.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 07 Juni 2014 - 07:28:02

Peringati Hari Lingkungan Hidup, UBH Ikuti Pameran
Peringati Hari Lingkungan Hidup, UBH Ikuti Pameran
bunghatta.ac.id - Pusat Sudi Lingkungan Universitas Bung Hatta berpartisipasi mengikuti kegiatan pameran dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2014 yang diadakan oleh Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Sumatera Kementrian Lingkungan Hidup di Mall SKA, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada 06-08 Juni 2014.

Tema yang diangkat dalam hari lingkungan hidup tahun 2014 ini yaitu Raise your voice, not the sea level, sedangkan tema lokal yang diangkat untuk meneruskan seruan ini, disesuaikan dengan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki kerentanan tinggi akibat dampak Perubahan Iklim yaitu Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim.

Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh M. Ilham Malik Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Sumatera Kementrian Lingkungan Hidup.

Yulcherlina, ST, MT Koordinator Pameran mengatakan Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan pameran ini sebagai perwakilan dari provinsi Sumatra Barat untuk mewakil instansi pendidikan dari perguruan tinggi.

“Untuk Sekolah Dasar dari SD Semen Padang, Sekolah Menengah Pertama dari SMPN 8 Padang, Sekolah Menengah Atas dari SMAN 1 Padang dan Universitas Bung Hatta untuk perguruan tingginya. Sekolah-sekolah ini diikutsertakan karena telah ditunjuk sebagai Sekolah Adiwiata Nasional,” ungkapnya.

Ia mengatakan hampir Seluruh provinsi se-Sumatra ikut ambil bagian pada pameran ini dengan menampilkan berbagai macam kerajinan dan produk hasil daur ulang limbah/sampah yang sudah tidak dimanfaatkan lagi.

"Kita mengambil peran dalam menyemarakan hari lingkungan hidup dengan memberikan edukasi kepada pengunjung untuk mengenalkan peranan bank sampah dan proses pemilahan sampah-sampah yang dapat didaur ulang sehingga ikut andil dalam mensosialisasikan lingkungan hidup juga berperan serta dalam peduli lingkungan,” sebutnya.

“Tak hanya itu, dalam pameran ini juga kita membuka pendaftaran langsung penerimaan mahasiswa baru Universitas Bung hatta untuk tahun akademik 2014/2015,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 06 Juni 2014 - 07:16:07

Koperasi UBH Gelar Rapat Anggota Tahunan
Koperasi UBH Gelar Rapat Anggota Tahunan
bunghatta.ac.id - Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta mengadakan rapat anggota tahunan yang ke-27 dengan mengangkat tema meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi dengan mengoptimalakan sumber daya dan pengembangan usaha yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokalamator I Univeritas Bung Hatta, Rabu (04/06/2014).

Ketua Pelaksana, Radinal mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta guna melaporkan kegiatan pengurus dan pengawas selama satu tahun ini. “Rapat anggota tahunan ini diikuti oleh 85 peserta yang terdiri dari mahasiswa , dosen dan karyawan,” jelasnya.

Ir. Eddy Soesilo, M.Eng Ketua Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta menyampaikan sebagaimana diatur pasal 32 dalam UU No 17 Tahun 2012 tentang perkoperasiaan menjelaskan bahawa rapat anggota merupakan pemegan kekuasaan tertinggi dalam koperasi.

“Pada kesempatan ini juga, pengurus akan menyampaiakn laporan pertanggungjawaban kegiatan dan usaha koperasi dalam tahun buku 2013 serta usulan-usulan rencana kerja strategis jangka panjang dan jangka pendek,” sebutnya.

Ia mengatakan pengurus dan pengawas akan mengusulkan perubahan AD/ART untuk menyesuaikan dengan undang-undang perkoperasian yang baru. Sesuai dengan pasal 19 dalam UU No 17 Tahun 2012 AD/ART dapat diubah oleh rapat anggot apabila dihadiri sedikitnya 2/3 bagian dari jumlah anggota koperasi dan disetujui paling sedikit ½ bagian dari jumlah anggota yang hadir.

“Semoga rapat anggota tahunan ini dapat dijadikan dasar sebagai alat evaluasi atau penilaian atas kinerja dalam tahun buku 2013 dan juga sebagai pedoma kerja untuk pengurus pada periode anggaran 2014,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum menungkapkan koperasi di Universitas Bung Hatta ini sudah hampir seumuran dengan kampus ini yang lahir pada tahun 1982.

“Sebagai kampus yang menyandang nama bapak koperasi sudah semestinya para civitas akademikanya memahami koperasi itu sendiri dan dengan diadakannya rapat anggota tahunan ini Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta dapat terus mengingkatkan perkembagaan dan kinerjanya,” ungkapnya.

Rapat anggota tahunan ini dihadiri juga oleh kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang dan Provinsi Sumatra Barat. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 04 Juni 2014 - 12:01:24

Mahasiswa PTIK UBH Juara III Lomba Desain Poster
Mahasiswa PTIK UBH Juara III Lomba Desain Poster
bunghatta.ac.id - Willy Putra mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Iinformatika dan Komputer Universitas Bung Hatta berhasil mendapatkan Juara III Lomba Desain Poster dalam rangka Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) ke XII di Politeknik Negeri Padang pada 03 Juni 2014 lalu.

Lomba ini diikuti oleh 8 peserta yaitu 2 orang dari jurusan Desain Komunikasi Visual UPI, 1 orang dari ISI Padang Panjang, 1 orang dari Politeknik Negeri Padang, 3 orang dari jurusan Desain Komunikasi Visual UNP dan 1 orang dari Universitas Bung Hatta.

Juara pertama diperoleh dari Universitas Putra Indonesia, kedua ISI Padang Panjang dan peringkat ketiga dari Universitas Bung Hatta.

Menurut Willy, poster yang ia buat berjudul Kalimantan Paru-Paru Dunia Ku, jangan kau tebang lagi hutan ku, karena kau bagaikan paru-paru di dunia ini. Tema ini harus mengacu pada tema yang telah ditentukan DIKTI jadi desain nya itu harus mengambarkan tentang hutan kalimantan itu paru-paru dunia.

"Pesan yang terkandung dalam poster tersebut ialah gambar paru-paru, gedung, hutan, serta peta kalimantan. Hutan kalimantan merupakan paru-paru dunia serta hutan dan gedung yang berdampingan itu menggambarkan hutan itu penyelamat kota, artinya hutan adalah nafas bagi manusia yang ada di bumi ini.

Ia mengatakan adapun pada gambar desain poster yang dibuatnya juga terdapat lengkungan kebawah seperti kawah dibawah gambar paru-paru tersebut yang menggambarkan hutan adalah aset terbesar dalam menyimpan air.

"Alhamdulillah meskipun berat perjuangan untuk ikut lomba ini tetapi cukup memuaskan dengan meraih juara III. Bila ada keinginan pasti jalannya ada saja," sebutnya mahasiswa angkatan 2011 ini. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 03 Juni 2014 - 15:17:51

Civil Cup, Pertandingan Sepak Bola Mahasiswa Teknik
Civil Cup, Pertandingan Sepak Bola Mahasiswa Teknik
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Bung Hatta mengadakan pertandingan sepak bola antar mahasiswa teknik se-Universitas Bung Hatta pada 02-05 Juni 2014 di Lapangan Bola Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.

Pertandingan ini diikuti oleh dua fakultas teknik yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta Fakultas Teknologi Industri.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 23.22.97.26