Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1435 H

Mewakili mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta periode ke-4 Tahun 2014 mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1435 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin. (**Ubay-Humas UBH)....

Kabar Duka, Dr. Hendri Budiman, ST, MT Dosen Teknik Mesin UBH Meninggal Dunia

Kabar duka kembali menyelimuti Keluarga Besar Universitas Bung Hatta dengan telah berpulangnya kerahmatuallah Dr. Hendri Budiman, ST, MT Dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang menghembuskan nafas terakhirnya Sabtu tanggal 26 Juli 2014 dini hari di Kota Pad....

Tingkat Abrasi Tinggi, UBH Bersama Miss Earth 2014 Hijukan Pantai Pasir Jambak.

Universitas Bung Hatta bersama Miss Earth Indonesia 2014 asal Sumatra Barat Annisa Ananda Nusyirwan melakukan penghijauan dengan menanam sebanyak 200 batang pohon Ketapang di Objek Wisata Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, selasa (22/07/2014). Ir. Haryani,....

Wakil Rektor III UBH dan Miss Earth Indonesia 2014 Tanam Pohon

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. suparman Khan, M.Hum bersama Miss Earth Indonesia 2014 asal Sumatra Barat Annisa Ananda Nusyirwan serta masyarakat melakukan penghijauan dengan menanam sebanyak 200 batang pohon Ketapang di Objek Wisata Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan K....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Beri Penyuluhan Penggunaan Bahan Tambahan Makanan

Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksnakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan penyuluhan mengenai penggunaan bahan tambahan makanan. Penyuluhan ini dilakukan oleh Febrina Rahmat D....

UBH Perpanjang Waktu Pendaftaran Maba

Univeristas Bung Hatta (UBH) memperpanjang masa pendaftaran mahasiwa baru tahun akademik 2014/2015 hingga 3 Agustus 2014, dan hasil seleksinya akan di umumkan tanggal 4 Agustus. Sebelumnya pendaftaran mahasiswa baru UBH dibuka sejak April hingga 30 Juli 2014. Ka.Biro Akademik Hendra Kusuma,S.Pi.,....

Selasa 13 Mei 2014 - 10:18:10

3 Mahasiswa UBH Magang di Kemenlu
3 Mahasiswa UBH Magang di Kemenlu
bunghatta.ac.id - Tidak banyak mahasiswa yang mendapat kesempatan untuk magang di sebuah instansi pemerintahan terutama di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan ikut terlibat di berbagai kegiatan yang berhubungan dengan antar bangsa dan antar negara yang pada hakikatnya adalah hubungan diplomasi guna memelihara hubungan antar negara.

Bekal sebuah kesempatan, sebanyak tiga mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta mendapat kesempatan untuk magang di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Jakarta pada 15-30 April 2014 lalu.

Ketiga mahasiswa angkatan 2011 ini adalah Muhammad Rizki yang ditempatkan di bagian bidang Politik Keamanan ASEAN, Al Amin Putra Z di bagian Sekjen Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Asia Pasifikdan Afrika serta Yudhi Rahman di bagian bidang Asia Pasifik Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Asia Pasifikdan Afrika.

Muhammad Rizki menceritakan awalnya pada tahun 2013 lalu, ia pernah menjadi peserta debat yang diselenggarakan oleh Kemenlu dan mendapat tawaran untuk bisa magang disana. Hingga akhirnya, setelah mengirimkan surat rekomendasi kita bisa magang dan bertemu dengan tokoh-tokoh penting di Kemenlu.

“Dipilihnya Kemenlu tidak lain karena kita bertiga merupakan mahasiswa yang mengambil konsentrasi Hukum Internasional pada jurusan Ilmu Hukum. Meskipun magang ini tidak masuk dalam kurikulum. Apalagi kita tahu bahwa Bung Hatta merupakan seorang diplomat ulung. Kurang lengkap rasanya bila mahasiswa Hukum Internasional tidak pergi ke Kemenlu,” ungkapnya Rizki.

Selain untuk menimba ilmu dan pengalaman yang banyak, Rizki mengatakan ada hal yang ingin dicarinya yaitu untuk mencari materi bahan skripsi. Selama magang juga banyak sekali pelajaran berharga yang diperolehnya dari mulai berbagai kegiatan administrasi perkantoran, belajar berdiplomasi, berkoordinasi dengan staff kedutaan, rapat-rapat teknis bersama kedutaan.

“Senang rasanya bisa memandu berbagi kegiatan rapat dengan menjadi MC yang diikuti oleh delegasi negara-negara ASEAN, belajar berdiplomas, belajar bekerja kantoran dan menyadari betapa pentingnya bahwa time is money. Hal tersebut merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan,” imbuhnya.

Serupa dengan Rizki, Al Amin Putra Z mengungkapkan selama magang dapat berinteraksi langsung dengan para duta besar untuk belajar lebih dalam bagaimana cara berdiplomasi dengan antar negara hingga berdiskusi yang sifatnya tertutup dan rahasia untuk direkomdasikan untuk Presiden.

“Kita bertiga merupakan mahasiswa Universitas Bung Hatta yang pertama kali magang di tahun 2014 ini yang asal dari Sumatra. Karyawan dan staff di Kemenlu sangat baik dan ramah-ramah. Bahkan mereka salut pada kita karena keinginan kita untuk menimba ilmu di Kemenlu dengan dana sendiri,” sebutnya.

Begitu juga dengan Yudhi Rahman, ia merasakan suasana dan hal yang berbeda ketika bertemu dengan duta besar-duta besar negara sahabat saat rapat mengenai kebudayaan.

“Kita berharap dengan telah dilaksanakannya kegiatan magang ini, dapat membuka pintu lagi untuk memotivasi mahasiswa lainnya agar dapat kembali melakukan magang di Kemenlu,” ujar Yudhi.

“Tentunya, bila ingin magang di Kemenlu harus menguasai bahasa Inggris dan untuk jurusan agar terus menjalin kerjasama dengan Kemenlu dan intansi pemerintah lainnya serta membuat Pusat Studi Kajian Hukum Internasional,” tambah mereka bertiga. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 12 Mei 2014 - 15:17:11

Yuk Ikuti Lomba Fotografi Kampusku
Yuk Ikuti Lomba Fotografi Kampusku
bunghatta.ac.id - Dalam rangka perayaan acara puncak Dies Natalis ke-33, Humas Universitas Bung Hatta mengadakan Perlombaan Fotografi dengan tema Kampusku yang diperuntukan untuk mahasiswa, dosen dan karyawan Universitas Bung Hatta.

Berikut ketentuan perlombaannya:
1. Menggunakan Kamera HP (min. 3 MP)/Poket/DSLR.
2. Maksimal mengirim 3 foto.
3. Hasil foto terbatu atau 1 tahun terakhir.
4. Hasil foto dikirim melalui email: humas@bunghatta.ac.id dengan subjek Lomba Fotografi Universitas Bung Hatta hingga 13 Mei 2014.
5. Setiap foto harus dilengkapi identitas diri sepertri nama, judul foto, keterangan mahasiswa/dosen/karyawan.
6. Pengumuman pada tanggal 15 Mei 2014 dan akan mendapatkan uang tunai serta piagam penghargaan.

(Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 12 Mei 2014 - 11:49:26

Seminar Nasional Akuntansi UBH Bahas Pasca Penerapan PP. No 71 Tahun 2000
Seminar Nasional Akuntansi UBH Bahas Pasca Penerapan PP. No 71 Tahun 2000
bunghatta.ac.id - Himpunan mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan Seminar Nasional Pasca Penerapan Peraturan Pemerintah No 71 Tahun 2000 pada Akuntansi Pemerintahan yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (12/05/3014).

Ketua Pelaksana Riko Aliadi mengatakan kegiatan seminar ini merupakan program kerja dari himpunan yang merupakan bagian dari rangkaian Bung Hatta Accounting Fair (BAF) ke-5.

“Selain seminar terdapat juga rangkaian kegiatan Bung Hatta Accounting Fair sepeti bazaar, pelatihan, accounting competition se-Sumatra dan fild trip,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Lia Elfira menyampaikan kegiatan ini diharapkan menjadi agenda rutin yang akan dilakukan oleh himpunan dimassa yang akan datang dengan tujuan untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan para mahasiswa dan akademisi yang hadir dalam mengikuti kegiatan ini.

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alfares Z, MSA saat membuka kegiatan ini menyampaikan saat mahasiswa harus dituntut untuk lebih kreatif dalam mengadakan berbagai kegiatan terutama kegiatan keprofesian.

“Mahasiswa tidak hanya harus aktif dalam organsiasi di dalam kampus tapi organisasi profesi juga perlu digeluti mulai saat ini, seperti untuk mahasiswa akuntansi dengan organsasi profesinya Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) sehingga mahasiswa dapat lebih kreatif dan mampu bersaing dengan semangat untuk berkompetisi dengan yang lainnya,” ujarnya.

Seminar nasional ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Joko Supriyanto, SST, Ak, M. Ak dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang menjelaskan mengenai implementasi akuntansi dan pelaporan berbasis aktual pada pemerintah pusat. Kemudian R. Wiwin Istanti, SE, Ak, M.Laws dari Komite Standar Akuntansi Pemerintahan.

Selanjutnya,Drs Novizar,Ak, M.Pd dari BPKP Perwakilan Sumatra Barat yang membahas mengenai peran BPKP dlaam pembinaan dan penerapan Peraturan Pemerintah No 71 tahun 2000 mengenai standar akuntansi pemerintahan berbasis aktual. Seminar nasional ini diikuti lebih dari 350 peserta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 10 Mei 2014 - 10:13:53

UBH Juara II Lomba Pidato Bahasa Jepang
UBH Juara II Lomba Pidato Bahasa Jepang
bunghatta.ac.id - Wahyu Istiani mahasiswa dari STBA Teknokrat Lampung berhasil menjadi juara pertama dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta yang bekerjasama dengan Japan Foundation. Kegiatan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (09/05/2014).

Untuk juara kedua diperoleh Cornelia Napitupulu dari Universitas Bung Hatta dan juara ketiga didapatkan oleh Reymona Ilyas dari Universitas Riau.

Panita Pelaksana, Drs. Anwar Nasihin, M.Hum mengatakan perlombaan ini diikuti oleh 13 peserta berasal dari Universitas Bung Hatta, Universitas Andalas, Universitas Riau, STBA Teknoktrat Lampung dan lainnya.

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan untuk ke-14 kalinya dalam rangka seleksi lomba pidato bahasa Jepang untuk wilayah Sumatra Barat dan Sumatra Bagian Tengah. Pemenang dalam perlombaan pidato ini akan mewakili Sumatra Bagian Tengah dalam seleksi selanjutnya di Jakarta," jelasnya.

ia menambahkan dulunya, perlombaan pidato ini diladakan di Kota Medan pada tahun 2000 lalu, namun sejak tahun 2010, Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta dipercaya oleh Japan Foundation untuk melakukan seleksi lomba pidato bahasa Jepang untuk wilayah Sumatra Barat dan Sumatra Bagian Tengah. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 10 Mei 2014 - 09:59:38

Pertandingan Futsal: Tim Bank Nagari Bobol Gawang Tim Satpam UBH 1-0
Pertandingan Futsal: Tim Bank Nagari Bobol Gawang Tim Satpam UBH 1-0
bunghatta.ac.id - Tim Bank Nagari berhasil menjadi juara dalam pertandiangan futsal yang diadakan dalam rangka perayaan acara puncak Dies Natalis ke-33 Universitas Bung Hatta yang bertempat di Lapangan Futsal TK,SD dan SMP Al-Azar Jl. Khatib Sulaiman Padang

Ketua Pelaskana, Zul Fadli mengatakan pertandingan futsal ini dimenangi oleh tim Bank Nagari setelah berhasil membobol gawang tim Satpam Universitas Bung Hatta dimenit-menit terakhir dengan skor 1-0 sehingga membawanya menjadi juara pertama dan tim Satpam Universitas Bung Hatta harus puas menjadi juara kedua.

Untuk juara ketiga berhasil diraih oleh tim TK,SD dan SMP Al-Azar setelah melawan tim Fakultas Teknologi Industri dengan skor 5-1. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 10 Mei 2014 - 09:52:27

UBH Adakan Pertandingan Futsal
UBH Adakan Pertandingan Futsal
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali menggelar berbagai pertandingan dalam rangka perayaan acara puncak Dies Natalis ke-33 Universitas Bung Hatta, salah satunya pertandingan Futsal bagi antar karyawan dan dosen di lingkungan Universitas Bung Hatta yang bertempat di Lapangan Futsal TK,SD dan SMP Al-Azar Jl. Khatib Sulaiman Padang.

Ketua Pelaskana, Zul Fadli mengatakan lomba futsal yang digelar ini merupakan salah satu bentuk pertandingan persahabat yang bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi. Sebanyak enam tim yang dibagi menjadi dua full. Untuk full A terdiri dari tim Satpam Universitas Bung Hatta, tim Fakultas Hukum dan tim TK,SD dan SMP Al-Azar, sedangkan untuk full B terdiri dari tim Rektorat, tim Bank Nagari dan tim Fakultas Teknologi Industri.

“Masing-masing tim diisi 5 pemain yang terdiri dari seluruh mahasiswa, dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Bung Hatta dan intansi undangan yang telah menerjunkan masing-masing tim unggulan mereka untuk berlaga dalam event Futsal ini,” jelasnya saat pertandingan final, Kamis (09/05/2014) sore.

Pertandingan futsal ini dimenangi oleh tim Bank Nagari setelah berhasil membobol gawang tim Satpam Universitas Bung Hatta dimenit-menit terakhir dengan skor 1-0 sehingga membawanya menjadi juara pertama dan tim Satpam Universitas Bung Hatta harus puas menjadi juara kedua.

Untuk juara ketiga berhasil diraih oleh tim TK,SD dan SMP Al-Azar setelah melawan tim Fakultas Teknologi Industri dengan skor 5-1. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 10 Mei 2014 - 09:18:56

Mahasiswa KKN-PPM UBH Dibekali Materi Revitalsiasi Koperasi
Mahasiswa KKN-PPM UBH Dibekali Materi Revitalsiasi Koperasi
bunghatta.ac.id - Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta pada periode ke-IV tahun 2014 ini mengangkat salah satu tema penting yang harus diperdayakan oleh mahasiswa ketika dilapangan yaitu revitalisasi koperasi.

Ir. Eddy Soesilo, M.Eng menyampaikan keberadaan koperasi di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting dalam membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari namun keberadaan koperasi di lapangan banyak yang tidak sehat sehingga banyak koperasi yang terancam mati dan bahkan tutup. Untuk itu pemerintah mengeluarkan pedoman untuk merevitalsiasi koperasi.

“Revitalisasi koperasi merupakan rangkaian kegiaan yang diselenggarakan oleh gerakan koperasi, pemerintah baik dari kabupaten hingga provinsi dan pemangku kepentingan lainnya untuk menata kelembaga dan memperkuat usaha koperasi,” jelasnya.

Ia menerangkan Universitas Bung Hatta memiliki matakuliah khusus untuk mengenal dan memahami pokok-pokok pemikiran Bung Hatta yang menjadi nama kampus ini. Salah satu pokok pemikiran Bung Hatta yaitu gagasan koperasi.

“Revitalisasi koperasi tersebut berguna untuk mengorong gerakan koperasi agar tumbuh menjadi pelaku utama ekonomi sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi serta mendapat dukungan secara internal dan eksternal,” jelasnya.

Revitalisasi koperasi, menurut Eddy bertujuan untuk memperkokoh kedudukan koperasi sebagai badan hukum yang sehat, mandiri dan tangguh untuk menghimpun dan menggerakan ekonomi sosial dan budaya sesauai dengan prinsip koperasi.

“Sasaran revitalisasi koperasi adalah untuk terwujudnya kelmbagaan operasi yang kuat, didukung oleh perangkat oragaasiasi koperasi dan terwujudnya koperasi yang sehat mandiri dan berdaya saing,” ungkapnya.

Nantinya para mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta dapat melakukan revitalsiasai koperasi yang meliputi pembenahan kelembagaan organisasi manajemen dan sumber daya manusia berdasarkan nilai dan prinsip koperasi. Peningkatan usaha yang mencakup aspek sumber daya manusia, produksi, teknologi, informasi, pembiayaan dan pemasaran.

“Perencanan dan pelaksanaan revitalsiasi koperasi yang dilakukan oleh gerakan koperas untuk menginvetarisasi kondisi eksisting koperasi berdasarkan analaisa SWOT, identifikasi kebutuhan dan potensi koperasi hingga pembenahan kelembagaan dan peningkatan kualitas usaha koperasi,” imbuhnya.

Pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta akan berlangsung dari 07 Juli hingga 13 Agustus 2014 mendatang yang akan disebar ke 51 nagari di 6 kabupaten/kota di Sumatra Barat seperti di Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, Kota Padang Panjang dan Kota Padang. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 09 Mei 2014 - 14:16:23

Sastra Jepang UBH Adakan Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Sumatra Bagian Tengah
Sastra Jepang UBH Adakan Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Sumatra Bagian Tengah
bunghatta.ac.id - Sebanyak 13 peserta mengikuti Lomba Pidato Bahasa Jepang Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh
Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta yang bekerjasama dengan Japan Foundation. Kegiatan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (09/05/2014).

Panita Pelaksana, Drs. Anwar Nasihin, M.Hum menyampaikan kegiatan ini sudah dilaksanakan untuk ke-14 kalinya dalam rangka seleksi lomba pidato bahasa Jepang untuk wilayah Sumatra Barat dan Sumatra Bagian Tengah yang diikuti oleh 13 peserta yang berasal dari Universitas Bung Hatta, Universitas Andalas, Universitas Riau, STBA Teknoktrat Lampung dan lainnya.

“Dulunya, perlombaan pidato ini diladakan di Kota Medan pada tahun 2000 lalu, namun sejak tahun 2010, Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta dipercaya oleh Japan Foundation untuk melakukan seleksi lomba pidato bahasa Jepang untuk wilayah Sumatra Barat dan Sumatra Bagian Tengah.

Ia juga menambahkan pemenang dalam perlombaan pidato ini akan mewakili Sumatra Bagian Tengah dalam seleksi selanjutnya di Jakarta untuk memperebutkan pemenang yang akan dikirim langsung ke Jepang.

“Kegiatan ini juga mendapat support langsung dari Yayasan Minang Kikin, Japan Foundation, Konsulat Jendral Jepang di Medan dan lainya,” ungkapnya.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan kampus sangat mendukung kegiatan ini. Jurusan Sastra Jepang merupakan salah satu dari tiga jurusan di Universitas Bung Hatta yang kreatif dalam mengadakan kegiatan dan promosi di jurusannya.

“Kita berharap dengan kegiatan perlombaan pidato berbahasa Jepang ini dapat memicu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Jepangnya serta semakin banyak juga mahasiswa yang menulis dalam tulisan-tulisan berbahasa Jepang,” ucap Niki saat membuka kegiatan ini.

Selain kegiatan perlombaan pidato bahasa Jepang, terdaapt juga kegiatan workshop kebudayaan Jepang seperti pelatihan tari Jepang, Origami, Shodo (kaligrafi atau seni menulis indah khas Jepang), Mochitsuki adalah cara tradisional orang Jepang dalam membuat kue dengan menumbuk-numbuk beras/tepung, demo kuliner khas Jepang hingga pemutaran film Jepang yang berlokasi di halaman Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 08 Mei 2014 - 09:33:44

Sastra Jepang UBH Gelar Workshop Kebudayaan dan Seleksi Lomba Pidato Bahasa Jepang
Sastra Jepang UBH Gelar Workshop Kebudayaan dan Seleksi Lomba Pidato Bahasa Jepang
bunghatta.ac.id - Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Workshop Kebudayaan Jepang dan Lomba Pidato Bahasa Jepang Tahun 2014 untuk yang akan diselenggarakan pada 09 Mei 2014 di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.

Panita Pelaksana, Eduardus Agusli menyampaikan kegiatan ini dalam rangka sosialisasi jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta dan kebudayaan Jepang kepada masyarakat umum. Selain itu dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan seleksi lomba pidato bahasa Jepang untuk wilayah Sumatra Bagian Tengah.

“Lomba pidato ini sudah dilaksanakan untuk ke-14 kalinya dan tahun ini diikuti oleh 13 peserta yang berasal dari Universitas Bung Hatta, Universitas Andalas, Universitas Riau, STBA Teknoktrat Lampung dan lainnya,” jelasnya Edo, sapaan Eduardus, Kamis (08/05/2014).

Ia juga menambahkan pemenang dalam perlombaan pidato ini akan mewakili Sumatra Bagian Tengah dalam seleksi selanjutnya di Jakarta untuk memperebutkan pemenang yang akan dikirim langsung ke Jepang.

“Untuk kegiatan workshop kebudayaan Jepang akan diadakan kegiatan pelatihan tari Jepang, origami, Shodo (kaligrafi atau seni menulis indah khas Jepang), Mochitsuki Mochitsuki adalah cara tradisional orang Jepang dalam membuat kue dengan menumbuk-numbuk beras/tepung, demo kuliner khas Jepang hingga pemutaran film Jepang,”tutupnya.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 08 Mei 2014 - 08:02:27

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UBH Kuliah Umum Lapangan di Semen Padang
Mahasiswa Fakultas Ekonomi UBH Kuliah Umum Lapangan di Semen Padang
bunghatta.ac.id - Sekitar 100 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi universitas Bung Hatta (UBH) melakukan kuliah umum lapangan di PT Semen Padang, Selasa (6/5/2014). Pada kuliah umum lapangan itu, mahasiswa yang didampingi Rektor UBH, Prof Dr Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, mendapatkan materi tentang profil perusahaan, korporasi, dan akutansi dari Dirut PT Semen Padang Munadi Arifin, dan Direktur Keuangan Epriliyono Budi.

Dirut PT Semen Padang Munadi Arifin menjelaskan, PT Semen Padang memiliki hubungan emosional yang kental dengan masyarakat Sumatera Barat sejak dulunya. Ketika kapasitas produksi perusahaan tidak memadai, PT Semen Padang nyaris dilego menjadi besi tua. Namun upaya melego itu akhirnya digagalkan Gubernur Sumbar Harun Zain.

Harun menyelamatkan pabrik tersebut, dengan meminta pemerintah pusat agar memberi kepercayaan kepada pemerintah daerah untuk mencarikan jalan keluar. Pada saat itulah Gubernur Harun Zain meminta Ir.Azwar Anas memimpin Semen Padang, hingga mampu melakukan revitalisasi pabrik, sehingga perusahaan bisa kembali bangkit.

Menurut Munadi, bedanya dengan perusahaan di daerah lain, PT Semen Padang merupakan satu-satunya perusahaan besar di Sumatera Barat. Industri sangat terbatas di Sumatera Barat. Dengan kesendiriannya itu, semua perhatian tertuju pada PT Semen Padang. Di lain pihak, "kue" Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang sangat terbatas.

"Ibaratnya, kalau dulu kue CSR Semen Padang dipotong-potong, sekarang diiris-iris," kata Munadi Arifin.
Munadi juga mengungkapkan, saat ini kapasitas pabrik PT Semen Padang adalah sebanyak 6,5 juta ton. PT Semen Padang pada tahun ini akan membangun Pabrik Indarung VI dengan kapasitas 3 juta ton. Dengan perjuangan yang cukup berat untuk meyakinkan pemegang saham, dan pemerintah, akhirnya proyek itu bisa dialokasikan di Sumatera Barat.

Padahal, dari sisi feasibility study, pembangunan pabrik ini lebih menguntungkan dibangun di daerah lain. Perjuangan mewujudkan proyek Indarung VI di Padang ini adalah sebagai bentuk kepedulian perusahaan agar Sumbar bisa mengambil manfaat dengan keberadaan pabrik baru ini.

"Perjuangan membangun proyek pabrik Indarung VI di Padang bagai menegakkan benang basah bagi manajemen. Untunglah pemegang saham, dan Pak Dwi Soetjipto, Dirut PT Semen Indonesia (Persero), Tbk sangat peduli dengan Sumbar," kata Munadi.

Direktur Keuangan PT Semen Padang Epriliyono Budi pada kuliah umum itu mengatakan peran strategis Semen Padang sebagai kawah candra dimuka bagi pemimpin-pemimpin perusahaan di Indonesia. Epriliyono menyebut sejumlah nama yang kini memegang tampuk kepemimpinan di berbagai industri yang berasal dari PT Semen Padang, seperti Dirut PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, Dwi Soetjipto, Dirut Thang Long Cement Company (TLCC) Johan Samudera, Dirut PT Semen Gresik Gatot Kustyadji, Direktur Produksi PT Semen Tonasa Toto Sudibyo, Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji Rahardjo, dan sejumlah nama lainnya. Termasuk Bapak Azwar Anas. PT Semen Padang bersama group PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, ke depan, membangun Semen Indonesia Center of The Champs (SICC) dengan tiga komponen institusi dalam SICC, yakni Center of Dynamic Learning, Center of Knowledge Management, dan School of Engineering & Management.

Sementara peningkatan kinerja unggul diwujudkan melalui dua komponen institusi yakni Center of Technology Research serta Training and Consulting Services. Semen Indonesia saat ini sudah memiliki institusi pendidikan yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Management Semen Indonesia (STIMSI).

"Jadi ke depan kita tidak lagi hanya menjual semen," kata Epril. Rektor UBH, Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, sebelumnya mengatakan, kuliah umum lapangan itu merupakan terobosan baru di UBH. Sebelum di Semen Padang, kuliah umum lapangan juga telah dilaksanakan di Bank Indonesia. Kuliah kali ini diikuti mahasiswa dari Jurusan Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akutansi. (*sumber: www.semenpadang.co.id)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.205.225.18