Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Rektor UBH Buka Krida FKIP 2015

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE , Akt, MBA membuka kegiatan Krida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang diperuntukan untuk mahasiswa angkatan 2014. Kegiatan pembukaan ini diladakan di Aula Pertemuan lantai 4 Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator ....

Universitas Bung Hatta Siap Laksanakan KKN-PPM 2015

Universitas Bung Hatta tengah mempersiapkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) untuk periode ke-5 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga awal Agustus 2015 mendatanng. Demikian dikatakan Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015, Ir....

Rektor UBH Dukung Keterbukaan Informasi

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, menyatakan sangat mendukung keterbukaan informasi publik sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Hal itu dinyatakan Niki saat menerima kunjungan Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Syamsu Rizal beserta komisioner KI l....

Terbentuk Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Sumbar

Dalam proses yang singkat dan berlangsung secara kekeluargaan, di Aula Balairung Caraka Kampus 1 Universitas Bung Hatta, (Rabu,25/2) Dr. Alfian Zein.MS dan Dr. Eyviet Nazmar,MS terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia Wilayah Sumbar (ISPIKANI), ketua dan sekretaris te....

KSR-PMI Prokamator Akan gelar Pelatihan SAR Air Nasional

Perlunya kesiapsiagaan terkait dengan bencana dan kecelakaan yang terjadi di air, sebab banyak masyarakat belum mempunyai siap dalam menghadapinya serta belum begitu paham saat menyelamatkan diri sendiri ketika bencana terjadi. Untuk itu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universi....

Harry Azhar Azis: Laporan BPK Sebagai UpayaPeningkatan Kesejahteraan Rakyat

Badan Pemerikasa Keuangan (BPK) adalah lembaga negara yang bertugas memerikasa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Pemereikasaan dilaksanakan secara bebas dan mandiri, dan hasilnya diserahkan kepada lembaga perwakilan baik DPR, DPD dan DPRD sesuai kewenangannya . Tak hanya itu BPK juga ....

Senin 15 Desember 2014 - 13:59:37

UKM Kesenian Proklamator Gelar Pementasan Seni Calon Anggota
UKM Kesenian Proklamator Gelar Pementasan Seni Calon Anggota
bunghatta.ac.id - Untuk melihat potensi dan kemampuan calon anggotanya, Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta melakukan Pementasan Seni Calon Anggota ke-IX yang bertempat di Gedung H Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (14/12/2014).

Menurut Ketua UKM Kesenian Proklamator Marinus Radodo Hia, setiap calon anggota bebas mementaskan apa saja bakat yang dimilikinya. Pementasan ini sangat sederhana hanya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para calon anggota tersebut sebelum nantinya akan tampil dipementasan yang lebih besar lagi.

“Saat ini UKM Kesenian Proklamator beberapa divisi untuk seperti divisi gerak, divisi musik, divisi suara, divisi fotografi, divisi seni rupa, dan divisi teater. Dengan pementasan ini bakat-bakat yang dimilik calon anggota dapat diasah,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan untuk para calon anggota yang saat ini memiliki semangat yang tinggi harus sama juga semangatnya saat awal masuk dan ketika menjadi anggota, bahkan harus lebih besar lagi semangatnya.

“Untuk menjadi anggota UKM Kesenian Proklamator harus melewati beberapa tahap pelatihan hingga nanti dilantik menjadi anggota muda kemudian akan membuat tugas akhir dengan menampilkan karya-karya seninya dan menjadi anggota biasa,” ujarnya.

Untuk agenda pembuka tahun 2015, UKM Kesenian Proklamator akan melaksanakan Pendidikan Dasar Kesenian Proklamator (PDKP) IX pada 13-16 Januari 2014. (**Ubay-Humas UBH)


model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 15 Desember 2014 - 08:29:30

L-RAI UKM FSI Nurrul Jannah Gelar Ujian Responsi Agama Islam
L-RAI UKM FSI Nurrul Jannah Gelar Ujian Responsi Agama Islam
bunghatta.ac.id - Lembaga Responsi Agama Islam (L-RAI) Unit Kegiatan Mahasiswa FSI Nurul Jannah Universitas Bung Hatta melaksanakan ujan akhir resposi bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Agama Islam yang bertempat di Gedung B dan Gedung F Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (14/12/2014).

Ilham Zulham, Ketua Pelaksana mengatakan kegiatan responsi ini bertujuan untuk menambah wawasan keislaman yang kemudian dapat diterpakan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk insan muslim dengan kepribadian dan gaya hidup islami.

“Responsi Agama Islam ini telah dilaksanakan pada semseter genap 2014/2015 ini dan wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang memilih mata perkuliahan Agama Islam. Selama mengikuti responsi ini akan mendapatkan materi mengenai makna syahadah, mengenal Allah, mengenal islam, mengenal Al-Quran, mengenal manusia, berbakti kepada kedua orang tua hingga praktik penyelenggaraan jenazah,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan untuk mengoptimalkan pemahaman tentang seluruh materi yang telah diberikan dalam kegiatan responsi maka dilaksnakan ujian sebelum mengikuti Ujian Akhir Semester. “Responsi ini mendapat dukungan dari Dr. Muslim Tawakkal, SH,M.Pd sebagai koordinator mata kuliah Agama Islam Universitas Bung Hatta.

Pada kesempatan itu juga, Ir. Maseriza, M.P, Pembina UKM FSI Nurul Jannah mengatakan Pendidikan Agama Islam adalah hal yang wajib dilaksanakan.

"Sebenarnya pendidikan agama islam itu adalah hal yang wajib kita laksanakan, karena sekarang ini yang paling berat itu banyak mahasiswa yang hanya sekedar tahu agama tapi tidak dapat ilmunya, apapun yang harus kita laksanakan harus punya ilmu," jelasnya.

Marleni, SE, M.Si., Kepala Bagian Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Bung Hatta mengatakan segala sesuatu yang dipelajari harus dipraktekkan. Apapun yang kita pelajari tidak ada gunanya kalo tidak dipraktekan dan ilmu yang kita peroleh dari kegiatan responsi ini mestinya diberikan pula kepada orang lain.

"Semoga kedepannya lebih baik lagi dan keberhasilan responsi agama Islam ini dapat dilaksanakan di kehidupan sehari-hari," tambahnya. (Ubay-Humas UBH/Zizi WP)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 12 Desember 2014 - 13:50:20

Mahasiswa Pindo UBH Tampilkan Kreasi Drama dan Tari
Mahasiswa Pindo UBH Tampilkan Kreasi Drama dan Tari
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta menggelar penampilan drama dan tari-tarian daerah asal Sumatra Barat yang diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (12/12/2014).

Ketua Pelaksana, Rina menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengambilan nilai praktik dari mata kuliah Apresiasi Drama Indonesia dan Budaya Adat Minangkabau yang dibimbing oleh dosen pendamping Dra. Hj. Syofyani, M.Pd dan Dra. Gusnetti, M.Pd.

“Terima kasih kepada himpunan yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini. semoga para mahasiswa dapat meningkatkan lagi kreativitasnya,” ucapnya.

Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dra. Hj. Syofyani, M.Pd dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan penampilan para mahasiswa ini sebagai salah satu cara untuk menunjukan kreativitas-krativitasnya dan mengimplementasikan teori kedalam pertunjukan drama dan tari.

“Kegiatan ini juga diangkat selain untuk mengambil nilai matakuliah juga menjadi sarana untuk temu ramah antara dosen, mahasiswa baru dan mahasiswa yang senior untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar satu sama lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu dosen pendamping Dra. Gusnetti, M.Pd mengatakan penampilan ini dilaksanakan setelah para mahasiswa mendapatkan pembelajaran teori di kelas kemudian untuk mengaplikasikan ilmunya maka diadakan praktiknya berupa pementasa drama dan tari oleh mahasiswa secara berkelompok.

“Karena para mahasiswa ini nantinya akan menjadi calon guru tentunya tidak hanya memahami materi secara teoritis saja namun dari segi praktiknya juga dikuasai. Selain itu juga, para mahasiswa juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan kreativitasnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini terdapat 8 drama yang akan dipentaskan dan 6 tari-tarian seperti tari pasambahan, tari indang, tari payung dan lainnya yang berasal dari mahasiswa angkatan 2011, 2012 dan 2013. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 12 Desember 2014 - 13:25:46

Upgrade Teknologi Bersama Kaspersky Indonesia dan Overlocking Indonesia
Upgrade Teknologi Bersama Kaspersky Indonesia dan Overlocking Indonesia
bunghatta.ac.id - Mobilitas perkembangan teknologi dewasan ini semakin kompetitif dan bervariatif yang sejalan denga perkembangan ilmu pengetahuan telah memacu manusia untuk semakin mengggali dan mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya.

Untuk itu, Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan kuliah umum dengan tema “Upgrade Teknologi ” bersama Kaspersky Indonesia dan Overlocking Indonesia yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokalamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (11/12/2014) siang.

Ketua Pelaksana Muhammad Farjan menyampaikan kuliah umum ini berujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan pemahaman tentang teknologi terbaru, serta dapat juga mengetahui cara, sejarah dan perkembangan nya dalam meng-upgrade teknologi di massa sekarang.

“Dengan kegiatan ini dapat menambah dan mengikatakan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dalam meng-upgrade teknologi serta sebagai upaya untuk menciptakan generasi-generasi pengembang kreatif dan inovatif terhadap perkembangan teknologi,” ungkapnya.

Menurut Olgi Gerieska Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, kuliah umum ini diselenggarakan dalam rangkain roadshow Kaspersky Indonesia dan Overlocking Indonesia ke perguruan tinggi se-Indonesia dan untuk wilayah Sumatra, Kota Padang menjadi tempat kedua setelah Medan dan kemudian menyusul Bengkulu.

“Kita senang dengan pemilihan kampus Universitas Bung Hatta menjadi salah satu tempat roadshow dari 3 perguruan tinggi yang menjadi tempat penyelenggar kegiatan ini. Dengan kegiatan ini kita dapat meningkatkan pemahaman terutama bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer terhadap kemajuan teknologi yang sedang berkembang saat ini” imbuhnya.

Kemudian, Drs. Khairudin M.Si Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer mengatakan tidak hanya teknologi yang perlu diperbaharui namuan dalam kehidupan ini juga sangat penting untuk mengupgrade diri.

Kuliah umum ini menghadirkan dua pemateri yaitu Dhian Petroshelli dari Technical Engineering Kaspersky Indoesia dan Dicky Jatnika, Managing Directoring Overlocking Indonesia.

Dalam penyampaian materinya, Dhian Petroshelli menjelaskan sekilas mengenai profi perusahaan antivirus Kaspersky, pengenalan teknologi pembuatan antivirus hingga tips menggunakan antivirus yang cocok untuk pengkat komputer dan handphone.

“Banyak data penting kita dalam akun sosial media, email dan akun yang berhubungan dengan akses internet yang rentan disusupi virus dan sejenisnya sehingga sangat membahayakan data pribadi kita, untuk itu perlu antivirus yang dapat melumpuhkannya salah satunya dengan antivirus Kaspersky,” ucapnya.

Sementara itu, Dicky Jatnika mengulas seputar teknologi dari perangkat komputer yang terbaru hingga penjelasan mengenai Overlocking. “Perangkat komputer yang kita miliki saat ini perlu diupgrade lagi karena telah banyak varian baru yang bermunculan untuk lebih memaksimalkan kinerja perangkat kita,” kata Dicky.

Kuliah umum ini tidka hanya diikuti oleh mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta saja tapi dihadiri juga oleh mahasiswa dari Politeknik Negeri Padang. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 12 Desember 2014 - 12:07:22

Penampilan Tari Daerah Mahasiswa Pindo UBH
Penampilan Tari Daerah Mahasiswa Pindo UBH
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta menggelar penampilan tari-tarian daerah asal Sumatra Barat yang diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (12/12/2014).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengambilan nilai praktik dari mata kuliah Apresiasi Drama Indonesia dan Budaya Adat Minangkabau yang dibimbing oleh dosen pendamping Dra. Hj. Syofyani, M.Pd dan Dra. Gusnetti, M.Pd. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 11 Desember 2014 - 19:44:50

Dosen UBH Terlibat Kegiatan SRAK Penyu Indonesia
Dosen UBH Terlibat Kegiatan SRAK Penyu Indonesia
bunghatta.ac.id - Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, Harfiandri Damanhuri, S.Pi, M.Sc terlibat dalam kegiatan Konsultasi Publik Strategi Dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK) Penyu Indonesia Tahun 2014-2023 yang dilaksanakan di Menara Peninsular Hotel, Rabu (10/12/2014).

Menurut Harfiandri Damanhuri, konsultasi publik draf SRAK Penyu ini melibatkan semua peneliti penyu di Indonesia mulai dari wilayah bagian barat, tengah, dan timur yang berkumpul untuk menyempurnakan draf SRAK Penyu yang di fasilitasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama WWF dalam menyusun program kerja bersama dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan..

“Kegiatan ini merupakan program kerja jangka panjang untuk menyelamatkan penyu akan dapat terwujud di Indonesia. Konultasi ini juga didukung oleh kementerian, perguruan tinggi, LSM dan lembaga terkait lainnya yang memberi masukan dan saran dari berbagai aspek kajian untuk dapat menyempurnakan kembali menjadi sebuah dokumen SRAK Penyu, sehingga dapat di implementasikan secepatnya,” terangnya.

Ia juga mengatakan kami dari Peneliti Penyu Universitas Bung Hatta, sebagai salah satu Pusat Data dan Informasi Penyu Indonesia wilayah barat juga memberikan kontribusi untuk finalisasi penyusunan SRAK Penyu ini, dimana riset dan basis data penyu sebaiknya di bawah koordinasi KKP, sedangkan aspek Pengaman, Pengawasan, Penindakan terhadap penyu dengan segala aspek turunanya sebaikan di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Keterpaduan program aksi bersama antara kementerian juga tidak bisa lepas dari Kementerian Dalam Negeri yang terkait dengan kepemipinan daerah atau anggaran dan wilayah kerja dimana penyu berupaya dan mendarat untuk bertelur, perlu dukungan kebijakan dan anggaran pimpinan di daerah untuk membantu menyelamatkan pada wilayah masing-masing lokasi pendaratan penyu di Indonesia,” tambahnya.

Harfiandi mengungkapkan akhirnya kita tetap punya satu visi dan niat bersama untuk melindungi dan menyelamatkan penyu di Indonesia. Semoga hasil konsultasi publik ini yang akan disempurnakan dan menjadi sebuah dokumen yang dapat dipedomani, dijalankan dan dikerjakan secara bersama-sama dalam waktu dekat secara nasional

Tim SRAK dinahkodai oleh Dr. Matheus H Halim dengan anggota dari Kementrian Kehutanan Dr. Sri Harteti dan tim, Kementrian Kelautan dan Perikanan Dr. Didi Sadili dan tim, Dr. Fredinan Yulianda dan Dr. Nyoman M N Natih dari Institut Petanian Bogor, Dr. I.B.Windia Adnyana dari Universitas Udayana Bali, Drh Dwi Suprapti dan Weda dari WWF dan Harfiandi Damanhuri, M.Sc dari Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 11 Desember 2014 - 13:16:54

Seminar Nasional Kependidikan: Pembelajaran Bahasa Inggris Kreatrif Sangat Penting
Seminar Nasional Kependidikan: Pembelajaran Bahasa Inggris Kreatrif Sangat Penting
bunghatta.ac.id - Untuk memberikan pemahaman dalam membuat pembelajaran kreatif di bidang bahasa Inggris bagi guru dan calon pendidik, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakutlas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Seminar Nasisonal Pendidikan dengan tajuk Creative Teaching and Learning Models in Implementation of 2013 Curriculum Toward Preparing Indonesian Golden 2045.

Seminar yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Proff.Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA ini dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Prof. H. Fuad Abdul Hamied, M.A., Ph.D dari akademisi Universitas Pendidikan Indonesia sekaligus presiden Asossociation of Teachers of Speakers of other languages (TEFLIN) Indonesia dan Adzanil Prima Septy, M.Pd, Ph.D dari Akademisi Universitas Bung Hatta.

Rektor Universitas Bung Hatta, Proff.Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA menampaikan kurikulum itu sangat penting di dunia pendidikan yang membantu proses pembelajaran kepada peserta didik. Menjadi guru itu tidak hanya untuk mengajar saja tatapi harus juga dicapai learning outcomes dalam setiap proses pembelajarannya.

“Kurikulum dalam pembelajaran bahasa Inggris juga harus diperhatikan, agar para peserta didik berhasil dan sesuai kompetensi dari pencapaian pembelajarannya. Selain itu juga untuk di era sekarang ini penguasaan bahasa asing sangat penting untuk menciptakan lulusan yang mampu bersaing,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Alnofrina menyampaikan kegiatan merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Kegiatan ini sekaligus juga dapat berperan sebagai sarana pengembangan life skills mahasiswa.

“Meski Kurikulum 2013 udah berhenti, namun dengan seminar ini kita dapat memperoleh manfaat mengenai pengunaan metode pembelajaran bahasa Inggris yang baik dan kreatif itu,” ucapnya.

Dalam penyampaian materinya, Prof. H. Fuad Abdul Hamied, M.A., Ph.D menjelaskaan mengenai pembelajaran bahasa inggris yang kreatif dalam impelementasi kurikulum 2013 untuk generasi emas tahun 2045. Ia mengatakan seorang guru itu tidak hanya sebagai pendidik tapi sebagai pengajar juga dan juga diperlukan suatu strategi dalam pembelajaran yag kreatif itu.

“Suka tidak suka yang namanya pembelajaran kreatif itu harus melibatkan dan memanfaatkan teknologi informasi. Saat ini guru juga harus melek teknologi agar proses pembelajaran kreatif dapat berjalan dengan baik dan murid dapat menyerap materi dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Adzanil Prima Septy, M.Pd, Ph.D memaparkan materi tentang penggunaan ICT dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. Ia mengatakan dalam pembelajaran itu diperlukan kurikulum yang berisi penggambungan kompetensi dan karakater.

“Penggunaan media pembelajaran sangat membantu dalam memberikan pemahaman materi secara interkatif dan menarik kepada peserta didik,” ungkapnya.

Seminar ini dimoderatori oleh Fitrina Harmaini, SS, MA dan Wido Aries Tyo Prabowo ini diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Bung Hatta dan guru di Sumatra Barat. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 09 Desember 2014 - 14:24:45

UBH Bentang Spanduk Lestarikan Penyu
UBH Bentang Spanduk Lestarikan Penyu
bunghatta.ac.id - Masih adanya perdagangan penyu dan telurnya di Sumatera Barat, membuat Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Padang (BPSPL-Padang) meluncurkan kampanye untuk penghentian eksploitasi penyu.

Dalam kampenyenya BPSPL, sebagai tindak lanjut dari workshop Forum Komunikasi Penyelamat Penyu memasang spanduk-spanduk dan baliho-baliho di tempat strategis, salah satunya di kampus II Universitas Bung Hatta. Spanduk berukuran besar tersebut berisi himbauan 5S, stop mengganggu sarang penyu, stop menangkap penyu, stop memakan daging penyu, stop mengkonsumsi telur penyu dan stop memperdagangkan seluruh bagian penyu termasuk telurnya. Spanduk berukuran 3 kali 5 meter itu menarik perhatian mahasiswa yang lalu lalang setiap hari.

Kepala BPSL Padang Andry Indyusworo Sukmoputro menyebutkan, pihaknya memandang bahwa eksploitasi penyu di Indonesia sudah dalam taraf mengkuatirkan kelestarian penyu. Eksploitasi tersebut terbagi dalam tiga bentuk yaitu perdagangan daging penyu, perdagangan telur penyu dan penggunaan penyu untuk wisata yang mengabaikan kesejahteraan penyu.

Disebutkan Andry, baliho tersebut juga dipasang di kampus UNP, Unand, Jl. A.Yani, Plaza Andalas, Pangeran Beach Hotel, Mercure Hotel dan di depan Lapas Padang serta depan kantor Dinas Kelautan Perikanan Kota Padang.

“Dikampus-kampus kita pasang, dengan harapan mahasiswa sebagai duta-dutanya penyelamat penyu, sebagai ujung tombak menyampaikan keseluruh masyarakat untuk melindungi habitat penyu, dan mereka lah yang harapkan nantinya bercerita ke masyarakat bahwa penyu termasuk hewan yang harus dilindungi dan sudah terancam punah”, imbuh Andry.

Perdagangan telur penyu di Indonesia menjadi masalah serius. Salah satu daerah yang menjadi habitat utama penyu hijau di Indonesia namun keberadaannya sudah terancam.

Seperti dikutip dari laman wwf.or.id, Indonesia adalah rumah bagi enam dari tujuh spesies penyu di dunia. Indonesia merupakan tempat penting bersarang dan mencari makan hewan tersebut selain sebagai rute perpindahan yang penting di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia.

Sejauh ini, populasi enam spesies penyu laut tergolong rentan, terancam, atau sangat terancam menurut IUCN Red List of Threatened Species. Hancurnya habitat tempat bersarang, perdagangan dan penangkapan illegal, menjadi penyebab utama sangat terancamnya populasi penyu di Indonesia.

Hingga kini, lokasi penangkaran penyu di Sumbar berada di Pulau Penyu, Kabupaten Pessel, Pulau Karabak Ketek, Desa Apar di Kabupaten Padang Pariaman dan rumah penangkaran penyu di Pantai Air Manis Kota Padang.(**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 09 Desember 2014 - 12:05:36

Mahasiswa Hukum UBH Ikut Kampanye di Hari Anti Korupsi se-Dunia
Mahasiswa Hukum UBH Ikut Kampanye di Hari Anti Korupsi se-Dunia
bunghatta.ac.id - Sebanyak 30 mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia yang jatuh tiap tanggal 9 Desember yang dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatra Barat, Selasa (09/12/2014).

Salah satu peserta, Yudhi Rahman mengatakan mahasiswa Universitas Bung Hatta diundang untuk mengikuti upacara dalam memperingati hari anti korupsi oleh Kejaksaan Tinggi Sumatra Barat. Selain itu juga, usai upacara terdapat sosialisasi mengenai bahayanya korupsi dan membagikan stiker-stiker yang bertuliskan "Stop Korupsi Di Negeri Ini" dan "Awas Bahaya Laten Korupsi" kepada pengendara yang melintas di depan Kejaksaan Tinggi Sumatra Barat.

"Dengan kegiatan ini kita dapat menghimbau dan mengajak kepada seluruh kalangan, tidak hanya untuk pejabat, mahasiswa tapi masyarakat umum juga agar menjauhi dan sadar akan bahayanya korupsi itu. Kita juga berharap dengan sosialisasi ini turut dalam mengkampanyekan bahaya laten korupsi itu sendiri," ucapnya mahasiswa angkatan 2011 ini. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 09 Desember 2014 - 10:00:10

Pembukaan Pra Diklat Dasar Calon Anggota UKM Mapala Proklamator
Pembukaan Pra Diklat Dasar Calon Anggota UKM Mapala Proklamator
bunghatta.ac.id - Sebanyak 24 Calon Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala Proklamator Universitas Bung Hatta mengikuti Kegiatan Pembukaan Pra Diklat Dasar Calon Siswa Angkatan Ke-XXVI yang dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III Drs. Suparman Khan, M.Hum yang berlangsung di Gedung L Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (08/12/2014).

Ketua Pelaksana Hendra Teja menjelaskan kegiatan ini menjadi bagian terpenting di UKM Mapala Proklamator karana bertujauan untuk mencari kader penerus dan pecinta alam.

“Setelah kegiatan ini para calon siswa akan mengikuti beberapa kegiatan lagi hingga mereka menjadi anggota dan semoga 24 orang ini masih bertahan sampai pelantikan anggota dengan jumlah yang sama seperti dalam kegiatan ini.” jelasnya.

Ir. Edi Septe, ST,. MT, Pembina UKM Mapala Proklamator mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota UKM Mapala Proklamator yang terus bersemangat dalam menjaga eksistensi UKM ini meskipun disela-sela kesibukan kuliahnya tapi tetap serius dalam berorganisasi.

“Untuk masuk di UKM Mapala Proklamator tidaklah mudah para calon siswa sebelumnya harus mengikuti serangkaian tes dan persyaratan sehingga dapat mengikuti acara pembukaan ini maka dari itu semua peserta harus serius dalam menjalani kegiatan selanjutnya hingga nantinya akan menjadi anggota.” Terangya

Kemudian, Wakil Rektor III Drs. Suparman Khan, M. Hum sangat apresiasi sekali kepada UKM Mapala Proklamator untuk tahun sekarang mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya karena meskipun kualitas itu penting tapi jangan melupakan kuantitas yang juga sama pentingnya.

“Dengan jumlah calon siswa yang cukup banyak maka kegiatan-kegiatan di UKM Mapala Proklamator harus ditingkatkan lagi seperti dalam pelestarian alam mitigasi bencana dan kegiatan lainnya. Kampus akan selalu mendukung kegiatan itu nantinya.” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.145.254.249