Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Kuliah Umum Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Industri Batam

Banyak peluang bagi lulusan dari jurusan Teknik Kimia untuk dapat bekerja di Kota Batam yang merupakan pusat industri terbesar di kawasan pulau Sumatra. Untuk itu jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Prospek Kerja Teknik Kimia di Industri Bat....

Basket Universitas Bung Hatta Peroleh Juara di Justicia BasketBall Challenge

Tim Bola Basket Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh peringkat dalam pertandiangan Justicia BasketBall Challenge (JBBC) ke-14 yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 11-19 Mei 2015. Universitas Bung Hatta sendiri menurunkan 2 tim masing-masing untuk tim putra dan tim putr....

Teknik Kimia UBH Libatkan Dunia Industri Dalam Proses Pembelajaran.

Peran dunia industri dalam proses pembelajaran di bangku perkuliahan sangatlah penting terutama dalam melahirkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan siap digunakan user. Melihat hal tersebut Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegi....

Aksi Diving Proklamator, Sailing Joy Mandeh 2015

Penyelam Diving Proklamator, ikut berpartisipasi memeriahkan Sailing Joy Mandeh 2015, dalam rangka peresmian Taman Wisata Bahari Terpadu Kawasan Mandeh Pesisir Selatan, 16-17/15. Saat penyelaman tim diving sekaligus melakukan monitoring transplantasi karang yang sudah dilakukan sejak tahun 2011 di P....

BEMM FKIP UBH Mengadakan LKMM-TD

Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (BEMM-FKIP) Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dengan mengangkat tema tingkatkan semangat jiwa sang proklamator untuk lahirkan pemimpin muda yang berkual....

Mahasiswa Pendidikan Biologi UBH Melakukan Bakti Sosial

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dna Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Bakti Sosisal (Baksos) dengan mengangkat tema satu langkah menuju seribu kebaikan yang bertempat di Panti Asuhan Nurul Hikmah, Sungai Sapih, Padang, Kamis (14/05/201....

Sabtu 04 April 2015 - 13:50:04

bunghatta.ac.id - Sebelum diterjunkan di masyarakat sebanyak 1680 mahasiswa Universitas Bung Hatta mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2015. Pembekalan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (04/04/2015).

Ir. Indra Khaidir, MSc Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengatakan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-5 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksankan pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua yang akan disebar di 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya sebab tahun ini Universitas bung hatta melaksanakan 5 jenis KKN-PPM yaitu KKN-PPM Univeritas Bung Hatta Reguler, KKN-Tematik Posdaya (KKN-TP), KKN Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (KKN-GOP), KKN internasional dan Hibah KKN-PPM Dikit,” terangnya dihadapan mahasiswa pembekalan KKN-PPM Kabupaten Padang Pariaman.

Ia juga menyampaiakn selain mahasiswa, dosen pendamping lapang dan kordinator kabupaten/kota juga mengikuti pembekalan agar lebih terkoordinir dan dapat sejalan saat pelaksanaan KKN di lapangan. Pembekalan ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa sebelum diterjunkan ke lapangan. Tentunya pembekalan ini untuk mempersiapkan mahasiswa Universitas Bung Hatta agar dapat menjadi seorang pemimpin ditengah-tengah masyarakat.

"Pengelola menghimbau agar para mahasiswa serius untuk mengikuti pembekalan ini dan menghimbau untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanan KKN dan yang lainya mahasiswa dapat terus mengunjungi website kkn.bunghatta.ac.id, grup Facebook Posko KKN-PPM UBH 2015 dan Twitter @beritabunghatta," tambahnya.

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares, MSA saat menyampaikan pada pelaksanaan KKN-PPM tahun 2015 ini harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan jumlah pesertannya pun terus meningkat sehingga kualitas dari penyelenggaraannya pun harus ditingkatkan kembali.

“Berdasarkan nomenklatur kementerian saat ini yang menjadi Kementrian Ristek dan Perguruan Tinggi maka Perguruan tinggi sejatinya harus berbasi riset dengan demikian juga maka pembelajaran harus dapat dilakukan berbasis riset. Kaitannya dengan pelaksanaan KKN-PPM,mahasiswa dan dosen dapat bersama-sama melakukan berbagai macam kegiatan melalui proposal hibah KKN-PPM,” jelasnya.

Eko juga mengapresiasi pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 karena untuk pelaksanaan kegiatan ini perlu koordinasi berbagai kalangan baik dengan universitas hingga pemerintah kabupaten/kota. “Kemudian terus juga dilakukan peningkatan kualitas penyelenggaraan KKN-PPM Universitas Bung Hatta, metode pelaksanaan yang sudah beragam hingga memperbayak lagi kegiatan hibah dosen untuk KKn-PPM,” tambahnya.

Dalam pembekalan ini diberikan materi-materi mengenai bertindak ilmiah dalam pemberdayaan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MSC, KKN-PPM merupakan matakuliah wajib oleh Dr. Ir. Eko Alvares, MSA dan materi mengenai KKN-PPM Sebagai wadah pengabdian masyarakat oleh Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum. Selanjutnya ada penyamaian materi dari dekan-dekan di lingkungan Universitas Bung Hatta mengenai gambaran program kerja KKN-PPM tiap jurusan. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 04 April 2015 - 11:14:13

KKN-PPM  Harus Jadi Wadah Kreatif Mahasiwa
KKN-PPM Harus Jadi Wadah Kreatif Mahasiwa
bunghatta.ac.id - Sebanyak 1680 mahasiswa Universitas Bung Hatta mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2015, sebelum di terjunkan ke masyarakat pada bulan Juni mendatang di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (4/4/15).

Keseluruhan peserta KKN-PPM tersebut akan akan disebar di Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang,Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok yang tersebar di 54 kenagarian.

Peserta dibekali dengan materi-materi antara lain bertindak ilmiah dalam pemberdayaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MSc. Sementara Dr.Eko Alvares menyampaikan materi tentang KKN-PPM adalah salah satu mata kuliah wajib di lingkungan Universitas Bung Hatta. Sedangkan materi KKN-PPM Sebagai wadah pengabdian masyarakat disampaikan oleh Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum.

Sementara Dekan-Dekan Fakultas di lingkungan Universitas Bung Hatta menyampaikan tips-tips praktis selama di lapangan dan memberikan sekilas gambaran umum program kerja KKN-PPM sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

Dalam sambutannya saat pembukaan pembekalan, Wakil Rektor I UBH Dr. Eko Alvares mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan momentum KKN sebagai wadah kreativitas untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai visi misi yang diemban.

Disebutkan Eko, mahasiswa diharapkan dapat menjunjung tinggi kearifan lokal dalam merencanakan berbagai program, serta bersikap dan berperilaku baik dengan menjaga etika dan sopan santun ketika berinteraksi dengan masyarakat.

"Mahasiswa KKN merupakan duta Universitas Bung Hatta yang akan berada di tengah-tengah masyarakat selama 40 hari ke depan, diharapkan untuk selalu menjaga tim work yang solid dalam menyelesaikan berbagai kendala di lapangan," ujar Eko.

Sementara, Ir. Indra Khaidir, MSc Ketua Pengelola KKN-PPM mengatakan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-5 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksankan pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua yang akan disebar di 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya sebab tahun ini Universitas bung hatta melaksanakan 5 jenis KKN-PPM yaitu KKN-PPM Univeritas Bung Hatta Reguler, KKN-Tematik Posdaya (KKN-TP), KKN Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (KKN-GOP), KKN internasional dan Hibah KKN-PPM Dikti,” Imbuh Indra.

Ditambahkan Indra, selain mahasiswa, dosen pendamping lapang dan kordinator kabupaten/kota juga mengikuti pembekalan, agar lebih terkoordinir dan dapat sejalan saat pelaksanaan KKN di lapangan.

“Pembekalan ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa sebelum diterjunkan ke lapangan. Tentunya pembekalan ini untuk mempersiapkan mahasiswa Universitas Bung Hatta agar dapat menjadi seorang pemimpin ditengah-tengah masyarakat”, jelas Indra. (**Indrawadi-Humas)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 04 April 2015 - 09:08:54

Pembekalan KKN-PPM: 1680 Mahasiswa KKN-PPM UBH Disiapkan Jadi Pemimpin di Masyarakat
Pembekalan KKN-PPM: 1680 Mahasiswa KKN-PPM UBH Disiapkan Jadi Pemimpin di Masyarakat
bunghatta.ac.id - Sebanyak 1680 mahasiswa Universitas Bung Hatta mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2015, sebelum di terjunkan ke masyarakat pada bulan Juni mendatang, di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (4/4/15).

Ir. Indra Khaidir, MSc Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengatakan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-5 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksankan pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua yang akan disebar di 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya sebab tahun ini Universitas bung hatta melaksanakan 5 jenis KKN-PPM yaitu KKN-PPM Univeritas Bung Hatta Reguler, KKN-Tematik Posdaya (KKN-TP), KKN Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (KKN-GOP), KKN internasional dan Hibah KKN-PPM Dikti,” terangnya dihadapan mahasiswa pembekalan KKN-PPM Kabupaten Padang Pariaman.

Ia juga menyampaiakn selain mahasiswa, dosen pendamping lapang dan kordinator kabupaten/kota juga mengikuti pembekalan agar lebih terkoordinir dan dapat sejalan saat pelaksanaan KKN di lapangan. Pembekalan ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa sebelum diterjunkan ke lapangan. Tentunya pembekalan ini untuk mempersiapkan mahasiswa Universitas Bung Hatta agar dapat menjadi seorang pemimpin ditengah-tengah masyarakat.

"Pengelola menghimbau agar para mahasiswa serius untuk mengikuti pembekalan ini dan menghimbau untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanan KKN dan yang lainya mahasiswa dapat terus mengunjungi website kkn.bunghatta.ac.id, grup Facebook Posko KKN-PPM UBH 2015 dan Twitter @beritabunghatta," tambahnya.

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares, MSA saat menyampaikan pada pelaksanaan KKN-PPM tahun 2015 ini harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan jumlah pesertannya pun terus meningkat sehingga kualitas dari penyelenggaraannya pun harus ditingkatkan kembali.

“Berdasarkan nomenklatur kementerian saat ini yang menjadi Kementrian Ristek dan Perguruan Tinggi maka Perguruan tinggi sejatinya harus berbasi riset dengan demikian juga maka pembelajaran harus dapat dilakukan berbasis riset. Kaitannya dengan pelaksanaan KKN-PPM,mahasiswa dan dosen dapat bersama-sama melakukan berbagai macam kegiatan melalui proposal hibah KKN-PPM,” jelasnya.

Eko juga mengapresiasi pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 karena untuk pelaksanaan kegiatan ini perlu koordinasi berbagai kalangan baik dengan universitas hingga pemerintah kabupaten/kota. “Kemudian terus juga dilakukan peningkatan kualitas penyelenggaraan KKN-PPM Universitas Bung Hatta, metode pelaksanaan yang sudah beragam hingga memperbayak lagi kegiatan hibah dosen untuk KKN-PPM,” tambahnya.

Dalam pembekalan ini diberikan materi-materi mengenai bertindak ilmiah dalam pemberdayaan oleh Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, MSC, KKN-PPM merupakan matakuliah wajib oleh Dr. Ir. Eko Alvares, MSA dan materi mengenai KKN-PPM Sebagai wadah pengabdian masyarakat oleh Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum. Selanjutnya ada penyamaian materi dari dekan-dekan di lingkungan Universitas Bung Hatta mengenai gambaran program kerja KKN-PPM tiap jurusan. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 03 April 2015 - 11:37:33

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Buka MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas 2015
Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Buka MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas 2015
bunghatta.ac.id - Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-II tingkat Universitas Tahun 2015. Kegiatan yang ikuti 90 peserta dari 7 cabang yang diperlombakan ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (03/04/2015).

Drs. Suparman khan, M.Hum menyampaikan kegiatan ini sangat luar biasa dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dalam diri mahasiswa. Bung Hatta sebagai proklamator dan namanya yang disandang oleh kampus Universitas Bung Hatta memilik karakater yang agamis yang menjadi dasar juga bagi nilai-nilai dalam Statuta Universitas Bung Hatta yang baru yaitu religius, rasional akademik dan mempunyai kearifan lokal.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar untuk mencari pemenang saja namun berlomba-lomba dijalan kebaikan. Para mahasiswa harus mampu memahami dan menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga agar kedepannya semua kegiatan dapat saling memberikan nilai tambah” ucapnya.

Semnetara itu, Ketua Pelaksana Kabul Panejea menyampaikan kegiata diselenggarkan dalam rangka memeriahkan kegiatan kerohanian Islam di Universitas Bung Hatta yang diselenggarakan oleh Bagian Kemahasiswaan Universitas bersama UKM FSI Nurul Jannah mengadakan MTQ Tingkat Universitas Bung Hatta, sekaligus dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ Nasional pada bulan Agustus 2015 mendatang di Universitas Indonesia.

“Selain itu juga kegiatan ini sebagai sarana siar agama Islam untuk lebih mencintai, menyayangi dan mengamalkan Al-Quran dan mengembangkan kreativitas serta bakat yang dimiliki oleh mahasiswa,” tambahnya.

Terdapat tujuh cabang Musabaqah yang diperlombakan yaitu Musabaqah Tilawatil Quran atau Lomba Membaca Al-Quran dengan irama, Musabaqah Tartilil Quran atau Lomba Tadarrus Al-Quran, dengan tanpa irama, Musabaqah Hafzhil Quran atau Lamba Hafal Al- Quran 1 juz, Musabaqah Fahmil Quran atau Lomba Pemahaman Al-Quran (Cerdas Cermat Islam).

Kemudian Musabaqah Syarhil Quran atau Lomba Analisis Al-Quran dengan menampilkan 3 orang yang terdiri dari satu orang pembaca Al-Quran, satu orang penterjemah dan satu orang membacakan kandungannya, Musabaqah Khaththil Quran atau Momba Menulis Indah Al-Quran/ Kaligrafi dan yang terakhir Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Quran atau Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 01 April 2015 - 09:34:47

Sosialisasi Arahan Penelitian dan PKM Universitas Bung Hatta
Sosialisasi Arahan Penelitian dan PKM Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta berhasil meraih tanda bintang emas tingkat pertama dari 97 perguruan tinggi negeri dan swasta oleh Dirjen Dikit. Demikian dikatakan Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA saat memberikan arahan mengenai penelitian dan pengabdian kepadan masyarakat kepada seluruh dosen yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (31/03/2015).

Ia mangatakan informasi tersebut diperolehnya ketika mengikuti Sosialisasi Arah dan Kebijakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Akuntabilitas Keuangan di Perguruan Tinggi" dengan narasumber Prof. Dr. Haryono Umar dari Inspektur Jenderal Kemendikbud dan Prof. Dr. Agus Subekti Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjen Dikti beberapa waktu lalau di Universitas Andalas.

“Hal ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi Universitas Bung Hatta. Selain itu LPPM Universitas Bung Hatta juga sebagai cluster madya. Hal itu sebagai bentuk penilaian atas mutu tata kelola dan kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat suatu perguruan tinggi,” jelasnya.

Eko mengatakan meskipun telah mengalami peningkatan dana penelitian dan pengabsian kepada masyarakat tapi perlu juga diperhatikan untuk pencapaian dari skema tahunan dan luaran dari penelitian yang harus dicapai. Begitu juga dengan citation dan jumlah pengabdian kepada masyarakat.

“Melalui LPPM, kita mendorong agar para dosen yang mendapatkan dana penelitian baik internal maupun hibah dikit untuk memperhatikan luaran pencapaian penelitiannya supaya dapat mendorong pengingkatan peringkat LPPM dan mengingkatnya juga alokasi dana penelitian. Tidak hanya itu saja kita juga harus membuat roadmap penelitian dari tingkat fakultas dan jurnal fakultas,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur LPPM Universitas Bung Hatta, Dr. Elfiondri, SS, M.Hum dan Sekretaris Ir. Haryani, MT memberikan pemaparan mengenai teknis dari arah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Bung Hatta serta kebijakan pembiayaan penelitian.

“Untuk penelitian tingkat internal berbasis jurusan dan kompetitifnya juga per jurusan sehingga tiap jurusannya terdapat kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakatnya. Untuk publikasi, jurnal fakultas akan kembangkan kembali sehingga semua luaran yang dicapai dapat sesuai dengan proposal saat mengajukan dana penelitian,” ujar Elfiondri. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 30 Maret 2015 - 14:48:23

Penyerahkan SK Calon Dosen Tetap dan Dosen Kontrak Universitas Bung Hatta
Penyerahkan SK Calon Dosen Tetap dan Dosen Kontrak Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA didampingi Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati, M.Pd bersama Wakil Rektor III Drs. Suparman Khan, M.Hum memberikan Surat Keputusan Pengangkatan Calon Dosen Tetap 80% dan Dosen Kontrak kepada 5 orang dosen yang berlangsung di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (30/03/2015).

Kelima orang dosen tersebut yaitu Arie Frinola Minovia, SE, ME dari program studi Akuntansi, Arlina Yuza, S.Pd, M.Pd, Siska Angreni, S.Pd, M.Pd dan M. Tamrin, S. Ag, M.Pd dari program studi PGSD dan Listy Vermana, S.Pd, MSc dosen kontrak dari program studi Pendidikan Matematika.

Dikatakannya pengangkatan dosen ini sebagai upaya dalam menyesuaikan rasio dosen dan mahasiswa terutama pada program studi Manajeman, Akuntansi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

“Tentunya dengan adanya pengangkatan status calon dosen ini dapat meningkat kinerjanya sebagai dosen. Selain mengajar, dosen juga harus melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat hingga publikasi jurnal ilmiah,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga Wakil Rektor II Universitas bung Hatta menambahkan dengan adanya perubahaan dan peningkatan status menjadi calon dosen dan dosen kontrak dapat mengingkatkan prestasi kerjanya sehingga dapat menambah prestasi di program studinya masing-masing.

“Selain melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, dosen juga harus mengurus jabatan fungsionalnya untuk menjaga kualitas program studinya,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 30 Maret 2015 - 09:20:09

UKM Kesenian Proklamator Akan Gelar 5 Macam Perlombaan
UKM Kesenian Proklamator Akan Gelar 5 Macam Perlombaan
bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan acara Festival dan Parade Seni dengan mengangkat tema Bebas, tak terbatas, Bersahabat yang akan berlangsung di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 04 hingga 05 April 2015 mendatang.

Ketua Pelaksana Rizzo Pascaraji menyampaikan UKM Kesenian Proklamator sebagai wadah yang mengapresiasikan dan mengekspresikan kemampuan minat dan bakat dalam bentuk seni sangat diharapan mampu membangkitkan kreativitas dalam dunia seni.

“Berdasarkan tema kegiatan ini, kami angkat atas dasar seni itu bebas berkarya dan bebas bagi siapa saja, serta dapat merangkul semua orang untuk berkarya dalam seni yang tak ada batasnya yang bentuk kegiatannya berupa penampilan seni dan perlombaan,” ujarnya.

Semanetara itu Ketua UKM Kesenian Proklamator Marinus Raradodo Hia diharapkan dengan adanya tema tersebut, acara Festival dan Parade Seni ini dapat memberikan energi segar bagi para mahasiswa dari perguruan tinggi se-kota Padang. Dalam hal ini mahasiswa dapat menjalankan fungsi sebagai mahasiswa aktif dalam mengembangkan minat dan bakatnya.

“Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini untuk mempererat tali silaturahmi mahasiswa antar UKM Kesenian se-kota Padang, meningkatkan kreativitas mahasiswai dalam bidang seni dan sebagai sarana hiburan bagi mahasiwa se-kota Padang,” tambahnya


peserta kegiatan dalam kegiatan ini merupakan penampilan seni dari Anggota Muda Angkatan X UKM Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta dan UKM Kesenian se-Kota Padang dan pelajar se-kota Padang dan umum.

Kegiatan perlombaan dalam festival dan parade senin 2015 ini yaitu
1. Lomba Baca Puisi untuk mahasiswa se-Kota Padang dengan tema membangkitkan kembali karya sang legenda dan insert Rp. 20.000,- . Teks puisi disedikakan ileh panitia dan diberikan ketika acara dimulai.
2. Lomba Solo Song untuk pelajar SMA se-Kota Padang dengan judul lagu wajib Batu Tagak dan insert Rp.50.000,-. Peserta menyanyikan lagu wajib yang dituntukan dan menyanyikan satu lagu bebas. Durasi tampil maksimal 10 menit.
3. Festival akustik untuk umum dengan membawakan satu lagu yang ditentukan panitia dan membawakan satu lagu dengan tema bebas. Durasi tampil maksimal 10 menit. Insert Rp 100.000,-.
4. Lomba lukisan untuk umum dengan tema bebas. Ukuran lukisan maksimal A3 dan minimal A4. Lukisan dilukis dari rumah, dibingkai dan disertai tanda pengenal serta tanda dangan. Insert Rp. 20.000,-.
5. Lomba Fotografi untuk umum dengan tema landscape. Ukuran foto 10 R, menggunakan kamera DSLR tanpa edit aplikasi photoshop atau sejenisnya dan tidak menggunakan filter. Insert Rp. 20.000,-

(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 28 Maret 2015 - 10:17:34

58 Koorkab/kota dan DPL Laksanakan Pembekalan Untuk KKN-PPM Tahun 2015
58 Koorkab/kota dan DPL Laksanakan Pembekalan Untuk KKN-PPM Tahun 2015
bunghatta.ac.id - Sebanyak 58 Koordinator Kabupaten/Kota dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta tahun 2015 dengan tema memberdayakan masyarakat tahun 2015 yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (28/03/2015).

Ir. Indra Khaidir, M.Sc Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 menyampaikan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-5 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga awal Agustus 2015 mendatang..

“Sebanyak 1680 mahasiswa akan disebar ke 54 kenagarian di enam Kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Limapuluhkota, Kota Padang Panjang dan Kota Pariaman,” ungkapnya.

Disebutnya, terdapat perbedaan untuk pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015, sebelumnya hanya pelaksanaan KKN-PPM Reguler namuan saat ini terdapat juga jenis KKN-Tematik Posdaya (KKN-TP), KKN Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (KKN-GOP), KKN internasional dan Hibah KKN-PPM Dikti.

“Sebelumnya pengelola KKN telah melakukan wokshop pembuatan proposal Hibah KKN-PPM untuk pendanaan 2016 mendatang. Tiap tahun Universitas Bung Hatta selalu mendapatkan dana hibah KKN-PPM dan kita berharap dari semua proposal yang dibuat untuk tahun2016 ini dapat lolos lebih 30 proposal,” ucapnya.

Ia menyampaikan KKN-PPM pembekalan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepi dan pandangan baik secara filosofi dan teknis dalam penyelenggaraan KKN-PPM di lapangan antara pengelola dengan DPL, DPL dengan mahasiswa KKN-PPM hingga perangkat nagari dan pemerintah daerah.

“Semoga dengan adanya pembekalan ini Koordinator Kabupaten/Kota dan DPL dapat secara bersama-sama mendukung dan bekerjasama dalam menyukseskan pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 ini,” tambahnya.

Dalam arahannya, Rektor Universitas Bung Hatta , Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan apresisasi pada pengelola KKN yang dilakukan terobosan untuk pelaksanaan KKN-PPM tahun 2015 ini. Pembekalan ini sangat perlu diadakan karena berdasarkan hasil evaluasi pimpinan pada kegiatan KKN-PPM tahun sebelumnya. Saat dilapangan mahasiswa banyak yang binggung dan ilang arah saat menyusun program dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Sejak KKN-PPM tahun 2014 pengelola telah membuat SOP dalam penyelenggaraan KKN sehnigga dapat digunakan oleh Koordinator Kabupaten/Kota dan DPL sebagai pedomannya. Selain itu perlu Koordinator Kabupaten/Kota dan DPL dapat mengawal pelaksanaan program dan kegiatan selama kegiatan KKN berlangsung sehingga dapat berjalan dengan lancar serta sukses,” sebutnya

Dalam pembekalan ini juga Koordinator Kabupaten/Kota dan DPL diberikan materi-materi mengenai motivasi dalam berpikir keratif dan inovatif ole Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, filosofi KKN-PPM oleh Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 Ir. Indra Khaidir, M.Sc serta laporan dan penilaian program KKN-PPM oleh Ir. Haryani, MT.

Kemudian pemamparan mengenai laporan dan penilaian program KKN-PPM oleh Dr. Hendra Suherman, ST, MT, materi bedah program KKN-PPM berdasarkan potensi daerah Ir. Eddy Soesilo, M.Eng dan penjelasana keslematan dari ancaman bencan serta langkah-langka yang harus diambil jika terjadi bencana oleh Khadavi, ST, MT. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 27 Maret 2015 - 09:30:45

Bupati Solok Selatan Libatkan UBH Dalam Manfaatkan Potensi Daerah
Bupati Solok Selatan Libatkan UBH Dalam Manfaatkan Potensi Daerah
bunghatta.ac.id - Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, M.Eng mengajak perguruan tinggi untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan potensi baik sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimilik oleh Kabupaten Solok Selatan.

Hal tersebut diungkapkannya saat penandatangan kerjasama dengan 12 perguran tinggi, intansi pemerintahan dan perusahaan sekaligus pembukaaan Musyawarah Perencanaan Pembanguan (Musrembang) dalam rangka penyususnan Rencana Kerja Daerah (RKP) Kabupaten Solok Selatan Tahun 2015 yang bertempat di Aula Kantor Bupati Solok Selatan, Padang Aro, Kamis (26/03/2015).

Penandatangan ini disaksikan dan dihadiri oleh seluruh SKPD-SKPD Kabupaten Solok Selatan dan jajaran pimpinan di lingkungan Universitas Bung Hatta yaitu Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum, Dirut Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc dan Tim SPACE Universitas Bung Hatta Dr. Ir. John Nurifdin Syach, M.S.

Muzni Zakaria menyampaikan tidak bisa dipungkiri lagi kabupaten yang baru pemekaran ini sejak 7 Januari 2004 lalu itu memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah namun untuk pemanfaatan dan pengelolaannya pemerintah daerah memerlukan keterlibatan para ahli terutama dari perguruan tinggi yang akan mendukung dari program pemerintah daerah.

“Kabupaten Solok Selatan memiliki topografi alam yang dapat dimanfaatkan menjadi energi terbarukan seperti dari panas bumi dan pembangkit listirk mikrohidro, pariwisata air terjun, pootensi 1000 rumah gadang, hingga kandungan emas dan batu akik,” paparnya.

Dikatakannya dengan kerjasama ini dapat menjadi jawaban untuk memajukan daerah solok selatan, dengan modal melimpahnya sumber daya alam yang dimilik, kedua intansi ini dapat saling memanfaatkan potensinya. Pemerintah Solok selatan dapat memanfaatkan potensi dari perguruan tinggi begitu juga perguruan tinggi dapat memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh pemerintah Solok Selatan

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan kerjasama kedua intansi ini sebagai bentuk dari pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi, terutama untuk bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat seperti pengembangan sumber daya manusia, pengembangan dan pemanfaatan IPTEK tepat guna, pemberdayaan masyarakat hingga bidang ilmu Aristektur, Teknik Planologi, masalah lingkungan hidup, mitigasi bencana dan perikanan.

“Dengan MoU ini kita akan melakukan tidak lanjut dalam waktu dekat untuk dapat mensingkronkan rencana program. Universitas Bung Hatta terdapat 7 Fakultas dan program Pascasarjana dengan 30 program studi, yang siap untuk membantu program-program pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam mewujudkan pengembangan semua potensi yang dimiliki daerah ini,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 25 Maret 2015 - 15:58:11

Menyiapakan Calon Tenaga Kerja, SPACE UBH Lakukan MoU dengan  PT. Andalan Mitra Prestasi
Menyiapakan Calon Tenaga Kerja, SPACE UBH Lakukan MoU dengan PT. Andalan Mitra Prestasi
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta melalui SPACE atau School of Profesional and Continous Education (Sekolah Profesional dan Pendidikan Berkelanutan (SP2B) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT. Andalan Mitra Prestasi mengenai penyiapan calon tenaga kerja dan peningkatan SDM tenaga kerja melalui pelatihan dan pembekalan guna untuk penempatan dalam dan luar negeri.

Kegiatan yang diadakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (25/03/2015) ini diikuti oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt. MBA, Wakil Rektor I Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA, Wakil Rektor III Drs. Suparman Khan, M.Hum Dekan dan Ketua Jurusan di lingkungan Universitas Bung Hatta.

Pada kesempatan ini juga mitra dari PT. Andalan Mitra Prestasi yaitu INTRASOURCE (M) Sdn Bhd mempresentasikan On Job Training mahasiswa magang dan tenaga kerja ke Malaysia selama 6 bulan oleh Mr. Yap Wei Kwok Jeromy bersama tim.

Direktur Diklat SPACE Universitas Bung Hatta Dr. Zulherman, ST, M.Sc menyampaikan kegiatan kerjasama ini dalam upaya untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional dengan skills khusus sesuai dengan bidangnya melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di Universitas Bung Hatta.

“Isi pokok dari kerjasama ini meliputi promosi dan penerimaan calon tenaga kerja, pelatihan dan peningkatan SDM dibidang jasa, konstruksi serta keahlian sejenis lainnya, pembekalan akhir penempatan dan keberangkatan hingga penyiapan akomodasi, peralatan pelatihan dan instruktur,” jelasnya.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA menyambut gembira dengan pelaksanaan kerjasama diinisiasi oelh SPACE Universitas Bung Hatta yang bertaraf internasional ini. Hal tersebut sesuai dengan visi misi Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta menjadi perguruan tinggi unggul dan bermartabat menuju universitas berkelas dunia.

“Kerjasama ini dapat mempererat dan memperkuat kedua kelembagaan ini dalam mencari tenaga kerja dari lulusaan Universitas Bung Hatta. Tentunya Universitas Bung Hatta berupaya terus dalam menciptakan lulusan yang berkualitas, kompetitif dan siap diterima didunia kerja dengan tidak melupakan pokok-pokok pikiran Bung Hatta,” ujarnya.

Sementara itu H. Tafyani Kasim, Direktur Utama PT. Andalan Mitra Prestasi (PJTK Andalan Mitra Prestasi) menyampaikan pelaksanaan kerjasama ini berkat diskusi sebelumnya dengan SPACE Universitas Bung Hatta dalam mencari tenaga kerja yang profesional sebab disatu sisi jumlah permintaan tenaga kerja cukup banyak terutama di luar negeri seperti Malaysia namun untuk mencari tenaga kerja profesional dengan skills khusus tidak mudah. Untuk itu kedua lembaga ini menjalin kerjasama dalam memenuhi permintaan dan menyalurkan tenaga kerja.

“Sebagai lembaga penyedia jasa penempatan tenaga kerja dan magang bagi mahasiswa, kami terus melakukan berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi yang memilik sumber daya manusia yang memilki skills dan dapat bekerja profesional untuk memuhi kebutuhan tenaga kerja baik dalam maupun luar negeri,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 23.22.44.0