Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Makanan Ringan "Kacang Genit" Karya Mahasiswa Manajemen UBH

Sebanyak 7 mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universtias Bung Hatta membuat makanan ringan dengan nama Kacang Genit. Kegiatan yang dilakukan secara berkelompok ini merupakan bagian dari tugas matakuliah Kewirausahaan yang diperuntukan bagi mahassiwa semester 5. Ketujuh mahasiswa yang....

Fak.Hukum UBH dan OJK Padang Sosialisasikan Pasar Modal Syariah

Belum semua sektor jasa keuangan dikenal dengan baik oleh masyarakat, termasuk pasar modal, masyarakat menganggap pasar modal masih sesuatu yang baru, namun sebenarnya pasar modal telah hadir di Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka, hal itu ditandai dengan pembentukan bursa efek pertama di Bata....

Mari Ikuti dan Semarakan FTSP SILeNT EFFECT

Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakutlas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan FTSP SILeNT EFFECT dengan tema Build More Surprised Creativity and Innovation with The SILeNT EFFECT yang terdiri dari kegiatan seminar nasional, pelatihan, olahraga, musik dan latih....

UBH Turut Berduka Atas Berpulangnya Dirut PT. Semen Padang

Keluarga Besar Universitas Bung Hatta mengucapkan turut berbelasungkawa atas berpulangnya ke Ramatullah Ir. H. Munadi Arifin, SE, MM, Ak Direktur Utama PT. Semen Padang dalam usia yang ke-60 tahun. Semoga amal dan ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan....

Pertemuan Pimpinan Universitas Dengan Yayasan

Universitas Bung Hatta mengadakan pertemuan dengan Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta yang bertempat di Ruang Teater Gedung H Kampus Proklamator I Universtas Bung Hatta, Senin (15/09/2014). Pertemuan ini dihadiri oleh pendiri dari Yayasan Pendidikan Bung Hatta yaitu Drs. Hasan Basri Duri....

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Gelar Bakti Sosial

Berbagi dengan sesama itu tidak hanya dengan pemberian materi tapi dapat juga dengan memberi kebahagiaan dan senyuman terutama bagi anak yatim. Melihat hal tersebut, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kegiatan Chem_Eng Peduli yang bertajuk Ku....

Rabu 16 Juli 2014 - 14:34:25

Mahasiswa KKN-PPM UBH Berikan Metode Belajar Matematika Yang Asik
Mahasiswa KKN-PPM UBH Berikan Metode Belajar Matematika Yang Asik
bunghatta.ac.id - Tidak banyak siswa yang menyukai pelajaran Matematika namun bila ada metode pembelajaran yang asik dan dapat dilakukan dengan bentuk permainan akan menjadi pelajaran yang menyenangkan bagi para sisiwa di sekolah.

Seperti yang dilakukan Nila Sari mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan program pokoknya mengenai metode pembelajaran matematika dengan media bantu.

Nila mengajarkan pelajaran Matematika mengenai perkalian sambil bermain dengan menggunakan media bantu karet gelang dan dadu untuk siswa SDN 06 Gadur Kecamatan Enam Lingkung. Programnya ini untuk pelajar kelas 4 yang berjumlah sekitar 20 orang dan dilaksanakan usai pulang sekolah.

“Media yang digunakan sangatlah mudah untuk ditiru karena tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Untuk melakukan metode ini cukup dengan kertas karton, karet gelang dan dadu saja,” sebutnya.

Ia mengatakan cara permainan gampang, siapkan kerta karton yang dibentuk lingkaran dan diberi tanda angka 1 hingga angka 12 kemudian letakan karton di atas lantai. Setelah itu, kita kocok dadu. Misalnya bila dadu yang keluar angka 6 maka kita siapkan karet gelang sebanyak 6 buah dan kemudian diikat menjadi satu.

“Selanjutnya karet yang telah diikat tersebut dilempar kembali ke atas karton yang terdapat tulisan angka-angkanya. Misalnya bila karet tersebut jatuh di karton yang terdapat tulisan angka dua maka pemain akan menghitung 6 karet gelang dikali 2 maka hasilnya 12,” jelasnya.

“Aturannya dalam permainan ini sangat mudah dan sederhana sehingga dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran Matematika dan juga dapat menjadi salah satu media untuk melakukan pembelajaran Matermatika ,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Juli 2014 - 13:17:56

Mahasiswa KKN-PPM UBH Berikan Materi dan Tambahan Belajar Untuk Siswa
Mahasiswa KKN-PPM UBH Berikan Materi dan Tambahan Belajar Untuk Siswa
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mulai melakukan program pokok dengan memberikan materi pelajaran saat pesantren ramadan maupun memberikan tambahan belajar (les) di luar sekolah.

Mutia Azshari Ardi mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus, Kota Padang sudah menyelesaikan program pokoknya berupa penyampaian pembelajaran Bahasa Inggris saat pesantren ramadan di Musholla Al Hanif.

“Ada kurang lebih 45 pelajar yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan target pelajar tingkat SMP dan isi materi berupa bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, berpidato yang baik dan benar dalam bahasa Inggris,” ungkap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2011 ini.

Selain itu, Mutia juga mengatakan ada penyampaian materi dari mahasiswa Teknik Sipil mengenai penanggulangan rumah tahan gempa. Kemudian penyampaian materi mengenai pergaulan bebas remaja dari mahasiswa limu Hukum serta Berbagi ilmu seputar teknologi informasi komunikasi dari mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

Sementara itu, di Posko Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar didatangi pelajar SDN 18 Baringin di daerah setempat, dalam rangka mendaftar les Matematika dan bahasa, terutama bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Nikmatul Hikmah, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Singgalang mengatakan materi yang diberikan oleh mahasiswa sesuai dengan bidangnya masing-masing seperti saya memberikan pengenalan mengenai budaya dan bahasa Jepang seperti mengajarkan menulis huruf-huruf dan kosa kata dasar, aisatsu (salam) dan cara memperkenalkan diri dalam berbahasa Jepang.

“Untuk pelajaran Matematika isampaikan oleh Yogi Refsyan Yani disesuaikan dengan materi para pelajar di sekolahnya masing-masing. Sementara untuk pelajaran bahasa Inggris diberikan oleh Rahmita Husna dan Khsairama mengenai pengajaran vocabulary,” ungkapnya.

Ia mengatakan Kegiatan les ini langsung dimulai Senin (14/07/2014) atas pemintaan dari pelajar tersebut. Untuk hari-hari berikutnya dijadwalkan estelah pulang sekolah dan lokasi betempat di Posko Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Singgalang yang bertempat di Kantor Wali Nagari.

“Ini les, belajar di luar jam sekolah. Dari pihak sekolah mendukung kegiatan karena akan membantu pelajaran anak didiknya dan bahasa Inggris merupakan pelajaran di luar mata pelajaran sehingga akan menambah pengetahuan dan ilmu baru bagi mereka. Mereka antusias sekali, terutama bahasa Jepan, buktinya saja stelah mendaftar mereka pulang ke rumah ternyata balik kembali ke posko,” ujarnya.

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Nagari Singgalang terdiri dari 30 mahasiswa yang melaksanakan programnya dari 10 Juli hingga 16 Agustus 2014. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Juli 2014 - 11:45:58

Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan dan Akuntansi oleh PT. NCI
Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan dan Akuntansi oleh PT. NCI
bunghatta.ac.id - Perusahaan yang bergerak dibidang sofware development, sistem intergrator serta konsultan dan training IT, PT. Nuansa Cerah Informasi mengadakaan sosialisasi sistem informasi manajemn keuangan dan akuntansi di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (15/07/2014).

Sosialisasi ini disampaikan oleh M. Luly dan Ade Sandy yang diikuti oleh Pimpinan Universitas, Bidang Keuangan Universitas Bung Hatta dan Yayasan Pendidikan Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Juli 2014 - 11:43:28

Sosialisasi dan Workshop PKM Dikti 2014
Sosialisasi dan Workshop PKM Dikti 2014
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan Sosialisasi dan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikit untuk Tahun Anggaran 2015 yang dilaksanakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 14-15 Juli 2014.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) setiap tahunnya diluncurkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi agar memiliki kemampuan akademis dalam taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

PKM ini nantinya akan diikuti oleh 154 mahasiswa yang berasal dari seluruh fakultas untuk 5 bidang PKM yaitu PKM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

Kegiatan PKM Dikti ini terdiri dari dua tahap tahap pertama bulan Sepetember untuk KM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC). Kemudian kedua pada bulan Maret untuk program PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Para peserta pelatihan ini mendapatkan materi mengenai pengenalan dan sosialisasi PKM 2013 yang disampaikan oleh Drs. Suparman Khan, M.Hum dan Marleni, SE, M.Si. Kemudian materi mengenai teknik pembuatan proposal PKM dari tim panitia yang terdiri dari dari Ir. Haryani, MT, Ir. Eddy Soesilo, M.Eng dan Dr. Elfiondri, M.Hum. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 Juli 2014 - 11:34:45

Mahasiswa KKN PPM UBH di Nagari Gadur Berikan Tausyiah Ramadan
Mahasiswa KKN PPM UBH di Nagari Gadur Berikan Tausyiah Ramadan
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Gadur Kacamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman mendapat kesempatan untuk memperkenalkan diri di hadapan masyarakat dan unjuk kebolehan dalam memberikan tausyiah,

Bertempat di Masjid Raya Gadur, Jumat (11/07/2014) lalu, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta yang didampingi dengan pengurus masjid, Drs.Elva Amir .MM, memperkenalkan keberadaannya di daerah ini dan mengajak mahasiswa dan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta untuk berbincang-bincang dan saling bertukar pikiran.

Elva Amir pun menjelaskan sekilas mengenai Nagari Gadur. Nagari ini terkenal juga dengan sebutan Nagari Ujuang Darek Kapalo Rantai yang memiliki makna bahwa nagari perbatasan antara Padang Panjang dan daerah Pesisir. "Nagari Gadur ini pun memakai dua adat Minangkabau yang disebut dengan budaya papatiah nan sabatang, dan datuak katumangguangan," jelasnya.

Tak hanya itu, Elva menceritakan sekilas kehidupannya agar menjadi pedoman bagi mahasiswa semuanya dan juga ia tidak lupa memberikan wejangan kepada mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta.

"Selama ananda semua masih di Nagari Gadur ini, cobalah untuk bergaul dan mampu mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar tempat tinggal masing-masing dan dapat menjaga jarak pada saat bersosialisai antara laki dan perempuan," pesannya.

Kemudian, Minggu (13/07/2014) Pengurus Masjid Raya Gadur Muslimin mengatakan kepada jamaaah masjid semua seusai melakukan salat Isya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dan sekaligus berceramah di depan masyarakat.

Majulah salah satu mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta, Muhamad Rozi Afrianto pendidikan biologi yang memperkenalkal seluruh mahasiswa satu persatu yang melakukan KKN di Nagari Gadur ini, proses pengenalan pun di mulai dengan berdiri sendiri-sendiri secara bergantian yang akan menyebutkan nama serta jurusannya.

Usai perkenalan masyarakat meminta salah mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta untuk membikan ceramah agama yang disampaikan langsung oleh Irmandi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

“Saya memberikan memberikan tausiah kepada jamaah walupun tidak mempunyai persiapan tapi alhmdulliah sukses disampaikan dengan judul manfaat dari bulan suci ramadan. Bahkan para jamaah pun mengagumi kemampuan spontan dari mahasiswa Universitas Bung Hatta,” ungkapnya.

Ia mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dilupakannya sebab usai memberikan ceramah para pelajar dari peserta pesantren ramadhan langsung mendekat dan berkumpul kedekatnya. “Saya serasa menjadi artis saja dimintai tanda tangan karena memberikan ceramah, maka dari itu para peserta pesantren ramadan meminta tanda tangan saya di buku pesantren,” ungkapnya.

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Gadur berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi 4 jorong Yaitu Jorong Batiah-Batiah ,Jorong Simpang, Jorong Kampuang Dalam dan Jorong Pasang Bungo dengan masing-masing jorong ditempati 10 mahasiswa. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 13 Juli 2014 - 14:20:26

Seputar KKN-PPM UBH : Padang Pariaman Luncurkan Program Sehat
Seputar KKN-PPM UBH : Padang Pariaman Luncurkan Program Sehat
bunghatta.ac.id - Pemerintah kabupaten Padang Pariaman akhir Juli ini akan meluncurkan Program Padang Pariaman Sehat. Program tersebut sudah di-ujicoba-kan sejak sepekan terakhir dan mendapat sambutan sangat baik dari masyarakat.

Hal itu disebutkan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, saat menerima Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Niki Lukviarman didampingi Koordinator Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Ir. Indra Khaidir, di Pendopo Bupati Padang Pariaman, Kamis (10/7).

Disebutkan Ali Mukhni, Pariaman Sehat merupakan program unggulan yang mulai dilaksanakan tahun 2014. Melalui program tersebut, tidak ada lagi masyarakat di daerahnya yang tidak tersentuh layanan kesehatan.

" Program tersebut tujuannya adalah agar seluruh masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dan merupakan program unggulan di bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,"ujar Ali Mukhni

Sementara itu, Koordinator KKN-PPM UBH Indra Khaidir menyebutkan, bahwa kedatangan tim dari UBH adalah sekaligus melaporkan dan menitipkan sebanyak 358 orang mahasiswa UBH yang akan melaksanakan KKN yang tersebar di 12 kenagarian Kabupaten Padang Pariaman

“Ke- 12 nagari tersebut adalah nagari Lubuk Alung, Sikabung Lubuk Alung, Pakandangan, Toboh Ketek, Koto Tinggi, Gadur, Kayu Tanam, anduring, Kapalo Ilalang, Kuranji Hulu Sei Sirih, Batu Gadang,” ucapnya.
Ia menambahkan, pelaksanaan KKN-PPM tahun 2014 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan para mahasiswa harus mempertajam keahlian dan berpikir kreatif serta inovatif.

Dalam kunjungan tim UBH tersebut, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menyambut baik penempatan mahasiswa KKN UBH tersebut di Kabupatena Padang Pariaman, menurutnya , para mahasiswa adalah generasi tumpuan bangsa dan mahasiswa Universitas Bung Hatta saat berada di lapangan saat pelaksanaan KKN, harus dapat melaksankan dengan sebaik-baiknya, dapat menjaga nama institusi, Kemudian yang terpernting mahasiswa dapat menjaga kesehatannya dan keselamatannya, serta dapat membantu mencarikan solusi penyelesaian berbagai masalah di tengah-tengah masyarakat. (**Indrawadi-Humas UBH)


model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 12 Juli 2014 - 17:48:44

Bahas Program, Mahasiswa KKN-PPM UBH Rapat dengan Perangkat  Nagari
Bahas Program, Mahasiswa KKN-PPM UBH Rapat dengan Perangkat Nagari
bunghatta.ac.id - Untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta 2014 ini, mahasiswa yang menjadi peserta KKN melakukan rapat dan diskusi untuk membahas program yang akan dilaksanakan selama di lokasi KKN dengan perangkat kenagarian.

Febrina Rahmat Diningsih, salah satu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Gadur Kacamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman mengatakan kita mengadakan rapat dengan pemerintahan nagari yang bertempat di Kantor Wali Nagari Gadur, Jumat (11/06/2014) yang dipimpin langsung Wali Nagari, Eka Riswandi, ST.

“Wali Nagari langsung mengarahkan para mahasiswa KKN mengenai program apa saja yang dapat dan tidak daapt dilaksanakan di Nagari Gadur ini maka dengan pertemuaan ini kita bahas dan cari solusinya,” ungkap Febrina.

Eka Riswandi, ST, Wali Nagari Gadur menyampaikan mahasiswa yang melaksanakan KKN di daerah kita ini berharap bukan progam yang muluk-muluk yang terpenting progam ini bisa terlaksana dengan baik.

“Selain itu dengan kedatangan mahasiswa KKN di Nagari Gadur bisa memberikan manfaat dan keberadaannya selalu di kenang oleh masyarakat sekitar,” ujar Eka Riswandi yang merupakan alumni jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta tahun 2011 ini.

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Gadur berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi 4 jorong Yaitu Jorong Batiah-Batiah ,Jorong Simpang, Jorong Kampuang Dalam dan Jorong Pasang Bungo dengan masing-masing jorong ditempati 10 mahasiswa

Sementara itu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar juga melakukan kegiatan pertemuan bersama perangkat pemerintahan kanagarian untuk membahas penyusunan jadwal program KKN.

Sedangkan di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, mahasiswa KKN-PPM Univesitas Bung Hatta melakukan diskusi bersama wali jorongnya seperti di Jorong Korong Kampuang, Sabtu (12/07/2014).

Juanda Ibrahim, salah satu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Jorong Korong Kampuang mengatakan mendatangi wali jorong untuk melakukan diskusi mngenai rencana program kerja di rumahnya yang menjadi titik berkumpul masyarakat disini selama bulan puasa ini.

“Kita mengadakan pertemuan awal terlebih dahulu bersama wali jorong dan diskusi tentang program pokok, hasil alam yang ada disini seperti beras, coklat,kelapa dan lainnya, kerajinan tangan dari kartu kartu permainan koa yang dijadikan keranjang hingga bagaimana pengembangan usaha di daerah ini,” sebut mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur ini.

"Wali jorong juga berpesan mahasiswa KKN dari Universitas Bung Hatta dapat membantu jorong ini sebab kita yang pertama kalinya yang melaksanakan KKN disini setelah mahasiswa STIKES sejak tahun 1998 lalu," ujarnya (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 Juli 2014 - 19:42:33

Tiap Lokasi, Wali Nagari Sambut Mahasiswa KKN- PPM UBH
Tiap Lokasi, Wali Nagari Sambut Mahasiswa KKN- PPM UBH
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) periode ke-4 Tahun 2014 mendapat sambutan hangat dari pemerintahan kanagarian di tiap lokasi, seperti Nagari Kinari, Kecamatan Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok.

Salah satu peserta KKN-PPM Nagari Kinari, Suci Pujiani mengatakan sebanyak 29 mahasiswa KKN di lokasi ini disambut langsung oleh Bustani K, Wali Nagari Kinari.

“Sebelum menempati rumah tempat tinggal, pemerintah kanagarian melakukan serah terima serta temu ramah dengan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL),” ungkap mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

Bustani K, Wali Nagari Kinari mengatakan kondisi sosial, ekonomi dan lainnya di daerah kami ini memang beragam. “Kami hanya berharap kepada adik-adik mahasiswa, pakailah pepatah dima bumi dipijak di situ langik dijunjuang dan agar mahasiswa UBH yang KKN di daerah ini dapat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat,” ujarnya.

ia juga menekankan bahwa Kinari adalah salah satu daerah di Kabupaten Solok yang memiliki banyak prestasi. Terbukti dengan telah beberapa kali daerah Kinari menjadi juara bertahan lomba MTQ di Kabupaten Solok, lomba Nagari berprestasi, rumah makan terbaik tingkat provinsi dan lainnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM Nagari Kinari, Dr. Marsis, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan masyarakat Kinari yang telah menerima kehadiran mahasiswa UBH.

"Saya berharap bapak dan masyarakat dapat memberikan wadah kepada mahasiswa kami dalam bermasyarakat dan secara bersama-sama menjalankan program-program yang telah kami siapkan untuk nagari ini,"paparnya.

Serupa juga, Febri Mai Yulis Sandra salah satu mahasiswa KKN PPM Univesitas Bung Hatta di Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam mengatakan kita sekelompok semua yang berjumlah 30 mahasiswa didampingi langusung oleh DPL, Dr. Suparno, M.Si saat menuju lokasi KKN dan disambut langsung oleh Wali Nagari Tiku Selatan.

“Wali nagari berpesan agar para mahasiswa dapat beradaptasi dan mampu bersosialisasi serta bergaul dengan masyarakat dan juga dapat menjaga nama baik nagari Tiku Selatan,” ungkap mahasiswa jurusan Teknik Kimia ini.

Selain itu juga, Jumat (11/06/2014), mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar melakukan temu ramah dan serah terima dengan Deswandi, Sekretaris Wali Nagari dan Darnis staf Wali Nagari beserta Kepala jorong-jorong di nagari setempat.

Ir. Indra Khaidir, M.Sc, Ketua Pengelola KKN-PPM UBH 2014 mengatakan selama kegiatan KKN-PPM berlangsung, mahasiswa akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen Koordinator Kabupaten, serta semua peserta akan dilindungi asuransi kecelakaan dan jaminan kesehatan.

"Bahkan, saat KKN ada dosen yang mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat dari Dikti yang akan melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa KKN,” sebutnya.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 Juli 2014 - 18:50:07

bunghatta.ac.id - Setiap kenaikan semester dan tahun ajaran baru, Unversitas Bung Hatta memberikan beasiswa kepada 17 putra-putri dosen dan karyawan yang mendapakan juara pertama pada kenaikan kelas dan Kelulusan Tahun Ajaran 2013/2014.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (11/07/2014)

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan kegiatan ini menjadi tradisi kampus tiap semesternya untuk memberikan motivasi atas prestasi yang membanggakan dari putra-putri dosen dan karyawan.

“Selamat kepada anak-anak dan orang tuanya, mudah-mudahan dapat memacu dan memotivasi untuk lebih belajar giat dikemudian hari,” ungkapnya.

Beasiswa yang diberikan ini berupa uang tunai yang diperuntukan untuk Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Zarfinal, SH, MH, salah satu orang tua penerima beasiswa memberikan apresiasi yang besar kepada Universitas Bung Hatta atas penghargaan yang telah diberikan secara rutin untuk para pelajar yang berprestasi ini.

“Diharapkan kedepan tidak hanya prestasi yang umum saja tapi prestasi yang lain seperti dibidang keagamaan agar dapat memberikan dorongan dan pelecut untuk terus berprestasi. Untuk anak-anak jangan dilihat jumlahanya tapi perhatian universitas kepada kita,” sebutnya.
Pada kesempatan ini juga hadir Ketua dan Pengurus Badang Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Wakil Rektor, Dekan dan Kepala Biro se-lingkungan Unversitas Bung Hatta. (**Ubay-humas UBH)

Berikut nama-nama penerima beasiswa tingkat SD
1. Tegarayanam Nur Lazuari , anak dari nama orang tua Tienn Immerry, SS, M.Hum Dosen FIB.
2. Atifah Al Afuwwu, anak dari nama orang tua Rinaldi Karyawan Petugas Keamanan.
3. Nabila Amaliny, anak dari nama orang tua Amran Karyawan Petugas Keamanan.
4. Aisyah Rahmah ananda Putri, anak dari nama orang tua Ice Kamela M, SE, MM Dosen FE.
5. ChendikiaIsra, anak dari nama orang tua Ultra Daresfa, SE, Karyawan BAU.
6. Luthfi Hanif, anak dari nama orang tua Dra. Pebriyenni, M.Si, Dosen FKIP.
7. Andila Zarfinal, anak dari nama orang tua Zarfinal, SH, MH, Dosen FH.
8. Fadhlullah Ramadhan, anak dari nama orang tua yulian Chindramata, Karyawan BAU.
9. Siti Masyitah Rahmah, anak dari nama orang tua Irda, SE, MA, Dosen FE.
10. Farel Rey Mahavero, anak dari nama orang tua Rio Kusuma Wijaya, Karyawan Labor Dasar.

Berikut nama-nama penerima beasiswa tingkat SMP
1. Aisyah Anggraeni, anak dari nama orang tua Hendrizal, SIP, M.Pd, Dosen FKIP.
2. Remita Hidayati, anak dari nama orang tua Rembai, SH, Karyawan Perpustakaan.
3. Dzaky Fachrezy, anak dari nama orang tua Lestari Setiawati, ST, MT, Dosen FTI.
4. Ratu Fawwaz Efendi, anak dari nama orang tua Resti Yulistia Muslim, SE, M.Si, Dosen FE.

Berikut nama-nama penerima beasiswa tingkat SMA
1. Faulia Ismi, anak dari nama orang tua Iswan Fedri, Karyawan Petugas Keamanan.
2. Kansai Purnama Nasihin, anak dari nama orang tua Drs Anwar Nasihin, M.Hum, Dosen FIB.
3. Wira Cika Mahesa, anak dari nama orang tua Herlina, Karyawan FPIK.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 10 Juli 2014 - 12:13:46

1520 Mahasiswa Siap Laksanakan KKN-PPM UBH 2014
1520 Mahasiswa Siap Laksanakan KKN-PPM UBH 2014
bunghatta.ac.id - Sebanyak 1.520 mahasiswa Universitas Bung Hatta dari berbagai jurusan siap untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun 2014 yang dimulai dari tanggal 10 Juli sampai dengan 16 Agustus 2014.

Tahun 2014 ini, lokasi pelaksnaaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta akan disebar ke 51 Kenagarian di enam Kabupaten dan Kota se-Sumatra Barat, yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa, Kabupaten Agam sebanyak 294 mahasiswa, Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa, Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa, Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 mahasiswa dan Bungus Teluk Kabung Kota Padang sebanyak 30 mahasiswa.

Ir. Indra Khaidir, MSC, Pengelola KKN PPM UBH 2014 mengatakan nantinya mahasiswa akan menjalankan tiga program selama pelaksanan KKN-PPM yaitu program pokok, program pokok tambahan dan program bantu. Untuk program pokok merupakan program yang sesuai dengan bidang ilmu dimana program ini harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa KKN-PPM atau program individu. Mahasiswa yang bersangkutan bertanggungjawab penuh atas program tersebut baik secara ilmiah maupun operasional.

"Kemudian program pokok tambahan merupakan program di luar bidang ilmu para mahasiswa. Program yang menjadi tanggung jawab seorang mahasiswa KKN-PPM, di luar bidang ilmunya dan Program Bantu yang nondisipliner merupakan program kerja yang harus dikerjakan oleh setiap mahasiswa KKN-PPM yang bersifat hanya membantu peserta KKN-PPM lain secara operasional," ujanrnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.161.190.9