Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Sosialisasi Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Bersama BNSP

Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengadakan pertemuan dalam kegiatan “Pemantapkan Manajemen TUK Dalam Rangka Menyongsong MEA 2015 dan Sosialisasi Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) 1 bersama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)....

Workshop Penulisan Proposal Penelitian LPPM UBH

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta melaksanakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian Tahun 2015 yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (19/12/2014). Direktur LPPM Universitas Bung Hatta, D....

Tim Bridge UBH Juarai Kejuaraan Nasional

Tim Bridge Universitas Bung Hatta yang diwakili oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini berhasil memperoleh 4 kemenangan dalam Kejuaraan Nasional Bridge Mahasiswa XVI yang diselenggarakan PB GABSI (Gabungan Bridge Seluruh Indonesia) di Asrama Haji....

Musisi Jepang Akan Tampil di UBH

Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Asia Timur Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta akan menghadirkan penampilan akustik duet musisi asal Jepang yaitu KURI (Katsu dan Miho) yang akan berlangsung di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 5 Januari 2015 mendatang. ....

Lomba Foto Selfie Suasana Kampus Universitas Bung Hatta

Memperingati hari ulang tahunnya yang ke-22 pada tanggal 5 Januari 2015 mendatang, Unit Kegiatan Mahasiswa Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan Lomba Foto Selfie dengan mengangkat tema Suasana Kampus Universitas Bung Hatta. Ketua Pelaksana, Dina Syahpita Sari menyampaikan kegiata....

LPPM UBH Gelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian, PPM dan KKN-PPM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta melaksanakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian, PPM dan KKN-PPM Tahun 2015 yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (16/12/2014). Direktur LPPM Univers....

Sabtu 22 Maret 2014 - 14:43:09

 “Mentawai Megathrust-Direx 2014” : UBH Pamerkan Aktivitas Kemahasiswaan Kesiapsiagaan Bencana
“Mentawai Megathrust-Direx 2014” : UBH Pamerkan Aktivitas Kemahasiswaan Kesiapsiagaan Bencana
bunghatta.ac.id - Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta, program studi Teknik Sipil membuka Konsentrasi Manajemen Risiko Bencana yang diresmikan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Dr. Syamsul Maiarif, April tahun lalu, ikut berpartisipasi pada di Pameran Mitigasi Bencana “Mentawai Megathrust-Direx 2014 yang berlansung mulai tanggal 20-22 Maret di kawasan GOR H Agus Salim.

Dalam kesempatan pameran tersebut,UBH memamerkan galeri foto-foto berbagai kegiatan kemahasiswaan yang berhubungan dengan kesiapsiagaan bencana, seperti dari UKM KSR-PMI Proklamator, UKM Diving Proklamator, UKM Mapala Proklamator serta miniatur konsep rumah bambu ramah gempa karya mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan.

Penanggung jawab stand UBH Prof. Dr, Nasfrizal Carlo,MSc menyebutkan, ke ikutsertaan UBH tersebut adalah bentuk tanggung jawab UBH dalam rangka mengurangi resiko bencana.

“Selain itu, UBH bertekad akan mewujudkan UBH sebagai kampus siaga bencana, hal itu di dukung dengan adanya program S2 Manajemen Risiko Bencana, Pusat Studi Bencana dan kegiatan kemahasiswaan yang berkaitan langsung dengan kebencanaan” ujar Carlo.

Ditambahkan Carlo, beberapa program studi yang ada di UBH mendapat pengakuan pula dari universitas luar negeri. Bahkan, tahun ini rencananya akan ada prodi yang menikmati double degree dengan universitas di Jerman, HAWK. Semua elemen di Program Pascasarjana UBH ini mendatangkan kepercayaan dari berbagai pihak.

“Banyak universitas luar negeri yang telah menjalin kerjasama dengan kami”, imbuh Carlo, yang juga direktur program pascasarjana UBH.

Untuk Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat di Kampus UBH, pihak kampus telah mendatangkan para ahli (expert) ke UBH sebagai tenaga pengajar baik dari BNPB maupun lembaga-lembaga terkait lainnya, guna mewujudkan Universitas Bung Hatta sebagai kampus siaga bencana.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 21 Maret 2014 - 10:36:52

Ikanita UBH Gelar Lomba Merangkai Bunga
Ikanita UBH Gelar Lomba Merangkai Bunga
bunghatta.ac.id - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-30, Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta mengadakan lomba merangkai bunga hidup dan fashion show busana nasional berpasangan yang dilaksanakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (21/03/2014).

Pada tahun ini, Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta mengangkat tema melalui ulang tahun yang ke-30 tahun, Ikanita dapat menjadi inspiring partners dalam meningkatkan kemajuan Universitas Bung Hatta.

Lomba merangkai bunga hidup ini dilakukan selama 30 menit dan diikuti oleh 8 peserta yang berasal seluruh biro dan fakutas se-lingkungan Universitas Bung Hatta. Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta selalu berupaya meningkatkan kualitas wanita lewat kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

Pemenang lomba merangkai bung hidup ini akan diumumkan pada acara puncak HUT Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta, Jumat (21/03/2014) siang ini. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 18 Maret 2014 - 10:51:08

bunghatta.ac.id - Kegiatan berorganisasi dewasa ini merupakan salah satu pilihan yang cukup signifikan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri yang dimilikinya. Keikutsertaan mahasiswa dalam organisasi baik intra kampus maupun eksternal kampus merupakan pemandangan yang lazim pada saat ini untuk mengembangkan potensi diri dan mengisi waktu luang dengan hal-hal positif adalah suatu nilai plus dari sebuah organisasi.

Dalam mewujudkan pengembangan organisasi kemahasiswaan tersebut, Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta (BEMM UBH) akan mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) se-Sumatra pada 26- 29 Maret 2014 yang bertempat di Asrama haji, Air Tawar, Padang.

Willy Putra, Ketua Pelaksana LKMM-TM mengatakan kegiatan ini mengangkat tema membangun organisasi mahasiswa yang berkarakter ke-bunghatta-an, solutif, dan inovatif untuk generasi penerus bangsa yang lebih baik dengan tujuan untuk membekali peserta dengan wawasan, sikap keterampilan untuk mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan atau organisasi sesuai dengan tujuannya tersebut.

“Latihan kepemimpinan ini sebagai keterampilan lanjutan dari latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa tingkat dasar yang telah diberikan kepada mahasiswa pengurus organisasi di bidang manajemen,” jelasnya mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer ini.

Sementara, Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta Fashly Eka Putra menambahkan latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa tingkat menengah ini sesuai dengan jenjang dan sifatnya yang terdiri atas beberapa materi untuk pengembangan wawasan, pengembangan sikap dan keterampilan dengan menghadirkan narasumber telah berpengalaman dibidangnya.

“Dengan mengikuti latihan kepemimpinan tingkat menengah ini diharapkan dapat memiliki wawasan tentang kondisi lingkungan yang ikut mempengaruhi eksistensi dari lembaga yang dipimpin, mampu berdiskusi atau bertukar pikiran dengan sikap ilmiah, mampu menganalisa kekuatan dan kelemahan organisasi yang dipimpinnya,” ungkapnya.

Pada pembukaan kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah ini juga akan berlangsung Seminar Nasional dengan pembicara Prof. Dr. Ir Irwan Prayitno, M.Sc Gubernur Sumatra Barat, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. DR. Mestika Zed sejarawan dan Drs. M. Suyuti Dt. Rajo Pangulu
Ketua LKAAM Sumatra Barat.

Persyaratan peserta LKMM-TM adalah sebagai berikut;
1. Pernah mengikuti LKMM tingkat dasar yang dibuktikan dengan sertifikat
2. Mahasiswa aktif min.semester 3 dengan IPK 2,5
3. Aktif sebagai pengurus organisasi intra kampus dibuktikan dengan salinan SK kepengurusan;
4. Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi atau fakultas yang mengutus;
5. Menyerahkan pas photo berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
6. Menyerahkan biodata atau curriculum vitae (CV);
7. Membayar biaya registrasi pelatihan sebesar Rp.350.000,-/orang.
8. Membawa Bendera Universitas

Perlengkapan yang harus dibawa sebagai berikut,
1. Laptop/ Note Book
2. Bahan Bacaan sesuai dengan tema kegiatan
3. Jaket Almamater
4. Obat-obatan pribadi, dan pakaian secukupnya

Info lengkapnya dapat mendatangi Sekretariat BEMM UBH Kompleks Pusgawa dan stan di depan Masjid Nurjananh Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jalan Sumatra Ulak Karang Padang atau hubungi Willy 081268139797 dan Algusri 0813655337 dan email bemmubh@gmail.com. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 17 Maret 2014 - 14:10:06

Mahfud MD: Nilai Kebangsaan Pada Bung Hatta Bangun Masyarakat Madani
Mahfud MD: Nilai Kebangsaan Pada Bung Hatta Bangun Masyarakat Madani
bunghatta.ac.id - Mantan Ketua Makhamah Konstitusi Republiik Indonesia Prof. Dr. Mahfud M.D memberikan kuliah umum dihadap lebih 300 mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta. Kuliah umum ini bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (17/03/2014).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan kuliah umum ini dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-33 Universitas Bung Hatta sekaligus dalam rangkaian Bung Hatta Memorial Lecture Series yang menghadirkan tokoh-tokoh besar nasional untuk dapat berbagi pengalaman, pemahaman dan pandangan kepada mahasiswa Universitas Bung Hatta.

“Sudah banyak toko-tokoh nasional yang kita undang ke kampus proklamator ini agar dapat menjadi inspriasi dan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa dan dosen. Kedepannya, kita juga akan mengundang penggagas Gerakan Indonesia Mengajar yaitu Anies Baswedan,” ungakapnya Niki.

Ia juga berharap dengan kuliah umum ini dapat menjadikan kita seorang yang memiliki tauladan seperti Bung Hatta yaitu jujur, santun, dan sederhana dalam menyongsong Indonesia yang lebih baik lagi.

Dimoderatori langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Mahfud M.D memaparkan materi mangenai Bung Hatta dan paham kebangsaan Indonesia menuju masyarakat madani.

Mahfud menjelaskan Bung Hatta merupakan seorang negarawan yang sangat menghargai perbedaan, demokrat tulen. Banyak peranan Bung Hatta mengenai kebangsaan indonesia ini, bila dilihat dari sejarahnya proklamator bangsa ini telah banyak menanguangkan gagasannya dalam pembentukan konstitusi negara ini. bersama tokoh-tokoh pendiri bangsa ini, ia telah berupaya untuk memerdekaan bangsa Indonesia.

“Setelah kemerdekaan, pada 18 Agustus 1945 Bung Hatta menyampaikan hal-hal penting dalam penyusunan konstitusi negara ini dengan menghapuskan kata-kata Islam dalam UUD 1945 yang masih kita gunakan saat ini. Pada saat penyusunan UUD pada butir pertama yang berisi kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi pemeluknya, diganti menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Meskipun kala itu banyak menuai perdebatan dari bebagai kalangan, Bung Hatta tetap pada pendiriaannya,” ungkapnya.

Mahfud menerangkan Bung Hatta merupakan tokoh yang luar biasa, seorang anak bangsa yang memiliki visi bagus jauh kedepan. Bung Hatta bukan anti Islam, dia seorang yang taat agama, orang yang dilahirkan di Minagkabau yang kuat akan agama Islamnya. Justru dengan demikian, membuktikan Bung Hatta itu dapat menerima perbedaan.

“Dalam buku Bung Hatta Di Sekitar Proklamasi menuliskan Bung Hatta berjuang untuk Indonesia, hanya dengan kata Islam akan pecah. Bung Hatta melakukan demi kebangsaan Indonesia yang menjadikan masyarakat Indonesia itu madani tanpa saling membedakan dan saling toleran terhadap sesama,” ucapnya.

“Melihat Indonesia saat ini, pahamnya Indonesia ini masyarakatnya sudah madani namum sayangnya ketika praktik dan kenyataannya masih jauh dari madani,” tambahnya.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 17 Maret 2014 - 08:03:58

Ikanita UBH: Berbagi Kebahagiaan Dengan “Apak jo Amak Panti”
Ikanita UBH: Berbagi Kebahagiaan Dengan “Apak jo Amak Panti”
bunghatta.ac.id - Mengangkat tema melalui ulang tahun yang ke-30 tahun, Ikanita dapat menjadi inspiring partners dalam meningkatkan kemajuan Universitas Bung Hatta ini, Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta mengadakan bakti sosial sekaligus kunjungan ke Panti Sosial Kresna Werdha Sabai Nan Aluih yang berlokasi di jalan raya Padang- Bukittinggi, Sicincin, Minggu (15/03/2014).

Ketua Ikanita, Nyonya Mechy Niki Lukviarman mengatakan Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta merupakan organisasi sosial yang anggotanya berasal ibu-ibu karyawan maupun dosen. Kunjungan sosial kita kali ini memang menjadi agenda rutinan Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta dalam menyambut hari ulang tahunnya yang ke-30 tahun.

“Kedatangan kita ini, selain untuk memperingati hari ulang tahun ada juga maksud lain dari kegiatan kita ini, kita ingin berbagi keceriaan dan kebahagiaan bersama bapak dan ibu yang juga merupakan orang tua kita kini dengan memberikan bantuan uang tunai dan sarung,” terannya.

Sementara itu, Kepala Panti Sosial Kresna Werdha Sabai Nan Aluih, Drs Achmad Kushairi menyampaikan panti sosial ini berada dibawah Dinas Sosisal provinsi Sumatra Barat yang dihuni oleh 110 ibu-ibu dan bapak-bapak dengan kisaran umum 60-90 tahun. Hampir 60 persen yang tinggal di panti ini berasal dari Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman sedangkan sisanya berasal dari seluruh kabupaten kota yang ada di Sumatra Barat.

“Kita sangat senang dengan kedatangan ibu-ibu dari Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta yang telah memilih panti ini untuk melakukan bakti sosialnya. Di sini orang tua kita ini setiap harinya diberikan bimbingan-bimbingan baik mental dan keterampilan sesuai dengan kemampuan fisiknya. Panti ini juga memiliki filosofi persaudaraan atau badunsanak antara satu sama lainnya,” ujanrya.

Rombongan Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta saling berbaur dengan para amak jo apak ini sambil bergoyang dan bernyanyi bersama untuk menambah keceriaan dan kegembiraan dalam menjalani hari-hari senjanya. Bahkan mereka pun masih enerjik menampilakan berbagai kegiatan seperti bernyanyi, membaca puisi, khasidahan, hingga berjoged ria.

Selain kunjungan sosial pada saat acara puncaknya, Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta juga akan mengadakan perayaan hari ulang tahunnya dengan berbagai macam kegiatan perlombaan pada 22 Maret 2014 di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 15 Maret 2014 - 21:31:46

Serba Serbi FIB EXPO: Ulah Hantu Jepang, Aula Balairung Caraka Heboh !!
Serba Serbi FIB EXPO: Ulah Hantu Jepang, Aula Balairung Caraka Heboh !!
bunghatta.ac.id - Cosplay salah satu event yang paling menarik dari Pekan Festival Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta, menjadikan Aula Balairung Caraka menjadi heboh oleh pekikan ratusan pengunjung. Di tambah iringan music yang mengiringi peserta cosplay dengan tema “ma obake” (hantu Jepang), membuat pengunjung semakin histeris dan berteriak teriak, akibatnya aula yang berkapasitas 300-an pengunjung itu semakin panas, 12 unit AC masing-masingnya berkekuatan 4 PK pun tidak mampu mendinginkan suasana.

Salah seorang panitia pelaksana Susanti Oktriyana menyebutkan, FIB EXPO selain menampilkan cosplay dengan tema anime, go green dan ma obake, juga menampilkan cosplay original, kreatif dan idenya datang dari kalangan mahasiswa sendiri.

Ditambahkan Susan, selama acara berlangsung pesertanya tidak hanya dari kalangan mahasiswa UBH, tetapi juga diikuti mahasiswa lainnya dan juga siswa sekolah menengah.

Salah seorang pengunjung, Winda saat di mintai pendapatnya menyebutkan, ia sudah yang ke tiga kali menghadiri acara cosplay yang di gelar FIB UBH, namun kali ini ia merasakan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena temanya kali ini ada cosplay hantu Jepang, dan peserta pun sangat menguasai panggung, apalagi musiknya sangat pas sekali.

“Hantu-hantunya sih tidak terlalu menakutkan, tetapi musiknya yang menjadikan tambah takut, apalagi lampu juga dimatikan, hiii...pokoknya serulah !”, tukuk Winda.

FIB Ekspo sendiri sudah berlangsung sejak Senin, 10 Maret lalu dan berakhir hari ini (Sabtu,15/4) dengan 35 event kegiatan meliputi perlombaan debat, lomba lagu minang dan pakaian adat, lomba karikatur Jepang, story telling, scrable, cosplay dan lainnya yang merupakan bagian dari Bungkasai, Festival Budaya Minangkabau dan English Festival hingga perhelatan reuni akbar FIB.(**Indrawadi-humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 15 Maret 2014 - 20:48:36

Dari FIB EXPO : Mahasiswa UBH Sindir Caleg Pemaku Pohon
Dari FIB EXPO : Mahasiswa UBH Sindir Caleg Pemaku Pohon
bunghatta.ac.id - Muthia As Saidah, mahasiswa Matematika angkatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dari Unit Kegiatan Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta, sindir para perusak pohon-pohon pelindung kota, tidak terkecuali para caleg-caleg yang memaku pohon untuk kampanye.

Monolog yang yang berjudul “pohon kota” tersebut di tampilkan Muthia di pangggung utama FIB-EXPO 2014 di pelataran parker Gedung B Kampus I UBH Ulak Karang, sabtu, 15/3.

Menurut Muthia, ia menampilkan monolog tersebut karena ikut prihatin karena banyak pohon-pohon di kota yang dimanfaatkan sebagai tempat memasang iklan dengan cara memaku, tempelan-tempelan stiker dan sejenisnya.

Muthia mengaku, untuk menampilkan monolog tersebut, ia hanya mempersiapkan waktu 1 malam, ketika panitia FIB EXPO memberikan kesempatan untuk tampil di panggung utama (**indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 14 Maret 2014 - 13:14:27

Mahfud MD Akan Beri Kuliah Umum di UBH
Mahfud MD Akan Beri Kuliah Umum di UBH
bunghatta.ac.id - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Prof Dr Mahfud MD, Senin esok (17/3) dijadwalkan akan mengisi acara kuliah umum mahasiswa Universitas Bung Hatta dalam rangka Dies Natalis UBH ke-33 di Aula Balairung Caraka Kampus I UBH Ulak Karang.

Pelaksana kuliah umum, Dekan Fakultas Hukum Dwi Astuti Palupi,SH,MH menyebutkan, Mahfud MD akan memberikan kuliah umum dengan tema “Bung Hatta dan paham Kebangsaan Indonesia dalam Membentuk Masyarakat Madani”

Disebutkan Tuti, kuliah umum tersebut merupakan salah satu program dari Fakultas Hukum UBH yang melibatkan semua mahasiswa, baik program sarjana (S1) maupun program magister.

“Pihak kami telah lama menyampaikan rencana kuliah umum ini kepada Pak Mahfud, ketika ia masih menjabat ketua MK dan beliau sudah menginformasikan kesediaannya untuk memberikan kuliah umum, Senin nanti jam 10.30 Wib”, imbuh Tuti mengakhiri. (**Indrawadi/Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 13 Maret 2014 - 15:35:13

Pengunjung FIB EXPO Padati Stand Up Comedy dan Rumah Hantu
Pengunjung FIB EXPO Padati Stand Up Comedy dan Rumah Hantu
bunghatta.ac.id - Ratusan pengunjung FIB Expo 2014 memadati Medan Bapaneh Gedung H Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (13/03/2014), untuk menyaksikan penampilan Stand up comedy dari para peserta yang ikut dalam kegiatan akbar yang digelar oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta ini.

Menurut Aziz Saputra, penanggung jawab kegiatan ini mengatakan belakangan ini, stand up comedy begitu populer dan menjadai salah satu hiburan baru di Indonesia. Para comic sebutan orang yang melakukan Stand up comedy ini saat di atas pentas akan mengeluarkan serangkaian lelucon berdurasi 15 menit yang dapat menghibur pengunjung dan akan di nilai lawakannya oleh dewan juri.

“Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh pengunjung karena kita dapat terhibur dari materi-materi yang disampaikan oleh para comic,” ujarnya.

Stand up comedy sendiri merupakan salah satu genre profesi melawakyang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik.

Selain Stand up Comedy, tak jauh dari lokasi Medan Bapaneh terdapat juga Obake House atau dikenal rumah hantu yang diramai dikunjungi oleh berbagi berbagai macam kalangan baik pelajar, mahasiswa hingga orang dewasa untuk menguji adrenalinnya.

Hanya dengan membayar uang masuk sebesar Rp.5000,- per orangnya, para pengunjung dapat merasakan sensai masuk ke rumah yang terdapat berbagai macam dan jenis hantunya baik hantu-hantu lokal maupan mancannegara seperti hantu di Jepang.

Sementara itu, Ketua Pelaksana FIB Expo 2014, Deby Zuriatmo menyampaikan Stand up comedy dan Obake House merupakan salah satu kegiatan dari 35 item yang ada lama FIB Expo yang berlangsung dari 10 hingga 15 Maret 2014.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Festival Kebudayaan Jepang (Bungkasai), Festival Budaya Minangkabau dan English Festival hingga perhelatan reuni akbar FIB yang semuanya tergabung menjadi FIB Expo dengan tema segitiga muda dalam samudera budaya”, ujar Deby. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 13 Maret 2014 - 13:07:14

Mengenang Wafat Bung Hatta, FIB EXPO 2014 Gelar Lomba Baca Puisi
Mengenang Wafat Bung Hatta, FIB EXPO 2014 Gelar Lomba Baca Puisi
bunghatta.ac.id - Bung Hatta merupakan sosok negarawan yang jujur, santun dan sederhana yang patut menjadi tauladan semua anak bangsa. Untuk mengenang wafatnya bapak proklamator bangsa yang ke-34 tahun mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta mengadakan Lomba Cipta dan Baca Puisi yang diselenggarakan di Areal Medan Bapaneh Gedung H Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (13./03/2014).

Menurut Arifa Rahman Nur, penanggung jawab kegiatan lomba cipta dan baca puisi ini mengatakan kegiatan ini masih termasuk ke dalam rangkaian kegiatan FIB Expo 2014 untuk Festival Kebudayan Miangkabau dan tentunya juga untuk mengenang wafatnya Bung Hatta pada 14 Maret 1980 lalu.

“Dengan perlombaan ini kita mengharapkan dapat menumbuhkan jiwa dan kepedulian terhadap kebudayaan bangsa kita terutama budaya seni dan sastra seperti puisi. Para peserta dapat bereksprsi mengembangkan bakatnya melalui puisi,” ujarnya

Perlombaan ini diikuti oleh 18 peserta yang berasal dari Kota Padang, Padang Pariaman, Batusangkar dan daerah lainnya dengan dewan juri berasal dari sastrawan dan penyair Sumatra Barat seperti Esha Tegar Putra dan Papa Rusli Marzuki.

"Para peserta akan membuat membacakan puisi dengan tema aku dan puisi ditengah-tengah kebudayaan global dan sosok Bung Hatta dalam bait-bait puisi," tambah mahasiswa jurusan Sastra Indonesia ini.

Ketua Pelaksana FIB Expo 2014, Deby Zuriatmo menyampaikan kegiatan ini sebagai wadah pendidikan dan membina serta untuk mengembangkan budaya, meningkatkan kreativitas dalam mewujudkan kebudayaan yang baik di wilayah fakultas khususnya dan universitis umumnya.

“Selama FIB Expo ada 35 item kegiatan antara lain perlombaan debat, lomba lagu minang dan pakaian adat, lomba karikatur Jepang, story telling, scrable, obake house (rumah hantu), cosplay dan lainnya yang merupakan bagian dari Festival Kebudayaan Jepang, Festival Budaya Minangkabau dan English Festival hingga perhelatan reuni akbar FIB, selain itu juga terdapat stand bazar yang menyediakan berbagai macam makanan, pakaian dan lainya”, ujar Deby.

Pemenang dalam perlombaan ini akan diumumkan pada acara puncak FIB Expo 2014 pada 15 Maret 2014. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.242.126.126