Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Tes TOEFEL, Persiapkan Kemampuan Bahasa Inggris dan Kenali Lokasi Tesnya

Pada massa kini, sertifikat TOEFEL menjadi syarat utama untuk memperoleh banyak beasiswa terutama bersumber pendanaannya dari luar negeri,. Tentunya, hal ini menjadi tantangan bagi kita semua terutama bagi mahasiswa dan alumni di suatu perguruan tinggi dalam menyiapkan diri untuk dapat lulus dalam t....

Gedung Laboratorium Teknik Kimia Kampus Proklamator III

Gedung Laboratorium Keahlian Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta berada di Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta Jalan Gajah Mada No.19 Olo Nanggalo, Kota Padang. Dalam gedung ini terdapat tiga laboratorium keahlian yaitu Laboratorium Bioproses, Laborat....

Bahas Samudera Hindia, Kemenlu Berdialog dengan Tim FASH

Samudera Hindian merupakan halaman depan sebelah barat Indonesia yang menyimpan potensi yang relatif belum banyak dimanfaatkan seperti perikanan dan lainnya. Banyak negara yang berada di kawasan Samudera Hindia mulai melirik potensi tersebut yang dapat berdampak dan memiliki arti penting bagi dunia.....

Miske Satpam UBH di Undang Sebagai Bintang Tamu D'T3rong Show Indosiar

Miske Merita, Anggota Satuan Pengamanan Kampus Universitas Bung Hatta di undang tim D’T3rong Indosiar, sebuah acara reality show TV swasta nasional yang di pandu Ramzi, Irfan Hakim dan Rina Nose tersebut menggabungkan beragam item menarik dan inspiratif, seperti musik, sketsa komedi, tausiah, tal....

GP Futsal FC Juarai Turnamen Futsal Civil Cup Competition

Kegiatan olahraga memiliki peranan penting dalam menumbuh kembangkan semangat sportifitas, kreatifitas, solidariatas dan rasa keterbukaan antar satu individu dengan individu lainnya. Melihat pentingnya kegiatan olahraga dalam pengembangan diri dan membangun karakter yang tangguh. Untuk itu Himpun....

Gedung D Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta

Gedung D merupakan salah satu gedung berlantai 3 yang digunakan sebagai laboratorium bagi mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta. Pada lantai pertama gedung ini terdapat dua laboratorium jurusan Teknik Mesin yaitu Laboratoriu....

Rabu 15 Januari 2014 - 08:45:08

bunghatta.ac.id - Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) merupakan yayasan swasta dari Belanda yang didirikan pada tahun 1947 dan memberikan penawaran beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), Diploma III/IV (D3/D4), Starta Satu (S1) hingga Strata Dua (S2).

Untuk tahun 2014, teknis pendaftaran beasiswa VDMS memberikan kemudahan untuk para mahasiswa dengan mengembangkan sistem pra-registrasi online dengan beberapa tahap sebagai berikut:
1.Pendaftaran online
Pendaftar beasiswa dapat memulai registrasi awal dari tanggal 10 Februari 2014 hingga 10 Maret 2014 melalui website www.vdmsdata.org/ers.
2. Proses seleksi 1
Bila pendaftar beasiswa memenuhi syarat dari tim admin VDMS maka akan menunggu proses selanjutnya dan mengundang mahasiswa yang masuk untuk mengisi form tahap ke-2 (PAF 2) / INVITE. Caranya dengan klik tombol Invite di profil mahasiswa.
3.Proses Mengundang (Invited)
Setelah tim Admin VDMS menekan tombol invite di profil mahaiswa, mahasiswa tersebut akan mendapatkan email otomatis untuk mengisi Form Tahap 2 (PAF 2).
4. Proses Pengisian Form Tahap 2 (PAF 2) dan Dokumen Persyaratan
Setelah mendapatkan email dari tim Admin VDMS maka mahasiswa dapat mengisi form tahap 2 dan menyiapkan dokumen persyaratan ke Bagian Kemahasiswan Universitas Bung Hatta.
5.Pemilihan Penerima Baesiswa
Setelah Bagian Kemahasiswan Universitas Bung Hatta mengirimkan dokumen kepada tim Admin VDMS di Yogyakarta dan tim akan melakukan seleksi dokumen yang diterima. Bila mahasiswa yang terpilih akan di berikan centang di ERS kolom SELECTED pada akun profil mahasiswa pendaftar beasiswa dan email otomatis akan dikirimkan oleh sistem untuk menginformasikan bahwa mahaasiwa tersebut diteria sebagai salah satu penerima beasiswa VDMS.

Syarat kelengkapan pendaftar beasiswa VDMS 2014:
1. Pra registrasi online tanggal 10 Februari 2014 hingga 10 Maret 2014 melalui website www.vdmsdata.org/ers.
2. Umur maksimum 27 tahun melampirkan foto kopi KTP.
3. Angkatan 2011 dan 2012 dengan melampirkan foto kopi KTM.
4. IPK minimum 3,00 dengan melampirkan LHS semester ganjil dan transkrip sementara.
5. Berasal dari Fakultas Ekonomi, FKIP, FTSP, FPIK, FTI dan jurusan Sastra Inggris.
6. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja/lurah bagi yang orang tuanya wiraswasta.
7. Surat keterangan tidak mampu dari lurah dan foto kopi Kartu Keluarga.
8. Surat rekomendasi dari Dekan.
9. Membuat motovation letter dalam Bahasa Inggris sebanyak 1 halaman ukuran A4 tulisan Times New Rowman size 12, spasi 1.
10. Foto kopi 1 lembar buku tabungan bank.
11.Pas foto 3x4 1 lembar ditambah digital foto dalam CD (untuk application form).
12.Lulus PKKMB Universitas Bung Hatta melampirkan fotokopi sertifikat PKKMB.

Informasi Lengkapnya hubungi Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta , Marleni, SE, M.Si, email marleni_kms@yahoo.com dan handphone 081363415950.


(**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 10 Januari 2014 - 08:37:13

FTI UBH dan Dinas Kopersi UMKM Perindag Agam Jalin Kerjasama
FTI UBH dan Dinas Kopersi UMKM Perindag Agam Jalin Kerjasama
bunghatta.ac.id - Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta menjalin kerjasama dengan Dinas Koperas UMKM Perindag Kabupaten Agam yang tertuang melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) yang berlangsung di Ruang Dekan Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Kamis (09/01/2013).

MoU tersebut ditandatangani oleh Dekan FTI Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc dan Kepala Dinas Koperas UMKM Perindag Kabupaten Agam H. Hadi Suryadi, SH yang bertujuan untuk peningkatan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pengelolaan di sektor Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan secara optimal guna menunjang proses pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dekan FTI Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc mengatakan ruang lingkup kerkasama ini meliputi kegiatan pelatihan pada Koperasi dan UMKM seperti pengolahan kotoran ternak menjadi biogas, perancangan mesin dan failitas untuk pengolahan hasil pertanian dan pertenakan, pembuatana kemasan untuk hasil produksi.

“Kemudian untuk pengembagnan SDM, penelitian, pertukaran informasi ilmu pengetahuan serta rekayasa dalam lingkup Koperasi,UMKM, Perindustrian dan Perdagangan serta pendukung lainnya,” imbuhnya.

Mulyanef menyebutkan kegiatan kerjasama tersebut merupakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang akan melibatkan empat jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta seperti jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Kimia.

“kita berharap dengan kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat terutama di Kabupate Agam sesuai dengan pokok Tri Darma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, H. Hadi Suryadi, SH Kepala Dinas Koperas UMKM Perindag Kabupaten Agam sangat senang dapat bekerjasama dengan lembaga pendidikan terutama dengan Universitas Bung Hatta dalam peningkatan kemampuan dan penambahan wawasan bagi masyarakat nantinya.

“Kita juga berharap Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dapat berperan banyak dapat membantu perkembangan nagari dan masyarakat di Kabupaten Agam,” ungkapnya.

Kerjasama ini juga dihadiri oleh ketua-ketua jurusan dan tim kerjasama Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta seperti Dr. Hendri Budiman, ST, MT, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Yesmizarti Muchtiar, ST, MT, Ir. Arnita, MT, Dessi Mufti, ST, MT dan Iqbal, ST, MT. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 09 Januari 2014 - 10:33:07

FE UBH dan FE UII Yogya Angkat Seminar Nasional Reposisi Ekonomi
FE UBH dan FE UII Yogya Angkat Seminar Nasional Reposisi Ekonomi
bunghatta.ac.id - Dinamika perekonomian global dalam satu dekade terakhir memperkuat tekad negara-negara kawasan ASEAN untuk memperkokoh kerjasama ekonomi di bawah ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bagi Indonesia, pembentukan MEA 2015 mendatangkan harapan sekaligus tantangan.

Namun di sisi lain, dengan tingkat daya saing ekonomi Indonesia yang secara umum belum mampu bersaing dengan negara-negara tetangga, muncul kekhawatiran yang meluas dengan makin dekatnya tenggat waktu 2015.

Melihat kondisi tersebut membuat Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta bekerjasama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakrta untuk menggelar Seminar Nasional yang bertemakan Reposisi Ekonomi Nasional Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 16-17 Januari 2014.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta, Yuhelmi. SE, MM mengatakan pasar Indonesia yang notabene merupakan pasar terbesar di ASEAN dikhawatirkan akan lebih banyak dirambah oleh pelaku-pelaku usaha negara tetangga.

“Dalam konteks seminar nasional ini, salah satu langkah nyata menghadapi MEA 2015 diharapkan akan dihasilkan analisis/hasil riset yang bermanfaat bagaimana menata posisi dan strategi Indonesia untuk menyongsong MEA 2015,” ujarnya.

Menurutnya, seminar nasional ini dapat memberi kontribusi konkrit berupa hasil riset yang dilakukan oleh para expert dibidangya masing-masing sebagai pedoman bagi pengambil
kebijakan untuk memetakan posisi Indonesia diantara negara-negara ASEAN dan sebagai forum bertukar pikiran bagi para akademisi, praktisi, birokrat guna bersama-sama berkontribusi dalam menyongsong MEA 2015.

“Bagi perguruan tinggi tujuan yang hendak dicapai adalah mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki kompetensi tinggi yang disyaratkan oleh terbentuknya suatu pasar tunggal (MEA) 2015,” jelasnya.

Dikatakan Yuhelmi, materi dalam seminar ini mengacu kepada tema sentral seminar yang bersumber dari beberapa disiplin ilmu seperti seluruh bidang ekonomi yang berkaitan dengan isu negara berkembang, seluruh bidang kajian bisnis dan manajemen, seluruh bidang kajian akuntansi dan keuangan serta governance.

“Selain itu juga seminar nasional ini akan menghadirkan keynote speech Dr. Rizal Ramli, Mantan Menko Perekonomian Republik Indonesia, Direktur Econit,” tambahnya.

Disamping Keynote Speech dalam seminar nasional ini terdapat juga peserta seminar terdiri dari dosen tetap Fakultas Ekonomi, praktisi dan pemerhati ekonomi sebagai pemakalah yang diundang secara terbuka dan mempresentasikan hasil riset tentang kesiapan ekonomi nasional menyongsong MEA 2015.

Bagi makalah/artikel terbaik akan dipublish pada Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia (JAAI), Jurnal Siasat Bisnis dan Economic Journal of Emerging Markets, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia - Yogyakrta. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 31 Desember 2013 - 13:56:10

Yazid: Peranan Jurusan Teknik Kimia itu Banyak
Yazid: Peranan Jurusan Teknik Kimia itu Banyak
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum mengenai peranan Teknik Kimia bersama Ir. Yazid Bindar. MSc, PhD yang merupakan staf pengajar Institut Teknologi Bandung yang bertempat di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Selasa (31/12/2013).

Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan meskipun sedang susan Ujian Akhir Semester jurusan tetap juga melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Teknik Kimia, seperti kuliah umum ini.

“Kita telah lama memiliki hubungan baik dengan ITB baik dari kegiatan penelitian, menjadi dosen tamu hingga dosen-dosen kita yang melakukan studi lanjut disana. Kuliah umum ini juga diadakan untuk memotivasi mahasiswa dan untuk merubah paradigma belajar agar kedepannya setelah lulus mau jadi apa,” ujar Reni.

Dimoderatori langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta, Ir. Yazid Bindar. MSc, PhD mulai memaparkan materinya dengan gambaran dan kondisi kekayaan alam yang ada di Indonesia khususnya Sumatra.

Menurut Yazid, Sumatra memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah contohnya saja di Riau yang kaya akan minyak bumi tapi sayangnya masyarakat pribumi belum mendapatkan manfaatnya. Barulah beberapa tahun belakangan ini masyarakat sudah lebih maju daripada sebelumnya dengan memanfaatkan minyak di atas perut bumi yaitu minyak dari kelapa sawit.

“Dari gambaran tersebut bisa menjelaskan peran Teknik Kimia ada didalamnya, terutama yang berhubungan dengan proses. Saat ini kelapa sawit banyak di jumpai karena menjadi peluang usaha dan lebih mengguntungkan lagi bila hasil panennya diolah menjadi produk karena dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai jual,” jelasnya dihadapan lebih dari 50 peserta yang sebagian besar mahasiswa angkatan 2013 ini.

“Sebagai mahasiswa Teknik Kimia tentunya untuk bisa memanfaatkan dan mengolahnya perlu ilmu. Maka dari itu, kita tidak hanya belajar rumus saja tetapi belajar logika berpikir kita. Lihatlah potensi yang ada di sekeliling yang bisa dimanfaatkan,” tambahnya.

Ia mengatakan peran Teknik Kimia itu ada banyak, memang untuk mahasiswa baru belum begitu paham apa peranan Teknik Kimia tapi lambat laun dari semseter satu hingga nanti menyusun tugas akhir pasti akan mengerti bahwa Teknik Kimia itu seperti ini.

“Dengan ilmu kita bisa melihat peluang usaha dan membantu menyelesaikan masalah dari hasil analisis kita. Di jurusan manapun kita berada saat ini, kita harus menekuninya. Pelajaran Kimia, Matematika atau Fisika merupakan dasarnya ilmu Teknik Kimia tapi kita jangan takut malah harus berteman,” pesannya.

Teknik Kimia itu seperti dokternya pabrik karena kita tahu segala proses yang ada didalamnya dimulai dari bahan baku, proses pengolahan hingga menghasilkan produk yang bernilai jual, ekonomis dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Selain mahasiswa baru angkatan 2013, Kuliah umum ini juga diikuti oleh mahasiswa dari angkata 2009 hingga 2012 berserta para dosen di lingkungan jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 20 Desember 2013 - 13:59:29

Seminar BEMM FTSP:  Sambut AFTA 2015, Mahasiswa Harus Siapkan Skills Khusus
Seminar BEMM FTSP: Sambut AFTA 2015, Mahasiswa Harus Siapkan Skills Khusus
bunghatta.ac.id - Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan seminar jasa konstruksi yang menghadirkan pembicara Ir. Fatriarman Noer, M.Eng.Sc Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumatra Barat.

Kegiatan yang mengangkat tema kesiapan sumber daya manusia Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta dalam menyambut Asian Free Trade Area (AFTA) 2015 ini bertempat di Aula Baliarung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universtias Bung Hatta, Jumat (20/12/2013).

Ketua pelaksana Rahmat Jordi Triawan mengatakan seminar ini untuk memberikan gambaran serta pengetahuan mengenai persiapan kita sebagai mahasiswa dalam emnghadapi persaigan AFTA 2015. “Semoga dengan kegiatan ini ,para peserta mampu mengimlementaikannya tidaknya sebatas teori saja dalam kehidupan sehari-hari terutama saat kita akan memasuki dunia pekerjaan,” ucapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Gubernur BEMM FTSP Universitas Bung Hatta Rioni Rizki Aldiyansah, mahasiswa Universitas Bung Hatta khususnya FTSP harus mempersiapkan diri untuk persaiangan AFTA 2015. “Kita akan terus membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam menambah ilmu pengethuan yang tidak sempat diajarkan di bangku kuliah,” ucapnya.

Dekan FTSP Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE mengungkapkan kegiatan ini berkat kerjasama FTSP dengan Dinas PU Sumbar khususnya Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumbar untuk menyiapkan tenaga pekerja yang handal, kompetitip dan siap bersaing.

“Kita harus mempersiapkan diri sejak dini jelang AFTA 2015 ini agar nantinya kita tidak menjadi penonton saja tapi harus menjadi leader di bidang jasa konstruksi dan mampu menguasai bahasa asing,” ujanya.

Seminar yang ikuti 300 peserta ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum. “ mahasiswa Universitas Bung Hatta harus memiliki kompetensi disegala bidang yang digelutinya agar nantinya tidak kalah saing dengan yang lainnya,” pesannya.

Mahasiswa Harus Siapkan Skills

Fatriarman mengatakan Konstruksi Indonesia berdasarkan Visi Badan Pembinaan Konstruksi
2010 – 2014 harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, mampu melayani kebutuhan masyarakat secara mandiri dan yang terpenting konstruksi Indonesia mampu menghadapi perubahan dan tuntutan global.

“Konsekuensi dari kesepakatan tersebut adalah ASEAN menjamin kebebasan mobilitas tenaga kerja terampil, modal, jasa investasi dan barang/jasa (perdagangan) antarnegara ASEAN dalam kerangka liberalisasi,” ungkapnya.

Jasa konstruksi memilik gambaran umum yaitu sebagai layanan jasa yang mentransformasikan sumber daya dalam proses produksi hingga menghasilkan produk akhir yang menyatu dengan lahan kedudukannya. Jasa konstruksi berfungsi sebagi Backward Linkage untuk menarik sektor pendukung dan sebagai Forward Linkage untuk mendorong pertumbuhan sektor yang memanfaatkan produk konstruksi.

Menurutnya kita harus menyiapkan mahasiswa yang nantinya ketika lulus bisa bersaing, tidak masalah kita kuliah diperguruan tinggi manapun yang terpenting kita mampu menunjukan kemampuannya.

Saat sekarang ini untuk mahasiswa yang menggeluti jurusan di bidang jasa konstruksi perlu memilik sertifikat keahlian atau keterampilan, karena UU telah mengatur dan mewajibkannya.

“Dunia kerja sangat membutuhkan sekali orang-orang yang kompetitif dan suka tantangan jadi sebagai mahasiswa harus energik. Tidak cukup hanya bermodal ijazah saja saat melamar pekerjaan tetapi kita harus memiliki skills yang perlu ditonjolkan,”imbuhnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 19 Desember 2013 - 09:02:34

UKM Wawasan Proklamator Bertandang ke Padang Ekspres Grup
UKM Wawasan Proklamator Bertandang ke Padang Ekspres Grup
bunghatta.ac.id - Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta melakukan kunjungan ke Padang Ekspres Grup dalam rangka penutupan pelatihan dasar jurnalisitk calon anggota dan calon wartawan untuk angkatan 2013. Kunjungan media ini bertempat di Gedung Graha Pena, Lubuk Buaya, Kota Padang. Rabu (18/12/2013).

Sebanyak 25 anggota UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta disambut oleh Redaktur Koran Harian Padang Ekspres Hijarah Adi Sukrial di Ruangan Adinegoro.

Menurut Suji pujiani Pimpinan Umum UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta kunjungan ini bertujuan untuk melihat lebih dekat proses produksi keredaksian di sebuah media dan pada kesempatan ini kita mengadakan kunjungan ke Padang Ekspres Grup.

“Melalui kunjungan ini kita dapat menambah wawasan dan pengetahun baru di dunia jurnalistik sekalingus kita bisa melihat secara langsung dapur redaksi sebuah media itu,” terang Suci saat memberikan sambutannya.

Sementara itu, Hijarah Adi Sukrial menyampaikan Universitas Bung Hatta memiliki hubungan emosional baik dengan Padang Ekspres terutama dalam peliputan berita. Menggeluti dunia tulis menulis di kampus itu sangat bermanfaat sekali sebab ketika kita lulus kuliah dapat membantu untuk mencari peluang pekerjaan.

“Siapapun bisa menjadi jurnalis yang terpenting memiliki kemampuan menulis. Di perusahaan media pun sulit mencari jurnalis. Bahkan banyak perusahaan juga susah mencari PR (Public Relation) yang memiliki kemampuan menulis. Walaupun teman-teman tidak bercita-cita jadi jurnalis, tapi kalau teman-teman serius menggeluti dunia tulis-menulis di WP, saya yakin pasti berguna di dunia kerja," imbuhnya.

Usai diskusi, rombongan UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta dibawa ke news room Padang Ekspres untuk melihat bagaimana bagian redaksi bekerja hingga larut malam dan dikejar oleh deadline. Setelah itu, kunjungan dilanjutkan ke bagian Padang TV yang dipandu langsung oleh Kepala Departemen Produksi, Zulfan.

Zulfan mengatakan presenter merupakan salah satu orang yang berperan dalam suksesnya suatu acara. "Presenter yang bagus itu adalah presenter yang berkarakter," sebut Zulfan.

Puas melihat dan berbincang di ruang produksi Padang TV, awak UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta diajak melihat langsung gedung percetakan yang letaknya peseris di belakang Gedung Graha Pena. Kegiatan ditutup dengan pemberian plakat kenang-kenangan dari UBH kepada Padang Ekspres yang diwakili oleh Hijrah Adi Sukrial.

Armalina, Koordinator Perekrutan Anggota Baru UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta berharap kegiatan ini bisa dijadikan penyemangat atau motivasi bagi anggota bru WP sebelum magang di semester genap mendatang. "Semoga dengan kunjungan ini kawan-kawan Cawan lebih semangat dan termotivasi lagi untuk terus berkarya di dunia jurnalistik," ujarnya.

Para Anggota Baru UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta telah melewati pelatihan tingkat dasar junalistik selama satu bulan yang berisi materi pengenalan dasar-dasar jurnalistik, jurnalistik online, teknik menulis berita dan wawancara, menulis feature, artikel dan opini, fotografi jurnalistik hingga jurnaslisitk televisi. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 18 Desember 2013 - 10:32:40

UBH Sosialisasikan Teknis Pengisian SIPKD
UBH Sosialisasikan Teknis Pengisian SIPKD
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Sosialisasi LKD Online atau Sistem Informasi Pengembangan Karir Dosen (SIPKD) kepada 183 dosen yang telah memiliki sertifikasi dan yang sedang proses. Kegiatan ini bertempat di Aula Baliarung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universtas Bung Hatta, Rabu (18/12/2013).

Rektor Universitas bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, akt MBA dalam penyampaian pengantarnya mengatakan SIPKD merupakan form pengisian yang harus diisi dosen yang telah mendapatkan sertifikasi maupun yang belum mendapatkan sertifikasi. SKIPD ini berhubungan erat dengan tunjangan sertifikasi dan proses kenaikan pangkat atau pengetaraan dosen yang dilakukan secara online melalui website pak.dikti.go.id.

“Ke depan untuk kenaikan pangkat seorang dosen tidak secara manual lagi tetapi Dikti akan melihat isian SIPKD secara online untuk isian tiap semesternya. Pengisian SIPKD ini untuk seluruh dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta,” ujar Niki.

Niki menyebutkan berdasarkan konsultasi Universitas Bung Hatta ke Kopertis X pada 11 Desember 2013 bahwa dosen wajib mengisi LKD/BKD sampai 30 Desember 2013 untuk pengisian BKD/LKD dua semster lalu yaitu semester ganjil 2012/2013 dan semsester genap 2012/2013.

“Bagi dosen yang mendapatkan tugas belajar wajib juga mengisi SIPKD dengan mengupload surat tugas belajar sehingga terpenuhi 12 SKS. Sedangkan bagi dosen yang sedang izin belajar wajib juga mengisi seperti dosen yang sedang mengajar,” terangnya.

Ia menegaskan bila terjadsi keterlamabatan pengisian SIPKD, itu tanggung jawab pribadi dosen dan bukan tanggung jawab universtias.

“Hal ini berkaitan nantinya denganpemutusan tunjangan sertifikasi dan menghambat karir dosen untuk naik pangkat,” imbuh Niki.

Sosialsiasi SIPKD membahas masalah teknik pengisian aplikasi SIPKD yang disampaikan Ir. Yempita Efendi, M.S dengan moderator Khadavi, ST, MT.

Yempita menyarankan agar para dosen lainya dapat mempersiapkan bahan-bahan untuk pengisian SIPKD dalam bentuk softcopy agar lebih muda untuk kedepannya. Pengisian SIPKD ini dilakukan secara online dengan situs sipkd.dikti.go.id.

“Kita bisa login berdasarkan NIDN dan berdasarkan petunjuk teknis bukti fisik yang harus disiapkan itu harus di scan dan di upload. Untuk itu perlu persiapan sejak dini agar tidak terburu-buru saat akan mengisi SIPKD,” ungkapnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Desember 2013 - 14:42:38

Pemilih Pemula, Mahasiswa Harus Berpartisipasi Saat Pemilu
Pemilih Pemula, Mahasiswa Harus Berpartisipasi Saat Pemilu
bunghatta.ac.id - Pemilu 2014 sudah di depan mata menjadi momen yang tepat bagi masyarakat pemilih, untuk berperan aktif menentukan arah perjalanan bangsa. Masyarakat dalam proses membangun demokrasi dan perpolitikan Indonesia adalah hal yang tidak dapat dipisahkan.

Untuk itu Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta bersama Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatra Barat mengadakan kegiatan Seminar Pendidikan Pemilih Pemula Pemilu Tahun 2014 yang bertempat di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (17/12/2013).

Ketua Pelaksana Andika Dirsa mengatakan kegitan ini kita laksanakan untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula dalam menghadapi pesta demokrasi pemilu 2014 mendatang. Sebagai pemilih pemula, mahasiswa harus diberikan sosialisasi untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum baik tingkat kota hingga nantinya pemilihan presisden.

“Kita berharap para peserta dapat memahami betapa pentingnya hak suara kita bila tidak kita gunakan karena sebagai pemilih cerdas harus mampu nantinnya memeilih pemimpin yang yang berkualitas. Suara mu untuk bangsa mu,” ucapnya Andika dalam kata sambutannya.

Fardi Winaldi, Gubernur Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta mengungkapkan kegiatan ini buah kolaborasi dan kerjasama dengan KPU Sumbar untuk mengedukasi mahasiswa.

“Selain itu juga melihat kondisi pada pemilu tahun 2009 yang lalu yang tingkat parsitsipasi masyarakat terutama kalangan pemilih pemula sangat rendah,” jelasnya.

Senda dengan itu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Dwi Astuti Palupi, SH, MH yang membuka seminar ini menyampaikan minimnya partisipasi masyarakat dalam pemilu bisa disebabkan karena ketidaktahuannya atau tidak peduli sama sekali sehingga menimbulkan sikap apatis terhadap kegitan pemilihan umum ini.

“Hal tersebut sangat disayangkan karena dari pemilu ini dapat menentukan kondisi bangsa kedepannya dengan memilih pemimpin yang benar-benar peduli dengan rakyat,” ungkapnya.

Dimoderatori Tri Putra Y, seminar ini menghadirkan dua pemateri yaitu Nova Indra dari KPU Provinsi Sumatra barat dan Eka Vidya Putra akademisi dari Universitas Negeri Padang dan Peneliti Revolt Institute yang dikuti oleh ketua-ketua kelembagaan mahasiswa Universtias Bung Hatta.

Nova Indra memulai materinya dengan memperkenalkan kinerja dan peranan KPU serta pemahaman pentingnya partisipasi dalam pemilu tahun 2014. Peranan pemilih pemula yang merupakan kalangan pelajar SMA kelas 3 dan mahasiswa belum maksismal saat pelaksanaan seharusnya lebih aktif berperan dan berpartisipasi setiap tahapan pemilu yang telah disusun oleh KPU.

“Mahasiswa adalah agen of change, kalangan intelektual dalam tatanan masyarakat tentunya harus menjadi pemilih yang cerdas, dapat memilih pemimpin yang dapat membawa perubahan untuk lima tahun kedepannya,” ucap Indra, alumni jurusan Teknik Sipil Universitas Bung Hatta ini

Ia mengajak semuanya untuk menjadi pemilih cerdas untuk itu perlu ada kiat-kiatnya seperti memastikan nama kita terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) bisa diaksses melalui website kpu.go.id, ketahui visi, misi dan program peserta pemilu, kenali rekam jejak calon (TV, koran, facebook, twitter), kenali daftar calon. “Kemudian pastikan pilihan kita, catat janjinya, lihat media kampanye, waspada jelang kampanye. Pastikan undangan memilih di tangan, terakhir datang dan coblos,” imbuhnya.

Sementara itu, Eka Vidya Putra menyampaikan Urgensi Partisipasi Dalam Pemilu 2014. Masalah pemilu itu kaitannya dengan demokrasi dan partisipasi politik. Salah satu prasyarat dari demokrasi adalah terselenggaranya pemilu. Pemilu merupakan mekanisme dalam sirkulasi kekuasaan, sebagai sarana rekrutmen politik, wujud dari partisipasi politik warga, dan sebagai media dalam pendidikan politik.

“Namun, tingkat partisipasi politik warga menunjukan kecenderungan menurun. dan ditandai juga dengan pragmatisme pemilih,” ucapnya.

Menurutnya, demokrasi berkorelasi dengan kecerdasan pemilih. untuk itu perlu agen demokrasi. Tantangan dari agen demokrasi, rendahnya partisipasi politik yang diindikasikan dengan rendahnya kapabiltas sistem politik, kesadaran politik dan krisis kepercayaan.

“Artinya, pemilu sebagai salah satu prasyarat demokrasi belum mendukung bagi pematangan demokrasi. Tidak ada demokrasi tanpa aktor demokrasi, untuk itu sebagai mahasiswa harus siap menjadi agen demokrasi,” ujarnya dosen Sosiologi Politik ini. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 16 Desember 2013 - 14:42:35

Seminar Teknik Kimia UBH: Sumbar Miliki Potensi Kembangkan Biogas dari Sampah
Seminar Teknik Kimia UBH: Sumbar Miliki Potensi Kembangkan Biogas dari Sampah
bunghatta.ac.id - Permasalahan sampah merupakan masalah yang cukup seksi, karena bila kita bisa mengolahnya, dapat dimanfaatkan menjadi suatu hal yang berguna bagi banyak kalangan. Kita ketahui bersama sampah menjadi problem kita semua baik hari ini, esok dan yang akan datang. Tambah lagi dengan budaya masyarakat kita yang suka membuang sampah sembarangan.

Hal tersebut dikatakan Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt MBA saat memberikan sambutan dalam kegiatan Seminar Sehari Mengenai Pengelolaan Sampah Kota Menjadi Energi Baru Terbarukan Berbasis Biogas.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta bersama Akademi Teknologi Industri Padang yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (16/12/2013).

Niki mengatakan Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta cukup kuat dengan tenaga pendidik yang berkelas doktor. Selain itu juga jurusan ini sangat kreatif dalam penerimaan mahasiswa baru dengan tidak lagi mempromosikan lewat iklan tetapi dengan mengedukasi masyarakat dan calon mahasiswa dengan tulisan di media.

“Kampus sangat senang dengan kegiatan seminar yang dilakukan secara kolaborasi inin dengan pergurusan tinggi lainnya dan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri. Dengan Seminar ini kita beruntung membawa para ahli yang menguasai bidang pengolahan sampah ,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui meningkatnya pengetahuan para peserta mengenai pengelolaan sampah kota dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil tindakan serta langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mengelola sampah menjadi suatu barang yang berguna.

Seminar sehari ini menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Dr. Ester Edwart, M.Pd dari Akademi Teknologi Industri Padang, Prof. Mohammad Taherzadeh dari University of Boras Swedia dan Mr. Fredrik Johansson, dari FovBiogas, Swedia.

Menurut Dr. Ester Edwart, M.Pd, Sumatra Barat memiliki potensi untuk didirikan industri biogas dengan memanfaatkan sampah kota. Pasalnya, sampah kota yang bermuara ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ini belum dioleh dan dimanfaatkan secara maksimal. Ditambah juga produksi sampah per harinya semakin tinggi, setiap orang bisa memproduksi sampah 1,2 kg per hari.

“Seperti di TPA Payakumbuh yang merupakan tempat pembuangan yang terbesar di Sumbar yang menampung sampah dari Bukittingi, Limapuluh Kota dan Agam. Bila tidak dimanfaatkan sangat disayangkan, padahal sampah dari TPA itu merupakan resource yang bila dimanfatkan dapat menjadikan energi terbarukan.” ungkapnya.

Sementara itu, Prof. Mohammad Taherzadeh bercerita mengenai profil Universtiy of Boras dengan keunggulannya dan arah risetnya yang berbasis University Research Profile Resource Recovery dengan memanfaatkan limbah dan produk samping dari pertanian, hasil hutan, industri dan lainnya.

“Kita memiliki visi untuk memanfaatkan limbah karena limbah adalah resource, Tetapi pengetahuan kita tidak cukup untuk menggunakannya. Kita melakukan penelitian dengan memanfaatkan limbah untuk dijadikan hidrogen, biogas, bioetanol dan lainya,” ujar guru besar Teknologi Bioproses Universtiy of Boras ini.

Kemudian Fredrik Johansson memperkenalkan produk untuk pembuatan biogas yang mudah, ringan, tahan lama dan kualitas baik secara industri paabrikasi atau rumah tangga. “"Misi kami adalah untuk membuat teknologi biogas yang mudah, terjangkau dan dapat diakses oleh banyak kalangan dan intansi,” ujarnya.

Seminar ini diikuti lebih dari 250 peserta yang berasal dari Universitas Bung Hatta, Akademi Teknologi Industri Padang dan perguruan tinggi lainnya, Intansi pemerintah di bidang lingkungan dan kebersihan kota dan pemerhati lingkungan lainnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 16 Desember 2013 - 13:48:33

Mitra Bahari RC Sumbar: Hijaukan Pantai, 300 Penyu pun Di Lepas.
Mitra Bahari RC Sumbar: Hijaukan Pantai, 300 Penyu pun Di Lepas.
bunghatta.ac.id - Program Mitra Bahari Regional Sumatera Barat, bekerjasama dengan PT Agkasa Pura beserta dengan tokoh-tokoh masyarakat serta ratusan pelajar Sekolah Dasar Nagari Kataping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang hijaukan Pantai Ketaping dengan menanam sekitar 400-an pohon cemara. Bersamaan dengan itu juga 300-an tukik Penyu hasil penangkaran pun dilepaskan

Ketua Mitra Bahari RC Sumbar Dr. Eni Kamal, MSc menyebutkan, kegiatan itu merupakan program kemitraan dengan CSR Lingkungan PT . Angkasa Pura.

Ditambahkan Eni Kamal, program tersebut juga merupakan bagian dari “program sabuk hijau” sepanjang pantai barat Sumatera Barat, diharapkan kegiatan tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat setempat sekaligus menciptakan perlindungan pantai dengan pohon dari abrasi serta melestarikan kehidupan penyu di perairan Sumatera Barat. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.242.231.109