Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Gubernur Jambi Tinjau Stan Campus Expo UBH

Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM usai kegiatan pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 mengunjungi dan berfoto bersama di stand promosi Universitas Bung Hatta, Senin (21/04/2014). Dalam kunjungannya Hasan mengatakan banyak juga pelajar Jambi yang melanjutkan kuliah ke Univers....

Kenalkan Universitas Bung Hatta lewat Campus Expo 2014

Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta turut berpartisipasi dalam kegiatan Campus Expo 2014 yang gelar oleh Harian Jambi Ekspres. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari 21-23 April 2014 di Lantai Dasar WTC Batanghari Kota Jambi. Gubernur Provinsi Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM membuk....

Prof. Emil Salim Akan Berikan Orasi Ilmiah di UBH : Mendayung Di Antara Dua Karang

Pada ulang-tahun ke-33 Universitas Bung Hatta, Prof Emil Salim akan memberikan Orasi Ilmiah dengan judul ”Mendayung di Antara Dua Karang, Ketidak Pedulian dan Kealpaan”di Aula Balairung Caraka, Kampus I Universitas Bung Hatta Ulak Karang, Selasa (22/4). Dikutib dari makalah beliau disebutkan....

Teknik Arsitektur UBH: Restorasi Rumah Gadang di Nagari Sumpur

Mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta bersama Masyarakat dan perantau Nagari Sumpur yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Sumpur (IKES), Forum Kampuang Minang Nagari Sumpur (FKMNS), berkerja sama dengan Pusat Studi Restorasi Arsitektur (Pusaka) Universitas Bung Hatta (UBH), Tirto Utomo F....

Mahasiswa Teknik Mesin UBH Gelar Touring Amal

Sebanyak 25 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Touring Amal Keliling Sumatra Barat yang dilaksanakan pada 18-19 April 2014. Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Deco Agustavio menyampaikan kegiatan ini merupak....

FPIK UBH Menjadi Tempat Uji Kompetensi Kelautan dan Perikanan

Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta melaksanakan Pembukaan Pelatihan Asesor Kompetensi dan Kuliah Umum Sosialisasi Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan yang bertempat di Aula Balirung Caraka ....

Jumat 01 Maret 2013 - 14:52:02

FE-UBH Adakan Manajemen Fair
FE-UBH Adakan Manajemen Fair
bunghatta.ac.id - Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi menyelenggarakan pameran manajemen. Manajemen Fair III tersebut digelar di Lantai I Gedung 3 Kampus II UBH, sejak hari ini hingga Jumat (22/3).

Shinta salah seorang panitia pelaksana mengatakan, Manajemen Fair ke 3 tersebut bertemakan " United In The Creation of Management” yang bertujuan bertujuan sebagai sarana akselarasi pertumbuhan dan profesionalisme dalam mewujudkan kampus sebagai tempat sarana pengembangan perekonomian kerakyatan.

Ia menambahkan rangkaian acara yang akan digelar antara lain Bazar yang berlangsung hingga tanggal 22 Maret nanti, Debat Mahasiswa tentang Leadership, Inpiring Leadership dan Manajemen Futsal Cup.

Selama acara berlangsung di pamerkan beberapa produk kewirausahaan karya mahasiswa maupun dari berbagai sponsorship.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi, Kasman Karimi,SE.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, pihak universitas akan mendukung penuh setiap kegiatan yang digelar oleh mahasiswa. Apalagi menampilkan karya-karya dan produk-produk kewirausahaan yang mendukung ekonomi kerakyatan. Menurutnya lagi, dengan menampilkan kelebihan serta berbagai macam keunikan dari berbagai usaha kecil dan menengah, tentunya akan bisa menarik perhatuan drai lembaga pemberian bantuan modal maupun berbagai investor. (**Indrawadi-Humas UBH).

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 01 Maret 2013 - 14:52:02

HUT Ikanita UBH: Bapak-Bapak pun Ikut Merangkai Bunga
HUT Ikanita UBH: Bapak-Bapak pun Ikut Merangkai Bunga
bunghatta.ac.id - Memeriahkan HUT Ikanita UBH ke 29, panitia menggelar berbagai acara yang dipusatkan di Aula Balairung Caraka Kampus I , Senin,18/3, diantaranya lomba merangkai bunga yang di ikuti dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Bung Hatta, Seminar Smart Parenting dengan pembicara Hasbi, SS.MSi yang membahas bagaimana cara makin di cintai anak, berkmomunikasi dengan anak,mengenal bakat anak sehingga anak tahu kemana investasi pendidikan yang tepat bagi anak.

Selain itu juga digelar lomba busana muslim pria seta penyerahan santunan bagi pegawai rumah tangga, sopir dan anak yatim.

“Bagi undangan yang hadir mengikuti rangkaian acara tersebut, juga disediakan door prize” ujar ketua pelaksana Ny. Armaida Suparman Khan.

Sementara itu Ketua Ikanita UBH, Ny. Yes Fachri Ahmad dalam sambutannya menyebutkan bahwa lomba merangkai bunga yang juga di ikuti oleh kaum pria ini mempunyai target ganda, antara lain selama ini tim bunga Ikanita UBH kesulitan mencari kaum pria yang punya keahlian dalam merangkai bunga sekaligus memberdayakan para suami untuk ikut berpartisipasi dalam acara-acara Ikanita.

“Ternyata rangkaian bunga kaum bapak tidak kalah indah dari buatan kaum ibu. Maka, bapak-bapak yang mengikuti lomba merangkai bunga ini harus siap-siap direkrut oleh tim bunga Ikanita” imbuh Ny.Yes.

Ketika lomba berlangsung, terlihat salah seorang pria peserta sangat antusias dalam memangkas dan menata bunga. Bahan baku berupa bunga, daun, dan perlengkapan lainnya sudah disiapkan sebelumnya oleh panitia.

Para juri yang terdiri dari Ny.Ike Martinike, Ny.Susi Herwati dan Ny. Yes Fachri Ahmad, memberi penilaian atas karya masing-masing peserta, berdasarkan kerapian rangkaian ditambah dengan keseimbangan penataan bunga dan daun.

“Ternyata rangkaian bunga kaum bapak tidak kalah indah dari buatan kaum ibu. Maka, bapak-bapak yang mengikuti lomba merangkai bunga ini harus siap-siap direkrut oleh tim bunga Ikanita” imbuh Ny.Yes.

Acara lomba ini juga diselingi dengan makan siang bersama. Tidak lupa dalam kata penutup, Ny.Yes berpesan agar "bakat terpendam" dari kaum bapak jangan dilupakan begitu saja tapi harus ditumbuhkembangkan dengan bergabung ke dalam Tim Bunga Ikanita UBH yang juga bias melayani dekorasi dan persembahan bunga di berbagai event yang di gelar di lingkungan UBH. (**Indrawadi-Humas UBH).

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 01 Maret 2013 - 14:19:00

KATA SISWA TENTANG PENGHAPUSAN UJIAN TULIS SPMB-UBH
KATA SISWA TENTANG PENGHAPUSAN UJIAN TULIS SPMB-UBH
bunghatta.ac.id - Pola penerimaan mahasiswa baru Universitas Bung Hatta TA 2013/2014 berdasarkan seleksi nilai rapor dan pendaftarannya secara online yang mengacu pada pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 tanpa ujian tulis disambut baik para siswa, walau ada juga menuai reaksi beragam dari para siswa. Tentu saja, pro kontra dalam masalah ini tidak terelakkan.

Salah seorang siswa SMAN 1 Muaro Bungo Kabupaten Bungo, Reni Mulyati, setuju dengan pola penerapan masuk perguruan tinggi berdasarkan nilai rapor dan prestasi. “Pasalnya, kata orang ujian SNMPTN tersebut juga karena faktor untung-untungan, lagi pula kami kami kadang sudah stress duluan menghadapi bermacam ujian” ujar Reni.

Hal itu diungkapkannya saat dimintai pendapatnya saat tim sosialisasi pola penerimaan mahasiswa UBH,Jumat,1/3-13.

Lainn halnya dengan Supriyana, ia kurang setuju karena menurutnya bisa saja sudah gagal duluan, karena nilai rapornya tidak mencukupi. “Namun kalau UBH membuka pendaftaran pendaftaran secara online, kami setuju karena tidak perlu lagi harus ke Padang hanya untuk membeli formulir dan ujian, perlu biaya dan waktu” imbuh Supriyana.

Sementara itu, Firdaus, siswa kelas X11 SMAN 1 Tebo, justru menyambut baik pola SPMB-UBH maupun pola SNMPTN 2013 tersebut. Pola ini, kata Firly, akan mempermudah calon mahasiswa dan bibit unggul dari setiap sekolah untuk melanjutkan perguruan tinggi.

Senada dengan Reni, menurut Firdaus, menghadapi ujian tulis SNMPTN sendiri merupakan momen "untung-untungan". Sebab, ketika menghadapi ujian biasanya seseorang akan merasa tegang sehingga mengurangi kosentrasi dan berakibat pada terhambatnya proses pengerjaan soal. "Akibatnya, peserta ujian tulis pun takut akan mendapatkan nilai kecil dan tidak lulus ujian," tuturnya.

Tahun Akademik 2013/2014 ini, Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru berdasarkan nilai rapor dan hasil ujian nasional (UN). Melalui jalur undangan, UBH menggratiskan biaya pendaftaran bagi seluruh calon mahasiswa, sementara melalui jalur mandiri, calon harus membayar Rp. 75 ribu melalui Bank Nagari untuk mendapatkan username dan paswood untuk logn dan mendaftar secara online.(**Indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 26 Februari 2013 - 21:39:56

Para Guru Sambut Baik Penghapusan Jalur Ujian Tulis SPMB-UBH
Para Guru Sambut Baik Penghapusan Jalur Ujian Tulis SPMB-UBH
bunghatta.ac.id - Penghapusan ujian tulis pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta yang mengacu pada pada penghapusan ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) TA 2013/2014 disambut baik oleh para guru. Mereka menilai, dengan mengacu pada rapor siswa dan Ujian Nasional (UN) dan berdasarkan prestasi non akademik, akan dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan siswa.

Hal itu diungkapkan Des Herlina,SPd,MPd Kepsek SMAN 1 Pulau Punjung Kab.Dharmasraya, di ruangan kerjanya, Selasa, 26/2/13 saat tim promosi UBH mensosialisasikan sistim penerimaan mahasiswa baru UBH 2013.

Des menyebut, program SPMB-UBH yang mengacu pada SNMPTN 2013 tersebut, selain menghemat biaya yang harus dikeluarkan siswa. "Sebetulnya mereka tersebut pintar, tetapi ketika menghadapi ujian, mereka stress dan kehilangan kepercayaan diri, dan mereka jenuh menghadapi rangkaian berbagai ujian-ujian”, ujar Des.

Menurutnya, system yang diterapkan UBH tersebut tersebut tentu akan memperluas kesempatan para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Penghapusan jalur tulis SNMPTN maupun SPMB-UBH, tetapi melalui jalur undangan dengan melakukan integrasi nilai rapor dan nilai UN sebagai ganti tes masuk merupakan tindakan efektif dan efisien”, ujarnya lagi.

Sementara itu, Drs Hafrijal Bahar tim promosi UBH menjelaskan, jalur undangan UBH meliputi antara lain berdasarkan prestasi akademik yang di seleksi berdasarkan nilai rapor dan nilai UN, berdasarkan prestasi non akademik, misalnya berprestasi di bidang olah raga, kesenian atau lainnya yang di buktikan dengan piagam atau sertifikat, juga melalui jalur beasiswa bidik misi, atau beasiswa-beasiswa dari insyansi lainnya seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan, Pemda atau lainnya.

“Sedangkan melalui jalur mandiri, calon dapat mendaftar melalui online melalui website UBH di alamat www.bunghatta.ac.id, dengan membayar Rp.75 ribu disetiap kantor cabang Bank Nagari untuk mendapatkan user name dan paswod untuk logn”, imbuh Hafrijal. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 25 Februari 2013 - 19:22:13

Pendaftaran secara online: Beri Kemudahan Bagi Calon Mahasiswa Baru
Pendaftaran secara online: Beri Kemudahan Bagi Calon Mahasiswa Baru
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta (UBH) untuk Tahun Akademik 2011/ 2012 melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui sistem online di alamat http://spmb.bunghatta.ac.id Program pendaftaran online tersebut, metodenya mengacu pada sistim pendafaran SNMPTN guna memudahkan calon mahasiswa yang tinggal di luar kota Padang.

Hal itu di ungkapkan Drs. Abdullah, Kabid Kerjasama dan Promosi UBH di hadapan puluhan siswa/siswi SMAN 1 Sijunjung saat sosialiasi sistim penerimaan mahasiswa baru UBH TA 2013/2014.

Menurutnya, SPMB secara online tersebut merupakan pengembangan dari Sistem Informasi Managemen yang telah dikembangkan Universitas Bung Hatta sejak tiga tahun lalu, sekaligus sebagai komitmen Universitas Bung Hatta memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada calon mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk melakukan pendaftaran dan masuk Universitas Bung Hatta.

“Dengan sistim tersebut, diharapkan bisa mempermudah proses pendaftaran dan menjangkau calon mahasiswa di sejumlah daerah, lebih efesien dan tidak perlu ada biaya transportasi kesana kemari yang hanya untuk mendaftar”, ujar Abdullah.

Ditambahkan Abudllah, mulai TA 2013/2014 UBH menerima mahasiswa baru tanpa melakukan ujian masuk, melainkan melalui jalu undangan dan jalu regular. Melalui jalur undangan berdasakan prestasi akdemik dan non akademik seperti prestasi dibidang olah raga, kesenian, bidik misi, dan beasiswa yang disediakan dari berbagai lembagai seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan, Pemda dan lainnya. Pendaftaran melalui jalur undangan dapat dilakukan secara online melalui www.undangan.bunghatta.ac.id.

Sementara melalui jalur mandiri, calon cukup datang ke Bank Nagari untuk mendapatkan username dan paswood untuk melakukan registrasi pendaftaran dengan membayar Rp. 75 ribu.

“Namun jika di daerahnya tidak ada Bank Nagari, calon bisa menghubungi sanak saudara atau familinya untuk membelikan formulir ke Bank Nagari terdekat, dan mengirimkan username serta paswoodnya melalalui SMS atau telpon atau melalui call center yang tertera di website”, tambah Abdullah.(**Indrawadi-humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 15 Februari 2013 - 11:37:02

UBH Mulai Terima Mahasiswa Baru  Melalui Jalur Undangan dan Mandiri  Secara "Online"
UBH Mulai Terima Mahasiswa Baru Melalui Jalur Undangan dan Mandiri Secara "Online"
bunghatta.ac.id - Pendaftaran untuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta TA 2013/2014 melalui jalur undangan dan mandiri, telah dimulai secara online sejak 11 Februari 2013 s/d 18 Mei 2013. Tahun ini UBH menerima sebanyak 2500 orang mahasiswa baru, naik dari tahun-tahun sebelumnya, menyusul akan dibangunnya Blok B di Kampus II Aia-Pacah,

Hal tersebut dikatakan Rektor UBH Prof.Dr.Fachri Ahmad,MSc kepada wartawan, Jumat (15/2) saat melakukan jumpa pers terkait dengan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru 2013 di Ruang Sidang Rektorat Kampus I UBH,Ulak Karang.

Fachri menjelaskan, untuk tahun ini ada dua jalur masuk Universitas Bung Hatta yakni jalur undangan untuk calon calon mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan SMA sederajat pada tahun 2013 dan mempunyai prestasi akademik serta mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, melalui jalur undangan tersebut dibebaskan dari biaya pendaftaran.

Sedangkan untuk jalur mandiri, dilakukan dengan pola seleksi penjaringan prestasi akademik. Selain itu, persyaratan sekolah mencakup beberapa hal, seperti telah mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS),nilai rapor dan lulus Ujian Nasional

"Untuk tahun ini kita tidak hanya melihat nilai rapor, namun juga prestasi dari siswa bersangkutan. Jika persyaratan telah disiapkan, silahkan daftarkan diri secara online di website www.bunghatta.ac.id, " ujar Fachri

Ditambahkan Fachri, dalam tahun 2013 ini juga, pihak Yayasan Pendidikan Bung Hatta akan membangun Blok B di kampus II Aia Pacah senilai Rp. 17 milyar lebih, Blok A telah selesai di bangun dan sudah digunakan oleh Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta mahasiswa angkatan 2011-2012.

"Pihak yayasasan dan kami akan terus mengembangkan kampus UBH di Aia Pacah tersebut, sedangkan kampus I tetap di pertahankan untuk pengembangan pendidikan profesioanal dan keahlian, misalnya di bidang perikanan, teknik dan lainnya”,ujar Fachri

Bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, katanya, maka yang bersangkutan bisa ikut dalam program Bidik Misi dan khusus bagi anak nelayan dan petani ikan atau yang orang tuanya bergerak di sektor perikanan, bisa mengikuti pendidikan yang di biayai oleh Kementrian Kelautan dan Perikakan.

Tahun kemarin UBH memberikan peluang untuk bidik misi sebanyak 102 orang dan melalui Kementrian Kelautan sebanyak 33 orang serta 40-an mahasiswa asal Mentawai yang di biayai oleh Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 13 Februari 2013 - 10:00:27

BP3M, Selenggarakan Pelatihan Pengisian Borang Evaluasi Mutu Internal
BP3M, Selenggarakan Pelatihan Pengisian Borang Evaluasi Mutu Internal
bunghatta.ac.id - Status akreditasi Perguruan Tinggi adalah kinerja Perguruan Tinggi yang menggambarkan mutu, efisiensi dan relevansi suatu Program studi (Prodi). Status Terakreditasi yang diberikan kepada semua Perguruan Tinggi menjamin lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menghadapi itu, Badan Perencanaan Pengembangan dan Pengendalian Mutu (BP3M) Universitas Bung Hatta menyelenggarakan pelatihan Pengisian Borang Evaluasi Mutu Internal bagi para Pengelola Prodi dilingkungan Universitas Bung Hatta, di Aula Balairung Caraka, Kampus I UBH, Rabu,13/2.

Kepala BP3M Khadavi,ST,MT mengharapkan para pengelola Fakultas dan prodi menguasai dan memahami cara pengisian Borang EMI, sehingga mereka tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam mengajukan berbagai hal ke DIKTI antara lain seperti pengajuan akreditasi terutama bagi prodi yang dalam waktu dekat sudah harus mengajukannya sesuai dengan Kebijakan Akreditasi dari BAN-PT. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 12 Februari 2013 - 11:08:40

bunghatta.ac.id - Mengingat calon guru harus mengenal sosok peserta didik yang beragam sosio-kulturalnya, maka multikulturalisme harus masuk ke dalam pengembangan kurikulum guru. Multukulturalisme mengandung pengertian tentan budaya yang terwujud dalam pola piker dan cara pandang,sikap,serta perilaku seseorang yang unik dan berbeda dari orang lain.

Hal itu di utarakan Prof.Dr.Sapriya,M.Ed dari Universitas Pendidikan Indonesia, dalam pemaparan makalahnya “Pengembangan Kurikulum Program S1” saat acara Lokakarya Pengembangan Kurikulum yang digelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta, di Auala Balairung Caraka, Kampus I UBH Ulak Karang, Selasa,12/2.

Ia menyebutkan keunikan dan keberbedaan tersebut dipengaruhi oleh nilai-nilai local yang dianut oleh sekelompok masyarakat tertentu dan dari mana seseorang tersebut berasal. “Selain itu, perbedaan budaya juga dipengaruhi oleh identitasnya yang bisa ditinjau dari gender,agama, bahasa yang digunakan maupun perkembangan usia”, tambah Sapriya.

Ditambahkan, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum pendidikan harus mencakup antara lain, keutuhan pendidikan professional guru, keterkaitan belajar mengajar,koherensi antar konten kurikulum, multikulturalisme dan kearifan local,pembaharuan dan kesinambungan, fleksibilitas, hak asasi dan kesetaraan gender, pendidikn inklusi,kesadaran lingkungan serta demokrasi.

Lokakarya pengembangan kurikulum tersebut, diikuti oleh seluruh dosen dari 7 program studi di linnkungan FKIP-UBH yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UBH Dr.Eko Alfares,Z.MSAA. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 04 Februari 2013 - 15:23:00

Transplantasi Terumbu Karang, Berbuah Hasil
Transplantasi Terumbu Karang, Berbuah Hasil
bunghatta.ac.id - Hasil transplantasi terumbu karang yang dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa Diving Proklamator Universitas Bung Hatta Pada bulan Oktober tahun lalu, Unit Kegiatan Mahasiswa Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, bersama-sama dengan Pelajar SDN 25 Carocok Anau Nagari Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, serta dengan masyarakat setempat pantas berbangga dan beruntung, karena kegiatan transplantasi terumbu karang di daerah mereka, dalam rangka ikut melestarikan sumberdaya kelautan dan pesisir, menunjukkan hasil yang sangat mengembirakan.

Hal itu terpantau pada monitoring dan penyelaman yang dilakukan sepanjang Sabtu (2/2) dan Minggu (3/2/2013) kemarin.

Berbagai jenis terumbu karang acropora dan non acropora yang ditransplantasi sejak beberapa bulan lalu tampak mulai tumbuh. Di antaranya jenis Pocillopra dan sejumlah jenis karang bercabang Seriatopora sp. Hasil stek terumbu karang itu terlihat telah menyatu dengan substrat berupa wadah dari semen yang dijadikan dudukan. Namun sebagian besar hasil transplantasi itu terlihat mulai didekati sedimen.

Mabruri Tanjung dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Diving Proklamator Universitas Bung Hatta Padang, menjelaskan kegiatan transplantasi itu dilakukan bersama dengan masyarakat, pelajar-pelajar tersebut sekitar 4000 buah subtrat-subtrat beton diatas rangka besi dan yang di benamkan ke dasar laut pada sampai pada kedalaman 5 meter.

“Sebelum turun kelapangan, terlebih dahulu kami mengadakan pengenalaan tentang terumbu karang dan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk pelestarian terumbu karang” ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, sedimentasi yang terjadi di kawasan perairan itu disebabkan sejumlah hal. Di antaranya abrasi pantai dan struktur pulau berpasir yang dipengaruhi pola pasang gelombang dan perubahan arus yang terus terjadi.

“Untuk itulah kita lakukan monitoring sekaligus membersihkannya dari sedimen-sedimen tersebut” imbuhnya lagi.

Sementara itu David hidayat, Ketua UKM Diving Proklamator menyebutkan, kegiatan monitoring dilakukan meliputi pembersihan, penggantian bibit yang mati, mengukur tingkat pertumbuhan karang serta pemantauan jenis terumbu karang yang cocok di daerah tersebut.

"Sementara ini belum ditemukan bibit yang mati, dan karang yang di transplantasi pun sudah menempel ke substratnya meski pertumbuhanya belum terlihat," ungkapnya.

Transplantasi terumbu karang merupakan sebagai salah satu teknik pelestarian (rehabilitasi) terumbu karang yang semakin terdegradasi dengan teknik pencangkokan. Tujuan Transplantasi pada dasarnya adalah untuk pelestarian ekosistem terumbu karang yang berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak. Atau untuk membangun daerah terumbu karang yang baru yang sebelumnya tidak ada. **Indrawadi-humas UBH/foto: Mabruri Tanjung
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 01 Februari 2013 - 10:15:19

402 Mahasiswa FKIP Ikuti Orientasi PLK :Tingkatkan Kompetensi Jadi Pendidik
402 Mahasiswa FKIP Ikuti Orientasi PLK :Tingkatkan Kompetensi Jadi Pendidik
bunghatta.ac.id - Praktik Lapangan kependidikan (PLK) bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan mata kuliah intrakurikuler yang penting. Sebab, kegiatan ini senantiasa berupaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang bakal menjadi tenaga pendidik di masa datang.

“Karena itu, model-model pembelajaran yang terkait dengan PPL harus dapat disempurnakan dan ditingkatkan serta disesuaikan dengan perkembangan zaman,” ungkap Indang Dewata, Kadis Pendidikan Kota Padang, saat membuka pembekalan mahasiswa PLK FKIP-UBH Aula Balairung Caraka, Kampus I Ulak Karang, 1/2/13.

Disebutkan Indang, PLK bagi mahasiswa FKIP UBH tersebut dapat menjadikan mahasiswa yang unggul dan memiliki kompetensi keterampilan mengajar di sekolah nantinya dan dengan digelarnya PPL maka akan dapat menempa lulusan yang bukan saja dapat memiliki praktek keilmuan, tetapi juga memiliki pengalaman praktek mengajar secara langsung di lapangan.

Sementara itu, Dekan FKIP-UBH Dr.Marsis,MP.d menyebutkan PLK periode Februari April 2013 tersebut di ikuti sebanyak 402 orang dari 7 program studi yakni prodi pendidikan Bahasa Inggris, pendidikan Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Biologi,PGSD dan PTIK.

“Keseluruhan mahasiswa yang mengikuti PLK ini nantinya akan tersebar melakukan praktek mengajar secara langsung di SD,SMP,MTsN,SMA dan SMK se-Kota Padang” sebut Marsis.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan PLK, mahasiswa tidak hanya akan mempraktikkan teori pendidikan juga kejuruan yang sudah diterima sebelumnya di perkuliahan.Kegiatan tersebut sekaligus sebagai bentuk praktik riil yang disebut dengan real class room teaching.

Ketua UPT-PL Dra.Niniwati,M.Pd menyebutkan, orientasi PLK berlansung selama 1 hari penuh dengan mendatangkan pamateri Muhammad Hasbi,S.Pd, Kepala SMPN2 Padang dengan materi “Pengalaman Bersama Mahasiswa PLK”, sedangkan Dr.H.Welya Roza,M.Pd akan memberikan materi “Profesionalisme Calon Guru” dan Informasi Teknis Pelaksanaan PLK oleh ketua UPT-PL FKIP-UBH.(**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 50.19.74.67