Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Sosialisasi Posdaya Proklamator, Kenalkan Tas Laptop Dari Sampah

Limbah plastik adalah bahan yang sulit diuraikan mikroorganisme jika hanya ditimbun di dalam tanah. Butuh waktu hingga ratusan tahun lamanya untuk membuat plastik dapat terurai. Butuh banyak cara untuk dapat mereduksi limbah plastik tersebut. Salah satunya, yaitu dengan memanfaatkannya menjadi baran....

240 Mahasiswa FKIP UBH Ikuti Praktik Lapangan Kependidikan

Sebanyak 240 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (23/01/2015). Dalam sambutan pembukaannya Wakil Rektor I Universitas....

Mahasiswa Hukum UBH Penelitian di International Committee of the Red Cross Indonesia

Yudhi Rahman mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta melakukan melakukan penelitian tugas ke International Comminte Of The Red Cross (ICRC) Delegasi Indonesia di Jakarta pada 12-15 Januari 2015 lalu. Menurut Yudhi penelitian yang dia lakukannya seputar kasus-kasus yang terjadi kepada pet....

Gubernur Sumbar Dukung Forum Akademis Samudra Hindia

Beberapa bulan kedepan Forum Akademis Samudra Hindia akan segera dideklarasikan. Forum ini dibentuk oleh 14 perguruan tinggi ternama dari Indonesia dan Malaysia. Untuk mempersiapkannya Tim Forum Akademis Samudra Hindia Universitas Bung Hatta mengadakan audiensi dengan Gubernur Sumatra Barat di Ruma....

Sry Melvy, Mahasiswa Sastra Jepang UBH Dikirim ke Jepang

Satu lagi mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta yaitu Sry Melvy mahasiswa angkatan 2012 akan berangkat ke Jepang mengikuti program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS) 2.0 atau Jaringan Pertukaran untuk Mahasiswa dan Pemuda Jepa....

Dosen UBH Peroleh 44 Proposal Penelitian dan PKM Dikti

Sebanyak 44 proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Bung Hatta yang diajukan ke Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi berhasil lolos untuk mendapatkan Hibah Penelitian Perguruan Tinggi Tahun 2015. Direktur Lembaga Penelitian d....

Senin 21 Januari 2013 - 08:57:19

News Foto: Kampus II Jl.By Pass Air Pacah
News Foto: Kampus II Jl.By Pass Air Pacah
bunghatta.ac.id - Kampus II, Jl. By Pass Aia Pacah, Minggu,20/1-13
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 17 Januari 2013 - 09:28:14

MoU Universitas Bung Hatta dengan Pemkab.Dharmasraya: Pokok-pokok  pikiran UBH untuk Pemkab Dharmasraya
MoU Universitas Bung Hatta dengan Pemkab.Dharmasraya: Pokok-pokok pikiran UBH untuk Pemkab Dharmasraya
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr.Fachri Ahmad,MSc dan Bupati Kabupaten Dharmasraya H.Adi Gunawan menandatangani naskah MoU antara Kabupaten Dharmasraya dengan Universitas Bung Hatta, di auditorium kantor Bupati Dharmasraya, Pulau Punjung,16/1-13.

Dalam sambutannya Rektor UBH menyebutkan, Mou tersebut bertujuan adalah untuk saling mendayagunakan kemampuan kedua pihak dalam penyeimbangan potensi Kabupaten Dharmasraya dan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berhubungan dengan tugas dan kewajiban masing-masing pihak.

“Kami telah menyiapkan pokok-pokok pikiran Universitas Bung Hatta untuk pengembangan Sumberdaya Kabupaten Dharmasraya, berupa isu-isu strategis dan kebutuhan pembangunan Kabupaten Dharmasraya, poin-poin program kerjasama dan rangkuman program pembangunan Kab.Dharmasraya, dan untuk implementasinya, akan dilanjutkan lebih intensif antara fakultas-fakultas yang ada di UBH dengan kepala SKPD terkait”, ujar Fachri

Bupati Dharmasraya H.Adi Gunawan dalam sambutannya mengatakan, pihaknya antusias dan menyambut baik adanya MoU dengan Universitas Bung Hatta, salah satu poin nya adalah dibidang pendidikan. Menurutnya bidang pendidikan merupakan sector utama dan penentu keberhasilan pengembangan dan pembangunan daerah.

Ia menyebutkan pendidikan yang baik akan menghasilkan SDM yang berkualitas, SDA yang melimpah akan dapat dimaksimalkan apabila dikelola oleh SDM yang baik dan berkualitas.

“Mou yang ditandatangani ini, jangan hanya menjadi secarik kertas, tetapi harus juga ditindak lanjuti dengan merumuskan tindakan nyata, untuk itu saya minta semua elemen terkait, kepala SKPD, tokoh masyarakat, DPRD memberikan dukungan penuh dan berdiskusi yang intensif dengan UBH” harap Bupati.

Ia menambahkan bahwa, Pemkab Dharmasraya bertekad menjadikan sebagai pusat perekonomian untuk Sumatera Tengah dengan pengembangan disegala sektor, utamannya sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sarana dan prasarana dan ekonomi kerakyatan.

Turut hadir dalam acara penandatangan naskah Mou tersebut, Setda Dharmasraya Benny Mukhtar,Forum Komunikasi Antar Daerah, anggota DPRD,Dewan Pendidikan,Asisten Administrasi umum, Tokoh-tokoh masyarakat dan sejumlah kepala SKPD serta undangan lainnya, sementara dari pihak UBH di hadiri Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Perikanan,LPPM,Wakil Rektor III dan Bidang kerjasama dan promosi. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 15 Januari 2013 - 16:32:02

bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta, Prof.Dr. Fachri Ahmad,MSc menjelaskan, mulai Tahun Akdemik 2013/2014, seleksi calon mahasiswa baru Universitas Bung Hatta akan memberlakukan jalur seleksi Akademik dan rapor (hasil ujian sekolah) dan jalur hasil Ujian Nasional.Hal itu ditegaskan saat rapat persiapan penerimaan mahasiswa baru di ruangan siding rektor, Selasa,14/1.

“Selain melalui jalur prestasi akademik, pihak UBH juga memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi non akademik minimal tingkat kabupaten atau kota”, imbuhnya.

Menurutnya lagi,mekanisme atau sistem penerimaan melalui jalur prestasi akademik dan ujian nasioanal mengacu pada sistim penerimaan mahasiswa baru PTN yang juga dimulai tahun ini.

“Universitas Bung Hatta bisa melakukan itu, karena semua program studi yang ada di Universitas Bung Hatta telah terakreditasi dengan peringkat “B”, dan kita semua telah tahu bahwa, akreditasi sebuah program studi adalah pengakuan pemerintah atau DIKTI terhadap sebuah program studi, artinya tidak ada beda antara PTN dan PTS” ujarnya lagi.(Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 10 Januari 2013 - 13:50:06

Februari 2013 Pembangunan Blok B Kampus II Di Mulai
Februari 2013 Pembangunan Blok B Kampus II Di Mulai
bunghatta.ac.id - Menghadapi tahun akademik 2013/2014, bulan depan Yayasan Pendidikan Bung Hatta akan melanjutkan pembangunan Blok B Kampus II Universitas Bung Hatta, yang terdiri dari tiga gedung.

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Eko Alvares,MSAA selaku ketua Tim Pengembangan dan pembangunan kampus UBH diruangan kerjanya, Kamis (10/1), menjelaskan bahwa pembangunan Blok B tersebut sudah menjadi keharusan yang tidak bisa ditunda lagi, mengingat penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2013/2014 sudah hampir dekat.

“Blok B tersebut terdiri dari 3 gedung, dan targetnya, satu gedung di bolok B tersebut selesai dan bisa digunakan untuk mahasiswa baru, sementara dua gedung lainnya harus selesai dalam tahun 2013 ini juga” ujar Eko.

Ia menambahkan, untuk pembangunan ketiga gedung tersebut, pihak Yayasan Pendidikan Bung Hatta telah menganggarkan dana sekitar Rp. 20M.

Pengembangan kampus Universitas Bung Hatta di kawasan Aia Pacah Jl.By Pass tersebut telah dimulai sejak tahun 2010 lalu, dan saat ini telah berdiri 3 gedung kuliah dan administrasi serta 2 gedung Gelanggang Olah Raga dan Seni.

Kelima gedung tersebut saat ini telah di pergunakan oleh seluruh mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 serta sejak TA 2012/2013 Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan telah melaksanakan kegiatan akademik dan perkuliahan di kampus II tersebut. (*Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 19 Desember 2012 - 23:33:35

Cinderamata
Cinderamata
bunghatta.ac.id - Wakil Rektor II Dra.Susi Herawati,M.Pd, menyerahkan cinderamata beupa plakat Universitas Bung Hatta kepada salah satu pimpinan PT.Chevron, sebelum memulai pertandingan tenis di lapangan tenis PT.Chevron, dalam rangka menjajaki MoU antara Universitas Bung Hatta dengan PT.Chevron, (Rumbai,16/12)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 19 Desember 2012 - 14:25:44

Kampus II Jl.By Pass Air Pacah
Kampus II Jl.By Pass Air Pacah
bunghatta.ac.id -
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 12 Desember 2012 - 11:28:34

bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta, akan menggelar Workshop Jurnalistik dan Fotografi bagi mahasiswa. Selain workshop juga digelar lomba foto dan lomba penulisan esei.

Suci Pujiani, ketua pelaksana mengatakan, workshop akan diadakan di Aula Balairung Caraka Kampus I Ulak Karang pada tanggal 22 Desember nanti, dengan menghadirkan 4 narasumber yang akan membagi ilmu jurnalistiknya yaitu Khairul Jasmi (Pemimpin Redaksi Harian Singgalang), Montosori (Pemimpin Redaksi Harian Padang Ekspres), Muhammad Fitrah (Fotografer Harian Singgalang) dan Indrawadi (Humas UBH) akan memberikan materi tentang Citijen Journalism.

Menurutnya lagi, untuk mengikuti rangkaian workshop tersebut, tiap peserta dikenakan insert Rp. 15.000,- untuk jurnalistik, Rp. 25.000,- untuk lomba esei dengan tema Kebudayaan Indonesia di Mata Dunia dan Indonesia di Mata Anak Bangsa.

“Kriteria esai adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar menggunakan aturan EYD dan peserta terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan umum. Format tulisan adalah microsoft word, jumlah kata minimal 1500 kata dan maksimal 3000 kata, diketik dengan times new roman, size 12, spasi 1,5 dan ukuran kertas A4 margin 4333”, imbuh Suci
Sementara untuk lomba foto jurnalistik, dikenakan insert Rp. 50.000,- dengan tema : Kehidupan Sosial-Budaya Indonesia, dengan ketentuan foto bisa diambil dengan kamera HP, kamera digital, atau kamera analog. Olah digital diperbolehkan sebatas perbaikan kualitas foto tanpa mengubah keaslian foto.

Peserta foto jurnalistik dapat mengirimkan maksimal dua foto, dan foto dicetak tanpa list, dimasukkan ke dalam amplop coklat beserta formulir dan bukti pembayaran, dan dikirim ke alamat Sekretariat UKM Wawasan Proklamator, Kampus I Universitas Bung Hatta Jln. Sumatera Ulak Karang, Padang.

“Pendaftaran bisa dilakukan di stan Kampus I UBH yang berlokasi di Sekretariat UKM WP Kompleks Pusgawa Kampus I UBH dan stan Kampus II UBH Aie Pacah, atau bisa menghubungi Suci (085658434008) dan Didi (081275486055)”, ujar Suci mengakhiri.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 11 Desember 2012 - 10:38:24

bunghatta.ac.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta kembali mengelar workshop Penulisan Proposal Penelitian bagi Dosen Muda, sebagai bagian dari implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi dan berjalan seimbang, baik dibidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat saling bersinergis, diruangan siding Rektor Kampus I, Selasa,11/12.

Direktur LPPM-UBH Dr. Elfiondri,M.Hum mengatakan, pihak Universitas menginginkan semakin banyak dosennya memenangkan dana hibah penelitian yang disediakan Dikti untuk pengembangan keilmuan dan lembaga.

Ia menyebutkan workshop penulisan proposal penelitian tersebut, menghadirkan pembicara Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri,MS, dan Ir. Haryani,MT.

Sementara itu Rektor UBH Prof.Dr.Ir.Fachri Ahmad,MSc dalam sambutannya mengungkapkan, hampir tiap tahun dosen-dosen di UBH diberikan pelatihan menyusun proposal penelitian untuk bisa menembus Dikti baik dalam hibah bersaing, hibah kompetisi maupun dosen muda.

“Selama ini memang ada dosen-dosen yang memenangkan dana hibah Dikti, namun jumlahnya perlu ditingkatkan”, imbuhnya

Menurutnya lagi, dosen –dosen muda di lingkungan UBH memiliki potensi untuk meraih hibah-hibah tersebut, makanya, saat workshop akan dijelaskan secara panjang lebar tentang metodologi penelitian, cara menyusun,kiat-kiat pembuatan proposal, kiat menembus dan strategi memenangkan dana penelitian sehingga melahirkan proposal mana yang layak mendapatkan hibah.

Ia menambahkan, agar dosen-dosen muda lebih proaktif membuka website Dikti karena pengajuan judul bisa online. Penelitian yang diinginkan yakni berkualitas dan bermanfaat bagi lembaga dan pengembangan ilmu khususnya di bidang kependidikan.

“Menangkan peluang yang ada. Kuncinya, kemauan dan semangat untuk terus meneliti”, harap Fachri (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 05 Desember 2012 - 08:59:17

Alumni UBH, Kurniawan Mas’Ud, Raih Anugerah Adiwarta 2012
Alumni UBH, Kurniawan Mas’Ud, Raih Anugerah Adiwarta 2012
bunghatta.ac.id - Fotografer Tabloid Prioritas (Media Indonesia Group) Kurniawan Mas’Ud meraih Anugerah Adiwarta 2012 atas fotonya dalam kategori Seni & Budaya, dan Olahraga. Foto berjudul "Laskar Bumi Segandu" berhasil menyisihkan ratusan karya pewarta foto lainnya. Anugerah Adiwarta 2012 digelar di Ballroom Hotel Four Seasons, Jakarta, Selasa (4/12/2012).

Kurniawan Mas’Ud , jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta angkatan 2003 itu sebelum menekuni dunia jurnalis, aktif bergiat di Komunitas Photografer Patiakers dan KOMA-UBH (Komunitas Photografer Mahasiswa Universitas Bung Hatta).

Karya Foto Jurnalistik Wawan, panggilan akrab Kurniawan Mas”Ud yang meraih Adiwarta 2012, menceritakan tentang Komunitas Suku Dayak Hindu Budha Bumi Losarang Indramayu yang di identikan dengan microcosmos Nusantara. Yakni dunia kecil, khususnya manusia dan sifat kemanusiaan yang merupakan contoh dalam ukuran kecil dari alam semesta. Karya foto tersebut dapat juga di lihat di http://kurniaproject.wordpress.com/2012/06/04/bumi-segandu-microcosmos-nusantara/.

Anugerah Adiwarta merupakan sebuah ajang penghargaan bergengsi dan independen yang didukung oleh jajaran dewan juri yang kompeten di bidangnya, yang ditujukan bagi insan media tanah air. Sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2006, Anugerah Adiwarta memiliki tujuan untuk memberikan motivasi dan apresiasi kepada insan media Indonesia agar dapat terus meningkatkan kualitas karyanya.

Kategori yang dilombakan dalam Anugerah Adiwarta adalah Cetak/Online, Foto Berita, dan Televisi. Pada kategori Cetak/Online, terdapat dua sub kategori, yaitu: Liputan Investigatif dan Liputan Kemanusiaan. Khusus untuk Liputan Kemanusiaan dan Foto Berita terdapat tujuh bidang yang dilombakan yaitu: Sosial, Ekonomi & Bisnis, Lingkungan, Politik, Hukum, Seni & Budaya, dan Olahraga. Sementara itu, Kategori Televisi dibedakan menjadi Televisi Nasional dan Televisi Lokal. Masing-masing memiliki dua sub kategori, yaitu: Liputan Investigatif dan Dokumenter. (**Indrawadi-Humas UBH/dari berbagai sumber).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 04 Desember 2012 - 12:31:46

bunghatta.ac.id - Raut wajah penuh keceriaan terlihat pada 102 mahasiswa Universitas Bung Hatta penerima bidik misi di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus I UBH, Selasa 4/12. Pasalnya, UBH melalui Bidang III Biro Administrasi Akademik & Kemahasiswaan (BAAK) telah memfasilitasi proses penerimaan beasiswa bidik misi.

Wakil Rektor Bidang III UBH, Drs. Suparman Khan,M.Hum mengungkapkan, kiranya beasiswa yang diterimakan agar dipergunakan sebaik-baiknya untuk mendukung proses belajar.

“Usahkan tidak digunakan untuk membeli barang-barang yang konsumtif, dan perlu diingat bahwa jatah beasiswa bidik misi ada waktunya, seperti untuk mahasiswa S1 hanya delapan semester“ ungkapnya.
Ditambahkan, para mahasiswa diharapkan untuk terus berprestasi.

“Kita tunjukkan bahwa nanti yang akan mewakili UNSOED dalam perlombaan karya ilmiah, dalam kompetisi-kompetisi mahasiswa adalah mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, “ tuturnya lagiyang langsung disambut gemuruh persetujuan dari para mahasiswa.

Masing-masing penerima beasiswa bidik bisi akan menerima Rp. 3.600.000 untuk biaya hidup yang ditransfer langsung ke rekening mahasiswa bersangkutan dan Rp.2.400.000 di kelola langsung oleh Universitas untuk biaya kuliah. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.83.118.45