Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Dialog Kematematikaan Pendidikan Matematika UBH

Dialog merupakan salah satu bentuk dari komunikasi yang bertujuan untuk mencari dan menggali informasi. Dengan berdialog dapat memunculkan permasalahan-permasalahan dan juga mencari solusinya dalam pembelajaran. Hal itu disampaikan Drs. Khairul. M.Sc saat membuka acara Dialog Kematematikaan yang ....

Pertemuan Kelembagaan Mahasiswa Dengan Bidang Kemahasiswaan

Bidang Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta mengatakan pertemuan dengan kelembagaan mahasiswa dari tingkat fakultas hingga universitas yang berlangsung di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (28/11/2014) sore. Pertemuan ini diikuti oleh Dewan P....

Syarat Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UBH, Pendaftaran hingga 28 November 2014

Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Universitas Bung Hatta telah membuka pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk masa bakti 2014-2015 yang dimulai sejak 19 hingga 28 November 2014 dengan persyaratan sebagai berikut: 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2....

Dalami Teori, Mahasiswa Teknik Kimia UBH Kunjungi Industri CPO

Memperkaya pengetahuan tidak hanya belajar teoritis di ruang perkuliahan saja tetapi dapat juga didalami melalui kunjungan lapangan ke industri, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang mengunjungi PT. Bina Pratama Sakato Jaya....

Temu Ramah Mahasiswa Manajemen Universitas Bung Hatta

Untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar mahasiswa, dosen dan alumninya, jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Temu Ramah Masyarakat Manajemen dengan tajuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar masyarakat jurusan Manajemen yang berlangsung di A....

LIMA Campus Corner Kunjungi UBH

Tim dari Liga Mahasiswa (LIMA) Campus Corner melakukan kunjungan ke Universitas Bung Hattta dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan LIMA sekaligus mengajak para mahasiswa untuk mendukung tim dari perguruan tingginya yang mengikuti pertandingan Bola Basket katagori Sumatera Conference yang diad....

Rabu 04 Juli 2012 - 09:20:18

bunghatta.ac.id - Sebanyak 304 mahasiswa UBH yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) di Kab.Tanah Datar, diterima secara resmi oleh Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Drs.Muzwar.M di Aula kantor Bupati, Senen (2-7). Rombongan mahasiswa tersebut antarkan Wakil Rektor I UBH Dr.Eko Alfares, MSAA di dampingi 10 dosen pendamping lapangan dan Ir.Mas Eriza,MP koordinator pelaksana KKN-PPM Kab. Tanah Datar.

Dalam hantarannya Eko Alfarez menyebutkan, mahasiswa KKN-PPM tersebut akan mengabdi ditengah-tengah masyarakat Tanah Datar dari tanggal 2 Juli sampai 15 Agustus 2012 pada lima kecamatan dan 10 Nagari, lokasi penempatan terdiri dari kecamatan lima kaum dua Nagari ( Nagari Labuah dan Nagari Parambahan), kecamatan Tanjung Emas Nagari Saruaso, Tanjung Barulak dan nagari Koto Tangah, kecamatan Lintau Buo Nagari Pangian dan Nagari Taluak, kecamatan Lintau Buo Utara Nagari Batu Bulek dan Nagari Lubuk Jantan serta kecamatan Sungai Tarab Nagari Kumango.

Eko menambahkan, pelaksanaan KKN-PPM periode ke-2 tersebut di ikuti oleh 1690 mahasiswa yang tersebar di 53 kenagarian di Kabupaten Agam,Tanah Datar,Pesisir Selatan,Pasaman Barat, Pasaman, Padang Pariaman dan Sijunjung.

Dalam sambutannya Sekda Tanah Datar Drs.Muzwar.M mengatakan, keberadaan mahasiswa KKN ditengah-tengah masyarakat akan sangat membantu sekali program dan kegiatan yang ada disetiap nagari yang ditempati.

Ia menambahkan, bahwa kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo merupakan “Pusek Jalo Pumpunan Ikan”, dengan arti kata di Tanah Datar lah letaknya pusat kerajaan Minangkabau, tepatnya di Nagari Pagaruyung, dan Nagari tertua juga berada di Tanah Datar yaitu Nagari Pariangan.

“Sangat banyak peninggalan sejarah yang ada di Tanah Datar, sekaligus Tanah Datar juga salah satu daerah tujuan pariwisata di Sumatera Barat” imbuhnya.

Selama pelaksanaan KKN-PPM, pada pertamanya para mahasiswa tersebut ditugaskan untuk membuat profil nagari, dan nagari yang sudah punya akan dilengkapi data-datanya.

“Profil nagari tersebut sangat penting sekali, untuk Tanah Datar baru sekitar 20 buah Nagari yang sudah mempunyai profil nagari”, tambah Muzwar

Di akui Muzwar bahwa, dalam penyusunan program dan kegiatan di Nagari masih banyak yang berorientasi pada keinginan, bukan kepada kebutuhan, diharapkan keberadaan mahasiswa di Nagari dapat memberikan motifasi kepada masyarakat agar dapat menyusun program pembangunan itu yang berorientasi pada kebutuhan.

Penyerahan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta kepada Bupati Tanah Datar ditandai dengan penyerahan daftar nama-nama mahasiswa dan penyerahan bendera KKN-PPM dari Purek I Eko Alfars diterima Sekda Muzwar.M dan selanjutnya diserahkan kepada Camat yang diwakili Sekcam Tanjung Emas Nasrizal,SE.

Selama pelaksanaan KKN-PPM tersebut para Camat, walinagari, kepala jorong dan masyarakat, memfasilitasi mahasiswa peserta KKN-PPM, dengan menyediakan pemondokan yang untuk mahasiswa. Semua peserta juga dilindungi dengan asuransi dan jaminan kesehatan. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 03 Juli 2012 - 13:48:44

Bupati Sijunjung Terima 152 Mahasiswa KKN-PPM UBH
Bupati Sijunjung Terima 152 Mahasiswa KKN-PPM UBH
bunghatta.ac.id - Bupati Kab.Sijunjung Yuswir Arifin, didampingi Medison, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari Kabupaten Sijunjung, menerima 152 mahasiswa Universita Bung Hatta yang akan melakanakan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dari 2 Juli 15 Agustus 2012, di lima kenagarian di dua kecamatan Sijunjung, di gedung Pancasila, Senin (2/7).

Sebelum rombongan mahasiswa itu diterima secara resmi, terlebih dahulu di tanda tangani naskah MoU antara Bupati Sijunjung dengan Rektor Universitas Bung Hatta tentang pelaksanaan KKN-PPM.

Penandatanganan naskah MoU tersebut juga dihadiri oleh Camat Kamang Baru dan Camat Lubuk Tarok dan Wali Nagari Sungai Lansek, Muaro Takung, Kamung Dalam, Silongo dan Wali Nagari Latang lokasi pelaksanaan KKN-PPM. Sementara Rektor UBH Prof.Dr.Hafrijal Syandri di dampingi Wakil Rektor III dan Kordinator Kabupaten serta lima dosen pendamping.

Dalam laporannya Medison menyebutkan di Kab.Kabupaten Sijunjung, selain UBH yang melaksanakan KKN-PPM juga dari UNAND, IAIN-IB, ISI Padang Panjang, STAI-SN dan STIT AL Yaqin yang akan berlangsung sampai dengan bulan September nanti.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam sambutannya berharap kepada seluruh mahasiswa agar melaksanakan KKN-PPM dengan sebaik-baiknya.

“Jangan KKN-PPM hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan perkuliahan, tapi upayakan supaya mempunyai arti dan berdampak positif terhadap kemajuan daerah dan masyarakat”,
Ia menambahkan dalam pelaksanaan KKN-PPM, diharapkan mahasiswa dapat menumbuhkan motivasi dan etos kerja masyarakat dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki guna peningkatan kesejahtraan sosial ekonomi.

Selama pelaksanaan KKN-PPM para Camat, walinagari, kepala jorong dan masyarakat, selain memfasilitasi pelaksanaan KKN-PPM, bupati juga berharap menyediakan pemondokan yang representatif untuk mahasiswa.
Rektor UBH menyebutkan, pelaksanaan KKN-PPM UBH periode kedua ini diikuti oleh 1690 mahasiswa yang tersebar di 53 kenagarian di Kabupaten Agam,Tanah Datar,Pesisir Selatan,Pasaman Barat, Pasaman, Padang Pariaman dan Sijunjung.

Senada dengan Bupati Sijunjung, Rektor UBH pun juga berharap kepada jajaran Pemkab Sijunjung dan Pemkab lainnya dan masyarakat menerima dan membimbing mahasiswa yang KKN-PPM, supaya mereka bisa mengaplikasikan imu yang diperoleh di bangku perkuliahan sebagaimana mestinya di tengah masyarakat. (** Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juli 2012 - 09:06:15

bunghatta.ac.id - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Senin, 2/7 melepas 1.690 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta. Ini merupakan KKN-PPM ke-2 setelah 31 tahun keberadaas Universitas Bung Hatta.

Koordinator pelaksana KKN-PPM UBH Dr. Elfiondri menjelaskan, mahasiswa KKN-PPM UBH tersebut akan menempati 7 Kabupaten dengan 59 kenagarian. Kabupaten yang dijadikan lokasi kali ini meliputi Kab.Agam ( 9 kenagarian), Kab.Padang Pariaman (11 kenagarian), Kab.Pasaman (4 kenagarian), Kab.Pasaman Barat (9 kenagarian), Kab.Pesisir Selatan (18 Kenagarian), Kab.Sijunjung (5 kenagrian), dan Kab.Tanah Datar (10 kenagarian).

‘’Selama pelaksanaan, mahasiswa peserta KKN-PPM tersebut akan di damping oleh 59 Dosen Pendamping lapangan dan 7 orang koordinator masing-masing kabupaten” kata Elfiondri di tengah hiruk pikuk para mahasiswa yang akan berangkat ke lokasi KKN-PPM.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya menyebutkan kegiatan KKN-PPM yang dilaksanakan UBH, tidaklah semata bagian dari pelaksanaan kegiatan akademik, tetapi juga adalah sebagai aplikasi dari pembelajaran yang didapat selama dibangku perkuliahan ketengah-tengah masyarakat.

“KKN merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk melihat langsung kenyataan yang terjadi di tengah masyarakat” ujar Irwan.

Irwan mengajak mahasiswa untuk memberi penguatan kepada masyarakat desa dalam berbagai bidang . Ia juga berharap mahasiswa juga dapat menyulut upaya pengurangan angka kemiskinan di Sumatera Barat. Dengan jalan memberi pemahaman kepada masyarakat di pedesaan untuk memperbaiki pola hidup.

Ditempat yang sama Rektor UBH Prof. Hafrijal Syandri dalam acara pelepasan yang dihadiri seluru Dosen Pendamping Lapangan serta jajaran pimpinan Yayasan Pendidikan Bung Hatta mengatakan bahwa, di setiap Kabupaten pserta KKN akan di sambut oleh Bupati masing-masing Kabupaten, Camat serta walinagari.

"Perlihatkan karya nyata selama KKN dengan belajar sebaik-baiknya dari masyarakat," ujar Hafrijal.

Hafrijal berharap, selama menjalani KKN mahasiswa dapat menjaga sikap dan membantu masyarakat ditempat melayani. Hingga berakhirnya KKN mahasiswa juga diharapkan membawa serta bekal pengetahuan dan wawasan untuk disalurkan melalui keahlian pendidikan, tidak saja untuk kepentingan penelitian akhir kuliah.

Ia menambahkan, setiap peserta mendapat perlindungan asuransi ganda, yakni asuransi kesehatan yang telah berlangsung sejak begitu mereka terdaftar sebagai mahasiswa UBH dan perlindungan asuransi khusus selama KKN-PPM dari Asuransi Jiwas Raya. (*Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 29 Juni 2012 - 13:55:23

bunghatta.ac.id - Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Bung Hatta (UBH) Nomor : 3135/SK-1/KP/V-2012, tentang penetapan fakultas yang melaksanakan kegiatan akademik dan pelayanan administrasi di Kampus II UBH. Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) akan dipindahkan ke Kampus II UBH Aia Pacah pada awal semester TA 2012/2013.

Hal itu disampaikan Rektor UBH Prof.Dr. Hafrijal Syandri,MS di sela-sela Rapim di Aula Balirung Caraka, Jumat (29/6). Menurutnya saat ini di kampus II Aia Pacah semua mahasiswa angkatan 2011 telah melaksanakan perkuliahan di sana, sementara gedung yang ke-3 Blok A pengerjaannya telah mencapai 80% lebih dan terus dikebut agar bisa ditempat bulan Agustus nanti.

Ia menambahkan, blok A yang terdiri dari 3 gedung tersebut, nantinya mampu menampung sekitar 8 ribu mahasiswa setiap harinya yang di bagi 5 shift perkuliahan.

“Seluruh mahasiswa baru TA 2012/2013 akan ditempatkan di kampus II, maupun mahasiswa angkatan sebelumnya,”, ungkap Hafrijal

Secara keseluruhan, pembangunan kampus II UBH akan dibanggun 5 blok , masing-masing blok terdiri dari 3 gedung, ditargetkan selesai pada 2020. Bangunan itu diharapkan dapat menampung jumlah mahasiswa dan kegiatan akademis yang diproyeksikan meningkat dalam sepuluh tahun ke depan. Diprediksi pada 2020, jumlah mahasiswa UBH mencapai 11.470 orang, meningkat dari 9 ribuan orang yang terdaftar saat ini.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 29 Juni 2012 - 10:45:03

bunghatta.ac.id - Guna mendukung upaya Pemerintah memajukan dunia olahraga, Universitas Bung Hatta mulai Tahun Akdemik 2012/2013 akan mengembangkan Program Studi Pendidikan Jasmani, kesehatan dan Rekreasi pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Hafrijal Syandri,MS saat ditemui diruangannya, Jumat, 29/6 mengungkapkan, Jurusan Ilmu Keolahragaan nantinya terdiri dari 2 Program Studi Prodi Pendidikan Jasmani, kesehatan dan Rekreasi serta pendidikan Keolahragaan Dan Kepelatihan.

Ia menambahkan, dibukanya konsentrasi Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kreasi itu karena tenaga ahli jasmani masih tergolong langka, termasuk kebutuhan guru-guru SD yang semakin meningkat.

“Konsentrasi bidang studi itu dibutuhkan menyiapkan SDM olahraga yang berkualitas, mengingat keterpurukan dunia olahraga di Indonesia, dan dalam pelaksanaannya pihak UBH juga didukung oleh dosen-dosen dari Universitas Negeri Padang. Diharapkan Jurusan Ilmu Keolahragaan akan menghasilkan lulusan tidak hanya sebagai pelatih, manajer olahraga namun juga sebagai guru Pendidikan Jasmani” imbuh Hafrijal.

Menurutnya lagi, untuk tahap awal program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Kreasi ini, konsentrasi pada PGSD, sambil berjalan untuk menyiapkan menjadi program studi yang berdiri sendiri. Kesiapan UBH membuka program itu karena berbagai saran dan prasarana telah tersedia, seperti lapangan sepakbola, basket, tenis lapangan, badminton maupun Gelanggang Seni dan Olah Raga yang tersebar di Kampus I Ulak Karang, Kampus II Aia Pacah dan Kampus III Gunung Pangilun.

Pihak UBH optimis, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Kreasi di Universitas Bung Hatta mampu memajukan dunia olahraga di Sumatera Barat. Hal itu didukung tingginya minat lulusan SMA memilih Prodi Program Studi Pendidikan Jasmani, kesehatan dan kreasi di Universitas Negeri Padang. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 21 Juni 2012 - 11:12:45

bunghatta.ac.id - Kabar gembira bagi lulusan SMA sederajat yang berkeinginan mendalami sektor kelautan dan perikanan, khususnya yang orang tuanya berasal dari pelaku utama sektor kelautan dan perikanan, yaitu nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan senilai Rp 10 juta yang diberikan satu kali atau lebih selama masa pendidikan. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan beasiswa pendidikan tersebut bagi mahasiswa yang kuliah di Fakultas Perikanan dan kelautan.

Biaya pendidikan tersebut meliputi komponen biaya untuk keperluan SPP, Biaya Hidup,Buku referensi serta transportasi. Hal itu tertuang dalam surat KKP-Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan Nomor:420/BPSDMKP.02/TU.210/VI/2012, tertanggal 20 Juni 2012 yang terima Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH, Ir.Yempita Efendi,MS mengatakan beasiswa yang disediakan KKP itu bertujuan untuk meningkatkan mutu sumberdaya manusia di sektor kelautan dan perikanan (SDMKP).

Yempita menambahkan, pemberian beasiswa tersebut bagian kesepakatan dalam Forum Kerja Sama Pendidikan Tinggi Kelautan dan Perikanan yang diselenggarakan KKP di Jakarta, 24 Mei tahun lalu. Ini ditujukan untuk pencapaian salah satu visi visi dan misi KKP, yakni meningkatkan pendidikan SDMKP. Kebijakan tersebut juga bagian tindak lanjut dari amanat UU Perikanan.

Adapun kriteria dan persyaratan untuk memperoleh dukungan biaya dari KKP tersebut adalah mahasiswa yang berasal dari anak pelaku utama bidang kelautan dan perikanan yang orang tuanya bekerja sebagai nelayan, pembudidaya ikan maupun pengolah ikan yang dinyatakan dengan surat keterangan dari lurah/kepala desa atau dinas perikanan dan kelautan, kemudian berstatus sebagai mahasiswa aktif dari program studi kelautan dan perikanan pada akademi/politkenik/D-IV dan S1 yang dibuktikan dengan fotocopy kartu mahasiswa serta transkrip nilai, serta bukan mahasiswa yang sedang menerima bantuan biaya pendidikan lainnya yang dinyatakan dengan surat pernyataan dari Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan. (** Indrawadi- Humas UBH).

----------
Untuk melihat surat pemberitahuan Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang penyediaan beasiswa untuk anak-anak nelayan, pengolah ikan dan pembudidaya ikan pada tahun 2012, silahkan download dokumennya di Beasiswa KKP Bagi Anak Pelaku Utama Bidang Kelautan dan Perikanan.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 12 Juni 2012 - 11:54:15

Pembangunan Gedung ke-5 Dikebut:Kampus II UBH Jl By Pass Aia Pacah, Tampung 8 ribu mahasiswa
Pembangunan Gedung ke-5 Dikebut:Kampus II UBH Jl By Pass Aia Pacah, Tampung 8 ribu mahasiswa
bunghatta.ac.id - Pembangunan gedung ke-5 berlantai III, kampus II Universitas Bung Hatta (UBH) di Jl.By Pass, Aia Pacah, Padang, terus dikebut. Saat ini, kondisinya sudah mencapai 70 persen lebih atau lebih cepat dari target semula yang sebelumnya ditargetkan hanya 60 persen saja.

“Medio Juni target pekerjaan 60 persen, namun kenyataannya sudah 70 persen atau lebih cepat dari perkiraan semula. Kita harapkan tahun akademik 2012/2013 nanti pembangunan gedung yang ke-5 tersebut selesai,” kata koordinator pembangunan, Khadafi, Selasa (12/6).

Khadafi menjelaskan, gedung ke-5 tersebut itu direncanakan sebagai dekanat, laboratorium dan sarana/prasarana pendukung perkuliahan mahasiswa. “Dengan selesainya pembangunan gedung ke-5 tersebut, secara keseluruhan mampu menampung sekitar 8 ribu mahasiswa, setiap harinya yang terbagi empat shift” ujarnya lagi.

Khadavi menambahkan, pembangunan gedung-gedung di kampus baru UBH di By Pass Padang menggunakan pondasi tiang untuk meminimalkan terjadinya penurunan bangunan dalam mengatasi pengaruh gempa. Konstruksi pondasi itu dipilih karena bangunan kampus II UBH merupakan tanah lunak dengan ‘leveling’ muka air tinggi atau sama dengan muka tanah asli.

Atas pertimbangan kampus ramah akan bencana, maka dalam pembangunan kampus baru UBH itu sangat memperhatikan kondisi tanah. Perencanaan bangunannya lebih cenderung untuk menggunakan pondasi dalam/pondasi tiang (deep foundation).

Sementara itu, Wakil Rektor I UBH, Dr. Eko Alvares MSAA diruangan kerjanya menjelaskan, pembangunan gedung ke-5 tersebut merupakan lanjutan tahap pertama Blok I yang meliputi dekanat dan bangunan laboratorium dengan anggaran Rp8 miliar lebih.

“Seluruh mahasiswa baru TA 2012/2013 akan ditempatkan di kampus II, maupun mahasiswa angkatan sebelumnya, direncanakan juga Fakultas Ekonomi dan FKIP secara bertahap juga akan dipindahkan ke kampus II”, ungkap Eko.

Secara keseluruhan, pembangunan kampus II UBH akan dibanggun 5 blok , masing-masing blok terdiri dari 3 gedung, ditargetkan selesai pada 2020. Bangunan itu diharapkan dapat menampung jumlah mahasiswa dan kegiatan akademis yang diproyeksikan meningkat dalam sepuluh tahun ke depan. Diprediksi pada 2020, jumlah mahasiswa UBH mencapai 11.470 orang, meningkat dari 9 ribuan orang yang terdaftar saat ini.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 11 Juni 2012 - 11:06:00

Menpora Andi Malarangeng Tinjau GOR Kampus II UBH
Menpora Andi Malarangeng Tinjau GOR Kampus II UBH
bunghatta.ac.id - Menteri Pemuda Dan Olah Raga (Menpora) Andi Alfian Malarangeng, Minggu (10/6/12), bersama dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di dampingi Rektor UBH Prof.Dr. Hafrijal Syandri, MS serta Kadispora Sumbar Syahrial Bakhtiar, menyempatkan waktu untuk meninjau Gelanggang Seni dan Olah Raga kampus II Universitas Bung Hatta di Jl.By Pass-Air Pacah.

Peninjauan GOR itu semula dijadwalkan begitu Menpora datang dari Jakarta sebelum mengibarkan bendera star TdS 2012 etape 7, namun karena keterbatasan waktu, baru sore harinya dapat di tinjau sebelum Menpora kembali lagi ke Jakarta.

Walau hanya sebentar, Menpora nampak sumringah ketika berada di dalam GOR. Berulang kali ia mengumbar senyum. “Bagus, cuma masih perlu ditambah beberapa fasilitas olahraga dan seni lainnya, seperti climbing wall” celetuk Andi.

Andi berharap, beberapa ruang kosong di GOR bisa dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga seperti tenis meja, bola basket atau bola voli. Mantan Juru Bicara Kepresidenan itu juga menginginkan kawasan luar stadion ditanami pohon.

“Jika pohon-pohonnya sudah besar, nantinya kawasan seputaran GOR akan sejuk dan asri serta indah Ya seperti stadion-stadion lainnya. Masyarakat bisa memanfaatkan jalan lingkar itu untuk jogging track tanpa harus masuk ke stadion,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UBH Dr. Eko Avarez,MSAA dalam pemaparan ringkasnya menyampaikan, bahwa gedung itu dibangun setelah penandatanganan MoU di Gedung Kemenpora bulan September 2010 lalu oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenpora Dedy Kusdinar disaksikan Staf Khusus Kemenpora, Lalu Wildan dengan sumber dana dana Rp9,9 miliar berasal dari Kemenpora yang telah dianggarkan dalam program pembangunan gelanggang remaja di seluruh Indonesia. Sementara, untuk lahan dan pematangan lahan disediakan oleh pihak Yayasan Pendidikan Bung Hatta di atas lahan seluas 5,5 hektare senilai Rp7 miliar lebih.

“Secara teknis Gedung Olahraga dan Kesenian itu masing-masing berkapasitas 1.000 orang dan bisa dipergunakan sebagai lokasi tenis lapangan dan bola voli lapangan untuk bola basket maupun bulutangkis” tambah Eko.

Eko menambahkan, gedung GOR tersebut telah dua kali dimanfaatkan untuk pelaksanaan prosesi wisuda Universitas Bung Hatta, dan berbagai even futsall yang digelar mahasiswa.
“GOR ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan seluruh lapisan masyarakat”, ujar Eko mengakhiri. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 08 Juni 2012 - 11:25:07

Pasca Demo Mahasiswa: RAPIM Bahas Aspirasi Mahasiswa
Pasca Demo Mahasiswa: RAPIM Bahas Aspirasi Mahasiswa
bunghatta.ac.id - Aspirasi mahasiswa UBH yang disampaikan ke Rektor melalui aksi demontrasi Kamis (7/6) kemarin, menjadi salah satu topik yang dibahas pada Rapat Pimpinan Universitas Bung Hatta di aula Balairung Caraka, gedung B Kampus I, Jumat (8/6).

Menurut Rektor UBH Prof. Dr. Hafrijal Syandri, M.S, dalam pemaparannya saat pembukaan rapim tersebut, ada lima aspirasi yang disampaikan mahasiswa tersebut antara lain, meninjau kembali biaya KKN-PPM 2012, meninjau kembali biaya pelaksanaan prosesi wisuda, tentang beasiswa dan organisasi kemahasiswaan dan penyelenggaraan semester pendek.

Dari kelima aspirasi yang disampaikan tersebut, dua diantaranya dikabulkan Rektor yakni akan meninjau kembali biaya pelaksanaan wisuda yang penyelenggaraannya di GOR Kampus II Aia Pacah, serta akan mengintruksikan kepada Dekan dilingkungan UBH untuk transparansi pemberian beasiswa, serta mencari dan memilih mahasiswa yang betul-betul berhak mendapatkan beasiswa sesuai dengan persyaratan yang ditentukan donatur.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof.Dr. Fachri Ahmad,MSc, dalam pengarahannya menyebutkan, aksi-aksi demo yang dilakukan mahasiswa mungkin saja terjadi, karena mungkin komunikasi yang tersumbat, birokrasi yang berbelit, atau mungkin saja pelayanan terhadap mereka yang kurang optimal.

“Untuk itu, aspirasi-aspirasi yang disampaikan mahasiswa tersebut, agar menjadi perhatian dan ditindak lanjuti oleh seluruh pimpinan dan jajarannya” ujar Fachri.

Rapim 2012 itu sendiri berlangsung dari tanggal 8 Juni sampai dengan 25 Juni nanti, yang dibagi berdasarkan unit fakultas masing-masing dengan tema “Menuju kesuksesan pengembangan UBH 30 tahun kedua”.

Selama rapim pada pleno I akan dibahas evaluasi program kerja TA 2011/2012 dan penyusunan rencana program TA 2012/2013, dan pada pleno II nantinya akan dibahas draft program kerja dan anggaran Universitas Bung Hatta, sesuai dengan unit masing-masing. (**Indrawadi-humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 02 Juni 2012 - 08:43:49

bunghatta.ac.id - Sebanyak 1.676 mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) yang dikirim mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) 2012 dilindungi asuransi dan jaminan kesehatan.

"Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa didampingi dosen pembimbing lapangan dan dosen koordinator kabupaten, serta semua peserta akan dilindungi asuransi dan jaminan kesehatan" ujar Elfiondri, Koordinator pelaksana KKN-PPM 2012 saat pembekalan peserta KKN-PPM untuk kelompok C dan D di Aula Balirung Caraka Gedung B, Sabtu (2/6).

Ia menambahkan bahwa, program "KKN-PPM” tersebut merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan proses akademik.

Menurutnya lagi, program KKN-PPM 2012 tersebut merupakan untuk yang kedua kalinya dilaksanakan, setelah 31 tahun keberadaan Universitas Bung Hatta di dalam dunia pendidikan tinggi. Peserta KKN-PPM UBH akan disebar di 55 kanagarian yang tersebar di tujuh kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Datar, Agam, Pesisir Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Kabupaten Sijunjung.

"Kegiatan KKN-PPM menjadi bentuk nyata kontribusi UBH bagi masyarakat dan kelompok masyarakat yang ingin mandiri secara politik, ekonomi maupun sosial," tambah Elfiondri.

Pembekalan peserta KKN-PPM dibagi 4 kelompok, untuk kelompok A dan B telah dilaksanakan tanggal 25-26 Mei dan untuk kelompok C dan D dilaksanakan tanggal 2-3 Juni 2012 di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus I Universitas Bung Hatta.

Materi pembekalan diberikan oleh Drs.Suparman Khan,M.Hum dan Suamperi SH,MH dengan materi Kontribusi KKN-PPM Terhadap Pembangunan Nagari, Dra. Susi Herawati, M.Pd. dengan materi Filosofi KKN-PPM.

Sedangkan materi Budaya Masyarakat dan Kebunghattaan disampaikan oleh Prof.Dr.Mestika Zed.MA, dan Drs. Bgd.M.Letter Program Pembangunan Daerah disampaikan oleh Drs. Rusdi Lubis, Mitigasi Bencana dan Pemberdayaan Masyarakat disampaikan oleh Ir. Haryani,MT dan Ir. Hendri Warman MSCE. Sedangkan Pembuatan Rencana Program Kerja KKN-PPM, pelaporannya disampaikan oleh Ir.Edi Septe. *Indrawadi-Humas UBH.

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.234.0.85