Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Kuliah Umum Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Industri Batam

Banyak peluang bagi lulusan dari jurusan Teknik Kimia untuk dapat bekerja di Kota Batam yang merupakan pusat industri terbesar di kawasan pulau Sumatra. Untuk itu jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Prospek Kerja Teknik Kimia di Industri Bat....

Basket Universitas Bung Hatta Peroleh Juara di Justicia BasketBall Challenge

Tim Bola Basket Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh peringkat dalam pertandiangan Justicia BasketBall Challenge (JBBC) ke-14 yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 11-19 Mei 2015. Universitas Bung Hatta sendiri menurunkan 2 tim masing-masing untuk tim putra dan tim putr....

Teknik Kimia UBH Libatkan Dunia Industri Dalam Proses Pembelajaran.

Peran dunia industri dalam proses pembelajaran di bangku perkuliahan sangatlah penting terutama dalam melahirkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan siap digunakan user. Melihat hal tersebut Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegi....

Aksi Diving Proklamator, Sailing Joy Mandeh 2015

Penyelam Diving Proklamator, ikut berpartisipasi memeriahkan Sailing Joy Mandeh 2015, dalam rangka peresmian Taman Wisata Bahari Terpadu Kawasan Mandeh Pesisir Selatan, 16-17/15. Saat penyelaman tim diving sekaligus melakukan monitoring transplantasi karang yang sudah dilakukan sejak tahun 2011 di P....

BEMM FKIP UBH Mengadakan LKMM-TD

Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (BEMM-FKIP) Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dengan mengangkat tema tingkatkan semangat jiwa sang proklamator untuk lahirkan pemimpin muda yang berkual....

Mahasiswa Pendidikan Biologi UBH Melakukan Bakti Sosial

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dna Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Bakti Sosisal (Baksos) dengan mengangkat tema satu langkah menuju seribu kebaikan yang bertempat di Panti Asuhan Nurul Hikmah, Sungai Sapih, Padang, Kamis (14/05/201....

Jumat 20 September 2013 - 13:50:40

bunghatta.ac.id - Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universits Bung Hatta mengadakan kegiatan krida untuk mahasiswa baru angkatan 2013 di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (20/09/2013).

Danny Prawira Gubernur BEMM FE UBH mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai kegiatan lanjutan dari Pengenalan Keidupan Kampus bagi mahasiswa Baru (PKKMB) bulan Agustus lalu .

“Krida ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh BEMM FE yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan soft skill dan minat bakat para mahasiswa baru,” ujar Danny yang juga mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2010 ini.

Kegiatan krida ini dilaksankan tiap hari Jumat selama satu semester ganjil ini yang nantinya setiap mahasiswa baru tersebut dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan dipandu oleh satu orang fasilitator.

“Krida FE 2013 ini diikuti oleh 550 mahasiswa dan dibantu oleh 50 pantia dan fasilitator yang berasal dari ketua kelas per angkatan dan anggota kelembagaan tingkat jurusan hingga fakultas,” imbuhnya.

Pada pertemuan di minggu kedua ini mengadakan kegiatan pengenalan lingkungan di Kampus Proklamator I Unversitas Bung Hatta. Para peserta krida diajak keliling untuk mengetahui secara detai gedung-gedung serta fasilitas yang ada di Kampus Ulakkarang ini.

“Kita mengajak mahasiswa baru berkeliling untuk melihat yang mana gedung rektorat, perpustakaan, pusat kegiatan mahasiswa hingga lapangan bola,” imbuhnya.

Setiap minggu akan berbeda-beda kegitannya dimulai dari pembukaan, pengenalan seluruh kampus hingga kegiatan penggalian kemampuan mahasiswa di bidang minat bakat seperti musik, seni, olahraga, organisasi hingga kuliah umum dengan tema tertentu. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 20 September 2013 - 09:14:16

Kuliah Umum Dirjen Amerika-Eropa Kenalkan Organisasi Regional
Kuliah Umum Dirjen Amerika-Eropa Kenalkan Organisasi Regional
bunghatta.ac.id - Lebih dari 400 mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kuliah umum dari Duta Besar Dian Triansyah Djani Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang membahas regionalisme Amerika Dan Eropa untuk kepentingan Republik Indonesia di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (19/09/2013).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan kuliah umum ini dilaksnakan sebagai bagian dari Bung Hatta lecture series. Setelah sebelumnnya ada kuliah umum dari Dr. Syamsul Ma’arif, S.IP, M.Si, Kepala BNPB dan Ir Joko Widodo Gubernur DKI Jakarta. “Untuk series berikutnya kita juga akan mengundang Gubernur Sumatra Barat, Wakil Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan lainnya,” ungkapnya NIki.

Pada kesempatan ini juga Niki menyampaikan Aula Balairung Caraka ini yang digunakan untuk kuliah umum ini merupakan bantuan masyarakat indonesia yang ada di luar negeri dan diresmikan oleh Wakil Menteri Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia untuk renovasi akibat gempa 30 September 2009 lalu.

“Untuk itu, sepantasnyalah kita mengatakan bahwa bapak Duta besar dan rombongan sebetulnya sedang berada di rumah sendiri karena Universitas Bung Hatta sendiri telah lama melakukan hubungan baik dengan Kementrian Luar Negeri sejak kampus Proklamator ini berdiri ,” jelas Niki.

Sementara itu Dian Triansyah Djani menjelaskan organisasi regional merupakan suatu perkumpulan yang didasari oleh persamaan karakteristik wilayah untuk mencapai tujuan tertentu sehingga suatu negara sangat penting sekali melakukan hubungan dengan diplomasi dan politik luar negeri yang bebas aktif sesuai dengan undang-undang yang berlaku di negara kita.

“Saat ini jumlah organisasi regional di kawasan Amerika dan Eropa sejumlah 43 buah, dengan beberapa organisasi yang cukup menonjol seperti North America Free Trade Area (NAFTA), Mercado Común del Sur (Mercosur), European Economic Area,(EEA), Trans-Pacific Partnership (TPP), North Atlantic Treaty Organization (NATO), European Union (UE),” ungkap Dian dihadapan mahasiswa Universitas Bung Hatta

Kemudian organisasi regional lainnya Community of Latin American and Caribbean States (CELAC), Forum for East Asian-Latin America Cooperation (FEALAC) dan Asia-Europe Meeting (ASEM), Organisation Européenne pour la Recherche Nucléaire (CERN) dan lainnya.

Dikatakannya peran serta Indonesia dalam organsiasi regional Amerika dan Eropa juga tertuang dalam Amanah Pembukaan UUD 1945 dan prinsip politik luar negeri bebas-aktif dan mendukung arah pembangunan nasional Indonesia yang tercantum dalam RPJPN 2005-2025.

“Untuk mewujudkan bangsa yang berdaya-saing, mewujudkan indonesia yang demokratis berlandaskan hukum, dan mewujudkan indonesia yang berperan aktif dalam pergaulan internasional,” imbuhnya Dian yang juga derdarah Minangkabau ini.

Prioritas kerja sama Indonesia dengan organisasi regional di kawasan Amerika dan Eropa yang menjadi utamanya dengan East Asia Summit, Uni Eropa, ASEM, FEALAC, Mercosur. Untuk piroritas sedang NATO, Aliansi Pasifik, CELAC, CERN dan prioritas rendah TPP, ACS NAFTA.

Dihadapan mahasiswa dan dosen, Dian mengatakan untuk menjadi diplomat dalam mengurusai urusan luar negeri itu harus memiliki usaha, kegigihan dan kemauan yang tinggi untuk mencapai keinginan kita dan tidak dipungkiri lagi penguasaan bahasa asing memang perlu setidakanya kita mampu menguasai bahasa yang dominan di dunia.

“Kita harus bangga bahwa orang Indonesia itu hebat-hebat di kancah dunia dan itu menjadi motivasi kita untuk bisa melakukan hal yang sama untuk mengharumkan bangsa kita. Apalagi orang Minang yang terkenal dengan kegigihannya untuk mengubah nasibnya dengan merantau,” ucapnya.

Bung Hatta sendiri merupakan salah satu tokoh yang merumuskan dan menerapkan politik luar negeri yang ditulisnya dalam buku Mendayung Diantara Dua Karang. Bebas artinya menentukan jalan sendiri, tidak terpengaruh oleh pihak manapun sedangkan aktif artinya menuju perdamaian dunia dan bersahabat dengan segala bangsa. Dan kondisi itu relevan diterapkan untuk Indonesia saat ini. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 19 September 2013 - 13:03:10

Dosen UBH Juara Regional 1 Lomba Penelitian Transportasi Nasional
Dosen UBH Juara Regional 1 Lomba Penelitian Transportasi Nasional
bunghatta.ac.id - Fidel Miro, SE,MT, Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta, dengan judul penelitian Tinjuan Kesiapan Pengoperasian Angkutan Massal “Trans Padang” di Kota Padang, raih juara 1 lomba penelitian transpostasi nasional 2013 yang diadakan oleh Departemen Perhubungn-RI.

Dikutib dari situs http://www.lombalitbanghub.com, lomba itu diadakan dengan latar belakang pertumbuhan jumlah penduduk yang sedemikian pesat perlu diimbangi dengan penyediaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai.

Konsekuensi dari usaha ini adalah diperlukannya sarana transportasi dan ruang yang cukup luas, tetapi peningkatan jumlah penduduk yang sangat cepat mengakibatkan semakin berkurangnya ruang yang ada sehingga menyulitkan penyediaan ruang untuk transportasi, hal ini menimbulkan munculnya berbagai permasalahan.

Persoalan lalu lintas timbul apabila volume lalu lintas mendekati kapasitas jaringan jalan sebagai akibat ketidakseimbangan antara sediaan berupa kapasitas jaringan jalan dengan permintaan yakni volume lalu lintas terutama kendaraan, maka timbullah kemacetan lalu lintas.

Melalui lomba penelitian tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan guna menampung dan menumbuh kembangkan peran serta masyarakat dalam mengatasi permasalah transportasi akan mengadakan lomba penelitian kepada kementerian/lembaga pemerintah, perguruan tinggi, balitbangda dan masyarakat, dengan harapan diperoleh hasil penelitian yang dapat diimplementasikan dalam upaya membenahi kondisi transportasi yang ada saat ini di Indonesia.

Fidel Miro di hadapan penguji yang terdiri dari bebarapa pakar di bidang transportasi, seperti regulator,akademisi, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) , Operator Transportasi, mempersentasikan penelitiannya dengan nilai 80.57, dan berhak memperoleh hadiah sebesar Rp.5juta, piagam serta tropi. Selanjutnya makalah tersebut juga berhak untuk di ikutkan pada tingkat nasional. (**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 19 September 2013 - 09:50:41

Reni Desmiarti, Dosen Teknik Kimia UBH Jadi Keynote Speaker International Conference
Reni Desmiarti, Dosen Teknik Kimia UBH Jadi Keynote Speaker International Conference
bunghatta.ac.id - Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT dosen jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta menjadi salah satu keynote speaker dalam kegiatan 2nd International Young Conference on Analytical Science yang diadakan oleh FMIPa Universitas Andalas pada 17-18 September 2013 di Convention Hall Universitas Andalas Padang.

Ketika dihubungi, Kamis (19/09/2013), Reni mengatakan konferensi ini sebagai sarana bagi para peneliti muda baik mahasiswa S 1, S2, S3 maupun para dosen muda untuk diberi kesempatan dalam memaparkan karya atau hasil penelitiannya dihadapan pada peneliti lainnya.

“Konferensi ini juga akan menyediakan sebuah forum diskusi untuk para peneliti muda dalam membahas perkembangan terbaru, untuk bertukar ide dan pengalaman sesuai bidang ilmu yang digelutinya,” ujar Reni yang juga Ketua Jurusan Teknik Kimia ini.

Reni mempresentasikan materi mengenai teknologi sistem plasma untuk pengolahan air dan limbah dengan judul Plasma Application for Treatment of Organic Carbon and Microorganisms in Water yang merupakan hasil penelitian dan kerjasama jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dengan jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas.

Selain itu juga, dalam konferensi ini tidak hanya dosen dan para peneliti yang mempresentasikan hasil temuannya tapi juga melibatkan mahasiswa salah satunya Yeni Trianda mahasiswa jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta.

Ia yang mempersentasikan seputar Removal of Glucose, Fecal Coliforms and Total Coliform Using Dielectric Barrier Discharge Plasma System to Increase Water Quality.

“Untuk masalah plasma ini ada tiga materi yang disampaikan dalam konferesi ini. Dua materi dari Universitas Bung Hatta dan satu lagi dari Yulva mahasiswa jurusan Teknik Elektro Unand dengan judul Consumed Energy to Treat Palm Oil Mill Effluent (POME) by Dielectric Barrier Discharge Plasma System,” imbuh Reni.

Pada konferensi ini menghadirkan plenary lecture dan keynote speaker dari negara Indonesia, Jepang, Malaysia yang membahas masalah bioenergi, bioteknologi, biokimia, biomedical, kimia industri dan penerapannya, lingkungan, farmasi, makanan, material, proses pemisahan dan masalah ilmu pengetahuan alam lainnya. (**Bayu-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 18 September 2013 - 15:39:06

Komunitas Fotografer Mahasiswa UBH Kembali Gelar Pameran Foto
Komunitas Fotografer Mahasiswa UBH Kembali Gelar Pameran Foto
bunghatta.ac.id - Komunitas Fotografer Mahasiswa (KOMA) Universitas Bung Hatta kembali mengadakan kegiatan pameran foto di Lantai 1 Lobby Blok A Gedung III Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 18-20 September 2013.

Yuanda Satria Ketua KOMA Universitas Bung Hatta ketika ditemui disela-sela pameran, Rabu (18/09/2013) mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memperlihatkan dan menampilkan hasil karya anggota KOMA angkatan 3 sekaligus pembukaan pendaftaran bagi anggota baru tahun 2013.

“Pameran ini juga digelar untuk memperkenalkan KOMA kepada seluruh mahasiswa Universitas Bung Hatta khususnya mahasiswa baru,” ujar Yuanda mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur ini.

Menurut Yuanda lebih dari 30 foto dipamerkan dalam pameran ini dan hasil karya anggota KOMA ini juga menampilkan foto-foto keindahan alam, human interest, dokumentasi kegiatan Pacu Jawi dan lainnya.

Tak hanya hasil karya anggota KOMA, beberapa foto dosen dan karyawan Universitas Bung Hatta juga ikut ditampilkan seperti foto hasil karya Wakil Rektor I Dr. Ir. Eko Alfarez, MSA, Kepala Biro Administrasi Akademik & Kemahasiswaan (BAAK) Hendra Kusuma, S.Pi, M.Si dan Kepala Humas Indrawadi, S.Pi.

KOMA yang telah lahir sejak 16 April 2011 lalu ini, selain melakukan pameran foto juga banyak kegiatan yang dilakukan seperti hunting foto, bedah foto, workhsop fotografi, sharing informasi dan materi seputar dunia fotografi. Hingga saat ini terdapat lebih 40 anggota KOMA.

"Setidaknya dengan pameran ini kita dapat mengajak mahasiswa Universitas Bung Hatta yang menyukai dunia fotografi dapat mengembangkan dan mendalami kemampuan fotografinya dengan bergabung bersama KOMA,” imbuh Yuanda.

"Mudah-mudahan mahasiswa yang ingin bergabung bersama KOMA ini memiliki niat dan keinginan yang sungguh-sungguh, tidak hanya ingin eksis saja," tambahnya.

Turut hadir juga tamu dari Minangkabau Fotografi dan Bukittinggi United Fotografi dalam Photo Exhibition. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 18 September 2013 - 08:47:14

UKM Diving Proklamator UBH, Sambil Menyelam Merawat Transplantasi Karang
UKM Diving Proklamator UBH, Sambil Menyelam Merawat Transplantasi Karang
bunghatta.ac.id - Sebanyak 12 orang Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Diving Proklamator, Sabtu dan Minggu (14-15/9) melalukan latihan scuba diving (menyelam) di laut terbuka perairan Pulau Sironjong Kawasan Mandeh Pesisir Selatan.

Latihan di laut terbuka itu merupakan rangkaian dari dari latihan sebelum yang dilakukan di kolam renang. Latihan ini merupakan salah satu syarat untuk dapat lolos memperoleh sertifikasi penyelaman tingkat A1 dan A2.

"Saya tertarik mengikuti selam ini, sebab banyak tantangan dan ingin menikmati keindahan alam bawah laut, dan sangat mendukung sekali dengan perkuliahan, lagi pula tentu tidak semua orang dapat menikmati keindahan bawah laut tanpa belajar terlebih dahulu," ungkap Nofrizal salah sorang penyelam mahasiswa Fakultas Perikanan UBH.

Hal itu pun diamini Zul, yang mengikuti kegiatan unit selam, karena penasaran ingin melihat betul bawah laut seperti yang sering dilihatnya melalui layar televisi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Fedro Iswadi menyebutkan, sebelum di lakukan latihan di perairan terbuka, terlebih dahulu, harus berlatih tentang dasar-dasar penyelaman. Seminggu sekali mereka berlatih di kolam renang Teratai GOR Agus Salim. Latihan dasar itu berupa berenang sejauh 200 meter, menyelam sedalam 4 meter, berjalan di air (water trappen), dan floating alias mengambang di atas permukaan air.

“Disamping itu juga di berikan teori-teori dasar penyelaman” ujar mahasiswa FKIP ini.

Fedro menyebutkan, walau ia mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, namun Olah raga selam merupakan sebuah tantangan tersendiri baginya untuk dapat berperan serta dalam pengembangannya.
“Selain itu, merupakan sarana dan prasarana pendukung keterampilan khusus, diantaranya kemampuan teknis penyelaman yang benar aman serta nyaman”, imbuh Fedro.

Monitoring Transplantasi terumbu karang

Latihan perairan terbuka di Pulau Sironjong Carocok Anau Nagari Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan itu tidak hanya sekedar latihan. Tetapi sambil menyelam mereka juga menunjukkan kepeduliannya pada pelestarian terumbu karang.

Caranya adalah dengan memonitoring serta membersihkan sedimen-sedimen di subtrat transplantasi karang yang sudah ditanam sejak Oktober tahun lalu. Kegiatan pemantauan sekaligus membersihkan sedimen di subtrat tersebut perlu dilakukan agar pertumbuhannya baik dan sesuai dengan yang di inginkan.

“Pemantauan dan pemeliharaannya dilakukan tiap tiga bulan sekali, karena ada di beberapa tempat yang kami lakukan transplantasi, maka hampir tiap bulan kami melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Asyiknya, kami bisa mendata keadaan terumbu karang sekaligus jalan-jalan,” ujar Fedro.

Kegiatan monitoring itu pun dilakukan sekaligus latihan perairan terbuka dan UKM Diving Proklamator Universitas Bung Hatta bersama-sama dengan masyarakat setempat serta relawan-relawan pencinta terumbu karang pantas berbangga dan beruntung karena kegiatan transplantasi terumbu karang di daerah mereka, dalam rangka ikut melestarikan sumberdaya kelautan dan pesisir, menunjukkan hasil yang sangat mengembirakan. **Indrawadi.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 September 2013 - 16:15:45

bunghatta.ac.id - Dua program studi/jurusan di Universitas Bung Hatta yang telah melakukan reakreditasi berberapa waktu yang lalu berhasil mendapatkan akreditasi baru yaitu jurusan Ekonomi Pembangunan dan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota dengan peringkat akreditasi masing-masing B.

Penilaian akreditasi jurusan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No No. 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013, tanggal 20 Juli 2013 yang diterima Universitas Bung Hatta melalui fax, Selasa (17/09/2013).

Nilai dan peringkat akreditasi kedua program studi tersebut berlaku selama 5 tahun sejak 20 Juli 2013 hingga 20 juli 2018. Keputusan ini telah memenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Akreditasi sendiri adalah salah satu bentuk penilaian terhadap sistrm penjaminan mutu eksternal dan kelayakan sebuah institusi perguruan tinggi atau program studi, yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi seperti Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Saat ini Universitas Bung Hatta terdapat 1 program studi untuk program diploma (D III) dan 25 program studi sarjana (S 1) serta untuk program pascasarjana (S 2) terdapat 6 program studi. Masing-masing program studi di Universitas Bung Hatta umumnya telah terakreditasi dari BAN-PT dengan peringkat B. (**Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 September 2013 - 15:15:10

bunghatta.ac.id - First Resources Limited merupakan salah satu perusahaan yang memimpin bisnis perkebunan kelapa sawit Indonesia. Kami merupakan group perusahaan yang terintegrasi dari industri hulu hingga industri hilir dengan pasar lokal dan ekspor.

Berdiri sejak tahun 1992, kami merupakan salah satu perusahaan yang pertumbuhan perkebunannya paling cepat dan dinamis. Saat ini kami telah mengelola aset perkebunan lebih dari 130.000 hektar di Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

Saat ini First Resources Limited membutuhkan tenaga Instrument, Tank Farm, Maintenance, Pengendalian Dokumen dan Drafter dengan kualifikasi sebagai berikut
1. Pria, Umur maksimal 28 tahun dan belum menikah.
2. Lulus dengan Ijazah:
Instrument : D3 dan S1 dari Fakultas Teknik Elektro (Arus Lemah dan Arus Kuat).
Tank Farm : S1 dari Fakultas Teknik Industri, Teknik Kimia dan Teknik Mesin.
Maintenance : S1 dari Fakultas Teknik Mesin.
Pengendalian Dokumen : S1 dari Fakultas Manajemen Informatika.
Drafter : S1 dari Fakultas Teknik Sipil.
3. Mampu mengoperasikan Aplikasi MS. Office.
4. Bersedia ditempatkan di Wilayah Operasional Perusahaan (Riau, Kalbar dan Kaltim).

Sedangkan untuk Asisten Kepala Kebun, Akuntansi, Supervisor dan Superintendent HSEF dengan kualifikasi sebagai berikut
1. Bersedia ditempatkan di Wilayah Operasional Perusahaan (Riau, Kalbar dan Kaltim).
2. Mampu mengoperasikan Aplikasi MS. Office
- Asisten Kepala Kebun (ASKEP KEBUN)
a. Pria, Umur max. 40 tahun.
b. Penididikan Min. D3 dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan.
c. Memiliki Pengalaman Min. 3 Th di bidang yang sama
- Accounting
a. Pria dan wanita, umur max. 28 tahun.
b. Pendidikan Min. D3 dan S1 dari Fakultas Ekonomi Akuntansi.
- Supervisor dan Superintendent HSEF
a. Pria, Umur max. 40 tahun.
b. Pendidikan Min. D3 dan S1 dari Fakultas T. Kimia, T. Mesin, T. Elektro dan T. Industri.
c. Memiliki Pengalaman Min. 3 Th di bidang yang sama

Surat lamaran dapat dikirim langsung via pos ke: First Resources Group Gedung Surya Dumai, Lantai. 10 JL. Jend. Sudirman No 395 Pekanbaru.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perusahaan, silahkan kunjungi website kami di : www.first-resources.com atau hubungi Ibu Rosilia (0852 6183 6089) - rosi.lia@first-resources.com dan Bpk. Budi Gunawan - budi.gunawan@first-resources.com.

(**Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 16 September 2013 - 13:28:59

Monitoring Transplantasi Karang Diving Proklamator UBH: Transplantasi Terumbu Karang Berbuah Hasil
Monitoring Transplantasi Karang Diving Proklamator UBH: Transplantasi Terumbu Karang Berbuah Hasil
bunghatta.ac.id - Sebanyak 12 orang penyelam Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, Sabtu-Minggu (14-15/9) kembali melakukan monitoring transplantasi terumbu karang yang dilakukan bulan Oktober tahun lalu, besama-sama dengan dengan Pelajar SDN 25 Carocok Anau Nagari Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan monitoring itu pun dilakukan sekaligus latihan perairan terbuka dan UKM Diving Proklamator Universitas Bung Hatta

Masyarakat setempat serta relawan-relawan pencinta terumbu karang pantas berbangga dan beruntung karena kegiatan transplantasi terumbu karang di daerah mereka, dalam rangka ikut melestarikan sumberdaya kelautan dan pesisir, menunjukkan hasil yang sangat mengembirakan.

Mabruri Tanjung dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, menyebutkan, transplantasi yang dilakukan sejak 9 bulan lalu menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa, bahkan boleh di katakana 98% pertumbuhannya sangat subur, dari 5000 bibit yang di transplantasi di atas 200-an rak besi, hanya beberapa saja yang gagal.

Hal itu terpantau pada monitoring dan penyelaman yang dilakukan sepanjang Sabtu (14/9) dan Minggu (15/9) kemarin”, ujar Tanjung.

Tanjung menambahkan, berbagai jenis terumbu karang acropora dan non acropora yang ditransplantasi sejak beberapa bulan lalu tampak mulai tumbuh. Di antaranya jenis Pocillopra dan sejumlah jenis karang bercabang Seriatopora sp. Hasil stek terumbu karang itu terlihat telah menyatu dengan substrat berupa wadah dari semen yang dijadikan dudukan. Namun sebagian besar hasil transplantasi itu terlihat mulai didekati sedimen.

“Sebelum turun kelapangan, terlebih dahulu kami mengadakan pengenalaan tentang terumbu karang dan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk pelestarian terumbu karang, dan setiap kami melakukan monitoring selalu bersama dengan kelompok cinta bahari yang sudah terbentuk di sana”, imbuh Tanjung.

Transplantasi terumbu karang merupakan sebagai salah satu teknik pelestarian (rehabilitasi) terumbu karang yang semakin terdegradasi dengan teknik pencangkokan. Tujuan Transplantasi pada dasarnya adalah untuk pelestarian ekosistem terumbu karang yang berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak. Atau untuk membangun daerah terumbu karang yang baru yang sebelumnya tidak ada. **Indrawadi-humas UBH/foto: Mabruri Tanjung
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 16 September 2013 - 11:17:23

Ryan Mahasiswa Teknik Sipil UBH Kembali Dapat Beasiswa dari Jerman
Ryan Mahasiswa Teknik Sipil UBH Kembali Dapat Beasiswa dari Jerman
bunghatta.ac.id - Suatu kebanggaan bagi Universitas Bung Hatta setelah lebih dari 7 tahun lamanya menjalin kerjasama dengan University of Applied Sciences and Arts HAWK Hildesheim Germany untuk tetap konsisten memberikan bantuan beasiswa bagi pelajar SMK dan mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta dalam program Enginner for Indonesia (EFI).

Demikianlah dikatakan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA disela-sela penyerahan beasiswa kepada Ryan Hanafi mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta di Depan Ruang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (16/09/2013).

Niki mengatakan untuk Ryan Hanafi yang telah menerima beasiswa tersebut agar terus melakukan hubungan komunikasi dengan HAWK Hildesheim Germany meskipun melalui email karena untuk mempertahankan dan menjaga kerjasama ini tidaklah mudah membutuhkan proses yang cukup panjang.

“Untuk penerima beasiswa yang dari pelajar ini berasal dari SMK yang telah melakukan kerjasama dengan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta. Kemudian setelah lulus para pelajar yang terpilih ini akan mendapatkan beasiswa lagi untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Bung Hatta,” ungkap Niki.

Sementara itu, Koordinator Beasiswa EFI, Yulcherina Z, ST, MT mengatakan Ryan Hanafi telah mengikuti program Enginner for Indonesia (EFI) sejak SMK dan beasiswa ini merupakan proyek sosial di bidang beasiswa yang dirintis sejak semester ganjil 2006 hingga diakhir periode ini yang disponsori oleh Prof. Dr. Ing. Hans Peter Leimer dari University of Applied Sciences and Arts HAWK Hildesheim Germany.

“Dari 17 pelajar yang telah lolos seleksi untuk menerima beasiswa ini hanya 7 pelajar yang melanjutkan pendidikannya di jurusan Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta dan tinggal Ryan yang masih mendapatkan beasiswa ini selebihnya telah lulus diwisuda dan telah bekerja bahkn ada yang melanjutkan studi ke program pascasarjana,” jelas Yulcherina yang juga dosen FTSP Universitas Bung Hatta ini.

Untuk beasiswa ini, Ryan Hanafi mendapatkan bantuan lebih dari Rp.18 juta yang meliputi uang kuliah semester 7 dan semsester 8, sewah rumah, transportasi, biaya hidup, beli buku dan kebutuhan kuliah lainnya.

“Saya sangat berterimakasih sekali kepada HAWK Hildesheim Germany dan FTSP Universitas Bung Hatta telah mendapatkan beasiswa hingga sekarang ini. Setelah tamat nantinya, saya juga berharap dapat beasiswa lagi untuk melanjutkan S2 di Jerman,” ungkap Ryan mahasiswa Teknik Sipil angakatan 2009 ini. (**Bayu–Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.205.75.60