Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Kuliah Umum Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Industri Batam

Banyak peluang bagi lulusan dari jurusan Teknik Kimia untuk dapat bekerja di Kota Batam yang merupakan pusat industri terbesar di kawasan pulau Sumatra. Untuk itu jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Prospek Kerja Teknik Kimia di Industri Bat....

Basket Universitas Bung Hatta Peroleh Juara di Justicia BasketBall Challenge

Tim Bola Basket Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh peringkat dalam pertandiangan Justicia BasketBall Challenge (JBBC) ke-14 yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 11-19 Mei 2015. Universitas Bung Hatta sendiri menurunkan 2 tim masing-masing untuk tim putra dan tim putr....

Teknik Kimia UBH Libatkan Dunia Industri Dalam Proses Pembelajaran.

Peran dunia industri dalam proses pembelajaran di bangku perkuliahan sangatlah penting terutama dalam melahirkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan siap digunakan user. Melihat hal tersebut Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegi....

Aksi Diving Proklamator, Sailing Joy Mandeh 2015

Penyelam Diving Proklamator, ikut berpartisipasi memeriahkan Sailing Joy Mandeh 2015, dalam rangka peresmian Taman Wisata Bahari Terpadu Kawasan Mandeh Pesisir Selatan, 16-17/15. Saat penyelaman tim diving sekaligus melakukan monitoring transplantasi karang yang sudah dilakukan sejak tahun 2011 di P....

BEMM FKIP UBH Mengadakan LKMM-TD

Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (BEMM-FKIP) Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dengan mengangkat tema tingkatkan semangat jiwa sang proklamator untuk lahirkan pemimpin muda yang berkual....

Mahasiswa Pendidikan Biologi UBH Melakukan Bakti Sosial

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dna Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Bakti Sosisal (Baksos) dengan mengangkat tema satu langkah menuju seribu kebaikan yang bertempat di Panti Asuhan Nurul Hikmah, Sungai Sapih, Padang, Kamis (14/05/201....

Jumat 13 Februari 2015 - 09:00:42

Ilmu Hukum, Akuntansi dan Pend. Bahasa Inggris UBH Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT
Ilmu Hukum, Akuntansi dan Pend. Bahasa Inggris UBH Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT
bunghatta.ac.id - Tiga program studi/ jurusan di Universitas Bung Hatta yang telah melakukan proses reakreditasi berberapa waktu yang lalu berhasil memperoleh akreditasi baru yaitu jurusan Jurusan Ilmu Hukum, jurusan Akuntansi dan Pendidikan Bahasa Inggris dengan peringkat akreditasi masing-masing B.

Penilaian akreditasi jurusan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 untuk jursan Ilmu Hukum yang berlaku hingga 5 tahun kedepan hingga 07 Desember 2019. Sedangkan untuk jurusan Akuntansi dan Pendididkan Bahasa Inggris dengan No. 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 yang berlaku hingga 5 tahun kedepan hingga 28 Desember 2019.

Keputusan peringkat akreditasi ini telah memenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan penelusuran di dalam situs ban-pt.kemdiknas.go.id.

Akreditasi sendiri adalah salah satu bentuk penilaian terhadap sistrm penjaminan mutu eksternal dan kelayakan sebuah institusi perguruan tinggi atau program studi, yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi seperti Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Saat ini Universitas Bung Hatta terdapat 1 program studi untuk program diploma (D III) dan 24 program studi sarjana (S 1) serta untuk program pascasarjana (S 2) terdapat 6 program studi. Masing-masing program studi di Universitas Bung Hatta umumnya telah terakreditasi dari BAN-PT dengan peringkat B. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 12 Februari 2015 - 11:51:01

Mahasiswa Sastra Jepang UBH Juara II Lomba Pidato Bahasa Jepang Internasional
Mahasiswa Sastra Jepang UBH Juara II Lomba Pidato Bahasa Jepang Internasional
bunghatta.ac.id - Fitri Ramadhani mahasiswa angkatan 2010 jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta menorehkan prestasi di kancah internasional yang berhasil memperoleh Juara II Lomba Pidato Berbahasa Jepang Internasional Untuk Pelajar Asing ke-8 yang dilaksanakan pada 06 Februari 2014 lalu di Kota Amagasaki Hyogo Jepang.

Fitri berhasil mengalahkan peserta pesaingnya yang berasal dari Jepang,Indonesia, Tiongkok, Taiwan, Korea, Polandia, Ukraina, Jerman, dan Australia. Sedangkan untuk juara pertama dari Tiongkok dan diposisi ketiga Taiwan dengan dewan juri dari Amagasaki International Association, Sonoda Women’s University (SWU), Kansai Kokusai Daigaku, dan Sangyou Gijutsu Tanki Daigaku.

Oslan Amril, SS, M.Si, Sekretaris Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta menyampaikan Fitri Ramadhani ini merupakan mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta yang tengah menjadi peserta beasiswa pertukaran mahsiswa tahun 2014 untuk belajar di Sonoda Women's University.

“Fitri membawakan pidato yang berjudul sensei to ittara nani wo omoi ukabemasuka. Sebagai gambaran dalam pidatonya sensei (guru/dosen) itu bukan cuma yang mengajar di sekolah saja tetapi dari pengelaman yang kita rasakan juga merupakan guru yang baik. Belajar bukan hanya di dalam kelas, tetapi juga berusaha mengenal lingkungan sekitar dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita merupakan pelajaran yang baik selama kita tinggal di luar negeri,” jelasnya.

Dikatakannya, hampir tiap tahunnya mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta meraih juara dalam lomba pidato tersebut. Selama mengikuti program ini mereka akan mempelajari budaya dan bahasa Jepang dengan program-program yang sudah disusun sedemikian rupa.

“Selain mendapatkan pengetahuan tentang bahasa dan budaya Jepang, Anita juga akan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia sesuai dengan tujuan program ini yaitu pertukaran budaya antar dua negara," ujarnya.

Terpisah, Ketua Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menjelaskan Universitas Bung Hatta telah menjalin kerjasama dengan Sonoda Women's University Hyogo Jepang sejak tahun 2002 untuk mengirim mahasiswi Sastra Jepang Universitas Bung hatta belajar selama satu tahun disana. Sampai tahun 2015 ini mahasiswi yang dikirim adalah peserta yang ke 12 sejak program ini dimulai tahun 2003.

“Minggu ini Sastra Jepang akan mengadakan seleksi mahasiswi yang akan dikirim sebagai pengganti Fitri yang kan kembali bulan Maret 2015 mendatang. seluruh biaya hidup, biaya sekolah dan perjalanan pulang-pergi ke Jepang termasuk buku-buku semuanya dibiayai oleh pihak SWU bekerja sama dengan HUMAP (Hyugo University Mobility in Asia and the Fasific).

Ia juga berharap dengan banyaknya prestasi yang diraih dapat motivasi adik-adik kelasnya di jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta. “Hal ini merupakan kesempatan yang sangat berharga serta promosi yang sangat baik bagi Universitas Bung Hatta di mancanegara,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 12 Februari 2015 - 09:11:34

Laptop Si Unyil Trans7, Liput Penelitian Tentang Inulin Teknik Kimia UBH
Laptop Si Unyil Trans7, Liput Penelitian Tentang Inulin Teknik Kimia UBH
bunghatta.ac.id - Keberadaan kandungan inulin dalam umbi-umbian menjadi perhatian saat ini terutama bagi kesehatan, salah satu umbi yang memiliki kadar inulin tinggi yaitu umbi dari bunga dahlia. Inulin bukan saja merupakan komponen prebiotik yang dapat menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam sistem pencernaan tetapi juga merupakan serat pangan yang baik untuk kesehatan manusia.

Hal tersebut yang melatarbelakangi Leptop Si Unyil Trans7 untuk membuat liputan mengenai proses pembuatan inulin dari bunga dahlia yang sedang diteliti oleh jurusan Teknik Kimia Fakultas Tekonologi Industri Universitas Bung Hatta. Demikian disampaikan oleh Mutia Ginting, Ass Produser Leptop Si Unyil Trans7 disela-sela proses poduksi liputan, Rabu (11/02/2015).

Tim produksi tersebut terdiri dari 3 kru yaitu Mutia Ginting Ass Produser Leptop Si Unyil Trans7, Ibnu Shiyam Camera Person dan Reja Dalimanthe Reporter.

Mutia menyampaikan tim melakukan pengambilan gambar dimulai dari budidaya bunga dahlia di Bukittinggi kemudian proses pembuatan inulin yang dilakukan oleh peneliti dari jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta hingga aplikasi inulin dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui tayangan Leptop Si Unyil Trans7 ini kita akan mengedukasi masyarakat mengenai manfaat inulin bagi kesehatan manusia sebab inulin banyak dimanfaatkan oleh industri pangan yang memproduksi makanan ringan yang biasa dikonsumsi. Selain itu tayangan ini juga akan lebih menggali mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang segmen penontonnya untuk anak-anak,” ujarnya.

Penelitian inulin ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa dan dosen di Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang diketuai Ir. Elmi Sundari, MT dan anggota Dra. Munas Martinis, M.Si, Dra. Erti Prapurti, M.Si dengan melibatkan beberapa mahasiswa angkatan 2010 dan angkatan 2011 dalam penelitannya tersebut yang dilakukan di Laobratorium Teknik Kimia Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta.

Elmi Sundari menyampaikan sejauh ini di Indonesia terutama di Sumatra Barat bunga dahlia sudah banyak disemai, namun teknologi pengambilan Inulin dari umbi dahlia belum dipahami oleh masyarakat hanya mengenal pembudidayaannya dan diolah menjadi bahan pangan. Padahal umbi bunga dahlia mengandung Inulin yang berguna bagi kesehatan dan bernilai ekonomis.

“Inulin merupakan salah satu jenis karbohidrat yang mengandung serat berbentuk serbuk dan berwarna putih. Inulin juga tergolong food ingredient yang diklasifikasikan sebagai prebiotik dan dapat digunakan sebagai bahan penstabil pada makanan kadar lemak rendah,” jelasnya.

Ia mengatakan selain penelitian pengambilan kandungan inulin dari umbi bunga dahlia dilakukan juga proses pengolahan dari ampas umbi untuk pembuatan bioetanol dan pupuk sehingga dapat memperoleh manfaat dan nilai ekonomis yang lebih tinggi lagi.

“Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta tengah mengembangkan potensi sumber daya hayati untuk diproses lebih lanjut seperti untuk energi alternatif dalam pembuatan briket, bioetanol, biodisel, katalis, pupuk hingga pengolahan air,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 11 Februari 2015 - 08:56:36

Teknik Ekonomi Konstruksi UBH Pesiapkan Akreditasi dari Malaysia
Teknik Ekonomi Konstruksi UBH Pesiapkan Akreditasi dari Malaysia
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveying) Fakulktas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengikuti Pertemuan dan Seminar Profesi QS Indonesia dan Malaysia sekaligus menggelar Road Show Kerjasama dengan berbagai perusahaan konstruksi di Jakarta pada 29 – 31 Januari 2015.

Ketua Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Dr. Zulherman, ST, M.Sc menyampaikan dalam kegiatan ini membicarkaan mengenai peran serta profesi QS dalam mendukung kesiapan industri konstruksi Malaysia dan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Asia.

“Dalam dunia akademisi pertemuan ini dari Indonesia hanya Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta yang diwakili oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan Sesmiwati, MT, B.Qs dan salah satu dosen Ir. Martalius Peli, M.Sc,” ucapnya.

Ia menyampaikan dari pertemuan tersebut disimpulkan bila memperoleh hasil yang maksimal dalam kegiatan proyek-proyek besar di dunia konstruksi sangat diperlukan dukungan oleh para tenaga QS. Sayangnya kebutuhan sarjana dan perusahaan QS di Indonesia jumlahnya masih sangat kurang.

“Dalam menghadapi MEA, Indonesia sangat perlu memperbanyak jumlah profesi QS melalui formal pendidikan QS dan meningkatkan kualitas tenaga QS Indonesia dengan IQSI sebagai Ikatan Profesi QS di Indonesia, sebab kedepannya Indosnesia akan diserbu oleh perusahaan dan tenaga QS yang berasal dari luar negeri,” paparnya.

"Saat ini jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta sedang menyiapkan proses akreditasi dari Board of Quantity Surveyors Malaysia," tambahnya.

Seminar ini dihadiri oleh tim dari Board of Quantity Surveyors Malaysia (Juru Ukur Bahan Malaysia), Ketua dan Pengurus Ikatan Quantity Surveyor Indonesia (IQSI), berbagai perusahaan konstruksi seperti PT. Waskita karya, Agung Podomoro Group, PT. Branusa, PT. Davis Langdon, dan lain institusi dari konsultan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan konstruksi di Indonesia dan Malaysia.

Dalam kesempatan ini juga Prof. Sr Dr. Hjh Wan Maimun binti Wan Abdullah mengatakan Board of Quantity Surveyor Malaysia siap mengakreditasi dan akan melakukan kunjungan kerja ke jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta sesegera mungkin.

“Hal ini sangat penting karena jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta sebagai satu-satuya formal pendidikan QS di Indonesia, sehingga kualitas alumninya diakui dan dapat bersaing setara dengan alumni QS di kawasan Asia,” ungkapnya.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 10 Februari 2015 - 14:41:56

Teknik Ekonomi Konstruksi (QS) UBH Lakukan MoU dengan Perusahan Reynold Partnership
Teknik Ekonomi Konstruksi (QS) UBH Lakukan MoU dengan Perusahan Reynold Partnership
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveying) Fakulktas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan Road Show Kerjasama dengan berbagai perusahaan konstruksi di Jakarta pada 29 – 31 Januari 2015.

Ketua Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Dr. Zulherman, ST, M.Sc menyampaikan pada kesempatan ini jurusan melakukan penandatanganan kerjasama dengan Reynold Partnership, PT. (Mr. Reynold) yang beralamat di Wisma Metropolitan Kav. 29 Jl. Sudirman. Jakarta.

“Di PT. Reynold terdapat bekerja 6 orang alumni jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. Bahkan sang ownernya Mr. Reynold mengakui kualitas alumni kita. Diantara alumni yang menjadi row model dan sangat dipuji kualitasnya oleh Mr. Reynold adalah Wiwik Setiawati alumni 2009,” ungkapnya.

Dikatankannya, selama roadshow 3 hari tersebut, alumni jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta juga mendapat kesempatan berkunjung ke pabrik material PT. Modern Panel Indonesia (Modern Land Group).

“Perusahaan tersebut pada Februari 2015 ini akan berkunjung ke Universitas Bung Hatta dalam rangka pembicaraan MoU dan seminar tentang material bangunan ramah gempa.

Zulherman menambahkan mereka siap bekerjasama dengan alumni jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta dalam research tentang material konstruksi yang ramah gempa, dengan pembiayaan penelitian dosen dan mahasiswa dari PT. Modern Panel Indonesia.

“Hingga saat ini telah puluhan perusahaan dan ikatan porfesi di bidang konstrusksi terutama Quantity Surveyor yang telah menjalain kerjasama dengan jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta dalam kegiatan magang, penerimaan karyawan baru hingga penelitian dosen. Hal tersebut untuk dalam meningkatkan kualitas lulusan agar dapat bersaing dengan lulusan QS lainnya di luar negeri,” imbuhnya.

Selain Ketua Jurusan, dalam road show ini juga diikuti oleh Sekretaris Jurusan Sesmiwati, MT, B.Qs dan salah satu dosen jurusan Quantity Surveying Universitas Ir. Martalius Peli, M.Sc. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 10 Februari 2015 - 09:34:06

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Bung Hatta tahun 2015
Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Bung Hatta tahun 2015
bunghatta.ac.id - Berdasarkan surat pengumuman nomor: 0873.b/PENAL/KP-I/II-2015 mengenai Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Bung Hatta tahun 2015. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa berprestasi ialah:

1. Mahasiswa S1 yang duduk di semester IV s.d VIII (angkatan 2012, 2013), usia maksimal 23 tahun pada tanggal 12 Januari 2015.
2. Warga Negara RI.
3. Memiliki Kondite yang baik dan menunjukkan loyalitas terhadap almamater (surat keterangan dari Ketua Jurusan/ Dekan).
4. Membuat karya tulis (sesuai dengan Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2014 yang diterbitkan oleh Dikti.
5. Aktif dalam kegiatan intra dan ekstrakurikuler, dibuktikan dengan fotokopi surat keputusan/ surat tugas/ piagam/ sertifikat.
6. Mempunyai kemampuan berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan
7. IPK minimal 3,00 untuk semua jurusan (lulus semua mata kuliah)
8. Mengisi biodata, blanko disediakan
9. Tidak terdaftar pada wisuda bulan April 2015
10. Belum pernah menjadi finalis Mawapres di tingkat Fakultas dan Universitas.

Jadwal kegiatan penyeleksian pada tingkat jurusan hingga universitas sebagai berikut
1. Tingkat Jurusan akan dilaksanakan pada minggu ke-IV Februari 2015
2. Tingkat fakultas akan dilaksanakan pada minggu ke II Maret 2015 dengan tanggal tepatnya ditetapkan oleh Ketua Jurusan dan Dekan masing- masing.
3. Tingkat universitas akan dilaksanakan pada 6 April 2015.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi bagian kemahasiswaan Universitas Bung Hatta di Lantai I Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 09 Februari 2015 - 09:26:03

220 Mahasiswa FKIP Terjun Ke Masyarakat
220 Mahasiswa FKIP Terjun Ke Masyarakat
bunghatta.ac.id - Sebanyak 220 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta diterjunkan ke masyarakat dalam rangkaian kegiatan Kemah Bakti Sosial Mahasiswa (KBSM) di Nagari Bukik Kanduang, Kecamatan X Kota Diatas, Kabupaten Solok pada 06-08 Februari 2015.

Kegiatan ini diikuti oleh 7 jurusan yang terdapat di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar serta Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

Selama pelaksanaan kegiatan didampingi oleh Dekan Drs. Khairul, M.Sc, Wakil Dekan Drs. Yusrizal, M.Si, pimpinan jurusan dan tenaga kependidikan serta pimpinan kelembagaan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Ketua Pelaksana, Novita Sari menyampaikan kemah bakti ini diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2014, tidak semua mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini dan harus diseleksi kesehatannya juga. Para mahasiswa tersebut akan diterjunkan ke sekolah-sekolah sekitar lokasi kemah untuk memberikan pembelajaran seputar bidang keilmuannya masing-masing.

“Misalnya mahasiswa Pendidikan Matematika mengajarkan di kelas mengenai perihitungan cepet matematika dengan menggunakan metode jarimatika begitu juga dengan mahasiswa dari jurusan lainnya,” imbuhnya,.

“ Selain itu kemah bakti yang mengangkat tema melalui kegiatan kemah bakti sosial mahasiswa kita tingkatkan jiwa Tridharma Perguruan Tinggi ini juga terdiri dari kegiatan-kegiatan sosial, seperti gotong royong bersama masyarkat dan pemberian bibit tanaman serta permainan kekompakan,” tambahnya.

Sementara itu, Hendri Putra Gubernur BEMM FKIP mengatakan acara ini merupakan program kerja dari Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat yang menuntut mahasiswa memiliki softskil dalam bermasyarakat.

“Acara ini dapat menjadi wadah untuk mempererat persatuan, kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta serta dengan lingkungan setempat,” ucpanya.

Dalam Kunjungannya, Rektor Universitas Bung Hatta Prof Dr. Niki Lukviarman S.E., Akt, MBA, CA bersama Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati, M.Pd dan Kepala BAAK Hendra Kusuma, S.Pi, M.Si mengutarakan selama mengikuti kegiatan para mahasiswa dapat mengembangkan softskillnya di masyarakat terutama dalam berkomunikasi dan beradapatasi dengan lingkungan yang baru.

“Kemah bakti ini bisa disebut juga dengan pra KKN-PPM yang nantinya akan diikuti oleh tiap mahasiswa Universitas Bung Hatta serta sebagai sarana untuk memperkenalkan kampus kepada masyarakat,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 06 Februari 2015 - 13:36:54

Sastra Jepang UBH Miliki Nastive Speaker Dari AIESEC
Sastra Jepang UBH Miliki Nastive Speaker Dari AIESEC
bunghatta.ac.id - Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta pada semeseter genap 2014/2015 ini memiliki native speaker baru yaitu saudara Anna Kose dari Lembaga AIESEC yang akan dalam membantu selama perkuliahan.

Hal tersebut diungkapkan Dr. Diana Kartika, M.Hum, Ketua Juruan Sastra Jepang saat pertemuan denga Rektor Universitas Bung Hatta di ruangannya Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (06/02/2015).

Diana mengatakan native speaker dalam pembelajaran bahasa asing suatu hal yang sangat penting, karena akan sangat berbeda ketika berbicara menggunakan bahasa asing dengan lawan bicara penutur aslinya yang notabenenya menggunakan bahasa tersebut dalam kesehariannya.

“Sekian lama menunggu akhirnya untuk semester ini native speaker ini akan mulai mengajar selama 1,5 bulan. Keberadaan native speaker ini berkat kerjasama kampus dengan AIESEC. Selain itu selepas selesainya Anna Kose akan ada 5 native lagi yang silih berganti datang mengajar,” jelasnya.

Ia juga mengutarakan native speaker tersebut akan mengajar di kelas dan membantu membimbing mahasiswa dalam menulis skripsi dalam bahasa Jepang yang baik dan benar. Selain itu, mereka juga akan bergaul sehari-hari dengan mahasiswa.

“Dengan begitu mahasiswa akan terbiasa mendengarkan bahasa Jepang dari penutur aslinya sehingga kulaitas berbahasa dan berkomunikasi dalam bahasa Jepang akan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyambut baik dengan keberadaan native speaker di jurusan Sastra Jepang. “Semoga dengan adanya native ini dapat membantu dan meningkatkan kualitas mahasiswa sehingga memiliki kompetensi dan daya saing yang lebih baik dikemudian hari,” sebutnya.

Pada kesempatan ini juga berlangsung pertemuan antara 3 mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta telah menyelesaikan program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS) 2.0 di Jepang yaitu Nikmatul Hikmah mahasiswa angkatan 2011, Ade Eka Surya mahasiswa angkatan 2012 dan Sry Melvy mahasiswa angkatan 2012.

Pertemuan ini dihadiri juga oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum, dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya Tien Immery, SS, M.Hum. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 06 Februari 2015 - 12:04:00

Pertemuan Pra Launching Forum Akademis Samudera Hindia di Universitas Bengkulu
Pertemuan Pra Launching Forum Akademis Samudera Hindia di Universitas Bengkulu
bunghatta.ac.id - Forum Akademis Samudera Hindia (FASH) atau Indian Ocean Academic Forum (IOAF) merupakan organisasi yang dibentuk untuk mengembangkan pemikiran dan inovasi baru dalam bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang terkait dengan pemanfaatan dan pengelolaan Saumdera Hindia secara optimal dan berkelanjutan denga misi yang diemban adalah membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan dalam pengelolaan dan pemanfaatan Samudera Hindia.

Demikian dikatakan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA yang merupakan Presiden Direktur IOAF saat kegiatan pertemuan Pra-launching Indian Ocean Academic Forum yang dilaksanakan di Universitas Bengkulu, Sabtu (31/01/2015).

Niki menyampaikan IOAF ini digagas oleh Universitas Bung Hatta dan juga sekaligus menjadi tempat sekretariat kantornya, yang telah dideklarasikan pada 22 April 2014 lalu. Tak hanya itu, pendirian IOAF ini erat kaitannya dengan ditetapkannya Indonesia akan menjadi Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) periode 2015-2017.

“Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Luar Negeri, selaku focal point IORA tengah melakukan berbagai persiapan bagi kekuatan Indonesia pada IORA dimaksud, utamanya untuk mendorong kerjasama di enam bidang prioritas seperti keselamatan dan keamanan maritim, perdagangan dan investasi, manajemen perikanan, penanggulangan bencana, kerjasama akademik dan IPTEK, dan turisme serta pertukaran budaya,” jelasnya.

Ia juga menambahkan pada pertemuan Pra-Launching IOAF ini memiliki empat agenda, yaitu menyusun anggaran dasar organisasi, pembentukan Dewan Eksekutif organisasi, penyusunan rencana kerja prioritas, dan penyusunan langkah strategis launching IOAF.

Sementara itu, Rektor Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, merupakan salah satu Dewan Pendiri IOAF. Forum ini mulai digagas dan menjadi perbincangan hangat di kalangan akademisi sejak setahun yang lalu.

“Diharapkan menjadi wadah bagi akademisi dalam mewujudkan upaya nyata mendorong program nasional "Menjadikan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia" yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo,” ujarnya.

Keanggotaan IOAF ini berasal dari 17 perguruan tinggi dalam dan luar negeri serta didukung oleh perwakilan dunia usaha dan intansi pemerintahan baik daerah maupun pusat. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 06 Februari 2015 - 11:59:56

UBH Laksanakan Pelatihan Public Speaking
UBH Laksanakan Pelatihan Public Speaking
bunghatta.ac.id - Dalam menciptakan pembawa acara yang handal dan profesional, Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Publik Specking Bagi Mahasiswa yang dilaksanakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (06/02/2015).

Ketua Pelaksana yang juga Kepala BAAK Universitas Bung Hatta, Hendra Kusuma, S.Pi., M.Si menyampaikan kegiatan ini pertama kali diadakan oleh kampus yang bertujuan untuk mencari bibit-bibit baru MC (Master of ceremony) dari mahasiswa Universitas Bung Hatta karena selama ini banyak mahasiswa yang sering menjadi pemandu acara dalam berbagai kegiatan yang baik ditingkat jurusan hingga universitas.

“Pelatihan ini diikuti oleh 35 mahasiswa yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap fakultas yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 6 dan 7 Februari 2015. Pelatihan ini juga dapat untuk mengasah soft skill dan pengetahuan mahasiswa yang nantinya dapat berguna selama menempuh pendidikan di bangku kuliah maupun saat bermasyarakat,” ucapnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk diadakan bagi mahasiswa agar kedepannya setiap ada kegiatan ada SOP yang baku dan standar mengenai pelaksanaan acara.

“Menjadi MC profesional itu tidak mudah. Ruh dari sebuah acara terdapat pada kepiawaian seorang MC dalam membawakannya. Itu talenta yang perlu diasah dan setiap mahasiswa memilikinya. Fokus berlatih dan kembangkan softskill yang dimiliki,” ungkapnya.

Pelatihan ini mendatangkan pemateri dari praktisi publik speaking, Meidy Rosanna yang juga sebagai Manajer Opresional Radio Classy FM Padang yang menjelaskan mengenai teori dasar dan praktir publik speaking hingga trik bagaimana menjadi seorang MC yang profesional.

“Untuk menjadi MC yang profesional, tidak hanya memiliki pengetahuan seputar public speaking yang luas tetapi harus juga banyak dipraktikkan, dengan demikian dapat menambah banyak pengalaman dan untuk pembelajaran dikemudian hari,” ucapnya

Ia juga mengatakan pelatihan ini tidak cukup sehari dua hari bila tidak dipraktikkan di lapangan. “Setidaknya para mahasiswa dapat memambah pemahan dan pengetahuan serta skill dalam public speaking,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.167.138.177