Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Ikuti Pameran, Universitas Bung Hatta Perkenalkan Pentingnya Akreditasi Program Studi

Saat ini sudah tidak ada lagi dikotomi antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, namun yang perlu diperhatikan lagi bagi calon mahasiswa yang ingin memilih perguruan tinggi dalam melanjutkan pendidikannya yaitu akreditasi. Hal demikian dikatakan Wakil Rektor II Universitas Bung ....

Universitas Bung Hatta Ikuti Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo 2015

Universitas Bung Hatta menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam pada 16-18 April 2015 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Batam H. Rudi SE, MM. Dalam sambuta....

Sebelum Wisuda, Lulusan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Dibekali Kesiapan Menghadapi MEA

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta terus menunjukkan komitmennya dalam mengantarkan lulusan ke dunia kesuksesan. Bahkan sampai detik akhir menjelang wisuda ke -63 yang akan dilaksanakan Sabtu,18/4 nanti, Fakultas Teknik Sipil masih menambahkan bekal untuk memenangkan pers....

Irwan Prayitno Bekali Calon Wisudawan UBH

Gubernur Sumbar Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc hadir di Kampus I Universitas Bung Hatta, Rabu,15/4 sebagai narasumber pembekalan bagi 764 calon wisudawan Universitas Bung Hatta ke-63 yang akan dilaksanakan Sabtu,18/4 depan di GOR Kampus II UBH Aia Pacah. Irwan memberikan motivasi kehidupa....

Pembekalan Kiat Sukses Menembus Pasar Kerja Bagi Alumni FE UBH

Tidak mudah untuk bisa menembus dunia kerja bila tidak memiliki kiatnya, melihat hal tersebut Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan pembekalan bagi calon alumni berupa pelatihan dan simulasi dalam kiat sukses menembus pasar kerja yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus P....

Niki Lukviarman: Diperlukan GCC Untuk Jaga Kelansungan Perusahaan

Untuk menjaga keberlangsungan hidup perusahaan sangat di perlukan Good Corporate Governance (GCG) diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan melalui pengelolaan yang didasarkan pada asas transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi serta kewajaran dan kesetaraan. Demikia....

Jumat 02 Januari 2015 - 13:57:37

5 Januari, Musisi Jepang "Kuri" Akan Tampil di UBH
5 Januari, Musisi Jepang "Kuri" Akan Tampil di UBH
bunghatta.ac.id - Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Asia Timur Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta akan menghadirkan penampilan Akustik Duet Musisi Tradisional asal Jepang yaitu KURI (Katsu dan Miho) yang akan berlangsung di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 5 Januari 2015 mendatang.

Ketua Pelaksana Valdo Rauf Parameshwara mengatakan Kuri adalah salah satu grup seniman yang sangat menjunjung tinggi kelestarian alam. Kuri sendiri adalah nama grup dari dua orang musisi jepang yang terdiri dari Katsu dan Miho.

“Musik musik Kuri yang mengarah kepada keasrian alam telah membawa mereka berkeliling dunia, Penampilan duet KURI ini merupakan rangkaian tournya ke-7 negara yaitu Prancis, Irlandia, Inggris, Malaysia, Jepang, Thailand dan Indonesia dalam rangka KURI Goes to Campus Let's Apreciate Nature. Untuk penampilan di Indonesia akan dilaksanakan di Bali, Banda Aceh dan Kota Padang,” jelasnya.


Ia mengatakan Kuri mencoba mengajarkan budaya cinta alam melalui musik yang mereka bawakan. Selain dalam bentuk penampilan seni, budaya cinta alam juga dapat dilakukan melalui kegiatan ilmiah berupa kuliah umum.

“Kuliah umum yang bertemakan manfaat tanaman organik ini diadakan sebagai salah satu upaya pelestarian alam. Selain sehat, tanaman organik tidak mengubah sifat fisik dari tanah dan juga tidak menimbulkan polusi,” ucapnya.

Yaumil Fajri, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Asia Timur menyampaikan kegiatan ini menjadi rangkaian dari program kerja himpunan yang bertujuan sebagai saeana untuk memperkenalkan seni Jepang khususnya kepada mahasiswa Sastra Jepang, ajang pertukaran budaya antara Jepang dan Minangkabau dan juga untulk emperkenalkan manfaat tanaman organik

“Nantinya dalam kegiatan ini juga selain penampilan dari Kuri akan ada juga penampilan tarian kreasi dari mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta, penampilan tari jepang dari Sakura Dancer, Kuliah Umum Tanaman Organik dan penampilan musik perkusi dari mahasiswa Universitas Bung Hatta,” ujarnya.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum dan rugi bila tidak hadir dan mengikutinya terutama bagi pencinta musik dan kebudayaan Jepang,” ajaknya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 31 Desember 2014 - 12:06:36

Visitasi Wasdalbin Kopertis Wilayah X
Visitasi Wasdalbin Kopertis Wilayah X
bunghatta.ac.id - Tim dari Koordinator Kopertis Wilayah X (Sumatra Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) melakukan visitasi ke Universitas Bung Hatta dalam rangka pelaksanaan pengawasan, pengendalian dan pembinaan (Wasdalbin) tahun 2014 bagi Perguruan Tinggi Swasta yang berlangsung di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (31/12/2014).

Tim tersebut dikomandoi oleh Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X Drs Hanafi, MS dan ikuti oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Kukviarman, SE, Akt, MBA bersama Wakil Rektor, Dekan dan Kepala Biro di lingkungan Universitas Bung Hatta.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Kukviarman, SE, Akt, MBA menyampikan Universitas Bung Hatta akan terus melakukan koordinasi dengan Kopertis wilayah X dalam meningkatakan mutu pendidikan di Kampus Proklamator ini.

"Kita berharap Kopertis dapat terus mengunjungi Universitas Bung Hatta minimal dua bulan sekali dalam melakukan pembinaan, dukungan hingga memberikan masukan konstruktif untuk kami. Tentunya untuk tahun 2015 kedepannya Universitas Bung Hatta akan melakukan peningkatan kualitas pendidikan berbasis program studi," imbuh Niki. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 31 Desember 2014 - 11:25:32

Universitas Bung Hatta Jajaki Kerjsama dengan Shinshu University Jepang
Universitas Bung Hatta Jajaki Kerjsama dengan Shinshu University Jepang
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Shinshu University Jepang dalam rangka menjajaki kerjasama dalam bidang pertukaran pelajar, penelitian dan studi lanjut pada 16 Desember 2014 lalu

Dalam kunjungan tersebut diikuti oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA dan Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng Reni Desmirati, ST, MT bersama tim dari Universitas Andalas dan Universitas Prima Indonesia yang disambut langsung oleh pimpinan dekanat Fakultas Teknik Shinshu University.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengatakan kunjungan ini sebagai langkah awal untuk melakukan MoU (Memorandum of Understanding) antara Universitas Bung Hatta dengan Shinshu University terutama fakultas tekniknya. “Agar nantinya dapat memperoleh kesempatan untuk melaksanakan pertukaran pelajar, melaksanakan Joint Research, studi lanjut bagi dosen dan lainnya,” ungkapnya.

Kunjungan tersebut dilakukan disela-sela kegiatan The 1st International Joint Meeting of Global Enviromental and Energy Course (GU-GLEE) yang membahas mengenai pertukaran pelajar yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan kerjasama bersama 24 perguruan tinggi di dunia yang dilaksanakan pada 17-18 Desember 2014 di Gifu University, Jepang. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 31 Desember 2014 - 08:58:23

UBH Bersama 24 Perguruan Tinggi di Dunia Lakukan MoU Studend Exchange
UBH Bersama 24 Perguruan Tinggi di Dunia Lakukan MoU Studend Exchange
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA melaksanakan penandatanganan kerjasama (MoU) bersama 24 perguruan tinggi lainnya di dunia dalam mendeklarasikan kegiatan student exchange yang diselenggarakan oleh Master Course Graduate School of Engineering, Gifu University, Jepang.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Fakultas Teknik Gifu University ini mengundangan pimpinan perguruan tinggi untuk mengikuti The 1st International Joint Meeting of Global Enviromental and Energy Course (GU-GLEE) yang berlangsung pada 17-18 Desember 2014.

Untuk Universitas Bung Hatta sendiri dihadiri langsung Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA yang ditemani oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan Gifu Universitas Global Environment dan Energi Course merupakan suatu program terbaru yang diluncurkan oleh Fakultas Teknik Gifu University untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan magister di Gifu University dan diperuntukan bagi mahasiswa dari Fakultas Teknik.

“Program ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan lingkungan dan energi baik secara lokal maupun global sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia yang dapat menciptakan dan mengembangkan dunia industri,” ujarnya.

Niki juga mengatakan dalam pertemuan tersebut juga para delegasi menyampaikan profil perguruan tinggi dan fakultas tekniknya kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai program pertukaran pelajar yang disepakati dengan penandatanganan naskah MoU.

“Terdapat empat point penting yang menjadi keputusan bersama yaitu untuk pengembangan pamahamanan dunia pendidikan di massa yang akan datang dan juga melibatkan partisipasi perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama, untuk melakukan promosi pertukaran mahasiswa dan pengenalan program studi para perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama,” bebernya.

“Kemudian, untuk pelakukan berbagai riset bersama hingga mengadakan kerjasama kegiatan dalam mempublikasikan hasil penelitian dan membangun jaringanan dengan dunia industri. Tak hanya itu dalam kerjasama ini juga tidak ditutup kemungkinan bagi mahasiswa yang ingin penelitian dan magang selama beberapa bulan serta melanjutakan pendidikan doktoral bagi dosen di sini ,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT yang juga mengikuti pertemuan tersebut mengungkapkan sebelum diadakannya petemuan mengenai program Gifu University Global Environment & Energy Program (GU-GEEP) ini, Universitas Bung Hatta melalui Jurusan Teknik Kimia telah melaksanakan kerjasama dengan mengirimkan satu orang alumninya menikuti program Basin Water Environmental Leader (BWEL).

“Program ini merupakan bertujuan untuk mengembangkan program pendidikan S2 di Gifu University dan meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang berminat melanjutkan studi di Gifu University,” ungkapnya.

Reni mengatakan sejak tahun 2010 hingga saat ini terdapat 5 orang alumni Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang sedang mengikuti program magister dan doktoral di Universitas Gifu Jepang, yakni Joni Aldilla Fajri, M.Eng, Edwina Zainal M.Eng, Weni Zuwirna, Farrah Fadhillah Hanum dan yang terbaru Yenni Trianda.

“Meskipun telah ada program GU-GEEP untuk semua Fakultas Teknik, namun program BWEL yang dilaksanakan oleh jurusan Teknik Kimia masih tetap berlangsung hingga satu tahun kedepan. Program ini menjadi kesempatan emas bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di negara sakura ini,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 Desember 2014 - 14:57:29

Bahas KKN Internasional dan MoU, UniMAP Kunjungi UBH
Bahas KKN Internasional dan MoU, UniMAP Kunjungi UBH
bunghatta.ac.id - Universitas Malaysia Perlis (UniMAP) mengadakan kunjungan ke Universitas Bung berlangsung di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (29/12/2014).

Dalam lawatannya, tim dari UniMAP terdiri dari 6 orang yang dijamu langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA bersama Wakil Rektor, Dekan dna Kepala Biro di lingkungan Universitas Bung Hatta sekaligus Penyelenggara KKN-PPM Universitas Bung Hatta.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyambut baik rencana kerjasama antara Universitas Bung Hatta dengan UniMAP yang akan segera melaksanakan penandatangan MoU yang akan disesuaikan dengan kalender akademik universitas.

“Banyak point-point kerjasama yang akan dibahas dan dapat direalisasikan kedepannya seperti penyelenggaraan KKN Internasional dengan bertemakan KKN ASEAN Spirit, penelitian bersama, studi lanjut bagi dosen hingga kami juga meminta agar Rektor UniMAP memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta,” ungkapnya.

“Universitas bung Hatta juga meninginkan program studi-program studi yang selama ini bersifat konvensional agar dapat lebih dispesisfikan sehingga lebih kompetitif lagi seperti pengembangan nanoteknologi dan bidang lainnya,”tambah Niki.

Sementara itu, Prof. Madya Abdul Aziz Mahmuddin yang mewakili tim dari UniMAP memberikan pemaparan mengenai profil Universitas Malaysia Perlis yang merupakan perguruan tinggi yang berbasis keteknikan dan bisnis yang memilikk 111 program baik diploma hingga doktoral. Selain itu ada juga penjelasan mengenai Strategic and Performance Management.

“Kunjungan kita hari ini dalam rangka membalas lawatan yang telah dilakukan Universitas Bung Hatta ke UniMAP beberapa wakut yang lalu. Secara garis besar UniMAP sangat mendukung penyelenggaraan KKN Internasional ini, hanya saja perlu dibicarakan kembali untuk waktu penyelenggaraannya, begitu juga dengan Tim KKN-PPM Universitas Bung Hatta dapat mengadakan kunjungan ke UniMAP terkait program KKN,” uangkapnya.

Pertemuan ini tidak lain untuk membahas penyelenggaraan KKN Internasiona dan rencana pelaksanaan MoU antara Universitas Bung Hatta dengan UniMAP. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 Desember 2014 - 12:11:45

Teknik Ekonomi Konstrusksi (QS) UBH Lakukan Road Show dan MoU dengan Perusahaan Konstruksi
Teknik Ekonomi Konstrusksi (QS) UBH Lakukan Road Show dan MoU dengan Perusahaan Konstruksi
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Konstrusksi atau Quantitiy Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan roadshow ke berbagai perusahaan dan organisasi profesi yang berada di Jakarta pada 15-18 Desember 2014 lalu.

Ketua Jurusan Quantity Surveying Dr. Zulherman, ST, M.Sc mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengadakan silaturahmi dengan alumni-alumni jurusan Quantitiy Surveying yang telah bekerja diberbagai perusahaan konstruksi sekaligus untuk melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT. Quanta QS Costindo, PT Modernland Realty, Tbk dan dan Ikatan Quantitiy Surveying Indonesia.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapakan dapat meningkatkan sumber daya manusia di bidang keteknikan melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan di bidang Quantity Surveying dalam upaya turut mencerdaskan bangsa dan pengikatan daya saing bangsa,” ujarnya.

Zulherman menyampaikan jurusan yang berdiri sejak tahun 2002 ini hanya ada satu-satunya di Indonesia. Bahkan sebelum wisuda, banyak mahasiswa Jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta yang telah dipinang untuk bekerja diberbagai perusahaan bidang konstruksi.

“Jurusan Quantity Surveying memiliki kompetensi untuk melakukan pekerjaan mulai dengan penyusunan anggaran, rencana anggaran biaya, manajemen proyek, tender, pengawasan, hukum kontrak proyek, perselisihan dalam proyek, serta sampai penilaian kelayakan terhadap sebuah anggaran pekerjaan yang telah dilakukan,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan dalam mempersiapkan lulusan yang profesional dan siap kerja tidak cukup hanya belajar di ruangan kelas saja, sehingga jurusan ini memperbanyak jam praktek atau kuliah lapangan yang didukung oleh tenaga pengajar yang berpendidikan S2 dan S3 baik dalam maupun luar negeri.

“Jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta telah banyak melakukan berbagi kerjasama dengan berbagai intansi pendidikan seperti Universiti Teknologi Malaysia dan lainnya, begitu juga dengan perusahaan-perusahaan di bidang konstruksi dalam pelaksanaan magang maupun rekruitment karayawan baru,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 Desember 2014 - 08:13:52

UBH Ikuti Pertemuan Global Enviromental anda Energy Course di Jepang
UBH Ikuti Pertemuan Global Enviromental anda Energy Course di Jepang
bunghatta.ac.id - Universitas Bung hatta Bersama 24 perguruan tinggi lainnya di dunia mendapatkan undangan untuk mengikuti The 1st International Joint Meeting of Global Enviromental anda Energy Course (GU-GLEE) yang dilaksanakan di Gifu University, Jepang pada 17-18 Desember 2014.

Kegiatan ini diikuti langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA bersama Ketua Jurusan Teknik Kimia Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT. (*Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 22 Desember 2014 - 12:13:39

UBH Akan Dirikan Fakultas Kedokteran
UBH Akan Dirikan Fakultas Kedokteran
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta (UBH) berencana men­dirikan Fakultas Kedokteran (FK) dalam rangka pengem­bangan universitas. Rencana itu bukan sekedar wacana lagi, namun sudah mencapai titik serius.

Rektor UBH, Prof. Dr. Niki Luk­viar­man, SE, Akt, MBA melalui Kepala Badan Perencanaan Pengem­bangan dan Pengendalian Mutu, Khadavi mengatakan, dari segi infrastruktur, fasilitas untuk mendirikan FK sudah ada, yakni dua gedung di kampus I di Ulak Karang. Satu gedung untuk fakultas dan satu gedung lagi untuk rumah sakit.

“Kami sudah melakukan penjajakan ke Dikti, Konsul Kedokteran Indonesia, dis­kusi dengan Unand, dan dengan Dinas Kesehatan Sumbar. Saat ini kami sedang me­nyiap­kan semua persyaratan untuk membuka FK ini,” ujar Khadavi kepada Haluan, Selasa (16/12/2014).

Mengenai izin dari Dikti, pihaknya tengah menunggu berakhirnya moratorium untuk membuka fakultas baru di sebuah perguruan tinggi. Berdasarkan infor­masi yang diterima pihak UBH, moratorium untuk itu akan berakhir pada akhir 2015.

Khadavi menjelaskan, motivasi UBH mendirikan FK bukan berdasarkan prospek keuntungan secara finansial, namun untuk menambah sumbangsih UBH terhadap masyarakat di bidang akademik.

“Selama ini UBH sudah banyak memberikan sum­bangsih terhadap masy­arakat seperti di bidang enginering, pendidikan dan sebagainya. UBH ingin menambah sum­bangsih tersebut, yakni di bidang kesehatan. Lagi pula, bidang kesehatan merupakan ama­nah undang-undang yang penting seperti halnya bidang pendidikan, terbukti dengan banyaknya anggaran yang dikucurkan oleh pe­merintah untuk dua bidang ini,” tutur Khadavi.

Kata Khadavi, pihaknya yakin, peminat FK cukup banyak, mengingat masih kurangnya tenaga dokter di Sumbar dan Indonesia pada umumnya.

Jika nanti FK sudah berdiri di UBH, lanjut Khadavi, untuk tahap awal akan diterima 50 ma­hasis­wa. Pihaknya mengklaim, sudah ada enam dosen tetap yang akan mengajar di FK nan­tinya. Untuk tahap awal, sebut Khadavi, FK UBH berada di bawah binaan Unand.

Terkait rumah sakit sebagai pendukung FK UBH nantinya, menjelang pem­bangunan rumah sakit tersebut belum selesai, pihaknya akan meng­gu­nakan rumah sakit lain sebagai tempat praktek.

“Kami sudah menjajaki beberapa rumah sakit seper­ti RSUP M Djamil, RSUD Padang Panjang dan seba­gainya. RSUP M Djamil memiliki banyak link rumah sakit yang representatif, yang akan direkomendasikan sebagai tempat praktek bagi mahasiswa FK UBH nan­tinya,” jelas Khadavi.

Khadavi mengatakan, selain mendirikan FK, dalam pengembangan univer­sitas, UBH kampus I akan dija­dikan komplek bisnis seba­gai rencana jangka panjang. Namun, konsep komplek bisnis tersebut masih diren­ca­nakan seperti apa nantinya.

Rencana pembangunan komplek bisnis itu, lanjut Khadavi, ST, MT, mengingat UBH kampus I nantinya akan menjadi halaman depan terkait rencana Pemprov Sumbar membuat jalur dua di sepanjang pantai Padang hingga ke bandara. Pihak­nya sangat berharap pemba­ngunan jalur dua itu cepat terealisasi.

Khadavi menambahkan, segala rencana itu saat ini masih belum bergerak, sebab UBH sedang fokus mem­bangun kampus II UBH di Aia Pacah. (**<a href='http://www.harianhaluan.com/index.php/berita/haluan-padang/36665-ubh-akan-dirikan-fakultas-kedokteran'>Harian Haluan</a> )
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 22 Desember 2014 - 09:03:51

Ujian Akhir Semester Ganjil 2014/2015
Ujian Akhir Semester Ganjil 2014/2015
bunghatta.ac.id - Selamat melaksanakan Ujian AKhir Semester Ganjil 2014/2015 yang berlangsung dari 22 Desember 2014 hingga 9 Januari 2015. Informasi mengenai kalender akademik dapat dilihat <a href='http://bunghatta.ac.id/kalender.html'>disini</a>

(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 19 Desember 2014 - 13:14:41

Sosialisasi Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Bersama BNSP
Sosialisasi Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Bersama BNSP
bunghatta.ac.id - Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengadakan pertemuan dalam kegiatan “Pemantapkan Manajemen TUK Dalam Rangka Menyongsong MEA 2015 dan Sosialisasi Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) 1 bersama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bertempat di Ruang Sidang FPIK Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (19/12/2014).

Pertemuan ini diikuti oleh seluruh Asesor Kompetensi TUK FPIK Universitas Bung Hatta, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Perwakilan Fakultas Ekonomi dan dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara dari Master Asesor BNSP yaitu Harry Maryoto dari LSP-Kelautan dan Perikanan serta Utami Widiasih dari LSP Kapal Pesiar maupun pariwisata.

Dekan FPIK Universitas Bung Hatta Ir. Yempita Efendi, M.S menyampaikan pertemuan ini untuk membicarakan mengenai pemantapan dalam manajemen penyelenggaraan Tempat Uji Kompetensi ditambah lagi dengan keinginan Universitas Bung Hatta untuk membuat LSP1.

“Mengingat saat ini sudah dosen Universitas Bung Hatta banyak yang menjadi asesor dalam pelaksnaaan uji kompetensi seperti di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dan beberapa fakultas lainnya,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu langkah dalam membuat LSP1 di Universitas Bung Hatta dengan hadirnya master asesor dari BNSP. Universitas sangat menyambut baik pertemuan ini.

“Ada beberapa hal yang mendorong Universitas Bung Hatta segera membuat LSP1 diantaranya rencana yayasan yang akan menjadikan Kampus Proklamator I ini menjadi kampus untuk penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi uji kompetensi. Begitu juga secara paralel dua fakultas telah melaksanakan uji kompetensi dan tuntutan perguruan tinggi dalam menjalankan amanat undang-undang dan permendikbud,” kata Eko.

Ia juga menyampaikan saat ini Universitas Bung Hatta memiliki 30 program studi dari ahli madya, sarjan dan pascasarjana yang harus disesuaikan dengan kurikulum KBK-KKNI dengan bertransformasi dari berbasis ini menjadi kompetensi.

“Universitas Bung Hatta telah memiliki lembaga pelatihan dan sertifikasi profesi yang bernama SPACE atau School of Profesional and Continous Education (Sekolah Profesional dan Pendidikan Berkelanutan (SP2B),” ungkapnya.

Harry Maryoto mengatakan pertemuan ini sangat strategis dan kita memberikan apresiasi kepada Universitas Bung Hatta yan berkomitmen dalam membangun sistem sertifikasi kompetensi. Kedatangan kami untuk memberikan pemahaman agar dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan uji kompetensi seragam semuanya.

“Diharapakan nantinya bila Universitas Bung hatta membentuk LSP1 dapat membuat konsep uji kompetensi yang bersamaan dengan ujian semester. Selain untuk kepentingan memperoleh nilai mahasiswa sekligus akan mendapatkan sertifikat kompetensi ,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga dilaksankan penyerahan secara simbolis sertifikat hasil uji kompetensi TUK FPIK Universitas Bung Hatta dari BNSP ke Pimpinan Universitas. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.205.189.1