Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

FPIK UBH Menjadi Tempat Uji Kompetensi Kelautan dan Perikanan

Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta melaksanakan Pembukaan Pelatihan Asesor Kompetensi dan Kuliah Umum Sosialisasi Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan yang bertempat di Aula Balirung Caraka ....

UBH Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2014

Universitas Bung Hatta kembali menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2014 untuk tingkat universitas yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung E Rekotrat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (14/04/2014). Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum men....

20 Tahun Teknik Kimia UBH, Semakin Berprestasi

Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah genap berusia 20 tahun sejak berdiri pada 14 April 1994 lalu dan berkeinginan menjadi lembaga pendidikan Teknik Kimia tingkat sarjana yang berkualifikasi unggul di tingkat nasional, berkontribusi pada Industri khususnya ka....

Pindo UBH Gelar Acara Perisahan Bagi 67 Wisudawannya

Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan Unveristas Bung Hatta mengadakan acara perpisahan bagi 67 wisudawannya yang bertajuk “Pesta Malapeh Uda Uni Kami” di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung hatta, Minggu (13/03/201....

Mahasiswa Teknil Sipil UBH: Kuliah Lapangan Dukung Kompetensi Mahasiswa

Pemahaman terhadap praktik lapangan sangat diperlukan bagi mahasiswa teknik sipil, karena memperkaya serta memperdalam teori di bangku kuliah dan praktik di laboratorium. Selain itu juga berguna bagi mahasiswa atau lulusan dalam menghadapi dunia kerja. Pemahaman yang baik terhadap kondisi lapanga....

Mahasiswa Teknik Sipil UBH, Kuliah di Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Jurusan Teknik Sipil mendapat penjelasan tentang proses Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai ( River Improvement Of Lower Reaches Of Anai River), saat mengikuti kuliah lapangan di Batang Anai Kab.Padang Pariaman, Minggu (13/4/14). Kegiatan ini ditujukan untuk memp....

Jumat 08 November 2013 - 08:02:19

BEMM FTSP Angkat Seminar Community Development
BEMM FTSP Angkat Seminar Community Development
bunghatta.ac.id - Konsep community development merupakan pemikiran tentang pengembangan masyarakat dalam konteks pembangunan sumber daya manusia kearah kemandirian, karena tidak dapat dipungkiri kehadiran perusahaan di tengah kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatannya menimbulkan ketidaksetaraan sosial ekonomi anggota masyarakat lokal dengan perusahaan ataupun pendatang lainnya, sehingga diperlukan suatu kebijakan untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian masyarakat lokal.

Hal tersebut menjadi dasar Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Univ. Bung Hatta akan mengadakan Seminar Nasional Peran Community Development Dalam Implementasi Masyarakat yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 12 November 2013 pukul 08.00 WIB.

Rioni Rizki Aldiansyah, Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Unuversitas Bung Hatta mengatakan seminari ini akan bercerita mengenai komitmen perusahaan terhadap masyarakat merupakan bagian yang sangat penting dari kegiatan perusahaan terutama dengan program antara Corporate Social Responsibility(CSR). Salah satu bentuk aktualisasinya adalah pemberdayaan atau pengembangan masyarakat (community development) dikenal dengan program CD.

“Dengan kegiatan ini mahasiswa dan masyarakat dapat memahami serta mengerti akan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Community Development (CD) walaupun memiliki keterkaitan, hal ini masih belum dipahami serta pengimplementasian yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan yang ada di Kota Padang maupun di Propinsi Sumatra Barat,” ujar Rioni.

Ia menambahkan kegiatan ini juga diharapkan mahasiswa dapat mengenal community development dan manfaatnya, karena community development merupakan perwujudan kemampuan dan integrasi masyarakat untuk dapat membangun dirinya sendiri dan dapat membantu mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja nantinya.

“Seminar ini juga akan menjelaskan bagaimana merancang program pengembangan masyarakat, memahami, memonitoring, mengevaluasi, dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan CSR dan community development, serta mampu membuat perencanaan dan anggaran program,” tambah mahasiswa jursan Teknik Sipil ini.

Seminar ini menghadirkan pembicara yang telah berpengalaman di bidangnya yaitu Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr.Niki Lukviarman, SE,Akt, MBA, Wakil Ketua DPRD I Sumatera Barat H.Leonardy Hermani S.Sip, Dt.Badaro Basa, Wakil Ketua APBI-ICMA Ir.Jeffry mulyono dan Manager Humas PT.Freeport.Ind Sari Esyanti.

Seminar dengan tag line Dengan tag line : Community Development Untuk Siapa Dan Bagaimana ini terbuka untuk umum terutama pengurus lembaga mahasiswa yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dan Universitas Bung Hatta serta pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Sumatera Barat. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 07 November 2013 - 09:46:41

Tim Futsal UBH Juara II Pomwil Kopertis X
Tim Futsal UBH Juara II Pomwil Kopertis X
bunghatta.ac.id - Tim Futsal Universitas Bung Hatta berhasil mendapakan juara 2 cabang futsal putra dalam kegiatan Pekan Olaharaga Mahasiswa Tingkat Wilayah X (Pomwil X) bagi Perguruan Tinggi Swasta se-Kopertis Wilayah X yang dilaksnakan di Kampus Universitas Islam Riau Pekanbaru pada 2-3 November 2013.

Menurut Oslan Amril, SS, M.Si, official yang mendampingi Tim Futsal Universitas Bung Hatta, kegiatan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, persahabatan antar mahasiswa se-Kopertis Wilayah X.

“Universitas Bung Hatta mengirim 8 orang atlit futsal putra didampingi 1 orang offical. dan pertandingan ini dibuka langsung oleh Koodrinator Kopertis dan diikuti oleh 32 Perguruan Tinggi Swasta se-Kopertis Wilayah X,” ujarnya Oslan yang menjadi pembina UKM Olahraga Proklamator Universitas Bung Hatta.

Atlit Futsal Universitas Bung Hatta yang mengikuti Pomwil X yaitu Icshan Perwira (Penjaskesrek), Munawari Chalil (PGSD), Anggi Hidayatullah (Penjaskesrek), Ikrar Dinata (Penjaskesrek), Andre Septian (Ilmu Hukum), Torang Fahlefil (Manajemen), Amdel Dabarnus (Ilmu Hukum) dan Adnil M.Ikhsan (Akuntansi).

Ia mengatakan Tim Futsal Universitas Bung Hatta masuk ke dalam Grup A bersama Universitas Batanghari Jambi, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi, STIKOM Pelita Indonesia Pekanbaru.

“Pada babak penyisiahan tim kita kalah melawan Universitas Batanghari dengan skor 4-7. Kemudian menang 14-0 melawan STIKOM Pelita Indonesia dan menang lagi atas STIKOM Dinamika Bangsa dengan perolehan nilai 4-3 hingga akhrinya menjadi juara Grup A,” jelasnya.

Setelah menang di Grup A, Tim Futsal Universitas Bung Hatta menang kembali runner up grup by lewat adu tendangan penalti melawan tim dari Universitas Lancah Kuniang dengan skor 7-6 hingga kalah di final melawan Universitas Batam dengan nilai akhir 3-7.

Tim Futsal Universitas Bung Hatta berhasil mendapatkan juara 2 setelah dikalahkan Universitas Batam yang menjadi jawara dalam ajang Pekan Olaharaga Mahasiswa Tingkat Wilayah X (Pomwil X) untuk cabang Futsal Putra.

"Setidaknya dengan mengikuti Pomwil X ini dapat meningkatkan dan mengembangkan minat olahraga di kalangan mahasiswa sekaligus untuk meningkatkan kesegaran jasmani, disiplin serta sportifitas para mahasiswa," tambahnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 06 November 2013 - 08:47:13

Benediktus Manik Juara III Bintang Radio Bukittinggi
Benediktus Manik Juara III Bintang Radio Bukittinggi
bunghatta.ac.id - Tidak banyak diantara kita yang memiliki suara bagus dan juga kemampuan di bidang tarik suara. Lain halnya dengan Benediktus Manik mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta ini telah memiliki banyak sekali prestasi di dunia tarik suara.

Baru-baru ini Benediktus Manik berhasil mendapatkan juara 3 untuk katagori putra Bintang Radio Indonesia dan Asean tahun 2013 yang dilaksanakan di Auditorium RRI Bukittinggi, Sabtu (02/11/2013).

Pemilihan bintang radio ini yang menjadi kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Bukittinggi yang bertujuan untuk memupuk dan menumbuhkan potensi seni dan bakat dibidang tarik suara pada kaula muda.

Menurut Benediktus Manik, ia telah mengikuti audisi pada 26 Oktober 2013 lalu di Ramayana Bukittinggi bersaing di babak penyisihan dengan 160 peserta lainnya yang berasal dari beberapa kota dan kabupaten di Sumatra Barat.

“Pada tanggal 28 Oktober 2013 saya masuk 50 besar di babak semifinal. kemudian maju ke babak final bersama 29 orang finalis lainnya dan berhasil mendapatkan juara 3 dalam kompetisi ini,” ujarnya mahasiwa yang pernah bergabung menjadi anggota paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) untuk acara kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68 pada 17 Agustus 2013 yang lalu di Istana Negara.

Untuk juara 3 besar dalam pemilihan bintang radio ini akan memperebutkan tiket mewakili LPP RRI Bukittinggi pada bintang radio tingkat nasional dan Asean 2013 di LPP RRI Jayapura 18 hingga 24 November 2013 mendatang.

“Saya berharap bisa mengikuti seleksi untuk tingkat nasional di LPP RRI Jayapura,” ujar Ketua Paduan Suara Mahasiwa Universitas Bung Hatta ini. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 04 November 2013 - 13:48:55

UBH Gagas Forum Akademis Samudera Hindia
UBH Gagas Forum Akademis Samudera Hindia
bunghatta.ac.id - Dilatar belakangi bincang-bincang ringan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dengan Rektor Universitas Bung Hatta di sebuah pertemuan tentang sektor kelautan Sumatera Barat, dalam perbincangan itu disebutkan bahwa Pemprov memliki sarana & prasarana seperti Kapal Perikanan Pelabuhan Perikanan, Cool Storage, Hatchery, dsb. Kemudian pihak UBH sendiri juga memiliki ilmuan di bidang perikanan dan kelauatan dan lokasi di depan Samaudra Hindia .

Dari perbincangan ringan tersebut berkembang dengan dan dibentuk tim untuk menjajaki kemungkinan kerjasama pemerintah daerah dan lembaga pemerintah lainnya dengan universitas top di Indonesia dan Malaysia

Dalam perbincangan khusus yang digagas UBH yang di hadiri perwakilan dari Kantor Gubernur, Ka.Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala serta Guru SMK Kelautan, Dekan-Dekan di Lingkungan UBH, 4 orang Tim dari UTM Malaysia, serta beberapa undangan lainnya di ruangan sidang Rektor Kampus I Ulak Karang, Senin, 4/11.

Jhon Nurifdinyah dari UBH dalam presentasinya menyebutkan, Rasionalitasnya, Samudera Hindia sangat dekat dengan Indonesia, bahkan ribuan kilometer pantai Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Ruang Samudera Hindia harus direkontruksi sebagai ruang kelautan Indonesia agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia . Selain itu dari segi kebutuhan ekonomi, pertahanan serta politik dapat dikembangkan melalui Samudera Hindia serta percaturan politik regional dan internasional sekarang ini tertuju ke Samudera Hindia

“Samudera Hindia mempunyai resouces bukan hanya perikanan, namun sumber mineral, sumber energi, sumberdaya biota endemik, ekosistim khusus tropis, sumber mineral dan aspek-aspek geologi serta wisata bahari yang potensial dalam peningkatan ekonomi yang penting bagi negara Indonesia ke depan”, imbuh Jhon.

Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Sumbar, Yosmeri dalam diskusi itu menyebutkan bahwa, sejak tahun 2004 sudah gagasan-gagasan tentang ini di acara pertemuan Gubernur se-Sumatera di Aceh, kemudian pada tahun 2011 gagasan tersebut kembali di bicarakan saat pertemuan seluruh Bupati/Walikota yang mempunyai pasisir dan laut. “Namun hal itu hilang begitu saja, sama ikan di Samudera”, ujar Yosmeri yang sambut tertawa oleh peserta.

Yosmeri, menyambut positif gagasan akademis forum Samudera Hindia tersebut, karena membatasi dibidang akademis. Menurutnya sektor kelautan apalagi Samudera Hindia, menyangkut banyak sektor, tidak hanya bidang perikanan tangkap saja, melainkan industri kelautan yang melibatkan banyak pihak dari segala sektor.

Sejalan dengan itu Rektor UBH Niki Lukviarman menyampaikan, bahwa forum akademis Samudera Hindia, menyampaikan bahwa forum ini membatasi bidang akademis dan yang sesuai dengan bidang dan keahlian di bidang Samudera.

“Kita akan merangkul ahli-ahli dan pakar dari 10 Perguruan Tinggi Top di Indonesia seperti ITB,IPB,Unand,Undip dan lainnya, sementara dari Malaysia seperti UUM,UTM,UMT,ITO,UiTM dan dari pihak pemerintah propinsi Sumatera Barat,Kementrian Kelautan dan Perikanan, LIPIm BPPT serta lembaga-lembaga penelitian lainnya” imbuh Niki.

Forum Samudera Hindia arti strategis dalam pengembangan pendidikan kelautan dan perikanan serta pembangunan nasional sektor kelautan dan perikanan, Sebagai wadah mengkoordinasikan kegiatan penelitian, pelatihan dan pengabdian masyarakat di bidang perikanan dan keluatan antar perguruan tinggi terlibat.

Lebih lanjut Niki menyatakan, salah satu tujuan dari forum ini adalah melakukan kegiatan Pengembangan (development), eksploitasi (exploitation), pemanfaatan (utilitation), sumberdaya perikanan dan kelautan, memproses (manufacturing, processing), sumberdaya perikanan dan kelautan, memasarkan (marketing) produk-produk yang berasal dari perikanan dan kelautan pada Samudera Hindia

Menurut Niki, setiap institusi pendidikan tinggi Kelautan dan Perikanan memiliki ciri khas masing-masing seperti proses pembelajaran, jenis dan jumlah ketersediaan sarana dan prasarana, serta pendidik dan kependidikan.

“Karakteristik yang sekaligus merupakan keragaman tersebut tentunya disinergiskan sehingga dapat dioptimalkan dalam pencapaian tujuan kegiatan pendidikan”, tambah Niki. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 04 November 2013 - 08:57:17

bunghatta.ac.id - Himpunana Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta akan mengadakan kegiatan Olimpiade Akuntansi bagi pelajar SMA/MA dengan nama Smart Students Accounting Competition se-Sumatra Barat, Riau dan Jambi di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 09 November 2013 mendatang.

Menurut Ketua Pelaksana, Rizky Amelia kegiatan tahunan ini merupakan kompetisi yang bergerak di bidang akademik untuk mengasah dan memperdalam kemampuan siswa di bidang akuntansi dan memahami akuntansi seiring dengan perkembangan dunia akuntansi saat ini untuk mampu mengiringi perubahan zaman yang cepat berubah.

“Kita harus terus menerus tampil prima, dan dituntut untuk terus mengembangkan diri karena pada prinsispnya kita harus terbuka pada perkembangan yang ada, transparan, dinamis, cepat tanggap dan mampu menjadi pemain aktif yang berkompetisi tinggi serta memiliki karakter yang kuat,” jelas Rizky.

Kegiatan olimpiade ini mengangkat tema Join Accounting And Be Smart At Bung Hatta Universty dengan tujuan untuk memperkenalkan, menyalurkan dan menumbuhkan minat bakat, kreatifitas serta kemampuan pelajar dalam dunia akuntansi serta memperkenalkan Universitas Bung Hatta sembagai salah satu universitas swasta terbaik di Sumatra barat.

Selain itu juga untuk guru pendampingnya akan ada seminar akuntansi setengah hari yang akan membahas mengenai cara mengembangkan wawasan guru dalam lingkungan akuntansi terhadap media pembelajaran dengan membayar pendaftaran sebesar Rp.10 ribu.

Pelajar yang berhasil mendapatkan juara dalam olimpiade akuntansi ini akan mendapatkan tabanas, tropi dan sertifikat serta akan ada juga door price menarik dan gratis try out SBMPTN 2014. Info lengkapnya dapat hubungi Ami 085274890499 dan Nisa 087792448047.(**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 31 Oktober 2013 - 12:17:56

bunghatta.ac.id - Kemah Bakti Sosial Mahasiswa merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial mahasiswa kepada masyarakat sekitar lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan acara tersebut. Dengan mempertimbangan aspek pengenalan, pembelajaran, dan aplikasinya, maka kegiatan ini akan dirangkum dalam satu bentuk kegiatan yang kompleks. Agar penerapan tri dharma perguruan tinggi dapat tercapai.

Atas dasar itu Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta akan mengadakan kegiatan Kemah Bakti Sosial Mahasiswa Bersama (KBSMB) yang akan dilaksanakan di Korong Asam Pulau, Kenagarian Anduring Kayu Tanam, Kecamatan Kayu Tanam, Lubuk Alung pada 1-3 November 2013.

Ardiman Saurei Ketua Pelaksana kegiatan ini mengatakan kegiatan ini dilaksanakan mengingat peranan mahasiswa di masyarakat dalam implementasi tri dharma perguruan tinggi dan disiplin ilmu dari masing-masing jurusan yang terdiri dari 4 jurusan yaitu Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Kimia. Keempat jurusan tersebut memiliki beberapa aspek yang dapat menjadi sasaran dari aplikasi disiplin ilmu masing-masing.

“Berdasarkan survey yang dilakukan oleh tim di lokasi, kita mendapatkan informasi dari masyarakat setempat bahwa kegiatan bakti sosial yang harus dilakukan adalah dalam bentuk gotong royong. Selain itu kita juga akan melakukan penyuluhan dari dosen dan mahasiswa,” ujar mahasiswa Teknik Indutri ini.

ia berharap semoga dengan di selenggarakannya acara kemah bakti sosial mahasiswa bersama ini, dapat menjadi wadah untuk mempererat persatuan, kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta.

“Kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2013 agar dapat terciptanya suasana kebersamaan dan keakraban sesuai disiplin ilmu dari semua jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dalam suatu sistem yang terencana dan terorganisir, serta keakraban antara sesama mahasiswa, dosen dan lingkungan masyarakat setempat,” tambahnya.

Sementara itu Gubernur BEMM FTI Doni Irfan mengatakan acara ini merupakan program kerja dari Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang SESUAI dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat), yang menuntut mahasiswa memiliki pemikiran yang luas.

“Mahasiswa baru tersebut nantinya dapat memiliki pola pikir yang memiliki empati , perhatian dan penggerak untuk membantu masyarakat setempat, membentuk karakter Mahasiswa yang disiplin dan bertanggung jawab serta membina kerjasama yang baik dengan masyarakat dan lingkungannya,” ucap Doni.

Nantinya akan diikuti lebih dari 200 peserta dari mahasiswa angkatan 2013 dan lebih dari 100 pantian jurusan dan fakutas serta dosen pendamping. (**Bayu–Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 28 Oktober 2013 - 15:53:59

Peringati Sumpah Pemuda : Mahasiswa UBH Demo Kejati Sumbar
Peringati Sumpah Pemuda : Mahasiswa UBH Demo Kejati Sumbar
bunghatta.ac.id - Sumpah Pemuda menjadi semangat para pemuda Indonesia yang memiliki jiwa juang, patriotisme dan menjadi inspirasi untuk terus bangkit serta tetap menjaga tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia seperti yang diamatkan dalam isi Sumpah Pemuda.

Untuk memperingat hari Sumpah Pemuda yang ke-85 masyarakat mahasiswa Universitas Bung Hatta melakukan akis damai serta teaterikal di Kejaksanan Tinggi Sumatra Barat, Senin (28/10/2013).

Para mahasiswa tersebut mulai melakukan aksinya di depan gerbang utama Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta kemudian menuju patung proklamator Bung Hatta untuk membaca teks Sumpah Pemuda dan berdoa bersama yang berada di areal Gedung Perpustakaan.

Erizon, koordinator aksi peringatan hari Sumpah Pemuda mengatakan usai melakukan aksi di kampus, para mahasiwa bergerak menuju Kejaksanan Tinggi Sumatra Barat sebagai bentuk dukungan bahwa hukum itu masih tetap berlaku adil bagi masyarakat dan menunjukan juga keberadaan pemuda Indonesia itu masih ada.

“Aksi ini juga kita lakukan sebagai kepedulian kita sebagai mahasiswa yang juga pemuda untuk dalam mendukung perubahan dalam bangsa ini terutama perubahan dalam pemberantasan korupsi dan tindak pidana lainnya,” ujar mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta ini.

Disana para mahasiwa Universitas Bung Hatta tersebut melakukan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda secara sederhana kemudian dilanjutkan pertunjukan teaterikal yang menggambarkan konsidi pemuda saat ini yang apatis dan alay terutama pada teknologi. Selain itu juga menggambarkan penguasa yang terlalu menunjukan kekuasaannya dan berprilaku korupsi sehingga dengan mudahnya dapat menindas rakyat jelata.

Usai pertunjukan teaterial para mahasiswa tersebut kemudian memberikan neraca keadilan dan berangkas uang rakyat untuk keadilan kepada Kejaksaan Tinggi Sumbar sebagai bentuk simbolisasi dan dukungan mahasiswa Universitas Bung Hatta yang percaya akan aparat hukum itu masih berlaku adil.

Salah satu perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Sumbar memberikan pernyataan sikap. Menurut M Suhardi, SH, kami sangat merespon dan paham sekali dengan kegiatan yang dilakukan para mahasiswa Universitas Bung Hatta ini. Ini hal positif sebagai pengingat aparat hukum yang harus bertugas sebagaimana mestinya.

“Jika ada perbuatan yang melanggar hukum laporkan saja dengan cepat kepada aparat dan kita akan berantas apalagi masalah korupsi,” ujarnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 28 Oktober 2013 - 13:54:22

bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta akan menyerahkan bantuan kemanusiaaan untuk masyarakat yang menjadi korban banjir bandang yang telah merendam pemukiman warga dan tempat ibadah di Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang pada tanggal 19 Oktober 2013 lalu.

Komandan KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta Egi Putra Mardi mengatakan kita melakukan penggalangan dana secara spontan saja inisiatif dari teman-teman KSR untuk menalankan tugas kemanusiaannya.

“Kita melakukan penggalangan dana langsung ke masyarakat sekitar Ulakkarang dengan memanfaatkan pengeras suara di masjid dan mushala dengan dibantu masyarakat setempat,” ujarnya mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

Sementara itu Hendra Rukmana Kordinator Lapangan penggalangan bantuan ini mengatakan sebagai anggota KSR yang bergerak di bidang kemanuasisan dan sosial ini kita harus saling membantu dan menolong masyarakat yang terkena musibah.

“UKM KSR-PMI Proklamator akan menyerahkan bantuan berupa pakaian layak pakai untuk anak-anak dan mie instan ke Posko Sibat di lokasi bencana sebelum dibagiakan ke masyarakat yang menjadi korban banjir bandang tersebut,” ucapnya, Minggu (27/10/2013).

Menurut Hendra kita telah melakukan penijauan sebelumnya oleh tim assesment ternyata masih terdapat masyarakat yang belum mendapatkan bantuan pasca bencana yang telah terjadi.

“Ada sekitar 200 kepala keluarga yang belum mendapatkan bantuan dan kita berharap bantuan yang kita berikan ini dapat meringgankan beban masyarakat yang telah tertimpa musibah dan mampu bangkit kembali,” ujarnya.

UKM KSR-PMI Proklamator mengirim tim yang terdiri dari 6 orang yaitu Nofirman, Hendra Rukmana, Riki Hardianto, Gema Wahyudi, Zusa Riduna dan Rahma Laila Putri. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 25 Oktober 2013 - 14:39:35

Workshop HMMJ-TM: Banyak Peluang Karir Engineer di Industri Minyak dan Gas
Workshop HMMJ-TM: Banyak Peluang Karir Engineer di Industri Minyak dan Gas
bunghatta.ac.id - Himpunan Mahasiswa Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Workshop mengenai peluang engineer pada industri minyak dan gas di Indonesia yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas bung Hatta pada 25-26 Oktober 2013.

Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc. saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini sangat bagus sebab para mahasiswa dapat membuka wawasannya mengenai peluang kerja itu tidak hanya menjadi PNS saja tapi dimana saja bisa salah satunya untuk engineer di industri minyak dan gas.

“Kampus sangat senang dengan kegiatan-kegiatan seperti ini apalagi melibatkan peranan alumni di dalam kegiatan tersebut. Setidaknya setiap mengadakan kegiatan terus melakukan terobosan-terobosan terbaru,” ungkap.

Sementara itu Ketua Jurusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta, Dr. Hendri Budiman, ST, MT menyebutkan industri minyak dan gas sangat akrab sekali dengan jurusan Teknik Mesin dan peluang karirnya juga cukup banyak.

“Kita berharap para mahasiswa dapat aktif berinteraksi dengan pemateri dalam workshop ini untuk menggali ilmu dan dapat berbagi pengalaman di dalam dunia industri minyak dan gas,” jelasnya.

Kemudian menurut Deco Agustavio, Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin mengatakan workshop ini kita laksanakan guna memberikan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa Teknik Mesin akan peluang karir dan aplikasinya di industri minyak dan gas.

Lebih dari 100 peserta mengikuti workshop yang dilaksanakan dua hari ini didikuti oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, STIND, Politeknik Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta sendiri.

Workshop ini menghadirkan 4 narasumber yang telah lama berkecimpung di industri minyak dan gas yaitu untuk hari pertama dari Bambang Hertanto dari PT Murrt Indonesia menyampaikan materi mengenai dunia Engineering Procurement and Contruction (EPC) dan Kun Basuki Adi dari Konsultan Teknik MIGAS dan Direktur Reka Penta Engineeringmembahas creative problem salving yang merupakan.

Sedangkan hari kedua diisi oleh Pandoe Santoso sebagai praktisi dan birokrat SKK MIGAS RI dan Sonny D Murry dari Dunia Engineering Procurement Com serta Praktisi Qualiti Control Oil and Gas Contruction/Fabricatio.

Dari materi yang disampaikan oleh pembicara ini memberikan dapat pemahaman dan pengetahuan baru untuk mahasiswa dan peluang kerja apa saja hingga gambaran serta tantangan bekerja di industri minyak dan gas. Apalagi di era sekarang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju menuntut kita untuk lebih mengembangkan diri dengan kemampuan lebih (spesisalisai) di bidang tertentu. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 24 Oktober 2013 - 08:37:47

Teknik Mesin UBH Angkat Workshop Peluang dan Aplikasi Engineer
Teknik Mesin UBH Angkat Workshop Peluang dan Aplikasi Engineer
bunghatta.ac.id - Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan proses ahli teknologi. Industri-industri kita yang telah mulai masuk ke era teknologi tinggi membutuhkan komponen-komponen penggerak yang memadai.

Ditambah algi dengan semakin menigkatnya tingkat penganguran lulusan sarjana Teknik Mesin di Indonesia khususnya di Sumatra Barat, dikarenkan kurangnya pemahaman bagi mahasiswa Teknk Mesin tentang profesi dan aplikasi teknik mesin di dunia Industri

Melihat kondisi tersebut menjadi penggerak untuk Himpunan Mahasiswa Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta untuk mengadakan Workshop mengenai peluang dan aplikasi engineer pada industri minyak dan gas yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas bung Hatta pada 25-26 Oktober 2013 pukul 08-00 WIB.

Menurut Deco Agustavio, Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin mengatakan workshop tersebut sebagai salah satu realisasi untuk melakukan kerjasama dengan pihak-pihak industri yang lebih kongkrit dan berkompeten.

“Kita memiliki sumber daya manusia yang memadai yang dapat mengatasi masalah ini sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi ( pendidikan , penelitian, dan pengabdian ) dan tri karya (Institusional, Profesional, transpolitasi) yang nantinya diharapkan mendidik mahasiswa sebagai sumberdaya manusia yang potensial, strategi dan berdaya guna serta memiliki wawasan yang luas,” ujar Deko.

Ia menambahkan workshop ini juga diselenggarakan untuk menambah pemahaman dan memperluas wawasan keilmuan yang meliputi pemahaman propesi dan aplikasi ilmu Teknik Mesin di dunia industri yang nantinya dapat menghantar mahasiswa Teknik Mesin menuju profesionalitas seiring dengan pesatnya persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Tak hanya itu kegiatan ini juga nantinya dapat memberikan Kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan motivasi pola fikir dan kreativitas demi terbentuknya mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Apalagi merespon alumni Teknik Mesin Universitas Bung Hatta yang memegang peranan penting di Instansi-instansi maupun di dunia Industri,” ucapnya.

Dengan tema yang diangkat propesi dan aplikasi peluang engineer di dunia industri, workshop ini akan menyajikan dua narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Pandoe Santoso sebagai Overview Prospectif Oil and Gas yang merupakan praktisi dan birokrat SKK MIGAS RI dan Kun Basuki Adi sebagai creative problem salving yang merupakan konsultan teknik MIGAS dan Direktur Reka Penta Engineering.

Nantinya, workshop yang dilaksanakan dua hari ini dengan fasilitator Bambang Hertanto dan
Sonny D Murry dari Dunia Engineering Procurement Com serta Praktisi Qualiti Control Oil and Gas Contruction/Fabricatio.

Peserta yang akan diikutkan dalam workshop, engineer pada industri minyak dan gas merupakan mahasiswa jurusan Teknik Mesin dari seluruh Perguruan Tinggi di Kota Padang.

Workshop ini gratis dan peserta terbatas lengkapnya hubungi Ilham 082172125592 dan Deco 085263411641.(**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.205.205.47