Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Inilah Pengurus Harian Yayasan Pendidikan Bung Hatta Masa Bakti 2014-2018

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. Hasan Basri Durin, melantik pengurus Harian Yayasan Pendididikan Bung Hatta masa bakti 2014-2018, Rabu,23/4-14 di Ruang Teater Fakultas Ilmu Budaya Kampus 1 Ulak Karang. Pengurus yang dilantik tersebut adalah Ketua : Prof. Dr. Fachri Ahmad,MS....

Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta di Lantik

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Hasan Basri Durin, Melantik Pengurus Harian Yayasan, Rabu,23/4-14 di Ruangan Teater FIB, Kampus I Ulak Karang....

Campus Expo 2014: Pengunjung Tertarik Masuk UBH

Mesik hanya satu-satunya perguruan tinggi dari luar Provinsi Jambi, banyak pengunjung Campus Expo 2014 tertarik masuk ke Universitas Bung Hatta baik untuk program Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2). Kegitan ini yang dilaksanakan oleh Jambi Expres ini bertempat di WTC Batanghari Kota Jambi dari 21-23....

Prof. Emil Salim : Samudera Hindia Pilihan Masa Depan.

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Era Presiden Soeharto, Prof. Emil Salim memberikan orasi ilmiah pada perayaan Dies Natalis ke 33 Universitas Bung Hatta, di Aula Balairung Caraka Kampus 1 Ulak Karang, Selasa, 22/4. Makalah yang dibawakan berjudul "Mendayung di Antara Dua Karang, Ketidak Pedulia....

Hasan Basri Agus, Gubernur Jambi Kunjungi Stan UBH

Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM mengunjungi stand stand promosi Universitas Bung Hattaseusai pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 yang bertempat di WTC Batanghari Kota Jambi, Senin (21/04/2014).....

Gubernur Jambi Tinjau Stan Campus Expo UBH

Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM usai kegiatan pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 mengunjungi dan berfoto bersama di stand promosi Universitas Bung Hatta, Senin (21/04/2014). Dalam kunjungannya Hasan mengatakan banyak juga pelajar Jambi yang melanjutkan kuliah ke Univers....

Sabtu 16 November 2013 - 16:48:32

Miske, Satpam UBH Sukses Jadi Sarjana Dengan IPK 3.86
Miske, Satpam UBH Sukses Jadi Sarjana Dengan IPK 3.86
bunghatta.ac.id - Tekat bulatnya untuk bisa menjadi sarjana di Universitas Bung Hatta, membuatnya rela menjadi satpam kampus. Akhirnya, Sabtu, 16/11 di Gelanggang Seni dan Olah Raga Kampus II Proklamator, Jl.ByPass Aia Pacah, Miske Merita, di lantik menjadi Sarjana Fakultas Hukum oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE,AKt,MBA pada wisuda UBH periode ke-60. Tidak hanya itu, ia di wisuda dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 3.86 dengan skor TOEFL 616. Sebuah skor Toefl yang luar biasa.

Miske, sejak SMA memendam impian untuk menjadi seorang Polwan, bahkan sudah sampai tiga kali mengikuti tes masuk polwan, namun impiannya belum tercapai dan terobati dengan di terimanya sebagai anggota Satuan Pengaman Kampus di Universitas Bung Hatta.

Namun, perjalanan yang ditempuh Miske untuk menjadi mahasiswa di kampus cukup unik, yaitu diawali dengan menjadi petugas keamanan.

Begitu lulus dan di terima sebagai anggota Satpam di UBH, 3 bulan pertama Miske di tempatkan di TK/SD Alzhar Yayasan Pendidikan Bung Hatta, kemudian di rotasi ke kampus I Ulak Karang.

Namun, perjalanan yang ditempuh Miske untuk menjadi mahasiswa di kampus cukup unik, yaitu diawali dengan menjadi petugas keamanan.

"Saat itu saya berpikir, jika saya gagal menjadi Polwan, mungkin bisa melanjutkan pendidikan sarjana hukum, saya ingin meraih kesempatan untuk melangkah menjadi sarjana pada suatu hari, setiap hari saya berkeliling kampus dan melihat betapa senangnya menjadi seorang mahasiswa di kampus yang indah”, ucap Miske.

Impian gadis kelahiran 1982 itupun terwujud, ia mencoba membicarakannya keinginannya untuk kuliah pada pimpinan kampus, namun tahap pertama belum di izinkan karena ia masih dalam masa percobaan sebagai Satuan Pengaman di Kampus, dan disarankan untuk menundanya tahun depan.

Sebagai anggota Satpam kampus, kesempatan untuk kuliah terbuka, seiring dibukanya kelas mandiri di Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, sejak itu Miske terdaftar sebagai salah satu mahasiswa di Fakultas Hukum UBH setelah melewati ujian dan memenuhi segala persyaratan untuk menjadi seorang mahasiswa.

Ketika kebanyakan orang meninggalkan universitas dengan gelar, gadis lulusan SMA Kartika Padang itu melakukan lebih dari itu. Dia membiayai kuliahnya sendiri, karena ia telah lama di tinggalkan orang tua laki-lakinya, dan ibunya pun hanya seorang ibu rumah tangga. Ia pun bertekat untuk bisa kuliah dengan biaya sendiri.

Dibawah bimbingan Zarfinal SH,M.Hum dan Suamperi,SH.M.Hum, Miske berhasil menyelesaikan skripsinya tentang Hak Intelektual Merek Dagang Pelaku Usaha di Kota Padang.

Skripsinya berisi tentang ketidak tahuan pelaku-pelaku usaha di Kota Padang dengan Hak Intelektual sebuah merek dagang, ia mengambil sampel tentang “keripik balado”. Dalam mengejar kesuksesan dan menyelesaikan skripsinya, dia pantang menyerah dan berhasil meyakinkan pembimbing serta tim penguji saat sidang kompre.

Dikalangan mahasiswa yang mengenalnya maupun di lingkungan UBH, Miske yang sehari hari berjilbab itu di kenal sebagai anggota Satpam cantik, dan murah senyum.

"Pekerjaan sebagai satpam mungkin sebagian orang menganggap sebuah pekerjaan yang rendah. Tetapi untuk mengejar mimpi saya, saya melakukan sesuatu yang tidak akan dilakukan orang lain dengan mengambil jalan tersebut. Saya mengambil kesempatan dan akhirnya berhasil," ujarnya.

Dia berterima kasih kepada segenap pimpinan Universitas dan teman-temannya sesama anggota Satpam maupun teman kuliahnya atas dorongan dan dukungan mereka. Menurut Miske, tanpa mereka, dia tidak akan dapat menyelesaikan kuliahnya.

"Teman-teman sesame anggota pengaman kampus, memberikan kesempatan pada saya untuk kuliah, jika saat kuliah sedang giliran piket, mereka bersedia untuk ganti jadwal, saya menghargai mereka” papar Miske yang mengaku semakin menjadi percaya diri selama selama mengikuti perkuliahan sambil bekerja di Universitas Bung Hatta.

Dia sekarang sudah berhak menyandang gelar seorang Sarjana Hukum, begitu jambul toga telah di pindahkan Rektor dan Ijazah Sarjana Hukum telah di kantonginya usai diserahkan oleh Dekan Fakultas Hukum, dalam prosesi wisuda Universitas Bung Hatta periode ke-60.(**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 15 November 2013 - 11:54:46

UBH Berduka, Hj. Hasranita, SH. M.Hum, Dosen Fak.Hukum UBH Meninggal Dunia
UBH Berduka, Hj. Hasranita, SH. M.Hum, Dosen Fak.Hukum UBH Meninggal Dunia
bunghatta.ac.id - Kabar duka kembali menyelimuti Keluarga Besar Universitas Bung Hatta dengan telah berpulangnya kerahmatuallah Hj. Hasranita, SH. M.Hum dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta yang menghembuskan nafas terakhirnya Kamis tanggal 14 November 2013 kemarin di RS Gatot Soebroto Jakarta.

Sebelum dimakamkan ke kampung halamannya di Petok Pasaman, jenazah dilepas secara resmi di depan Gedung Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (15/11/2013).

Pelepasan jenasah ini dihadiri oleh ratusan pelayat yang terdiri dari Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta beserta jajarannya, pimpinan universitas dan Fakultas, dosen, karyawan hingga mahasiswa.

Atas nama Keluarga Besar Universitas Bung Hatta, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya, semoga segala pengabdiannya selama di kampus dapat memberikan manfaat banyak bagi institusi ditempat ia mengabdi maupun bagi masyarakat sekitar.

“Semoga segala amal ibadah beliau di terima di sisi-Nya dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran,” ucap Niki.

Selama mengabdi di Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta banyak karya dan sumbangsihnya yang telah diberikan seperti penggagas Laboratorium Hukum dan kelas mandiri Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Penyelenggara Pendidikan Khusus Profesi Advoka (PKPA).

Ia menamatkan pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta pada tahun 1991 dan program pascasarjana di Universitas Gajah Mada Yogyakarta tahun 1996. Menjadi dosen tetap Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta sejak 1996, pernah menjabat sebagai sekretaris laobratorium hukum Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta tahun 2000-2003.

Kemudian pernah menjadi sekretaris bagian Hukum Keperdataan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta tahun 2003-2006, anggota senat Fakultas Hukum (ex officio) tahun 2007. Selain sebagai dosen, almarhumah juga menjabat sebagai anggota DPRD Sumatra Barat tahun 2009-2014.

Almarhumah wafat di usia ke 47 tahun, dua hari setelah ia merayakan ulang tahunnya pada tanggal 12 November 2013 dan meninggalkan tiga orang putra yaitu Kevin Aditya da Lopez, Irvan Fernando da Lovez, Ragil Yudhistira da Lopez. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 15 November 2013 - 08:49:59

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali akan mewisuda sebanyak 512 lulusan yang merupakan wisudawan dan wisudawati pada gelombang II Tahun 2013 di Gelanggang Seni dan Olah Raga, Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jl.ByPass Aia Pacah, Sabtu (16/11).

Para lulusan Universitas Bung Hatta yang di wisuda tersebut terdiri dari lulusan program Pascasarjana 57 Orang, Sarjana 445 orang dan diploma III Teknik Ekonomi Konstruksi 10 orang yang berasal dari 7 fakultas yang ada di Universitas Bung Hatta.

Rektor UBH Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE,AKt,MBA menyebutkan, semua lulusan yang akan di wisuda tersebut dibekali dengan sertifikat toefl, dengan skor TOEFL miminal 400.

“Skor TOEFL minimal 400 tersebut, adalah peraturan akademik, dan merupakan salah syarat untuk bisa di wisuda” tegas Niki.

Disebutkan Niki, bahwa untuk mencapai skor TOEFL sesuai dengan yang disyaratkan tersebut, terlebih dahulu diadakan preparation TOEFL di Unit Pendidikan Bahasa Asing Universitas Bung Hatta dan ujian yang dilaksanakan bulan Oktober lulus semuanya dan berhak untuk di wisuda pada periode ke-60.

“Kita menyadari bahwa memperoleh lapangan kerja dewasa ini tidaklah mudah. Tak terkecuali bagi tenaga kerja terdidik lulusan perguruan tinggi,” ujarnya.

Niki berpesan para lulusan Universitas Bung Hatta harus juga memiliki keterampilan tambahan seperti bidang Teknologi Informasi, Bahasa Inggris, jiwa kewirausahaan, maka hal ini bukan merupakan suatu kendala dalam berkompetisi di dunia kerja.

“Jika jeli, pasti ada peluang kerja di tengah masyarakat yang bisa diraih, baik dalam lingkungan regional, nasional, maupun internasional,” imbuhnya.(*Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 14 November 2013 - 19:20:21

Kabar Duka, Innalillahi wainna ilaihi rojiun
Kabar Duka, Innalillahi wainna ilaihi rojiun
bunghatta.ac.id - Innalillahi wainna ilaihi rojiun, telah wafat , Ibu dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta yaitu HASRANITA yang juga Alumni Universitas Bung Hatta angkatan 84, Kamis (14/11/2013) sore ini pukul 16.30 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Almarhum akan dibawa ke Padang untuk dimakamkan besok di Pasaman, seluruh alumni Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta turut berduka cita. Semoga amal ibadah beliau di terima di sisi yang maha kuasa dan mohon maaf segala kesalahan yang tak di sengaja.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 14 November 2013 - 07:32:48

bunghatta.ac.id - Empat orang dosen tetap program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta, yaitu Dra. Rita Desfitri, M.Sc., Dra. Susi Herawati, M.Pd., Drs. Khairudin, M.Si., dan Drs. Fazri Zuzano, M.Si mengikuti konferensi internasional CoSMEd (Conference on Science and Mathematics Education) yang diselenggarakan di SEAMEO RECSAM (Southeast Asian Ministers of Education Organisation - Regional Centre for Education in Science and Mathematics), di Penang, Malaysia.

Konferensi yang bertemakan Empowering the Future Generation through Science and Mathematics Education, bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi mendatang melalui pendidikan Sains dan Matematika.

Para pendidik sains dan matematika perlu untuk terus meningkatkan kualitas diri dan pembelajarannya, serta memanfaatkan forum-forum ilmiah untuk saling berbagi informasi dan mendiskusikan inovasi-inovasi baru untuk perbaikan pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan setiap dua tahun sekali, difasilitasi oleh SEAMEO - RECSAM, dan dilaksanakan dari tanggal 11 - 14 November 2013. Berbagai kegiatan seperti paper presentation, poster, workshop, dan education tour melengkapi acara CoSMEd ke lima ini.

Dalam konferensi ini, tim dosen PMAT Universitas Bung Hatta mempresentasikan dua buah paper hasil penelitian. Paper pertama bertema 'assessment' yang berjudul "Students' difficulties and Cognitive Development Level of Differentiation through Graphs Activities at First Year Calculus", sedangkan paper yang kedua bertema 'Professional Learning Communities' yang berjudul "In Service Teachers' Performance in Introducing Elementary Algebra on Peer Teaching".

Acara ini diikuti oleh lebih dari 350 peserta lebih 20 negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, Afrika Selatan, Jepang, dan lain-lain. Ada 215 makalah yang dipresentasikan dengan 5 sub tema: Assessment, informal learning, technology, professional learning community, dan curriculum. dan 8 jenis workshop yang diberikan.**(Rita-s)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 13 November 2013 - 07:55:54

bunghatta.ac.id - Matematika adalah sumber dari segala ilmu pengetahuan, matematika sangat berperan dalam kemajuan ilmu pengetahuna dan teknologi. Matematika memeberikan kemampuan untuk berfikti logis dan pemecahan masalah. Jika semua ilmu pengetahuan itu diibaratkan sebagai pohon maka ilmu matematika adalah akarnya.

Untuk meningkatkan dan menciptakan teknologi di massa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Sehingga mata pelajaran matematika perlu diberikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Namun di zaman yang semakin canggih ini justru banyak siswa yang kurang menyukai matematika karena merasa kesulit dan tidambah lagi dengan banyakanya rumus yang digunakan dalam mata pelajaran tersebut.

Untuk menguji pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika maka Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Kegurusan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Lomba Matematika Tingkat SMP/MTs se-Kota Padang.

Kegitan lomba matematika ini mengangkat tema The Special One of Math yang akan dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada tanggal 23 November 2013.

Menurut Ketua Pelaksana Rika Sri Wahyuni, perlombaan ini kita gelar untuk menguji pemahamaan dan kemampuan siswa tingkat SMP/MTs se-Kota Padang dan mencari satu orang peserta terbaik yang akan menyandang gelar The Special One of Math dalam perlombaan ini.

“Padahal bila kita mempelajari dan memahami mata pelajaran matematika dengan serius maka akan terlihat kemudahaan dan keasikan didalam setiap materinya. Karena dalam pelajaran matematika yang diperlukan bukan hafalan rumus melainkan pemahaman dari setiap rumus yang ada.," ujarnya.

Ia mengatakan dengan mempelajari dan memahami mata pelajaran matematika maka akan banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Terutama pada zaman yang samakin canggih dan bersaing saat ini. Setelah mempelajari dan memahami mata pelajaran matematika tentunya kita bisa saja mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.

“Para peserta yang mengikuti perlombaan ini dapat menambah wawasannya di bidang matematika selain itu juga dapat menambah pengetahuan mengenai perguruan tinggi terutama Universitas Bung Hatta melalui acara ini,” jelasnya.

Nantinya dalam perlombaan ini terdiri dari 3 babak. Untuk babak pertama yaitu penyisisan para peserta mengikuti tes tertulis dan akan dipilih 5 terbaik tiap kelasnya. Kemudian babak kedua yaitu semi final, peserta akan di kumpulkan dalam satu tempat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Peserta yang salah menjawab pertanyaan maka dinyatakan gugur hingga menyisakan 3 peserta yang mampu bertahan.

Di babak terakhir, peserta akan bertarung di babak final untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara berpacu menjawab pertanyaan yang diberikan juri. Peserta yang mengumpulkan poin tertinggi akan meraih juara 1 sekaligus menyandang gelar The Special One of Math.

Pemenang dalam perlombaan matematika ini akan mendapatkan piagam uang tunai, tropi dan mendali untuk juara I, II dan III. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 12 November 2013 - 15:01:35

Seminar Nasional BEMM FTSP: Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat itu !
Seminar Nasional BEMM FTSP: Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat itu !
bunghatta.ac.id - Berbicara pemberdayaan masyarakat (Community Development) tentunya tidak akan lepas dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang penting sekali dilaksanakan oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat.

Untuk mengenalkannya kepada mahasiswa, Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Bung Hatta akan mengadakan Seminar Nasional Peran Community Development Dalam Implementasi Masyarakat yang dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (12/11/2013).

Dalam laporannya, Arief Fernandes Ketua Pelaksana Seminar ini menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat mengenal community development dan manfaatnya, karena community development merupakan perwujudan kemampuan dan integrasi masyarakat untuk dapat membangun dirinya sendiri dan dapat membantu mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja nantinya.

“Seminar ini juga akan menjelaskan bagaimana merancang program pengembangan masyarakat, memahami, dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan CSR dan community development, serta mampu membuat perencanaan dan anggaran program,” tambah mahasiswa jurusan Teknik Sipil ini.

Rioni Rizki Aldiansyah, Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Universitas Bung Hatta mengatakan seminar ini merupakan agenda kegiatan kemahasiswaan BEMM FTSP untuk mengenalkan Community Development kepada mahasiswa.

“Dengan kegiatan ini mahasiswa dapat memahami serta mengerti dengan community development. Hal ini masih belum dipahami serta pengimplementasian yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan yang ada di Kota Padang maupun di Propinsi Sumatra Barat,” ujar Rioni.

Seminar yang dimoderatori Bayu Haryanto,ST ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Prof.Dr.Niki Lukviarman, SE,Akt, MBA, H.Leonardy Harmani S.Sip, MH Dt.Badaro Basa dan Ir. Jeffry mulyono, pemateri tersebut mengupas masalah community development dari sudut pandang yang berbeda sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Prof.Dr.Niki Lukviarman, SE,Akt, MBA yang merupakan Rektor Universitas Bung Hatta mengupas masalah community development dari pendekatan dunia pendidikan dan peranan pendidikan di dalam masyarakat.

“Universitas Bung Hatta telah melakukan namanya community development melalui beberapa projec yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat seperti Safe Singkarak and Sumpur Minangkabau Heritage Project, The Bamboo Project, Forum Akademis Samudra Hindia dan lainnya. Itu semua untuk kesejahteraan masyarakat” ujarnya

Kemudian Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat H.Leonardy Harmani S.Sip, MH Dt.Badaro Basa memaparkan mengenai peranan community development yang merupakan induk dari program CSR suatu perusahaan sesuai dengan ketentuan undang-undang sebagai tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

“pemerintah akan mengawasi setiap perusahaan yang melakukan CSR dan perusahaan yang baik tidak hanya memburu keuntungan ekonomi saja melainkan pula memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sesuai UU No .40 Tahun 2007,” jelasnya

Untuk pemateri terakhir disampaikan oleh Ir.Jeffry mulyono , praktisi yang merupakan Wakil Ketua
Asosisasi Pertambangan Batubara Indonesia membahas mengenai peranan dan kewajiban perusahaan sebagai pelaksana community development dalam menjalankan dan menerapkan program CSR kepada masyarakat.

“Dengan community development yang baik, masyarakat akan merasa memiliki perusahaan dan ikut tumbauh sesuai dengan kinerja perusahaan dalam menjalankan program CSR sesuai UU No.40 Tahun 2007 sebagai sarana meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat sekitar,” paparnya.

Seminar dengan tag line Dengan tag line : Community Development Untuk Siapa Dan Bagaimana ini diikuti lebih dari 300 peserta yang bersaal dari mahasiswa yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dan Universitas Bung Hatta serta pengurus kelembagaan mahasiswa di Kota Padang. (*Indrawadi/Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 11 November 2013 - 13:10:35

Hasil Transplantasi Karang Perlu Segera di Relokasi
Hasil Transplantasi Karang Perlu Segera di Relokasi
bunghatta.ac.id - Puluhan penyelam Unit Kegiatan Mahasiswa Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, bersama dengan Forum Akademis Samudera Hindia, Mitra Bahari RC Sumatera dan Mapala Proklamator UBH, Minggu 10/11 kemari di Taman Nirwana Pantai Padang kembali melakukan penambahan ratusan transplantasi karang. Kegiatan itu sekaligus memperingati hari Pahlawan ala mahasiswa pencinta kelautan bertajuk “Transplantasi Karang, Pahlawan Sejuta Ikan”

Mabruri Tanjung, salah seorang penyelam senior di damping Juhizul Ketua UKM Diving Proklamator menyebutkan, transplantasi karang adalah pencangkokan atau pemotongan karang hidup untuk dicangkok di tempat lain atau di tempat yang karangnya telah mengalami kerusakan, bertujuan untuk pemulihan atau pembentukan terumbu karang alami.

“Aksi ini juga untuk berwisata dan berolahraga sambil menikmati alam bebas mengingat jasa para pahlawan”, imbuh Tanjung.

Ditambahkan Tanjung, aksi penanaman bibit terumbu karang tersebut sudah untuk yang kesekian kalinya di lakukan, tidak hanya di pantai Taman Nirwana saja, tetapi juga di Pulau Pasumpahan Kota Padang, dan Pulau Sironjong Kawasan Mandeh Pesisir Selatan.

“Di pantai Taman Nirwana sendiri sudah ada sekitar 3 ribuan bibit yang telah di tanam, di Pulau Pasumpahan sudah lebih dari 5000-an bibit, di Pulau Sironjong Kawasan Mandeh Pesisir Selatan pun sudah lebih dari 7000-an bibit, sekali tiga bulan di lakukan monitoring”, ujarnya lagi.

Monitoring yang di lakukan di Taman Nirwana, dari ribuan transplantasi yang telah di lakukan sejak 11 bulan sebelumnya, menunjukkan hasil yang sangat mengembirakan, 95 % tumbuh dengan subur. Kebanyakan genus bibit yang ditanam ini adalah genus Acropora, sebab genus ini bentuk fisiknya merupakan karang bercabang dan cepat tumbuh bila dibandingkan karang genus lain

Berdasarkan hasil pertumbuhan yang sangat baik tersebut, sebut Tanjung harus segera di lakukan relokasi hasil transplantasi itu ke lokasi baru, atau lokasi yang terumbu karangnya sudah rusak.

“Perairan Taman Nirwana ini sangat cocok untuk lokasi transplantasi, saat ini sangat perlu di relokasi ke tempat lain hasil transplantasi yang sebelumnya,sehingga tercipta taman-taman laut yang baru serta rumah baru bagi ikan, kami juga butuhkan perhatian dari pihak-pihak terkait untuk mendukung kegiatan ini” imbuh Tanjung. (**Indrawadi).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 11 November 2013 - 09:25:05

bunghatta.ac.id - Dosen program studi Pendidikan Matematika serta Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Workshop Rekomendasi Learning Outcomes dan Kurikulum Prodi S1 yang dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 7 - 8 November 2013.

Acara workshop "Learning Outcomes' dan Kurikulum ini sendiri digabungkan dengan acara IICMA (IndoMS International Conference on Mathematics and its Application 2013 yang juga dilaksanakan oleh Himpunan Matematika Indonesia di Yogyakarta tanggal 6 - 7 November 2013.

Universitas Bung Hatta sendiri menugaskan Ketua program studi Pendidikan MatematikaDra. Rita Desfitri, M.Sc. dan Sekretaris program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Karmila Suryani, M. Kom untuk ikut berpastisipasi dalam kegiatan tersebut.

Menurut Dra. Rita Desfitri, M.Sc pelatihan ini atas dasar rencana kegiatan revitalisasi bidang MIPA serta kerjasama MIPANet dengan himpunan Profesi, khususnya untuk kegiatan penyusunan capaian pembelajaran dan kurikulum minimal untuk prodi S1.

“Kegiatan yang mengundang seluruh Kajur/Kaprodi dalam bidang Matematika, Pendidikan Matematika, Ilmu Komputer, dan Statistika di seluruh Indonesia ini, dilaksanakan atas prakarsa IndoMS (The Indonesian Mathematical Society) atau Himpunan Matematika Indonesia,” ujarnya.

Rita mengatakan dari workshop ini nanti diharapkan semua anggota IndoMS, khususnya kajur/kaprodi matematika, pendidikan matematika, ilmu komputer, dan statistika dari PTN/PTS seluruh Indonesia berperan aktif memberikan saran dan masukan untuk penyempurnaan bahan workshop, khususnya tentang Kurikulum Standar Nasional berbasis KKNI dan Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) Program Studi Jenjang Sarjana S1 Matematika, Pendidikan Matematika, Ilmu Komputer, serta Statistika.

“Workshop itu sendiri dibagi menjadi 2 bagian, workshop hari pertama berisi tentang paparan dan usulan rekomendasi draft capaian pembelajaran (CP) yang hanya diikuti oleh kaprodi atau yang mewakili, sedangkan workshop hari kedua berisi paparan rekomendasi draft capaian pembelajaran dan struktur kurikulum oleh masing-masing tim kurikulum prodi S1 bidang-bidang Matematika, Pendidikan Matematika, Statistika, dan Ilmu Komputer yang diikuti oleh semua kaprodi dan peserta tim pendamping yang telah didaftarkan IndoMS,” paparnya.

Workshop ini rencananya akan ditutup dengan acara pengesahan rekomendasi draft Capaian Pembelajaran dan Struktur Kurikulum Prodi S1 dari IndoMS. (**Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 10 November 2013 - 13:12:53

Diving Proklamator UBH:Memperingati Hari Pahlawan Dengan Aksi Transplantasi Karang
Diving Proklamator UBH:Memperingati Hari Pahlawan Dengan Aksi Transplantasi Karang
bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Kemahasiswaan Diving Proklamator Universitas Bung Hatta bersama dengan Forum Akademis Samudera Hindia dan Mitra Bahari Regional I Sumatera serta Mapala Proklamator UBH mengadakan aksi transplantasi karang di Pantai Taman Nirwana Kota Padang, Minggu 10/11. Aksi tersebut, diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Ketua UKM Diving Proklamator UBH, Juhizul didampingi penyelam senior Diving Proklamator Mabruri Tanjung mengatakan, aksi transplantasi karang tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan konservasi terumbu karang yang rutin dilakukan, dan merupakan wujud kecintaan penyelam-penyelam UBH di hari pahlawan dengan melakukan penanaman terumbu karang, yang bertemakan terumbu karang pahlawan untuk seribu ikan.

“Aksi ini juga untuk berwisata dan berolahraga sambil menikmati alam bebas mengingat jasa para pahlawan,” sela Tanjung.

Ditambahkan Tanjung, aksi penanaman bibit terumbu karang tersebut sudah untuk yang kesekian kalinya di lakukan, tidak hanya di pantai Taman Nirwana saja, tetapi juga di Pulau Pasumpahan Kota Padang, dan Pulau Sironjong Kawasan Mandeh Pesisir Selatan.

“Di pantai Taman Nirwana sendiri sudah ada sekitar 500 bibit yang di tanam dan di Pulau Pasumpahan sudah lebih dari 5000-an bibit, di Pulau Sironjong Mandeh pun sudah lebih dari 7000-an bibit, sekali tiga bulan di lakukan monitoring”, imbuh Tanjung.

Aksi penanaman karang tersebut menggunanakan metode transplantasi, yakni upaya pencangkokan atau pemotongan karang hidup untuk ditanam ditempat lain atau ditempat yang karangnya telah rusak, sebagai upaya rehabilitasi. Transplantasi karang juga dirnanfaatkan untuk rnembuat lokasi penyelaman (dive spot) menjadi lebih indah dan menarik sehingga dapat mendorong kenaikan jumlah wisatawan.

Selain itu transplantasi karang juga dirnanfaatkan untuk memperbanyak jumlah indukan dan anakan karang yang laku dipasarkan sehingga dapat mendukung perdagangan karang hias, sesuai peraturan yang berlaku.

“Kali ini subtrat, meja dan labelnya sengaja kami beri bendera merah putih, karena bulan tanggal 10 November adalah hari Pahlawan, dan aksi ini salah satu bagian dari cara kami memperingatinya”, tambah Tanjung.

Sementara itu Dr. Eni Kamal, MSc dari Mitra Bahari RC menyebutkan bahwa, Mitra Bahari dan Forum Akademis Samudera Hindia dan adalah forum yang terbuka untuk siapa saja yang memiliki kesamaan niat, visi, dan misi untuk mengelola dan menyelamatkan sumberdaya kelautan, khususnya terumbu karang yang telah mulai terancam rusak.

”Dengan adanya aksi ini, diharapkan mampu mendongkrak semangat seluruh masyarakat dalam menciptakan pahlawan-pahlawan kelautan dan pahlawan-pahlawan bagi jutaan ikan” kata Eni Kamal.

Dengan kian berkembangnya karang hasil transplantasi tersebut pemandangan bawah laut di perairan Taman Nirwana akan nampak indah dihiasi karang warna-warni yang akan mengundang berbagai jenis ikan-ikan hias yang akan menciptakan pemandangan bawah laut yang luar bisa.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 107.21.136.116