Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

UBH-UniMap Malaysia Gagas “KKN ASEAN SPIRIT”

Gagasan untuk mewujudkan “KKN ASEAN SPIRIT” mulai menemui titik terang, hal itu tercapai setelah pertemuan Rektor UBH Prof.Dr.Niki Lukviarman dengan Prof. Dr. Amran Ahmed, Dean Institute of Engineering Mathematics Universiti Malaysia Perlis (UniMAP), dalam rangka kunjungan balasan Rektor UBH ke....

FPIK UBH Selenggarakan Ujian Kompetensi Perikanan dan Kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta mengelenggarakan Ujian Kompetensi Kelautan dan Perikanan untuk Bidang Pembenihan Ikan dan Bidang Penangkapan Ikan yang diadakan di Ruang Sidang FPIK Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Rabu (22/10/2014). Ir. Yempita Ef....

Mari Ikuti Seminar Mengenai TOEFL

Unit Pelaksana Teknis (UPT)- Pendidikan dan Pengembangan Bahasa Asing dan Laboratorium Bahasa Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Penerbit Erlangga mengadakan Seminar TOFEL yang bertajuk mengenai How To Be Successful in TOEFL Test. Seminar diperuntukan untuk mahasiswa Universitas Bung Hatta....

Wisuda ke-62, Alumni UBH Harus Siap Hadapi MEA 2015

Sebanyak 657 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Bung Hatta telah melaksanakan pelantikan untuk periode wisuda ke-62 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/10/2014). Lulusan Universitas Bung Hatta pada wisuda ke-62 ini terdiri dari lulusan pr....

Sabtu Esok, 657 Mahasiswa UBH akan Diwisuda, IPK Diatas 3.0 Mencapai 82,2%

Sebanyak 657 mahasiswa Universitas Bung Hatta akan diwisuda pada Sabtu, (18/10/2014) nanti di Gelanggang Olahraga dan Seni Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta. Di ruang kerjanya, Dr. Ir Eko Alvares. Z, MSA, Ketua Pelaksana yang juga Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta menyebutkan, pad....

Sastra Jepang UBH, Kirim 3 Mahasiswa ke Negeri Sakura

Tiga mahasiswa Universitas Bung Hatta segera terbang ke Negri Sakura, yakni Musyrifa Isra, Nikmatul Hikmah dan Ade Eka Surya. Mereka menjadi perwakilan Sumatera Barat diantara 100 mahasiswa se Asia yang mengikuti program yang sama. Ketua Jurusan Sastra Jepang Dr. Diana Kartika, M.Hum menyebutkan,....

Kamis 26 Juni 2014 - 13:48:55

Selamat Puasa Ramadhan 1435 H
Selamat Puasa Ramadhan 1435 H
bunghatta.ac.id - Keluarga Besar Universitas Bung Hatta Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 25 Juni 2014 - 15:56:27

Teknik Ekonomi Konstruksi UBH Dapat Peluang Kerja dan Beasiswa dari PT. PP
Teknik Ekonomi Konstruksi UBH Dapat Peluang Kerja dan Beasiswa dari PT. PP
bunghatta.ac.id - PT. Pembangunan Perumahan (Persero) mengadakan roadshow untuk melakukan rekuitmen dan penyampaian Beasiswa Ikatan Dinas bagi mahasiswa akhir dan lulusan jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveying) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang FTSP Gedung F Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (25/06/2014).

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE menyapaikan pimpinan sangat mengapresiasi atas kedatangan PT. Pembangunan Perumahan (Persero) ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan rekuitmen dan bertatap muka langsung dengan para mahasiswa untuk memberikan penjelasan mengenai beasiswa.

“Kita berharap kerjasama yang terjalin ini, tidak hanya untuk jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi tapi dapat juga berkolaborasi dengan jurusan lainnya yang ada di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan seperti jurusan Teknik Sipil, Teknik Arsitektur serta Perencanaan dan Tata Kota dengan melakukan MoU agar ada payuh yang menaunginya,” ujanrnya.

Dr. Zulherman, ST, MSCE Ketua Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi mengatakan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan investasi ini melakukan seleksi penerimaan karyawan untuk tenaga Teknik Ekonomi Konstruksi dengan datang langsung ke kampus. Selain itu juga dalam rangka penyampaian program beasiswa yang disediakan oleh PT. Pembangunan Perumahan (Persero) untuk mahasiswa tingkat akhir.

“Sebagai jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi satu-satunya di Indonesia para mahasiswa dan lulusan kita dapat menangkap peluang yang menjanjikan ini. Sejak tahun 2002 Universitas Bung Hatta telah menawarkan program pendidikan profesional Quantity Surveyor untuk jenjang pendidikan Diploma Tiga (D III) dan telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi,” jelasnya.

“Semoga kerjasama ini tidak hanya sampai sini saja tapi akan berkelanjutan dengan program-program lainnya,” tambahnya.

Roadshow ini langsung disampaikan oleh Jatmiko Murdiono, Maneger HRD PT. Pembangunan Perumahan (Persero) yang menjelaskan mengenai profil dan berkarir di perusahaan ini.
Jatmiko mengatakan perusahaan kami sedang merembutuhkan banyak tenaga Teknik Ekonomi Konstruksi dan Teknik Sipil untuk diberbagai macam kegiatan proyek di seluruh Indonesia. Rekuitmen hanya untuk Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta dan dilakukan secara online dengan klik recruitment.ptpp.co.id.
“Pendaftaran untuk rekuitmen dan pengajuan beasiswa ini sudah dibuka sejak hari Senin dan akan tutup pada hari Sabtu esok. Nantinya yang lulus akan mendapat panggilan melalui email dan di interview langsung di Padang.

Untuk penerimaan beasiswa mahasiswa ikatan dinas syaratnya tercatat sebagai mahasiswa aktif dengan IPK diatas 3, memiliki TOEFL diatas 450, masa studi maksimal 6 bulan lagi dan mau ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan untuk rekuitmen fresh graduate syaratnya lulusan Teknik Sipil dan Teknik Ekonomi Konstruksi, dengan IPK minimal 3, memiliki TOEFL diatas 450, umur kurang dari 26 tahun dan mau ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Universitas Bung Hatta menjadi kampus swasta pertama yang menjadi lokasi dalam rekuitmen pegawai dan penjaringan beasiswa. Kita berharap dengan roadshow yang dilakukan hari ini dapat mnejadi langkah awal untuk menggapai kesuksesan,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 24 Juni 2014 - 12:11:08

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun 2014
Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun 2014
bunghatta.ac.id - Memasuki Tahun Ajaran 2014, Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru tanpa melalui seleksi ujian masuk atau tanpa tes dan menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non-akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA

Pendaftaran dapat dilakukan via online di alamat www.spmb.bunghatta.ac.id atau langsung mendaftar ke Pusat Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru di Kampus Proklamator I Ulak Karang sampai dengan tanggal 30 Juli 2014. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 23 Juni 2014 - 11:00:29

Teknik Ekonomi Konstruksi UBH, Kewalahan Penuhi Permintaan Lulusan
Teknik Ekonomi Konstruksi UBH, Kewalahan Penuhi Permintaan Lulusan
bunghatta.ac.id - Kebutuhan lulusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantity Surveying di Indonesia sangatlah tinggi, namun lulusan yang dihasilkan sangat terbatas sehingga banyak perusahaan yang kekurangan tenaga dari jurusan ini.

Sebagai jurusan satu-satunya di Indonesia,Teknik Ekonomi Konstruksi Fakutas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta telah banyak dipinang oleh berbagi perusahan konstruksi sebelum mereka tamat.

Bahkan banyak perusahaan juga yang datang ke kampus untuk melakukan seleksi langsung penerimaan karyawan seperti yang dilakukan PT. Jaya CM. Seleksi ini bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (23/06/2014).

Dr. Zulherman, ST, MSCE Ketua Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi mengatakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultan manajemen konstruksi ini datang langsung dari Jakarta untuk melakukan ujian.

Perusahaan tersebut membutuhkan tenaga Teknik Ekonomi Konstruksi sebanyak-banyaknya, namun yang mengikuti seleksi hanya 9 orang yang merupakan 8 mahasiswa tingkat akhir dan 1 alumni baru, mengingat lulusan Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta telah banyak terserap oleh berbagai perusahaan.

“Seleksi ini dilakukan seharian penuh dengan menguji kemampuan akademik para peserta kemudian bila lulus akan tes wawancara dan bila memenuhi kualifikasi akan langsung diterima perusahaan,” ujarnya.

Menurut Zulherman, Banyak perusahaan yang bingung untuk mencari tenaga Teknik Ekonomi Konstruksi di Indonesia dan yang menjadi rekomendasi tentu hanya di Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta.

Sejak tahun 2002 Universitas Bung Hatta telah menawarkan program pendidikan profesional Quantity Surveyor untuk jenjang pendidikan Diploma Tiga (D III) dan telah terakredsitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

“Karena hanya satu-satu di Indonesia, kita berharap dapat bermitra dengan berbagai perusahaan sehingga jurusan memperoleh feedback untuk dapat meningkatkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri terutama di bidang konstruksi,” ucapnya. (**Ubay-HUmas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 20 Juni 2014 - 15:48:05

Dosen PMAT UBH Ikuti Konferensi Nasional Matematika
Dosen PMAT UBH Ikuti Konferensi Nasional Matematika
bunghatta.ac.id - Sebanyak tujuh dosen jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengikuti Konferensi Nasional Matematika (KNM) ke-17 yang merupakan rangkaian dari kegiatan Himpunan Matematika Indonesia atau Indonesian Mathematical Society (IndoMS) yang dilaksanakan di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada 11-14 Juni 2014 lalu.

Ketujuh orang dosen tersebut yaitu Dra. Rita Desfitri, M.Sc, Syukma Netti, S.Pd, M.Si, Dra. Susi Herawati, M.Pd, Drs. Khairudin, M.Si, Drs. Fazri Zuzano, M.Si, Dra. Niniwati, M.Pd, dan Drs. Edrizon.

Dra. Rita Desfitri, M.Sc, Ketua jurusan Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta menjelaskan acara dua tahunan ini biasanya dilaksanakan secara marathon dalam beberapa kegiatan seperti workshop berbagai bidang Matematika, Konferensi Nasional Matematika ke 17 dengan tema Peranan Matematika dan Statistika Menyongsong ASEAN Economic Community dan Kongres Pemilihan Presiden IndoMS untuk periode 2014 – 2016.

“Pada kesempatan ini, Jurusan Pendidikan Matematika mengirimkan 7 orang dosen tetapnya untuk mengikuti dan menjadi pemakalah dalam kegiatan Konferensi Nasional Matematika ini,” terangnya.

Ia mengatakan sebelum mengikuti konferensi ke tujuh dosen jurusan Pendidikan Matematika juga diundang mengikuti Workshop Metode Pembelajaran Matematika SMA berbasis Kurikulum 2013 yang dilaksanakan DIKTI di Hotel Swiss Belinn Surabaya pada 10 Juni 2014.

“Workshop nasional ini bersifat terbatas karena pesertanya memang dibatasi hanya sampai 50 orang, dan ke tujuh orang dosen kita termasuk yang diundang DIKTI untuk mengikutinya secara resmi. Ini suatu kebanggaan bagi kita dari jurusan Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta,” ungkapnya.

Menurut Rita, kongres pemilihan presiden IndoMS berlangsung lancar dan presiden IndoMS Prof. Dr. Budi Nurani dari Universitas Padjajaran Bandung yang sekarang menjabat, terpilih kembali untuk periode kedua.

“Hasil kongres juga menyepakati bahwa Konferensi Nasional Matematika ke 18 yang akan dilaksanakan pada tahun 2016 yang akan datang bertempat di Universitas Riau yang menjadi tuan rumah,” ujar Rita yang yang merupakan Wakil Gubernur bidang Publikasi Himpunan Matematika Indonesia Wilayah Sumatera Tengah.

Di samping itu, Rita mengatakan disepakati pula bahwa Konferensi Daerah (Konferda) Himpunan Matematika Indonesia Wilayah Sumatera Tengah akan dilaksanakan November 2014 dan Universitas Riau juga yang menjadi tuan rumah. Konferda ini nantinya juga mengagendakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur IndoMS Sumatera Tengah yang baru, karena kepengurusan gubernur dan wakil gubernur yang sekarang akan berakhir tanggal 31 Desember 2014 tahun ini.

“Kita akan mendorong dosen-dosen muda jurusan Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta yang belum berkesempatan mengikuti konferensi ini, agar menyajikan makalah saat Konferda di Universitas Riau bulan November nanti sehingga semua dosen di jurusan Pendidikan Matematika mempunyai kesempatan dan pengalaman mengikuti pertemuan-pertemuan ilmiah,” imbuhnya.

“Kita akan mengusahakan dan memfasilitasi, serta mendorong semua dosen jurusan Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta agar terbiasa ikut berpartisipasi dalam forum-forum ilmiah kematematikaan, agar kita semua juga mampu mengikuti perkembangan Matematika yang terus melaju kencang,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 18 Juni 2014 - 10:38:33

Sambut Ramadan 1435 H, Gubernur Sumbar Berikan Tausyiah di UBH
Sambut Ramadan 1435 H, Gubernur Sumbar Berikan Tausyiah di UBH
bunghatta.ac.id - Menyambut bulan suci Ramadan 1435 H, Civitas Akademika Universitas Bung Hatta mengadakan Ceramah Agama yang disampaikan oleh Gubernur Sumatra Barat Prof.Dr.Irwan Prayitno, S.Pi, M.Sc, Dt. Rajo Bandaro Basa yang bertempat di Masjid Jurjanah Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (18/06/2014).

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan kegiatan ini kita laksanakan untuk menyambut bulan Ramadan agar kita dapat mendapatkan barakah di bulan yang pernuh berkah ini.

“Kedatangan Gubernur Sumbar ini menjadi suatu kehormatan bagi kita karena banyak permintaan yang menginginkan bapak gubernur ini dapat memberikan cerama agama. Semoga dengan penyampaian ceramah ini kita dapat memperoleh berkah dan manfaat bagi kita semua,” ujar Niki.

Selama satu jam, Prof.Dr.Irwan Prayitno, S.Pi, M.Sc memberikan ceramah dengan judul tema dengan ramadan, wujudkan keikhlasan bekerja untuk kemajuan bangsa yang diikuti oleh mahasiswa, dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Bung Hatta dan Yayasan Pendidikan Bung Hatta.

Irwan mengatakan manuasia yang baik itu manusia yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain, saling membantu kepada sesama misalnya bila ada yang meminta tolong tentu harus dibantu.

“Maka dengan ini kita telah memberikan manfaat dan kebaikan kepada orang lain. Kebaikan yang kita tebarkan pada dasarnya untuk kita sendiri. Berikan manfaat bagi orang lain maka hidup kita akan senang,” sebut Irwan saat membuka pengantar ceramah agamanya.

Ia menyampaikan puasa di bulan Ramadan itu wajib hukumnya dan telah dilakukan sebelum-sebelumnya bahkan puasa juga dilaksanakan oleh agama lain, dengan kata lain puasa itu kegiatan universal dan dapat memberikan dampak dan manfaat besar.

“Bulan Ramadan bukan bulan untuk bermalas-malasan tapi bulan yang penuh dengan aktivitas, penuh dengan kreativitas dan bulan yang produktivitas yang dapat menambah kekuatan rohani dan spritual sehingga dapat menciptakan kreativitas dan kesuksesan,” ungkapnya.

Salah bila kita menganggap bila bulan Ramadan dapat menghambat aktivitas sehari-hari sehingga membuat kita malas. Penyebabnya adalah pola pikir kita yang telah kita tanamkan bila saat puasa akan membuat badan letih dan lemas.

“Di bulan Ramadan ini, mari kita melakukan ibadah dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh agar kita menjadi orang yang krativitas, produktivitas dan dapat mencapai kesuksesan ,” ajaknya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 16 Juni 2014 - 09:03:16

Dr. Mulyazmi ST MT, Doktor Baru Teknik Kimia UBH
Dr. Mulyazmi ST MT, Doktor Baru Teknik Kimia UBH
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta kembali memiliki doktor baru yaitu Dr. Mulyazmi, ST, MT setelah menyelesaikan program doktoralnya di Universiti Kebangsaan Malaysia.

Mulyazmi berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul development Of Optimum Process Design Methodology Of Proton Exchange Fuel Cell System To Achieve Optimum Performance (Pengembangan Metodologi Reka Bentuk Proses Sistem Sel Fuel Membran Penukar Proton Untuk Pencapaian Optimum) dengan bimbingan Prof. Dato Wan Ramli Ean Daud dan Dr. Edy Herianto Majlan.

Menurut Mulyazmi, reka bentuk yang optimum untuk aplikasi listrik dari sistem sel bahan bakar membran pertukaran proton (PEMFC) sebagai fungsi dari desain dan parameter operasi yang sangat penting untuk mencapai yang hasil terbaik dari kinerja sistem sel bahan bakar .

“Sistem PEMFC sendiri, dapat ditingkatkaan kinerjanya dengan mengembangkan teknik pemodelan matematik dan simulasi terkini untuk mencapai kondisi operasi yang terbaik. Salah satu faktor yang mempengaruhi sangat kinerja PEMFC adalah kandungan kadar air di dalam membrane,” ungkapnya alumni Teknik Kimia angkatan 1994 ini.

Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan merancang sistem proses PEMFC untuk mendapatkan kinerja sistem yang optimal. Penelitian ini diarahkan terutama terhadap stack PEMFC dan sistem, umpan reaktan, pengaturan panas dan massa serta kondisi operasi.

Ia menyebutkan terdapat beberapa strategi alternatif yang telah dikembangkan untuk meningkatkan kinerja sistem secara optimal. Pertama adalah penentuan keseimbangan air dalam sistem berdasarkan pada fenomena transportasi air, kedua dengan memvariasikan parameter operasi untuk menentukan pengaruhnya terhadap kinerja PEMFC-sel tunggal.

“Kemudian ketiga penentuan formasi air cair dalam sistem PEMFC dan terakhir dengan menggunakan neraca panas dan teknologi pinch untuk pemulihan panas dalam sistem PEMFC,” ujar pria kelahiran Kota Payakumbuh tanggal 5 April 1976 ini.

Saat ini dari 11 dosen tetap di jurusan Teknik Kimia terdapat 4 doktor yaitu Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Dr.Maria Ulfah, ST, MT, Dr.Silvi Oktavia, ST, MT dan Dr. Mulyazmi, ST, MT. Kemudian Firdaus, ST, MT kandidat Doktor di Unsri sedangkan Pasymi, ST, MT akan melanjutkan studi doktoral di ITB. Selanjutnya, Ir. Elmi Sundari, MT, Ellyta Sari, ST, MT, Dra. Munas Martinis, M.Si, Dra. Erti Prapurti, M.Si dan Dra. Elly Desni Rahmi, M.Si.

Terpisah, Ketua Jurusan Teknik Kimia UBH, Dr. Eng Reni Desmiarti ST, MT mengatakan hingga saat ini Dr. Mulyazmi, ST, MT sudah mulai mengajar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 ini dengan mengampu mata kuliah Metode Numerik dan Statistik.. “Staf pengajar tetap kita berkualifikasi S2 dan S3 ulusan dalam dan luar negeri seperti ITB, UI, Unsyah, Unsri, Universiti Kebangsaan Malaysia dan Gifu University Jepang,” ujarnya. (**Ubay-HUmas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 14 Juni 2014 - 20:17:10

Teknik Industri UBH Gelar Bakti Sosial
Teknik Industri UBH Gelar Bakti Sosial
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Bakti Sosial dengan mengundang anak-anak dari Panti Asuhan Yayasan Budi Mulia. Kegiatan ini diadakan di Masjid Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 08 Juni 2014 lalu.

Meigy Fernandso Ketua HMMJTI menyampaikan kegiatan bakti sosial ini pertama kali dilaksanakan oleh himpunan dan menjadi salah satu program kerja dari bagian pengabdian kepada masyarakat himpunan.

“Dengan mengusung tema meraih ketenangan hati dengan senyuman menyambut bulan suci ramadhan ini, kita berharap dapat berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita dari Panti Asuhan Yayasan Budi Mulia,” ujarnya.

Ketua Jurusan Teknik Industri, Yesmizarti Muchtiar, ST, MT mengatakan acara bakti sosial ini merupakan kegiatan yang pertama kali digelar oleh himpunan di jurusan Teknik Industri dan diharapkan akan menjadi agenda rutin.

Berbagai macam agenda acara mengisi bakti sosial ini seperti perlombaan membaca Surah Al-Bayyinah, games dan penampilan bakat dari anak-anak panti asuhan dan diakhiri dengan ceramah agama serta doa bersama dipimpin Ustadz Ma’rufin Ikhsan.

Acara berlangsung dengan meriah dan semuanya saling membaur satu sama lainnya antara anak-anak yatim, mahasiswa dan dosen jurusan Teknik Industri serta dihadiri juga oleh Ketua Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 11 Juni 2014 - 12:46:08

Prita Laura, News Presenter Metro TV Berikan Coaching Citizen Journalism di UBH
Prita Laura, News Presenter Metro TV Berikan Coaching Citizen Journalism di UBH
bunghatta.ac.id - Begitu banyak peristiwa dan kejadian yang terjadi di sekitar kita namun tidak kita disadari dapat mempengaruhi banyak kalangan. Padahal masyarakat umum dapat melaporkannya dengan menjadi jurnalis warga.

Untuk memperkenalkannya, Unit Kegiatan Mahasiswa Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta bersama tim Wide Shot Metro TV mengadakan Coaching Citizen Journalism yang bertempat di Aula Balairung Carakan Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (11/06/2014).

Ketua Pelaksana Uci Wulandari mengatakan kegiatan ini sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya dan pada kesempatan kali ini tim Wideshot Metro TV akan mengadakan liputan di Sumatra Barat untuk itu undang kembali untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai jurnalsime warga.

“Kegiatan bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai jurnalis warga dan untuk mengetahui bagaimana membuat liputan. Semoga dengan kegitan ini para peserta dapat menambah ilmu dan wawasan mengenai dunia broadcasting terutama dalam membuat liputan di Televisi,” tambahnya.

Sementara itu Indrawadi, S.Pi Pembina UKM Wawasan Proklamator mengatakan Universitas Bung Hatta telah melakukan banyak kerjasama dengan Metro TV meskipun tidak tertuang dalam MoU.

“Kita telah melakukan kerjasama dengan sharing liputan berita sejak tahun 2002 pada acara Metro Kampus hingga berganti menjadi acara Wide Shot Metro TV, kesempatan emas bagi peserta untuk belajar banyak sampai liputannya layak tayang,” sebut Indrawadi yang juga menjabat sebagi Humas Universitas Bung Hatta.

E Arum Dian Prawesti, Penganggung jawab Jurnalis Warga Wide Shot Metro TV menyampaikan untuk yang kedua kalinya kita tim Wideshot Metro TV berkunjung dan mengadakan liputan ke Kota Padang. Wide Shot Metro TV mengajak kita semua masyarakat umum untuk bergabung menjadi jurnalis warga.

“Tim yang kita bawa ke Kota Padang yaitu Ade Irawan dan Aris Setiawan kameramen dan yang paling istimewa dari kegiatan ini dengan menghadirkan dan bertatap muka langsung dengan presenter Wide Shot Metro TV yaitu Prita Laura,” jelasnya.

“Dari kegiatan ini kita dapat mengadakan liputan bersama dan dapat menghasilkan produk liputan yang berkualitas,” tambahnya.

Selama dua jam Coaching Citizen Journalism ini langsung disampaikan Prita Laura yang sharing mengenai jurnalisme warga, mekanisme pengambilan gambar dan penulisan naskah yang diikuti lebih 30 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kota Padang dan Bukittinggi.

Menurut Prita, semua dari kita dapat menjadi jurnalis yaitu jurnalis warga, hanya dengan menggunakan perlalatan yang seadanya seperti kamera handphone, handcam dan lainnya. Jurnalis warga adalah menginfomasikan yang benar dan memenuhi etika jurnalistik. Jurnalis warga juga tidak mengarang dan informasi berupa hal yang fakta dan harus mengikuti kaidah jurnslistik.

“Jurnalis warga itu memiliki power terutama di zaman gadget saat ini. Informasi yang dia buat dapat mengerakan masyarakat. Power itu tidak hanya dari jurnalis umumnya tapi masyarakat juga biasa bisa memiliki power dari hasil liputannya,” ungkapnya.

Prita mengatakan Metro TV memberikan kesempatan untuk masyarkat biasa untuk mengirimkan video tayangan selama 4 jam. Wide Shot Metro TV memiliki 2 jenis tayangan untuk jurnisme warga yaitu peristiwa dan news feature.

“Setiap liputan yang kita buat itu harus mengandung makna dan memiliki pesannya. Kita juga harus jeli saat meliput berita sehingga kita dapat menemukan news value. Menangkap new velue dapat dilatih dengan banyak membaca dan menyimak berita dari berbagai peristiwa yang terjadi. Simpelnya, kita harus menggunakan sense untuk mendapatkan news value dalam membuat liputan terhadap peristiwa dan feature,” ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 09 Juni 2014 - 14:49:06

Padang TV Liput Bank Sampah UBH
Padang TV Liput Bank Sampah UBH
bunghatta.ac.id - Bank Sampah Pusat Studi Lingkungan Universitas Bung Hatta yang bertempat di Kampus Proklamator III ini pada 04 Juni 2014 lalu, mendapat kesempatan untuk menjadi bahan liputan film dokumenter Bapeldada yang akan ditayangkan oleh Padang TV .

Adrian Aska Produser Dekat Sumbar Padang TV mengatakan liputan ini menjadi bahan untuk pembuatan film dokumenter Bapeldada. Salah satu potongan videonya yaitu tentang liputan Bank Sampah, Sebelumnya juga telah diliput dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat perguruan tinggi yang memiliki Bank Sampah dan direkomendasikan ke Universitas Bung Hatta.

"Menjadi hal yang langka, ketika segelintir orang memiliki keinginan untuk mengurusi yang namanya sampah padahal sampah tersendiri telah menjadi momok yang menakutkan dan menjijikan bagi masyarakat tapi dari sampah ini kita dapat menuangkan kreativitas hingga mamperoleh keuntungan dari sampah yang telah dimanfaatkan," ujarnya.


Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT Sekretaris Pusat Studi Lingkungan Universitas Bung Hatta mengatakan dengan didirikannya Bank Sampah UBH dapat membantu program pemerintah untuk mengurangi sampah yang semakin lama semakin menumpuk dan volume sampah kian mengingkat.

"Dengan adanya Bank Sampah dapat menjadi alternatif untuk mengurangi sampah yang ada saat ini. Pengelolan Bank Sampah ini melibatkan peranan mahasiswa dari jurusan Teknik Kimia," ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.211.212.174