Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Tes TOEFEL, Persiapkan Kemampuan Bahasa Inggris dan Kenali Lokasi Tesnya

Pada massa kini, sertifikat TOEFEL menjadi syarat utama untuk memperoleh banyak beasiswa terutama bersumber pendanaannya dari luar negeri,. Tentunya, hal ini menjadi tantangan bagi kita semua terutama bagi mahasiswa dan alumni di suatu perguruan tinggi dalam menyiapkan diri untuk dapat lulus dalam t....

Gedung Laboratorium Teknik Kimia Kampus Proklamator III

Gedung Laboratorium Keahlian Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta berada di Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta Jalan Gajah Mada No.19 Olo Nanggalo, Kota Padang. Dalam gedung ini terdapat tiga laboratorium keahlian yaitu Laboratorium Bioproses, Laborat....

Bahas Samudera Hindia, Kemenlu Berdialog dengan Tim FASH

Samudera Hindian merupakan halaman depan sebelah barat Indonesia yang menyimpan potensi yang relatif belum banyak dimanfaatkan seperti perikanan dan lainnya. Banyak negara yang berada di kawasan Samudera Hindia mulai melirik potensi tersebut yang dapat berdampak dan memiliki arti penting bagi dunia.....

Miske Satpam UBH di Undang Sebagai Bintang Tamu D'T3rong Show Indosiar

Miske Merita, Anggota Satuan Pengamanan Kampus Universitas Bung Hatta di undang tim D’T3rong Indosiar, sebuah acara reality show TV swasta nasional yang di pandu Ramzi, Irfan Hakim dan Rina Nose tersebut menggabungkan beragam item menarik dan inspiratif, seperti musik, sketsa komedi, tausiah, tal....

GP Futsal FC Juarai Turnamen Futsal Civil Cup Competition

Kegiatan olahraga memiliki peranan penting dalam menumbuh kembangkan semangat sportifitas, kreatifitas, solidariatas dan rasa keterbukaan antar satu individu dengan individu lainnya. Melihat pentingnya kegiatan olahraga dalam pengembangan diri dan membangun karakter yang tangguh. Untuk itu Himpun....

Gedung D Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta

Gedung D merupakan salah satu gedung berlantai 3 yang digunakan sebagai laboratorium bagi mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta. Pada lantai pertama gedung ini terdapat dua laboratorium jurusan Teknik Mesin yaitu Laboratoriu....

Senin 14 Juli 2014 - 11:34:45

Mahasiswa KKN PPM UBH di Nagari Gadur Berikan Tausyiah Ramadan
Mahasiswa KKN PPM UBH di Nagari Gadur Berikan Tausyiah Ramadan
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Gadur Kacamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman mendapat kesempatan untuk memperkenalkan diri di hadapan masyarakat dan unjuk kebolehan dalam memberikan tausyiah,

Bertempat di Masjid Raya Gadur, Jumat (11/07/2014) lalu, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta yang didampingi dengan pengurus masjid, Drs.Elva Amir .MM, memperkenalkan keberadaannya di daerah ini dan mengajak mahasiswa dan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta untuk berbincang-bincang dan saling bertukar pikiran.

Elva Amir pun menjelaskan sekilas mengenai Nagari Gadur. Nagari ini terkenal juga dengan sebutan Nagari Ujuang Darek Kapalo Rantai yang memiliki makna bahwa nagari perbatasan antara Padang Panjang dan daerah Pesisir. "Nagari Gadur ini pun memakai dua adat Minangkabau yang disebut dengan budaya papatiah nan sabatang, dan datuak katumangguangan," jelasnya.

Tak hanya itu, Elva menceritakan sekilas kehidupannya agar menjadi pedoman bagi mahasiswa semuanya dan juga ia tidak lupa memberikan wejangan kepada mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta.

"Selama ananda semua masih di Nagari Gadur ini, cobalah untuk bergaul dan mampu mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar tempat tinggal masing-masing dan dapat menjaga jarak pada saat bersosialisai antara laki dan perempuan," pesannya.

Kemudian, Minggu (13/07/2014) Pengurus Masjid Raya Gadur Muslimin mengatakan kepada jamaaah masjid semua seusai melakukan salat Isya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dan sekaligus berceramah di depan masyarakat.

Majulah salah satu mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta, Muhamad Rozi Afrianto pendidikan biologi yang memperkenalkal seluruh mahasiswa satu persatu yang melakukan KKN di Nagari Gadur ini, proses pengenalan pun di mulai dengan berdiri sendiri-sendiri secara bergantian yang akan menyebutkan nama serta jurusannya.

Usai perkenalan masyarakat meminta salah mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta untuk membikan ceramah agama yang disampaikan langsung oleh Irmandi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

“Saya memberikan memberikan tausiah kepada jamaah walupun tidak mempunyai persiapan tapi alhmdulliah sukses disampaikan dengan judul manfaat dari bulan suci ramadan. Bahkan para jamaah pun mengagumi kemampuan spontan dari mahasiswa Universitas Bung Hatta,” ungkapnya.

Ia mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dilupakannya sebab usai memberikan ceramah para pelajar dari peserta pesantren ramadhan langsung mendekat dan berkumpul kedekatnya. “Saya serasa menjadi artis saja dimintai tanda tangan karena memberikan ceramah, maka dari itu para peserta pesantren ramadan meminta tanda tangan saya di buku pesantren,” ungkapnya.

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Gadur berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi 4 jorong Yaitu Jorong Batiah-Batiah ,Jorong Simpang, Jorong Kampuang Dalam dan Jorong Pasang Bungo dengan masing-masing jorong ditempati 10 mahasiswa. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 13 Juli 2014 - 14:20:26

Seputar KKN-PPM UBH : Padang Pariaman Luncurkan Program Sehat
Seputar KKN-PPM UBH : Padang Pariaman Luncurkan Program Sehat
bunghatta.ac.id - Pemerintah kabupaten Padang Pariaman akhir Juli ini akan meluncurkan Program Padang Pariaman Sehat. Program tersebut sudah di-ujicoba-kan sejak sepekan terakhir dan mendapat sambutan sangat baik dari masyarakat.

Hal itu disebutkan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, saat menerima Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Niki Lukviarman didampingi Koordinator Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Ir. Indra Khaidir, di Pendopo Bupati Padang Pariaman, Kamis (10/7).

Disebutkan Ali Mukhni, Pariaman Sehat merupakan program unggulan yang mulai dilaksanakan tahun 2014. Melalui program tersebut, tidak ada lagi masyarakat di daerahnya yang tidak tersentuh layanan kesehatan.

" Program tersebut tujuannya adalah agar seluruh masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dan merupakan program unggulan di bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,"ujar Ali Mukhni

Sementara itu, Koordinator KKN-PPM UBH Indra Khaidir menyebutkan, bahwa kedatangan tim dari UBH adalah sekaligus melaporkan dan menitipkan sebanyak 358 orang mahasiswa UBH yang akan melaksanakan KKN yang tersebar di 12 kenagarian Kabupaten Padang Pariaman

“Ke- 12 nagari tersebut adalah nagari Lubuk Alung, Sikabung Lubuk Alung, Pakandangan, Toboh Ketek, Koto Tinggi, Gadur, Kayu Tanam, anduring, Kapalo Ilalang, Kuranji Hulu Sei Sirih, Batu Gadang,” ucapnya.
Ia menambahkan, pelaksanaan KKN-PPM tahun 2014 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan para mahasiswa harus mempertajam keahlian dan berpikir kreatif serta inovatif.

Dalam kunjungan tim UBH tersebut, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menyambut baik penempatan mahasiswa KKN UBH tersebut di Kabupatena Padang Pariaman, menurutnya , para mahasiswa adalah generasi tumpuan bangsa dan mahasiswa Universitas Bung Hatta saat berada di lapangan saat pelaksanaan KKN, harus dapat melaksankan dengan sebaik-baiknya, dapat menjaga nama institusi, Kemudian yang terpernting mahasiswa dapat menjaga kesehatannya dan keselamatannya, serta dapat membantu mencarikan solusi penyelesaian berbagai masalah di tengah-tengah masyarakat. (**Indrawadi-Humas UBH)


model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 12 Juli 2014 - 17:48:44

Bahas Program, Mahasiswa KKN-PPM UBH Rapat dengan Perangkat  Nagari
Bahas Program, Mahasiswa KKN-PPM UBH Rapat dengan Perangkat Nagari
bunghatta.ac.id - Untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta 2014 ini, mahasiswa yang menjadi peserta KKN melakukan rapat dan diskusi untuk membahas program yang akan dilaksanakan selama di lokasi KKN dengan perangkat kenagarian.

Febrina Rahmat Diningsih, salah satu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Gadur Kacamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman mengatakan kita mengadakan rapat dengan pemerintahan nagari yang bertempat di Kantor Wali Nagari Gadur, Jumat (11/06/2014) yang dipimpin langsung Wali Nagari, Eka Riswandi, ST.

“Wali Nagari langsung mengarahkan para mahasiswa KKN mengenai program apa saja yang dapat dan tidak daapt dilaksanakan di Nagari Gadur ini maka dengan pertemuaan ini kita bahas dan cari solusinya,” ungkap Febrina.

Eka Riswandi, ST, Wali Nagari Gadur menyampaikan mahasiswa yang melaksanakan KKN di daerah kita ini berharap bukan progam yang muluk-muluk yang terpenting progam ini bisa terlaksana dengan baik.

“Selain itu dengan kedatangan mahasiswa KKN di Nagari Gadur bisa memberikan manfaat dan keberadaannya selalu di kenang oleh masyarakat sekitar,” ujar Eka Riswandi yang merupakan alumni jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta tahun 2011 ini.

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Gadur berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi 4 jorong Yaitu Jorong Batiah-Batiah ,Jorong Simpang, Jorong Kampuang Dalam dan Jorong Pasang Bungo dengan masing-masing jorong ditempati 10 mahasiswa

Sementara itu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar juga melakukan kegiatan pertemuan bersama perangkat pemerintahan kanagarian untuk membahas penyusunan jadwal program KKN.

Sedangkan di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, mahasiswa KKN-PPM Univesitas Bung Hatta melakukan diskusi bersama wali jorongnya seperti di Jorong Korong Kampuang, Sabtu (12/07/2014).

Juanda Ibrahim, salah satu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Jorong Korong Kampuang mengatakan mendatangi wali jorong untuk melakukan diskusi mngenai rencana program kerja di rumahnya yang menjadi titik berkumpul masyarakat disini selama bulan puasa ini.

“Kita mengadakan pertemuan awal terlebih dahulu bersama wali jorong dan diskusi tentang program pokok, hasil alam yang ada disini seperti beras, coklat,kelapa dan lainnya, kerajinan tangan dari kartu kartu permainan koa yang dijadikan keranjang hingga bagaimana pengembangan usaha di daerah ini,” sebut mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur ini.

"Wali jorong juga berpesan mahasiswa KKN dari Universitas Bung Hatta dapat membantu jorong ini sebab kita yang pertama kalinya yang melaksanakan KKN disini setelah mahasiswa STIKES sejak tahun 1998 lalu," ujarnya (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 Juli 2014 - 19:42:33

Tiap Lokasi, Wali Nagari Sambut Mahasiswa KKN- PPM UBH
Tiap Lokasi, Wali Nagari Sambut Mahasiswa KKN- PPM UBH
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) periode ke-4 Tahun 2014 mendapat sambutan hangat dari pemerintahan kanagarian di tiap lokasi, seperti Nagari Kinari, Kecamatan Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok.

Salah satu peserta KKN-PPM Nagari Kinari, Suci Pujiani mengatakan sebanyak 29 mahasiswa KKN di lokasi ini disambut langsung oleh Bustani K, Wali Nagari Kinari.

“Sebelum menempati rumah tempat tinggal, pemerintah kanagarian melakukan serah terima serta temu ramah dengan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL),” ungkap mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

Bustani K, Wali Nagari Kinari mengatakan kondisi sosial, ekonomi dan lainnya di daerah kami ini memang beragam. “Kami hanya berharap kepada adik-adik mahasiswa, pakailah pepatah dima bumi dipijak di situ langik dijunjuang dan agar mahasiswa UBH yang KKN di daerah ini dapat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat,” ujarnya.

ia juga menekankan bahwa Kinari adalah salah satu daerah di Kabupaten Solok yang memiliki banyak prestasi. Terbukti dengan telah beberapa kali daerah Kinari menjadi juara bertahan lomba MTQ di Kabupaten Solok, lomba Nagari berprestasi, rumah makan terbaik tingkat provinsi dan lainnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM Nagari Kinari, Dr. Marsis, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan masyarakat Kinari yang telah menerima kehadiran mahasiswa UBH.

"Saya berharap bapak dan masyarakat dapat memberikan wadah kepada mahasiswa kami dalam bermasyarakat dan secara bersama-sama menjalankan program-program yang telah kami siapkan untuk nagari ini,"paparnya.

Serupa juga, Febri Mai Yulis Sandra salah satu mahasiswa KKN PPM Univesitas Bung Hatta di Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam mengatakan kita sekelompok semua yang berjumlah 30 mahasiswa didampingi langusung oleh DPL, Dr. Suparno, M.Si saat menuju lokasi KKN dan disambut langsung oleh Wali Nagari Tiku Selatan.

“Wali nagari berpesan agar para mahasiswa dapat beradaptasi dan mampu bersosialisasi serta bergaul dengan masyarakat dan juga dapat menjaga nama baik nagari Tiku Selatan,” ungkap mahasiswa jurusan Teknik Kimia ini.

Selain itu juga, Jumat (11/06/2014), mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar melakukan temu ramah dan serah terima dengan Deswandi, Sekretaris Wali Nagari dan Darnis staf Wali Nagari beserta Kepala jorong-jorong di nagari setempat.

Ir. Indra Khaidir, M.Sc, Ketua Pengelola KKN-PPM UBH 2014 mengatakan selama kegiatan KKN-PPM berlangsung, mahasiswa akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen Koordinator Kabupaten, serta semua peserta akan dilindungi asuransi kecelakaan dan jaminan kesehatan.

"Bahkan, saat KKN ada dosen yang mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat dari Dikti yang akan melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa KKN,” sebutnya.(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 Juli 2014 - 18:50:07

bunghatta.ac.id - Setiap kenaikan semester dan tahun ajaran baru, Unversitas Bung Hatta memberikan beasiswa kepada 17 putra-putri dosen dan karyawan yang mendapakan juara pertama pada kenaikan kelas dan Kelulusan Tahun Ajaran 2013/2014.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (11/07/2014)

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan kegiatan ini menjadi tradisi kampus tiap semesternya untuk memberikan motivasi atas prestasi yang membanggakan dari putra-putri dosen dan karyawan.

“Selamat kepada anak-anak dan orang tuanya, mudah-mudahan dapat memacu dan memotivasi untuk lebih belajar giat dikemudian hari,” ungkapnya.

Beasiswa yang diberikan ini berupa uang tunai yang diperuntukan untuk Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Zarfinal, SH, MH, salah satu orang tua penerima beasiswa memberikan apresiasi yang besar kepada Universitas Bung Hatta atas penghargaan yang telah diberikan secara rutin untuk para pelajar yang berprestasi ini.

“Diharapkan kedepan tidak hanya prestasi yang umum saja tapi prestasi yang lain seperti dibidang keagamaan agar dapat memberikan dorongan dan pelecut untuk terus berprestasi. Untuk anak-anak jangan dilihat jumlahanya tapi perhatian universitas kepada kita,” sebutnya.
Pada kesempatan ini juga hadir Ketua dan Pengurus Badang Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Wakil Rektor, Dekan dan Kepala Biro se-lingkungan Unversitas Bung Hatta. (**Ubay-humas UBH)

Berikut nama-nama penerima beasiswa tingkat SD
1. Tegarayanam Nur Lazuari , anak dari nama orang tua Tienn Immerry, SS, M.Hum Dosen FIB.
2. Atifah Al Afuwwu, anak dari nama orang tua Rinaldi Karyawan Petugas Keamanan.
3. Nabila Amaliny, anak dari nama orang tua Amran Karyawan Petugas Keamanan.
4. Aisyah Rahmah ananda Putri, anak dari nama orang tua Ice Kamela M, SE, MM Dosen FE.
5. ChendikiaIsra, anak dari nama orang tua Ultra Daresfa, SE, Karyawan BAU.
6. Luthfi Hanif, anak dari nama orang tua Dra. Pebriyenni, M.Si, Dosen FKIP.
7. Andila Zarfinal, anak dari nama orang tua Zarfinal, SH, MH, Dosen FH.
8. Fadhlullah Ramadhan, anak dari nama orang tua yulian Chindramata, Karyawan BAU.
9. Siti Masyitah Rahmah, anak dari nama orang tua Irda, SE, MA, Dosen FE.
10. Farel Rey Mahavero, anak dari nama orang tua Rio Kusuma Wijaya, Karyawan Labor Dasar.

Berikut nama-nama penerima beasiswa tingkat SMP
1. Aisyah Anggraeni, anak dari nama orang tua Hendrizal, SIP, M.Pd, Dosen FKIP.
2. Remita Hidayati, anak dari nama orang tua Rembai, SH, Karyawan Perpustakaan.
3. Dzaky Fachrezy, anak dari nama orang tua Lestari Setiawati, ST, MT, Dosen FTI.
4. Ratu Fawwaz Efendi, anak dari nama orang tua Resti Yulistia Muslim, SE, M.Si, Dosen FE.

Berikut nama-nama penerima beasiswa tingkat SMA
1. Faulia Ismi, anak dari nama orang tua Iswan Fedri, Karyawan Petugas Keamanan.
2. Kansai Purnama Nasihin, anak dari nama orang tua Drs Anwar Nasihin, M.Hum, Dosen FIB.
3. Wira Cika Mahesa, anak dari nama orang tua Herlina, Karyawan FPIK.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 10 Juli 2014 - 12:13:46

1520 Mahasiswa Siap Laksanakan KKN-PPM UBH 2014
1520 Mahasiswa Siap Laksanakan KKN-PPM UBH 2014
bunghatta.ac.id - Sebanyak 1.520 mahasiswa Universitas Bung Hatta dari berbagai jurusan siap untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun 2014 yang dimulai dari tanggal 10 Juli sampai dengan 16 Agustus 2014.

Tahun 2014 ini, lokasi pelaksnaaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta akan disebar ke 51 Kenagarian di enam Kabupaten dan Kota se-Sumatra Barat, yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa, Kabupaten Agam sebanyak 294 mahasiswa, Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa, Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa, Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 mahasiswa dan Bungus Teluk Kabung Kota Padang sebanyak 30 mahasiswa.

Ir. Indra Khaidir, MSC, Pengelola KKN PPM UBH 2014 mengatakan nantinya mahasiswa akan menjalankan tiga program selama pelaksanan KKN-PPM yaitu program pokok, program pokok tambahan dan program bantu. Untuk program pokok merupakan program yang sesuai dengan bidang ilmu dimana program ini harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa KKN-PPM atau program individu. Mahasiswa yang bersangkutan bertanggungjawab penuh atas program tersebut baik secara ilmiah maupun operasional.

"Kemudian program pokok tambahan merupakan program di luar bidang ilmu para mahasiswa. Program yang menjadi tanggung jawab seorang mahasiswa KKN-PPM, di luar bidang ilmunya dan Program Bantu yang nondisipliner merupakan program kerja yang harus dikerjakan oleh setiap mahasiswa KKN-PPM yang bersifat hanya membantu peserta KKN-PPM lain secara operasional," ujanrnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 10 Juli 2014 - 12:00:38

Ratusan Bus Antar 1520 Mahasiswa KKN-PPM UBH 2014
Ratusan Bus Antar 1520 Mahasiswa KKN-PPM UBH 2014
bunghatta.ac.id - Lebih dari seratus mini bus mengantar sebanyak 1.520 mahasiswa Universitas Bung Hatta dari berbagai jurusan akan diterjunkan ke 51 Kenagarian di enam Kabupaten dan Kota se-Sumatra Barat yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa, Kabupaten Agam sebanyak 294, Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa, Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa, Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 dan Bungus Teluk Kabung Kota Padang sebanyak 30 mahasiswa.

KKN-PPM Tahun 2014 ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-4 di Universitas Bung Hatta dengan mengangkat tema melalui KKN-PPM 2014 kita berdayakan masyarakat dalam revitalisasi koperasi dan penanggulangan bencana dan pelaksanaannya dimulai dari tanggal 10 Juli sampai dengan 16 Agustus 2013. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 10 Juli 2014 - 11:34:41

UBH Terjunkan 1520 Mahasiswa Untuk KKN-PPM
UBH Terjunkan 1520 Mahasiswa Untuk KKN-PPM
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA melepas secara simbolis mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun 2014 di Lapangan Parkir Gedung D Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (10/07/2014).

Lebih dari seratus mini bus mengantar sebanyak 1.520 mahasiswa Universitas Bung Hatta dari berbagai jurusan akan diterjunkan ke 51 Kenagarian di enam Kabupaten dan Kota se-Sumatra Barat, yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa, Kabupaten Agam sebanyak 294 mahasiswa, Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa, Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa, Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 mahasiswa dan Bungus Teluk Kabung Kota Padang sebanyak 30 mahasiswa yang dimulai dari tanggal 10 Juli sampai dengan 16 Agustus 2013.

Niki Lukviarman mengatakan program KKN-PPM ini merupakan bentuk nyata kontribusi Universitas Bung Hatta bagi masyarakat dalam praktik tridharma perguruan tinggi dan menjadi jawaban atas kebutuhan pemberdayaan masyarakat serta mampu menangani masalah kehidupan sosial, pendidikan, ekonomi, pemanfaatan teknologi yang dibutuhkan masyarakat dan memetakan potensi masyarakat dan sumberdaya alam.

“Diharapkan mahasiswa dapat pengembangan dan melatih soft skillnya dapat belajar bersama dan bersinergi secara harmonis dengan seluruh elemen masyarakat sehingga akan menemukan banyak hal dan ide-ide baru sera mampu menularkan pemikiran-pemikiran Bung Hatta,” ujarnya.

Sementara itu, Ir. Indra Khaidir, MT, Ketua Pengelola KKN-PPM UBH 2014 disela-sela keberangkatan menyampaikan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-4 di Universitas Bung Hatta dengan mengangkat tema melalui KKN-PPM 2014 kita berdayakan masyarakat dalam revitalisasi koperasi dan penanggulangan bencana.

“Selama kegiatan KKN-PPM berlangsung, mahasiswa akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen Koordinator Kabupaten, serta semua peserta akan dilindungi asuransi kecelakaan dan jaminan kesehatan. Bahkan, saat KKN ada dosen yang mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat dari Dikti yang akan melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa KKN,” sebutnya.

“Keberangkatan KKN PPM UBH tahun 2014 ini sengaja menggunakan mini bus karena para mahassiwa ini akan diantar langsung menuju tiap lokasinya mengingat akses jalan di deerah kecil sehingga bus besar sulit masuk,” tambahnya.

Salah satu mahasiswa KKN, Putra Anugrah mengatakan semoga dengan mengikuti KKN ini kita dapat mengaplikasikan dan dapat berbagi ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan kepada masyarakat sehingga proses pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat dapat dilaksanakan.

“KKN ini salah satu bentuk pelaksanaan tridharma perguruan tinggi,” ujanya mahasiwa jursna Teknik Kimia ini.

Usai pelepasan mahasiswa KKN-PPM ini, pimpinan kampus yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro dan Pengelola KKN mengiringi mahasiswa hingga ke lokasi KKN ditiap kabupaten dan kota. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 09 Juli 2014 - 15:45:40

1520 Mahasiswa KKN-PPM UBH Di Turunkan ke 5 Kabupaten/Kota
1520 Mahasiswa KKN-PPM UBH Di Turunkan ke 5 Kabupaten/Kota
bunghatta.ac.id - Sebanyak 1520 mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Bung Hatta Padang, hari ini (Kamis,10/7) dilepas dan diterjunkan dalam kegiatan KKN-PPM (Kulih Kerja Nyata Pembelajaran Pada Masyarakat) periode 2014.

Indra Khaidir Ketua Pengelola KKN-PPM menyebutkan, pelepasan ke 1520 mahasiswa tersebut sengaja diundur menjadi hari Kamis, 10 Juli dari yang seharusnya tanggal 7 Juli kemarin. Penundaan keberangkatan mahasiswa tersebut berkaitan dengan pelaksanaan pilpres.

Ditambahkan Indra, para mahasiswa tersebut nantinya akan disebar ke 51 kenagarian di enam Kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Tanah Datar sebanyak 327 mahasiswa pada 11 nagari seperti nagari Pangian, Taluak, Lubuk Jantan, Supayang, Tabek Patah, Talang Tangah, Tanjung Alam, Pagaruyung, Singgalang dan Atar. Untuk Kabupaten Agam sebanyak 294 mahasiswa pada 10 nagari seperti di nagari Tiku Limo Jorong, Tiku Selatan, Tiku utara,Panta Pauh, Matua Hilir, Parik Panjang, Matua Panjang, Geragah, Kampung Tangah, Lubuk Basung.

“Kemudian untuk Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 358 pada 12 nagari seperti di nagari Lubuk Alung, Sikabung Lubuk Alung, Pakandangan, Toboh Ketek, Koto Tinggi, Gadur, Kayu Tanam, anduring, Kapalo Ilalang, Kuranji Hulu Sei Sirih, Batu Gadang,” ucapnya.

Sementara untuk Kabupaten Solok sebanyak 267 mahasiswa pada 9 nagariseperti di nagari Batu Bajanjang, Selayo Tanang Bukik Sileh, Batu Banyak, Limau Lunggo, Koto Lawh, Koto Anau, Kinari, dan Bukik Tandang. Untuk Kota Padang Panjang sebanyak 240 mahasiswa pada 8 kelurahan seperti di kelurahan Gantiang, Koto Panjang, Ktoa Katik, Sigando, Bukik Surung, Kampung Manggis, Silaing bawah dan Balai-Balai. Untuk Kota Padang sebanyak 30 mahasiswa pada kelurahan Bungus Teluk kabung

Ditempat terpisah Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA saat menyampaikan pada pelaksanaan KKN-PPM tahun 2014 ini harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan para mahasiswa harus mempertajam keahlian dan berpikir kreatif serta inovatif.

"Para mahasiswa ini sebagai generasi tumpuan Universitas Bung Hatta saat berada di lapangan saat pelaksanaan KKN, untuk itu para mahasiswa harus melaksankannya dengan sebaik-baiknya, dapat menjaga nama institusi, Kemudian yang terpernting mahasiswa dapat menjaga kesehatannya dan keselamatannya, selain itu kampus juga memberikan asuransi selama pelaksanaan KKN hingga akan disediakan Puskesmas rujukan bila ada mahasiswa yang sakit," imbuhnya.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 08 Juli 2014 - 11:47:25

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun 2014
Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun 2014
bunghatta.ac.id - Memasuki Tahun Ajaran 2014, Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru tanpa melalui seleksi ujian masuk atau tanpa tes dan menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non-akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA

Pendaftaran dapat dilakukan via online di alamat www.spmb.bunghatta.ac.id atau langsung mendaftar ke Pusat Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru di Kampus Proklamator I Ulak Karang sampai dengan tanggal 30 Juli 2014. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.161.181.49