Bio Science Competition Tingkat SMA/MA Se-Sumatra Barat 2016

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta akan melaksanakan Bio Science Competition Tingkat SMA/MA sederajat se – Sumatra Barat dengan bertajuk “Show Your Ability In Biology And Get Your Proud On Biocompact yang akan....

Kopertis Wilayah X Sosialisasikan Pengisian BKD/LKD di Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Sosialisasi Pengisian Beban Kinerja Dosen dan Laporan Kinerja Dosen (BKD/ LKD) yang langsung disampaikan oleh Koordintor Kopertis Wilayah X Prof. Drs. Ganefri, M.T., Ph.D bersama tim yang betempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universit....

Mahasiswa Universitas Muhammadyah Riau Kunjungi Teknik Industri Universitas Bung Hatta

Mahasiswa Universitas Muhammadyah Riau melakukan kunjungan ke Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang berlangsung di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 04 Februari 2016 lalu. Dalam kunjungan tersebut sebanyak 70 mahasiswa da....

Pentas Harmoni Dua Budaya Pukau Masyarakat Kota Padang

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Pentas Harmoni Dua Budaya yang berlangsung di Pelataran Gor H. Agus Salim, Kota Padang, Minggu (07/02/2016). Pementasan ini mendatangkan seniman tradisional asal Jepang Tomoo Nakashima....

Dr. Hendra Suherman, ST, MT Jadi Pembicara International Conference on Nano and Materials Engineering

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Hendra Suherman, ST, MT menjadi salah satu pembicara dalam 4th International Conference on Nano and Materials Engineering (ICNME 2016) yang berlangsung di Bali pada 07-08 April 2016 mendatang. Ia menyampaikan dalam kegiatan ini akan menyajikan hasil pene....

UKM KSR-PMI Proklamator Berhasil Kumpulkan 233 Kantong Darah

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta menyelenggarakan aksi donor darah yang bertajuk berika darahmu bersihkan ragamu sucikan jiwamu dengan donor darah. Kegiatan ini bertempat di tiga kampus Universitas Bung Hatta dari 01 hingga 03 Februari 2016. Komandan KSR P....

Selasa 15 September 2015 - 10:46:34

Rektor Universitas Bung Hatta Berikan Piagam Pemenang Lomba PKKMB 2015
Rektor Universitas Bung Hatta Berikan Piagam Pemenang Lomba PKKMB 2015
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA memberikan piagam dan bingkisan kepada pemenang kegiatan Bung Hatta Muda Photo Challenge yang bertemakan PKKMB #MABAUBH Seru yang berlangsung di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (15/09/2015).

Pemenang lima foto terbaik yaitu M. Siddiq Lubis dari jurusan Teknik Kimia angkatan 2014, Rahmad Aditya Utama dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2013, Nengsih Yulia Susanti dari jurusan Budidaya Perairan angkatan 2013, Miftahul Rahmi dari jurusan Akuntansi angkatan 2014 dan Andri Saputra dari jurusan Akuntansi angkatan 2012. Sedangkan foto terfavorit yaitu Dea Rivani dari jurusan Manajemen angkatan 2015.

Sebelumnya lebih dari 250 foto yang di unggah ke Instagram dengan hastag #MABAUBH2015 dipilh 18 foto kemudian dipilih 5 foto terbaik dan satu foto terfavorit oleh dewan juri independen dari Pimpinan Universitas Bung Hatta.

Koordinator Kegiatan, Bayu Haryanto, ST menyampaikan kegiatan lomba foto ini dalam rangka memeriahkan pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2015 untuk menunjukan bila kegiatan PKKMB atau ospek bagi mahasiswa baru itu jauh dari perpeloncoan. Selain itu untuk memperlihatkan juga bila kegiatan PKKMB itu sangat seru sekali penuh keakraban dan kebersamaan.

“Lomba foto ini bertemakan kegiatan PKKMB diikuti seluruh masyarakat Universitas Bung Hatta yang diunggah ke Instagram dari 20-27 Agustus 2015. Kegiatan ini hasil kerjasma Humas Universitas Bung Hatta dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Wawasan Proklamator,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Humas Universitas Bung Hatta Indrawadi, S.Pi mengatakan tidak dipungkiri saat ini banyak diantara kita memiliki akun sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lainya, melihat hal tersebut tidak ada salahnya untuk menyelenggarakan perlombaan foto sebagai sarana untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa Universitas Bung Hatta yang gemar berfoto.

“Kegiatan ini bukan untuk yang pertama kalinya saja namun sebagai permulaan, kedepannya akan ada kegiatan serupa dengan tema-tema yang berbeda yang dapat diikuti oleh semua mahasiswa Universitas Bung Hatta. Tentunya bagi yang ingin eksis dan menyalurkan hobi berfotonya dapat mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.

“Selain mengabarkan melalui website Universitas Bung Hatta yang beralamat bunghatta.ac.id, kampus juga memiliki akun official sosial media yaitu untuk akun Facebook bernama Berita Terbaru Univbersitas Bung Hatta, Twitter @beritabunghatta dan Instagram @beritabunghatta. Untuk mahasiswa dan alumni dapat bergabung diakun sosial media kampus tersebut,” tambahnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA sangat mendukung dan apresiasi dengan kegiatan yang bertujuan untuk menyalurkan dan mengembangkan berbagai macam kreativitas seperti melalui perlombaan foto ini. Secara tersirat juga dapat memberikan citra positif kepada kampus sebab mahasiswa Universitas Bung Hatta sangat kreatif dan memiliki daya saing yang diperhitungkan baik dibidang akademik maupun nonakademik.

“Dalam dunia fotografi saya menangkap ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu angle (sudut pandang) yang unik, tidak biasa dan waktunya sebab momen dalam mengambil foto tidak dapat diulang kembali,” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar para mahasiswa yang memperoleh juara dari lomba ini dapat menyebarkan virus positifnya kepada mahasiswa lainnya agar terus berkarya dengan mengembangkan kreativitasnya. “ Jadilah pemimpi dan tidak ada alasan untuk malu, jika ingin sukses dikemudian hari,” motivasinya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 September 2015 - 14:55:06

Kepala Kanwil DJP Sumbar-Jambi: Tahun 2015 adalah Tahun Pembinaan Wajib Pajak
Kepala Kanwil DJP Sumbar-Jambi: Tahun 2015 adalah Tahun Pembinaan Wajib Pajak
bunghatta.ac.id - Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil DJP Sumatra Barat dan Jambi Drs., Muhammad Ismiransyah M. Zain, Ak., MBA saat memberikan Kuliah Umum Perpajakan yang bertema Pajak Milik Bersama untuk mahasiswa jurusan Akuntansi di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (14/09/2015).

Ia mengatakan pajak merupakan salah satu dari sumber penerimaan negara (APBN) setelah menjual sumber daya alam, dan pinjaman luar negeri dan dalam negeri. Terdapat perbedaan antara pajak pusat, pajak daerah dan retribusi. Dalam UU Perpajakan disebutkan filosofi dasar pajak bersifat self assessment dimana seseorang mendaftarkan diri, Menghitung, memperhitungkan, Menyetorkan dan melaporkan pajaknya sendiri.

“Sistem perpajakan yang kita anut di Indonesia adalah Self Assestment system dimana masyarakat diberi kepercayaan untuk menghitung, memperhitungkan,menyetor dan melaporkan pajaknya sendiri.,” sebutnya.

Pajak sendiri memiliki dua fungsi yakni sebagai fungsi anggaran (fungsi budgetair). Fungsi pajak disektor publik, merupakan suatu alat atau sumber untuk memasukkan uang dari masyarakat berasarkan undang-undang ke Kas Negara, hasilnya untuk membiayai pengeluaran umum Negara.

“Kemudian fungsi mengatur (regulerend), Fungsi pajak yang dipergunakan untuk mengatur atau untuk mencapai tujuan tertentu dibidang ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan misalnya dengan mengadakan perubahan-perubahan tarif, memberikan pengecualian atau keringanan-keringan,” terangnya.

Pajak memiliki peranan Dalam Pembangunan bangsa seperti untuk infrastruktur, subsudi bahan bakar, kesehatan, transporasi, pendidikan, pertahanan dan keamanan, penegakan hukum, keamanan hingga dana alokasi umum.

“Kewajiban wajib pajak adalah mendaftarkan dirinya apabila telah memenuhi syarat subjektif dan objektif harus mendaftarkan diri untuk membuat NPWP dengan cara datang langsung ke KPP atau mendaftarkan diri lewat internet melalui registration,” ujarnya.

Penyetoran dilakukan dengan menggunakan formulir SSP dan membayarkanya ke Bank atau kantor pos, jadi bukan ke kantor pajak apalagi ke petugas pajak. Surat Pemberitahuan (SPT) merupakan melaporkan dan mempertanggung-jawabkan penghitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang. Jenisnya berupa SPT Masa (laporan bulanan) dan SPT Tahunan (laporan tahunan). Bila tidak menyampaikan SPT akan mendapatkan sanksi admisitrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Setelah melakukan penyetoran maka wp berkewajiban untuk melaporkan pajaknya baik masa dan tahunan tepat waktu ke KPP Pratama tempat terdaftar bisa melalui pos atau jasa pengiriman tercatan dan juga bisa melalui e-filling,” imbuhnya.

Disebukannya tahun 2015 adalah tahun pembinaan wajib pajak . Pemerintah mengeluarkan peraturaan dengan nomor PMK- 91/PMK.03/2015 tentang pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi atas keterlambatan penyampaian surat pemberitahuan, pembetulan surat pemberitahuan, dan keterlambatan pembayaran atau penyetoran pajak.

“Jadi bagi yang belum melaporkan atau memperbaiki SPT tahun sebelumnya dapat segera melapor ke kantor pajak maka sanksinya akan dihapuskan hanya untuk tahun 2015. Tahun depan merupakan tahun untuk pelaksanaan sanksi,” terangnya.

“Dengan kuliah umum ini semaoga para mahasiswa dapat mengingatkan keluarganya yang belum membayar pajak dan menjadi generasi muda yang mengerti dan peduli pajak serta akan taat pajak
untuk indonesia yang bermartabat,” harapnya. (**Ubay-Humas UBH)

Materi Kuliah Umum
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 September 2015 - 14:03:16

Kanwil Sumbar –Jambi Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Universitas Bung Hatta
Kanwil Sumbar –Jambi Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya membayar pajak, Tax Center Universitas Bung Hatta bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatra Barat dan Jambi mengadakan Kuliah Umum Perpajakan yang bertema Pajak Milik Bersama untuk mahasiswa jurusan Akuntansi yang bertempat di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (14/09/2015).

Ketua Tax Center Universitas Bung Hatta, Herawati, SE, M.Si. Akt menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari program yang diselenggarakan dalam rangka menyebarluaskan ketentuan-ketentuan terbaru mengenai perpajakan serta membahas isu-isu perpajakan lainnya yang menyangkut kepentingan masyarakat luas.

“Tax Center Universitas Bung Hatta ini selalu mendapat dukungan penuh dari Kanwil DJP Sumatra Barat dan Jambi. Jurusan Akuntasi juga memiliki konsentasi perpajakan dan kedepan akan dibuka kelas privat perpajakan,” sebutnya.

“Tentunya dengan kegiatan ini dapat melahirkan generasi taat membayar pajak, sadar membayar pajak dan malu jika tidak membayar pajak,” tambah Herawati yang merupakan Ketua Jurusan Akuntansi ini.

Sementara itu Kepala Kanwil DJP Sumatra Barat dan Jambi Drs., Muhammad Ismiransyah M. Zain, Ak., MBA menyampaikan apresisasi kepada Tax Center Universitas Bung Hatta yang aktif melaksanakan beberbagai kegiatan dan sosialisasi. “Kegiatan ini sangat penting sebagai upaya untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kesadaran untuk membayar pajak,” ujarnya.

Dalam sambutan pembuakaannya, Rektor Universitas Bung Hatta Pror. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Tax Center Universitas Bung Hatta dan Kanwil DJP Sumatra Barat dan Jambi. “Semoga kerjasama ini terus tingkatkan sehingga kesadaran dalam membayar wajib pajak terus meningkat,” imbuhnya.

Kuliah umum ini diikuti lebih dari 400 mahasiswa jurusan Akuntansi semester 3, semester 5 dan semseter 7 dengan pemeateri langsung oleh Kepala Kepala Kanwil DJP Sumatra Barat dan Jambi Drs., Muhammad Ismiransyah M. Zain, Ak., MBA. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 September 2015 - 10:08:45

Diving Proklamator, Gelar Sarasehan Surga Bawah Laut Bersama Jilmi Astina Anif
Diving Proklamator, Gelar Sarasehan Surga Bawah Laut Bersama Jilmi Astina Anif
bunghatta.ac.id - Sebagian orang mungkin mengenal Jilmi Astina Anif dan Arief Yuhdo Wibowo. Keduanya adalah pasangan suami istri yang mengeplorasi keindahan kekayaan alam di bawah laut lewat foto. Explorasi itu mereka lakukan sebagai rasa kecintaan akan keindahan alam bawah air, disamping mereka adalah penyelam. Waktu sengang peluncur buku "The Underwater Realm of Manado Bay From Diver’s Eyes: Jilmi Astina Anif yang pulang kampung ke Padang. Kesempatan emas tidak disiakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Diving Proklamator UBH.

Mahasiswa hobi menyelam ini mengajak Jilmi untuk bisa berbagi pengalaman, ajakan yang mereka lakukan dengan menggelar workshop "Underwater Photography" Kegiatan itu dipusatkan di Gedung B (Balairung Caraka) Kampus I UBH, Ulakkarang, Kecamatan Padang Utara. Sabtu (10/9) sekitar pukul 10.00 pagi. Menurut Muhamad Ridho Ketua Pelaksana, agenda pada lusa nanti (besok-red) adalah memperkenalkan keindahan dunia bawah air ke para peserta, baik umum dan masyarakat.

Selain itu share (berbagi-red) ilmu bagaimana mengabadikan momen saat berada di bawah air, terutama itu laut. Oleh karena itu, UKM Diving mengajak masyarakat, mahasiswa dan pewarta foto dan video, untuk bersama-sama dalam acara sarasehan ini. Ridho ini pun mengaku, kalau sarasehan terkait underwater photograhpy belum pernah ada sama sekali. "Oleh karena itu kami mencoba memberikan hal baru, terutama bagi pencinta selam, fotografi dan videografi bawah air. Nga mudah lho jepret bawah air itu," pungkasnya. kemarin.

Mabruri Tanjung yang juga senior Diving Proklamator mengamini hal tersebut. Ia juga menyebutkan, kalau Jilmi Astina Anif merupakan orang awak (Warga Sumbar-red) tapi tinggal di Manado, yang sarat akan pengalaman dunia selam dan foto bawah air. Ia berharap lewat kegiatan ini, explorasi tentang kekayaan alam dan keindahan yang ada dalam perut di sepanjang pantai barat Sumbar memberikan arti.

"Selama ini kan tidak ada yang mengetahui seperti apa sih keindahannya. Mungkin lewat kegiatan ini, semua akan tahu terutama bagaimana mengabadikan momen saat berada dalam air, apalagi pehobi foto dan video sangat beruntunglah. Jarang yang kek beginian," ujar Mabruri dengan gaya nyelenehnya.

Sarasehan underwater photography ini memang dipungut biaya, biaya tersebut untuk para peserta sarasehan. Insertnya hanya Rp25ribu/orang (Sertifikat, snack dan makan siang-red). Untuk konfirmasi lebih lanjut atau reservasi dapat mengontak panitia di nomor handphone Rini 085356000922 atua Riska di nomor 081268211092, atau bisa lansung ke kantor sekretariat UKM Diving Proklamator Pusgawa, Komplek Kampus I UBH, Ulakkarang Padang. (sumber: hrf-Harian Rakyat Sumbar)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 September 2015 - 09:47:51

UKM Wawasan Proklamator Lakukan Safari Jurnalistik ke Padang Ekspres Grup
UKM Wawasan Proklamator Lakukan Safari Jurnalistik ke Padang Ekspres Grup
bunghatta.ac.id - Memasuki masa penutupan pelatihan dan magang, Calon Wartawan (Cawan) Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta melakukan kunjungan media ke Padang Ekspres Grup yang bertempat di Gedung Graha Pena, Lubuk Buaya, Kota Padang. Kamis (11/09/2015).

Kunjungan ini diikuti oleh 24 cawan dan anggota UKM Wawasan Proklamator serta Humas Universitas Bung Hatta yang disambut secara langsung oleh Redaktur Koran Harian Padang Ekspres Hijarah Adi Sukrial di Ruangan Adinegoro.

Pramudita Putri Koordinator Perekrutan Anggota Baru UKM Wawasan Proklamator menyampaikan kunjungan media ini sebagai tahap terakhir dari proses rekruitmen keanggotaan baru untuk angkatan 2014 sebelum resmi dilantik. Sebelumnya, para Cawan UKM Wawasan Proklamator ini telah melewati serangkaian tahap pelatihan tingkat dasar junalistik selama satu bulan, pemantapan materi melalui magang selama 6 bulan, kunjungan media hingga akhirnya resmi menjadi anggota.

“Kunjungan ini juga untuk memberikan motivasi dan berbagi pengalaman dengan jurnalis profesional sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan menambah pengayaan cawan dan anggota UKM Wawasan Proklamator sehingga dapat terus menghasilkan karya jurnalistik terbaiknya," imbuh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

Doni Saputra Pimpinan Umum UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta kunjungan ini bertujuan untuk melihat lebih dekat proses produksi keredaksian di sebuah media dan pada kesempatan ini kita mengadakan kunjungan ke Padang Ekspres Grup.

“Melalui kunjungan ini kita dapat menambah wawasan dan pengetahun baru di dunia jurnalistik sekalingus kita bisa melihat secara langsung dapur redaksi sebuah media itu,” sebut mahasiswa jurusan Teknik Kimia ini.

Hijarah Adi Sukrial menyampaikan apresisasinya kepada UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta yang telah kembali datang untuk belajar jurnalistik dan berbagi pengalaman di Padang Ekspres Grup. Sangat beruntung sekali bila kawan-kawan aktif di dunia jurnalistik ketika masih menjadi mahasiswa, karena itu adalah bekal yang menjadi softskill untuk memasuki dunia kerja.

“Menjasi seorang jurnalis itu harus memiliki kompetensi menulis, wawancara, paham kode etik dan memiliki jaringan yang luas. Begitu juga terkait dengan penulisan berita, seorang jurnalis harus bisa menggali isu-isu yang bisa dimulai dengan melakukan observasi kemudian dikembangkan hingga menjadi satu berita utuh," imbuhnya.

ia juga memotivasi kepada kru UKM Wawasan Proklamator untuk rajin membaca, tidak hanya membaca buku/novel, media massa/online tapi juga dapat membaca situasi disekitar kita. Tidak hanya itu untuk menambah jaringan, perbanyaklah berdiskusi.

Usai diskusi, awak UKM Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta melakukan safari jurnalistik dimulai ke studio Padang TV, saat bersama juga sedang proses live acara berita. Kemudian dilanjutkan ke news room Koran Padang Ekspres untuk melihat bagaimana bagian redaksi bekerja hingga larut malam dan dikejar oleh deadline.

Setelah itu, para kru UKM Wawasan Proklamator diajak melihat langsung gedung percetakan yang letaknya peseris di belakang Gedung Graha Pena. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama diluar gedung Graha Pena Padang. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 11 September 2015 - 09:47:27

 Pascasarjana Universitas Bung Hatta Selenggrakan Workshop KBK-KKNI
Pascasarjana Universitas Bung Hatta Selenggrakan Workshop KBK-KKNI
bunghatta.ac.id - Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Workshop Kurikulum Berbasi Kompetensi Karangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KBK- KKNI) yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 10-11 Sepetember 2015.

Kegiatan ini diikuti oleh 62 dosen di lingkungan Pascasarjana Universitas Bung Hatta untuk program studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan Pesisir Dan Kelautan (PSP2K), Manajemen dan Pendidikan Bahasa Indonesia. workshop ini menghadirkan narasumber KBK-KKNI Dikti yaitu Silvy Dewayani, Ph.D. (**Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 10 September 2015 - 10:01:07

Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta dan Fakultas Manajemen Universiti Teknologi Malaysia Akan Jalin Kerjasama
Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta dan Fakultas Manajemen Universiti Teknologi Malaysia Akan Jalin Kerjasama
bunghatta.ac.id - Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta melakukan penjajakan kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Kota Batam dan Fakultas Manajemen Universiti Teknologi Malaysia pada 28 Agustus- 2 September 2015.

Tim yang berangkat yaitu Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Yuhelmi, SE, MM dan Kasubbid Akreditasi, Popi Fauziati, SE, M.Si, Ak, CA.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Yuhelmi, SE, MM menyampaikan kegiatan ini dalam rangka pengembangan fakultas gar dapat dikenal dan unggul menuju fakulas dan universitas berkelas dunia maka perlu dijalin kerjasama dengan berbagai intansi baik dalam maupaun luar negeri.

“Pada kesempatan ini Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta melakukan penjajakan kerjasama di Kota Batam dan Malaysia. Untuk Pertemuan di Kota Batam ini dihadiri oleh Kepala Dinas , Pebrialin, SE, M.Si dan Alumni DPD Kepri serta DPC Kota Batam,” ujarnya.

Hasil pertemuan tersebut menyepakati beberapa kegiatan kerjasama yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah magang mahasiswa di industri dan kunjungan mahasiswa ke UMKM di sekitar Kota Batam.

“Selanjutnya Fakultas Ekonomi juga akan mengadakan kerjasama dengan Kadin Kota Batam dalam bentuk permagangan dan pengembangan kurikulum,” sebutnya.

Sementara itu untuk penjajakan kerjasama di Malaysia dengan melakukan kunjungan ke Fakultas Manajemen Universiti Teknologi Malaysia dengan mendiskusikan program kerjasama yang akan dilakukan oleh kedua insitusi ini, sebab untuk MoU antar perguruan tinggi sudah dilaksanakan dan untuk pelaksanaan aktivitasnya dituangkan ke dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang rencanakan nantinya.

Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Manajemen Prof. Dr. Zainab BT Khalifah , Wakil Dekan Bidang Akademik Khalil MD.Nor, Ph.D, Ketua Jurusan Akuntansi dan Ketua Jurusan Manajemen. Hasil pertemuan ini menyepakati untuk melakukan pengisian kerjasama dalam bentuk penelitian dan publikasi bersama, pembuatan buku teks, inbound mobility, out bound mobility dan dosen tamu.

“Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan program inbound mobility dimana mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta akan mengikuti beberapa rangkaian aktivitas di Johor Bahru, Malaysia,”ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 09 September 2015 - 15:05:38

Indonesian International Education Foundation Jajaki Kerjasama dengan Universitas Bung Hatta
Indonesian International Education Foundation Jajaki Kerjasama dengan Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mendapat kunjungan Indonesian International Education Foundation (IIEF) untuk membahas program kerjasama dan beasiswa di bidang pendidikan yang bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (09/07/2015).

Pertemuan ini diikuti oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Wakil Rektor I, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Universitas Bung Hatta, Kepala BAAK, BAU, dan BP3M. Sementara itu rombongan dari IIEF yaitu Sri Wanda A, Erin Brown dan Shannon Bruder.


Sri Wanda A menyampaikan IIEF merupakan sebuah institusi nirlaba yang mengelola berbagai beasiswa. IIEF adalah mitra dari Institute of International Education (IIE) yang berpusat di Amerika Serikat.

“Saat ini kami mengelola beasiswa dari berbagai beasiswa internasional seperti USAID/ PRESTASI Graduation Scholarship, IELSP ( Indonesian English Language Study Program), beasiswa Ford Foundation (Internationsl Felloeship Progrma-IFP),” sebutnya.

Ia juga meyampaikan saat ini IIEF dan bersama mitranya IIE sedang menjajaki untuk program baru dari USAID yang berfokus untuk membantu perguruan tinggi di Indoinesia untuk meningkatkan kapsitas di bidang penelitian.

“Ke datang kami ke Universitas Bung Hatta untuk promosi dan penjajakan kerjasama di bidang penelitian dari USAID dan program beasiswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Amerika Serikat. Penjajakan di Kota Padang ini untuk Universitas Andalas dan Universitas Bung Hatta,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universias Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyambut baik dengan program kerjasama penelitian dan program beasiswa melanjutkan studi ke Amerika Serikat.

“Saat ini penelitian di Universitas Bung Hatta fokus pada penguatan pada ketahanan pangan dan energi. Untuk kegiatan penelitian para dosen memperoleh biaya penelitian dari universitas, pemerintah hingga kerjasama luar negeri,” jelasnya.

“Universitas Bung Hatta berharap dapat memperoleh kesempatan untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi di Amerika Serikat melalui IIEF ini,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 08 September 2015 - 11:39:37

Dosen Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Terus Teliti Potensi Umbi Dahlia
Dosen Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Terus Teliti Potensi Umbi Dahlia
bunghatta.ac.id - Selama ini umbi bunga dahlia tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, sebatas menjadi tamanan hias dan produk olah makanan. Padahal dalam umbi tersebut, memiliki kandungan inulin yang berguna bagi kesehatan dan bernilai ekonomis.

Melihat peluang tersebut, peneliti dari dosen jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yaitu Dra. Erti Praputri, M.Si., Ir. Elmi Sundari, MT, Dra. Munas Martynis, M.Si melakukan serangkaian kajian mengenai potensi umbi dahlia dimulai dari kandungan umbi hingga nantinya menjadi produk olahan bahan pangan.

Untuk mendukung hasil kajiannya, para peneliti tersebut melakukan tinjauan ke lokasi pembibitan bunga dahlia dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk melihat proses budidaya bunga dahlia hingga pemanfaatan umbi dan bunga dahlia menjadi produk pangan di daerah Matur, Padang Lua, dan Biaro Kabupaten Agam dan Kota Payakumbuh pada 5 September 2015 lalu

Salah satu tim peneliti, Dra. Erti Praputri, M.Si mengatakan dalam setahun belakangan ini kami telah melakukan penelitian dari umbi dahlia untuk proses pengambilan kandungan inulin dan telah mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

“Dalam proses pengambilan inulin, umbi bunga dahlia dihaluskan terlebih dahulu kemudian direndam dengan air sehingga didapatkan pati dan ampasnya. Pati itulah yang akan diekstraksi. Biasanya ampas umbi bunga dahlia hanya dibuang saja, dalam penelitian berikutnya kami akan mengolah ampasnya menjadi etanol dan pupuk," ungkapnya.

Ia menambahkan inulin yang dihasilkan dari umbi bunga dahlia yang berbunga merah dan putih lebih baik dari umbi bunga dahlia berbunga yang lain. Bunga dahlia memiliki beberapa warna seperti merah, putih, ungu dan kuning.

“Selama ini kebutuhan inulin untuk industri makanan dan minuman ringan di Indonesia memasok dari luar negeri, padahal inulin juga bisa diperoleh dari umbi bunga dahlia. Dari pantauan kami harga 1 kg inulin dipasaran sekitar Rp. 30 juta. Tentunya hal ini sangat menjanjikan dan bernilai ekonomis," tutupnya.

Sementara itu, Wina salah seorang pembudidaya bunga dahlia di Matur mengatakan biasanya kami hanya menjual bibit bunga dahlia dan tidak tahu manfaat dari umbi bunga dahlia. Namun semenjak tahu manfaatnya dan banyak orang yang berdatangan ke sini untuk membeli bibit bunga dahlia masyarakat sekitar menjadi mau untuk membibitkannya.

"Bunga dahlia yang cantik juga banyak dicari oleh masyarakat sebagai hiasan ruangan di hotel-hotel," ujarnya.

Kemudian Almano Fari Pengelola UKM Produk olahan umbi bunga dahlia di Kota Payakumbuh mengatakan umbi bunga dahlia telah diproses menjadi tepung yang digunakan sebagai bahan untuk pembuatan berbagai cemilan seperti Sagun dari Ombie Dahlia, Air Mata Ombie Dahlia, Es Krim Ombie Dahlia dan lain-lain.

"Kita senang sekali dengan adanya kunjungan dari dosen Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. Selama ini kita tahu inulin dari internet namun dengan adanya penjelasan dari ibu-ibu dosen ini, jadi bisa lebih mengerti lagi,” sebutnya. (**Humas UBH/Doni WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 07 September 2015 - 14:24:24

Jurusan Akuntansi Adakan Kuliah Umum Capital Market Based Accounting Research
Jurusan Akuntansi Adakan Kuliah Umum Capital Market Based Accounting Research
bunghatta.ac.id - Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum dengan topik Capital Market Based Accounting Research yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (07/09/2015).

Kuliah umum ini menghadirkan narasumber dari Universiti Utara Malaysia yaitu Assoc. Prof. Dr. Nurwati Ashikkin Ahmad Zaluki dengan dimoderatori oleh Dr. Zaitul, SE, MBA. Akt. CA.

Dalam penyampaiannya, Nurwati Ashikkin Ahmad Zaluki menjelaskan berberapa hasil penelitian yang telah dilakukannya dalam bidang capital market based accounting research yang merupakan kegiatan penelitian yang mecoba untuk emlihat huhungan atau pengaruh antra informasi laporan keuangan/laporan tahunan sebagai variabel terhadap informasi di pasar modal seperti harga saham dan lainya.

“Nantinya para peneliti dapat melihat beberapa konten informasi dan pengaruhnya dengan pasar modal terhadap standar keuangan. Selain itu juga untuk para mahasiswa agar diperbanyak membaca artikel-artikel yang bagus untuk dapat mengetahui topik-topik terhangat dalam mencari bahan untuk kajian penelitian,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Dr. Erni F. Harahap, SE, M.Si saat memberikan sambutan pembukaannya menyampaikan kuliah umum ini rutin dilakukan di Fakultas Ekonomi baik penyelenggaranya tingkat fakultas maupun jurusan.

“Dengan kuliah umum ini para mahasiswa dan dosen dapat menambah pemahaman dan ilmu terbaru mengenai topik yang disampaikan oleh pemateri,” harapnya.

Kuliah umum ini diikut lebih dari 200 peserta yang berasal dari mahasiswa semester 5 dan semseter 7 serta dosen dari jurusan Akuntansi Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2016 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.90.148.124