Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Batalyon Marinir Lantamal II Padang dan Diving Proklamator UBH, Tanam Terumbu Karang

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang bersama dengan Diving Proklamator Universitas Bung Hatta serta pemuda Carocok Anau Mandeh lakukan transplantasi terumbu karang di Pulau Setan Perairan Kawasan Mandeh. "Transplantasi terumbu karang ini perlu dilakukan dan bagian dari usah....

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun 2015

Memasuki Tahun Akademik 2015/2016, Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru tanpa melalui seleksi ujian masuk atau tanpa tes dan menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) Pendaftaran dapat dilakukan via online hingga tanggal 14 Agustus 2015 di alama....

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Akan Laksanakan MoU dengan Universitas Bung Hatta

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) melakukan kunjungan sekaligus audiensi ke Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (30/07/2015). Audinsi ini dalam rangka program dan aktivitas perlindungan saksi ....

PT. Central Proteinaprima. Tbk Medan Lakukan Rekruitmen Lulusan FPIK UBH

PT. Central Proteinaprima. Tbk melakukan seleksi penerimaan karyawan baru untuk alumni dan lulusan baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang FPIK Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (30/07/2015). Dekan Fakultas Perikana....

Informasi Penandatanganan Ijazah Wisuda ke-64 Universitas Bung Hatta

Kepada seluruh calon wisudawan ke-64 Universitas Bung Hatta sudah dapat melakukan penandatangan ijazah Penandatangan ijazah untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Teknologi Industri p....

Universitas Bung Hatta Ikuti MTQ Mahasiswa Nasional di Depok

Universitas Bung Hatta mengirim Tim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk tampil dalam ajang MTQ Mahasiswa Nasional ke-14 yang akan diikuti oleh 167 perguruan tinggi di seluruh Indonesia di Universitas Indonesia Depok pada 1 hingga 8 Agustus 2015 mendatang. Universitas Bung Hatta mengirim 3 bidan....

Rabu 28 Agustus 2013 - 09:39:53

bunghatta.ac.id - Pemerintah Amerika Serikat memberi kesempatan kepada calon dosen dan dosen di perguruan tinggi seluruh Indonesia untuk dapat melanjutkan pendididkan pascasarjana S2 dan S3 melalui Program Asstance In Applying To Us Graduate Schools melalui Beasiswa Pendididkan Pascasarjana Luar Negeri Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Program beasiswa tersebut dikelola oleh Indonesian International Education Foundation (IIEF) yang merupakan sebuah lembaga nirlaba Indonesia yang mengelola berbagai program beasiswa dari berbagai donor internasional dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Salah satu program yang tengah dilaksanakan yaitu pengelolaan dana beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat melalui Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta.

Program ini memberikan kesempatan kepada calon dosen dan dosen untuk mendapatkan bantuan dan kemudahan mendaftarkan program pascasarjana di Amerika Serikat sehingga mendapatkan konfirmasi penerimaan dari program tersebut (Letter of Acceptance) untuk dapat dilanjutkan dengan proses pendaftaran beasiswa terkait.

Syarat calon peserta yang ingin mengikuti program ini yaitu
1. Calon dosen atau dosen di perguruan tinggi seluruh Indonesia.
2. Akan mendaftar untuk menempuh program s2/s3 di Amerika Serikat untuk preode spring 2014.
3. Akan mendaftar Beasiswa Pendididkan Pascasarjana Luar Negeri Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia setelah mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Amerika Serikat.
4. Telah memiliki skor TOEFEL IBT minimal 79 atau IELTS minimal 6,5 atau TOEFEL ITP minimal 550.

Program ini meliputi biaya-biaya berupa:
1. Biaya mengikuti ujian yang diperlukan (TOEFEL IBT dan atau GRE) sebagai bahan dari persyaratan untuk pendaftaran ke universitas di Amerika Serikat.
2. Biaya pendaftaran ke universitas-universitas pilihan di Amerika Serikat. Program ini akan mengganti biaya pendaftaran ke maksimum 3 universitas pilihan.
3. Surat pengantar. Peserta akan mendapatkan surat pengantar dari kantor kedutaan AS di Jakarta dan IIEF sebagai bagian dari proses pendaftaran ke setiap universitas yang dituju.
4. Konsultasi dan pendampingan selama mengikuti proses pendaftraran ke universitas yang dituju.

IIEF akan mengadakan roadshow presentasi di Kota Padang dan khusus di Universitas Bung Hatta pada tanggal 30 Agustus 2013 di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. (Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 23 Agustus 2013 - 16:09:28

bunghatta.ac.id - PEMBAYARAN UANG KULIAH BAGI MAHASISWA LAMA, SAMPAI DENGAN: JUMAT, 30 AGUSTUS 2013 (*Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 22 Agustus 2013 - 15:05:23

2100 Mahasiswa UBH Ikuti PKKMB
2100 Mahasiswa UBH Ikuti PKKMB
bunghatta.ac.id - Sebanyak 2100 mahasiswa baru (Maba) Universitas Bung Hatta (UBH) angkatan 2013 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang akan digelar selama tiga hari pada 22-24 Agustus 2013 bertempat di Gelanggang Olahraga (Gor) Kampus II UBH.

Wakil Rektor III, Drs. Suparman Khan, M.Hum dalam laporan kegiatan menyampaikan dari 2100 mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB hari ini tersebar di tujuh fakultas yang ada di UBH. Dengan rincian Fakultas Ekonomi (FE) 563, Fakultas Hukum (FH) 336, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 573, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 68, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) 364, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) 43, dan Fakultas Teknik Industri (FTI) 151.

"Diharapkan mahasiswa baru memiliki persiapan diri sebelum memulai aktifitas perkuliahan, serta lebih mengenal kampus tempat mereka melanjutkan pendidikan," ujar Suparman.

Rektor UBH, Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt. MBA mengungkapkan mahasiswa baru ini merupakan generasi pelanjut cita-cita Bung Hatta dan harus memiliki sifat-sifat kebunghataan seperti santun, jujur, disiplin dan sederhana serta sebagai generasi emas untuk mewujudkan Universitas Bung hatta sebagai kampus berkelas internasional.

"Marilah kita terima mahasiswa baru ini sebagai adik dengan penuh kekeluargaan, persaudaraan, kelembutan, dan kasih sayang. Selain itu juga mari kita bimbing mereka agar mampu bertindak mandiri, kreatif, dan dedikatif dalam usahanya mencapai cita-cita," imbuh Niki.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, kita juga harus bantu mereka untuk memperoleh informasi yang benar dan memiliki kesempatan menyatakan pendapat secara bertanggung jawab yang mungkin berbeda.

"Kita menghibau untuk menghindari usaha-usaha untuk memanfaatkan mereka bagi kepentingan pribadi maupun golongan. Hargailah mereka sebagai individu yang merdeka, hormatilah hak mereka sesuai dengan eksistensinya sebagai mahasiswa baru. Berikanlah nasehat dan keteladanan yang terpuji kepada mereka," tambahnya.

Selama PKKMB, mahasiswa baru dipecah menjadi beberapa kelompok yang berjumlah 50 orang per kelompok dengan satu orang fasilitator yang berasal dari mahasiswa sebagai fasilitator.

Materi yang diberikan dalam PKKMB ini di antaranya, pengenalan struktur dan organisasi universitas, pengembangan karakter, pengenalan pimpinan struktur organisasi fakultas dan jurusan atau bagian, dan pengenalan struktur organisasi kemahasiswaan.

Kemudian dilanjutkan dengan materi pengenalan sistem informasi manajemen, sosialisasi peraturan akademik dan tata tertib mahasiswa, pengenalan organisasi DPMMU (Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa Universitas), BEMMU (Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Universitas) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), dan mitigasi bencana.

"Kita menginginkan mahasiswa baru yang ada di ruangan ini, 4 tahun yang akan datang bertemu lagi di sini dengan menggunakan toga," harap Niki. (Humas PKKMB UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 20 Agustus 2013 - 14:41:23

Redam Kekerasan: Pengenalan Mahasiswa Baru UBH Dengan Pelatihan ESQ
Redam Kekerasan: Pengenalan Mahasiswa Baru UBH Dengan Pelatihan ESQ
bunghatta.ac.id - Pelaksanaan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta (UBH) Padang dilengkapi dengan pelatihan “Emotional Spiritual Quotient” (ESQ) oleh tim UBH yang akan dilaksanakan mulai tanggal 22 s/d 24 Agustus di GOR Kampus II, Kampus I Ulak Karang dan Kampus III Jl.Gajah Mada Gunung Pangilun.

Rektor UBH Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE,Akt.MBA diruangan kerjanya, Selasa,20/8 menyebutkan, PKKMB akan diikuti dari 2.300 mahasiswa baru UBH, sementara calon mahasiswa yang mendaftar ulang setelah tanggal 21 Agustus akan mengikuti kegiatan yang sama sepekan sesudahnya.

Ditambahkan Niki, peserta PKKMB adalah seluruh mahasiswa UBH dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Keguruan dan lmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Ilmu Budaya, Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Teknologi Industri.

“Selain pelatihan ESQ dan PKKMB juga diisi kegiatan pengenalan dunia kampus, mitigasi kebencanaan, pengenalan etika dan tata krama di kampus, dan pengenalan tokoh proklamator Bung Hatta”, dan PKKMB semacam ini sudah di lakukan sejak TA 2011/2012 lalu, imbuh Niki

Ia menyatakan, PKKMB UBH 2013 bebas dari perploncoan, tetapi lebih kepada persahabatan dan keakraban di kampus yang wajib diamalkan mahasiswa, yakni dengan sebutan Tridharma perguruan tinggi.

“Dalam PKKMB ada pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat,” tegasnya.

Pelaksanaan PKKMB ini sekaligus sebagai kegiatan pertama pemanfaatan gedung-gedung baru di kawasan kampus baru UBH di Air Pacah Padang By Pass.

Rektor menambahkan, pengembangan dan pembangunan kampus II di Aia Pacah secara keseluruhan ditargetkan selesai pada 2020 dan diharapkan dapat menampung jumlah mahasiswa dan kegiatan akademis yang diproyeksikan meningkat dalam sepuluh tahun ke depan.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 20 Agustus 2013 - 11:01:03

bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, S.E., Akt,MBA secara resmi melepas 17 mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ke Malaysia dan Singapura selama 10 hari ( 23/8 s.d 1/9) dalam rangka Study Tour Arsitektur, di Ruang Sidang FTSP Selasa (20/8).

Desy Aryanti, ST, MA dosen pembimbing study tour tersebut menyebutkan, kegiatan Study Tour Arsitektur tersebut merupakan mata kuliah pilihan yang terdapat dalam kurikulum baru sejak tahun akademik 2012/2013 dan pelaksanaannya sudah untuk yang kedua kalinya.

“Study tour arsitektur bertujuan untuk memeperkaya dan meningkatkan kematangan mahasiswa dalam dunia arsitektur dengan format studi lapangan, sehingga mahasiswa mampu menemukan ide-ide arsitektur baru dalam berkarya , sehingga tercipta arsitek yang kreatif dan berkualitas untuk menghadapai tantangan di massa yang akan datang,” imbuh Desy.

Rektor UBH Prof. Dr. Niki Lukviarman, S.E., Akt,MBA, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa yang terformat dalam kurikulum di jurusan Teknik Arsitektur dan sangat mendukung sekali kegiatan tersebut, apalagi keluar negeri sekaligus sebagai duta-duta UBH di kancah dunia.

“Kampus Proklamator ini juga berharap agar FTSP dan jurusan Teknik Arsitektur seperti dalam bangunan rumah gadang bisa menjadi tonggak tuo dan lokomotif di UBH dalam berbagai hal,” ungkap Niki.

Studi Tour Arsitek UBH tersebut akan di damping dosen pembimbing dan akan mengunjungi Architect Office, wisata bangunan bangunan di Malaysia dan Singapura serta pertemuan dengan kampus University Teknologi Malaysia (UTM) danUniversity Tekonolgi Mara Malaysia (UITM).

Turut hadir dalam pelepasan mahasiswa Study Tour Arsitektur Dekan FTSP Ir. Hendri Warman, MSCE, Wakil Dekan FTSP Ir. Nasril S, MT , Ketua jurusan Aristektur Ir. Elfida Agus, MT dan Kepala BAU Suamperi, SH, MH. (Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 20 Agustus 2013 - 08:41:16

bunghatta.ac.id - Pembayaran Uang Kuliah Bagi Mahasiswa Lama dan Pendaftaran Ulang Bagi Calon Mahasiswa Baru Diperpanjang sampai dengan tanggal 23 Agustus 2013 (Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 19 Agustus 2013 - 16:16:40

Calon Mahasiswa UBH Wajib Tes Urine
Calon Mahasiswa UBH Wajib Tes Urine
bunghatta.ac.id - Bagi peserta yang lulus ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Bung Hatta diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine.

“Para peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan nilai ujian Nasional dan rata-rata sekolah wajib menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine,” ujar Rektor UBH Prof.Dr. Niki Lukviarman,SE,Akt.MBA di ruang kerjanya, Senin (19/8).

Disebutkannya, untuk pemeriksaan kesehatan dan tes urine dilakukan di klinik Rahmi Hatta Kampus I Ulak Karang pada saat pendaftaran ulang.

Tes urine itu sendiri dilakukan, ucapnya, sebagai langkah antisipasi sekaligus memastikan calon mahasiswa UBH benar-benar bebas dari pengaruh narkoba.

Ditmbahkan Niki, seleksi dilaksanakan mengingat daya tampung terbatas dan menyaring calon mahasiswa sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan universitas.

“Saat ini, UBH tidak hanya mengejar kuantitas, tapi melalui seleksi diharapkan akan lahir mahasiswa yang memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan, dan bagi yang telah di umumkan lulus dapat mendaftar ulang sampai tanggal 23 Agustus” imbuhnya.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 17 Agustus 2013 - 19:48:43

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta umumkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru kerjasama dengan UNP melalui SMS center atau SMS Gateway.
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 17 Agustus 2013 - 15:02:48

HUT RI Ke-68 Rektor: Siapkan Generasi Yang Mampu Dan Siap Memajukan Bangsa
HUT RI Ke-68 Rektor: Siapkan Generasi Yang Mampu Dan Siap Memajukan Bangsa
bunghatta.ac.id - Memperingati HUT RI ke-68 tahun, segenap pimpinan Universitas Bung Hatta (UBH) beserta jajarannya melaksanakan upacara bendera di pelataran Gedung B, Kampus I, Sabtu (17/8).

Rektor UBH, Prof. Dr. Niki Lukviarman, S.E, AKt, MBA yang bertindak sebagai pembina upacara mengatakan salah satu esensi dari proklamasi kemerdekaan adalah kesiapan diri untuk mengelola seluruh potensi dan sumber daya yang kita miliki untuk memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia sekaligus untuk meningkatkan martabat kita sebagai suatu bangsa. Kesiapan diri tersebut meliputi kesiapan dalam aspek mentalitas sikap, pandangan dan kemampuan, serta keterampilan teknis.

"Disinilah pentingnya pendidikan yang mampu mengeksplorasi seluruh potensi yang kita miliki, baik potensi manusiawi, potensi budaya maupun potensi alamnya," katanya.

"Dalam kerangka itulah pendidikan berbasis karakter bangsa kita canangkan," tambahnya.

Menurut Niki, pada usia Indonesia yang sudah tidak muda lagi kita harus menyiapkan generasi yang mampu dan siap untuk mengelola dan memajukan bangsa sesuai dengan zaman, amanah dan cita-cita proklamasi. "Itulah salah satu bentuk pengabdian, khidmat, dan kecintaan kita kepada bangsa dan negara yang kita cintai ini," ujarnya.

Dalam upacara tersebut juga disampaikan beberapa kemajuan UBH sebagai dampak perubahan yang positif. Kapasitas Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan layanan online terus ditingkatkan sehingga memberi konstribusi manajemen kelembagaan yang sangat signifikan, seperti pendaftaran calon mahasiswa yang efisien.

Kemajuan lain ialah pembayaran biaya pendidikan via bank dengan pencatatan otomatis dan akurat, registrasi ulang mahasiswa tanpa antrian, dan layanan Kartu Studi Sementara (KRS) dan Lembar Hasil Studi (LHS).

"Hal ini patut kita syukuri berkat kerjasama kita semua apa yang kita harapkan dapat kita capai. Namun selaku Rektor, saya selalu mengharapkan kerjasama ini tetap terjalin sehingga kita bisa membawa Universitas ini menjadi Universitas yang bertaraf Internasional atau World Class University," harapnya.

Usai pelaksanaan upacara, dilaksanakan penyerahan beasiswa kepada anak-anak staf pengajar dan karyawan UBH yang memiliki prestasi akademik di sekolah. (Suci WP/Humas-UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 16 Agustus 2013 - 16:59:35

bunghatta.ac.id - Loket Pendaftaran ulang tetap buka Sabtu, 17/8 dan Minggu 18/8, call centre 08126732774 (Humas)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.82.50.90