Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Mari Ramaikan Festival Kebudayaan Jepang (Bungkasai) ke-15 Sastra Jepang UBH

Ada suasana yang berbeda bila mengunjungi Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta tepatnya di Gedung Blok B, ornamen-ornamen negeri sakura begitu meriahnya dengan berbagai macam kuliner khas jepang dan bunga sakura yang menghiasi kegiatan Festival Kebudayaan Jepang atau dikenal dengan Bungkasai....

Bung Hatta Accounting Fair (BAF) Part VI

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Bung Hatta kembali mengadakan Bung Hatta Accounting Fair (BAF) part VI yang dirangkum dalam beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Bazar, Seminar Nasional, Pelatihan Partial Least Square, Accounting Competition tingkat Perguruan Tinggi se-....

Rektor Lantik Pengurus BEMM dan DPMM Universitas Bung Hatta

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA secara resmi telah melantik kepengurusn Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk masa bakti 2015/2016 yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus ....

Pengurus DPMM Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016

Berikut adalah susunan kepengurusan Pengurus Dewan PerwakilanMasyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016 Ketua: Apriadi M.A (Teknik Ekonomi Konstuksi/Quantity Surveying) Sekretaris: Yola Rahayu (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan) Komisi I (Legislasi dan Kemahasiswaan) Ke....

Pengurus BEMM Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016

Berikut adalah susunan kepengurusan Pengurus Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016 Presiden: Adnan S. (Pendidikan Matatematika) Wakil Presiden: Hanifah Turrahmi (Ilmu Hukum) Sekretaris I: Astia Ningsih (PGSD) Sekretaris II: Kurniati (PPKN) Bendahar....

Mahasiswa UBH Ikuti Pemilihan Uda Uni Duta Pariwisata Kota Padang

Mahasiswa Universitas Bung Hatta turut mengikuti ajang pemilih Uda Uni Duta Pariwisata Kota Padang Tahun 2015 dan masuk kedalam 15 pasang finalis yang dilaksanakan pada malam puncak pemilihan di Hotel Bumi Minang, Sabtu (25/04/2015). Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan....

Kamis 18 Desember 2014 - 13:10:37

Musisi Jepang Akan Tampil di UBH
Musisi Jepang Akan Tampil di UBH
bunghatta.ac.id - Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Asia Timur Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta akan menghadirkan penampilan akustik duet musisi asal Jepang yaitu KURI (Katsu dan Miho) yang akan berlangsung di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 5 Januari 2015 mendatang.

Penampilan duet KURI ini merupakan rangkaian tournya ke-7 negara yaitu Prancis, Ireland, Inggris, Malaysia, Jepang, Thailand dan Indonesia dalam rangka KURI Goes to Campus Let's Apreciate Nature. Untuk penampilan di Indonesia akan dilaksanakan di Bali, Banda aceh dan Kota Padang. (**Ubay Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 16 Desember 2014 - 10:39:03

Lomba Foto Selfie Suasana Kampus Universitas Bung Hatta
Lomba Foto Selfie Suasana Kampus Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Memperingati hari ulang tahunnya yang ke-22 pada tanggal 5 Januari 2015 mendatang, Unit Kegiatan Mahasiswa Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan Lomba Foto Selfie dengan mengangkat tema Suasana Kampus Universitas Bung Hatta.

Ketua Pelaksana, Dina Syahpita Sari menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan para pencinta foto selfie yang sedang marak dilakukan oleh masyarakat umum yang tidak kenal batasan umur baik muda maupun tua, baik mahasiswa hingga pejabat.

“Diumur yang ke-22 ini, UKM Wawasan Proklamator akan terus mengabarkan dan menyuarakan suara mahasiswa melalui tulisan-tulisan yang berpikir merdeka, independen, akurat dan berimbang sesuai dengan tema ulang tahun yaitu menyuarakan suara bung hatta muda,” ujarnya.

Untuk syarat dan ketentuan dalam mengikuti lomba ini yaitu
1. Terbuka untuk mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan alumni Universitas Bung Hatta.
2. Harus berteman dengan Facebook UKM Wawasan Proklamator dan Follow Twitter @wepedotcom.
3. Foto harus asli karya pribadi, tidak mengandung SARA, tidak pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam perlombaan lain.
4. Foto berbentuk potrait atau landscape baik selfie sendiri maupun berkelompok yang penting seunik mungkin.
5. Hasil karya dapat menggunakan kamera handphone dengan resolusi pixsel tinggi, kamera poket/digital dan kamera DSLR.
6. Editan foto yang diperbolehkan hanya sebatas basic editing (brightness/contrast, levels, hue/saturation, cropping tidak lebih 30% dari foto asli). Jangan menggunakan aplikasi edit foto 360 dan sejenisnya.
7. Foto dikirim via email wawasan.proklamator@yahoo.com subjek 22 Tahun WP dengan menyertakan data diri (nama dan no handphone)
8. Panitia akan Upload Foto ke Wall Facebook UKM Wawasan Proklamator dan berikan caption/keterangan foto. Peserta wajib mengajak teman-temannya untuk Like foto sebanyak-banyaknya.
9. Penilaian berdasarkan like terbanyak, keunikan dan dewan Juri.


Untuk mengikuti lomba foto selfie ini hanya membayar Insert sebesar Rp.15.000,- dan batas akhir pengiriman 31 Desember 2014 dengan mendaftar di Depan Masjid Nurjanah Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta atau hubungi langsung ke Icha 081372275173 dan Chiwul 089669443659.

Pemenang akan merebutkan juara 1, 2 dan 3 dengan totoal hadiah Rp.600 ribu plus sertifikat yang akan diumumkan melalui pada tanggal 7 Januari 2015 tepat pada perayaan ulang tahun UKM Wawasan Proklamator. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 16 Desember 2014 - 10:05:25

LPPM UBH Gelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian, PPM dan KKN-PPM
LPPM UBH Gelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian, PPM dan KKN-PPM
bunghatta.ac.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta melaksanakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian, PPM dan KKN-PPM Tahun 2015 yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (16/12/2014).

Direktur LPPM Universitas Bung Hatta, Dr. Elfiondri, SS, M.Hum mengatakan workshop ini dilaksanakan untuk melakukan diskusi dalam penulisan proposal baik penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara mandiri maupun melalui program KKN-PPM untuk pendanaan tahun 2015.

“Untuk teknis penulisan proposal sudah memahami, namun untuk mengetahui kiat dan trik dalam penulisan proposal yang tidak ada dalam panduan agar dapat lolos saat diajukan maka LPPM menyelenggarakan kegiatan ini dengan menghadirkan reviewers nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta, Dr. Ir. Eko Alvares, MSA yang membuka acara workshop ini menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 49 tahun 2014 dalam salah satu pasalnya menyebutkan perguruan tinggi wajib menyediakan dana penelitian internal. Selain dari anggaran penelitian internal perguruan tinggi, pendanaan penelitian dapat bersumber dari pemerintah, atau lembaga lainya.

“Perguruan tinggi wajib menyediakan dana pengelolaan penelitian dalam mendorong publikasi jurnal dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Penelitian yang dilakukan oleh dosen sangat penting dalam proses akareditasi program studi,” ucapnya.

Ia juga mengatakan untuk tahun anggaran baru universitas telah menaikan anggaran dana para dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga akan semakin banyak lagi hasil penelitian yang dilaksanakan oleh dosen di program studi masing-masing.

“selain itu sistem SIPKAD yang terinegrasi dapat membantu dalam pengurusan kenaikan pangkat dan juga terkait dengan aturan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi lulusan perguruan tinggi yang dapat menjadi perhatian kita bersama,” ungkapnya.

Workshop penulisan proposal ini dilaksanakan dua kali pertemuan yaitu pertemuan pertama pada 16 Desember 2014 yang membahas mengenai penulisan proposal PPM oleh Dr Kasrad dan penulisan proposal KKN-PPM oleh Dr. Feri Arlius, MP dari Universitas Andalas. Kemudian ada penyampaian materi mengenai pengusulan proposal IbM dan KKN-PPM serta bedah proposal bersama Dr. Elfiondri, SS, M.Hum, Ir. Haryani, MT dan Ir. Yempita Efendi, MS.

Sedangkan pertemuan kedua pada 19 Desember 2014 yang membahas mengenai penulisan proposal penelitian. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 15 Desember 2014 - 13:59:37

UKM Kesenian Proklamator Gelar Pementasan Seni Calon Anggota
UKM Kesenian Proklamator Gelar Pementasan Seni Calon Anggota
bunghatta.ac.id - Untuk melihat potensi dan kemampuan calon anggotanya, Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta melakukan Pementasan Seni Calon Anggota ke-IX yang bertempat di Gedung H Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (14/12/2014).

Menurut Ketua UKM Kesenian Proklamator Marinus Radodo Hia, setiap calon anggota bebas mementaskan apa saja bakat yang dimilikinya. Pementasan ini sangat sederhana hanya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para calon anggota tersebut sebelum nantinya akan tampil dipementasan yang lebih besar lagi.

“Saat ini UKM Kesenian Proklamator beberapa divisi untuk seperti divisi gerak, divisi musik, divisi suara, divisi fotografi, divisi seni rupa, dan divisi teater. Dengan pementasan ini bakat-bakat yang dimilik calon anggota dapat diasah,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan untuk para calon anggota yang saat ini memiliki semangat yang tinggi harus sama juga semangatnya saat awal masuk dan ketika menjadi anggota, bahkan harus lebih besar lagi semangatnya.

“Untuk menjadi anggota UKM Kesenian Proklamator harus melewati beberapa tahap pelatihan hingga nanti dilantik menjadi anggota muda kemudian akan membuat tugas akhir dengan menampilkan karya-karya seninya dan menjadi anggota biasa,” ujarnya.

Untuk agenda pembuka tahun 2015, UKM Kesenian Proklamator akan melaksanakan Pendidikan Dasar Kesenian Proklamator (PDKP) IX pada 13-16 Januari 2014. (**Ubay-Humas UBH)


model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 15 Desember 2014 - 08:29:30

L-RAI UKM FSI Nurrul Jannah Gelar Ujian Responsi Agama Islam
L-RAI UKM FSI Nurrul Jannah Gelar Ujian Responsi Agama Islam
bunghatta.ac.id - Lembaga Responsi Agama Islam (L-RAI) Unit Kegiatan Mahasiswa FSI Nurul Jannah Universitas Bung Hatta melaksanakan ujan akhir resposi bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Agama Islam yang bertempat di Gedung B dan Gedung F Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (14/12/2014).

Ilham Zulham, Ketua Pelaksana mengatakan kegiatan responsi ini bertujuan untuk menambah wawasan keislaman yang kemudian dapat diterpakan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk insan muslim dengan kepribadian dan gaya hidup islami.

“Responsi Agama Islam ini telah dilaksanakan pada semseter genap 2014/2015 ini dan wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang memilih mata perkuliahan Agama Islam. Selama mengikuti responsi ini akan mendapatkan materi mengenai makna syahadah, mengenal Allah, mengenal islam, mengenal Al-Quran, mengenal manusia, berbakti kepada kedua orang tua hingga praktik penyelenggaraan jenazah,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan untuk mengoptimalkan pemahaman tentang seluruh materi yang telah diberikan dalam kegiatan responsi maka dilaksnakan ujian sebelum mengikuti Ujian Akhir Semester. “Responsi ini mendapat dukungan dari Dr. Muslim Tawakkal, SH,M.Pd sebagai koordinator mata kuliah Agama Islam Universitas Bung Hatta.

Pada kesempatan itu juga, Ir. Maseriza, M.P, Pembina UKM FSI Nurul Jannah mengatakan Pendidikan Agama Islam adalah hal yang wajib dilaksanakan.

"Sebenarnya pendidikan agama islam itu adalah hal yang wajib kita laksanakan, karena sekarang ini yang paling berat itu banyak mahasiswa yang hanya sekedar tahu agama tapi tidak dapat ilmunya, apapun yang harus kita laksanakan harus punya ilmu," jelasnya.

Marleni, SE, M.Si., Kepala Bagian Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Bung Hatta mengatakan segala sesuatu yang dipelajari harus dipraktekkan. Apapun yang kita pelajari tidak ada gunanya kalo tidak dipraktekan dan ilmu yang kita peroleh dari kegiatan responsi ini mestinya diberikan pula kepada orang lain.

"Semoga kedepannya lebih baik lagi dan keberhasilan responsi agama Islam ini dapat dilaksanakan di kehidupan sehari-hari," tambahnya. (Ubay-Humas UBH/Zizi WP)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 12 Desember 2014 - 13:50:20

Mahasiswa Pindo UBH Tampilkan Kreasi Drama dan Tari
Mahasiswa Pindo UBH Tampilkan Kreasi Drama dan Tari
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta menggelar penampilan drama dan tari-tarian daerah asal Sumatra Barat yang diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (12/12/2014).

Ketua Pelaksana, Rina menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengambilan nilai praktik dari mata kuliah Apresiasi Drama Indonesia dan Budaya Adat Minangkabau yang dibimbing oleh dosen pendamping Dra. Hj. Syofyani, M.Pd dan Dra. Gusnetti, M.Pd.

“Terima kasih kepada himpunan yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini. semoga para mahasiswa dapat meningkatkan lagi kreativitasnya,” ucapnya.

Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dra. Hj. Syofyani, M.Pd dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan penampilan para mahasiswa ini sebagai salah satu cara untuk menunjukan kreativitas-krativitasnya dan mengimplementasikan teori kedalam pertunjukan drama dan tari.

“Kegiatan ini juga diangkat selain untuk mengambil nilai matakuliah juga menjadi sarana untuk temu ramah antara dosen, mahasiswa baru dan mahasiswa yang senior untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar satu sama lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu dosen pendamping Dra. Gusnetti, M.Pd mengatakan penampilan ini dilaksanakan setelah para mahasiswa mendapatkan pembelajaran teori di kelas kemudian untuk mengaplikasikan ilmunya maka diadakan praktiknya berupa pementasa drama dan tari oleh mahasiswa secara berkelompok.

“Karena para mahasiswa ini nantinya akan menjadi calon guru tentunya tidak hanya memahami materi secara teoritis saja namun dari segi praktiknya juga dikuasai. Selain itu juga, para mahasiswa juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan kreativitasnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini terdapat 8 drama yang akan dipentaskan dan 6 tari-tarian seperti tari pasambahan, tari indang, tari payung dan lainnya yang berasal dari mahasiswa angkatan 2011, 2012 dan 2013. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 12 Desember 2014 - 13:25:46

Upgrade Teknologi Bersama Kaspersky Indonesia dan Overlocking Indonesia
Upgrade Teknologi Bersama Kaspersky Indonesia dan Overlocking Indonesia
bunghatta.ac.id - Mobilitas perkembangan teknologi dewasan ini semakin kompetitif dan bervariatif yang sejalan denga perkembangan ilmu pengetahuan telah memacu manusia untuk semakin mengggali dan mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya.

Untuk itu, Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan kuliah umum dengan tema “Upgrade Teknologi ” bersama Kaspersky Indonesia dan Overlocking Indonesia yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokalamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (11/12/2014) siang.

Ketua Pelaksana Muhammad Farjan menyampaikan kuliah umum ini berujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan pemahaman tentang teknologi terbaru, serta dapat juga mengetahui cara, sejarah dan perkembangan nya dalam meng-upgrade teknologi di massa sekarang.

“Dengan kegiatan ini dapat menambah dan mengikatakan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dalam meng-upgrade teknologi serta sebagai upaya untuk menciptakan generasi-generasi pengembang kreatif dan inovatif terhadap perkembangan teknologi,” ungkapnya.

Menurut Olgi Gerieska Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, kuliah umum ini diselenggarakan dalam rangkain roadshow Kaspersky Indonesia dan Overlocking Indonesia ke perguruan tinggi se-Indonesia dan untuk wilayah Sumatra, Kota Padang menjadi tempat kedua setelah Medan dan kemudian menyusul Bengkulu.

“Kita senang dengan pemilihan kampus Universitas Bung Hatta menjadi salah satu tempat roadshow dari 3 perguruan tinggi yang menjadi tempat penyelenggar kegiatan ini. Dengan kegiatan ini kita dapat meningkatkan pemahaman terutama bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer terhadap kemajuan teknologi yang sedang berkembang saat ini” imbuhnya.

Kemudian, Drs. Khairudin M.Si Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer mengatakan tidak hanya teknologi yang perlu diperbaharui namuan dalam kehidupan ini juga sangat penting untuk mengupgrade diri.

Kuliah umum ini menghadirkan dua pemateri yaitu Dhian Petroshelli dari Technical Engineering Kaspersky Indoesia dan Dicky Jatnika, Managing Directoring Overlocking Indonesia.

Dalam penyampaian materinya, Dhian Petroshelli menjelaskan sekilas mengenai profi perusahaan antivirus Kaspersky, pengenalan teknologi pembuatan antivirus hingga tips menggunakan antivirus yang cocok untuk pengkat komputer dan handphone.

“Banyak data penting kita dalam akun sosial media, email dan akun yang berhubungan dengan akses internet yang rentan disusupi virus dan sejenisnya sehingga sangat membahayakan data pribadi kita, untuk itu perlu antivirus yang dapat melumpuhkannya salah satunya dengan antivirus Kaspersky,” ucapnya.

Sementara itu, Dicky Jatnika mengulas seputar teknologi dari perangkat komputer yang terbaru hingga penjelasan mengenai Overlocking. “Perangkat komputer yang kita miliki saat ini perlu diupgrade lagi karena telah banyak varian baru yang bermunculan untuk lebih memaksimalkan kinerja perangkat kita,” kata Dicky.

Kuliah umum ini tidka hanya diikuti oleh mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta saja tapi dihadiri juga oleh mahasiswa dari Politeknik Negeri Padang. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 12 Desember 2014 - 12:07:22

Penampilan Tari Daerah Mahasiswa Pindo UBH
Penampilan Tari Daerah Mahasiswa Pindo UBH
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta menggelar penampilan tari-tarian daerah asal Sumatra Barat yang diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (12/12/2014).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengambilan nilai praktik dari mata kuliah Apresiasi Drama Indonesia dan Budaya Adat Minangkabau yang dibimbing oleh dosen pendamping Dra. Hj. Syofyani, M.Pd dan Dra. Gusnetti, M.Pd. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 11 Desember 2014 - 19:44:50

Dosen UBH Terlibat Kegiatan SRAK Penyu Indonesia
Dosen UBH Terlibat Kegiatan SRAK Penyu Indonesia
bunghatta.ac.id - Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, Harfiandri Damanhuri, S.Pi, M.Sc terlibat dalam kegiatan Konsultasi Publik Strategi Dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK) Penyu Indonesia Tahun 2014-2023 yang dilaksanakan di Menara Peninsular Hotel, Rabu (10/12/2014).

Menurut Harfiandri Damanhuri, konsultasi publik draf SRAK Penyu ini melibatkan semua peneliti penyu di Indonesia mulai dari wilayah bagian barat, tengah, dan timur yang berkumpul untuk menyempurnakan draf SRAK Penyu yang di fasilitasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama WWF dalam menyusun program kerja bersama dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan..

“Kegiatan ini merupakan program kerja jangka panjang untuk menyelamatkan penyu akan dapat terwujud di Indonesia. Konultasi ini juga didukung oleh kementerian, perguruan tinggi, LSM dan lembaga terkait lainnya yang memberi masukan dan saran dari berbagai aspek kajian untuk dapat menyempurnakan kembali menjadi sebuah dokumen SRAK Penyu, sehingga dapat di implementasikan secepatnya,” terangnya.

Ia juga mengatakan kami dari Peneliti Penyu Universitas Bung Hatta, sebagai salah satu Pusat Data dan Informasi Penyu Indonesia wilayah barat juga memberikan kontribusi untuk finalisasi penyusunan SRAK Penyu ini, dimana riset dan basis data penyu sebaiknya di bawah koordinasi KKP, sedangkan aspek Pengaman, Pengawasan, Penindakan terhadap penyu dengan segala aspek turunanya sebaikan di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Keterpaduan program aksi bersama antara kementerian juga tidak bisa lepas dari Kementerian Dalam Negeri yang terkait dengan kepemipinan daerah atau anggaran dan wilayah kerja dimana penyu berupaya dan mendarat untuk bertelur, perlu dukungan kebijakan dan anggaran pimpinan di daerah untuk membantu menyelamatkan pada wilayah masing-masing lokasi pendaratan penyu di Indonesia,” tambahnya.

Harfiandi mengungkapkan akhirnya kita tetap punya satu visi dan niat bersama untuk melindungi dan menyelamatkan penyu di Indonesia. Semoga hasil konsultasi publik ini yang akan disempurnakan dan menjadi sebuah dokumen yang dapat dipedomani, dijalankan dan dikerjakan secara bersama-sama dalam waktu dekat secara nasional

Tim SRAK dinahkodai oleh Dr. Matheus H Halim dengan anggota dari Kementrian Kehutanan Dr. Sri Harteti dan tim, Kementrian Kelautan dan Perikanan Dr. Didi Sadili dan tim, Dr. Fredinan Yulianda dan Dr. Nyoman M N Natih dari Institut Petanian Bogor, Dr. I.B.Windia Adnyana dari Universitas Udayana Bali, Drh Dwi Suprapti dan Weda dari WWF dan Harfiandi Damanhuri, M.Sc dari Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 11 Desember 2014 - 13:16:54

Seminar Nasional Kependidikan: Pembelajaran Bahasa Inggris Kreatrif Sangat Penting
Seminar Nasional Kependidikan: Pembelajaran Bahasa Inggris Kreatrif Sangat Penting
bunghatta.ac.id - Untuk memberikan pemahaman dalam membuat pembelajaran kreatif di bidang bahasa Inggris bagi guru dan calon pendidik, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakutlas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan Seminar Nasisonal Pendidikan dengan tajuk Creative Teaching and Learning Models in Implementation of 2013 Curriculum Toward Preparing Indonesian Golden 2045.

Seminar yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Proff.Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA ini dilaksanakan di Aula Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Prof. H. Fuad Abdul Hamied, M.A., Ph.D dari akademisi Universitas Pendidikan Indonesia sekaligus presiden Asossociation of Teachers of Speakers of other languages (TEFLIN) Indonesia dan Adzanil Prima Septy, M.Pd, Ph.D dari Akademisi Universitas Bung Hatta.

Rektor Universitas Bung Hatta, Proff.Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA menampaikan kurikulum itu sangat penting di dunia pendidikan yang membantu proses pembelajaran kepada peserta didik. Menjadi guru itu tidak hanya untuk mengajar saja tatapi harus juga dicapai learning outcomes dalam setiap proses pembelajarannya.

“Kurikulum dalam pembelajaran bahasa Inggris juga harus diperhatikan, agar para peserta didik berhasil dan sesuai kompetensi dari pencapaian pembelajarannya. Selain itu juga untuk di era sekarang ini penguasaan bahasa asing sangat penting untuk menciptakan lulusan yang mampu bersaing,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Alnofrina menyampaikan kegiatan merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Kegiatan ini sekaligus juga dapat berperan sebagai sarana pengembangan life skills mahasiswa.

“Meski Kurikulum 2013 udah berhenti, namun dengan seminar ini kita dapat memperoleh manfaat mengenai pengunaan metode pembelajaran bahasa Inggris yang baik dan kreatif itu,” ucapnya.

Dalam penyampaian materinya, Prof. H. Fuad Abdul Hamied, M.A., Ph.D menjelaskaan mengenai pembelajaran bahasa inggris yang kreatif dalam impelementasi kurikulum 2013 untuk generasi emas tahun 2045. Ia mengatakan seorang guru itu tidak hanya sebagai pendidik tapi sebagai pengajar juga dan juga diperlukan suatu strategi dalam pembelajaran yag kreatif itu.

“Suka tidak suka yang namanya pembelajaran kreatif itu harus melibatkan dan memanfaatkan teknologi informasi. Saat ini guru juga harus melek teknologi agar proses pembelajaran kreatif dapat berjalan dengan baik dan murid dapat menyerap materi dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Adzanil Prima Septy, M.Pd, Ph.D memaparkan materi tentang penggunaan ICT dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. Ia mengatakan dalam pembelajaran itu diperlukan kurikulum yang berisi penggambungan kompetensi dan karakater.

“Penggunaan media pembelajaran sangat membantu dalam memberikan pemahaman materi secara interkatif dan menarik kepada peserta didik,” ungkapnya.

Seminar ini dimoderatori oleh Fitrina Harmaini, SS, MA dan Wido Aries Tyo Prabowo ini diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Bung Hatta dan guru di Sumatra Barat. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.159.134.239