Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta Adakan Workshop Kurikulum

Mempersiakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantitiy Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan Workshop Kurikulum Prodi D3 Teknik Ekonomi Konstruksi yang berlangsung di Ruang Sidang Rektorat Gedung E....

Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Angkat Seminar Nasional Kompetensi Quantity Surveyor

Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi atau Quantitiy Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menggelar Seminar Nasional yang bertema Kompetensi Quantity Surveyor menuju persaingan internasional yang bertempat di Ruang Teater Gedung H Kampus Proklamator I Universitas Bung ....

Universitas Bung Hatta Gelar SiNEMA 2 Kesiapan Indonesia dalam Pasar Bebas ASEAN

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dapat memberikan peluang dan tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Untuk melihat kesiapannya tersebut Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Seminar Nasional (SiNEMA) 2 dengan mengangkat tema Kesiapan Indonesia dalam Pasar Bebas ASEAN Melalui Pe....

Seminar Nasional 25 Tahun Jurusan Sastra Asia Timur Universitas Bung Hatta

Menapaki usia 25 tahun jurusan Sastra Asia Timur Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Seminar Nasional 25 Tahun Jurusan Sastra Asia Timur yang bertajuk Pemahaman Budaya Etos Kerja dan Produk Budaya Kontemporer Jepang dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Lulusan Prodi Sastra Je....

Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Dalam Sambut MEA 2015

Bagi Indonesia kehadiran Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 akan memberikan peluang dan tantangan tersendiri yang perlu dihadapi. Inilah saatnya, melakukan persiapan, menyatukan langkah, mengubah wacana menjadi kerja nyata. Melihat hal tersebut Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta menyelengg....

Dosen Universitas Bung Hatta Ikuti Indonesia Mathematical Society (IndoMS)

Universitas Bungh Hatta melalui program studi Pendidikan Matematika kembali mengikuti Konferensi Nasional Pendidikan Matematika (KNPM) ke-6 yang diselenggarakan oleh Indonesia Mathematical Society (IndoMS) atau Himpunan Matematika Indonesia yang bertempat di Universitas Negeri Gorontalo pada 11 - 14....

Sabtu 11 April 2015 - 11:33:00

Tak Ada Lagi Dikotomi PTN dan PTS
Tak Ada Lagi Dikotomi PTN dan PTS
bunghatta.ac.id - Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof. Ganefri, M.Pd., Ph.D. menyatakan, saat ini semua perguruan tinggi memiliki kedudukan yang sama dalam hal membangun pendidikan tinggi. Tidak ada lagi dikotomi antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Hal itu dituturkan Ganefri, saat membuka pertandingan tenis eksekutif antar civitas akademika Universitas Bung Hatta di lapangan tenis UBH,Sabtu,11/4.

“Hal itu dimaksudkan agar semua perguruan tinggi memiliki kesempatan yang sama dan saling berlomba dalam hal perkembangan pendidikan tinggi,” tegasnya.

Ditambahkan Ganefri, tidak adanya dikotomi antara PTN dan PTS itu dibuktikan dengan akreditasi program studi di setiap perguruan tinggi. Dengan telah terakreditasinya program studi baik PTS maupun PTN, artinya telah memiliki standar yang sama menyangkut tenaga pendidik, sarana, dan mutu lulusan yang dihasilkan.

Dijelaskan juga bahwa selama lima tahun mendatang, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti) akan menghapuskan dikotomi dalam istilah negeri dan swasta pada perguruan tinggi. Kemenristek Dikti akan mendirikan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT). Lembaga tersebut nantinya akan menggantikan keberadaan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

“Sehingga, ke depan namanya tidak lagi Kopertis, tetapi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT). LLPT bertugas memberikan pelayanan kepada kampus negeri dan swasta”, jelasnya.

Sementara itu Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati.,MPd., dalam sambutannya menyampaikan, semua program studi yang ada di Universitas Bung Hatta maupun di program Pascasarjana, sudah lebih dari 80% akreditasi program studinya dengan peringkat “B”, beberapa program studi lagi saat ini sudah di visitasi oleh BAN-DIKTI dan menunggu hasil penilaian tim.

Susi mengingatkan, bagi lulusan SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, lihat akreditasi dari program studi, atau fakultas atau jurusan yang diminati, pelajari visi misi, serta program yang ditawarkan.
“Apalagi sekarang tidak ada lagi dikotomi antara PTN dan PTS”, pesan Susi. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 11 April 2015 - 11:22:25

Mahasiswa Teknik Mesin UBH Gelar Bakti Sosial Lewat Touring Amal
Mahasiswa Teknik Mesin UBH Gelar Bakti Sosial Lewat Touring Amal
bunghatta.ac.id - Untuk meningkatkan rasa kepedulian dan kebersamaan terhadap sesama, Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegaitn Touring Amal Keliling Sumatra Barat dan Bakti Sosial di Panti Asuhan Nurul Iman Tanjung Ampalu Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan pada 10-12 April 2015.

Dalam sambutan pelepasannya, Jumat (10/04/2015), Ketua Pelaksana Rahmad Nafitri menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat dan anak-anak panti asuhan, sekaligus meneruskan hobi bermotor yang banyak digemari oleh mahasiswa Teknik Mesin yang diikuti oleh 40 mahasiswa.

"Touring amal ini didukung oleh organisasi kampus dan pihak fakultas yang juga memberi bantuan, serta disponsori oleh Klinik Rahmi Hatta dan Koperasi Universitas Bung Hatta. Semoga kedepannya Teknik Mesin dapat meningkatkan kegiatan ini, yang sekarang cuma satu panti asuhan mudah-mudaham kedepan lebih dari ini," ucap Rahmad.

Sementara itu Ilham Kurniawan, Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja himpunan yang diadakan setiap tahun untuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan mengabdikan diri kepada masyarakat serta untuk membantu dan memotivasi saudara-saudara kita yang berada di panti asuhan sekaligus dalam rangka kegiatan bakti sosial.

"Nantinya kita akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa beras, peralatan tulis, tikar serta pembangunan WC untuk anak-anak Panti Asuhan Nurul Iman," ungkapnya.

Ilham juga menambahkan dengan touring amal ini juga dapat menjadi bagian untuk melakukan promosiJurusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta kepada masyarakat.

"Kedepannya mahasiswa Teknik Mesin harus lebih banyak lagi berbakti pada masyarakat karena tugas kita tidak hanya kuliah dikampus, namun juga berbakti dan mengabdi pada masyarakat," harapnya. (Ubay-Humas UBH/Cawan WP : Zurahma Ridha Tabrani)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 11 April 2015 - 09:24:24

Pembekalan KKN-PPM Sebagai Prasyarat Terjun ke Masyarakat
Pembekalan KKN-PPM Sebagai Prasyarat Terjun ke Masyarakat
bunghatta.ac.id - Pembekalan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) merupakan bagian terpenting bagi mahasiswa dan sebagai langkah awal sebelum terjun ke masyarakat. Tiap mahasiswa yang telah mengikuti pembekalan ini yang memiliki bobot nilai 25 persen dari total nilai keseluruhan dimana 75 persen sisanya dinilai dari proses di lapangan.

Demikian disampaikan oleh Ir. Indra Khaidir, MSc Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2015 saat pembekalan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015 untuk wilayah Kabupaten Limapuluhkota yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (11/04/2015).

Indra mengatakan pelaksanaan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-5 di Universitas Bung Hatta yang akan dilaksankan pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua yang akan disebar di 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

“Tiap mahasiswa yang telah mengikuti materi pembekalan akan mengikuti ujian tertulis. Bila tidak lulus atau gagal maka tidak dapat diterjunkan di lapangan. Untuk itu, para mahasiswa yang mengikuti pembekalan ini harus serius karena ini sebagai prasyarat untuk terjun ke lapangan dan merupakan mata kuliah wajib,” himbaunya.

“Pengelola mengingatkan untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanan KKN dan informasi lainya mahasiswa dapat terus mengunjungi website kkn.bunghatta.ac.id, grup Facebook Posko KKN-PPM UBH 2015 dan Twitter @beritabunghatta," tambahnya.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati, M.Pd mengatakan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi bagian penting yang harus dilaksanakan oleh tiap perguruan tinggi dan melalui KKN-PPM ini tiap perguruan tinggi dapat membantu program pemerintah dalam melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dalam upaya membantu meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu tiap mahasiswa yang mengikuti KKN-PPM harus serius dan tertib, mengingat kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah yang berada didalam kurikulum setiap program studi di Universitas Bung Hatta,” ucapnya.

Dalam pembekalan ini diberikan materi-materi mengenai bertindak ilmiah dalam pemberdayaan oleh Dr. Ir. Eni Kamal, M.Sc, KKN-PPM merupakan matakuliah wajib oleh Dra. Susi Herawati, M.Pd dan materi mengenai KKN-PPM Sebagai wadah pengabdian masyarakat oleh Ir. Haryani, MT. Selanjutnya ada penyamaian materi dari wakil dekan di lingkungan Universitas Bung Hatta mengenai gambaran program kerja KKN-PPM tiap jurusan. (**Ubay-Humas UBH)



model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 09 April 2015 - 20:47:21

Mahasiswa PWK UBH Presentasikan Hasil Studi Perancangan Wilayah Kabupaten Sijunjung
Mahasiswa PWK UBH Presentasikan Hasil Studi Perancangan Wilayah Kabupaten Sijunjung
bunghatta.ac.id - Mahasiswa jurusan Perencanaan wilayah dan Kota Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan presentasi hasil mata kuliah studio perancangan wilayah yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (09/04/2015).

Hasil karya mahasiswa angkatan 2011 ini telah dilakukan pada semester 7 ini dibawah dosen pembimbing Harnejulianti Tou, ST, MT yang mengambil lokasi penelitian di Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat.

Ketua Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fidel Miro, SE, MT menyampaikan hasil mata kuliah yang telah dilakukan analisisnya oleh mahasiswa ini berupa perancangan untuk pariwisata dan transportasi.

“Kedepan hasil karya mahasiswa ini tidak hanya menjadi bagian untuk menyelesaikan mata kuliah namun harus juga dipresentasikan terutama dengan mengundang pemerintah daerah yang menjadi lokasi tempat penelitiannya agar dapat permanfaat dan diimpelementasikan,” ucapnya.

Presentasi ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah ini dan mahasiswa baru untuk dapat mengetahui proses, langkah-langkah hingga hasil yang dituju dari mata kuliah ini. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 09 April 2015 - 12:05:40

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Ikuti Seleksi ON-MIPA 2015 Tingkat Kopertis
Mahasiswa Universitas Bung Hatta Ikuti Seleksi ON-MIPA 2015 Tingkat Kopertis
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali berpartisipasi mengikuti seleksi Olimpiade Nasional Matematka dan IPA (ON-MIPA) Tahun 2015 tingkat Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang diselenggarakan Dikti pada 8-9 April 2015 lalu yang secara serentak di seluruh wilayah Kopertis se-Indonesia.

Universitas Bung Hatta Sendiri mengirimkan 4 mahasiswa untuk dua cabang pertandingan yaitu cabang Matematika dan Biologi. Untuk cabang Matematika 2 orang dari jurusan Pendidikan Matematika yakni Fauziyyah Perisya angkatan 2011 dan Rany Andriyani angkatan 2011, sedangkan untuk cabang Biologi 2 mahasiswa dari Pendidikan Biologi adalah Eddy Pratama Bastian nagkatan 2011 dan Rhani Dwinta Irfan angkatan 2012.

Dra. Rita Desfitri, M.Sc Dosen Pendamping Tim ON-MIPA Universitas Bung Hatta menyampaikan untuk Wilayah Kopertis Wilayah X dilaksanakan di Pekanbaru, yang dihadiri oleh seluruh PTN/PTS dari 4 propinsi, yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

“Menurut pemberitaan Dikti, total mahasiswa yang mengikuti seleksi ON-MIPA di seluruh Indonesia untuk ke empat bidang studi yang terdiri dari matematika, kimia, biologi dan fisika adalah 3850 orang, dan peserta yang berkompetisi untuk Kopertis Wilayah X sebanyak 196 orang,” ujar Rita yang merupakan Ketua Jurusan Pendidikan Matematika ini.

Dikatankannya dari total peserta seluruh Indonesia ini akan diseleksi peserta dari bidang studi matematika, kimia, biologi dan fisika masing-masing sebanyak 64 orang untuk berkompetisi pada tahap berikutnya di tahap III tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Malang, Jawa Timur pada 24- 28 Mei 2015 mendatang.

“Khusus untuk Olimpiade Matematika, pemenang tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Malang tersebut, akan dikirim mengikuti Olimpiade Matematika di Bulgaria sekitar bulan Agustus 2015 yang akan dating,” jelasnya.

“Kita berharap agar mahasiswa yang mewakili Universitas Bung Hatta dapat memberikan yang terbaik, dan semoga berhasil lolos ke tahap berikutnya,” tambah Rita. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 09 April 2015 - 10:48:52

Training Motivasi Pengembangan Diri Calon Alumni FIB UBH
Training Motivasi Pengembangan Diri Calon Alumni FIB UBH
bunghatta.ac.id - Untuk memberikan pemahaman mengenai dunia kerja ketika menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan, Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta mengadakan tranning motivasi pengembangan diri calon alumni yang berlangsung di Ruang Akreditasi Fakultas Ilmu Budaya Gedung 1 Blok B Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Kamis (09/04/2015).

Kegiatan ini dikuti oleh seluruh calon wisudawan dari Fakultas Ilmu Budaya yang terdiri dari tiga jurusan yaitu Sastra Inggris, Sastra Indonesia dan Sastra Jepang. Dengan mendatangkan motivator dari Intan Training Center Padang yaitu Henny Lukman, SE, Akt dan tim.

Ketua Jurusan Sastra Inggris Universitas Bung Hatta Dra. Nova Rina, M.Hum menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu program kerja jurusan dalam upaya untuk menambah wawasan tentang mengembangkan kemampuan diri atau softskills saat menghadapi dunia kerja serta untuk mempersiapkan alumni yang memiliki mental dan jiwa tangguh.

“Dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi bagi calon alumni yang akan diwisuda pada 18 April 2015 mendatang. Selain itu alumni kita diharapkan mampu bersaing serta diterima bekerja diberbagai sektor pekerjaan dan dapat membanggakan almamater,” ucapnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas bung hatta Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum mengatakan mengembangkan softskills dalam diri itu sangat penting, kemampuan hardskill yang diperoleh saat perkuliahan maupun belajar dari media lain tidak dapat menjamin sukses dalam memperoleh pekerjaan.

“Bagi calon alumni yang akan masuk ke dunia kerja maka perlu mengembangkan segala potensi softskills yang dimilikinya. Sukses dalam memperoleh pekerjaan itu dapat diukur dari dimana dia bekerja dan posisinya apa,” terangnya.

Ia mengajak agar para lulusan baru ini serius dalam mengikuti kegiatan ini dan dapat mengambil manfaat dari materi-materi yang diberikan sehingga dapat lebih memahami dan berdiskusi untuk menghadapi dunia kerja yang sudah menanti ini.

Pada kesempatan ini Henny Lukman, SE, Akt dan tim membahas mengenai cerdas dalam menyikapi dunia kerja, persiapan diri dalam memasuki dunia kerja dan simulasi softskills untuk dunia kerja, komunikasi dan percaya diri.

Henny menjelaskan nilai IPK yang diperoleh saat proses perkulihan itu tidak menjamin dapat cepat memperoleh pekerjaan bila tidak cerdas dalam mencari peluang, menyikapi dunia kerja dan melihat potensi yang dimilik dalam diri.

“Untuk itu penting bagi calon wisudawan yang akan mencari pekerjaan mengenal kemampuan hardskill dan softskills yang dimiliki serta memahami stategi dan peluang yang tepat dan efektif dalam memperoleh pekerjaan sesuai dengan kualitas dan kemampuan kita saat ini,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 08 April 2015 - 11:35:13

Pelatihan Admin Portal Akademik Bagi Ketua dan Sekretaris Jurusan
Pelatihan Admin Portal Akademik Bagi Ketua dan Sekretaris Jurusan
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustikom) mengadakan pelatihan admin portal akademik bagi ketua dan sekretaris jurusan di lingkungan Universitas bung Hatta yang dilaksanakan di Aula Balairung caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (08/04/2015).

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares, MSA dan dengan narasumber Drs. Riswandi, M.Si dan Arisal Yanuarafi, S.Kom dari Pustikom Universitas Bung Hatta.

Dengan pelatihan ini ketua dan sekretaris jurusan dapat mengetahui apa saja tugas dan wewenang yang dapat dilakukan pada portal akademik portal.bunghatta.ac.id serta dapat mengetahui apa saja fitur yang ada dalam portal tersebut misalnya untuk melihat absen mahasiswa dan dosen, penilaian perkuliahan, bahan ajar doesn hingga proses bimbingan skirpsi.

Sebelumnya dekan dan wakil dekan telah mengikuti pelatihan serupa dan selanjutnya akan ada pelatihan juga bagi kepala tata usaha fakultas dan kepala bidang akdemik di fakultas. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 07 April 2015 - 15:07:08

Pemilihan Karyawan Berprestasi Universitas Bung Hatta Tahun 2015
Pemilihan Karyawan Berprestasi Universitas Bung Hatta Tahun 2015
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan selaksi pemilihan karyawan (tenaga kependidikan) berprestasi Tahun 2015 yang diadakan di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (07/04/2015) siang.

Kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja tenaga akademik admistrasi, mewujudkan pelayanan prima, mengembangkan sistem layanan akademik yang berkesinambungan hingga menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan dikalangan tenaga kependidikan terhadap prosesinya.

Untuk tahun 2015 ini terdapat dua tenaga kependidikan yang mengikuti seleksi yaitu Netrizel, S. Sos Staf Tata Usaha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta dan Arisal Yanuarafi, S.Kom Kepala Divisi Pengembangan Sistem Informasi Pustikom Universitas Bung Hatta.

Sedangkan untuk tim juri untuk seleksi pemilihan tenaga kependidikan tahun 2015 yaitu Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati, M.Pd, Nurbeti, SH, MH, Drs. Firdaus Sy, MP, Ir. Mainizar dan Fifi Septriana, S.H. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 07 April 2015 - 12:11:19

Pelatihan Admin Portal Akademik Bagi Dekan dan Wakil Dekan
Pelatihan Admin Portal Akademik Bagi Dekan dan Wakil Dekan
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustikom) mengadakan pelatihan admin portal akademik bagi dekan dan wakil dekan di lingkungan Universitas bung Hatta yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (07/04/2015).

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Ir. Eko Alvares, MSA dan dengan narasumber Drs. Riswandi, M.Si dan Arisal Yanuarafi, S.Kom dari Pustikom Universitas Bnug Hatta.

“Dengan pelatihan ini dekan dan wakil dekan dapat mengetahui apa saja tugas dan wewenang yang dapat dilakukan pada portal akademik portal.bunghatta.ac.id serta dapat mengetahui apa saja fitur yang ada dalam portal tersebut sehingga kegiatan akademik dapat dipantu dengan sistem ini,” ucapnya Eko Alvares.

Sementara itu Kepala Pustikom Universitas Bung Hatta Drs. Riswandi, M.Si menjelaskan wewenang portal untuk dekan dan wakil dekan terdapat 10 ketentuan seperti melahiat laporan penerimaan mahasiswa baru, laporan akademik dan lainnya. Sedangkan Arisal Yanuarafi, S.Kom Kepala Divisi Pengembangan Sistem Informasi Pustikom Universitas Bung Hatta lebih menjelaskan secara teknis fitur-fitur yang dapat diakses oleh dekan dan wakil dekan.

Selain dekan dan wakil dekan akan ada pelatihan serupa juga untuk ketua jurusan, sekretaris jurusan, kepala tata usaha fakultas dan kepala bidang akdemik di fakultas. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 06 April 2015 - 11:14:16

20 Mahasiswa Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia Kunjungi UBH
20 Mahasiswa Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia Kunjungi UBH
bunghatta.ac.id - Dekan Fakultas Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE menyambut kedatangan tamu dari 20 mahasiswa jurusan Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia untuk melakukan kunjungan Jurusan Teknik Ekonomi Konstuksi atau Quantity Surveying Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang FTSP Gedung F Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (06/04/2015).

Hendri Warman menyampaikan Universiti Teknologi Malaysia dan Universitas Bung Hatta sudah menjalin kerjasama sejak lama dan saat ini semakin akrab hingga sudah seperti saudara sendiri. Tiap tahun melalui FTSP terus menjalin berbagai macam kegiatan baik berbentuk seminar internasional, kunjungan hingga melanjutkan studi doktoral ke Universiti Teknologi Malaysia.

“Dengan kunjungan ini kita dapat sama-sama mengambil manfaat dari segala informasi yang diperoleh dari Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. Selain itu juga dapat mempererat tali silaturahmi yang sejak lama telah dibangun sehingga rasa kebersamaan dan persahabatan selalu terjalin,” ucapnya.

Ketua Jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta Dr. Zulherman, ST, M.Sc mengatakan kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia merupakan bagian dari kunjungan balasan yang telah dilakukan sebelumnya. Program ini merupakan implementasi dari kerjasama yang telah dilakukan dengan Universiti Teknologi Malaysia.

“Tiap tahunnya mahasiswa Quantity Surveying Universitas Bung Hatta melakukan kunjungan ke Universiti Teknologi Malaysia begitu juga sebaliknya. Bahkan tiap semester dosen dari Universiti Teknologi Malaysia selalu memberikan kuliah di Quantity Surveying Universitas Bung Hatta,” ucapnya.

Dikatakannya, sebagai program pendidikan penyelenggara Quantity Surveying satu-satunya di Indonesia, Universitas Bung Hatta selalu menjadi rujukan dan tempat untuk mencari informasi mengenai Quantity Surveying di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2000 dengan kualifikasi dosen S2 dan S3 lulusan dalam maupun luar negeri.

“Meskipun Quantity Surveying Universitas Bung Hatta hanya jenjang Diploma III (D3), namun mahasiswanya sebelum tamat sudah banyak perusahaan yang mencari tenaga Quantity Surveying. Ditambah lagi jumlah lulusan Quantity Surveying di Indonesia sangat sedikit dan program studinya pun hanya ada satu di Universitas Bung Hatta. Hal ini menjadi peluang besar bagi yang ingin terjun di dunia jasa kontruksi,” tambahnya.

Sementara itu, Dr. Saidin Misnan Dosen Pendamping Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang telah diberikan oleh Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Universiti Teknologi Malaysia yang bernama Global Outreach Program (GOP)

“Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa, pemahaman lintas budaya, dan komunikasi lintas-budaya dan interpersonal mahasiswa serta mampu mengembangkan rasa percaya diri, kemandirian, dan keterampilan sosial mahasiswa,” ucapnya.

Selama 6 hari dari 3 April 2015 hingga 8 April 2015 mahasiswa Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia melakukan kunjungan ke berbagai bangunan adat Minangkabau dan konstruksi lainnya seperti Jembatan kelok 9, Istana Basa Pagaruyuang dan bangunan khas lainnya.

Pada kesempatan ini juga mahasiswa Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia mendapat pemaparan mengenai profil Universitas Bung Hatta dan sejarah jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta hingga penyampaian materi kuliah mengenai hukum kontrak konstuksi di Indonesia oleh Nursyam Saleh, SH, M.Eng. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.147.0.174