Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

FPIK UBH Menjadi Tempat Uji Kompetensi Kelautan dan Perikanan

Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta melaksanakan Pembukaan Pelatihan Asesor Kompetensi dan Kuliah Umum Sosialisasi Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan yang bertempat di Aula Balirung Caraka ....

UBH Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2014

Universitas Bung Hatta kembali menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2014 untuk tingkat universitas yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung E Rekotrat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (14/04/2014). Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum men....

20 Tahun Teknik Kimia UBH, Semakin Berprestasi

Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah genap berusia 20 tahun sejak berdiri pada 14 April 1994 lalu dan berkeinginan menjadi lembaga pendidikan Teknik Kimia tingkat sarjana yang berkualifikasi unggul di tingkat nasional, berkontribusi pada Industri khususnya ka....

Pindo UBH Gelar Acara Perisahan Bagi 67 Wisudawannya

Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan Unveristas Bung Hatta mengadakan acara perpisahan bagi 67 wisudawannya yang bertajuk “Pesta Malapeh Uda Uni Kami” di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung hatta, Minggu (13/03/201....

Mahasiswa Teknil Sipil UBH: Kuliah Lapangan Dukung Kompetensi Mahasiswa

Pemahaman terhadap praktik lapangan sangat diperlukan bagi mahasiswa teknik sipil, karena memperkaya serta memperdalam teori di bangku kuliah dan praktik di laboratorium. Selain itu juga berguna bagi mahasiswa atau lulusan dalam menghadapi dunia kerja. Pemahaman yang baik terhadap kondisi lapanga....

Mahasiswa Teknik Sipil UBH, Kuliah di Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Jurusan Teknik Sipil mendapat penjelasan tentang proses Proyek Pengendalian Banjir Batang Anai ( River Improvement Of Lower Reaches Of Anai River), saat mengikuti kuliah lapangan di Batang Anai Kab.Padang Pariaman, Minggu (13/4/14). Kegiatan ini ditujukan untuk memp....

Jumat 04 Oktober 2013 - 07:38:57

PTIK UBH Gelar Pelatihan Mengentik 10 Jari
PTIK UBH Gelar Pelatihan Mengentik 10 Jari
bunghatta.ac.id - Pengetikan dengan sepuluh jari dewasa ini sangat ditutut sebagai skill yang harus dimiliki oleh seseorang di berbagai tempat, semua persyaratan rata-rata sangat mengutamakan seseorang yang mampu mengetik dengan sepuluh jari.

Kemampuan dalam pengetikan sepuluh jari tidak semua orang bisa melakukannya, untuk itu timbulah ide dari Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta untuk mengangkat acara Diklat Pelatihan Sepuluh Jari.

Ketua pelaksana Yudi Lesmana mengatakan diklt ini nantinya akan membantu semua peserta agar dapat mampu dalam pengetikan sepuluh jari tersebut.

“Dengan mengikuti pelatihan ini kita dapat melatih kemampuan dalam pengetikan 10 jari dan dapat mengaplikasikan pengetikan 10 jari dikehidupan sehari-hari serta dapat meningkatkan keinginan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komputer (TIK),” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan diklat yang diadakan dua hari pada 05-06 Oktober 2013 bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta.

Pelatihan yang diberikan tentang typing ataupun pengetikan dengan menggunakan 10 jari bagi seluruh mahasiswa Universitas Bung Hatta maupun umum dengan insert Rp. 20.000,- info lengkapnya hubungi Ega 081947687657 dan Nana 085263 4710.

“Jika tidak mahir dalam mengetik dan masih memenggunakan dua jari, tukan jawabannya dengan mengikuti pelatihan ini,” imbuhnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 02 Oktober 2013 - 13:21:10

bunghatta.ac.id - Enam mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (Pmat) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta akan mengikuti Kejuaraan Bridge Nasional Mahasiswa ke-15 yang dilaksanakan pada tanggal 02-06 Oktober 2013 di Benteng Vredeburg, Malioboro, Yogyakarta.

Keenam mahasiswa tersebut yaitu Wewen Yuhendri, Rahmat Ridho Suradi, Yunita Fytry, Agung Dwi Saputro, Riska Kennedy, dan Cappry Yoda Pratama.

Dra. Rita Desfitri, M.sc Ketua Jurusan Pemat FKIP Universitas Bung Hatta mengatakan mereka berangkat ke Yogyakarta untuk mewakili Universitas Bung Hatta mengikuti kompetisi yang cukup bergengsis ini.

“Dalam satu tim yang terdiri dari 6 orang tersebut akan didampingi oleh dosen pembimbing kemahasiswaan Prodi Pmat, Drs. Fazri Zuzano, M.Si,” ujar Rita.

Sebelumnya, Tim mahasiswa Prodi Pmat UBH ini yang diwakili oleh Wewen Yuhendri, Yunita Fytry, Agung Dwi saputro, dan Cappry Yoda Pratama berhasil menjadi Juara I Bridge Competition 2013 se Sumatera Barat - Riau yang dilaksanakan di Sawahlunto pada tanggal 11 - 12 Mei 2013 yang lalu.

“Kita tentu berharap tim ini tidak kalah bersaing di tingkat nasional, dan kita berdoa agar tim ini berhasil menjuarai kompetisi dan mengharumkan nama Universitas Bung Hatta di bidang kejuaraan bridge ini,” tutupnya. (**Bayu/Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 02 Oktober 2013 - 10:03:39

Dosen Ekonomi UBH Presentasikan Kajian Perbedaan Pemahaman Wajib Pajak dan Fiskus
Dosen Ekonomi UBH Presentasikan Kajian Perbedaan Pemahaman Wajib Pajak dan Fiskus
bunghatta.ac.id - Sudah menjadi dilema dalam praktik perpajakan di suatu negara sebab akan ada perbedaan kepentingan antara wajib pajak dan pihak pemerintah. Dalam hal pelaksanaan beban pajak ini, disatu sisi wajib pajak berusaha mengurangi kewajiban pajaknya sedangkan dilain pihak pemerintah akan berusaha agar pemasukan dari sektor pajak menjadi maksimal sebab pemerintah memerlukan dana untuk membiayai penyelenggaraan negara yang sebagian besar dari pajak.

Hal tersebut dikatakan Popi Fauziati, S.E, M.Si, Ak dosen jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta.

Menurutnya, bagi pemerintah pajak merukapan salah satu sumber terpenting yang digunakan untuk membiayai pengeluaran negara baik pengeluaran rutin maupun pengeluaran pembangunan sedangkan bagi perusahaan, pajak adalah beban yang akan mengurangi laba bersih.

“Dari adanya perbedaan kepentingan ini menyebabkan wajib pajak cenderung untuk mengurangi pembayaran pajak baik legal maupun ilegal. Hal ini menarik untuk diteliti karena sering terjadi perbedaan interprestasi antara wajib pajak badan dan fiskus (petugas pajak) mengenai pelaksanaan kewajiban pajak karena adanya perbedaan kepentingan dan juga penyebaran sumber daya yang ahli di bidang perpajakan,” jelas Popi.

Untuk itu perlu dilakukan analisis perbedaan tingkat pemahaman wajib pajak dan fiskus terhadap pengetahuan umum, perencanaan, strategis dan penggelapan pajak. Penelitian tersebut dilakukan di wilayah Kantor Pelayanan Pajak Kota Padang yang memiliki badan hukum dan fiskus oleh Popi Fauziati, SE, M.Si, Ak bersama mahasiswa Bobby Ilyas dan Resti Yuliatisia M.

Ia mengatakan wajib pajak yang menjadi sampel adalah perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) sebanyak 35 perusahaan dan untuk fiskus pajaknya merupakan karyawan KKP Kota Padang yang bertugas di bagian teknisi bagian pajak penghasilan badan, pajak pertambahan nilai, pajak tidak langsung dengan mengunakan metode judgement sampling hunting.

“Kita melihat terjadi perbedaan yang signifikan antara wajib pajak dengan fiskus dengan nilai rata-rata yang diperoleh fiskus jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wajib pajak. Begitu juga hasil uji hipotesa diperoleh nilai signifikan yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai probabilitas sehingga semua hipotesa diterima,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hasil uji yang diperoleh membuktikan secara empiris pengetahuan yang dimilik oleh fiskus dan wajib pajak di Kota Padang berbeda. Hal tersebut dilihat dari hasil temuannya mengindikasikan bahwa petugas pajak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik dibandingkan dengan wajib pajak badan.

“Ini dapat disebabkan oleh latar belakang pendidikan dari petugas pajak itu sendiri yang hampir seluruh petugasnya berpendidikan Sarjana (S1). Tak hanya itu pelatihan dan seminar yang diikuti fiskus juga mempengaruhi pemahaman mereka mengenai perencaanaan dan penggelapan pajak. Begitu juga pengalaman kerja,” imbuhnya.

Penelitian ini pun telah diikutsertakan dalam Simposium Nasional Akuntasi ke-XVI di Universitas Sam Ratulangi, Manado Sulawesi Utara pada 25-28 September 2013. (**Bayu Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 01 Oktober 2013 - 07:53:55

Farrah Hanum : Lulusan Teknik Kimia UBH Raih Beasiswa S2 ke Jepang
Farrah Hanum : Lulusan Teknik Kimia UBH Raih Beasiswa S2 ke Jepang
bunghatta.ac.id - Farrah Fadhillah Hanum lulusan Teknik Kimia angkatan 2008 Universitas Bung Hatta berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan Magister (S2) di Gifu University Jepang melalui beasiswa program Basin Water Environmental Leader (BWEL) yang di perolehnya.

Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengatakan beasiswa Basin Water Environmental Leader yang diterima Farrah tersebut merupakan bagian dari hasil kerjasama River Basin Research Center Gifu University dengan Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta.

“Beasiswa tersebut bertujuan membina mahasiswa pascasarjana sebagai pemimpin lingkungan yang memahami masalah-masalah lingkungan hidup dengan pandangan yang luas, mampu merencanakan, melaksanakan dan mencari solusi strategis serta pencegahannya,” jelas Reni saat melakukan pertemuan dengan pimpinan struktural kampus di Ruang Rektor Kampus Proklamatro I Universitas Bung Hatta.

Ia menambahkan, sejak tahun 2010 hingga saat ini terdapat 4 orang alumni Jutusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang sedang mengikuti program master di Universitas Gifu Jepang, yakni Joni Aldilla Fajri, M.Eng, Edwina Zainal M.Eng, Weni Zuwirna dan yang terbaru Farrah Fadhillah Hanum.

“Untuk Joni dan Edwina telah menyelesaikan program masternya dan Joni lanjut mengambil program doktoral (S3) di tahun ke-2 dan tahun ke-1 untuk Edwina. Sementara itu untuk Weni sedang S2 di tahun ke-1,” ujarnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA bangga dengan alumni jurusan Teknik Kimia yang berhasil melanjutkan studi di Jepang sebab untuk mendapatkan beasiswa dari program Basin Water Environmental Leader ini tidak lah mudah harus bersaing dengan orang-orang dari selruh dunia.

“Kita berharap setiap tahunnya tidak hanya satu yang dikirim untuk mengikuti program beasiswa ini tapi sekurang-kurangnya ada dua dan bagi mahasiswa lainya Farrah ini bisa menjadi motivasi untuk kita agar terus belajar giat dalam mencapai cita-cita kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Farrah Fadhillah Hanum mengungkapkan rasa senang dan syukurnya kepada tuhan yang maha esa. Pastinya beasiswa ini adalah amanah yang telah diberikan kepadanya dan saya akan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya.

“ Saya percaya Kesempatan itu tidak datang dua kali. Kalo punya niat belajar dan pengen juga cobaain belajar keluar negri, tingkatkan kemampuan berbahasa. Saat ini kesempatan belajar di luar negeri itu sudah banyak, jadi tinggal berusaha sebaik-baiknya dan tingkatkan kualitas diri, “ ujarnya.

Dalam petemuan tersebut dihadiri juga Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Susi Herawati, M.Pd dan Dekan Fakultas Teknologi Industri Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc. (*Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 30 September 2013 - 08:02:16

Mahasiswa FTI Lakukan Inovasi Alat ATS Untuk Pengaman Genset
Mahasiswa FTI Lakukan Inovasi Alat ATS Untuk Pengaman Genset
bunghatta.ac.id - Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universtias Bung Hatta melakukan rancangan dan inovasi alat Automatic Transfer Switch (ATS) untuk konsumen rumah tangga. Alat ini sangat berguna saat pasokan listrik sedang terjadi pemadaman dari sumber arusnya.

ATS merupakan suatu rangkaian dari peralatan listrik yang berfungsi sebagai pengontrol untuk mengatur antara suplai listrik utama dari PLN dengan suplai cadangan (genset) begitu juga sebaliknya secara otomatis tanpa operator.

Hal tersebut dikatakan Arif salah satu mahasiswa jurusan Teknik Elektro yang saat itu sedang menerangkan kepada penggunjung di stan pameran Teknologi Tepat Guna FTI Universtias Bung Hatta yang dilaksanakan pada 26-30 September 2013 di Gor H Agus Salim Padang.

Inovasi alat ATS ini dibuat oleh Khairul Hidayat dibawah bimbingan Ir. Yani ridal, MT dan Ir. Arzul, MT.

Menurut Arif, pada perancangan ATS ini modul AMF (Automatic Main Failure) yang biasa digunakan menggunakan produk pabrikan akan diganti dengan konfigurasi beberapa komponen relay dan timer. AMP ini berfungsi dalam proses starting, menghidupkan atau memeutuskan mesin genset.

“Dari perubahan konfigurasi ini biaya produksi dapat dipangkas dan konsumen rumah tangga dapat menggunakan fasilitas ATS dengan harga yang cocok dan terjangkau,” ujarnya.

Ia mengatakan dipasaran panel ATS untuk konsumen rumah tangga cukup sulit dijumpai dipasaran karena panel ATS yang diproduksi dengan memakai modul AMF buatan pabrik yang harganya jauh relatif mahal.

“Hal ini berakibat panel ATS untuk kapasitas rumah tangga enggan dibeli masyarakat. Tak heran gedung perkantoran dan tempat-tempat penting saja yang menggunakan alat ini,” jelasnya.

Pada ATS ini terdapat dua mode pengoperasian yaitu mode manual dan mode otomatis. Pada mode otomatis prinsisp kerjanya yaitu pada saat terjadi pemadaman pada suplai utama arus listrik dari PLN maka ATS akan otomatis menstart genset hingga genset hidup dan menyalurkan daya ke beban. Selanjutnya jika suplai utrama PLN nolrmal kembali maka ATS akan otomatis mematikan genset.

“Rangkaian ini sebenarnya fungsinya hampir mirip dengan home sakelar, hanya perbedaannya adalah pada rangkaian ini semuanya bekerja secara automatis. Dengan adanya ATS ini kita dapat membantu konsumen rumah tangga dalam pengoperasian genset secara otomatis ketika listrik dari PLN padam,” ujar Arif. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Minggu 29 September 2013 - 11:22:57

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengirim 3 mahasiswanya untuk mengikuti Kejuaraan Catur Nasional Antar Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Indonesia yang diadakan oleh Unit Kegiatan Olahraga Universitas Andalas.

Ketiga atlit tersebut Ikhsan Hamit mahasiswa jurusan Teknik Sipil angkatan 2009, Febri Mai Yulis Sandra mahasiswa jurusan Teknik Kimia angkatan 2012 dan Maknunatun mahasiswa jurusan Ilmu Hukum angkatan 2013 bertanding pada 28-30 September 2013 di Auditorium Universitas Andalas.

Menurut Melky Hadi Irawan, Ketua UKM Olahraga Proklamator Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan ini kita ikuti sebagai salah satu sarana untuk melatih dan mengembangkan kemampuan para atlit catur yang di miliki kampus Universitas Bung Hatta.

“Sebenarnya banyak dari mahasiswa Universitas Bung Hatta yang berpotensi dalam permainan catur ini namun kita juga masih memiliki keterbatasan untuk mendatanya,” ujar Melky mahasiswa jurusan Teknik Sipil ini.

"Saya mengingatkan untuk para atilit kita agar selalu menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran selama pertandingan. Selain itu juga kita berharap dapat masuk sepuluh besar dalam kejuaraan ini,” tambahnya.

Pada kejuaraan ini akan merebutkan total hadiah Rp. 20 juta yang dibagi menjadi 10 besar untuk kelompok catur pria dan 5 besar untuk kelompok catur wanita.

Saat ini UKM Olahraga Proklamator mengelola 8 cabang olahraga yaitu bola kaki, futsal, bola basket, catur, tenis meja, badminton, bola volly, karate dan silat.

“Kemungkin kita bisa menambah beberapa cabang lagi tergantung dengan minat para mahasiswa mau memilih jenis olahraga yang mana,” imbuhnya.

Kejuaraan catur ini diikuti hampir 80 peserta yang berasal 20 perguruan tinggi dan untuk atlit catur yang berasal dari Sumatra Barat yang mendapat peringkat 3 besar dalam kejuaraan ini Persatuan Catus seluruh Indonesia (Percasi) Sumatra Barat akan langsung dijadikan utusan asal Sumatra Barat untuk diikutsertakan dalam kejuaraan pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-13 di Yogyakata mendatang.

“Meskipun nanti tidak masuk 3 besar dalam kejuaraan ini, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi pada tanggal 01-02 Oktober 2013 dan yang masuk kedalam 3 besar akan dipilh untuk mengikuti kejuaraan Pomnas,” tambahnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 27 September 2013 - 14:25:18

bunghatta.ac.id - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) setiap tahunnya diluncurkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi agar memiliki kemampuan akademis dalam taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

Melihat pentingnya program tersebut bagi mahasiswa maka Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan sosialiasi dan workshop penyusunan proposal program kreativitas mahasiswa (PKM) untuk tahun 2013 di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (27/09/2013).

Ketua pelaksana kegiatan ini, Hendra Kusuma, S.Pi, M.Si menjelaskan program kreativitas mahasiswa sangat bagus diikuti oleh para mahasiswa untuk dapat mengembangkan ide kreatifnya dalam bentuk tulisan di proposal kegiatan.

“Jika dilihat dari tahun 2012 kemarin peminat yang mengikuti program ini cukup meningkat di tahun 2013 ini dari 10 kelompok menjadi 25 kelompok. Setiap kelompok akan dibimbing dan diberikan pelatihan dalam penulisan proposal PKM oleh dosen pembimbing sesuai dengan bidang di fakultasnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA yang membuka acara ini mengatakan mahasiswa saat ini dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam berbagai hal salah satunya dengan mengikuti kegiatan program kreativitas mahasiswa yang akan dibiayai langsung oleh pemerintah.

“Tentunnya kita sebagai mahasiswa harus lebih aktif dan kreatif untuk menciptakan individu-individu yang memiliki nilai jual dan nilai saing dengan yang lainnya sebab orang sukses itu selalu kreatif,” ungkap Niki

Para peserta pelatihan ini mendapatkan materi mengenai pengenalan dan sosialisasi PKM 2013 yang didanai Dikti tahun 2014 oleh Drs. Suparman Khan, M.Hum dan Marleni, SE, M.Si. Kemudian materi mengenai teknik pembuatan proposal PKM dari tim panitia yang terdiri dari dari Ir. Haryani, MT, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Dr. Elfiondri, M.Hum dan Harfiandri, S.Pi, M.Sc. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 27 September 2013 - 07:49:50

Fak.Teknologi Industri Pamerkan Inovasi Pengolahan Air Laut Dalam Pembuatan Garam
Fak.Teknologi Industri Pamerkan Inovasi Pengolahan Air Laut Dalam Pembuatan Garam
bunghatta.ac.id - Banyak masyarakat di kawasan pesisir pantai Indonesia belum memanfaatkan potensi air laut untuk dijadikan garam selain itu pengolahan garam yang ada masih secara tradisional dengan tambak-tambak. Kita melakukan inovasi untuk pengolahan garam tersebut dengan kolektor surya.

Demikianlah dikatakan Ir. Mulyanef, M.Sc saat memberikan penjelasan tentang Teknologi Pengolahan Air Laut Menjadi Garam dengan Kolektor Surya ke pada penggunjung yang datang ke stan pameran Teknologi Tepat Guna Fakutlas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta (UBH) di Areal Gor H Agus Salim, Kamis (26/09/2013).

Alat ini merupakan hasil karya tugas akhir Muslimin mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2008 dengan dibimbingan dari Ir. Mulyanef, M.Sc dan Burnawi, ST, M.Si. Pada rancangan baru ini pembuatan garam dari air laut dilakukan dengan memanfaatkan kolektor tenaga surya plat datar.

Mulyanef salah satu pembimbing dari hasil karya teknologi tersebut mengatakan pada dasarnya alat ini bekerjanya secara sederhana saja, air laut dimasukan kedalam kolektor dengan tutup kaca trasparan kemudian diletakan diruangan terbuka dengan di sinar matahari yang cukup masuk ke dalam kolektor tersebut.

“Panas yang dihasilkan dari sinar matahari akan menguapkan air laut sehingga terjadi proses kondensasi yang diakibatkan terjadinya perbedaan temperatur antara di dalam basin dengan lingkungan sekitar,” ujarnya Mulyanef yang juga menjabat sebagai Dekan FTI UBH.

Lebih lanjut ia menjelaskan hasil kondensasi akan menempel pada kaca sehingga terjadi perubahan fasa dari uap menjadi cair. Kemudian air akan mengalir ke bawah menuju saluran air yang terbuat dari pipa. Hal ini disebabkan penutup kaca kolektornya di rancang dengan posisi miring.

“Pengujian dilakukan secara terus menerus setiap hari dari pagi hingga sore hari sampai sampel air laut dalam basin menguap seluruhnya atau kering,” imbuhnya.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan ukuran kolektor 1,6 meter persegi dan kebutuhan sampel air laut sebanyak 10 litter akan menghasilkan air sulingan sebanyak 1093 ml/hari dan 613 gram garam. Proses perubahan air laut menjadi garam membutuhkan waktu optimum 6 hari bila cuaca cerah dengan intensitas rata-rata matahari 484 watt/harinya.

Teknologi ini bisa digunakan untuk area pekarangan rumah yang kecil dan dapat membantu masyarakat di pesisir pantai dalam mengolah air laut menjadi garam dan air bersih. “Tentunya untuk meningkatkan produktivitas garam dan air bersih dapat dilakukan dengan cara memperluas kolektor suryanya,” ungkapnya. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 27 September 2013 - 07:41:03

FTI UBH Tampilkan Karya Dalam Pameran Teknologi Tepat Guna Nasional
FTI UBH Tampilkan Karya Dalam Pameran Teknologi Tepat Guna Nasional
bunghatta.ac.id - Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta (UBH) menjadi satu-satu perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam kegiatan Gelar Pameran Teknologi Tepat Guna Nasional ke-15 yang diadakan di Arel Gor H. Agus Saling, Kota Padang yang berlangsung dari 26-30 Sepember 2013.

Dr. Eng. Reni Desmiarti, ST, MT koordinator pameran dari FTI UBH mengatakan kegiatan ini kita ikuti untuk menunjukan hasil inovasi-inovasi teknologi buah karya mahasiswa dan dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta kepada masyarakat banyak.

“Selain itu juga menjadi saranan untuk promosi hasil karya yang dipamerkan dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Kimia,” ungkapnya.

Dikatakannya Reni, alat-alat yang ditampilkan untuk jurusan Teknik Elektro adalah alat peraga miniatur pagar rumah otomatis, alat Automatic Transfer Switch (ATS) dan juga meyusul akan ada robot-robot. Sedangkan dari jurusan Teknik Mesin membawa alat pengolahan air laut menjadi garam dengan menggunakan kolektor surya.
“Untuk jurusan Teknik Industri membawa prototipe alat pembuatan cetakan batu bata dan jurusan Teknik Kimia menampilkan karya kompor briket dan brket dari batubara, alat fermentasi biji kakao,” ujarnya.

Tidak hanya hasil alat, di stan juga ada poster-poster karya yang khas dari setiap jurusan. Seperti untuk jurusan Teknik Industri dalam poster tersebut ada kursi dan meja pengupas kulit kelapa, rancangan kotak roti, prototipe pencuci umbi talas, rancangan meja multifungsi dan desain alat tambal ban dalam.

Dari jurusan Teknik Kimia ada poster pengolahan pupuk cair kosarmas, proses fermentasi kakao, pengolahan air dengan menggunakan sistem plasma dan pembuatan serta pemanfaatan briket barubara untuk masak rendang.
Pameran ini resmi dibuka, Rabu (26/09/2013), Menko Kesra Agung Laksono dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Kemdagri, serta Gubernur, Ketua DPRD, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia.

Sementara Universitas Bung Hatta turut hadir juga Rektor Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, MBA, Akt dan Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Drs. Susi Herawati, M.Pd untuk melihat stan pameran teknologi dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta.

“Kampus sangat mendukung kegiatan seperti ini semoga masyarakat yang mengunjungi stan kita dapat memperoleh ilmu baru dan dapat mengenal bahwa di Universitas Bung Hatta memiliki jurusan di bidang teknologi,” ujar Susi Herawati.

Meski baru sehari dibuka banyak pengunjung yang datang ke stan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dari berbagai kalangan baik itu akademisi, pelajar hingga masyarakat biasa. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 25 September 2013 - 15:52:17

bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta untuk kali pertama mengadakan pertemuan dengan pensiunan karyawan dan dosen yang telah lama mengabdi di Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (25/09/2013).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA dalam sambutannya mengungkapkan sangat bahagia bisa bertemu dan melakukan silaturahmi dengan karyawan dan dosen yang telah mengabdi di kampus Proklamator ini.

“Kampus mengundang semuanya untuk melakukan temuramah dengan seluruh pimpinan baru Universitas Bung Hatta sekaligus untuk saling berbagi informasi dan masukan demi kemajuan kampus sesuai dengan visi menuju kampus yang berkelas tidak hanya linggup Kopertis tapi bisa nasional bahkan mendunia,” ujarnya.

Pada periode 30 tahun kedua Universitas Bung Hatta ini, Rektor menceritakan kondisi terkini Universitas Bung Hatta seperti pememindahan beberapa fakultas ke Kampus Proklamator II di Aie Pacah, pengembangan Kampus Proklamator I untuk Pascasarjana dan sentral bisnis hingga persiapan menuju akreditasi institusi.

“Akreditasi institusi ini sangat penting dilakukan oleh perguruan tinggi dan menjadi tantangan kita semua. Selain itu juga masalah rencana pengembangan induk dan strategis Universitas Bung Hatta serta statuta baru yang harus disesuaikan dengan No. 20 Tahun 2003,” jelasnya.

“Tak hanya itu permasalahan transportasi, musala hingga kafe tak luput juga menjadi perhatian kita semua,” tambahnya
Selain temu ramah, acara ini juga dilangsungkan pemberian piagam penghargaan kepada seluruh pihak yang membantu dalam penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014 yang diwakili 6 perwakilan yaitu Dr. Yetti Moralen, M.Hum, Dwi Astuti Palupi, S.H., M.H, Drs. Riswandi, M.Si, Indrawadi, S.Pi, Fridayanti, SE, M.Si dan Sofnizen, Amd.

Sementera itu sambutan salah satu perwakilan karyawan dan dosen yang yang telah lama mengabdi di Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Yunazar Manjang mengungkapkan rasa terimakasihnya atas dilaksanakannya kegiatan ini sebab sudah 7 kali pergantian rektor baru kali ini diadakan pertemuan ini.

“Banyak perubahan yang terjadi di kampus Universitas Bung Hatta mulai dari fasilitas dan jumalah mahasiswa yang terus meningkat. Tentunya kita harus bisa mengelola semua itu dengan baik agar kampus kita ini semakin maju,” ucap Yunazar yang juga pernah menjabat sebagai rektor ke-6 Universitas Bung Hatta ini.

Sebanyak 43 dosen dan karyawan yang diundang dalam acara temu ramah dan silaturahmi ini namun yang berkesempatan hadir hanya 25 orang saja tak menyurutkan untuk saling bertukar pikiran demi kemajuan kampus Universitas Bung Hatta. (**Bayu-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 23.23.2.137