Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Rektor UBH Buka Krida FKIP 2015

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE , Akt, MBA membuka kegiatan Krida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang diperuntukan untuk mahasiswa angkatan 2014. Kegiatan pembukaan ini diladakan di Aula Pertemuan lantai 4 Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator ....

Peserta KKN-PPM 2015 Universitas Bung Hatta Akan Disebar ke 54 Kenagarian

Universitas Bung Hatta tengah mempersiapkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) untuk periode ke-5 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga awal Agustus 2015 mendatanng. Demikian dikatakan Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015, Ir....

Rektor UBH Dukung Keterbukaan Informasi

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, menyatakan sangat mendukung keterbukaan informasi publik sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Hal itu dinyatakan Niki saat menerima kunjungan Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Syamsu Rizal beserta komisioner KI l....

Terbentuk Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Sumbar

Dalam proses yang singkat dan berlangsung secara kekeluargaan, di Aula Balairung Caraka Kampus 1 Universitas Bung Hatta, (Rabu,25/2) Dr. Alfian Zein.MS dan Dr. Eyviet Nazmar,MS terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia Wilayah Sumbar (ISPIKANI), ketua dan sekretaris te....

KSR-PMI Prokamator Akan gelar Pelatihan SAR Air Nasional

Perlunya kesiapsiagaan terkait dengan bencana dan kecelakaan yang terjadi di air, sebab banyak masyarakat belum mempunyai siap dalam menghadapinya serta belum begitu paham saat menyelamatkan diri sendiri ketika bencana terjadi. Untuk itu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universi....

Harry Azhar Azis: Laporan BPK Sebagai UpayaPeningkatan Kesejahteraan Rakyat

Badan Pemerikasa Keuangan (BPK) adalah lembaga negara yang bertugas memerikasa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Pemereikasaan dilaksanakan secara bebas dan mandiri, dan hasilnya diserahkan kepada lembaga perwakilan baik DPR, DPD dan DPRD sesuai kewenangannya . Tak hanya itu BPK juga ....

Senin 06 Oktober 2014 - 09:41:46

 Hari Raya Idul Adha, UBH Potong 5 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing
Hari Raya Idul Adha, UBH Potong 5 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing
bunghatta.ac.id - Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1435 H Jemaah Mesjid Nurjannah Universitas Bung Hatta menyembelih 5 ekor sapi dan 4 ekor kambing hewan qurban yang dilakanakan di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Minggu (05/10/2014).

Ketua pelaksana qurban Ir. Nasril Sikumbang,MT, IAI menyampaika peserta qurban di Masjid Nurjannah Universitas Bung Hatta ini berasal dari kalangan dosen, karyawan serta dari jemaah sekitar masjid lainnya.

“Usai pemotongan dagingnya akan dibagikan ke masyarakat sekitar kampus serta seluruh anggota karyawan di lingkungan Universitas Bung Hatta, sebagai wujud kepedulian dan indahnya untuk saling berbagi dengan sesama antara sivitas akademika Universitas Bung Hatta dengan masyarakat sekitar kampus,” ujar Nasril.

"Tak hanya itu, sembari memotong hewan qurban, pantia juga memasak dan diakhiri dengan makan bersama," tambahnya

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan atas nama sivitas akademika Universitas Bung Hatta mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H.

Ia mengatakan hakikat berqurban itu mengandung dua dimensi ibadah dalam Islam yakni Hamblum Minallah dan Hablum Minannas dalam arti berqurban merupakan simbol kepatuhan kepada perintah Allah SWT. Berqurban juga memiliki nilai kesetiakawanan dan kebersamaan.

“Dengan berqurban dapat juga menjadi wujud kepedulian kita dengan berbagi pada sesama. Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang para civitas akademika Universitas Bung Hatta khususnya mereka yang berpenghasilan tinggi lebih meningkat lagi motivasinya dalam berqurban sehingga menjadi tauladan bagi umat Muslim lainnya,” imbuhnya.

(**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 03 Oktober 2014 - 10:24:52

Baralek Gadang "FTSP SILeNT EFFECT" Telah Usai
Baralek Gadang "FTSP SILeNT EFFECT" Telah Usai
bunghatta.ac.id - Hentakan pedal drum, petikan gitar yang melengking, menggema di seluruh gedung. Nada musik dan sound yang keras memecah keheningan di Kampus Proklamator I Universtias Bung Hatta. Satu persatu pengunjung mulai memadati area di sekeliling panggung. Ikut bergoyang mengikuti setiap lirik lagu yang diucapkan oleh sang vokalis.

Itulah penampilan salah satu grup band beraliran rock tampil dalam acara Closing Ceremony FTSP SILeNT EFFECT yang dihelat oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta di Pelataran Parkir Lapangan Tenis Kampus Proklamator I Universtias Bung Hatta, Kamis (02/10/2104) sore.

Setelah berjalan dari 16 September 2014 lalu, akhirnya kegiatan FTSP SILeNT EFFECT dapat di tutup secara langsung oleh Dekan FTSP Ir. Hendri Warman, MSCE yang didampingi oleh Gubernur BEMM FTSP Rioni Riski Aldiansyah dan Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta.

Kegiatan FTSP SILeNT EFFECT tersebut merupakan kepanjangan dari Skill Intellectual Leader Natural Technology yang dirancang khusus untuk kegiatan yang bersifat ilmiah dan kreatifitas mahasiswa yang pada intinya kegiatan tersebut mengajak mahasiswa untuk berkreasi dan mengasah potensi diri dibidang minat bakat serta penalaran. Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Daniel Risman, Kamis (02/10/2104) sore.

“Kegiatan yang dilselenggarakan dari kita untuk kita ini, merupakan baralek gadang mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan sebagai wujud kepedulian kita melalui Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa untuk menciptakan dan mengembangkan kemampuan para mahasiswa disegala bidang, tidak hanya akademik saja tapi bisa non akademik,” ujarnya.

Terdapat 5 rangkaian kegiatan dalam FTSP SILeNT EFFECT yaitu SILeNT National Seminar yang bertujaun untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui pemanfaatan teknolohi dan rekayasa bidang konstrusksi dalam mengongsong AFTA 2014, kemudian SILeNT Sport Competition yang terdiri dari Pertandingan Futsal dan Pertandingan Sepak Bola.

Selanjutnya SILeNT Construction Training merupakan pelatihan untuk masyarakat Jasa Konstruksi, SILeNT Leading LKMM-TD yang merupakan latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa tingkat dasar se-Kota Padang dan SILeNT Fest berupa Festival Band.

Pada kesempatan itu juga Rioni Rizki Aldiansyah, Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyampaikan Kegiatan FTSP SILeNT EFFECT yang merupakan bagian dari program kerja BEMM dan diharapkan menjadi agenda rutin tiap tahunnya meski sekarang terdapat banyak kekurangan sehingga pada periode kepengurusan BEMM selanjutnya dapat lebih baik lagi.

“Kita sangat bersyukur telah berhasil mengangkat event besar ini dan kita juga berterima kasih kepada para sponsor yang telah membantu berkerjasama dan menyukseskan kegiatan ini terutama kepada Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia,” sebut mahasiswa jurusan Teknik Sipil ini.

Sementara itu, dalam sambutan penutupannya, Dekan Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE mengungkapkan rasa bangga dan mengapresiasi kepada Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta yang berhasil mengangkat kegiatan yang sangat penting ini.

“Berkat perjuangan kita bersama, Universitas Bung Hatta menjadi perguruan tinggi pertama yang mengadakan pelatihan jasa konstruksi yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia dan Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah I Banda Aceh,” ucapnya.

Menurut Hendri, dengan adanya kerjasama pelatihan ini sebagai upaya dari fakultas dalam mengingkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan agar siap dalam menghadapi persaingan pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sebenatar lagi akan tiba pada tahun 2015.

“Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta kita cetuskan sebagai Fakultas Jasa Konstruski dan Tahun 2014 ini menjadi tolerehan tinta emas yang berhasil kita ukir bersama demi kemajuan kita bersama karena dunia jasa konstruksi telah mengunggu kita semua,” ungkapnya

Pada acara ini juga diumumkan para juara dari Turnamen Futsal dan Sepak Bola yaitu GP Futsal berhasil meraih juara pertama, di susul oleh Elcapolista juara kedua dan Masa' FC ketiga pada turnamen futsal se-kota Padang . Sedangkan pada Sepak Bola antar mahasiswa Universitas Bung Hatta, juara I diraih oleh HIMA Penjaskesrek dan Fakultas Hukum diposisi kedua.

Selain dimeriahkan oleh Parade Band, pada acara Closing Ceremony FTSP SILeNT EFFECT ini juga menampilakan Stand up Comedy, Stand Ramalan dan diramaikan oleh beberapa komunitas pencinta hewan seperti Komunitas Pencinta Sugar Glider Padang, Minang Reptile Community(MARC), Green Reptile Community (GRC), Komunitas Reptile dan Amphibi Padang(KraP). Malamnya, FTSP SILeNT EFFECT ini juga ditutup dengan penampilan kembang api. (**Anwar WP/Ubay)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 03 Oktober 2014 - 09:18:27

Parade Band  Meriahkan Kampus Proklamator
Parade Band Meriahkan Kampus Proklamator
bunghatta.ac.id - Sebanyak 14 grup band tampil dalam acara Parade Band, SILeNT Fest yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta di Pelataran Parkir Lapangan Tenis Kampus Proklamator I Universtias Bung Hatta, Kamis (02/10/2104) sore.

Ketua Pelaksana, Daniel Risman mengatakan parade band tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan FTSP SILeNT EFFECT. Kegiatan ini sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan diri di bidang musik. Sekaligus dengan adanya penampilan para grup band ini dapat memeriahkan dan meramaikan kampus dengan aktivitas-aktiviata yang positif.

“Pada parede band ini menampilakan berbagai genre musik yang dicampur menjadi satu mulai dari pop, blues, rock hingga metal. Pada kesempatan ini juga kita menghadirkan empat bintang tamu yaitu S.O.E, The Jim’s, Lado Merah, dan Beroxy. ,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 02 Oktober 2014 - 11:52:17

FE UBH dan  Ikantan Akuntan Indonesia Sumbar Beri Pelatihan Metodologi Penelitian
FE UBH dan Ikantan Akuntan Indonesia Sumbar Beri Pelatihan Metodologi Penelitian
bunghatta.ac.id - Metodologi penelitian itu bukan hanya untuk diperlajari saja akan tetapi harus juga diaplikasikan dalam rangka pengambangan ilmu pengetahuan.

Demikian dikatakan dosen Universitas Andalas Prof. Eddy R. Rasyid, Ph.D, CA saat memberikan materi Workshop Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Akuntansi yang bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Gedung 3 Blok A Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Kamis (02/10/2014).

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara Fakutlas Ekonomi Universitas Bnug Hatta dengan Ikantan Akuntan Indonesia (IAI) Sumatra Barat yang diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari mahasiswa, anggota IAI yang merupakan dosen hingga praktisi dibidang akuntansi se-Sumatera Barat.

Eddy R. Rasyid menyampaikan materi mengenai pengantar dan paradigma penelitian, paradigma non functionalism, penelitian kualitatif akuntansi functionalism dan non functionalism, bagaimana melakukan penelitian kualitatif dari segi konsep-konsep dan contohnya.

“Saat ini penerapan metedologi penelitian kualitatif sedang marak-maraknya dan terus berkembang dikalangan penggiat bidang akuntansi. Penelitan kualtiatif di bidang ilmu sosial tidaklah mono tapi cukup beragam, sebagai perumapanaan seorang peneliti dapat menjadi turis atau traveler,” sebutnya.

Ia menyampaikan ibarat memasuki hutan yang rimba, arah penelitian tersebut tidak boleh tersesat dan peneliti perlu memilik pengetahuan untuk mengenal seluk beluk permasalahannya. ” Workshop ini sebagai upaya yang dilakukan IAI Sumatra Barat untuk meningkatkan kualitas para anggotanya. Saat ini penerapanMetedologi penelitian kualitatif,” ujarnya guru besaR Fakultas Ekonomi Universitas Anadalas ini.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakutlas Ekonomi Universitas Bung Hatta Yuhelmi, SE, MM dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan sangat senang dengan ditujukanya Universitas Bung Hatta oleh IAI Sumatra Barat untuk nengadakan pelatihan ini.

“Kita berharap untuk kedepanya dapat terus berlanjut kegiata semacam ini dan dapat juga dilakukan MoU (Memorandum of Understanding) yang sangat bermanfaat sekali dalam meningkatkan nilai akreditasi,” sebutnya.

Yuhelmi juga menyampaikan dengan ilmu yang telah didapat dalam pelatihan ini agar dapat memotivasi para dosen untuk membuat proposal penelitan sehingga lebih mudah lagi memperoleh dana hibah riset dari Dikit atau lembaga lainnya.

“Dengan penyampaian dari pemateri ini, seyogyanya dapat mengingkatakan kualtias dan kuantitas dalam pembuatan proposal dan penelitan serta dapat menyamakan persepsi dalam hal pembuatan penelitan dalam bidang kajian akuntansi,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 01 Oktober 2014 - 13:55:59

Koperasi UBH Kembali Gelar Rapat Anggota Tahunan ke-27
Koperasi UBH Kembali Gelar Rapat Anggota Tahunan ke-27
bunghatta.ac.id - Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta kembali melanjutkan Rapat Anggota Tahunan yang ke-27 setelah ditunda selama 3 bulan yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (01/10/2014).

Ketua Pelaksana, Radinal mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta guna melaporkan kegiatan pengurus dan pengawas selama satu tahun ini.

“Rapat anggota tahunan ini diikuti oleh 87peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan karyawan. Meskipun tertunda selama 3 bulan kita berharap RAT ini dapat selasai dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk kemajuan koperasi di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Ketua Umum Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta Ir. Eddy Soesilo, M.Eng dalam laporan pertanggungjawabannya menyampaikan RAT ini merupakan perwujudan rasa tanggung jawab pengurus terhadap apa yang telah dilaksanakan dan problema-problema apa yang dihadapai selama setahun yang telah dilalui.

“Pada kesempatan ini juga, dilengkapai dengan perbandingan anatar realsisasi yang dicapai dengan target yang ditetapkan sebelumnya, dengan tujuan agar progrma kerja yang dilakukan dapat dievalusai keberhasilannya, sehingga dapat digunakan untuk menentukan program kerja di tahun yang akan datang,” sebutnya.

“Dengan bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila kita berharap juga semoga Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta ini juga sakti,” tambahnya.

Selain pembahasan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas selama satu tahun, Rapat Anggota Tahunan ini juga membahas rancangan angaran pendapatan dan biaya serta usulan progrma kerja periode 2014-2015. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 30 September 2014 - 15:43:25

Kurangi Resiko Tsunami Dengan Penilaian Pembangunan Infrastruktur di Kota Padang
Kurangi Resiko Tsunami Dengan Penilaian Pembangunan Infrastruktur di Kota Padang
bunghatta.ac.id - Kota Padang sangat rentan terhadap ancaman bencana gempa dan tsunami, untuk itu perlu dilakukan penilaian resiko dampak tsunami dan implementasinya terhadap pembangunan infrastrukstur di Kota Padang.

Dalam pemaparannya, Dr. Rini Mulyani, M.Sc (Eng) Dosen Universitas Bung Hatta saat Seminar Nasional Kebencanaan dengan tajuk Aspek Kebencanaan dalam pembangunan infrastruktur di daerah rawan bencana yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (30/09/2014).

Ia menyampaikan sekilas mengenai Tsunami dan penyebab terjadinya. Tsunami merupakan serangkaian gelombang yang ditimbukan akibat adanya gangguan secara tiba-tiba (impulsive) yang mengebabkan pemindahan sejumlah besar air pada lautan. Tsunami telah dikaji terlebih dahulu oleh negara jepang sehingga wajar saja kata Trunami berasal dari bahasa Jepang.

“Banyak hal yang dapat menyebabkan tsunami seperti dari gempa bumi, eruspis gunung merapi, longsor pada dasar laut dan benturan metero. Namun yang menjadi pembahasan penting saat ini penyebab tsunami oleh adanya gempa besar,” ungkapnya lulusan magister dan doktoral University of Sheffield Inggris ini.

Tsunami memiliki karakteristik perpindahan volume air laut terjadi mulai dari dasar hingga kepermukaan air laut, memiliki panang gelombang yang besar bisa mencapai 500 km pada laut dalam dan memiliki periode gelombang yang besar bisa mencapai 2000 detik pada laut dalam.

“Kecepatan tsunami dapat berubah-ubah berdasarkan kedalaman laut dan kecepatan dan panjang gelombang trunami dapat berkurang saat mendekati pantai akan tetapi memiliki ketinggian yang semakin meningkat, kecepatan rata-rata tsunami bila sampai daratan bisa mencapai 36 km/jam jauh lebih lambat dibandingkan oleh pelari profesional dengan kecepatan rata-rata bisa mencapai 10 km/jam,” ungkapnya.

Untuk itu perlu dilakukan penilaian resiko terjadinya tsunami di Kota Padang dengan melakukan kajian dari konsisi tektonik di Sumatra, zona wilayah gempa dan kegempaan di sumatra hingga harus mengenal karakateristik tsunami yang diakibatkan gempa di Sumatera.

Dalam penilaian akan bahaya tsunami, Rini menyampaiakn terdapat beberapa metode seperti metode probabilistik vs metode deterministik. “Dalam penilaian tersebut dapat dilihat simulasi sejauhmana hubungan empiris ketinggian tsunami di sumatera, kemudian dikembangkan dan dilakukan perhitungan kecepatan tsunami berdasakan riwayat pernah terjadinya tsunami,” ujarnya.

Rini mengatakan perlu dilakukan perancangan bangunan dan gedung yang tahan terhadap tsunami. Gedung ini merupakan gedung ekseisting ataupun baru yang akan digunakan untuk shalter ketiak terjadi evakuasi vertikal. Gedung tahan tsunami harus memenuhi persyaratan ssebagai berikut bila terjadi tsunami dengan resiko rendah maka strukstur bangunan harus tetap kokoh berdiiri dan tidak terjadi kerusakan struktural dan nonstrukrtual.

‘Kemudian bila resiko sedang maka struktur bangunan harus kokoh berdiri tapi boleh terjadi nonstrukrtual sedangkan bila resiko tinggi maka struktur bangunan harus tetap kokoh berdiri, boleh terjadi nonstrukrtual dan struktural pada kolom dan balok tapi banguan tidak roboh,” sebutnya

“Dalam merancang banguan tahan tsunami akan beda dengan banguanan tahan gempa, bila tahan gempa bangunan harus menggunakan bahan yang ringan sedangkan untuk bangunan tsunami harus menggunakan material yang berat,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 30 September 2014 - 14:17:51

Kesiapan Universitas Bung Hatta dalam Pengurangan Risiko Bencana
Kesiapan Universitas Bung Hatta dalam Pengurangan Risiko Bencana
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta merupakan salah satu kampus yang termasuk kedalam kawasan rawan bencana yang berada di daerah rawan gempa dan berada di pesisir pantai dan menghadap langsung ke laut. Untuk mengurangi dampak resiko bencana Universitas Bung Hatta telah melakukan pemetaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc Dirut Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta saat menyampaikan materi kesiapan Universitas Bung Hatta dalam pengurangan risiko bencana dalam Seminar Nasional Kebencanaan ayng diadakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta dengan tajuk aspek Kebencanaan dalam pembangunan infrastruktur di daerah rawan bencana yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (30/09/2014).

Nasfryzal Carlo mengatakan pemetaan yang telah dilakukan berupa pengurangan resiko bencana, pendidikan dan sertifikasi, sosisalsisasi dan capasity building serta jejaring dan kerjasama. Setiap kegiatan terdiri dari beberapa sub kegiatan yang secara umum merupakan kefiatan yang berbasis akademik dan diikuti dengan pelatihan dan simulasi.

“Kegiatan ini tidak saja berhunungan pihak internal namun mengajak juga pihak-pihak lain untuk berkerjasama seperti dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional dan Daerah, pemerintah pusat dan daerah hingga lembaga internasioanal serta masyarakat umum,” ujarnya.

Ia menyampaikan sejak pasca gempa Singkarak tahun 2007 hingga sekarang ini, Universitas Bung Hatta telah turut aktif membantu dalam kegiatan mitigasi, rekonstrusi hingga soisialaisai seperti keigatan penilaian cepat kerusakan bangunan, pendampingan fasilitator pasca gempa 2009, pembuatan escepe building kampus, simulasi bencana gempa tsunami dan lainnya.

“Selain itu dalam kegiatan pengurangan resiko bencana melibatkan peran serta mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa dan Kelembagaan mahasiswa seperti Mapala Proklamato, Pramuka, KSR-PMI Proklamator dan lainny,” ungkapnya.

Untuk mendukung kampus yang siaga bencana, Universitas Bung Hatta juga telah memiliki program studi magister kekhususan manajemen risiko bencana dibawah program S2 Teknik Sipil dan memberikan materi kebencanaan kepada mahasiswa pada setiap program studi. Kemudian Universitas Bung Hatta juga memiliki Pusat Sudi Bencana dan Lingkungan Hidup, Klinik Konstruski. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 30 September 2014 - 13:48:27

Seminar Nasional Kebencanaan: Perlu Strategi Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Bencana
Seminar Nasional Kebencanaan: Perlu Strategi Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Bencana
bunghatta.ac.id - Memperingati 5 tahun gempa besar Sumatra Barat yang terjadi pada 30 September 2009 lalu, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Seminar Nasional Kebencanaan dengan tajuk Aspek Kebencanaan dalam pembangunan infrastruktur di daerah rawan bencana yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (30/09/2014).

Ketua Pelaksana, Dr. Zulherman, ST, M.Sc menyampaikan kegiatan seminar ini bertujuan untuk memperingati gempa besar yang melanda Sumatra Barat khususnya Kota Padang yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan rusaknya infastrukstur. Selain itu juga dengan kegiatan ini dapat menjadi bahan untuk mengevalusi sejauhmana infastrukstur fisik yang ada di Sumatra Barat tahan akan gonjangan gempa dan hantaman tsunami.

“Dalam seminar ini kita dapat berdiskusi dari hasil kajian-kajian dari para pemateri seputar kegempaan dan mengurangi risiko dampaknya serta bagaimana merancang bangunan di kawasan rawan gempa,” sebutnya Zulherman yang menjabat juga sebagai Ketua Jurusan Teknik Ekonomi Konstruski Universitas Bung Hatta.

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Ir. Hendri Warman, MSCE menyampaikan perlunya dilakukan kajian yang mendalam mengenai dampak bencana terhadap infrastrukstur di Suamatra Barat karena termasuk wilayah rawan bencana.

“Sebagai institusi pendidikan, tentunya peran perguruan tinggi sangat penting dan menjadi garda terdepan dalam melakukan kajian-kajian kegempaan dan struktur bangunan untuk memberikan input kepada pemerintah dalam membuat kebijakan terhadap dunia konstruksi,” ujarnya.

Seminar nasional ini menghadirkan pembicara utama Ir. Hedrianto W. Husaini, MSCE, M.Si dari Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia dengan topik materi pembangunan infrastruktur di kawasan rawan bencana

Selain itu juga terdapat 3 pemateri laginnya yang dibahas secara panel yatu Prof. Ir. Mahsyur Irsyam, MSE, Ph.D, Prof. Dr. Ir. Nasfryzal Carlo, M.Sc dan Dr. Rini Mulyani, M.Sc (Eng) dengan moderator Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA dan diikuti lebih dari 250 peserta yang tersiri dari mahasiswa, pejabat pemerintahan di sumbar hingga praktisi dunia jasa konstruski.

Ir. Hedrianto W. Husaini, MSCE, M.Si menyampaikan aspek ekonomi dan aspek lingkungan selalu menjadi pertimbangan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Padahal sebagai supermarket bencana pembangunan infrastruktur di Indonesia harus mempertimbangkan aspek kebencanaan karena Indonesia memiliki berbagai macam variasi alam dengan karakteristik masing-masing.

“Berbicara masalah planning infrastruktur, Universtias Bung Hatta sudah tepat sebagai perguruan tinggi terkemuka di kawasan bencana mengadakan kegiatan ini dalam rangka sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan bila Indonesia tidak paham mengenai kebencanaan itu sangat konyol sekali. Kekayaan dan keindahan alam serta lokasi Indonesia yang strategis sehingga dalam pembangunan infrastruktur sangat rumit dan penting sebagai upaya mitigasi bencana dan pascabencana.

“Pembanguan infrastruktur diharapkan sesuai dengan kedaerahan sesuai dengan penerapan tata ruang microzoning. Mudah-mudahan Kota Padang segera memiliki peta kebencanaan secara detai disesuaikan dengan karakteristik tanah di daerah masing-masing,” ujanya.

Hedrianto mengatakan seharusnya tiap daerah yang berada di kawasan bencana harus memiliki bangunan di satu kawasan yang diandalkan untuk menjamin keselamatan masyarakat banyak sebagai upaya mitigasi bencana. Di Kota Padang, bisa dibuatkan satu tempat yang multifungsi misalnya saja jalan di by pass dapat menjadi lapangan terbang untuk dapat mendarat pesawat herkules bila sewaktu-waktu terjadi bencana.

"Untuk itu dalam membangun infrastruktur di daerah rawan gempa perlu teknologi yang mutakhir dan update sehingga diharapkan dalam melakukan pembangunan itu tidak hanya mementingkan aspek ekonomi dan lingkungan saja tetapi askpek kebencanaan yang berhubungannya dengan nyawa manusia," ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 September 2014 - 11:01:47

Employees Gathering Universitas Bung Hatta Tahun 2014
Employees Gathering Universitas Bung Hatta Tahun 2014
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan acara Employees Gathering Tahun 2014 bagi Tenaga Kependidikan Unit Rektorat, UPT Perpustakaan dan Laboratorium Dasar yang bertempat di Istana Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Bukittinggi, Sabtu (27/09/2014).

Kegiatan ini diisi dengan permainan dan perlombaan seperti lomba balap karung, lomba joget balon, lomba tarik tambang hingga lomba makan pisang.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta, Dra. Susi Herawati, M.Pda menyampaikan kegiatan Employees Gathering tahun 2014 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tidak melibatkan anggota keluarga masing-masing.

"Kedepan, tantangan akan lebih berat lagi karena unit-unit ini harus melakukan pelayanan yang laebih ekstra dan prima lagi. Dengan kegiatan ini diharpakan dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan serta untuk menjalin tali silaturahmi antar unit Rektorat, UPT Perpustakaan dan Laboratorium Dasar," ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 29 September 2014 - 09:49:06

Anniversary ke -27 KSR PMI Proklamator
Anniversary ke -27 KSR PMI Proklamator
bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Suka Relawan Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan acara Anniversary yang ke -27 di Gedung B Balairung Caraka Kampus I Ulak Karang Sabtu, (27/09/2014).

Anniversarry KSR PMI Proklamator kali ini bertemakan kita tingkatkan kecintaan terhadap KSR dan sesama . Acara ini di hadiri oleh Pembina KSR PMI Proklamator, PMI kota Padang, KSR PMI se-kota Padang, Kelembagaan mahasiswa selingkungan Universitas Bung Hatta hingga Anggota Luar Biasa (ALB) KSR PMI Proklamator.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Yogi Maiyolendra mengatakan dalam rangkan perayaan ulang tahun KSR PMI Proklamator ke-27, sebelumnya telah diadakan kegiatan Penyuluhan Anti Narkoba di SMA Bunda Padang.

“Penyuluhan ini diadakan bertujuan agar Siswa SMA yang sangat rawan sekali menjadi korban penyalahgunaan narkoba mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba serta dasar hukum dari penyalahgunaan narkoba,” sebutnya.

Ia juga mengatakan pemateri yang kami hadirkan juga adalah orang-orang terpilih yaitu dari Badan Narkotikan Nasional dan Dr. Uning Pratimaratri, SH, MH dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH/Dewita WP)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.161.147.106