Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Mahasiswa KKN-PPM UBH Kenalkan Metode Belajar Yang Asik Untuk Anak-Anak

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mulai melaksanakan program pokoknya dengan memperkenalkan metode pembelajaran melalui media permainan. Seperti program pokok yang dilaksanakan oe....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Manfaat Kartu Remi dan Koa Bekas Jadi Kerajinan Tangan

Tidak banyak masyarakat yang memanfaatkan barang-barang bekas yang terbilang tidak berharga padahal bila diolah sedemikian rupa akan memiliki nilai jual yang tinggi sehingga dapat menambah pemasukan bagi masyarakat dan juga dapat mengurangi limbah. Melihat peluang tersebut mahasiswa Universitas B....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Lakukan Sosialisasi Program

Untuk lebih mendekatkan diri dan menyukseskan program kerja selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) ditiap nagarinya, mahasiswa Universitas Bung Hatta mengadakan sosialisasi dan melakukan diskusi dengan perangkat kenagariaan dan masyarakat setempat. Wi....

Mahasiswa KKN-PPM UBH Berdayakan Masyarakat Lewat Budidaya Pepaya Madu

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta di Nagari Batu Hampar, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluhkota melakukan pemberdayaan masyarakat dengan melakukan budidaya pepaya madu. Ghina Okthawilanda salah satu mahassiwa KKN-PPM Universit....

Monitoring Pertama Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta melakukan monitoring kepada mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang telah diterjunkan ke 54 kenagarian pada 6 kabupaten/kota di Sumatera Barat, Rabu (24/06/2015). Tim monitoring terdiri dari pimpinan universitas, pimpi....

Teknik Elektro Gelar Workshop Learning Outcomes Kurikulum KBK-KKNI

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Worhshop Learning Outcomes Kurikulum KBK-KKNI Teknik Elektro 2015 dengan menghadirkan Prof.Ir. Mauridhi Herry Purnomo, M.Eng, Ph.D dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang betempat di Ruang Sidang Faku....

Selasa 03 Maret 2015 - 14:12:14

Alumni Teknik Industri UBH Akan Gelar Reunian dan Mubes
Alumni Teknik Industri UBH Akan Gelar Reunian dan Mubes
bunghatta.ac.id - Ikatan alumni bukanlah sesuatu yang baru untuk dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Keberadaannya telah mewarnai dan menorehkan jejak dalam penyelenggaraan pendidikan. Bagi sebuah perguruan tinggi, ikatan alumni menjadi bagian penting dalam pengelolaan pendidikan dan harus memperoleh perhatian yang serius.

Melihat hal tersebut alumni jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Musyawarah Besar (MUBES) dan Reuni Akbar Alumni Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ball Room Nike Mercure Hotel Padang pada 07 Maret 2015 medatang.

Kegiatan yang mengangkat tema Wujudkan Komitmen dan Kontribusi Alumni untuk Menciptakan Nilai Tambah Membangun Almamater melalui 1 Kata, 1 Hati dan 1 Semangat ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi revitalisasi dan reformasi peran organisasi alumni.

Ketua Pelaksana, Yusrizal Bakar, S.T, M.T., mengatakan kegiatan yang pertama kali diadakan ini dengan harapan dapat terbentuknya organisiasi Ikatan Alumni Teknik Industri yang dilengkapi dengan seluruh perangkat dan atribut pengelolaannya serta dapat terbentuknya satu badan usaha dari ikatan alumni ini yang berorientasi pada kebutuhan calon pengguna.

"Nama ikatan alumni tersebut bernama Wahana Integrasi Alumni Teknik Industri (WIALTI) Universitas Bung Hatta dan diadakan pemilihan ketua umum baru melalui MUBES nantinya," ungkapnya

Keberadaan ikatan alumni ini, dikatakan Yusrizal harus mampu menjadi media fasilitator untuk membangun kekuatan silaturahmi sesama almamater dan dapat membangun semangat kebersamaan sebagai wadah untuk mengumpulkan potensi sumber daya yang ada untuk kemudian memanfaatkan sumber daya tersebut menjadi sesuatu yang bernilai pada keadaan yang lebih baik.

“Diharapkan dengan pembentukan ikatan alumni ini mampu menjawab beberapa sasaran dalam rangka perbaikan pelaksanaan proses belajar mengajar yang berorientasi untuk menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan pengguna,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Maret 2015 - 09:17:50

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Belajar Aplikasi Software Jurusannya
Mahasiswa Teknik Kimia UBH Belajar Aplikasi Software Jurusannya
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Software Teknik Kima yang dilaksanakan di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 28 Februari – 1 Maret 2015.

Ketua Pelaksana Ary Susanto mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja himpunan yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam menggunakan aplikasi program software yang berkaitan dengan jurusan Teknik Kimia yang dapat memudahkan mahasiswa dalam penguasaan materi perkuliahan dan membantu dalam penyusunan tugas akhir berupa pra rancangan pabrik.

“Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan 3 tahap dengan 3 materi yang berbeda. Semoga kegiatan pelatihan ini dapat membantu pelaksanaan tugas akhir dan dapat memberi manfaat yang besar untuk memambah kemampuan mahasiswa terutama dalam pengusaan aplikasi software,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT menyampaikan jurusan akan terus melakukan pelatihan-pelatihan keahlian untuk mahasiswa yang nantinya terintegrasi dengan pelaksanaan pra rancangan akhir dan matakuliah yang terkait. Kemampuana pengguanaan aplikasi software teknik kimia itu sangat penting bagi mahasiswa sebab dapat menjadi nilai tambah bagi lulusan saat akan melamar pekerjaan dan di era pasar bebas ini.

“Saat ini jumlah mahasiswa jurusan Teknik Kimia tiap tahunnya terus mengalami peningkatan dan untuk menjaga kualitas mahasiswa. Jurusan bersama himpunan akan terus memfasilitasi mahasiswa dalam menambah wawasan, pengetahuan dan kompetensinya agar memiliki daya saing ketika telah tamat,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan pelatihan software ini diperuntukan bagi mahasiswa yang tengah melaksanakan tugas akhir dan mahasiswa yang ingin belajar lebih dalam mengenai aplikasi Teknik Kimia.

Pelatihan tahap pertama ini diikuti oleh 35 peserta dengan menghadirkan pemateri Rafdi Hamid, ST, Staf Engineering dan Project PT Incasi Raya Grup yang merupakan Alumni Jurusan Teknik Kimia.

Rafdi Hamid menjelaskan kegunaan proses simulator itu sangat mendukung kemampuan seorang engineer Teknik Kimia yang harus mempunyai kemampuan merancang proses, menjalankan proses dan mengontrolnya.

Dalam penggunaan software teknik kimia mahasiswa harus memahami pelajaran mengenai termodimanamik, perpindahan panas. Neraca masa dan energi, operasi teknik kimia, mekanika fluida, teknik reaksi kimia, ekonomi teknik kimia dan materi lainnya yang berkaitan dalam pra rancangan pabrik kimia.

“Dengan pelatihan ini para mahasiswa dapat terbantu dalam merancang tugas akhirnya dan dari apllikasi ini juga kita dapat membuat simulasi-simulasi terkait proses yang akan dirancang,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Maret 2015 - 09:06:55

Mahasiswa Teknik Industri UBH Pilih Ketua HMMJ Baru
Mahasiswa Teknik Industri UBH Pilih Ketua HMMJ Baru
bunghatta.ac.id - mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung hatta mengadakan pesta demokrasi untuk melakukan pergantian kepengurusan lembaga mahasiswa ditingkat juruasan. Kegiatan tersebut dalam bentuk Musyawarah Masyarakat MAHASISWA Jurusan (MMMJ) dengan mengangkat tema “Menuju Student Goverment yang Realistis, Kritis dan Demokratis” yang dilaksanakan di Ruang SCL Gedung B Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Sabtu (28/02/2015).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Teknik Industri, Yeszimarti Muchtiar, S.T., M.T. dan dihadiri oleh pimpinan kelembagaan mahasiswa di lingkungan FTI.

Dalam sambutannya, Yeszimarti mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan himpunana yang telah habis masa baktinya dan selamat bekerja kepada pengurus baru nantinya. Siapapun yang akan menjadi ketua himpunan yang terpilih biasa agar dapat bersinergi dengan jurusan.

“Dengan saling kerjasama, kita dapat bersama-sama memajukan jurusan dengan mengadakan berbagai macam agenda kegiatan yang dapat memacu minat mahasiswa baik kegiatan akademik maupun non akademik”, imbuhnya.

Sementara itu, Ade Priska Ketua Pelaksana kegiatan ini, menyampaikan dalam pemilihan ketua himpunan untuk periode bakti 2015/2016 ini terdapat dua calon yang akan bertarung memimpin kelembagaaan mahasiswa di tingkat jurusan ini yaitu Yogi Pramoto angkatan 2012 dan Firly Hidayatullah angkatan 2013.

“Semoga dengan ketua himpunan yang terpilih ini dapat menjadi pemimpin yang bisa melakukan perubahan lebih baik lagi, lebih kritis dan demokratis sesuai dengan tema kegiatan pemilihan ini,” ucap mahasiswa angkatan 2012 ini.

Berdasarkan hasil keputusan secara musyawarah mufakat maka Ketua Himpunana Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta Masa Bakti 2015/2016 yaitu Yogi Pramoto. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 27 Februari 2015 - 12:08:31

Rektor UBH Buka Krida FKIP 2015
Rektor UBH Buka Krida FKIP 2015
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE , Akt, MBA membuka kegiatan Krida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta yang diperuntukan untuk mahasiswa angkatan 2014. Kegiatan pembukaan ini diladakan di Aula Pertemuan lantai 4 Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jumat (27/02/2015).

Melalui krida FKIP kita tingkatkan prestasi dan kereativiatas mahasiswa FKIP semakin jaya ini menjadi tema yang diangkat untuk kegiatan krida tahun 2015 ini dengan tujuan untuk pembentukan karakater dan mengembangkan kemampuan softskils mahasiswa dibidang minat dan bakat.

Niki Lukviarman sangat mengapresiasi kegiatan Krida FKIP ini, karena kegiatan ini sebagai salah satu sarana untu mengingkatkan kualitas lulusan agar dapat berkompetisi setelah tamatnya.

“Kedepan kampus juga dalam acara Bung Hatta Memorial Lecture Series dan rangkaian Dies Natalis ke34 Universitas Bung Hatta akan mengundang tokoh-tokoh nasional untuk menjadi pembicara dalam kegiatan kuliah umum seperti Menetri Pendididkan dan Kebudayaan RI, Anes Baswedan,” ujarnya.

Niki juga mengatakan aula pertemuan di Kampus Proklamator II bmerupakan gedung baru dan untuk pertama kalinya digunakan oleh mahasiswa FKIP dalam kegiatan Krida FKIP 2015 ini.

“Semoga kegiatan krida ini dapat menambah dan mengembangkan softskil mahasiswa dan untuk para panitia serta seniro yang terlibat dalam kegiatan ini agar dapat membimbing adik-adiknya,” ujarnya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Drs. Khairul Harha, M.Sc menyampaikan melalui kegiatan krida ini diharapkan para mahasiswa dapat dibentuk karakater dan sarana pembembangan softskills sehingga dapat menambah keterampilan, wawasan dan mengetahuannya demi menciptkaan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Kegiatan krida dapat membentuk karakater menjadi pribadi yang lebih rendah hati, jujur dan amanh, kemudian dapat juga menngolah raga menjadi pribadi yang sehat, disiplin dan kompetitif dan dapat mengolah rasa menjadi pribadi yang dapat berempati dan lebih toleran terhadap sesama,” ucapnya.

Ketua Pelaksana, Gubernur BEMM FKIP, Hendri Putra mengungkapkan kegiatan ini merupakan agenda tahunan dilaksanaan oleh BEMM dan wajib diikuti oleh mahasiswa tahun pertama di semester kedua bila tidak lulus maka akan mengulang kembali di tahun berikutnya. Kegiatan krida ini juga menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi mahasiswa ketika hendak melaksanakan sidang skirpsi/tugas akhir.

“Dengan kegiatan ini para peserta dapat berinterkasi dengan sesama peserta lainnya, senior, dosen dan semua yang terlibat dalam kegiatan krida ini. selain itu juga para peserta dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya,” harapnya Hendri.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Krida FKIP 2015, Reza Putra Perdana mengatakan dengan kegiatan ini para mahasiswa dapa mengembangkan potensi diri dan jiwa kepemimpinannya, dapat juga untuk menyalurkan minat bakat yang dimiliki serta sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas mahasiswa tersebut.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 12 kali pertemuan yang berakhir pada bulai Mei 2015 mendatan. Para peserta krida dapat memilih salah satu dari 28 bidang yang menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan softskilnya terkait penalaran dan minat bakat seperti seperti kesenian, olah raga dan lainya yang semua itu ada basicnya dengan jurusan masing masing,” ujarnya.

Pembukaan krida FKIP ini dihadiri oleh Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati, M.Pd, Pimpinan Struktural Dekanat dan Jurusan FKIP, tenaga kependidikan FKIP serta Pimpinan Kelambagaan Mahasiswa di lingkungan FKIP. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 26 Februari 2015 - 09:32:57

Peserta KKN-PPM 2015 Universitas Bung Hatta Akan Disebar ke 54 Kenagarian
Peserta KKN-PPM 2015 Universitas Bung Hatta Akan Disebar ke 54 Kenagarian
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta tengah mempersiapkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) untuk periode ke-5 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga awal Agustus 2015 mendatanng.

Demikian dikatakan Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015, Ir. Indra Khaidir, M.Sc di ruang kerjanya, di lantai 3 Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (26/02/2015).

Menurut Indra, untuk pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015 ini sedang tahap persiapan dan menuju tahap pelakasanaan. Tim akan lebih intens lagi melakukukan audiensi dengan pemerintah kabupaten dan kota yang akan menjadi lokasi pelaksanaan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta.

“Mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta untuk periode kelima ini akan disebar ke 54 kenagarian di enam Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, Kabupaten Limpuluhkota, Kota Padang Panang dan Kota Pariaman,”jelasnya.

Dijelaksnannya, kegiatan KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015 sangat kompleks sekali sebab tiap tahunnya pelaksanaan KKN kita selalu ada program-program baru. “Untuk tahun ini saja terdapat 5 jenis KKN yang akan dilaksanakan sehingga perlu persiapan dan koordinasi antar intansi terkait serta dukungan semua pihak untuk menyukseskan kegiatan KKN ini,” ungkapnya.

Kelima jenis KKN yaitu KKN-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), KKN-Tematik Posdaya (KKN-TP), KKN Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (KKN-GOP), KKN internasional dan Hibah KKN-PPM Dikit.

“Untuk kegiatan pembekalan KKN dan penyebaran lokasi mahasiswa ke tiap nagarinya dapat diunduh informasinya melalui website kkn.bunghatta.ac.id. Bila tidak ada halangan, pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2015 akan dilaksanakan dua tahap yaitu pada 22 Juni-10 Juli 2015 untuk tahap pertama dan pada 27 Juli-14 Agustus 2015 untuk tahap kedua,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 25 Februari 2015 - 14:28:49

Rektor UBH Dukung Keterbukaan Informasi
Rektor UBH Dukung Keterbukaan Informasi
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman, menyatakan sangat mendukung keterbukaan informasi publik sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Hal itu dinyatakan Niki saat menerima kunjungan Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Syamsu Rizal beserta komisioner KI lain Yurnaldi dan Sondri di ruang kerjanya Kampus 1 Ulak Karang, Rabu,25/2-15.

Dalam kunjungan silaturrahim tersebut, Syamsu Rizal menjelaskan bahwa, keberadaan Komisi Informasi Sumbar relatif masih baru sejak di lantik Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bulan September 2014 lalu. Sehingga keberadaan KI Sumbar sangat penting di sosialisasikan ke semua badan dan lembaga publik lainnya.

Disebutkan juga bahwa, KI Sumbar mendorong pihak perguruan tinggi selaku badan publik untuk terbuka dan KI Sumbar juga bisa bekerja optimal dengan harapan bermunculan juga perguruan tingi-perguruan tinggi di Sumbar pada tahun-tahun mendatang sebagai salah satu badan publik yang menerima penghargaan keterbukaan informasi.

“Kita tidak ingin terjadinya sengketa informasi di Sumatera Barat, karena keterbukaan informasi tersebut sudah di atur oleh UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik menjamin hak setiap warga negara untuk mendapatkan informasi dari badan publik, sengketa informasi akan muncul karena warga tidak mendapatkan informasi dan tidak puas” imbuhnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Niki Lukviarman dalam pertemua tersebut menyampaikan siap bekerjasama dan mendukung KI Sumbar.

“Dalam waktu dekat, bersamaan dengan Diesnatalis Universitas Bung Hatta ke-34, kita akan mencarikan jadwal tersendiri untuk sosialisasi UU No.14 Tahun 2008 tersebut dengan mengundang semua jajaran pimpinan di lingkungan mulai dari Jurusan sampai Dekan”, jelas Niki.

Ditambahkan Niki, sejak tahun 2013, pihak Universitas Bung Hatta telah menerapkan informasi berbasis web, semua informasi tentang Universitas Bung Hatta bisa di akses secara online.

“Bahkan setiap orang tua mahasiswa dapat me-akses dan mengecek anaknya selama menjadi mahasiswa Universitas Bung Hatta, misalnya nilai, kehadiran dan lainnya secara online” tambah Niki. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 25 Februari 2015 - 13:34:36

Terbentuk Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Sumbar
Terbentuk Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Sumbar
bunghatta.ac.id - Dalam proses yang singkat dan berlangsung secara kekeluargaan, di Aula Balairung Caraka Kampus 1 Universitas Bung Hatta, (Rabu,25/2) Dr. Alfian Zein.MS dan Dr. Eyviet Nazmar,MS terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia Wilayah Sumbar (ISPIKANI), ketua dan sekretaris terpilih pun sepakat menunjuk Ir.Herawati,MSi sebagai bendahara.

Ka.Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Ir. Yosmeri, dalam sambutannya di hadapan 100-an Sarjana-sarjana perikanan yang ada di Sumatera Barat menyebutkan bahwa, Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) adalah organisasi profesi yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1984, pada hakekatnya dibentuk sebagai forum silaturahmi antar sarjana perikanan sehingga mampu memberikan kontribusi pemikiran tehadap kemajuan pembangunan perikanan di Indonesia.

“Lahirnya wadah Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia adalah sebagai bentuk menggalang potensi segenap sarjana perikanan guna menjadi penggerak pembangunan nasional dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur khususnya dari sektor perikanan” jelas Yosmeri.

Sebelum terpilih Dr. Alfian Zein memaparkan bahwa sejak reformasi tahun 1988, keberadaan ISPIKANI boleh dikatakan agak terhenti dan vakum, bersama dengan Dr. Eyviet menerima amanat dari Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk kembali membentuk kepengurusan ISPIKANI Sumbar yang baru.

Dijelaskan, keanggotaan ISPIKANI tersebar di seluruh wilayah propinsi, sehingga memungkinkan untuk memberikan sumbangan pemikiran bukan hanya pada tataran nasional akan tetapi juga ditingkat lokal, pemikiran ispikani umumnya menjadi landasan kebijakan pemerintah dalam pembangunan perikanan nasional, mengingat kajian pemikiran yang diberikan tidak berafiliasi pada persoalan politis tetapi lebih ditekankan pada aspek keilmuan.

Menurutnya lagi, ke depannya agenda yang akan dilakukan oleh ISPIKANI Sumbar antara lain: Memperkuat kepegurusan daerah, sehingga apabila terdapat kebijakan perikanan di pusat bisa membantu mensosialisasikannya, mendekatkan akademisi dengan pemerintah sehingga memudahkan memberikan saran atau masukan yang membangun demi perikanan Indonesia yang lebih baik, bersinergi dengan pengusaha agar kebijakan yang dibuat dapat didukung dan dilaksanakan dengan baik tanpa penolakan.

“ISPIKANI selaku organisasi profesi akan menjadi mitra pemerintah dalam hal ini Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam memberikan sumbangan pemikiran terhadap pembangunan perikanan yang berbasis ilmu pengetahuan” imbunya.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 25 Februari 2015 - 08:21:54

KSR-PMI Prokamator Akan gelar Pelatihan SAR Air Nasional
KSR-PMI Prokamator Akan gelar Pelatihan SAR Air Nasional
bunghatta.ac.id - Perlunya kesiapsiagaan terkait dengan bencana dan kecelakaan yang terjadi di air, sebab banyak masyarakat belum mempunyai siap dalam menghadapinya serta belum begitu paham saat menyelamatkan diri sendiri ketika bencana terjadi.

Untuk itu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama dan Penyelamatan di Air Nasional I KSR PMI Unit Perguruan Tinggi Se-Indonesia dengan tema Mahirkan Diri Untuk Kemanusiaanyang berlangsung dari 01-10 Maret 2015 mendatang.

Ketua Pelaksana Riki Hardianto mengatakan sebagai seorang relawan sangat dibutuhkan usaha, upaya, serta keterampilan yang memadai untuk menjadi pedoman bagi masyarakat apabila suatu saat di daerah sekitar dilanda bencana.

“Kegiatan ini akan mengundang seluruh KSR PMI Unit Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dan rangkaian dari kegiatan ini berupa Seminar Nasional Kampus Siaga Bencana, Pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana, Radio Komunikasi, Pertolongan Pertama Dan Materi Water Recue, bakti sosial hingga field strip ke beberapa daerah di Sumatra Barat,” jelasnya.

Sementara itu Komandan KSR PMI Proklamator Niko Kasinda menyampaikan melalu ini kegiatan ini para relawan dapat membantu PMI dan pemerintah dalam usaha untuk memberikan keterampilan dalam bidang management penanggulangan bencana di air serta dalam bidang penyelamatan dan pertolongan pertamanya pada korban.

“Selain itukegiatan ini juga untuk membantu mewujudkan insan kampus yang cerdas, kompetitif, dan inovatif dalam penanganan bencana di air,” tambahnya. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 24 Februari 2015 - 08:38:15

Harry Azhar Azis: Laporan BPK Sebagai UpayaPeningkatan Kesejahteraan Rakyat
Harry Azhar Azis: Laporan BPK Sebagai UpayaPeningkatan Kesejahteraan Rakyat
bunghatta.ac.id - Badan Pemerikasa Keuangan (BPK) adalah lembaga negara yang bertugas memerikasa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Pemereikasaan dilaksanakan secara bebas dan mandiri, dan hasilnya diserahkan kepada lembaga perwakilan baik DPR, DPD dan DPRD sesuai kewenangannya . Tak hanya itu BPK juga menjadi salah satu pihak yang berperan besar dalam menjaga dan memastikan keuangan negara dipergunakan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. H. Harry Azhar Azis, MA Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) saat memberikan Kuliah umum mengenai BPK, Pengelolaan Keuangan Negara dan Kesejahteraan Rakyat bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum Universitas bung Hatta yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator, Senin (23/02/2015) siang.

Pada kesempatan kuliah umum Bung Hatta Memorial Lecture Series ini Ketua BPK RI menjelaskan materi mengenai perkembangan pengungaan keuangan negara, peran BPK dalam mewujudkan akuntabilistas keuangan negara dan upaya mewujudkan kesejahteraan rakayat melalui pemerikasaan keuangan negara.

Harry Azhar Aziz menyampaikan hasil pemeriksaan BPK ditindaklanjuti oleh lembaga perwakilan atau badai sesuai dengan undang-undang. Jika dalam pemeriksaan ditemukan unsusr pidana, maka BPK segera melaporkannya kepada instansi yang berwenang seperti KPK, Kejaksanaan dan Kepolisian.

“Seiring dengan perkembangan pembangunan, jumlah penggunaan keuangan negara juga akan semakin besar begitu juga dengan volume APBD. Hal ini menunjukan jumlah keuangan negara yang dikelola dan harus dipertanggungjawabkan oleh pemerintah daerah sangat besar,” ujarnya dihadapan lebih dari 400 mahasiswa ini.

Dijelaskannya, dengan jumlah keuangan yang demikian besar, patut dipertanyakan apakah telah dipergunakan secara ekonomis, efisien dan efektof serta berdampak secara signifikan terhadap pengingkatan kesejahteraan rakayat. Tentunya harus ada korelasi antara jumlah uang negara yang digunakan untuk pembangunan dengan pengingkatan kesejahteraan..

“BPK mengharapkan atas program penanggulangan kemisikaan dapat menilai efektifitas danri program dan kegiatan tersebut seberapa jauh dapat peningkatan kesejahteraan rakayat. Selanjutnya BPK juga akan ememberikan reomendasi bagi perbaikan program dan kegiatan berikutnya sehingga kesejahteraan rakayat dapat meningkat secara berkesinambungan,” bebernya.

Ia menyampaikan salah satu indikator keberhasilan dalam pengelolaan keuangan negara adalah jika laporan keuangan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, namun idealnya upaya untuk meraih WTP juga harus dibarengi dengan upaya untuk mencapai kinerja baik, tidak terjadi korupsi dan rakayat makin sejahtera.

“BPK selain memberikan opini atas laporan keuangan juga memberikan penilaian atas upaya-upaya intansi pemerintahan dalam meningkatkan kemakmuran rakyat. Mudah-mudahan dengan cara demikian, BPK dapat mempertegas manfaat hasil pemeriksaan BPK dengan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)

Materi dapat dilihat <a href='http://bunghatta.ac.id/files/public/avatars/materi_kuliah_umum_ketua__bpk_ri_di_universitas_bung_hatta.pdf'>disini</a>
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 24 Februari 2015 - 08:28:33

Ketua BPK RI Berikan Kuliah Umum Bagi Mahasiswa UBH
Ketua BPK RI Berikan Kuliah Umum Bagi Mahasiswa UBH
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali menghadirkan tokoh-tokoh nasional dalam yang dibalut dalam Bung Hatta Memorial Lecture Serises Tahun 2015 dengan mendatangkan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Dr. H. Harry Azhar Azis, MA untuk memberikan Kuliah umum mengenai BPK, Pengelolaan Keuangan Negara dan Kesejahteraan Rakyat bagi yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator, Senin (23/02/2015) siang.

Kuliah umum ini ikuti lebih dari 400 mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, pimpinan universitas dan dekanat.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan kuliah umum bersama Ketua BPK RI ini menjadi pembuka dari rangkaian kegiatan Bung Hatta Memorial Lecture Series sekaligus dalam menyambut 34 tahun Universitas Bung Hatta pada April mendatang. Para tokoh besar nasional hadir ke kampus proklamator untuk dapat berbagi pengalaman, pemahaman dan pandangan mereka kepada para mahasiswa.

“BPK sebagai lembaga negara yang mengawal pengunaan keuangan negara dan menjadi lembaga yang stategis dalam menjaga pengelolaan negara tentunya dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa untuk dapat magang dan bekerja di BPK. Begitu juga kita mengharapkan nantinya dari BPK dapat menjadi dosen tamu dalam perkuliahan di Universitas Bung Hatta,” ujanrnya Niki.

Ia juga mengatakan Kedepannya, kita juga akan mengundang tokoh-tokoh lainnya yang sudah masuk daftar kegiatan Bung Hatta Memorial Lecture Series seperti menteri pendidikan. “Sudah banyak tokoh-tokoh nasional yang kita undang ke kampus proklamator ini agar dapat menjadi inspriasi dan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa dan dosen,” tambahnya.

Pada kesempatan kuliah umum ini Ketua BPK RI menjelaskan materi mengenai perkembangan pengungaan keuangan negara, peran BPK dalam mewujudkan akuntabilitas keuangan negara dan upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui pemeriksaan keuangan negara yang dimoderatori langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta.

Dr. H. Harry Azhar Azis, MA menyampaikan dengan kedatangannya ke Universitas Bung Hatta menjadi kebanggaan baginya sebab nama Bung Hatta yang melekat pada kampus ini merupakan tokoh yang dikaguminya.

“Saya mengagumi sosok Bung Hatta dia unik memiliki gaya tersendiri, cerdas dan jujur yang patut diteladani dan dimiliki oleh tiap pemimpin di bangsa ini. Begitu juga dengan lulusan Universitas Bung Hatta harus memiliki karakater seperti Bung Hatta,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan mudah-mudahan kuliah umum ini bisa menjadi bagian dalam upaya meningkatkan komitmen kita semua dalam menciptakan sistem tata kelola keuangan negara yang akuntabel, transparan, dan bebas dari korupsi. Ini harus menjadi tekad kita bersama sebagai bagian dari pembangunan mental bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan berjiwa bersih.

“Untuk beberapa tahun terakhir, BPK memprioritaskan pemeriksaan keuangan yang dilakukan berdasarkan undang-undang. BPK juga melaksanakan pemeriksaan pada bidang-bidang kegiatan yang rawan terjadi korupsi dan menjadi prioritas pembangunan seperti bidang pendidikan, kesehatan, infrastrukstur, lingkungan hidup, ketahanan pangan dan penganggulangan kemiskinan,” tambahnya.

Dikatakannya Harry, BPK melalui perwakilannya dengan terbuka bagi mahasiswa Universitas Bung hatta yang ini memperdalam ilmunya dengan magang dan BPK juga akan meminta tenaga ahli dari dosen Universitas Bung Hatta. "Semoga kuliah umum ini dapat memberikan pencerahan dan membangkitkan cita-cita Bung Hatta untuk membentuk generasi yang cerdar dan jujur," imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)

Materi dapat dilihat <a href='http://bunghatta.ac.id/files/public/avatars/materi_kuliah_umum_ketua__bpk_ri_di_universitas_bung_hatta.pdf'>disini</a>
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 23.20.230.24