Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

UBH Turut Berduka Atas Berpulangnya Dirut PT. Semen Padang

Keluarga Besar Universitas Bung Hatta mengucapkan turut berbelasungkawa atas berpulangnya ke Ramatullah Ir. H. Munadi Arifin, SE, MM, Ak Direktur Utama PT. Semen Padang dalam usia yang ke-60 tahun. Semoga amal dan ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan....

Pertemuan Pimpinan Universitas Dengan Yayasan

Universitas Bung Hatta mengadakan pertemuan dengan Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta yang bertempat di Ruang Teater Gedung H Kampus Proklamator I Universtas Bung Hatta, Senin (15/09/2014). Pertemuan ini dihadiri oleh pendiri dari Yayasan Pendidikan Bung Hatta yaitu Drs. Hasan Basri Duri....

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Gelar Bakti Sosial

Berbagi dengan sesama itu tidak hanya dengan pemberian materi tapi dapat juga dengan memberi kebahagiaan dan senyuman terutama bagi anak yatim. Melihat hal tersebut, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kegiatan Chem_Eng Peduli yang bertajuk Ku....

BEMM FTSP UBH Angkat Seminar Nasional Kewirausahaan Bidang Konstruksi

Pemanfaatan serta pengembangan rekayasa dan teknologi bidang konstruksi dewasa ini membuka peluang seluas-luasnya bagi lulusan mahasiswa perguruan tinggi, khususnya mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Namun, di tengah ketatnya persaingan menyongsong AFTA 2015, dituntut kemampuan mental ....

Dua Mahasiswa Teknik Kimia UBH Tampil di Seminar Nasional Sains Dan Teknologi

Dua mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yaitu Januerin dan Erda Rahmilaila Desfitri mendapat kesempatan untuk menampilkan hasil penelitiannya dalam kegiatan Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (SNSTL) I di Convention Hall Universitad Andalas Limau Manis....

Dosen UBH dan UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kerajinan Handicraft

Untuk membantu masyarakat pesisir pantai dan sebagai kepedulian masyarakat dalam membangun konservasi pelestarian dan perlindungan penyu di Sumatera Barat, Unit Pelaksana Teknis Kawasan Konservasi Perairan Daerah (UPT-KKPD) Kota Pariaman bersama Harfiandri Damanhuri, S.Pi, M.Si salah seorang dosen U....

Selasa 22 April 2014 - 07:11:05

Hasan Basri Agus, Gubernur Jambi Kunjungi Stan UBH
Hasan Basri Agus, Gubernur Jambi Kunjungi Stan UBH
bunghatta.ac.id - Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM mengunjungi stand stand promosi Universitas Bung Hattaseusai pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 yang bertempat di WTC Batanghari Kota Jambi, Senin (21/04/2014).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 April 2014 - 19:22:14

Gubernur Jambi Tinjau Stan Campus Expo UBH
Gubernur Jambi Tinjau Stan Campus Expo UBH
bunghatta.ac.id - Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM usai kegiatan pembukaan Jambi Ekxpres Campus Expo 2014 mengunjungi dan berfoto bersama di stand promosi Universitas Bung Hatta, Senin (21/04/2014).

Dalam kunjungannya Hasan mengatakan banyak juga pelajar Jambi yang melanjutkan kuliah ke Universitas Bung Hatta.

Dr. Zulherman, ST, M.Sc Ketua Tim Pameran Universitas Bung Hatta mengatakan dalam kegiatan ini juga kampus melibatkan mahasiswa yang berasal dari provinsi Jambi untuk ikut serta mengenalkan Universitas Bung Hatta.

"Keikutsertaan Universitas Bung hatta ini dalam rangka memperkenalkan Universitas Bung Hatta kepada pelajar dan masyarakat provinsi Jambi sekaligus sebagai sarana bedah kampus untuk mencari refernsi tentang perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan setelah tamat sekolah menengah atas," terangnya.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini yaitu Nur Anisa mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2013, Maknunatum mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2013, Febrina Rahmat Diningsih mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2012 dan Suryati mahasiswa Teknik Ekonomi Konstruksi angkatan 2013. (**Ubay-Humas UBH)


model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 April 2014 - 18:56:23

Kenalkan Universitas Bung Hatta lewat Campus Expo 2014
Kenalkan Universitas Bung Hatta lewat Campus Expo 2014
bunghatta.ac.id - Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta turut berpartisipasi dalam kegiatan Campus Expo 2014 yang gelar oleh Harian Jambi Ekspres. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari 21-23 April 2014 di Lantai Dasar WTC Batanghari Kota Jambi.

Gubernur Provinsi Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM membuka secara resmi kegiatan Campus Expo 2014 menyampaikan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan informasi secara luas dan dapat memberikan manfaat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan bagi pelajar yang ingin menempuh pendidikan yang tinggi.

“Kegiatan ini bentuk sinergi dan kolaborasi untuk membangun pendidikan sekaligus promosi bagi kampus serta dapat membuka wawasan para pelajar,” ujar.

CEO Jambi Expres, Sarkawi mengatakan kegiatan ini rutin kita lakukan untuk membantu para pelajar SMA dalam mencari informasi perguruan tinggi-perguruan tinggi ketika ingin melanjutan studi dan juga untuk mengenalkan kampus kepada masyarakat.

“Semoga dengan kegiatan campus expo ini dapat bermanfaat dan menjadi panduan dalam memilih perguruan tinggi,” ucapnya.

Dr. Zulherman, ST, M.Sc Ketua dan Tim Rombongan Pameran Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Universitas Bung Hatta kepada pelajar dan masyarakat provinsi Jambi sekaligus sebagai sarana bedah kampus untuk mencari referensi tentang perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan setelah tamat sekolah menengah atas.

"Meningat UN telah selesai dilaksanakan jadi kegiatan ini sebagai langkah untuk memberitahkan kepada pelajar untuk dapat memilih melanjutkan studi ke Universitas Bung Hatta," imbuhnya.

Selain Universitas Bung Hatta, terdapat 15 perguruan tinggi di wilayah provinsi Jambi lainnya seperti Universitas Batanghari lembaga pendidikan dan lembaga kursus yang ikut berpartisipasi memperkenalkan lebih jauh keunggulkan masing-masing kampus. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 April 2014 - 14:29:10

Prof. Emil Salim Akan Berikan Orasi Ilmiah di UBH : Mendayung Di Antara Dua Karang
Prof. Emil Salim Akan Berikan Orasi Ilmiah di UBH : Mendayung Di Antara Dua Karang
bunghatta.ac.id - Pada ulang-tahun ke-33 Universitas Bung Hatta, Prof Emil Salim akan memberikan Orasi Ilmiah dengan judul ”Mendayung di Antara Dua Karang, Ketidak Pedulian dan Kealpaan”di Aula Balairung Caraka, Kampus I Universitas Bung Hatta Ulak Karang, Selasa (22/4).

Dikutib dari makalah beliau disebutkan bahwa, salah satu ajaran dan prinsip yang Bung Hatta kembangkan adalah agar Indonesia “mendayung di antara dua karang” yang untuk pertama kali beliau canangkan di depan Badan Pekerja Komite Nasional tanggal 2 September 1948 di Yogjakarta sebagai landasan politik luar negeri bebas aktif mengembangkan kebijakan politik di antara kepentingan negara Kapitalis dan negara Komunis. Sehingga memberi dasar bagi tumbuhnya Gerakan Non-Blok.

Menurutnya, salah satu masalah raksasa yang terbengkalai selama ini adalah pemanfaatan potensi dan peranan strategis Samudra Hindia yang terbentang di hadapan wilayah barat pulau Sumatera dan Jawa. Dan hadir Samudra Hindia di antara dua karang besar Indonesia, yakni “karang ketidak-pedulian” dan “karang kealpaan” masyarakat bangsa Indonesia terhadap manfaat dan faedah Samudra Hindia yang terbentang di sebelah barat tanah air Indonesia umumnya, daerah Sumatera Barat khususnya

Dijelaskan, Samudra Hindia mencakup sepertujuh permukaan bumi dan terletak antara benua Afrika di bagian barat, kepulauan Indonesia dan benua Australia di bagian timur, benua Asia di bagian utara dan Antarctica di bagian selatan. Kawasan-kawasan sekitar Samudra Hindia sebagian besar merupakan negara berkembang yang sedang membangun.

Samudra Hindia terbentang seluas 73.440.000 Km2, dengan kedalaman 3.890 Meter, dan kedalaman terbesar dengan 7.450 Meter di bawah permukaan laut di “Java Trench”, di selatan pulau Jawa.

Java Trench adalah yang kedua terpanjang di dunia terbentang antara Jawa Barat Selatan dan melingkar sepanjang pantai barat Sumatera sampai ke Utara Sumatera dengan perpanjangan ke kepulauan Andaman dan Nicobar.

Kawasan tersebut rawan benturan tektonis antara lempeng Euro-Asia dengan Indo-Australia, dengan potensi ancaman gempa tsunami. Dalam kaitan inilah sangat penting dikembangkan keahlian pendeteksian tsunami dan ikhitar penyelamatan diri dari ancaman tsunami, seperti antara lain dilakukan oleh “Siaga Penyelamatan Inovatif” yang akan membangun Tsunami Evacuation Park di kawasan Tabing, Padang.

Sejak masa kolonial, Samudra Hindia menderita kerusakan lingkungan oleh eksploitasi sumber daya alamnya. Deforestasi, cara-cara pengelolaan lahan dan praktek penambangan pulau-pulau yang menampung kotoron burung Guano yang kaya calsium-phosphat dengan menguras bagan besar pulau sampai meninggalkan lubang di banyak pulau Samudra Hindia.

Limbah, sampah dan kotoran buatan manusia mengalir dari sungai di kawasan sekitar Samudra Hindia mengotori lautan ini. Ini paling kentara untuk lautan yang berbatasan dengan India yang padat penduduk.
Menurutnya lagi Salah satu bidang yang memerlukan “knowledge, consensus dan innovation space”
berkaitan dengan Samudra Hindia, yang terdapat langsung depan pintu ranah Minangkabau.

Oleh karena itu prakarsa pertama yang perlu dan bisa diambil para cendekiawan Sumatera Barat adalah memelopori pengembangan knowledge, consensus dan innovasi space di antara akademisi Sumatera Barat dan Indonesia umumnya untuk bisa menggali potensi dan kekayaan sumber dala alam laut melalui pola pembangunan berkelanjutan mencakup tiga jaur ekonomi, sosial dan lingkungan bagi pengembangan kesejahteraan umat manusia.

Melalui pengembangan knowedge, consensus dan innovation space” terbuka lebar di ranah Minangkabauini, untuk digalakkan pada pengembangan pembangunan Samudra Hindia sebagai sumber daya alam yang layak dinaikkan nilai tambahnya bagi kesejahteraan umat manusia.

”Melalui Dies Natalis ke-33 Universitas Bung Hatta merupakan pencanangan usaha kita bersama untuk mendayung di antara dua karang ketidak-pedulian dan kealpaan menuju Samudra Hindia sebagai potensi kesejahteraan umat manusia di masa depan”, ulas Emil. (**Indrawadi)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 21 April 2014 - 13:36:06

Teknik Arsitektur UBH: Restorasi Rumah Gadang di Nagari Sumpur
Teknik Arsitektur UBH: Restorasi Rumah Gadang di Nagari Sumpur
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta bersama Masyarakat dan perantau Nagari Sumpur yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Sumpur (IKES), Forum Kampuang Minang Nagari Sumpur (FKMNS), berkerja sama dengan Pusat Studi Restorasi Arsitektur (Pusaka) Universitas Bung Hatta (UBH), Tirto Utomo Foundation, Badan Pelestari Pusaka Indonesia (BPPI), Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dan elemen dan tokoh masyarakat lainnya, Minggu (20/4/2014), meletakkan batu pertama pembangunan rumah gadang atau batagak tonggak tuo. Dalam kultur tradisi Minangkabau, batagak tonggak tuo ini merupakan salah satu ritual prosesi pembangunan rumah gadang yang dilakukan secara turun temurun di Minangkabau.

Eko Alvares Z, Ketua Pusat Studi Restorasi Arsitektur Universitas Bung Hatta Padang,menyebutkan restorasi rumah gadang tersebut penting karena Nagari Sumpur merupakan salah satu Perkampungan Destinasi Pusaka Nusantara yang ada di Ranah Minang.

Ditambahkan Eko, sebelumnya sudah sering mahasisw arsitektur dibawanya kuliah lapangan ke Nagari tersebut, namun pada tanggal 26 Mei 2013 lalu, kebakaran hebat melanda Nagari Sumpur, Batipuah Selatan, yang menghanguskan 5 rumah gadang dari 68 rumah yang telah didata mahasiswa sebagai peninggalan warisan budaya.

“Rumah-rumah gadang yang terbakar itu sebagian besar berusia di atas satu abad, untuk itu pula, upaya restorasi rumah-rumah gadang itu menjadi sangat penting. Tahapan pertama dan keterbatasan dana, hanya satu rumah gadang yang direstorasi”, ulas Eko.

Sebelum restorasi beberapa pendekatan dilakukan dengan dengan melibatkan keluarga besar Nuraini, Wali Nagari Sumpur, para datuk dan ninik mamak serta perangkat adat lainnya. Hal itu dilakukan agar restorasi rumah gadang itu tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Dalam pelaksanaannya, membangun kembali rumah gadang tersebut di usahakan seperti membangun rumah gadang zaman dulu, mulai dari memilih kayu untuk tonggak tuo, mencacah, maelo sampai mendirikan tonggak tuo tersebut. (**Indrawadi-Humas).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 18 April 2014 - 17:21:16

Mahasiswa Teknik Mesin UBH Gelar Touring Amal
Mahasiswa Teknik Mesin UBH Gelar Touring Amal
bunghatta.ac.id - Sebanyak 25 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Touring Amal Keliling Sumatra Barat yang dilaksanakan pada 18-19 April 2014.

Ketua Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Deco Agustavio menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja himpunan yang bertujuan untuk membantu dan memotivasi saudara-saudara kita yang berada di panti asuhan sekaligun dalam rangka kegiatan bakti sosial.

“Kita melakukan Touring Amal ini menggunakan kendaraan roda dua kemudian berkeliling Sumatra Barat dengan rute dimulai dari Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Pariaman, Lubuk Basung, Maninjau, Bukittinggi, PadangPanjang, Solok dan kembali ke Padang,” ungkapnya.

Ia menyebutkan dari rute yang akan dilalui tersebut, tim akan melakukan kerja bakti, pemberian bantuaan berupa alat tulis dan pakaian serta pemberian motivasi di Panti Asuhan Aisyah Muhammadiyah Lubuk Basung dan Panti Asuhan Aisyah Muhammadiyah Solok serta singgah ke Kantor Bupati Solok.

Tim dilepas secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri, Ir. Yanni Ridal, MT dan Ketua Jurusan Teknik Mesin, Dr. Hendri Budiman, ST, MT.

“Hati-hati, jaga keselamatan selama berkendaran dan taati aturan lalu lintas,” pesan Hendri Budiman. (**Ubay-Humas UBH)

model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 17 April 2014 - 13:27:24

FPIK UBH Menjadi Tempat Uji Kompetensi Kelautan dan Perikanan
FPIK UBH Menjadi Tempat Uji Kompetensi Kelautan dan Perikanan
bunghatta.ac.id - Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta melaksanakan Pembukaan Pelatihan Asesor Kompetensi dan Kuliah Umum Sosialisasi Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan yang bertempat di Aula Balirung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (17/04/2014).

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta, Dr. Ir. Eko Alfares Z, MSA yang membuka kegiatan ini menyampaikan untuk menciptakan lulusan yang mempunyai daya saing tentunya diperlukan kompetensi keahliaan yang dikuasai salah satunya dengan mengikuti sertifikasi profesi.

“Perguruan tinggi harus mencetak lulusan yang berkompeten dan mampu bersaing mengingat persiapan dalam memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Semakin lama pendidikan itu semakin standar untuk itu ijazah dan transkip saja tidak cukup tanpa ada sertifikat keahlian khusus,” jelas.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ir. Yempita Efendi, MS mengatakan Universitas Bung Hatta satu-satunya perguruan tinggi yang menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Kelautan dan Perikanan untuk wilayah Sumatra dan di Sumatra Barat hanya ada yang menjadi tempat pelaksanaan TUK yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta dan SUPM Pariaman.

“Saat ini kita akan mengadakan Diklat Asesor Kompetensi Profesi Kelautan dan Perikanan akan dilaksanakan pada tanggal 17-21 April 2014 bertempat di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta yang diikuti dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, Universitas Riau, Universitas Muaro Bungo, Abulyatama Aceh dan guru SMK Kelautan serta guru SUPM Pariaman,” ungkapnya.

Bidang uji kompetensi sertifikasi profesi kelautan dan perikanan yang dilakasanakan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta yakni bidang budidaya perikanan, bidang penangkapan ikan, bidang pengolahan hasil perikanan dan bidang penyuluhan perikanan.

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara Kepala Badan Pengembangan SDM KP menyampaikan materi mengenai Kebijakan Pengembangan SDM KP dalam menyonsong Masyarakat Ekonomi Asean Tahun 2015 dan Teknis Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan oleh Direktur LSP-KP dengan dimoderatori Ir. Yempita Efendi, MS.

Kegiatan ini diikuti oleh baik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi maupun kabupaten kota, Badan Pelaksana Penyuluh Provinsi dan Kabupaten Kota, SMKN 10 Padang, SMKN 2 Painan SMK Taruna dan Stakeholder Kelautan dan Perikanan lainya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 April 2014 - 16:21:56

UBH Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2014
UBH Seleksi Mahasiswa Berprestasi 2014
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2014 untuk tingkat universitas yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung E Rekotrat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (14/04/2014).

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mencari bibit-bibit mahasiswa yang berprestasi yang akan diuji kemampuannya dari segi akademik dan soft skillsnya.

Tim penilai dari selesai mahasiswa berprestasi ini dikoordinatori oleh Drs. Suparman Khan, M.Hum, dan anggota Dr. Ir. Eko Alfares Z, MSA, Dra. Susi Herawati,M.Pd, Dr. Hendra Suherman, ST, MT dan Dr. Elfiondri, S.S, M.Hum.

Sedangkan peserta selaksi berasala dari pemenang pertama dari hasil penyaringan tingkat fakultas yaitu Wetri Handayani dari Fakultas Ekonomi, Yudhi Rahman dari Fakultas Hukum, Hasanatul Fitri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Nikmatul Hikmah dari Fakultas Ilmu Budaya, Andre Gusti Mulya dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Lolitha Uthary Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Wahyuni Amalia Fakultas Teknologi Industri.

Pemenang seleksi mahasiswa berprestasi tingkat universitas ini akan diikutsertakan dalam pemilihan di tingkat Kopertis Wilayah X. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 April 2014 - 11:52:25

20 Tahun Teknik Kimia UBH, Semakin Berprestasi
20 Tahun Teknik Kimia UBH, Semakin Berprestasi
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah genap berusia 20 tahun sejak berdiri pada 14 April 1994 lalu dan berkeinginan menjadi lembaga pendidikan Teknik Kimia tingkat sarjana yang berkualifikasi unggul di tingkat nasional, berkontribusi pada Industri khususnya kawasan Sumatera dan berkonsentrasi di bidang teknologi pengolahan sumber daya alam nabati.

Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Ketua Jurusan Teknik Kimia menyampaikan dalam usia yang beranjak dewasa ini, jurusan Teknik Kimia akan mengembangkan sumber daya manusia, sarana prasarana dan sistem informasi yang lebih baik dalam melaksanakan pendidikan yang menghasilkan sarjana Teknik Kimia yang berkualitas.

“Jurusan Teknik Kimia merupakan disiplin ilmu yang fokus pada pemrosesan suatu bahan, yang mengubah bahan mentah menjadi produk jadi maupun setengah jadi secara ekonomis. Ilmu ini diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun skala pabrik dan lulusan teknik kimia pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia,” ungkap Reni.

Sebagai Satu-satunya Jurusan Teknik Kimia di Wilayah Kopertis X (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau), saat ini jurusan Teknik Kimia sudah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan terus menjalankan tri dharma perguruan tinggi dengan melaksanakan penelitian, pengabdian masyarakat, membangun kemitraan dan jaringan kerjasama sehingga menciptakan jurusan yang berprestasi dan lulusan yang berkualitas.

Ia mengatakan dengan didukung 11 dosen tetap yang 50 persen berkualifikasi doktor ini, para mahasiwa di Jurusan Teknik Kimia dapat mencapai gelar sarjana dengan menyelesaikan 144 SKS sesuai dengan kurikulum baru berbasis kompetensi yang terdiri dari materi teori, praktikum, Kuliah Kerja Nyata (KKN), kerja praktik, penelitian dan tugas akhir pra rancangan pabrik.

“Banyak prestasi dan pencapaian yang telah diraih oleh jurusan dimulai dari menerima hibah penelitian dosen dan hibah Program Kreativitas Mahasiswa dari Dikiti, dosen berperstasi Kopertis X, mahasiswa berprestasi,” jelasnya.

“Tak hanya itu, kerjasama juga dilakukan dengan ITB, Gifu University Jepang, Bappedalda, Bapeda, Baristan Padang, Teknik Elektro Unand, inas Koperas UMKM Perindag Kabupaten Agam, PT. First Resource Riau, PT. Incasi Raya, PT. Semen Padang dan lainnya, dalam menunjang kegiatan pembelajaran untuk kuliah umum, kerja praktik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Untuk meningkatkan mutu dan mendukung kompetensi lulusan, jurusan menyediakan sarana dan prasarana seperti beasiswa. Penasihat Akademik (PA), free hotspot, ruangan kelas yang representatif, studio tugas akhir, laboratorium, perpustakaan.

Kemudian mahasiswa juga diberikan kebebasan untuk aktif mengembangkan soft skillsnya dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan seperti di himpunan, BEM hingga Unit Kegiatan Mahasiswa dan juga memberi kesempatan untuk berkarya dengan mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa, berbagai perlombaan serta seminar nasional dan internasional.

“Hingga April 2014 ini jumlah lulusan Jurusan Teknik Kimia berjumlah 777 orang dengan IPK rata-rata dalam 3 tahun terakhir 3,21 yang telah bekerja di berbagai intansi baik dalam maupun luar negeri serta sebagian alumni melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Sebanyak 5 alumni juga mendapatkan beasiswa melanjutkan studi S2 di Gifu University Jepang,” ujarnya.

Dengan demikian, membuat Jurusan Teknik Kimia menjadi lebih maju dan selalu menghasilkan sarjana yang unggul dan memiliki keahlian di bidang proses kimia serta mampu merancang teknologi sumber daya alam di bidang Teknik Kimia.

“Perlu kerja keras semua pihak baik dari mahasiswa, dosen, alumni, pimpinan jurusan, fakultas dan universitas untuk mencapai cita-cita ini, seperti sekeras usaha pendiri Jurusan Teknik Kimia yang sampai detik ini selalu memberikan kontribusi untuk membangun kemajuan Jurusan Teknik Kimia dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya,” tutupnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 14 April 2014 - 08:55:50

Pindo UBH Gelar Acara Perisahan Bagi 67 Wisudawannya
Pindo UBH Gelar Acara Perisahan Bagi 67 Wisudawannya
bunghatta.ac.id - Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan Unveristas Bung Hatta mengadakan acara perpisahan bagi 67 wisudawannya yang bertajuk “Pesta Malapeh Uda Uni Kami” di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung hatta, Minggu (13/03/2014).

Ketua Jurusan Pindo Dra. Hj Sofyani, M.Pd mengatakan sudah lama juruan tidak mengadakan perpisahan bagi para widusawan terakhir tahun 1995 lalu dan dilaksanakan kembali pada tahun 2014 ini tepat pada Wisuda ke-61 Universitas Bung Hatta.

“Kegiatan ini juga kita harapkan dapat menjadi acuan untuk pelaksanan perpisahan wisudawan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Ia mengatakan dengan telah dilantiknya para wisudawan pada Sabtu (12/04/2014) kemarin maka seluruh wisudawan telah resmi menjadi seorang sarjana pendidikan. Tentunya setelah menempuh pendidikan di Universitas Bung Hatta dapat mengaplikasikan ilmunya di kehidupan sehari-hari.

“sebagai seorang sarjana sekaligus alumni baru, kita berharap seluruh wisudawan dapat menjaga nama baik almamater dan terus mengharumkan Universitas Bung Hatta di tengah-tengah masyarakat serta dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan,” imbuhnya.

Salah seorang perwakilan wisudawan, Novelina Putri, S.Pd mengatakan kegiatan kita sebagai rasa syukur dan terimakasih para wisudawan yang telah lulus dan menamatkan studi di Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Univeristas Bung Hatta.

“Kita berterimakasih kepada dosen-dosen Pindo yang telah membimbing dan mengarahkan kami selama menuntut ilmu di Univeristas Bung Hatta. Begitu juga dengan adek-adek kami di Pindo yang selalu memberikan semangat kepada kami,” ujar Novel.

Pada kegiatan perpisahan ini juga diadakan pengalungan mendali secara simbolis dari jurusan ke wisudawan dan pemberian kenang-kenangan dari wisudawan kepada jurusan, penutaran video, penampilan sulap dan menyanyi bersama.

Hadir dalam pelepasan wisudawan ini dosen-dosen dan mahasiswa Jurusan pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Unveristas Bung Hatta serta tamu undangan laninnya. (*Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.197.74.130