Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Fakultas Hukum UBH Tempati Gedung Baru Kampus II Aia Pacah

Dekan Fakultas Hukum UBH Dwi Tuti Palupi, SH.,MH bersyukur dan lega, gedung Blok B2 Kampus II UBH Aia Pacah sudah bisa di tempati. Terhitung Senin, 25/8 seluruh mahasiswa Fakultas Hukum sudah bisa kuliah di gedung baru tersebut. “Meski belum 100% selesai, kita pastikan untuk pelaksanaan perkuli....

PKKMB Universitas Bung Hatta 2014

Selama tiga hari lamanya dari 21-23 Agustus 2014 Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2014/2015 yang diikuti 2452 mahasiswa baru ini secara resmi ditutup oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA....

Awal Perkuliahan, Teknik Kimia UBH Gelar Kuliah Umum

Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum pada awal perkuliahan mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang bertempat di Aula Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Senin (25/08/2014). Kuliah umum ini menghadirkan pema....

Pesona Senja di Kampus Prokalamator II Universitas Bung Hatta

Suasana senja di Kampus Prokalamator II Universitas Bung Hatta yang dipotret usai pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) angkatan 2014 pada 21 Agustus 2014. (**Ubay-Humas UBH)....

PKKMB 2014 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Sebanyak 485 Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Bung Hatta (UBH) Tahun Akademik 2014/2015 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahap kedua yang digelar di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatt,. Jumat (2....

Hari Kemerdekaan, Mahasiswa Teknik Mesin UBH Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Kerinci

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, sebanyak 4 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bnug Hatta melakukan Ekpedisi Merah Putih dengan mendaki Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh pada 16-19 Agustus 2014 lalu. Maha....

Minggu 30 Maret 2014 - 03:59:10

Pesulap Proklamator UBH Pukau Penonton Panggung Publik Sumatera III
Pesulap Proklamator UBH Pukau Penonton Panggung Publik Sumatera III
bunghatta.ac.id - Tiga pesulap muda Proklamator Universitas Bung Hatta yang terdiri dari Farel Illusion, Sanadi Equtos Fazea dan Dede Mawan, unjuk kebolehan di hadapan ribuan masyarakat Padang Panjang yang menyaksikan malam penutupan Panggung Publik Sumatera III di Padang Panjang, Sabtu,29/3.

Begitu MC acara mempersilahkan tim sulap Proklamator Universitas Bung Hatta untuk tampil, semua lampu di panggung utama di matikan, seiring dengan musik yang menggelegar, Dede Marwan langsung memegang mic dan berjalan ke tengah lapangan, dengan memainkan pemikiran penonton, Dede sambil membelakangi penonton melemparkan gulungan kertas, dan penonton yang menangkap gulungan tersebut di ajak bermain ke tengah lapangan, selanjutnya Dede menuju kearah penonton lain yang kebetulan adalah Walikota Padang Panjang Hendri Anis, sambil memberikan amplop yang masih di lem berisi tebakan kartu remi yang ada di pikiran penonton kepada Walikota, dengan sedikit permainan kata-kata ala pesulap, Dede meminta penonton untuk berkonsentrasi dan menatap matanya, kemudian di saat yang sama, Dede pun meminta Walikota untuk menarik nafas dan berkonsentrasi.

Dede pun menebak yang ada dalam pemikiran penonton adalah kartu 5 Skop, yang di benarkan oleh penonton, kemudian ia pun meminta Walikota membuka amplop dan menyebutkan tebakan nya yang tertulis di dalam amplop serta memperlihatkan pada semua penonton, bahwa apa yang dipikirkan penoton persis seperti isi amplop. Tidak puas dengan permainan tersebut Dede pun kembali memainkannya dengan angka-angka matematika, kali ini ada 3 penonton yang dilibatkan dengan cara yang sama.

Kurang dari 1 menit usai penampilan Dede, dengan music yang lebih clasik dan menghentak, Farel Illusion membuka sulapnya dengan keluarnya api dari sebuah buku kitab, yang di iringi tepukan meriah penonton, dilanjutkannya dengan memaikan sebuah tongkat yang berubah menjadi enam buah paying, secara kontinyu sebuah gelas yang di isi dengan minuman fanta, di sulap Farel menjadi 2 buah scraf panjang bewarna warni, selanjutnya Farel menuju penonton untuk memperlihatkan dan memeriksa 6 buah gelang besi yang mustahil bisa di rangkai sata sama lain. Namun dengan ke ahliannya ke enam gelang besi tersebut bisa di rangkainya jadi beberapa bagian dan melepasnya kembali satu persatu. Ada sekitar 15 permainan sulap yang di mainkan Farel sehingga menimbulkan decak kagum dari ribuan penonton yang menyaksikan malam itu.

Usai penampilan Farel, Sanadi Equtos usai Farel melanjutkan permainan dengan meminta 3 orang penonton untuk menuliskan angka-angka pada secarik kertas, kemudian salah seorang dari penonton yang bersedia jadi relawan dimintanya untuk menjumlahkan sejumlah angka-angka yang ditulis 2 penonton lainnya, selanjutnya dalam sebuah amplop tertutup secara acak Sanadi memberikannya ke penonton, yang kebetulan adalah Ny Maria Hendri Arnis istri Walikota Padang Panjang. Dengan konsentrasi dan kekuatan pikiran, satu persatu Sanadi mengeja angka-angka yang di pegang oleh penonton yang jadi relawan, setiap angka yang disebut di benarkan oleh penonton dan di benarkan juga oleh Ibu Walikota, setelah semua angka yang disebutkan benar, Sanadi meminta ibu Walikota untuk menyebutkannya dengan pengeras suara sambil memperlihatkannya pada penonton.

Panggung Publik Sumatera III, yang di helat Pemko Panjang mengusung tema "Padang Panjang Panggung Seni Sumatera." Iven tersebut dilaksanakan sejak tanggal, 26 - 27 Maret 2014. Rngkaian kegiatan ini diantaranya Pertunjukan Seni: Teater Modern dan Randai, Monolog, Musik Keroncong, Tari, Karawitan, Pantomime dan Perkusi. Kemudia juga digelar Sarasehan Budaya, dan Workshop Untuk Pelajar SMU/sederajat, serta pementasan mulai dari seni tradisi seperti: randai, teater tutur dan tari tradisi, silat hingga seni modern. (**Indrawadi-Humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 28 Maret 2014 - 09:52:15

Kanwil Pajak  Lakukan Sosialiasai SPT Dengan E-Filling
Kanwil Pajak Lakukan Sosialiasai SPT Dengan E-Filling
bunghatta.ac.id - E-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui koneksi jaringan internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Apikasi (ASP). Dengan e-filing ini, Wajib Pajak dapat menyampaikan SPT Tahunan PPhnya dengan lebih cepat, mudah dan murah.

Untuk menyebarkan informasinya, Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumatera Barat dan Jambi melakukan sosialaiasai mengadakan Sosialisasi pengisian SPT Tahunan, pemberian e-FIN dan pelaporan e-Filing kepada 25 dosen dan karyawan Universitas Bung Hatta yang bertempat di Ruang Sidang Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (27/03/2014).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarmana, SE, Akt, MBA mengatakan kegiatan ini menjadi kembaggaan bagi kita, karena Kanwil DPJ Sumbar dan Jambi terus memberikan kepercayaan kepada Universitas Bung Hatta untuk tetap melakukan berbagai kegiatan seperti sosialisasi pelaporan SPT dengan e-Filing ini.

“Dengan sosialialiasi ini kita dapat belajar banyak mengenai cara pelaporan SPT Tahunan dengan e-Filing karena sistem ini sangat mudah untuk dilakukan ketimbang langsung datang ke kantor pajak,” ujarnya.

Kabag Umum Kanwil DPJ Sumbar dan Jambi Zaini Latif menyampaikan kegiatan ini salah satu upaya untuk menyebarluaskan sistem e-Filing ke kantong-kantong intansi yang memiliki orang-orang wajib pajak banyak seperti di peruguruan tinggi tentunya Universitas Bung Hatta.

“Membayar pajak itu menjadi suatu kewajiban bagi kita diharapkan dengan sosialisasi ini dapat menularkan kepada yang lainnya,” jelasnya.

Sosialisasi ini disampaikan oleh Gusfami, Kepala Humas Kanwil DPJ Sumbar dan Jambi.

Gusfami memaparkan secara umum, e-Filing melalui situs www.pajak.go.id, adalah sistem pelaporan SPT menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun, yang dibuat oleh DJP untuk memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada DJP secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.

“Dengan e-Filing, WP tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di lokasi Dropbox maupun Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Hal ini merupakan salah satu terobosan baru pelaporan SPT yang digulirkan DJP untuk membuat WP semakin mudah dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk saat ini, e-Filing melayani penyampaian dua jenis SPT, yaitu SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Formulir 1770S. Digunakan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Formulir 1770SS.

Untuk dapat melakukan e-Filing, melalui tiga tahapan utama. Dua tahapan yang pertama hanya dilakukan sekali saja. Sedangkan tahapan ketiga dilakukan setiap menyampaikan SPT.

Tahap Pertama mengajukan permohonan e-FIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat yang merupakan nomor identitas WP bagi pengguna e-Filing. Karena hanya sekali digunakan, Anda hanya perlu sekali saja mengajukan permohonan mendapatkan e-FINtersebut.

Tahap kedua, mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak e-Filing di situs DJP paling lama 30 hari kalender sejak diterbitkannya e-FIN.

Menyampaikan SPT Tahunan PPh WP Orang Pribadi secara e-Filing melalui situs DJP melalui empat langkah prosedural saja, yaitu mengisi e-SPT pada aplikasi e-Filing di situs DJP, meminta kode verifikasi untuk pengiriman e-SPT, yang akan dikirimkan melalui email atau SMS, mengirim SPT secara online dengan mengisikan kode verifikasi dan notifikasi status e-SPT dan Bukti Penerimaan Elektronik akan diberikan kepada Wajib Pajak melalui email. (*Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 27 Maret 2014 - 14:59:55

Incasi Raya Grup Kenalkan Prospek Kerja Industri Kelapa Sawit Bagi Lulusan FTI
Incasi Raya Grup Kenalkan Prospek Kerja Industri Kelapa Sawit Bagi Lulusan FTI
bunghatta.ac.id - Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum mengenai prospek kerja di industri kelapa sawit dengan mendatangkan narasumber dari PT. Incasi Raya Grup. Kuliah umum ini bertempat di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Kamis (27/03/2014).

Pembicara dalam kuliah umum ini yaitu Nina Elisa Secretary of General Manajer Incasi Raya Grup, Bismi Azmi Ferry, ST Engineering Executive Incasi Raya Grup memberikan gambaran proses umum dari industri kelapa sawit dan Rafdi, ST PQA team dan Interna Auditor Incasi Raya Grup menyampaikan materi mengenai job disk dari pekerjaan apa saja yang terdapat di PT. Incasi Raya Grup.

Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri, Ir Yani Ridal, MT menyebutkan kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan kepada mahasiswa dan calon wisudawan ke-61 Fakultas Teknologi Industri akan industri kelapa sawit.

“Kuliah umum ini untuk memotivasi para lulusan untuk dapat mengetahui bagaimana suasana dan cara untuk dapat bekerja di PT. Incasi Raya Grup. Selain itu, Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta juga telah melakukan MoU sehingga para mahasiswa dan lulusan dapat kesempatan untuk magang dan bekerja di PT. Incasi Raya Grup ,” ucapnya.

Nina Elisa Secretary of General Manajer menyampaikan industri kelapa sawit banyak membutuhkan tenaga engineer seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Teknik Industri. Industri kelapa sawit saat ini menjadi primadona sehingga dapat menjadi kesempatan yang sangat untuk dapat berkarir di Industri kelapa sawit. Biasanya untuk sarjana bila masuk ke PT. Incasi Raya Grup akan berada diposisi teknikal staf.

“Karyawan yang baru masuk akan dimagangkan selama 3 bulan, lulus dari magang akan lanjut kontrak selama satu tahun pertama kemudian masuk ke kontrak tahun kedua. Jadi untuk bisa menjadi karyawan di PT. Incasi Raya Grup membutuhkan proses selama 2 tahun 3 bulan,” jelasnya.

Ia menambahkan setiap tahapan dari karyawan baru akan dilakukan evaluasi dan dari sanalah kita dapat melihat karyawan tersebut untuk diletakkan pada posisi yang sesuai dengannya. “Mendapatkan posisi pekerjaan yang bagus itu tergantung kepada diri kita sendiri, harus memiliki kerja keras, kemaung yang tinggi, rajin bertanya,” motivasinya.

kuliah umum ini diikuti lebih dari 50 peserta yang berasal dari dosen, mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan calon wisudawan ke-61 Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 26 Maret 2014 - 15:45:39

Seminar Nasional BEMM UBH: Empat Persepktif Dalam Siapkan Komunitas ASEAN 2015
Seminar Nasional BEMM UBH: Empat Persepktif Dalam Siapkan Komunitas ASEAN 2015
bunghatta.ac.id - Dalam rangkan opening ceremony Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah se-Sumatra, Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta (BEMM UBH) mengadakan Seminar Nasional bertajuk dinamika sosial budaya dahulu dan kini, serta yang akan datang dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi komunitas masyarakan ekonomi ASEAN 2015.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (26/03/2014) dengan menghadirkan empat pembicara Dr. H. Ali Asmar, M.Pd Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA Rektor Universitas Bung Hatta, Dr. H Shofwan Harim Elha, MA dan Drs. M. Suyuti Dt. Rajo Pangulu Ketua LKAAM Sumatra Barat.

Dr. H. Ali Asmar, M.Pd Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat berbicara mengenai pembangunan kepemudaan yang disiapkan oleh Pemerintah Sumatra Barat dalam mempersiapkan komunitas ASEAN 2015. Pengembangan kepemudaan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti membentuk kepemimpinan pemuda, kewirausahaan pemuda dan kepeloporan pemuda.

“Inti tujuan pembangunan kepemudaan itu untuk pembentukan karakater pemuda yang tangguh, pemuda yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, demokratis, bertanggungjawab, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, dan mandiri. Berjiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaanserta memiliki daya saing,” ungkapnya.

Rektor Universitas Bung Hatta menyampaikan pandangan bagaimana persiapan mahasiswa dalam menghadapi komunitas ASEAN 2015 dari perspektif dunia pendidikan. Harus adanya penguatan internal terutama sumber daya manusia secara optimal, membangun karakter. Seperti Bung Hatta yang memiliki karakter jujur, tentunya setiap mahasiswa dan di dalam diri kita harus juga sifat tersebut karena dalam agama pun hidayah akan datang dari orang-orang yang jujur.

“Berbicara manghadapi ASEAN 2015, mahasiswa sejak dini harus mempersiapkan diri, memiliki power dan pantang menyerah agar tidak kalah kompetisi dengan bangsa lain,” ucapnya.

Sementara Shofwan Karim menyampaikan materi mengenai menghadapi komunitas ASEAN 2015, dinamika sosial-budaya dan penguatan pemuda-mahasiswa. Pada tahun 2003, para pemimpin ASEAN sepakat bahwa Masyarakat ASEAN harus terbentuk pada tahun 2020.

“Pada tahun 2007, para pemimpin menegaskan komitmen kuat mereka untuk mewujudkan Masyarakat ASEAN dan mempercepat target waktunya menjadi tahun 2015.Masyarakat ASEAN terdiri dari tiga pilar yang terkait satu dengan yang lain yaitu masyarakat politik keamanan ASEAN, masyarakat ekonomi ASEAN dan masyarakat sosial budaya ASEAN,” jelasnya.

Kemudian ia menambahkan untuk peranan mahasiswa dan pemuda menghadapi komunitas ASEAN 2015 dengn melakukan kolaborasi dan membangun jaringan kerjasama, penelitian, memupuk kemampuan kompetis.

“Tak hanya itu pentingnya kemampuan berbahasa, disiplin, belajar dan kerja keras serta memupuk keunggulan lokal dan nasional dengan keterampilan budaya, kuliner, batik, seni-budaya dan sebagainya turut andil dalam mempersiapkan dan menghadapi komunitas ASEAN 2015,” tambahnya.

Ditinjau dari Aspek kebudayaan adat daerah, Drs. Sayuti Dt Rajo Pangulu membahasa kondisi Minangkabau dulu sekarang dan yang akan datang. Secara teori, sistem kebudayaan itu di dunia dapat dilihat dari berbagai aspek, antara lain budaya memukim, budaya bercocok tanam, budaya berniaga, budaya berbahasa,budaya berseni, budaya bereligi, budaya beradat istiadat.

Menurutnya, secara kesuluruhan aspek kebudayaan yang dikemukakan di atas bila dikaitkan dengan Budaya Alam Minangkabau sebagian masih dapat ditemukan, sedangkan Budaya Orang Minangkabau lebih menonjol ke permukaan saat ini.

“Budaya Alam Minangkabau sangat berbeda dengan Budaya Orang Minangkabau. Budaya Alam Minangkabau berangkat dari aspek normatif, sedangkan Budaya Orang Minangkabau beranjak dari aspek kreatif,” ucapnya.

Seminar nasional ini diikuti lebih dari 100 peserta yang berasal dari mahasiswa Universitas bung Hatta dan peserta Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah se-Sumatra. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 26 Maret 2014 - 15:43:42

Manjemen Organisasi dalam Latihan Kepemimpinan Tingkat Menengah
Manjemen Organisasi dalam Latihan Kepemimpinan Tingkat Menengah
bunghatta.ac.id - Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta (BEMM UBH) akan mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) se-Sumatra pada 26- 29 Maret 2014 yang bertempat di Asrama haji, Air Tawar, Padang.

Dalam opening ceremony-nya yang bertempat di Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (26/03/2014), Willy Putra, Ketua Pelaksana LKMM-TM mengatakan kegiatan ini mengangkat tema membangun organisasi mahasiswa yang berkarakter ke-bunghatta-an, solutif, dan inovatif untuk generasi penerus bangsa yang lebih baik.

“Dengan latihan kepemimpinan ini dapat membekali peserta dengan wawasan, sikap keterampilan untuk mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan atau organisasi sesuai dengan tujuannya tersebut,” ungkap Willy.

“Latihan kepemimpinan ini sebagai keterampilan lanjutan dari latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa tingkat dasar yang telah diberikan kepada mahasiswa pengurus organisasi di bidang manajemen,” tambahnya mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer ini.

Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta Fashly Eka Putra menambahkan latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa tingkat menengah ini sesuai dengan jenjangnya berdasarkan kulirkulum dan panduan dari Diki serta sifatnya terdiri atas beberapa materi untuk pengembangan wawasan, pengembangan sikap dan keterampilan dengan menghadirkan narasumber telah berpengalaman dibidangnya.

“Dengan mengikuti latihan kepemimpinan tingkat menengah ini beroinetasi pada manajemen organisasi dengan harapan dapat memiliki wawasan tentang kondisi lingkungan yang ikut mempengaruhi eksistensi dari lembaga yang dipimpin, mampu berdiskusi atau bertukar pikiran dengan sikap ilmiah, mampu menganalisa kekuatan dan kelemahan organisasi yang dipimpinnya,” ungkapnya.

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum menyampaikan kampus sangat apresiatif dengan kegiatan yang dapat mengasah dan menambah kemampuan softskills mahasiswa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Ali Asmar, M.Pd yang membuka kegiatan ini mengatakan agar para mahasiswa dapat membangun dan memiliki karakter dalam dirinya serta mampu menjadi mahasiswa yang berkualitas dan berdaya saing.

“Latihan kepemimpinan untuk oranganisasi mahasiswa ini sangatlah penting untuk diikuti karena kelak setelah tamat dalam menempuh pendidikannya mampu menjadi calon seorang pemimpin,” ungkapnya.

Latihan kepemimpinan ini diikuti 45 peserta yang salah satu pesertanya berasal dari Universitas Syah Kuala Aceh, Universitas Batang Hari Jambi dan perguruan tinggi lainnya se-Sumatra. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 26 Maret 2014 - 14:37:23

Klinik Rahmi Hatta UBH Milik Mobil Ambulans
Klinik Rahmi Hatta UBH Milik Mobil Ambulans
bunghatta.ac.id -
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 26 Maret 2014 - 10:12:29

Mou UBH dengan Pemda Solok:  Perguruan Tinggi Harus Aplikasikan Nilai Agama dan Adat Minangkabau
Mou UBH dengan Pemda Solok: Perguruan Tinggi Harus Aplikasikan Nilai Agama dan Adat Minangkabau
bunghatta.ac.id - Dihadapan kepala-kepala sekolah mulai dari tingkat dasar sampai sekolah lanjutan atas, dan SKPD-SKPD se Kabupaten Solok, Universitas Bung Hatta jalin MoU dengan Pemerintah Kabupaten Solok, naskah Mou tersebut di tanda tangani oleh Rektor UBH Prof.Dr. Niki Lukviarman, SE,Akt,MBA dan Bupati Kab. Solok Syamsu Rahim, di ruangan Pelangi Kantor Bupati Solok, Arosuka, Selasa,25/3. Acara tersebut di gelar bersamaan dengan acara sosialisasi pelaksanaan ujian nasional se Kabupaten Solok yang gelar dinas pendidikan.

Dalam naskah Mou tersebut tertuang butir-butir kerjasama terutama dalam bidang penelitian, pendidikan, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu dari aplikasi kerjasama adalah dengan menempatkan mahasiswa UBH yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pengajaran Masyrakat (KKN-PPM) di beberapa kenagarian di Kabupaten Solok pada bulan Mei nanti.

Dalam sambutannya Bupati Syamsu Rahim menyebutkan, kerjasama antara UBH dengan Pemda Solok merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan dan membekali generasi muda tentang agama dan adat Minangkabau yang mulai memudar di kalangan masyarakat.

Ditambahkan Syamsu, saat ini nilai-nilai moral dan etika di kalangan generasi muda semakin memudar, berdasarkan pantauan dan survey kecil2-an yang dilakukannya, moral dan etika semakin memudar karena di lingkungan sekolah sendiri hal itu tidak di ajarkan disekolah, tetapi kebanyakan majelis guru maupun murid lebih terfokus dan mementinkan pelajaran umum, sehingga pelajaran agama, terutama tentang adat budaya Minangkabau terabaikan.

“Kerjasama yang di tandatangani hari ini antara Pemda Solok dan UBH, adalah salah langkah dan upaya pemerintah untuk kembali menggali nilai-nilai agama dan adat, dengan kajian dan penelitian secara ilmiah melalui perguruan tinggi, hasilnya nanti tidak hanya sebatas fisik tetapi bagaimana mengaplikasikannya di tengah-tengah masyarakat” imbuh Syamsu.

Sementara, Rektor UBH Prof.Niki Lukviarman,SE,Akt,MBA menyebutkan, kesepakatan kerjasama yang ditanda tangani kedua belah pihak adalah bentuk dari tridharma perguruan tinggi, terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Niki berharap, kerjasama itu dapat berjalan dengan baik dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sehingga keinginan yang ingin di capai kedua belah pihak dari kerjasama itu dapat di peroleh.

“Kami akan selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan dengan semua pihak, sesuai dengan arahan Bupati, sehingga perguruan tinggi, khususnya Universitas Bung Hatta dapat memberikan konstribusi untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Solok” , ujar Niki. (**Indrawadi-humas UBH).
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 24 Maret 2014 - 11:01:57

Pertandingan Segitiga Emas, antara Petenis UBH, Sakato dan KTMB Malaysia
Pertandingan Segitiga Emas, antara Petenis UBH, Sakato dan KTMB Malaysia
bunghatta.ac.id - Klub Tenis Proklamator Universitas Bung Hatta bersama Klub Tenis Sakato dari Pemerintah Daerah Sumatera Barat melakukan pertandingan persahabatan dengan Klub Tenis Kereta Tanah Melaya Berhad Malaysia yang berlokasi di Lapangan Tenis Gubernuran Sumatra Barat, Minggu (23/03/2014).

Drs. Riswandi, M.Si, Ketua Klub Tenis Proklamator mengatakan pertandingan ini kita sebut saja pertandingan segitiga emas yang merupakan pertandingan persahabatan dan silaturrahim antara Klub Tenis Proklamator dan Klub Tenis Sakato dengan Klub Tenis Kereta Tanah Melaya Berhad Malaysia. Selain untuk berolahraga dan berlatih, pertandingan ini juga sebagai ajang silaturahim dan membangun solidaritas antar klub tenis ini.

Klub tenis KTMB Malaysia sangat senang dan mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelayanan dan suasana yang terjadi selama kegiatan ini berlangsung dan sekaligus menawarkan kepada klub tenis Proklamator untuk melakukan kunjungan balasan ke Malaysia.

Pada pertandingan persahabatan ini, Klub Tenis Proklamator diikuti oleh Prof. Dr. Niki Lukviarman, S.E., akt, MBA, CA., Rektor Universitas Bung Hatta, Drs. Riswandi, M.Si Ketua Klub Tenis Proklamator, Hendra Kusuma, S.Pi , M.Si Kepala BAAK dan Ir. Mainizar Kepala BAU serta turut hadir juga Dra. Susi Herawati, M.Pd, Pembina Klub Tenis Proklamator yang juga Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 24 Maret 2014 - 07:56:20

HUT Ikanita Ke-30 Semarak dan Bertabur Hadiah
HUT Ikanita Ke-30 Semarak dan Bertabur Hadiah
bunghatta.ac.id - Acara puncak perayaan ulang tahun Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta dimeriahkan dengan penampilan Fashion show busana nasional berpasangan yang melenggak-lenggok bak peragawan dan peragawati di atas pentas. Kegiatan ini berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (21/03/2014).

Ketua Pelaksana, Nyonya Armaida Suparman Khan mengatakan Sebelumnya, Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta telah melakukan kunjungan dan bakti sosial ke Panti Sosial Kresna Werdha Sabai Nan Aluih yang berlokasi di jalan raya Padang- Bukittinggi, Sicincin, Minggu (15/03/2014) lalu.

“Pada perayaan ulang tahun ikanita yang ke-30 tahun ini banyak bertabur hadiah doorprice dan pemberian santunan kepada anak anggota Ikanita,” ujarnya.

Nyonya Mechy Niki Lukviarman, Ketua Ikanita UBH menyebutkan dalam perayaan HUT Ikanita kali ini berharap para wanita anggota Ikanita dapat menjadi partner dalam segala macam hal dan kegiatan demi memajukan Universitas Bung Hatta.

“Organisasi sosial ini bukanlah oraganisasi yang baru berdiri akantetapi telah berumur 30 tahun dan semoga para ibu-ibu ini dapat menjadi parter dalam memajukan Universitas Bung Hatta,” ungkapnya.

Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta selalu berupaya meningkatkan kualitas wanita lewat kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan tujuan berdirinya organisasi ini pada tanggal 10 Maret 1984 lalu, yakni menjadikan Ikanita sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan antara seluruh civitas akademika dan keluarga Yayasan Pendidikan bung Hatta yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA dalam sambutan pembukaannya mengatakan keberadaan Ikatan Wanita Universitas Bung Hatta dapat menjadi penyemangat dalam memajukan Universitas Bung Hatta sesuai dengan tema kegiatan perayaan ulang tahunnya di tahun ini.

Untuk pemenang lomba merangkai bunga, Juara I dimenangkan oleh Suharni Chan dari BAU, Juara II diperoleh Yulia Eliza dari FTI, Juara III didapatkan oleh Leni Marlina dari satuan pengaman, Juara Harapan I Enderyeni dari FPIk dan Juara Harapan II Ira Rahmayani dari FKIP dan Juara Harapan III Sofmidar dari FE.

Sedangkan untuk pemenang lomba fashion show busana nasional berpasangan, Juara I didapatkan oleh pasangan Mia Rahmadhani dan Firly dari FTI, Juara II diperoleh pasangan Erya wahyuni dan Heri Khiswanto dari UPT Perputakaan, Juara III dmenangkan oleh pasangan Yuli Sari Handini dan Billy Budiawan dari FPIK, Juara Harapan I dari pasangan Arman dan Ny. Leni Marlina Arman dari Satuan Pengamanan, Juara Harapan II dari pasangan Mussaliah dan Jon Hendri serta untuk Juara Harapan III dari pasangan Yerria Molinares dan Drs. Firdaus Sy, MP. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 22 Maret 2014 - 14:43:09

 “Mentawai Megathrust-Direx 2014” : UBH Pamerkan Aktivitas Kemahasiswaan Kesiapsiagaan Bencana
“Mentawai Megathrust-Direx 2014” : UBH Pamerkan Aktivitas Kemahasiswaan Kesiapsiagaan Bencana
bunghatta.ac.id - Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta, program studi Teknik Sipil membuka Konsentrasi Manajemen Risiko Bencana yang diresmikan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Dr. Syamsul Maiarif, April tahun lalu, ikut berpartisipasi pada di Pameran Mitigasi Bencana “Mentawai Megathrust-Direx 2014 yang berlansung mulai tanggal 20-22 Maret di kawasan GOR H Agus Salim.

Dalam kesempatan pameran tersebut,UBH memamerkan galeri foto-foto berbagai kegiatan kemahasiswaan yang berhubungan dengan kesiapsiagaan bencana, seperti dari UKM KSR-PMI Proklamator, UKM Diving Proklamator, UKM Mapala Proklamator serta miniatur konsep rumah bambu ramah gempa karya mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan.

Penanggung jawab stand UBH Prof. Dr, Nasfrizal Carlo,MSc menyebutkan, ke ikutsertaan UBH tersebut adalah bentuk tanggung jawab UBH dalam rangka mengurangi resiko bencana.

“Selain itu, UBH bertekad akan mewujudkan UBH sebagai kampus siaga bencana, hal itu di dukung dengan adanya program S2 Manajemen Risiko Bencana, Pusat Studi Bencana dan kegiatan kemahasiswaan yang berkaitan langsung dengan kebencanaan” ujar Carlo.

Ditambahkan Carlo, beberapa program studi yang ada di UBH mendapat pengakuan pula dari universitas luar negeri. Bahkan, tahun ini rencananya akan ada prodi yang menikmati double degree dengan universitas di Jerman, HAWK. Semua elemen di Program Pascasarjana UBH ini mendatangkan kepercayaan dari berbagai pihak.

“Banyak universitas luar negeri yang telah menjalin kerjasama dengan kami”, imbuh Carlo, yang juga direktur program pascasarjana UBH.

Untuk Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat di Kampus UBH, pihak kampus telah mendatangkan para ahli (expert) ke UBH sebagai tenaga pengajar baik dari BNPB maupun lembaga-lembaga terkait lainnya, guna mewujudkan Universitas Bung Hatta sebagai kampus siaga bencana.(**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman   <<        >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.227.23.16