Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Bg Universitas Bung Hatta
Wisuda ke-62, Alumni UBH Harus Siap Hadapi MEA 2015
Sabtu, 18 Oktober 2014 Informasi Kampus

Wisuda ke-62, Alumni UBH Harus Siap Hadapi MEA 2015

Sebanyak 657 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Bung Hatta telah melaksanakan pelantikan untuk periode wisuda ke-62 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/10/2014).

Lulusan Universitas Bung Hatta pada wisuda ke-62 ini terdiri dari lulusan program Pascasarjana 43 Orang, Sarjana 608 orang dan diploma III Teknik Ekonomi Konstruksi 6 orang yang berasal dari 7 fakultas yang ada di Universitas Bung Hatta. Untuk Fakultas Ekonomi sebanyak 69 orang, Fakultas Hukum 64 orang, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan 352, Fakultas Ilmu Budaya 5 orang, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan 44 orang, Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan 33 orang dan Fakultas Teknologi Industri 59 orang.

Wisudawan terbaik program sarjana (S1) tingkat Universitas adalah Aulia Rahmi dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,dan pada Program Magister (S2) Saudari Nova Mustika dari Program Bahasa dan Sastra Indonesia, dengan IPK 3,85

Rektor Universits Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA menyampaikan sejak diberlakukan UU No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, membawa perubahan yang sangat besar bagi pengelolaan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, dengan terbitnya Permendikbud tentang Penjaminan Mutu maka peningkatan status organisasi penjaminan mutu menjadi sebuah lembaga menjadi sebuah keharusan, serta harus segera ditingkatkan peran penjamiman mutu di tingkat fakultas dan prodi.

“Penyusunan Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi Universitas Bung Hatta juga sudah mendekati tahap akhir, diharapkan pada tahun ini sudah dapat kita kirim ke BAN-PT, dengan demikian semakin kukuhlah keberadaan Universitas Bung Hatta sebagai universitas yang unggul dan bermartabat.

Pada kesempatan ini juga Niki mengatakan untuk pertama kalinya pada Wisuda ke-62 ini dengan format wisuda yang baru dan juga menampilkan visi Universitas Bung Hatta yaitu Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Bermartabat Menuju Universitas Berkelas Dunia. Hal ini sesuai dengan keputusan Yayasan Pendidikan Bung Hatta.

“Walaupun upacara wisuda ini merupakan seremonial, namun bagi Universitas Bung Hatta, saat wisuda berarti saat menunjukan pada dunia bahwa alumni Universitas Bung Hatta disamping cerdas dan berilmu, juga memiliki tujuh budi utama yang berkualitas baik yaitu jujur, bertanggung jawab, adil, peduli, disiplin, visioner, senang menolong dan mampu bekerjasama,” sebutnya.

Sebagai lulusan Universitas Bung Hatta, Niki mengingatkan akan tantangan dengan adanya pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Tahun 2015 yang merupakan peluang untuk berprestasi serta turut menjadi faktor penentu kesuksesan kita semua.

“Namun demikian, dengan segala kerendahan hati disadari sepenuhnya bahwa masih banyak lagi upaya dan usaha yang perlu dilakukan untuk menuju visi menjadi universitas berkelas dunia (word class university). Untuk itu pada kesempatan ini izinkan saya kembali menegaskan perlunya kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang baik antara berbagai elemen universitas dalam mencapai hal tersebut,” imbuh Niki.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Prof. Dr. Ir. Fachri ahmad, M.Sc menyampaikan yayasan terus berupaya dan mendorong untuk menunjukan kampus Universtias Bung Hatta sebagai mercusuar dalam penyelenggaraan perguruan tinggi.

“Kita patut bersyukur dengan berbagai macam pencapaian yang telah diperoleh Universtias Bung Hatta serta dengan bertambahnya jumlah alumni sehingga dapat memberikan peran dan kontibusi juga dalam perkembangan kampus kedepannya,” ujarnya.

Pada Wisuda ke-62 Universitas Bung Hatta diikuti juga oleh perwakilan dari Koordinator Kopertis Wilayah X, perwakilan Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Pengurus Ikantan Alumni Universitas Bung Hatta, Pengurus Ikanita, Mitra Kerja Universitas Bung Hatta hingga kelembagaan mahasiswa Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)