Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.
Selasa 11 Juni 2013 - 14:01:15

bunghatta.ac.id - Jelang ujian akhir semester genap tahun ajaran 2013/2014, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta menggelar acara kuliah umum dan temu ramah bagi seluruh sivitas akademika se-lingkungan Pindo di Aula Balirung Caraka Kampus I UBH, Selasa, 11/6.

Dra. H Syofiani, M.Pd, Ketua Prodi Pindo UBH saat membuka acara mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan tiap akhir semester yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dan dosen, serta untuk menghimpun berbagai permasalahan akademik dan menjadi bahan evaluasi untuk menciptakan situasi akademik yang kondusif.

“Untuk semester ini kita mengadakan kuliah umum yang mengangkat tema kiat bertutur dikalangan akademisi, sebab dalam kondisi dan situasi saat ini aktivitas bertutur semakin menurun dan cukup memprihatinkan,” jelasnya Syofiani.

Sementara itu, Prof. Dr. Agustina, M.Hum dari Fakultas Bahasa Dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) yang menjadi pemateri dalam kuliah umum ini mempaparkan makalah yang berjudul kiat bertutur di kalangan akademisi sebagai refleksi kesantunan dalam berkomunikasi.

Agustina menjelaskan Kegiatan bertutur merupakan fenomena aktual yang dilakukan seseorang dalam kehidupan kesehariannya. Dalam kajian pragmatik tuturan itu unit terkecil dalam interaksi verbal yang menyatakan tindakan. Semua komunikasi verbal melibatkan tindakan tutur. Bahasa akan bermakan bila digunakan sebagai sarana sosial yang bertujuan untuk berkomunikasi.

“Dalam hal ini tuturan memiliki kaitannya dengan kesantunan berbahasa karena bertutur merupakan refleksi kesantunan dalam berkomuniakasi. Kesantunan berbahasa sebagai bentuk penggunaan bahasa selalu dipasangkan dengan hubungan sosial dan peran sosial dalam masyarakat dan kebuadayaan,” paparnya.

Dihadapan lebih dari 250 mahasiswa, ia mengatakan kesantunan itu merupakan bagian dari sikap yang mengandung nilai sopan santun (etiket), penerapan konseptua, pelaksanaannya bipolar dan resiprokal dan tercermin dalam berpakaian dan bertindak.

“Dunia akademik adalah tempat berkumpul orang ilmiah dan berintelektual , tentunya perlu adanya penggunaan tuturan bahasa santun dengan kiat-kiat tertentu disesuaikan dengan kondisi, konteksnya dan siapa lawan bicara kita,” terangnya.

“Kekerasan fisik yang sering terjadi di masyarakat merupakan fenomena representasi dari kekerasan verbal akibat tindakan tutur dalam berkomunikasi yang tidak pada tempatnya dan kuncinya ada pada kesantunan berbahasa,” tegasnya.

Ia mengungkapkan berbicara tutur bahasa, di Minangkabau ada istilah kato nan ampek, yaitu kato mandaki (kata mendaki), kato manurun (kata menurun), kato mandata (kata mendatar) dan kato malereng. Falsafah adat tersebut merupakan kearifan lokal dalam pergaulan dan berkomunikasi masyarakat Minangkabau meskipun filosofi ini telah mengalami pemudaran.

Untuk itu, jika kaum akademisi ingin membentuk warga kampus yang mempunyai jati diri dan karakter akademik yang berperadapan tinggi, maka seharusnyalah memlihara kesopanan dan kesantunan.

“Tidak hanya sebatas pengetahuan tetapai sampai pengamalan (aplikasi), mulai dari kalangan pimpinan, dosen, dan karyawan dalam tingkatan apapun sampai pada mahasiswa,” imbuhnya.
(Bayu Haryanto)






Dibaca: 1026 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Berita Lain
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.167.207.16