UKM KSR-PMI Proklamator Berhasil Kumpulkan 233 Kantong Darah

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta menyelenggarakan aksi donor darah yang bertajuk berika darahmu bersihkan ragamu sucikan jiwamu dengan donor darah. Kegiatan ini bertempat di tiga kampus Universitas Bung Hatta dari 01 hingga 03 Februari 2016. Komandan KSR P....

Bantuan Pemerintah Jepang, Universitas Bung Hatta Miliki Laboraotrium Bahasa dan Studio Sulih Suara

Universitas Bung Hatta memperoleh bantuan Hibah Grassroots Kebudayaan dari Pemerintah Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan yang tertuang dalam penandatangan kontrak kerja sama “The Project for the Improvment of Japanese Language Learning Equitment of Bung Hatta University” yang berla....

Penari Tradisional Jepang Kunjungi Universitas Bung Hatta

Penari tradisional asal Jepang Tomoo Nakashima melakukan kunjungan ke Universitas Bung hatta yang bertempat di Ruang Kerja Wakil Rektor III Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/01/2015). Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menyampaikan perte....

Mahasiswa USU Belajar Konservasi Penyu dan Terumbu Karang di Universitas Bung Hatta

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan kunjungan sekaligus mengikuti praktikum bersama matakuliah konservasi penyu dan konservasi terumbu karang di Universitas Bung Hatta yang berlangsung dari 25 hingga 29 Januari 2016. Sebanyak 78 mahasiswa program studi Manajemen Sumber Daya Perik....

Koor. Kopertis Wilayah X Temui Mahasiswa Universitas Bung Hatta Penerima Beasiswa Bidik Misi 2015

Koordinator Kopertis Wilayah X (Sumatra Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) Prof. Drs. Ganefri, M.T., Ph.D. bersama tim mengadakan kunjungan ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan memonitoring dan mengevaluasi penerima bantuan program beasiswa Bidik Misi tahun 2015 yang bertempat di Ruang Sid....

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bung Hatta Lakukan Ekspedisi ke Gunung Talang

Sebanyak enam mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta melakukan ekspedisi ke Gunung Talang, Kabupaten Solok pada 22 hingga 24 Januari 2016 lalu. Keenam mahasiswa tersebut ialah Meigy Fernando, Fuji Kurniawan Jafri, Slamet Riadi, Irvandy Saputra dari an....

Selasa 16 September 2014 - 14:15:24

Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
bunghatta.ac.id - Kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 20 September 2014 nanti di Universitas Bung Hatta, rencananya akan akan dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan DAMANDIRI Prof. Dr. Haryono Suyono.

Hal itu disampaikan ketua Pelaksana Indra Khaidir, ST, MT saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota Padang dalam hal ini bersama Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si di rumah dinasnya, Senin (15/9/14) perihal pelaksanaan rakor tersebut di UBH.

"Pertemuan tersebut juga diikuti oleh Rektor Universitas Taman Siswa dan Korwil Posdaya Sumbar dan beberapa orang staf," ungkapnya.

Dengan seksama Indra Khaidir menjelaskan tentang Posdaya yang mungkin selama ini belum banyak yang memahami apa itu Posdaya termasuk Wawako dan jajarannya.

"Jika kegiatan ini terlaksana dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan akan tercatat salah satu rekor terbesar Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya, karena akan mengundang sekitar 108 Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dan Pimpinan daerah se-Sumatera Barat” imbuh Indra".

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Universitas Bung Hatta dan Korwil Posdaya Sumbar yang telah menggagas kegiatan ini. Kami sendiri belum tentu bisa bertemu dan berbincang bahkan menghadirkan Bapak Haryono Suyono ke Padang ini.

"Seharusnya kami dari pemerintah kota yang datang ke Universitas Bung Hatta, tetapi malah kami yang dikunjungi. Tentunya dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk mendukung program pemerintah Kota Padang, imbuhnya. (*Humas-UBH)
Dibaca: 4804 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 3 Agustus 2014
Daftar Ulang: 4 - 16 Agustus 2014


Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
Dibaca: 5997 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
Dibaca: 6031 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 05 Februari 2016 - 11:18:31

UKM KSR-PMI Proklamator Berhasil Kumpulkan 233 Kantong Darah
UKM KSR-PMI Proklamator Berhasil Kumpulkan 233 Kantong Darah
bunghatta.ac.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR-PMI Proklamator Universitas Bung Hatta menyelenggarakan aksi donor darah yang bertajuk berika darahmu bersihkan ragamu sucikan jiwamu dengan donor darah. Kegiatan ini bertempat di tiga kampus Universitas Bung Hatta dari 01 hingga 03 Februari 2016.

Komandan KSR PMI Proklamator Universitas Bung Hatta Yogi Maiyolendra menyampaikan sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan akan terus berupaya untuk membantu masyarakat. Pada kesempatan ini dengan mengadakan kegiatan donor darah yang merupakan agenda rutin yang bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Sumbar.

“KSR PMI Proklamator membuka tiga posko tempat mendonorkan dari dimulai dari Kampus Proklamator III pada 01 Februari 2016, kemudian di Kampus Proklamator I pada 02 Februari 2016 dan terakhir ditutup di Kampus Proklamator II pada 03 Februari 2016,” ujarnya.

Ia juga mengatakan untuk tiap posko dari kampus yang berbeda akan menargetkan 100 kantong, namun saat kegiatan perdana di Kampus Proklamator III berhasil memperoleh 58 kantong. Hal ini disebabkan banyak mahasiswa yang begadang sehingga akan berpengaruh pada kualitas darahnya. Sedangkan di Kampus Proklamator I berhasil terkumpul 56 kantong dan yang paling banyak di Kampus Proklamator III sebanyak 119 kantor, sehingga totalnya 233 kantong.

“Tidak hanya mahasiswa yang dapat melakukan donor darah, dosen dan tenaga kependidikan juga dapat berpartisipasi, begitu juga dengan msayarakat sekitar kampus. Dengan mendonorkan darah ini kita juga dapat membantu dalam menjaga ketersediaan kantong darah dan meningkatkan kepeduliaan kita terhadap sesama. Mari donorkan darah kita dengna ikhlas dan niat yang tulus untuk membantu sesama,” tambahnya.

Terpisah, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menyampaikan kampus sangat mendukung segala kegiatan mahasiswa yang dapat mengembangkan kemampuan soft skillnya yang dapat berguna saat lulus kuliah sebagai nilai tambahnya.

“Seperti kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh UKM KSR PMI Proklamator ini, dengan donor darah para mahasiswa dapat membantu sesama, terutama dalam membantu masyarakat yang sangat membutuhkan darah untuk operasi atau kegiatan medis lainnya,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 62 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 03 Februari 2016 - 16:51:40

Bantuan Pemerintah Jepang, Universitas Bung Hatta Miliki Laboraotrium Bahasa dan Studio Sulih Suara
Bantuan Pemerintah Jepang, Universitas Bung Hatta Miliki Laboraotrium Bahasa dan Studio Sulih Suara
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta memperoleh bantuan Hibah Grassroots Kebudayaan dari Pemerintah Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan yang tertuang dalam penandatangan kontrak kerja sama “The Project for the Improvment of Japanese Language Learning Equitment of Bung Hatta University” yang berlangsung di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (03/02/2016).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Bnug Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad,MSc, Wakil Rektor I Dr. Hendra Suherman, ST, MT, Wakil Rektor II Dra. Susi, Herwati, M.Pd, Wakil Rektor III Dr. Diana Kartika, M.Hum, Dekan dan Kepala Biro serta kelembagaan mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya.

Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Hirofumi Morikawa, mengatakan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta merupakan program studi kejepangan pertama di Sumatra Barat, di mana pada tahun 2015 lalu merayakan peringatan ke-25 tahun. Sementara itu, setiap tahunnya Universitas Bung Hatta menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang dan Lomba Pidato Bahasa Jepang serta rutin menyelenggarakan acara kebudayaan Jepang.

“Sehingga Universitas Bung Hatta itu sudah berperan penting sebagai salah satu pusat pembelajaran bahasa Jepang di Sumatra Barat. Bahkan banyak alumni yang diandalkan meruapkan lulusan kampus ini dan dapat dilihat dari banyaknya yang telah berkiprah diberbagai lembaga pendidikan ,” ujarnya.

Ia menyebutkan dari hal-hal tersebut,pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan dana hibah ke Universitas Bung Hatta melalui program bantuan Hibah Grassroots Kebudayaan untuk peningkatan sarana pembelajaran bahasa Jepang. Dalam kerjasama tersebut diberikan kepada Jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta dengan nilai Rp. 632.831.625.

“Kegiatan ini untuk mengingkatkan kemampuan bahasa Jepang di tingkat perguruan tinggi, khususnya bagi para mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta memberikan bantuan sarana pembelajaran bahasa Jepang berupa pengadaan peralatan untuk laboratorium bahasa dan studio sulih suara sebagai sarana penunjang pembelajaran dan praktik secara langsung oleh mahasiswa,” sebutnya.

Ditambahkannya juga, menurut survei pertengahan tahun 2012 lalu di Sumatra Barat sekitar 50ribu pelajar SMA dan sederajat belajar bahasa Jepang. Jumlah ini lebih banyak daripada Sumatra Utara sekitar 31ribu pelajar.

“Saya berharap Universitas Bung Hatta tetap berkembang sebagai perguruan tinggi yang ditargetkan oleh pembelajar bahasa Jepang di Sumatra Barat dan juga mahasiswa serta pendidik dapat memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan ini semaksimal mungkin sehingga kemampuan bahasa Jepang mereka semakin meningkat. Dengan demikian mereka akan menjadi pengubung persahabatan antara Jepang dan Indoensia dikemudian hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman SE, Akt, MBA, CA mengucapkan terima kasih kepada Konsulat Jendral Jepang di Medan yang telah memberikan untuk laboratorium bahasa dan studio sulih suara untuk jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta. Semua ini juga berkat kerja keras berbagai pihak termasuk dukungan dari Yayasan Pendidikan Bung Hatta dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Universitas Bung Hatta.

“Bantuan ini sangat besar sekali maknanya sebab dengan tersediannya laborotorium ini akan lebih meningkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa sehingga dapat bersaing baik tidak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional. Dengan adanya laboratorium ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan jurusan khususnya dan institusi ini yang sama-sama kita banggakan,” terangnya.
Dibaca: 94 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 29 Januari 2016 - 16:29:50

Penari Tradisional Jepang Kunjungi Universitas Bung Hatta
Penari Tradisional Jepang Kunjungi Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Penari tradisional asal Jepang Tomoo Nakashima melakukan kunjungan ke Universitas Bung hatta yang bertempat di Ruang Kerja Wakil Rektor III Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/01/2015).

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menyampaikan pertemuan ini dalam rangka silaturahmi dan untuk menjalin kerja sama pementasan seni tradisional Jepang bersama Program Studi Sastra Jepang Universitas Bung Hatta.

“Sebelumnya program studi Sastra Jepang Universitas Bung Hatta telah mendatangkan Kuri musisi tradisional Jepang yang tampail di Taman Budaya Sumatra Barat. Kemudian Tomoo ini juga akan tampil nantinya di Gor H Agus Salim pada 7 Februari 2016 mendatang. Selain menari, Tomoo juga lihai memainkan alat musik, bernyani hingga melukis,”ucapnya.

“Kedatangan penari tradisional asal Jepang ini dijembatani oleh Takanori Miura. Kedepannya perlu adanya kerja sama yang tertuang dalam penandatangan MoU meskipun selama ini telah berjalan terus kegiatannya,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 293 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 27 Januari 2016 - 14:19:22

Mahasiswa USU Belajar Konservasi Penyu dan Terumbu Karang di Universitas Bung Hatta
Mahasiswa USU Belajar Konservasi Penyu dan Terumbu Karang di Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan kunjungan sekaligus mengikuti praktikum bersama matakuliah konservasi penyu dan konservasi terumbu karang di Universitas Bung Hatta yang berlangsung dari 25 hingga 29 Januari 2016.

Sebanyak 78 mahasiswa program studi Manajemen Sumber Daya Perikanan dan didampingin 7 dosen pembimbing ini disambut langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Ir. Mas Eriza, M.Si, Wakil Dekan Dr. Ir. Yusra, M.S, Ketua Jurusan Budi Daya Perairan Dra. Elfrida, M.Si, Apt, Ketua Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perairan Bukhari, S.Pi, M.Si, dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Ir. Mas Eriza, M.Si menyampaikan kunjungan mahasiswa dari kampus USU ini untuk yang kedua kalinya, terakhir tahun 2013 lalu. Selama mengikuti praktikum di Universitas Bung Hatta nantinya akan di bimbing oleh Dr. Ir .Suparno. M.Si bersama dengan mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa Diving Proklamator.

“Besar harapannya kedua lembaga ini dapat menjalin kerja sama dalam bentuk penandatangan MoU, meskipun selama ini telah sering berkomunikasi dan membuat kegiatan bersama. Kedepannya kita dapat melaksanakan dosen tamu,” imbuhnnya.

Dikatakannya, sejak tahun 2014, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta telah ditunjuk menjadi Tempat Uji Kompetensi Perikanan dan Kelauatan bagi pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Untuk wilayah Sumatra hanya satu-satunya di Universitas Bung Hatta yang melaksanakan ujian kompetensi ini. Sudah banyak yang mengikuti ujian dari perguruan tinggi yang memiliki jurusan perikanan dan kelautan seperti dari UTU, Unsyiah, Unsri, Unbari, Universitas Muaro Bungo.

“Kedepannya kita dapat melakukan kerja sama untuk pelaksanaan ujian kompetensi melalui TUK Universitas Bung Hatta. Sekarang ini sertifikat kompetensi itu sangat penting dimiliki oleh lulusan agar dapat bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya terutama dalam era masyarakat Ekonomi Asean ini,” ujarnya.

Ketua Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan Dr. Ir. Yunasfi. M.Si mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kesempatan yang telah diberikan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta untuk dapat melakukan praktikum bersama.

“Kami berharap mahasiswa dapat lebih mendalami lagi materi-materi yang telah disampaikan dalam perkuliahan dengan mengikuti praktikum di lapangan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar dan dapat dipraktikkan dikemudian harinya,” sebutnya.

Sebelum melakukan praktik, mahasiswa USU ini menadapatkan pengarahan dan melihat video kegiatan transplantasi karang yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Bung Hatta yang tergabung dalam UKM Diving Proklamator. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 362 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 27 Januari 2016 - 10:55:07

Koor. Kopertis Wilayah X Temui Mahasiswa Universitas Bung Hatta Penerima Beasiswa Bidik Misi 2015
Koor. Kopertis Wilayah X Temui Mahasiswa Universitas Bung Hatta Penerima Beasiswa Bidik Misi 2015
bunghatta.ac.id - Koordinator Kopertis Wilayah X (Sumatra Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) Prof. Drs. Ganefri, M.T., Ph.D. bersama tim mengadakan kunjungan ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan memonitoring dan mengevaluasi penerima bantuan program beasiswa Bidik Misi tahun 2015 yang bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (26/01/2016).

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Koordinator Kopertis Wilayah X disambut langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA yang didampingi Wakil Rektor I Dr. Hendra Suherman, ST, MT, Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati, M.Pd, Wakil Rektor III Dr. Diana Kartika, M.Hum, Kepala BAAK Hendra Kusuma, S.Pi, M.Si, Kepala Pustikom Drs. Riswandi, M.Si hingga Kabang Kemahasiswaan Marleni, SE, M.Si.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA mengucapkan terima kasih dan bangga atas kedatangan langsung Koordinator Kopertis ke Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta saat monitoring sekaligus berdiskusi dengan 40 mahasiswa penerima beasiswa bisik misi untuk tahun 2015.

“Selama proses seleksi, tim sudah sangat selekstif dalam memilih calon mahasiswa yang akan menerima beasiswa bidik misi ini sesuai dengan ketentuan dari Dikti. Sebab yang menerima beasiswa ini merupakan pelajar pilihan yang memiliki prestasi akademik namun terdapat kendala dalam biaya untuk melanjutkan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Niki melaporkan kondisi terkini mengenai penyelenggaraan akademik di Universitas Bung Hatta mulai dari peningkatan status akreditasi program studi sarjana yang tinggal satu memperoleh akreditasi C dan dua lagi untuk program pascasarjaana yang mendapatkan akreditasi C. Kemudian pelaporan tiap semester ke PDPT Dikti yang sudah 100%, pelaksanaan prosesi dan lokasi wisuda yang terjadi perubahan hingga penerimaan dosen baru di Universitas Bung Hatta.

“Dengan kedatangan Koordinator Kopertis Wilayah X beserta timnya dapat memberikan arahan, bimbingan dan petunjuk terkait dengan proses akademik hingga evaluasi mahasiswa penerima beasiswa bidik misi,” sebutnya.

Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Drs. Ganefri, MT, Ph.D. mengatakan untuk saat ini Universitas Bung Hatta masih terbaik di Kopertis Wilayah X yang dilihat dari beberapa indikator salah satunya jumlah akreditasi yang 90% telah B. Kedepannya perlu dipacu untuk mendapatkan akreditasi A.

“Kopertis bangga kepada Universitas Bung Hatta. Untuk saat ini tidak ada lagi dikotomi atau perbedaan antara PTN dan PTS namun dapat dilihat kualitasnya dari akreditasinya,” ucapnya.

Terkait dengan beasiswa Bidik Misi, Ganefri menyampaikan bagi mahasiswa penerima beasiswa bantuan dari pemerintah ini sangat berhuntung sekali sebab sudah mendapatkan satu tiket untuk bisa melanjutkan pendidikan magister sebab untuk saat ini pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan bantua beasiswa untuk melanjutkan studi.

“Mahasiswa penerima beasiswa bidik misi harus tamat tepat selama 4 tahun tidak boleh telat. Terus tingkatkan prestasi dengan memperoleh nilai IP yang tinggi. Di era Masyarakat Ekonomi Asean saat ini mahasiswa harus memiliki kemampuan bahasa Inggrsi yang baik dan memperoleh nilai Toefl yang tinggi agar dapat bersaing dengan mahasiswa lainnya,” pesannya.

Usai melakukan diskusi dengan mahasiswa peneriam beasiswa bidik misi, tim akan survey langsung ke beberapa lokasi tempat tinggal mahasiswa (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 364 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 27 Januari 2016 - 08:49:03

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bung Hatta Lakukan Ekspedisi ke Gunung Talang
Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bung Hatta Lakukan Ekspedisi ke Gunung Talang
bunghatta.ac.id - Sebanyak enam mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta melakukan ekspedisi ke Gunung Talang, Kabupaten Solok pada 22 hingga 24 Januari 2016 lalu.

Keenam mahasiswa tersebut ialah Meigy Fernando, Fuji Kurniawan Jafri, Slamet Riadi, Irvandy Saputra dari angkatan 2011, Ulul Azmi dari angkatan 2013 serta Teuku Ivali Akbar dari ngkatan 2015.

Meigy Fernando, Ketua Rombongan Ekspedisi ini mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap alam, menghargai alam serta meningkatkan rasa cinta lingkungan sehingga nantinya apabila mahasiswa Teknik Industri dalam dunia industri bisa memperhatikan faktor lingkungan terhadap perkembangan atau pembangunan sebuah pabrik tersebut.

"Kegiatan ini juga bertepatan pada momen aksi bersih gunung talang oleh para pecinta alam dari berbagai organisai pendaki gunung yang dilaksanakan pada 24 Januari 2016 dan juga kita dari Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta ikut berpartisipasi sebagai wujud kecintaan terhadap Alam dan kedepan agar bisa menyeimbangkan antara perkembangan perkembangan industri yang semakin pesat dan cepat serta juga memperhatikan faktor lingkungannya," jelasnya.

Ulul Azmi salah seorang peserta dalam kegiatan ini mengatakan mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menantang dari awal perjalanan hingga mencapai puncaknya perlu kerja keras, kebersamaan dan kekompakan. Kegiatan ini dilakukan dan mengisi waktu luang disaat minggu pertama perkuliahan sebelum praktikum dilaksanakan.

"Terpenting dalam mendaki gunung itu membuat kita bisa lebih bersyukur akan keindahan alam yang diberikan-Nya, belajar mencintai alam dan mempertahankan habitat lingkungan yang ada walaupun perkembangan Industri dan pembangunan pabrik makin pesat bukan berarti kita harus merusak lingkungan melainkan kita harus menjaganya," imbunnya.

Terpisah, Yogi Pratomo Ketua Himpunana Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Industri mengungkapkan sangat mendukung dengan kegiatan-kegiatan yang positif ini sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa yang tidak hanya kuliah saja tapi bisa menyeimbangkan antara kuliah dengan ekstrakurikuler.

"Dalam meningkatkan rasa kebersamaan, sesuai dengan motto himpunan Esprit De Corps, semangat kebersamaan ini, tentunya harus terus ditingkatkan dan dipertahankan dan salah satunya implementasi dari motto tersebut bisa diambil dari kegiatan pendakian ini. Kedepannya kita bisa lebih kreatif, bersama dan bisa berdaya juang serta muncul lagi kegiatan mahasiswa yang baru dan juga supaya ini bisa menjadi agenda rutin oleh himpunan untuk kedepannya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 361 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 25 Januari 2016 - 14:43:35

PPKN Universitas Bung Hatta Jajaki Kerja Sama Dengan Fakultas Filsafat UGM
PPKN Universitas Bung Hatta Jajaki Kerja Sama Dengan Fakultas Filsafat UGM
bunghatta.ac.id - Program studi program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta melaksanakan penjajakan kerja sama dengan Fakultas Filsafat Univesitas Bung Hatta beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan ini dalam rangka studi komperatif mahasiswa dan dosen ke ke 5 kota di pulau Jawa yaitu Jakarta, Surabaya, Malang, Jogja, Dan Bandung yang di selenggarakan pada 3-9 Januari 2016 lalu.

Ketua Jurusan PPKN Universitas Bung Hatta Dra. Pebriyenni, M.Si mengatakan dalam kesempatan itu jurusan mencoba untuk memperluas jalinan kerja sama antar instansi baik perguruan tinggi, pemerintahan hingga perusahaan.

“Nantinya bila tidak ada halangan program studi PPKN dan Fakultas Filsafat akan melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan melatih guru-guru PPKN se-Sumatra Barat. Semoga dengan kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi dunia pendidikan dan kedua institusi ini terutama bagi Universitas Bung Hatta,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 399 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2016 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.91.136.85