Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Tim Voli Universitas Bung Hatta Juara 3 Turnamen Se-Sumbar

Tim Bola Voli Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh juara 3 dalam Pertandingan Bola Voli antar Mahasiswa se-Sumatra Barat yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis STIKES Alifah Padang yang bertempat di Lapangan voli GOR H. Agus Salim Padang pada 19-21 Mei 2015. Melky Hadi Irawan, Offici....

Monitoring Mahasiswa Kelompok PKM Dikti 2015

Universitas Bung Hatta mengadakan monitoring bagi kelompok mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti Tahun 2015 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung H....

HMMPS Pindo UBH Kembali Gelar Temu Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa

Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Pindo) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan Temu Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa (TKPM) yang ke-IV di Aula Balairung Caraka Gedung B K....

Tim Silat Universitas Bung Hatta Peroleh Mendali Emas

Tim Silat Universitas Bung Hatta berhasil meraih mendali emas atau menjadi pemenang dalam kejuaraan Silat Tingkat Mahasiswa se-sumatra Barat yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pandekar Universitas Andalas yang bertempat di Auditorium Unand Limau Manis pada 21-24 Mei 2015. Univers....

Kuliah Umum Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Industri Batam

Banyak peluang bagi lulusan dari jurusan Teknik Kimia untuk dapat bekerja di Kota Batam yang merupakan pusat industri terbesar di kawasan pulau Sumatra. Untuk itu jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Prospek Kerja Teknik Kimia di Industri Bat....

Basket Universitas Bung Hatta Peroleh Juara di Justicia BasketBall Challenge

Tim Bola Basket Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh peringkat dalam pertandiangan Justicia BasketBall Challenge (JBBC) ke-14 yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 11-19 Mei 2015. Universitas Bung Hatta sendiri menurunkan 2 tim masing-masing untuk tim putra dan tim putr....

Selasa 16 September 2014 - 14:15:24

Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
bunghatta.ac.id - Kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 20 September 2014 nanti di Universitas Bung Hatta, rencananya akan akan dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan DAMANDIRI Prof. Dr. Haryono Suyono.

Hal itu disampaikan ketua Pelaksana Indra Khaidir, ST, MT saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota Padang dalam hal ini bersama Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si di rumah dinasnya, Senin (15/9/14) perihal pelaksanaan rakor tersebut di UBH.

"Pertemuan tersebut juga diikuti oleh Rektor Universitas Taman Siswa dan Korwil Posdaya Sumbar dan beberapa orang staf," ungkapnya.

Dengan seksama Indra Khaidir menjelaskan tentang Posdaya yang mungkin selama ini belum banyak yang memahami apa itu Posdaya termasuk Wawako dan jajarannya.

"Jika kegiatan ini terlaksana dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan akan tercatat salah satu rekor terbesar Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya, karena akan mengundang sekitar 108 Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dan Pimpinan daerah se-Sumatera Barat” imbuh Indra".

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Universitas Bung Hatta dan Korwil Posdaya Sumbar yang telah menggagas kegiatan ini. Kami sendiri belum tentu bisa bertemu dan berbincang bahkan menghadirkan Bapak Haryono Suyono ke Padang ini.

"Seharusnya kami dari pemerintah kota yang datang ke Universitas Bung Hatta, tetapi malah kami yang dikunjungi. Tentunya dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk mendukung program pemerintah Kota Padang, imbuhnya. (*Humas-UBH)
Dibaca: 1607 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 3 Agustus 2014
Daftar Ulang: 4 - 16 Agustus 2014


Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
Dibaca: 2832 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
Dibaca: 2953 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 26 Mei 2015 - 08:52:47

Tim Voli Universitas Bung Hatta Juara 3 Turnamen Se-Sumbar
Tim Voli Universitas Bung Hatta Juara 3 Turnamen Se-Sumbar
bunghatta.ac.id - Tim Bola Voli Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh juara 3 dalam Pertandingan Bola Voli antar Mahasiswa se-Sumatra Barat yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis STIKES Alifah Padang yang bertempat di Lapangan voli GOR H. Agus Salim Padang pada 19-21 Mei 2015.

Melky Hadi Irawan, Officila yang juga Ketua UKM Olahraga Universitas Bung Hatta mengatakan mahasiswa Universitas Bung Hatta itu memiliki potensi yang sangat besar untuk di bidang olahraga seperti pada kejuaraan silat ini berhasil menjadi juara.

“Kita berharap dengan banyak kejuaraan yang meraih kemenangan dapat memotivasi mahasiswa lainnya sehingga bermunculan bibit-bibit atlit dari mahasiwa Universitas Bung Hatta yang akan bertanding diberbagai cabang olahraga dan berhasil membawa pula kemenangan serta membuat harum nama kampus proklamator tercinta ini,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 3 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 25 Mei 2015 - 14:00:06

Monitoring Mahasiswa Kelompok PKM Dikti 2015
Monitoring Mahasiswa Kelompok PKM Dikti 2015
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta mengadakan monitoring bagi kelompok mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti Tahun 2015 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (25/05/2015).

Pada tahun 2015 ini, mahasiswa Universitas Bung Hatta memperoleh dua jenis PKM yaitu PKM Penelitian Eksakta dan PKM Pengabdian Kepada Masyarakat dari empat kelompok yang berhasil lolos.

Kempat kelompok tersebut yaitu tim yang diketuai Winda Novita Sarid dengan anggota Shafira Fiona Oktaviani dan Rahma Dila Fitri dari jurusan Teknik Kimia mendapatkan PKM Penelitian Eksakta dengan judul Maksimalisasi Glukosa Dengan Hidrolisis Mengunakan Trichoderma Virde Dan Trichoderma Resei sebagai bahan baku bioetanol.

Kemudian, tim yang diketuai Azwar Rahma dengan anggota Fajrie Ananda Putra dan Dio Pratama Putra dari jurusan Perancangan Wilayah dan Kota (PWK) memperoleh PKM Penelitian Sosial Humaniora dengan judul Kajian Tentang Kesiapan Masyarakat Dan Pemerintah Kota Padang Dalam Menghadapi Gempa dan Tsunami.

Selanutnya tim yang diketuai Donata Edsadova dengan anggota Raihan Aulia Putra dan Ferdiansyah Hamzi Malik dari jurusan Perancangan Wilayah dan Kota (PWK) dengan jenis PKM Penelitian Sosial Humaniora yang mengkajian Potensi Pantai Sako Sebagai Alternatif Objek Wisata Baru Di Kota Padang

Terakhir, tim yang diketuai Ahmad Ifan dengan anggota Reza Noviandi, Yudha Sunarta Suir, Ghina Okthawilanda dan Hanifah Turrahmi dari jurusan Ilmu Hukum dengan PKM Pengabdian Kepada Masyarakaat yang mengadakan kegiatan "Pesta Cyber Dijaho" Penerapan Solusi Terbaik Atas Pengunan Cyber Dikenagarian Jaho.

Monev ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hasil kegiatan PKM yang dilakukan oleh mahasiswa selama ini dan dipresentasikan dihadapan tim yang terdiri dari Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum, Dirut LPPM Universitas Bung Hatta Ir Haryani, MT dan Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta Marleni, SE, M.Si serta dihadiri juga oleh pembimbing masing-masing kelompok. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 15 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 25 Mei 2015 - 08:55:11

HMMPS Pindo UBH Kembali Gelar Temu Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa
HMMPS Pindo UBH Kembali Gelar Temu Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa
bunghatta.ac.id - Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Pindo) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan Temu Kreativitas Pelajar dan Mahasiswa (TKPM) yang ke-IV di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (23/05/2015).

Temu Kreativitas Pelajar Mahasiswa (TKPM) adalah sebuah kegiatan rutin tahunan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang bertujuan sebagai sarana mensosialisasikan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan menggali jiwa seni melalui pemahaman nilai budaya dengan mengembangkan minat dan bakat serta kreativitas pelajar mahasiswa dibidang bahasa dan seni.

Kegiatan uang mengangkat tema Tingkatkan Jiwa Seni Pelajar Mahasiswa yang Berprestasi untuk Bangsa ini mengusung tiga jenis perlombaan, yaitu Musikalisasi Puisi, Stand Up Comedy, dan Menulis Cerpen.

Sekretaris Jurusan Pindo, Romi Isnanda, M.Pd menyampaikan dengan kegiatan diharapkan mampu menjadi wadah dalam mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki pelajar dan mahasiswa serta dapat melihat bagaimana kreativitas pelajar terhadap seni. Kegiatan TKPM ini adalah salah satu cara yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat-bakat pelajar.

"Dari kegiatan ini dapat kita simpulkan, bahwa menarik atau tidaknya suatu pembelajaran tergantung bagaimana cara membawakannya. Misalnya untuk pelajaran Bahasa Indonesia ini puisi tadi kan. Biasanya belajar puisi itu membosankan, tapi kalau dibawakan dengan cara musikalisasi puisi ia akan lebih menarik. Itulah salah satu tujuan dari TKPM ini, yaitu membuat pembelajaran sastra itu agar lebih menarik," paparnya.

Senada dengan itu, Ketua Pelaksana TKPM IV Rivi Yusta menyebutkan penyelenggaraan kegiatan ini didasarkan atas tingginya kreativitas dan jiwa seni anak muda. "Kita ingin mahasiswa dan pelajar itu berprestasi melalui seni dalam sastra. Seperti yang kita saksikan tadi itu, banyak kreasi yang mereka buat untuk menciptakan penampilan yang bagus dan menarik," jelasnya.

Para pemenang dalam perlombaan ini yaitu untuk katagori Musikalisasi Puisi tingkat pelajar, juara pertama diperoleh dari SMAN 2 Pariaman dan juara kedua dari SMAN 1 Sungai Rumbai. Untuk tingkat mahasiswa, juara pertama dari grup C3 jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Bung Hatta angkatan 2011 dan juara kedua dari perwakilan Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta.

Untuk katagori kegiatan Stand Up Comedy tingkat pelajar, juara pertama dari SMAN 01 Sungai Rumbai dan juara kedua dari SMAN 4 Padang. Untuk tingkat mahasiswa, juara pertama Randy Suherman dari Universitas Bung Hatta dan juara kedua Narko Nofrianto dari Universitas Bung Hatta.

Sedangkan Menulis Cerpen tingkat pelajar untuk juara pertama yaitu Kurlila Peta dari SMAN 1 Sungai Rumbai dan juara kedua Cici Veronika dari SMA 1 Adabiah Padang. Untuk tingkat mahasiswa, juara pertama Putri Dewi Susanti dari Universitas Bung Hatta dan juara kedua Lanny Hadilla dari Universitas Bung Hatta. Untuk juara favorit diraih oleh grup musikalisasi puisi jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Bung Hatta angkatan 2014. (**Ubay-Humas UBH/Suci WP)

Dibaca: 18 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 25 Mei 2015 - 08:26:01

Dosen Sastra Jepang UBH Ajarkan Origami Untuk Pelajar SMA
Dosen Sastra Jepang UBH Ajarkan Origami Untuk Pelajar SMA
bunghatta.ac.id - Dosen jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta yaitu Oslan Amril, S,S, M.Si mengadakan pelatihan seni origami bagi pelajar sekolah menengah atas (SMA) yang bertempat di SMAN 7 Padang pada 23 Mei 2015.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang diperuntukan bagi pelajar SMA.

Oslan menyampaikan kegiatan pengabdian ini secara mandiri dilakukan dan atas undangan dari langsung Kepala Sekolah SMAN 7 Padang melalui guru bahasa Jepangnya yang menyebutkan dirinya jago dalam membuat origami.

“Pelatihan ini diadakan saat kegiatan Pengembangan Minat dan Bakat Siswa pada hari Sabtu. Para pelajar diajarkan dan dikenalkan berbagai macam bentuk-bentuk origami. Mereka sangat antusias ketika memperoleh materi mengenai filosofi dan hal lainnya seputar origami yang merupakan sebagai salah satu dari budaya jepang yang banyak mendapat perhatian oelh masyarakat terutama pelajar,” jelasnya.


Sehari sebelumnya pada 22 Mei 2015, jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta juga melakukan PKM kepada pelajar SMA dan SMK dengan menyelenggarakan pelatihan pidato bahasa jepang yang bertempat di Gedung 4 Blok B Fakultas Ilmu Budaya Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta.

“Dengan dilaksanakannya PKM ini kita berharap selain sebagai ajang untuk memperkenalkan jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta juga sebagai sumbangan ilmu bagi kemajuan pendidikan, karena pada dasarnya ilmu itu bila dibagi akan bertambah banyak dan bukannya akan berkurang,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 18 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 23 Mei 2015 - 19:58:45

Tim Silat Universitas Bung Hatta Peroleh Mendali Emas
Tim Silat Universitas Bung Hatta Peroleh Mendali Emas
bunghatta.ac.id - Tim Silat Universitas Bung Hatta berhasil meraih mendali emas atau menjadi pemenang dalam kejuaraan Silat Tingkat Mahasiswa se-sumatra Barat yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pandekar Universitas Andalas yang bertempat di Auditorium Unand Limau Manis pada 21-24 Mei 2015.

Universitas Bung Hatta sendri mengirimkan satu orang altit silannya yaitu Fakhrina Hidayani dari program studi Penjaskesrek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Kejuaraan ini merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Dinas Pendidikan Olahraga Sumbar sebagai bagian untuk mengetahui sejauhmana kemampuan para atlit silat di kalangan mahasiswa yang diikuti oleh 19 perguruan tinggi.

Melky Hadi Irawan, Ketua UKM Olahraga Universitas Bung Hatta mengatakan mahasiswa Universitas Bung Hatta itu memiliki potensi yang sangat besar untuk di bidang olahraga seperti pada kejuaraan silat ini berhasil menjadi juara.

“Kita berharap banyak juga bermunculan bibit-bibit atlit dari mahasiwa Universitas Bung Hatta yang akan bertanding diberbagai cabang olahraga dan berhasil membawa pula kemenangan serta membuat harum nama kampus proklamator tercinta ini,” ujarnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 28 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 21 Mei 2015 - 13:52:29

Kuliah Umum Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Industri Batam
Kuliah Umum Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Industri Batam
bunghatta.ac.id - Banyak peluang bagi lulusan dari jurusan Teknik Kimia untuk dapat bekerja di Kota Batam yang merupakan pusat industri terbesar di kawasan pulau Sumatra. Untuk itu jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Prospek Kerja Teknik Kimia di Industri Batam dengan tema Chemical Enginering Fly To The Sky at Batam Industries yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (21/05/2015).

Kuliah umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif dan dosen dari jurusan Teknik Kimia Universitas bung Hatta dengan mendatangkan narasumber dari praktisi yaitu Ir. Tigor Nainggolan Manager Produksi PT Synergy Oil Nusantra Batam.

Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta Ir. Drs. Mulyanef. M.Sc dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasi kepada jurusan teknik kimia yang selalu melakukan inovasi-inovasi dan telah mengalami berbagai perubahan dan berkembang pesat seperti dengan melakukan kuliah umum dan presentasi karya mahasiswa di depan umum.

“Mendatangkan praktisi ke kampus dan melakukan berbagai macam kerjasam dengan industri merupakan upaya yang dilakukan jurusan dan fakultas dalam membekali mahasiswa agar tidak ada lagi keraguan antara teori yang dipelajari dibangku perkuliahan dengan dunia kerja itu sama,” ujanrnya.

Ia juga menambahkan fakultas akan terus menjalin kerjasama dengan dunia industri agar dapat memasukan dari praktisi untuk memperbaiki kulikulum dan mempersiapkan mahasiswa yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri. “ Semakin banyak kerjasama yang dilakukan maka menjadi peluang besar juga bagi mahasiswa ketika sebelum tamat telah ditawarkan untuk bekerja,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan kuliiah umum ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai peluang kerja lulusan dari jurusan Teknik Kimia.

“Dengan mendatangkan praktisi ke kampus, mahasiswa dapat memperoleh informasi mengenai peluang kerja terutama industri-industri kimia yang terdapat di Batam,” imbuhnya.

Dipandu oleh Dr. Mulyazmi, ST, MT, narasumber pada kuliah umum ini menjelaskan industri apa saja yang terdapat di Batam yang menjadi peluang bagi lulusan teknik kimia untuk dapat bekerja disana serta memberikan kiat-kiat yang perlu dipersiapkan mahasiswa sebelum menyelesaikan kuliah.

“Lulusan teknik kimia itu dapat bekerja dimana saja tidak hanya di industri oleo kimia, namun bisa juga menjadi peneliti, sales engineering, galangan kapal hingga di dunia perbankan. Meskipun hampir 85 % lulusan teknik kimia itu berkecimpung dengan dunia industri,” jelasnya.

Tigor Nainggolan juga menyampaikan sebagai seorang calon engineer maka mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pabrik karena saat dilapangan proses produksi itu sudah ada akantetapi yang pelu dicari itu alternatif lain dari proses tersebut yang lebih efisien dan ekonomis.

“Mahasiswa juga perlu lebih banyak membaca referensi terbaru, belajar lebih giat dan sungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita, perkuat menggunaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan mengingat jurusan teknik kimia akan bergelut di industri maka harus diperbanyak berkomunikasi dengan praktisi dari industri,” pesannya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 58 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 21 Mei 2015 - 12:04:03

Basket Universitas Bung Hatta Peroleh Juara di Justicia BasketBall Challenge
Basket Universitas Bung Hatta Peroleh Juara di Justicia BasketBall Challenge
bunghatta.ac.id - Tim Bola Basket Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh peringkat dalam pertandiangan Justicia BasketBall Challenge (JBBC) ke-14 yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 11-19 Mei 2015.

Universitas Bung Hatta sendiri menurunkan 2 tim masing-masing untuk tim putra dan tim putri. Kedua tim tersebut memperoleh peringkat keempat untuk tim putra dan peringkat ketiga untuk tim putri. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 59 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.145.174.178