Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

QS UBH Berikan Pemahaman Profesi Lulusan Lewat Kuliah Umum

Jurusan Teknik Ekonomi Kontruksi atau dikenal denganQuantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/08/2014). Kuliah umum ini menghadirka....

Teknik Kimia UBH Adakan Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan daya saing lulusan, Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Softwere Aplikasi Teknik Kimia yang dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 26-27 Agustus 2014 . Pela....

LPPM-UBH Nilai 41 Posdaya Korwil Sumbar Untuk Maju ke Kompetisi Nasional

Sebanyak 41 Posdaya Korwil Sumbar ( Pos Pemberdayaan Keluarga) gagasan Yayasan Damandiri yang di ketuai Haryono Suyuno di nilai oleh tim gabungan embaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi dari Universitas Bung Hatta, Universitas Taman Siswa, STAIN Batusangkar, ISI Padang Panjang,....

Wakil Rektor III Lepas Calon Jemaah Haji UBH

Universitas Bung Hatta kembali melepas calon jemaah haji untuk tahun keberangkatan 2014 di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (28/08/2014). Pelepasan tersebut secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum yang ....

Fakultas Hukum UBH Tempati Gedung Baru Kampus II Aia Pacah

Dekan Fakultas Hukum UBH Dwi Tuti Palupi, SH.,MH bersyukur dan lega, gedung Blok B2 Kampus II UBH Aia Pacah sudah bisa di tempati. Terhitung Senin, 25/8 seluruh mahasiswa Fakultas Hukum sudah bisa kuliah di gedung baru tersebut. “Meski belum 100% selesai, kita pastikan untuk pelaksanaan perkuli....

PKKMB Universitas Bung Hatta 2014

Selama tiga hari lamanya dari 21-23 Agustus 2014 Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2014/2015 yang diikuti 2452 mahasiswa baru ini secara resmi ditutup oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA....

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 3 Agustus 2014
Daftar Ulang: 4 - 16 Agustus 2014


Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
Dibaca: 1173 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
Dibaca: 1352 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 29 Agustus 2014 - 11:32:50

QS UBH Berikan Pemahaman Profesi Lulusan Lewat Kuliah Umum
QS UBH Berikan Pemahaman Profesi Lulusan Lewat Kuliah Umum
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Ekonomi Kontruksi atau dikenal denganQuantity Surveying Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (29/08/2014).

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara Prof. Dr. Sr. Abdul Ghani Khadir dari dosen jurusan Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia.

Ketua Jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta, Dr. Zulherman, ST, M.Sc mengatakan kegiatan kuliah umum ini menjadi agenda rutin jurusan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para dosen dan terutama mahasiswa seputaran perkembangan Quantity Surveying di Indonesia bahkan di dunia.

“Pembicara kali ini merupakan guru besar dari jurusan Quantity Surveying Universiti Teknologi Malaysia yang turut membantu dalam pendirian jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. Hubungan kita dengan Universiti Teknologi Malaysia bukan saja sebagai mitra tapi sudah seperti saudara sendiri,” ungkapnya.

Zulherman juga menyampaikan dengan kuliah umum ini para mahasiswa dapat menambah pemahamannya mengenai Quantity Surveying. Saat ini saja banyak perusahaan konstruksi yang mengirim surat untuk melakukan tes penerimaan karyawan baru langsung datang ke kampus namun sayangnya ketersediaan lulusan kita sudah banyak yang bekerja.

“Perkembangan profesi Quantity Surveying sangat menanjikan sekali, pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2014 ini saja peminatnya banyak namun karena keterbatasan daya tampung jadi tak banyak yang diterima. Tentunya hal tersebut juga demi menjaga kualitas lulusan kita agar semakin baik,” sebutnya.

Dalam penyampaian materinya, Prof. Dr. Sr. Abdul Ghani Khadir memberikan motivasi kepada para mahasiswa mengenai peran dan prospek kerja dari lulusan Quantity Surveying terutama dalam menyambut masyarakat ASEAN tahun 2015 mendatang.

“Saya bangga sekali peminat jurusan Quantity Surveying cukup banyak menunjukan perkembangan profesi Quantity Surveying sangatlah tinggi. Dulu profesi Quantity Surveying belum ada namun melihat perkembangan dunia konstruksi saat ini profesi Quantity Surveying sangat dibutuhkan terutama dalam bidang estimasi biaya dan aspek hukum dalam pekerjaan konstruksi,” ungkapnya.

Ia mengatakan peluang lulusan Quantity Surveying sangatlah banyak, terutama bila kita ingin bekerja di luar negeri akan lebih besar lagi penghasilannya. Profesi Quantity Surveying dapat bekerja sebagai konsultan hukum khusus bidang konstruksi, asuransi, bank hingga minyak dan gas.

“Inilah kelebihan dari profesi Quantity Surveying dapat mengerti soal pembiayaan, hukum, proses, desain. Tentunya dalam dunia konstruksi,” ungkapnya.

Kuliah umum ini diikuti lebih 100 mahasiswa dari semua angkatan di jurusan Quantity Surveying Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 28 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 29 Agustus 2014 - 08:38:19

Teknik Kimia UBH Adakan Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia
Teknik Kimia UBH Adakan Pelatihan Simulasi Proses Pabrik Kimia
bunghatta.ac.id - Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan daya saing lulusan, Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Softwere Aplikasi Teknik Kimia yang dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 26-27 Agustus 2014 .

Pelatihan ini menghadirkan pemateri Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati dari dosen Institut Teknologi Bandung yang menjelaskan penggunaan software untuk membantu perancangan pabrik kimia yang diikuti oleh lebih dari 30 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Kresnowati menjelaskan pentingnya dalam melakukan pemodelan dalam perancangan pabrik kimia sebab dari pemodelan itu kita dapat mengetahui pengembangan proses time to market, evaluasi proses produksi secara keseluruhan, potensi proses, estimasi biaya hingga evaluasi ekonomi dan aspek lingkungan.

“Tak hanya itu dengan pemodelan ini juga kita dapat mengetahui proses Manufaktur dalam memfasilitasi transfer teknologi, proses fitting, retrofit hingga perbedaan ukuran ideal alat.

Ia juga mengatakan dalam pembuatan pemodelan dengan menggunakan aplikasi software teknik kimia harus paham langkah-langkanya yang dimulai dari mendefinisikan problem, analisa proses, hingga skema proses.

Tahap perancangan pabrik kimia dapat dimulai dengan perancangan Konseptual dengan evaluasi alternatif jalur-jalur produksi, pra-perancangan dengan melakukan studi kelayakan dan perancangan terperinci berupa Basic Engineering Design, Front End Engineering Design dan Detailed Engineerign Design.

“Dalam simulasi proses itu tujuan akhirnya adalah analisa atau evaluasi proses bukan model itu sendiri,” ucapnya.

Menurutnya simulator dalam proses kimia yang digunakan merupakan aplikasi komputer untuk menghitung neraca massa dan neraca energi suatu unit proses atau rangkaian unit proses dan Engineering Tool yang dapat digunakan memperkirakan sifat fisik dan termodinamika serta perhitungan aliran proses baik dalam kondisi tunak (steady state) dan dinamik .

“Salah satu software yang digunakan dalam merancang pabrik kimia yaitu SuperPro Designer. Simulasi dengan software ini dapat menghitung neraca massa, menghitung kebutuhan utilitas, menghitung kebutuhan dan dimensi alat, schedulling dan analisa ekonomi,” imbuhnya.

SuperPro Designer dapat memfasilitasi pemodelan, evaluasi dan optimalisasi proses yang terintegrasi dalam berbagai industri seperti farmasi, makanan, pemurnian air, pengolahan air limbah, pengendalian polusi udara dan industri lainnya.

“Menggunakan proses simulator hanyalah alat bantu hitung teknik kimia sebagai kalkulator modern. Pemahaman mendalam atas prinsip dasar termodinamika dan unit operasi (sistem pemroses) sangatlah penting untuk menghindari pengoperasian simulator proses secara serampangan,” pesannya.

Terpisah, Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan pelatihan aplikasi teknik kimia ini akan rutin dilakukan oleh jurusan terutama bagi mahasiswa tingkat akhir dan mahasiswa yang mengikuti matakuliah perancangan alat proses, perancangan pabrik kimia dan matakuliah yang terkait.

“Penggunaan software ini juga telah mendapat lisensi dari perusahaan terkait sehingga dapat mendukung kompetensi lulusan dan jurusan juga akan memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan software aplikasi Teknik Kimia hingga memiliki kemampuan merancang teknologi pengolahan sumber daya alam nabati,” ungkapnya.

Salah peserta pelatihan Mega Ratna mengungkapkan pelatihan ini sangat membantu sekali terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun tugas akhir. Dengan bantuan software ini dapat melihat sejauh mana perhitungan dalam merancang pabrik kimia.

“Tentunya dengan pelatihan ini dapat membantu dalam proses penyusunan tugas akhir pra rancangan pabrik kimai,” harapnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 30 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 29 Agustus 2014 - 08:21:06

LPPM-UBH Nilai 41 Posdaya Korwil Sumbar Untuk Maju ke Kompetisi Nasional
LPPM-UBH Nilai 41 Posdaya Korwil Sumbar Untuk Maju ke Kompetisi Nasional
bunghatta.ac.id - Sebanyak 41 Posdaya Korwil Sumbar ( Pos Pemberdayaan Keluarga) gagasan Yayasan Damandiri yang di ketuai Haryono Suyuno di nilai oleh tim gabungan embaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi dari Universitas Bung Hatta, Universitas Taman Siswa, STAIN Batusangkar, ISI Padang Panjang, IAIN. Ke-41 Posdaya tersebut di nilai untuk di diikutkan sebagai Posdaya terbaik ke tingkat nasional.

Korwil Posdaya Sumbar Ir. Zasmeli Suhaemi,MP mengatakan maksud penilaian Posdaya terbaik tahun 2014 adalah untuk memberikan penghargaan terhadap kelompok-kelompok Posdaya yang telah memberikan kontribusi terbaik terhadap penanggulangan kemiskinan, peningkatan kemandirian keluarga melalui upaya pemberdayaan keluarga yang telah dilakukan.

Saat melakukan penilaian Posdaya Gerbang Mas dan Posdaya Pianggu Kabupaten Solok, Kamis (28/8), Eddy Soesillo bersama tim lainnya menyebutkan, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian. Di antaranya, Posdaya telah berdiri minimal 2 tahun, pernah dikunjungi peserta studi banding baik dari luar negeri, luar provinsi dan atau luar kabupaten/kota serta memiliki kegiatan unggulan dalam bidang tertentu yang mampu mendorong kegiatan pemberdayaan bidang lainnya. Posdaya dimaksud juga pernah mendapatan penghargaan sekurang-kurangnya penghargaan tingkat kabupaten/kota yang diterima oleh kelompok kegiatannya.

“Posdaya merupakan wahana pemberdayaan keluarga yang dapat membangun jiwa gotong royong, peduli, kerja keras, dan ulet”, ujar Eddy.

Dengan empat pilar pengembangan Posdaya yang terdiri dari Pendidikan, Kesehatan, Kewirausahaan, dan Lingkungan Hidup kiranya merupakan strategi yang tepat untuk tujuan. Bukan saja pengentasan kemiskinan, namun lebih luas lagi adalah percepatan pencapaian MDGs.

Di tambahkan Eddy, Sebagai Perguruan Tinggi, wajib melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada masyarakat.

“Posdaya merupakan skema pemberdayaan masyarakat kerja sama Yayasan Damandiri bersama sejumlah perguruan tinggi, termasuk Universitas Bung Hatta, diantaranya kami aplikasikan dengan menerjunkan mahasiswa KKN untuk merintis dan membina bersama masyarakat setempat, untuk merancang dan menjalankan program pemberdayaan di empat bidang, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan”, imbuh Eddy. (**Indrawadi-humas UBH).
Dibaca: 27 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 28 Agustus 2014 - 15:20:05

Wakil Rektor III Lepas Calon Jemaah Haji UBH
Wakil Rektor III Lepas Calon Jemaah Haji UBH
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta kembali melepas calon jemaah haji untuk tahun keberangkatan 2014 di Ruang Sidang Rektorat Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (28/08/2014).

Pelepasan tersebut secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum yang didampingi oleh Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati, M.Pd berserta Dekan dan Kepala Biro se-linkgungan Universitas Bung Hatta.

Pada tahun 2014 ini, calon jemaah haji dari Universitas Bung Hatta yang akan berangkat ke tanah suci yaitu Dr. Ir. Usman Bulanin, M.S beserta istri.


Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan mengatakan bangga saat melepas anggota Keluarga Besar Universitas Bung Hatta yang akan melaksanakan ibadah haji ini karena pergi ke tanah suci itu kesempatan yang luar biasa dan perlu kesabaran untuk menunggu waktu keberangkatannya.

"Melaksanakan ibadah haji merupakan kesempurnaan dalam menjalankan rukun Islam, tentunya bagi yang mampu. Mampu dalam arti yang dalam. Banyak orang yang mampus secara finansial namun belum mampu berniat untuk melaksanakannya," ungkapnya.

ia juga mengatakan melaksanakan ibadah haji itu panggilan dari Allah SWT. Tidak semua umat muslim dapat melaksanakan haji. "Semoga dengan keberangkatan salah satu saudara kita ke tanah suci ini dapat membawa pencerahan dan menjadi haji yang mambrur," ucapnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Usman Bulanin, M.S menyampaikan rasa syukurnya atas rahmat dan karunia yang diberikan Allah SWA kepada dirinya sehingga penantian selama setahun yang lalu akibat pembatasan keberangkatan jemaah haji dapat juga terlaksana untuk tahun ini.

"Tentunya dalam bila ingin menunaikan ibadah haji ini harus menguatkan niat kita,"imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 35 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Rabu 27 Agustus 2014 - 11:02:12

Beasiswa BCA Finance 2014
Beasiswa BCA Finance 2014
bunghatta.ac.id - BCA Finance kembali menggulirkan program Beasiswa BCA Finance 2014 kepada 70 orang mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa yang diluncurkan untuk kelima kalinya sejak tahun 2009 ini bertujuan dan bertekad kuat turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Total beasiswa 2014 yang akan dikeluarkan oleh BCA Finance adalah senilai Rp 1.290.000.000,-. Beasiswa akan diberikan sejak dinyatakan sebagai penerima beasiswa hingga maksimal sampai dengan semester 8.

Pada tahun 2013 lalu dua mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Bung Hatta yaitu Ummi Atiah dan Feni Rianti berhasil mendapatkan Beasiswa BCA Finance.

Persyaratan:
1. Mahasiswa/i program Strata 1 (S-1).

2. Minimal telah/sedang menyelesaikan semester 2.

3. IPK min (PTN: 3,00 dan PTS: 3,40).

4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun.

5. Beasiswa ini bebas dari ikatan dinas apapun.

6. Aktif dalam berorganisasi.

7. Melakukan pendaftaran beasiswa melalui aplikasi online melalui website http://www.bcafinance.co.id
8. Tahapan seleksi:
a. Tahap Pendaftaran: Aplikasi Online pada tanggal 01-30 September 2014. (Mengisi form aplikasi pendaftaran dengan benar dan dapat dipertanggujawabkan. Jika kedapatan isi formnya tidak sesuai akan langsung di diskualifikasi. Nomor Pendafataran mohon disimpan dengan baik karena akan dipakai pada saat pengumuman. Nomor pendaftaran akan ditampilkan setelah mengisi form aplikasi online)

b. Tahap Penentuan 150 Calon Pemenang. Pengumuman 150 Calon Pemenang dengan menampilkan Nomor Pendaftaran Melalui Website BCA Finance pada 28 Oktober 2014. Bagi 150 calon pemenang yang telah diumumkan wajib mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan (Kartu Mahasiswa, Surat Keterangan tidak mampu, Kartu Keluarga, Rekening Listrik dan Air, Surat Angota Organisasi atau Surat Keterangan yang ditandatangani Ketua Organisasi).

c. Tahap Verifikasi Kelengkapan Dokumen untuk 150 Calon Pemenang Beasiswa (Cap Pos) pada 29 Oktober-14 November 2014.

d. Tahap Pengumuman 70 Pemenang Beasiswa yang berhak menerima Rp 3.000.000,-/semester pada 26 November 2014.

9. Proses seleksi dilaksanakan oleh tim seleksi BCA Finance.

10. Keputusan hasil penerimaan adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat dan kami tidak menerima surat menyurat dalam bentuk apapun selama proses dan setelah proses pengumuman

11. Keterangan lebih lanjut dapat diakses melalui website http://www.bcafinance.co.id

Pengumuman dapat dilihat <a href='http://bunghatta.ac.id/files/public/avatars/beasiswa_bca_finance_2014.pdf'>disini</a></br>

(**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 43 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 26 Agustus 2014 - 12:11:34

Fakultas Hukum UBH Tempati Gedung Baru Kampus II Aia Pacah
Fakultas Hukum UBH Tempati Gedung Baru Kampus II Aia Pacah
bunghatta.ac.id - Dekan Fakultas Hukum UBH Dwi Tuti Palupi, SH.,MH bersyukur dan lega, gedung Blok B2 Kampus II UBH Aia Pacah sudah bisa di tempati. Terhitung Senin, 25/8 seluruh mahasiswa Fakultas Hukum sudah bisa kuliah di gedung baru tersebut.

“Meski belum 100% selesai, kita pastikan untuk pelaksanaan perkuliahan tidak ada kendala dan tidak lagi bergabung dengan Fakultas Ilmu Budaya di gedung Blok B1” kata Tuti saat kuliah mahasiswa baru TA 2014/2015 di Kampus II Aia Pacah, Selasa,(26/8) pagi.

Di jelaskan Tuti, sambil berjalan pihak Yayasan dan Universitas akan terus menambah berbagai fasilitas sarana dan prasarana, seperti labor pengadilan semu, dan Tata Usaha Fakultas Hukum untuk sementara.
masih menempati gedung Blok B1 sambil menunggu penyelesaian 100% gedung Blok B2 sebelum di pindahkan.

Ditempat terpisah,Kabag.Umum UBH Wijanarko, ST.,MT menyebutkan, gedung Blok B berlantai 4 tersebut terdiri dari ruangan 27 kelas berkapasitas 60-70 mahasiswa dilengkapi AC dan proyektor. Lantai 1 di peruntukkan untuk dekanat dan labor, sedangkan lantai 2-4 untuk ruang kuliah.

Disaat bersamaan, saat ini juga sedang di bangun Blok B3 di antara gedung B1-B2 yang nantinya direncanakan sebagai gedung serba guna dan laboratorium. Saat ini tercatat sekitar 8000-an mahasiwa UBH telah melaksanakan perkuliahan di Kampus II UBH Aia Pacah, yakni dari Fakultas Ekonomi, Hukum, FKIP,dan Fakultas Ilmu Budaya, sementara Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta Fakultas Perikanan masih menempati Kampus I Ulak Karang dan Fakultas Teknologi Industri di Kampus III Gunung Pangilun. (** Indrawadi-Humas UBH).
Dibaca: 47 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 25 Agustus 2014 - 22:24:26

PKKMB Universitas Bung Hatta 2014
PKKMB Universitas Bung Hatta 2014
bunghatta.ac.id - Selama tiga hari lamanya dari 21-23 Agustus 2014 Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2014/2015 yang diikuti 2452 mahasiswa baru ini secara resmi ditutup oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, Sabtu (23/08/2014).

Meskipun diguyur hujan, upacara penutupan PKKMB yang bertempat di Pelataran Parkir Gedung I Blok A Kampus II Universitas Bung Hatta ini diikuti semua mahasiswa baru dengan penuh semangat dan rasa kebersamaan karena semua panitia, pimpinan kampus hingga mahasiswa baru tidak ada bedanya, sama-sama bermandikan air hujan.

Niki mengatakan pimpinan kampus berikan apresiasi kepada semua peserta PKKMB dan seluruh panitia yang terlibat atas kelancaran dan kesuksesan acara tahunan ini

Dalam upacara ini, secara simbolis para perwakilan mahasiswa baru akan mengenakan almamater kebanggaan kampus sebagai tanda telah diterimanya sebagai mahasiswa Universitas Bung Hatta.

Sealin itu pada kesempatan ini juga kampus memberikan penghargaan bagi para mahasiswa yang ikut terlibat dan berpartisipasi dalam penerimaan mahasiswa Tahun Akademik 2014/2014.

Mahasiswa tersebut yakni Randy Putra,Aulia Rahma Deni,Yudha,Reza Novandri,Ilhami Putra dan Gina Oktawiladi dari Fakultas Hukum, Latifa Nila dari Fakutlas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Dewi Tari Angel dari Fakultas Ekonomi.

Bagi fasilitator terbaik juga mendapatkan penghargaan dan hadiah, yakni Ariny Putri dari Fakultas Ilmu Budaya, Hijri Amri dari Fakultas Teknologi Industri dan Disti Mayang Sari dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Semntara itu, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum yang merupakan Ketua Pelaksana PKKMB 2014 juga turut memberikan apresiasinya.

"Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pimpinan universitas yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Suparman mengharapkan agar materi yang diberikan selama PKKMB hendaknya dapat menjadi pedoman kehidupan akademik mahasiswa baru termasuk kegiatan penampilan bakat.

"Diharapkan dengan PKKMB ini para mahasiswa baru dapat mengenali potensi diri yang dimiliki, sehingga dapat mewujudkan pribadi Bung Hatta yang santun, jujur, sederhana dan disiplin," ungkapnya.

Usai upacara para mahasiswa baru secara bersama-sama membacakan tagline berikut sembari melempar topi PKKMB ke angkasa.

Saya Bung Hatta Muda..!

Saya Beda..!

Itulah Saya.. Saya Adalah Mahasiswa Universitas Bung Hatta..!

(**Humas PKKMB/uby/zul)
Dibaca: 49 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 25 Agustus 2014 - 14:42:47

Awal Perkuliahan, Teknik Kimia UBH Gelar Kuliah Umum
Awal Perkuliahan, Teknik Kimia UBH Gelar Kuliah Umum
bunghatta.ac.id - Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum pada awal perkuliahan mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang bertempat di Aula Fakultas Teknologi Industri Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Senin (25/08/2014).

Kuliah umum ini menghadirkan pemateri Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati dari dosen Institut Teknologi Bandung yang mengulas mengenai turunan dari industri kelapa sawit, limbah industri kelapa sawit dan pembuatan biorefinery dari tandan kosong kelapa sawit yang diikuti lebih dari 100 mahasiswa yang berasal dari angkatan 2012 hingga angkatan 2014.

Kresnowati mengatakan jumlah perkembunaan tanaman kelapa sawit cukup tinggi di Indonesia, untuk di daerah Sumatra salah satunya di provinsi Riau. Kelapa sawit merupakan tanaman industri yang penting dan dibudidayakan untuk menghasilakan berbagai macam produk utama dan turunannya, dimulai dari buah, tandan hingga menghasilkan produk minyak goreng.

“Dalam proses pembuatan minyak goreng, banyak dihasilkan tandan kosong kelapa sawit yang merupakan biomassa limbah industri kelapa sawit saat ini belum dimanfaatkan secara optimal dan sangat berpotensi untuk pembuatan xilitol dari limbah biomassa tersebut,” ujarnya.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta, Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman mengenai dunia Teknik Kimia dengan salah satu contohnya pada industri kelapa sawit bagi mahasiswa baru angkatan 2014.

“Kita juga menghimbau para mahasiswa juga untuk dapat melatih kemampuan berbahasa asingnya minimal bahasa Inggris serta soft skillnya sebagai bekal sebelum lulus kuliah. Tak hanya itu mendukung kompetensi lulusan, jurusan juga akan memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan software aplikasi Teknik Kimia hingga memiliki kemampuan merancang teknologi pengolahan sumber daya alam nabati,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 52 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2014 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.166.10.100