Kepada seluruh dosen Universitas Bung Hatta dimohon untuk selalu membuka web LPPM UBH. TTD Ketua LPPM.

Batam Tread Expo 2054: Perkenalkan Program Studi Universitas Bung Hatta

Dalam memperkenalkan program studi yang dimilikinya, Universitas Bung Hatta turut mengambil bagian dalam Pameran Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam pada 16-18 April 2015. Ir. Nasril. S, MT, Ketua Tim Pameran Universitas Bung H....

Wisudawan Fakultas Perikanan UBH Dibekali Sertifikat Pendamping Ijazah

Perhelatan Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 Universitas Bung Hatta di Gelanggang Olah Raga Kampus II, Aia Pacah, Sabtu (18/4), Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta Ir. Yempita Effendi,MS, usai pelaksanaan prosesi wisuda menyerahkan Sertifikat Pendamping Ijazah kepada 7....

Lulusan UBH Tidak Boleh Lengah

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr.Niki Lukviarman SE, Akt, MBA melantik 742 lulusan Universitas Bung Hatta pada acara Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/4/15). Ke 742 lulusan tersebut terdiri dari Fakutas Ekonomi 73 or....

Ikuti Pameran, Universitas Bung Hatta Perkenalkan Pentingnya Akreditasi Program Studi

Saat ini sudah tidak ada lagi dikotomi antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, namun yang perlu diperhatikan lagi bagi calon mahasiswa yang ingin memilih perguruan tinggi dalam melanjutkan pendidikannya yaitu akreditasi. Hal demikian dikatakan Wakil Rektor II Universitas Bung ....

Universitas Bung Hatta Ikuti Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo 2015

Universitas Bung Hatta menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam pada 16-18 April 2015 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Batam H. Rudi SE, MM. Dalam sambuta....

Sebelum Wisuda, Lulusan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Dibekali Kesiapan Menghadapi MEA

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta terus menunjukkan komitmennya dalam mengantarkan lulusan ke dunia kesuksesan. Bahkan sampai detik akhir menjelang wisuda ke -63 yang akan dilaksanakan Sabtu,18/4 nanti, Fakultas Teknik Sipil masih menambahkan bekal untuk memenangkan pers....

Selasa 16 September 2014 - 14:15:24

Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
Haryono Suyuno, Ketua Yayasan Damandiri Akan Hadiri Rakor di UBH
bunghatta.ac.id - Kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 20 September 2014 nanti di Universitas Bung Hatta, rencananya akan akan dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan DAMANDIRI Prof. Dr. Haryono Suyono.

Hal itu disampaikan ketua Pelaksana Indra Khaidir, ST, MT saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota Padang dalam hal ini bersama Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si di rumah dinasnya, Senin (15/9/14) perihal pelaksanaan rakor tersebut di UBH.

"Pertemuan tersebut juga diikuti oleh Rektor Universitas Taman Siswa dan Korwil Posdaya Sumbar dan beberapa orang staf," ungkapnya.

Dengan seksama Indra Khaidir menjelaskan tentang Posdaya yang mungkin selama ini belum banyak yang memahami apa itu Posdaya termasuk Wawako dan jajarannya.

"Jika kegiatan ini terlaksana dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan akan tercatat salah satu rekor terbesar Rapat Koordinasi Pengembangan Posdaya, karena akan mengundang sekitar 108 Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dan Pimpinan daerah se-Sumatera Barat” imbuh Indra".

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Universitas Bung Hatta dan Korwil Posdaya Sumbar yang telah menggagas kegiatan ini. Kami sendiri belum tentu bisa bertemu dan berbincang bahkan menghadirkan Bapak Haryono Suyono ke Padang ini.

"Seharusnya kami dari pemerintah kota yang datang ke Universitas Bung Hatta, tetapi malah kami yang dikunjungi. Tentunya dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk mendukung program pemerintah Kota Padang, imbuhnya. (*Humas-UBH)
Dibaca: 1342 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Selasa 17 Juni 2014 - 14:34:37

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2014/2015

Untuk Diploma III (D III) dan Sarjana (S-1)

1. Jalur Bidik Misi
Pendaftaran: s/d 16 Juli 2014
Pengumuman: 31 Juli 2014

2. Jalur Reguler
Gelombang I
Pendaftaran: s/d 14 Mei 2014
Pengumuman: 15 Mei 2014
Daftar Ulang: 16 - 27 Mei 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 16 Mei s/d 18 Juni 2014
Pengumuman: 19 Juni 2014
Daftar Ulang: 20 Juni - 16 Juli 2014

Gelombang III
Pendaftaran: 20 Juni s/d 30 Juli 2014
Pengumuman: 3 Agustus 2014
Daftar Ulang: 4 - 16 Agustus 2014


Untuk Pascasarjana (S-2)

Gelombang I
Pendaftaran: s/d 13 Juni 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 14 Juni 2014
Pengumuman: 18 Juni 2014
Daftar Ulang: s/d 15 Juli 2014

Gelombang II
Pendaftaran: 14 Juni - 5 Juli 2014
Tes masuk/TPA/TOEFEL: 5 Juli 2014
Pengumuman: 9 Juli 2014
Daftar Ulang: s/d 18 Juli 2014

Mulai perkuliahan pascasarjana, matrikulasi 9 Agustus 2014 dan kuliah utama 30 Agustus 2014.

(**Humas-UBH)
Dibaca: 2569 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Senin 02 Juni 2014 - 14:32:24

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2014/2015 tanpa melalui ujian masuk atau tanpa tes. Pendaftaranya melalui online melalui situs http://spmb.bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus 1 Ulak Karang Padang.

“UBH menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA,” ujar Ka. Biro Akademik UBH Hendra Kusuma, S.Pi.,MSi. Diruangan kerjanya Senin,2/6-14

Ditambahkan Hendra, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni, olah raga atau prestasi lainnya, dengan melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian masuk itu menurut Hendra, karena mengacu pada pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri dan semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat “B”.

“UBH menerima calon mahasiswa tanpa tes tersebut dengan merujuk pada hasil UN serta rapor, dengan memberlakukan system rangking untuk mendapatkan imput yang terbaik, dan tahun ajaran ini kita akan terima 2600 mahasiswa baru” jelas Hendra.

Ditempat terpisah Wakil Rektor II Dra. Susi Herawati,MPd menyebutkan, biaya masuk UBH berkisar antara 5.5 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah, tergantung Fakultas dan program studi yang dipilih.

Menurutnya biaya sebesar itu sudah termasuk uang pembangungan tahap pertama, uang kuliah semester I, biaya PKKM, asuransi, perpustakaan IT dan biaya-biaya lainnya. “Artinya calon mahasiswa sudah tinggal duduk dan kuliah”, jelas Susi.

Ditambahkan Susi, saat ini Yayasan Pendidikan Bung Hatta sedang berpacu dengan waktu dalam pembangunan gedung Blok B2 di Kampus II Air Pacah. Gedung Blok B2 itu nantinya akan di gunakan sebagai Dekanat, Ruang Kuliah maupun laboratorium.

“Saat ini ada sekitar 7 ribuan mahasiswa UBH yang kuliah di kampus II Air Pacah, dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Budaya”, ibuh Susi. (**Indrawadi-Humas UBH).
Dibaca: 2703 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 18 April 2015 - 23:01:09

Batam Tread Expo 2054: Perkenalkan Program Studi Universitas Bung Hatta
Batam Tread Expo 2054: Perkenalkan Program Studi Universitas Bung Hatta
bunghatta.ac.id - Dalam memperkenalkan program studi yang dimilikinya, Universitas Bung Hatta turut mengambil bagian dalam Pameran Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam pada 16-18 April 2015.

Ir. Nasril. S, MT, Ketua Tim Pameran Universitas Bung Hatta mengatakan melalui pameran ini Universitas Bung Hatta memperkanalkan berbagai macam program studi yang ditawarkan serta nilai akreditasi yang telah diperolehnya.

“Universitas Bung Hatta sudah berusia 34 tahun dan telah memilik 30 program studi yang tersebar dari 7 fakultas dan pascasarjana. Hampir 80 persen semua program studi di Universitas Bung Hatta telah memperoleh akreditasi B,” ucapnya.

“Sebagai perguruan tinggi terbaik di Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau), Universitas Bung Hatta dapat menjadi pilihan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” tambahnya.

Dikatakannya banyak pengunjug yang bertanya mengenai kampus proklamator ini dimulai dari program studi, biaya kuliah dan lainnya. Namun yang menjadi sorotan terutama program pascasarjana untuk kelas jauh. Pegunjung tertarik untuk melanjutkan pendidikan magister di Universitas Bung Hatta dan berharap membuka kelas di Kota Batam.

“Sebagai kota industri dan perniagaan terbesar di pulau Sumatra, Kota Batam menjadi pilihan untuk mencari pekerjaan sehingga betapa tidaknya lebih dari seribu lulusan Universitas Bung Hatta tersebar di kota ini. Pameran ini juga dijadikan ajang untuk bernostalgia bagi para alumni yang berada di Kota Batam untuk mengetahui perkembangan kampusnya saat ini,” imbuhnya.

Ia menerangkan untuk memudahkan para mahasiswa baru, Universitas Bung Hatta saat ini telah menggunakan sistem online dengan alamat spmb.bunghatta.ac.id sehingga memudahkan calon mahasiswa yang tinggal di luar kota Padang. Untuk pameran di Batam kali ini calon mahasiswa dapat langusung mengisi formulir pendaftaran yang telah tersedia dengan membawa juga foto kopi rapor.

“Bila tidak sempat mendaftar saat pameran, bagi calon mahasiswa ingin mendaftar cukup datang ke Bank Nagari untuk mendapatkan username dan password sebagai syarat untuk melakukan registrasi pendaftaran dengan membayar uang pendaftaran,” ujarnya.

Namun ditambahkannya jika di daerahnya tidak ada Bank Nagari, calon bisa menghubungi saudaranya untuk membeli formulir ke Bank Nagari terdekat dan mengirimkan username serta passwordnya melalui SMS atau telepon.

Untuk penerimaan mahasiswa baru Universitas Bung Hatta tahun akademik 2015/2016 hanya dibebani total dana perkuliahan dengan kisaran Rp6 juta. Penerimaan mahasiswa baru tahun ini dilakukan tanpa melalui seleksi ujian masuk atau tanpa tes, akan tetapi dilakukan melalui penjaringan nilai rapor dan hasil Ujian Nasional (UN) serta prestasi akademik maupun non-akademik.

“Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi pengerimaan mahasiswa baru dapat mengubungi call center Universitas Bung Hatta Indrawadi (08126732774), Riswandi (081363416227) dan Ubay (081947555359). Sedangkan calon mahasiswa dapat juga mengikuti jejaring sosial Universitas Bung Hatta di Grup Facebook yaitu Berita Terbaru Universitas Bung Hatta, Twitter dan Instagram @beritabunghatta,” terangnya.


Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati Rokan Hilir, Wakil Rektor II Universitas Tribuana Kalabahi Kabupaten Alor, NTT Hermayanti, Se, MM dan SKPD Kota Batam lainnya berkesempatan mengunjungi dan berfoto bersama di stan promosi Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 17 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 18 April 2015 - 16:45:44

Wisudawan Fakultas Perikanan UBH Dibekali Sertifikat Pendamping Ijazah
Wisudawan Fakultas Perikanan UBH Dibekali Sertifikat Pendamping Ijazah
bunghatta.ac.id - Perhelatan Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 Universitas Bung Hatta di Gelanggang Olah Raga Kampus II, Aia Pacah, Sabtu (18/4), Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta Ir. Yempita Effendi,MS, usai pelaksanaan prosesi wisuda menyerahkan Sertifikat Pendamping Ijazah kepada 7 orang lulusan dari 14 orang yang di wisuda.

Disebutkan Yempita, Sertifikat Kompetensi dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang diserahkan itu sesuai dengan tuntutan dari UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi , Peraturan Presiden No 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Permendikbud No. 83 tahun 2013 tentang Sertifikat Kompetensi dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tersebut dijelaskan bahwa Sertifikat Kompetensi adalah dokumen pengakuan kompetensi atas prestasi lulusan yang sesuai dengan keahlian dalam cabang ilmunya dan/atau memiliki prestasi di luar program studinya. Sedangkan SKPI adalah dokumen yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar.

“Dengan adanya SKPI dan Sertifikat Kompetensi, maka lulusan FPIK Universitas Bung Hatta siap untuk bersaing dalam dunia kerja dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” jelas Yempita.

Wisuda ke-63 Universitas Bung Hatta di lantik sebanyak 742 wisudawan oleh Rektor UBH Prof.Dr.Niki Lukviarman SE, Akt, MBA yang terdiri dari terdiri dari Fakutas Ekonomi 73 orang, Fakultas Hukum 73 orang, lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 271 orang, Fakultas Ilmu Budaya 56 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 75 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 14 orang, lulusan Fakultas Teknologi Industri 57 orang serta lulusan Program Pascasarjana 22 orang. (**Indrawadi-Humas UBH).
Dibaca: 21 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Sabtu 18 April 2015 - 15:55:00

Lulusan UBH Tidak Boleh Lengah
Lulusan UBH Tidak Boleh Lengah
bunghatta.ac.id - Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr.Niki Lukviarman SE, Akt, MBA melantik 742 lulusan Universitas Bung Hatta pada acara Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 di Gedung Olahraga Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Sabtu (18/4/15).

Ke 742 lulusan tersebut terdiri dari Fakutas Ekonomi 73 orang, Fakultas Hukum 73 orang, lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 271 orang, Fakultas Ilmu Budaya 56 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 75 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 14 orang, lulusan Fakultas Teknologi Industri 57 orang serta lulusan Program Pascasarjana 22 orang.

Wisudawan terbaik program sarjana (S1) tingkat Universitas adalah Wetri Handayani dari Program Studi Manejemen Fakultas Ekonomi dengan IPK 3.93, dan pada Program Magister (S2) Sudarli Idris dari Program Bahasa dan Sastra Indonesia, dengan IPK 3,91.

Dalam sambutannya Niki menyebutkan, sejak diberlakukan UU No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, membawa perubahan yang sangat besar bagi pengelolaan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, dengan terbitnya Permendikbud tentang Penjaminan Mutu maka peningkatan status organisasi penjaminan mutu sebuah lembaga menjadi sebuah keharusan, serta harus segera ditingkatkan peran penjamiman mutu di tingkat fakultas dan prodi.

“Walaupun upacara wisuda ini merupakan seremonial, namun bagi Universitas Bung Hatta, saat wisuda berarti saat menunjukan pada dunia bahwa alumni Universitas Bung Hatta disamping cerdas dan berilmu, juga memiliki tujuh budi utama yang berkualitas baik yaitu jujur, bertanggung jawab, adil, peduli, disiplin, visioner, senang menolong dan mampu bekerjasama,” sebutnya.

Dia mengingatkan akan tantangan dengan adanya pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Tahun 2015 yang merupakan peluang untuk berprestasi serta turut menjadi faktor penentu kesuksesan dan tidak boleh lengah dengan tantangan kedepan yang semakin berat.

Sementara, Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri ahmad, M.Sc menyampaikan yayasan terus berupaya dan mendorong untuk menunjukan kampus Universtias Bung Hatta sebagai mercusuar dalam penyelenggaraan perguruan tinggi.

“Berbagai pencapaian yang telah diperoleh Universtias Bung Hatta serta dengan bertambahnya jumlah alumni sehingga dapat memberikan peran dan kontibusi juga dalam perkembangan kampus kedepannya,” ujarnya.

Jamurin,SH,MH atas nama Koordinator Kopertis Wilayah X dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis wilayah X, setiap PTS harus dapat membaca dan memahami suatu strategi jangka panjang pendidikan tinggi.

“Sebagai acuan, pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia diarahkan pada tiga hal pokok yakni Peningkatan daya saing bangsa, otonomi dan desentralisasi serta kesehatan organisasi penyelenggaraan pendidikan tinggi”, sebutnya.

Diesnatalis ke-34 dan wisuda ke-63 itu, juga di isi dengan orasai ilmiah oleh Dr. Rini Mulyani, ST., M.Sc. (Eng.) dengan tema Kajian Penilaian Resiko Gempa dan Tsunami di Sumatera Barat. Dalam kesempatan itu juga diserahkan piagam penghargaan bagi Dosen dan Karyawan serta Mahasiswa berprestasi.

Hadir juga Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, pengurus yayasan perwakilan Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Pengurus Ikantan Alumni Universitas Bung Hatta, Pengurus Ikanita, Mitra Kerja Universitas Bung Hatta hingga kelembagaan mahasiswa Universitas Bung Hatta (**Indrawadi-Humas UBH).
Dibaca: 18 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Jumat 17 April 2015 - 01:53:56

Prosesi Wisuda ke-63 Akan Di Isi Orasi Ilmiah Tentang Kebencanaan Di Sumatera Barat
Prosesi Wisuda ke-63 Akan Di Isi Orasi Ilmiah Tentang Kebencanaan Di Sumatera Barat
bunghatta.ac.id - Sebanyak 742 orang lulusan Universitas Bung Hatta, Sabtu, 18 April 2015 nanti akan di lantik menjadi sarjana dan Magister pada acara Diesnatalis ke-34 dan Wisuda ke-63 di Gelanggang Olah Raga dan Seni, Kampus II Air Pacah.

Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Eko Alvares.MSAA, di ruang kerjanya, Kamis (16/4) mengemukakan ke 742 lulusan yang akan di lantik tersebut berasal dari Program Pascasarjana (S2) sebanyak 23 orang, 711 orang Program Sarjana (S1) berasal dari Fakultas Ekonomi dan 8 orang program Diploma (D-3).

Disebutkan Eko, pada prosesi wisuda juga akan di isi dengan orasi ilmiah oleh Dr. Rini Mulyani, ST., M.Sc. (Eng.) dengan tema Kajian Penilaian Resiko Gempa dan Tsunami di Sumatera Barat.

“Orasi ilmiah rutin digelar bersamaan dengan peringatan Diesnatalis Universitas Bung Hatta tiap tahunnya”, imbuh Eko.

Eko menambahkan, bahwa saat ini ada 30 program studi di Universitas Bung Hatta dan Program Pascasarjana, 83% dari program studi S1 telah terakreditasi dengan peringkat “B”, dan 33 % program studi di Program Pascasarjana juga telah terakreditasi dengan peringkat “B”. Sementara untuk program studi D3 Manajemen Konstruksi/QS dan 2 program studi S2 Teknik Sipil dan Manajemen saat ini masih menunggu hasil reakreditasi dari BAN-DIKTI.

Disebutkan juga, sejalan dengan keberhasilan meningkatkan akreditasi program studi, kualifikasi dosen dari segi pendidikan dan jabatan fungsional juga terus berkembang. Jumlah dosen tetap Universitas Bung Hatta sebanyak 282 orang terdiri dari; 3 orang S1, 225 orang Magister (S2), serta 54 orang Doktor (S3) dan 5 orang Profesor. Sementara 55 orang lagi saat ini sedang melanjutkan studi Doktor (S3) di berbagai universitas di dalam dan luar negeri.(**Indrawadi-Humas UBH)
Dibaca: 32 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 April 2015 - 23:23:50

Ikuti Pameran, Universitas Bung Hatta Perkenalkan Pentingnya Akreditasi Program Studi
Ikuti Pameran, Universitas Bung Hatta Perkenalkan Pentingnya Akreditasi Program Studi
bunghatta.ac.id - Saat ini sudah tidak ada lagi dikotomi antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, namun yang perlu diperhatikan lagi bagi calon mahasiswa yang ingin memilih perguruan tinggi dalam melanjutkan pendidikannya yaitu akreditasi.

Hal demikian dikatakan Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati, M.Pd saat menyampaikan presentasi mengenai pentingnya melihat akreditasi saat memilih program studi di perguruan tinggi dalam kegiatan Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam, Kamis (16/04/2015).

Susi menyampaikan keikutsertaan Universitas Bung Hatta pada pameran ini juga sebagai himbauan dari Kopertis Wilayah X kepada perguruan tinggi untuk mensosialisasikan akreditasi yang diperoleh program studi yang dimilikinya kepada masyarakat.

Sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau), Universitas Bung Hatta saat ini memiliki 7 fakultas dan pascasarjana yang terdiri dari satu program studi D3, 23 program studi S1 dan 6 program pascasarjana dengan total keseluruhan 30 program studi.

“Hampir 80 persen jurusan di Universitas Bung Hatta telah terakreditasi B oleh BAN-PT dan untuk beberapa program studi yang masih terakreditasi C sedang proses reakreditasi untuk menjadi nilai B," terangnya.

Dikatakannya, bahkan Universitas Bung Hatta hampir merampungkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), akreditasi ini sangat penting dilakukan oleh perguruan tinggi sebab penilaian kualitas perguruan tinggi tidak hanya proses akreditasi untuk program studi namun kampusnya juga harus mengalami proses akreditasi.

"Universitas Bung Hatta telah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2015/2016 melalui online dengan alamat spmb.bunghatta.ac.id. Seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui nilai rapor dari semester 1 hingga semester 2 dan nilai Ujian Naisonal. Untuk pameran di Batam kali ini calon mahasiswa dapat langusung mengisi formulir pendaftaran yang telah tersedia dengan membawa juga foto kopi rapor,” ungkapnya.

Dengan visi barunya, Susi juga mensosialisasikan kepada masyarakat Kota Batam dan peserta pameran, dimana Universitas Bung Hatta tidak lagi memiliki visi unggul dan terkemuka namun telah berganti menjadi perguruan tinggi unggul dan bermartabat menuju universitas berkelas dunia.

“Telah lebih dari 1000 lulusan Universitas Bung Hatta tersebar di Kota Batam yang bekerja tersebar diberbagai bidang terutama dunia industri. Untuk mempermudah mengakses dan mengetahui akreditasi program studi yang diperoleh, calon mahasiswa dan alumni dapat dengan mudah mencari link akteditasi program studi yang dapat diunduh di website Universitas Bung Hatta dengan alamat bunghatta.ac.id,”imbuh Susi.

Melalui kegiatan ini Susi berpesan agar pemerintah kota dan kabupaten terus melakukan sinergi dengan perguruan tinggi dalam pelaksanaan Tridharma Perguran Tinggi terutama dalam melakukan inovasi-inovasi terbaruka. “Begitu juga dengan persiapan sumber daya manuasia yang berkualitas dan memiliki daya saing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 37 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 April 2015 - 22:39:26

Universitas Bung Hatta Ikuti Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo 2015
Universitas Bung Hatta Ikuti Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo 2015
bunghatta.ac.id - Universitas Bung Hatta menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan Pekan Inovasi Sumatera dan Batam Trade Expo yang diselenggarakan di Sumatera Convention Centre Kota Batam pada 16-18 April 2015 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Batam H. Rudi SE, MM.

Dalam sambutan pembukaannya, Kamis (16/04/2015) siang, Rudi menyampaikan pemerintah kota akan terus mendukung kegiatan yang berupaya untuk memperkenalkan produk dalam negeri dan mengembangkan Kota Batam. “Kita berterimakasih kepada peserta pameran yang berasal dari berbagai daerah ini terus menjaga dan melakukan inovasi dalam mengembangkan produka dalam negeri,” ungakapnya.

Usrinal, Ketua Pelaksana Pekan Inovasi Sumatera & Batam Trade Expo 2015 menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai produk kreatif dan inovatif, potensi wisata, pagelaran seni dan menonjolkan pameran pembagunan daerah, serta hiburan rakyat dengan door prize hadiah utama sepeda motor.

“Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari didikuti oleh 60 stan pameran yang berasal dari perwakilan pemerintahan, perusahaan di seluruh Indonesia seperti Kementrian Perdagangan, Kementrian Perindustrian, Kementrian Perindustrian, LIPI, Perguruan Tinggi, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, BUMN/BUMD, Perbankan, UKM, Rumah Sakit dan lainnya,” jelasnya.

Ia mengharapakan dengan adanya pameran ini mampu mengakomodir kegiatan promosi mitra usaha lokal maupun kemajuan pemerintah daerah, sehingga menjadi momentum pasar ekonomi yang mampu meningkatkan pemasaran produk potensial Kota Batam secara khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sementara itu Ketua Tim Pameran Universitas Bung Hatta Ir.Nasril, S. MT mengatakan keikutsertaan Universitas Bung Hatta ini dalam rangka memperkenalkan Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta ini kepada pelajar dan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau khusunya Kota Batam.

“Kegiatan ini juga sekaligus sebagai sarana bedah kampus untuk mencari refernsi tentang perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan setelah tamat sekolah menengah atas. Saat ini untiversitas Bung Hatta telah miliki 30 program studi yang terdiri dari 24 program studi sarjana (S1) dan 6 program Pascsarjana yang hampir semuanya telah terakreditasi B oleh BAN-PT,” jelasnya.

Dalam pameran ini timdari universitas Bung Hatta juga oleh Dra. Puspawati, M.Pd, Ir. Edi Septe, MT dan hadir juga Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Dra. Susi Herawati, M.Pd. (**Ubay-Humas UBH)
Dibaca: 37 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Kamis 16 April 2015 - 10:22:24

Sebelum Wisuda, Lulusan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan  Dibekali Kesiapan Menghadapi MEA
Sebelum Wisuda, Lulusan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Dibekali Kesiapan Menghadapi MEA
bunghatta.ac.id - Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta terus menunjukkan komitmennya dalam mengantarkan lulusan ke dunia kesuksesan. Bahkan sampai detik akhir menjelang wisuda ke -63 yang akan dilaksanakan Sabtu,18/4 nanti, Fakultas Teknik Sipil masih menambahkan bekal untuk memenangkan persaingan kerja.

Sebanyak 75 orang calon wisudawan tersebut menghadiri pembekalan yang di gelar di ruang sidang Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Kamis,16/4 dengan menghadirkan Ir. M.Nurnas dari IAPI yang menyampaikan materi “Kesiapan tenaga keteknikan daam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dihadirkan juga Ir. Insanul Kamil,M.Eng dengan materi “Penerapan Undang-undang 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran” serta Dekan FTSP Ir. Hendri Warman,MSCE dengan materi “Sertifikasi Tenaga Ahli Teknik Konstruksi di Indonesia”.

Disela-sela pembekalan, Hendri Warman menyebutkan, bahwa pembekalan alumni sudah menjadi hal yang rutin dilaksanakan. Materi yang diberikan terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja.
“Kegiatan ini adalah bentuk komitmen kami untuk mengawal dan membekali alumni baru sehingga siap bertarung dan siap menjadi pemenang dalam persaingan dunia kerja”, jelasnya

Hal tersebut penting mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di luar kampus sudah sangat pesat, sehingga dibutuhkan input dari berbagai pihak untuk memperkecil gap antara intitusi pendidikan dan dunia kerja pada umumnya. Fakultas Teknik Sipil terus memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai instansi baik dalam level nasional maupun internasional.(**Indrawadi-Humas UBH)
Dibaca: 39 | model cetak jadikan PDF
Sharing:   Facebook Twitter Google Yahoo MySpace Digg Delicious Reddit StumbleUpon Furl Spurl Shadows Technorati

Halaman       >>  
Jurnal
Contact Universitas Bung Hatta
Email rektorat@bunghatta.ac.id
humas@bunghatta.ac.id
Phone 0751-7051678
Fax 0751-7055475

Online Chat

  

  

LiveZilla Live Help
Copyrights © 2015 Universitas Bung Hatta | Peta Situs | Pengelola | Kontak | Login
Dikembangkan oleh Pustikom Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta on Universitas Bung Hatta on RSS Universitas Bung Hatta on Facebook Universitas Bung Hatta on Twitter Universitas Bung Hatta on Youtube Universitas Bung Hatta on Linkedln
Alamat IP anda: 54.92.253.128